brand merek: Yamaha

  • Pasutri Tewas Ditabrak Mobil Dinas Kajari Timor Tengah Selatan

    Pasutri Tewas Ditabrak Mobil Dinas Kajari Timor Tengah Selatan

    Kupang, CNN Indonesia

    Pasangan suami istri (pasutri) di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), NTT, meninggal dunia saat mengendarai sepeda motor akibat ditabrak mobil dinas Kepala Kejaksaan Negeri TTS.

    Kasat Lantas Polres TTS Iptu Rally Lerik mengatakan kecelakaan maut tersebut terjadi Senin (16/12) sore sekitar pukul 15.25 Wita. Korban tabrakan tersebut adalah Jhon Hermen Fangidae (44) dan Serly Maria Oktavia Selan (40), warga Desa Oebobo, Kecamatan Batu Putih, TTS.

    “(TKP) Laka lantas di jalan raya Fatumetan, RT O16 / RW 007, Desa Bointuka Kec Batu Putih, Kab TTS,” kata Rally saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin.

    Dia menjelaskan mobil dinas Kajari TTS dengan nomor polisi DH 3 WD yang dikemudikan Muhamad Najib Syahroni menabrak sepeda motor yang dikendarai Jhon Hermen Fangidae dan Serly Maria.

    Awalnya, kata Rally, mobil dan motor datang dari arah yang saling berlawanan.

    “Mobil Inova DH 3 WD melaju dari arah batu putih menuju ke arah Kota Soe, sedangkan kedua korban yang mengendarai sepeda motor Yamaha Jupiter MX tanpa nomor polisi datang dari arah berlawanan,” tuturnya.

    Saat di TKP, karena kondisi jalan, mobil keluar jalur dan menabrak sepeda motor dari arah berlawanan. Rally mengatakan pasutri yang mengendarai motor terjatuh hingga meninggal dunia di tempat.

    Kedua jenazah korban tabrak tersebut langsung dibawa ke RSUD Soe. Sedangkan pengendara mobil langsung diamankan ke Unit Laka Sat Lantas Polres TTS.

    Dia mengatakan, usai terjadi tabrakan tim olah TKP dari Unit Laka Sat Lantas Polres TTS langsung turun ke lokasi dan melakukan olah TKP.

    “Barang bukti juga sudah langsung diamankan yakni sepeda motor dan mobil Innova,” ujarnya.

    Menurut informasi, saat terjadi tabrakan, Kepala Kejaksaan Negeri Timor Tengah Selatan Sumantri ada di dalam mobil tersebut. Dia duduk di samping kiri pengemudi.

    (ely/tsa)

    [Gambas:Video CNN]

  • Bank Jateng Komitmen Permudah Akses Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor

    Bank Jateng Komitmen Permudah Akses Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor

    Jakarta, CNN Indonesia

    Puncak Festival Kampung Bank Jateng berlangsung meriah di Lapangan Candi Sojiwan, Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Klaten, Sabtu (14/12) malam. Rangkaian kegiatan diisi dengan pengundian hadiah pajak kendaraan bermotor melalui kanal Bank Jateng.

    Kemudian ada juga hadiah lain yang diberikan yakni 14 unit sepeda motor Yamaha Aerox. Jumlah hadiah yang diberikan meningkat dibandingkan pengundian hadiah tahun lalu sebanyak enam unit sepeda motor.

    Rangkaian kegiatan juga semakin meriah dengan pesta kembang api serta penampilan bintang tamu grup musik asal Yogyakarta OM Wawes.

    Sebelum puncak acara, sejak Sabtu pagi, Festival Kampung Bank Jateng dimeriahkan dengan bazar yang menghadirkan 13 UMKM binaan Bank Jateng. Selain itu, ada bazar sembako murah. Tak sekadar bazar, kegiatan dimeriahkan dengan pentas kesenian jatilan dan reog.

    Rangkaian kegiatan dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah, Sumarno; Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya; Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank Jateng, Irianto Harko Saputro; serta jajaran Direksi dan Dewan Komisaris Bank Jateng.

    Direktur Bisnis Kelembagaan, Tresuri dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng, Ony Suharsono, mengungkapkan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui kanal Bank Jateng mengalami kenaikan signifikan.

    Pada 2024, ada 55.369 transaksi melalui kanal Bank Jateng tersebut dengan nominal pajak mencapai Rp17,9 miliar. Nilainya naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan 2023 sebesar 22.500 transaksi dengan nominal pajak Rp7,2 miliar.

    Ony mengungkapkan jika dibandingkan total pajak kendaraan yang mencapai triliunan rupiah per tahun, capaian pajak melalui kanal Bank Jateng ini masih cukup sedikit. Lantaran hal itu, Bank Jateng berkomitmen untuk terus meningkatkan realisasi pembayaran pajak kendaraan melalui kanal Bank Jateng.

    Ony optimistis realisasi pembayaran pajak kendaraan melalui kanal Bank Jateng pada tahun depan dapat tembus Rp100 miliar. Hal itu seiring kemudahan akses pembayaran melalui mobile banking pada 2025 mendatang. Tak hanya memudahkan, peningkatan pelayanan itu bakal mempercepat nasabah melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

    Saat ini pembayaran pajak kendaraan masih belum bisa langsung dilakukan melalui menu aplikasi mobile banking Bank Jateng. Nasabah harus masuk ke aplikasi Sakpole untuk mendapatkan ID billing sebelum melakukan transaksi pembayaran melalui mobile banking.

    “Insyaallah tahun depan nasabah Bank Jateng yang memiliki mobile banking bisa melakukan pembayaran secara langsung melalui menu di mobile banking. Jadi tidak harus masuk ke aplikasi Sakpole terlebih dahulu,” kata Ony.

    Sekda Jateng, Sumarno, mengungkapkan kemudahan akses masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor harus terus dilakukan. Sumarno mengapresiasi capaian pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui mobile banking serta Laku Pandai Bank Jateng yang meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

    “Ini menjadi penggerak untuk kedepannya supaya masyarakat lebih mengenal pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan hanya melalui smartphone dengan aplikasi Bima Mobile,” kata Sumarno.

    Di sisi lain, Sumarno mengungkapkan cara pembayaran lainnya juga terus didorong untuk ditingkatkan. Sumarno mengajak masyarakat untuk patuh dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

    Dia menjelaskan pajak kendaraan bermotor memiliki porsi besar dalam sumber pendapatan provinsi maupun kabupaten/kota. Hasil pengelolaan pajak tersebut untuk peningkatan pembangunan sesuai usulan masyarakat.

    Bank Jateng merupakan bank milik bersama Pemerintah Provinsi Jateng dan pemerintah kota/kabupaten se-Jateng. Bank Jateng menjadi satu-satunya bank untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor di Jateng.

    (adv/adv)

  • Bedah Fitur Baru di Xforce Ultimate with Diamond Sense

    Bedah Fitur Baru di Xforce Ultimate with Diamond Sense

    Jakarta

    Mitsubishi telah meluncurkan Xforce terbaru. Kini, SUV compact andalan Mitsubishi itu mendapat tambahan fitur canggih.

    Mitsubishi baru saja meluncurkan Xforce Ultimate with Diamond Sense (DS). Model itu dihadirkan untuk melengkapi dua varian yang telah diperkenalkan sebelumnya, yakni Mitsubishi Xforce Ultimate, dan Mitsubishi Xforce Exceed.

    Peluncuran varian baru Mitsubishi Xforce Ultimate DS hadir dengan teknologi “Diamond Sense”. Diamond Sense adalah fitur bantuan keselamatan terintegrasi mutakhir untuk pengemudi yang lebih lengkap dari varian sebelumnya.

    “Produk terbaru kami menampilkan teknologi Diamond Sense, inovasi inovatif yang dirancang untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan di setiap perjalanan,” kata Atsushi Kurita, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia.

    Secara eksterior, Mitsubishi Xforce Ultimate DS tetap mempertahankan konsep silky dan solid serta identitas desain New Generation Dynamic Shield. Namun, tipe Ultimate DS memiliki perbedaan dengan dua varian pendahulunya dengan disematkannya warna eksterior two-tone, dengan bagian atap berwarna hitam. Mobil ini juga mendapat penambahan Rear Spoiler, dan Fashionable Roof Rail.

    Keunggulan yang ada di varian Ultimate sebelumnya dipertahankan di Xforce Ultimate DS seperti Ground Clearance222 mm,Well-Tuned Suspension,serta Easy Handing dengan radius putar yang minim (5,2m).

    Pada bagian interior, Mitsubishi Xforce Ultimate DS memiliki kesamaan dengan varian Ultimate. Xforce Ultimate DS memiliki ruang kabin luas, 8-steps reclining seat (17˚-33˚), Smartphone-link Display Audio(SDA) 12,3″Audio Head Unit dengan konektivitas wireless Android Auto dan Apple Carplay, Dynamic Sound Yamaha Premium Audio dengan 8 speakers, 8″ Meter Cluster, Top-class Cargo Space dengan beragam ruang penyimpanan serbaguna, Hands-free Power Liftgate dengan kick sensor, Dual-Zone Auto Climate Control dengan teknologi Panasonic Nanoe-X dan fungsi memori, Floor Console Box dengan Armrest & Cooling Function, Auto-Dimming Rearview Mirror, Wireless Charger, Assist Grips x4, Tonneau cover, Coin box, Horizontal axist instrument panel dengan floating console serta ambient lighting, dan Connected Car Service.

    Fitur keamanan dan keselamatan lebih lengkap lagi. Mitsubishi Xforce Ultimate DS telah dilengkapi dengan 6 airbags (berkat penambahan 2 Curtain Airbags), serta Mono Camera, Sensor Radar di depan dan belakang, dan Ultrasonic Parking Sensor, yang memungkinkan beragam fitur pada teknologi “Diamond Sense” bekerja. Adapun fitur-fitur dalam paket Diamond Sense pada Xforce Ultimate DS antara lain:

    Adaptive Cruise Control(ACC)with low speed follow: Cruise Control dengan fitur advanced meliputi Adaptive with Low-Speed Follow yang mampu beroperasi dalam kondisi Stop and Go dengan. Selain itu memiliki fitur Curve Deceleration yaitu mampu mengurangi kecepatan pada kondisi jalan berkelok.Automatic High Beam(AHB): Secara otomatis menyesuaikan lampu low beam atau high beam dengan mendeteksi penerangan sekitar dan keberadaan kendaraan lain di depan.Forward Collision Mitigation(FCM): Sistem Forward Collision Mitigation (FCM) secara otomatis mengaktifkan rem ketika mendeteksi potensi benturan sehingga mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan keselamatan penumpang serta pejalan kaki.Lead Car Departure Notification System(LCDN): Pada saat kendaraan berhenti, fitur ini memberi notifikasi kepada pengemudi melalui Digital Driver Display untuk segera maju mengikuti kendaraan di depan.Blind Spot Warning(BSW): Mendeteksi kendaraan lain di area blind spot, dan memberikan peringatan kepada pengemudi melalui Digital Driver Display.Rear Cross Traffic Alert(RCTA): Rear-Cross Traffic Alert mendeteksi kendaraan yang mendekat dari kedua sisi belakang, sehingga memungkinkan keluar parkir dengan aman.Auto Headlight: Fitur ini dapat mengaktifkan On/Off lampu depan secara otomatis sesuai dengan kondisi penerangan sekitarAuto Rain Sensor: Secara otomatis mengaktifkan dan menyesuaikan kecepatan wiper saat hujan, menjaga visibilitas tanpa mengganggu fokus pengemudi.Rear Camera: Membantu pengemudi saat mundur dengan memberikan tampilan jelas di area belakang kendaraan serta mengurangi blind spot terhadap objek lain.

    Selain itu, empat mode berkendara dan Active Yaw Control (AYC) masih dipertahankan untuk menambahkan keamanan berkendara.

    Mitsubishi menghadirkan varian Xforce Ultimate DS untuk mengakomodasi konsumen yang memiliki preferensi atau menginginkan fitur keselamatan yang lebih lengkap, meski varian Xforce Ultimate sebetulnya sudah memiliki fitur yang cukup lengkap. Konsumen dapat memilih sesuai dengan preferensi, kebutuhan, dan budget yang dimiliki.

    “Xforce Diamond Sense adalah salah satu pilihan yang diberikan kepada konsumen. Ini adalah bagian dari pilihan yang kita berikan kepada konsumen. Fitur yang menjadi unique point dari ADAS ini di Xforce adalah di adaptive cruise control bisa juga digunakan dalam kondisi low speed, sangat bermanfaat terutama bagi Jakarta atau kota besar yang kondisi traffic-nya sangat padat,” kata Guntur Harling, General Manager of Product Strategy Division PT MMKSI.

    Mitsubishi Xforce Ultimate DS dijual dengan harga Rp 422,9 juta untuk area DKI Jakarta. Mitsubishi menawarkan 6 pilihan warna untuk Xforce Ultimate DS, yakni Graphite Graytwo-tone, Energetic Yellow two tone, Quartz White Pearl two tone, Blade Silver two tone, Red Metallic two tone, dan Jet Black mica.

    (rgr/din)

  • Padahal Jika Didengar, Saya Yakin Juara Dunia

    Padahal Jika Didengar, Saya Yakin Juara Dunia

    Jakarta

    Maverick Vinales mengenang masa-masa kurang asyik di Yamaha. Menurut Top Gun, Yamaha kerap mengabaikan permintaannya.

    Rider Spanyol itu menghabiskan lima setengah tahun bersama Yamaha sebelum hengkang di tengah musim 2021. Padahal, kontrak Vinales seharusnya baru akan habis pada akhir MotoGP 2022.

    Vinales dan Yamaha memulai hubungan pada 2017. Kala itu Vinales pindah dari Suzuki. Awalnya dia merasa nyetel dengan motor Yamaha. Apalagi tim tersebut punya satu tujuan, yakni menjadi juara dunia.

    “Saya ingat saat bergabung Yamaha, saya masuk sebagai sebuah misil. Dengan ide yang jelas dan tujuan yang sangat jelas dan itulah satu-satunya hal yang saya minta kepada Yamaha: ‘Saya ingin menjadi juara dunia, saya tidak tertarik pada hal lain.’ Saat pertama kali melakukannya, saya langsung jatuh cinta. Rasanya seperti ketika sesuatu baru saja terjadi pada saya, semuanya menjadi begitu mudah. Saya belum pernah mengendarai sepeda motor sebaik ini,” kenang Vinales dikutip dari Marca, Minggu (15/12/2024).

    “Jangan pernah menyentuhnya. Itu adalah sepeda motor yang ditinggalkan Jorge (Lorenzo). Saya berkata: Bawakan saya sepeda motor ini ke Qatar, dengan ini saya akan memenangkan Kejuaraan Dunia,” kata Vinales.

    Dua tahun berseragam Yamaha, tepatnya 2018, Vinales mulai merasa aneh dengan cara kerja Yamaha. Vinales merasa permintaannya tidak didengar.

    “Kita memasuki tahun 2018 dan saya berkata: ‘Saya ingin motor 2016, jangan bawakan saya apa-apa lagi.’ Di Jerez saya melakukan tes dengan motor 2016, yang dikendarai Zarco, dan itu lebih cepat setengah detik. Saya mengatakan kepada mereka: ‘Saya, Anda lihat saya tidak salah, itu saja?’ Mereka berkata: ‘Ya, ya’, tetapi kami tiba di tes Sepang dan motor baru lainnya dan motor 2018 tidak cocok untuk saya. Saya sama sekali tidak menyukainya. Saya berkata ini akan menjadi sangat sulit,” terang dia.

    “Kita memasuki tahun 2019 dan nampaknya mereka telah memetik pelajaran. Márquez dan Honda sangat kuat, namun motornya berjalan dengan sangat baik. Hanya kami yang mampu melawan Marc,” akunya.

    Musim 2020, Vinales ingin menggunakan motor 2019 dengan sedikit tambahan aerodinamis. Namun permintaan itu tidak diiyakan oleh Yamaha.

    Ada insiden rem blong di MotoGP Austria. Rem motor YZR-M1 miliknya mendadak blong, saat hendak memasuki Turn 1 di lap ke-16.

    Saat hendak berbelok, Vinales langsung melompat dari motornya. Tunggangannya sendiri tetap meluncur lurus, dan akhirnya menabrak pembatas sirkuit sampai terbakar.

    Maverick Vinales saat berseragam Yamaha (Photo by JOE KLAMAR / AFP) Foto: AFP/JOE KLAMAR

    “Saya kehilangan 40 poin, yang akan memberi saya gelar juara. Tahun termudah untuk memenangkan kejuaraan dunia dan tahun di mana kami paling gagal. Itu spektakuler. Tahun lain yang memberi banyak perhatian kepada saya, karena jika mereka telah mendengarkan saya, hari ini saya akan menjadi juara dunia. Saya yakin seratus persen,” katanya.

    Vinales lalu bercerita tentang musim terakhirnya bersama Yamaha. Bermula inkosistensi di awal musim, Vinales sangat marah kepada Yamaha usai finis paling belakang di Sachsenring. Di balapan selanjutnya Vinales finis runner-up di Assen tapi hubungan keduanya tidak mungkin lagi diperbaiki sehingga pada prosesnya mengumumkan perpisahan di akhir musim.

    “Pada tahun 2021 saya memulai balapan dengan kemenangan. Saya merasa tidak terkalahkan. Saya tidak tahu apa yang terjadi di sana, saya tidak mengerti apa pun yang terjadi, bahwa motor saya mengalami kemunduran,” kata Vinales.

    Vinales kemudian harus memulai balapan lagi dari pit karena motornya bermasalah saat warm up. Ketika balapan berakhir, Vinales finis posisi terbawah dan tak dianggap sah dalam perlombaan.

    Tim Yamaha kemudian melakukan investigasi internal dan diketahui kalau Vinales ternyata mengutak-atik setting-an motor YZR-M1 miliknya. Utak-atik Vinales ini dinilai ilegal oleh Yamaha sehingga membuat mesin motor menjadi rusak.

    ‘Saya tidak tahan lagi. Itu tergantung mereka atau saya,’ jelasnya.

    “Jika Anda melihat apa yang Anda masukkan ke dalam sepeda motor… Itu bukan untuk merusaknya, jauh dari itu, tetapi agar mereka mengerti bahwa saya tidak tahan lagi. Saya muak dengan situasi itu. katanya saya mencoba menyabotase atau merusak sepeda. Saya mematikan telepon saya dan saya berkata: ‘Saya tidak ingin tahu apa-apa. Saya tidak peduli sama sekali.’,” ceplos Vinales.

    Selama empat setengah tahun dengan bendera Monster Energy Yamaha, Vinales memberikan 8 kemenangan balapan, 24 podium, dan dua tempat ketiga di klasemen keseluruhan pembalap 2017 dan 2019.

    (riar/lua)

  • Marquez Berambisi Kejar Rekor Valentino Rossi

    Marquez Berambisi Kejar Rekor Valentino Rossi

    Jakarta

    Marc Marquez berambisi mengejar rekor gelar MotoGP milik Valentino Rossi. Saat ini Marquez hanya berjarak satu gelar dari The Doctor. Marc Marquez memiliki peluang besar menyamai perolehan gelar MotoGP Rossi dalam dua musim percobaan ke depan.

    Diketahui, saat ini Valentino Rossi menempati posisi kedua sebagai rider yang paling banyak mendapatkan gelar juara Grand Prix. Rossi memiliki 9 gelar juara Grand Prix yang di antaranya 7 gelar MotoGP pada 2001, 2002, 2003 bersama Honda dan pada 2004, 2005, 2008, 2009, bersama Yamaha. Gelar Rossi lainnya didapat di kelas balap 125 cc pada 1997 dan kelas balap 250 cc pada musim 1999. Saat itu Rossi masih membela Aprilia.

    Valentino Rossi Foto: Doc. Yamaha Racing

    Sementara Marquez memiliki 8 gelar Grand Prix yang diperolehnya saat membela Honda. Pebalap asal Spanyol itu meraih gelar MotoGP musim 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, serta 2019. Selanjutnya 2 gelar Marquez lainnya diperoleh pada 2010 kala dia masih membela Derbi di kelas 125 cc dan pada 2012 saat membela Suter di Moto2.

    Mengingat Rossi sudah pensiun dan Marquez masih aktif membalap, Marquez pun berambisi mengejar perolehan gelar MotoGP Rossi. Marquez mempunyai target menyamakan rekor Rossi pada tahun 2027.

    “Pada tahun 2027, saya akan mencoba untuk memiliki sembilan gelar (Grand Prix),” bilang Marquez dikutip dari Motosan. “Saya akan berusaha untuk mendapatkan satu Piala Dunia lagi, setiap tahun saya berusaha memperjuangkannya,” sambung pebalap asal Spanyol tersebut.

    Ambisi Marquez untuk menyamai rekor Rossi bisa saja diraihnya dalam dua musim ke depan. Apalagi sekarang Marquez berada di tim pabrikan Ducati Lenovo yang mempunyai motor paling sempurna dan paling kompetitif di MotoGP, Ducati Desmosedici.

    Ducati Desmosedici saat ini mendominasi ajang MotoGP dengan kemenangan selama 3 musim berturut-turut. Asal bisa tampil konsisten dan minim membuat kesalahan, maka Marquez memiliki peluang besar meraih gelar juara dunia kesembilannya.

    (lua/riar)

  • Masa Lalu Ducati Salah Rekrut Rossi

    Masa Lalu Ducati Salah Rekrut Rossi

    Jakarta

    Ducati mengenang masa-masa sulit, meskipun pernah dibela pebalap sekaliber Valentino Rossi. Kala itu, mengawinkan pebalap dan motor yang sama-sama dari Italia adalah mimpi, namun realisasinya jangankan meraih juara dunia, menang balapan sekalipun sulit.

    Rossi berseragam pabrikan asal Borgo Panigale pada musim 2011 dan 2012. Tapi Pebalap kelahiran Tavullia ini ternyata tidak mampu menunjukkan statusnya sebagai legenda hidup MotoGP.

    Pada musim pertamanya di Ducati, Rossi finis di urutan ketujuh klasemen akhir pebalap dengan 139 poin. Dari 18 seri, pebalap Italia ini cuma naik podium sekali. Lalu Valentino Rossi dan Ducati pun berpisah pada akhir musim 2012. Total selama berseragam Ducati, dia hanya meraih tiga podium.

    Mauro Grassilli, Sporting Director Ducati Corse, mengamini kehadiran Rossi saat itu awalnya dinilai bisa jadi juru selamat Ducati yang bisa meraih kemenangan pasca ditinggal Casey Stoner.

    “Dia (Rossi) datang ke Ducati sebagai fenomena yang dapat menyelamatkan dari situasi tidak sulit, tetapi dapat ditingkatkan,” kata Grassilli.

    Sayangnya motor yang dirancang Ducati tidak nyetel dengan Rossi. Bahkan dia menyebut Rossi ingin mengubah Ducati jadi motor Yamaha.

    “Masalahnya adalah tidak diketahui dengan jelas seperti apa motor itu, kedatangan Valentino dan kebutuhan untuk menyediakan motor yang cukup kompetitif bagi Valentino,” kata Kepala Mekanik Ducati saat itu, Juan Martinez.

    Apalagi permintaan Rossi bahkan tidak sesuai dengan konsep Desmosedici yang telah dikembangkan.

    Akhir pekan bersama Ducati lebih banyak kekecewaan. Masa tinggal Rossi di Borgo Panigale menyisakan noda kegagalan dan keputusasaan bagi Ducati.

    “Sepeda motor yang dirancang oleh Filippo Preziosi adalah sepeda motor yang dirancang, didesain, dan dikonsep untuk tidak memiliki sasis perimeter, dan kedatangan Valentino bahkan mengubah bagian yang sangat penting dari proyek ini, sedikit dengan tujuan mengubah Ducati menjadi Yamaha,” ujar Martinez.

    Ducati sekarang jadi incaran para pebalap. Motornya superior di atas lintasan. Ducati kala itu belum siap menampung Rossi.

    “Memang sebuah kesalahan ketika kami merekrut Valentino ke Ducati, saat itu kami belum siap. Ducati belum siap menangani Valentino Rossi, sedangkan sekarang kami jauh lebih siap. Saya juga mengingatkan bahwa sekarang kami punya dua juara dunia. Saat anda menangani Francesco Bagnaia, saya tidak melihat alasan mengapa Anda tidak mampu menangani Marc Marquez,” ucap Manajer Ducati, Tardozzi.

    “Dengan Valentino, saat itu timing-nya benar-benar keliru dengan Jorge Lorenzo, menurut saya dia membuat kesalahan karena terburu-buru bergabung dengan Honda. Seandainya dia menunggu beberapa hari, ceritanya akan berbeda,” Tardozzi menambahkan.

    (riar/lth)

  • 6 Sepeda Motor di Magelang Dicuri dalam Semalam, Maling Rusak Gembok Gerbang
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        13 Desember 2024

    6 Sepeda Motor di Magelang Dicuri dalam Semalam, Maling Rusak Gembok Gerbang Regional 13 Desember 2024

    6 Sepeda Motor di Magelang Dicuri dalam Semalam, Maling Rusak Gembok Gerbang
    Tim Redaksi
    MAGELANG, KOMPAS.com
    – Enam sepeda motor dilaporkan hilang diduga dicuri dari dua indekos berbeda dalam satu malam di Kota
    Magelang
    , Jawa Tengah.
    Kejadian ini berlangsung pada Jumat (13/12/2024) dini hari, dan semua korban merupakan mahasiswa.
    Pelaku pencurian diduga merusak gembok gerbang indekos menggunakan alat yang menyerupai kunci.
    Video yang merekam aksi pencurian tersebut telah beredar di media sosial, menunjukkan seseorang yang masuk ke halaman indekos dengan hati-hati sambil mengamati barisan sepeda motor yang terparkir.
    Salah satu akun Instagram yang mengunggah video tersebut hanya mencantumkan lokasi kejadian di Kelurahan Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara, tanpa menyebutkan nama indekos.
    Penjabat sementara Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Magelang Kota, Iptu Iwan Kristiana, membenarkan adanya pencurian sepeda motor di Potrobangsan.


    Ia menjelaskan bahwa enam sepeda motor dari enam pemilik berbeda hilang dan semua korban menyadari kehilangan mereka pada Jumat pagi.
    “(Korban) mahasiswa semua,” ungkap Iwan kepada
    Kompas.com
    melalui aplikasi perpesanan, Jumat malam.
    Di indekos pertama, dua sepeda motor hilang dengan total kerugian sekitar Rp 53,5 juta.
    Sementara di indekos kedua, empat sepeda motor hilang dengan taksiran kerugian mencapai Rp 68 juta.
    “Motor yang dicuri terdiri dari tiga Honda Beat, satu Yamaha Scorpio, satu Kawasaki KLX, dan satu Honda CRF,” jelasnya.
    Iwan menambahkan bahwa rekaman kamera pengawas hanya memperlihatkan satu pelaku, seperti yang ditampilkan dalam video yang beredar di media sosial.
    Ia belum dapat memastikan jumlah total pelaku yang terlibat dalam pencurian tersebut.
    Semua korban telah melapor ke Polres Magelang Kota pada hari ini.
    Penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan untuk mengungkap
    kasus pencurian
    ini.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • LHKPN Laporan Harta Kekayaan Hamenang Wajar Ismoyo Bupati Klaten Terpilih Pilkada 2024

    LHKPN Laporan Harta Kekayaan Hamenang Wajar Ismoyo Bupati Klaten Terpilih Pilkada 2024

    TRIBUNJATENG.COM– LHKPN Laporan Harta Kekayaan Hamenang Wajar Ismoyo Bupati Klaten Terpilih Pilkada 2024

    Di usia 36 tahun, Hamenang Wajar Ismoyo sudah memiliki kekayaan Rp 4 miliar.

    Hal itu diletahui berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) pada periode 2023.

    Berikut rincian kekayaan Hamenang:

    TANAH DAN BANGUNANRp1.880.000.000
     
    1.Tanah Seluas 110 m2 di KAB / KOTA KOTA YOGYAKARTA , HASIL SENDIRI 253.000.000
     
    2.Tanah Seluas 7650 m2 di KAB / KOTA KLATEN, WARISAN 670.000.000
     
    3.Tanah Seluas 2116 m2 di KAB / KOTA KLATEN, HASIL SENDIRI 451.000.000
     
    4.Tanah dan Bangunan Seluas 84 m2/75 m2 di KAB / KOTA KLATEN, HASIL SENDIRI 506.000.000
     
     B.ALAT TRANSPORTASI DAN MESIN Rp826.000.000
    1.MOTOR, YAMAHA 2DP NON ABS Tahun 2017, HASIL SENDIRI 24.000.000 
    2.MOBIL, TOYOTA FORTUNER VR2 Tahun 2017, HASIL SENDIRI  375.000.000
    3.MOBIL, MAZDA RX 8 Tahun 2006, HASIL SENDIRI 200.000.000
    4.MOTOR, YAMAHA FAZIO BEJ AT Tahun 2022, HASIL SENDIRI22.000.000
     5.MOTOR, KAWAZAKI NINJA KR150K Tahun 2011, HASIL SENDIRI 30.000.000
     6.MOBIL, HONDA SEDAN CIVIC Tahun 2013, HASIL SENDIRI 175.000.000
     C. HARTA BERGERAK LAINNYA Rp 111.500.000
    D.SURAT BERHARGARp 0
    E.KAS DAN SETARA KASRp 779.757.888
    F.HARTA LAINNYA Rp 549.000.000
    Sub Total Rp 4.146.257.888
    II.HUTANG Rp 50.449.400
    III.TOTAL HARTA KEKAYAAN (I-II) Rp 4.095.808.488.

    Hamenang Wajar Ismoyo menjadi ketua sementara DPRD Klaten periode 2019-2024.

    Hamenang Wajar Ismoyo menjadi anggota DPRD sejak tahun 2014.

    Pada pileg 2024, ia kembali terpilih untuk masa jabatan 2024-2029.

    Namun, di Pilkada 2024 ini, ia maju sebagai calon bupati Klaten berpasangan dengan Benny Indra Ardhianto.

    Pasangan Hamenang Wajar Ismoyo – Benny Indra Ardhianto di Pilkada 2024 diusung PDIP, Gerindra, PKB, PAN, PPP, NasDem, serta partai non parlemen Gelora dan Perindo.

    Hamenang ()

    Profil Hamenang

    Hamenang Wajar Ismoyo dulunya pernah menjadi pegawai bank dan reporter Trans7.

    Mundurnya dia dari jurnalistik karena ia diminta keluarga dan partai pulang untuk persiapan pencalonan anggota DPRD 2014-2019.

    Saat itu, Hamenang maju dari daerah pemilihan (Dapil) Klaten V yang meliputi kecamatan Bayat, Cawas, Karangdowo, Pedan, dan Trucuk.

    Hamenang ()

    “Alasan terjun ke dunia politik karena ingin membangun Klaten dari segi pariwisata,” jelasnya.

    Lalu pada akhirnya, ia terpilih menjadi anggota DPRD Klaten periode 2014-2019.

    Selama menjadi anggota DPRD Klaten, ia telah melalang buana di berbagai komisi seperti komisi 2 kemudian geser ke komisi 1 dan terakhir di komisi 3.

    Pada periode pertama ia berhasil menginisiasi lahirnya Peraturan Daerah (Perda) tentang pengelolaan kepariwisataan di Klaten.

    Selain itu, ia juga menjadi pansus pembuatan perda Bumdes di Kabupaten Klaten.

    Kemudian ia kembali mencalonkan kembali sebagai anggota DPRD Klaten dan terpilih di periode 2019-2024.

    Berbeda di periode sebelumnya, Hamenang diberikan amanah sebagai Ketua DPRD Klaten.

    Bahkan dia menjadi satu-satunya Ketua DPRD termuda di Solo Raya.

    Selain itu, ia juga ditunjuk sebagai ketua dalam salah satu cabang olahraga Korfball (Bola Keranjang) di Kabupaten Klaten pada periode 2019-2024 dan Ketua Pramuka 2021-2026.

    Berikut biodata Hamenang Wajar Ismoyo Calon Bupati Klaten 2024 – 2029 :

    Nama : Hamenang Wajar Ismoyo S.IKom.

    Tempat, Tanggal Lahir : Klaten, 26 November 1988.

    Nama Istri   : Fahrani Ekawati Budiana SE. Ak

    Nama Anak : Arsya Nendradiasta Hamenang Putra dan Girinda Nawasena Hamenang Putra 

    Hobby : bermain musik dan bermain olahraga basket.

    Riwayat Pendidikan :

    – SDN 1 Jatipuro Trucuk

    – SMP Negeri 6 Klaten.

    – SMAN 2 Klaten.

    – Universitas Atmajaya FISIP Prodi Ilmu Komunikasi

    Riwayat organisasi:

    – OSIS SMP Negeri 6 Klaten.

    – OSIS SMAN 2 Klaten.

    – Duta Wisata 2010.

    – Ketua asosiasi Duta Wisata.

    – Sekretaris Ikatan Mas Mbak Jateng.

    – Pembinan Duta Wisata.

    – Ketua Korfball Klaten (Bola Keranjang), 2019-2024.

    – Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Klaten, 2021-2025).

    Riwayat Organisasi Politik:

    – Sekretaris Ranting PDIP.

    – Ketua PAC Trucuk.

    – Pengurus DPC PDIP.

    Riwayat Pekerjaan:

    – Bank Bukopin

    – Reporter di Trans7

    -Anggota DPRD Klaten 2014-2019

    -Ketua DPRD Klaten Sementara 2019-2024

  • Inikah Motor Baru Yamaha yang Meluncur Pekan Depan?

    Inikah Motor Baru Yamaha yang Meluncur Pekan Depan?

    Jakarta

    PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bakal merilis motor baru pekan depan, Rabu (18/12/2024). Tanpa ada kisi-kisi, motor apa yang segera meramaikan jalanan Indonesia ini?

    Peluncuran bakal dilakukan di bilangan Jakarta Selatan, sama seperti peluncuran motor matic Yamaha Lexi terbaru.

    “Kami PT Yamaha Indonesia Motor Mfg., ingin mengundang rekan-rekan media untuk dapat berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Yamaha Product Press Conference yang akan dilaksanakan pada, Rabu 18 Desember 2024,” demikian bunyi undangan peluncuran tersebut.

    Baru-baru ini Yamaha menyegarkan motor bebek MX-King dengan ubahan warna, bukan sesuatu yang signifikan.

    Dalam akun instagram resmi Yamaha, mereka baru saja menyebarkan teaser “Alpha”, beberapa kata-kata dikeluarkan sebagai ‘suntikan’ antara lain Brave, Aggresive, Dynamic, Anti-Mainstream, dan Stand out.

    Nmax menjadi pionir dalam pengembangan teknologi kekinian. Terbaru Nmax mendapat fitur anyar untuk dapat dorongan tenaga serta engine brake berkat sistem Yamaha Electric Continous Variable Transmission (YECVT).

    Nmax diketahui masuk ke kategori Maxi Series. Dalam lini Maxi Yamaha masih terdapat model lain, antara lain Aerox, Lexi, dan Xmax.

    Aerox menjadi salah satu motor Yamaha yang belum mendapat sentuhan baru sejak terakhir kali disegarkan pada 2020.

    Kalau melihat rencana Yamaha, Nmax sejatinya juga menjadi motor pertama yang diterapkan Y-Connect pada awal 2020. Teknologi itu lalu melebar ke model Maxi Series lainnya, seperti Aerox, Xmax dan terbaru Lexi.

    Satu hal yang menjadi perhatian adalah dengan sensasi turbo itu ada harga yang harus dibayarkan. Antara Neo dan Turbo terdapat selisih harga sampai Rp 5 juta.

    Perlu diketahui, kata ‘Turbo’ pada Nmax terbaru merupakan bahasa marketing yang diciptakan oleh produsen garpu tala tersebut. Sebenarnya, maksud kata ‘Turbo’ adalah agar memudahkan penyebutan YECVT.

    Teknologi tersebut merupakan nilai jual utama di Yamaha Nmax generasi ketiga. YECVT menggantikan sistem CVT konvensional pada motor, jadi tidak lagi menggunakan roller. Bukan tidak mungkin Yamaha juga memperkenalkan sistem tersebut kepada line up Maxi Series lainnya, terutama ke Aerox yang menyasar segmen anak muda.

    Di sisi lain, Yamaha telah menguji dua model motor listriknya di Indonesia. Namun, hingga sekarang Yamaha belum juga menjual motor listrik.

    Nah, kira-kira menurut detikers, motor apa yang bakal meluncur di Indonesia?

    (riar/din)

  • Mahasiswi Pengemudi Toyota Raize Maut di Pekanbaru Divonis 8 Tahun Penjara

    Mahasiswi Pengemudi Toyota Raize Maut di Pekanbaru Divonis 8 Tahun Penjara

    Pekanbaru, Beritasatu.com – Pengadilan Negeri Pekanbaru menjatuhkan vonis 8 tahun penjara kepada terdakwa Marisa Putri (21) atas kasus tabrakan maut dengan kendaraan Toyota Raize yang dikemudikannya. 

    Ketua majelis hakim Hendah Karmila Dewi, dalam putusannya mengatakan, Marisa Putri binti Edi Ujang terbukti bersalah melakukan kelalaian fatal saat berkendara yang menyebabkan hilangnya nyawa orang lain.

    “Menyatakan terdakwa Marisa Putri terbukti bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja mengemudikan kendaraan bermotor yang membahayakan nyawa dan mengakibatkan orang meninggal dunia. Menjatuhkan pidana penjara selama 8 tahun,” kata hakim Hendah sambil mengetuk palu.

    Selain divonis 8 tahun penjara, surat izin mengemudi (SIM) Marisa dicabut selama dua tahun setelah menjalani hukuman.

    “Terdakwa terbukti mengendarai kendaraan di bawah pengaruh alkohol dan narkoba, yang berujung pada kecelakaan fatal. Perbuatan terdakwa menimbulkan penderitaan, trauma yang mendalam bagi keluarga korban Renti Marningsih almarhum,” jelasnya.

    “Perbuatan terdakwa menimbulkan keresahan yang meluas di masyarakat. Tidak ada perdamaian dengan keluarga korban, keadaan yang meringankan terdakwa bersikap sopan di persidangan, mengakui dan menyesali perbuatannya di persidangan,” lanjutnya.

    Atas vonis itu, Marisa bersama penasehat hukumnya menerima putusan majelis hakim. Vonis ini sesuai dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru Senator Boris Panjaitan yang menuntut Marisa 8 tahun penjara pada sidang yang digelar, Kamis (28/11/2024).

    “Karena tuntutan hukuman dari kami diterima hakim, maka kami juga menerima putusan hakim,” kata JPU Senator Boris Panjaitan.

    Sebelumnya, peristiwa kecelakaan maut itu terjadi di Jalan Tuanku Tambusai, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Sabtu (3/8/2024).

    Kecelakaan di Pekanbaru itu melibatkan mobil Toyota Raize yang dikemudikan Marisa Putri, dan Renti Marningsih yang mengendarai sepeda motor Yamaha Vega.

    Akibat kecelakaan tersebut, Renti Marningsih mengalami luka berat di kepala dan meninggal dunia di lokasi kejadian. Marisa mengaku sebelum mengemudikan Toyota Raize-nya, ia mengonsumsi minuman beralkohol di salah satu tempat hiburan malam di Pekanbaru.