brand merek: Yamaha

  • Bukan Jorge Martin, Ini Pebalap MotoGP dengan Gaji Tertinggi Tahun 2024

    Bukan Jorge Martin, Ini Pebalap MotoGP dengan Gaji Tertinggi Tahun 2024

    Jakarta

    MotoGP 2024 telah berakhir dengan Jorge Martin keluar sebagai juaranya. Selain dinamika yang terjadi di lintasan sirkuit, maupun drama perpindahan pebalap ke tim baru, menarik juga disimak besaran gaji pebalap MotoGP 2024. Siapakah rider yang mendapat bayaran tertinggi tahun ini?

    Mengutip laman Motosan, di urutan ketujuh pebalap dengan gaji pokok sebesar 1 juta euro (Rp 16,9 miliar) ada tiga nama, yakni Brad Binder (KTM) dan 2 pebalap Pramac Racing Ducati, Franco Morbidelli dan Jorge Martin.

    Selanjutnya di posisi keenam ada pebalap dengan gaji pokok sebesar 2 juta euro (Rp 33,8 miliar) yakni Aleix Espargaro (Aprilia Racing). Selanjutnya ada rider dari Yamaha Monster Energy, Alex Rins, yang mengantongi gaji pokok sebesar 2,2 juta euro per tahun atau setara Rp 37,2 miliar.

    Kemudian di posisi keempat, ada dua pebalap MotoGP dengan besaran gaji pokok sebesar 3 juta euro (Rp 50,7 miliar), yakni Joan Mir (Repsol Honda) dan Jack Miller (KTM). Khusus untuk Mir, dia mengalami penurunan gaji signifikan saat pindah dari Suzuki ke Honda pada akhir 2022. Mir sempat mendapatkan gaji fantastis senilai 6 juta euro per tahun (Rp 101 miliar) pada tahun 2021 setelah dia memenangi MotoGP 2020 bersama Suzuki.

    Kembali ke jajaran pebalap dengan gaji tertinggi di tahun 2024, ada nama Johann Zarco di urutan ketiga yang menerima gaji pokok sebesar 4 juta euro (Rp 67,6 miliar) dari timnya, LCR Honda. Selain Zarco, Vinales juga mendapatkan besaran gaji serupa bersama tim Aprilia Racing.

    Di posisi kedua ada nama Fabio Quartararo yang menerima gaji sebesar 6 juta euro per musim dari tim Yamaha Monster Energy. Rider yang menjuarai MotoGP 2021 tersebut mendapatkan kenaikan gaji yang signifikan usai memperpanjang kontrak dengan Yamaha.

    Dan pebalap MotoGP tahun 2024 yang mendapatkan gaji tertinggi adalah Francesco Bagnaia. Pebalap Ducati Lenovo tersebut mengantongi sebanyak 7 juta euro per tahunnya atau setara Rp 118,4 miliar. Tentu wajar bila Pecco Bagnaia mendapatkan bayaran tinggi. Sebab dia adalah pebalap utama Ducati dengan gelar juara dunia 2022 dan 2023. Pada musim 2024 pun Bagnaia tampil konsisten, meski kalah dari Martin di perebutan gelar juara dunia.

    Lantas di manakah posisi Marquez? Besaran gaji Marc Marquez di tim Gresini Racing Ducati belum diketahui pasti. Namun kabarnya, Marquez mengalami penurunan gaji yang signifikan saat memutuskan pindah dari Honda ke Gresini pada akhir 2023 lalu.

    (lua/rgr)

  • Ada Yamaha Aerox Alpha, Gimana Nasib Aerox Lama?

    Ada Yamaha Aerox Alpha, Gimana Nasib Aerox Lama?

    Jakarta

    Yamaha Indonesia resmi meluncurkan generasi ketiga Aerox yang diberi nama Yamaha Aerox Alpha. Dengan kehadiran model baru tersebut, gimana nasib Aerox generasi sebelumnya?

    Ternyata Yamaha Indonesia masih memasarkan generasi Aerox lama atau kedua. Terpantau di situs resmi Yamaha Indonesia, Aerox lama masih dipasarkan dalam tiga tipe.

    Yamaha Aerox lama ditawarkan dalam tiga varian dan harga, Standard Rp 28.330.000 dengan pilihan warna dull blue orange, silver cyan, metallic red, dan black grey. Lalu varian Cybercity dipasarkan Rp 28.530.000 dengan satu opsi warna cybercity livery. Selanjutnya ada varian tertinggi Connected/ABS seharga Rp 32.115.000 dengan pilihan kelir prestige silver dan maxi signature.

    “(Aerox lama) kita masih ada stok ya, sementara. Masih diproduksi,” ungkap Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Rifki Maulana kepada wartawan di Jakarta belum lama ini.

    Dibandingkan Aerox generasi sebelumnya, Aerox Alpha mengalami banyak peningkatan. Aerox Alpha mengalami ubahan di bagian bodi, di mana kini modelnya mirip seperti motor sport Yamaha dengan DNA R-Series. Selain itu, Aerox Alpha juga dibekali lampu-lampu full LED dan lampu depan projector.

    Kabar baiknya lagi, sekarang Yamaha Aerox terbaru sudah dibekali rem cakram ganda depan dan belakang. Dulu Aerox kerap dirisak warganet lantaran masih menggunakan rem belakang jenis tromol.

    Pembaruan lain di Aerox Alpha datang dari fitur TFT Infotainment Display. Fitur yang bisa terhubung aplikasi Y-Connect ini bisa mengakses berbagai info, dan hiburan selama berkendara yang meliputi odometer/tripmeter, riding mode, informasi cuaca, notifikasi pesan & telepon masuk, mengatur pemutaran musik, hingga bisa menampilkan sistem navigasi dalam bentuk turn by turn yang terhubung dengan Google Maps.

    Urusan dapur pacu, Yamaha Aerox Alpha sudah menggunakan mesin blue core 155 cc VVA generasi terbaru berteknologi Yamaha Electric CVT (YECVT) yang bisa memberikan sensasi berkendara Turbo layaknya Nmax ‘Turbo’.

    Yamaha Aerox Alpha ditawarkan dalam empat varian dan harga, Standard Rp 29.900.000 (silver yellow, matte blue, red, dan black), Cybercity Rp 33.990.000 (cybercity dan matte blue yellow), Turbo Rp 39.550.000 (matte dark grey), dan Turbo Ultimate Rp 41.730.000 (matte dark grey).

    (lua/dry)

  • Harta Kekayaan Djoko Poerwanto, Digadang-gadang jadi Kapolda Termiskin

    Harta Kekayaan Djoko Poerwanto, Digadang-gadang jadi Kapolda Termiskin

    Bisnis.com, JAKARTA – Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Djoko Poerwanto kini digadang-gadang menjadi Kapolda yang harta kekayaannya paling sedikit di antara Kapolda lainnya. Lantas, bagaimana rincian harta kekayaannya? 

    Djoko merupakan Jenderal polisi dengan pangkat bintang dua ini lahir pada 7 November 1967. Ia merupakan lulusan Akademi Kepolisian pada 1989. 

    Saat ini, ia memegang posisi sebagai Kepala Kepolisian di Kalimantan Tengah, yang diemban sejak Oktober 2023 lalu. 

    Terlebih, sebelumnya ia juga sempat memegang posisi sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat. Ia juga memiliki pengalaman panjang di bidang reserse.

    Harta Kekayaan Djoko Poerwanto

    Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 6 Februari 2024, Djoko memiliki kekayaan sebesar Rp926 juta. 

    Djoko diketahui memiliki dua tanah dan bangunan di Tasikmalaya. Keduanya merupakan hasil sendiri dengan total sebesar Rp480 juta. 

    Selain itu, ia juga memiliki dua transportasi. Ia melapor bahwa memiliki Honda CR-V keluaran 2016 dengan nilai Rp 210 juta dan motor Yamaha NMAX keluaran 2015 senilai Rp 15 juta.

    Kemudian, ia memiliki kas dan setara kas sebesar Rp 221 juta. Djoko juga tidak memiliki utang. 

  • Inilah Daftar Pemenang FORWOT Cars & Motorcycles of The Year 2024

    Inilah Daftar Pemenang FORWOT Cars & Motorcycles of The Year 2024

    JAKARTA – Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) hari ini mengumumkan pemenang dari FORWOT Cars and Motorcycles of The Year 2024 yang terdiri dari 25 kendaraan terbagi dalam lima kategori dari roda dua maupun roda empat.

    Seperti tahun sebelumnya, FORWOT of The Year (FCY) 2024 memilih satu model terbaik dari kendaraan berjenis Battery Electric Vehicle (BEV), Hybrid Electric Vehicle, dab Internal Combustion Engine (ICE).

    Ketua Panel Juri FCY 2024, Mufrod mengatakan hadirnya acara ini sebagai wujud apresiasi bagi produsen yang telah berkontribusi dalam kemajuan industri otomotif tanah air.

    “Kami melihat pergerakan yang signifikan dari peluncuran model-model HEV dan BEV, sementara peluncuran model-model ICE menurun pada tahun ini. Artinya kendaraan-kendaraan elektrifikasi semakin diminati,” kata Mufrod dalam kata sambutannya pada pembukaan penghargaan di Senopati, Jumat, 20 Desember.

    Dalam kategori FORWOT Cars of The Year 2024 untuk model ICE, Suzuki Jimny 5-doors berhasil mengungguli model lainnya seperti BAIC BJ40 Plus, Chery Tiggo 5X, Citroen C3 Aircross, dan Toyota Hilux Rangga.

    Kemudian pada kategori Hybrid Electric Vehicle (HEV), model pendatang baru all-new Hyundai Santa Fe HEV berhasil memenangkan penghargaan ini dengan mengalahkan Toyota Vellfire HEV, Toyota Prius HEV, Nissan Serena E-Power, dan Kia Carnival HEV.

    Selanjutnya pada kategori mobil BEV, BYD M6 menjadi yang terfavorit dengan mengalahkan BYD Seal, Chery Omoda E5, Wuling BinguoEV, dan Wuling Cloud EV.

    Pada kategori FORWOT Motorcycles of The Year 2024 ICE, Yamaha Nmax Turbo berhasil menjadi yang terdepan mengalahkan Honda Beat, Honda Scoopy, Honda Stylo, dan Yamaha Lexi.

    Yang terakhir pada kategori BEV kendaraan roda dua, Polytron Fox 500 mengalahkan rival pada kelas yang sama seperti Alva N3, Honda CUV e:, Honda Icon e:, dan Kawasaki Ninja E1.

  • Tak Bakal Kasih Diskon Rp 30 Juta

    Tak Bakal Kasih Diskon Rp 30 Juta

    Jakarta

    Yamaha masih hati-hati menjual motor listrik di Indonesia. Padahal merek-merek motor listrik makin menjamur di Tanah Air. Bahkan kompetitor utama Yamaha, Honda, sudah menjual tiga model motor listrik di Indonesia. Apa pertimbangan Yamaha?

    President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti mengatakan saat ini motor listrik masih belum diterima sepenuhnya oleh konsumen Indonesia. Jika tidak hati-hati dalam menjual motor listrik, maka pabrikan akhirnya terpaksa memberikan diskon besar untuk menarik minat masyarakat.

    “Kita lebih hati-hati, karena tidak akan diskon sampai Rp 30 juta,” singkat Dyon kepada wartawan di Jakarta, Rabu (18/12/2024).

    Pernyataan Dyon secara tidak langsung menyindir motor listrik besutan Honda EM1 e: yang di dealer-dealer tertentu mendapatkan potongan harga, hingga Rp 30 juta. Salah satu dealer Honda, Wahana, memberikan promo potongan hingga Rp 18.870.000 (Rp 18,8 jutaan).

    Kemudian salah satu dealer Astra Motor di Yogyakarta, juga memberikan diskon hingga Rp 30 juta. Jadi, motor bisa ditebus cuma Rp 16 jutaan saja, dari harga sebelumnya Rp 46.128.000, sudah termasuk baterai dan charging dock.

    Perkembangan Motor Listrik Yamaha

    Yamaha sebenarnya sudah memiliki prototipe motor listrik, dalam wujud Yamaha E01. Namun motor listrik tersebut masih terus diuji dan dikembangkan. Yamaha perlu persetujuan prinsipal sebelum menjual motor listrik tersebut di Indonesia.

    “Kita memang masih wait and see, karena kalau sekarang kan customer motor listrik yang bisa kita lihat, apa sih yang paling penting dibeli? Jarak tempuh, kedua? Harga kan,” bilang Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Rifki Maulana dalam kesempatan yang sama.

    Sejauh ini Yamaha sudah melakukan studi pasar untuk model E01 atau yang Yamaha sebut sebagai Proof of Concept (PoC). Yamaha menargetkan 4.000 orang Indonesia bisa menjajal sebagai responden untuk disurvei. PoC dilakukan di empat kota yakni Jakarta, Medan, Bandung, dan Bali.

    Kata Rifki, data pengetesan sudah didapat, dan hasilnya sudah dikirimkan ke prinsipal Yamaha di Iwata, Jepang. Keputusan menjual E01 bergantung dari kebijakan prinsipal.

    “Kalau yang saya dengar dari YMC (Yamaha Motor Corporation) sih bagus ya (hasilnya). Cuma memang poin kita itu kita melakukan riset, kita support risetnya YMC, data kita sudah collect (kumpulkan), kita kembalikan ke mereka, dan mereka yang sedang menganalisa, keputusan masih ada di mereka, untuk yang Proof of Concept E01,” ujar Rifki.

    (lua/dry)

  • Perbandingan Harga Yamaha Aerox Alpha dengan Honda Vario 160

    Perbandingan Harga Yamaha Aerox Alpha dengan Honda Vario 160

    Jakarta

    Yamaha Aerox Alpha resmi meluncur di Indonesia. Di kelas motor matic sporty 150 cc, Yamaha Aerox Alpha bersaing dengan kompetitor utamanya, Honda Vario 160. Seperti apa perbandingan kedua harga motor matic ini?

    Dari segi harga, Honda Vario 160 dibanderol jauh lebih murah dari Yamaha Aerox Alpha. Honda Vario 160 ditawarkan dalam tiga varian dan harga, CBS Active Rp 27.350.000, CBS Grande Rp 27.600.000, dan versi termahalnya ABS Rp 30.230.000. Harga tersebut berstatus on the road Jakarta.

    Sementara itu Yamaha Aerox Alpha ditawarkan dalam empat varian dan harga. Varian Standard dijual Rp 29.900.000, Cybercity Rp 33.990.000, Turbo Rp 39.550.000 dan tipe tertinggi Turbo Ultimate dibanderol Rp 41.730.000. Harga tersebut berlaku on the road Jakarta, di mana harga tersebut bebas dari pajak tambahan alias opsen.

    Diberitakan sebelumnya, Yamaha resmi meluncurkan motor matic terbarunya, Aerox Alpha. Sama seperti Nmax Turbo, Aerox generasi terbaru juga dapat pilihan teknologi CVT elektrik alias YECVT yang bisa menjalankan fitur mode berkendara.

    Pembaruan lain di Aerox Alpha datang dari fitur TFT Infotainment Display. Fitur yang bisa terhubung aplikasi Y-Connect ini membuat pengendara mengakses berbagai info, dan juga hiburan selama berkendara yang meliputi odometer/tripmeter, riding mode, informasi cuaca, notifikasi pesan & telepon masuk, mengatur pemutaran musik, hingga bisa menampilkan sistem navigasi dalam bentuk turn by turn yang terhubung dengan Google Maps.

    Urusan dapur pacu, Yamaha Aerox Alpha sudah menggunakan mesin blue core 155 cc VVA generasi terbaru berteknologi Yamaha Electric CVT (YECVT) yang bisa memberikan sensasi berkendara Turbo layaknya Nmax ‘Turbo’.

    Dengan spesifikasi mesin ini, motor Super Sport Scooter terbaru Yamaha bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW (15,1 dk) pada 8.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

    (lua/rgr)

  • Ini Pilihan Warna Yamaha Aerox Alpha Terbaru

    Ini Pilihan Warna Yamaha Aerox Alpha Terbaru

    Ini Pilihan Warna Yamaha Aerox Alpha Terbaru

  • Aerox Alpha Pakai Gimmick Iklan Adegan Tendang Pintu, Ini Penjelasan Yamaha

    Aerox Alpha Pakai Gimmick Iklan Adegan Tendang Pintu, Ini Penjelasan Yamaha

    Jakarta

    Sebelum Aerox Alpha resmi diluncurkan, Yamaha mengunggah beberapa teaser video di akun Instagram official @yamahaindonesia. Menariknya, salah satu video tersebut menampilkan adegan seorang pria yang menendang pintu menggunakan kaki. Apa artinya?

    Dikatakan Manager Public Relations YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Rifki Maulana, adegan tendang pintu tersebut tak harus dikaitkan dengan makna negatif. Itu merupakan karakter dari pengguna Aerox yang memang agresif.

    Yamaha Aerox Alpha Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    “Ya kita riding the wave (mengikuti tren). Dengan teaser (video) tersebut, banyak yang tahu kan langsung motornya apa? Karena itu udah kayak melekat gitu,” bilang Rifki kepada wartawan di sela-sela peluncuran Yamaha Aerox Alpha di Jakarta, Rabu (18/12/2024).

    “Ini kita sebenarnya tidak membuatnya menjadi negatif, tapi kita riding the wave aja, ‘oh berarti anak-anak yang mau Aerox itu memang agresif ya’. Jadi di campaign social media gitu ‘wah ini pasti Aerox (baru nih) karena nendang pintu’. Jadi kami kasih teaser yang clear sama message-nya model (Aerox terbaru) ini,” bilang Rifki.

    Sebagai informasi, Yamaha Aerox Alpha ditawarkan dalam empat varian dan harga, Standard dijual Rp 29.900.000, Cybercity Rp 33.990.000, Turbo Rp 39.550.000, dan tipe tertinggi Turbo Ultimate Rp 41.730.000. Harga tersebut berlaku on the road Jakarta, di mana harga tersebut bebas dari pajak tambahan alias opsen.

    Dari segi desain, Yamaha Aerox Alpha mendapatkan ubahan di bagian muka yang kini tampil lebih agresif dan sporty. Aerox terbaru kini juga mendapatkan penerangan lampu full LED. Pada bagian belakang, lampu remnya lebih sporty dengan desain mirip R-Series Yamaha. Yamaha Aerox Alpha juga mendapatkan opsi mesin berteknologi YECVT.

    (lua/rgr)

  • Spesifikasi Yamaha Aerox Alpha, Harga Mulai Rp 29,9 Juta

    Spesifikasi Yamaha Aerox Alpha, Harga Mulai Rp 29,9 Juta

    Jakarta

    Yamaha Aerox Alpha resmi meluncur di Indonesia. Generasi ketiga Yamaha Aerox ini mendapatkan ubahan besar, baik dari segi desain, maupun penambahan fitur terkini. Ini spesifikasi dan harga Yamaha Aerox Alpha.

    Desain dan Dimensi

    Sebagai motor berkonsep Super Sport Scooter, Aerox Alpha kini memiliki tampilan desain yang sangat sporty dan aerodinamis layaknya motor balap legendaris Yamaha, yaitu YZF-R1M. Kesan motorsport yang agresif tersebut semakin kuat berkat desain lampu depan dan belakang yang dibuat lebih tajam, ciri khas R-DNA Yamaha dan berteknologi Full LED. Bahkan untuk lampu depannya juga ditambahkan Dual Projector Lamp berbentuk kotak untuk meningkatkan kualitas pencahayaan yang lebih terang dan fokus.

    Secara dimensi motor ini memiliki panjang 1.980 mm, lebar 710 mm, tinggi 1.170 mm, jarak sumbu roda 1.350 mm, jarak terendah ke tanah 145 mm dan tinggi jok 145 mm. Sementara untuk berat isinya, varian Turbo dan Turbo Ultimate 130 kg, Cybercity 127 kg, dan Standard 125 kg.

    Yamaha Aerox Alpha Cybercity Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    Mesin dan Performa

    Pada sektor jantung pacu, Aerox Alpha menggunakan mesin Blue Core 155cc VVA (Variable Valve Actuation) generasi terbaru. Khusus varian Turbo dan Turbo Ultimate dibekali dengan Yamaha Electric CVT (YECVT) yang bisa memberikan sensasi berkendara Turbo layaknya Nmax ‘Turbo’.

    Dengan spesifikasi mesin ini, motor Super Sport Scooter terbaru Yamaha mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW (15,1 dk) pada 8.000 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

    Adanya teknologi YECVT pada mesin, tentunya juga membuat Aerox Alpha memiliki fitur Riding Mode dengan 2 opsi berkendara yang meliputi, T-Mode untuk gaya berkendara yang lebih santai dan cocok untuk mobilitas di perkotaan dan S-Mode untuk gaya berkendara yang lebih responsif dan agresif sehingga cocok untuk kebutuhan sunmori maupun racing.

    Selain Riding Mode, teknologi YECVT juga bikin skutik ini memiliki fitur Y-Shift tiga tingkatan (1: Low, 2: Medium, 3: High) yang membantu pengendara untuk bisa melakukan akselerasi dan deselerasi secara lebih cepat.

    Yamaha Aerox Alpha Turbo Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Fitur-fitur

    Yamaha Aerox Alpha mendapatkan beberapa fitur unggulan, seperti USB charging system, smart key system, stop & start system dan bagasi luas berkapasitas 24,5 liter. Tapi untuk varian terbawahnya, Standard, masih menggunakan kunci kontak model konvensional (shutter key) dan sokbreker belakangnya belum menggunakan tabung.

    Motor ini juga mendapatkan full digital speedometer yang punya tiga mode display yang meliputi Main Display (tampilan utama yang lebih informatif) Tachometer Visualization (tampilan yang lebih sederhana dan fokus menampilkan speedometer dan rpm), serta Track Theme (tampilan racing yang memberikan informasi lap serta timing).

    Hal canggih lainnya yang ada di speedometer Aerox Alpha adalah teknologi Photoelectric sensor yang membuatnya bisa mengubah warna background secara manual, maupun otomatis (adaptif) sesuai kondisi pencahayaan untuk meningkatkan visibilitas pengendara. Dalam kondisi terang atau Day-mode, background akan berwarna putih. Sementara ketika gelap atau Night-mode, background speedometer akan berubah menjadi hitam.

    Pembaruan lain yang terdapat di Aerox Alpha juga datang dari TFT Infotainment Display di speedometer. Fitur yang bisa terhubung dengan aplikasi Y-Connect memungkinkan pengendara mendapatkan berbagai informasi serta hiburan selama berkendara yang meliputi odometer/tripmeter, riding mode, informasi cuaca, notifikasi pesan & telepon masuk, mengatur pemutaran musik, hingga menampilkan sistem navigasi dalam bentuk Turn by Turn yang terhubung dengan Google Maps.

    Yamaha Aerox Alpha memiliki kapasitas tangki bensin sebesar 5,5 liter dan kapasitas bagasi bawah jok mencapai 24,5 liter.

    Yamaha Aerox Alpha Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    Kaki-kaki dan Safety

    Aerox Alpha memiliki riding position yang lebih sporty untuk menunjang gaya berkendara yang agresif serta lincah. Stabilitas pada motor juga ditingkatkan melalui kehadiran suspensi depan dengan inner tube lebih besar menjadi 30 mm, tabung peredam (sub tank) pada suspensi bagian belakang, hingga penggunaan ban tubeless bertapak lebar. Untuk ukuran bannya, depan pakai profil ban 110/80-14/C 53P dan belakang pakai profil ban 140/7-14/C 62P.

    Ada peningkatan di fitur safety, di mana Aerox Alpha terbaru ini sudah menggunakan fitur rem cakram ganda alias double disc brake. Selain itu, juga disematkan fitur safety Anti-lock Braking System (ABS) satu channel buat varian Cybercity, Turbo, dan Turbo Ultimate.

    Optimalisasi kontrol dan pengereman juga di-update dengan hadirnya fitur Traction Control System (TCS) yang mencegah ban slip saat berakselerasi di permukaan jalan licin. Fitur TCS ini terdapat pada tipe Turbo dan Turbo Ultimate.

    Yamaha Aerox Alpha dilengkapi fitur baru Emergency Stop Signal (ESS)yang berfungsi secara otomatis ketika pengendara melakukan pengereman mendadak pada kecepatan minimum 50 km/jam.

    Yamaha Aerox Alpha Turbo Ultimate Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    Varian Spesial

    Pada momen peluncuran, Yamaha juga turut memperkenalkan varian spesial, yakni Aerox Alpha Turbo Ultimate yang dilengkapi dengan berbagai part khusus, yang tidak ada pada varian lainnya. Part tersebut meliputi visor sporty berkelir orange yang eye catchy, muffler cover dengan desain menarik, serta yang paling utama adalah Performance Damper yang diklaim bisa meningkatkan stabilitas dan handling berkendara.

    Harga dan Pilihan Warna

    Yamaha Aerox Alpha ditawarkan dalam empat varian dan harga, antara lain:

    1. Standard: Rp 29.900.000 (silver yellow, matte blue, red, dan black)

    2. Cybercity: Rp 33.990.000 (cybercity dan matte blue yellow)

    3. Turbo: Rp 39.550.000 (matte dark grey)

    4. Turbo Ultimate: Rp 41.730.000 (matte dark grey).

    (lua/dry)

  • Mengenal Fitur Canggih Diamond Sense di Mitsubishi Xforce Ultimate DS

    Mengenal Fitur Canggih Diamond Sense di Mitsubishi Xforce Ultimate DS

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyematkan teknologi Diamond Sense (DS) pada varian Xforce Ultimate yang menunjang aspek keselamatan pengguna.

    Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan Xforce Ultimate DS. Varian terbaru Xforce ini mengaspal di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 yang digelar pada November lalu.

    Varian paling tinggi Xforce ini memiliki dimensi dan desain eksterior seperti dua varian lainnya, tetapi ada penambahan pilihan warna dual tone, roof rail dan rear spoiler.

    Pada eksterior, Ultimate DS tetap mempertahankan desain silky dan solid, serta identitas desain New Generation Dynamic Shield.

    Diamond Sense merupakan penamaan untuk fitur bantuan keselamatan pengemudi yang terdapat pada mobil Mitsubishi Motors. Di merek lain teknologi ini kerap dinamakan ADAS.

    Secara umum Diamond Sense beroperasi menggunakan perangkat Mono Camera, Sensor Radar di depan dan belakang dan Ultrasonic Parking Sensor radar.

    Koordinasi teknologi itu di Diamond Sense membuat pengguna mendapatkan segudang fitur penunjang keselamatan yang canggih.

    Adapun fitur keselamatan canggih pada Xforce yang termasuk Diamond Sense salah satunya Adaptive Cruise Control alias ACC.

    ACC yang menjadi senjata utama Xforce Ultimate DS merupakan fitur driving assistance untuk membantu pengemudi mengendalikan pedas gas dan rem mobil.

    ACC disediakan guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan selama berkendara saat fitur diaktifkan, misalnya di jalan bebas hambatan tol.

    Kemudian ada pula fitur Automatic High Beam (AHB) yang dapat menyesuaikan secara otomatis lampu low beam atau high beam menurut pendeteksian penerangan sekitar dan keberadaan kendaraan lain di depan.

    Kemudian fitur lainnya adalah Forward Collision Mitigation (FCM) yang secara otomatis mengaktifkan rem ketika mendeteksi potensi benturan sehingga mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan keselamatan penumpang serta pejalan kaki.

    Selanjutnya fitur Lead Car Departure Notification System(LCDN) yang bisa berfungsi saat kendaraan berhenti di jalan. Nantinya fitur ini akan memberi notifikasi kepada pengemudi melalui Digital Driver Display untuk segera maju mengikuti kendaraan di depan.

    Ada pula fitur Blind Spot Warning (BSW) yang bisa mendeteksi kendaraan lain di area blind spot dan memberi peringatan kepada pengemudi melalui Digital Driver Display.

    Terakhir, ada Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang fungsinya mendeteksi kendaraan mendekat dari kedua sisi belakang, sehingga memungkinkan keluar parkir secara aman.

    Spesifikasi Xforce Ultimate DS

    Xforce Ultimate DS memiliki beberapa kesamaan dengan varian Ultimate, meliputi Ground Clearance 222 mm, Well-Tuned Suspension, Easy Handing – radius putar yang minim (5,2 meter).

    Dari segi interior dan fitur, Ultimate DS memiliki kesamaan dengan varian Ultimate, dengan ruang kabin yang terluas di kelasnya, 8-steps reclining seat, Smartphone-link Display Audio (SDA) 12,3 inci, Audio Head Unit dengan konektivitas wireless Android Auto dan Apple Carplay, Dynamic Sound Yamaha Premium Audio dengan 8 speakers.

    Xforce Ultimate DS dilengkapi 6 airbag, mono camera, sensor radar di depan dan belakang dan ultrasonic parking sensor.

    XForce Ultimate DS dengan segudang fitur keselamatan tambahan dibanderol Rp422,9 juta on the road DKI Jakarta .

    Untuk varian warna, MMKSI menyuguhkan enam pilihan, yakni Graphite Gray two-tone, Energetic Yellow two tone, Quartz White Pearl two tone, Blade Silver two tone, Red Metallic two tone, Jet Black mica.

    (can/fea)

    [Gambas:Video CNN]