brand merek: Yamaha

  • Marquez Bersaudara Terdepan, Yamaha Bikin Kejutan!

    Marquez Bersaudara Terdepan, Yamaha Bikin Kejutan!

    Jakarta

    Kualifikasi MotoGP Qatar 2025 sudah berakhir, Sabtu (12/4). Pebalap Ducati asal Spanyol, Marc Marquez sukses mengamankan pole position. Sementara Alex Marquez kedua dan Francesco Bagnaia ke-11!

    Pada putaran pertama, Marc Marquez langsung menempati urutan terdepan dengan catatan waktu terbaik 1 menit 50,877 detik. The Baby Alien dibuntuti adiknya, Alex Marquez di posisi kedua dan Fabio Diggia di tempat ketiga.

    Francesco Bagnaia terlihat masih kesulitan di putaran pertama. Dia hanya mampu mencatatkan waktu terbaik kedelapan dan terpaut hampir 1 detik dari Marquez di tempat pertama.

    Hasil kualifikasi MotoGP Qatar 2025. Foto: AP/Kittinun Rodsupan

    Memasuki putaran kedua, Bagnaia memutuskan rehat ke paddock. Tak lama setelahnya, Marquez bersaudara dan Franco Morbidelli melakukan hal yang sama.

    Sementara Fabio Quartararo yang sempat terlempar ke posisi sembilan di lap pertama, mampu melesat ke urutan keempat!

    Tak lama setelah keluar dari paddock, Bagnaia justru crash! Dia tak mampu mengendalikan motornya ketika menikung. Padahal, catatan waktunya masih buruk.

    Hasil kualifikasi MotoGP Qatar 2025. Foto: IMAGN IMAGES via Reuters Connect/Jerome Miron

    Fabio Quartararo membuat kejutan ketika perlombaan hanya menyisakan semenit lagi. Dia menyalip catatan waktu terbaik Marc Marquez. Namun, kurang dari 20 detik setelah itu, catatannya disalip Alex Marquez. Rekan setim Quartararo pun menghuni posisi 10 besar, tepatnya di posisi ke-9.

    Ketika semuanya dirasa sudah berakhir, Marquez menunjukkan performa terbaiknya. Dia kembali merebut posisi pertama dari adiknya dengan catatan waktu terbaik 1 menit 50,499 detik.

    Hingga akhir kualifikasi, tak ada perubahan di posisi terdepan. Marc Marquez tetap pertama, Alex Marquez kedua dan Fabio Quartararo ketiga!

    Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2025Marc MarquezAlex MarquezFabio QuartararoFranco MorbidelliFabio DiggiaMaverick VinalesJohann ZarcoF AldeguerAlex RinsAi OguraFrancesco BagnaiaPedro AcostaMarco BezzecchiJorge MartinLuca MariniJack MillerRaul FernandezBrad BinderAugusto FernandezEnea BastianiniJoan MirSomkiat Chantra

    (sfn/dry)

  • Jack Miller Kasih Paham buat Orang yang Remehkan Bagnaia

    Jack Miller Kasih Paham buat Orang yang Remehkan Bagnaia

    Jakarta

    Jack Miller, rider Pramac Yamaha sekaligus mantan rekan setim Francesco Bagnaia menjadi saksi kehebatan Italiano itu. Performa Bagnaia memang tengah disorot. Bukan tanpa alasan, performa Bagnaia kalah dari Marc Marquez sejak dua awal balapan MotoGP 2025.

    Marc Marquez sudah mengantongi kemenangan MotoGP Thailand dan MotoGP Argentina 2025. Sayangnya, Marquez terjatuh selagi memimpin, sementara Bagnaia juara di MotoGP Amerika Serikat.

    Menurut Miller, Bagnaia itu pebalap yang sangat berbakat. Dengan performa Marquez yang langsung nyetel dengan tim pabrikan Ducati, orang-orang mulai meremehkan murid Valentino Rossi itu

    “Saya pikir orang-orang meremehkannya, saya tahu betul bagaimana keahliannya,” ucap Miller dikutip dari GPone, Kamis (10/4/2025).

    Menurut Miller, Bagnaia memang masih membuat beberapa kesalahan tapi dia bisa bersaing. Cara balapannya berbeda dari The Baby Allien.

    “Kemampuannya di motor sangat fenomenal. Dia melakukan hal-hal dengan cara halus, yang tidak Anda lihat, namun jika Anda mengenalnya. Cara dia masuk tikungan, sangat berbeda dengan Marc, setiap orang punya gaya uniknya sendiri.”

    “Dia melakukan hal di motor yang saya ingin lakukan, cara dia membelokkan motor dengan bahunya, dia menghilangkan risiko dan bisa menjaga (kondisi) ban. Cara dia melakukannya fenomenal, semua datang secara alami baginya, dia melakukannya dengan elegan. Saya tidak tahu bagaimana dia bisa berhasil tetapi itu indah untuk dilihat. Dia punya aura yang berbeda,” terang Miller.

    Jangan lupa, Bagnaia juga masih muda dengan dua gelar juara dunia MotoGP. Tahun lalu, Bagnaia juga hampir memenangkan gelar.

    “Dia kompetitif selama empat tahun saat terjadi perubahan di MotoGP. Sekarang ada perubahan lain dengan kehadiran Marquez, saya kira dia bakal bereaksi. Saat Pecco tidak menemukan dirinya dengan punggungnya ke dinding, itu adalah momen ketika dia mengeluarkan yang terbaik dari dirinya. Ini akan menjadi musim yang menarik, dan saya tidak sabar untuk melihat apa yang terjadi,” terang Miller.

    Kini Alex Marquez memimpin klasemen usai mengumpulkan 87 poin, unggul satu angka dari Marc Marquez. Bagnaia memangkas jarak dengan Marquez bersaudara. Usai mengantongi 25 poin tambahan, pebalap Italia itu kini mengoleksi 75 poin.

    MotoGP 2025 akan berlanjut dengan mengambil tempat di Losail, Qatar.

    (riar/dry)

  • Modus Pinjam untuk Beli Rokok, Pria di Ponorogo Gelapkan Motor

    Modus Pinjam untuk Beli Rokok, Pria di Ponorogo Gelapkan Motor

    Ponorogo (beritajatim.com) – Kepolisian Sektor (Polsek) Sukorejo mengamankan seorang pria yang diduga melakukan penggelapan sepeda motor. Pelaku menggunakan modus pura-pura meminjam motor untuk beli rokok.

    Pelaku diketahui bernama Roji Sakti, yang juga dikenal dengan nama alias Tarji atau Bagor, warga Dukuh Tambang, Desa Kedungbanteng, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo.

    Penangkapan pelaku penggelapan sepeda motor ini pun dibenarkan oleh Kapolsek Sukorejo Iptu  Agus Tri Cahyo Wiyono. Ia menyebut bahwa penangkapan dilakukan pada Sabtu pagi, 11 April 2025, sekitar pukul 09.30 WIB. Kasus ini mencuat setelah laporan dari Sunaryo, warga Dukuh Dondong, Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, yang menjadi korban penggelapan.

    “Memang benar, Polsek Sukorejo mengamankan terduga pelaku penggelapan sepeda motot di wilayah Desa Kedungbanteng,” kata Iptu Agus.

    Peristiwa pengelapan itu terjadi awal bulan Maret 2025 lalu. Sekitar pukul 09.30 WIB, Roji meminjam sepeda motor milik Sunaryo, yakni Yamaha Fizz R tipe V110, warna hitam kombinasi oranye, bernomor polisi AE 5761 EG. Pelaku memimjam motot tersebut dengan alasan hendak membeli rokok.

    Namun, hingga berjam-jam berselang, Roji tak kunjung kembali. Korban yang merasa curiga kemudian mencari pelaku ke sejumlah lokasi, termasuk pasar dan rumahnya, namun nihil hasil. Merasa dirugikan, Sunaryo akhirnya melapor ke Polsek Sukorejo. Nilai kerugian ditaksir mencapai Rp12,7 juta.

    “Kerugian yang ditimbulkan dari aksi tindak pidana taksir Rp12,7 juta,” katanya.

    Unit Reskrim Polsek Sukorejo langsung menindaklanjuti laporan tersebut. Setelah serangkaian penyelidikan, Roji berhasil diamankan dan kini tengah menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Dua saksi turut diperiksa dalam kasus ini, yakni Supri, warga Desa Prajegan, Kecamatan Sukorejo, serta Iwan, warga Dukuh Kaliampir, Desa Kedungpanji, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan.

    Kapolsek Sukorejo menyampaikan bahwa proses hukum akan terus berlanjut, dan pihaknya mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap modus-modus serupa yang kerap menyasar hubungan sosial dekat seperti teman atau tetangga. [end/beq]

  • Yamaha MX-King Edisi Spesial Meluncur, Ketempelan Aksesori Keranjang

    Yamaha MX-King Edisi Spesial Meluncur, Ketempelan Aksesori Keranjang

    Jakarta

    Yamaha MX-King atau Y15ZR di Malaysia mendapatkan penyegaran warna baru serta tambahan aksesori. Segmen kapchai atau motor bebek masih populer di Malaysia.

    Motor bebek Yamaha MX-King kerap kali mendapat sentuhan anyar dari segi kosmetika di Indonesia. Berbeda dengan Malaysia, Y15ZR baru saja mendapatkan edisi spesial dengan warna khusus, plus tambahan aksesori yang menunjang akomodasi berkendara.

    Yamaha Y15ZR Foto: Yamaha

    Y15ZR melakukan debut sejak tahun 2015 di Malaysia. Motor itu terus populer mendapatkan pecinta roda dua di Malaysia. Kini terdapat Edisi Special Edition (SE) untuk merayakan satu dekade, Y15ZR itu dibedakan dengan skema warna yang khas, disebut Bronze Fury.

    Selain itu, Y15ZR terdapat Sports Visor baru pada area batok. Untuk menambah fungsi kompartemen penyimpanan, Y15ZR sekarang dilengkapi keranjang yang dilengkapi dengan colokan USB C-Type. Ini menjadi fitur yang belum tersedia pada Yamaha MX-King di Indonesia.

    Soal performa Y15ZR, mesinnya tetap menggunakan kubikasi 150cc, sesuai dengan EU4, satu silinder, berpendingin cairan, SOHC. Mesin ini menghasilkan 15,1 hp (11,3 kW) pada 8.500 RPM dan 13,8 Nm pada 7.000 RPM.

    Motor ini punya perbedaan dimensi dari MX-King, kalau Y15ZR punya panjang 1970 mm, lebar 670 mm, dan jarak sumbu roda 1290 mm.Yamaha Y15ZR juga memiliki ground clearance 135 mm dan tinggi jok 780 mm, ukuran ini masih terbilang ramah dengan tinggi rata-rata orang ASEAN.

    Bandingkan dengan Yamaha MX-King dimensinya lebih panjang 15 mm, namun sumbu rodanya lebih pendek 190 mm dari Y15ZR. Sementara itu ground clearance dari MX-King 155 mm, dan tinggi jok 795 mm.

    Yamaha MX King 150 dan Y15ZR punya kemiripan soal tampang, misalnya tampil dengan 3 lampu, terdiri dari 2 low beam dan 1 high beam dengan bentuk yang tajam dan sudah mengadopsi teknologi LED. Bentuk area depan hingga belakang terkesan sporty, plus velg dengan bentuk 5 palang seperti bintang.

    Hong Leong Yamaha Motor, selaku distributor resmi Yamaha di Malaysia menjual Yamaha Y15ZR Special Edition 2025 dengan harga mulai dari RM 9.498 atau sekitar Rp 36 jutaan. Menariknya setiap pembelian motor itu termasuk dengan gembok rem cakram.

    (riar/dry)

  • Berikut Daftar Motor dan Mobil yang Dilarang Isi BBM Pertalite di SPBU per 12 April 2025

    Berikut Daftar Motor dan Mobil yang Dilarang Isi BBM Pertalite di SPBU per 12 April 2025

    Berikut Daftar Motor dan Mobil yang Dilarang Isi BBM Pertalite di SPBU per 12 April 2025

    TRIBUNJATENG.COM – Pemerintah akan memberlakukan peraturan terbaru yang melarang penggunaan BBM Pertalite pada beberapa jenis kendaraan di SPBU di seluruh Indonesia.

    Kendaraan yang mencoba mengisi Pertalite di SPBU Pertamina akan ditolak langsung oleh petugas, dengan daftar kendaraan yang tidak diperbolehkan.

    Keputusan untuk melarang ini masih dalam proses pembahasan dan diharapkan segera diimplementasikan di seluruh wilayah nasional.

    Adapun tujuan dari pembatasan ini adalah untuk memastikan subsidi BBM dari pemerintah tepat sasaran.

    Peraturan ini merupakan bagian dari revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 mengenai Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM.

    Kendaraan yang akan dikenakan larangan penggunaan Pertalite mencakup mobil dengan kapasitas mesin di atas 1.400cc, serta motor dengan kapasitas mesin mulai dari 250cc.

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, menjelaskan bahwa kriteria pembatasan pembelian BBM subsidi sudah ditetapkan, dengan mobil di atas 1.400cc dan motor mulai dari 250cc termasuk dalam daftar larangan penggunaan Pertalite.

    Berikut daftar motor yang dilarang isi Pertalite di SPBU Pertamina:

    – Yamaha XMAX

    – Yamaha TMAX

    – Yamaha MT25

    – Yamaha R25

    – Yamaha MT09

    – Yamaha MT07

    – Honda Forza

    – Honda CB650R

    – Honda X-ADV

    – Honda CBR250R

    – Honda CB500X

    – Honda CRF250 Rally

    – Honda CRF1100L Africa Twin

    – Honda CBR600RR

    – Honda CBR1000RR

    – Suzuki Gixxer250

    – Suzuki Hayabusa

    – Kawasaki Ninja ZX-25R

    – Kawasaki Ninja H2

    – Kawasaki KLX250

    – Kawasaki KX450

    – Kawasaki Ninja 250SL

    – Kawasaki Ninja 250

    – Kawasaki Vulcan

    – Kawasaki Versys 250

    – Kawasaki Versys 1000

    Berikut daftar mobil yang boleh pakai Pertalite setelah Perpres Disahkah

    Toyota

    Agya 1.197 cc

    Calya 1.197 cc

    Raize 998 cc dan 1.198 cc

    Avanza 1.329 cc

    Daihatsu

    Ayla 998 cc dan 1.197 cc

    Sigra 998 cc dan 1.197 cc

    Sirion 1.329 cc

    Rocky 998 cc dan 1.198 cc

    Xenia 1.329 cc

    Suzuki

    Ignis 1.197 cc

    S-Presso 998 cc

    Honda

    Brio 1.199 cc

    Kia

    Picanto 1.248 cc

    Seltos bensin 1.353 cc

    Rio 1.348 cc

    Wuling

    Formo S 1.206 cc

    Nissan

    Kicks e-Power 1.198 cc Magnite 999 cc

    Mercedes-Benz

    A-Class 1.332 cc

    CLA 1.332 cc

    GLA 200 1.332 cc

    GLB 1.332 cc

    DFSK

    Super Cab diesel 1.300 cc

    Peugeot

    2008 1.199 cc

    Volkswagen

    Tiguan 1.398 cc

    Polo 1.197 cc

    T-Cross 999 cc

    Tata

    Ace EX2 702 cc

    Renault

    Kiger 999 cc

    Kwid 999 cc

    Triber 999 cc

    Audi

    Q3 1.395 cc

    Jenis Kendaraan Dilarang Isi BBM Pertalite

    Khusus untuk mobil dengan kapasitas mesin 1400cc resmi dilarang isi BBM Pertalite setelah Perpres disahkan.

  • Yamaha Nmax Turbo Skuter Premium 155cc dengan Inovasi Canggih

    Yamaha Nmax Turbo Skuter Premium 155cc dengan Inovasi Canggih

    Jakarta

    Yamaha Nmax Turbo hadir dengan sejumlah pembaruan yang memperkaya segmen skutik premium 155cc. Dibekali dengan mesin Blue Core generasi terbaru yang dipadukan dengan sistem VVA (Variable Valve Actuation) untuk mengurangi gesekan, Nmax Turbo menawarkan performa optimal dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

    Selain itu, Yamaha juga memperkenalkan teknologi Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT) yang menggantikan sistem CVT konvensional dengan motor dan sensor elektrik yang lebih canggih.

    Teknologi YECVT: Mode Berkendara dan Fitur Y-Shift

    Berdasarkan keterangan resmi Yamaha, keunggulan utama dari Yamaha Nmax Turbo adalah teknologi YECVT yang memungkinkan pengendara untuk mendapatkan dua mode berkendara yakni T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring).

    T-Mode dirancang untuk mobilitas harian perkotaan dengan akselerasi yang halus dan efisiensi bahan bakar yang maksimal. Sementara itu, S-Mode cocok untuk perjalanan jarak jauh atau touring, menawarkan performa dan akselerasi mesin yang lebih responsif.

    Hasil uji internal Yamaha menunjukkan bahwa dengan S-Mode, Nmax Turbo mampu berakselerasi lebih cepat dalam jarak 200 meter dibandingkan model sebelumnya, dengan selisih mencapai 9,2 meter.

    Tak hanya itu, teknologi Y-Shift pada Nmax Turbo menambah pengalaman berkendara yang menyenangkan. Dengan tiga tingkat pengoperasian-Low, Medium, dan High-Y-Shift memungkinkan pengendara untuk meningkatkan akselerasi secara instan. Fitur ini sangat berguna saat mendahului kendaraan, melintasi tanjakan, atau saat berboncengan. Y-Shift juga efektif digunakan saat menuruni jalan atau saat berbelok untuk mengurangi kecepatan secara mulus.

    Tampilan Modern dan Fitur Infotainment Canggih

    Pada sektor kokpit, Nmax Turbo menawarkan tampilan yang lebih modern dan futuristik, terutama pada varian Turbo Techmax dan Techmax Ultimate. Varian ini telah dilengkapi dengan layar TFT Infotainment Display yang memudahkan pengendara mengakses berbagai fitur seperti pemutaran musik, informasi cuaca, hingga indikator mode berkendara dan Y-Shift.

    Untuk menunjang pengalaman touring, Yamaha juga menyematkan sistem navigasi Garmin Street Cross pada Nmas Turbo. Fitur ini memungkinkan pengendara untuk mendapatkan petunjuk arah yang jelas dalam bentuk peta digital pada layar TFT Infotainment Display sehingga memudahkan pengendara menjelajahi tempat-tempat baru.

    Varian Techmax Ultimate dilengkapi dengan fitur Performance Damper, yang berfungsi untuk meningkatkan stabilitas dan handling motor serta memberikan kenyamanan lebih saat berkendara dalam berbagai kondisi .

    Dengan kombinasi mesin Blue Core terbaru, sistem VVA, dan teknologi YECVT yang inovatif, Yamaha Nmax Turbo menawarkan performa tinggi dan kenyamanan maksimal, menjadikannya pilihan sempurna bagi pengendara yang mencari skutik premium dengan teknologi mutakhir.

    (anl/ega)

  • Desain Sporty dengan Kenyamanan Berkendara

    Desain Sporty dengan Kenyamanan Berkendara

    Jakarta

    Yamaha NMAX generasi ketiga meluncur dengan desain yang tampil lebih agresif dan sporty dibandingkan sebelumnya. Varian Turbo dan Neo hadir dengan garis-garis tajam dan modern, menjadikannya pilihan ideal bagi pengendara yang menginginkan big skutik dengan desain mencolok dan berteknologi canggih.

    Tak hanya penampilan, kenyamanan dan sisi ergonomi motor juga menjadi fokus utama pada generasi baru ini, menjadikannya lebih nyaman untuk perjalanan jauh.

    Desain Agresif dan Modern

    Yamaha Nmax generasi ketiga kini tampil lebih futuristik dengan garis desain yang lebih tegas dan agresif. Bagian depan motor dilengkapi dengan dua lampu LED proyektor dan lampu sein terintegrasi yang memberikan tampilan lebih modern dan dinamis.

    Perubahan desain ini memberikan kesan sporty yang kuat, terutama pada bodi yang kini lebih ramping dan aerodinamis, serta lampu belakang yang lebih tipis dengan desain lampu sein terpisah.

    Kenyamanan Berkendara dengan Posisi Ergonomis

    Selain tampilan, Nmax terbaru juga menawarkan kenyamanan berkendara yang luar biasa. Posisi duduk yang lebih ergonomis membuat pengendara bisa merasa rileks meski berada di jalanan panjang. Jok panjang dan lebar memberikan kenyamanan ekstra, memungkinkan pengendara untuk menikmati perjalanan tanpa merasa lelah.

    Dengan desain ini, Nmax tetap cocok untuk perjalanan sehari-hari maupun perjalanan jauh.

    Teknologi Canggih dan Performa Turbo

    Dari sisi teknologi, Yamaha Nmax generasi ketiga dilengkapi dengan Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT), yang menawarkan pengalaman berkendara halus dan responsif, layaknya sensasi Turbo. Teknologi canggih ini menyempurnakan performa motor, memberikan kesan menyenangkan dalam berkendara, serta mendukung pengalaman berkendara yang lebih optimal.

    Dengan kombinasi desain sporty, kenyamanan ergonomis, dan teknologi canggih, Yamaha Nmax Turbo dan Neo menjadi pilihan sempurna bagi mereka yang mencari motor dengan performa tinggi dengan tampilan futuristik.

    (prf/ega)

  • Begini Kerja Teknologi YECVT Yamaha Nmax Turbo untuk Performa Maksimal

    Begini Kerja Teknologi YECVT Yamaha Nmax Turbo untuk Performa Maksimal

    Jakarta

    Yamaha Nmax Turbo hadir dengan teknologi baru berupa sistem CVT elektrik, yang dikenal dengan YECVT (Yamaha Electric CVT). Fitur ini memberikan kemampuan untuk memilih dua mode berkendara: T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport), serta dilengkapi dengan tombol Y-Shift untuk akselerasi dan deselerasi yang lebih responsif.

    Sistem YECVT ini menjadi yang pertama di segmen skutik MAXi 150-160cc dan menjadikannya pilihan unggul dengan performa yang lebih optimal.

    Bagaimana YECVT Bekerja?

    Berdasarkan keterangan resmi Yamaha, sistem YECVT di Yamaha Nmax Turbo menggantikan komponen roller pada pulley depan dengan motor penggerak yang dikendalikan oleh Transmission Control Unit (TCU). TCU bekerja dengan memantau sensor dari pulley primer dan sekunder, memberikannya kontrol lebih halus pada pergerakan pulley depan, yang memungkinkan pengendara untuk mempercepat putaran dengan lebih presisi. Berbeda dengan sistem CVT konvensional yang mengandalkan roller dan gaya sentrifugal, YECVT bekerja lebih responsif tanpa bergantung pada bukaan throttle gas.

    Cara Menggunakan Riding Mode

    Yamaha Nmax Turbo memungkinkan pengendara untuk memilih antara dua mode berkendara, yang dapat diatur menggunakan tombol mode di setang kiri bagian belakang.

    T-Mode (Town Commuting)

    Mode ini ideal untuk penggunaan sehari-hari di jalanan perkotaan dengan kondisi lalu lintas yang padat. Mode ini lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dan nyaman digunakan dalam keadaan stop and go.

    S-Mode (Sport)

    Mode ini memberikan performa lebih tinggi dan cocok untuk mendukung perjalanan jarak jauh, melewati tanjakan, atau saat berboncengan. Mode ini memberikan akselerasi mesin yang lebih responsif dan powerful.

    Cara Menggunakan Y-Shift untuk Akselerasi & Deselerasi

    Fitur Y-Shift yang terletak di bawah tombol klakson di setang bagian kiri memungkinkan pengendara untuk merasakan sensasi akselerasi instan, layaknya fitur turbo dengan tiga tingkatan akselerasi

    Low (1): Akselerasi rendah.

    Medium (2): Akselerasi sedang.

    High (3): Akselerasi maksimum.

    Selain untuk akselerasi, Y-Shift juga sangat bermanfaat untuk deselerasi saat menghadapi kondisi jalan menurun atau saat berbelok. Dengan mengaktifkan fitur Y-Shift, pengendara bisa menurunkan kecepatan motor secara lebih halus dan terkendali.

    Berdasarkan hasil pengujian internal Yamaha, fitur turbo pada Yamaha Nmax Turbo terbukti mampu meningkatkan akselerasi. NMAX ‘TURBO’ dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 meter dalam waktu 7,2 detik, lebih cepat dibandingkan dengan model sebelumnya yang mencatatkan waktu 7,43 detik.

    Pada jarak 200 meter, Yamaha Nmax Turbo juga mencatatkan waktu lebih cepat dengan selisih 9,2 meter dibandingkan model sebelumnya. Di tanjakan 10 derajat, Yamaha Nmax Turbo mencatatkan waktu 11,73 detik untuk 150 meter, lebih cepat 0,6 detik dibandingkan dengan model sebelumnya.

    Dengan teknologi YECVT, Yamaha Nmax Turbo tidak hanya menawarkan kenyamanan dan efisiensi bahan bakar, tetapi juga meningkatkan performa yang signifikan. Menjadikannya pilihan unggul untuk para pengendara yang mengutamakan kecepatan dan responsivitas.

    (prf/ega)

  • Gara-gara Ducati, Tahun 2012 Valentino Rossi Nyaris Pensiun dari MotoGP

    Gara-gara Ducati, Tahun 2012 Valentino Rossi Nyaris Pensiun dari MotoGP

    Jakarta

    Sahabat Valentino Rossi sekaligus bos VR46 Racing Team, Alessio Salucci, mengungkapkan fakta bahwa Rossi nyaris pensiun dari MotoGP pada 2012 karena Ducati. The Doctor disebut-sebut kehilangan gairah membalap karena motor Ducati saat itu kurang kompetitif.

    “Satu-satunya hal yang tidak berhasil bagi kami di Ducati adalah motornya,” ungkap pria yang akrab disapa Uccio, dikutip dari Motosan.

    Kata Uccio, secara tim dan suasana di paddock, sebenarnya tidak ada masalah. Ducati adalah tim yang fantastis dengan tim yang mau bekerja keras. Tapi sekali lagi, yang jadi masalah adalah motor Ducati Desmosedici saat itu kurang bisa bersaing di lintasan. Bahkan gara-gara itu, Rossi sampai mau pensiun dari MotoGP.

    Valentino Rossi dan Uccio Salucci Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images

    “Mereka (Ducati) adalah grup yang fantastis. Namun, ketika motornya tidak berhasil, itu sulit. Dan saya tidak menyembunyikannya, Valentino mengatakan kepada saya sekitar dua atau tiga kali pada pertengahan tahun 2012, bahwa dia tidak lagi memiliki keinginan (membalap di MotoGP), bahwa dia ingin berada di rumah,” sambung Uccio.

    Diketahui, Rossi membela tim pabrikan Ducati pada 2011-2012. Saat itu Rossi pindah dari Yamaha yang membesarkan namanya. Jika di Yamaha Rossi akrab dengan mentalitas juara, maka lain halnya di Ducati. Rossi mengalami kesulitan.

    Pada musim 2011 misalnya, Rossi finis di posisi ketujuh dalam kejuaraan dengan 139 poin, 211 poin di belakang sang juara Casey Stoner (Repsol Honda). Rossi juga tidak bisa memenangkan satu pun pada MotoGP 2011, dan menjadi yang pertama kali dalam karier Grand Prix-nya. Prestasi terbaik Rossi saat itu hanya finis podium tiga di Prancis.

    Selanjutnya pada musim 2012, Rossi mengakhiri musim di posisi keenam dalam kejuaraan dengan 163 poin, atau 187 poin di belakang juara Jorge Lorenzo (Yamaha). Saat itu, prestasi terbaik Rossi adalah finis kedua di Prancis dan San Marino.

    Saat kariernya terlihat bakal meredup, Yamaha menyelamatkan karier Valentino Rossi. Rossi kemudian menjadi pebalap Yamaha lagi dari tahun 2013 hingga tahun 2021. Pada debut kedua kalinya bersama Yamaha, Rossi kembali menemukan gairahnya di MotoGP, meski dia tak mampu menjadi juara dunia lagi dan mengalami kesulitan di ujung kariernya.

    (lua/rgr)

  • Yamaha Grand Filano Special Edition dengan Sokbreker Ohlins

    Yamaha Grand Filano Special Edition dengan Sokbreker Ohlins

    Di luar penampilan fisik, selebihnya spesifikasi Yamaha Grand Filano Special Edition ini sama dengan Grand Filano versi standar. Seperti mesin 125 cc hybrid yang irit dengan klaim konsumsi BBM rata-rata 62,5 km/liter, keyless, start stop system, hingga kemampuan menjalankan aplikasi Y-Connect. Foto: Dok. Yamaha Thailand