brand merek: Yamaha

  • Yamaha Luncurkan Skutik Gambot Baru, Segini Harganya

    Yamaha Luncurkan Skutik Gambot Baru, Segini Harganya

    Jakarta

    Produsen roda dua asal Jepang, Yamaha, resmi meluncurkan Yamaha X Force untuk konsumen domestik. Skuter matik (skutik) gambot tersebut mudah dikenali berkat desainnya yang agresif dan setangnya yang telanjang.

    Dilansir dari Greatbiker, Kamis (17/7), Yamaha X Force tampil sporty berkat sudut-sudut bodinya yang tajam. Motor itu punya wajah tegas dengan lampu berukuran besar dan sayap atau fairing yang dirancang mematah. Tak lupa ada windshield atau penghalang angin di posisi sentral.

    Yamaha X Froce punya panjang 1.920 mm, lebar 760 mm dan tinggi 1.120 mm. Sementara tinggi joknya 815 mm dan jarak sumbu rodanya 1.340 mm. Menariknya, jika dilihat dari samping, skutik gambot tersebut terlihat seperti ‘buntung’ berkat ekornya yang lebih pendek dari posisi roda.

    Yamaha X Force 155. Foto: Yamaha Japan

    Pabrikan membekalinya dengan mesin SOHC 155cc dengan silinder tunggal dan teknologi BlueCore berpendingin udara. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 15 dk pada 8.000 rpm dan torsi 14 Nm pada 6.500 rpm. Sementara kapasitas bahan bakarnya 6,1 liter.

    Fiturnya terbilang canggih. Yamaha X Force sudah menggunakan pencahayaan full LED, panel instrumen digital yang bisa terhubung ke ponsel melalui aplikasi Y-Connect, port pengisian daya ponsel dan ruang penyimpanan barang yang lega.

    Yamaha X Force 155. Foto: Yamaha Japan

    Bukan hanya itu, di sektor keselamatan, tunggangan tersebut sudah dilengkapi rem double cakram dengan antilock braking system (ABS) berkanal tunggal dan traction control system atau TCS. Sehingga, pengendara lebih aman saat berkendara di lintasan yang cenderung licin.

    Di Jepang, Yamaha X Force tersedia dalam empat pilihan warna, yakni hitam, putih, hijau tua dan beige. Sementara harganya 407 ribu yen atau sekira Rp 44 jutaan.

    (sfn/rgr)

  • Harga Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano Juli 2025

    Harga Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano Juli 2025

    Jakarta

    Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano bersaing di segmen skutik klasik premium. Dua skutik retro-modern buatan pabrikan Jepang tersebut bisa menjadi opsi konsumen di Indonesia. Ini harga Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano di bulan Juli 2025.

    Honda Stylo 160 bisa dipilih buat konsumen yang menginginkan skutik klasik, namun bertenaga. Ya, Stylo 160 menggunakan basis mesin yang sama dengan Vario 160 dan PCX 160. Mesin 156,9 cc, eSP+, yang digotong Stylo 160 bisa mengeluarkan tenaga 15,1 dk pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

    Honda Stylo 160 Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)

    PT Astra Honda Motor (AHM) menawarkan Stylo 160 dalam dua varian, tipe CBS (Combi Brake System) dan versi ABS (Anti-lock Braking System). Pilihlah sesuai kebutuhan.

    Harga Honda Stylo 160 on the road Jakarta:

    1. Stylo 160 CBS: Rp 28.920.000

    2. Stylo 160 ABS: Rp 31.911.000

    Yamaha Grand Filano Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    Sementara itu Yamaha Grand Filano bisa dipilih buat konsumen yang mengutamakan tampilan lebih retro. Ya, desain Grand Filano lebih mendekati desain skutik-skutik klasik buatan Eropa dengan bentuk bodi yang gendut dan lampu depan berbentuk segitiga membulat.

    Namun berbeda dengan Stylo yang membawa mesin 160 cc, Yamaha Grand Filano pakai mesin 125 cc. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 8,1 dk pada 6.500 rpm dan torsi 10,4 Nm pada 5.000 rpm. Mesin tersebut sudah dibekali teknologi hybrid yang diklaim lebih efisien bahan bakar.

    Dengan spek mesin yang lebih kecil dari Stylo 160, maka harga dari Yamaha Grand Filano Hybrid 125 pun lebih murah. Motor ini ditawarkan dalam dua tipe, yakni Neo dan Lux.

    Harga Yamaha Grand Filano Hybrid 125 on the road Jakarta:

    1. Grand Filano Hybrid 125 Neo: Rp 27.965.000

    2. Grand Filano Hybrid 125 Lux: Rp 28.445.000

    (lua/dry)

  • Spesifikasi dan Harga Yamaha MX King 2025

    Spesifikasi dan Harga Yamaha MX King 2025

    Jakarta

    Yamaha MX King kini hanya ditawarkan dalam satu varian. Berikut ini harga dan spesifikasi Yamaha MX King 2025.

    Lagi cari motor bebek bergaya sporty? Yamaha MX King 150 bisa jadi opsinya. Terlebih tampilannya juga punya karakter sebagai ‘Raja Jalanan’.

    Spesifikasi Yamaha MX King 150

    Bicara spesifikasi, belum lama ini Yamaha memberikan penyegaran pada tampilan MX King 150 lewat pilihan warna anyar dan grafis baru. Sentuhan warna baru itu hadir dalam 3 varian warna, yakni Cybercity, Silver, dan Red. Berikut ini perbedaannya.

    Yamaha masih mempercayakan mesin 150 cc fuel injection 4 valve yang dipadukan dengan transmisi 5 percepatan. Berkat perpaduan keduanya, Yamaha MX King 150 bisa menyemburkan tenaga sebesar 11,2 kW pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

    Selain itu, mesin tersebut telah dilengkapi dengan liquid cooled (berpendingin cairan) yang mampu menjaga suhu mesin tetap stabil serta Forged Piston & DiASil Cylinder. Yamaha mengklaim fitur ini membuat mesin motor menjadi tiga kali lebih awet, kuat dan ringan.

    Yamaha MX King 150 tampil dengan 3 lampu (terdiri dari 2 low beam dan 1 high beam) dengan bentuk yang tajam dan sudah mengadopsi teknologi LED. Motor bebek sport ini juga telah dilengkapi dengan fitur hazard lamp yang berfungsi sebagai tanda ketika pengendara mengalami kondisi darurat.

    Berlanjut ke area kaki-kaki, Yamaha MX King 150 menggunakan perpaduan ban tubeless lebar (F: 90/80-17 dan R: 120/70-17) dengan velg berukuran 17 inch yang terdapat pada bagian kaki-kaki motor, tidak hanya menciptakan rasa berkendara yang lebih stabil tetapi turut membuat tampilan motor menjadi terlihat gagah. Juga telah dilengkapi dengan double disc brake sehingga mampu meningkatkan sistem pengereman menjadi semakin optimal.

    Harga Yamaha MX King Tahun 2025

    Saat ini, hanya ada satu varian Yamaha MX King 150 yang tersaji untuk pasar Indonesia. Motor bebek itu dibanderol Rp 27,325 juta untuk OTR Jakarta.

    (dry/rgr)

  • Ada Pebalap MotoGP yang Nggak Mau Start Terdepan, Siapa Ya?

    Ada Pebalap MotoGP yang Nggak Mau Start Terdepan, Siapa Ya?

    Jakarta

    Umumnya, pebalap MotoGP akan berlomba-lomba di sesi kualifikasi untuk mengamankan posisi terdepan atau pole position. Sebab, kondisi tersebut lebih memudahkan mereka meraih kemenangan.

    Menariknya, ada pebalap yang justru tak mau mengawali perlombaan dari depan. Dia merupakan rider Yamaha asal Prancis, yakni Fabio Quartararo. Kira-kira apa alasannya, ya?

    Disitat dari Crash, Senin (14/7), Quartararo sadar performa motor Yamaha tak mampu bersaing dengan motor-motor lain, terutama dari pabrikan Eropa. Ketika start pertama atau pole position, dia tahu tak akan mampu mempertahankan posisinya hingga finis.

    Fabio Quartararo tak suka start dari urutan terdepan. Foto: AFP/LLUIS GENE

    Itulah mengapa, ketimbang ‘terlihat jomplang’, pebalap 27 tahun itu memilih start agak ke belakang. Kondisi tersebut juga membuat gairahnya dalam membalap rider lain meningkat.

    “Meraih pole position itu bagus karena membantu balapan. Tapi saya justru lebih suka tak start dari posisi itu, karena pada akhirnya saya tidak memiliki potensi apa pun dalam balapan. Cengkeramannya sangat rendah,” ujar Quartararo.

    Musim ini, Quartararo sudah empat kali meraih pole position. Namun, tak satu pun dari keempatnya yang berakhir kemenangan.

    “Itu memberi harapan. Tapi, pada akhirnya, Anda tahu bahwa Anda tidak akan berada di depan,” ungkapnya.

    Menariknya, Quartararo justru tampil lebih lepas ketika memulainya tak dari urutan terdepan. Bahkan, dia beberapa kali meraih podium atau peringkat keempat. Hal ini yang membuatnya tak terlalu suka pole position.

    “Mendapatkan pole position itu luar biasa, ada kebahagiaan dalam tim. Tapi kami senang karena tahu bahwa kami akan sangat kesulitan mempertahankan posisi. Itu selalu menjadi hal tersulit (saat balapan) musim ini,” kata dia.

    (sfn/rgr)

  • Inikah Motor Gambot Suzuki Penantang PCX-NMax?

    Inikah Motor Gambot Suzuki Penantang PCX-NMax?

    Jakarta – Produsen roda dua asal Jepang, Suzuki, tak mau diam saja melihat dominasi Honda PCX dan Yamaha NMax di pasar motor gambot dunia. Itulah mengapa, mereka menyiapkan produk baru untuk menantang kedua kendaraan tersebut. Bagaimana bocorannya?

    Disitat dari Greatbiker, Senin (14/7), skutik gambot tersebut merupakan Suzuki Burgman 150. Kemunculan kendaraan itu telah dibahas sejak lama, minimal sejak satu-dua tahun terakhir.

    Suzuki Burgman 150 akan diposisikan sebagai ‘kakak kandung’ Suzuki Burgman 125. Meski belum ada pengumuman resmi, namun skutik tersebut konon menggunakan platform atau basis milik Haojue UHR150 asal China. Sebelumnya, Suzuki-Haojue telah mengerjakan proyek bersama melalui Inazuma 250.

    Render Suzuki Burgman 150. Foto: Doc. Greatbiker

    Jika benar menggunakan basis UHR150, maka Burgman 150 akan tampil dengan desain serba tajam. Kendaraan tersebut agresif dan sangar di bagian depan, kemudian sporty di area belakang. Burgman 150 kemungkinan besar menjadi skutik gambot terkompak di kelasnya.

    Sumber yang sama menyebut, pabrikan membekali kendaraan dengan sejumlah fitur standar, mulai dari pencahayaan full LED, start stop system (SSS), rem double cakram dengan antilock braking system (ABS) berkanal tunggal, smart key system, panel instrumen full digital, bagasi lebar dan masih banyak lagi.

    Render Suzuki Burgman 150. Foto: Doc. Greatbiker

    Dari segi performa, Burgman 150 diperkirakan menggunakan mesin SOHC 149cc satu silinder dengan pembakaran injeksi yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 14,4 dk pada 8.500 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Spesifikasi itu dirasa sudah cukup untuk motor perkotaan.

    Sejauh ini, semua informasi seputar Burgman 150 masih sebatas perkiraan dan prediksi. Namun, jika kelak benar-benar diluncurkan, mampukah motor tersebut menyaingi dominasi Yamaha NMax dan Honda PCX?

    (sfn/rgr)

  • Saling Kupas Fitur Canggih Yamaha Nmax Turbo

    Saling Kupas Fitur Canggih Yamaha Nmax Turbo

    Saling Kupas Fitur Canggih Yamaha Nmax Turbo

  • Sensasi Mengendarai Yamaha Nmax Turbo di Mata Lady Bikers

    Sensasi Mengendarai Yamaha Nmax Turbo di Mata Lady Bikers

    Jakarta

    Alicia Dellida menjadi salah satu lady bikers yang berpartisipasi dalam kegiatan ‘Riding Premium Bareng Yamaha Nmax’ di Jakarta, Minggu (13/7/2025). Perempuan asal Bekasi itu pun menjelaskan sensasi berkendara di atas skutik premium, Yamaha Nmax Turbo.

    Sebanyak 15 bikers terpilih diberi kesempatan merasakan riding menggunakan motor matic terbaru Yamaha Nmax Turbo. Tak hanya diikuti oleh bikers pria, agenda ini juga diikuti beberapa bikers wanita, salah satunya adalah Alicia Dellida.

    “Kebetulan saya juga pengguna aktif Nmax, saya pakai Nmax yang All New (generasi kedua). Jadi di kesempatan ini, first time nyobain Nmax Turbo,” ungkap Alicia ditemui di lokasi acara.

    Sebanyak 15 bikers menjajal kecanggihan teknologi Yamaha Nmax Turbo. Dalam acara bertajuk ‘Riding Premium Bareng Yamaha Nmax’ para bikers berkeliling Jakarta menjajal kecanggihan matic tersebut, Minggu (13/7/2025). Foto: Andhika Prasetia/detikcom

    Menurut Alicia, Nmax Turbo memiliki sensasi lebih gesit dan lincah dibandingkan All New Nmax yang dia kendarai sehari-hari. “Ini lebih enteng, lebih nyaman. Aku juga coba Y-Shift tingkatan yang pertama (low) dan itu benar-benar berasa kayak kita pakai NOS ya,” sambung Alicia.

    Aspek lain yang juga mencuri perhatian Alicia adalah desain Nmax Turbo yang dipandang lebih ramping dan agresif. “Nmax Turbo lebih ramping, lebih kecil, beda sama All New punya saya yang lebih cenderung lebar desainnya,” ungkap perempuan dengan tinggi 168 cm tersebut.

    Branding & Promotion Manager PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) Erica Puspasari Foto: Andhika Prasetia/detikOto

    Menurut Branding & Promotion Manager PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) Erica Puspasari, Yamaha Nmax memang cocok juga digunakan oleh kaum wanita, terlepas image Nmax yang selama ini kental sebagai kendaraan pria.

    “Mungkin Nmax ini matic yang secara body size itu besar. Tapi kalau teman-teman lihat (di jalanan), cewek-cewek juga banyak lho yang pakai Nmax. Dan terbukti juga ketika kita open ke umum, siapa sih yang mau beli Nmax dan merasakan sensasi berkendara Nmax, ternyata juga banyak cewek-cewek yang mau. Jadi Nmax bukan khusus untuk pria saja, tapi untuk perempuan juga misalnya memang membutuhkan kenyamanan berkendara dan sensasi berkendara dengan rasa bangga, cocok-cocok juga pakai Nmax,” bilang Erica.

    Sebanyak 15 bikers menjajal kecanggihan teknologi Yamaha Nmax Turbo. Dalam acara bertajuk ‘Riding Premium Bareng Yamaha Nmax’ para bikers berkeliling Jakarta menjajal kecanggihan matic tersebut, Minggu (13/7/2025). Foto: Andhika Prasetia/detikcom

    Diberitakan sebelumnya, sebanyak 15 bikers terpilih untuk merasakan riding menggunakan motor matic terbaru Yamaha, Nmax Turbo di sekitar Jakarta, Minggu (13/7/2025).

    Adapun perjalanan riding ini menempuh jarak sekitar 20 km dengan lama waktu perjalanan 1,5 jam. Rutenya dari Yamaha Flagship Shop Cempaka Putih, melewati Lapangan Banteng, Monas, Bunderan HI, Taman Suropati, Dr. Satrio, Sudirman, dan finis di Aroem Resto & Cafe Jakarta, Gambir.

    “Jadi untuk aktivitas hari ini, selain untuk pengguna Nmax, kita juga mau memberi kesempatan ke masyarakat umum supaya mereka bisa merasakan sensasi mengendarai Nmax. Experience itu yang ingin kita berikan kepada orang-orang yang tertarik membeli Nmax, tapi belum punya kesempatan mencobanya,” tambah Erica.

    Aktivitas ‘Riding Premium Bareng Yamaha Nmax’ ini kemudian dipungkasi dengan kegiatan makan malam dan diskusi atau sharing session bersama tim Yamaha Indonesia dan penulis sekaligus automotive enthusiast Alitt Susanto.

    (lua/din)

  • Yamaha Nmax Turbo Ibarat Dua Motor Digabung Jadi Satu, Kok Bisa?

    Yamaha Nmax Turbo Ibarat Dua Motor Digabung Jadi Satu, Kok Bisa?

    Jakarta

    Automotive enthusiast Alitt Susanto menilai Yamaha Nmax Turbo ibarat dua motor yang digabung menjadi satu. Soalnya Nmax Turbo memiliki fitur mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dipakai buat macet-macetan oke, buat gaspol saat jalanan kosong pun enak.

    “Jadi berasa naik dua motor dalam satu bentuk, bisa mengakomodir kebutuhan gue untuk daily ride,” ungkap Alitt dalam agenda sharing session “MAXClusive The Premium Ride” di Jakarta, Minggu (13/7/2025).

    Sebagai informasi, Yamaha Nmax Turbo memiliki dua pilihan berkendara, yaitu T-Mode dan S-Mode yang dapat dioperasikan dengan menekan tombol Mode yang terletak pada bagian depan stang kemudi kiri.

    Alitt Susanto Foto: Andhika Prasetia/detikOto

    T-Mode memiliki karakter berkendara yang lebih smooth, sementara S-Mode membuat feeling akselerasi berkendara jadi lebih agresif. Adapun ketika pengguna memindah mode dari T ke S saat sedang berkendara konstan, maka rpm motor akan naik 500-1.000 rpm.

    Sementara tombol Y-Shift dapat digunakan oleh pengendara untuk melakukan akselerasi ataupun deselerasi secara lebih cepat dengan menekan tombol Shift yang terletak pada bagian bawah stang kemudi kiri.

    “Nmax Turbo dari yang gue cobain–dan memang kadang gue juga pakai motor yang mesinnya kapasitas lebih gede, torsinya lebih gede juga–cuma ya itu kekurangan dari motor torsi gede itu adalah ketika digunakan untuk riding dalam kota, di mana bukannya nyaman malah capek, karena tarikan awal suka nyentak-nyentak,” bilang Alitt.

    “Nah, dengan mode riding Town yang ada di Nmax Turbo, hal itu bisa gue eliminasi (hilangkan). Terus nanti kalau jalanannya udah lengang, gue pakai mode sport,” tambah bikers yang juga penulis buku berjudul ‘Shitlicious’ tersebut.

    Branding & Promotion Manager PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) Erica Puspasari Foto: Andhika Prasetia/detikOto

    Diberitakan sebelumnya, sebanyak 15 bikers terpilih untuk merasakan riding menggunakan motor matic terbaru Yamaha, Nmax Turbo di area Jakarta, Minggu (13/7/2025).

    Adapun perjalanan riding ini menempuh jarak sekitar 20 km dengan lama waktu perjalanan 1,5 jam. Rutenya dari Yamaha Flagship Shop Cempaka Putih, lewati Lapangan Banteng, Monas, Bunderan HI, Taman Suropati, Dr.Satrio, Sudirman, dan finis di Aroem Resto & Cafe Jakarta, Gambir.

    “Jadi untuk aktivitas hari ini, selain untuk pengguna Nmax, kita juga mau memberi kesempatan ke masyarakat umum supaya mereka bisa merasakan sensasi mengendarai Nmax. Experience itu yang ingin kita berikan kepada orang-orang yang tertarik membeli Nmax, tapi belum punya kesempatan mencobanya,” bilang Branding & Promotion Manager PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) Erica Puspasari.

    Aktivitas “MAXClusive The Premium Ride” ini kemudian dipungkasi dengan kegiatan makan malam dan diskusi atau sharing session bersama tim Yamaha Indonesia dan penulis sekaligus automotive enthusiast Alitt Susanto.

    Sebanyak 15 bikers menjajal kecanggihan teknologi Yamaha Nmax Turbo. Dalam acara bertajuk “MAXClusive The Premium Ride” para bikers berkeliling Jakarta menjajal kecanggihan matic tersebut, Minggu (13/7/2025). Foto: Andhika Prasetia/detikcom

    (lua/din)

  • Menjajal Kecanggihan Yamaha NMAX Turbo Keliling Jakarta

    Menjajal Kecanggihan Yamaha NMAX Turbo Keliling Jakarta

    Foto Oto

    Andhika Prasetia – detikOto

    Minggu, 13 Jul 2025 20:52 WIB

    Jakarta – Sebanyak 15 bikers menjajal kecanggihan teknologi Yamaha Nmax Turbo. Dalam acara bertajuk “MAXClusive The Premium Ride” para bikers berkeliling Jakarta.

  • Belasan Bikers Jajal Kecanggihan Yamaha Nmax Turbo Keliling Jakarta

    Belasan Bikers Jajal Kecanggihan Yamaha Nmax Turbo Keliling Jakarta

    Jakarta

    Sebanyak 15 bikers terpilih berkesempatan menjajal kecanggihan teknologi Yamaha Nmax Turbo. Dalam acara bertajuk ‘Riding Premium Bareng Yamaha Nmax’ para bikers berkendara santai dengan Yamaha Nmax Turbo dengan rute dari Yamaha Flagship Shop di Cempaka Putih, menuju Aroem Resto & Cafe Jakarta di Gambir.

    Dari 500 bikers, 15 bikers terpilih untuk merasakan riding menggunakan motor matic terbaru Yamaha, Nmax Turbo di Jakarta, Minggu (13/7/2025). Ke-15 bikers tersebut antara lain Anjar Prio R., Alvin Ardian Pratama, Feri Hermawan, Heru Prasetya, Muhammad Ihsan, Moch Hakiim, dan Bayu Liem.

    Kemudian masih ada Wahyu Diah Nurcahyo, Qurratun Nada Syafnawati, Muhammad Fayed Rizky, Rahman, Riki Alpiyanto, Rachma, Alicia Dellida, dan Bella Ramadani.

    Sebelum memulai perjalanan, para bikers mendapatkan penjelasan terkait safety riding, juga penjelasan mengenai fitur dan teknologi yang ada di Yamaha Nmax Turbo. Briefing ini dipimpin langsung oleh Kepala Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Arief Muthia.

    Riding Premium Bareng Yamaha Nmax Foto: Andhika Prasetia

    Setelah prosesi briefing selesai, para peserta ‘Riding Premium Bareng Yamaha Nmax’ kemudian diarahkan menggunakan safety gear yang lengkap, dari jaket, helm, hingga gloves alias sarung tangan. Para peserta kemudian diberi pemahaman lagi dan diajari cara menggunakan fitur Y-Shift di Yamaha Nmax Turbo.

    Adapun perjalanan riding ini menempuh jarak sekitar 20 km dengan lama waktu perjalanan 1,5 jam. Rute yang dilewati dari Cempaka Putih, Lapangan Banteng, Monas, Bunderan HI, Taman Suropati, dr. Satrio, Sudirman, dan finis di Aroem Resto & Cafe Jakarta, Gambir.

    Riding Premium Bareng Yamaha Nmax Foto: Andhika Prasetia

    Para peserta juga berpose di sejumlah ikon Kota Jakarta, seperti di depan Monas dan di depan Taman Suropati.

    Riding Premium Bareng Yamaha Nmax Foto: Andhika Prasetia

    Sebagian besar rute yang dilewati kondisi lalu lintasnya padat merayap. Meski begitu, para peserta tampak menikmati berkendara di atas Yamaha Nmax Turbo yang dibekali banyak teknologi canggih.

    Aktivitas ‘Riding Premium Bareng Yamaha Nmax’ ini kemudian dipungkasi dengan kegiatan makan malam dan diskusi atau sharing session bersama Branding & Promotion Manager at PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. Erica Puspasari dan penulis sekaligus automotive enthusiast Alitt Susanto.

    (lua/riar)