BUMN: BRI

  • Cara Daftar Garuda Miles serta Jenis dan Tukar Poinnya

    Cara Daftar Garuda Miles serta Jenis dan Tukar Poinnya

    Garuda Miles adalah Loyalty Program dari Garuda Indonesia yang dirancang sebagai bentuk apresiasi untuk pelanggan setia Garuda Indonesia. Miles dikumpulkan setiap kali Anda terbang dengan Garuda Indonesia maupun mitra maskapai Garuda.

    Miles yang terkumpul bisa ditukar dengan Award Ticket ke tujuan favorit Anda atau Upgrade Awards untuk meningkatkan kelas penerbangan dari ekonomi ke bisnis. Kedua jenis Award itu bisa diberikan sebagai hadiah kepada keluarga atau teman.

    Sebagai anggota Garuda Miles, Anda akan menikmati berbagai keuntungan eksklusif, seperti check-in counter khusus di bandara, kuota bagasi tambahan, prioritas penanganan bagasi, prioritas dalam daftar tunggu reservasi tiket, dan akses ke lounge bandara Garuda Indonesia. Jika tertarik, berikut cara daftar Garuda Miles serta jenis keanggotaan dan cara tukar poinnya.

    Cara daftar Garuda Miles

    Untuk bergabung dengan Garuda Miles, pengguna perlu mendaftar secara online. Berikut cara daftar Garuda Miles:

    Kunjungi situs resmi Garuda Indonesia. Login atau daftarkan akun baru, lengkapi data diri yang diminta, kemudian klik Submit. Setelah pendaftaran berhasil, pengguna akan menerima nomor keanggotaan Garuda Miles yang bisa langsung digunakan untuk mengumpulkan Mileage dan menikmati fasilitas Garuda Miles Blue. Mileage akan diberikan setelah penerbangan pertama pengguna. Kartu keanggotaan Garuda Miles akan diterbitkan setelah aktivitas pertama, baik untuk penerbangan maupun non-penerbangan.

    Sebagai catatan, anggota GarudaMiles EC+ dan Platinum akan menerima kartu fisik, sedangkan anggota lainnya dapat menggunakan e-card atau kartu digital.

    Jenis-jenis keanggotaan Garuda Miles

    Program loyalty Garuda Miles menawarkan beberapa jenis keanggotaan, yaitu:

    1. Garuda Miles Blue

    Jenis ini merupakan keanggotaan reguler Garuda Miles yang memberikan keuntungan seperti bonus 1.000 Garuda Miles untuk anggota baru dan prioritas dalam daftar tunggu reservasi tiket.

    2. Garuda Miles Silver

    Keanggotaan ini diperoleh setelah mengumpulkan 10.000 tier miles atau terbang 10 sektor dalam setahun. Keuntungannya meliputi check-in khusus di Bandara Soekarno-Hatta, tambahan bagasi 5 kilogram (kg), dan prioritas dalam daftar tunggu reservasi tiket.

    3. Garuda Miles Gold

    Jenis ini diperoleh setelah mengumpulkan 30.000 tier miles atau terbang 30 sektor dalam setahun. Keanggotaan ini juga dapat diperoleh melalui kartu BNI Garuda Visa Signature.

    Beberapa keuntungan yang didapatkan antara lain:

    Konter check-in khusus di Bandara Soekarno-Hatta Konter kelas eksekutif, kecuali di Bandara Soekarno-Hatta Akses ke Airport Lounge domestik untuk satu orang 15 kg tambahan bagasi 25% tier bonus Prioritas penanganan bagasi Prioritas daftar tunggu reservasi tiket

    4. Garuda Miles Platinum

    Diperoleh setelah mengumpulkan 50.000 tier miles atau terbang 50 sektor dalam setahun. Beberapa keuntungan yang ditawarkan termasuk:

    Konter check-in khusus di Bandara Soekarno-Hatta Konter kelas eksekutif Akses ke Airport Lounge domestik dan internasional bersama satu tamu 20 kg tambahan bagasi 25% tier bonus Prioritas penanganan bagasi Prioritas daftar tunggu reservasi tiket

    5. Garuda Miles Junior

    Keanggotaan ini dikhususkan untuk anak-anak berusia 2 hingga 11 tahun. Ketika anak tersebut mencapai usia 12 tahun, keanggotaan akan secara otomatis beralih menjadi Garuda Miles Blue.

    6. Garuda Miles EC Junior  

    Keanggotaan ini dapat dibeli dengan biaya Rp4,5 juta dan biaya perpanjangan tahunan sebesar Rp3,5 juta. Anggota Garuda Miles EC+ akan mendapatkan asuransi perlindungan hingga Rp600 ribu untuk kasus keterlambatan penerbangan, penolakan boarding, dan bagasi terlambat, serta perlindungan hingga Rp1,5 juta untuk bagasi hilang.

    7. Garuda Miles Co-Brand

    Kartu Garuda Miles Co-Brand menawarkan berbagai keuntungan eksklusif dan tersedia melalui beberapa bank, termasuk: Kartu Kredit Garuda BNI, Garuda Indonesia Citi Card, Kartu Debit BNI Garuda, Kartu Debit Mandiri Garuda, Kartu Debit BRI Garuda, dan Kartu Debit BTN Garuda.

    Cara dapatkan poin Garuda Miles

     Poin Garuda Miles bisa didapatkan melalui beberapa cara, yaitu:

    Tiket pesawat Menginap di hotel Menyewa mobil Belanja Perbankan atau keuangan Membeli GarudaMiles

    Garuda Miles juga bisa dibeli melalui situs resmi Garuda Indonesia. Untuk harga, 1 mile GarudaMiles dihargai Rp333, atau Rp333.000 untuk kelipatan 1.000 miles.

    Cara tukarkan mileage dengan Award Ticket

    Berikut cara untuk memeriksa mileage dan melakukan reservasi penerbangan menggunakan Award Ticket:

    Cek mileage Anda dan lakukan reservasi penerbangan dengan menghubungi Call Center Garuda Indonesia di (021) 2351 9999 atau 0804 1807 807. Lengkapi formulir Award Ticket yang tersedia di seluruh Kantor Penjualan Garuda Indonesia, atau unduh dari situs web Garuda Miles di www.garuda-indonesia.com/garudamiles. Kunjungi Kantor Penjualan Garuda Indonesia terdekat untuk menyelesaikan proses penukaran dan prosedur ticketing. Proses penukaran Award Ticket untuk semua maskapai mitra Garuda Indonesia hanya dapat dilakukan di Kantor Penjualan Garuda Indonesia. Upgrade Award tidak berlaku untuk penerbangan maskapai mitra SkyTeam.

    Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Call Center Garuda Indonesia di 0804 1807 807 atau (021) 2351 9999, yang melayani 24 jam setiap hari.

    Demikianlah cara daftar Garuda Miles serta jenis-jenis keanggotaan dan tukar poinnnya. Semoga bermanfaat.

  • Cara Ajukan KUR BRI Tebaru 2025, Ini Tabel Pinjaman Khusus UMKM

    Cara Ajukan KUR BRI Tebaru 2025, Ini Tabel Pinjaman Khusus UMKM

    JABAR EKSPRES – Cara ajukan KUR BRI terbaru tahun 2025, lengkap dengan table pinjaman khusus pelaku UMKM.

    Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI menjadi solusi andalan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

    Dengan bunga rendah dan syarat mudah, program ini terus menjadi pilihan utama untuk mendukung pengembangan bisnis.

    Jika Anda berencana mengajukan KUR BRI 2025, simak cara lengkapnya berikut ini, termasuk tabel pinjaman terbaru khusus UMKM.

    BACA JUGA: Cairkan Saldo Dana Rp400 Ribu Pakai NIK KTP Gratis, Begini Alur dan Caranya!

    BACA JUGA: Cara Dapat Saldo E-wallet Rp100.000 Cuma Instal Game Penghasil Uang ini

    KUR BRI adalah program pinjaman yang disediakan oleh Bank Rakyat Indonesia untuk membantu pembiayaan UMKM.

    Dengan bunga subsidi pemerintah, KUR BRI hanya 6% per tahun. Untuk pinjaman hingga Rp100 juta tanpa agunan tambahan.

    Kredit Usaha Rakyat ini sangat cocok untuk kebutuhan modal usaha mendesak bagi pelaku UMKM.

    Jenis-Jenis KUR BRI 2025

    BRI menawarkan beberapa jenis KUR yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan UMKM:

    1. KUR Mikro: Plafon hingga Rp50 juta, tanpa agunan tambahan.

    2. KUR Kecil: Plafon Rp50 juta hingga Rp500 juta, dengan jangka waktu hingga 5 tahun.

    3. KUR TKI: Khusus untuk pembiayaan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri, plafon hingga Rp25 juta.

    Syarat Pengajuan KUR BRI 2025

    Sebelum mengajukan, pastikan Anda memenuhi syarat berikut:

    1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), dibuktikan dengan KTP dan KK.

    2. Memiliki usaha aktif yang berjalan minimal 6 bulan.

    3. Belum menerima kredit komersial lain, kecuali kredit konsumtif seperti KPR atau KKB.

    4. Menyerahkan dokumen pendukung, seperti surat keterangan usaha dari kelurahan/desa, dan ekening tabungan dengan aktivitas usaha selama 6 bulan terakhir.

    BACA JUGA: Unduh Aplikasi Penghasil Uang Harian untung Rp90.000 Cair ke Akun e-Wallet

    Cara Ajukan KUR BRI 2025

    Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengajukan KUR BRI:

    1. Persiapkan Dokumen Lengkap

    Pastikan dokumen seperti KTP, KK, dan surat keterangan usaha sudah siap.

    2. Kunjungi Kantor Cabang BRI Terdekat

    Bawa dokumen persyaratan ke kantor BRI terdekat. Anda juga bisa mendaftar melalui aplikasi BRImo untuk proses yang lebih cepat.

  • Mudah dan Praktis! Simak Cara Bayar Tagihan Pegadaian Secara Online

    Mudah dan Praktis! Simak Cara Bayar Tagihan Pegadaian Secara Online

    Jakarta: Pegadaian, lembaga keuangan yang dikenal dengan layanan gadai, semakin memudahkan para nasabahnya dalam bertransaksi.
     
    Kini, Sobat Medcom tak perlu lagi repot-repot datang ke kantor cabang Pegadaian untuk melakukan pembayaran tagihan gadai. Semua dapat dilakukan dengan mudah dan praktis melalui aplikasi dan mobile banking.
     

    Cara membayar tagihan Pegadaian
    Melansir dari laman resmi Pegadaian berikut beberapa cara mudah untuk membayar tagihan Pegadaian secara online:

    1. Bayar gadai melalui Aplikasi Pegadaian Digital

    Aplikasi Pegadaian Digital menawarkan cara yang praktis untuk membayar tagihan gadai. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi melalui Play Store atau App Store dan melakukan registrasi akun. Setelah itu, Anda dapat melakukan transaksi pembayaran gadai di menu “Pembayaran & Top Up” dan klik “Bayar Gadai.”
     
    Pilih jenis pembayaran gadai yang ingin dilakukan, lalu masukkan nomor kredit yang tertera pada Surat Bukti Gadai (SBG). Pembayaran dapat dilakukan melalui bank transfer.
     

    2. Bayar gadai dengan Mobile Banking

    Selain melalui aplikasi Pegadaian Digital, Anda juga dapat melakukan transaksi pembayaran gadai dengan mobile banking. Saat ini, transaksi ini baru bisa dilakukan melalui Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA. Berikut langkah-langkahnya:
    • Mobile Banking Mandiri: Buka aplikasi Mandiri Online, pilih menu “Bayar” dan “Buat Pembayaran Baru.” Klik “Multipayment,” pilih penyedia jasa “Pegadaian,” dan pilih jenis transaksi Pegadaian yang ingin dilakukan (misalnya Pegadaian KCA Cicil, Pegadaian KCA Perpanjangan, dan Pegadaian KCA Tebus).
     
    Masukkan nomor kredit yang tertera pada Surat Bukti Gadai (SBG) dan lakukan pembayaran sesuai nominalnya.
     
    • Mobile Banking BNI: Buka aplikasi Mobile Banking BNI, pilih menu “Pembayaran,” klik “Pegadaian,” dan tentukan transaksi yang ingin dilakukan. Masukkan nomor kredit yang ada pada Surat Bukti Gadai (SBG) dan bayarkan sesuai nominalnya.
     
    • Mobile Banking BRI: Buka aplikasi Mobile Banking BRI, pilih menu “Pembayaran,” klik “Pegadaian,” dan masukkan kode transaksi untuk melakukan pembayaran gadai sesuai yang diperlukan diikuti dengan nomor kredit yang tertera di Surat Bukti Gadai (SBG).
     
    • Perpanjang gadai: 30151 + nomor kredit
     
    • Cicil gadai: 30152 + nomor kredit
     
    • Tebus gadai: 30153 + nomor kredit
     
    Lakukan pembayaran sesuai nominal tagihan.
     
    • Mobile Banking BCA: Buka aplikasi Mobile Banking BCA, pilih menu “m-Transfer,” klik “BCA Virtual Account,” dan masukkan kode transaksi diikuti nomor kredit yang ada di Surat Bukti Gadai (SBG) sebagai berikut:
     
    • Perpanjang Gadai: 22555 + nomor kredit
     
    • Tebus Gadai: 22111 + nomor kredit
     
    Lakukan pembayaran sesuai nominal tagihan.
     
    Dengan berbagai kemudahan dalam melakukan pembayaran tagihan gadai secara online, Pegadaian semakin menunjukkan komitmennya untuk memberikan layanan yang praktis dan mudah diakses oleh seluruh nasabah.  
     
    Jika Sobat  membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi call center Pegadaian di 1500 569 atau follow Instagram @sahabatpegadaian. (Laura Oktaviani Sibarani)
     
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Antusiasme IPO di tengah “wait and see” pasar 2024

    Antusiasme IPO di tengah “wait and see” pasar 2024

    Jakarta (ANTARA) – Pasar modal Indonesia menawarkan wadah bagi perusahaan swasta ataupun badan usaha milik negara (BUMN) untuk mendapatkan dana segar melalui proses pencatatan saham perdana atau initial public offering (IPO).

    Saat IPO, perusahaan akan melepas sebagian sahamnya ke investor, baik institusi ataupun individu, dengan harga yang telah ditentukan dalam proses book building atau penawaran awal, sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 41 Tahun 2020.

    Setelah itu, perusahaan bersama Penjamin Pelaksana Emisi Efek akan menetapkan harga saham yang akan dipatok saat aksi IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI).

    Melalui pasar modal, Direktur Investment Banking Capital Market BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) Kevin Praharyawan mengatakan perusahaan akan memperoleh dana untuk ekspansi atau pengembangan usaha, meningkatkan profil perusahaan di mata publik, membuka peluang kerja sama strategis, serta memperluas jaringan investor.

    Selain itu, perusahaan tercatat juga memiliki akses lebih luas terhadap berbagai instrumen keuangan, serta dapat memanfaatkan berbagai kesempatan untuk tumbuh dan berkembang, yang sebelumnya sulit dijangkau melalui pembiayaan konvensional.

    Sepanjang tahun 2024, pasar IPO global melambat di tengah sikap tunggu dan lihat atau wait and see pelaku pasar seiring ramainya berbagai sentimen, di antaranya arah kebijakan bank sentral, konflik geopolitik, serta penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat (AS).

    Seiring dengan itu, jumlah IPO di Indonesia juga melambat sepanjang tahun 2024 seiring pasar bersikap wait and see terhadap kebijakan pemerintahan baru Presiden Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka dan arah kebijakan Bank Indonesia (BI).

    Sebagaimana diketahui, di Amerika Serikat (AS), telah diselenggarakan pesta demokrasi berupa Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 5 November 2024 dan di Indonesia diselenggarakan Pilpres pada 14 Februari 2024 dilanjutkan pelantikan presiden baru pada 20 November 2024.

    Editor: Achmad Zaenal M
    Copyright © ANTARA 2024

  • Daftar Efek Transaksi Margin dan Short Sell Januari 2025

    Daftar Efek Transaksi Margin dan Short Sell Januari 2025

    Menurut pengumuman dari P.H. Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan BEI, Yayuk Sri Wahyuni, dan Kepala Divisi Riset BEI, Verdi Ikhwan, BEI ada kedatangan baru, yakni PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (BIKE) dan PT Pelayaran Kurnia Lautan Semesta Tbk (KLAS) pada lis efek margin.

    Sementara itu, pada lis efek short selling, nama barunya adalah PT Alamtri Resources Indonesia Tbk (ADRO).

    Hal itu sejalan dengan keluarnya beberapa efek, baik dari daftar efek margin maupun daftar efek short sell, yang meliputi:

    1. Efek yang keluar dari daftar efek margin:

    PT Goodyear Indonesia Tbk (GDYR). PT Ecocare Indo Pasifik Tbk (HYGN). Reksa dana Indeks Premier ETF ISDDX High Dividend 20 (XIHD).

    2. Efek yang keluar dari daftar efek short sell:

    PT Summarecon Agung Tbk (SMRA).

    Total daftar efek yang dapat ditransaksikan secara margin dan short sell

    Dikutip dari pengumuman BEI, Jumat (27/12), secara total, ada 218 efek yang dapat ditransaksikan secara margin. Contohnya: PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Blue Bird Tbk (BIRD), PT Cisarua Mountain Diary Tbk (CMRY), PT Ciputra Development Tbk (CTRA), PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA), dan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP).

    Sementara itu, daftar efek yang ditransaksikan secara short selling berjumlah 10, yang meliputi:

    PT Alamtri Resources Indonesia Tbk (ADRO). PT Astra International Tbk (ASII). PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI). PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI). PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI). PT Barito Pacific Tbk (BRPT). PT Bukalapak.com Tbk (BUKA). PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA). PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM).

  • Upaya Berkelanjutan BRI Mendukung Kelompok Usaha Tanah Miring di Merauke Lewat Pemasar Mikro – Page 3

    Upaya Berkelanjutan BRI Mendukung Kelompok Usaha Tanah Miring di Merauke Lewat Pemasar Mikro – Page 3

    Sebagai Mantri, Agustina memiliki harapan besar untuk nasabah binaannya. Ia ingin melihat mereka berkembang dan mampu meningkatkan taraf hidup melalui usaha yang mereka jalankan. Agustina juga berharap BRI terus memberikan dukungan melalui program-program inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

    “Peran saya sebagai Mantri sangat berpengaruh di kampung ini, selain memberikan pinjaman, saya juga membantu mereka dengan menjemput tabungan atau memberikan solusi atas masalah ekonomi yang dihadapi,” ujarnya.

    Dengan semangat tersebut, Agustina bertekad terus menjadi jembatan antara BRI dan masyarakat kecil, membantu mereka meraih mimpi dan mencapai kemandirian ekonomi.

    Agustina memulai perjalanan hidup di tanah kelahirannya, Merauke. Lahir dan besar di Papua Selatan, ia menghabiskan masa kecil dan remajanya di kota kecil tersebut. Sebelum bergabung dengan BRI, Agustina bekerja di Satuan Polisi Pamong Praja selama enam tahun. Pada tahun 2010, Agustina resmi bergabung dengan BRI sebagai teller. Namun, karirnya terus berlanjut hingga menjadi Mantri.

    Sebagai Mantri BRI yang ditempatkan di Unit Tanah Miring, ia pun harus menghadapi berbagai tantangan. Letak geografis unitnya yang berada di pinggiran kota, dengan jarak sekitar 30-45 menit dari pusat Merauke, sering kali menjadi kendala.

    Selain itu, infrastruktur jalan yang sebagian besar masih berupa tanah membuat perjalanan menjadi sulit, terutama saat hujan. Namun, tantangan ini tidak menyurutkan semangatnya.

    “Suka dukanya pasti ada, terutama saat mencari debitur untuk menjadi nasabah. Kadang ada penolakan, tetapi setelah dua atau tiga kali kunjungan, mereka akhirnya mau menabung. Itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya,” ungkap Agustina.

    Kisah Agustina sebagai mantri BRI pun menunjukkan bagaimana terdapat cerita perjuangan yang menginspirasi. Ya, dengan dedikasi, kerja keras, dan semangat untuk melayani, Agustina telah membuktikan bahwa peran seorang mantri bukan sekadar pekerjaan, tetapi sebuah panggilan untuk membawa perubahan positif bagi masyarakat disekitarnya.

     

    (*)

  • Cerita Mantri BRI Agustina Etwiory Dedikasikan Hidupnya untuk Majukan Ekonomi Desa di Merauke – Page 3

    Cerita Mantri BRI Agustina Etwiory Dedikasikan Hidupnya untuk Majukan Ekonomi Desa di Merauke – Page 3

    Sebagai Mantri, tugas utamanya adalah mencari nasabah, baik untuk simpanan maupun pinjaman. Selain itu, ia juga bertugas memperkenalkan berbagai produk BRI seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan layanan laku panadai Agen BRILink kepada masyarakat.

    Tidak hanya menyalurkan pinjaman, di bawah bimbingannya, beberapa kampung di wilayah binaannya, seperti Kampung Isenombias, telah menjadi kampung binaan BRI. Ia juga aktif mendampingi dan memberdayakan kelompok usaha seperti CV Barokah Sayur, sebuah klaster usaha pertanian hortikultura di kampung tersebut.

    Pendampingan pun diberikan BRI untuk CV Barokah Sayur dalam bentuk literasi keuangan, penyuluhan pertanian, hingga pemberian alat-alat mesin pertanian.

    “Mereka sangat antusias dan merasa senang dengan bantuan yang diberikan. Bahkan, mereka ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa mereka bisa menghasilkan produk yang lebih baik,” ujar Agustina.

    Dalam menjalankan tugasnya saat mendampingi nasabah, ia beberapa kali menemui nasabah yang kesulitan membayar pinjaman. Namun, dengan pendekatan personal dan edukasi keuangan, ia membantu nasabah menjaga nama baik mereka di dunia perbankan.

    “Banyak nasabah yang awalnya enggan menabung atau meminjam, tapi setelah diberikan pemahaman, mereka mulai percaya dan merasa nyaman bekerja sama dengan BRI,” kata Agustina.

  • Gilbert Agius Rasakan Natal Berbeda Tahun Ini  

    Gilbert Agius Rasakan Natal Berbeda Tahun Ini  

    TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG — Padatnya jadwal kompetisi BRI Liga 1 2024/2025 di bulan Desember membuat pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius dan beberapa pemain asing tim Mahesa Jenar tak bisa kembali ke negaranya berkumpul dan merayakan natal bersama keluarga.

    Gilbert Agius mengaku beruntung sebab meski tidak dapat merayakan natal di Malta bersama dengan keluarga, di Semarang ia bisa merayakan natal dengan mantan pemain PSIS Julio Alcorse dan keluarganya.

    Kebetulan, Julio Alcorse dan Gilbert Agius bisa berbahasa Italia.

    Diakui Gilbert, natal kali ini cukup berbeda sebab baru pertama kali ia merasakan natal tanpa berkumpul dengan keluarganya. Alhasil, ia hanya bisa mengucapkan selamat natal via telepon.

    “Buat saya natal kali ini sulit dan berbeda. Pertama kali dalam hidup saya tidak merayakannya dengan keluarga. Tapi untungnya di Semarang saya punya keluarga lain yaitu Julio Alcorse dan istrinya. Saya turut merayakan natal dengan mereka,” ungkap Gilbert saat ditemui di Lapangan Wisesa Mranggen Demak, Jumat (27/12/2024).

    “Dengan keluarga saya di Malta hanya bisa video call,” imbuhnya.

    Untuk libur natal, tim PSIS hanya libur selama dua hari yaitu pada tanggal 24 dan 25, kemudian para pemain kembali berlatih untuk persiapan laga berikutnya menghadapi Barito Putera, 29 Desember mendatang.

    Ditambahkan Gilbert, perbedaan natal di Indonesia dan Malta cukup terasa sebab jika di Malta mayoritas penduduknya beragama Katolik. Sehingga hampir semua orang merayakan natal.

    “Sangat berbeda natal di Malta dan di Indonesia. Di negara saya, atmosfer natalnya lebih terasa karena di sana mayoritas katolik. Semua orang merayakan natal. Tapi di sini saya juga ke gereja, saya mendapatkan teman di gereja. Setiap minggu saya ke gereja. Saya menjalankan kewajiban agama saya. Tidak ada kendala tentang agama saya di sini,” katanya.

    Untuk natal kali ini, Gilbert berharap lebih banyak kedamaian di dunia di tengah berbagai keberagaman.

    Sementara itu, pemain PSIS Evandro Brandao juga mengaku merasakan hal yang berbeda dalam natal kali ini sebab tidak bisa merayakan natal bersama keluarga.

    “Menjadi hal yang berbeda karena jauh dari keluarga,” tandas Evandro.

     

  • Upaya Tak Kenal Lelah BRI Berdayakan Kelompok Usaha Tanah Miring Merauke

    Upaya Tak Kenal Lelah BRI Berdayakan Kelompok Usaha Tanah Miring Merauke

    Merauke: Di sudut timur Indonesia yang jauh dari hiruk pikuk kota besar, terdapat sebuah kisah inspiratif yang berasal dari seorang perempuan tangguh. Agustina Etwiory, seorang mantri (pemasar mikro) BRI di Unit Kerja (Uker) Tanah Miring, Distrik Tanah Miring, Kab. Merauke, Provinsi Papua Selatan.
     
    Ia adalah seorang mantri BRI yang telah mendedikasikan hidupnya untuk membantu masyarakat di daerah terpencil, memajukan perekonomian desa dan mengenalkan produk-produk perbankan kepada masyarakat kecil.
     
    Agustina memulai perjalanan hidup di tanah kelahirannya, Merauke. Lahir dan besar di Papua Selatan, ia menghabiskan masa kecil dan remajanya di kota kecil tersebut. Sebelum bergabung dengan BRI, Agustina bekerja di Satuan Polisi Pamong Praja selama enam tahun. Pada 2010, Agustina resmi bergabung dengan BRI sebagai teller. Kariernya terus berlanjut hingga menjadi mantri.
    Sebagai mantri BRI yang ditempatkan di Unit Tanah Miring, ia pun harus menghadapi berbagai tantangan. Letak geografis unitnya yang berada di pinggiran kota, dengan jarak sekitar 30-45 menit dari pusat Merauke, sering kali menjadi kendala.
     

    Selain itu, infrastruktur jalan yang sebagian besar masih berupa tanah membuat perjalanan menjadi sulit, terutama saat hujan. Namun, tantangan ini tidak menyurutkan semangatnya.
     
    “Suka dukanya pasti ada, terutama saat mencari debitur untuk menjadi nasabah. Kadang ada penolakan, tetapi setelah dua atau tiga kali kunjungan, mereka akhirnya mau menabung. Itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya,” ujar Agustina.

    Aktif Dampingi Klaster Usaha

    Sebagai mantri, tugas utamanya adalah mencari nasabah, baik untuk simpanan maupun pinjaman. Selain itu, ia juga bertugas memperkenalkan berbagai produk BRI seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan layanan laku panadai Agen BRILink  kepada masyarakat.
     
    Tidak hanya menyalurkan pinjaman, di bawah bimbingannya beberapa kampung di wilayah binaan seperti Kampung Isenombias, telah menjadi kampung binaan BRI. Ia juga aktif mendampingi dan memberdayakan kelompok usaha seperti CV Barokah Sayur, sebuah klaster usaha pertanian hortikultura di kampung tersebut.
     
    Pendampingan pun diberikan BRI untuk CV Barokah Sayur dalam bentuk literasi keuangan, penyuluhan pertanian, hingga pemberian alat-alat mesin pertanian.
     
    “Mereka sangat antusias dan merasa senang dengan bantuan yang diberikan. Bahkan, mereka ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa mereka bisa menghasilkan produk yang lebih baik,” ujar Agustina.
     
    Dalam menjalankan tugasnya saat mendampingi nasabah, ia beberapa kali menemui nasabah yang kesulitan membayar pinjaman. Namun, dengan pendekatan personal dan edukasi keuangan, ia membantu nasabah menjaga nama baik mereka di dunia perbankan.
     
    “Banyak nasabah yang awalnya enggan menabung atau meminjam, tapi setelah diberikan pemahaman, mereka mulai percaya dan merasa nyaman bekerja sama dengan BRI,” kata Agustina.
     

    Sebagai mantri, Agustina memiliki harapan besar untuk nasabah binaannya. Ia ingin melihat mereka berkembang dan mampu meningkatkan taraf hidup melalui usaha yang mereka jalankan.
     
    Agustina juga berharap BRI terus memberikan dukungan melalui program-program inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
     
    “Peran saya sebagai mantri sangat berpengaruh di kampung ini. Selain memberikan pinjaman, saya juga membantu mereka dengan menjemput tabungan atau memberikan solusi atas masalah ekonomi yang dihadapi,” katanya.
     
    Dengan semangat tersebut, Agustina bertekad terus menjadi jembatan antara BRI dan masyarakat kecil, membantu mereka meraih mimpi dan mencapai kemandirian ekonomi.
     
    Kisah Agustina sebagai mantri BRI pun menunjukkan bagaimana terdapat cerita perjuangan yang menginspirasi. Ya, dengan dedikasi, kerja keras, dan semangat untuk melayani, Agustina telah membuktikan bahwa peran seorang mantri bukan sekadar pekerjaan, tetapi sebuah panggilan untuk membawa perubahan positif bagi masyarakat di sekitarnya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Kolaborasi Pertamina dan BRI, Gelar Sosialisas dan Pembinaan PUMK untuk UMKM Berdaya

    Kolaborasi Pertamina dan BRI, Gelar Sosialisas dan Pembinaan PUMK untuk UMKM Berdaya