BUMN: BRI

  • Baru Dibuka, IHSG Usai Libur Natal Langsung Naik ke Level 7.095, TOWR Menanjak Paling Tinggi – Halaman all

    Baru Dibuka, IHSG Usai Libur Natal Langsung Naik ke Level 7.095, TOWR Menanjak Paling Tinggi – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka naik pada perdagangan usai libur Natal Jumat (27/12/2024).

    Mengutip RTI pukul 09.15 WIB, indeks naik 0,42 persen atau 29,674 poin ke level 7.095,420.

    Tercatat 294 saham naik, 135 saham turun, dan 174 saham stagnan. Total volume perdagangan 1,86 miliar saham dengan nilai transaksi capai Rp 704 miliar.

    Sebanyak 10 indeks sectoral menopang Langkah IHSG di zona hijau pada perdagangan pagi ini. Tiga sektor dengan kenaikan tertinggi yakni IDX-Infra 1,08%, IDX-Basic 1,03%, dan IDX-Health 1,03%.

    Saham-saham top gainers LQ45:

    – PT Sarana Menara Nusantara (TOWR) naik 4,84% ke Rp 650

    – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) naik 2,91% ke Rp 1.590

    – PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) naik 2,79% ke Rp 1.475

    Saham-saham top losers LQ45:

    – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) turun 1,90% ke Rp 4.120

    – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) turun 1,47% ke Rp 67

    – PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) turun 1,07% ke Rp 1.385

    Melansir Reuters, bursa saham Asia bergerak tak menentu pada Jumat ini. Sementara dolar AS bertahan stabil, membuat yen tetap mendekati level terendah lima bulan di tengah perdagangan akhir tahun yang tipis.

    Investor mulai mengalihkan perhatian ke 2025, ketika The Fed diperkirakan akan mengambil langkah hati-hati dalam memangkas suku bunga.

    “Pasar sedang dalam periode tenang saat ini, dan kecuali ada kejutan ekstrem, pasar kemungkinan akan kekurangan arah,” kata Kyle Rodda, analis pasar keuangan senior di Capital.com.

    Dengan sebagian besar pelaku pasar bersiap untuk menutup tahun 2024, fokus kini beralih ke kebijakan moneter global di 2025, terutama di tengah ketidakpastian arah suku bunga The Fed dan langkah-langkah dari bank sentral utama lainnya.

    Kinerja Saham Asia

    Indeks MSCI Asia-Pasifik di luar Jepang sedikit menguat menjadi 574,88, mencatatkan kenaikan hampir 9% sepanjang tahun ini.

    Indeks Nikkei Jepang naik 0,77%, didukung oleh pelemahan yen, dan berada di jalur untuk mencatatkan kenaikan 19% pada 2024.

    Sementara itu, indeks CSI300 China stabil dalam perdagangan awal, sedangkan indeks Hang Seng Hong Kong naik tipis 0,12% setelah libur pada Kamis. (Kontan/Yudho Winarto)

    Sumber: Kontan

  • Kurs Rupiah ke Dolar AS Hari Ini: Melemah 0,25%

    Kurs Rupiah ke Dolar AS Hari Ini: Melemah 0,25%

    Jakarta, FORTUNE – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) melemah pada perdagangan pagi ini, Jumat (27/12). Rupiah melemah ke level Rp16.230 atau sebesar 0,25 persen (40 poin) jika dibandingkan dengan perdagangan Selasa (24/12) yang berada di level Rp16.190 per dolar AS.

    Berdasarkan data yang dihimpun dari beberapa Bank besar di Indonesia, Kurs Dolar (USD) ke rupiah (IDR) hari ini, 27 Desember 2024 tercatat sebagai berikut:
    Kurs dolar ke rupiah hari ini di Bank Mandiri
    Kurs dolar ke rupiah e-rate pada pukul 09:25 WIB
    Kurs jual: Rp16.230 per dolar AS
    Kurs beli: Rp16.210 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah TT counter 
    Kurs jual: Rp16.300per dolar AS
    Kurs beli: Rp15.950 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah bank notes 
    Kurs jual: Rp16.300 per dolar AS
    Kurs beli: Rp15.950 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah hari ini di Bank BCA
    Kurs dolar ke rupiah e-rate pada pukul 09:33 WIB
    Kurs jual: Rp16.265per dolar AS
    Kurs beli: Rp16.235 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah TT counter pada pukul 08:08 WIB
    Kurs jual: Rp16.370 per dolar AS
    Kurs beli: Rp16.070 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah bank notes pada pukul 08:09 WIB
    Kurs jual: Rp16.370 per dolar AS
    Kurs beli: Rp16.070 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah hari ini di Bank BNI
    Kurs dollar ke rupiah e-rate pada pukul 09:35 WIB
    Kurs jual: Rp16.256per dolar AS
    Kurs beli: Rp16.236 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah TT counter pada pukul 09:35 WIB
    Kurs jual: Rp16. 360 per dolar AS
    Kurs beli: Rp16.120 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah bank notes pada pukul 09:35 WIB
    Kurs jual: Rp16.360 per dolar AS
    Kurs beli: Rp16.120 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah hari ini di Bank BRI
    Kurs dolar ke rupiah e-rate pada pukul 09:23 WIB
    Kurs jual: Rp16.270 per dolar AS
    Kurs beli: Rp16.230 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah TT counter pada pukul : 09:23 WIB
    Kurs jual: Rp16.330 per dolar AS
    Kurs beli: Rp16.130 per dolar AS

    Apa itu e-rate, TT counter dan bank notes
    Kurs e-rate adalah kurs yang berlaku ketika nasabah melakukan transaksi dengan nominal tertentu.

    Kurs TT counter adalah kurs yang berlaku ketika nasabah melakukan setoran ataupun transfer melalui counter bank.

    Kurs bank notes adalah kurs yang berlaku ketika nasabah melakukan transaksi jual-beli valas dalam bentuk uang kertas di counter bank.

    Apa itu kurs jual dan kurs beli
    Kurs jual adalah nilai mata uang yang dipakai bank atau money changer ketika ingin menjual valas ke masyarakat.

    Kurs beli adalah nilai mata uang yang dipakai bank atau money changer ketika ingin membeli valas dari masyarakat.

    Itulah kurs dolar (USD) ke rupiah (IDR) hari ini 27 Desember 2024 di Bank Mandiri, BCA, BNI dan BRI.
     

  • Peran BRI Topang Kesuksesan UMKM Wingko Babat Lamongan Selama 3 Dekade

    Peran BRI Topang Kesuksesan UMKM Wingko Babat Lamongan Selama 3 Dekade

    Jakarta, CNN Indonesia

    Sudah lebih dari tiga dekade, Wingko ‘Bambang Indrajaya’ telah menjaga cita rasa autentik khas Babat, Lamongan, Jawa Timur, sejak 1990. Kudapan produksi UMKM milik keluarga ini mampu lestari berkat dukungan permodalan dan pembinaan dari BRI.

    Cerita kesuksesan Wingko ‘Bambang Indrajaya’ berakar pada tekad almarhum Bambang Indrajaya, seorang pensiunan pegawai kereta api, yang memanfaatkan pesangonnya untuk merintis usaha wingko. Usaha ini terus berkembang selama 34 tahun dan beralih ke tangan putranya, Bastian Hendri, yang kini membawa nama wingko Babat ke level baru.

    Bastian bercerita, awalnya dia berperan dalam membantu pemasaran. Dia memasarkan wingko ini ke area wisata religi di Jawa Timur, seperti makam-makam Sunan.

    “Saat Pak Bambang masih hidup, saya hanya membantu dalam bagian pemasaran. Setelah Pak Bambang meninggal pada tahun 2011, usaha ini diteruskan oleh ibu saya,” ujarnya di Jakarta.

    Perjalanan Wingko ‘Bambang Indrajaya’ bukanlah tanpa tantangan. Namun, sinergi dengan pelaku industri keuangan yang tepat disertai usaha keras menjadi strategi ampuh dalam menaikkelaskan usaha daerah ini menjadi bisnis yang terkenal dan berdampak bagi sekitar.

    Bastian bercerita salah satu momen bersejarah yang tak terlupakan bagi usaha ini, terjadi pada 2005. Kala itu mereka mencetak rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan membuat wingko raksasa berukuran 3,5 meter dan tebal 10 cm.

    Prestasi ini bukan hanya sebagai kebanggaan, tetapi juga menjadi titik balik yang membuka jalan kesuksesan dan pengakuan lebih luas terhadap usaha kudapan ini. Setelah rekor itu, produksi Wingko ‘Bambang Indrajaya’ melonjak pesat.

    “Tadinya hanya satu atau dua bak adonan per hari yang masing-masing seberat 5 kilogram, menjadi 30 hingga 40 bak per hari,” kenang Bastian.

    Meski begitu, seperti halnya perjalanan bisnis lain, jalan menuju kesuksesan tidak selalu mulus. Rintangan dan tantangan terus menghadang, salah satunya ‘infeksi’ pandemi Covid-19. Bastian mengakui bahwa pandemi menjadi ujian berat bagi bisnis keluarga yang telah berjalan puluhan tahun.

    “Pandemi adalah titik berat, tapi juga kesempatan untuk berinovasi,” katanya.

    Di tengah tantangan besar akibat pandemi, Bastian menambahkan, rekam jejak positif selama ini membuat usaha ini mendapat dukungan cukup dalam menopang kelangsungan usahanya. Apalagi, sejak 2018 Bastian telah menjadi nasabah BRI dan memperoleh fasilitas pinjaman melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

    “Peran BRI bagi saya adalah dapat modal tambahan, apalagi buat bahan-bahan kan kurang, karena harga pasaran kan nggak rata. Makanya saya butuh BRI,” ucapnya.

    Foto: Arsip BRI.

    Lebih lanjut, dengan bantuan tersebut, Bastian pun dapat melakukan berbagai inovasi untuk bisa terus mempertahankan bisnis dan menyesuaikan usaha dengan kondisi yang berubah.

    Selain itu, upaya kerasnya pun memberikan dampak ekonomi positif bagi masyarakat sekitar. Wingko ‘Bambang Indrajaya’ mampu membuka lapangan kerja dengan mempekerjakan 10 karyawan, tujuh di antaranya perempuan.

    Bastian juga mengakui, bantuan BRI tak hanya datang dalam hal pembiayaan. Seiring dengan pulihnya situasi pasca Covid-19, BRI terus mendukung usahanya.

    Komitmen BRI itu terlihat dari program pendampingan hingga memberi kesempatan untuk tampil di Bazaar UMKM BRILian agar dapat dikenal pasar secara lebih luas.

    Diketahui, BRI mencatat penyaluran KUR selama 2024 mencapai Rp175,66 triliun kepada 3,7 juta debitur UMKM hingga akhir November 2024. Termasuk kepada UMKM Wingko ‘Bambang Indrajaya’.

    Pada kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan bahwa pencapaian KUR tersebut merupakan bagian dari upaya BRI untuk memperluas akses permodalan bagi pelaku UMKM. Terutama di sektor-sektor produktif seperti pertanian, perdagangan, dan perikanan.

    “Melalui KUR, kami tidak hanya menyediakan pembiayaan, tetapi juga memberdayakan UMKM agar mampu tumbuh lebih berkelanjutan,” ujarnya.

    Pada akhirnya, perjuangan Bastian bersama usaha warisan ayahnya mencerminkan semangat besar UMKM untuk naik kelas dan membawa dampak pada masyarakat sekitar. Semangat ini yang menjadi fondasi bagi BRI untuk terus menegaskan komitmennya mendukung UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

    (ory/ory)

  • UMKM Wingko Babat Lamongan Sukses Puluhan Tahun Berkat Dukungan BRI

    UMKM Wingko Babat Lamongan Sukses Puluhan Tahun Berkat Dukungan BRI

    Lamongan: Berdiri sejak 1990, Wingko “Bambang Indrajaya” terus melestarikan kudapan khas Babat Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur, lewat cita rasa autentik selama lebih dari tiga dekade. Keberlanjutan usaha ini tidak terlepas dari dukungan permodalan dan pembinaan dari BRI yang membuat bisnis keluarga terus hidup.
     
    Usaha ini bermula dari kerja keras almarhum Bambang Indrajaya, seorang pensiunan kereta api, memanfaatkan pesangonnya untuk memulai bisnis wingko yang khas. Kini, setelah 34 tahun berjalan, tongkat estafet telah diteruskan oleh putranya, Bastian Hendri yang membawa usaha ini semakin berkembang.
     
    Jauh sebelum sampai titik ini, semula Bastian bercerita bahwa awal perannya hanya membantu pemasaran, dengan menjangkau area wisata religi di Jawa Timur, seperti makam-makam Sunan.
    “Saat Pak Bambang masih hidup, saya hanya membantu dalam bagian pemasaran. Setelah Pak Bambang meninggal pada tahun 2011, usaha ini diteruskan oleh ibu saya,” ujarnya di Jakarta.
     
    Perjalanan Wingko “Bambang Indrajaya” sendiri bukanlah tanpa tantangan. Namun, sinergi dengan pelaku industri keuangan yang tepat disertai usaha keras menjadi siasat ampuh dalam menaikkelaskan usaha daerah ini menjadi bisnis yang terkenal dan berdampak bagi sekitar.
     

    Bastian bercerita salah satu momen bersejarah yang tak terlupakan bagi usaha ini, terjadi pada tahun 2005, ketika mereka mencetak rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan membuat wingko raksasa berukuran 3,5 meter dan tebal 10 cm.
     
    Prestasi ini bukan hanya sebagai kebanggaan, tetapi juga menjadi titik balik yang membuka jalan bagi pengakuan lebih luas terhadap usaha kudapan ini. “Setelah itu, produksi kita melonjak pesat, dari hanya satu atau dua bak adonan per hari yang masing-masing seberat 5 kilogram, menjadi 30 hingga 40 bak per hari,” kenang Bastian.
     
    Namun, seperti halnya perjalanan bisnis lain, jalan menuju kesuksesan tidak selalu mulus. Rintangan dan tantangan terus menghadang, salah satunya adalah pandemi Covid-19. Bastian mengakui bahwa pandemi menjadi ujian berat bagi bisnis keluarga yang telah berjalan lama ini. “Pandemi adalah titik berat, tapi juga kesempatan untuk berinovasi,” katanya.
     
    Meskipun pandemi memberikan tantangan besar, Bastian nyatanya cukup beruntung, ini karena berbekal rekam jejak yang baik, membuat dia mendapat dukungan cukup dalam menopang kelangsungan usahanya.
     

    Direktur Bisnis Mikro BRI Supari (Foto:Dok.BRI)
     
    Diketahui, sejak 2018, dirinya telah menjadi nasabah BRI dan memperoleh fasilitas pinjaman melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). “Peran BRI bagi saya adalah dapat modal tambahan, apalagi buat bahan-bahan kan kurang, karena harga pasaran kan gak rata. Makanya saya butuh BRI,” ucap Bastian.
     
    Lebih lanjut, dengan bantuan tersebut, Bastian pun dapat melakukan berbagai inovasi untuk bisa terus mempertahankan bisnis dan menyesuaikan usaha dengan kondisi yang berubah. Selain itu, upaya kerasnya pun memberikan dampak ekonomi positif bagi masyarakat sekitar, tercermin dari lapangan kerja yang tersedia, di mana dia mampu mempekerjakan 10 karyawan, bahkan tujuh di antaranya adalah perempuan.
     

    Dia pun mengakui, bantuan BRI tak hanya datang dalam hal pembiayaan. Seiring dengan pulihnya situasi pasca Covid-19, BRI terus mendukung usahanya. Komitmen BRI ini terlihat dari cara perseroan yang tak segan memberikan program pendampingan hingga memungkinkan usaha yang dimilikinya tampil di Bazaar UMKM BRILian agar dapat dikenal oleh pasar yang lebih luas. Sebagaimana diketahui, BRI mencatat penyaluran KUR selama tahun 2024 mencapai Rp175,66 triliun kepada 3,7 juta debitur UMKM hingga akhir November 2024.
     
    Pada kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan bahwa pencapaian tersebut merupakan bagian dari upaya BRI untuk memperluas akses permodalan bagi pelaku UMKM, terutama di sektor-sektor produktif seperti pertanian, perdagangan, dan perikanan.
     
    “Melalui KUR, kami tidak hanya menyediakan pembiayaan, tetapi juga memberdayakan UMKM agar mampu tumbuh lebih berkelanjutan,” kata Supari.
     
    Pada akhirnya, perjuangan Bastian bersama usaha Wingko-nya mencerminkan semangat besar UMKM dalam upaya naik kelas dan membawa dampak pada masyarakat sekitar. Semangat inilah yang menjadi fondasi bagi BRI untuk terus menegaskan komitmennya mendukung UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Berkat Pendampingan BRI, UMKM Wingko Babat Lamongan Sukses Puluhan Tahun sebagai Usaha Turun-temurun – Page 3

    Berkat Pendampingan BRI, UMKM Wingko Babat Lamongan Sukses Puluhan Tahun sebagai Usaha Turun-temurun – Page 3

    Bastian mengaku bahwa salah satu momen tak terlupakan dan bersejarah bagi usaha ini adalah ketika mereka berhasil mencetak rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) pada 2005. Prestasi yang satu ini berhasil diraih dengan membuat wingko raksasa berukuran 3,5 meter dan tebal 10 cm.

    Nyatanya, rekor tersebut bukan hanya sebuah kebanggaan. Hal ini juga menjadi titik balik yang membuka jalan bagi pengakuan luas terhadap usaha kudapan tersebut.  “Setelah itu, produksi kita melonjak pesat, dari hanya satu atau dua bak adonan per hari yang masing-masing seberat 5 kilogram, menjadi 30 hingga 40 bak per hari,” kenang Bastian.

    Tantangan COVID-19

    Namun, bisnis Wingko ‘Bambang Indrajaya’ tak selamanya berjalan mulus. Tantangan dan rintangan lain pun muncul, salah satunya saat terjadi pandemi Covid-19. Menurut Bastian, pandemi adalah ujian berat yang dialami oleh bisnis keluarga yang sudah berjalan lama tersebut.

    “Pandemi adalah titik berat, tapi juga kesempatan untuk berinovasi,” katanya.

    Meskipun pandemi memberikan tantangan besar, Bastian nyatanya cukup beruntung, ini karena berbekal rekam jejak yang baik, membuat dia mendapat dukungan cukup dalam menopang kelangsungan usahanya.

    Fasilitas KUR dari BRI

    Sejak 2018, ia telah menjadi nasabah BRI dan mendapatkan fasilitas pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR). “Peran BRI bagi saya adalah dapat modal tambahan, apalagi buat bahan-bahan kan kurang, karena harga pasaran kan gak rata. Makanya saya butuh BRI,” ucapnya.

    Dengan bantuan tersebut, Bastian pun bisa melakukan beragam inovasi untuk bisa mempertahankan bisnis dan menyesuaikan usaha dengan kondisi yang berubah. Upaya kerasnya juga memberikan dampak ekonomi positif bagi masyarakat sekitar, salah satunya bisa dilihat dari lapangan kerja yang tersedia. Bastian mampu mempekerjakan 10 karyawan, di mana 7 di antaranya adalah perempuan.

    Dia pun mengakui, bantuan BRI tak hanya datang dalam hal pembiayaan. Seiring dengan pulihnya situasi pasca Covid-19, BRI terus mendukung usahanya. Komitmen BRI ini terlihat dari cara perseroan yang tak segan memberikan program pendampingan hingga memungkinkan usaha yang dimilikinya tampil di Bazaar UMKM BRILian agar dapat dikenal oleh pasar yang lebih luas. Sebagaimana diketahui, BRI mencatat penyaluran KUR selama tahun 2024 mencapai Rp175,66 triliun kepada 3,7 juta debitur UMKM hingga akhir November 2024.

    Pada kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan bahwa pencapaian tersebut merupakan bagian dari upaya BRI untuk memperluas akses permodalan bagi pelaku UMKM, terutama di sektor-sektor produktif seperti pertanian, perdagangan, dan perikanan. “Melalui KUR, kami tidak hanya menyediakan pembiayaan, tetapi juga memberdayakan UMKM agar mampu tumbuh lebih berkelanjutan,” ujarnya.

    Pada akhirnya, perjuangan Bastian bersama usaha Wingko-nya mencerminkan semangat besar UMKM dalam upaya naik kelas dan membawa dampak pada masyarakat sekitar. Semangat inilah yang menjadi fondasi bagi BRI untuk terus menegaskan komitmennya mendukung UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

  • Keberlanjutan Usaha hingga 3 Dekade berkat Pembinaan BRI, Begini Kisah Sukses UMKM Wingko Babat Lamongan – Page 3

    Keberlanjutan Usaha hingga 3 Dekade berkat Pembinaan BRI, Begini Kisah Sukses UMKM Wingko Babat Lamongan – Page 3

    Bastian sendiri pertama kali berkecimpung dalam usaha ini memiliki tugas untuk membantu pemasaran. Cara yang ia lakukan adalah menjangkau area wisata religi di Jawa Timur seperti makam-makam Sunan.

    “Saat Pak Bambang masih hidup, saya hanya membantu dalam bagian pemasaran. Setelah Pak Bambang meninggal pada tahun 2011, usaha ini diteruskan oleh ibu saya,” ujarnya di Jakarta.

    Perjalanan Wingko “Bambang Indrajaya” sendiri bukanlah tanpa tantangan. Namun, sinergi dengan pelaku industri keuangan yang tepat disertai usaha keras menjadi siasat ampuh dalam menaikkelaskan usaha daerah ini menjadi bisnis yang terkenal dan berdampak bagi sekitar.

    Berhasil Cetak Rekor MURI

    Salah satu momen bersejarah yang tak terlupakan bagi usaha ini menurut Bastian adalah ketika berhasil mencetak rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) di tahun 2005. Prestasi ini diraih dengan membuat wingko raksasa berukuran 3,5 meter dan tebal 10 cm.

    Tak hanya menjadi sebuah kebanggaan, namun juga titik balik yang membuka jalan bagi pengakuan luas terhadap usaha kudapan tersebut. “Setelah itu, produksi kita melonjak pesat, dari hanya satu atau dua bak adonan per hari yang masing-masing seberat 5 kilogram, menjadi 30 hingga 40 bak per hari,” kenang Bastian.

    Tantangan COVID-19

    Sama seperti bisnis lain, perjalanan yang dilalui Wingko ‘Bambang Indrajaya’ juga tak selamanya berjalan mulus. Rintangan dan tantangan satu per satu datang, salah satunya ketika terjadi pandemi Covid-19. Menurut Bastian, pandemi adalah ujian berat yang dialami oleh bisnis keluarga yang sudah berjalan lama tersebut.

    “Pandemi adalah titik berat, tapi juga kesempatan untuk berinovasi,” katanya.

    Meskipun pandemi memberikan tantangan besar, Bastian nyatanya cukup beruntung, ini karena berbekal rekam jejak yang baik, membuat dia mendapat dukungan cukup dalam menopang kelangsungan usahanya.

  • Liburan Lebih Tenang dengan Fitur Pembelian Asuransi di BRImo

    Liburan Lebih Tenang dengan Fitur Pembelian Asuransi di BRImo

    Jakarta, CNN Indonesia

    Selama masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), mobilitas masyarakat biasanya meningkat untuk berbagai kegiatan seperti perjalanan, kunjungan keluarga, hingga wisata. Dalam rangka memberikan perlindungan optimal, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menawarkan solusi praktis pembelian asuransi secara digital melalui aplikasi super apps BRImo.

    Langkah inovatif ini tidak hanya memberikan kemudahan, tetapi juga memastikan masyarakat dapat menikmati liburan dengan tenang.

    Direktur Retail Funding and Distribution BRI, Andrijanto, menjelaskan fitur ini memungkinkan nasabah memilih dan membeli produk asuransi langsung melalui aplikasi dengan hitungan menit tanpa perlu mengunjungi kantor cabang.

    “BRI memahami pentingnya perlindungan selama masa liburan yang penuh aktivitas. Melalui BRImo, kami mempermudah masyarakat untuk mendapatkan akses asuransi secara cepat, aman, dan efisien,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (26/12).

    BRI menyediakan dua produk asuransi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Pertama, Acci Care yang dirancang sebagai asuransi kecelakaan yang memberikan perlindungan dari risiko tak terduga, sehingga nasabah dapat menjalani aktivitas dengan lebih tenang.

    Produk kedua adalah Life Care, asuransi jiwa yang membantu nasabah merencanakan masa depan. Kedua produk ini hadir untuk memastikan kebutuhan perlindungan nasabah terpenuhi secara menyeluruh, memberikan ketenangan dan rasa aman dalam setiap langkah kehidupan.

    Andrijanto menambahkan, pengguna BRImo dapat memanfaatkan fitur pembelian produk asuransi semudah transaksi fitur fitur lain.

    “Melalui lebih dari 120 fitur, nasabah tidak hanya mendapatkan kenyamanan bertransaksi tetapi juga perlindungan finansial yang mudah dijangkau kapan saja melalui BRImo,” imbuh dia.

    Proses pembelian asuransi di BRImo sangat sederhana, hanya melalui beberapa langkah berikut:

    Buka BRImo dan pilih menu “Asuransi”.Klik “Beli Asuransi” dan pilih produk yang sesuai, seperti Acci Care atau Life Care.Pelajari spesifikasi produk untuk memahami manfaatnya, lalu tentukan jumlah uang pertanggungan dan masa perlindungan.Isi data kepesertaan dengan lengkap dan benar.Lakukan pembayaran premi langsung melalui BRImo.

    Setelah pembayaran selesai, polis asuransi akan dikirimkan melalui email terdaftar, dan perlindungan aktif mulai keesokan harinya. Dengan kemudahan ini, nasabah dapat langsung merasa aman dan terlindungi selama periode liburan.

    Keberadaan fitur ini diharapkan dapat memberikan rasa tenang dan aman bagi masyarakat yang menjalani berbagai aktivitas selama masa liburan Nataru. Inisiatif ini mencerminkan komitmen BRI dalam menghadirkan layanan digital yang relevan dan bermanfaat untuk mendukung kebutuhan perlindungan yang praktis dan terpercaya.

    (rir/rir)

  • BRI Permudah Pembelian Asuransi Lewat Super Apps BRImo

    BRI Permudah Pembelian Asuransi Lewat Super Apps BRImo

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memudahkan masyarakat untuk memiliki asuransi secara cepat melalui aplikasi super apps BRImo. Langkah ini bertujuan memberi perlindungan optimal di tengah mobilitas dan potensi munculnya risiko selama periode liburan.

    Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto menjelaskan bahwa fitur ini memungkinkan nasabah memilih dan membeli produk asuransi langsung melalui aplikasi dengan hitungan menit tanpa perlu mengunjungi kantor cabang.

    “BRI memahami pentingnya perlindungan selama masa liburan yang penuh aktivitas. Melalui BRImo, kami mempermudah masyarakat untuk mendapatkan akses asuransi secara cepat, aman, dan efisien,” ujarnya dikutip Kamis (26/12/2024).

    Adapun tersedia dua pilihan produk asuransi yang dapat diakses melalui BRImo. Pertama, Acci Care yakni asuransi kecelakaan yang memberikan perlindungan dari risiko tak terduga, sehingga nasabah dapat menjalani aktivitas dengan lebih tenang.

    Selain itu, ada Life Care yakni asuransi jiwa yang membantu nasabah merencanakan masa depan. Kedua produk ini hadir untuk memastikan kebutuhan perlindungan nasabah terpenuhi secara menyeluruh, memberikan ketenangan dan rasa aman dalam setiap langkah kehidupan.

    Menurut Andrijanto, pengguna BRImo dapat memanfaatkan fitur pembelian produk asuransi semudah transaksi fitur lain.

    “Melalui lebih dari 120 fitur, nasabah tidak hanya mendapatkan kenyamanan bertransaksi tetapi juga perlindungan finansial yang mudah dijangkau kapan saja melalui BRImo,” imbuhnya.

    Berikut Langkah Membeli Asuransi Melalui Brimo

    -Buka super apps BRImo dan pilih fitur “Asuransi”

    -Klik “Beli Asuransi”, kemudian pilih produk yang diinginkan, seperti Acci Care atau Life Care

    -Baca spesifikasi produk untuk memahami manfaatnya

    -Pilih jumlah uang pertanggungan dan masa asuransi sesuai kebutuhan

    -Isi data kepesertaan asuransi dengan lengkap dan benar

    -Lakukan pembayaran premi langsung melalui BRImo

    “Setelah pembayaran berhasil, polis asuransi akan dikirimkan melalui email yang terdaftar dan perlindungan asuransi akan aktif pada keesokan harinya,” terang Andrijanto.

    (dpu/dpu)

  • BRINS Imbau Warga Waspadai Risiko di Libur Natal dan Tahun Baru

    BRINS Imbau Warga Waspadai Risiko di Libur Natal dan Tahun Baru

    Jakarta: Masyarakat diimbau mewaspadai potensi risiko yang muncul saat liburan Natal dan tahun baru. Sebab, liburan akhir tahun di Indonesia berbarengan dengan musim hujan yang diperkirakan berlangsung hingga Februari 2025.

    Corporate Secretary Division BRI Asuransi Indonesia (BRINS) Fenti Octaviani mengatakan, kondisi itu berpotensi menimbulkan berbagai risiko, seperti banjir, pohon tumbang, jalanan licin, hingga potensi kecelakaan lalu lintas.

    “Antisipasi kerugian finansial akibat kejadian tak terduga. Salah satu langkah pencegahan itu memiliki perlindungan asuransi yang sesuai kebutuhan. Ini penting untuk memulihkan kondisi finansial dari risiko kerugian sebelum terjadi musibah,” kata Fenti.

    Fenti mengungkapokan, minimal perlu tiga produk asuransi yang perlu dimiliki masyarakat di musim penghujan. Pertama, asuransi kendaraan bermotor. Masyarakat perlu melindungi kendaraan dari kerusakan akibat banjir, pohon tumbang, atau kecelakaan.

    Kedua, asuransi rumah tinggal. Asuransi itu membantu pemegang polis mengantisipasi kerusakan rumah akibat banjir, badai, dan bencana lainnya. Selain itu, asuransi ini juga melindungi dari risiko pencurian dan kebakaran.

    Ketiga, asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan terhadap risiko cedera, cacat, hingga kematian akibat kecelakaan yang mungkin meningkat selama musim hujan.

    Fenti menambahkan masyarakat bisa membeli asuransi kerugian dengan beragam jenis produk perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan dengan premi yang terjangkau.

    “Kalau di kami, di BRI Insurance, produk asuransi BRINS OTO untuk kendaraan, BRINS ASRI untuk rumah, BRINS DIRI untuk kecelakaan diri. Ini bisa dijangkau mulai dari Rp5 ribu hingga ratusan ribu,” ujarnya.

    Akses layanan asuransi juga bisa dilakukan secara digital. Di BRI Insurance, misalnya, layanan asuransi dapat diakses lewat BRINS Mobile. Layanan yang tersedia juga termasuk pengajuan klaim.

    Jakarta: Masyarakat diimbau mewaspadai potensi risiko yang muncul saat liburan Natal dan tahun baru. Sebab, liburan akhir tahun di Indonesia berbarengan dengan musim hujan yang diperkirakan berlangsung hingga Februari 2025.
     
    Corporate Secretary Division BRI Asuransi Indonesia (BRINS) Fenti Octaviani mengatakan, kondisi itu berpotensi menimbulkan berbagai risiko, seperti banjir, pohon tumbang, jalanan licin, hingga potensi kecelakaan lalu lintas.
     
    “Antisipasi kerugian finansial akibat kejadian tak terduga. Salah satu langkah pencegahan itu memiliki perlindungan asuransi yang sesuai kebutuhan. Ini penting untuk memulihkan kondisi finansial dari risiko kerugian sebelum terjadi musibah,” kata Fenti.
    Fenti mengungkapokan, minimal perlu tiga produk asuransi yang perlu dimiliki masyarakat di musim penghujan. Pertama, asuransi kendaraan bermotor. Masyarakat perlu melindungi kendaraan dari kerusakan akibat banjir, pohon tumbang, atau kecelakaan.
     
    Kedua, asuransi rumah tinggal. Asuransi itu membantu pemegang polis mengantisipasi kerusakan rumah akibat banjir, badai, dan bencana lainnya. Selain itu, asuransi ini juga melindungi dari risiko pencurian dan kebakaran.
     
    Ketiga, asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan terhadap risiko cedera, cacat, hingga kematian akibat kecelakaan yang mungkin meningkat selama musim hujan.
     
    Fenti menambahkan masyarakat bisa membeli asuransi kerugian dengan beragam jenis produk perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan dengan premi yang terjangkau.
     
    “Kalau di kami, di BRI Insurance, produk asuransi BRINS OTO untuk kendaraan, BRINS ASRI untuk rumah, BRINS DIRI untuk kecelakaan diri. Ini bisa dijangkau mulai dari Rp5 ribu hingga ratusan ribu,” ujarnya.
     
    Akses layanan asuransi juga bisa dilakukan secara digital. Di BRI Insurance, misalnya, layanan asuransi dapat diakses lewat BRINS Mobile. Layanan yang tersedia juga termasuk pengajuan klaim.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (FZN)

  • Kapan KUR BRI 2025 Dibuka?

    Kapan KUR BRI 2025 Dibuka?

    Jakarta: Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI 2025 diperkirakan akan dibuka pada triwulan pertama, antara Januari hingga Maret, mengikuti pola penyaluran tahun-tahun sebelumnya.
     
    Meskipun anggaran subsidi bunga KUR 2025 mengalami penurunan menjadi Rp38,28 triliun dari Rp47,78 triliun pada tahun sebelumnya, target penyaluran KUR tetap optimistis, diproyeksikan antara Rp280 triliun hingga Rp300 triliun.
     
    BRI menawarkan beberapa jenis KUR dengan plafon pinjaman berbeda, dilansir laman resmi BRi;
     
    – KUR Mikro: Pinjaman hingga Rp50 juta per debitur.
    – KUR Kecil: Pinjaman antara Rp50 juta hingga Rp500 juta.
    – KUR TKI: Pinjaman hingga Rp25 juta untuk mendukung keberangkatan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri.
     
    Semua jenis KUR ini memiliki suku bunga ringan, yaitu 6 persen per tahun.
     

    Syarat Pengajuan KUR BRI 2025:
    – Usaha telah berjalan minimal enam bulan.
    – Melengkapi dokumen seperti KTP, Nomor Induk Berusaha (NIB), dan surat keterangan usaha.
    – Mengisi data pribadi dan informasi usaha dengan lengkap saat pengajuan.
    Cara Mendaftar KUR BRI 2025:

    Kunjungi situs resmi KUR BRI di [kur.bri.co.id](https://kur.bri.co.id).
    Pilih opsi “Ajukan Pinjaman”.
    Login menggunakan alamat email dan kata sandi. Jika belum memiliki akun, pilih “Daftar” dan ikuti instruksi pendaftaran.
    Setelah akun aktif, lengkapi data diri dan informasi usaha sesuai petunjuk.
    Unggah dokumen pendukung seperti KTP, NIB, dan surat keterangan usaha.
    Tentukan jumlah pinjaman dan tenor yang diinginkan, lalu ajukan permohonan.

    Setelah pengajuan online, pihak BRI akan melakukan verifikasi dan survey lapangan. Calon debitur mungkin perlu mendatangi kantor BRI terdekat untuk proses lebih lanjut, termasuk penandatanganan dokumen.
     
    Untuk informasi resmi dan pembaruan terkini, disarankan untuk memantau situs bri.co.id secara berkala. (Suchika Julian Putri)
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)