BUMN: BRI

  • BRI Hadirkan MDR 0% dan Nikmati Berbagai Kemudahan Penggunaan QRIS

    BRI Hadirkan MDR 0% dan Nikmati Berbagai Kemudahan Penggunaan QRIS

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah bersama perbankan mengajak masyarakat secara luas untuk menerapkan berbagai kebiasaan baru dalam mengakses kemudahan layanan perbankan. Hal ini demi mendukung terjaganya stabilitas dan memperkuat ekonomi nasional.

    Salah satu perbankan BUMN terbesar di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau BRI berupaya memaksimalkan visi pemerintah dengan menghadirkan berbagai layanan yang membuat masyarakat merasa aman dan nyaman ketika melakukan transaksi keuangan.

    Koordinasi kebijakan dengan pemerintah pusat dan daerah) ditempuh melalui Program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), yang dilakukan di berbagai daerah dalam Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID). Koordinasi kebijakan moneter dan fiskal juga diperkuat untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan momentum pertumbuhan ekonomi.

    Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang sehat, maka diciptakanlah arah kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan tersebut didukung dengan langkah-langkah kebijakan, salah satunya adalah pemberlakuan Merchant Discount Rate (MDR) QRIS 0%.

    Transaksi QRIS Tumbuh Pesat

    Sebagai upaya pengembangan ekonomi berbasis digital, perbankan kini mendorong penggunaan transaksi QRIS. Transaksi ini mengalami pertumbuhan pesat, yaitu mencapai 209,61% (yoy), dengan jumlah pengguna mencapai 53,3 juta dan jumlah merchant 34,23 juta.

    Penerapan Merchant Discount Rate (MDR) QRIS 0% untuk transaksi sampai dengan Rp500.000 pada merchant Usaha Mikro (UMI), yang berlaku efektif mulai 1 Desember 2024 guna menopang daya beli masyarakat kelas menengah bawah.

    BRI pun berkomitmen penuh dalam mendukung pengembangan ekonomi berbasis digital, khususnya bagi para pelaku usaha mikro. Dengan memberikan MDR 0% atau bebas biaya MDR, BRI tidak hanya meringankan beban operasional merchant, tetapi juga mendorong inklusi keuangan yang lebih luas.

    Program ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing pelaku usaha mikro di era digital, sekaligus memperluas adopsi QRIS sebagai solusi pembayaran nontunai yang efisien.

    Selain itu, QRIS BRI juga menawarkan berbagai kemudahan seperti :

    1. Pencairan otomatis 4 X sehari, bisa dilakukan pagi, siang, sore, atau malam. Silakan cek di sini.

    2. Bisa pakai fitur voice notif.

    3. Pendaftaran mudah, cukup 5 menit saja

    Tunggu apalagi?

    Ayo daftar sekarang menjadi merchant QRIS BRI melalui aplikasi BRImerchant dan manfaatkan kemudahan yang ditawarkan untuk berbagai transaksi keuanganmu!

     

    (rah/rah)

  • BRI Hadirkan MDR 0% dan Berbagai Kemudahan Penggunaan QRIS, Yuk Cek di Sini

    BRI Hadirkan MDR 0% dan Berbagai Kemudahan Penggunaan QRIS, Yuk Cek di Sini

    Jakarta, Beritasatu.com – Dalam menjaga stabilitas dan memperkuat pertumbuhan ekonomi secara umum, pemerintah dan perbankan mengajak masyarakat secara luas untuk menerapkan berbagai kebiasaan baru dalam mengakses kemudahan layanan perbankan.

    Sebagai salah satu perbankan BUMN terbesar di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk pun berupaya memaksimalkan visi pemerintah dengan menghadirkan layanan-layanan yang membuat masyarakat merasa aman dan nyaman dalam bertransaksi keuangan.

    Koordinasi kebijakan dengan pemerintah pusat dan daerah) ditempuh melalui Program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), yang dilakukan di berbagai daerah dalam Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID). Koordinasi kebijakan moneter dan fiskal juga diperkuat untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan momentum pertumbuhan ekonomi.

    Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang sehat, maka diciptakanlah arah kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan tersebut didukung dengan langkah-langkah kebijakan, salah satunya adalah pemberlakuan Merchant Discount Rate (MDR) QRIS 0%.

    Transaksi QRIS Tumbuh Pesat

    Sebagai upaya pengembangan ekonomi berbasis digital, perbankan kini mendorong penggunaan transaksi QRIS. Transaksi ini mengalami pertumbuhan pesat, yaitu mencapai 209,61% (yoy), dengan jumlah pengguna mencapai 53,3 juta dan jumlah merchant 34,23 juta.

    Penerapan Merchant Discount Rate (MDR) QRIS 0% untuk transaksi sampai dengan Rp500.000 pada merchant Usaha Mikro (UMI), yang berlaku efektif mulai 1 Desember 2024 guna menopang daya beli masyarakat kelas menengah bawah.

    BRI pun berkomitmen penuh dalam mendukung pengembangan ekonomi berbasis digital, khususnya bagi para pelaku usaha mikro.

    Dengan memberikan MDR 0% atau bebas biaya MDR, BRI tidak hanya meringankan beban operasional merchant, tetapi juga mendorong inklusi keuangan yang lebih luas.

    Program ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing pelaku usaha mikro di era digital, sekaligus memperluas adopsi QRIS sebagai solusi pembayaran nontunai yang efisien.

    Selain itu, QRIS BRI juga menawarkan berbagai kemudahan seperti :

    1. Pencairan otomatis 4 X sehari, bisa dilakukan pagi, siang, sore, atau malam. Silakan cek di sini.

    2. Bisa pakai fitur voice notif. Silakan cek di sini.

    3. Pendaftaran mudah, cukup 5 menit

    Ayo daftar sekarang menjadi merchant QRIS BRI melalui aplikasi BRImerchant dan manfaatkan kemudahan yang ditawarkan untuk berbagai transaksi keuanganmu!

  • BRI Tawarkan Solusi Perbankan Digital untuk Gaya Hidup Anak Muda

    BRI Tawarkan Solusi Perbankan Digital untuk Gaya Hidup Anak Muda

    Jakarta

    Generasi muda yang terbiasa dengan teknologi membutuhkan layanan keuangan yang cepat, praktis, dan sesuai dengan gaya hidup digital mereka. Untuk memenuhi kebutuhan ini, BRI terus berinovasi dalam menyediakan solusi perbankan yang relevan dan mudah diakses.

    Melalui aplikasi BRImo, BRI menghadirkan platform all-in-one yang dirancang khusus untuk menjawab kebutuhan finansial generasi muda. Dengan user interface yang intuitif dan layanan self-service, BRImo menjadi solusi ideal bagi anak muda yang menginginkan kenyamanan dan efisiensi dalam satu genggaman.

    Direktur Bisnis Konsumer BRI, Handayani mengatakan BRI menyediakan akses investasi yang terjangkau dan mudah, serta mengedukasi generasi muda tentang pentingnya perencanaan keuangan dan investasi melalui platform BRImo.

    “Tak hanya itu, BRImo sebagai aplikasi all-in-one yang terintegrasi dengan ekosistem digital, seperti belanja online, transportasi, dan hiburan, sehingga menarik lebih banyak pengguna muda yang ingin solusi perbankan sekaligus gaya hidup dalam satu aplikasi,” ujar Handayani dalam keterangan tertulis, Kamis (5/12/2024).

    Pembukaan rekening tabungan BRI di BRImo yang cepat, tanpa biaya admin, serta memberikan kemudahan untuk transaksi online, yang sangat relevan dengan gaya hidup digital generasi muda.

    Selain layanan digital, BRI juga aktif mengedukasi generasi muda tentang pengelolaan keuangan, investasi, dan bahaya pinjaman online (pinjol) ilegal.

    Di sisi lain, untuk bersaing dengan pesatnya perkembangan pinjol, BRI meluncurkan produk pinjaman digital BRIGuna. Produk ini dirancang untuk memberikan kemudahan akses dan bunga yang kompetitif, sekaligus transparansi bagi nasabah.

    BRIGuna yang terintegrasi dengan aplikasi BRImo memungkinkan nasabah untuk mengajukan pinjaman secara cepat dan fleksibel, tanpa harus khawatir dengan bunga yang tinggi atau proses yang rumit.

    BRI membantu mengedukasi nasabah tentang risiko pinjol ilegal, pentingnya pengelolaan keuangan yang baik, dan manfaat menggunakan layanan dari lembaga perbankan terpercaya. BRI juga mengembangkan layanan berbasis data.

    BRI akan terus memberikan literasi keuangan kepada berbagai segmen nasabah, mulai dari pelajar hingga pensiunan. BRI juga rutin mengunjungi universitas untuk meningkatkan pemahaman generasi muda tentang pengelolaan keuangan, termasuk memilih instrumen investasi dan menghindari pinjaman online.

    (akn/ega)

  • Unggul di Dimensi Kolaborasi, BRI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

    Unggul di Dimensi Kolaborasi, BRI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

    Jakarta

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) berhasil meraih penghargaan atas keberhasilannya dalam menjalankan transformasi digital pada ajang Digital Banking Awards (DBA) 2024 untuk kategori Dimensi Kolaborasi. Penghargaan ini sekaligus memperkuat reputasi BRI sebagai mitra strategis yang andal.

    Terlebih, BRI berhasil menciptakan ekosistem digital yang mendukung inovasi serta pertumbuhan ekonomi berkelanjutan berkat upaya membangun kolaborasi di berbagai lintas sektor. Mulai dari institusi keuangan, startup, serta berbagai industri lainnya.

    Atas pencapaian tersebut, Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha menyampaikan apresiasinya atas penghargaan ini.

    “Penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen BRI dalam memanfaatkan teknologi untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah. Kami akan terus berinovasi untuk menghadirkan solusi perbankan digital yang inklusif, efisien, dan relevan bagi masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (5/12/2024).

    Arga juga menyebut melalui transformasi digital yang tengah dijalankan, BRI berkomitmen mempercepat digitalisasi layanan perbankan demi memudahkan akses keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

    Dengan inovasi digital yang berkelanjutan, BRI optimis dapat menciptakan ekosistem perbankan yang lebih inklusif, memberdayakan komunitas, dan mendorong transformasi ekonomi digital secara menyeluruh. Langkah ini sejalan dengan visi BRI untuk menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion pada tahun 2025.

    “Dengan terus mengedepankan solusi yang fleksibel dan mudah diakses, BRI berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam memperluas akses perbankan, memastikan seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat dari layanan keuangan digital yang aman dan andal,” terangnya.

    Selain memenangkan penghargaan untuk kategori Dimensi Kolaborasi di DBA 2024, BRI juga berhasil meraih penghargaan untuk kategori Dimensi Data. Keberhasilan BRI dalam Dimensi Data mencerminkan keunggulannya dalam mengelola dan memanfaatkan data untuk mendukung pengambilan keputusan strategis serta memberikan layanan yang lebih personal dan responsif kepada nasabah.

    Bukan hanya itu, BRI telah memperkuat posisinya melalui berbagai inisiatif digital seperti peluncuran aplikasi BRImo, pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan analitik data untuk merancang solusi yang mendukung pemberdayaan UMKM, serta memiliki BRIAPI sejak tahun 2018.

    BRIAPI adalah solusi open banking yang memungkinkan ribuan mitra pihak ketiga untuk mengintegrasikan berbagai produk dan layanan BRI ke dalam platform mereka. Kehadiran BRIAPI mempermudah pemilik platform digital untuk menyediakan layanan pembayaran dan informasi dari BRI.

    Sebagai informasi, dua penghargaan yang disabet BRI pada ajang DBA 2024 ini mengusung tema ‘Leading Digital Banking with AI, Data Protection, and SuperApps’. DBA 2024 diselenggarakan oleh Intellectual Business Community (IBC) bersama Investortrust.id di Hotel Aryaduta Jakarta, (26/11) lalu.

    (akn/ega)

  • Kolaborasi BRI dan Fintech untuk Inklusi Keuangan yang Lebih Luas

    Kolaborasi BRI dan Fintech untuk Inklusi Keuangan yang Lebih Luas

    Jakarta

    Kehadiran pinjaman online (pinjol) membuka peluang bagi perbankan untuk berkolaborasi dengan fintech dalam menciptakan solusi keuangan inklusif. BRI merespons tantangan ini dengan inovasi layanan digital dan edukasi keuangan untuk menjangkau masyarakat unbanked secara lebih luas.

    Perbankan seperti BRI yang memiliki nasabah di segmen mikro dan ritel merasakan dampak dari kehadiran pinjol. Nasabah BRI yang biasanya menggunakan produk KUR atau pinjaman mikro kini memiliki alternatif pinjol dengan proses lebih cepat.

    Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan perbankan tidak melihat fenomena pinjol sebagai ancaman, melainkan peluang. Dengan keunggulan infrastruktur dan modal, perbankan bisa memanfaatkan teknologi fintech untuk menawarkan produk yang memenuhi kebutuhan nasabah, baik dalam hal fleksibilitas maupun biaya.

    Menurutnya, perbankan perlu cepat mengembangkan produk digital untuk bersaing dengan platform pinjaman online yang menawarkan akses mudah dan layanan cepat. Ini mendorong bank untuk berinovasi, seperti mobile banking dan pinjaman digital berbasis aplikasi.

    Lebih lanjut, ia menjelaskan pinjol telah memperluas akses ke layanan keuangan, terutama bagi masyarakat yang sebelumnya sulit mendapatkan pinjaman formal karena persyaratan ketat. Fenomena ini memberikan tantangan dan peluang bagi perbankan.

    “Karena sebagai bank dengan fokus inklusi keuangan, perbankan bisa memperkuat posisi dengan menyediakan produk pinjaman yang lebih terjangkau dan ramah bagi masyarakat yang belum terlayani,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (5/12/2024).

    BRI menyadari kemudahan dan kecepatan pinjol membuat banyak masyarakat beralih ke sana. Untuk bersaing, BRI meluncurkan BRIGuna Digital melalui platform BRImo sebagai strategi menarik kembali nasabah yang mungkin beralih ke pinjaman online.

    Dengan menerapkan beberapa strategi kunci terkait BRIGuna Digital seperti kemudahan akses, kecepatan layanan, bunga kompetitif dan transparansi, serta integrasi dengan ekosistem BRImo. Untuk menangkal pengaruh pinjaman online dengan bunga tinggi, BRI juga fokus pada edukasi keuangan.

    Selain itu, BRI membantu mengedukasi nasabah tentang risiko pinjol ilegal, pentingnya pengelolaan keuangan yang baik, dan manfaat menggunakan layanan dari lembaga perbankan terpercaya. BRI juga mengembangkan layanan berbasis data.

    BRI terus memberikan literasi keuangan kepada berbagai segmen nasabah, mulai dari pelajar hingga pensiunan. Mereka juga rutin mengunjungi universitas untuk meningkatkan pemahaman generasi muda tentang pengelolaan keuangan, termasuk memilih instrumen investasi dan menghindari pinjaman online.

    (akn/ega)

  • Peran Aktif BRI Dukung Ketahanan Pangan, Salurkan Kredit Senilai Rp199,83 Triliun di Sektor Pertanian

    Peran Aktif BRI Dukung Ketahanan Pangan, Salurkan Kredit Senilai Rp199,83 Triliun di Sektor Pertanian

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menunjukkan komitmennya dalam berperan aktif mendukung ketahanan pangan nasional. Hingga akhir September 2024, BRI (bank only) telah berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp199,83 triliun kepada sektor pertanian, kehutanan dan pertanian.
     
    Langkah ini sejalan dengan visi BRI sebagai mitra strategis pemerintah dalam memperkuat sektor-sektor prioritas yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
     
    Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan bahwa sektor pertanian memegang peranan penting dalam menjaga stabilitas ekonomi Indonesia.
    “Kami memahami bahwa sektor pertanian bukan hanya tulang punggung perekonomian nasional, tetapi juga kunci dalam memastikan ketahanan pangan bagi masyarakat. Oleh karena itu, kami terus memperluas akses pembiayaan kepada para pelaku di sektor ini, termasuk petani, UMKM, dan pelaku agribisnis lainnya,” ujar Sunarso.
     

    Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: Dok. BRI)
     
    Kredit yang disalurkan BRI mencakup berbagai subsektor pertanian, mulai dari tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, hingga peternakan dan perikanan. Pendekatan yang diambil BRI tidak hanya fokus pada penyaluran dana, tetapi juga mencakup pemberdayaan petani melalui program pendampingan, pelatihan, dan digitalisasi sektor pertanian.
     
    Sunarso mengungkapkan bahwa BRI akan terus berkomitmen dalam mendukung ketahanan pangan, karena melalui ketahanan pangan Indonesia dapat keluar dari perangkap pendapatan menengah (middle income trap). 
     
    “Berdasarkan kajian Bappenas, Indonesia diperkirakan akan keluar dari jebakan kelas pendapatan menengah pada tahun 2041 jika asumsi rata-rata pertumbuhan ekonomi minimal 6 persen terpenuhi,” kata Sunarso. 
     
     

     
    Untuk keluar dari jebakan pendapatan menengah, menurut Sunarso, pendapatan per kapita Indonesia harus berada di atas USD4.465 (sumber: World Bank). Terkait hal tersebut, Sunarso mengungkapkan dalam kajian BRI bahwa faktor yang paling menentukan pertumbuhan ekonomi 6 persen adalah investasi pada human capital atau nilai ekonomi dari pengalaman dan keterampilan pekerja. Pembentukan human capital juga perlu didorong oleh tiga faktor. 
     
    Pertama, Indonesia harus fokus dalam memaksimalkan kebutuhan nutrisi dan pangan. “Maka menjadi penting, kita fokus untuk memiliki strategi yang khusus, spesifik, dan visioner untuk masalah ketahanan pangan,” ujar Sunarso.
     
    Kedua, negara punya tugas untuk menyejahterakan rakyat dan ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi. Sunarso mengatakan bahwa cara terbaik untuk menyejahterakan rakyat adalah dengan memberikan mereka pekerjaan.
     
    “Jadi semua orang pada usia produktif memang harus bekerja. Kalau begitu, pemerataan kesempatan kerja itu menjadi penting,” jelasnya. 
     
    Ketiga, adalah pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Untuk mendapatkan pemerataan kesempatan kerja dibutuhkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, di mana di dalamnya juga ada unsur pemerataan serta partisipasi masyarakat untuk ikut tumbuh dan berkembang.
     
    “Investasi yang penting adalah human capital, dan kalau mau memperbaiki human capital, perbaiki dulu nutrisi dan pangan. Dan kemudian kita tunggu, untuk pemerataan butuh inklusivitas pertumbuhan,” ujar Sunarso.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Pengamat: MIND ID jadi Holding BUMN sektor tambang andalan Indonesia

    Pengamat: MIND ID jadi Holding BUMN sektor tambang andalan Indonesia

    Mineral Industri Indonesia menjadi salah satu perusahaan BUMN yang bisa diandalkan menyumbang dividen kepada negara dalam beberapa tahun terakhir ini

    Jakarta (ANTARA) – Pengamat tambang dan energi Ferdy Hasiman mengungkapkan Holding Mineral Industri Indonesia (MIND ID) menjadi salah satu perusahaan BUMN yang diandalkan Indonesia.

    “Mineral Industri Indonesia menjadi salah satu perusahaan BUMN yang bisa diandalkan menyumbang dividen kepada negara dalam beberapa tahun terakhir ini. Sejak tahun 2021, MIND ID sangat konsisten memberikan dividen besar kepada negara, selain BUMN perbankan, seperti PT Bank BRI Tbk dan PT Bank Mandiri Tbk.,” ujar Ferdy Hasiman dalam keterangan dikutip di Jakarta, Kamis.

    Tahun 2021, MIND ID memberikan dividen kepada pemegang saham (negara) sebesar Rp505 miliar dan tahun 2022 meningkat sebesar Rp900 miliar. Namun, tahun 2023, tak main-main, MIND ID menjadi penyumbang dividen terbesar ke negara sebesar Rp11,2 triliun dari total dividen perusahaan BUMN sebesar Rp81,2 triliun.

    “Yang membuat MIND ID menjadi besar dan menguasai tambang mineral di tanah air adalah strategi holding yang begitu sukses dilakukan kementerian BUMN sejak era Menteri BUMN Rini Soemarno hingga Menteri BUMN Erik Thohir. Keberanian Menteri-menteri BUMN ini menggabungkan perusahaan tambang BUMN, seperti PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Indonesia Asahan Alumina (INALUM), PT Timah Tbk (TINS) dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menjadi pijakan awal MIND ID melompat jauh seperti sekarang ini.” kata Ferdy Hasiman.

    Dengan gagasan membentuk perusahaan holding di bawah INALUM waktu itu, membuat BUMN tambang menjadi besar di mana asetnya mencapai Rp100 triliun. Dengan demikian holding tambang menjadi leluasa meminjam dan menerbitkan obligasi sebesar 5 miliar dolar AS untuk membeli 51 persen saham Freeport. Alhasil, investor global kemudian berbondong-bondong mengejar global bond INALUM sampai terkumpul sebesar 5 miliar dolar AS.

    “Hasil penjualan global bond tersebut, INALUM kemudian mampu membeli Freeport tahun 2019, di akhir pemerintahan Jokowi periode pertama sebesar 5 miliar dolar AS. Sejak saat itu, Freeport dengan operasi tambang Grasberg di Mimika, Papua berhasil kembali ke pangkuan bumi Pertiwi,” ujar Ferdy Hasiman.

    Holding juga membuat MIND ID semakin mudah membeli 11 persen saham perusahaan nikel terbesar di Indonesia, PT Vale Indonesia Tbk. Sebelumnya MIND ID menguasai 20 persen saham Vale. Setelah sukses membeli 11 persen, MIND ID mampu mengontrol 31 persen saham Vale. Dengan menguasai saham Vale, dividen MIND ID semakin besar dan kontribusinya kepada negara juga ikut naik.

    “MIND ID kemudian juga menjadi raja di bidang tambang, karena menguasai semua sektor tambang di tanah air. Strategi holding yang dilakukan kementerian BUMN adalah obat mujarab untuk mengembalikan tambang asing ke pangkuan bumi pertiwi sesuai amanat konstitusi. Bukan hanya itu, tambang BUMN kemudian menjadi motor penggerak roda perekonomian nasional dan daerah,” ujar Ferdy Hasiman.

    Dirinya juga menyampaikan, tata kelola perusahaan (good corporate governance) adalah salah satu syarat bagi MIND ID jika ingin berkompetisi dengan perusahaan-perusahaan asing. MIND ID terus berbenah dan melakukan revolusi budaya kerja internal agar lebih kompetitif, profesional dan memiliki semangat melayani rakyat.

    Hal penting yang dilakukan anggota MIND ID sebagai perusahaan negara adalah tetap menjaga dan merawat lingkungan hidup, melakukan reklamasi paska tambang. Pengelolaan tambang harus memperhatikan isu lingkungan hidup. Untuk ANTM, misalnya, masalah lingkungan hidup adalah salah satu syarat penting bagi perusahaan bermitra dengan produsen mobil listrik, seperti Tesla.

    Pewarta: Aji Cakti
    Editor: Faisal Yunianto
    Copyright © ANTARA 2024

  • Diberdayakan BRI, Figur Inspiratif Lokal Gerakkan UMKM Ponorogo

    Diberdayakan BRI, Figur Inspiratif Lokal Gerakkan UMKM Ponorogo

    Ponorogo: Saiban, seorang pria kelahiran 55 tahun silam, telah menjadi pendorong kemajuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Bululor, Kecamatan Jambon, Ponorogo. Sebagai Direktur BUMDes Amanah sejak 2017, Saiban tidak hanya mendukung UMKM secara teknis tetapi juga membangun ekosistem usaha yang mampu bertahan dan berkembang di tengah berbagai tantangan.
     
    Pada 2022, Saiban memanfaatkan sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk meningkatkan kualitas pendampingannya. Ia mendirikan Kampus Rumah UMKM Sri Widari, sebuah inisiatif yang memberi pelatihan langsung kepada lebih dari 60 UMKM. Saiban percaya, dengan ilmu dan pendampingan yang tepat, pelaku UMKM dapat melewati tantangan klasik seperti permodalan, pemasaran, dan pengelolaan sumber daya manusia.
     
    Salah satu kisah sukses dari pendampingan ini adalah Boyadi, pemilik Galeri Reog Ponorogo. Berkat arahan Saiban, bisnis Boyadi yang awalnya terbatas kini berkembang pesat, dengan produksi topeng Reog mencapai 1.000 unit per bulan. Tak hanya itu, omzetnya melonjak dari Rp1 juta menjadi Rp30 juta per bulan, dengan jangkauan pasar hingga Sumatra dan Kalimantan.
    Tidak hanya Boyadi, Saiban juga mendampingi UMKM lain seperti Enwa Bouquet & Dekorasi, yang sukses merambah pasar pernikahan tingkat kabupaten berkat legalitas usaha dan pelatihan yang didukungnya. Ada pula Kuswandari, produsen keripik tempe, yang kini mampu melipatgandakan produksi setelah mendapatkan izin usaha dan sertifikasi halal melalui bimbingan Saiban. 
     
     

     
    Kisah Dewi Jali Collection, yang memulai bisnis anyaman tas plastik di tengah keterbatasan pemasaran, juga menunjukkan bagaimana bimbingan Saiban mampu membawa inovasi dan strategi baru.
     
    “Saya diajarkan untuk memanfaatkan media sosial dan bekerja sama dengan toko-toko lokal. Kini, saya lebih percaya diri mengembangkan bisnis,” ujar Dewi.
     
    Bagi BRI, Saiban adalah salah satu contoh sosok figur lokal inspiratif yang menjadi katalisator perkembangan UMKM di wilayahnya. Figur Inspiratif Lokal (FIL) yang dihadirkan BRI untuk memotivasi para pelaku usaha terus tumbuh dan berkembang. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan economic dan social value sebagai bagian mengakselerasi pemulihan ekonomi dengan cara memberdayakan UMKM, khususnya sosok inspiratif.
     
    Pada kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan bahwa figur inspiratif lokal ini merupakan program pemberdayaan sebagai bentuk apresiasi kepada figur atau sosok yang meninspirasi di wilayahnya.
     
    “Mereka dianggap telah memiliki inisiatif murni untuk memberikan dampak atau pengaruh positif bagi pelaku UMKM di lingkungan masyarakat sekitarnya,” ujar Supari.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Dokumen yang Harus Dibawa untuk Syarat Pengajuan Pinjaman KUR BRI

    Dokumen yang Harus Dibawa untuk Syarat Pengajuan Pinjaman KUR BRI

    Dokumen yang Harus Dibawa untuk Syarat KUR BRI

    TRIBUNNJATENG.COM-

    Syarat KUR BRI:

     * Warga Negara Indonesia (WNI)

     * Berusia minimal 17 tahun (atau 21 tahun untuk KUR Mikro)

     * Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit

    Punya Usaha:

     * Usaha produktif dan layak

     * Telah berjalan minimal 6 bulan

     * Memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat izin usaha lainnya yang dipersamakan (untuk KUR Kecil)

    Dokumen:

     * KTP

     * Kartu Keluarga (KK)

     * NPWP (untuk plafond di atas Rp 50 juta)

     * Surat Izin Usaha (SIUP) atau Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)

     * Agunan (untuk KUR Mikro dan Kecil dengan plafond di atas Rp 50 juta)

     

    Berikut tabel KUR BRI 2024, pinjaman tanpa jaminan bunga 0,5 persen per bulan.

    1. tabel angsuran KUR BRI Rp 1 Juta- Rp 50 Juta, pinjaman tanpa jaminan bunga 0,5 persen per bulan

    tabel angsuran KUR BRI Rp 1 Juta- Rp 50 Juta, pinjaman tanpa jaminan bunga 0,5 persen per bulan (Tribun Jateng)

     

    .

    2. tabel angsuran KUR BRI Rp 50 Juta- Rp 150 Juta, pinjaman tanpa jaminan bunga 0,5 persen per bulan

    tabel angsuran KUR BRI Rp 50 Juta- Rp 150 Juta, pinjaman tanpa jaminan bunga 0,5 persen per bulan (Tribun Jateng)

     

    3. tabel angsuran KUR BRI Rp 175 Juta- Rp 500 Juta, pinjaman tanpa jaminan bunga 0,5 persen per bulan

    tabel angsuran KUR BRI Rp 175 Juta- Rp 500 Juta, pinjaman tanpa jaminan bunga 0,5 persen per bulan (Tribun Jateng)

     

     

    Pengajuan KUR BRI di kantor cabang terdekat: 

     * Datang ke kantor cabang BRI terdekat

     * Isi formulir pengajuan KUR

     * Serahkan dokumen yang diperlukan

     * Tunggu proses verifikasi dan persetujuan

    Jenis KUR BRI:

     * KUR Mikro: Plafond hingga Rp 50 juta, tanpa agunan, bunga 6 persen per tahun

     * KUR Kecil: Plafond Rp 50 juta hingga Rp 500 juta, dengan agunan atau tanpa agunan, bunga 7 persen per tahun

     * KUR TKI: Plafond hingga Rp 25 juta, tanpa agunan, bunga 3 persen per tahun

    Informasi lebih lanjut:

     * Call center BRI: 14017

    Tips:

     * Siapkan semua dokumen yang diperlukan dengan lengkap dan rapi.

     * Pastikan usaha Anda memiliki prospek yang baik dan layak untuk dibiayai.

     * Ajukan KUR sesuai dengan kebutuhan modal usaha Anda.

    Semoga informasi ini bermanfaat!

     

    KUR BRI adalah program Kredit Usaha Rakyat yang diluncurkan oleh pemerintah Indonesia melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI). Program ini bertujuan untuk memberikan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam bentuk pinjaman atau kredit dengan bunga rendah.

     

    (*)

     

     

     

     

  • Jadwal Pertandingan Pekan Ke-13 BRI Liga 1 2024/2025 Lengkap, Catat Tanggalnya!

    Jadwal Pertandingan Pekan Ke-13 BRI Liga 1 2024/2025 Lengkap, Catat Tanggalnya!

    JABAR EKSPRES – Pertandingan BRI Liga 1 2024/2025 memiliki total 34 pertandingan, yang di mana masing-masing pekan pertandingan terdapat 9 pertandingan yang mempertemukan masing-masing 2 klub sepak bola.

    Diketahui bahwa pertandingan pekan ke-12 telah selesai dilaksanakan pada Selasa, 3 Desember 2024, dan saat ini masuk pada pertandingan ke-13 yang akan mulai digelar pada 6 – 9 Desember 2024.

    Bagi kamu yang ingin mengetahui terkait jadwal pertandingan untuk pertandingan ke-13 mendatang, kamu bisa simak jadwal lengkap yang tertera di bawah ini.

    BACA JUGA: LINK DANA KAGET Hari Ini, Klaim Amplop Saldo Gratis Rp100.000 Sekali Klik

    Jadwal BRI Liga 1 Pekan-13

    Jadwal Pertandingan ke-13 dari 34 Pertandingan BRI Liga 1 2024/2025

    Borneo FC vs PSIS yang diselenggarakan pada 6 Desember 2024, pukul 15:30Persik vs Madura United yang diselenggarakan pada 6 Desember 2024, pukul 15:30Semen Padang vs Persija Jakarta yang diselenggarakan pada 6 Desember 2024, pukul 19:00Persebaya vs Arema FC yang diselenggarakan pada 7 Desember 2024, pukul 15:30Malut United vs Dewa United yang diselenggarakan pada 7 Desember 2024, pukul 15:30Bali United vs PSM Makassar yang diselenggarakan pada 7 Desember 2024, pukul 19:00Barito Putera vs PSBS Biak yang diselenggarakan pada 8 Desember 2024, pukul 15:30Persita vs Persis yang diselenggarakan pada 8 Desember 2024, pukul 19:00PSS vs Persis Bandung yang diselenggarakan pada 9 Desember 2024, pukul 19:00