brand merek: Yamaha

  • Promo Terbesar se-Indonesia di Shopee Big Ramadan Sale 2025, Kesempatan UMKM dan Brand Lokal Bersinar

    Promo Terbesar se-Indonesia di Shopee Big Ramadan Sale 2025, Kesempatan UMKM dan Brand Lokal Bersinar

    Jakarta: Sebagai wujud komitmen dalam memberikan ruang berkembang bagi UMKM dan brand lokal, pada bulan suci Ramadan kali ini Shopee kembali menghadirkan kampanye favorit Shopee Big Ramadan Sale (BRS).
     
    Kampanye ini akan dimulai pada 25 Februari hingga 31 Maret 2025 dengan promo Ramadan terbesar se-Indonesia. Selama 35 hari berturut-turut, Shopee memastikan berbagai kemeriahan ini tidak hanya dapat dinikmati oleh pengguna, tetapi juga menjadi kesempatan bagi UMKM dan brand lokal dalam meningkatkan jangkauan pasar dan daya saing produknya di awal tahun 2025.
     
    “Shopee memahami bahwa Ramadan selalu menjadi momen penuh peluang bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar, dan mempererat hubungan dengan pelanggan. Kami bangga dapat memberikan ruang bagi para pengusaha UMKM dan brand lokal yang berpartisipasi dalam kemeriahan Big Ramadan Sale, membuka kesempatan bagi mereka untuk berkreasi hingga menampilkan koleksi spesial dalam menyambut Hari Raya Idulfitri. Tanggal 25 Februari  menjadi awal mulai kampanye sekaligus puncak kampanye pertama, di mana kami berharap semangat ini tidak hanya dirasakan oleh para penjual yang berpartisipasi, tetapi juga seluruh pengguna Shopee di Indonesia. Sejak awal kampanye berlangsung, para pengguna dapat menikmati berbagai penawaran diskon besar-besaran untuk membantu mereka memenuhi berbagai kebutuhan Ramadan,” kata Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna.
     

     

    Shopee Big Ramadan Sale: Buka Lebih Besar Peluang untuk Seluruh Ekosistem

    Tingginya minat konsumen untuk berbelanja produk dari brand lokal dan UMKM menjadi salah satu alasan mengapa Shopee Big Ramadan Sale tahun ini hadir dengan lebih spesial. Shopee tahun ini bahkan menghadirkan tiga kali promo puncak yang penuh dengan penawaran menarik untuk para pengguna. Dimulai pada 25 Februari 2025, kemudian dilanjutkan pada 3 Maret 2025, dan 25 Maret 2025 akan menjadi puncak yang penuh dengan diskon luar biasa dari produk terbaik para UMKM dan brand lokal.

    Shopee Big Ramadan Sale akan menghadirkan serangkaian penawaran spesial yang dapat dinikmati sepanjang periode kampanye, sebagai berikut:
     
    – THR Kaget Diskon sampai dengan 100%
     
    Pengguna berkesempatan membuka amplop THR dan mendapatkan voucher diskon sampai dengan 100% pada pukul 12.00 WIB dan 16.00 WIB setiap harinya.
     
    – Shopee Tanam Berkah Melimpah
     
    Pengguna bisa bermain dan memilih bibit spesial Big Ramadan Sale dan berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik setiap harinya. Pada tanggal 25 Februari 2025 mendatang, pengguna bisa mendapatkan Motor Yamaha Gear, Kipas Angin, Panci Listrik, dan masih banyak lainnya.
     
    – Gratis Ongkir Rp0
     
    Pengguna bisa mendapatkan Gratis Ongkir tanpa minimum belanja setiap hari selama kampanye berlangsung.
     
    – Temukan Koleksi Tren Fashion Ramadan 2025
     
    Brand ternama Burgundy, Earth Tone, dan Brokat dapat Anda temukan pada kampanye Inspirasi Fashion Ramadan yang akan membantu untuk mempersiapkan diri tampil terbaik sepanjang Ramadan dan Hari Raya bersama pilihan produk fashion dari brand lokal dan UMKM. Kampanye ini akan berlangsung hingga 31 Maret 2025 dan menawarkan tambahan promo menarik berupa, Semua Fashion Diskon 50% dan Outfit Serba 30RB.
     

    – Voucher Mudik Diskon
     
    Mudik menjadi salah satu tradisi yang penuh kehangatan dan erat kaitannya dengan bulan Ramadan. Bersama Shopee, pengguna juga bisa mempersiapkan kegiatan mudik sambil menikmati kemudahan dan promo menarik dalam memesan tiket pesawat, bus, kereta, maupun hotel di Shopee Mudik Sale. Nikmati beragam promo menarik pada 25 Februari – 6 April 2025 berupa Voucher Mudik Diskon hingga 3,2 juta hingga Ngabuburit Diskon hingga 2 juta khusus pukul 17.00 – 18.00 WIB setiap harinya.
     
    “Kami berharap Shopee Big Ramadan Sale dapat menjadi titik awal yang penuh makna dan memberikan dampak positif bagi bisnis UMKM dan brand lokal di awal tahun 2025. Selain itu, kami berharap kampanye ini dapat mendukung seluruh lapisan masyarakat dalam menjalani bulan suci Ramadan dengan penuh kebahagiaan dan kemudahan, sehingga dapat menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan sekaligus mempererat tali silaturahmi bersama keluarga dan sanak saudara,” ucap Monica.
     
    Simak kejutan lainnya dan informasi lebih lanjut mengenai Big Ramadan Sale 2025 melalui https://shopee.co.id/m/big-ramadan-sale. Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Shopee Big Ramadan Sale 2025 Promo Terbesar se-Indonesia, Momentum UMKM & Brand Lokal Melesat

    Shopee Big Ramadan Sale 2025 Promo Terbesar se-Indonesia, Momentum UMKM & Brand Lokal Melesat

    Jakarta, Beritasatu.com – Dalam mewujudkan komitmen dukungan terhadap pertumbuhan UMKM dan merek lokal, Shopee menghadirkan kampanye unggulan Shopee Big Ramadan Sale (BRS) di bulan suci Ramadan tahun ini. Program ini akan berlangsung mulai 25 Februari hingga 31 Maret 2025, menawarkan promo Ramadan terbesar di Indonesia. Selama 35 hari berturut-turut, Shopee memastikan bahwa kemeriahan ini tidak hanya bisa dinikmati oleh para pengguna, tetapi juga menjadi peluang bagi UMKM dan merek lokal untuk memperluas jangkauan pasar serta meningkatkan daya saing produk mereka di awal tahun 2025.

    Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna mengatakan Shopee memahami bahwa Ramadan selalu menjadi momen penuh peluang bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar, dan mempererat hubungan dengan pelanggan.

    “Kami bangga dapat memberikan ruang bagi para pengusaha UMKM dan brand lokal yang berpartisipasi dalam kemeriahan Big Ramadan Sale, membuka kesempatan bagi mereka untuk berkreasi hingga menampilkan koleksi spesial dalam menyambut Hari Raya Idulfitri. Tanggal 25 Februari mendatang menjadi awal mulai kampanye sekaligus puncak kampanye pertama, dimana kami berharap semangat ini tidak hanya dirasakan oleh para penjual yang berpartisipasi, tetapi juga seluruh pengguna Shopee di Indonesia. Sejak awal kampanye berlangsung, para pengguna dapat menikmati berbagai penawaran diskon besar-besaran untuk membantu mereka memenuhi berbagai kebutuhan Ramadan,” ujar Monica.

    Shopee Big Ramadan Sale: Buka Lebih Besar Peluang untuk Seluruh Ekosistem

    Tingginya minat konsumen untuk berbelanja produk dari brand lokal dan UMKM menjadi salah satu alasan mengapa Shopee Big Ramadan Sale tahun ini hadir dengan lebih spesial. Shopee tahun ini bahkan menghadirkan tiga kali promo puncak yang penuh dengan penawaran menarik untuk para pengguna. Dimulai pada 25 Februari 2025, kemudian dilanjutkan pada 3 Maret 2025, dan 25 Maret 2025 akan menjadi puncak yang penuh dengan diskon luar biasa dari produk terbaik para UMKM dan brand lokal.

    Shopee Big Ramadan Sale akan menghadirkan serangkaian penawaran spesial yang dapat dinikmati sepanjang periode kampanye, antara lain:

    – THR Kaget Diskon s/d 100%: Pengguna berkesempatan membuka amplop THR dan mendapatkan voucher diskon s/d 100% di jam 12:00 WIB dan 16:00 WIB setiap harinya.

    – Shopee Tanam Berkah Melimpah: Pengguna bisa bermain dan memilih bibit spesial Big Ramadan Sale dan berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik setiap harinya. Pada tanggal 25 Februari 2025 mendatang, pengguna bisa mendapatkan Motor Yamaha Gear, Kipas Angin, Panci Listrik, dan masih banyak lainnya.

    – Gratis Ongkir Rp 0: Pengguna bisa mendapatkan Gratis Ongkir tanpa minimum belanja setiap hari selama kampanye berlangsung.

    – Temukan koleksi Tren Fashion Ramadan 2025, yakni Burgundy, Earth Tone dan Brokat dalam kampanye Inspirasi Fashion Ramadan yang akan membantu pengguna untuk mempersiapkan diri tampil terbaik sepanjang Ramadan dan Hari Raya bersama pilihan produk fashion dari brand lokal dan UMKM. Kampanye ini akan berlangsung hingga 31 Maret 2025 dan menawarkan tambahan promo menarik berupa, Semua Fashion Diskon 50% dan Outfit Serba 30RB.

    – Mudik menjadi salah satu tradisi yang penuh kehangatan dan erat kaitannya dengan bulan Ramadan. Bersama Shopee, pengguna juga bisa mempersiapkan kegiatan mudik sambil menikmati kemudahan dan promo menarik dalam memesan tiket pesawat, bus, kereta, maupun hotel di Shopee Mudik Sale. Nikmati beragam promo menarik dari tanggal 25 Februari 6 April 2025 berupa Voucher Mudik Diskon s/d 3,2 JT hingga Ngabuburit Diskon s/d 2 JT khusus di jam 17:00 – 18:00 WIB setiap harinya.

    “Kami berharap Shopee Big Ramadan Sale dapat menjadi titik awal yang penuh makna dan memberikan dampak positif bagi bisnis UMKM dan brand lokal di awal tahun 2025. Selain itu, kami berharap kampanye ini dapat mendukung seluruh lapisan masyarakat dalam menjalani bulan suci Ramadan dengan penuh kebahagiaan dan kemudahan, sehingga dapat menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan sekaligus mempererat tali silaturahmi bersama keluarga dan sanak saudara,” tutup Monica.

    Jangan lewatkan kejutan menarik lainnya serta informasi lengkap tentang Big Ramadan Sale 2025 di https://shopee.co.id/m/big-ramadan-sale. Unduh aplikasi Shopee gratis di App Store atau Google Play, dan aktifkan ShopeePay sekarang juga.

  • Bagi-bagi Mobil Dinas Gubernur Jabar, Dedi Mulyadi: Saya Disisakan Innova Zenix Aja

    Bagi-bagi Mobil Dinas Gubernur Jabar, Dedi Mulyadi: Saya Disisakan Innova Zenix Aja

    Jakarta

    Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi melakukan gebrakan di awal pemerintahannya dengan membagi-bagikan sebagian besar mobil dinasnya ke beberapa instansi. Dari sekian banyak kendaraan yang bakal disumbangkan, ada satu mobil yang dipertahankan Dedi Mulyadi. Mobil apakah itu?

    Baru-baru ini Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi menginventarisir aset mobil dan motor dinas milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Momen tersebut diunggah di akun media sosial Dedi Mulyadi, baik di TikTok maupun YouTube.

    Pada video tersebut, Dedi mendapatkan pemaparan langsung dari stafnya terkait detail aset mobil dan motor milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kendaraan-kendaraan itu berjejer di halaman Gedung Pakuan, Bandung, yang akan dijadikan kantor Gubernur Provinsi Jawa Barat.

    Dari pemaparan staf tersebut, dijelaskan beberapa mobil dinas yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, antara lain Toyota Alphard tahun 2020, lalu Hyundai Ioniq 5 2022, Hyundai Ioniq sedan 2020, Toyota Camry 2016, Toyota Crown 2017, mobil Patwal Hyundai Ioniq sedan 2020, mobil Patwal Toyota Altis 2014, mobil Patwal Toyota Fortuner 2014, MPV mewah Mercedes-Benz Sprinter 315 CDI A3, Toyota Rush 2014, mobil box Suzuki APV 2016, dan terakhir ada Daihatsu Gran Max pick-up 2014.

    Kemudian Dedi Mulyadi juga mengabsen aset motor Pemerintah Provinsi Jawa Barat, antara lain ada merek sport naked Royal Enfield buatan 2020, BMW Motorrad 2020, dan ada dua motor Patwal: Honda CB500X dan Yamaha Xmax250. Selain itu ada juga satu unit Honda CB500X yang masih menggunakan cat standar warna merah.

    Dedi mengatakan akan menyumbangkan motor-motor tersebut ke sejumlah dinas di bawahnya seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, serta untuk stafnya. Sementara untuk mobil dinasnya, Dedi akan menyumbangkan Mercedes-Benz Sprinter 315 CDI A3 untuk dijadikan rumah sakit (RS) keliling dan menyumbangkan Toyota Alphard untuk Sekda atau Sekretaris Daerah.

    Mantan Bupati Purwakarta itu juga bakal menyumbangkan Toyota Camry 2016 buat salah satu dinas di Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Atau jika perawatan mobil ini mahal, Dedi mau mobil sedan premium itu dilelang saja. Dia juga menyumbangkan satu unit mobil listrik Ioniq 5 buat salah satu stafnya dan satu unit sedan listrik Ioniq untuk Bupati Kuningan.

    “Jangan terlalu banyak (kendaraan dinas), lieur (pusing). Nanti numpuk biaya pemeliharaan, perawatan, pajak, di kita. Nanti jadi boros,” ungkap Dedi dalam video di YouTube dan TikTok-nya, dilihat detikOto, Minggu (23/2/2025).

    Lalu kendaraan apa yang akan digunakan Dedi Mulyadi sehari-hari?

    Dedi mengatakan akan menggunakan Toyota Innova Zenix sebagai kendaraan dinasnya sehari-hari. “Tadi ada Innova yang saya pakai ya. Ya itu bolehlah, Innova mah boleh,” terang Dedi. “Bapak (Sekda) distribusikan dengan baik, kasih (ke dinas yang membutuhkan). Jangan kebanyakan. Saya sisain aja mobil yang Innova Zenix,” bilang Dedi.

    Toyota Kijang Innova Zenix Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

    (lua/din)

  • UMKM dan Brand Lokal Unjuk Gigi di Shopee Big Ramadan Sale 2025

    UMKM dan Brand Lokal Unjuk Gigi di Shopee Big Ramadan Sale 2025

    Jakarta, CNBC Indonesia – Shopee senantiasa berkomitmen untuk memberikan ruang berkembang bagi UMKM maupun brand lokal, terlebih pada bulan suci Ramadan. Kali ini, Shopee kembali hadir dengan kampanye favorit Shopee Big Ramadan Sale (BRS).

    Perlu diketahui, kampanye ini akan dimulai pada 25 Februari hingga 31 Maret 2025 dengan promo Ramadan terbesar se-Indonesia. Dengan begitu,selama 35 hari berturut-turut, Shopee memastikan kemeriahan kampanye ini tidak hanya dapat dinikmati oleh pengguna melainkan UMKM dan brand lokal. Ini mengingat, promo Ramadan bakal memacu jangkauan pasar dan daya saing produknya UMKM atau brand lokal pada awal tahun 2025.

    Senior Director of Marketing GrowthShopee Indonesia, Monica Vionna menjelaskan, Shopee memahami bahwa Ramadan selalu menjadi momen penuh peluang bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar, dan mempererat hubungan dengan pelanggan. Untuk itu, Shopee dengan bangga dapat memberikan ruang bagi para pengusaha UMKM dan brand lokal yang berpartisipasi dalam kemeriahan Big Ramadan Sale, membuka kesempatan bagi mereka untuk berkreasi hingga menampilkan koleksi spesial dalam menyambut Hari Raya Idulfitri.

    “Tanggal 25 Februari mendatang menjadi awal mulai kampanye sekaligus puncak kampanye pertama, dimana kami berharap semangat ini tidak hanya dirasakan oleh para penjual yang berpartisipasi, tetapi juga seluruh pengguna Shopee di Indonesia. Sejak awal kampanye berlangsung, para pengguna dapat menikmati berbagai penawaran diskon besar-besaran untuk membantu mereka memenuhi berbagai kebutuhan Ramadan,” ujar Monica dalam keterangan resminya, Minggu (23/2/2025).

    Shopee Big Ramadan Sale: Buka Lebih Besar Peluang untuk Seluruh Ekosistem

    Sebagaimana diketahui, tingginya minat konsumen untuk berbelanja produk dari brand lokal dan UMKM menjadi salah satu alasan mengapa Shopee Big Ramadan Sale tahun ini hadir dengan lebih spesial. Shopee tahun ini bahkan menghadirkan tiga kali promo puncak yang penuh dengan penawaran menarik untuk para pengguna.

    Adapun tanggal yang dimaksud adalah 25 Februari 2025, dilanjutkan pada 3 Maret 2025, dan 25 Maret 2025 akan menjadi puncak yang penuh dengan diskon luar biasa dari produk terbaik para UMKM dan brand lokal.

    Sementara itu, Shopee Big Ramadan Sale akan menghadirkan serangkaian penawaran spesial yang dapat dinikmati sepanjang periode kampanye, antara lain:

    – THR Kaget Diskon s/d 100%: Pengguna berkesempatan membuka amplop THR dan mendapatkan voucher diskon s/d 100% di jam 12:00 WIB dan 16:00 WIB setiap harinya.

    – Shopee Tanam Berkah Melimpah: Pengguna bisa bermain dan memilih bibit spesial Big Ramadan Sale dan berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik setiap harinya. Pada tanggal 25 Februari 2025 mendatang, pengguna bisa mendapatkan Motor Yamaha Gear, Kipas Angin, Panci Listrik, dan masih banyak lainnya.

    – Gratis Ongkir Rp 0: Pengguna bisa mendapatkan Gratis Ongkir tanpa minimum belanja setiap hari selama kampanye berlangsung.

    – Temukan koleksi Tren Fashion Ramadan 2025, yakni Burgundy, Earth Tone dan Brokat dalam kampanye Inspirasi Fashion Ramadan yang akan membantu pengguna untuk mempersiapkan diri tampil terbaik sepanjang Ramadan dan Hari Raya bersama pilihan produk fashion dari brand lokal dan UMKM. Kampanye ini akan berlangsung hingga 31 Maret 2025 dan menawarkan tambahan promo menarik berupa, Semua Fashion Diskon 50% dan Outfit Serba 30RB.

    – Mudik menjadi salah satu tradisi yang penuh kehangatan dan erat kaitannya dengan bulan Ramadan. Bersama Shopee, pengguna juga bisa mempersiapkan kegiatan mudik sambil menikmati kemudahan dan promo menarik dalam memesan tiket pesawat, bus, kereta, maupun hotel di Shopee Mudik Sale. Nikmati beragam promo menarik dari tanggal 25 Februari – 6 April 2025 berupa Voucher Mudik Diskon s/d 3,2 JT hingga Ngabuburit Diskon s/d 2 JT khusus di jam 17:00 – 18:00 WIB setiap harinya.

    Monica berharap Shopee Big Ramadan Sale dapat menjadi titik awal yang penuh makna sekaligus memberikan dampak positif terhadap bisnis UMKM dan brand lokal pada awal tahun ini.

    “Selain itu, kami berharap kampanye ini dapat mendukung seluruh lapisan masyarakat dalam menjalani bulan suci Ramadan dengan penuh kebahagiaan dan kemudahan, sehingga dapat menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan sekaligus mempererat tali silaturahmi bersama keluarga dan sanak saudara,” tandas dia.

    Jadi tunggu apa lagi? jangan sampai ketinggalan kejutan lainnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Big Ramadan Sale 2025 hanya di https://shopee.co.id/m/big-ramadan-sale. Selain itu, Anda bisa mengunduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay. 

    (bul/bul)

  • PHK Massal Mengintai, Buruh Minta Prabowo Evaluasi Kinerja Menteri

    PHK Massal Mengintai, Buruh Minta Prabowo Evaluasi Kinerja Menteri

    Bisnis.com, JAKARTA – Partai Buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta Presiden Prabowo Subianto untuk mengevaluasi kinerja Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Perindustrian, dan Menteri Ketenagakerjaan, seiring adanya ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) massal di industri elektronik.

    Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyampaikan, ketiga menteri tersebut harus bekerja secara maksimal untuk menggenjot daya saing industri nasional dan menghindari PHK puluhan hingga ratusan ribu buruh.

    “Bapak Presiden Prabowo Subianto harus segera mengevaluasi kinerja para menteri tersebut, bila tidak sanggup selayaknya diganti. Industri nasional harus diselamatkan agar terhindar dari PHK besar-besaran,” kata Said dalam keterangannya, dikutip Minggu (23/2/2025).

    Sebagai informasi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian saat ini dijabat oleh Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian dijabat oleh Agus Gumiwang Kartasasmita. Keduanya telah menempati posisi yang sama sejak 2019 atau pada saat Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin.

    Sementara itu, posisi Menteri Ketenagakerjaan saat ini diemban oleh Yassierli sejak Oktober 2024 atau pada saat dimulainya pemerintahan Prabowo.

    Desakan itu disampaikan kalangan buruh usai PT Sanken Indonesia memastikan sekitar 400-an buruh akan di PHK pada Juni 2025. Penyebabnya, perusahaan tak lagi beroperasi di Indonesia dan kembali beroperasi di Jepang.

    Iqbal menyebut, perusahaan elektronik itu sudah lebih dulu mem-PHK 500 pekerja. Dengan demikian, kata dia, tutupnya pabrik Sanken di Indonesia telah mengakibatkan sekitar 900 orang buruh kehilangan pekerjaan. 

    Kondisi ini lanjut dia, tentu akan menambah angka pengangguran di Tanah Air. Mengingat, sebelumnya industri tekstil, garmen, dan sepatu juga telah mengalami PHK massal di 2024.

    Said juga mengingatkan, di akhir Desember 2024 atau awal Januari 2025, perusahaan elektronik asal Jepang lainnya yaitu PT Yamaha Music Indonesia telah merumahkan 400 orang buruh di Cibitung, Bekasi dan 700 orang buruh di Jakarta. Dengan demikian, total buruh PT Yamaha Music Indonesia yang telah dirumahkan mencapai 1.100 orang pada awal 2025.

    Dia mengungkap, PHK massal di 2 perusahaan Jepang ini, dengan alasan relokasi produksi ke negara asalnya yaitu Jepang, dan ada sebagian di relokasi ke China.

    “Ini menjadi alarm ancaman PHK besar-besaran di Indonesia khususnya sektor elektronik elektrik,” ujarnya. 

    Untuk itu, pihaknya menuntut pemerintah agar segera mengambil langkah antisipasi terhadap ancaman PHK puluhan ribu buruh di sektor elektronik elektrik dan ratusan ribu buruh yang sudah ter-PHK di sektor tekstil, garmen, dan sepatu sepanjang 2024. 

    “Bila tidak ada solusi dan langkah-langkah yang jelas dari pemerintah, maka bisa dipastikan angka pengangguran akan meningkat, PHK terjadi di mana-mana, dan industri nasional terancam bangkrut,” pungkasnya. 

  • Dari Moge Honda hingga MPV Mercy, Ini Daftar Kendaraan Dinas yang Bikin ‘Pusing’ Dedi Mulyadi

    Dari Moge Honda hingga MPV Mercy, Ini Daftar Kendaraan Dinas yang Bikin ‘Pusing’ Dedi Mulyadi

    Jakarta

    Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi melakukan gebrakan di awal masa pemerintahannya dengan membagi-bagi mobil dan motor dinas untuk jajaran dinas di bawahnya. Hal itu dilakukan Dedi lantaran stok kendaraan dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat banyak, sehingga bikin dia pusing jika harus mengurus semuanya. Berikut adalah kendaraan dinas yang dimiliki Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang beberapa di antaranya akan disumbangkan.

    Baru-baru ini Dedi Mulyadi mengabsen aset mobil dan motor dinas milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Momen tersebut diunggah di akun TikTok, @dedimulyadiofficial. Pada video itu, Dedi mendapatkan pemaparan langsung dari stafnya tentang detail aset mobil dan motor milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kendaraan-kendaraan itu berjejer di halaman Gedung Pakuan, Bandung, yang dijadikan kantor Gubernur Provinsi Jawa Barat.

    Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi Foto: Grandyos Zafna

    Dari pemaparan staf tersebut, dijelaskan beberapa mobil dinas yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, antara lain Toyota Alphard tahun 2020, lalu Hyundai Ioniq 5 2022, Hyundai Ioniq sedan 2020, Toyota Camry 2016, Toyota Crown 2017, mobil Patwal Hyundai Ioniq sedan 2020, mobil Patwal Toyota Altis 2014, mobil Patwal Toyota Fortuner 2014, MPV mewah Mercedes-Benz Sprinter 315 CDI A3, Toyota Rush 2014, mobil box Suzuki APV 2016, dan terakhir ada Daihatsu Gran Max pick-up 2014.

    Kemudian Dedi Mulyadi juga mengabsen aset motor Pemerintah Provinsi Jawa Barat, antara lain ada merek sport naked Royal Enfield buatan 2020, BMW Motorrad 2020, dan ada dua motor Patwal: Honda CB500X dan Yamaha Xmax 250. Selain itu ada juga satu unit Honda CB500X yang masih menggunakan cat standar warna merah.

    Dedi akan menyumbangkan motor-motor tersebut ke sejumlah dinas di bawahnya seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan untuk staf-nya. Sementara untuk mobil dinasnya, Dedi akan menyumbangkan Mercedes-Benz Sprinter 315 CDI A3 untuk dijadikan rumah sakit (RS) keliling dan menyumbangkan Toyota Alphard untuk Sekda.

    “Jangan terlalu banyak (kendaraan dinas), lieur (pusing). Nanti numpuk biaya pemeliharaan, perawatan, pajak, di kita. Nanti jadi boros,” ungkap Dedi dalam video di TikTok pribadinya @dedimulyadiofficial, dilihat detikOto, Minggu (23/2/2025).

    Sementara itu Dedi mengatakan hanya akan menggunakan Toyota Innova Zenix sebagai kendaraan dinas yang akan digunakannya sehari-hari. “Tadi ada Innova yang saya pakai ya. Ya itu bolehlah, Innova mah boleh,” terang Dedi.

    (lua/din)

  • Fokus Mitsubishi Indonesia saat Berusia 55 Tahun, Perbanyak Muatan Lokal

    Fokus Mitsubishi Indonesia saat Berusia 55 Tahun, Perbanyak Muatan Lokal

    Jakarta

    Tak terasa genap 55 tahun sudah Mitsubishi Indonesia menjejakkan kakinya di tanah air, di bawah bendera Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Pelan namun pasti Mitsubishi Indonesia ikut membantu perekonomian Indonesia dengan membuka lapangan pekerjaan, seiring dengan semakin besarnya Mitsubishi di Indonesia.

    Usia matang Mitsubishi di Indonesia dijawab dengan semakin banyaknya produk Mitsubishi buatan Indonesia yang kental dengan muatan lokal, dengan melibatkan banyak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang terlibat di dalamnya. Kini sebagai bukti nyata, setelah Mitsubishi Xpander yang syarat dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi, Mitsubishi kembali mengumumkan TKDN Mitsubishi Xforce telah mencapai 80%.

    President Director of PT MMKSI, Atsushi Kurita pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 mengatakan tidak hanya memiliki TKDN sebesar 80 persen Mitsubishi XFORCE merupakan kendaraan penumpang dengan model compact SUV 5-seater yang dikembangkan dengan fokus bahwa model ini digunakan di wilayah ASEAN.

    “Usia 55 tahun ini sangat penting, ini merupakan salah satu sejarah yang cukup lama buat Mitsubishi Motors di distributor dan kita berusaha terus meningkatkan berbagai pelayanan, untuk memuaskan kesesuaian dengan pelanggan,” Kurita menambahkan.

    Semangat Mitsubishi Indonesia untuk bisa memperbanyak muatan lokal atau lokal konten, disambut baik Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Indonesia, Maman Abdurrahman. Menurut Maman langkah Mitsubishi Indonesia ini seiring dengan rencana pemerintah Indonesia.

    “Mitsubishi ini 80% lokal kontennya, atau TKDN-nya 80%. Artinya, 80% dari seluruh part mobil ini melibatkan partisipasi lokal, dalam hal ini usaha kecil dan menengah. Nah ini yang mau coba disampaikan oleh pak Menteri Perindustrian,” ujar Maman.

    Mitsubishi XForce Ultimate DS Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    “Salah satu didorong terus oleh Kemenperin, agar seluruh merek-merek mobil yang di Indonesia betul-betul meningkatkan lokal konten dan kami dari sektor UMKM tentunya menyambut ini secara positif. Karena semakin tinggi lokal konten, kontribusi dan keterlibatan usaha kecil menengah juga semakin besar. Jadi terima kasih banyak pak Menperin atas dorongan kebijakannya untuk meningkatkan secara aktif usaha kecil menengah,” Maman menambahkan.

    Sebagai catatan sejak diluncurkan untuk pasar Indonesia tahun 2023, model Mitsubishi Xforce semakin diterima secara positif oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan pangsa pasar sebesar 13% selama Januari – Oktober 2024, serta populasi model Mitsubishi Xforce di Indonesia telah mencapai lebih dari 7.200 unit pada Oktober 2024.

    Menjawab kepercayaan konsumen Indonesia, MMKSI memperkenalkan varian terbaru dari model Mitsubishi Xforce yaitu Mitsubishi Xforce Ultimate DS, di ajang Mandiri Utama Finance GAIKINDO Jakarta Auto Week 2024 (MUF GJAW 2024) pada November 2024 lalu, melengkapi dua varian yang telah diperkenalkan sebelumnya, Mitsubishi Xforce Ultimate dan Mitsubishi Xforce Exceed.

    Mitsubishi XForce DS secara eksterior, varian Mitsubishi Xforce Ultimate DS tetap mempertahankan konsep silky & solid serta identitas desain New Generation Dynamic Shield, namun memiliki perbedaan dengan dua varian pendahulunya dengan disematkannya warna eksterior two-tone, yakni warna bodi kendaraan pilihan yang tersedia – dengan bagian atap berwarna hitam, serta penambahan Rear Spoiler, dan juga Fashionable Roof Rail.

    Pada sisi interior dan fitur, varian Mitsubishi Xforce Ultimate DS memiliki kesamaan dengan varian Ultimate. Dengan sorotan pada: top-class roominess dengan ruang kabin yang terluas dikelasnya, 8-steps reclining seat (17˚-33˚), Smartphone-link Display Audio (SDA) 12,3″ Audio Head Unit dengan konektivitas wireless Android Auto dan Apple Carplay.

    Tak lupa, juga disematkan Dynamic Sound Yamaha Premium Audio dengan 8 speakers, 8″ Meter Cluster, Top-class Cargo Space terbaik di kelasnya dengan beragam ruang penyimpanan serbaguna, Hands-free Power Liftgate dengan kick sensor, Dual-Zone Auto Climate Control dengan teknologi Panasonic Nanoe-X™ dan fungsi memori, Floor Console Box dengan Armrest & Cooling Function, Auto-Dimming Rearview Mirror, Wireless Charger, Assist Grips x4, Tonneau cover, Coin box, Horizontal axist instrument panel dengan floating console dan ambient lighting, Connected Car Service.

    Namun yang menjadi catatan, Mitsubishi Xforce Ultimate DS telah dilengkapi dengan 6 airbags (berkat penambahan 2 Curtain Airbags), serta Mono Camera, Sensor Radar di depan dan belakang, dan Ultrasonic Parking Sensor, yang memungkinkan beragam fitur pada teknologi “Diamond Sense” bekerja, yang terdiri dari: Adaptive Cruise Control (ACC) with low speed follow, Automatic High Beam (AHB), Forward Collision Mitigation (FCM), Lead Car Departure Notification System (LCDN), Blind Spot Warning (BSW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Auto Headlight, Auto Rain Sensor, dan juga Rear Camera. Selain itu 4 mode berkendara dan Active Yaw Control (AYC) masih dipertahankan untuk menambahkan keamanan berkendara.

    (lth/lua)

  • Pusing Kebanyakan! Dedi Mulyadi Bagi-bagi Mobil Dinas, Ada yang Buat RS Keliling

    Pusing Kebanyakan! Dedi Mulyadi Bagi-bagi Mobil Dinas, Ada yang Buat RS Keliling

    Jakarta

    Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi membagi-bagikan kendaraan dinasnya ke sejumlah instansi. Dedi mengaku pusing karena kebanyakan mobil dinas. Salah satu mobil dinas tersebut disumbangkan sebagai rumah sakit (RS) keliling. Mobil dinas yang bakal disumbangkan untuk kegiatan sosial itu adalah mobil MPV premium, Mercedes-Benz Sprinter 315 CDI A3.

    Baru-baru ini Dedi Mulyadi mengabsen aset mobil dan motor dinas milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Momen tersebut diunggah di akun TikTok, @dedimulyadiofficial. Di video itu, Dedi mendapatkan pemaparan langsung dari stafnya tentang detail aset mobil dan motor milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kendaraan-kendaraan itu berjejer di halaman Gedung Pakuan, Bandung, yang merupakan kantor Gubernur Provinsi Jawa Barat.

    Ada beberapa mobil dinas yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, antara lain Toyota Alphard 2020, Hyundai Ioniq 5 2022, Hyundai Ioniq sedan 2020, lalu Toyota Camry 2016, Toyota Crown 2017, mobil Patwal Hyundai Ioniq sedan 2020, mobil Patwal Toyota Altis 2014, mobil Patwal Toyota Fortuner 2014, kemudian Mercedes-Benz tipe Sprinter 315 CDI A3. Selanjutnya ada Toyota Rush 2014, mobil box Suzuki APV 2016, dan terakhir ada Daihatsu Gran Max pick-up 2014.

    Kemudian Dedi Mulyadi juga mengabsen aset motor Pemerintah Provinsi Jawa Barat, antara lain ada merek sport naked Royal Enfield 2020, BMW Motorrad 2020, dan ada dua motor Patwal: Honda CB500X dan Yamaha Xmax 250. Selain itu ada juga satu unit Honda CB500X yang masih menggunakan cat standar warna merah dan motor ini langsung ingin disumbangkan Dedi Mulyadi untuk kendaraan Dishub (dinas perhubungan).

    “Saya nggak mungkin pakai ini (CB500X), sayang. Jadi kira-kira ini cocoknya untuk apa?,” tanya Dedi kepada stafnya. “Dishub ya? Dishub bisa. Patroli agar nanti dibantu para Polisi (agar) tidak macet-macet di Jawa Barat. Jadi ini untuk Dishub, berubah jadi motor dinas,” terang Dedi.

    Dedi kemudian menunjuk motor lainnya, yakni sebuah naked bike besutan BMW Motorrad. Dedi akan menyumbangkan motor itu untuk petugas Satpol PP. “Bisa operasional (buat Satpol PP) misalnya untuk bantu-bantu pemerintahan kota, yang minta-minta itu, yang manusia ini, nanti patroli angkut di mobil belakang bawa ke dinas sosial, rumuskan problemnya apa, selesaikan,” lanjut Dedi.

    Selanjutnya Dedi mengarahkan pandangannya ke naked biker bergaya retro Royal Enfield. Dedi akan menyumbangkan motor itu buat stafnya. “Ini (Royal Enfiled) buat ini aja, admin pimpinan. Nanti takutnya ngikutin saya ke sana ke mari pakai motor. Nanti (motor) ini boleh bapak pakai,” kata dia kepada stafnya.

    Mercedes-Benz Sprinter Foto: Dok. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI)

    Mobil Dinas Gubernur Jawa Barat untuk RS Keliling

    Singkat cerita, Dedi Mulyadi kemudian kembali menengok jajaran mobil dinas yang diparkir. Dia langsung menunjuk Mercedes-Benz Sprinter 315 CDI A3 berwarna silver untuk disumbangkan sebagai RS keliling.

    “Pak Sekda, oleh bapak nanti ini (Mercedes-Benz Sprinter 315 CDI A3) dialokasikan dirubah jadi mobil rumah sakit,” bilang Dedi. “Ya, rubah mobil ini jadi rumah sakit yang di situ ada pemeriksaan jantung, pemeriksaan ibu hamil, kalau perlu bisa mendeteksi kanker di sini, pemeriksaan darah. Kelengkapannya lengkapin, alokasikan hitung berapa (biayanya),” katanya lagi.

    “Jadi gubernur (Jabar) itu punya mobil rumah sakit, tapi bukan buat saya, (tapi buat) warga,” tegas Dedi. Dedi menilai jika jadi kendaraan dinas Gubernur Jawa Barat, maka mobil ini bakal jarang dipakai. Jadi seharusnya disumbangkan untuk kegiatan sosial.

    Setelah memutuskan menyumbangkan Mercedes-Benz Sprinter 315 CDI A3 untuk dijadikan RS keliling, Dedi kemudian memerintahkan kepada stafnya agar menyumbangkan Toyota Camry 2016 ke salah satu dinas di Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Atau jika perawatan mobil ini mahal, Dedi ingin mobil sedan premium itu dilelang saja. Selain Camry, Dedi juga akan menyumbangkan mobil listrik sedan Ioniq ke salah satu dinas dan Ioniq 5 untuk digunakan salah satu staf di lingkungan Pemerintahan Provinsi Jawa Barat.

    “(Untuk Toyota Alphard digunakan) Sekda aja,” bilang Dedi.

    Sementara itu Dedi mengatakan hanya akan menggunakan Toyota Innova Zenix. “Tadi ada Innova yang saya pakai ya. Ya itu bolehlah, Innova mah boleh,” terang Dedi.

    Dedi mengatakan tujuannya membagi-bagi mobil dinas agar tidak menumpuk di kantornya. “Jangan terlalu banyak (kendaraan dinas), lieur (pusing). Nanti numpuk itu biaya pemeliharaan, perawatan, pajak, di kita. Nanti jadi boros,” ungkap Dedi.

    (lua/din)

  • Rayakan HUT ke-68, BCA Gelar Expoversary 2025 Hadirkan Promo Spektakuler

    Rayakan HUT ke-68, BCA Gelar Expoversary 2025 Hadirkan Promo Spektakuler

    Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar BCA Expoversary 2025. Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-68.
     
    BCA Expoversary 2025 berlangsung secara offline di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, pada 20-23 Februari 2025, serta secara online melalui website https://expo.bca.co.id mulai 20 Februari hingga 31 Maret 2025.
     
    Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja secara resmi membuka acara ini, didampingi oleh jajaran direksi BCA, termasuk Wakil Presiden Direktur BCA Armand Hartono, Wakil Presiden Direktur BCA Hendra Lembong, Direktur BCA Santoso, Direktur BCA Haryanto T. Budiman, serta Ketua Panitia BCA Expoversary 2025 yang juga menjabat sebagai Direktur BCA Finance, Petrus Karim.
     
    “BCA Expoversary 2025 hadir sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah setia kami. Acara ini menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan melalui promo spesial, termasuk suku bunga KPR yang kompetitif, diskon menarik, serta beragam produk dari mitra bisnis kami,” ujar Jahja Setiaatmadja dalam sambutannya pada Kamis, 20 Februari 2025.
     
    Promo dan penawaran menarik

    Sejumlah penawaran dan promo menarik dihadirkan dalam ajang ini. Sepanjang acara, pengunjung dapat menikmati berbagai promo spektakuler, mulai dari gadget, peralatan rumah tangga, fashion, kecantikan, hingga produk lokal dari UMKM binaan Bakti BCA dan BCA Bangga Lokal.

    Salah satu promo unggulan adalah suku bunga KPR BCA sebesar 2,68 persen eff.p.a fix 3 tahun dengan penempatan sejumlah dana, biaya provisi 0,68 persen, serta diskon biaya administrasi 50 persen dan bunga 2,88 persen flat p.a. tenor 2 dan 3 tahun. Selain itu, program DP 0% juga tersedia untuk Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan Kredit Sepeda Motor (KSM) BCA.
     
    Nasabah juga bisa menemukan berbagai pilihan properti dari 21 developer secara offline. Pengunjung juga bisa mencari properti idaman secara online pada lebih dari 362 proyek dari 168 developer, 96 kantor property agent, dengan lebih dari 1.891 listing property yang tersebar di berbagai kota besar.
     
    Untuk sektor otomotif, tersedia berbagai kendaraan dari merek ternama seperti Mercedes-Benz, BMW, Lexus, Toyota, Honda, hingga kendaraan listrik dari BYD dan Great Wall. Sepeda motor dari merek seperti Honda, Yamaha, BMW Motorrad, Ducati, dan Harley-Davidson juga hadir dengan berbagai penawaran menarik.
     
     

     
    Selain itu, pemegang kartu kredit BCA berkesempatan mendapatkan diskon hingga Rp1,68 juta untuk produk gadget dan elektronik, serta promo eksklusif untuk kebutuhan perjalanan melalui Astindo Travel AFair.
     
    Kemudahan transaksi dan solusi perbankan
    Nasabah BCA yang menghadiri BCA Expoversary 2025 offline dapat menggunakan sistem pembayaran seamless melalui aplikasi myBCA dan BCA mobile. Pengunjung dapat memanfaatkan beberapa pilihan pembayaran, mulai dari kartu debit BCA, kartu kredit BCA, hingga QRIS BCA. Beragam solusi perbankan juga bisa diraih pengunjung BCA Expoversary 2025, mulai dari pembukaan rekening, pembuatan kartu kredit BCA, dan lainnya.
     
    BCA juga menyuguhkan berbagai penawaran khusus bagi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas di BCA Expoversary 2025, di antaranya diskon 50 persen biaya admin KPR, diskon 0,5 persen biaya provisi KPR, biaya admin khusus KKB, bunga spesial dan pre-approved KSM BCA dengan harga maksimal Rp200 juta, tambahan unit penyertaan reksa dana hingga Rp17,5 juta untuk pembelian produk investasi, penawaran menarik dari para mitra pengembang perumahan, serta diskon 15 persen asuransi perjalanan dan hemat biaya own risk kendaraan BCA Insurance.
     
    Nasabah BCA Solitaire dan Prioritas dapat memperluas koneksi dengan sesama pebisnis di lounge BCA Solitaire dan Prioritas yang menghadirkan beragam fasilitas dan penawaran dari mitra bisnis berbagai sektor. Nasabah BCA Solitaire dan Prioritas yang melakukan pembelian rumah dan kendaraan selama BCA Expoversary 2025 juga berkesempatan mendapatkan hadiah hingga ratusan juta rupiah.
     
    Dukungan untuk UMKM dan produk lokal
    Sebagai bagian dari komitmen terhadap pengembangan UMKM, BCA turut menghadirkan produk unggulan dari Desa Bakti BCA dan UMKM Binaan Bakti BCA di area Bakti BCA. Pelibatan Desa Bakti BCA dan UMKM Binaan Bakti BCA merupakan bentuk komitmen BCA terhadap individu, komunitas, dan lingkungan untuk mendukung peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, sehingga dapat berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

    Beragam produk lokal, seperti batik dari Kampung Batik Gemah Sumilir Pekalongan, kopi dari Doesoen Kopi Sirap Semarang, serta kain tenun dari Baduy dan Timor Tengah Selatan, turut dipamerkan. Pengunjung juga berkesempatan mencoba nail art dan riasan wajah oleh Sahabat Disabilitas tersertifikasi, lulusan program ‘Make Up Class with BCA’ Bakti BCA.
     
    BCA juga memberikan panggung bagi ratusan merek lokal melalui program BCA Bangga Lokal, dengan menghadirkan brand seperti Compass, Kanky, HMNS, Botanical Essentials, Bagasi, dan Miwa Pattern.
     
    “Kami harap Anda dapat menikmati berbagi promo dan penawaran menarik yang dihadirkan pada BCA Expoversary 2025, dan merasakan kebahagiaan mendapatkan rumah, mobil, produk impian Anda, dan berbagai kuliner yang kami sediakan,” kata Ketua Panitia BCA Expoversary 2025 dan Direktur BCA Finance Petrus Karim.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • IIMS 2025 Resmi Ditutup, Total Pengunjung-Transaksi Diklaim Naik!

    IIMS 2025 Resmi Ditutup, Total Pengunjung-Transaksi Diklaim Naik!

    Jakarta

    Pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2025 resmi ditutup, Sabtu (22/2). Panitia mengklaim, acara tersebut mencatat kenaikan jumlah pengunjung dan angka transaksi.

    Daswar Marpaung selaku Presiden Direktur Dyandra Promosindo mengatakan, pameran IIMS 2025 mengalami kenaikan pengunjung hingga 3 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, dia tak merinci secara detail angkanya.

    “Hingga kemarin, Jumat 21 Februari atau 9 hari pameran, kami mengalami peningkatan pengunjung dan transaksi yang positif. Total pengunjung naik 3 persen dan transaksi naik 3,2 persen dari tahun sebelumnya,” ujar Daswar Marpaung saat penutupan pameran, Sabtu malam (22/2).

    Pengunjung beraktivitas di Indonesia International Motor Show 2025, Jakarta, Selasa (18/2/2025). Foto: Rifkianto Nugroho

    Daswar menghaturkan rasa terima kasihnya untuk sponsor, eksibitor, dan seluruh pihak yang terlibat dalam pameran tersebut. Dia berharap, IIMS tahun depan bisa menyedot lebih banyak pengunjung.

    “Terima kasih untuk semuanya, sampai bertemu lagi di JIExpo Kemayoran pada 5-15 Februari 2026!” kata dia.

    Sebagai catatan, IIMS 2025 digelar selama 13-23 Februari di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Pameran tersebut diramaikan sejumlah merek mobil, motor dan aftermarket dari berbagai belahan dunia.

    Booth Suzuki di pameran otomotif IIMS 2025. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Tercatat ada 31 merek kendaraan roda empat yang akan berpartisipasi dalam IIMS 2025. Adapun merek otomotif yang berpartisipasi di IIMS 2025 antara lain BAIC, BMW-MINI, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Denza, DFSK, GAC AION, Geely, GWM, Honda, Honri, Hyundai, Jaecoo, Jetour, KIA, Mazda, MG, Mitsubishi Motor, Neta, Nissan, Prestige Motocars, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Vinfast, VW, dan Wuling.

    Selain mobil, ada 25 merek kendaraan roda dua yang telah memastikan kehadiran pada IIMS 2025 antara lain AHM, Alva, Aprilia, Benda, Benelli, BMW Motorrad, Indomobil E-Motor, Italjet, Kawasaki, Keeway, Keeway EV, Maka Motors, Moto Guzzi, MorBidelli, Pacific Bike, Piaggio, QJ Motor, Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, United, Vespa, Yadea dan Yamaha.

    (sfn/lth)