BUMN: Bank Mandiri

  • Begini Jurus Bank BUMN Mudahkan Diaspora RI Buka Rekening di Luar Negeri

    Begini Jurus Bank BUMN Mudahkan Diaspora RI Buka Rekening di Luar Negeri

    Jakarta

    PT Bank Mandiri Tbk memiliki inovasi terbaru melalui layanan Livin’ Around The World. Dengan fitur ini, pembukaan rekening dapat dilakukan menggunakan nomor telepon dari lebih dari 119 negara.

    Layanan ini memungkinkan nasabah mengakses fitur multicurrency di tujuh mata uang, investasi Reksa Dana dan SBN, hingga Mandiri Tabungan Rencana. Bank Mandiri juga melengkapi pengalaman nasabah dengan program eksklusif berupa cashback untuk transaksi pertama dan bonus saldo bagi pengguna baru.

    “Inovasi ini merupakan komitmen kami untuk terus berinovasi dan mendekatkan diri kepada nasabah dan masyarakat, termasuk para diaspora serta PMI yang berada di mancanegara,” imbuh Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dalam siaran pers, Minggu (1/12/2024).

    Langkah ini juga merupakan komitmen Bank Mandiri untuk mendukung pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sekaligus mendorong ekonomi kerakyatan melalui program unggulan Mandiri Sahabatku. Dalam acara penutupan Mandiri Sahabatku 2024, lebih dari 900 PMI ikut hadir memeriahkan kegiatan ini.

    Mengusung tema “Menjadi Pengusaha di Negeri Sendiri”, acara ini menegaskan peran Bank Mandiri dalam mendorong semangat kewirausahaan, membangun kelompok belajar, dan memperluas akses layanan keuangan untuk para PMI sebagai bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

    Darmawa menjelaskan program ini merupakan wujud nyata dari peran Bank Mandiri dalam memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekaligus memperkuat perekonomian nasional.

    “Kami berkomitmen untuk memberdayakan PMI agar dapat menjadi pengusaha mandiri di tanah air. Melalui Mandiri Sahabatku, kami memberikan pelatihan dan akses keuangan yang mereka butuhkan,” ujar Darmawan.

    Tahun 2024 menjadi momen penuh pencapaian bagi Mandiri Sahabatku. Lebih dari 1.400 PMI di enam negara antara lain Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Hong Kong, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang telah mengikuti pelatihan keuangan dan pembinaan kewirausahaan, yang mendorong lahirnya pengusaha baru. Melalui acara ini, peserta juga ikut merasakan layanan digital Bank Mandiri dengan membuka 648 rekening baru secara digital, sementara yang lainnya semakin aktif mengoptimalkan solusi transaksi di Livin’ by Mandiri.

    Sebagai bagian dari rangkaian acara, Bank Mandiri menggelar sejumlah kompetisi bergengsi yang dirancang untuk mengapresiasi serta memotivasi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Salah satunya, Best Transactor Mandiri Sekuritas, memberikan penghargaan kepada PMI dengan transaksi investasi tertinggi melalui aplikasi Livin’ by Mandiri.

    Kompetisi Bisnis Masa Depanku juga menarik perhatian, para peserta mempresentasikan gagasan bisnis mereka menggunakan Business Model Canvas, dengan hadiah total mencapai MYR 3.500 dan HKD 6.500. Ajang Berani Usaha menjadi kompetisi utama dengan memberikan penghargaan kepada PMI yang berhasil merintis bisnis mandiri, dengan hadiah senilai HKD 9.000.

    Tak hanya fokus pada PMI, Bank Mandiri juga memberikan penghargaan Best Boss kepada tiga pemberi kerja terbaik di Hong Kong yang telah menunjukkan dukungan luar biasa terhadap pengembangan dan pembelajaran PMI melalui program ini.

    “Kami berharap melalui kompetisi dan penghargaan ini, para PMI tidak hanya mendapatkan apresiasi, tetapi juga dorongan untuk terus mengembangkan potensi mereka dan membawa perubahan positif bagi diri sendiri, keluarga, dan komunitas di tanah air,” imbuh Darmawan.

    Lebih lanjut, seremoni penutupan Mandiri Sahabatku 2024 juga berlangsung meriah dengan penampilan penyanyi Tanah Air Nella Kharisma, fashion show & penampilan angklung karya PMI dan atraksi Reog Ponorogo dari Komunitas Singo Wiromo. Selain itu, tersedia juga area booth Kelompok Belajar PMI binaan Bank Mandiri, layanan konsultasi bisnis gratis, solusi perbankan digital, Mandiri Sekuritas, hingga layanan resmi dari KJRI Hong Kong dalam perhelatan tersebut.

    Sebagai informasi, sejak diluncurkan pada 2011, program Mandiri Sahabatku telah memberdayakan lebih dari 19.000 PMI di enam negara. Dengan dukungan dari berbagai mitra dan mentor, program ini terus mengembangkan komunitas belajar untuk PMI dan purna PMI. Pada tahun 2025, Bank Mandiri menargetkan pelatihan bagi 1.000 PMI, pengembangan komunitas belajar, serta peningkatan literasi dan layanan keuangan bagi seluruh pekerja migran Indonesia, demi mewujudkan cita-cita menjadikan mereka pelaku usaha mandiri yang sukses.

    “Kami percaya bahwa program Mandiri Sahabatku tidak hanya menjadi wadah pemberdayaan PMI, tetapi juga langkah nyata dalam mendukung mereka untuk kembali ke tanah air sebagai wirausahawan yang mandiri dan berdaya saing,” pungkasnya.

    (/kil)

  • Bank Mandiri Rilis Livin’ by Mandiri di Timor-Leste untuk Perkuat Bisnis Internasional – Page 3

    Bank Mandiri Rilis Livin’ by Mandiri di Timor-Leste untuk Perkuat Bisnis Internasional – Page 3

    Sedangkan SEVP International Banking & Financial Institutions Bank Mandiri, Abu Santosa Sudradjat menambahkan, dengan semakin berkembangnya teknologi digital, Bank Mandiri terus menghadirkan solusi yang relevan dan mendukung kebutuhan masyarakat di Timor-Leste. Livin’ by Mandiri Timor-Leste menawarkan kemudahan untuk transaksi keuangan nasabah termasuk melalui penggunaan QR transfer serta kemudahan untuk melakukan pengecekan saldo, mutasi rekening serta informasi perbankan lainnya. 

    “Kehadiran Livin’ by Mandiri Timor-Leste diharapkan dapat menjadi solusi keuangan digital bagi seluruh elemen masyarakat sehingga dapat mendorong terwujudnya cashless ecosystem di Timor-Leste baik di sektor pemerintahan maupun swasta khususnya dalam pengembangan digital retail transaction,” ujar Abu.

    Adapun General Manager Bank Mandiri Timor-Leste, Hari Nugroho Sujiono, menyatakan Bank Mandiri Timor-Leste telah beroperasi sebagai bank komersial di Timor-Leste sejak 2003 dan telah memberikan layanan perbankan melalui produk dan solusi keuangan kepada lebih dari 40.000 nasabah individu dan perusahaan. 

    Hingga Oktober 2024, Bank Mandiri di Timor-Leste telah menjadi Bank Asing terbesar dengan total asset mencapai USD 867 Juta, yang diharapkan dapat terus meningkat seiring dengan penerapan inisiatif aplikasi perbankan tersebut.

  • Perkuat Bisnis Internasional, Bank Mandiri Rilis Livin’ by Mandiri Timor-Leste

    Perkuat Bisnis Internasional, Bank Mandiri Rilis Livin’ by Mandiri Timor-Leste

    Dili, Beritasatu.com – Bank Mandiri menegaskan peran sebagai agen pembangunan dan pencipta nilai dengan memperkuat daya saing Indonesia melalui optimalisasi peranan kantor luar negeri (KLN). Dengan berbagai produk keuangan dan solusi yang ditawarkan, KLN Bank Mandiri mampu memfasilitasi berbagai kebutuhan bagi pelaku usaha dari UMKM hingga wholesale maupun nasabah ritel di mancanegara.

    Sebagai upaya mengoptimalkan bisnis internasional, Bank Mandiri kini meluncurkan Livin’ by Mandiri Timor-Leste sebagai strategi dalam membantu memenuhi kebutuhan layanan transaksi finansial di dalam genggaman tangan nasabah. Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Eka Fitria menyatakan, peluncuran produk Livin’ by Mandiri Timor-Leste ini sebagai bentuk nyata dari komitmen perseroan untuk terus mendukung kebutuhan finansial seluruh nasabah di Timor-Leste.

    Rangkaian Peluncuran Livin’ by Mandiri Timor-Leste juga bertepatan dengan National Saving Day Timor-Leste pada 29 November. Livin’ by Mandiri Timor-Leste hadir sebagai persembahan untuk Timor-Leste dan dalam rangka mendukung program digitalisasi keuangan Banco Central de Timor-Leste (BCTL). Acara ini turut dihadiri oleh Presiden Timor-Leste José Ramos-Horta, Perdana Menteri (PM) Timor-Leste Xanana Gusmão, Duta Besar LBBP Republik Indonesia untuk Republik Demokratik Timor-Leste, Okto Dorinus Manik, Gubernur Banco Central de Timor-Leste (BCTL) Helder Lopes dan ratusan undangan lainnya.

    “Melalui Livin’ by Mandiri Timor-Leste, kami berupaya untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi perbankan secara digital, kapan saja dan di mana saja. Ini merupakan komitmen kami untuk terus berinovasi dan sebagai kado spesial untuk Masyarakat Timor-Leste pada National Saving Day,” ujar Eka.

    Sedangkan SEVP International Banking & Financial Institutions Bank Mandiri, Abu Santosa Sudradjat menambahkan, dengan semakin berkembangnya teknologi digital, Bank Mandiri terus menghadirkan solusi yang relevan dan mendukung kebutuhan masyarakat di Timor-Leste. Livin’ by Mandiri Timor-Leste menawarkan kemudahan untuk transaksi keuangan nasabah termasuk melalui penggunaan QR transfer serta kemudahan untuk melakukan pengecekan saldo, mutasi rekening serta informasi perbankan lainnya.

    “Kehadiran Livin’ by Mandiri Timor-Leste diharapkan dapat menjadi solusi keuangan digital bagi seluruh elemen masyarakat sehingga dapat mendorong terwujudnya cashless ecosystem di Timor-Leste baik di sektor pemerintahan maupun swasta khususnya dalam pengembangan digital retail transaction,” ujar Abu.

    Adapun General Manager Bank Mandiri Timor-Leste, Hari Nugroho Sujiono, menyatakan Bank Mandiri Timor-Leste telah beroperasi sebagai bank komersial di Timor-Leste sejak 2003 dan telah memberikan layanan perbankan melalui produk dan solusi keuangan kepada lebih dari 40.000 nasabah individu dan perusahaan.

    Hingga Oktober 2024, Bank Mandiri di Timor-Leste telah menjadi Bank Asing terbesar dengan total asset mencapai US$ 867 Juta, yang diharapkan dapat terus meningkat seiring dengan penerapan inisiatif aplikasi perbankan tersebut.

  • Bank Mandiri dan Tzu Chi Luncurkan Kartu Kredit Berbasis Donasi dan Layanan Filantropi Digital di Livin’

    Bank Mandiri dan Tzu Chi Luncurkan Kartu Kredit Berbasis Donasi dan Layanan Filantropi Digital di Livin’

    Jakarta: Bank Mandiri kembali memperkuat komitmennya dalam menghadirkan solusi keuangan yang efisien sekaligus memberikan dampak positif bagi masyarakat. Komitmen ini diwujudkan melalui kolaborasi dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama untuk peluncuran kartu kredit Mandiri Tzu Chi Card dan layanan digital Tzu Chi Donasi di aplikasi Livin’ by Mandiri di Jakarta pada Kamis, 28 November 2024.
     
    Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kolaborasi ini mencerminkan semangat berbagi kebaikan yang terintegrasi dalam teknologi perbankan.
     
    “Mandiri Tzu Chi Card merupakan inovasi yang menjembatani kebutuhan transaksi sehari-hari dengan keinginan untuk berkontribusi dalam aksi kemanusiaan. Setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kartu ini secara otomatis berkontribusi sebagai donasi ke Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia,” terangnya.
    Untuk memberikan insentif lebih, nasabah baru akan langsung memberikan sumbangan awal sebesar Rp300.000 yang disalurkan langsung ke yayasan tersebut. Selain manfaat sosial, Mandiri Tzu Chi Card juga menawarkan berbagai keunggulan, seperti bonus hingga tiga kali Livin’poin untuk transaksi di merchant pilihan dan kebijakan bebas biaya tahunan seumur hidup.
     
    “Kami berharap melalui Mandiri Tzu Chi Card ini, kami dapat menghadirkan nilai tambah, tidak hanya kemudahan transaksi finansial, tetapi juga dalam mendukung berbagai program sosial yang diselenggarakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Ini adalah langkah kami untuk mendukung masyarakat dalam berbagi kebaikan, tanpa batas,” imbuhnya.
     
    Kartu ini, lanjut Darmawan, turut memberikan akses tambahan ke berbagai layanan dan fitur di Livin’ by Mandiri, termasuk Virtual Card untuk akses informasi kredensial kartu secara virtual. Lalu, kemudahan transaksi QRIS dengan sumber dana kartu kredit, serta fitur Power Installment untuk mengubah transaksi menjadi cicilan hingga 36 bulan, dan Power Cash untuk penarikan dana instan dengan bunga mulai dari 0 persen.
     
    Dalam kesempatan yang sama, Bank Mandiri turut memperkenalkan layanan Tzu Chi Donasi yang tersedia melalui fitur Sukha pada aplikasi Livin’ by Mandiri. Layanan ini memungkinkan masyarakat untuk berdonasi secara digital dengan mudah, cepat, dan transparan.
     
     

     
    Dengan memanfaatkan keunggulan teknologi, layanan ini mendorong inklusi sosial sekaligus mengubah cara masyarakat memandang aktivitas filantropi sebagai bagian dari rutinitas harian.
     
    Untuk memanfaatkan layanan Tzu Chi Donasi melalui fitur Sukha di aplikasi Livin’ by Mandiri, pengguna dapat mengikuti beberapa langkah sederhana. Pertama, buka aplikasi Livin’ by Mandiri dan pilih fitur Sukha yang terletak di halaman utama. Selanjutnya, gulir ke bagian Donation & Zakat dan pilih layanan Tzu Chi untuk melihat berbagai kampanye yang tersedia. Setelah menemukan program yang ingin didukung, klik Donasi Sekarang untuk memulai proses donasi.
     
    Pada langkah berikutnya, pengguna diminta memasukkan jumlah donasi serta nama pemberi donasi. Kemudian, memilih sumber dana untuk pembayaran donasi, dan dalam hitungan detik, donasi akan langsung tersalurkan ke Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Pengguna juga dapat memantau pengelolaan dana donasi tersebut.
     
    Bank Mandiri berharap kolaborasi ini dapat membantu Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memperluas jangkauan program-program sosial mereka di bidang kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.
     
    “Dengan kemudahan donasi digital, kami optimis semakin banyak masyarakat yang terlibat dalam aksi filantropi, sehingga menciptakan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat,” ujar Darmawan.
     
    Sebagai informasi, hingga akhir Oktober 2024 jumlah nasabah Mandiri Kartu Kredit telah menembus dua juta nasabah, meningkat 8 persen secara year on year (YoY). Selain itu, pada periode yang sama realisasi volume transaksi Mandiri Kartu Kredit terus meningkat, mencapai Rp54,1 triliun atau naik sebesar 32 persen secara tahunan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Dukung Pertumbuhan Wirausaha di Indonesia, Bank Mandiri Taspen Gelar Program Mantapreneur Naik Kelas di Bandung

    Dukung Pertumbuhan Wirausaha di Indonesia, Bank Mandiri Taspen Gelar Program Mantapreneur Naik Kelas di Bandung

    JABAR EKSPRES – Mendukung pertumbuhan wirausaha di Indonesia, PT Bank Mandiri Taspen kembali menunjukkan komitmennya dengan menggelar kegiatan melalui program Mantapreneur Naik Kelas yang diselenggarakan di Kimaya Hotel Braga, Bandung, pada Kamis, 28 November 2024.

    Program ini merupakan bagian dari upaya Bank Mandiri Taspen untuk memberdayakan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas usahanya.

    Kegiatan Mantapreuneur Naik Kelas Bandung ini merupakan pelaksanaan acara yang ke-3 setelah sebelumnya dilaksanakan di Jakarta dan Surabaya yang merupakan wujud konsistensi Bank Mandiri Taspen dalam memberdayakan Nasabah lewat pilar Mantap Sejahtera, Agar nasabah khususnya pensiunan terus produktif dan sejahtera.

    Mengusung tema “Meningkatkan Kapabilitas UMKM untuk Bertumbuh dan Berdaya Saing,” kegiatan ini menghadirkan serangkaian agenda yang dirancang untuk mendukung perkembangan UMKM, seperti pelatihan kewirausahaan, konsultasi bisnis, hingga motivasi dari para pakar dan praktisi yang berpengalaman. Acara ini juga dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk perwakilan pemerintah, komunitas UMKM, dan media massa.

    Division Head Corporate Secretary & Legal PT Bank Mandiri Taspen, Errinto S.P Pardede menyampaikan, Melalui program Mantapreneur Naik Kelas, pihaknya ingin memberikan kontribusi nyata dalam memajukan UMKM di Indonesia.

    “Bandung dipilih sebagai salah satu kota pelaksanaan karena potensinya yang besar dalam sektor UMKM. Kami berharap program ini dapat memberikan inspirasi dan solusi bagi pelaku usaha dalam menghadapi tantangan bisnis,” ujar Errinto, Kamis (28/11/2024).

    Menurutnya, dengan pelatihan yang komprehensif dan dukungan penuh dari Bank Mandiri Taspen, diharapkan para peserta dapat mengembangkan bisnis mereka secara signifikan dan naik ke level yang lebih tinggi.

    Errinto memaparkan, Mantapreuneur Naik Kelas juga merupakan program pelatihan dengan skema bootcamp bagi Mantapreneur Bank Mandiri Taspen terpilih (50 dari +/- 2.000 orang) untuk diberikan training soft skill kewirausahaan oleh Trainer/Konsultan terpercaya sehingga dapat meningkatkan kompetensi Wirausaha, juga diharapkan dapat menjadi:

    Influencer Bank Mandiri Taspen yaitu Mantapreneur yang dapat menceritakan keunggulan Bank Mandiri Taspen melalui media sosial atau dari mulut ke mulut (saat ini sudah ada 7 orang influencer dari hasil pelatihan Mantapreneur sebelumnya)Duta WMS Bank Mandiri Taspen, yaitu Mantapreneur yang mampu berbagi pengalamannya menjadi wirausaha di masa pensiun kepada calon–calon pensiunan lainnya dengan keikutsertaannya di acara sosialisasi–sosialisasi yang dilaksanakan oleh Kantor Cabang (saat ini sudah ada 18 Duta WMS dari hasil pelatihan Mantapreneur sebelumnya)Mentor usaha Bank Mandiri Taspen, yaitu Mantapreneur yang menjadi Mentor, mampu berbagi teknik berwirausaha, memberikan pelatihan teori juga praktek sesuai bidang usaha yang ditekuni kepada peserta–peserta Pelatihan WMS yang dilaksanakan oleh Kantor Cabang (saat ini sudah ada 3 Mentor dari hasil pelatihan Mantapreneur sebelumnya)

  • Bank Mandiri Gandeng Tzu Chi Luncurkan Kartu Kredit Donasi dan Layanan Filantropi – Page 3

    Bank Mandiri Gandeng Tzu Chi Luncurkan Kartu Kredit Donasi dan Layanan Filantropi – Page 3

    Bank Mandiri turut memperkenalkan layanan Tzu Chi Donasi yang tersedia melalui fitur Sukha pada aplikasi Livin’ by Mandiri. Layanan itu pun memungkinkan masyarakat untuk berdonasi secara digital dengan mudah, cepat, dan transparan.

    Dengan memanfaatkan keunggulan teknologi, layanan ini mendorong inklusi sosial sekaligus mengubah cara masyarakat memandang aktivitas filantropi sebagai bagian dari rutinitas harian.

    Untuk memanfaatkan layanan Tzu Chi Donasi melalui fitur Sukha di aplikasi Livin’ by Mandiri, pengguna dapat mengikuti beberapa langkah sederhana:

    1. Buka aplikasi Livin’ by Mandiri dan pilih fitur Sukha yang terletak di halaman utama.

    2. Gulir ke bagian Donation & Zakat dan pilih layanan Tzu Chi untuk melihat berbagai kampanye yang tersedia.

    3. Setelah menemukan program yang ingin didukung, klik Donasi Sekarang untuk memulai proses donasi.

    4. Berikutnya, pengguna diminta memasukkan jumlah donasi serta nama pemberi donasi.

    5. Pilih sumber dana untuk pembayaran donasi, dan dalam hitungan detik, donasi akan langsung tersalurkan ke Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

    “Dengan kemudahan donasi digital, kami optimis semakin banyak masyarakat yang terlibat dalam aksi filantropi, sehingga menciptakan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat,” ujar Darmawan.

     

    (*)

  • Bank Mandiri Raih 2 Penghargaan Bergengsi di Ajang Investor Daily ESG Appreciation Night 2024

    Bank Mandiri Raih 2 Penghargaan Bergengsi di Ajang Investor Daily ESG Appreciation Night 2024

    Jakarta, Beritasatu.com  – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meraih dua penghargaan bergengsi dari ajang apresiasi Investor Daily Indonesia Environmental, Social and Governance (ESG) Appreciation Night 2024 yakni dalam kategori Most Appreciated ESG Report dan Appreciated Diversity Inclusivity ESG Report.

    Dua penghargaan ini diterima secara langsung oleh Adam Zahir, Vice President ESG Group Bank Mandiri, di Hotel The Westin Jakarta pada Selasa (25/11/2024) malam. Bank Mandiri juga mengapresiasi penghargaan dan inisiatif baik Investor Daily kepada perusahaan atas upaya dalam mendukung kegiatan usaha ESG. 

    “Bank Mandiri dengan bangga menerima dua penghargaan bergengsi ini sekaligus. kami percaya seluruh laporan perusahaan dalam ESG Report adalah cerminan dari inisiatif nyata yang dijalankan untuk mendukung keberlanjutan, inklusivitas, serta dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat, lingkungan, dan wider stakeholders,” jelas Adam dalam keterangan resminya, Senin (25/11/2024).

    Sejauh ini, Bank Mandiri telah berkomitmen untuk menjadikan keberlanjutan sebagai pilar utama dalam strategi bisnis. Bank Mandiri sendiri memiliki visi untuk menjadi Sustainability Champion di Indonesia, yang diwujudkan dalam tiga pilar ESG Strategy sebagai landasan dalam setiap aktivitas bisnis dan operasional.

    “Tiga pilar strategis itu diantaranya Pilar Sustainable Banking sebagai komitmen  mendukung ekonomi rendah karbon, Pilar Sustainable Operations untuk mendukung komitmen NZE in Operations pada tahun 2030, dan Pilar Sustainability Beyond Banking sebagai komitmen pemberdayaan masyarakat dan mendukung pencapaian SDGs,” lanjutnya.

    Bank Mandiri menekankan, keberlanjutan telah menjadi prioritas utama bank yang terintegrasi dalam strategi jangka pendek, menengah, dan panjang. Bank Mandiri juga memastikan seluruh direksi, stakeholders, dan karyawan menjadikan keberlanjutan sebagai fokus utama dalam pekerjaan dan pengambilan keputusan.

    Dengan visi yang terarah, budaya keberlanjutan yang tertanam kuat, investasi strategis dalam teknologi hijau, dan transparansi tinggi dalam memantau kemajuan, Bank Mandiri berkomitmen untuk menjadi motor penggerak keberlanjutan yang memberikan dampak nyata bagi pembangunan Indonesia.

    Langkah ini tidak hanya menciptakan nilai positif bagi masyarakat dan lingkungan, tetapi juga memperkuat posisi Bank Mandiri sebagai institusi keuangan yang tangguh dan inovatif. Komitmen ini dirancang untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang perusahaan, meningkatkan kepercayaan para pemegang saham, dan menciptakan nilai berkelanjutan yang kompetitif di pasar global.

    Sementara itu, Bank Mandiri telah menerapkan diversity and inclusivity dimana ini menjadi elemen penting dalam prinsip Sustainability. Hal ini tercermin pada komposisi karyawan per September 2024, dimana 52% dari total karyawan adalah perempuan, dan 46% dari posisi manajerial juga diisi oleh perempuan. Hal ini menunjukkan keberhasilan dalam menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, di mana perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan memimpin.

    “Bank Mandiri juga menerapkan kesetaraan gaji dan remunerasi antara perempuan dan laki-laki pada setiap level jabatan dengan rasio 1:1, memastikan tidak ada kesenjangan dalam hal penghasilan. Kami juga menyediakan program Mandiri Women Leader, mentoring, dan pelatihan kepemimpinan dirancang untuk mengembangkan potensi perempuan di seluruh organisasi,” lanjutnya.

    Dengan berbagai langkah konkret tersebut, visi yang terarah, budaya keberlanjutan yang tertanam kuat, investasi strategis dalam teknologi hijau, dan transparansi tinggi dalam memantau kemajuan, Bank Mandiri berkomitmen untuk terus menjadi motor penggerak keberlanjutan yang memberikan dampak nyata bagi Indonesia.

  • Sinta Nuriyah Raih Penghargaan Lifetime Achievement People of The Year 2024

    Sinta Nuriyah Raih Penghargaan Lifetime Achievement People of The Year 2024

    Jakarta: Metro TV menganugerahkan Lifetime Achievement Peopler of The Year 2024 kepada Sinta Nuriyah pada Selasa, 26 November 2024. Mengutip laman Gusdurian.net, penghargaan itu diberikan lantaran istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu dinilai telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan, hak perempuan, dan toleransi antaragama di Indonesia.

    “Bagi saya, penghargaan ini luar biasa. Apa yang saya lakukan sebenarnya bukan apa-apa. Namun, ketika orang-orang menerima dan senang dengan apa yang saya lakukan, saya juga ikut senang. Itu yang membuat saya bangga,” ungkap Nyai Sinta seperti dikutip Metrotvnews pada Rabu, 27 November 2024.

    Keberanian Sinta Nuriyah dalam menyuarakan Islam toleran serta memperjuangkan kelompok minoritas di Indonesia menjadikannya figur inspiratif bagi banyak generasi untuk membangun kehidupan berbangsa yang lebih positif dan inklusif.
     

    Selain Sinta Nuriyah, sejumlah tokoh yang menerima penghargaan People of The Year 2024 yaitu, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, dalam kategori person of the year, Direktur Information Technology Bank Mandiri Timothy Utama kategori Digital Transformation Leader, dan Anggota Dewan Pembina Perludem, Titi Anggraini kategori Penjaga Demokrasi. 

    Ajang People of The Year ini merupakan acara tahunan yang digagas oleh Metro TV. Melalui penghargaan ini Metro TV konsisten mengapresiasi sejumlah tokoh dan lembaga Tanah Air atas dedikasi dan upaya mereka dalam memberikan perubahan positif. 

    Penghargaan ini diadakan setiap tahun dalam rangka memperingati HUT Metro TV yang jatuh pada tanggal 25 November.

    Jakarta: Metro TV menganugerahkan Lifetime Achievement Peopler of The Year 2024 kepada Sinta Nuriyah pada Selasa, 26 November 2024. Mengutip laman Gusdurian.net, penghargaan itu diberikan lantaran istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu dinilai telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan, hak perempuan, dan toleransi antaragama di Indonesia.
     
    “Bagi saya, penghargaan ini luar biasa. Apa yang saya lakukan sebenarnya bukan apa-apa. Namun, ketika orang-orang menerima dan senang dengan apa yang saya lakukan, saya juga ikut senang. Itu yang membuat saya bangga,” ungkap Nyai Sinta seperti dikutip Metrotvnews pada Rabu, 27 November 2024.
     
    Keberanian Sinta Nuriyah dalam menyuarakan Islam toleran serta memperjuangkan kelompok minoritas di Indonesia menjadikannya figur inspiratif bagi banyak generasi untuk membangun kehidupan berbangsa yang lebih positif dan inklusif.
     

    Selain Sinta Nuriyah, sejumlah tokoh yang menerima penghargaan People of The Year 2024 yaitu, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, dalam kategori person of the year, Direktur Information Technology Bank Mandiri Timothy Utama kategori Digital Transformation Leader, dan Anggota Dewan Pembina Perludem, Titi Anggraini kategori Penjaga Demokrasi. 
     
    Ajang People of The Year ini merupakan acara tahunan yang digagas oleh Metro TV. Melalui penghargaan ini Metro TV konsisten mengapresiasi sejumlah tokoh dan lembaga Tanah Air atas dedikasi dan upaya mereka dalam memberikan perubahan positif. 
     
    Penghargaan ini diadakan setiap tahun dalam rangka memperingati HUT Metro TV yang jatuh pada tanggal 25 November.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (MBM)

  • Titi Anggraini Terima Penghargaan People of The Year 2024 Kategori Penjaga Demokrasi

    Titi Anggraini Terima Penghargaan People of The Year 2024 Kategori Penjaga Demokrasi

    Jakarta: Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini meraih penghargaan sebagai Penjaga Demokrasi dalam ajang People of The Year 2024 yang digelar Metro TV pada Selasa, 26 November 2024. Titi dinilai memenuhi kriteria untuk meraih penghargaan tersebut. 

    Titi tercatat pada 2005 mendirikan Perludem bersama sejumlah tokoh. Titi pun dinilai berperan penting dalam memperkuat demokrasi melalui advokasi keterwakilan perempuan, pemantauan pemilu, serta pengawasan terhadap lembaga pemilu seperti KPU dan Bawaslu.

    Pada 2008-2010, Titi pun pernah menjabat Koordinator Tim Ahli di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Selanjutnya, pada 2010-2020 menjabat sebagai Direktur Eksekutif Perludem selama 10 tahun.

    Kemudian pada 2024, sebagai Anggota Dewan Pembina Perludem, Titi memberikan catatan penting terkait putusan Mahkamah Konstitusi dalam sengketa Pilpres 2024, termasuk isu personalisasi bansos dan perbaikan pengawasan pemilu. Selain kiprahnya di dalam negeri, Titi juga aktif sebagai pemantau pemilu internasional, menunjukkan komitmen global terhadap prinsip demokrasi.
     

    Selain Titi Anggraini, sejumlah tokoh yang menerima penghargaan People of The Year 2024 yaitu, Sinta Nuriyah, istri mendiang Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dalam kategori Lifetime Achievement, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, penerima kategori Person of The Year, dan Direktur Information Technology Bank Mandiri Timothy Utama kategori Digital Transformation Leader. 

    Ajang People of The Year ini merupakan acara tahunan yang digagas oleh Metro TV. Melalui penghargaan ini Metro TV konsisten mengapresiasi sejumlah tokoh dan lembaga Tanah Air atas dedikasi dan upaya mereka dalam memberikan perubahan positif. 

    Penghargaan ini diadakan setiap tahun dalam rangka memperingati HUT Metro TV yang jatuh pada tanggal 25 November.

    Jakarta: Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini meraih penghargaan sebagai Penjaga Demokrasi dalam ajang People of The Year 2024 yang digelar Metro TV pada Selasa, 26 November 2024. Titi dinilai memenuhi kriteria untuk meraih penghargaan tersebut. 
     
    Titi tercatat pada 2005 mendirikan Perludem bersama sejumlah tokoh. Titi pun dinilai berperan penting dalam memperkuat demokrasi melalui advokasi keterwakilan perempuan, pemantauan pemilu, serta pengawasan terhadap lembaga pemilu seperti KPU dan Bawaslu.
     
    Pada 2008-2010, Titi pun pernah menjabat Koordinator Tim Ahli di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Selanjutnya, pada 2010-2020 menjabat sebagai Direktur Eksekutif Perludem selama 10 tahun.
    Kemudian pada 2024, sebagai Anggota Dewan Pembina Perludem, Titi memberikan catatan penting terkait putusan Mahkamah Konstitusi dalam sengketa Pilpres 2024, termasuk isu personalisasi bansos dan perbaikan pengawasan pemilu. Selain kiprahnya di dalam negeri, Titi juga aktif sebagai pemantau pemilu internasional, menunjukkan komitmen global terhadap prinsip demokrasi.
     

     
    Selain Titi Anggraini, sejumlah tokoh yang menerima penghargaan People of The Year 2024 yaitu, Sinta Nuriyah, istri mendiang Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dalam kategori Lifetime Achievement, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, penerima kategori Person of The Year, dan Direktur Information Technology Bank Mandiri Timothy Utama kategori Digital Transformation Leader. 
     
    Ajang People of The Year ini merupakan acara tahunan yang digagas oleh Metro TV. Melalui penghargaan ini Metro TV konsisten mengapresiasi sejumlah tokoh dan lembaga Tanah Air atas dedikasi dan upaya mereka dalam memberikan perubahan positif. 
     
    Penghargaan ini diadakan setiap tahun dalam rangka memperingati HUT Metro TV yang jatuh pada tanggal 25 November.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (MBM)

  • BJ Habibie Pernah Bikin Rupiah Rp 6.550 per Dolar AS, Simak Sejarahnya – Page 3

    BJ Habibie Pernah Bikin Rupiah Rp 6.550 per Dolar AS, Simak Sejarahnya – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Rupiah semakin mendekati level Rp 16.000 pada Selasa, 26 November 2024. Kurs rupiah pada Selasa (26/11/2024), ditutup melemah 53,5 point terhadap Dolar AS (USD).

    Pada perdagangan kemarin, rupiah sempat melemah 60 point di level Rp 15.934,5 dari penutupan sebelumnya di level Rp 15,881. 

    Melihat dari pelemahan nilai tukar rupiah ini, tahukah anda bahwa rupiah pernah berada di Rp 6.550 per dolar AS. Ya, saat itu terjadi di era Presiden BJ Habibie. Padahal, saat krisis moneter 1998, rupiah semmpat menyentuh Rp 16.800 per dolar AS.

    Lantas, apa saja yang dilakukan Habibie untuk mengangkat rupiah kala itu?

    Masa kepemimpinan BJ Habibie sebagai Presiden Indonesia di tengah krisis moneter 1997–1998 adalah salah satu periode paling kritis bagi perekonomian bangsa.

    Dengan sejumlah langkah strategis, Habibie berhasil memperkuat nilai tukar rupiah dan memulihkan kepercayaan ekonomi.

    Strategi Penguatan Rupiah

    Berikut langkah-langkah kunci yang diambil:

    1. Konsolidasi Empat Bank

    Di tengah kondisi bank rush pada 1997, Habibie mengambil langkah restrukturisasi perbankan. Langkah ini menghasilkan berdirinya Bank Mandiri, yang merupakan hasil konsolidasi empat bank milik pemerintah. Konsolidasi ini menciptakan perbankan yang lebih sehat dan mampu menopang perekonomian nasional.

    2. Memisahkan Bank Indonesia dari Pemerintah

    Habibie memutuskan untuk memisahkan Bank Indonesia (BI) dari struktur pemerintah melalui UU No. 23 Tahun 1999. Meskipun sempat mendapat penolakan, kebijakan ini memberikan BI kebebasan untuk mengintervensi nilai tukar rupiah tanpa tekanan politik, yang menjadi tonggak penting dalam independensi moneter Indonesia.

    3. Menerbitkan SBI dengan Suku Bunga Tinggi

    Untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap sektor perbankan, Habibie menginstruksikan penerbitan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dengan suku bunga tinggi. Strategi ini mendorong masyarakat untuk kembali menyimpan uang di bank, sekaligus mengurangi jumlah uang yang beredar.

    4. Menahan Kenaikan Tarif Listrik dan BBM

    Di tengah tekanan hiperinflasi akibat krisis moneter, Habibie mengambil keputusan strategis untuk tidak menaikkan tarif dasar listrik dan bahan bakar minyak (BBM). Kebijakan ini bertujuan menjaga daya beli masyarakat dan memastikan harga bahan pokok tetap terjangkau bagi semua kalangan.

    Langkah-langkah tersebut tidak hanya membantu memulihkan nilai tukar rupiah, tetapi juga memperkuat fondasi perekonomian Indonesia untuk menghadapi tantangan di masa depan.