BUMN: BRI

  • Bisa Tingkatkan Produktivitas, AI di BRI Digunakan buat Apa Saja?

    Bisa Tingkatkan Produktivitas, AI di BRI Digunakan buat Apa Saja?

    Jakarta

    Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Arga M Nugraha mengungkapkan manfaat dari artificial intelligence (AI) untuk penunjang bisnis. Ia mengatakan selain untuk meningkatkan produktivitas, AI juga digunakan untuk mempermudah proses bisnis yang sebelumnya dilakukan secara manual.

    “Penggunaan AI tidak hanya akan meningkatkan produktivitas pekerja namun juga memberikan peningkatan pada proses bisnis yang selama ini dilakukan secara manual,” imbuh Arga dalam siaran pers, Rabu (11/12/2024).

    Arga juga menjelaskan terdapat dua faktor kunci dalam implementasi AI pada sebuah perusahaan.

    “Ada dua faktor utama yang mempengaruhi seberapa besar dampak AI terhadap bidang pekerjaan kita. Yang pertama adalah seberapa kompleks pekerjaan tersebut dan yang kedua adalah bagaimana kapabilitas individunya, seberapa dalam dan luas pengalaman individu tersebut,” imbuh Arga.

    BRI sendiri telah memanfaatkan teknologi AI dalam berbagai bidang, salah satunya digunakan untuk credit scoring nasabah. Credit scoring merupakan metode penilaian yang digunakan oleh bank untuk menentukan kelayakan kredit bagi nasabah.

    Dengan mengadopsi teknologi AI, akan memberikan keuntungan bagi BRI dalam menganalisis profil nasabah. BRI juga terus mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung operasional, layanan, dan manajemen risiko.

    Salah satu fokus utama adalah sistem anti fraud dan analisis risiko, yang memungkinkan identifikasi pola melalui big data dari berbagai sumber, termasuk data yang tidak terstruktur. Sistem ini digunakan untuk mendeteksi penipuan, mengevaluasi risiko, dan mendukung produk-produk BRI.

    Selain itu, AI juga diintegrasikan ke dalam layanan pintar di semua lini, mulai dari back office hingga front office, tujuannya tak lain untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan hasil operasional secara menyeluruh.

    Meskipun demikian, Arga tetap menekankan perlunya prinsip kehati-hatian dan governance dalam menggunakan AI agar tidak menimbulkan dampak yang merugikan.

    “AI memberikan benefit tapi jangan gelap mata dalam pemanfaatan AI. Kita menggunakan AI tetap harus melihat value yang dihasilkan,” pungkas Arga.

    Lihat juga video: Detikcom Award 2023: BRI Raih Banyak Penghargaan Atas KInerja Terbaik Untuk Indonesia

    (prf/ega)

  • BRI Pakai AI untuk Produktivitas, Bukan Pengganti Peran Manusia

    BRI Pakai AI untuk Produktivitas, Bukan Pengganti Peran Manusia

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyatakan bahwa penggunaan Artificial Intelligent (AI) dalam operasional adalah sebagai pendukung produktivitas, bukan pengganti peran manusia.

    Direktur Digital dan Teknolohi Informasi BRI, Arga M Nugraha menyebut, penggunaan AI dipastikan menjadi bagian strategi transformasi digital yang dilakukan perseroan.

    “Peran kita akan tetap ada dan justru kita mendapatkan boost dari produktivitas berkat pemanfaatan AI. Penggunaan AI tidak hanya akan meningkatkan produktivitas pekerja, namun juga memberikan peningkatan pada proses bisnis yang selama ini dilakukan secara manual,” papar Arga.

    Menurut Arga, ada dua faktor kunci dalam implementasi AI terhadap perusahaan. Pertama, tingkat kompleksitas pekerjaan tersebut, dan kedua, kedalaman dan luas pengalaman yang membentuk kapabilitas individu terkait.

    Saat ini, BRI telah memanfaatkan teknologi AI dalam berbagai bidang, seperti untuk credit scoring nasabah. Credit scoring merupakan metode penilaian yang digunakan oleh bank untuk menentukan kelayakan kredit bagi nasabah. Teknologi AI diyakini dapat memberikan keuntungan bagi BRI dalam menganalisis profil nasabah.

    Lalu, BRI juga mengembangkan teknologi AI untuk mendukung operasional, layanan, dan manajemen risiko, antara lain sistem anti fraud dan analisis risiko yang memungkinkan identifikasi pola melalui big data dari berbagai sumber, termasuk data yang tidak terstruktur. Sistem ini digunakan untuk mendeteksi penipuan, mengevaluasi risiko, sekaligus mendukung produk-produk BRI.

    Selain itu, AI juga diintegrasikan ke dalam layanan pintar di semua lini, mulai dari back office hingga front office guna meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan hasil operasional secara menyeluruh.

    Di sisi lain, Arga menegaskan bahwa tetap diperlukan prinsip kehati-hatian dan governance dalam menggunakan AI agar tidak menimbulkan dampak buruk.

    “AI memberikan benefit tapi jangan gelap mata dalam pemanfaatan AI. Kita menggunakan AI tetap harus melihat value yang dihasilkan,” pungkas Arga.

    (rea/rir)

    [Gambas:Video CNN]

  • BRI dan Holding Ultra Mikro Aktif Tingkatkan Daya Saing UMKM melalui Sertifikasi BPOM

    BRI dan Holding Ultra Mikro Aktif Tingkatkan Daya Saing UMKM melalui Sertifikasi BPOM

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk beserta anggota Holding Ultra Mikro PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menyatakan komitmen mendukung Menteri BUMN Erick Thohir dalam meningkatkan daya saing UMKM.
     
    Sebelumnya pada akhir November 2024, Erick Thohir mengungkapkan telah sepakat dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk meningkatkan jumlah produk UMKM yang memenuhi standar BPOM. Tujuan besar tersebut mengandalkan tiga langkah strategis yaitu memaksimalkan ekosistem pasar digital (PaDi) UMKM, pemanfaatan database program PNM Mekaar dan digitalisasi sinergitas guna konsolidasi database.
     
    “Program pertama mungkin beberapa bulan ke depan kita tuntaskan bagaimana semua bisa tersertifikasi. Nanti program berikutnya, tadi disampaikan, kita bisa memilih ada program PNM Mekaar, yaitu ibu-ibu di desa-desa yang menempat pinjaman Rp1-5 juta yang jumlahnya 21,2 juta,” kata Erick Thohir.
    Pada kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan bahwa program sertifikasi BPOM ini selaras dengan upaya BRI dalam pemberdayaan yang menjadi salah satu kunci meningkatkan potensi dan kapasitas pelaku UMKM di Indonesia, mengingat UMKM berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan.
     

    “Konsep pemberdayaan kami sungguh komprehensif dan terukur, serta dapat dimonitor dengan baik,” ujar Supari. Dalam hal ini, BRI menjalankan program pemberdayaan UMKM melalui tiga fase, yakni fase dasar, integrasi dan interkoneksi. Di fase dasar, BRI melakukan mapping UMKM dengan sistem self-assessment naik kelas dengan menggunakan indikator yang sudah difasilitasi oleh BRI.
     

    Direktur Bisnis Mikro BRI Supari (Foto:Dok.BRI)
     
    Selanjutnya dalam fase integrasi, BRI mengintegrasikan sistem dan database dengan kementerian/lembaga terkait sehingga menjadi data center UMKM. Terakhir, BRI melakukan integrasi antara sistem dan database milik Perseroan, kementerian/lembaga terkait serta koneksi dengan instansi eksternal terkait perizinan, sertifikasi halal, UMKM ekspor.
     
    Sementara itu, Direktur Utama PNM Arief Mulyadi menyatakan bahwa kolaborasi dengan BPOM adalah langkah penting untuk membantu UMKM menembus pasar yang lebih luas, baik domestik maupun global. Ia optimis dengan inisiasi Kementerian BUMN bersama BPOM akan mendorong semangat entrepreneurship nasabah binaannya dan keluar dari zona subsisten.
     

    Hal tersebut sesuai dengan tugas besar PNM untuk turut memberikan modal intelektual dan sosial selain modal finansial agar tumbuh menjadi masyarakat yang madani. Dengan akses pembiayaan dan pendampingan, UMKM akan memiliki daya saing lebih dan semakin dipercaya pembeli.
     
    Sebagai bentuk dukungan, langkah awal yang PNM lakukan adalah dengan memberikan edukasi tentang pentingnya memiliki izin edar BPOM bagi usaha khususnya di sektor makanan, minuman, dan produk herbal. Melalui edukasi yang ringan dan relevan, PNM berharap dapat terus berkontribusi dalam mendukung percepatan pertumbuhan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional.
     
    Selama tiga tahun setelah terbentuk pada 2021, Holding Ultra Mikro yang terdiri atas BRI, PNM dan Pegadaian berhasil melayani 36,1 juta debitur ultra mikro dengan total penyaluran kredit lebih dari Rp 627,6 triliun pada akhir September 2024. Holding UMi juga memperluas layanan melalui 1.025 Unit Senyum di seluruh Indonesia, memberikan akses kepada lebih dari 180 juta masyarakat ke Tabungan mikro.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Di BRI AI Tidak Menggantikan Peran Manusia, Namun Digunakan Untuk Tingkatkan Produktivitas

    Di BRI AI Tidak Menggantikan Peran Manusia, Namun Digunakan Untuk Tingkatkan Produktivitas

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menegaskan komitmennya untuk menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) sebagai alat yang mendukung produktivitas tanpa menggantikan peran manusia. Langkah ini menjadi bagian dari strategi transformasi digital perseroan guna memberikan layanan terbaik bagi nasabah sekaligus memberdayakan pekerja.
     
    Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha mengungkapkan bahwa keberadaan AI tidak akan menggantikan peran manusia. “Peran kita akan tetap ada dan justru kita mendapatkan boost dari produktivitas berkat pemanfaatan AI,” ujar Arga.
     
    “Penggunaan AI tidak hanya akan meningkatkan produktivitas pekerja, namun juga memberikan peningkatan pada proses bisnis yang selama ini dilakukan secara manual,” imbuh Arga.
    Arga juga menjelaskan terdapat dua faktor kunci dalam implementasi AI pada sebuah perusahaan.
     
    “Ada dua faktor utama yang mempengaruhi seberapa besar dampak AI terhadap bidang pekerjaan kita. Yang pertama adalah seberapa kompleks pekerjaan tersebut dan yang kedua adalah bagaimana kapabilitas individunya, seberapa dalam dan luas pengalaman individu tersebut,” imbuh Arga. 
     
     

     
    BRI sendiri telah memanfaatkan teknologi AI dalam berbagai bidang, salah satunya digunakan untuk credit scoring nasabah. Credit scoring merupakan metode penilaian yang digunakan oleh bank untuk menentukan kelayakan kredit bagi nasabah. Dengan mengadopsi teknologi AI, akan memberikan keuntungan bagi BRI dalam menganalisis profil nasabah. 
     
    BRI juga terus mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung operasional, layanan, dan manajemen risiko.  Salah satu fokus utama adalah sistem anti fraud dan analisis risiko, yang memungkinkan identifikasi pola melalui big data dari berbagai sumber, termasuk data yang tidak terstruktur. Sistem ini digunakan untuk mendeteksi penipuan, mengevaluasi risiko, dan mendukung produk-produk BRI.
     
    Selain itu, AI juga diintegrasikan ke dalam layanan pintar di semua lini, mulai dari back office hingga front office, tujuannya tak lain untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan hasil operasional secara menyeluruh.
     
    Meskipun demikian, Arga tetap menekankan perlunya prinsip kehati-hatian dan governance dalam menggunakan AI agar tidak menimbulkan dampak yang merugikan. 
     
    “AI memberikan benefit tapi jangan gelap mata dalam pemanfaatan AI. Kita menggunakan AI tetap harus melihat value yang dihasilkan,” pungkas Arga.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Cara Mudah Cek Bansos PKH Desember 2024, Cukup Siapkan KTP

    Cara Mudah Cek Bansos PKH Desember 2024, Cukup Siapkan KTP

    Bisnis.com, JAKARTA — Pencairan bansos PHK memasuki tahap akhir pada Desember 2024. Ada cara mudah untuk mengetahui terdata sebagai penerima bansos PKH yakni lewat laman cekbansos.kemensos.go.id.

    Bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan bansos rutin dari Kemensos. Bansos PKH ini cair setiap 3 bulan sekali atau memasuki tahap 4 pada Desember 2024.

    Bansos PKH disalurkan melalui bank Himbara atau bank BUMN seperti BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. Khusus untuk wilayah Aceh, penyaluran bansos PKH dilakukan lewat BSI. Berikut ini jadwal pencairan bansos PKH:

    Tahap 1: Januari-Maret 2024
    Tahap 2: April-Juni 2024
    Tahap 3: Juli-September 2024
    Tahap 4: Oktober-Desember 2024

    Sama seperti tahap sebelumnya, besaran dana bansos PKH berbeda-beda untuk setiap kategori penerima. Berikut perincian besaran dana bansos PKH:

    Ibu hamil/nifas: Rp750.000/tahap atau Rp3.000.000/tahun
    Anak usia dini 0-6 tahun: Rp750.000/tahap atau Rp3.000.000/tahun
    Pendidikan anak SD/sederajat: Rp225.000/tahap atau Rp900.000/tahun
    Pendidikan anak SMP/sederajat: Rp375.000/tahap atau Rp1.500.000/tahun
    Pendidikan anak SMA/sederajat: Rp500.000/tahap atau Rp2.000.000/tahun
    Penyandang disabilitas berat: Rp600.000/tahap atau Rp2.400.000/tahun
    Lanjut usia: Rp600.000/tahap atau Rp2.400.000/tahun

    Tangakapan layar cek bansos KemensosPerbesar
    Cara Cek Bansos PKH di cekbansos.kemensos.go.id

    Untuk memudahkan penerima, Kemensos menyediakan pengecekan status penerima bansos PKH yang dapat digunakan penerima manfaat.
    Cukup bermodalkan HP dan NIK, penerima manfaat bisa mengecek status penerima bansos PKH di laman cekbansos.kemensos.go.id. Berikut caranya:

    Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.
    Lengkapi informasi tentang wilayah tempat tinggal kamu sesuai KK dan KTP.
    Masukkan nama Penerima Manfaat sesuai dengan data di Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang kamu miliki.
    Isi kode keamanan yang ditampilkan di layar.
    Klik tombol “CARI DATA” dan tunggu sejenak.
    Nama dan status kamu sebagai penerima bantuan akan muncul di hasil pencarian.

    Itulah cara mudah cek bansos PKH di laman cekbansos.kemensos.go.id lengkap dengan jadwal pencairan dan besaran dana.

  • BSI Ajukan Izin Jadi Bank Emas

    BSI Ajukan Izin Jadi Bank Emas

    Jakarta

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengusulkan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menjadi bank emas. Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan BSI bisa menjalankan bisnis emas karena telah dijalankan, yaitu gadai dan cicil emas.

    “Ya sebenarnya kan nature-nya BSI bisa ya menjalankan bisnis emas sekarang ini kita sudah menjalankan bisnis gadai dan cicil emas bisa manual dan aplikasi,” kata Hery saat ditemui di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2024).

    Hery mengaku senang apabila diberi kesempatan dapat ekspansi bisnis lebih besar. Dia menjelaskan untuk menjadi bank emas membutuhkan modal setidaknya Rp 14 triliun.

    “Karena kalau kita lihat ketentuan yang ada di POJK yang baru, bank harus memiliki modal sedikitnya Rp 14 triliun ya untuk bullion, tapi BSI kan lebih dari itu,” terang Hery.

    Dia menyatakan siap apabila harus menjalankan bank emas tahun depan. Saat ini, BSI mengajukan izin operasional bank emas.

    “Insyaallah, kita nggak bilang gitu, insyaallah (siap). Sedang, sedang (mengajukan izin bank emas),” imbuh dia.

    Sebelumnya, pemerintah tengah mengajukan Bank Emas atau Bullion Bank. Bullion bank ini tengah ajukan pemerintah untuk dikelola PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, regulasi bank bullion telah dimasukkan ke dalam Undang-undang (UU).

    “Undang-undangnya sudah kita masukkan, dan kita berharap di tahun depan semester I bisa direalisasikan,” kata Airlangga kepada wartawan di Hotel Rafles Jakarta, Selasa (10/12/2024).

    Tonton juga video: BYONDay Seru Abis! Goyang Bareng Wali & Yura, Dapatkan Jutaan Rupiah!

    (ara/ara)

  • Segarkan Tubuh dan Detox Sehat dengan Jus Re.juve, Ada Promo Spesial BRI Menantimu!

    Segarkan Tubuh dan Detox Sehat dengan Jus Re.juve, Ada Promo Spesial BRI Menantimu!

    Jakarta, Beritasatu.com – Minuman Jus yang terdiri dari kombinasi buah, sayuran, sampai rempah yang dibuat hanya dari bahan alami dan dipres menjadi minuman seperti yang di produksi Re.juve kini telah menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Fungsinya beragam, mulai untuk detox kesehatan sampai menjaga kebugaran tubuh.

    Seperti diketahui, untuk mencapai tubuh sehat perlu adanya kelengkapan vitamin dan mineral sehingga menghadirkan kulit lembap terhidrasi, mata bersinar, rambut berkilau, sampai wajah ceria dan peran jus alami atau berbahan natural sangatlah diperlukan.

    Kemudian konsumsi pun harus dilakukan berkesinambungan atau secara rutin, sehingga dampaknya bisa terus dinikmati untuk jangka panjang.

    Apalagi di tengah cuaca yang tidak menentu saat ini, sangat penting bagi kita untuk terus menjaga kesehatan, salah satunya dengan mengonsumsi jus buah-buahan dan sayur-sayuran.

    Jus dari buah dan sayur segar kini jadi bagian penting dalam gaya hidup sehat. Jus diyakin dapat membantu kita memenuhi anjuran konsumsi buah dan sayur harian. Di tengah pola makan modern yang seringkali kurang akan buah dan sayur, jus alami membantu memenuhi kebutuhan harian akan nutrisi penting. WHO merekomendasikan konsumsi minimal 400 gram buah dan sayur per hari, dan jus menjadi cara praktis untuk mencapainya. Selain itu, jus berbahan alami dapat membantu tubuh melawan radikal bebas, memperkuat daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan jangka panjang.

    Jus alami memiliki manfaat yang beragam, mulai dari mendukung proses detoksifikasi tubuh hingga menjaga kebugaran. Dengan kandungan vitamin dan mineral yang lengkap, konsumsi rutin jus alami dapat memberikan efek positif, seperti kulit yang terhidrasi, rambut yang sehat berkilau, mata yang lebih cerah, hingga meningkatkan mood dan energi sehari-hari.

    Selain itu, manfaat minum jus buah dan sayur juga membantu meningkatkan kualitas tidur. Jus dengan bahan-bahan alami bisa membuat Kamu tidur lebih lelap sehingga bisa bangun dalam kondisi badan yang segar.

    Kamu bisa menikmati jus yang berisi sayuran dengan membuatnya sendiri di rumah, atau jika ingin menikmati minuman kesehatan dengan cara yang lebih simpel lagi dengan komposisi buah, sayuran dan rempah yang dipres atau diperas langsung dalam kondisi segar, Kamu bisa memilih Re.juve yang telah mendapatkan tempat tersendiri bagi mereka yang gemar dengan pola hidup sehat.

    Ditambah untuk menikmati Re.juve kini kamu bisa memanfaatkan BRImo yang memberikan penawaran seru dalam menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi jus alami setiap hari.

    Untuk mempermudah akses, kini Re.juve menawarkan promo menarik bekerja sama dengan BRImo dengan menikmati promo buy 1 get 1 free.

    Promo ini berlaku hingga 31 Desember 2024. Transaksi dilakukan menggunakan aplikasi BRImo melalui EDC BRI pada hari Senin dan Selasa.

    Syarat dan Ketentuan Promo Re.juve
    1. Promo berlaku untuk satu pelanggan, satu kali transaksi per gerai per hari.
    2. Promo tidak berlaku kelipatan atau digabungkan dengan promo lain.
    3. Promo ini tidak mencakup produk tertentu, seperti Signature Line, Tropic Green, Tropic Joy, dan Infused Water.

    Yuk, segera dapatkan special offer jus alami Re.juve bersama BRImo lewat tautan berikut ini.

  • BRI Manfaatkan AI untuk Tingkatkan Produktivitas Tanpa Geser Peran Manusia

    BRI Manfaatkan AI untuk Tingkatkan Produktivitas Tanpa Geser Peran Manusia

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menegaskan komitmennya untuk menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) sebagai alat yang mendukung produktivitas tanpa menggantikan peran manusia. Langkah ini menjadi bagian dari strategi transformasi digital perseroan guna memberikan layanan terbaik bagi nasabah sekaligus memberdayakan pekerja.

    Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha mengungkapkan bahwa keberadaan AI tidak akan menggantikan peran manusia. 

    “Peran kita akan tetap ada dan justru kita mendapatkan boost dari produktivitas berkat pemanfaatan AI,” ujar Arga.

    “Penggunaan AI tidak hanya akan meningkatkan produktivitas pekerja namun juga memberikan peningkatan pada proses bisnis yang selama ini dilakukan secara manual,” lanjutnya.

    Arga juga menjelaskan terdapat dua faktor kunci dalam implementasi Al pada sebuah perusahaan. 

    “Ada dua faktor utama yang mempengaruhi seberapa besar dampak AI terhadap bidang pekerjaan kita. Yang pertama adalah seberapa kompleks pekerjaan tersebut dan yang kedua adalah bagaimana kapabilitas individunya, seberapa dalam dan luas pengalaman individu tersebut,” imbuh Arga.

    BRI sendiri telah memanfaatkan teknologi Al dalam berbagai bidang, salah satunya digunakan untuk credit scoring nasabah. Credit scoring merupakan metode penilaian yang digunakan oleh bank untuk menentukan kelayakan kredit bagi nasabah. Dengan mengadopsi teknologi AI, akan memberikan keuntungan bagi BRI dalam menganalisis profil nasabah.

    BRI juga terus mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung operasional, layanan, dan manajemen risiko. Salah satu fokus utama adalah sistem anti fraud dan analisis risiko, yang memungkinkan identifikasi pola melalui big data dari berbagai sumber, termasuk data yang tidak terstruktur. Sistem ini digunakan untuk mendeteksi penipuan, mengevaluasi risiko, dan mendukung produk-produk BRI.

    Selain itu, Al juga diintegrasikan ke dalam layanan pintar di semua lini, mulai dari back office hingga front office, tujuannya tak lain untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan hasil operasional secara menyeluruh.

    Meskipun demikian, Arga tetap menekankan perlunya prinsip kehati- hatian dan governance dalam menggunakan AI agar tidak menimbulkan dampak yang merugikan. 

    “AI memberikan benefit tapi jangan gelap mata dalam pemanfaatan AI. Kita menggunakan AI tetap harus melihat value yang dihasilkan,” pungkas Arga.

  • Tiket Pertandingan Babak Penyisihan ASEAN Cup Sold Out!

    Tiket Pertandingan Babak Penyisihan ASEAN Cup Sold Out!

    JABAR EKSPRES – Tiket pertandingan Timnas Indonesia di babak penyisihan grup ASEAN Cup 2024 ludes terjual. Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengaku bangga dengan hal itu.

    “Sold out! Alhamdulillah tiket untuk pertandingan kandang Indonesia melawan Laos dan Filipina di ASEAN Championships 2024 sudah terjual habis,” kata Erick melalui akun resmi Instagram, dikutip di Bandung, Selasa.

    Indonesia akan menjalani dua laga kandang di babak grup ASEAN CUP, yang akan digelar di Stadion Manahan, Solo. Dua laga tersebut yakni melawan Laos pada Kamis (12/12) pukul 20.00 WIB. Dan melawan Filipina di laga terakhir, Sabtu (21/12) pukul 20.00 WIB.

    Atas antusiasme supporter yang turut menyaksikan perjuangan skuad Garuda di ASEAN Cup ini, Erick turut mengucapkan rasa terima kasihnya. “Timnas siap memberikan yang terbaik untuk Indonesia.”

    BACA JUGA:Bukan Korban Bentrok Suporter, Bobotoh Tewas di Solo Murni Kecelakan saat Menuju Stadion Manahan

    Sementara itu, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) menyebut bahwa ia ingin memberikan pengalaman kepada pemain muda yang dibawanya, dalam kompetisi sepak bola antar negara Asia Tenggara.

    Dari 24 nama yang dibawa STY dalam kompetisi ini, mayoritas merupakan pemain debutan di senior. Hanya 8 yang sudah berlabel pemain timnas senior.

    Keselapan pemain itu di antaranya, Muhammad Ferrari, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Arkhan Fikri, Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Ronaldo Kwateh, dan Hokky Caraka.

    “Target turnamen ini untuk memberikan pengalaman kepada para pemain muda dan saya yakin mereka akan bekerja maksimal di setiap pertandingan,” kata pelatih asal Korea Selatan itu pada jumpa pers, Minggu.

    BACA JUGA:Jadwal BRI Liga 1 2024/2025 Pertandingan Pekan Ke-14, Lengkap!

    Menurutnya, menit bermain di ASEAN Cup sangat berguna bagi para pemain muda sebagai bekal untuk mengikuti turnamen yang lebih bergengsi ke depan. Seperti SEA Games 2025 di Thailand dan kualifikasi Piala Asia U-23.

    “Kami datang ke sini sebagai persiapan untuk kualifikasi Piala Asia U-23 2026 dan SEA Games 2025,” jelas dia.

    Kendati mengandalkan pemain muda, pelatih asal Negeri Ginseng itu percaya, dirinya dapat membawa skuad Garuda setidaknya sampai partai final seperti yang ia lakukan pada edisi 2020.

  • BRI Hadirkan Program QRIS UMI Bebas Biaya MDR, Dorong UMKM Go Digital

    BRI Hadirkan Program QRIS UMI Bebas Biaya MDR, Dorong UMKM Go Digital

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menghadirkan inovasi melalui Program QRIS UMI (Usaha Mikro Indonesia) untuk memperkuat ekosistem digital bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

    Sejak 1 Desember 2024, program ini memberikan keuntungan bebas biaya Merchant Discount Rate (MDR) sebesar 0% untuk transaksi di bawah Rp500.000. Tidak hanya itu, kini program ini juga terbuka untuk merchant baru dari berbagai kategori usaha, termasuk UMI, UKE (Usaha Kecil dan Ekonomi), UME (Usaha Menengah dan Ekonomi), hingga UBE (Usaha Besar dan Ekonomi), dengan syarat registrasi melalui BRI Merchant, baik QRIS Statis maupun Dinamis.

    Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto mengatakan bahwa program ini merupakan salah satu wujud nyata dukungan BRI terhadap perkembangan pelaku UMKM di Indonesia.

    “Dengan kemudahan dan manfaat yang ditawarkan, kami berharap para merchant dapat meningkatkan efisiensi transaksi sekaligus mendukung inklusi keuangan di era digital ini,” ujarnya.

    Menurutnya, langkah strategis melalui QRIS UMI ini sejalan dengan inisiatif pemerintah dalam mendukung peningkatan adposi transaksi di kalangan UMKM, sekaligus mendorong lebih banyak pelaku UMKM yang bergabung dalam ekosistem BRI Merchant.

    “Dengan semakin mudahnya akses terhadap pembayaran digital, pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi risiko penyimpanan uang tunai, dan meningkatkan daya saing,” imbuh Andrijanto.

    Adapun dampak positif dari kehadiran program MDR ini terlihat dari pertumbuhan signifikan pengguna BRI Merchant dalam empat bulan terakhir, yang bertambah lebih dari 150 ribu pengguna. Hingga saat ini, total pengguna BRI Merchant telah mencapai 270 ribu.

    Aplikasi BRI Merchant mempermudah pendaftaran dan pengelolaan transaksi, dengan fitur seperti laporan settlement dan QRIS Dinamis. Untuk bergabung, merchant hanya perlu melengkapi dokumen seperti KTP, rekening BRI, dan foto usaha melalui aplikasi BRI Merchant.

    Berikut langkah-langkah untuk mendaftar jadi BRI Merchant.

    Untuk Merchant yang Sudah Pernah Terdaftar:
    1. Download dan buka aplikasi BRI Merchant
    2. Klik tombol registrasi
    3. Buat Akun BRI Merchant
    4. Masukkan nomor handphone dan NIK yang terdaftar sebagai Merchant EDC/QRIS BRI
    5. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone
    6. Pastikan data store EDC/QRIS Anda telah sesuai
    7. Buat password BRI Merchant
    8. Login ke dalam aplikasi BRI Merchant

    Untuk Merchant Baru:
    1. Download dan buka aplikasi BRI Merchant
    2. Klik tombol registrasi
    3. Daftarkan Diri Jadi Merchant BRI
    4. Pastikan kelengkapan dokumen untuk registrasi merchant BRI (rekening BRI, KTP dan foto usaha)
    5. Klik persetujuan syarat dan ketentuan
    6. Upload dokumen foto KTP
    7. Masukkan detail data pemilik usaha
    8. Masukkan detail data usaha
    9. Lakukan verifikasi wajah
    10. Buat password BRI Merchant
    11. Login ke dalam aplikasi BRI Merchant

    Jadi segera manfaatkan program MDR 0% untuk meningkatkan keuntungan usaha. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi bbri.id/mdrqris.

    (ory/ory)