BUMN: BRI

  • Permudah Akses Investasi Masyarakat, BRI Hadirkan Fitur Tabungan Emas Digital di BRImo

    Permudah Akses Investasi Masyarakat, BRI Hadirkan Fitur Tabungan Emas Digital di BRImo

    Jakarta, Beritasatu.com – Maraknya ketidakpastian ekonomi global, masyarakat dituntut untuk jeli mencari alternatif investasi yang mampu memberikan keuntungan lebih. Salah satu instrumen yang dapat dipilih adalah emas sebagai instrumen yang dinilai mampu melindungi nilai aset dari inflasi.

    Selain sebagai hedging, nilai emas juga meningkat dalam jangka panjang. Karena itulah, emas jadi pilihan ideal bagi investor yang ingin mengamankan aset dari gejolak ekonomi.

    Bukti ketangguhan emas sebagai instrumen investasi terlihat saat krisis keuangan global 2008. Di tengah nilai sejumlah aset investasi jatuh akibat Lehmann Brothers bangkrut, harga emas justru mencatatkan kenaikan yang cukup signifikan.

    Emas juga tergolong aset likuid. Hal ini memudahkan pemiliknya untuk menjual kapan saja dibutuhkan. Namun, berinvestasi di instrumen emas fisik bukan tanpa tantangan. Risiko pencurian dan kesulitan penyimpanan harus menjadi pertimbangan bagi calon investor. Dengan kemajuan teknologi finansial kini ada solusi untuk permasalahan tersebut.

    Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berinovasi menghadirkan fitur tabungan emas digital di BRImo.

    Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha mengatakan, digitalisasi punya peran penting dalam memperluas akses layanan perbankan.

    “BRI memiliki jaringan dan nasabah yang begitu luas. Saat ini, jumlahnya telah mencapai lebih dari 150 juta yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Oleh karena itu, proses digitalisasi yang dilakukan BRI akan berdampak pada peningkatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta inklusi keuangan di Indonesia,” ujarnya pada Kamis (24/10/2024).

    Lewat fitur tabungan emas di BRImo, nasabah dapat membuka tabungan emas dan melakukan transaksi pembelian lewat smartphone hanya dalam hitungan menit.  

    Proses yang cepat dan mudah itu membuka peluang bagi siapa saja untuk mulai berinvestasi emas, bahkan dengan modal kecil.

    Berikut adalah langkah-langkah buka Tabungan Emas di BRImo.
    1. Login ke aplikasi BRImo.
    2. Pilih menu “Investasi”.
    3. Klik “Emas”.
    4 Di halaman depan, klik “Mulai”.
    5. Pilih “Buka Tabungan”.
    6. Isi data diri, alamat, dan pekerjaan.
    7. Verifikasi data dengan klik “Data Sudah Sesuai”.
    8. Masukkan  nominal tabungan dalam Rupiah atau dalam Gram.
    9. Klik “Konfirmasi”.
    10. Baca dan setujui syarat dan ketentuan.
    11. Masukkan PIN BRImo.

    Setelah tabungan emas terbuka, nasabah dapat langsung melakukan pembelian emas dengan mudah. Berikut adalah caranya.
    1. Login ke BRImo.
    2. Pilih menu “Investasi”.
    3. Klik “Emas”.
    4. Klik “Beli Emas”.
    5. Masukkan nominal pembelian dalam rupiah atau gram.
    6. Cek grafik harga beli yang muncul.
    7. Klik “Konfirmasi”.
    8. Masukkan PIN BRImo.

    Selain berinvestasi, BRImo juga menyediakan fitur pengambilan emas dalam bentuk fisik emas dari saldo tabungan emas digital. Caranya, nasabah tinggal memilih opsi “Ambil Fisik Emas” di aplikasi, memilih merek dan berat emas yang diinginkan, lalu mengambilnya di kantor Pegadaian pilihan.

    Tidak hanya mudah, berinvestasi di BRImo juga nyaman. Sebab, BRI mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) secara ekstensif bernama BRIBRAIN pada semua aspek bisnis dan operasional.

    “BRI telah lama memiliki satu unit kerja khusus yang bertugas dalam melakukan riset dan pengembangan terkait implementasi AI di BRI, bahkan jauh sebelum AI ramai menjadi perbincangan. Ini membuktikan bahwa keamanan transaksi menjadi prioritas utama bagi kami,” ucap Arga.

    Dengan berbagai keunggulan tersebut, investasi dengan tabungan emas digital di BRImo menjadi solusi cerdas bagi masyarakat Indonesia yang ingin memulai atau meningkatkan portofolio investasi.

    Kemudahan akses, keamanan transaksi, dan fleksibilitas dalam pengelolaan aset emas menjadikan fitur ini pilihan yang menarik di era digital.

    Tertarik untuk memulai perjalanan investasi emas atau ingin merasakan kemudahan menabung emas secara digital? Yuk, daftar BRImo sekarang dan rasakan kemudahannya.

    Hingga 31 Maret 2025, BRImo menghadirkan program loyalitas BRImo FSTVL. Tak tanggung-tanggung, ada lebih dari 100.000 hadiah langsung yang menanti Anda. Selain itu, Anda juga berkesempatan membawa pulang hadiah utama berupa BMW 520i M Sport, Hyundai Creta Alpha, Vespa Primavera, Galaxy Z Fold 6, hingga Tabungan Emas.

    Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini! Terus lakukan transaksi melalui BRImo dan raih hadiahnya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi bbri.id/brimofstvl. Siap mulai perjalanan investasi Anda? Ayo, daftar BRImo sekarang!

  • Terungkap Alasan Prabowo Bentuk Danantara!

    Terungkap Alasan Prabowo Bentuk Danantara!

    Jakarta

    Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Budi Mulya, mengungkap alasan Presiden Prabowo Subianto membentuk Badan Pengelola (BP) Investasi Daya Anagata Nusantara (Danantara). Badan tersebut nantinya akan mengelola sejumlah BUMN dengan aset besar.

    Menurut Budi, Prabowo ingin Indonesia memiliki model pengelola investasi seperti di negara lain, misalnya Temasek di Singapura atau Khazanah di Malaysia.

    “Ini adalah mimpi, keinginan mendalam dari presiden Prabowo Subianto untuk bisa memiliki satu institusi yang sekaliber kalau di Singapura itu bernama Temasek, kalau di Malaysia namanya Khazanah, kalau di China CIC, kalau di UEA namanya Mubadala,” katanya dalam seminar nasional KAFEGAMA di Menara BTN, Jakarta Pusat, Sabtu (14/12/2024).

    Saat ini landasan hukum Danantara berupa Kepres memang belum diterbitkan. Namun saat sudah diluncurkan diharapkan Danantara bisa membantu target Prabowo mencapai pertumbuhan ekonomi 8%.

    Budi juga mengungkap Danantara akan menjadi mitra Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Lalu secara fungsinya, Danantara akan berperan selayaknya Kementerian BUMN.

    “Juga akan melakukan fungsi layaknya fungsi BUMN. Jadi tetap akan terus melanjutkan pengajuan sebagai badan usaha demi kepentingan produktivitas di berbagai bidang ekonomi,” tutur Budi.

    “Kita paham Kementerian BUMN menaungi 40 sekian BUMN yang masing-masing dengan portofolio yang berbeda. Ada portofolio yang menangani sektor riil, ada BUMN yang menangani keuangan, Himbara,” tambah dia.

    Dalam catatan detikcom, pada tahap awal, dana kelolaan atau aset yang dikelola (AUM) Danantara akan mencapai US$ 10,8 miliar atau setara Rp 170,62 triliun (kurs Rp 15.799) yang berasal dari Indonesia Investment Authority (INA).

    Langkah selanjutnya, sebanyak 7 BUMN akan dikonsolidasikan ke dalam Danantara. Tujuh perusahaan pelat merah itu adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, dan holding BUMN pertambangan MIND ID.

    Danantara juga akan menaungi Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority (INA), yang merupakan Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia.

    Jika konsolidasi berjalan mulus, Danantara diproyeksikan mengelola AUM sebesar US$ 600 miliar atau sekitar Rp 9.479 triliun. Rinciannya, aset Bank Mandiri Rp 2,174 triliun, BRI Rp 1,965 triliun, PLN Rp 1,671 triliun, Pertamina Rp 1,412 triliun, BNI Rp 1,087 triliun, Telkom Indonesia Rp 318 triliun, MIND ID Rp 259 triliun, dan aset INA Rp 163 triliun.

    (ily/fdl)

  • Lewat Pembiayaan dan Pemberdayaan, BRI Sukseskan Program Makan Bergizi Gratis

    Lewat Pembiayaan dan Pemberdayaan, BRI Sukseskan Program Makan Bergizi Gratis

    Jakarta, Beritasatu.com – Sebagai perusahaan BUMN yang memiliki komitmen kuat dalam mendukung keberhasilan program-program pemerintah, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menegaskan komitmen dalam menyukseskan program Makan Bergizi Gratis (MBG). Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberian makanan bergizi kepada kelompok rentan, seperti anak- anak, ibu hamil, dan keluarga prasejahtera, guna mendukung terciptanya generasi Indonesia yang lebih sehat dan produktif.

    Pemerintah berkomitmen untuk mengatasi masalah gizi sebagai langkah dasar untuk menciptakan penerus yang kuat dan berpotensi menjadi pilar kemajuan bangsa, untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045.

    Salah satu Asta Cita visi pemerintahan Presiden RI Prabowo Subianto, khususnya Asta Cita ke 4 yaitu memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.

    Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk delapan perusahaan BUMN untuk berkolaborasi menyukseskan program makan bergizi gratis (MBG) Presiden Prabowo Subianto. Delapan BUMN tersebut seperti BRI, BNI, Mandiri, Telkomsel, PLN, PGN, ID Survey, dan Pupuk Indonesia.

    Erick juga telah menginstruksikan perintah penting untuk delapan BUMN tersebut. Khusus untuk BRI agar menyiapkan skema pinjaman bagi supplier pelayanan gizi.

    “BRI harus menyiapkan skema pinjaman bagi bagi supplier satuan pelayanan gizi. Ini untuk memastikan pasokan bahan baku makanan bergizi,” ucap Erick.

    BRI pun menyambut baik atas arahan Menteri BUMN tersebut. Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan BRI berkomitmen dalam mendukung program makan bergizi gratis yang dicanangkan pemerintah.

    “Investasi yang penting adalah human capital, dan kalau mau memperbaiki human capital, perbaiki dulu nutrisi dan pangan, oleh karenanya program MBG sangat sesuai dengan hal ini. Dan kemudian kita tunggu, untuk pemerataan butuh inklusivitas pertumbuhan ekonomi,” ujar Sunarso.

    Sementara itu, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan BRI berkomitmen untuk memberikan pembiayaan kepada pelaku UMKM yang menjadi pemasok atau yang terlibat dalam pengadaan MBG.

    “Harapannya dengan adanya pemberdayaan BRI akan meningkatkan omset dan skala usahanya,” ujar Supari.

    BRI sendiri telah membukukan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp175,66 triliun per akhir November 2024. Supari menjelaskan bahwa jumlah tersebut diberikan kepada 3,7 juta debitur UMKM, terutama pada sektor-sektor produktif seperti pertanian, perdagangan, dan perikanan.

    “Melalui KUR, kami tidak hanya menyediakan pembiayaan, tetapi juga memberdayakan UMKM agar mampu tumbuh lebih berkelanjutan,” ucapnya.

    Lebih lanjut, dirinya memaparkan bahwa sektor pertanian menjadi penopang utama dalam penyaluran KUR perseroan. Realisasi kredit BRI terhadap sektor pertanian mencapai Rp69,60 triliun, setara dengan 39,62% dari keseluruhan pembiayaan serupa.

    Capaian tersebut menunjukkan komitmen BRI sebagai bank yang mengimplementasikan Asta Cita dalam mendukung pemberdayaan UMKM di seluruh Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

  • Manjakan Nasabah di HUT ke-129, BRI Tebar Ragam Promo Spesial

    Manjakan Nasabah di HUT ke-129, BRI Tebar Ragam Promo Spesial

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-129 pada 16 Desember 2024 dengan meluncurkan beragam promo menarik bagi para nasabah setia. Momen ini merupakan wujud komitmen BRI yang selama lebih dari satu abad terus menghadirkan layanan keuangan yang adaptif dan relevan.

    Dengan mengusung tema “Brilian dan Cemerlang”, BRI menegaskan semangat perseroan untuk menciptakan solusi finansial yang inovatif, berkelanjutan, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat dan pemangku kepentingan.

    Hal ini tercermin dari langkah BRI yang terus menghadirkan terobosan untuk mempermudah transaksi sekaligus meningkatkan inklusivitas keuangan di Indonesia. Melalui program spesial HUT ke-129, BRI pun memberi kesempatan bagi masyarakat untuk ikut merasakan keceriaan perayaan dan kegembiraan.

    Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto menyampaikan bahwa perayaan ini bukan sekadar refleksi perjalanan panjang, tetapi juga momentum memperkuat hubungan dengan nasabah.

    “Dalam 129 tahun perjalanan kami, BRI telah tumbuh menjadi bank yang adaptif dan solutif dalam menghadapi dinamika kebutuhan masyarakat. Momen ini kami manfaatkan untuk memberikan penawaran terbaik sekaligus apresiasi kepada para nasabah,” ujar Andrijanto.

    Sebagai bagian dari perayaan, BRI menawarkan berbagai promo menarik, termasuk diskon, cashback, dan program khusus yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan nasabah di berbagai segmen, mulai dari makanan dan minuman, elektronik, hingga fesyen. Nasabah juga dapat menikmati kemudahan pembukaan produk keuangan dan berbagai penawaran eksklusif melalui aplikasi BRImo, Kartu Debit BRI, Kartu Kredit BRI hingga Ceria.

    Salah satu penawaran yang menarik adalah cashback sebesar Rp12.900 di berbagai merchant kuliner seperti Kopi Kenangan, Kopi Nako, dan Chatime. Selain itu, nasabah juga bisa mendapatkan diskon Rp129 ribu di Kintan Buffet, Shaburi dan pilihan restoran lainnya.

    Tidak hanya sektor kuliner, BRI juga memberikan promo spesial untuk kebutuhan rumah tangga. Diskon Rp129 ribu dapat dinikmati di merchant seperti ACE, Selma, Mitra10 hingga Informa dengan menggunakan Kartu Kredit BRI. Selain itu, terdapat harga spesial Rp12.900 untuk transaksi di sektor groceries yang berlaku di Alfamidi, Indomaret, dan berbagai supermarket serta minimarket lainnya, hanya dengan menggunakan BRImo.

    Selanjutnya, BRI juga menawarkan beragam diskon menarik di e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak hingga. Dinomarket.com dengan menggunakan Ceria. Sementara itu, khusus untuk kategori gadget, tersedia promo menarik, di antaranya diskon Rp 1,29 juta untuk produk Samsung dengan menggunakan Debit BRI atau Kartu Kredit BRI.

    Di samping itu, BRI juga memperluas program khususnya ke sektor pembiayaan, seperti suku bunga rendah untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) mulai dari 2,29% fixed 1 tahun, BRIGuna juga menawarkan suku bunga mulai 0,92% per bulan dengan diskon provisi 50% serta bebas biaya administrasi.

    Andrijanto menambahkan, bahwa BRI terus bertransformasi untuk menyediakan tawaran terbaik, solusi keuangan yang inklusif, dan mudah diakses semua lapisan masyarakat. 

    “Perayaan ini mencerminkan komitmen kami untuk terus memberikan layanan terbaik kepada nasabah,” pungkasnya.

    Untuk informasi lebih lengkap mengenai program dan promo special HUT ke-129 BRI, nasabah dapat mengunjungi situs bbri.id/PromoHUTBRI.

  • BRI CreatorFest 2024, Para Juara Kreatif Resmi Diumumkan

    BRI CreatorFest 2024, Para Juara Kreatif Resmi Diumumkan

    Jakarta, Beritasatu.com – Sebagai bagian dari rangkaian perayaaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-129, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengumumkan para pemenang CreatorFest 2024. CreatorFest merupakan sebuah kompetisi kreatif tingkat nasional yang bertujuan mendorong inovasi dan kreativitas masyarakat Indonesia.

    Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengungkapkan bahwa CreatorFest 2024 merupakan cerminan dari komitmen BRI untuk mendukung pengembangan bakat kreatif di Indonesia.

    “CreatorFest 2024 membuktikan bahwa kreativitas dan inovasi adalah kekuatan utama dalam membangun bangsa. Kami tidak hanya mengapresiasi pencapaian para pemenang, tetapi juga seluruh peserta yang telah berkontribusi dalam kompetisi ini. BRI akan terus menjadi mitra yang aktif dalam mendukung potensi kreatif masyarakat Indonesia, sebagai bagian dari visi kami untuk membangun ekosistem ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ungkapnya.

    Kompetisi tahun ini berhasil menarik animo dan partisipasi yang tinggi dari masyarakat, dengan 1.860 peserta yang mengirimkan total 2.292 karya di lima kategori utama dengan total hadiah lebih dari Rp 600 juta.

    CreatorFest 2024 diselenggarakan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dari berbagai kalangan untuk menunjukkan bakat dan ide kreatif mereka. Lima kategori yang dilombakan mencakup Jurnalistik (TV, Cetak, Online, Radio), Creative+Blog, Social Media Content, Fotografi (Umum, Pewarta Foto, BRI Group), dan Short Movie. Para peserta telah menunjukkan berbagai inovasi yang merefleksikan kreativitas tinggi dan kedalaman pemikiran.

    Proses penilaian dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari tokoh-tokoh ternama di berbagai bidang. Penjurian yang ketat dilakukan untuk memastikan bahwa setiap karya yang terpilih memiliki kualitas terbaik dan relevansi tinggi dengan tema. kompetisi. Para juri yang terlibat diantaranya

    Kategori Jurnalistik:

    • Abdul Latief Siregar

    • Anton Aprianto

    • Ariyo Ardi

    • Gaib Maruto Sigit

    • Sudrajat

    • Wahyu Dhyatmika

    Kategori Creative+Blog:

    • Agus Mulyadi

    • Meisya Sallwa

    Kategori Fotografi:

    • Jerry Aurum

    •Aries Lukman

    Kategori Social Media Content:

    • Eno Bening

    • Gideon Tulus

    Kategori Short Movie:

    • Fajar Nugros

    • Dennis Adhiswara

    Selain sebagai ajang kompetisi, CreatorFest 2024 juga berfungsi sebagai platform untuk memperluas wawasan dan jejaring kreatif bagi para peserta. BRI percaya bahwa ekonomi kreatif memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional, dan kompetisi ini menjadi salah satu langkah konkret BRI untuk mendorong inovasi di sektor tersebut.

    Daftar lengkap pemenang Creator Fest 2024 dapat diakses melalui website resmi BRI di www.bri.co.id/creatorfest dan akun Instagram resmi @bankbri id. Melalui platform ini, BRI berharap dapat terus mendukung bakat-bakat lokal untuk berkembang dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

  • HUT ke-129, BRI Sedia Beragam Promo yang Manjakan Nasabah

    HUT ke-129, BRI Sedia Beragam Promo yang Manjakan Nasabah

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI meluncurkan beragam promo menarik pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-129 yang jatuh pada 16 Desember 2024. Selama lebih dari satu abad, BRI terus menghadirkan layanan keuangan yang adaptif dan relevan.

    Tahun ini, HUT BRI bertema “Brilian dan Cemerlang”, menegaskan semangat perseroan dalam menciptakan solusi finansial yang inovatif dan berkelanjutan, serta berdampak positif bagi masyarakat dan pemangku kepentingan.

    Selama 100 tahun lebih, BRI terus menghadirkan berbagai terobosan yang mempermudah transaksi sekaligus meningkatkan inklusivitas keuangan di Indonesia. Pada HUT ke-129 kali ini, BRI mengajak serta masyarakat untuk merayakan perjalanan panjang BRI.

    (Foto: arsip BRI)

    Direktur Retail Funding and Distribution BRI, Andrijanto menyampaikan bahwa HUT BRI ke-129 menjadi momentum memperkuat hubungan dengan nasabah.

    “Dalam 129 tahun perjalanan kami, BRI telah tumbuh menjadi bank yang adaptif dan solutif dalam menghadapi dinamika kebutuhan masyarakat. Momen ini kami manfaatkan untuk memberikan penawaran terbaik sekaligus apresiasi kepada para nasabah,” ujar Andrijanto.

    Merayakan ulang tahun ke-129, BRI menyediakan berbagai promo seperti diskon, cashback, dan program khusus yang dirancang memenuhi kebutuhan nasabah di berbagai segmen, mulai makanan dan minuman, elektronik, hingga fesyen.

    Selain itu, nasabah juga bisa menikmati kemudahan membuka produk keuangan, serta berbagai penawaran eksklusif melalui aplikasi BRImo, Kartu Debit BRI, Kartu Kredit BRI, hingga Ceria. Salah satunya, cashback sebesar Rp12.900 di berbagai merchant kuliner seperti Kopi Kenangan, Kopi Nako, dan Chatime, juga diskon Rp129 ribu di Kintan Buffet, Shaburi dan pilihan restoran lainnya.

    Di luar sektor kuliner, BRI memberikan promo spesial kebutuhan rumah tangga seperti diskon Rp129 ribu di merchant ACE, Selma, Mitra10 hingga Informa menggunakan Kartu Kredit BRI. Lalu, terdapat harga spesial Rp12.900 untuk transaksi di sektor bahan makanan di Alfamidi, Indomaret, sert berbagai supermarket dan minimarket lain dengan menggunakan BRImo.

    Untuk nasabah yang gemar berbelanja secara online, BRI menawarkan beragam diskon di Tokopedia, Bukalapak, hingga Dinomarket.com menggunakan Ceria. Sementara, khusus kategori gadget, ada promo diskon Rp1,29 juta untuk produk Samsung dengan pembelian menggunakan Debit BRI atau Kartu Kredit BRI.

    Program spesial BRI ini diperluas hingga ke sektor pembiayaan, seperti suku bunga rendah untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) mulai dari 2,29 persen fixed 1 tahun. BRIGuna juga menawarkan suku bunga mulai 0,92 persen per bulan dengan diskon provisi 50 persen, serta bebas biaya administrasi.

    Andrijanto menyatakan, BRI akan terus bertransformasi menyediakan tawaran terbaik, serta solusi keuangan inklusif yang mudah diakses semua lapisan masyarakat.

    “Perayaan ini mencerminkan komitmen kami untuk terus memberikan layanan terbaik kepada nasabah,” pungkasnya.

    Informasi lebih lengkap mengenai program dan promo spesial HUT ke-129 BRI hadir di situs bbri.id/PromoHUTBRI.

    (rea/rir)

    [Gambas:Video CNN]

  • BRI Umumkan Para Juara Kreatif CreatorFest 2024

    BRI Umumkan Para Juara Kreatif CreatorFest 2024

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengumumkan pemenang CreatorFest 2024 yang menjadi rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-129, baru-baru ini.

    Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi menyampaikan, CreatorFest 2024 merupakan wujud komitmen BRI mendukung perkembangan bakat di Indonesia. CreatorFest adalah kompetisi tingkat nasional yang bertujuan mendorong inovasi dan kreativitas.

    Agustya mengatakan, CreatorFest 2024 membuktikan bahwa kreativitas dan inovasi adalah kekuatan utama dalam membangun bangsa.

    “Kami tidak hanya mengapresiasi pencapaian para pemenang, tetapi juga seluruh peserta yang telah berkontribusi dalam kompetisi ini. BRI akan terus menjadi mitra yang aktif dalam mendukung potensi kreatif masyarakat Indonesia, sebagai bagian dari visi kami untuk membangun ekosistem ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ujar Agustya.

    Tahun ini, CreatorFest yang menyediakan total hadiah lebih dari Rp600 juta diikuti oleh total 1.860 peserta yang mengirimkan 2.292 karya untuk lima kategori utama, yakni Jurnalistik (TV, Cetak, Online, Radio), Creative+Blog, Social Media Content, Fotografi (Umum, Pewarta Foto, BRI Group), dan Short Movie.

    Adapun peserta CreatorFest 2024 datang dari berbagai kalangan, membawa berbagai bakat dan ide kreatif yang diwujudkan sebagai inovasi yang unik. Untuk proses penilaian, dipercayakan kepada dewan juri yang merupakan pakar di berbagai bidang.

    (Foto: arsip BRI)

    Penjurian dilakukan secara ketat untuk memastikan bahwa setiap karya yang terpilih memiliki kualitas terbaik dan relevansi tinggi dengan tema kompetisi. Para juri itu, antara lain adalah Abdul Latief Siregar, Anton Aprianto, Ariyo Ardi, Gaib Maruto Sigit, Sudrajat, dan Wahyu Dhyatmika di kategori Jurnalistik.

    Pada kategori Creative+Blog, ada Agus Mulyadi dan Meisya Sallwa. Pada kategori Fotografi, ada Jerry Aurum dan Aries Lukman. Kemudian, Eno Bening dan Gideon Tulus sebagai juri di kategori Social Media Content, dan pada kategori Short Movie, Fajar Nugros serta Dennis Adhiswara dipercaya sebagai juri.

    Bukan hanya ajang kompetisi, CreatorFest 2024 juga menjadi platform yang memperluas wawasan dan jejaring kreatif para peserta. BRI percaya, ekonomi kreatif memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional, di mana kompetisi CreatorFest merupakan langkah konkret BRI untuk mendukung perkembangan bakat-bakat lokal hingga dapat berkontribusi bagi pembangunan bangsa.

    Adapun daftar lengkap pemenang CreatorFest 2024 dapat diakses melalui situs BRI di sini, serta akun Instagram resmi @bankbri_id. 

    (rea/rir)

    [Gambas:Video CNN]

  • PNM Liga Nusantara Dorong Pemberdayaan Ekonomi Akar Rumput – Page 3

    PNM Liga Nusantara Dorong Pemberdayaan Ekonomi Akar Rumput – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyebut Liga Nusantara 2024/2025 bakal melahirkan talenta sepak bola baru untuk Indonesia.”Liga ini jadi ajang penting melahirkan talenta baru di Tanah Air.

    Ini sejalan dengan visi PSSI yang ingin membangun liga dari sistem yang fundamental,” kata Erick melalui tayangan videonya dalam perkenalan Liga Nusantara 2024/2025, di Menara Danareksa, Jakarta.

    Sebagai informasi, PSSI dan PT LIB memiliki salah satu cara dalam melahirkan calon pemain-pemain timnas Indonesia. Cara tersebut yakni PSSI serta PT LIB meneruskan komitmennya untuk menggelar kompetisi-kompetisi berjenjang. Terbaru, PSSI dan PT LIB telah memperkenalkan PNM Liga Nusantara 2024/2025 yang sebelumnya dikenal Liga 3.

    PNM Liga Nusantara 2024/2025 bakal diikuti 16 klub dari berbagai daerah di Tanah Air. Format kompetisi PNM Liga Nusantara 2024/2025 dimulai melalui babak pendahulan dengan sistem sentralisasi double round robin, babak play-off degradasi, serta babak 6 besar dengan format home-away, dilanjut babak final dengan total 146 laga.

    Sebagai bagian dari keluarga besar holding ultra mikro, sebelumnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) sudah lebih dulu menjadi mitra Liga 1, sementara Pegadaian mendukung Liga 2. Kini giliran PNM yang memberikan dukungannya buat gelaran Liga Nusantara.”Atas anugerah ini kami sampaikan kepada PSSI dan PT LIB, diberikan penghormatan dan kesempatan untuk berpartisipasi dan berkontribusi,” kata Direktur Utama PNM Arief Mulyadi di Jakarta, Kamis (12/12).

    “Ini menjadi aktualisasi kami, ini (sepakbola) olahraga paling dikenal di Indonesia. Pasti ada kegiatan ekonomi di sini. In-line dengan tugas kami menggerakkan kegiatan ekonomi,” ujarnya.

    Arief menambahkan nantinya di setiap laga pertandingan ibu-ibu nasabah PNM Mekaar dapat berjualan di sekitar arena stadion. Hal ini menjadi bagian dari komitmen pemberdayaan PNM untuk memberi akses pasar yang lebih luas dan menumbuhkan ekonomi akar rumput.

    “Perputaran ekonomi secara otomatis akan muncul. Denagn menghadirkan pengalaman baru bagi ibu-ibu untuk ikut meramaikan dengan berjualan pada ajang seperti ini. Sekaligus menjadi jawaban untuk peluang pasar bagi pengusaha-pengusaha ultra mikro,” jelasnya.

    PNM akan terus mendukung program-program pemerintah. Hal itu sesuai dengan tugas besar PNM untuk turut memberikan modal intelektual dan sosial selain modal finansial agar tumbuh menjadi masyarakat madani. “Dengan akses pembiayaan dan pendampingan, UMKM akan memiliki daya saing lebih dan semakin dipercaya pembeli,” pungkas Arief. 

  • BSI dan BRI Jadi Pionir Bank Emas, Erick Thohir: Ekosistem Sudah Dimulai – Page 3

    BSI dan BRI Jadi Pionir Bank Emas, Erick Thohir: Ekosistem Sudah Dimulai – Page 3

    Langkah pemerintah ini juga menunjukkan keseriusan dalam mengatur dan mengelola pasar emas dengan lebih baik, guna mendukung stabilitas perekonomian. Selain itu, pendirian bullion bank menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam menciptakan inovasi sektor keuangan yang lebih inklusif dan berkembang seiring waktu.

    “Di berbagai negara emas itu menjadi Balance sheet atau neraca keuangan diperbankan. Nah pemerintah sedang mendorong bahwa bullion bank untuk juga didorong.

    Airlangga menyebutkan bahwa BRI, yang merupakan induk dari Pegadaian, serta bank-bank syariah, merupakan pihak yang berpotensi untuk mengembangkan peran emas dalam sektor keuangan.

    “Tentu induknya pegadaian yaitu BRI dan yang kedua tentu bank syariah bisa kita dorong untuk masuk agar emas itu menjadi nilai yang masuk di Balance sheet,” ujarnya.

    Airlangga, menyebut bahwa emas telah lama dikenal sebagai investasi yang aman, terutama dalam kondisi ketidakpastian ekonomi global. Emas cenderung stabil dan bahkan sering kali mengalami kenaikan nilai saat terjadi gejolak ekonomi atau krisis.

    Fenomena ini menjadikan emas sebagai salah satu instrumen yang sangat dicari oleh investor, karena sifatnya yang dapat bertahan dalam kondisi yang tidak pasti.

    Selain itu, emas juga memiliki nilai historis yang tak lekang oleh waktu, salah satunya digunakan dalam berbagai tradisi, seperti pernikahan, yang menjadikannya sebagai salah satu bentuk investasi yang tidak hanya berharga, tetapi juga bernilai sosial dan budaya.

    “Kita tahu emas itu adalah investasi pada saat terjadi berbagai gejolak ekonomi biasanya selalu menjadi safe haven investment. Nggak pernah turun atau selalu juga dalam kawinan itu dipakai. Jadi, itu aman karena setiap tahun dijamin ada yang kawin,” pungkasnya.

  • BRI Sukseskan Program Makan Bergizi Gratis melalui Pembiayaan dan Pemberdayaan

    BRI Sukseskan Program Makan Bergizi Gratis melalui Pembiayaan dan Pemberdayaan

    Jakarta: Sebagai perusahaan BUMN yang memiliki komitmen kuat dalam mendukung keberhasilan program-program pemerintah, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menegaskan komitmen dalam menyukseskan program Makan Bergizi Gratis (MBG).
     
    Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberian makanan bergizi kepada kelompok rentan, seperti anak-anak, ibu hamil, dan keluarga prasejahtera, guna mendukung terciptanya generasi Indonesia yang lebih sehat dan produktif.
     
    Pemerintah berkomitmen mengatasi masalah gizi sebagai langkah dasar untuk menciptakan generasi penerus yang kuat dan berpotensi menjadi pilar kemajuan bangsa, demi mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045.
    Salah satu Asta Cita visi pemerintahan Presiden Prabowo Subianto, khususnya Asta Cita ke-4 yaitu, “Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.”
     

    Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk delapan perusahaan BUMN untuk berkolaborasi menyukseskan program MBG. Delapan BUMN tersebut yakni BRI, BNI, Mandiri, Telkomsel, PLN, PGN, ID Survey, dan Pupuk Indonesia. 
     
    Erick juga telah menginstruksikan perintah penting untuk delapan BUMN tersebut. Khusus untuk BRI agar menyiapkan skema pinjaman bagi supplier pelayanan gizi.
     
    “BRI harus menyiapkan skema pinjaman bagi bagi supplier satuan pelayanan gizi. Ini untuk memastikan pasokan bahan baku makanan bergizi,” ucap Erick. 
     
    BRI pun menyambut baik arahan Menteri BUMN tersebut. Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan BRI berkomitmen dalam mendukung program Makan Bergizi Gratis yang dicanangkan pemerintah.
     

    Direktur Utama BRI Sunarso (Foto:Dok.BRI)
     
    “Investasi yang penting adalah human capital, dan kalau mau memperbaiki human capital, perbaiki dulu nutrisi dan pangan, oleh karenanya program MBG sangat sesuai dengan hal ini. Dan kemudian kita tunggu, untuk pemerataan butuh inklusivitas pertumbuhan ekonomi,” ujar Sunarso.
     

    Baca juga: Chatbot BRI Sabrina Raih Anugerah Khusus di Ajang Anugerah Inovasi Indonesia 2024

    Sementara itu, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan BRI berkomitmen untuk memberikan pembiayaan kepada pelaku UMKM yang menjadi pemasok atau yang terlibat dalam pengadaan MBG. “Harapannya dengan adanya pemberdayaan BRI akan meningkatkan omset dan skala usahanya,” ujar Supari.
     
    BRI sendiri telah membukukan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp175,66 triliun per akhir November 2024. Supari menjelaskan bahwa jumlah tersebut diberikan kepada 3,7 juta debitur UMKM, terutama pada sektor-sektor produktif seperti pertanian, perdagangan, dan perikanan. “Melalui KUR, kami tidak hanya menyediakan pembiayaan, tetapi juga memberdayakan UMKM agar mampu tumbuh lebih berkelanjutan.
     
    Lebih lanjut, ia menjelaskan sektor pertanian menjadi penopang utama dalam penyaluran KUR perseroan. Realisasi kredit BRI terhadap sektor pertanian mencapai Rp69,60 triliun, setara dengan 39,62 persen dari keseluruhan pembiayaan serupa.
     
    Capaian tersebut menunjukkan komitmen BRI sebagai bank yang mengimplementasikan Asta Cita dalam mendukung pemberdayaan UMKM di seluruh Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)