BUMN: Bank Mandiri

  • Berani Inovasi! 20 Finalis Wirausaha Muda Mandiri Siap Uji Karya Tahap Akhir

    Berani Inovasi! 20 Finalis Wirausaha Muda Mandiri Siap Uji Karya Tahap Akhir

    Jakarta – Bank Mandiri kembali menegaskan konsistensinya dalam mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan yang inklusif melalui ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2024. Menginjak tahun ke-17, kompetisi ini menjadi wadah penting bagi pengusaha muda Indonesia untuk menunjukkan potensi dan inovasi usahanya di berbagai sektor usaha.

    Mengusung tema “Inspire, Innovate, Impact”, WMM tahun ini tidak hanya mendorong kreativitas, tetapi juga menjadi katalisator pengembangan atau akselerasi usaha lokal yang berdaya saing di pasar nasional hingga global. Kini, ajang WMM 2024 telah memasuki tahap akhir dengan diumumkannya 20 besar peserta atau Top 20.

    SEVP Corporate Relation Bank Mandiri Wisnu Trihanggodo menjelaskan para finalis tersebut sudah berhasil melewati seleksi ketat dari ribuan peserta yang mendaftar dari 35 provinsi dan 294 kota di seluruh Indonesia. Top 20 finalis WMM 2024 ini lanjutnya, berasal dari berbagai kategori yang mencerminkan beragam sektor usaha potensial, yakni Innovative Food & Beverages, Tech-Enabled Startups, Fashion serta Beauty & Wellness.

    “Para Top 20 ini membawa berbagai inovasi yang bukan cuma kreatif, tetapi juga memiliki potensi besar untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan ekonomi nasional,” papar Wisnu dalam keterangan resminya, Selasa (17/12/2024).

    Bukan tanpa sebab, proses seleksi yang dilalui dan tahap selanjutnya menegaskan kualitas serta keberagaman pengusaha muda Indonesia yang kian berkembang dari tahun ke tahun. Kini, karya dan visi Top 20 finalis ini, akan diuji lebih lanjut ke dalam tahap akhir atau Boot Camp untuk menentukan jawara WMM 2024.

    Wisnu menambahkan, WMM yang konsisten digelar sejak 2007 merupakan salah satu bentuk komitmen Bank Mandiri dalam mendukung dan akselerasi pengusaha lokal yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. “Wirausaha Muda Mandiri (WMM) adalah perwujudan nyata dari semangat kami untuk membangun Indonesia yang lebih mandiri, kreatif, dan inovatif. Melalui WMM, kami berharap dapat menemukan dan akselerasi pengusaha muda yang mampu menciptakan solusi berbasis inovasi dan berdampak nyata bagi masyarakat,” ujar Wisnu.

    Sementara itu, VP CSR Center Department Bank Mandiri Dadang Suryadi menjelaskan, Para finalis tahun ini mencakup berbagai sektor yang mencerminkan keragaman kreativitas dan inovasi wirausaha lokal. Dalam kategori Innovative Food & Beverages, misalnya, Bloederhood Bakery oleh Charles Vincent De Martin menghadirkan sentuhan modern pada roti tradisional Indonesia, sementara Meatless Kingdom oleh Widya Putra menawarkan alternatif protein nabati yang ramah lingkungan.

    Di kategori Tech-Enabled Startups, difotoin.id oleh Michael Adam Muliady menjadi sorotan dengan platform inovatifnya di bidang fotografi, dan AGAVI oleh Sari Nurmayani memberikan solusi teknologi untuk pengelolaan agrikultur.

    Kategori lain, seperti Fashion dan Beauty & Wellness, juga menghadirkan para finalis yang tidak kalah inspiratif. Dari Mad For Makeup karya Dela Putri Amalia yang memberikan solusi untuk perawatan kulit dan makeup yang aman untuk acne skin hingga Alt Perfumery oleh Edwin Surya Yahya yang membawa wewangian khas Indonesia ke tingkat global dan masih banyak lagi pengusaha di sektor lainnya.

    Adapun, informasi lebih detail mengenai proses seleksi hingga Top 20 Finalis WMM 2024 dapat dilihat di website resmi www.wirausahamudamandiri.id dan akun Instagram resmi @wrausahamandiri.

    Dalam tahap akhir, para finalis akan menjalani rangkaian kegiatan, termasuk mentorship, pitching, dan sesi penjurian intensif untuk menentukan pemenang. Tidak hanya hadiah yang diperebutkan, namun juga peluang kerja sama bisnis yang lebih luas.

    “Kami sangat mengapresiasi antusiasme para pengusaha yang tertarik untuk mengikuti proses WMM. Kami berharap WMM dapat terus menjadi platform untuk berbagi pengetahuan, membangun jejaring, dan memperluas peluang bisnis para wirausaha di Indonesia,” jelas Dadang.

    Bank Mandiri berharap, ke depan WMM dapat terus menjadi inspirasi dan motivasi bagi generasi muda untuk berani berbisnis, berinovasi dan memberikan dampak nyata bagi masyarakat serta perekonomian nasional. “Kompetisi ini bukan hanya tentang mencari yang terbaik tetapi juga menciptakan ekosistem pengusaha lokal yang mendukung ekonomi kerakyatan secara inklusif dan berkelanjutan,” pungkas Wisnu.

    (akn/ega)

  • Sebanyak 93 BUMN partisipasi dalam PaDi UMKM Forum and Showcase 2024

    Sebanyak 93 BUMN partisipasi dalam PaDi UMKM Forum and Showcase 2024

    Jakarta (ANTARA) – Sebanyak 93 BUMN mengikuti PaDi Business Forum and Showcase 2024 yang digelar Kementerian BUMN untuk berpartisipasi dalam transaksi dan memamerkan produk unggulan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

    VP Product Commerce PaDi UMKM – Telkom Indonesia Bayu Surya Adi Saputra pada acara Apresiasi dan Penutupan PaDi Business Forum & Showcase 2024 di Jakarta, Selasa, mengatakan kegiatan itu merupakan wujud nyata komitmen Pemerintah untuk mengembangkan ekonomi nasional melalui sistem bersama PaDi UMKM.

    “Kegiatan ini berjalan sesuai dengan tema ‘Inspire, Connect, Empower’ yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi UMKM dalam mengembangkan ekonomi nasional,” kata Bayu.

    Menurut Bayu, PaDi UMKM menjadi ajang mempertemukan produk-produk unggulan UMKM dengan korporasi, khususnya BUMN, untuk menghasilkan transaksi digital yang saling menguntungkan.

    Pasar digital usaha mikro, kecil dan menengah (PaDi UMKM) merupakan “marketplace” yang menyediakan produk-produk pilihan dari vendor UMKM Indonesia yang telah dikurasi untuk memenuhi standar kebutuhan pengadaan barang BUMN.

    Penilaian PaDi Business Forum & Showcase 2024 dilakukan sejak 1 November 2024 sampai 16 Desember 2024 dan live transaction pada 17 Desember 2024. Nilai total transaksi pada acara PaDi Business Forum & Showcase 2024 senilai Rp1.142.124.017.971.

    Dalam kesempatan tersebut, sejumlah BUMN mendapat apresiasi dari PaDI UMKM Kementerian BUMN.

    Penghargaan Kementerian BUMN untuk BUMN Tipe A dengan volume transaksi tertinggi pertama diberikan kepada PT Pertamina dengan nilai transaksi sebesar Rp336 miliar.

    Peringkat kedua kepada Bank Mandiri dengan nilai transaksi sebesar Rp108,5 miliar dan peringat ketiga diberikan kepada PT Telkom Indonesia dengan nilai transaksi di PaDI UMKM sebesar Rp105,9 miliar.

    Untuk BUMN Tipe B, penghargaan dengan volume transaksi tertinggi pertama diberikan kepada SIG dengan nilai transaksi sebesar Rp50,4 miliar.

    Peringkat tertinggi kedua kepada PT Pegadaian dengan nilai transaksi sebesar Rp37,9 miliar dan peringat ketiga diberikan kepada PT ASDP dengan nilai transaksi di PaDI UMKM sebesar Rp21 miliar.

    Sedangkan untuk BUMN Tipe C, penghargaan dengan volume transaksi tertinggi pertama diberikan kepada AirNav Indonesia dengan nilai transaksi sebesar Rp21,9 miliar.

    Peringkat kedua kepada PT Pelni dengan nilai transaksi sebesar Rp14,1 miliar dan peringat ketiga diberikan kepada PT Nindya Karya dengan nilai transaksi di PaDI UMKM sebesar Rp6 miliar.

    Acara ini juga dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Lotto Srinaita Ginting, pimpinan PaDi UMKM, serta sejumlah Direksi BUMN seperti Direktur Umum PT Pegadaian, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perum LKBN ANTARA Nina Kurnia Dewi, dan Synergy Project Leader MSME,SoE – Telkom Indonesia, Kuncoro Wastuwibowo.

    Acara tersebut juga diisi dengan sesi talkshow yang membahas topik “Kolaborasi Hilirisasi UMKM sebagai Upaya Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi Inklusif”, dengan narasumber Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro; EVP Manajemen Rantai Pasok PT PLN Pandi, dan Owner Sasongko Logam/Seller PaDi UMKM Uun Sismiyardi.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024

  • Intip Profil dan Portofolio Schroders Indonesia

    Intip Profil dan Portofolio Schroders Indonesia

    Jakarta, FORTUNE – Schroders Indonesia dilaporkan berencana melepas unit Bisnis di Indonesia, setelah berkiprah lebih dari tiga dekade. Bagaimana rekam jejak dan profil Schroders Indonesia?

    Manajer investasi yang juga bagian dari Scroders Plc. itu mulai hadir di Indonesia pada 1991 dengan nama PT Schroder Investment Management Indonesia. Mayoritas sahamnya adalah milik Grup Schroders yang bermarkas di Inggris, sebuah lembaga finansial di sektor manajemen investasi yang sudah ada sejak 1926. 

    Dikutip dari situs web Schroders, per 30 Juni 2024, Schroders telah mengelola dana sebesar 773,7 miliar pound sterling. Manajer investasi itu sudah tersedia di 38 lokasi secara global.

    Seiring dengan berjalannya waktu, Schroders Indonesia telah mengelola dana secara aktif. Per Juni 2024, Schroders Indonesia telah mengelola dana senilai Rp63,19 triliun untuk klien ritel ataupun institusi, seperti perusahaan asuransi, dana pensiun, dan lembaga sosial.  

    Produk reksa dana milik Schroders Indonesia, Schroder 90 Plus Equity Fund, didominasi oleh daftar saham blue chip, dari perbankan hingga perusahaan consumer. Sebut saja PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

    Adapun, berikut ini perincian dan persentase aset dengan bobot terbesar dalam portofolio Schroders Indonesia, dilansir dari situs web resmi Schoders:

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), dengan bobot 9,58 persen. BBCA, dengan bobot 9,51 persen. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), dengan bobot 6,93 persen. PT Mayora Indah Tbk (MYOR), dengan bobot 6,69 persen. PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MYOR), dengan bobot 4,75 persen. ICBP, dengan bobot 4,19 persen. PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), dengan bobot 3,62 persen. PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA), dengan bobot 3,52 persen.  PT Indosat Tbk (ISAT), dengan bobot 3,38 persen. PT Astra International Tbk (ASII), dengan bobot 3,14 persen.

    Dari segi komposisi aset per tanggal laporan, reksa dana saham mendominasi dengan besaran 90,88 persen; sedangkan pasar uang hanya 9,12 persen.

  • Kurs Rupiah ke Dolar Hari Ini, 17/12/2024: Turun 26 Poin

    Kurs Rupiah ke Dolar Hari Ini, 17/12/2024: Turun 26 Poin

    Jakarta, FORTUNE – Pada awal perdagangan Selasa (17/12), nilai Rupiah turun 26 poin atau 0,17 persen per dolar Amerika Serikat menjadi Rp16.028.

    Berdasarkan data yang dihimpun dari beberapa bank besar di Indonesia, kurs dolar (USD) ke rupiah (IDR) hari ini, 17 Desember 2024, adalah sebagai berikut: 

    Kurs dolar AS ke rupiah hari ini di Bank Mandiri

    Kurs dolar ke rupiah e-rate pada pukul 09.07 WIB 

    Kurs jual: Rp16.015 per dolar AS
    Kurs beli: Rp15.995 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah TT counter pada pukul 09.54 WIB

    Kurs jual: Rp16.100 per dolar AS
    Kurs beli: Rp15.750 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah bank notes pada pukul 09.39 WIB 

    Kurs jual: Rp16.100 per dolar AS
    Kurs beli: Rp15.750 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah hari ini di Bank BCA

    Kurs dolar ke rupiah e-rate pada pukul 09.57 WIB 

    Kurs jual: Rp16.045 per dolar AS
    Kurs beli: Rp16.025 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah TT counter pada pukul 08.03 WIB

    Kurs jual: Rp16.155 per dolar AS
    Kurs beli: Rp15.855 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah bank notes pada pukul 08.05 WIB

    Kurs jual: Rp16.155 per dolar AS
    Kurs beli: Rp15.855 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah hari ini di Bank BNI

    Kurs dolar ke rupiah e-rate pada pukul 09.50 WIB

    Kurs jual: Rp16.043 per dolar AS
    Kurs beli: Rp16.023 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah TT counter pada pukul 09.50 WIB

    Kurs jual: Rp16.170 per dolar AS
    Kurs beli: Rp15.900 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah bank notes pada pukul 09.50 WIB

    Kurs jual: Rp16.170 per dolar AS
    Kurs beli: Rp15.900 per dolar AS

    Kurs dolar ke rupiah hari ini di Bank BRI

    Kurs dolar ke rupiah TT counter

    Kurs jual: Rp16.045 per dolar AS
    Kurs beli: Rp16.025 per dolar AS

    Apa itu e-rate, TT counter dan bank notes

    Kurs e-rate adalah kurs yang berlaku ketika nasabah melakukan transaksi dengan nominal tertentu.

    Kurs TT counter adalah kurs yang berlaku ketika nasabah melakukan setoran ataupun transfer melalui counter bank.

    Kurs bank notes adalah kurs yang berlaku ketika nasabah melakukan transaksi jual-beli valas dalam bentuk uang kertas di counter bank.

    Apa itu kurs jual dan kurs beli

    Kurs jual adalah nilai mata uang yang dipakai bank atau money changer ketika ingin menjual valas ke masyarakat.

    Kurs beli adalah nilai mata uang yang dipakai bank atau money changer ketika ingin membeli valas dari masyarakat.

    Itulah kurs dolar (USD) ke rupiah (IDR) hari ini 17 Desember 2024 di bank Mandiri, BCA, dan BNI, dan BRI.
     

  • Berkarir Moncer di Jerman Dokter Spesialis WNI Ini Pilih Pulang ke RI, Kini Dapat STR Seumur Hidup – Halaman all

    Berkarir Moncer di Jerman Dokter Spesialis WNI Ini Pilih Pulang ke RI, Kini Dapat STR Seumur Hidup – Halaman all

    Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Seorang dokter spesialis kandungan lulusan Jerman dr. Andreas Winarno menceritakan pengabdiannya saat kembali ke tanah air.

    Dokter Andreas merupakan satu dari tujuh dokter WNI lulusan luar negeri yang mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) Seumur Hidup karena telah berhasil menyelesaikan program adaptasi.

    Penyerahan STR tersebut disaksikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin di Jakarta Selatan, Senin (16/12/2024).

    Ia memutuskan kembali ke Indonesia setelah 10 tahun berkarir sebagai dokter aktif di RS dan peneliti di Jerman.

    Dokter Andreas mengabdikan dirinya di RSUD Otanaha, Gorontalo.

    Dirinya mengikuti program adaptasi yang digencarkan oleh Kementerian Kesehatan RI sejak 2022.

    Program itu memberikan kemudahan adaptasi dokter spesialis lulusan luar negeri, sehingga mereka bisa bekerja di Indonesia, terutama di daerah terpencil dan tertinggal.

    Ia mengatakan, sebelum ada program tersebut maka proses kepulangan dan berkarir di Indonesia sangatlah rumit karena memiliki banyak tahapan dan persyaratan yang harus dipenuhi.

    Sementara godaan di luar negeri jenjang karier dan penghasilan jauh lebih besar.

    “Orang akan mikir 2-3 kali. Kalau Anda di posisi di situ juga Anda sudah berkarir di luar negeri, dapat penghasilan untuk pulang melalui proses yang enggak jelas,  bisa 1 tahun, bisa 2 tahun, bisa 5 tahun tapi tanpa penghasilan pasti tidak akan mau pulang,” ujarnya saat ditemui di Jakarta.

    Dokter lulusan S1 Universitas Katolik Soegijaprana ini mengatakan, sudah sejak tahun 2019 ia ingin kembali ke tanah air namun proses penyertaan ijazah baru selesai pada tahun Maret 2022.

    Setelah mengetahui ada program Kemenkes ini, ia pun mendaftarkan diri.

    Pada September 2022, ia mengikuti wawancara dan tes tertulis di Surabaya yang diadakan oleh kolegium kedokteran obgyn untuk mendapatkan sertifikat kelulusan.

    Setelah dinyatakan lulus ia mengikuti pembekalan di Jakarta dan kemudian ditempatkan di RS tipe B di Gorontalo.

    “Memang seperti CT Scan, kebetulan saya kemarin sudah ibu kota pemekaran, di kota Gorontalo, rumah sakit tipe B-nya itu tapi CT Scan hanya ada satu dan itu sering kali bermasalah. Itu keterbatasan alat. Jadi memang selalu harus diperhatikan juga ya,” harap dia.

    Dokter Andreas mendukung program Kemenkes untuk memenuhi kekurangan dokter spesialis di Indonesia.

    “Saya rasa sangat-sangat positif program pemerintah, karena memang luar negeri juga dokter spesialis juga sudah hospital based. Supaya tidak terjadi sentralisasi di kota-kota besar, dokter itu langsung dari pendidikan spesialisnya langsung ke daerah, jadi bisa membangun daerah juga. Kalau semua dikirim ke ujung kota, tentunya kota akan semakin padat,” kata dokter Andreas.

    Menkes Budi G. Sadikin mengapresiasi kepulangan para dokter WNI yang telah berkarir di luar negeri.

    “Terima kasih kepada teman-teman dokter adaptan yang sudah sabar mencintai Indonesia. Terima kasih telah mau kembali ke Indonesia,” tutur Budi.

    Mantan dirut Bank Mandiri ini berharap dokter spesialis lulusan luar negeri yang mengikuti program adaptasi terus bertambah.

    Tahun depan, dirinya menargetkan sekitar 100 dokter spesialis bisa mengikuti program ini. 

    Terkait sistem dan proses pendaftaran, Menkes menegaskan bahwa Kemenkes akan terus meningkatkan layanan menjadi lebih cepat dan transparan.

  • Uji Coba Gratis Dua Sentra Parkir Kayutangan Malang Mulai 23 Desember 2024

    Uji Coba Gratis Dua Sentra Parkir Kayutangan Malang Mulai 23 Desember 2024

    Malang(beritajatim.com) – Penataan parkir di kawasan Kayutangan Heritage terus dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang. Mereka bakal melakukan ujicoba gratis dua lokasi sentra parkir pada 23 Desember 2024 mendatang.

    Dua lokasi sentra parkir kayutangan tersebut, yakni di parkir vertikal Jalan Majapahit atau eks lab Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan juga di gedung eks Bank Mandiri Syariah.

    “Iya gratis, mulai 23 Desember sampai 28 Desember 2024. Ini kita mulai sebagai masa uji coba khusus roda 2,” ujar Kepala Dishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra, Senin, (16/12/2024).

    Widjaja menjelaskan bahwa uji coba secara gratis untuk memancing pengendara dan membiasakan pengendara parkir di sentra yang disiapkan. Ujicoba ini akan dilakukan selama satu pekan.

    “Supaya memancing biar mau parkir di situ. Karena ini kan uji coba, untuk pembiasaan juga agar parkir di tempat yang disediakan. Tarif Rp2 ribu dan akan kita gunakan digital dengan QRIS nanti,” ujar Widjaja.

    Dengan dibukanya dua lokasi sentra parkir pemberlakuan parkir satu sisi Kayutangan mulai diterapkan. Nantinya sejak 23 Desember 2024 tidak boleh lagi ada kendaraan khususnya roda dua parkir di tepi jalan kawasan Kayutangan.

    “Nanti sisi kiri yang menjadi jalur pesepeda harus bersih tidak boleh dijadikan parkir sepeda motor maupun mobil. Nah, karena uji coba sentra parkir ini khusus motor, maka mobil bisa parkir di sisi kanan. Ini menjadi bagian skenario rekayasa lalu lintas kami di awal jelang Nataru (Natal dan Tahun Baru). Kita akan lakukan bertahap,” ujar Widjaja. [luc/aje]

  • Menkes Panggil Dokter Spesialis Lulusan Luar Negeri untuk Mengabdi di Daerah Terpencil – Halaman all

    Menkes Panggil Dokter Spesialis Lulusan Luar Negeri untuk Mengabdi di Daerah Terpencil – Halaman all

    Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

    TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA – Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin akan terus menambah jumlah dokter spesialis di tanah air.

    Salah satunya adalah menggencarkan program adaptasi.

    Program ini memberikan kemudahan bagi para dokter spesialis WNI lulusan luar negeri agar mereka bisa bekerja di Indonesia, terutama di daerah terpencil dan tertinggal.

    Setelah selesai dan berhasil menjalani program adaptasi maka para dokter bisa mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) Seumur Hidup.

    “Dokter itu harus diperbanyak, apalagi dokter spesialis, itu harus diperbanyak kenapa? karena masyarakat membutuhkan.  Itu sebabnya program ini kami Kemenkes adakan,” kata dia di Jakarta, Senin (16/12/2024).

    Pihaknya terus menyoroti, kurangnya jumlah dokter di Indonesia.

    Kondisi terbatasnya jumlah tenaga medis ini bukan hanya terjadi di RI melainkan banyak negara mengalami hal serupa.

    “Tidak ada satupun negara bilang kelebihan dokter. Itu ilusi menurut saya, atau dia mimpi kali ya. Nggak ada yang kelebihan dokter,” ungkap mantan dirut Bank Mandiri ini.

    Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pada pemerintahan Prabowo-Gibran ia diamanatkan untuk membangun rumah sakit tipe D menjadi tipe C di 66 kabupaten/kota.

    Namun sayangnya dari 66 rumah sakit itu 91 persen dokter spesialisnya tidak lengkap.

    “Kami diberi anggaran tambahan oleh Presiden Prabowo Rp1,9 triliun.  Uangnya sudah disiapkan, mau bangun, sudah disurvey, mungkin 2 tahun selesai. Masalahnya apa? Dari 66 rumah sakit itu, 91 persen tidak lengkap dokter spesialisnya. Penyakit dalam, bedah, radiologi anak, patologi klinik, itu tidak lengkap,” tutur dia.

  • Penuhi Standar Global, Bank Mandiri Perkuat dan Perluas Sistem Keberlangsungan Bisnis

    Penuhi Standar Global, Bank Mandiri Perkuat dan Perluas Sistem Keberlangsungan Bisnis

    Jakarta: Bank Mandiri kembali menegaskan komitmen dalam menjaga standar operasional terbaik dengan berhasil mempertahankan sekaligus memperluas lingkup sertifikasi ISO 22301:2019 Sistem Manajemen Keberlangsungan Bisnis atau Business Continuity Management System (BCMS). Pencapaian ini diperoleh melalui audit surveillance pertama pada 24 Mei 2024, serta audit perluasan lingkup yang dilakukan pada 12-13 Agustus 2024 oleh lembaga sertifikasi internasional British Standard Institution (BSI).  
     
    SVP Business Continuity Management Bank Mandiri I Made Wahyu Arjaya menjelaskan, pencapaian ini merupakan pengakuan lembaga independen berstandar global bahwa Bank Mandiri telah mempersiapkan, mengelola, dan menerapkan sistem operasional yang terjaga keandalannya, meskipun menghadapi gangguan eksternal atapun internal.
     
    Sebagai informasi, ISO 22301:2019 Sistem Manajemen keberlangsungan bisnis atau Business Continuity Management System (BCMS) merupakan standar internasional untuk model pendekatan menyeluruh terhadap ketahanan organisasi, yang bertujuan untuk mempersiapkan, menyediakan, dan mengendalikan kemampuan organisasi secara keseluruhan untuk terus beroperasi selama terjadi gangguan. 
    “Bank Mandiri menjadi bank KBMI 4 pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ISO 22301:2019 BCMS, pertama kali pada tahun 2023 dengan ruang lingkup terbatas. Pada tahun ini, ruang lingkupnya diperluas mencakup sejumlah fungsi-fungsi kritikal lainnya demi memastikan telah kuatnya ketahanan perusahaan di semua lini bisnis,” kata Made dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin, 16 Desember 2024.
     

    Audit tersebut melibatkan sejumlah unit kerja Bank Mandiri, antara lain Business Continuity Management, Teknologi Informasi, Treasury, Cash and Trade Operations, serta Electronic Channel Operations. Serta tambahan unit kerja kritikal adalah Security Operations, Human Capital, Financial Institution, Accounting, Market Risk, Contact Center, Wealth Management, Data Protection & Fraud Risk, Wholesale Credit Operation, Retail Credit Operation, dan Retail Credit Center KSM. 
     
    Dia menambahkan, sebagai bagian dari strategi berkelanjutan, Bank Mandiri secara rutin telah melakukan audit internal serta menyesuaikan kebijakan serta prosedur agar tetap relevan dengan kondisi terkini. Hal tersebut meliputi keterlibatan seluruh pegawai dalam pelatihan guna memastikan kesiapan menghadapi situasi tak terduga. 
     
    “Hal merupakan bentuk komitmen Bank Mandiri untuk memperkuat ketahanan  menghadapi risiko sesuai dengan standar internasional. Sekaligus menjadi upaya kami dalam menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG),” kata Made. 
     
    Tidak hanya diterapkan di Bank Mandiri, kebijakan dan prosedur BCMS juga disosialisasikan kepada semua Perusahaan Anak di Mandiri Group. Melalui standarisasi tersebut, Bank Mandiri berharap dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap perseroan serta mendukung visi sebagai mitra finansial pilihan utama nasabah.
     
    “Dengan pencapaian ini, Bank Mandiri membuktikan bahwa inovasi dan ketangguhan operasional berjalan seiring, demi memberikan layanan terbaik sekaligus menjaga kepercayaan nasabah dan mitra bisnis di tengah dinamika industri yang terus berkembang,” katanya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Kopra by Mandiri, Solusi Cerdas Optimalkan Likuiditas Perusahaan

    Kopra by Mandiri, Solusi Cerdas Optimalkan Likuiditas Perusahaan

    Jakarta, CNN Indonesia

    Dalam dunia bisnis yang dinamis, pengelolaan likuiditas merupakan elemen penting untuk memastikan kelangsungan operasional dan pertumbuhan perusahaan. Perusahaan pun perlu mengoptimalkan ketersediaan dana untuk kebutuhan operasional harian guna mendukung produktivitas dan memaksimalkan profitabilitas.

    Di satu sisi dana yang tidak terpakai perlu dikelola secara efektif. Hal ini agar dapat dikonsolidasikan dan diinvestasikan untuk menghasilkan return yang optimal bagi perusahaan.

    Namun, tantangan dalam mengelola likuiditas ini sering kali rumit, terutama bagi perusahaan yang memiliki banyak rekening operasional untuk cabang. Proses manual yang memakan waktu dan berisiko menghadirkan kesalahan bisa menjadi penghambat efisiensi.

    Atas dasar itu, Kopra by Mandiri hadir sebagai solusi yang menawarkan kemudahan pengelolaan likuiditas melalui berbagai fitur unggulan seperti Cash Concentration. Fitur unggulan Kopra by Mandiri ini dapat membuat pengelolaan likuiditas yang otomatis dan terpusat sehingga memungkinkan perusahaan mengelola likuiditas secara lebih efisien, terorganisir, dan produktif.

    Berikut sejumlah keunggulan Kopra by Mandiri dalam mengelola likuiditas perusahaan:

    1. Solusi pengelolaan likuiditas yang lengkap

    Melalui fitur Cash Concentration Kopra by Mandiri menyediakan solusi pengelolaan likuiditas yang lengkap dan terintegrasi. Fitur ini dirancang untuk membantu perusahaan mengkonsolidasikan, mendistribusikan, serta mengatur batas minimum dan maksimum dana pada rekening operasional secara otomatis.

    Dengan visibilitas menyeluruh terhadap arus kas, perusahaan dapat mengoptimalkan likuiditas dan memastikan pengelolaan dana yang lebih efisien.

    Melalui Cash Concentration, Kopra by Mandiri mempermudah pengkonsolidasian dana secara otomatis dari sub-rekening atau rekening operasional ke rekening utama.

    Proses ini dapat diatur sesuai kebutuhan perusahaan, baik dari segi nominal maupun jadwal, sehingga membantu meminimalkan dana idle yang tidak produktif. Dengan begitu likuiditas perusahaan dapat dimanfaatkan secara lebih strategis untuk mendukung pertumbuhan bisnis.

    Selain pengkonsolidasian, fitur Cash Concentration juga membantu distribusi dana secara otomatis dari rekening utama ke sub-rekening operasional. Dengan kemudahan pengaturan jumlah dan waktu distribusi, perusahaan dapat memastikan setiap sub-rekening memiliki dana yang cukup untuk kebutuhan operasional harian tanpa perlu intervensi manual.

    Untuk memastikan keseimbangan likuiditas, Kopra by Mandiri juga dilengkapi dengan pengaturan batas dana pada sub-rekening. Jika dana berada pada batas minimum yang telah ditentukan, sistem akan secara otomatis memindahkan dana dari rekening utama untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

    Sebaliknya, jika dana melebihi batas maksimum, kelebihan dana akan dipindahkan kembali ke rekening utama. Dengan fitur yang saling terintegrasi, Kopra by Mandiri memberikan solusi menyeluruh dan efisien untuk memastikan pengelolaan likuiditas perusahaan tetap terkontrol.

    2. Pembuatan skema likuiditas yang mudah

    Kopra by Mandiri juga menghadirkan fitur unggulan lain, yakni pembuatan skema likuiditas yang dilengkapi dengan panduan visual interaktif. Fitur ini membantu perusahaan untuk merancang pengelolaan likuiditas secara fleksibel melalui mekanisme drag-and-drop, yang memudahkan dalam menetapkan rekening utama dan sub-rekening sesuai kebutuhan.

    Skema yang dihasilkan memberikan visualisasi yang komprehensif, sehingga mempermudah perusahaan dalam memantau, mengontrol, dan mengoptimalkan likuiditas secara real-time. Dengan inovasi ini, Kopra by Mandiri menawarkan solusi yang intuitif untuk kebutuhan bisnis modern.

    3. Pengelolaan likuiditas dengan Virtual Account Management yang praktis

    Kopra by Mandiri juga menyediakan solusi pengelolaan dana yang cerdas dan efisien melalui fitur Virtual Account (VA) Management. Dengan sistem sentralisasi dana di satu rekening utama, perusahaan dapat membuat dan mengelola virtual account secara fleksibel kapan saja sesuai kebutuhan secara online.

    Melalui fitur VA Management, perusahaan tidak hanya dapat mengatur limit pada setiap virtual account, tetapi juga menghubungkannya dengan kartu fisik untuk mendukung berbagai aktivitas bisnis.

    Setiap virtual account dapat diatur dengan kode unik, sehingga mempermudah identifikasi transaksi secara akurat dan mempercepat proses rekonsiliasi keuangan.

    Semua transaksi dilakukan secara real-time menggunakan dana di rekening utama, tanpa memerlukan distribusi atau penarikan dana tambahan. Hal ini membuat Kopra by Mandiri menjadi solusi efektif untuk mendukung pengelolaan likuiditas yang efisien sekaligus mempercepat operasional bisnis secara strategis.

    4. Akses mudah

    Layanan Kopra by Mandiri bisa diakses dengan mudah oleh nasabah melalui https://koprabymandiri.com. Nasabah bisnis yang belum bergabung dengan Bank Mandiri bisa segera menghubungi relationship manager Bank Mandiri untuk segera menggunakan Kopra by Mandiri dengan tampilan dan pengalaman yang baru.

    (ory/ory)

  • Standar Global Bank Mandiri Perluas Sistem Keberlangsungan Bisnis

    Standar Global Bank Mandiri Perluas Sistem Keberlangsungan Bisnis

    Jakarta, CNN Indonesia

    Bank Mandiri berhasil mempertahankan serta memperluas lingkup sertifikasi ISO 22301:2019 Sistem Manajemen Keberlangsungan Bisnis atau Business Continuity Management System (BCMS) yang diperoleh melalui audit surveillance pertama pada 24 Mei 2024, diikuti audit perluasan lingkup pada 12-13 Agustus 2024 oleh lembaga sertifikasi internasional British Standard Institution (BSI).

    SVP Business Continuity Management Bank Mandiri, I Made Wahyu Arjaya mengatakan, pencapaian ini menjadi pengakuan lembaga independen berstandar global atas persiapan, pengelolaan, serta penerapan sistem operasional Bank Mandiri yang terbukti handal dari gangguan eksternal maupun internal.

    “Bank Mandiri menjadi bank KBMI 4 pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ISO 22301:2019 BCMS, pertama kali pada tahun 2023 dengan ruang lingkup terbatas. Pada tahun ini, ruang lingkupnya diperluas mencakup sejumlah fungsi-fungsi kritikal lainnya demi memastikan telah kuatnya ketahanan perusahaan di semua lini bisnis,” papar Made dalam keterangan resmi, Senin (16/12).

    Untuk diketahui, ISO 22301:2019 Sistem Manajemen keberlangsungan bisnis atau Business Continuity Management System (BCMS) adalah standar internasional untuk model pendekatan menyeluruh terhadap ketahanan organisasi, yang bertujuan untuk mempersiapkan, menyediakan, dan mengendalikan kemampuan organisasi secara keseluruhan untuk terus beroperasi selama terjadi gangguan.

    Audit yang dilakukan pun melibatkan sejumlah unit kerja Bank Mandiri, termasuk Business Continuity Management, Teknologi Informasi, Treasury, Cash and Trade Operations, serta Electronic Channel Operations.

    Selain itu, juga tambahan unit kerja kritikal, yakni Security Operations, Human Capital, Financial Institution, Accounting, Market Risk, Contact Center, Wealth Management, Data Protection & Fraud Risk, Wholesale Credit Operation, Retail Credit Operation, dan Retail Credit Center KSM.

    Made menjelaskan, Bank Mandiri menjalankan strategi berkelanjutan berupa audit internal rutin, serta kerap menyesuaikan kebijakan dan prosedur agar tetap relevan dengan kondisi terkini. Bagi pegawai, diadakan pelatihan guna memastikan kesiapan menghadapi situasi tak terduga.

    “Hal merupakan bentuk komitmen Bank Mandiri untuk memperkuat ketahanan menghadapi risiko sesuai dengan standar internasional. Sekaligus menjadi upaya kami dalam menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG),” kata Made.

    Adapun seluruh kebijakan dan prosedur BCMS itu juga disosialisasikan kepada setiap Perusahaan Anak di Mandiri Group. Menurut Made, standarisasi akan dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap perseroan, dan mendukung visi menjadi mitra finansial pilihan.

    “Dengan pencapaian ini, Bank Mandiri membuktikan bahwa inovasi dan ketangguhan operasional berjalan seiring, demi memberikan layanan terbaik sekaligus menjaga kepercayaan nasabah dan mitra bisnis di tengah dinamika industri yang terus berkembang,” pungkas Made.

    (rea/rir)

    [Gambas:Video CNN]