BUMN: Bank Mandiri

  • Cara Cek dan Isi Saldo e-Toll Online untuk Persiapan Perjalanan Mudik Nataru

    Cara Cek dan Isi Saldo e-Toll Online untuk Persiapan Perjalanan Mudik Nataru

    Jakarta: Mudik Libur Natal dan Tahun Baru 2025 menggunakan mobil tentu perlu persiapan yang matang. Salah satunya menyiapkan kartu dan mengisi saldo e-Toll untuk perjalanan melewati jalan tol.

    Apa Itu Kartu Tol?
    Dikutip dari laman bpjt.pu.go.id, kartu tol atau biasa disebut kartu e-toll atau e-money adalah kartu elektronik yang digunakan untuk melakukan transaksi sistem pembayaran non-tunai di gerbang tol. Untuk dapat dipakai uang elektronik ini harus diisi saldo.
     
    Saldo kartu dapat top up atau diisi ulang pada beberapa gerbang tol yang tersedia melalui layanan top up saldo elektronik, kemudian di rest area Jalan Tol yaitu pada minimarket yang menyediakan layanan pengisian saldo elektronik tersebut.
    Cara Cek Saldo Saldo e-Tol

    Berikut langkah-langkah cara memeriksa saldo e-Toll menggunakan handphone atau smartphone:

    Aktifkan Fitur NFC: Pastikan fitur NFC pada smartphone Anda telah diaktifkan.
    Unduh Aplikasi yang Mendukung: Unduh aplikasi yang mendukung fitur pengecekan saldo e-Toll, seperti Livin’ by Mandiri, Tokopedia, Bukalapak, LinkAja, atau BCA mobile.
    Pilih Menu yang Relevan: Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi dan pilih menu yang relevan, seperti “Kartu Uang Elektronik”, “Uang Elektronik”, atau “e-Toll”.
    Ikuti Instruksi: Ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi. Biasanya, Anda akan diminta untuk menempelkan kartu e-Toll pada bagian belakang smartphone.
    Tunggu Hasil: Tunggu beberapa saat hingga hasil pemeriksaan saldo muncul di layar smartphone Anda.

     

     

    Cara Isi Saldo Saldo e-Tol

    Cara Isi Saldo Kartu Tol
    1. Cara Isi Saldo e-Toll via Bank Mandiri
    Buka aplikasi Livin’ by Mandiri lalu login
    Pilih “e-money”
    Pilih “Lihat/Perbarui Saldo”
    Tempelkan kartu e-toll di belakang HP
    Setelah kartu terbaca lakukan top up atau pengisian saldo lalu pilih nominal yang ingin diisi.
    Masukkan PIN, lalu tunggu sampai notifikasi transaksi berhasil.
     
    2.Cara Isi Saldo kartu tol Bank BRI
    Buka Aplikasi BRI Mobile
    Pilih menu Internet Banking BRI
    Masukkan ID Pengguna dan kata sandi
    Pilih menu Pembelian
    Pilih menu Top Up
    Pilih nomor Akun
    Masukkan saldo yang ingin di Top Up
    Masukkan sandi
    Tempelkan kartu e-toll di bagian belakang HP
    Saldo otomatis bertambah
     
    3. Cara Isi Saldo kartu tol Bank BCA
    Buka aplikasi BCA mobile
    Login lalu pilih menu Flazz BCA.
    Letakkan kartu di sisi belakang ponsel.
    Pilih top up Flazz BCA.
    Isi nominal top up.
    Masukkan PIN m-banking BCA.
    Letakkan ulang kartu di sisi belakang ponsel.
    Notifikasi berhasil akan muncul jika saldo sudah terisi
     
    4. Cara Isi Saldo kartu tol Bank BNI
    Login ke BNI Mobile Banking
    Pilih menu Pembelian/Pembayaran
    Pilih menu TapCash
    Pilih nominal Top Up
    Kemudian masukkan 16 digit No.TapCash
    Masukkan password transaksi
    Mendapat konfirmasi berhasil
    Segera lakukan Update Balance

    Jakarta: Mudik Libur Natal dan Tahun Baru 2025 menggunakan mobil tentu perlu persiapan yang matang. Salah satunya menyiapkan kartu dan mengisi saldo e-Toll untuk perjalanan melewati jalan tol.

    Apa Itu Kartu Tol?
    Dikutip dari laman bpjt.pu.go.id, kartu tol atau biasa disebut kartu e-toll atau e-money adalah kartu elektronik yang digunakan untuk melakukan transaksi sistem pembayaran non-tunai di gerbang tol. Untuk dapat dipakai uang elektronik ini harus diisi saldo.
     
    Saldo kartu dapat top up atau diisi ulang pada beberapa gerbang tol yang tersedia melalui layanan top up saldo elektronik, kemudian di rest area Jalan Tol yaitu pada minimarket yang menyediakan layanan pengisian saldo elektronik tersebut.
    Cara Cek Saldo Saldo e-Tol

    Berikut langkah-langkah cara memeriksa saldo e-Toll menggunakan handphone atau smartphone:

    Aktifkan Fitur NFC: Pastikan fitur NFC pada smartphone Anda telah diaktifkan.
    Unduh Aplikasi yang Mendukung: Unduh aplikasi yang mendukung fitur pengecekan saldo e-Toll, seperti Livin’ by Mandiri, Tokopedia, Bukalapak, LinkAja, atau BCA mobile.
    Pilih Menu yang Relevan: Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi dan pilih menu yang relevan, seperti “Kartu Uang Elektronik”, “Uang Elektronik”, atau “e-Toll”.
    Ikuti Instruksi: Ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi. Biasanya, Anda akan diminta untuk menempelkan kartu e-Toll pada bagian belakang smartphone.
    Tunggu Hasil: Tunggu beberapa saat hingga hasil pemeriksaan saldo muncul di layar smartphone Anda.

     

     

    Cara Isi Saldo Saldo e-Tol

    Cara Isi Saldo Kartu Tol
    1. Cara Isi Saldo e-Toll via Bank Mandiri
    Buka aplikasi Livin’ by Mandiri lalu login
    Pilih “e-money”
    Pilih “Lihat/Perbarui Saldo”
    Tempelkan kartu e-toll di belakang HP
    Setelah kartu terbaca lakukan top up atau pengisian saldo lalu pilih nominal yang ingin diisi.
    Masukkan PIN, lalu tunggu sampai notifikasi transaksi berhasil.
     
    2.Cara Isi Saldo kartu tol Bank BRI
    Buka Aplikasi BRI Mobile
    Pilih menu Internet Banking BRI
    Masukkan ID Pengguna dan kata sandi
    Pilih menu Pembelian
    Pilih menu Top Up
    Pilih nomor Akun
    Masukkan saldo yang ingin di Top Up
    Masukkan sandi
    Tempelkan kartu e-toll di bagian belakang HP
    Saldo otomatis bertambah
     
    3. Cara Isi Saldo kartu tol Bank BCA
    Buka aplikasi BCA mobile
    Login lalu pilih menu Flazz BCA.
    Letakkan kartu di sisi belakang ponsel.
    Pilih top up Flazz BCA.
    Isi nominal top up.
    Masukkan PIN m-banking BCA.
    Letakkan ulang kartu di sisi belakang ponsel.
    Notifikasi berhasil akan muncul jika saldo sudah terisi
     
    4. Cara Isi Saldo kartu tol Bank BNI
    Login ke BNI Mobile Banking
    Pilih menu Pembelian/Pembayaran
    Pilih menu TapCash
    Pilih nominal Top Up
    Kemudian masukkan 16 digit No.TapCash
    Masukkan password transaksi
    Mendapat konfirmasi berhasil
    Segera lakukan Update Balance
     

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (RUL)

  • Pasar Properti Makin Membaik Pasca Pilkada, Fasindo Group Optimistis Dongkrak Penjualan

    Pasar Properti Makin Membaik Pasca Pilkada, Fasindo Group Optimistis Dongkrak Penjualan

    TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Pasar properti menunjukkan tren membaik mendekati akhir tahun 2024 ini. Pengembang optimistis, kondisi ini akan berlanjut tahun depan.

    Fasindo Group di antaranya, Marketing Manager Agil Arie Setiawan mengatakan, kondisi pasar menunjukkan tanda-tanda perbaikan yang signifikan sejak dua bulan terakhir.

    “Kondisi pasar properti dua bulan ini kami rasakan sudah mendekati baik. Ada peningkatan mencapai 30 persen,” kata Agil di sela kegiatan Mandiri Fasindo Fiesta 2024 di area Kantor Mandiri Pemuda, Semarang, Sabtu (7/12/2024).

    Agil menjelaskan, kondisi ini dipicu oleh selesainya pemilihan kepala daerah (Pilkada). Selain itu, momentum karyawan mendapat bonus di akhir tahun juga menjadi indikator meningkatnya minat masyarakat membeli hunian.

    Pengembang meyakini bahwa jika tren positif ini berlanjut hingga awal tahun, menunjukkan pasar properti kembali ke kondisi normal.

    “Rasa-rasanya sekarang ini dengan Pilkada sudah selesai, dampak baiknya akan terus-menerus di awal tahun satu semester kedepan. Tahun depan, kalau seperti November-Desember tahun ini, berarti sudah mulai normal buat kami,” tambahnya.

    Menariknya, kata dia, generasi Z juga sudah mulai mengambil inisiatif dalam membeli hunian. Ia menyebutkan, masyarakat berusia antara 20 hingga 23 tahun sudah mulai memanfaatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), meskipun angka mereka masih sekitar 10-20 persen dari total pembeli.

    “Sedangkan sebagian besar pembeli, saat ini masih didominasi oleh mereka yang berusia 30 tahun ke atas, yang sudah memiliki penghasilan stabil,” jelasnya.

    Di sisi lain, mengenai keputusan pemerintah untuk memberlakukan kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 12 persen, pihaknya berharap akan ada langkah-langkah lebih lanjut untuk mempermudah akses masyarakat terhadap rumah.

    “Harapan kami adalah pemerintah dapat memberikan kemudahan bagi pengembang dengan subsidi agar masyarakat lebih mudah mendapatkan hunian,” ungkapnya.

    Mandiri Fasindo Fiesta 2024 merupakan hasil sinergi antara Fasindo Property dan Bank Mandiri, yang menghadirkan pameran eksklusif 8 proyek perumahan unggulan Fasindo Property di Semarang dan sekitarnya.

    Melalui acara ini, Fasindo Group berupaya memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki hunian impian dengan berbagai penawaran istimewa.

    Proyek perumahan yang dipamerkan dalam acara tersebut meliputi Bale Tentrem Ketileng, Fasindo Amarsvati Ngaliyan, Pandawa Residence Mijen, Pandawa Estate Mijen, Permata Garden Bangetayu, Permata Garden Banjardowo, Permata Garden Mangunharjo 1, dan Permata Garden Mangunharjo 2.

    Adapun sejumlah promo dihadirkan selama acara antara lain suku bunga rendah mulai dari 1,7 persen hingga 2,7 % by Livin Mandiri melalui KPR Mandiri; DP ringan Rp 5 juta; dan cicilan mulai dari Rp 1 jutaan per bulan.

    “Target kami sebesar Rp 20 miliar untuk pameran kali ini. Kami optimistis, karena banyak perumahan kami di Semarang dan proyek-proyek baru kami jual,” imbuhnya. (idy)

  • Bank Mandiri Dukung Program Makan Bergizi Gratis

    Bank Mandiri Dukung Program Makan Bergizi Gratis

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) terus konsisten menjalankan peran sebagai mitra strategis pemerintah lewat dukungan Program Makan Bergizi Gratis lewat penyaluran kredit ke sektor-sektor yang menjadi pendukung utama ekosistem pangan. Langkah ini mencerminkan komitmen Bank Mandiri sebagai perusahaan BUMN dalam mendukung ekonomi kerakyatan sekaligus mendorong pertumbuhan berkelanjutan di berbagai sektor.

    Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi menegaskan Bank Mandiri berperan aktif sebagai agen perubahan dengan menyediakan solusi perbankan yang komprehensif dan terintegrasi.

    “Dalam mendukung Program Makan Bergizi Gratis, Bank Mandiri tidak hanya memberikan pembiayaan, tetapi juga menghadirkan solusi inovatif bagi seluruh pelaku usaha di sepanjang rantai pasok pangan, mulai dari hulu hingga hilir,” ujar Darmawan dalam keterangan resmi dikutip Minggu (8/12/2024).

    Terbukti, hingga September 2024, Bank Mandiri mencatat pertumbuhan signifikan dalam penyaluran kredit ke sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 14% secara tahunan (year on year/yoy), dengan total mencapai Rp 128,6 triliun. Sementara itu, pembiayaan ke industri pengolahan pangan juga mengalami peningkatan 16,7% yoy mencapai Rp 63,8 triliun.

    Selain menyalurkan pembiayaan, Bank Mandiri juga memberikan kemudahan akses bagi pelaku usaha melalui inovasi digital dan jaringan layanan yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Lewat kehadiran lebih dari 100 ribu Mandiri Agen, pelaku usaha kecil hingga menengah yang terlibat dalam ekosistem pangan kini dapat mengakses layanan perbankan dengan lebih mudah.

    Di samping itu, bank berlogo pita emas itu juga menunjukkan kepeduliannya terhadap peningkatan kapasitas petani melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). Salah satu inisiatif unggulan adalah pembangunan Sentra Pengolahan Beras Terpadu (SPBT) di Kabupaten Jembrana, Bali, dengan kapasitas produksi sebesar 24 ton beras per hari.

    Fasilitas ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dan kesejahteraan petani lokal, sekaligus menciptakan rantai nilai yang lebih kompetitif. Sebelumnya, Bank Mandiri telah membangun SPBT serupa di Kabupaten Kebumen dan Pamarican, Kabupaten Ciamis, yang memberikan dampak positif signifikan kepada para petani.

    “Pembangunan SPBT ini adalah wujud nyata dari upaya Bank Mandiri untuk memastikan para petani memiliki daya saing yang lebih tinggi. Langkah ini selaras dengan komitmen kami untuk ikut memberdayakan masyarakat dan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan,” terang Darmawan.

    Di sisi lain, Bank Mandiri terus menunjukkan komitmennya terhadap kesehatan masyarakat melalui program tanggung jawab sosial (TJSL) perusahaan. Sepanjang tahun 2024, lebih dari 1,1 juta paket sosial telah disalurkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sementara lebih dari 700 Posyandu didukung guna memperkuat layanan kesehatan ibu dan anak. Tak hanya itu, ribuan paket nutrisi juga dibagikan untuk membantu mencegah stunting dan meningkatkan gizi keluarga di berbagai daerah.

    Selain itu, Bank Mandiri juga memperkuat komitmennya dalam mendukung perbaikan gizi masyarakat melalui kolaborasi dengan Badan Gizi Nasional. Kolaborasi ini menjadi bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

    Melalui langkah-langkah strategis ini, Bank Mandiri terus memperkuat perannya sebagai agen pembangunan, khususnya dalam menciptakan ekosistem pangan berbasis ekonomi kerakyatan yang berdaya tahan dan berkelanjutan.

    “Kesejahteraan masyarakat adalah kunci dari pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Komitmen ini menjadi bagian dari tanggung jawab kami sebagai BUMN serta wujud kepedulian terhadap masa depan Indonesia yang lebih baik,” pungkas Darmawan. 

    (bul/bul)

  • Mandiri Tunas Finance Salurkan Pembiayaan Rp26 T di Kuartal III 2024

    Mandiri Tunas Finance Salurkan Pembiayaan Rp26 T di Kuartal III 2024

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Mandiri Tunas Finance (MTF) mencatat total penyaluran pembiayaan sebesar Rp26,7 triliun pada kuartal III 2024. Angka tersebut naik 15,6 persen secara tahunan (yoy).

    Direktur Utama MTF Pinohadi G. Sumardi mengatakan perusahaan saat ini fokus pada penyaluran pembiayaan yang dilakukan secara prudent agar menghasilkan kualitas pembiayaan yang baik.

    “Untuk dapat mendukung hal tersebut, manajemen terus mendorong peningkatan pengetahuan dan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) di berbagai fungsi agar dalam pelaksanaan bisnis sesuai dengan tata kelola yang baik, hal ini untuk menjaga keseimbangan bisnis dan keberlanjutan,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (6/12).

    Sementara itu, total pendapatan mencapai Rp2,5 triliun dengan pertumbuhan 12,47 persen (yoy).

    “Alhamdulillah, MTF saat ini masih terus memberikan hasil yang baik dengan kinerja yang terus bertumbuh, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Perwira MTF dan seluruh stakeholder,” katanya.

    PT Mandiri Tunas Finance (MTF) merupakan perusahaan pembiayaan yang berdiri sejak 6 Februari 2009.

    Pembiayaan yang diberikan meliputi mobil baru, motor besar, kendaraan niaga, alat berat, dan multiguna. Saat ini MTF melayani pelanggan melalui 125 kantor cabang yang tersebar di 32 provinsi di seluruh Indonesia.

    Pemegang saham MTF yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (51 persen) dan grup otomotif independen PT Tunas Ridean Tbk (49 persen).

    (fby/pta)

  • Sambut Libur Nataru 2024/2025, Bank Mandiri Siapkan Alokasi Uang Tunai Rp 26 Triliun

    Sambut Libur Nataru 2024/2025, Bank Mandiri Siapkan Alokasi Uang Tunai Rp 26 Triliun

    TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Menyambut meningkatnya kebutuhan transaksi selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Bank Mandiri mengalokasikan uang tunai secara net sebesar Rp 26 triliun. 

    Alokasi ini naik sebesar 4,6 persen dibandingkan dengan realisasi pada tahun sebelumnya.

    SEVP Corporate Relations Bank Mandiri Wisnu Trihanggodo menjelaskan, penyediaan dana tersebut sebagai langkah antisipatif Bank Mandiri terhadap lonjakan kebutuhan masyarakat untuk transaksi tunai selama periode liburan yang berlangsung 33 hari, mulai 1 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025. 

    Dia menyatakan, peningkatan alokasi tersebut dilakukan menyusul proyeksi kenaikan transaksi ATM/CRM masyarakat. 

    “Berdasarkan historis, proyeksi kenaikan kebutuhan dana untuk ATM/CRM sendiri tahun ini sebesar 3,3 % , yang akan difokuskan pada mesin-mesin ATM/CRM yang berada di bandara, terminal, stasiun kereta serta tempat-tempat wisata utama,” katanya dalam keterangannya, Kamis (5/12). 

    Dia melanjutkan, bank berlogo pita emas ini telah mengantisipasi puncak transaksi nasabah di ATM maupun EDC pada Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2025.

    Saat ini, total ATM Bank Mandiri yang beroperasi tercatat sebanyak 12.885 mesin yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia.

    Sedangkan jaringan Mandiri EDC tercatat sebanyak 258.000 unit di seluruh merchant. 

    Bank Mandiri memproyeksikan akan terjadi puncak kebutuhan pengisian uang ATM jatuh pada dua hari sebelum perayaan Hari Raya Natal 2024 dan dua hari sebelum tahun baru 2025.  

    “Transaksi pada mesin EDC diperkirakan juga akan mengalami peningkatan pada periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2025, mengingat adanya pembagian THR untuk karyawan yang merayakan Hari Raya Natal. Mengantisipasi hal ini, Bank Mandiri telah menyediakan 259.000 jaringan EDC untuk mendukung transaksi non tunai nasabah,” jelasnya. 

    Ia menyebutkan, dalam mengoptimalkan transaksi non tunai pada masa Nataru, Bank Mandiri juga mendistribusikan kartu uang elektronik Mandiri e-money sebanyak 947.000 ke jaringan cabang serta mitra merchant Bank Mandiri.

    Sejalan dengan itu, Bank bersandi saham BMRI ini memastikan Call Center 14000 atau Live Chat MITA pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000 siap untuk membantu nasabah dalam melakukan transaksi keuangan.  

    Wisnu juga memastikan kesiapan jaringan layanan digital banking seperti super app Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan.

    Bank Mandiri juga mengajak nasabah untuk memanfaatkan fitur digital dalam Livin’ by Mandiri untuk kebutuhan transaksi finansial maupun gaya hidup selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2025. 

    “Livin’ by Mandiri dilengkapi dengan fitur lifestyle, yang memungkinkan nasabah mengakses berbagai layanan finansial hanya dalam sekali login, mulai dari akses ke seluruh rekening tabungan, pinjaman personal, e-wallet favorit, hingga hiburan dan belanja langsung dalam satu aplikasi,” papar Wisnu.

    Salah satunya dengan fitur Livin’ Sukha pada Livin’ by Mandiri yang dapat dinikmati oleh nasabah untuk memenuhi kebutuhan transaksi seperti pembelian tiket pesawat, tiket kereta api, entertainment, pembelian voucher gim, pembelian tiket konser, dan lain-lain.

    “Kami terus berkomitmen menghadirkan solusi digital yang cepat, aman, dan mudah untuk memenuhi kebutuhan finansial serta gaya hidup nasabah, sejalan dengan visi Bank Mandiri menjadi mitra finansial pilihan utama nasabah,” tambahnya. 

    Di sisi lain, Bank Mandiri juga mengedukasi nasabah terkait keamanan dalam transaksi digital. 

    Wisnu mengingatkan nasabah agar selalu menjaga kerahasiaan data pribadi dan berhati-hati dalam memberikan data penting seperti nomor kartu, OTP, CVV, dan CVC. 

    Nasabah diimbau untuk tidak mudah tergiur oleh ajakan mengklik atau mengunduh file berformat APK dari pihak yang mengatasnamakan Bank Mandiri. (*)

     

  • Kemenkeu beri penghargaan Anugerah Reksa Bandha kepada K/L berprestasi

    Kemenkeu beri penghargaan Anugerah Reksa Bandha kepada K/L berprestasi

    Jakarta (ANTARA) – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan penghargaan Anugerah Reksa Bandha kepada kementerian/lembaga (K/L) yang berprestasi di bidang pengelolaan barang milik negara (BMN) dan lelang pada periode 2023-2024.

    “Anugerah ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus dorongan agar pengelolaan kekayaan negara semakin optimal dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan perekonomian,” kata Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam kegiatan Anugerah Reksa Bandha Tahun 2024 di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan, dikutip di Jakarta, Kamis.

    Anugerah Reksa Bandha Tahun 2024 terdiri dari 4 kategori penghargaan di bidang pengelolaan BNM dan 4 kategori di bidang lelang.

    Pada bidang pengelolaan BNM, kategori pertama adalah utilisasi BNM. Pada kelompok 1, penghargaan diberikan kepada Mahkamah Konstitusi (MK), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai juara 1, 2, dan 3 secara berturut-turut.

    Pada kelompok 2, pemenangnya adalah Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Badan Kependudukan dan Keluarga Bencana Nasional (BKKBN).

    Pada kelompok 3, pemenangnya yaitu Kemenkeu, Badan Pusat Statistik (BPS), dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

    Kategori berikutnya yaitu kualitas pelaporan BMN. Untuk kelompok 1, pemenangnya adalah Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Kementerian BUMN, dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan.

    Untuk kelompok 2, pemenangnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

    Untuk kelompok 3, pemenangnya Komisi Pemilihan Umum (KPU), Mahkamah Agung (MA), dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

    Kategori selanjutnya yaitu sertifikasi BMN. Untuk kelompok 1, pemenangnya Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang, Ombudsman, dan Badan Informasi Geospasial.

    Untuk kelompok 2, pemenangnya Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, dan Badan Kepegawaian Negara.

    Untuk kelompok 3, pemenangnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Kementerian Agama (Kemenag).

    Kategori terakhir yaitu peningkatan tata kelola berkelanjutan (continous improvement). Pemenang kategori ini di antaranya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Kepolisian Negara.

    Adapun untuk bidang lelang, kategori pertama adalah penjual lelang eksekusi terbaik. Untuk kelompok 1, pemenangnya adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

    Untuk kelompok 2, pemenangnya Kejaksaan Agung (Kejagung), PT Bank Central Asia Tbk, dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk.

    Kategori berikutnya yaitu penjual lelang noneksekusi terbaik. Untuk kelompok 1, pemenangnya adalah Kemenkeu, Kepolisian, dan Kemenag. Untuk kelompok 2, pemenangnya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), KPU, dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

    Kategori selanjutnya yaitu balai lelang dengan tata kelola terbaik, di mana pemenangnya adalah PT Balai Lelang Serasi, PT Mega Armada Sudeco, dan PT Balai Lelang Megatama.

    Kategori terakhir yaitu pejabat lelang kelas II berkinerja terbaik yang dimenangkan oleh Cari Azhari, Chitra W. Mukhsin, dan Dhody Ananta Rivandi Widjajaatmadja.

    Pewarta: Imamatul Silfia
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024

  • Pengamat: MIND ID jadi Holding BUMN sektor tambang andalan Indonesia

    Pengamat: MIND ID jadi Holding BUMN sektor tambang andalan Indonesia

    Mineral Industri Indonesia menjadi salah satu perusahaan BUMN yang bisa diandalkan menyumbang dividen kepada negara dalam beberapa tahun terakhir ini

    Jakarta (ANTARA) – Pengamat tambang dan energi Ferdy Hasiman mengungkapkan Holding Mineral Industri Indonesia (MIND ID) menjadi salah satu perusahaan BUMN yang diandalkan Indonesia.

    “Mineral Industri Indonesia menjadi salah satu perusahaan BUMN yang bisa diandalkan menyumbang dividen kepada negara dalam beberapa tahun terakhir ini. Sejak tahun 2021, MIND ID sangat konsisten memberikan dividen besar kepada negara, selain BUMN perbankan, seperti PT Bank BRI Tbk dan PT Bank Mandiri Tbk.,” ujar Ferdy Hasiman dalam keterangan dikutip di Jakarta, Kamis.

    Tahun 2021, MIND ID memberikan dividen kepada pemegang saham (negara) sebesar Rp505 miliar dan tahun 2022 meningkat sebesar Rp900 miliar. Namun, tahun 2023, tak main-main, MIND ID menjadi penyumbang dividen terbesar ke negara sebesar Rp11,2 triliun dari total dividen perusahaan BUMN sebesar Rp81,2 triliun.

    “Yang membuat MIND ID menjadi besar dan menguasai tambang mineral di tanah air adalah strategi holding yang begitu sukses dilakukan kementerian BUMN sejak era Menteri BUMN Rini Soemarno hingga Menteri BUMN Erik Thohir. Keberanian Menteri-menteri BUMN ini menggabungkan perusahaan tambang BUMN, seperti PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Indonesia Asahan Alumina (INALUM), PT Timah Tbk (TINS) dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menjadi pijakan awal MIND ID melompat jauh seperti sekarang ini.” kata Ferdy Hasiman.

    Dengan gagasan membentuk perusahaan holding di bawah INALUM waktu itu, membuat BUMN tambang menjadi besar di mana asetnya mencapai Rp100 triliun. Dengan demikian holding tambang menjadi leluasa meminjam dan menerbitkan obligasi sebesar 5 miliar dolar AS untuk membeli 51 persen saham Freeport. Alhasil, investor global kemudian berbondong-bondong mengejar global bond INALUM sampai terkumpul sebesar 5 miliar dolar AS.

    “Hasil penjualan global bond tersebut, INALUM kemudian mampu membeli Freeport tahun 2019, di akhir pemerintahan Jokowi periode pertama sebesar 5 miliar dolar AS. Sejak saat itu, Freeport dengan operasi tambang Grasberg di Mimika, Papua berhasil kembali ke pangkuan bumi Pertiwi,” ujar Ferdy Hasiman.

    Holding juga membuat MIND ID semakin mudah membeli 11 persen saham perusahaan nikel terbesar di Indonesia, PT Vale Indonesia Tbk. Sebelumnya MIND ID menguasai 20 persen saham Vale. Setelah sukses membeli 11 persen, MIND ID mampu mengontrol 31 persen saham Vale. Dengan menguasai saham Vale, dividen MIND ID semakin besar dan kontribusinya kepada negara juga ikut naik.

    “MIND ID kemudian juga menjadi raja di bidang tambang, karena menguasai semua sektor tambang di tanah air. Strategi holding yang dilakukan kementerian BUMN adalah obat mujarab untuk mengembalikan tambang asing ke pangkuan bumi pertiwi sesuai amanat konstitusi. Bukan hanya itu, tambang BUMN kemudian menjadi motor penggerak roda perekonomian nasional dan daerah,” ujar Ferdy Hasiman.

    Dirinya juga menyampaikan, tata kelola perusahaan (good corporate governance) adalah salah satu syarat bagi MIND ID jika ingin berkompetisi dengan perusahaan-perusahaan asing. MIND ID terus berbenah dan melakukan revolusi budaya kerja internal agar lebih kompetitif, profesional dan memiliki semangat melayani rakyat.

    Hal penting yang dilakukan anggota MIND ID sebagai perusahaan negara adalah tetap menjaga dan merawat lingkungan hidup, melakukan reklamasi paska tambang. Pengelolaan tambang harus memperhatikan isu lingkungan hidup. Untuk ANTM, misalnya, masalah lingkungan hidup adalah salah satu syarat penting bagi perusahaan bermitra dengan produsen mobil listrik, seperti Tesla.

    Pewarta: Aji Cakti
    Editor: Faisal Yunianto
    Copyright © ANTARA 2024

  • Dolar Makin Kuat, Rupiah Tersungkur ke Rp15.937/USD

    Dolar Makin Kuat, Rupiah Tersungkur ke Rp15.937/USD

    Jakarta: Nilai tukar rupiah terus mengalami pelemahan terhadap dolar Amerika Serikat pada hari ketiga Desember 2024. 
     
    Mengacu data Bloomberg, Selasa pagi, 3 Desember 2024, rupiah melemah 32 poin atau 0,2 persen dibandingkan penutupan perdagangan kemarin menjadi Rp15.937 per USD.
     
    Melansir Antara, rupiah dibuka melemah seiring meningkatnya probabilitas pemangkasan suku bunga kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) Fed Funds Rate (FFR) pada Desember 2024.
     

    “Kenaikan inflasi PCE AS pada Oktober 2024 yang masih moderat dan stabil tetap membuka peluang pemangkasan suku bunga The Fed pada Desember 2024,” kata ekonom senior Bank Mandiri Reny Eka Putri saat dihubungi Antara, Selasa, 3 Desember 2024.
    Reny mengatakan probabilitas pemangkasan suku bunga bank sentral AS atau The Fed pada pertemuan Desember 2024 saat ini meningkat menjadi 66 persen dari 50 persen sebelumnya.
     
    “View ke depan juga masih dapat turun meskipun less aggressive, FFR menjadi empat persen di 2025,” ujar Reny.
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Mandiri Sahabatku 2024 Sukses Lahirkan Ribuan Pengusaha Baru

    Mandiri Sahabatku 2024 Sukses Lahirkan Ribuan Pengusaha Baru

    Jakarta, CNN Indonesia

    Bank Mandiri terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia (PMI), sekaligus mendorong ekonomi kerakyatan melalui proram unggulan Mandiri Sahabatku.

    Baru-baru ini, Bank Mandiri menghadirkan lebih dari 900 PMI dalam acara penutupan Mandiri Sahabatku 2024 yang digelar di Queensway, Admiralty, Hong Kong, Minggu (1/12).

    Mengusung tema “Menjadi Pengusaha di Negeri Sendiri”, acara ini menegaskan peran Bank Mandiri dalam mendorong semangat kewirausahaan, membangun kelompok belajar, dan memperluas akses layanan keuangan untuk para PMI sebagai bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

    Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi mengatakan, program ini merupakan wujud nyata dari peran Bank Mandiri dalam memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekaligus memperkuat perekonomian nasional.

    “Kami berkomitmen untuk memberdayakan PMI agar dapat menjadi pengusaha mandiri di tanah air. Melalui Mandiri Sahabatku, kami memberikan pelatihan dan akses keuangan yang mereka butuhkan,” ujar Darmawan dalam keterangan resmi dikutip Senin (2/12).

    Adapun pada 2024 ini menjadi momen penuh pencapaian bagi Mandiri Sahabatku. Di mana lebih dari 1.400 PMI di enam negara antara lain Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Hong Kong, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang telah mengikuti pelatihan keuangan dan pembinaan kewirausahaan, yang mendorong lahirnya pengusaha baru.

    Melalui acara ini, peserta juga ikut merasakan layanan digital Bank Mandiri dengan membuka 648 rekening baru secara digital, sementara yang lainnya semakin aktif mengoptimalkan solusi transaksi diLivin’ by Mandiri.

    Penghargaan Bank Mandiri kepada PMI. (Foto: Arsip Bank Mandiri)

    Sebagai bagian dari rangkaian acara, Bank Mandiri menggelar sejumlah kompetisi bergengsi yang dirancang untuk mengapresiasi serta memotivasi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

    Salah satunya, Best Transactor Mandiri Sekuritas, memberikan penghargaan kepada PMI dengan transaksi investasi tertinggi melalui aplikasi Livin’ by Mandiri.

    Kompetisi Bisnis Masa Depanku juga menarik perhatian, para peserta mempresentasikan gagasan bisnis mereka menggunakan Business Model Canvas, dengan hadiah total mencapai MYR 3.500 dan HKD 6.500.

    Ajang Berani Usaha menjadi kompetisi utama dengan memberikan penghargaan kepada PMI yang berhasil merintis bisnis mandiri, dengan hadiah senilai HKD 9.000.

    Tak hanya fokus pada PMI, Bank Mandiri juga memberikan penghargaan Best Boss kepada tiga pemberi kerja terbaik di Hong Kong yang telah menunjukkan dukungan luar biasa terhadap pengembangan dan pembelajaran PMI melalui program ini.

    “Kami berharap melalui kompetisi dan penghargaan ini, para PMI tidak hanya mendapatkan apresiasi, tetapi juga dorongan untuk terus mengembangkan potensi mereka dan membawa perubahan positif bagi diri sendiri, keluarga, dan komunitas di tanah air,” ujar Darmawan.

    Dalam perhelatan ini, Bank Mandiri juga memperkenalkan inovasi terbaru melalui layanan Livin’ Around The World. Dengan fitur ini, pembukaan rekening dapat dilakukan menggunakan nomor telepon dari lebih dari 119 negara.

    Layanan ini memungkinkan nasabah mengakses fitur multicurrency di tujuh mata uang, investasi Reksa Dana dan SBN, hingga Mandiri Tabungan Rencana.

    Bank Mandiri juga melengkapi pengalaman nasabah dengan program eksklusif berupa cashback untuk transaksi pertama dan bonus saldo bagi pengguna baru.

    “Inovasi ini merupakan komitmen kami untuk terus berinovasi dan mendekatkan diri kepada nasabah dan masyarakat, termasuk para diaspora serta PMI yang berada di mancanegara,” imbuh Darmawan.

    Lebih lanjut, seremoni penutupan Mandiri Sahabatku 2024 juga berlangsung meriah dengan penampilan penyanyi Tanah Air Nella Kharisma, fashion show & penampilan angklung karya PMI dan atraksi Reog Ponorogo dari Komunitas Singo Wiromo.

    Selain itu, tersedia juga area booth Kelompok Belajar PMI binaan Bank Mandiri, layanan konsultasi bisnis gratis, solusi perbankan digital, Mandiri Sekuritas, hingga layanan resmi dari KJRI Hong Kong dalam perhelatan tersebut.

    Sebagai informasi, sejak diluncurkan pada 2011, program Mandiri Sahabatku telah memberdayakan lebih dari 19.000 PMI di enam negara. Dengan dukungan dari berbagai mitra dan mentor, program ini terus mengembangkan komunitas belajar untuk PMI dan purna PMI.

    Selanjutnya, pada 2025, Bank Mandiri menargetkan pelatihan bagi 1.000 PMI, pengembangan komunitas belajar, serta peningkatan literasi dan layanan keuangan bagi seluruh pekerja migran Indonesia, demi mewujudkan cita-cita menjadikan mereka pelaku usaha mandiri yang sukses.

    “Kami percaya bahwa program Mandiri Sahabatku tidak hanya menjadi wadah pemberdayaan PMI, tetapi juga langkah nyata dalam mendukung mereka untuk kembali ke tanah air sebagai wirausahawan yang mandiri dan berdaya saing,” pungkasnya.

    (inh/inh)

  • Bank Mandiri Tuntaskan Mandiri Sahabatku 2024, Sukses Lahirkan Ribuan Pengusaha Baru

    Bank Mandiri Tuntaskan Mandiri Sahabatku 2024, Sukses Lahirkan Ribuan Pengusaha Baru

    Jakarta: Bank Mandiri kembali membuktikan komitmen dalam mendukung pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sekaligus mendorong ekonomi kerakyatan melalui program unggulan Mandiri Sahabatku. Dalam acara penutupan Mandiri Sahabatku 2024, lebih dari 900 PMI ikut hadir memeriahkan kegiatan ini. 
     
    Mengusung tema “Menjadi Pengusaha di Negeri Sendiri,” acara ini menegaskan peran Bank Mandiri dalam mendorong semangat kewirausahaan, membangun kelompok belajar, dan memperluas akses layanan keuangan untuk para PMI sebagai bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).
     
    Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menjelaskan program ini merupakan wujud nyata dari peran Bank Mandiri dalam memberikan nilai tambah bagi masyarakat, sekaligus memperkuat perekonomian nasional.
    “Kami berkomitmen untuk memberdayakan PMI agar dapat menjadi pengusaha mandiri di Tanah Air. Melalui Mandiri Sahabatku, kami memberikan pelatihan dan akses keuangan yang mereka butuhkan,” ujar Darmawan dalam seremoni penutupan dan momen apresiasi Mandiri Sahabatku 2024, di Queensway, Admiralty, Hong Kong, pada Minggu, 1 Desember 2024.
     

    Tahun 2024 menjadi momen penuh pencapaian bagi Mandiri Sahabatku. Lebih dari 1.400 PMI di enam negara antara lain Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Hong Kong, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang telah mengikuti pelatihan keuangan dan pembinaan kewirausahaan. Pelatihan tersebut mendorong lahirnya pengusaha baru. Melalui acara ini, peserta juga ikut merasakan layanan digital Bank Mandiri dengan membuka 648 rekening baru secara digital, sementara yang lainnya semakin aktif mengoptimalkan solusi transaksi di Livin’ by Mandiri.
     
    Sebagai bagian dari rangkaian acara, Bank Mandiri menggelar sejumlah kompetisi bergengsi yang dirancang untuk mengapresiasi serta memotivasi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Salah satunya, Best Transactor Mandiri Sekuritas, memberikan penghargaan kepada PMI dengan transaksi investasi tertinggi melalui aplikasi Livin’ by Mandiri. 
     

     
    Kompetisi Bisnis Masa Depanku juga menarik perhatian. Para peserta mempresentasikan gagasan bisnis mereka menggunakan Business Model Canvas, dengan hadiah total mencapai MYR 3.500 dan HKD 6.500. Ajang Berani Usaha menjadi kompetisi utama dengan memberikan penghargaan kepada PMI yang berhasil merintis bisnis mandiri, dengan hadiah senilai HKD 9.000.
     
    Tak hanya fokus pada PMI, Bank Mandiri juga memberikan penghargaan Best Boss kepada tiga pemberi kerja terbaik di Hong Kong yang telah menunjukkan dukungan luar biasa terhadap pengembangan dan pembelajaran PMI melalui program ini. 
     
    “Kami berharap melalui kompetisi dan penghargaan ini para PMI tidak hanya mendapatkan apresiasi, tetapi juga dorongan untuk terus mengembangkan potensi mereka dan membawa perubahan positif bagi diri sendiri, keluarga, dan komunitas di Tanah Air,” ucap Darmawan.
     

    Dalam perhelatan tersebut Bank Mandiri juga memperkenalkan inovasi terbaru melalui layanan Livin’ Around The World. Dengan fitur ini, pembukaan rekening dapat dilakukan menggunakan nomor telepon dari lebih dari 119 negara. Layanan ini memungkinkan nasabah mengakses fitur multicurrency di tujuh mata uang, investasi Reksa Dana dan SBN, hingga Mandiri Tabungan Rencana. Bank Mandiri juga melengkapi pengalaman nasabah dengan program eksklusif berupa cashback untuk transaksi pertama dan bonus saldo bagi pengguna baru.
     
    “Inovasi ini merupakan komitmen kami untuk terus berinovasi dan mendekatkan diri kepada nasabah dan masyarakat, termasuk para diaspora serta PMI yang berada di mancanegara,” kata Darmawan.
     
    Lebih lanjut, seremoni penutupan Mandiri Sahabatku 2024 juga berlangsung meriah dengan penampilan penyanyi Tanah Air Nella Kharisma, fashion show, dan penampilan angklung karya PMI dan atraksi Reog Ponorogo dari Komunitas Singo Wiromo. Selain itu, tersedia juga area booth Kelompok Belajar PMI binaan Bank Mandiri, layanan konsultasi bisnis gratis, solusi perbankan digital, Mandiri Sekuritas, hingga layanan resmi dari KJRI Hong Kong dalam perhelatan tersebut.
     
    Sebagai informasi sejak diluncurkan pada 2011, program Mandiri Sahabatku telah memberdayakan lebih dari 19 ribu PMI di enam negara. Dengan dukungan dari berbagai mitra dan mentor, program ini terus mengembangkan komunitas belajar untuk PMI dan purna PMI. Pada 2025, Bank Mandiri menargetkan pelatihan bagi 1.000 PMI, pengembangan komunitas belajar, serta peningkatan literasi dan layanan keuangan bagi seluruh pekerja migran Indonesia, demi mewujudkan cita-cita menjadikan mereka pelaku usaha mandiri yang sukses.
     
    “Kami percaya bahwa program Mandiri Sahabatku tidak hanya menjadi wadah pemberdayaan PMI, tetapi juga langkah nyata dalam mendukung mereka untuk kembali ke Tanah Air sebagai wirausahawan yang mandiri dan berdaya saing,” katanya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)