BUMN: Bank Mandiri

  • Bank Mandiri Optimalkan Sistem Daur Ulang dan Akses Air Bersih untuk Dukung SDGs – Page 3

    Bank Mandiri Optimalkan Sistem Daur Ulang dan Akses Air Bersih untuk Dukung SDGs – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Komitmen terus ditunjukkan oleh Bank Mandiri dalam rangka mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) lewat penggunaan air secara berkelanjutan. Pengurangan konsumsi air serta peningkatan daur ulang turut dilakukan oleh bank dengan lambang pita emas tersebut. Tak hanya itu, Bank Mandiri juga ikut memberikan dukungan pelestarian sumber air di pedesaan.

    Sistem daur ulang air ini telah dilengkapi oleh Bank Mandiri di beberapa gedung seperti Plaza Mandiri, Menara Mandiri, dan Wisma Mandiri. Adapun air tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan operasional sehari-hari, mulai dari pemeliharaan tanaman, sanitasi, hingga air minum yang memenuhi baku mutu.

    Corporate Secretary Bank Mandiri M. Ashidiq Iswara mengatakan, Bank Mandiri konsisten melakukan pemantauan bulanan atas penggunaan air. Inisiatif ini dapat memperhatikan tingkat konsumsi serta efektivitas penggunaan air bersih dalam operasional gedung.

    “Kami mengoptimalkan pemanfaatan air efluen melalui sistem daur ulang dengan teknologi yang tepat. Dengan cara ini, air yang telah digunakan dapat diproses kembali untuk keperluan lain, sehingga dapat menghemat penggunaan air bersih. Bank Mandiri percaya bahwa langkah ini dapat menjadi contoh pengelolaan air yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di lingkungan perkantoran,” ujar Ashidiq.

    Ia juga mengungkapkan bahwa hingga akhir 2024, Bank Mandiri sudah memanfaatkan sebanyak 88 ribu meter kubik (m3) air daur ulang atau sekitar 13% dari total pemakaian air. Tak hanya itu, Bank Mandiri juga menggunakan sistem reverse osmosis yang memberikan kontribusi untuk mengelola efluen atau limbah cair. Per Desember 2024, sebanyak 32 ribu m3 limbah cair telah dikelola melalui sistem reverse osmosis Bank Mandiri.

    Sistem Pengelolaan Limbah sesuai Standar Lingkungan

    Ashidiq juga menjelaskan tentang sistem pengelolaan limbah Bank Mandiri yang bisa digunakan untuk mengolah limbah cair yang dihasilkan gedung agar sesuai dengan standar lingkungan, sebelum dilepaskan ke badan air. Kualitas limbah cair ini juga rutin diperiksa perusahaan setiap bulan, bekerja sama dengan laboratorium terakreditasi.

    “Hasil pemeriksaan dengan standar ilmiah ini menjadi dasar bagi laporan Bank Mandiri atas kepatuhan pada peraturan dan standar lingkungan,” pungkas Ashidiq.

    Dia menambahkan, Bank Mandiri juga memiliki lubang biopori dan sumur resapan yang berfungsi untuk penampungan air di beberapa wilayah operasinya. Salah satu yang terbesar adalah danau buatan seluas 1,8 hektare di kawasan Mandiri University, Wijayakusuma. Kapasitas tampung ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan penggunaan air perusahaan ke depannya, yang pada tahun 2024 mencapai 663.164 m3.

    Dukung Ketersediaan dan Akses Air Bersih Masyarakat

    Tak hanya dalam wilayah internal perusahaan, Bank Mandiri juga memberikan dukungan atas ketersediaan dan akses air bersih bagi masyarakat. Hal ini sejalan dengan semangat perayaan hari air sedunia untuk memberikan peran dalam pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan.

    Melalui program Mandiri Sahabat Desa Kolaborasi Manunggal Air dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), bank BUMN ini telah menyalurkan bantuan pada masyarakat di 4 kabupaten, yakni Banyumas, Temanggung, Pandeglang, dan Nabire pada Desember tahun lalu. Sebanyak 3.719 keluarga di 17 desa telah mendapatkan bantuan akses air bersih untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

    Bank Mandiri percaya bahwa mendukung akses masyarakat ke kebutuhan pokok merupakan langkah untuk mewujudkan salah satu pilar keberlanjutan Bank Mandiri yakni, sustainability beyondbanking, yang berfokus untuk mendorong pertumbuhan dampak sosial dalam mewujudkan SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Di mana berbagai program ini telah sejalan sejalan dengan TBP nomor 6 terkait Air bersih dan sanitasi layak dan nomor 11 kota dan pemukiman yang berkelanjutan.

  • Dukung SDGs, Bank Mandiri Optimalkan Sistem Daur Ulang & Akses Air Bersih

    Dukung SDGs, Bank Mandiri Optimalkan Sistem Daur Ulang & Akses Air Bersih

    Jakarta – Bank Mandiri mendorong penggunaan air secara berkelanjutan dalam rangka mendukung Sustainable Development Goals (SDGs). Bank berlambang pita emas ini berupaya menekan konsumsi air serta mengoptimalkan sistem daur ulang dalam operasi perusahaan, serta memberikan dukungan pelestarian sumber air di pedesaan.

    Diketahui, Bank Mandiri saat ini telah melengkapi beberapa gedung seperti di Plaza Mandiri, Menara Mandiri dan Wisma Mandiri dengan sistem daur ulang air. Air ini kemudian dapat digunakan untuk kebutuhan operasional sehari-hari, seperti pemeliharaan tanaman, sanitasi, hingga air minum yang memenuhi baku mutu.

    Corporate Secretary Bank Mandiri M. Ashidiq Iswara mengatakan pihaknya secara rutin memantau penggunaan air bulanan. Langkah ini agar dapat memperhatikan tingkat konsumsi serta efektivitas penggunaan air bersih dalam operasional gedung.

    “Kami mengoptimalkan pemanfaatan air efluen melalui sistem daur ulang dengan teknologi yang tepat. Dengan cara ini, air yang telah digunakan dapat diproses kembali untuk keperluan lain, sehingga dapat menghemat penggunaan air bersih. Bank Mandiri percaya bahwa langkah ini dapat menjadi contoh pengelolaan air yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di lingkungan perkantoran,” ujar Ashidiq dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/3/2025).

    Menurutnya, hingga akhir tahun 2024 Bank Mandiri telah memanfaatkan sebanyak 88 ribu meter kubik (m3) air daur ulang, atau 13 persen dari total penggunaan air. Bank Mandiri, kata dia, juga menggunakan sistem reverse osmosis yang berkontribusi untuk pengelolaan efluen atau limbah cair. Per Desember 2024, sebanyak 32 ribu m3 limbah cair telah dikelola melalui sistem reverse osmosis Bank Mandiri.

    Ashidiq mengatakan sistem pengelolaan Bank Mandiri dapat mengolah limbah cair yang dihasilkan gedung agar sesuai dengan standar lingkungan sebelum dilepaskan ke badan air. Pihak perusahaan memeriksa kualitas limbah cair secara bulanan dengan bekerja sama dengan laboratorium terakreditasi.

    “Hasil pemeriksaan dengan standar ilmiah ini menjadi dasar bagi laporan Bank Mandiri atas kepatuhan pada peraturan dan standar lingkungan,” terang Ashidiq.

    Dia menambahkan Bank Mandiri juga memiliki lubang biopori dan sumur resapan untuk penampungan air di beberapa wilayah operasinya. Salah satu yang terbesar adalah danau buatan seluas 1,8 hektare di kawasan Mandiri University, Wijayakusuma. Kapasitas tampung ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan penggunaan air perusahaan, yang pada tahun 2024 mencapai 663.164 m3.

    Selain di wilayah perusahaan, Bank Mandiri juga mendukung ketersediaan dan akses air bersih bagi masyarakat. Upaya ini sejalan dengan semangat perayaan hari air sedunia untuk berperan dalam pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan.

    Melalui program Mandiri Sahabat Desa Kolaborasi Manunggal Air dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), bank BUMN ini telah menyalurkan bantuan pada masyarakat di 4 kabupaten, yakni Banyumas, Temanggung, Pandeglang, dan Nabire pada Desember tahun lalu. Sebanyak 3.719 keluarga di 17 desa telah mendapatkan bantuan akses air bersih untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

    Pihaknya meyakini dengan mendukung akses masyarakat ke kebutuhan pokok merupakan langkah untuk mewujudkan salah satu pilar keberlanjutan Bank Mandiri yakni, sustainability beyondbanking, yang berfokus untuk mendorong pertumbuhan dampak sosial dalam mewujudkan SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Di mana berbagai program ini telah sejalan sejalan dengan TBP nomor 6 terkait Air bersih dan sanitasi layak dan nomor 11 kota dan pemukiman yang berkelanjutan.

    (akd/akd)

  • Mandiri Taspen libatkan 380 ribu nasabah dalam Tiga Pilar Mantap

    Mandiri Taspen libatkan 380 ribu nasabah dalam Tiga Pilar Mantap

    kami selalu meningkatkan kuantitas maupun kualitas Program Mantap Pilar tiap tahun

    Jakarta (ANTARA) – Bank Mandiri Taspen telah melibatkan sebanyak 380 ribu nasabah dalam Program Tiga Pilar Mantap, yaitu program yang terdiri atas Mantap Sehat, Mantap Aktif dan Mantap Sejahtera.

    “Kami berkomitmen dalam menyelenggarakan Program Mantap Pilar. Karena itu, kami selalu meningkatkan kuantitas maupun kualitas Program Mantap Pilar tiap tahun,” ujar Corporate Secretary Bank Mandiri Taspen Errinto Pardede di Jakarta, Jumat.

    Salah satu Program Pilar Mantap Sehat adalah fasilitas Klinik Dokter yang hadir di 155 titik Kantor Cabang Bank Mandiri Taspen. Artinya, dari 239 Kantor Cabang Bank Mandiri Taspen, hampir semua sudah memiliki Klinik Kesehatan.

    Di klinik tersebut, nasabah dapat memeriksa kesehatan tanpa dipungut biaya dan mendapatkan obat selama 7 hari pertama setiap bulan.

    Karena itu, banyak nasabah pensiunan yang mengambil gaji pensiun sekaligus kontrol kesehatan di klinik-klinik itu.

    Lebih lanjut, lewat Mantap Sehat, Bank Mandiri Taspen juga sudah menyelenggarakan Mantap Melihat, yaitu operasi katarak bagi nasabah dan keluarga yang sepenuhnya dibiayai oleh Bank. Mantap Melihat diselenggarakan di Jakarta, Surabaya, Medan dan Makassar.

    Dalam hal Program Pilar Mantap Sejahtera, Bank Mandiri Taspen menciptakan berbagai program menarik yang dapat membantu para nasabah pensiunan dalam menyalurkan minat wirausahanya.

    Baru-baru ini, Bank Mandiri Taspen meluncurkan Toko Frozen Mantap, bekerja sama dengan Fiesta. Ini merupakan program terbaru Mantap Sejahtera.

    Sebelumnya, Bank Mandiri Taspen sudah meluncurkan Program Agen Kurir Mantap, bekerja sama dengan TIKI. Fasilitas yang disediakan bagi nasabah yang berminat usaha logistik.

    Namun, dari seluruh Program Mantap Sejahtera, yang paling tinggi peminat adalah Program Warung Mantap Sejahtera. Sebanyak lebih dari 100 nasabah sudah menjadi wirausaha lewat program ini. Bank Mandiri Taspen juga melakukan pendampingan agar usaha tersebut betul-betul berhasil.

    Pewarta: Imamatul Silfia
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Daftar Lokasi ATM Uang Rp 10.000 & Rp 20.000 di Jabodetabek

    Daftar Lokasi ATM Uang Rp 10.000 & Rp 20.000 di Jabodetabek

    Jakarta

    Menjelang Lebaran, permintaan akan uang pecahan biasanya meningkat, terutama untuk dibagikan sebagai tunjangan hari raya (THR) kepada sanak saudara terdekat.

    Bagi yang belum menukar uang baru di bank, jangan khawatir! Ada beberapa mesin ATM dari Bank BNI dan Mandiri yang menyediakan pecahan Rp 10.000 dan Rp 20.000.

    Berdasarkan informasi dari layanan call center Bank BNI di akun resmi X-nya @BNI, BNI hanya menyediakan pecahan Rp 20.000 di wilayah Jakarta, Tangerang, Depok. Berikut lokasinya:

    Jakarta

    – Lobby Selatan Gedung KB 3
    Jl. Jend.Sudirman Kav 1, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat 10220

    – KCU Harmoni 2
    Komp. Duta Merlin Blok A 1-2-3, Jl. Gajah Mada No. 3-5

    – Direktorat Anggaran Ged L Kemenkeu,
    Jl. Lapangan Banteng Timur Jakarta Pusat

    – KC Pecenongan
    Jl. Pecenongan Raya No. 52 – Jakarta Pusat

    – KCP Krekot
    Jl. H. Samanhudi No. 15-A Jakarta Pusat

    – KCP Mercu Buana
    Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat

    – Trisakti Kampus B
    Jl. Kyai Tapa No. 260, Jakarta Barat

    – KCP UNTAR 1
    Gd. Untar I, Jl. Letjen. S. Parman No. 1 Jakarta Barat

    – Universitas Trisakti (GEMA)
    Univ. Trisakti kampus A, Jl. Kyai Tapa Jakarta Barat

    – Universitas Pertamina
    JL.Teuku Nyak Arief RT 07 / RW 08 Simprug Kebayoran

    Tangerang

    – Alfamart Sepatan 2
    Jl. Raya Mauk Sepatan KM 11, RT 002/02 Tangerang

    – KCP UIN 1
    Jl. Raya Ciputat, Tangerang Selatan

    Depok

    – Kantor Cabang BNI UI, Komplek Kampus UI Depok (Gedung Perpustakaan Pusat UI Depok)

    – FIK UI, Kampus UI Depok, Gedung FIK UI, Jl. Prof. DR. Bahder Djohan

    – Balairung UI Depok, Komplek Kampus UI Depok (Gedung Balairung UI Depok)

    Selain Bank BNI, Bank Mandiri juga menyediakan ATM Setor Tarik dengan denominasi Rp 10.000 dan Rp 20.000 di Bekasi, Jakarta, dan Bogor. Dilansir dari laman resmi, beirkut lokasi ATM Bank Mandiri pecahan Rp 10.000 dan Rp 20.000:

    Bekasi

    – BKS CB POOLTMNGALAXY 043, Jl. Raya Galaxy Blok H 19, Bekasi, Kota Bekasi
    – BKS CB JUANDA 02, Jl. Insinyur H. Juanda No.155, Bekasi Jaya, Kec. Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat 17112

    Jakarta

    – Jl. Sunda No.1, RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350
    – Jl. Pd. Klp. Indah No.22-23, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13450
    – Jl. RP. Soeroso No.2 RT.10/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10330
    – Jl. Insinyur H. Juanda No.155, Bekasi Jaya, Kec. Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat 17112
    – Gedung Plaza Mandiri, Jl. Jend Gatot Subroto Kav. 36-38
    – Jl. Melawai 9 No.50 Kelurahan Kecamatan Kebayoran Baru
    – JKT SB BENDUNGAN HILIR 02, Jl. Bendungan Hilir No.82, RW.3, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10210

    Bogor
    Jl. Raya Taman Safari, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750

    (hns/hns)

  • Ketua DK OJK ungkap isi rapat Presiden dengan dirut Himbara

    Ketua DK OJK ungkap isi rapat Presiden dengan dirut Himbara

    (Rapat) soal inklusi keuangan ya. Jadi, inklusi keuangan ini termasuk soal kepemilikan rekening bank, dan penyaluran program pemerintah. Jadi, aspek itu

    Jakarta (ANTARA) – Ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar mengungkap isi rapat Presiden Prabowo Subianto dengan empat direktur utama himpunan bank milik negara (Himbara) yaitu BTN, BRI, BNI, dan Bank Mandiri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

    Rapat itu berlangsung pada Jumat siang sebelum Presiden memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden pada sore hari.

    “(Rapat) soal inklusi keuangan ya. Jadi, inklusi keuangan ini termasuk soal kepemilikan rekening bank, dan penyaluran program pemerintah. Jadi, aspek itu,” kata Mahendra Siregar menjawab pertanyaan wartawan saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat malam.

    Dia kemudian menjelaskan inklusi keuangan itu tujuannya antara lain untuk membantu penyaluran bantuan sosial (bansos) agar tepat sasaran, termasuk juga penyaluran subsidi agar dapat langsung diterima oleh mereka-mereka yang berhak.

    “Ini keseluruhan, buat bansos, subsidi, program sosial lain. Ini diharapkan bisa langsung ke pihak yang dituju dengan proses rekening masing-masing,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK.

    Oleh karena itu, Presiden memanggil direktur utama bank-bank Himbara agar mempercepat kepemilikan rekening bank oleh masyarakat penerima bansos ataupun sasaran subsidi.

    “Ada lewat Himbara, dan Kantor Pos juga,” kata Mahendra.

    Di lokasi yang sama dalam kesempatan terpisah, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga mengungkap isi rapat Presiden dengan petinggi bank-bank Himbara membahas inklusi keuangan.

    “Jumlah orang Indonesia yang sudah punya fasilitas perbankan itu mencapai 89 persen, yang bisa menggunakan sudah relatif tinggi,” kata Airlangga.

    Walaupun demikian, masih ada kelompok-kelompok masyarakat yang membutuhkan literasi mengenai perbankan, termasuk kepemilikan rekening.

    “Dari segi spasial, beberapa daerah sudah baik, kecuali di Maluku Utara, Halmahera, kurang baik. Jadi (butuh Himbara untuk membantu) jelaskan literasi keuangan, maka ke depan didorong lagi terkait dengan pembelajaran agar bisa memanfaatkan rekening dan tahu risiko investasi,” kata Airlangga.

    Dalam rapat itu, Presiden pun memerintahkan bank-bank Himbara untuk terus gencar meningkatkan literasi masyarakat mengenai perbankan.

    “Ini ke arah literasi keuangan, ditingkatkan capaiannya,” kata Menko Airlangga.

    Di Istana Kepresidenan Jakarta, Presiden memimpin rapat terbatas dengan beberapa menteri dan empat direktur utama bank Himbara, yaitu Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso, Direktur Utama Bank Negara Indonesia (BNI) Royke Tumilaar, dan Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN) Negara Nixon LP Napitupulu.

    Kemudian, ada juga Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana, dan Ketua DK OJK Mahendra Siregar.

    Jajaran menteri yang mengikuti rapat terbatas siang ini, yaitu Menko Airlangga, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Sosial Saifullah Yusuf.

    Pewarta: Genta Tenri Mawangi
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Prabowo Kumpulkan Bos-bos Bank BUMN di Istana, Kasih Tugas Ini

    Prabowo Kumpulkan Bos-bos Bank BUMN di Istana, Kasih Tugas Ini

    Jakarta

    Para Bos Bank BUMN hari ini, Jumat (21/3/2025), dipanggil Presiden Prabowo Subianto ke Istana, Jakarta. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, dalam pertemuan dengan Prabowo bank-bank BUMN dapat tugas untuk melakukan percepatan inklusivitas keuangan atau angka melek keuangan di Indonesia.

    Airlangga memaparkan sejauh ini masyarakat Indonesia yang sudah punya fasilitas perbankan mencapai 89%. Namun Prabowo ingin agar angka itu bisa jadi lebih tinggi.

    “Jadi jelaskan terkait literasi keuangan. Maka ke depan didorong lagi terkait dengan pembelajaran agar masyarakat bisa memanfaatkan rekening dan tahu risiko investasi,” ungkap Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (21/3/2025).

    Menurut Airlangga Prabowo memberikan tugas khusus kepada bank-bank BUMN untuk mendorong literasi keuangan.

    “Bank BUMN diminta untuk terus mendorong literasi keuangan. Ini ke arah literasi keuangan ditingkatkan capaiannya,” sebut Airlangga.

    Sebagai informasi, Presiden Prabowo Subianto melakukan rapat soal perluasan akses keuangan atau inklusivitas keuangan di tengah masyarakat Indonesia

    Para pejabat di Kabinet Merah Putih merapat ke Istana, mulai dari Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, hingga Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar.

    Beberapa direktur utama bank-bank BUMN juga hadir di Istana. Mulai dari Direktur Utama BTN Nixon Napitupulu, Direktur Utama BRI Sunarso, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, hingga Direktur Utama Bank BNI Royke Tumilaar.

    (hal/hns)

  • Tabel Pinjaman KUR Mandiri 2025 Plafon Lengkap hingga Rp500 Juta, Cicilan Mulai Rp300 Ribu

    Tabel Pinjaman KUR Mandiri 2025 Plafon Lengkap hingga Rp500 Juta, Cicilan Mulai Rp300 Ribu

    PIKIRAN RAKYAT – Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri 2025 hadir sebagai solusi pembiayaan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang membutuhkan tambahan modal kerja atau investasi.

    Program ini menawarkan plafon pinjaman hingga Rp500 juta dengan suku bunga rendah dan persyaratan yang lebih mudah dijangkau.

    Jenis KUR Mandiri 2025

    KUR Super Mikro

    Plafon pinjaman: hingga Rp10 juta Suku bunga: 3% per tahun Jangka waktu: maksimal 3 tahun untuk modal kerja dan 5 tahun untuk investasi

    KUR Mikro

    Plafon pinjaman: > Rp10 juta hingga Rp100 juta Suku bunga: 6% – 9% per tahun Jangka waktu: maksimal 3 tahun untuk modal kerja dan 5 tahun untuk investasi

    KUR Kecil

    Plafon pinjaman: > Rp100 juta hingga Rp500 juta Suku bunga: 6% – 9% per tahun Jangka waktu: maksimal 4 tahun untuk modal kerja dan 5 tahun untuk investasi

    KUR Penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI)

    Plafon pinjaman: hingga Rp100 juta Suku bunga: 6% per tahun Jangka waktu: maksimal 4 tahun

    KUR Khusus

    Plafon pinjaman: hingga Rp500 juta Suku bunga: 6% per tahun Jangka waktu: sesuai ketentuan Bank Mandiri Angsuran KUR Mandiri 2025

    Berikut rincian angsuran KUR Mandiri 2025 berdasarkan plafon dan jangka waktu pinjaman:

    Plafon Rp10 juta

    12 bulan: Rp860.664 24 bulan: Rp443.206 36 bulan: Rp304.219

    Plafon Rp25 juta

    12 bulan: Rp2.151.661 24 bulan: Rp1.108.015 36 bulan: Rp760.548

    Plafon Rp50 juta

    12 bulan: Rp4.303.321 24 bulan: Rp2.216.031 36 bulan: Rp1.521.097

    Plafon Rp100 juta

    12 bulan: Rp8.606.643 24 bulan: Rp4.432.061 36 bulan: Rp3.042.194

    Plafon Rp200 juta

    12 bulan: Rp17.213.286 24 bulan: Rp8.864.122 36 bulan: Rp6.084.387 48 bulan: Rp4.697.006 60 bulan: Rp3.866.560

    Plafon Rp500 juta

    12 bulan: Rp43.033.215 24 bulan: Rp22.160.305 36 bulan: Rp15.210.969 48 bulan: Rp11.742.515 60 bulan: Rp9.666.401 Syarat Pengajuan KUR Mandiri 2025 Warga Negara Indonesia (WNI) Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah Tidak memiliki pinjaman lain di bank, kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, atau kartu kredit Usaha telah berjalan minimal 6 bulan Memiliki usaha produktif dan layak Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kartu Keluarga (KK) Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU) dari kelurahan atau RT/RW NPWP untuk pinjaman di atas Rp50 juta Cara Mengajukan KUR Mandiri 2025 Datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa dokumen persyaratan. Isi formulir pengajuan KUR yang disediakan oleh petugas bank. Petugas akan memverifikasi data dan melakukan survei usaha. Jika pengajuan disetujui, pemohon akan diminta menandatangani perjanjian kredit. Dana pinjaman akan dicairkan sesuai ketentuan yang berlaku.

    KUR Mandiri 2025 menjadi pilihan tepat bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnis dengan pembiayaan ringan dan persyaratan mudah. Informasi lebih lanjut bisa didapatkan dengan menghubungi customer service Bank Mandiri di 14000 atau mendatangi kantor cabang terdekat.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Prabowo panggil menteri dan dirut Himbara bahas keuangan inklusif

    Prabowo panggil menteri dan dirut Himbara bahas keuangan inklusif

    Jakarta (ANTARA) – Presiden RI Prabowo Subianto memanggil sejumlah menteri dan direktur utama Himpunan Bank Negara (Himbara) untuk membahas mengenai keuangan inklusif di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat.

    “Mungkin mengenai keuangan inklusif,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

    Airlangga tidak menjelaskan lebih rinci mengenai topik pembahasan dalam rapat terbatas (ratas) tersebut.

    Sementara itu, Menteri Sosial Saifullah Yusuf mengatakan dirinya akan melaporkan ke Presiden mengenai persiapan penyelenggaraan sekolah rakyat dan penyaluran bantuan sosial (bansos).

    “Ada dua yang memang kami mau laporkan, pertama tentang sekolah rakyat dan yang kedua tentang penyaluran bansos,” kata pria yang akrab disapa Gus Ipul itu.

    Berdasarkan pantauan ANTARA, selain Airlangga dan Gus Ipul, sejumlah menteri yang hadir yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Investasi dan Hilirisasi Rosan P. Roeslani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Menteri BUMN Dony Oskaria.

    Selain itu, terdapat sejumlah pejabat yang turut hadir, di antaranya Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Sunarso, Direktur Utama Bank Negara Indonesia Royke Tumilaar, Direktur Utama Bank Tabungan Negara Negara Nixon LP Napitupulu.

    elanjutnya Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana, dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan(OJK) Mahendra Siregar.

    Diketahui, pada Jumat sore, Presiden Prabowo juga dijadwalkan menggelar Sidang Kabinet Paripurna (SKP) di Ruang Sidang Kabinet, Istana Kepresidenan RI, Jakarta.

    Sidang kabinet yang digelar dalam suasana bulan puasa ini diharapkan menjadi momentum bagi jajaran Kabinet Merah Putih untuk mempererat sinergi dan kebersamaan dalam menjalankan program-program pemerintah.

    Informasi yang beredar di kalangan wartawan, sidang kabinet dijadwalkan berlangsung sekitar pukul 16.00 WIB.

    Pewarta: Fathur Rochman
    Editor: Laode Masrafi
    Copyright © ANTARA 2025

  • IHSG Bergerak Zig-zag dengan Tendensi Turun ke 6.380,78, Sebanyak  274 Saham Merosot – Halaman all

    IHSG Bergerak Zig-zag dengan Tendensi Turun ke 6.380,78, Sebanyak  274 Saham Merosot – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak liar mengawali perdagangan akhir pekan hari ini, Jumat 21 Maret 2025.

    Mengutip RTI pukul 09.12 WIB, indeks terkoreksi tipis 0,01 persen atau 0,887 poin ke level 6.380,787.

    Sebanyak 274 saham turun, 119 saham naik, dan 193 saham stagnan. Total volume perdagangan 1,45 miliar saham dengan nilai transaksi capai Rp 1,86 triliun.

    Sebanyak 10 indeks sectoral membebani Langkah IHSG pagi ini. Tiga sector dengan penurunan terdalam yakni: IDX-Finance 1,19%, IDX-Cyclic 0,79%, dan IDX-Health 0,68%.

    Saham-saham top losers LQ45:

    – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) turun 3,43%

    – PT Vale Indonesia Tbk (INCO) turun 2,61%

    – PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) turun 2,60%

    Saham-saham top gainers LQ45:

    – PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) naik 2,97%

    – PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) naik 1,36%

    – PT Charoen Pokphand Tbk (CPIN) naik 1,33%

    Pasar saham Asia-Pasifik diperdagangkan mixed pada Jumat (21/3), tertekan oleh kerugian di Wall Street dan ketidakpastian ekonomi AS yang terus membayangi sentimen investor.

    Pergerakan Indeks:

    Australia – S&P/ASX 200 naik 0,12%

    Jepang – Nikkei 225 menguat 0,49%, Topix bertambah 0,27%

    Korea Selatan – Kospi melemah 0,16%, Kosdaq turun lebih dalam 0,86%

    Hong Kong – Hang Seng Index turun 0,56%

    China – CSI 300 naik tipis 0,18%

    Pasar masih mencermati prospek kebijakan moneter global dan perkembangan ekonomi AS, yang menjadi faktor utama dalam volatilitas saham di kawasan.

     

    Laporan Reporter: Yudho Winarto | Sumber: Kontan

  • Cara Pakai QRIS Tap di HP Android dan iPhone, Tak Usah Scan Kode QR

    Cara Pakai QRIS Tap di HP Android dan iPhone, Tak Usah Scan Kode QR

    Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Tap.

    QRIS Tap adalah layanan pembayaran yang menggabungkan teknologi QRIS Consumer Presented Mode (CPM) dengan Near Field Communication (NFC). Teknologi ini, menggunakan jaringan nirkabel jarak dekat yang menggunakan gelombang radio.

    Fitur baru ini bisa dipakai di transportasi layanan umum, Rumah Sakit (RS), Universitas, hingga parkir mal. Saat ini layanan QRIS Tap sudah bisa dilakukan di 2.353 merchant. Dengan rincian, 1.528 ritel, 134 transport, 550 rumah sakit, 138 UMKM dan 3 parkir.

    Adapun pada Maret 2025, QRIS Tap pada transportasi umum baru berlaku di 120 armada JRConn, MRT untuk Stasiun Bundaran HI-Stasiun Lebak Bulus, dan 12 Royal Trans.

    Pengguna cukup mendekatkan ponsel, yang telah mendukung teknologi NFC, ke perangkat pembayaran contactless.

    Lantas, bagaimana cara menggunakan QRIS Tap di ponsel Android dan iPhone?

    Hal pertama yang diperlukan untuk menggunakan QRIS Tap adalah ponsel yang dilengkapi dengan fitur NFC, dan ingat untuk terlebih dahulu mengaktifkannya.

    Cara mengaktifkan NFC cukup mudah. Anda bisa pergi ke Pengaturan atau Setting HP, lalu cari menu NFC, klik, kemudian geser togel untuk mengaktifkannya.

    Jika NFC sudah dipastikan aktif, berikut adalah langkah-langkah menggunakan QRIS Tap:

    Buka aplikasi mobile banking, dompet digital, atau aplikasi pembayaran lain yang mendukung QRIS
    Pastikan fitur NFC sudah aktif
    Pilih menu “QRIS”, lalu pilih fitur “QRIS Tap”
    Pilih sumber dana
    Masukkan PIN untuk mengonfirmasi transaksi
    Dekatkan ponsel ke terminal pembayaran contactless di merchant
    Transaksi selesai

    Ada kurang lebih 15 bank dan layanan dompet digital yang sudah mendapatkan fitur QRIS Tap. Berikut daftar 15 penyedia jasa pembayaran untuk QRIS Tap:

    – PT Bank Rakyat Indonesia (BRI)
    – PT Bank Mega
    – PT Bank CIMB Niaga
    – PT Bank Mandiri
    – PT Bank Negara Indonesia (BNI)
    – PT Bank Central Asia (BCA)
    – PT Bank DKI
    – PT Bank Permata
    – PT Bank Sinarmas
    – PT Bank BPD Bali
    – PT Bank National Nobu
    – Gopay
    – ShopeePay
    – Dana
    – Netzme

    (dem/dem)