BUMN: BNI

  • Cara Registrasi Akun SNPMB 2025 untuk Lulusan Gap Year, Ini Jadwalnya – Halaman all

    Cara Registrasi Akun SNPMB 2025 untuk Lulusan Gap Year, Ini Jadwalnya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Rangkaian Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru atau SNPMB 2025 tengah memasuki tahapan registrasi akun bagi sekolah.

    Bagi lulusan gap year atau siswa yang lulus tahun lalu, wajib membuat akun SNPMB 2025.

    Lantas, bagaimana cara registrasi registrasi akun SNPMB bagi siswa gapyear dan kapan jadwalnya?

    Perlu diketahui, siswa gapyear atau lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2023 dan 2024 hanya dapat mendaftar pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

    Sementara itu, registrasi akun siswa pada jalur seleksi SNBT dibuka mulai tanggal 13 Januari hingga 27 Maret 2025.

    SNBT dapat diikuti oleh:

    Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2023, 2024, dan 2025
    Lulusan Paket C tahun 2023, 2024, dan 2025 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2025)

    Cara Registrasi Akun SNPMB

    1. Membuat akun di portal SNPMB

    Buka laman portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

    Klik tombol Masuk
    Pilih tautan Daftar akun
    Klik tombol Daftar Akun Siswa
    Masukkan NISN, NPSN dan tanggal lahir
    Tekan tombol selanjutnya
    Masukkan email aktif, lalu akan muncul notifikasi untuk melakukan aktivasi akun melalui email

    2. Membuka email verifikasi dan klik Aktivasi Akun

    Buka inbox/spam email
    Lakukan verifikasi email untuk aktivasi akun

    3. Login menggunakan akun yang telah dibuat di portal SNPMB

    Setelah akun aktif, login ke laman portalsnpmb.bppp.kemdikbud.go.id menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya untuk melakukan verifikasi dan validasi data siswa

    4. Memilih menu Verifikasi dan Validasi

    Di halaman verifikasi data siswa:

    Periksa datamu dengan seksama. Isi semua kolom yang masih kosong
    Apabila terdapat kesalahan data, lakukan perbaikan data melalui sekolahmu. Kemudian tekan tombol PERBARUI Data

    5. Klik tombol Perbarui Data

    6. Memvalidasi data

    7. Mengisikan biodata yang diminta

    8. Unggah dan atur pasfoto terbaru (3 bulan terakhir)

    Unggah pasfoto berwarna terbaru sesuai ketentuan di bawah
    Tekan tombol Selanjutnya untuk berpindah ke halaman penyesuaian foto
    Tekan tombol Selanjutnya untuk berpindah ke halaman konfirmasi akhir data siswa

    Pasfoto yang diunggah harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

    Pasfoto ukuran 4 cm x 6 cm dengan resolusi minimal 200px x 300px (+250 dpl) dan rasio aspek 2:3
    Pasfoto harus berwarna dengan latar belakang polos berwarna apa saja
    File pasfoto bertipe JPG/JPEG
    Ukuran minimal file pasfoto adalah 40KB
    Ukuran maksimal file pasfoto adalah 100KB
    Orientasi pasfoto adalah vertikal/portrait
    Posisi badan dan kepala tegak sejajar menghadap kamera
    Kualitas foto harus tajam dan fokus
    Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi ornamen
    Kepala terletak di tengah secara horizontal (jarak kepala ke batas kiri kurang lebih sama dengan jarak kepala ke batas kanan)

    9. Lakukan simpan permanen

    Klik check box dan tekan tombol Simpan Permanen jika data sudah benar

    10. Mendownload bukti permanen

    Klik tombol Unduh Bukti Permanen untuk mengunduh dan menyimpan bukti permanen registrasi akun SNPMB untuk siswa

    Tombol Simpan Permanen untuk registrasi akun siswa mulai muncul pada 1 Februari 2025.

    Syarat UTBK-SNBT 2025

    1. Peserta harus memiliki Akun SNPMB Siswa. Registrasi Akun SNPMB Siswa dapat dilakukan di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id selambat-lambatnya 27 Maret 2025 (pukul 15.00 WIB).

    2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

    3. Siswa SMA/SMK/MA Kelas 12 atau kelas terakhir pada tahun 2025, atau Peserta didik Paket C tahun 2025 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2025). Siswa yang belum mempunyai ijazah harus membawa surat keterangan siswa kelas 12 sekurang-kurangnya disertai dengan:

    Pas foto terbaru (berwarna)
    Stempel/cap sekolah
    Tanda tangan Kepala Sekolah

    4. Siswa lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2023 dan 2024 atau Lulusan Paket C tahun 2023 dan 2024 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2025).

    5. Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri, harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.

    6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan/atau olahraga, wajib mengunggah portofolio. Terdapat 11 jenis portofolio pada SNBT 2025 sebagai berikut.

    Olahraga
    Seni Rupa, Desain, dan Kriya
    Seni Tari
    Seni Musik
    Seni Karawitan
    Etnomusikologi
    Teater
    Fotografi
    Film Televisi
    Seni Pedalangan
    Sendratasik

    7. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

    8. Bagi peserta berkebutuhan khusus tunanetra, wajib mengunggah Surat Pernyataan Tunanetra. 

    9. Membayar biaya UTBK (kecuali peserta KIP Kuliah).

    Biaya UTBK-SNBT 2025

    Peserta membayar biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran UTBK-SNBT sebesar Rp200.000,00 melalui mitra bank:

    Mandiri : ATM Mandiri dan Livin’ y Mandiri
    BNI : ATM BNI, BNI Mobile Banking, dan BNI Agen46
    BTN : ATM BTN dan BTN Mobile
    BRI : BRImo
    BSI : ATM BSI, BSI Internet Banking, dan BSI Mobile

    Jadwal SNBT 2025

    Registasi akun siswa: 13 Januari – 27 Maret 2025
    Pendaftaran UTBK-SNBT: 11 – 27 Maret 2025
    Pelaksanaan UTBK: 23 April – 3 Mei 2025
    Pengumuman hasil SNBT: 28 Mei 2025
    Masa unduh sertifikat UTBK: 3 Juni – 31 Juli 2025

    (Tribunnews.com/Widya)

  • Soroti Ramainya Penumpang, PDIP Kritik Rencana Penutupan Stasiun Karet: Tolong Dikaji Ulang!

    Soroti Ramainya Penumpang, PDIP Kritik Rencana Penutupan Stasiun Karet: Tolong Dikaji Ulang!

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

    TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR – Rencana penutupan Stasiun Karet, Jakarta Pusat, dikritik Anggota Komisi B DPRD Jakarta, Wa Ode Herlina.

    Ia pun meminta supaya rencana tersebut dikaji ulang lantaran selama ini Stasiun Karet menjadi salah satu stasiun KRL tersibuk di Jakarta.

    “Kalau melihat kepentingannya, tolong dikaji dulu, karena saya melihatnya itu orang lebih banyak turun di Karet,” ucapnya saat dikonfirmasi, Selasa (7/1/2025).

    Hal ini disampaikan Wa Ode bukan tanpa alasan, letak Stasiun Karet memang berada di wilayah cukup strategis, tak jauh dari kawasan Tanah Abang, Manggarai, Sudirman-Thamrin, hingga Dukuh Atas.

    “Warga itu sudah nyaman turun di situ, banyak loh yang turun di situ. Karena di sana aksesnya lebih mudah ke sana kemari,” ujarnya.

    Bila Stasiun Karet ditutup, ia khawatir masyarakat yang sudah biasa menggunakan KRL dan turun di stasiun justru beralih lagi menggunakan kendaraan pribadi.

    Oleh karena itu, politikus senior PDIP ini minta supaya pihak terkait tetap mempertahankan keberadaan Stasiun Karet.

    “Kalau menurut saya enggak usah ditutup ya, karena kan mempermudah.”

    “Kita ini pengen warga menggunakan transportasi umum, kalau stasiun makin banyak, itu kan makin senang dia. Artinya mereka mudah mau akses transportasi umum,” kata dia.

    Stasiun Karet Belum Akan Ditutup Dalam Waktu Dekat

    Pihak KAI Commuter angkat suara soal wacana penutupan Stasiun Karet yang belakangan ramai diperbincangkan masyarakat.

    VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus pun memastikan Stasiun Karet belum akan ditutup dalam waktu dekat.

    “Masyarakat maupun penumpang pengguna KRL masih dapat berhenti dan turun di Stasiun Karet. Rencana penutupan operasional Stasiun Karet belum akan dilakukan dalam waktu dekat,” ucapnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/1/2025).

    Joni menerangkan, rencana pengintegrasian Stasiun Karet dengan Stasiun BNI City merupakan bagian dari rencana peningkatan layanan penumpang.

    Namun, saat ini prosesnya masih kajian dan membutuhkan pembahasan mendalam dengan regulator dan berbagai pihak terkait.

    Saat ini, pihak KAI Commuter juga tengah meningkatkan kualitas fasilitas sarana dan prasarana untuk penumpang di Stasiun BNI City.

    Salah satunya dengan memperbaiki dan meningkatkan kenyamanan selasar bagi pejalan kaki agar terlindung dari sengatan sinar matahari maupun hujan saat menuju stasiun.

    “Saat ini KAI juga tengah membangun area bagi pelaku usaha, sehingga dapat mendukung pelaku UMKM,” ujarnya.

    Wacana pengintegrasian Stasiun Karet dengan Stasiun BNI City dijelaskan Joni, sebenarnya mempertimbangkan faktor keselamatan disamping bertujuan untuk memangkas waktu tempuh kereta Commuter Line Basoetta dari Manggarai menuju Bandara Soekarno-Hatta.

    Dengan pemangkasan ini maka diharapkan waktu tempuh menuju Bandara Soekarno-Hatta menjadi sekira 40 menit dari sebelumnya mendekati waktu satu jam.

    “Ke depannya Commuter Line Basoetta juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas angkut penumpang,” tuturnya.

    Menurutnya, hal ini dilakukan KAI Commuter dalam mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang pesawat yang menggunakan kereta dari Bandara Soetta menuju pusat Kota Jakarta dan sebaliknya. 

    Sesuai data yang terangkum, dari sekitar 56 juta penumpang Bandara Soekarno-Hatta setiap tahunnya, dalam setahun terakhir (2024) sebanyak 1,5 juta penumpang yang menuju bandara menggunakan Commuter Line Basoetta. 

    Dengan peningkatan layanan Commuter Line Basoetta ini ditargetkan dapat melayani sekitar 20 persen atau 10 juta orang dari total pengguna pesawat di Bandara Soekarno-Hatta.

    Proyeksi peningkatan jumlah penumpang tersebut, tak lepas dari lokasi strategis Stasiun Manggarai sebagai titik awal keberangkatan maupun Stasiun BNI City. 

    Sebab, kedua stasiun tersebut memiliki konektivitas dan terintegrasi dengan beragam moda transportasi lainnya, seperti: Bus Transjakarta, KRL, MRT, LRT, hingga JakLingko. 

    “Perlu dipahami oleh semua pihak, bahwa keputusan yang diambil KCI bertujuan untuk mendukung pergerakan penumpang, baik itu berupa ketepatan waktu keberangkatan dan ketibaan, waktu tempuh yang tidak lama, serta keamanan dan kenyamanan bagi penumpang kami,” kata Joni.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Anggota DPRD DKI Kritik Rencana Penutupan Stasiun Karet: Tolong Dikaji Ulang!

    Anggota DPRD DKI Kritik Rencana Penutupan Stasiun Karet: Tolong Dikaji Ulang!

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

    TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR – Rencana penutupan Stasiun Karet dikritik Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Wa Ode Herlina.

    Ia pun meminta supaya rencana tersebut dikaji ulang lantaran selama ini Stasiun Karet menjadi salah satu stasiun KRL tersibuk di Jakarta.

    “Kalau melihat kepentingannya, tolong dikaji dulu, karena saya melihatnya itu orang lebih banyak turun di Karet,” ucapnya saat dikonfirmasi, Selasa (7/1/2025).

    Hal ini disampaikan Wa Ode bukan tanpa alasan, letak Stasiun Karet memang berada di wilayah cukup strategis, tak jauh dari kawasan Tanah Abang, Manggarai, Sudirman-Thamrin, hingga Dukuh Atas.

    “Warga itu sudah nyaman turun di situ, banyak loh yang turun di situ. Karena di sana aksesnya lebih mudah ke sana kemari,” ujarnya.

    Bila Stasiun Karet ditutup, ia khawatir masyarakat yang sudah biasa menggunakan KRL dan turun di stasiun justru beralih lagi menggunakan kendaraan pribadi.

    Oleh karena itu, politikus senior PDIP ini minta supaya pihak terkait tetap mempertahankan keberadaan Stasiun Karet.

    “Kalau menurut saya enggak usah ditutup ya, karena kan mempermudah. Kita ini pengen warga menggunakan transportasi umum, kalau stasiun makin banyak, itu kan makin senang dia. Artinya mereka mudah mau akses transportasi umum,” kata dia.

    Stasiun Karet Belum Akan Ditutup Dalam Waktu Dekat

    Pihak KAI Commuter angkat suara soal wacana penutupan Stasiun Karet yang belakangan ramai diperbincangkan masyarakat.

    VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus pun memastikan Stasiun Karet belum akan ditutup dalam waktu dekat.

    “Masyarakat maupun penumpang pengguna KRL masih dapat berhenti dan turun di Stasiun Karet. Rencana penutupan operasional Stasiun Karet belum akan dilakukan dalam waktu dekat,” ucapnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/1/2025).

    Joni menerangkan, rencana pengintegrasian Stasiun Karet dengan Stasiun BNI City merupakan bagian dari rencana peningkatan layanan penumpang.

    Namun, saat ini prosesnya masih kajian dan membutuhkan pembahasan mendalam dengan regulator dan berbagai pihak terkait.

    Saat ini, pihak KAI Commuter juga tengah meningkatkan kualitas fasilitas sarana dan prasarana untuk penumpang di Stasiun BNI City.

    Salah satunya dengan memperbaiki dan meningkatkan kenyamanan selasar bagi pejalan kaki agar terlindung dari sengatan sinar matahari maupun hujan saat menuju stasiun.

    “Saat ini KAI juga tengah membangun area bagi pelaku usaha, sehingga dapat mendukung pelaku UMKM,” ujarnya.

    Wacana pengintegrasian Stasiun Karet dengan Stasiun BNI City dijelaskan Joni, sebenarnya mempertimbangkan faktor keselamatan disamping bertujuan untuk memangkas waktu tempuh kereta Commuter Line Basoetta dari Manggarai menuju Bandara Soekarno-Hatta.

    Dengan pemangkasan ini maka diharapkan waktu tempuh menuju Bandara Soekarno-Hatta menjadi sekira 40 menit dari sebelumnya mendekati waktu satu jam.

    “Ke depannya Commuter Line Basoetta juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas angkut penumpang,” tuturnya.

    Menurutnya, hal ini dilakukan KAI Commuter dalam mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang pesawat yang menggunakan kereta dari Bandara Soetta menuju pusat Kota Jakarta dan sebaliknya. 

    Sesuai data yang terangkum, dari sekitar 56 juta penumpang Bandara Soekarno-Hatta setiap tahunnya, dalam setahun terakhir (2024) sebanyak 1,5 juta penumpang yang menuju bandara menggunakan Commuter Line Basoetta. 

    Dengan peningkatan layanan Commuter Line Basoetta ini ditargetkan dapat melayani sekitar 20 persen atau 10 juta orang dari total pengguna pesawat di Bandara Soekarno-Hatta.

    Proyeksi peningkatan jumlah penumpang tersebut, tak lepas dari lokasi strategis Stasiun Manggarai sebagai titik awal keberangkatan maupun Stasiun BNI City. 

    Sebab, kedua stasiun tersebut memiliki konektivitas dan terintegrasi dengan beragam moda transportasi lainnya, seperti: Bus Transjakarta, KRL, MRT, LRT, hingga JakLingko. 

    “Perlu dipahami oleh semua pihak, bahwa keputusan yang diambil KCI bertujuan untuk mendukung pergerakan penumpang, baik itu berupa ketepatan waktu keberangkatan dan ketibaan, waktu tempuh yang tidak lama, serta keamanan dan kenyamanan bagi penumpang kami,” kata Joni.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

     

  • Koperasi di RI Disebut Terus Berkembang, Bagaimana Prospeknya?

    Koperasi di RI Disebut Terus Berkembang, Bagaimana Prospeknya?

    Jakarta

    Koperasi di Indonesia disebut bisa terus berkembang ke depan. Wakil Menteri Koperasi Ferry J Juliantono mengungkapkan era baru koperasi saat ini menjadi momentum kebangkitan koperasi sebagai sokoguru perekonomian Indonesia yang kontribusinya bagi ekonomi kita lebih besar dibandingkan swasta maupun BUMN.

    Dia menyebutkan koperasi menjadi sokoguru perekonomian bangsa jika asset total koperasi hanya Rp281 triliun sedangkan BUMN sampai Rp 7.000 triliun dan swasta Rp 10.000 sampai Rp 20.000 triliun.

    “Saya sepakat dengan Koperasi TC Invest kita sedang memasuki era baru bagi koperasi Indonesia, dan kita sangat yakin asset koperasi kita akan bisa lebih besar daripada BUMN ataupun swasta,” kata dia dalam keterangannya ditulis Senin (7/1/2025).

    Ferry menyebut koperasi kini harus adaptif dengan perkembangan zaman. “Saya senang karena begitu saya masuk dan melihat saudara/i sangat optimis. Betul koperasi kita menghilangkan inferior minded. Badan kita harus tegak seperti ditunjukkan TC Invest. Kita ingin semangat dan optimisme ini juga ada di Kemenkop. Koperasi-koperasi kita harus bisa punya pabrik sendiri, bisa menjadi konglomerat, seperti koperasi-koperasi besar di luar negeri,” ujar dia.

    Deputi Bidang Kelembagaan dan Digitalisasi KoperasiKementerian Koperasi yang baru sehari dilantik, menjelaskan Koperasi TC Invest menjadi bukti lain betapa pentingnya digitalisasi koperasi. Hal ini menambah keyakinannya untuk semakin serius mendukung digitalisasi koperasi, antara lain dengan mengembangkan Super Apps Koperasi, termasuk pengembangan Bank Koperasi Digital untuk menggantikan Bank Umum Koperasi Indonesia (Bukopin), serta mendukung rebranding koperasi.

    Ferry juga menyinggung keseriusan pemerintah membangun perkoperasian terlihat dari langkah-langkah yang sudah dan akan diambil sejauh ini, antara lain dengan memberikan wewenang kepada koperasi untuk terlibat dalam berbagai sektor dan program pemerintah, diantaranya ikut mendistribusikan pupuk bersubsidi, program Makan Bergizi Gratis dalam hal penyaluran bahan baku dan lainnya. Program ini, kata Ferry, tidak hanya mengatasi stunting tapi juga menggerakkan ekonomi rakyat. Termasuk penyediaan rumah bagi rakyat atau perumahan berbasis koperasi.

    “Pak Prabowo baru saja menyetujui penambahan Rp10 triliun untuk Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) yang bisa digunakan untuk menggerakkan gerakan koperasi,” ucap Ferry.

    Sebagaimana disampaikan Ketua Pengurus Koperasi TC Invest Iqbal Alan Abdullah digitalisasi telah menyelamatkan koperasi ini pada masa-masa sulit yaitu pandemi Covid-19 lalu.

    “Bayangkan semua manajemen di kantor pusat itu semua kena COVID-19 kita tidak bisa kemana-mana tapi dengan digitalisasi kita bisa bertahan karena semua transaksi kita digital. Kita punya juga aplikasi TCI Mobile dan ‘Juara’, kita punya sistem yang sangat transparan dan bisa dipantau kapan dan dimana saja. Kita bahkan sejak lama sudah host-to-host dengan bank-bank besar seperti BRI, BNI, BCA. Digitalisasi ini menyelamatkan kami, didukung kantor layanan di 15 lokasi di Indonesia, dan ini menjadi bukti digitalisasi sangat penting bagi koperasi di Indonesia,” ucap Iqbal Alan Abdullah.

    Iqbal mengaku sangat optimis koperasi akan bangkit di era pemerintahan Prabowo-Gibran. Prabowo karena dipimpin oleh tokoh-tokoh yang memiliki darah koperasi. Dimulai dari Presiden Prabowo sendiri dengan kakek beliau Margono Djojohadikoesoemo merupakan ahli koperasi dan pendiri BNI, termasuk ayah beliau Prof Soemitro Djojohadikoesoemo pendiri Induk Koperasi Pegawai Republik Indonesia (IKPRI). Bahkan Prabowo sendiri sampai saat ini memilih untuk tetap menjadi Ketua Dewan Pembina Induk Koperasi Unit Desa (Inkud) karena berkomitmen untuk menghidupkan kembali koperasi sebagai sokoguru perekonomian nasional.

    “Kita menaruh harapan besar koperasi akan bangkit di era ini. Itu sebabnya rakernas kali ini kita pilih tema ‘A New Era of Cooperative Towards 2045: Community, Collaboration, Competitive’. Apalagi tahun 2025 ditetapkan sebagai Tahun Koperasi Internasional oleh PBB,” sambungnya.

    Iqbal juga menyoroti pentingnya upaya untuk meningkatkan keanggotaan koperasi bagi Masyarakat Indonesia. Sebab saat ini masyarakat Indonesia yang mau jadi anggota koperasi baru sekitar 8,41 persen, jauh di bawah rata-rata dunia yang mencapai 16,31 persen, ini yang menyebabkan kontribusi koperasi terhadap PDB nasional sangat kecil.

    “Kami sepakat dengan Kemenkop, momentum tahun 2025 sebagai International Year of Cooperatives (IYC2025) perlu kita ambil menjadi momentum bagi bangkitnya koperasi di Indonesia apalagi mengingat masih rendahnya keanggotaan masyarakat untuk masuk jadi anggota koperasi,” ucap Iqbal.

    (kil/kil)

  • Operasional LRT Jabodebek Kembali Normal Usai Alami Gangguan – Halaman all

    Operasional LRT Jabodebek Kembali Normal Usai Alami Gangguan – Halaman all

    seluruh layanan LRT Jabodebek kembali berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan dan operasional telah kembali normal setelah gangguan.

    Tayang: Senin, 6 Januari 2025 19:22 WIB

    TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

    ilustrasi. Rangkaian kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan saat ini seluruh layanan LRT Jabodebek kembali berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan dan operasional telah kembali normal setelah terjadi gangguan.

    Pada Senin (6/1/2025) pukul 09.35 WIB, terjadi gangguan operasional pada TS 15 di lintas antara Bekasi Barat – Cikunir 2.

    Gangguan itu menyebabkan keterlambatan perjalanan kereta dan berdampak pada perjalanan sejumlah layanan LRT Jabodebek.

    Meskipun terjadi gangguan pada beberapa lintas, relasi Dukuh Atas BNI – Harjamukti tetap berjalan normal tanpa gangguan sepanjang kejadian.

    Sebagai langkah penanganan untuk gangguan tersebut, Tim LRT Jabodebek telah melakukan evakuasi terhadap 35 penumpang menggunakan TS 23 yang menuju Stasiun Bekasi Barat.

    Selain itu, sempat dilakukan rekayasa operasional dengan mengubah relasi perjalanan dari Dukuh Atas BNI – Jatimulya menjadi Dukuh Atas BNI – Cikunir 1, yang kemudian dilanjutkan dengan TS 23 dari Cikunir 1 – Jatimulya.

    “Seiring dengan pemulihan operasional, kami berkomitmen untuk menjaga keandalan dan keselamatan perjalanan LRT Jabodebek,” kata Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono dalam keterangan tertulis pada Senin ini.

    “Kami mengucapkan terima kasih atas pengertian dan kesabaran pengguna selama proses normalisasi ini,” lanjutnya.

    Ia menyatakan KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan memastikan perjalanan LRT Jabodebek tetap aman, nyaman, dan tepat waktu.  

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Soal Bunyi Ledakan Sebelum LRT Tiba-tiba Mogok di Bekasi Barat, Humas LRT Jabodebek Buka Suara – Halaman all

    Soal Bunyi Ledakan Sebelum LRT Tiba-tiba Mogok di Bekasi Barat, Humas LRT Jabodebek Buka Suara – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribun Bekasi Rendy Rutama

    TRIBUNNEWS.COM, BEKASI – Light Rail Transit (LRT) mogok terjadi saat perjalanan menuju Stasiun Bekasi Barat, Senin (6/1/2025).

    Sebelum mogok, penumpang mendengar suara ledakan.

    Akibat kejadian itu sebanyak 35 penumpang harus dievakuasi.

    Humas LRT Jabodebek, Mahendro Trang Buwono mengatakan, sampai saat ini penyebab mogoknya LRT masih dalam penyelidikan.

    Meskipun suara keras yang terdengar sempat disangka sebagai ledakan, Mahendro menjelaskan suara tersebut bukan berasal dari sebuah ledakan melainkan dari sarana TS 15 yang mengalami gangguan.

    “Suara tersebut cukup keras sehingga orang yang mendengar mengasumsikan sebagai ledakan,” ujarnya.

    Dikatakannya, upaya evakuasi penumpang dilakukan dengan menggunakan alat yang berfungsi sebagai jembatan untuk mengalihkan penumpang keluar dari kereta yang mogok.

    Mahendro memastikan bahwa semua penumpang telah dievakuasi dengan aman.

    “Kami menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pengguna LRT Jabodebek atas gangguan operasional yang terjadi,” tambahnya.

    Insiden mogok ini berdampak pada perjalanan LRT di lintas Bekasi Barat, Cikunir 2, yang menyebabkan keterlambatan.

    Mahendro juga mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan rekayasa operasional untuk mengurangi dampak dari gangguan ini.

    Relasi perjalanan diubah dari Dukuh Atas BNI Jatimulya menjadi Dukuh Atas BNI Cikunir 1 dan kemudian dilanjutkan dengan TS 23 dari Cikunir 1 ke Jatimulya.

    “Sementara relasi Dukuh Atas BNI Harjamukti saat ini berjalan normal,” jelasnya.

    Tim LRT Jabodebek terus bekerja untuk memulihkan kondisi operasional normal dan memastikan kenyamanan serta keselamatan penumpang.

    Saat ini, TS 15 yang mengalami gangguan masih berada di depo untuk diperiksa lebih lanjut.

    Namun, perjalanan LRT Jabodebek di semua jalur lintas lainnya sudah beroperasi normal kembali.

     

  • 303 Ribu Orang Naik MRT Saat Promo Tarif Rp 1

    303 Ribu Orang Naik MRT Saat Promo Tarif Rp 1

    Jakarta

    PT MRT Jakarta (Perseroda) mencatat sebanyak 303.345 pelanggan yang menggunakan layanan MRT Jakarta saat penerapan tarif 1 rupiah yang berlaku pada Selasa, 31 Desember 2024 dan Rabu, 1 Januari 2025.

    Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo mengatakan pada hari pertama, tercatat sekitar 176.929 pelanggan dan 126.416 pelanggan pada hari kedua.

    Pada hari pertama, tiga stasiun paling ramai tercatat di Stasiun Bundaran HI Bank DKI dengan lebih dari 39 ribu orang pelanggan, Stasiun Dukuh Atas BNI dengan lebih dari 31 ribu pelanggan, dan Stasiun Blok M BCA dengan lebih dari 20 ribu pelanggan.

    Sedangkan pada hari kedua, Stasiun Bundaran HI mencatatkan lebih dari 24 ribu pelanggan, Stasiun Blok M BCA dengan lebih dari 23 ribu pelanggan, dan Stasiun Dukuh Atas BNI juga dengan lebih dari 21 ribu pelanggan.

    “Hal ini menunjukkan tingginya antusiasme Masyarakat menggunakan MRT Jakarta saat momen peringatan pergantian tahun tersebut,” kata Ahmad dalam keterangan tertulis, Senin (6/1/2025).

    Ahmad menjelaskan selama dua hari tersebut, MRT Jakarta juga melakukan perubahan pola operasional dengan mengoperasikan MRT hingga pukul 02.00 dini hari pada Rabu (1/1).

    Selain melakukan penyesuaian jadwal operasional dan tarif, MRT Jakarta juga melakukan sejumlah langkah persiapan dan mitigasi terkait pengelolaan lonjakan pelanggan (crowd management) seperti penambahan personel, stok kartu, dan alat pembaca kartu di stasiun.

    Ahmad juga menjelaskan, pengembangan kawasan di sekitar stasiun dengan prinsip transit dan inklusif akan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk datang dan menikmati kota.

    “Ketertarikan ini akan mendorong peningkatan angka keterangkutan transportasi publik baik MRT maupun BRT,” katanya.

    Adapun saat ini telah tersedia sejumlah layanan pembayaran tiket dan layanan MRT Jakarta, pelanggan dapat menggunakan sejumlah metode pembayaran seperti kartu uang elektronik keluran bank (emoney Mandiri, flazz BCA, BRIzzi BRI, TapCash BNI, JakCard Bank DKI), aplikasi MyMRTJ (iSaku, AstraPay, blu by BCA, kartu kredit Mastercard, GoPay), mesin penjual tiket kode QR MyMRTJ Lite (QRIS, kartu debit, dan kartu kredit), dan pembelian tiket di loket stasiun menggunakan Kode QR, kartu debit, dan kartu kredit.

    (kil/kil)

  • IHSG Kinclong di Antara Melemahnya Bursa Kawasan

    IHSG Kinclong di Antara Melemahnya Bursa Kawasan

    Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin pagi, bergerak menguat di tengah pelemahan mayoritas bursa saham kawasan Asia.
     
    IHSG dibuka menguat 11,69 poin atau 0,16 persen ke posisi 7.176,12. Sementara itu, kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 1,38 poin atau 0,16 persen ke posisi 839,16.
     
    “IHSG hari ini akan mencoba untuk break 7.200, seiring dengan penguatan bursa Amerika Serikat (AS) pekan lalu. Akan tetapi, jika gagal break resist kuat di level 7.200, IHSG akan cenderung tes support dulu di level 7.100,” ujar CFP Head of Retail Research BNI Sekuritas Fanny Suherman dilansir Antara, Senin, 6 Januari 2025.
     
    Adapun bursa saham regional Asia pagi ini antara lain:

    Indeks Nikkei melemah 472,78 poin atau 1,19 persen ke level 39.421,75.
    Indeks Shanghai melemah 15,71 poin atau 0,49 persen ke posisi 3.195,72.
    Indeks Kuala Lumpur melemah 0,96 poin atau 0,06 persen ke posisi 1.628,50.
    Indeks Straits Times menguat 17,42 poin atau 0,46 persen ke 3.819,25.

    Sementara dari regional, pada Jumat (3/1) kemarin, Bank Sentral Tiongkok (PBOC) dilaporkan akan memangkas suku bunga acuannya pada waktu yang tepat pada 2025.
     

     
    Di sisi lain, Kementerian Perdagangan Tiongkok berencana untuk membatasi ekspor pada teknologi tertentu yang digunakan untuk membuat komponen baterai dan untuk memproses mineral penting seperti litium dan galium, menurut pemberitahuan yang dikeluarkan pada Kamis (2/1).
     
    Pelaku pasar di Asia akan terus menilai ketidakpastian politik di Korea Selatan, karena pengawas korupsi negara itu berusaha untuk melaksanakan surat perintah penangkapan untuk Presiden Yoon Suk Yeol yang dimakzulkan.
     
    Bursa saham AS

    Sementara itu, bursa saham AS Wall Street kompak meningkat pada perdagangan Jumat (3/1), serta sektor teknologi menjadi pendorong utama penguatan pasar. Meskipun tetap masih mencatatkan penurunan mingguan. Indeks S&P 500 ditutup melonjak 1,26 persen ke level 5.942,47, indeks Dow Jones Industrial Average menguat 0,8 persen menjadi 42.732,13, dan Nasdaq Composite meningkat 1,77 persen ke 19.621,68.
     
    Saham produsen cip Nvidia melonjak 4,7 persen, sementara saham Super Micro Computer, pembuat server, melesat 10,9 persen, kedua perusahaan ini diuntungkan oleh investasi berkelanjutan dalam teknologi kecerdasan buatan (AI). Microsoft turut memeriahkan sentimen positif dengan pengumuman rencana investasi sebesar USD80 miliar untuk pusat data berteknologi AI pada tahun fiskal 2025.
     
    Saham perusahaan energi seperti Constellation Energy dan Vistra juga terangkat, masing-masing naik empat persen dan 8,5 persen, karena meningkatnya kebutuhan energi untuk mendukung pusat data tersebut, aham US Steel anjlok 6,5 persen, setelah Presiden Joe Biden menyatakan akan memblokir akuisisi perusahaan oleh Nippon Steel.
     
    Di sisi lain, saham perusahaan minuman keras seperti Molson Coors merosot 3,4 persen menyusul peringatan dari Surgeon General AS terkait risiko kanker akibat konsumsi alkohol.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Program Diaspora Loan BNI Bantu Renovasi Restoran Indonesia di Hong Kong

    Program Diaspora Loan BNI Bantu Renovasi Restoran Indonesia di Hong Kong

    Jakarta

    PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus mendukung pelaku usaha Indonesia yang berada di luar negeri melalui diaspora loan.

    Lucky Indonesia Restaurant yang berdiri sejak 1987 adalah salah satu nasabah BNI di Hong Kong yang mampu meningkatkan skala bisnisnya setelah mendapatkan Diaspora Loan.

    General Manager BNI Hong Kong Farid Faraitody mengatakan diaspora loan merupakan upaya BNI dalam menggali potensi bisnis warga Indonesia di Hong Kong.

    “Lucky Indonesia Restaurant menjadi diaspora ketiga yang dibiayai BNI di Hong Kong dan diharapkan akan lebih banyak lagi diaspora Indonesia yang dapat menikmati fasilitas ini,” kata Farid dalam keterangan tertulis, Senin (6/1/2025).

    Pendiri Lucky Indonesia Restaurant, Chan Hwie Chang dan Chan Lin Ying merupakan suami istri yang mendapatkan bantuan BNI untuk merenovasi tempat usahanya. Restoran tersebut kini dijalankan oleh putri kedua Lin, Jenny Chen.

    Dengan merancang desain baru, Lucky Indonesia Restaurant berhasil menarik lebih banyak konsumen muda dan warga lokal untuk menjajal masakan Indonesia.

    “Kami merancang desain baru bernuansa khas Jawa lengkap dengan iringan musik tradisional Indonesia. Menunya ada aneka sate, sayur lodeh, bahkan cendol sehingga membuat tamu yang datang merasakan suasana seperti di Indonesia,” ungkap Jenny.

    Sebagai informasi, BNI Hong Kong memberikan diaspora loan kepada Lucky Indonesia Restaurant pada Agustus 2023.

    Adapun program diaspora loan telah dijalankan BNI sejak 2021 di sejumlah Kantor Luar Negeri untuk memberikan dukungan pembiayaan bagi Indonesia-related business yang dijalankan para diaspora.

    Sejak didirikan pada 1963, BNI Hong Kong menjadi satu-satunya bank Indonesia yang memiliki lisensi penuh sehingga dapat menyediakan berbagai layanan perbankan.

    Earning asset BNI Hong Kong pada 2024 tercatat naik sebesar 55% dibandingkan tahun sebelumnya.

    Tahun lalu, BNI Hong Kong juga mendapatkan pengharggaan sebagai Best Indonesian Bank in Hong Kong for Serving Indonesia Diaspora dari Kedutaan Besar Republik Indonesia Hong Kong.

    (ega/ega)

  • Begini Jurus Bank BUMN Hadapi Tantangan di Tahun Ular Kayu

    Begini Jurus Bank BUMN Hadapi Tantangan di Tahun Ular Kayu

    Jakarta

    PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI optimistis dalam membuka lembaran baru 2025 dengan menjaga pertumbuhan kinerja secara berkelanjutan. Peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan transaksi dana murah menjadi salah satu fokus utama tahun ini.

    Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, tantangan likuiditas perbankan perlu diantisipasi dengan strategi bisnis yang terukur guna menjaga pertumbuhan kinerja BNI tahun ini.

    “Tantangan ke depan dari ketidakpastian global menyebabkan tekanan nilai tukar rupiah dan likuiditas. BNI telah menyiapkan sejumlah strategi dalam menghadapi tantangan tersebut, salah satunya dengan meningkatkan dana murah lewat ekspansi digital perbankan,” kata Royke dalam siaran pers, ditulis Minggu (5/1/2025).

    Royke menyampaikan, ada lima fokus utama yang harus BNI optimalkan tahun ini diantaranya Transformasi Kantor Cabang, Transformasi Human Capital atau meningkatkan produktivitas pegawai, pertumbuhan DPK khususnya tabungan dari transaksi, memperkuat ekosistem digital dalam meningkatkan CASA dan fee based income, serta melanjutkan perbaikan kualitas kredit.

    “Diperlukan kolaborasi yang tinggi untuk mencapai tujuan tersebut,” tutur Royke.

    BNI terus berupaya meningkatkan kinerja bank secara berkelanjutan serta mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Royke mengatakan, rencana strategis perseroan 2025 akan selaras dengan sasaran pembangunan nasional dan aspirasi pemegang saham diantaranya peningkatan kinerja melalui upaya strategis customer centric khususnya segmen Korporasi dan Konsumer, peningkatan jaringan internasional secara selektif, serta meningkatkan green financing.

    Selain itu, peningkatan efisiensi dan efektivitas melalui digitalisasi proses bisnis termasuk penggunaan mobile banking juga menjadi fokus utama tahun ini. “Melalui wondr by BNI dan BNIdirect serta seluruh ekosistem digital BNI, diharapkan akan mendorong pertumbuhan CASA dan transaksi, sehingga dapat menopang kinerja ke depan,” ujar dia.

    (kil/kil)