BUMN: BRI

  • Cara Cek NIK KTP Untuk Penerima Bansos PKH Desember 2024 di Aplikasi

    Cara Cek NIK KTP Untuk Penerima Bansos PKH Desember 2024 di Aplikasi

    Jakarta

    Penerima bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dapat mengecek statusnya memakai Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). Tinggal cek di aplikasi dan website resmi Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Ini caranya.

    Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa mengecek status penerima serta kategori bansos yang dicairkan di setiap periode. PKH dicairkan melalui 4 tahap dan terakhir dilakukan di bulan Desember 2024.

    Tata Cara Cek NIK KTP Penerima Bansos PKH Desember 2024

    Penerima Bansos PKH Desember 2024 dapat dicek dengan NIK KTP melalui website dan aplikasi Cek Bansos oleh Kemensos. Berikut ini tata caranya:

    1. Cara Cek Bansos PKH di Website Resmi Cek Bansos

    Buka website cek bansos di https://cekbansos.kemensos.go.idMasukkan NIK yang tertera pada KTP atau Kartu Keluarga (KK)Pilih Provinsi dan Kabupaten/KotaJika semua sudah terisi dengan benar, kemudian klik ‘Cek Data’Website akan menampilkan status Anda sebagai penerima bansos PKH

    2. Cara Cek Bansos PKH di Aplikasi Cek Bansos

    Unduh aplikasi ‘Cek Bansos’ di Play StoreKlik ‘Buat Akun’Isi data diri seperti nama, NIK, alamat, e-mail, dan passwordUnggah swafoto dan foto KTPKlik ‘Buat Akun Baru’Buka ‘Profil’ untuk mengetahui status penerima bansosKategori dan Nominal Bansos PKH 2024

    Bansos PKH 2024 dibagi ke dalam 7 kategori mulai dari balita hingga lansia. Masing-masing kategori akan menerima manfaat PKH dengan jumlah yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.

    Agar lebih jelas, inilah rincian kategori dan nominal Bansos PKH:

    Balita usia 0-6 Tahun
    Rp 3.000.000 per tahun
    Rp 750.000 per tahapIbu hamil atau keluarga dengan ibu hamil tertentu
    Rp 3.000.000 per tahun
    Rp 750.000 per tahap.Anak Sekolah Dasar (SD)
    Rp 900.000
    Rp 225.000Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP)
    Rp 1.500.000 per tahun
    Rp 375.000 per tahapAnak Sekolah Menengah Atas (SMA)
    Rp 2.000.000 per tahun
    Rp 500.000 per tahapLansia 60 tahun ke atas
    Rp 2.400.000 per tahun
    Rp 600.000 per tahapDisabilitas berat
    Rp 2.400.000 per tahun
    Rp 600.000 per tahapProses Pencairan Bansos PKH

    Bansos PKH 2024 dicairkan melalui 4 tahap dalam satu tahun. Proses pencairannya bisa dilakukan dengan mengecek status penerima kemudian menunggu manfaat masuk ke rekening masing-masing penerima.

    Selain bank, terdapat beberapa tempat pencairan Bansos PKH lainnya. Berikut daftar tempat pencairan Bansos PKH:

    Datang langsung ke Kantor PosPencairan dana melalui Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan Bank BTN.Penyaluran oleh PT Pos Indonesia ke komunitasPenyaluran langsung ke rumah penerima manfaat atau secara door to door khusus untuk masyarakat akses terbatas.Jadwal Pencairan Bansos PKH

    Bansos PKH dicairkan sebanyak 4 tahap selama satu tahun. Setiap tahap sendiri terdiri dari 3 bulan. Berikut rincian jadwal pencairannya:

    Tahap pertama: Januari, Februari, dan MaretTahap kedua: April, Mei dan JuniTahap ketiga: Juli, Agustus, dan SeptemberTahap keempat: Oktober, November dan Desember

    Itulah ulasan mengenai cara mengecek NIK KTP penerima Bansos PKH periode Desember 2024. Semoga berguna!

    (fay/ask)

  • Sambut Nataru, BRI Pastikan Kehandalan Super Apps BRImo

    Sambut Nataru, BRI Pastikan Kehandalan Super Apps BRImo

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) berkomitmen memastikan layanan e-channel beroperasi optimal guna mengantisipasi lonjakan transaksi keuangan selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru).

    Dengan ekosistem yang terus berkembang, BRI menghadirkan solusi perbankan yang memudahkan nasabah dalam bertransaksi kapan saja dan di mana saja.

    Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto mengatakan, layanan e-channel BRI, seperti ATM, Electronic Data Capture (EDC), Cash Recycle Machine (CRM), hingga Super App BRImo, siap melayani nasabah sepanjang libur panjang.

    “Melalui berbagai layanan tersebut, BRI terus mendukung aktivitas keuangan masyarakat agar tetap lancar selama momen libur Nataru, dengan selalu menjaga aspek keamanan bertransaksi,” ujar dia dalam keterangan resminya, Sabtu (21/12/2024).

    Sebagaimana diketahui, layanan e-channel BRI kini berkontribusi sebesar 99% terhadap total transaksi di BRI. Hingga September 2024, BRI memiliki 721 ribu e-channel yang terdiri dari 21.221 unit ATM & CRM, serta 700.513 mesin EDC. Hal ini mencerminkan fokus BRI dalam mengoptimalkan jaringan e-channel untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

    Sementara itu, sebagai aplikasi super apps, BRImo terus berkembang menjadi solusi keuangan multifungsi, di mana aplikasi ini memungkinkan nasabah untuk melakukan transfer dana, pembayaran tagihan, top-up e-wallet, investasi, hingga memenuhi kebutuhan gaya hidup seperti belanja harian hingga pembelian tiket.

    Kemudahan yang ditawarkan BRImo juga diperkuat dengan integrasi uang elektronik BRIZZI dan fitur Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), yang membuat pembayaran digital lebih praktis, terutama di lokasi wisata dan pusat kuliner selama liburan.

    Asal tahu saja, sampai akhir September 2024, pengguna BRImo telah mencapai 37,1 juta, tumbuh 24,7% YoY. Nilai transaksi melalui BRImo pun naik signifikan mencapai Rp 4.034,9 triliun, tumbuh 35,2% YoY dari sebelumnya Rp 2.984,2 triliun.

    Di samping itu, dia melanjutkan, dengan inovasi yang berkelanjutan, BRI memastikan seluruh layanan digitalnya dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Kehadiran layanan seperti BRImo, Debit BRI, alat transaksi merchant, mesin ATM dan CRM tidak hanya memperlancar transaksi, tetapi juga menjawab kebutuhan gaya hidup modern nasabah.

    “Melalui penguatan infrastruktur digital dan berbagai solusi berbasis teknologi, BRI terus menjaga komitmennya untuk menghadirkan pengalaman transaksi yang aman, nyaman, dan fleksibel di setiap momen penting, termasuk libur Nataru,” pungkasnya.

    (dpu/dpu)

  • Jadwal Operasional Bank selama Libur Nataru 2024/2025, Ada BCA, BNI, BSI – Halaman all

    Jadwal Operasional Bank selama Libur Nataru 2024/2025, Ada BCA, BNI, BSI – Halaman all

    Simak jadwal operasional bank selama libur Nataru 2024/2025. Ada BCA, BNI, dan BSI. Bank Mandiri, BRI, BTN, dll belum merilis pengumuman resmi.

    Tayang: Sabtu, 21 Desember 2024 10:41 WIB

    Tribun Pekanbaru/Theo Rizky

    Karyawan Bank BCA menggunakan baju batik saat melayani nasabah di Kantor Bank BCA, Jalan Sudirman Pekanbaru, Rabu (2/10/2013). 

    TRIBUNNEWS.COM – Berikut ini jadwal layanan operasional di beberapa bank selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

    Sejumlah kantor utama bank libur selama Nataru, namun ada beberapa cabang tertentu yang tetap beroperasi secara terbatas selama Nataru.

    Bagi nasabah yang mungkin akan melakukan transaksi atau keperluan lainnya di bank, perlu mengecek jadwal operasionalnya terlebih dahulu.

    Simak jadwal operasional beberapa bank di bawah ini yang dirangkum Tribunnews.com.

    BCA

    Bank Central Asia (BCA) mengumumkan jadwal operasional selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

    25-26 Desember 2024: Libur – cabang tidak beroperasi
    27 Desember 2024: Cabang beroperasi normal
    28-29 Desember 2024: Weekend Banking beroperasi di cabang tertentu (terbatas)
    30-31 Desember 2024: Cabang beroperasi normal
    1 Januari 2025: Libur – cabang tidak beroperasi
    2 Januari 2025: Cabang beroperasi normal.

    *) Selain tanggal tersebut di atas, layanan kantor cabang beroperasi normal.

    BSI

    Bank Syariah Indonesia (BSI) tetap membuka layanan operasional terbatas di sejumlah cabang selama libur Nataru.

    Layanan operasional terbatas mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

    BNI

    Bank Negara Indonesia (BNI) tidak beroperasi selama libur Nataru 2024/2025 pada 25-26 Desember 2025 dan 1 Januari 2025.

    (Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’1′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Sambut Natal dan Tahun Baru, BRI Pastikan Kehandalan Super Apps BRImo dan Optimalkan Layanan 721 Ribu E-Channel

    Sambut Natal dan Tahun Baru, BRI Pastikan Kehandalan Super Apps BRImo dan Optimalkan Layanan 721 Ribu E-Channel

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) berkomitmen memastikan layanan e-channel beroperasi optimal guna mengantisipasi lonjakan transaksi keuangan selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dengan ekosistem yang terus berkembang, BRI menghadirkan solusi perbankan yang memudahkan nasabah dalam bertransaksi kapan saja dan di mana saja.

    Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto menyampaikan bahwa layanan e-channel BRI, seperti ATM, Electronic Data Capture (EDC), Cash Recycle Machine (CRM), hingga Super App BRImo, siap melayani nasabah sepanjang libur panjang.

    “Melalui berbagai layanan tersebut, BRI terus mendukung aktivitas keuangan masyarakat agar tetap lancar selama momen libur Nataru, dengan selalu menjaga aspek keamanan bertransaksi,” ujarnya di Jakarta.

    Perlu diketahui, layanan e-channel BRI kini berkontribusi sebesar 99% terhadap total transaksi di BRI. Hingga September 2024, BRI memiliki 721 ribu e-channel yang terdiri dari 21.221 unit ATM & CRM, serta 700.513 mesin EDC. Hal ini mencerminkan fokus BRI dalam mengoptimalkan jaringan e-channel untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

    Sementara itu, sebagai aplikasi super apps, BRImo terus berkembang menjadi solusi keuangan multifungsi, di mana aplikasi ini memungkinkan nasabah untuk melakukan transfer dana, pembayaran tagihan, top-up e-wallet, investasi, hingga memenuhi kebutuhan gaya hidup seperti belanja harian hingga pembelian tiket.

    Kemudahan yang ditawarkan BRImo juga diperkuat dengan integrasi uang elektronik BRIZZI dan fitur Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), yang membuat pembayaran digital lebih praktis, terutama di lokasi wisata dan pusat kuliner selama liburan.

  • Siap-Siap Diskon 50%, Ini Cara Mudah Isi Token Listrik di PLN Mobile

    Siap-Siap Diskon 50%, Ini Cara Mudah Isi Token Listrik di PLN Mobile

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT PLN (Persero) bakal menabur stimulus ekonomi berupa diskon tarif listrik sebesar 50% untuk para pelanggan. Diskon ini berlaku mulai Januari-Februari 2025 mendatang.

    Menurut Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, pelanggan yang akan mendapatkan diskon tarif listrik 50% adalah pelanggan dengan daya listrik 2.200 Volt Ampere (VA) ke bawah.

    Dari total 84 juta pelanggan PLN, yang berhak menerima diskon tarif listrik 50% mencapai 81,4 juta pelanggan Rumah Tangga (RT). Di antaranya: 24,6 juta pelanggan dengan daya listrik 450 VA, kemudian 38 juta pelanggan 900 VA, lalu 14,1 juta pelanggan 1.300 VA dan 4,6 juta pelanggan 2.200 VA.

    “Ini menyasar 97% pelanggan, diskon 50% pada bulan Januari-Februari 2025. Ini berkah untuk daya beli masyarakat, kami siap menjalankan berkah ini tentunya untuk pelanggan pra bayar kami, misalnya beli Rp 100 ribu bisa jadi separuhnya,” tegas Darmawan dalam acara Konferensi Pers: Paket Stimulus Ekonomi Untuk Kesejahteraan Masyarakat, dikutip Sabtu (21/12/2024).

    Kelak diskon tarif listrik 50% ini akan berlaku secara otomatis pada saat pembelian token listrik atau listrik pasca bayar.

    Darmawan mencontohkan, untuk pelanggan yang pra bayar, secara otomatis akan langsung menyesuaikan. Misalnya, jika pembelian pulsa (token) yang tadinya Rp 100.000 misalnya untuk KWH tertentu, hanya tinggal membayar Rp 50.000.

    Lantas, bagaimana cara membeli token listrik untuk pelanggan listrik PLN pra bayar? Simak langkah-langkah berikut ini:

    Cara beli token listrik di PLN Mobile:

    Masuk ke aplikasi PLN mobile yang sudah terpasang di smartphone
    Pilih menu “Kelistrikan”
    Lalu, masukkan IP pelanggan atau nomor meter
    Apabila belum ada, klik fitur “token dan pembayaran”
    Pilih nomor ID pelanggan atau nomor meter dan klik “beli token”
    Selanjutnya, pilih nominal token yang hendak dibeli dan tekan “beli”
    Pilih metode pembayaran yang hendak digunakan lalu selesaikan proses pembayaran
    Apabila telah selesai, klik opsi “Lihat transaksi saya”. Pada bagian tersebut Anda bisa melihat nomor token listrik yang dapat dimasukkan ke meteran listrik

    Cara beli token listrik di minimarket:

    Kunjungi minimarket terdekat
    Berikan nomor ID pelanggan pada kasir yang bertugas
    Sebutkan nominal yang akan dibeli
    Lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang dibeli
    Petugas akan memberikan 20 digit token listrik untuk dimasukkan di meteran listrik

    Cara beli token listrik melalui Tokopedia:

    Buka aplikasi Tokopedia di smartphone
    Pilih menu “Top Up & Tagihan”
    Klik ikon “Listrik PLN” lalu pilih opsi “Token Listrik”
    Masukkan nomor ID pelanggan dan masukkan nominal yang diinginkan
    Klik “Lanjut”
    Klik “Pilih Pembayaran”
    Pilih opsi pembayaran yang tersedia
    Notifikasi pembayaran sukses akan muncul dan nomer token diberikan pada detail transaksi

    Cara beli token listrik melalui Shopee:

    Buka aplikasi Shopee lalu pilih menu “Pulsa, Tagihan, dan Tiket”
    Pilih menu “Listrik PLN”
    Pada menu “Token Listrik” masukkan ID Pelanggan atau nomor meter dan pilih nominal token listrik Klik “Lanjutkan”
    Lalu, pilih metode pembayaran yang diinginkan
    Setelah memilih metode pembayaran, klik “Bayar Sekarang” dan ikuti langkah sesuai petunjuk
    Apabila pembayaran telah berhasil, notifikasi nomor token listrik akan muncul pada aplikasi

    Cara beli token listrik di beberapa ATM:

    ATM Mandiri

    Pilih Pembayaran/Pembelian
    Pilih Multi Payment
    Ketik “30300”
    Masukkan No Meter (11 nomor)
    Masukkan Nominal Pembelian
    Ketik “1”

    Struk akan tercetak

    ATM BCA

    Pilih Transaksi Lainnya
    Pilih Voucher isi Ulang
    Pilih Lainnya
    Pilih PLN Prepaid
    Masukkan nomor Meter (11 nomor)
    Pilih Nominal Voucher
    Tekan Benar / Salah

    Struk akan tercetak

    ATM BNI

    Pilih Pembayaran
    PLN
    PLN PRABAYAR
    Pembelian Token
    Masukan No meter (11 nomor, tambahkan “0” di depan no meter)
    Pilih jenis “0”
    Pilih Nominal Pembelian

    Struk akan tercetak

    ATM KB Bank

    Pilih ISI ULANG PULSA DAN LISTRIK
    Pilih LISTRIK / PLN
    Masukan Nomor Meter (11 nomor)
    Pilih Nominal Pembelian

    Struk akan tercetak

    ATM OCBC Indonesia

    Pilih MENU LAINNYA
    Pilih PULSA ISI ULANG DAN PLN
    Pilih PLN PRABAYAR
    Masukan Nomor Meter (11 nomor)
    Pilih Nominal Pembelian

    Struk akan tercetak

    ATM BRI

    Pilih Transaksi Lainnya
    Pilih Pembayaran
    Pilih PLN
    Pilih Prabayar
    Masukkan Nomor Meter (11 nomor)
    Tekan Benar/Salah
    Pilih Nominal Token / Voucher
    Tekan Benar / Salah

    Struk akan tercetak

    (pgr/pgr)

  • Top! BRI Hadirkan Solusi Transaksi Luar Negeri Tanpa Biaya Konversi

    Top! BRI Hadirkan Solusi Transaksi Luar Negeri Tanpa Biaya Konversi

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) menghadirkan solusi praktis bagi masyarakat Indonesia yang ingin liburan keluar negeri dengan menghadirkan fitur Multicurrency dari Debit BRI Mastercard. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah bertransaksi dalam rupiah dan 12 mata uang asing tanpa perlu khawatir tentang biaya konversi.

    Kemudahan ini juga didukung BRImo, yang memungkinkan Anda mengatur mata uang yang akan digunakan sesuai kebutuhan secara cepat dan praktis. Fitur ini memberikan kenyamanan bagi Anda dalam melakukan transaksi internasional saat sedang menikmati liburan di luar negeri, sehingga Anda dapat lebih fokus menikmati momen akhir tahun tanpa kendala transaksi.

    Sulitnya Memantau Kurs Mata Uang Saat Liburan di Luar Negeri

    Bertransaksi di luar negeri selama liburan akhir tahun bisa menjadi tantangan, terutama saat harus menghadapi fluktuasi nilai tukar mata uang. Berikut adalah beberapa kendala umum yang sering dialami:

    1. Kurs yang Berubah-ubah dalam Waktu Singkat

    Nilai tukar dapat berubah secara signifikan dalam waktu singkat, sehingga sulit bagi Anda untuk memperkirakan biaya transaksi selama liburan.

    2. Biaya Tambahan dari Nilai Tukar yang Tidak Menguntungkan

    Apabila bertransaksi dengan mata uang yang berbeda dengan negara tujuan, transaksi Anda akan dikenakan biaya konversi yang membuat pengeluaran liburan Anda membengkak.

    3. Keterbatasan Waktu untuk Memantau Pergerakan Nilai Tukar

    Dengan jadwal liburan yang padat, meluangkan waktu untuk memantau pergerakan nilai tukar menjadi hal yang sulit dilakukan.

    4. Risiko Fluktuasi Kurs Selama Transaksi

    Kurs yang berubah di tengah proses transaksi dapat membuat biaya lebih besar dari yang diharapkan, mengganggu anggaran liburan Anda.

    Dengan Debit BRI Multicurrency, semua masalah saat liburan akhir tahun ini dapat diatasi. Anda bisa mengunci nilai transaksi dalam mata uang lokal negara tujuan tanpa harus memantau kurs setiap saat.

    Cara Menghubungkan Rekening ke Debit BRI Mastercard

    Proses mengubah mata uang yang diinginkan pada Debit BRI Mastercard sangat mudah melalui BRImo. Berikut langkah-langkahnya:

    1. Log inBRImo.

    2. Pilih menuAkundi halaman utama.

    3. KlikPengelolaan Kartuuntuk melihat daftar kartu yang Anda miliki.

    4. PilihDebit BRI Mastercardyang akan digunakan, lalu pilih opsiUbah Rekening.

    5. Sambungkan rekeningBritAma ValasAnda denganDebit BRI Mastercard.

    6. Pastikan statusTransaksi Luar Negeritelah diaktifkan.

    7. Setelah semua langkah selesai, kartu Anda siap digunakan untuk transaksi internasional.

    Foto: dok BRI

    Dengan langkah sederhana ini, Debit BRI Anda siap digunakan untuk berbagai transaksi internasional.Debit BRI dan BRImo memberikan solusi praktis dan efisien untuk transaksi internasional selama liburan akhir tahun ke luar negeri.

    Dengan kemampuan untuk menggunakan hingga 12 mata uang asing tanpa biaya konversi, Debit BRI Mastercard menjadi pilihan terbaik bagi pelancong maupun pelaku bisnis.Semua transaksi dapat dikelola dengan mudah melalui BRImo, memungkinkan Anda menikmati perjalanan dan transaksi lintas negara tanpa khawatir.

    Segera nikmati kemudahan terbaru dari Debit BRI bagi nasabah Tabungan BRI BritAma Valas. Jika belum memiliki rekening, buka rekening BritAma Valas melalui BRImo dan nikmati kemudahan transaksi internasional di ujung jari Anda. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi bbri.id/debitmulticurrency.

    (dpu/dpu)

  • Polisi Selidiki Jaringan Peredaran Uang Palsu di Majene

    Polisi Selidiki Jaringan Peredaran Uang Palsu di Majene

    Majene, Beritasatu.com – Polisi kembali menyelidiki jaringan peredaran uang palsu di Majene. Pasalnya, terdapat pelaku yang mencoba mengedarkan uang palsu di dua tempat yang ada di Majene, Sulawesi Selatan.

    Warga Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, kembali diresahkan dengan adanya peredaran uang palsu (upal). Kali ini, kejadian tersebut terjadi di dua lokasi berbeda, yaitu di sebuah kios di Lingkungan Pucca Owa, Kelurahan Malunda, dan sebuah counter hand phone di Lingkungan Kalorang, Kelurahan Lamungan Batu, Kecamatan Malunda. Aksi pelaku terekam dalam rekaman CCTV milik toko.

    Dalam video tersebut, terlihat seorang pria mengenakan celana pendek, kaos hitam, dan topi, mendatangi kios layanan transfer uang atau setor tunai untuk melakukan transaksi.

    Pelaku menipu korban dengan modus mentransfer uang. Awalnya, pelaku berusaha mentransfer uang sebesar Rp 500.000, tetapi saldo rekening pemilik toko tidak mencukupi dan hanya dapat mentransfer Rp 300.000. Pelaku menyetujui jumlah tersebut.

    Pelaku kemudian, menyerahkan dua lembar uang palsu pecahan Rp 100.000, satu lembar uang palsu pecahan Rp 50.000, serta satu lembar uang asli pecahan Rp 50.000 dan satu lembar uang asli pecahan Rp 5.000.

    Setelah transfer berhasil, pelaku langsung meninggalkan toko dengan menggunakan sepeda motor. Namun, pelaku tidak berhenti di situ. Ia melanjutkan aksinya ke lokasi kedua.

    Dengan modus yang sama, pelaku mencoba mentransfer uang sebesar Rp 250.000 di counter hand phone tersebut. Namun, sebelum proses transfer dilakukan, pemilik toko memeriksa uang yang diberikan dan menyadari bahwa uang tersebut palsu.

    Korban sempat menanyakan kepada pelaku mengenai keaslian uang tersebut. Pelaku kemudian segera mengambil kembali uangnya dan meninggalkan lokasi.

    Kasus peredaran uang palsu ini kini masih dalam penyelidikan oleh Polsek setempat. Polisi sedang mendalami dugaan adanya jaringan sindikat uang palsu yang diduga beroperasi di Kampus Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

    Kapolsek Malunda Iptu Muhammad Irwan mengungkapkan, pihaknya sedang melakukan penyelidikan terkait peredaran uang palsu dengan modus transfer uang melalui layanan BRI Link yang marak digunakan di kios dan counter sepanjang jalan.

    “Saya selaku Kapolsek Malunda menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati terhadap peredaran uang palsu, baik yang menggunakan modus transfer maupun penukaran. Jika menemukan uang yang mencurigakan, segera laporkan kepada pihak kepolisian,” tegasnya.

    Polisi saat ini terus melakukan penyelidikan dan berupaya mengidentifikasi pelaku guna mencegah peredaran uang palsu lebih lanjut. Masyarakat diimbau untuk segera melapor jika menemukan kejadian serupa di wilayah mereka.

    “Kami terus melakukan penyelidikan dan berupaya mengidentifikasi pelaku untuk mencegah peredaran uang palsu tersebut,” tambah Kapolsek Malunda Iptu Muhammad Irwan menjelaskan terkait peredaran uang palsu.

  • BRI Sabet Dua Penghargaan di Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2024

    BRI Sabet Dua Penghargaan di Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2024

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) kembali mencatatkan prestasi dengan memenangkan dua penghargaan bergengsi dalam ajang Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2024, yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat. Acara tersebut berlangsung di Movenpick Hotel Jakarta City Centre, Jakarta Pusat (17/12/2024).

    BRI berhasil masuk kedalam peringkat tiga besar nasional dengan skor 98,89 pada kategori Kualifikasi Informatif BUMN. Penghargaan ini menjadi bukti nyata dedikasi BRI dalam menyediakan informasi yang akurat, transparan, yang mencerminkan komitmennya terhadap tata kelola yang baik.

    Selain itu, BRI juga mendapatkan penghargaan Badan Publik Terbaik Nasional “Arkaya Wiwarta Prajanugraha” bersama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Universitas Negeri Malang.

    Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto yang hadir langsung menerima penghargaan tersebut menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diraih. Andrijanto menekankan pentingnya keterbukaan informasi dalam menjaga kepercayaan publik.

    “Keterbukaan informasi adalah kunci penting dalam membangun kepercayaan serta meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Penghargaan ini menjadi bukti nyata komitmen BRI untuk terus menghadirkan tata klola perusahaan yang transparan, inovatif, dan berorientasi pada kebutuhan nasabah,” ujarnya.

    Sementara itu, Komisi Informasi Pusat mengungkapkan bahwa jumlah badan publik yang mendapatkan kualifikasi informatif meningkat pada tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya.

    “Kami laporkan dari jumlah badan publik yang mendapatkan kualifikasi informatif berjumlah 162 atau 44,63 persen dari 363. Naik secara signifikan dari tahun 2023 sebanyak 139 badan publik dari 369,” kata Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro dalam acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2024 di Jakarta, Selasa (17/12) malam.

    Donny menjelaskan bahwa data tersebut berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi kepada seluruh badan publik yang berjumlah sebanyak 363 badan dan dibagi menjadi tujuh kategori, yakni kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian, lembaga nonstruktural, badan usaha milik negara (BUMN), pemerintah provinsi, perguruan tinggi negeri (PTN), dan partai politik.

    Metode penilaian dimulai dengan memberikan self-assessment questionnaire (SAQ) kepada badan publik dan dilanjutkan dengan uji publik. Selain itu, penilaian turut memperhatikan dampak dari kebijakan keterbukaan informasi publik di badan publik tersebut.

    “Keberhasilan BRI mencapai usia 129 tahun merupakan buah dari penerapan tata kelola perusahaan yang baik secara efektif dan efisien. BRI senantiasa menjaga agar kelima prinsip GCG yaitu transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi dan fairness telah menjadi landasan pelaksanaan operasional bisnis dan layanan perseroan,” pungkas Andrijanto.

  • BUMN Asuransi Ini Salurkan Dana Rp 5,85 Miliar untuk CSR dan UMK – Halaman all

    BUMN Asuransi Ini Salurkan Dana Rp 5,85 Miliar untuk CSR dan UMK – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) telah menyalurkan dana sebesar Rp5,85 miliar hingga Desember 2024 untuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). 

    Dana tersebut mencakup Rp3,00 miliar untuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Rp2,85 miliar untuk pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

    Program ini adalah bentuk nyata komitmen Jasindo dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat, sekaligus memperkuat peran perusahaan sebagai mitra yang peduli dan andal.

    “Sebagai perusahaan yang berkomitmen pada keberlanjutan, kami percaya bahwa keberhasilan bisnis tidak hanya diukur dari aspek finansial, tetapi juga dari seberapa besar manfaat yang dapat kami berikan kepada masyarakat dan lingkungan. Program TJSL ini mencerminkan semangat Jasindo untuk terus berkontribusi secara nyata,” ujar Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasindo, Brellian Gema dalam keterangan resminya Kamis (20/12/2024) di Jakarta.

    Inisiatif Utama Kegiatan TJSL Jasindo di Tahun 2024

    1. Dukungan untuk UMKM dan Pertanian

    Jasindo mendukung pengembangan 94 pelaku UMKM melalui bantuan peralatan usaha, pelatihan, dan dukungan pameran. Selain itu, bantuan peralatan pertanian diberikan di berbagai wilayah untuk mendukung sektor agribisnis, termasuk padi, sebagai bagian dari upaya memperkuat komitmen Perusahaan dalam menjalankan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) yang merupakan penugasan dari Pemerintah.

    2. Akses Pendidikan dan Literasi

    Jasindo membangun gedung sekolah di Pangkep, Sulawesi Selatan dan merenovasi Taman Baca Jasindo di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat. Selain itu, dana pendidikan disalurkan kepada 119 pelajar dari jenjang SD hingga perguruan tinggi. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan literasi dan akses pendidikan bagi masyarakat.

    3. Mobilitas dan Kesehatan

    Program Mudik Gratis Tahun 2024 pada momentum lebaran yang melayani 250 pemudik, memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat saat merayakan Hari Raya. Selain itu, layanan kesehatan melalui Mobil Sehat Jasindo di Pulau Jawa memberikan akses deteksi dini penyakit bagi masyarakat.

    4. Konservasi Lingkungan dan Pariwisata

    Melalui penanaman mangrove dan bantuan pohon non-mangrove di berbagai wilayah, Jasindo mendukung pelestarian ekosistem pesisir dan mitigasi perubahan iklim. Dukungan kebersihan di Labuan Bajo juga dilakukan untuk mendorong pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

    5. Peningkatan Infrastruktur dan Kesejahteraan

    Jasindo memberikan bantuan sarana air bersih, obat-obatan, dan makanan sehat untuk penanggulangan stunting di wilayah 3T, khususnya Kepulauan Mentawai. Perbaikan sarana di permukiman padat DKI Jakarta juga menjadi prioritas untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

    6. Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil

    Jasindo bekerja sama dengan Bank BUMN (BRI) untuk menyalurkan bantuan pendanaan UMK, memperluas akses permodalan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal secara berkelanjutan.
    Keseluruhan program TJSL Jasindo menunjukkan upaya berkelanjutan perusahaan dalam mendukung pembangunan masyarakat dan lingkungan. 

    “Kami ingin menjadi perusahaan yang tidak hanya sukses secara bisnis, tetapi juga berperan aktif dalam menciptakan perubahan yang berarti. Kontribusi ini adalah wujud nyata visi Jasindo untuk masa depan yang lebih baik,” tambah Brellian.

    Dengan inisiatif ini, Jasindo mengukuhkan posisinya sebagai perusahaan yang peduli, tangguh, dan berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

  • Liburan Praktis dengan Debit BRI Multicurrency, Transaksi Luar Negeri Tanpa Biaya Konversi

    Liburan Praktis dengan Debit BRI Multicurrency, Transaksi Luar Negeri Tanpa Biaya Konversi

    Jakarta, Beritasatu.com – Liburan akhir tahun keluar negeri kini semakin praktis dengan hadirnya fitur Multicurrency dari Debit BRI Mastercard. Dengan satu kartu, Anda dapat dengan mudah bertransaksi dalam rupiah dan 12 mata uang asing tanpa perlu khawatir tentang biaya konversi.

    Kemudahan ini didukung BRImo, yang memungkinkan Anda mengatur mata uang yang akan digunakan sesuai kebutuhan secara cepat dan praktis. Fitur ini memberikan kenyamanan bagi Anda dalam melakukan transaksi internasional saat sedang menikmati liburan di luar negeri, sehingga Anda dapat lebih fokus menikmati momen akhir tahun tanpa kendala transaksi.

    Sulitnya Memantau Kurs Mata Uang Saat Liburan di Luar Negeri

    Bertransaksi di luar negeri selama liburan akhir tahun bisa menjadi tantangan, terutama saat harus menghadapi fluktuasi nilai tukar mata uang. Berikut adalah beberapa kendala umum yang sering dialami:

    Kurs yang Berubah-ubah dalam Waktu Singkat
    Nilai tukar dapat berubah secara signifikan dalam waktu singkat, sehingga sulit bagi Anda untuk memperkirakan biaya transaksi selama liburan.Biaya Tambahan dari Nilai Tukar yang Tidak Menguntungkan
    Apabila bertransaksi dengan mata uang yang berbeda dengan negara tujuan, transaksi Anda akan dikenakan biaya konversi yang membuat pengeluaran liburan Anda membengkak.Keterbatasan Waktu untuk Memantau Pergerakan Nilai Tukar
    Dengan jadwal liburan yang padat, meluangkan waktu untuk memantau pergerakan nilai tukar menjadi hal yang sulit dilakukan.Risiko Fluktuasi Kurs Selama Transaksi
    Kurs yang berubah di tengah proses transaksi dapat membuat biaya lebih besar dari yang diharapkan, mengganggu anggaran liburan Anda.

    Dengan Debit BRI Multicurrency, semua masalah saat liburan akhir tahun ini dapat diatasi. Anda bisa mengunci nilai transaksi dalam mata uang lokal negara tujuan tanpa harus memantau kurs setiap saat.

    Debit BRI Multicurrency dan BRImo berikan fleksibilitas untuk mengganti mata uang sesuai kebutuhan.

    12 Mata Uang Asing dalam Satu Kartu

    Debit BRI Mastercard dengan fitur Multicurrency memungkinkan transaksi dalam rupiah serta 12 mata uang asing lainnya, yaitu:

    USD (Dollar Amerika)EUR (Euro)GBP (Pound Inggris)AUD (Dollar Australia)SGD (Dollar Singapura)CNY (Yuan Tiongkok)AED (Dirham Uni Emirat Arab)SAR (Riyal Arab Saudi)HKD (Dollar Hong Kong)JPY (Yen Jepang)THB (Baht Thailand)MYR (Ringgit Malaysia)

    Dengan hanya menggunakan satu kartu Debit BRI Mastercard, Anda dapat melakukan berbagai transaksi di negara-negara yang menggunakan mata uang tersebut. Fitur ini sangat cocok untuk wisatawan internasional, pelaku bisnis global, maupun siapa saja yang membutuhkan kemudahan transaksi di luar negeri.

    Selain itu, Debit BRI Multicurrency dan BRImo memberikan fleksibilitas untuk mengganti mata uang sesuai kebutuhan Anda, sehingga transaksi menjadi lebih hemat dan efisien.

    Cara Menghubungkan Rekening ke Debit BRI Mastercard

    Proses mengubah mata uang yang diinginkan pada Debit BRI Mastercard sangat mudah melalui BRImo. Berikut langkah-langkahnya:

    Log in BRImo.Pilih menu akun di halaman utama.Klik Pengelolaan Kartu untuk melihat daftar kartu yang Anda miliki.Pilih Debit BRI Mastercard yang akan digunakan, lalu pilih opsi Ubah Rekening.Sambungkan rekening BritAma Valas Anda dengan Debit BRI Mastercard.Pastikan status Transaksi Luar Negeri telah diaktifkan.Setelah semua langkah selesai, kartu Anda siap digunakan untuk transaksi internasional.

    Dengan langkah sederhana ini, Debit BRI Anda siap digunakan untuk berbagai transaksi internasional. Debit BRI dan BRImo memberikan solusi praktis dan efisien untuk transaksi internasional selama liburan akhir tahun ke luar negeri. Dengan kemampuan untuk menggunakan hingga 12 mata uang asing tanpa biaya konversi, Debit BRI Mastercard menjadi pilihan terbaik bagi pelancong maupun pelaku bisnis.

    Semua transaksi dapat dikelola dengan mudah melalui BRImo, memungkinkan Anda menikmati perjalanan dan transaksi lintas negara tanpa khawatir. Segera nikmati kemudahan terbaru dari Debit BRI bagi nasabah Tabungan BRI BritAma Valas. Jika belum memiliki rekening, buka rekening BritAma Valas melalui BRImo dan nikmati kemudahan transaksi internasional di ujung jari Anda. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi bbri.id/debitmulticurrency.