brand merek: Yamaha

  • 5 Tips Ojol Gacor, Bikin Ramai Orderan Pagi sampai Malam

    5 Tips Ojol Gacor, Bikin Ramai Orderan Pagi sampai Malam

    Jakarta

    Menjadi driver ojek online (ojol) perlu seni tersendiri. Bukan sekadar gas dan rem, namun perlu ritme, strategi, dan trik khusus yang bikin banjir orderan. Wajar kalau tips ojol gacor selalu jadi topik favorit di tongkrongan para driver.

    Setiap driver tentunya punya trik tersendiri. Ada yang percaya ‘jam keramat’, ada pula yang fokus di rute tertentu. Tak sedikit juga driver ojol yang punya trik menghadapi macet dan razia.

    Namun, secara umum, ada beberapa pola yang bisa meningkatkan peluang orderan masuk dan bikin performa akun tetap ‘sehat’. Melansir berbagai sumber, berikut lima tips ojol gacor yang bisa dicoba.

    1. Punya Jam Kerja Konsisten

    Memiliki jam kerja konsisten disebut bisa membantu sistem aplikasi mengenali pola aktivitas driver. Aplikasi akan membaca kebiasan ini sebagai sinyal bahwa driver selalu aktif dan siap menerima order. Ketika pola telah terbentuk, sistem akan lebih mudah mencocokan driver dengan orderan yang tersedia.

    Jam kerja teratur juga membuat lebih mudah membaca ritme permintaan di area tertentu. Setelah konsisten selama beberapa hari, driver akan lebih mudah mengenali jam-jam ramai, area yang banyak orderan dan waktu tepat untuk pindah lokasi.

    2. Jangan Terlalu Sering Pilih Orderan

    Banyak sekali driver yang selektif memilih orderan. Mereka hanya mau menjalani orderan yang ideal, baik dari sisi jarak atau tarif. Bahkan, tak jarang driver membatalkan orderan karena dianggap tidak ideal atau mendapat orderan dari sistem autobid.

    Trik ini memang bisa memberi cuan dalam waktu pendek. Tapi, semakin sering membatalkan orderan, akun driver akan mendapat label ‘tidak sehat’, bahkan berakibat bakal sepi orderan. Dengan Yamaha Gear Ultima 125, tak perlu lagi takut terima orderan dalam bentuk apa pun. Sebab, sepeda motor ini irit bensin sehingga setiap orderan yang masuk bisa dijalankan dengan efektif dan efisien.

    3. Selalu Utamakan Penumpang

    Yamaha Gear Ultima 125 Foto: Yamaha

    Sebagai penyedia layanan jasa, driver ojol perlu mengutamakan kenyamanan dan keselamatan penumpang. Pasalnya, kualitas layanan akan sangat menentukan rating dan performa akun. Jika customer memberi rating rendah, akun pun bisa langsung terdampak.

    Awalnya, mungkin hanya terasa ‘anyep’, tapi jika terjadi berulang kali mendapat rating renda, akun bisa masuk pengawasan dan mungkin dibekukan. Oleh karena itu, menjaga sikap profesional dan pengalaman berkendara yang nyaman menjadi hal penting untuk kunci mempertahankan performa.

    Untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan, driver juga perlu menerapkan safety riding. Mulai dari cek kondisi motor sebelum berangkat hingga berkendara defensif. Banyak driver memilih motor yang stabil dan nyaman seperti Yamaha Gear Ultima 125, karena membantu berkendara lebih aman dan membuat penumpang merasa tenang. Motor yang tepat bukan hanya soal kenyamanan, tapi juga penting untuk menjaga rating tetap baik.

    4. Pelajari Pola Pergerakan Penumpang

    Yamaha Gear Ultima 125 Foto: Yamaha

    Memahami pola pergerakan orang dan ritme pesanan menjadi salah satu kunci ramai orderan. Saat pagi, biasanya ramai order sarapan atau paket kecil dari pemukiman. Kemudian, siang banyak pesanan makan dan antar dokumen atau barang besar. Sementara malam penuh dengan order kuliner dan kiriman barang.

    Dengan membaca pola ini, kamu bisa pindah area secara strategis dan selalu berada di titik yang paling potensial. Dalam mobilitas seperti ini, motor yang praktis jelas membantu. Pegangan belakang Yamaha Gear Ultima 125 yang lebar akan memudahkan membawa kotak makanan atau paket besar, sementara gantungan ganda di bagian depannya bisa menahan beberapa bungkus makanan sekaligus. Setup seperti ini bikin kamu lebih siap menangkap orderan beruntun kapan pun ritmenya naik.

    5. Motor Harus Selalu Siap Tempur

    Motor yang selalu siap tempur menjadi prioritas bagi para ojol karena menentukan produktivitas. Kalau mesin motor fit, driver bisa bergerak cepat dan menangkap lebih banyak order tanpa hambatan. Jadi, pastikan servis rutin, cek oli dan rem, serta konsumsi BBM selalu aman.

    Motor yang tiba-tiba mogok bukan cuma bikin waktu hilang, tapi juga memutus momentum gacor. Itu sebabnya banyak driver memilih motor yang tahan banting. Yamaha Gear Ultima 125, misalnya, terkenal lewat uji ketahanannya yang sampai direndam air dan tetap jalan. Ketangguhan seperti ini cocok banget untuk kebutuhan ojol yang mobilitasnya tinggi, sering stop & go, dan harus terus bekerja dalam berbagai kondisi jalan.

    Nah, itulah beberapa trik agar orderan tetap ramai dari pagi sampai malam. Menjadi ojol gacor bukan cuma soal keberuntungan, tapi juga soal strategi, konsistensi, dan alat tempur yang tepat. Jika Anda sedang mempertimbangkan motor baru untuk menunjang mobilitas harian, Yamaha Gear Ultima 125 bisa jadi pilihan.

    Selain dikenal gesit, Yamaha Gear Ultima 125 juga tangguh untuk penggunaan jarak jauh maupun stop-and-go di dalam kota. Motor ini pun bisa ditebus dengan harga mulai dari Rp19,9 jutaan.

    Selain itu, Yamaha Gear Ultima 125 juga punya mesin bandel dan irit BBM. Pastinya kedua faktor ini akan membantu meminimalisir biaya operasional yang dikeluarkan setiap bulannya.

    (ega/ega)

  • Putra Gary Iskak Mengaku Rindu pada Almarhum sang Ayah

    Putra Gary Iskak Mengaku Rindu pada Almarhum sang Ayah

    Jakarta, Beritasatu.com – Putra almarhum aktor Gary Iskak, Ravisha Iskak mengungkapkan kerinduannya pada sang ayah. Kerinduannya tersebut ia sampaikan lewat akun media sosial pribadinya baru-baru ini. 

    Melalui akun Threads pribadinya, Ravisha menunggah swafoto berwarna hitam putih yang menunjukkan kenangan momen dirinya menghabiskan waktu berdua bersama sang ayah. 

    Ravisha dan Gary Iskak. – (Threads/@ravishaiskak)

    “Kangen ayah,” tulis Ravisha lengkap dengan emoji hati warna merah, dikutip dari akun Threads Ravisha, @ravishaiskak, dikutip Senin (8/12/2025). 

    Dalam kolom komentar, tampak sejumlah netizen yang melihat pesan remaja berusia 15 tahun tersebut pun ikut bersimpati. Sebagian netizen menyarankan anak pertama pasangan Gary Iskak dan Richa Novishaa tersebut untuk menangis sebagai ekspresi kerinduan terhadap ayahnya yang telah tiada. 

    “Nangis aja kalau lagi kangen banget nak. Al Fatihah untuk almarhum Muhammad Gary Iskak,” tulis seorang netizen. 

    “Adek, yang kuat ya. Boleh kok nangis, om dahulu 2004 almarhum bapaknya om sudah enggak ada tetapi sampai saat ini kangen kadang suka menangis sendirian,” kata akun @zudy_**. 

    “Nangis saja enggak apa-apa nak. Aku usia 38 tahun ditinggal mamaku 7 bulan lalu masih suka nangis,” komentar dari @ummu_***ier.

    “Enggak apa dek nangis saja. Aku kehilangan ibu pada umur 29 saja masih nangis kok sampai hari ini,” tambah netizen lainnya. 

    Gary Iskak meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan tunggal saat mengendarai sepeda motor Yamaha RX King di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, pada Sabtu (29/11/2025) dini hari. 

  • 170 Seniman dan 50 Modifikator Pamer Modifikasi Motor

    170 Seniman dan 50 Modifikator Pamer Modifikasi Motor

    Jakarta

    Kementerian Ekonomi Kreatif (EKRAF) dan produsen stiker otomotif asal Indonesia, MaxDecal, kembali berkolaborasi menghadirkan wadah kreatif, sekaligus menumbuhkan ekonomi kreatif bagi para pencinta otomotif Indonesia.

    Kolaborasi kali ini dibungkus dalam kreativitas akbar bertajuk MaxDecal Art Party 2025, pada 6 – 7 Desember 2025 di Brickhall, Fatmawati, Jakarta Selatan. Acara ini bukan sekadar pameran konvensional, melainkan platform kolaboratif yang menyatukan 170 seniman dan 50 modifikator, yang didukung penuh oleh Kementerian Ekonomi Kreatif (EKRAF).

    Project Director & RnD MaxDecal, Nofian Hendra, menjelaskan bahwa kolaborasi ini didasari oleh visi dan misi yang sama dengan EKRAF, yaitu memberikan panggung bagi para seniman, modifikator, dan Art Creator untuk menampilkan ide dan karya mereka. MaxDecal sengaja memilih konsep Art Party dibanding pameran biasa sebagai langkah strategis sejalan dengan semangat ekonomi kreatif Indonesia.

    “Kami memilih konsep Art Party karena ingin menghadirkan pengalaman baru yang mencerminkan semangat ekonomi kreatif. MaxDecal ingin menciptakan suasana yang lebih menyenangkan dengan menggabungkan otomotif dan seni dalam satu tempat yang sama, sekaligus memberikan pengalaman yang berkesan daripada pameran pada umumnya,” kata Nofian.

    Keterkaitan dengan perlindungan karya juga menjadi fokus. Selain edukasi bisnis, terdapat kegiatan menarik lainnya seperti Copyright Education bersama EKRAF, Modification Contest, Art Paints, Art Photo Booth, dan Live Printing.

    Nofian menambahkan, peran krusial IP (Intellectual Property) dalam kolaborasi ini tidak dapat diabaikan. “IP ikut mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif, baik di dunia seni maupun otomotif. IP melindungi setiap karya dan ide para kreator, sehingga para pelaku industri dapat bertumbuh bersama dan bebas berkarya,” paparnya.

    Dalam upaya nyata mendukung kreator, EKRAF akan memfasilitasi pendaftaran IP langsung di lokasi acara.

    Selanjutnya perhelatan MaxDecal kali ini juga dijelaskan, berfokus pada kendaraan roda dua. “Saat ini, pertumbuhan seni modifikasi motor sangat tinggi di berbagai kalangan dan wilayah, terlihat dari terus meningkatnya minat dan permintaan penggunaan stiker untuk kendaraan roda dua,” jelas Nofian, menghubungkan tren ini dengan Art Party.

    Kementerian Ekonomi Kreatif (EKRAF) dan produsen stiker otomotif asal Indonesia, MaxDecal, kembali berkolaborasi, untuk menghadirkan wadah kreatif, sekaligus menumbuhkan ekonomi kreatif bagi para pecinta otomotif Indonesia. Foto: dok. MaxDecal

    MaxDecal Art Party 2025 merupakan art market pertama diselenggarakan MaxDecal yang secara spesifik berfokus pada kesenian dan crafting. Daya tarik global dihadirkan dengan keterlibatan Art Creator luar negeri yang karyanya sudah dikenal di Indonesia, salah satunya Nuy Sticker dari Thailand dan 12 kreator overseas lainnya. Juga hadir 16 tamu dari 12 perusahaan.

    Di ajang ini, kontes modifikasi motor akan memilih 10 the best kategori yang semuanya berkaitan dengan stiker, menunjukkan betapa krusialnya peran decal dalam modifikasi motor.

    Melalui seluruh rangkaian acara ini, MaxDecal berharap setiap karya yang ditampilkan dapat menjadi inspirasi bagi modifikator muda untuk terus berkarya dan berkreasi. “Masa depan personalisasi dan seni dalam dunia otomotif di Indonesia sangat cerah. Banyak pecinta otomotif memodifikasi kendaraannya untuk menunjukkan gaya dan kepribadian mereka, bukan hanya sekadar dipakai saja,” jelas Nofian.

    Ajang MaxDecal Art Party 2025 ini juga akan dimeriahkan dengan pameran unik 10 sepeda motor milik para jurnalis yang telah dimodifikasi dengan sentuhan seni dan inovasi yang menarik. MaxDecal Art Party dan Moto Art Show rencananya akan dijadikan event tahunan untuk terus memberikan wadah dan berkolaborasi bersama EKRAF dalam mendukung ekosistem kreatif Indonesia.

    Wakil Menteri dan Badan EKRAF Indonesia, Irene Umar, menjelaskan visi besar di balik dukungan pemerintah terhadap acara seperti MaxDecal Art Party 2025. Ia menegaskan bahwa kolaborasi ini adalah langkah strategis untuk membawa sub-sektor custom culture otomotif masuk ke dalam payung Ekonomi Kreatif.

    “Kita mau mendorong melampaui normalitas (beyond normality) karena Indonesia punya potensi menjadi pemenang dalam segala custom. Kita punya segalanya, dari mulai budaya, keunikan, hingga keahlian sumber daya manusianya,” ujar Irene Umar, saat berbicara di MaxDecal Art Party 2025.

    Ia melihat potensi luar biasa dari sinergi dua sektor besar ini. “Sektor otomotif sangat bersentuhan dengan EKRAF. Kita harus mendorong brand-brand otomotif di Indonesia menampilkan karya seni dari para kreator lokal di pameran-pameran besar,” tambahnya. Seperti kolaborasi sebelumnya MaxDecal dengan Yamaha yang menampilkan karya IP lokal.

    Kementerian Ekonomi Kreatif (EKRAF) dan produsen stiker otomotif asal Indonesia, MaxDecal, kembali berkolaborasi, untuk menghadirkan wadah kreatif, sekaligus menumbuhkan ekonomi kreatif bagi para pecinta otomotif Indonesia. Foto: dok. MaxDecal

    Irene Umar berharap para kreator pemilik IP lokal dapat lebih masif dalam mengajak brand-brand otomotif untuk berkolaborasi. “Bayangkan, Indonesia adalah pasar sepeda motor paling besar di dunia. Kita harus mendorong kolaborasi ini karena konsumen sepeda motor sekarang ingin tampil unik, tidak mau yang biasa-biasa saja, seperti melalui stiker-stiker karya para kreator lokal,” katanya.

    Menurutnya, penggabungan dua sektor – otomotif dan seni – yang sama-sama besar, akan menghasilkan dampak yang luar biasa. “Semua harus mendukung, ini yang Bapak Presiden katakan: kita tidak boleh lagi ego sektor.”

    (lth/rgr)

  • Vinales Sempat Kepikiran Pensiun Dini

    Vinales Sempat Kepikiran Pensiun Dini

    Jakarta

    Pebalap KTM Maverick Vinales sempat kepikiran untuk pensiun dini dari ajang MotoGP. Pikiran itu menghantui Vinales setelah empat musim berlaga di kelas utama, setelah dia merasa kariernya mentok.

    Vinales debut di MotoGP bersama Suzuki sejak 2015. Setelah konsisten finis di 10 besar, Vinales meraih kemenangan perdananya pada tahun 2016 di Grand Prix Inggris. Kemenangan ini sontak mengantarkannya mendapatkan kursi panas di tim pabrikan Yamaha pada musim 2017, menggantikan Jorge Lorenzo.

    Kepindahannya ke Yamaha langsung membuahkan hasil manis. Vinales sukses memenangkan tiga dari lima balapan pertamanya!

    Namun, tren positif itu tidak berlangsung lama. Hasilnya mulai memburuk seiring dengan masalah yang dialami motor YZR-M1 dengan ban Michelin saat itu.

    Puncaknya, musim 2018 menjadi periode yang sulit. Vinales hanya mencatatkan satu podium dalam tujuh seri pembuka. Ia baru bisa kembali meraih kemenangan menjelang akhir musim, yakni di Grand Prix Australia.

    Vinales mengungkapkan dia kepikiran memilih pilih pensiun pada 2018.

    “Ya, pada 2018,” jawabnya ketika ditanya apakah ia pernah mempertimbangkan untuk pensiun.

    “Saya datang dari tahun di mana semuanya berjalan dengan baik, dan kemudian, tiba-tiba, tidak ada yang berhasil,” tambah Vinales.

    “Saya tidak punya motivasi lagi,” jelasnya lagi.

    Hubungan Vinales dengan Yamaha akhirnya memburuk total pada tahun 2021. Pembalap Spanyol itu meminta untuk memutus kontrak dua tahunnya lebih awal.

    Puncaknya, Vinales dikeluarkan dari tim setelah Grand Prix Styria. Ia dituduh sengaja berusaha merusak mesin motor M1-nya dalam insiden yang terjadi selama balapan tersebut.

    Namun itu Vinales yang dulu. Kini Vinales sudah mematok target tertinggi untuk musim 2026. Bukan hanya gelar, Vinales juga mengincar rekor yang belum pernah disentuh pembalap mana pun di MotoGP. Selain gelar juara, Vinales juga punya ambisi unik untuk mencatatkan namanya dalam buku sejarah balap motor sebagai pebalap yang pernah menang dengan empat pabrikan berbeda.

    “Itu tujuan utama saya. Saya akan menjadi satu-satunya yang memenangkan [balapan] dengan empat merek berbeda,” ungkap Vinales.

    Sejauh ini, Vinales telah memenangkan balapan di MotoGP bersama Suzuki (1 kemenangan), Yamaha (8 kemenangan), dan saat ini bersama Aprilia (1 kemenangan). Artinya, ia hanya membutuhkan kemenangan dengan satu merek lagi untuk mewujudkan rekor tersebut.

    “Jika saya bisa memberikan 100% dalam setiap aspek, itu akan mungkin (memenangkan gelar). Bakat dan kecepatan sering membantu saya, tetapi sekarang saya harus fokus pada detail untuk mengambil langkah terakhir,” pungkasnya.

    (riar/rgr)

  • Jangan Dicari! Pebalap Ini Tak Lagi Balapan di MotoGP 2026

    Jangan Dicari! Pebalap Ini Tak Lagi Balapan di MotoGP 2026

    Jakarta

    Jangan dicari-cari lagi ya! Dua pebalap ini dipastikan tak lagi membalap di MotoGP musim 2026.

    Pertama ada Miguel Oliveira yang bakal berlaga di World Superbike musim depan. Karir Miguel Oliveira di MotoGP harus terhenti musim ini. Dia menjalani balapan terakhirnya di Valencia pada November lalu setelah enam tahun adu cepat di balapan motor kelas premier. Oliveira menjalani debutnya di MotoGP dengan Tech3 KTM tahun 2019. Sejatinya dia telah menandatangani kontrak untuk musim 2025-26 dengan tim satelit Yamaha. Namun terdapat klausul kerja untuk melepaskan Oliveira setelah satu musim.

    Masa depan Oliveira makin tidak pasti sejak Pramac mengumumkan bahwa bintang WSBK Toprak Razgatlioglu akan bergabung dengan tim musim 2026. Saat pengumuman muncul, garasi Pramac pun panas. Ini berarti antara Jack Miller ataupun Oliveira harus dilepas. Pada akhirnya Oliviera lah yang tak berlanjut pada musim depan. Ya, performa Oliveira sepanjang musim 2025 memang kurang cemerlang. Terlebih dirinya mengalami cedera bahu. Ini membuatnya makin sulit beradaptasi dengan motor. Mulai musim depan, Oliveira justru akan bertukar posisi dengan Toprak. Oliveira bakal menjalani membalap untuk WSBK musim 2026 bersama BMW.

    Selain Oliveira, nama Somkiat Chantra juga tak akan mengisi daftar pebalap MotoGP 2026. Honda LCR sudah mengkonfirmasi bahwa Somkiat tak lagi berlaga tahun depan di balap motor kelas premier tersebut. Somkiat mengalami dua cedera yang membuat perkembangannya jadi terbatas. Meski begitu, dia tetap memberikan kemampuan terbaiknya sepanjang musim 2025.

    Senada dengan Oliveira, Somkiat Chantra juga akan berlabuh ke WSBK. Dia bakal membela Honda HRC Team. Kursi kosong yang ditinggal Somkiat akan diganti oleh Diogo Moriera. Diogo naik kelas dari Moto2 dan akan membela LCR Honda di MotoGP 2026.

    Itu tadi dua pebalap yang tak bakal membalap di MotoGP tahun depan. Jadi jangan dicari-cari ya! Di luar dua pebalap tadi, berikut ini daftar pebalap yang bakal berlaga di MotoGP 2026.

    Daftar Pebalap MotoGP 2026

    Ducati Lenovo

    Marc MarquezFrancesco Bagnaia

    Red Bull KTM Factory Racing

    Aprilia Racing

    Jorge MartinMarco Bezzecchi

    Monster Energy Yamaha MotoGP

    Fabio QuartararoAlex Rins

    Honda HRC

    Pertamina Enduro VR46

    Fabio Di GiannantonioFranco Morbidelli

    Gresini Racing MotoGP

    Alex MarquezFermin Aldeguer

    Prima Pramac Racing

    Toprak RazgatliogluJack Miller

    LCR Honda Castrol

    LCR Honda Idemitsu

    Trackhouse MotoGP

    Redbull KTM Tech 3

    Maverick VinalesEnea Bastianini

    (dry/rgr)

  • Harga Honda Stylo 160 dan Yamaha Grand Filano 125 Desember 2025

    Harga Honda Stylo 160 dan Yamaha Grand Filano 125 Desember 2025

    Jakarta

    Dua skutik klasik modern premium, Honda Stylo 160 dan Yamaha Grand Filano Hybrid 125, menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang menginginkan motor bergaya elegan khas Eropa namun tetap mengusung teknologi terbaru. Keduanya hadir untuk menjawab kebutuhan pengguna muda yang mulai bosan dengan desain skutik bergaya sporty. Berikut harga Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano Desember 2025.

    Honda Stylo 160 dirancang untuk pengendara yang menginginkan tampilan klasik namun dengan performa tetap bertenaga. Skutik ini dilengkapi mesin 156,9 cc eSP+ serupa dengan yang digunakan pada Honda Vario 160 dan PCX 160. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 15,1 dk di 8.500 rpm serta torsi puncak 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

    Astra Honda Motor (AHM) memasarkan Stylo dalam dua varian, yakni CBS (Combi Brake System) dan ABS (Anti-lock Braking System). Berdasarkan pantauan detikOto, harga Stylo bulan Desember tidak mengalami kenaikan dari bulan sebelumnya.

    Harga Honda Stylo 160 Desember 2025 OTR Jakarta

    1. Stylo 160 CBS: Rp 29.170.000

    2. Stylo 160 ABS: Rp 32.161.000

    Di sisi lain, Yamaha Grand Filano tampil dengan aura retro khas skutik Eropa. Bentuk bodinya membulat dengan lampu depan segitiga yang memberikan kesan klasik, namun tetap terlihat modern berkat penerapan teknologi Blue Core Hybrid.

    Skutik ini dibekali mesin 125 cc yang mampu menghasilkan tenaga 8,1 dk pada 6.500 rpm dan torsi 10,4 Nm di 5.000 rpm. Berkat teknologi hybrid konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien dan cocok untuk mobilitas perkotaan yang padat. Berdasarkan pantauan, harga Yamaha Grand Filano bulan ini pun tak mengalami kenaikan.

    Harga Yamaha Grand Filano Hybrid 125 Desember 2025 OTR Jakarta

    1. Grand Filano Hybrid 125 Neo: Rp 27.965.000

    2. Grand Filano Hybrid 125 Lux: Rp 28.445.000

    Harga di atas berlaku untuk wilayah Jakarta. Perbedaan harga di tiap daerah memungkinkan terjadi, sehingga konsumen disarankan untuk mengecek langsung ke dealer resmi Honda maupun Yamaha terdekat.

    (lua/dry)

  • Skutik Jadi Raja di Indonesia, Motor Bebek-Sport Makin Sepi Peminat

    Skutik Jadi Raja di Indonesia, Motor Bebek-Sport Makin Sepi Peminat

    Jakarta

    PT Astra Honda Motor (AHM) menyebut porsi motor skuter matik (skutik) semakin digemari masyarakat Indonesia. Di sisi lain, ada segmen motor yang pangsa pasarnya makin kecil.

    Berdasarkan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepanjang Januari-Oktober 2025 tembus 5.427.253 unit.

    Sayangnya dalam data terbaru yang ditampilkan AISI tidak memaparkan segmentasi pasar motor bebek, matic, dan sport. Adapun data terakhir yang ditampilkan pada bulan pertama tahun 2025, porsi motor matic masih tinggi di atas 90 persen, motor underbone atau bebek terjual hanya sekitar 3,37%, kemudian motor sport hanya memiliki pangsa pasar 2,89%.

    Dalam data terbaru yang disampaikan Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Octavianus Dwi, pasar motor sport mengalami penurunan.

    “Motor matic itu 92 persen kontribusinya. Ya artinya yang tadi yang cub dan motor lagi itu memang artinya memang hanya segmen tertentu saja,” ujar Octa.

    “Bebek itu market-nya. Mungkin kurang dari 5 persen,” ujar Octa.

    Data penjualan menunjukkan bahwa segmen motor sport tidak lagi sepopuler di era 2010-an. Meski begitu, motor sport 150 cc di Indonesia tidak sepenuhnya hilang. “(segmen motor) sport mengecil,” jelas dia.

    Motor sport kini lebih melayani segmen hobi, gaya hidup, dan penggemar yang mencari performa, handling manual, dan penampilan yang agresif, bukan lagi sebagai kendaraan komuter utama.

    Honda tetap menjadi penguasa pasar dengan dominasi penjualan sebanyak 4,2 juta unit atau sekitar 77 persen penguasaan. Honda unggul jauh di atas sesama anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) seperti Yamaha, Kawasaki, Suzuki dan TVS. Motor Honda paling laris selama periode itu masih berasal dari segmen skutik, seperti Beat, Scoopy, hingga Vario Series.

    (riar/dry)

  • Keseringan Ngeluh Mesin V4, Quartararo Disemprot Bos Yamaha

    Keseringan Ngeluh Mesin V4, Quartararo Disemprot Bos Yamaha

    Jakarta

    Bos tim Yamaha MotoGP, Paolo Pavesio, menyoroti keluhan Fabio Quartararo mengenai performa motor Yamaha YZR-M1 bermesin V4. Pavesio menyebut sikap Quartararo tak berdampak baik pada upaya pabrikan Jepang untuk kembali kompetitif di MotoGP.

    Setelah beberapa musim yang berat, Yamaha memang tengah menata ulang arah pengembangan motor mereka. Proyek mesin V4 yang bakal menggantikan mesin 4 silinder segaris diharapkan menjadi titik balik kebangkitan mereka.

    Meski masih dalam tahap penyempurnaan, mesin V4 Yamaha telah tiga kali turun sebagai wildcard lewat Augusto Fernandez, serta beberapa kali diuji para pebalap Yamaha. Kehadiran mesin baru ini juga dianggap krusial untuk meyakinkan Quartararo bertahan setelah kontraknya berakhir pada 2026.

    Quartararo smencatat waktu lebih cepat dengan prototipe V4 pada tes Valencia, meski ia memberi catatan bahwa benchmark terhadap M1 lama tak bisa dijadikan tolok ukur mutlak. Ia mengatakan bahwa ia ‘menyukai cara berkendara mesin V4’, namun sejak pengujian perdana di Misano pada September, ia belum memberikan pujian lagi.

    Kesabaran Paolo Pavesio tampaknya mulai terkikis. Dalam wawancara dengan media Speedweek, ia menegaskan bahwa keluhan dari sang juara dunia 2021 itu tak membantu Yamaha untuk menjadi lebih baik.

    “Dari sudut pandang manusia, saya memahami rasa frustrasi yang terkadang Anda rasakan,” ujar Pavesio.

    “Tapi kami semua profesional dan berada di posisi sama. Kami menawari kesempatan untuk membalap buat Yamaha, dan ia menerimanya. (Tapi) terlalu banyak mengeluh di depan umum tidak akan membantu komitmen perusahaan,” tegas Pavesio.

    Sebagai informasi, Quartararo menutup musim 2025 dengan posisi kesembilan klasemen, unggul sekitar 122 poin dari pebalap Yamaha terbaik berikutnya, Jack Miller dari tim Pramac. Ia mencetak lima pole position dan satu podium di MotoGP Jerez. Sementara itu, masalah pada perangkat ride-height membuatnya gagal meraih kemenangan di GP Inggris, semakin menambah daftar kekesalan Quartararo terhadap paket motor Yamaha musim ini.

    (lua/dry)

  • Warga Sampang Bawa Sabu 5,78 Gram, Ditangkap di Depan Sekolah Dasar

    Warga Sampang Bawa Sabu 5,78 Gram, Ditangkap di Depan Sekolah Dasar

    Sampang (beritajatim.com) – Seorang pria yang diduga terlibat penyalahgunaan narkotika jenis sabu diringkus aparat Kepolisian Sampang. Penangkapan dilakukan di Jalan Raya Bira Tengah, tepatnya di depan SDN Bira Tengah 1, Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah.

    Tersangka diketahui bernama Hambali (40) warga Dusun Bukbatang, Desa Tamberu Barat, Kecamatan Sokobanah. Ia diciduk petugas saat melintas menggunakan sepeda motor Yamaha Vega berwarna hitam dengan nomor polisi W 6126 NL.

    Dalam penggeledahan, petugas menemukan satu plastik klip berisi kristal putih yang diduga kuat merupakan sabu dengan berat 5,78 gram. Barang tersebut dibalut tisu putih dan disembunyikan di saku celana bagian kanan.

    Plh Kasi Humas Polres Sampang, AKP Eko Puji Waluyo menjelaskan, bahwa penangkapan ini bermula dari laporan warga yang mencurigai adanya aktivitas peredaran narkoba di kawasan tersebut.

    “Pelaku mengakui bahwa barang itu miliknya,” ujarnya, kamis (4/12/2025).

    Setelah diamankan, Hambali beserta barang bukti langsung dibawa ke kantor polisi untuk kebutuhan penyidikan lebih lanjut. Kasus tersebut kemudian dilimpahkan ke Satresnarkoba Polres Sampang guna dilakukan pendalaman.[sar/aje]

  • Daftar Merek Mobil-motor Peserta IIMS 2026

    Daftar Merek Mobil-motor Peserta IIMS 2026

    Jakarta

    Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2026 digelar pada 5-15 Februari 2026 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Dyandra Promosindo resmi meluncurkan ‘Infinite Program’ sebagai rangkaian utama IIMS tahun depan. Ini daftar peserta otomotif IIMS 2026.

    “Kami ingin memastikan, di situasi apapun industri otomotif tetap punya panggung besar untuk bersinar. Karena sejarah membuktikan satu hal, industri otomotif Indonesia adalah industri tangguh. IIMS akan merespons perubahan ini, dengan menghadirkan program-program baru yang berdampak pada berkelanjutan, inovasi dan peningkatan pengalaman pengunjung pada setiap penyelenggaraannya,” kata Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, dalam keterangannya.

    Konsep baru yang dibawa tahun depan adalah Sportainment, mencakup empat segmen: Gym, Golf, Padel, serta Healthy Clubbing. Aji Strongman jadi representative untuk Gym, Atta Halilintar untuk Golf, Sintya Marisca untuk Padel, sementara Healthy Clubbing akan berkolaborasi dengan Venom.

    Dari sisi edukasi, IIMS 2026 menghadirkan IIMS School Edutainment, menyediakan ruang kompetisi bagi siswa seperti Ratoh Jaroe, Marching Band, Cheerleader, termasuk School Got Talent. Selain itu, program atraksi otomotif IIMS Infinite Show tetap hadir dengan beragam aksi seperti motor freestyle, drifting hingga parade mobil klasik.

    Dari sektor hiburan, IIMS Infinite Live kembali menggelar 11 hari konser musik dengan deretan musisi besar seperti Jamrud, Iwan Fals, Tulus, Bernadya, Superman Is Dead, hingga Ari Lasso.

    Selain deretan program menarik yang akan hadir, IIMS juga akan dimeriahkan oleh beberapa brand-brand otomotif ternama. Dari segmen roda empat ada nama Audi, BAIC, BMW, BYD, Changan, Chery, Citroen, Denza, DFSK, Ford, GAC, Geely, GWM, Honda, Hyundai, i-CAR, Jaecoo, Jeep, Jetour, KIA, Lepas, Maxus, Mazda, MG, Mercedes Benz, Mini, Mitsubishi, Nissan, Seres, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan Xpeng.

    Jumlah tersebut masih akan terus bertambah. Dari kendaraan roda dua, hingga saat ini sudah ada AHM, Alva, Aprilia, Benda, Benelli, Indomobil E-Motor, Keeway, Morbidelli, Moto Guzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, QJ Motor, Royal Enfield, Scomadi, United, Vespa dan Yamaha. Jumlah tersebut masih akan terus bertambah.

    Dyandra juga memperluas gaung IIMS melalui IIMS Series 2026 yang digelar di Surabaya, Balikpapan, hingga Manado. Ekspansi ini diharap membuka akses otomotif yang lebih merata bagi masyarakat di berbagai daerah.

    (lua/dry)