brand merek: Yamaha

  • Gokil! Motor Bebek Petualang Yamaha PG-1 Bakal Disuntik Mesin 155 cc VVA

    Gokil! Motor Bebek Petualang Yamaha PG-1 Bakal Disuntik Mesin 155 cc VVA

    Jakarta

    Yamaha dikabarkan tengah menyiapkan versi terbaru dari motor bebek petualang mini mereka, PG-1, yang bakal hadir dengan mesin lebih bertenaga. Rumor ini berembus kencang setelah PG-1 sukses memikat pasar Asia, termasuk Thailand, Vietnam, dan Filipina, berkat desain retronya yang disebut-sebut mirip Honda CT125 Hunter Cub.

    Mengutip situs Young Machine, beredar kabar Yamaha tengah menggarap varian baru bernama PG-155 bermesin 155 cc lengkap dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA).

    Yamaha PG-1 Foto: Dok. Yamaha

    Sekadar informasi, saat ini PG-1 dipasarkan dengan mesin berkapasitas 113,7 cc berkarburator, yang cocok untuk penggunaan harian dan jalur semi-offroad. Namun, para penggemar motor ini di Jepang dan Asia rupanya menginginkan versi yang lebih bertenaga untuk mendukung perjalanan jarak jauh.

    Yamaha disebut-sebut akan mengadopsi mesin 155 cc berpendingin cairan yang digunakan pada YZF-R15. Mesin tersebut dikenal responsif dengan teknologi VVA dan bisa menyemburkan tenaga sekitar 19 dk dengan kecepatan puncak diperkirakan menembus 120 km/jam.

    Mesin baru ini bukan hanya menjanjikan tenaga lebih besar, tetapi juga diklaim memenuhi standar emisi Jepang dan Eropa. Hal ini membuat PG-155 berpotensi jadi motor bebek petualang dengan performa mumpuni namun tetap ramah lingkungan.

    Yamaha YZF-R15 Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    Secara desain, PG-155 kabarnya tetap mempertahankan ciri khas PG-1 dengan bodi nuansa retro yang simpel namun tangguh. Rangkanya dirancang kokoh dengan ground clearance tinggi dan posisi berkendara nyaman untuk melibas jalur aspal maupun jalan tanah.

    Dengan sokongan mesin 155 cc, motor ini digadang-gadang mampu menawarkan pengalaman touring yang lebih menyenangkan bagi pengendara yang ingin mengendarai motor bernuansa klasik, namun tetap bertenaga.

    Meski Yamaha belum memberikan konfirmasi resmi, rumor ini makin santer karena tingginya permintaan dari para pecinta motor bebek petualang di Asia, terutama Jepang. Jika benar terwujud, PG-155 diperkirakan akan mengalami beberapa penyesuaian teknis, mulai dari penguatan rangka, perubahan sistem transmisi, hingga penambahan radiator untuk mendukung sistem pendingin cairan.

    (lua/rgr)

  • Honda Juara Suzuka 8 Hours 2025, Zarco dan Takahashi Tampil Luar Biasa

    Honda Juara Suzuka 8 Hours 2025, Zarco dan Takahashi Tampil Luar Biasa

    Jakarta

    Tim balap Honda HRC kembali membuktikan dominasinya di ajang balap ketahanan bergengsi Suzuka 8 Hours. Tim balap Honda berhasil meraih kemenangan keempat secara beruntun, sekaligus menambah koleksi trofi mereka menjadi 31 di sepanjang sejarah penyelenggaraan balapan legendaris ini. Johann Zarco tampil luar biasa bersama rekan setimnya, Takumi Takahashi, membawa Honda menduduki podium teratas meski hanya turun dengan dua pebalap.

    Suzuka 8 Hours digelar di Sirkuit Suzuka, Mie, Jepang, Minggu (3/8/2025), berlangsung dalam cuaca panas yang menguras stamina para pebalap. Honda sempat menghadapi tantangan sejak awal pekan setelah Xavi Vierge, yang seharusnya menjadi pebalap ketiga, tidak bisa ikut bertanding karena kendala dokumen perjalanan. Alhasil, Zarco dan Takahashi harus berbagi tugas selama delapan jam penuh, tanpa pelapis tambahan.

    Johann Zarco dan Takumi Takahashi juara Suzuka 8 Hours 2025 Foto: Dok. Honda Racing Corporation (HRC)

    Meski hanya diperkuat dua pebalap, Honda tampil trengginas sejak sesi kualifikasi. Pebalap gaek, Zarco, bahkan catatkan pole position dengan waktu tercepat 2 menit 04,290 detik, mengalahkan Andrea Locatelli dari Yamaha. Saat balapan dimulai, Takahashi langsung memimpin, sebelum Zarco mengambil alih dan memperlebar jarak dengan rival utama mereka, Yamaha #21, yang diperkuat rider Australia, Jack Miller.

    Dua kali kemunculan safety car sempat memangkas selisih waktu, tetapi strategi pit stop dan konsistensi kecepatan Honda bikin mereka mampu menjaga keunggulan. Setelah delapan jam penuh drama, Honda menyentuh garis finis pada lap ke-217, unggul 34 detik atas Yamaha. Tim Suzuki Yoshimura melengkapi podium di posisi ketiga dengan selisih satu lap.

    Kemenangan ini menjadi yang ketujuh bagi Takumi Takahashi di Suzuka 8 Hours, menjadikannya salah satu pebalap tersukses dalam sejarah ajang ketahanan ini. Sementara bagi Johann Zarco, kemenangan kali ini memperpanjang catatan impresifnya menjadi dua kali beruntun sejak debutnya di Suzuka tahun lalu. Zarco mengakui bahwa balapan kali ini sangat melelahkan karena minimnya waktu pemulihan di setiap stint, mengingat hanya ada dua pebalap yang bertugas.

    Meski banyak kekurangan, performa luar biasa keduanya membawa Honda kembali mengibarkan bendera kemenangan di rumah sendiri. Dengan hasil ini, Honda semakin menegaskan status sebagai raja Suzuka 8 Hours. Zarco dan Takahashi pun optimistis bisa kembali bertarung tahun depan, dengan formasi lengkap tiga pebalap, untuk menjaga tradisi kemenangan Honda di ajang balap ketahanan paling bergengsi di dunia ini.

    (lua/din)

  • Geber MAXimal! Yamaha NMAX TURBO Tuntaskan Touring di Lombok & Sumbawa

    Geber MAXimal! Yamaha NMAX TURBO Tuntaskan Touring di Lombok & Sumbawa

    Jakarta

    Deretan skutik MAXi Yamaha terus menghadirkan kejutan sepanjang tahun, seperti NMAX Experience: Ride A Decade, MAXi Yamaha Day, Gathering Team Aerox (GTA). Kemudian, salah satu yang terbaru adalah kegiatan bertajuk MAXi Yamaha “TURBO” Experience yang digelar pada 23-24 Juli 2025.

    Dalam event ini, Yamaha mengajak awak media dan blogger untuk touring menjelajah Pulau Lombok dan Sumbawa sambil merasakan langsung performa Yamaha NMAX “TURBO”. Tak hanya disuguhi keindahan alam seperti sunrise dari Bukit Mantar, pemandangan Gunung Rinjani, dan udara sejuk Sembalun, para peserta juga diajak menjajal kemampuan NMAX “TURBO” menaklukkan berbagai kondisi jalan yang menantang.

    “Event MAXi Yamaha ‘TURBO’ Experience menjadi salah satu cara spesial dari kami untuk terus memperkuat image dan spirit NMAX ‘TURBO’ sebagai first class premium skutik masa kini. Dalam event ini, kami secara spesial mengundang rekan-rekan media dan blogger untuk tidak hanya merasakan langsung performa teknologi dan fitur pada motor yang sudah canggih selama touring, namun juga memahami mengapa motor ini layak diposisikan sebagai premium skutik yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan di level tertinggi. Semoga melalui event ini kami dapat terus konsisten untuk selalu berada di depan dalam menghadirkan produk-produk berkualitas serta excitement yang utuh kepada pelanggan setia,” ujar Chief Yamaha Area Teritori IV (Jawa Timur, NTT, dan NTB), Larry Asnan dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/8/2025).

    Perjalanan dimulai dari Sentral Yamaha Lombok pada pagi hari (23/7). Rombongan lalu bergerak menuju Pelabuhan Kayangan dan menyeberang ke Pulau Sumbawa. Setelah menempuh sekitar 150 km, etape pertama selesai di dealer Yamaha Surya Utama Perkasa, Sumbawa.

    Pada hari kedua (24/7), peserta kembali ke Pulau Lombok dengan jarak tempuh lebih dari 250 km. Perjalanan dimulai sejak dini hari agar peserta bisa menikmati sunrise dari Bukit Mantar, yang dikenal sebagai ‘Negeri di Atas Awan’. Jalur menuju bukit yang bergelombang, menanjak, dan berbatu sukses dilalui berkat fitur Traction Control System (TCS) pada NMAX “TURBO” yang mengurangi risiko selip dan menjaga akselerasi tetap stabil. Dual channel ABS juga memberi kualitas pengereman yang lebih aman dan presisi.

    Touring NMAX Turbo Foto: dok. Yamaha

    Setelah puas menikmati pemandangan sunrise dan membuat konten bersama motor masing-masing, peserta melanjutkan perjalanan menuju Sembalun. Jalur pegunungan dengan tikungan, tanjakan, dan turunan curam dilewati tanpa hambatan. Fitur performance damper memberikan kestabilan handling, sedangkan teknologi Y-Shift mendukung akselerasi dan deselerasi agresif di kondisi jalan yang tidak rata.

    Touring NMAX Turbo Foto: dok. Yamaha

    “Menurut saya acaranya sangat menarik, karena ini kali pertama saya bisa coba langsung NMAX ‘TURBO’, sekaligus diajak eksplor ke berbagai wilayah dengan kondisi jalan yang menantang mulai dari Lombok, Sumbawa, Bukit Mantar, Sembalun, dan kembali lagi ke Lombok tepatnya di Sirkuit Mandalika. Sepanjang perjalanan, motor ini memang enak banget dan saya merasa dapat handling yang mantap buat nikung, berkelok, maupun saat menurun dan menanjak. Y-Shift itu sih yang bikin jadi asyik. Terima kasih Yamaha untuk kesempatannya,” ujar Majid, salah satu peserta touring.

    Untuk informasi lebih lanjut terkait produk, event, dan aktivitas seru dari MAXi Yamaha, kunjungi website resmi Yamaha Indonesia di https://www.yamaha-motor.co.id/ atau dealer Yamaha terdekat di kota Anda.

    (prf/ega)

  • Daftar Pebalap MotoGP Paling Sering Jatuh di Paruh Pertama 2025

    Daftar Pebalap MotoGP Paling Sering Jatuh di Paruh Pertama 2025

    Jakarta

    MotoGP 2025 telah memasuki paruh musim. Para pebalap telah menjalani 24 kali race, termasuk balapan pendek atau sprint race. Lantas, sepanjang itu, siapa rider yang paling sering jatuh?

    Selama 24 race pertama musim ini, total ada 185 kecelakaan di MotoGP. Menariknya, Ducati menjadi penyumbang terbesar dengan 51 kali kecelakaan. Mereka berada di atas Honda dan Aprilia yang tak sampai 40 kali kecelakaan.

    Di luar dugaan, Yamaha menjadi tim yang paling jarang jatuh di MotoGP 2025. Hingga pertengahan musim, mereka hanya 29 kali jatuh.

    Daftar pebalap paling sering jatuh di paruh musim MotoGP 2025. Foto: Doc. MotoGP

    Meski Ducati menjadi tim paling sering jatuh, namun bukan pebalap mereka yang memuncaki daftar tersebut. Menurut laporan terbaru MotoGP, dikutip Sabtu (2/8), dua pebalap Honda, yakni Joan Mir dan Johann Zarco menjadi rider yang paling sering kecelakaan di kejuaraan musim ini.

    Keduanya sama-sama jatuh 15 kali. Sementara Alex Marquez sebagai pebalap Ducati menempati urutan ketiga dengan 13 kali jatuh. Uniknya, murid sekaligus adik Valentino Rossi, Luca Marini menjadi satu-satunya pebalap yang tak pernah crash musim ini.

    Berikut Daftar Pebalap Paling Sering Jatuh di Paruh Musim MotoGP 2025Joan Mir, Honda: 15 kaliJohann Zarco, Honda: 15 kaliAlex Marquez, Ducati: 13 kaliBrad Binder, KTM: 13 kaliFranco Morbidelli, Ducati: 12 kaliMarco Bezzecchi, Aprilia: 12 kaliJack Miller, Yamaha: 12 kaliAi Ogura, Aprilia: 11 kaliPedro Acosta, KTM: 9 kaliFermín Aldeguer, Ducati: 9 kaliMarc Marquez, Ducati: 8 kaliFabio Quartararo, Yamaha: 7 kaliPecco Bagnaia, Ducati: 6 kaliEnea Bastianini, KTM: 6 kaliRaul Fernandez, Aprilia: 6 kaliSomkiat Chantra, Honda: 5 kaliLorenzo Savadori, Aprilia: 5 kaliMaverick Vinales, KTM: 4 kaliAugusto Fernandez, Yamaha: 4 kaliAlex Rins, Yamaha: 3 kaliFabio Di Giannantonio, Ducati: 3 kaliMiguel Oliveira, Yamaha: 3 kaliAleix Espargaro, Honda: 2 kaliJorge Martin, Aprilia: 1 kaliTakaaki Nakagami, Honda : 1 kaliLuca Marini, Honda: 0 kali.

    (sfn/dry)

  • Puncak Malino Jadi Saksi Kebersamaan Ribuan Bikers di MAXi Yamaha Day 2025!

    Puncak Malino Jadi Saksi Kebersamaan Ribuan Bikers di MAXi Yamaha Day 2025!

    Jakarta

    Rangkaian MAXi Yamaha Day 2025 terus berlanjut dan makin meriah. Setelah sukses digelar di Kudus dan Pontianak, akhir pekan lalu (19/7), giliran Makassar yang menjadi tuan rumah. Bertempat di Taman Pinus, Puncak Malino, Sulawesi Selatan, ribuan biker dari berbagai wilayah ikut ambil bagian dalam event akbar tahunan ini.

    Mengusung tema ‘Ride A Decade’ untuk memperingati satu dekade hadirnya keluarga MAXi Yamaha, para pengguna skutik seperti LEXi, AEROX, NMAX, hingga XMAX turut memeriahkan acara lewat touring seru menuju kawasan wisata dataran tinggi yang ikonik itu. Total lebih dari 1.000 biker terlibat, bahkan Wakil Bupati Gowa, Darmawangsyah Muin, turut melepas rombongan dan ikut riding menggunakan Yamaha XMAX.

    MAXi Yamaha Day 2025 Foto: dok. Yamaha

    “Sejak pertama kali hadir pada tahun 2015, skutik premium MAXi Yamaha memang telah menjadi produk yang paling laris dan diminati oleh konsumen di Sulawesi Selatan. Maka tidak heran jika event MAXi Yamaha Day yang merupakan momen lebarannya konsumen dan komunitas MAXi ini mendapat antusiasme yang sangat tinggi. Terbukti dari tahun ke tahun, peserta MAXi Yamaha Day di Sulawesi Selatan selalu tembus lebih dari seribu biker, bahkan di tahun ini, jika digabung dengan Masyarakat umum yang datang ke venue, jumlahnya bisa mencapai tiga ribu orang. Ini tentu menjadi bukti bahwa skutik MAXi Yamaha yang dipelopori oleh NMAX telah menjadi salah satu dream bike serta simbol kebanggaan maupun gaya hidup bagi biker di Sulawesi,” ujar Frengky J. Tunandar, General Manager Sales & Marketing PT Suraco Jaya Abadi Motor (SJAM), main dealer Yamaha untuk wilayah Sulselbar dalam keterangan tertulis, Kamis (31/7/2025).

    Acara dibuka dengan touring dari dua titik keberangkatan: SJAM Daya (Maros) dan SJAM Panciro (Gowa). Dari sana, peserta riding bersama menuju Taman Pinus di Puncak Malino. Jalur yang menantang dengan panorama indah khas pegunungan membuat pengalaman berkendara jadi makin berkesan.

    MAXi Yamaha Day 2025 Foto: dok. Yamaha

    Beberapa peserta juga terlihat menjajal Yamaha NMAX “TURBO” yang dibekali teknologi YECVT. Fitur seperti Riding Mode dan Y-Shift terbukti membantu pengendara saat melibas tanjakan dan turunan, terutama di kontur menanjak seperti di Malino.

    Suasana makin meriah berkat kehadiran penampilan spesial dari musisi lokal seperti Ridwan Sau, Flowers Band, dan DJ Irvi Prada. Tak hanya itu, MAXi Yamaha Day Makassar tahun ini juga bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-50 PT SJAM, menjadikannya momen istimewa. Berbagai games seru dengan hadiah menarik seperti iPhone dan elektronik lainnya dibagikan ke peserta beruntung.

    “Acara MAXi Yamaha Day tahun ini bisa dibilang seru banget, karena dari segi biker dan peserta yang memadati venue memang lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Program, games dan hadiah-hadiah yang diberikan juga lebih berlimpah karena bertepatan dengan banyak momen penting, seperti satu dekade NMAX dan 50 tahun SJAM. Saya selaku komunitas sangat mengapresiasi event yang diselenggarakan Yamaha ini, karena secara konsisten terus dilakukan untuk memfasilitasi kami berkumpul dan touring dengan sesama member komunitas,” tutur Zulham, perwakilan komunitas MAXi Yamaha yang hadir di acara.

    Selanjutnya, MAXi Yamaha Day 2025 akan menyambangi kota Malang, Jawa Timur, pada akhir Juli. Untuk informasi lebih lanjut, ikuti terus akun resmi @yamahaindonesia. Info produk lengkap tersedia di laman www.yamaha-motor.co.id.

    (prf/ega)

  • Polisi tangkap komplotan begal sepeda motor di Kabupaten Bekasi

    Polisi tangkap komplotan begal sepeda motor di Kabupaten Bekasi

    Jakarta (ANTARA) – Pihak kepolisian menangkap komplotan pelaku begal sepeda motor sebanyak empat orang di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (30/7).

    “Kejadian pembegalan tersebut terjadi pada Sabtu (26/7) dengan para pelaku berinisial J (41), N (32), R (36) dan RZ (35),” kata Kapolsek Cikarang Pusat, AKP Elia Umboh dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

    Kronologi tersebut berawal pada Sabtu (26/7) sekira pukul 11.00 WIB, ketika korban berinisial IR (25) mengendarai sepeda motor Yamaha R15 di Jalan Inpeksi Kali Malang, Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi.

    “Namun, di tengah jalan (TKP) diberhentikan oleh empat orang dengan menggunakan dua sepeda motor,” katanya.

    Kemudian, salah satu orang dari mereka yang berbadan besar menanyakan soal kendaraan yang menunggak. Pelapor (korban) menanyakan surat tugas namun pelapor didorong oleh orang tersebut.

    “Selanjutnya empat orang tersebut meminta STNK sepeda motor dan selanjutnya mengambil sepeda motor korban,” ujarnya.

    Setelah kejadian tersebut pelapor langsung melaporkan ke Polsek Cikarang Pusat.

    “Untuk barang bukti yang disita dua sepeda motor dan empat ponsel, selanjutnya empat orang tersebut di bawa ke Polsek Cikarang Pusat,” ucapnya.

    Pewarta: Ilham Kausar
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Dulu Musuhan, Sekarang Lorenzo Puji Rossi Habis-habisan

    Dulu Musuhan, Sekarang Lorenzo Puji Rossi Habis-habisan

    Jakarta

    Sebagian kita mungkin masih ingat betapa sengitnya rivalitas Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di masa lalu. Bahkan, meski sama-sama membela Yamaha, keduanya sering saling sindir dan melempar pernyataan ofensif.

    Namun, setelah pensiun, hubungan keduanya pelan-pelan membaik. Menariknya, di sejumlah kesempatan, keduanya mulai saling memuji. Hal itu ditunjukkan Lorenzo yang menyebut Rossi sebagai pebalap pintar dan punya banyak ide.

    “Rossi yang paling kuat dalam hal improvisasi. Dia sangat cerdas, sangat luwes. Dia tahu cara berimprovisasi di lintasan. Dia tidak tertutup. Dia sangat terbuka. Wajar saja, karena dia sangat cerdas. Tidak hanya di ‘lantai dansa’, tapi di semua bidang kehidupan,” ujar Lorenzo, dikutip dari Motosan, Kamis (31/7).

    Jorge Lorenzo puji habis-habisan Valentino Rossi. Apa kata dia? Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto

    Lorenzo kemudian teringat perjumpaan bersejarahnya dengan Rossi di musim 2009. Ketika itu, saat balapan di Barcelona, Spanyol, dia harus menjalani pertarungan berat menghadapi The Doctor.

    “Kami berdua bersaing ketat sepanjang akhir pekan, dari FP1 hingga pemanasan. Balapan yang luar biasa. Tak satu pun dari kami bisa lolos. Itulah niat kami, baik dia maupun saya. Dan dia menang karena, menurut saya, dia yang terbaik,” ungkapnya.

    Lorenzo mengakui keandalan Rossi saat melibas tikungan. Menurutnya, Rossi paham betul kapan harus mengerem, mengurangi kecepatan dan berbelok. Hal itu yang selalu dipelajarinya selama ‘berbagi’ lintasan dengan pebalap asal Italia tersebut.

    “Rossi sangat cerdas, tidak hanya di trek, tetapi di semua bidang kehidupan,” kata Lorenzo.

    (sfn/rgr)

  • Kabin Nyaman, Dapur Pacu Bisa Diandalkan!

    Kabin Nyaman, Dapur Pacu Bisa Diandalkan!

    Jakarta

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi memperkenalkan Premium Family SUV,Mitsubishi Destinator. Mobil ini hadir untuk mengisi celah antara model andalan mereka di kelas SUV 5-seater Xforce dan SUV ladder frame Pajero Sport.

    Dirancang dan diproduksi di Indonesia, Mitsubishi Destinator menyasar konsumen keluarga modern yang mendambakan kenyamanan, keandalan, serta kesan prestisius dalam satu paket kendaraan.

    Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI, turut menekankan pentingnya kehadiran Mitsubishi Destinator bagi pasar Indonesia.

    Mitsubishi Destinator Media Test Drive Jakarta Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    “Kami percaya, kehadiran Destinator akan memperkuat posisi Mitsubishi Motors sebagai merek yang terpercaya di Indonesia, berlandaskan pengalaman bertahun-tahun dan jaringan yang luas di seluruh negeri. Ke depannya, kami berkomitmen untuk terus menghadirkan produk dan layanan yang lebih baik, guna menjawab kebutuhan pelanggan dan tumbuh lebih kuat bersama,” jelas Kurita.

    Desain Gagah Berbalut Nuansa Elegan

    Secara tampilan,Mitsubishi Destinator mengusung desain eksterior yang memadukan ketangguhan khas SUV dengan gaya elegan dan modern. Fascia depan tampil berani dan mewah, sementara bagian belakangnya dirancang praktis namun tetap atraktif.

    Mitsubishi Motors resmi meluncurkan mobil terbaru mereka, Mitsubishi Destinator, di The Dome, Senayan Park, Jakarta Pusat, Kamis (17/7/2025). Mobil ini melakoni debut globalnya di Indonesia untuk meramaikan segmen Sport Utility Vehicles (SUV). Foto: Rifkianto Nugroho

    Salah satu fitur unggulan pada eksterior adalah panoramic sunroof berukuran besar yang dapat diatur secara presisi dalam kelipatan 5%. Pengaturannya dilakukan melalui layar sentuh digital, memungkinkan penyesuaian pencahayaan dan sirkulasi udara sesuai preferensi pengguna.

    Harga resmi Mitsubishi Destinator akhirnya diumumkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, Rabu (23/7/2025). SUV keluarga premium itu dilepas dengan banderol harga mulai dari Rp 385 juta. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

    Masuk ke dalam kabin, nuansa premium langsung terasa.Mitsubishi Destinator menawarkan konfigurasi tiga baris tempat duduk dengan material berkualitas tinggi, serta pencahayaan ambient light yang dapat disesuaikan hingga 64 pilihan warna.

    Harga resmi Mitsubishi Destinator akhirnya diumumkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, Rabu (23/7/2025). SUV keluarga premium itu dilepas dengan banderol harga mulai dari Rp 385 juta. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

    Fitur hiburan ditunjang oleh Smartphone-link Display Audio (SDA) 12,3 inci, layar digital 8 inci untuk pengemudi, dan sistem audio racikan Yamaha Premium Dynamic Sound yang mampu menghadirkan pengalaman yang lebih memukau.

    Interior Luas, Nyaman, dan Sarat Teknologi

    Kepraktisan juga menjadi nilai jual utama Mitsubishi Destinator. Setiap baris tempat duduk dilengkapi port USB tipe A dan C. Mitsubishi Motors juga menghadirkan pengisi daya nirkabel, serta kompartemen penyimpanan yang melimpah seperti meja lipat dan kantong belakang jok depan.

    Menariknya, berbeda dengan banyak SUV lain, baris ketiga Mitsubishi Destinator tetap menawarkan kenyamanan optimal. Posisi duduk yang tinggi, ruang lutut yang luas, serta ventilasi udara khusus membuatnya cocok untuk perjalanan jauh bersama seluruh keluarga.

    Interior Mitsubishi Destinator Foto: Dok.MMKSI

    Di sisi lain, Destinator tetap menyediakan ruang bagasi yang cukup besar meskipun baris ketiga digunakan. Namun jika butuh ruang ekstras, kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat rata untuk menciptakan ruang muat yang fleksibel untuk barang bawaan berukuran besar.

    Soal keselamatan, Mitsubishi Destinator dilengkapi enam airbag SRS dan struktur bodi RISE khasnya Mitsubishi yang dirancang untuk dapat menyerap energi benturan.

    Tak hanya itu, mobil ini juga dibekali teknologi fitur keselamatan Diamond Sense yang mencakup Forward Collision Mitigation (FCM), Blind Spot Warning (BSW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Adaptive Cruise Control (ACC), Automatic High Beam (AHB), Leading Car Departure Notification (LCDN), hingga Multi Around Monitor atau kamera 360 derajat

    Oh iya, tak lupa, Mitsubishi juga menghadirkan fitur Mitsubishi Connect di Destinator. Kehadiran fitur ini membuat pengguna dapat memantau status kendaraan, melihat informasi terkait kendaraan, bahkan mengaktifkan hingga menonaktifkan beberapa fitur di mobil.

    Mitsubishi Destinator. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcomPerforma Mantap dan Suspensi Diplot Nyaman

    Mitsubishi Destinator dibekali mesin bensin 1.5 liter turbo yang dikombinasikan dengan transmisi CVT. Mobil ini menggunakan sistem penggerak roda depan dengan dukungan teknologi All-Wheel Control, serta lima mode berkendara: Normal, Wet, Gravel, Mud, dan mode terbaru Tarmac untuk performa optimal di jalan aspal.

    Harga resmi Mitsubishi Destinator akhirnya diumumkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, Rabu (23/7/2025). SUV keluarga premium itu dilepas dengan banderol harga mulai dari Rp 385 juta. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

    Lantas untuk urusan suspensinya, Mitsubishi meracik melalui pengujian khusus di Jepang dan Indonesia agar sesuai dengan karakter jalan di ASEAN, termasuk kondisi jalanan di Indonesia yang beragam.

    Mitsubishi Destinator menggunakan konfigurasi MacPherson strut di depan dan torsion beam di belakang. Selain itu, sebagai sebuah mobil monokok, mobil ini juga hadir dengan center of gravity yang rendah serta terletak di tengah. Hal itu yang membuatnya lebih terprediksi saat bermanuver.

    (mhg/rgr)

  • Soal Sekda Minta N-Max, Ini Kata PNS Pemkab Semarang
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        29 Juli 2025

    Soal Sekda Minta N-Max, Ini Kata PNS Pemkab Semarang Regional 29 Juli 2025

    Soal Sekda Minta N-Max, Ini Kata PNS Pemkab Semarang
    Tim Redaksi
    UNGARAN, KOMPAS.com –
    Beredarnya kabar terkait pengumpulan iuran untuk hadiah pensiun Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang Djarot Supriyoto, mendapat tanggapan dari ASN di Pemkab Semarang.
    Kepala Badan Keuangan Daerah (BKUD) Kabupaten Semarang Rudibdo mengatakan langsung melakukan pengecekan setelah ada kabar tersebut.
    “Saya kontak sekretaris, kabag dan kabid, langsung klarifikasi. Jawaban mereka tidak mengetahui adanya surat permintaan iuran tersebut,” ungkapnya saat dihubungi, Selasa (29/7/2025).
    “Mereka tidak tahu, kalau dari saya juga tidak ada perintah terkait hal tersebut, atau pun perintah dari Sekda untuk permintaan sumbangan, tidak ada,” kata Rudibdo.
    Rudibdo mengungkapkan, masa pensiun atau perpisahan Sekda bukanlah hal yang istimewa, karena semua pegawai akan mendapat giliran pensiun setelah masa pengabdian selesai.
    “Seperti juga saat pisah sambut Kapolres, Dandim, Kajari, atau pejabat lain, acara seremoni akan dilakukan di Pendopo Rumah Dinas, jadi isinya ya acara biasa,” paparnya.
    Terpisah, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang Rudi Susanto mengungkapkan tidak ada perintah dari Sekda Kabupaten Semarang Djarot Supriyoto untuk membeli sepeda motor Yamaha N-Max.
    “Jadi kalau ada kabar permintaan tersebut maka itu kategorinya hoaks,” ungkapnya.
    “Saya juga mencari informasi terkait surat tersebut. Mulai dari kebenarannya hingga bagaimana di media sosial, tapi yang pasti tidak ada permintaan seperti yang tertulis,” kata Rudi.
    Sebelumnya, di media sosial beredar potongan surat yang tertulis :
    Di caption tertulis : Penak yo dadi Sekda kabupaten Bulan Agustus/September besok Sekda kan pensiun beliau minta OPD dan kecamatan iuran untuk beli motor NMAX dan hadiah karikatur Uang dikumpulkan k kasubag keuangan setda.
    “Demi Allah saya tidak pernah minta-minta yang seperti itu. Saya juga tidak tahu dari mana ada potongan surat itu, saya tidak punya waktu main ponsel untuk yang seperti itu, soal itu malah diberitahu oleh ajudan,” kata Djarot, Selasa (29/7/2025).
    Djarot juga menyatakan akan mengambil langkah hukum terkait hal tersebut. “Ini masuk kategori fitnah, silakan dicek ke dinas, kabag-kabag ada atau tidak permintaan itu. Saya akan lapor polisi, karena ini merusak nama baik saya,” ungkapnya
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Kabin Nyaman, Dapur Pacu Bisa Diandalkan!

    Varian Mitsubishi Destinator Paling Laku, Bukan yang Termurah

    Jakarta

    Mitsubishi Destinator membetot perhatian orang Indonesia. SUV 7 penumpang itu sudah mendapatkan pesanan sampai 2.000 unit sejak peluncuran. Varian apa yang paling laris?

    Secara khusus Mitsubishi menyebut Destinator sudah berhasil menarik perhatian selama lima hari pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), bahkan target penjualan sudah tercapai lebih dari 50 persen.

    “GIIAS sampai tadi malah sudah 550 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan), dari target 1.000 selama GIIAS,” ujar President Director PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Atsushi Kurita di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Senin (28/7/2025).

    Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan Mitsubishi Destinator. Mobil ini ditawarkan dalam tiga varian untuk pasar Indonesia: Ultimate, Exceed, dan GLS.

    Varian ultimate merupakan tipe tertinggi. Trim ini juga memiliki opsi tambahan dynamic sound Yamaha Premium, power tailgate, dan electric seat adjuster. Fitur-fitur tambahan ini bisa didapatkan dengan tambahan Rp 30 juta.

    Lebih lanjut, Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan varian tertinggi Destinator paling laris.

    “Komposisi varian untuk Destinator di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show). Penjualan terbanyak itu untuk varian Ultimate,” ujar Irwan.

    “Ultimate Premium dan biasa kira-kira sebanding, memang sedikit lebih banyak Ultimate biasa dibanding premium. Berikutnya Exceed, lalu GLS,” jelas dia.

    Mitsubishi menambahkan dari 2.000 pemesanan sejak peluncuran belum termasuk segmen fleet atau borongan dari perusahaan. Rencananya Destinator juga akan menyasar segmen fleet.

    “2.000 itu belum termasuk fleet, varian GLS sangat cocok untuk fleet,” kata Kurita.

    “Sekarang ini fleet sedang kita approach,” kata Kurita.

    “Komposisi mungkin berubah walaupun tidak akan melampaui Ultimate, tapi penjualan fleet itu nantinya akan mempengaruhi komposisi,” jelas dia.

    (riar/din)