brand merek: Yamaha

  • Kalem dan Elegan, Ini Pilihan Warna Baru Yamaha Xmax 2025

    Kalem dan Elegan, Ini Pilihan Warna Baru Yamaha Xmax 2025

    Jakarta

    Yamaha Motor Japan resmi mengumumkan pembaruan untuk skutik premium Yamaha Xmax 250 model 2025. Xmax 250 model 2025 kini mendapatkan opsi warna kalem dan elegan. Selain itu ada juga peningkatan fitur, termasuk bobot knalpot yang lebih ringan, tampilan panel instrumen baru, dan kaca depan yang bisa diatur secara elektrik.

    Pembaruan Yamaha Xmax 250 2025

    Sejak pertama kali diperkenalkan di Jepang tahun 2018, Yamaha Xmax 250 dikenal sebagai skuter matik yang mengusung mesin Blue Core satu silinder, SOHC, 4 katup, serta berpendingin cairan. Mengusung kapasitas 250 cc, mesin ini dirancang tidak hanya untuk menghasilkan tenaga optimal, tetapi juga tetap efisien dalam konsumsi bahan bakar.

    Pada 2023 lalu, Xmax 250 mendapatkan ubahan besar pada desain lampu depan dan belakang dengan pola X yang membuat tampilannya semakin ikonik. Kini, di model 2025, Yamaha kembali menghadirkan sejumlah pembaruan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

    Yamaha Xmax 250 2025 Foto: Dok. Yamaha

    Salah satu perubahan signifikan adalah pada sektor knalpot. Yamaha mengganti knalpot Xmax beserta pelindungnya dengan desain baru yang lebih ringan. Disebutkan knalpot ini lebih ringan 800 g dibandingkan knalpot pada model sebelumnya.

    Selain itu, windscreen atau kaca depan kini juga dilengkapi dengan fitur pengaturan elektrik. Pengendara dapat menyesuaikan tinggi windshield dalam rentang 100 mm hanya dengan menekan sakelar di setang kiri. Bentuk pelindung depan, cover lampu sein, dan spoiler juga telah diperbarui, meningkatkan aerodinamika dan perlindungan terhadap angin saat berkendara.

    Yamaha Xmax 250 2025 Foto: Dok. Yamaha

    Di sektor tampilan, Yamaha Xmax 250 2025 mengadopsi layar yang sebelumnya digunakan pada XMAX 300. Kini, motor ini dilengkapi dua layar, yakni TFT berukuran 4,2 inci dan LCD 3,2 inci yang ditempatkan berdampingan. Kombinasi ini mempermudah pengendara dalam membaca informasi dan navigasi saat di perjalanan.

    Pilihan Warna dan Harga

    Untuk model 2025, Yamaha Xmax 250 hadir dengan tiga pilihan warna baru yang mengusung kesan elegan dan modern, yaitu Black Metallic, Matte Dark Grey Metallic, serta Bluish Grey Cocktail. Khusus warna yang disebut terakhir memiliki nuansa eksterior yang kalem dan elegan dengan warna bodi abu-abu muda dan velg berwarna emas.

    Di Jepang, Yamaha Xmax 250 2025 akan dijual dengan harga 737.000 yen atau sekitar Rp 82,3 juta. Kira-kira kapan model baru Xmax 2025 ini diperkenalkan ke Indonesia?

    Yamaha Xmax 250 2025 Foto: Dok. Yamaha (lua/din)

  • Prabowo Pastikan THR Ojol 2025 Cair Sebelum Lebaran: DPR Dukung, Buruh Minta Jangan Molor – Halaman all

    Prabowo Pastikan THR Ojol 2025 Cair Sebelum Lebaran: DPR Dukung, Buruh Minta Jangan Molor – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Prabowo Subianto menjamin Tunjangan Hari Raya (THR) untuk pengemudi dan kurir online (Ojol) akan cair pada tahun 2025, sebelum Lebaran.

    Kebijakan ini mendapat dukungan penuh dari DPR, sementara buruh mengingatkan agar THR tersebut benar-benar dibayarkan tepat waktu atau jangan molor sebelum Hari Raya.

    Wakil Ketua DPR Apresiasi Kebijakan THR Ojol 2025

    Wakil Ketua DPR RI, Adies Kadir, menyambut positif langkah Presiden Prabowo yang meminta perusahaan penyedia aplikasi layanan ojek online untuk memberikan bonus Hari Raya kepada para pengemudi.

    “Langkah ini layak diapresiasi karena menunjukkan keberpihakan dan kepedulian Presiden terhadap rakyatnya,” ujar Adies di kompleks Parlemen Jakarta pada Selasa (11/03/2025).

    Menurut Adies, pemberian THR kepada pengemudi Ojol dapat berdampak positif pada perputaran ekonomi.

    “Bonus yang diterima para pengemudi akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, yang pada gilirannya dapat meningkatkan daya beli masyarakat,” tambahnya.

    Adies juga berharap agar perusahaan penyedia layanan angkutan berbasis aplikasi, seperti Gojek dan Grab, dapat meniru langkah serupa dalam memberikan perhatian kepada mitra mereka.

    Buruh Desak Pembayaran THR Ojol Sebelum Lebaran

    Sementara itu, elemen buruh yang tergabung dalam KSPI dan Partai Buruh menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Kementerian Ketenagakerjaan pada Selasa (11/03/2025).

    Dalam aksi tersebut, mereka menuntut agar pemerintah memenuhi janji Presiden Prabowo untuk membayarkan THR Ojol sebelum Lebaran 2025 atau jangan sampai molor

    “Bayarkan THR Ojol sebelum Lebaran,” tegas Presiden Partai Buruh, Said Iqbal.

    Tuntutan ini menjadi salah satu dari delapan poin yang disampaikan buruh dalam aksi tersebut.

    Tuntutan Buruh Lainnya:

    PHK Buruh Sritex Tidak Sah dan Ilegal

    Menaker Harus Membuat Perjanjian Tertulis untuk Buruh Sritex

    Cabut Permendag Nomor 8 Tahun 2024

    Stop Badai PHK – Selamatkan Industri Indonesia

    Bayarkan THR Ojol

    Bayarkan Pesangon dan Hak-Hak Lainnya Pekerja PT. Dupantex dan PT. Panamtex

    Stop Kriminalisasi Ketua dan Sekretaris PUK SPEE FSPMI PT Yamaha Music Manufacturing Asia

    Hentikan Diskriminasi Terhadap Pengurus dan Anggota PSP SPN PT.Sumber Masanda Jaya Brebes

    Presiden Prabowo: THR Ojol 2025 untuk Kurir dan Pengemudi Online

    Pada Senin (10/03/2025), Presiden Prabowo Subianto menegaskan bahwa pemerintah memberikan perhatian khusus kepada pengemudi dan kurir online yang telah berperan besar dalam mendukung layanan transportasi dan logistik di Indonesia.

    Prabowo juga berharap kebijakan ini dapat membuat para pengemudi online merayakan Idul Fitri dengan lebih baik.

    “Dengan kebijakan ini, semoga pengemudi online bisa merayakan libur, mudik, dan Idul Fitri dalam keadaan yang baik,” ujar Prabowo.

    Harapan untuk Ibadah Ramadhan dan Lebaran 2025 yang berkah

    Adies Kadir berharap agar para pengemudi Ojol bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan menyambut hari raya dengan penuh sukacita.

    “Semoga di bulan Ramadhan ini, para pengemudi Ojol bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusuk dan merayakan Idul Fitri nanti dengan penuh kegembiraan,” tutupnya.

  • Protes Dua Rekannya Dipecat Sepihak, Ratusan Buruh Demo PT Yamaha Musik di Bekasi
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        11 Maret 2025

    Protes Dua Rekannya Dipecat Sepihak, Ratusan Buruh Demo PT Yamaha Musik di Bekasi Megapolitan 11 Maret 2025

    Protes Dua Rekannya Dipecat Sepihak, Ratusan Buruh Demo PT Yamaha Musik di Bekasi
    Tim Redaksi
    BEKASI, KOMPAS.com –
    Ratusan buruh yang tergabung dalam
    Aliansi Buruh Bekasi
    Melawan menggelar demonstrasi di depan pintu gerbang utama
    PT Yamaha
    Music Manufacturing Asia, Kawasan Industri MM2100, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Senin (10/3/2025).
    Aksi ini merupakan respons terhadap pemecatan sepihak yang dilakukan perusahaan terhadap dua rekannya, Slamet Bambang Waluyo dan Wiwin Zain Miftach.
    Slamet dan Wiwin merupakan ketua dan sekretaris Pimpinan Unit Kerja (PUK) Serikat Pekerja Elektronik Elektrik (SPEE) Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) di PT Yamaha Music Manufacturing Asia.
    Koordinator Aliansi Buruh Bekasi Melawan Sarino menyatakan, demonstrasi ini adalah aksi kesembilan sebagai bentuk perlawanan terhadap pemecatan tersebut.
    “Ini aksi hari kesembilan bahwa PT Yamaha Music Manufacturing Asia telah sewenang-wenang melakukan PHK terhadap ketua dan sekretaris,” kata Sarino kepada
    Kompas.com,
    Senin.
    Sarino menjelaskan, pemecatan keduanya berawal dari diskusi yang menimbulkan kerumunan massa di seberang pintu gerbang PT Yamaha Music Manufacturing Asia pada 4 Oktober 2025.
    Slamet dan Wiwin yang merupakan petinggi serikat pekerja terlibat dalam kerumunan tersebut.
    Perusahaan kemudian melaporkan keduanya ke Polres Metro Bekasi. Alasannya, aktivitas mereka diduga merupakan “kesalahan berat” berdasarkan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PT Yamaha Music Manufacturing Asia.
    Sarino mempertanyakan alasan perusahaan yang memecat keduanya berdasarkan pelaporan tersebut.
    Dia menegaskan, argumentasi mengenai “kesalahan berat” yang tertuang dalam PKB telah dianulir oleh Mahkamah Konstitusi (MK) melalui Pasal 158 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
    “Artinya apa? Ini bentuk kesewenang-wenangan dari PT Yamaha Music Manufacturing Asia,” tegas Sarino.
    Meskipun telah berdemonstrasi beberapa kali, Sarino memastikan, ratusan buruh akan terus menggelar aksi hingga tuntutan
    pembatalan pemecatan
    keduanya terpenuhi.
    “Tuntutan kami cabut keputusan PHK, aksi akan terus digelar sampai PHK dicabut,” imbuhnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Tenaga Yamaha Gear Hybrid Lebih Kecil dari Model Sebelumnya, Ini Sebabnya

    Tenaga Yamaha Gear Hybrid Lebih Kecil dari Model Sebelumnya, Ini Sebabnya

    Jakarta

    Yamaha Gear baru telah meluncur di Indonesia. Menariknya, meski menggunakan mesin ‘hybrid’, namun tenaga motor matik tersebut turun dibandingkan model sebelumnya. Kok bisa ya?

    Sebagai catatan, Yamaha Gear baru dengan embel-embel ‘Ultima Hybrid’ menggunakan mesin yang kurang lebih sama dengan Yamaha Fazzio dan Grand Filano. Tunggangan tersebut mengadopsi jantung mekanis berlabel ‘BlueCore Hybrid’ dengan kapasitas 124,8 cc.

    Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 6,2 kW dan torsi 10,6 Nm. Secara hitung-hitungan, tenaganya lebih kecil dibandingkan model sebelumnya. Namun, torsinya justru lebih besar.

    Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Yamaha Gear 125 generasi pertama punya semburan tenaga 7 kW dan torsi 9,5 Nm. Lantas, mengapa bisa demikian?

    Ferry Nurul Fajar selaku Technical & Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid memang bukan dirancang untuk kebut-kebutan, melainkan untuk mengejar efisiensi bahan bakar.

    “Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid memang tidak mengejar tenaga, melainkan keiritan bahan bakar,” ujar Ferry saat ditemui di Bandung, Jawa Barat, pekan kemarin.

    Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Dia juga menjelaskan, penambahan sistem ‘hybrid’ di kendaraan membuat tarikan awal menjadi lebih mantap. Hal tersebut bisa dirasakan melalui penambahan torsi dari yang 9,5 Nm menjadi 10,6 Nm. Sementara untuk konsumsi BBM, dia belum bisa mengungkap angkanya.

    “Jadi ada ubahan di kompresi rasio, terus setting-annya fokus di fuel consumption dan torsi. Makanya dia sekarang pakai power assist. Sekarang kompresi 11, dulu kan 9,5,” kata dia.

    Sebagai catatan, Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid tersedia dalam dua varian berbeda, yakni Standard seharga Rp 19,9 juta dan S Version yang mencapai Rp 21,5 juta. Keduanya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/rgr)

  • Buruh Demo Tuntut Hak, Pemerintah Diminta Turun Tangan

    Buruh Demo Tuntut Hak, Pemerintah Diminta Turun Tangan

    PIKIRAN RAKYAT – Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Indonesia masih terus terjadi dan semakin marak, menyebabkan jumlah pengangguran bertambah.

    Pengamat ekonomi Indef, Eko Listiyanto, menekankan pentingnya mencegah PHK dengan memperbaiki daya beli masyarakat kelas menengah.

    Ilustrasi PHK.

    Sejumlah perusahaan besar, seperti PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex) Group, PT Sanken Indonesia, dan Yamaha Indonesia, telah merumahkan ribuan pekerja.

    “Perbaiki dan benahi daya beli masyarakat kelas menengah. Ini menjadi kunci penting dalam mencegah terjadinya PHK di sektor industri, khususnya manufaktur,” kata Eko dalam keterangannya di Jakarta, Senin (10/3/2025).

    Menurutnya, daya beli masyarakat kelas menengah perlu diperbaiki karena mereka adalah pasar utama produk industri manufaktur. Saat ini, kelompok tersebut mengalami tekanan akibat kondisi ekonomi yang kurang baik.

    Eko menjelaskan bahwa ada tanda-tanda pelambatan ekonomi dengan melemahnya daya beli kelas menengah dan terjadinya deflasi. Situasi ini diperburuk oleh perang dagang setelah Donald Trump kembali terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat.

    Kondisi yang tidak menguntungkan ini membuat industri melakukan PHK karena permintaan pasar, khususnya dari kelas menengah, menurun.

    “Ya mau bagaimana, pertama kalau tidak ada yang beli pasti mereka (industri) mengurangi karyawan karena produksi berkurang, ketika produksi berkurang maka secara otomatis tenaga kerja juga dikurangi. Ketika pengurangan jam kerja karyawan tidak lagi efektif dalam kondisi produksi yang berkurang, lama-lama perusahaan kemudian memutuskan PHK, dan ini yang terjadi,” kata Eko.

    Selain memperbaiki daya beli masyarakat kelas menengah, Eko juga menyarankan agar kebijakan di sektor industri, terutama manufaktur, lebih jelas dan diperkuat oleh pemerintah.

    Solusi jangka pendek

    Menurutnya, pelaku industri saat ini membutuhkan solusi jangka pendek agar bisa memperbaiki neraca keuangan dan meningkatkan penjualan.

    Sementara itu, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, menyebutkan bahwa PHK massal yang terjadi menjadi alasan utama aksi unjuk rasa untuk menyelamatkan industri nasional dan menekan angka pengangguran.\

    Mulai Senin (10/3/2025), para buruh menggelar aksi demo di pabrik Sritex dan Kemnaker sebagai protes terhadap ketidakjelasan pembayaran pesangon dan Tunjangan Hari Raya (THR). Mereka juga menuntut agar buruh yang terkena PHK dapat kembali bekerja dan memperingatkan adanya ancaman gelombang PHK di berbagai pabrik lain di Indonesia.

    Said Iqbal mengatakan bahwa aksi solidaritas ini berlangsung lima hari, dari 10 hingga 15 Maret 2025, di depan pabrik Sritex Sukoharjo. Selain itu, aksi serupa juga digelar di Jakarta pada 11 Maret 2025, dengan tuntutan yang ditujukan kepada pemerintah pusat melalui Kemnaker.

    “Aksi ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas bagi buruh Sritex yang terkena PHK secara sepihak dan tidak mendapatkan hak-haknya secara layak. Kami juga menuntut pemerintah untuk segera turun tangan agar kasus PHK massal tidak semakin meluas,” ujar Iqbal.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Yamaha Gear 125 Lawas Masih Dijual, Segini Harganya

    Yamaha Gear 125 Lawas Masih Dijual, Segini Harganya

    Jakarta

    Meski versi terbarunya sudah meluncur, namun Yamaha Gear 125 generasi pertama masih dijual di Indonesia. Berapa harganya dan benarkah ada promo khusus dari produsen?

    Rifki Maulana selaku Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, Yamaha Gear 125 lawas yang masih dijual di Tanah Air merupakan versi termurah atau standar. Dia memastikan, tak ada promo atau potongan harga untuk motor tersebut.

    “Model lama masih kita jual tapi varian terendah. Bukan ngabisin stok, tapi memang masih diproduksi. Makanya nama (produknya) kita bedakan, itu (yang lama) Gear 125 aja, kalau ini Gear Ultima Hybrid,” ujar Rifki Maulana saat ditemui di Bandung, Jawa Barat.

    “Nggak ada (diskon) karena itu (Gear generasi pertama) memang masih dijual. Diskon biasanya kewenangan dealer,” tambahnya.

    Yamaha Gear 125 Generasi Pertama. Foto: Doc. Septian Farhan Nurhuda – detikOto

    Ketika berkunjung ke dealer flagship Yamaha di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Yamaha Gear generasi pertama memang terlihat masih ditampilkan. Kendaraan tersebut dibanderol Rp 19,04 juta atau Rp 500 ribuan lebih murah dibandingkan Yamaha Gear Ultima varian termurah.

    Yamaha Gear 125 generasi pertama sudah meluncur di Indonesia sejak tahun 2020. Kendaraan tersebut butuh waktu lima tahun untuk mendapat pembaruan total atau besar-besaran.

    Spesifikasi Yamaha Gear 125 Lawas

    Berbeda dengan model baru, Yamaha Gear 125 lawas belum menggunakan mesin ‘hybrid’. Kuda besi tersebut masih mengadopsi mesin 124,9cc berpendingin udara dengan muntahan tenaga 7 kw dan torsi 9,5 Nm.

    Yamaha Gear 125 Generasi Pertama. Foto: Doc. Septian Farhan Nurhuda – detikOto

    Menariknya, mesin Yamaha Gear 125 lawas lebih bertenaga dibandingkan model terbaru. Namun, torsinya memang lebih kecil.

    Soal fitur, Yamaha Gear 125 generasi pertama jauh tertinggal dibandingkan model terbaru. Sebab, tunggangan tersebut belum punya panel instrumen digital, konektivitas Y-Connect, answer back system, dan handle besi tambahan di bagian belakang.

    Sementara pilihan warnanya ada lima, yakni biru, cyan, hitam, merah dan coklat.

    (sfn/dry)

  • Selisih Rp 1 Jutaan, Ini Perbedaan Yamaha Gear Baru Versi Standar dan S

    Selisih Rp 1 Jutaan, Ini Perbedaan Yamaha Gear Baru Versi Standar dan S

    Jakarta

    Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid yang meluncur di Indonesia tersedia dalam dua varian berbeda, yakni Standard dan S Version. Selisih harga keduanya berkisar Rp 1,6 juta. Lantas, apa saja perbedaannya?

    Sebagai catatan, Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid versi Standard dibanderol Rp 19,9 juta, sementara S Version dilego Rp 21,5 juta. Keduanya berstatus on the road Jakarta.

    Meski selisihnya tergolong tipis, namun perbedaan Standard dan S Version lumayan banyak. Bukan hanya tampilan atau eksterior, fiturnya banyak yang tak sama.

    Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Pertama, perbedaan keduanya terlihat di bagian warna. Jika Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid versi Standard menggunakan cat glossy, maka S Version lebih matte. Selain itu, kulit joknya juga terlihat berbeda.

    Secara konsep, Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid versi Standard terlihat menonjolkan nuansa sporty, sedangkan S Version lebih elegan.

    Kemudian, perbedaan lainnya terdapat di bagian fitur. Khusus untuk S Version sebagai varian tertinggi, pabrikan telah membekalinya dengan panel instrumen full digital, answer back system, lampu hazard, dan yang paling utama, konektivitas Y-Connect.

    Dengan fitur Y-Connect, pengendara bisa memantau kondisi kendaraan secara realtime melalui smartphone.

    Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Selebihnya, fitur keduanya tetap sama. Misalnya seperti start stop system (SSS), soket pengisian daya ponsel, gantungan ganda, pijakan kaki anak, lampu LED, handle besi tambahan di belakang dan bagasi lega dengan kapasitas 18 liter.

    Mesinnya juga tak berbeda. Baik Standard dan S Version sama-sama menggunakan mesin BlueCore ‘Hybrid’ dengan kapasitas 125cc dan pendingin udara. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 6,2 kW dan torsi 10,6 Nm.

    Jadi bagaimana, pilih Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid varian Standard atau S Version, nih?

    (sfn/rgr)

  • Polisi Bubarkan Aksi Pelajar Geber-geber Motor Sebabkan Macet, Kendaraan Disita
                
                    
                        
                            Yogyakarta
                        
                        9 Maret 2025

    Polisi Bubarkan Aksi Pelajar Geber-geber Motor Sebabkan Macet, Kendaraan Disita Yogyakarta 9 Maret 2025

    Polisi Bubarkan Aksi Pelajar Geber-geber Motor Sebabkan Macet, Kendaraan Disita
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com
    – Polisi yang sedang patroli jalanan menciduk motor
    Yamaha RX King
    tanpa pelat nomor dari tangan seorang pelajar di jalan aspal tepi Pantai Glagah, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
    Pasalnya, DN (16) asal Kapanewon Panjatan, menggeber-geber gas motor secara brutal sehingga suasana pantai menjadi tidak nyaman bagi pengunjung.
    “Pamit Samapta, Polsek Temon menghentikan kendaraan itu. Selanjutnya, sepeda motor diamankan ke Polsek Temon,” kata Iptu Sarjoko, Kasi Humas Polres Kulon Progo, Minggu (9/3/2025).
    Pantai Glagah adalah salah satu tujuan warga menunggu pagi setelah sahur.
    Kawasan pantai dan jalanan semakin dipadati pengunjung sampai pukul 07.00 WIB.
    Polisi Polsek Temon patroli sejak subuh di sana. Polisi mendapati kemacetan di jalan akibat motor RX King yang dikendarai DN.
    Motor tersebut tidak sesuai spesifikasi, tidak dilengkapi surat kendaraan, tanpa spion, dan tanpa pelat nomor.
    DN menarik-narik gas motor sehingga motor bersuara keras.
    Motor menggunakan knalpot modifikasi yang membuat suara semakin nyaring, menarik perhatian, dan membuat orang berkumpul di jalanan sehingga menyebabkan kemacetan.
    “Motor dihentikan polisi, diamankan, dan personel Polsek Temon lainnya membantu mengatur arus lalu lintas agar kembali lancar,” kata Sarjoko dalam pesan singkat.
    Polisi patroli segera menghentikan aksi DN, menyita motor, lalu mengamankannya ke Polsek Temon. Tontonan itu pun bubar.
     
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Sosok Wali Kota Palembang, Ratu Dewa Beri SP3 Lurah Pulokerto yang Tak Ada di Kantor di Jam Kerja – Halaman all

    Sosok Wali Kota Palembang, Ratu Dewa Beri SP3 Lurah Pulokerto yang Tak Ada di Kantor di Jam Kerja – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Inilah sosok Wali Kota Palembang, Ratu Dewa yang beri sanksi tegas pada lurah alias kepala desa Pulokerto yang disidak tak ada di kantor di jam kerja.

    Video detik-detik Wali Kota Ratu Dewa yang sidak kantor kelurahan Pulokerto viral di media sosial.

    Nampak Ratu Dewa tiba-tiba datang dan menanyakan siapa saja orang yang berada di kantor pada jam 8 pagi.

    Wali Kota Ratu Dewa hanya mendapati empat orang yang ternyata semua adalah pegawai honorer.

    Lurah dan ASN pun tak telihat batang hidungnya.

    Wali Kota Ratu Dewa lantas menghubungi Camat dan memberi peringatan.

    “Pak Camat, di Pulokerto ini lurahnya belum datang ini jam kerja, jam 8 ini. yang dateng cuman honor empat orang, jadi atensi ini. jangan main-main ini,” tegas Ratu Dewa.

    Ratu Dewa lantas menghubungi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk membuat SP3 bagi lurah dan para ASN.

    Dikutip dari TribunSumsel.com, Ratu Dewa membenarkan kejadian tersebut.

    Sikap tegas Ratu Dewa diharapkan menjadi efek jera agar pegawai tidak mudah absen.

    “Saya sengaja sidak acak untuk mengecek ternyata semua PNS di kelurahan itu tidak ada satu pun yang ngantor lurah dan juga sekretaris lurah, hanya ada honorer saja dan pegawai yang baru diangkat,” ujar Ratu Dewa, Jumat (7/3/2025).

    “Jadi contoh agar tidak ada lagi yang absen bekerja jadi harus ditindak tegas,” kata Dewa.

    Sementara itu Lurah Pulokerto, Amrullah mengatakan dia bukan bolos bekerja tapi sudah absen Kamis pagi pukul 07.00 WIB dan langsung menjalankan program Walikota turun ke lapangan dengan meninjau kalangan di Pulokerto.

    Lantas siapakah sosok Wali Kota Ratu Dewa?

    Dikutip dari palembang.go.id, Ratu Dewa merupakan pria kelahiran Muara Kuang, Ogan Illir pada 17 Agustus 1969.

    Ratu Dewa merupakan anak ke-8 dari sembilan bersaudara dari apsangan Cik Den Tambun dan Zalipah.

    Ratu Dewa menempuh pendidikan S1 Fakultas Ushuluddin di IAIN Raden Fatah Palembang.

    Lalu ia melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Sriwijaya bergelar Magister Kebijakan Publik.

    Perjalanan karier Ratu Dewa sebelum menjadi Wali Kota sangat panjang.

    Ia dikenal sebagai sosok birokrat yang rendah hati hingga dipercaya menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang.

    Sebelum terjun ke dunia politik, Ratu Dewa sempat menjabat sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang menggantikan Harnojoyo yang masa jabatannya berakhir pada Senin (18/9/2023).

    Setelahnya, ia kembali ke posisi Sekda hingga mengajukan pensiun dini per 1 Agustus 2024 demi maju dalam Pilkada Palembang.

    Ratu Dewa menggandeng Prima Salam sukses mengumpulkan 352.696 suara atau 46,52 persen dari total suara.

    Ia mengalahkan dua pasangan lainnya, Fitrianti-Nandriani dan Yudha-Baharudin.

    Ratu Dewa juga merupakan pejabat yang aktif membagikan kegiatannya di media sosial.

    Akun Instagram @ratudewa kini telah memiliki 118 ribu pengikut dengan lebih dari 1.700 postingan.

    Harta Kekayaan

    Ratu Dewa terakhir melaporkan harta kekayaannya ke KPK pada tahun 2023, saat dirinya menjabat sebagai Sekda Kota Palembang.

    Ia memiliki total harta kekayaan sebesar Rp5,3 miliar. Berikut rinciannya dikutip dari situs LHKPN:

    TANAH DAN BANGUNAN Rp. 3.695.585.700

    1. Tanah dan Bangunan Seluas 500 m2/128 m2 di KAB / KOTA KOTA
    PALEMBANG , HASIL SENDIRI Rp. 825.000.000
    2. Tanah dan Bangunan Seluas 963 m2/400 m2 di KAB / KOTA KOTA
    PALEMBANG , HASIL SENDIRI Rp. 810.000.000

    3. Tanah Seluas 20000 m2 di KAB / KOTA INDRALAYA, WARISAN
    Rp. 125.000.000
    4. Tanah Seluas 600 m2 di KAB / KOTA KOTA PALEMBANG , HASIL
    SENDIRI Rp. 430.000.000

    5. Tanah Seluas 600 m2 di KAB / KOTA KOTA PALEMBANG , HASIL
    SENDIRI Rp. 175.000.000
    6. Tanah Seluas 285 m2 di KAB / KOTA KOTA PALEMBANG , HASIL
    SENDIRI Rp. 175.000.000

    7. Tanah Seluas 337 m2 di KAB / KOTA KOTA PALEMBANG , HASIL
    SENDIRI Rp. 370.000.000
    8. Tanah dan Bangunan Seluas 120 m2/90 m2 di KAB / KOTA KOTA
    PALEMBANG , HASIL SENDIRI Rp. 410.585.700

    9. Tanah dan Bangunan Seluas 3000 m2/1000 m2 di KAB / KOTA
    KOTA PALEMBANG , HASIL SENDIRI Rp. 375.000.000

    B. ALAT TRANSPORTASI DAN MESIN Rp. 662.500.000
    1. MOBIL, KIA JEEP Tahun 2013, HASIL SENDIRI Rp. 105.000.000
    2. MOTOR, YAMAHA VIXION Tahun 2013, HASIL SENDIRI Rp.
    3.500.000

    3. MOTOR, HONDA BEAT Tahun 2010, HASIL SENDIRI Rp2.000.000
    4. MOBIL, JEEP CHEROKEE LIMITED 4.0 USA Tahun 1997, HASIL
    SENDIRI Rp. 120.000.000

    5. MOBIL, TOYOTA YARIS CROSS MINI BUS Tahun 2023, HASIL
    SENDIRI Rp. 432.000.000

    C. HARTA BERGERAK LAINNYA Rp. 85.700.000
    D. SURAT BERHARGA Rp. —-
    E. KAS DAN SETARA KAS Rp. 920.272.129
    F. HARTA LAINNYA Rp. —-

    Sub Total Rp. 5.364.057.829

    HUTANG Rp. —-

    TOTAL HARTA KEKAYAAN (II-III) Rp. 5.364.057.829

    Sebagian artikel ini telah tayang di TribunSumsel.com dengan judul Wali Kota Palembang Ratu Dewa SP3 Lurah Pulokerto Gandus, Buntut Saat Disidak Tak Ada di Kantor

    (Tribunnews.com/ Siti N) (TribunSumsel.com/ Hartati)

  • Perbandingan Harga Yamaha Gear Ultima dan Honda BeAT

    Perbandingan Harga Yamaha Gear Ultima dan Honda BeAT

    Jakarta

    Yamaha Gear Ultima resmi diluncurkan di Indonesia, Jumat (7/3/2025). Ultima merupakan varian terbaru Yamaha Gear yang mengusung mesin berteknologi hybrid dan juga penambahan sejumlah fitur terkini. Seperti apa perbandingan harga Yamaha Gear Ultima dengan kompetitornya Honda BeAT?

    Sebagai informasi, Yamaha Gear Ultima ditawarkan dalam dua varian, yakni Hybrid dan Hybrid S. Varian Hybrid dijual Rp 19.990.000 dengan empat pilihan warna, yakni dull blue, sand, black, dan red. Sementara varian Hybrid S dijual Rp 21.500.000 dengan dua pilihan warna, yaitu dark grey dan silver.

    Beralih ke Honda BeAT, Astra Honda Motor (AHM) menawarkan BeAT dalam tiga varian dan harga, BeAT CBS Rp 18.530.000, BeAT Deluxe Rp 19.400.000, dan model termahal BeAT Deluxe Smart Key dipasarkan dengan harga Rp 19.930.000.

    Untuk diketahui, Yamaha menghadirkan varian Ultima sebagai varian tertinggi Yamaha Gear yang sudah dilengkapi berbagai pembaruan. Erica Puspasari selaku Manager Brand & Promotion YIMM menjelaskan, nama Ultima sebenarnya berasal dari kata ‘Ultimate’ yang berarti unggul atau tertinggi.

    Erica kemudian mengurai sejumlah alasan mengapa Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid diklaim lebih unggul dibandingkan para pesaingnya. Sebab kata dia, tunggangan tersebut mendapat banyak pembaruan di sektor fitur dan mesin.

    “Karena kan buat Yamaha Gear ini banyak improvement, banyak fitur elit. Untuk motor di harganya, ini elit banget. Mesinnya saja sudah hybrid,” kata Erica di acara peluncuran Yamaha Gear Ultima di Bandung (7/3/2025).

    Meski sudah ada model baru Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid, Yamaha Indonesia masih tetap memproduksi dan menjual Gear 125 generasi pertama. Yamaha Gear versi lawas ini akan dijadikan varian terendah di jajaran Yamaha Gear 125.

    (lua/riar)