brand merek: Yamaha

  • Perbandingan Harga Suzuki Access vs Honda Scoopy Cs

    Perbandingan Harga Suzuki Access vs Honda Scoopy Cs

    Jakarta

    Suzuki meramaikan pasar skutik retro dengan meluncurkan Access 125. Berikut perbandingan harga dengan rival-rival di kelasnya.

    Lini motor Suzuki di Indonesia bertambah dengan kehadiran skutik bergaya retro bernama Access. Suzuki merancang Access dengan tampilan sederhana khas skutik retro modern, namun dibekali fitur yang cukup modern. Dengan tampilan tersebut, Suzuki Access seolah terang-terangan menantang motor skutik retro lain seperti Yamaha Fazzio, Honda Scoopy, dan TVS Callisto.

    Namun kalau bicara harga, Suzuki Access paling mahal dibandingkan tiga rival lainnya. Suzuki Access hadir dalam satu varian dan tiga opsi warna. Keseluruhannya dibanderol Rp 25,5 juta. Sebagai perbandingan Honda Scoopy yang menghadirkan empat varian banderol harganya paling mahal Rp 23 jutaan.

    Daftar Harga Suzuki Access, Honda Scoopy, Yamaha Fazzio, dan TVS Callisto

    Selanjutnya ada Yamaha Fazzio. Yamaha Fazzio hadir dalam tiga varian dengan harga paling mahal Rp 24 jutaan. Terakhir ada TVS Callisto yang dibanderol Rp 22 jutaan. Berikut ini perbandingan harga Suzuki Access, Yamaha Fazzio, Honda Scoopy, TVS Callisto.

    Harga Suzuki Access

    Suzuki Access 125 Solid Ice Green: Rp 25,5 jutaSuzuki Access 125 Metallic Mat.Black: Rp 25,5 jutaSuzuki Access 125 Pearl Grace White: Rp 25,5 juta

    Harga Honda Scoopy

    Scoopy Fashion: Rp 22,876 jutaScoopy Energetic: Rp 22,876 jutaScoopy Prestige: Rp 23,681 jutaScoopy Stylish: Rp 23,681 juta

    Harga Yamaha Fazzio

    Fazzio Hybrid: Rp 21,92 jutaFazzio Hybrid Neo: Rp 23,705 jutaFazzio Hybrid Lux: Rp 24,395 juta

    Harga TVS Callisto

    Callisto 125: Rp 22,8 juta

    Itu tadi perbandingan harga antara Suzuki Access 125 dan rival-rivalnya. Urusan mesin, Suzuki Access menggunakan mesin 125 cc SOHC 2 klep yang dilengkapi dengan pendingin udara. Di atas kertas, tenaga maksimalnya tembus 8,3 HP di putaran 6.500 RPM dan torsi puncak 10,2 Nm di 5.000 RPM. Mesin dengan kapasitas serupa juga tersemat di Yamaha Fazzio dan TVS Callisto. Sementara Honda Scoopy mengusung mesin berkapasitas 109,5 cc, paling kecil di antara ketiga rivalnya tersebut. Jadi kira-kira kamu pilih mana nih?

    (dry/din)

  • Tampang Yamaha Xmax Tech Max Terbaru

    Tampang Yamaha Xmax Tech Max Terbaru

    Foto Oto

    Andhika Prasetia – detikOto

    Rabu, 24 Sep 2025 19:06 WIB

    Tangerang – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing meluncurkan Xmax Connected Tech Max terbaru dalam panggung Indonesia Motorcycle Show 2025 di ICE BSD City, Tangerang.

  • Yamaha Xmax Tech Max Dapat Penyegaran, Harga Naik Rp 2,1 Juta

    Yamaha Xmax Tech Max Dapat Penyegaran, Harga Naik Rp 2,1 Juta

    Jakarta

    PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan Xmax Connected Tech Max terbaru dalam panggung Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2025 di ICE BSD City, Kab. Tangerang, Rabu (24/9/2025).

    “Kehadiran produk ini memang untuk menjawab keinginan konsumen premium kami, karena produk ini sebelumnya sudah lebih dulu diluncurkan di market Eropa dengan update fitur serta warna baru yang semakin meningkatkan kualitas berkendara di level tertinggi,” ujar Dyonisius Beti, President Director & CEO, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. saat momen peluncuran produk terbaru di IMOS 2025

    Perubahan yang paling signifikan dari Xmax Connected Tech Max ini ialah penyematan fitur electric adjustable secreen yang bisa mengatur ketinggian wind screen secara otomatis hingga 95 mm, baik ke atas ataupun ke bawah. Pengoperasiannya cukup mudah dengan menekan tombol pada stang kemudi sebelah kiri.

    Yamaha Xmax Connected Tech Max Foto: Dok. Ridwan Arifin

    Masuk ke area kokpit, Xmax tercanggih ini juga mendapat penyegaran pada klaster TFT meter.

    Yamaha Xmax Connected Tech Max Foto: Dok. Ridwan Arifin

    Jika pada model sebelumnya layar speedometer dan TFT terbagi menjadi dua, kini terintegrasi menjadi satu agar lebih simpel serta praktis secara visibilitas dengan tampilan smoked screen. Selain itu, ada pula penambahan fitur safety berupa Emergency Stop Signal (ESS), dimana lampu hazard akan menyala secara otomatis ketika pengendara terdeteksi melakukan pengereman secara mendadak atau hard braking.

    Motor ini makin terlihat premium berkat penggunaan detail dan aksesori tambahan. Misalnya jok khas Eropa lansiran MBK Perancis, Cover Lid Pocket yang menggunakan material sejenis kulit dengan pola jahitan beraksen emas, hand grip yang memiliki embos logo TechMAX, pijakan kaki yang menggunakan plat aluminium, serta spesial emblem TechMAX yang melekat pada kedua sisi body motor.

    Sementara itu terkait dengan warna, kelir Magma Black kini diganti dengan Ceramic Grey yang merupakan warna global baru yang telah lebih dulu diperkenalkan di market Eropa. XMAX Connected TechMAX model 2025 dipasarkan seharga Rp 75.360.000 OTR Jakarta.

    “Harganya naik Rp 2,1 juta dari varian Tech Max yang lama,” kata Rifki Maulana, Manager PR, YRA, & Community PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

    Fitur unggulan yang masih dipertahankan

    Yamaha masih membenamkan fitur unggulan yang memadukan unsur sporty dengan premium. Misalnya sistem pencahyaan full LED, Smart Key System yang dilengkapi Answer Back, Electric Power Socket untuk mengisi daya baterai smartphone, hingga fitur konektivitas Y-Connect.

    Peluncuran Yamaha Xmax Connected Tech Max di IMOS 2025 Foto: Dok. Ridwan Arifin

    Kenyamanan dan kualitas berkendara yang optimal juga dipertahankan melalui posisi riding yang rileks dengan pijakan kaki yang luas, tinggi stang kemudi yang bisa diatur secara manual, bagasi super luas dengan daya tampung mencapai 44,9 liter yang dilengkapi lampu penerangan LED, fitur Traction Control System (TCS) yang mencegah ban selip saat berakselerasi di permukaan jalan licin, maupun Anti-lock Braking System (ABS) yang mencegah roda ban depan terkunci saat melakukan pengereman mendadak.

    Pada sektor jantung pacu, XMAX Connected TechMAX mengandalkan mesin BLUE CORE berkapasitas 250 cc yang dilengkapi dengan Liquid Cooled, SOHC, 4 Valves yang telah terbukti handal dan kuat dalam menghadapi berbagai kondisi jalan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 16,8kW / 7.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 24,3 Nm / 5.500 rpm sehingga menyajikan akselerasi yang lebih baik ketika berkendara. Untuk mendukung daya jelajah yang tinggi, motor ini turut dibekali dengan kapasitas tangki bensin yang besar mencapai 13 liter.

    (riar/din)

  • Pameran IMOS 2025 Resmi Dibuka

    Pameran IMOS 2025 Resmi Dibuka

    Jakarta

    Pameran otomotif roda dua terbesar di Tanah Air, Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2025, resmi dibuka. IMOS 2025 bakal berlangsung pada 24 hingga 28 September 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kab. Tangerang.

    IMOS 2025 mengusung tema “Rides That Truly Matter: Smart, Safe, Sustainable and Efficient”. Gelaran ini merupakan salah satu bentuk upaya Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) dalam mendorong pertumbuhan serta inovasi industri sepeda motor.

    “Sesuai dengan temanya, pameran ini fokus pada teknologi cerdas, keselamatan berkendara, kepedulian terhadap lingkungan dan efisiensi mobilitas masyarakat. Kami berharap IMOS 2025 mampu memperkenalkan inovasi kendaraan roda dua terkini juga menekankan pentingnya mengembangkan sistem transportasi yang aman, berkelanjutan dan terjangkau bagi masyarakat,” kata Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza saat memberikan sambutan di IMOS 2025 di ICE BSD City, Kab. Tangerang, Kamis (24/9/2025).

    Wakil Menteri Perindustrian Faisol Riza hingga Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Agus Suryonugroho membuka pameran IMOS 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Rabu (24/9/2025). IMOS 2025 menghadirkan belasan merek sepeda motor, mulai dari sepeda motor berbahan bakar bensin hingga sepeda motor listrik. Foto: Andhika Prasetia

    Ketua Asosisasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Johannes Loman menjelaskan banyak pabrikan yang turut meramaikan IMOS 2025. Bukan hanya produk sepeda motor baru tapi juga teknologi pendukung yang semakin berkembang.

    “Industri sepeda motor senantiasa menghadirkan produk dengan teknologi yang lebih aman, ramah lingkungan serta efisien. Melalui semangat itu AISI kembali menyelenggarakan IMOS 2025 dan pameran ini menempati luas 15 ribu meter persegi dengan partisipasi 21 merek sepeda motor, yang terdiri dari 15 merek berbasis mesin ICE dan enam merek kendaraan EV, lebih dari 50 merek industri pendukung turut serta menampilkan teknologi andalannya,” ujar Johannes Loman.

    Kakorlantas Polri Irjen Pol Agus Suryonugroho menambahkan dengan jumlah sepeda motor yang kian bertambah, dia menghimbau agar pengendara patuh dan tertib berlalu lintas.

    Pembukaan IMOS 2025 Foto: Ridwan Arifin

    “Industri kendaraan roda dua berkembang dengan pesat. Namun di balik itu, kami mengingatkan bahwa safety riding keselamatan itu penting, dan hasil analisa dan evaluasi tingkat peristiwa kecelakaan melalui integrated road safety management system ini kendaraan roda dua cukup banyak (terlibat kecelakaan). Hampir 60 persen. Oleh sebab itu kami menghimbau agar pengguna jalan, semua yang mengendarai kendaraan mengedepankan keselamatan, jadi patuh dan tertib di jalan, sehingga keselamatan paling utama,” kata Agus.

    IMOS 2025 akan menghadirkan belasan merek sepeda motor, mulai dari sepeda motor berbahan bakar bensin hingga sepeda motor listrik yaitu Honda, Suzuki, TVS, Yamaha, Alva, Benda, Harley-Davidson, Italjet, Keeway, Kupprum, Morbidelli, Polytron, Royal Enfield dan Scomadi. Lebih dari 50 produk dari industri pendukung seperti aksesoris, apparel, pelumas, teknologi digital, dan suku cadang juga akan turut meramaikan pameran.

    Wakil Menteri Perindustrian Faisol Riza hingga Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Agus Suryonugroho membuka pameran IMOS 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Rabu (24/9/2025). IMOS 2025 menghadirkan belasan merek sepeda motor, mulai dari sepeda motor berbahan bakar bensin hingga sepeda motor listrik. Foto: Andhika Prasetia

    Harga tiket online dibanderol Rp 25.000 untuk weekday (Rabu-Jumat) dan Rp 40.000 untuk weekend (Sabtu-Minggu). Sementara itu, tiket on the spot dijual Rp 35.000 (weekday) dan Rp 50.000 (weekend). Anak-anak di bawah 7 tahun dan pengunjung berusia 65 tahun ke atas bisa masuk gratis.

    Ada juga promo spesial untuk pelajar dan mahasiswa pada periode 24-26 September. Cukup menunjukkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa, mereka bisa mendapatkan harga tiket khusus untuk masuk ke pameran.

    Bagi yang sudah membeli tiket secara online, wajib menukarkannya dengan gelang akses di Ticket Box Hall 9 dan 10. Sedangkan pembelian langsung bisa dilakukan di lokasi yang sama.

    (riar/rgr)

  • Tak Cuma Berlimpah Motor Baru, Ini Program Menarik di IMOS 2025

    Tak Cuma Berlimpah Motor Baru, Ini Program Menarik di IMOS 2025

    Jakarta

    Pameran otomotif roda dua, Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2025 digelar mulai besok, Rabu (24/9/2025) sampai dengan 28 September 2025. Jangan sampai kelewat, soalnya di pameran ini tidak hanya banyak peluncuran motor baru, tapi juga berbagai program seru dihadirkan.

    Pameran IMOS 2025 berlangsung IMOS 2025 akan diselenggarakan pada 24 hingga 28 September 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City. IMOS 2025 mengisi area seluas 5.000 meter persegi di area indoor, prefunction, dan outdoor di Hall 9 dan 10 ICE BSD City. Harga tiket IMOS 2025 mulai dari Rp 25 ribu sampai Rp 50 ribu.

    Beragam motor baru diprediksi akan diluncurkan di IMOS 2025. Tak cuma produk, IMOS 2025 akan menampilkan berbagai perkembangan teknologi terkini. Di pameran otomotif roda dua ini, akan dipamerkan teknologi motor listrik, fitur konektivitas canggih, serta inovasi ramah lingkungan dari berbagai pabrikan sepeda motor.

    Tidak hanya itu, IMOS 2025 menjanjikan berbagai program menarik yang bisa dinikmati pengunjungnya. Di pameran ini, akan ada edukasi keselamatan berkendara hingga promo menarik dari peserta pameran. Ada pula program-program yang disiapkan buat pencinta roda dua.

    “IMOS 2025 akan mengadakan beberapa program untuk memberikan pengetahuan dan menanamkan pemahaman masyarakat tentang sepeda motor. Di antaranya adalah Skill dan Safety Riding Course, yang bertujuan melanjutkan konsistensi dalam edukasi keselamatan berkendara. Selain itu, ada juga program Pesta Belanja yang akan memberikan pengalaman menarik melalui berbagai promo spesial dari peserta pameran,” kata Abiyoso Wietono, selaku Project Director Seven Event penyelenggara IMOS 2025.

    Salah satu program yang dinantikan adalah kesempatan untuk mencoba langsung motor terbaru dari berbagai merek. Selain itu, pada program Pesta Belanja, pengunjung dapat membeli berbagai produk seperti aksesori, apparel, hingga suku cadang, dengan diskon khusus yang berlaku di waktu-waktu tertentu selama pameran berlangsung.

    Perlu diketahui, IMOS 2025 akan diramaikan belasan merek sepeda motor baik motor konvensional maupun motor listrik. Merek otomotif yang akan hadir di IMOS 2025 antara lain Honda, Suzuki, TVS, Yamaha, Alva, Benda, Harley-Davidson, Italjet, Keeway, Kupprum, Morbidelli, Polytron, Royal Enfield dan Scomadi.

    Selain itu, lebih dari 50 produk dari industri pendukung seperti aksesoris, apparel, pelumas, teknologi digital, dan suku cadang juga akan turut meramaikan pameran. Pengunjung akan disuguhi berbagai inovasi dan desain terkini dari merek-merek ternama.

    Kegiatan Interaktif

    IMOS 2025 menjanjikan beberapa kegiatan interaktif yang bisa dinikmati pengunjungnya. Pertama ada program Pesta Belanja IMOS. Program itu berlangsung pada 24-26 September 2025. Pengunjung dapat membeli produk pilihan dari peserta pameran, seperti aksesori, apparel, dan suku cadang, dengan harga spesial dan diskon menarik pada waktu tertentu setiap hari selama penyelenggaraanIMOS2025 berlangsung.

    Selanjutnya ada Safety Riding Skills Course and Talk Show. Program edukatif ini menghadirkan pelatihan dan diskusi ringan seputar keselamatan berkendara, dipandu oleh instruktur profesional. Diselenggarakan pada 25-27 September 2025, sesi ini bertujuan meningkatkan kesadaran serta membekali pengunjung dengan teknik berkendara aman yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

    Kemudian ada Live Quiz yang digelar harian selama pameran berlangsung. Program ini menguji pengetahuan pengunjung seputar dunia otomotif dan memberikan kesempatan untuk memenangkan merchandise eksklusifIMOS2025 di setiap sesi yang berlangsung di area panggung utama.

    IMOS 2025 juga akan menyajikan Modification Area. Kompetisi modifikasi sepeda motor ini menampilkan karya-karya terbaik dari builder profesional maupun independen. Kompetisi modifikasi ini dapat disaksikan di Hall 9 ICE BSD City dan terbagi dalam beberapa kategori menarik. Melalui kompetisi ini,IMOS2025 memberikan ruang bagi para kreator untuk menunjukkan kemampuan dan inovasi dalam mengubah sepeda motor menjadi karya unik dan berkarakter.

    Di area outdoor, tersedia program test ride yang memberikan kesempatan buat pengunjung mencoba langsung berbagai motor terbaru. Berlokasi di area luar ruangan Hall 10, ICE BSD City, area ini dirancang aman dan nyaman untuk berkendara. Jalur test ride dibuat menyerupai kondisi jalan sehari-hari, sehingga pengunjung bisa merasakan langsung performa, kenyamanan, dan fitur-fitur unggulan dari setiap motor.

    IMOS 2025 juga akan menghadirkan program Mosride, yaitu kegiatan riding bareng komunitas motor yang diadakan pada 24 hingga 28 September 2025. Peserta akan berkendara bersama dari titik kumpul yang sudah ditentukan dan finish di lokasi pameranIMOS2025 di ICE BSD City.

    Terakhir ada Student Community Riding. Program riding edukatif ini berlaku khusus untuk pelajar dan mahasiswa pecinta roda dua yang sudah memiliki SIM. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 25 September 2025. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara, sekaligus membina komunitas muda yang positif dan kreatif di dunia otomotif.

    (rgr/dry)

  • Bedah Teknologi Daihatsu Rocky Hybrid yang Bikin Irit BBM dan Kencang Akselerasi

    Bedah Teknologi Daihatsu Rocky Hybrid yang Bikin Irit BBM dan Kencang Akselerasi

    Daihatsu Rocky Hybrid kali pertama diperkenalkan di pameran GIIAS 2025 lalu. Mengusung nama Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid, mobil ini dibekali teknologi strong hybrid yang bikin konsumsi bahan bakar irit, namun tanpa mengorbankan akselerasi. Yuk kenali lebih jauh teknologi s-Smart Hybrid di Daihatsu Rocky.

    Akselerasi Daihatsu Rocky Hybrid

    Berbeda dengan teknologi hybrid pada umumnya, Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid memiliki teknologi hybrid unik, di mana kendaraan ini sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik, sementara mesin bensinnya berfungsi sebagai generator untuk mengisi daya baterai. Teknologi hybrid semacam ini lazim disebut sebagai hybrid serial.

    Daihatsu Rocky Hybrid menggunakan mesin bensin 1.200 cc, WA-VEX, yang terintegrasi dengan baterai hybrid sebesar 177,6 volt, serta transmisi khusus, Hybrid Transaxle. Mobil ini dibekali baterai berdaya 0,74 kWh, diklaim 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    Sementara motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS (105 dk) dan torsi maksimum 170 Nm, sehingga menjadikan mobil ini punya torsi terbesar di kelasnya dengan akselerasi sangat responsif, di mana kecepatan 0-100 km/jam klaimnya bisa diraih dalam 10 detik.

    Daihatsu Rocky Hybrid Foto: Rifkianto Nugroho

    Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Hybrid

    Rocky Hybrid memberikan pengalaman berkendara dengan ‘Real Series Hybrid’, di mana salah satunya adalah keunggulan konsumsi bahan bakar. Dalam hal efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid disebut-sebut menjadi yang terbaik di kelasnya karena mampu mencapai hingga 34,8 km per liter berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang.

    Menariknya, dalam sebuah pengujian bersama awak media, konsumsi bensin Daihatsu Rocky Hybrid bisa lebih irit lagi. Seperti tampak dalam acara test drive Rocky e-Smart Hybrid baru-baru ini. Dalam sesi tersebut, catatan konsumsi bahan bakar Rocky Hybrid cukup mengesankan. Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Rocky Hybrid ini benar-benar irit, bahkan setara motor matic 150 cc.

    Daihatsu mengumumkan seluruh peserta media bisa mencapai konsumsi BBM lebih dari 30 km/liter. Bahkan ada peserta yang bisa tembus 47,8 km per liter. Angka 47,8 km per liter itu setara dengan konsumsi BBM motor matic 150 cc seperti Yamaha Nmax dan Honda PCX.

    Test drive ini dilakukan dengan kondisi normal melewati rute kombinasi yang biasa dilalui oleh masyarakat perkotaan. Beragam rute kombinasi seperti medan jalan yang menanjak-menurun, lalu lintas yang lancar maupun macet, kondisi jalan paving block ataupun aspal, dan juga melewati persimpangan. Kondisi berkendara pun dilakukan dengan tetap menyalakan AC secara normal dengan jumlah penumpang 3-4 orang.

    Metode pengukuran yang digunakan adalah dengan melihat data real-time dari MID (multi information display) kendaraan. Angka capaian konsumsi BBM itu masih bisa diperdebatkan dengan pengukuran metode full to full.

    Selain efisiensi bahan bakar terbaik, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km. Ini menjadi bukti komitmen Daihatsu dalam mendukung kebijakan Carbon Neutral di Indonesia.

    Daihatsu Rocky Hybrid dijual dengan harga Rp 299.850.000 on the road Jakarta, tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Black Mica Metallic, Shining Pearl White, serta Laser Blue Crystal Shine.

    Perlindungan dan ketenangan pelanggan selama masa kepemilikan Rocky Hybrid juga dijamin dengan garansi baterai Hybrid selama 8 tahun atau 160.000 km, lalu garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 km, serta gratis jasa servis 5 kali hingga 50.000 km. Seluruh bengkel resmi Daihatsu juga siap layani perawatan dan penanganan teknis sepanjang periode kepemilikan.

  • Bertabur Motor Baru, Pekan Ini Ada Pameran IMOS 2025

    Bertabur Motor Baru, Pekan Ini Ada Pameran IMOS 2025

    Jakarta

    Pameran otomotif roda dua Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2025 kembali digelar. IMOS 2025 dibuka mulai Rabu (24/9/2025) lusa. Bakal ada motor baru apa saja di pameran otomotif roda dua tahunan ini?

    IMOS 2025 akan diselenggarakan pada 24 hingga 28 September 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City. Gelaran ini merupakan salah satu bentuk upaya Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) dalam mendorong pertumbuhan serta inovasi industri sepeda motor.

    IMOS2025 akan menghadirkan belasan merek sepeda motor, mulai dari sepeda motor berbahan bakar bensin hingga sepeda motor listrik. Merek roda dua yang meramaikan IMOS 2025 antara lain Honda, Suzuki, TVS, Yamaha, Alva, Benda, Harley-Davidson, Italjet, Keeway, Kupprum, Morbidelli, Polytron, Royal Enfield dan Scomadi.

    Lebih dari 50 produk dari industri pendukung seperti aksesoris, apparel, pelumas, teknologi digital, dan suku cadang juga akan turut meramaikan pameran. Pengunjung akan disuguhi berbagai inovasi dan desain terkini dari merek-merek ternama.

    Seperti pameran otomotif pada umumnya, IMOS 2025 diprediksi akan menjadi panggung buat pabrikan otomotif untuk meluncurkan produk baru. Beberapa merek ternama seperti Honda hingga Suzuki diduga akan meluncurkan produk baru di pameran otomotif tahunan ini.

    Honda, salah satunya. PT Astra Honda Motor (AHM) janji akan memberikan kejutan di IMOS 2025.

    “Kami menyiapkan beberapa kejutan nanti, ditunggu saja,” ujar Ahmad Muhibbudin selaku General Manager Coorporate Communication PT AHM. Namun pria yang disapa Muhib ini tidak membeberkan apakah kejutan baru itu merupakan produk anyar.

    Di IMOS 2025, AHM akan membagi lantai pameran menjadi beberapa zona, yakni EV Zone, Fashion Zone, Urban Zone, Lifestyle Zone, Big Scooter Zone, Explorer Zone, Racing Zone, dan #Cari_Aman Area.

    Selain Honda, Suzuki juga akan meluncurkan motor baru di IMOS 2025. Bahkan disebutkan, Suzuki bakal meluncurkan dua motor sekaligus di pameran ini. Teuku Agha selaku 2W Sales & Marketing Department Head PT SIS membenarkan, pihaknya akan meluncurkan dua produk baru di IMOS 2025.

    “Iya, benar. Suzuki akan ikut pameran IMOS 2025 untuk launching dua produk baru,” kata Agha kepada detikOto.

    Salah satu motor baru Suzuki diduga adalah Suzuki Access 125. Kabar kemunculan Suzuki Access 125 naik ke permukaan setelah akun Instagram resmi Suzuki Indonesia mengunggah video teaser. Pada tayangan berdurasi singkat itu, Suzuki menampilkan sejumlah detail kendaraan, mulai dari bagian muka, lampu utama, jok hingga panel instrumen.

    IMOS 2025 mengusung tema “Rides That Truly Matter: Smart, Safe, Sustainable and Efficient”. Pameran ini menjadi bagian dari komitmen AISI dalam mendorong kemajuan industri sepeda motor yang mengedepankan teknologi cerdas, keselamatan berkendara, kepedulian terhadap lingkungan, serta efisiensi mobilitas masyarakat.

    Tak cuma produk, IMOS2025 akan menampilkan berbagai perkembangan teknologi terkini. Di pameran otomotif roda dua ini, akan dipamerkan teknologi motor listrik, fitur konektivitas canggih, serta inovasi ramah lingkungan dari berbagai pabrikan sepeda motor.

    Sebagai pameran otomotif, IMOS 2025 tentunya juga akan menawarkan beragam promo dan program menarik dari setiap merek otomotif. Tak cuma diskon buat motor, berbagai merek aksesoris, apparel, pelumas, hingga suku cadang juga bakal berlomba-lomba menawarkan promo menarik di pameran ini.

    IMOS 2025 mengisi area seluas 5.000 meter persegi di area indoor, prefunction, dan outdoor di Hall 9 dan 10 ICE BSD City. Harga tiket IMOS 2025 mulai dari Rp 25 ribu sampai Rp 50 ribu.

    (rgr/dry)

  • KPK Bakal Kulik Walikota Prabumulih Arlan Terkait LHKPN

    KPK Bakal Kulik Walikota Prabumulih Arlan Terkait LHKPN

    GELORA.CO -Klarifikasi dengan mengundang datang langsung ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) maupun secara daring terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) akan dilakukan terhadap Walikota Prabumulih, Arlan.

    Jurubicara KPK, Budi Prasetyo mengatakan, pihaknya akan melakukan klarifikasi LHKPN terhadap Arlan setelah viral mencopot Kepala Sekolah SMPN 1 Prabumulih, Roni Ardiansyah. Meskipun pada akhirnya pencopotan itu dibatalkan setelah viral.

    “Dalam suatu klarifikasi LHKPN nanti akan dilihat kebutuhannya seperti apa, apakah perlu diundang untuk datang langsung atau cukup diklarifikasi secara daring,” kata Budi kepada wartawan, Minggu, 21 September 2025.

    Namun kata Budi, klarifikasi LHKPN ini ditegaskan merupakan tanahnya Kedeputian Pencegahan KPK, bukan di penindakan.

    “KPK juga terus mengimbau kepada para penyelenggara negara atau pejabat publik yang menjadi wajib lapor LHKPN, untuk melaporkan kepemilikan harta atau asetnya secara benar dan lengkap. Agar esensi LHKPN sebagai instrumen pencegahan korupsi melalui transparansi dapat benar-benar dijalankan,” pungkas Budi.

    Dari situs LHKPN KPK, Arlan tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp17 miliar pada saat menjadi calon Wali Kota Prabumulih.

    Arlan memiliki aset 18 tanah dan bangunan di Prabumulih dan Ogan Ilir senilai Rp5.871.750.000 (Rp5,87 miliar).

    Selanjutnya, Arlan punya harta berupa alat transportasi dan mesin senilai Rp4,921 miliar, terdiri dari 3 unit motor Yamaha 1FDC tahun 2022 masing-masing seharga Rp8 juta, 1 unit mobil Mitsubishi Colt Diesel Truck tahun 2018 seharga Rp225 juta, 3 unit mobil Hino Truck Tronton tahun 2017 masing-masing seharga Rp750 juta.

    Selanjutnya, mobil Hino Truck Tronton tahun 2016 seharga Rp650 juta, 1 unit mobil Hino Tronton Dump Truck tahun 2018 seharga Rp750 juta, 1 unit mobil Mitsubishi Triton Double Cabin tahun 2020 seharga Rp280 juta, 1 unit mobil Mitsubishi Triton Double Cabin tahun 2019 seharga Rp242 juta, dan Bulldozer John Deere tahun 2015 seharga Rp500 juta.

    Arlan juga punya harta bergerak lainnya sebesar Rp202 juta, kas dan setara kas sebesar Rp8.007.987.046 (Rp8 miliar).

    Arlan juga punya utang sebesar Rp2 miliar. Sehingga total hartanya dikurangi utang menjadi Rp17.002.737.046 (Rp17 miliar).

  • Vinales Nyesel Pernah Tolak Ducati

    Vinales Nyesel Pernah Tolak Ducati

    Jakarta

    Maverick Vinales belum pernah melupakan penyesalan terbesar dalam kariernya, yakni menolak kontrak Ducati. Vinales pernah dihubungi Ducati untuk menggantikan Jorge Lorenzo pada musim 2019.

    “Saya salah karena tidak menandatangani kontrak dengan Ducati. Saya sangat dekat dengan Ducati, terutama pada 2019-2020. Saya sangat menghormati Davide Tardozzi, jadi itu pasti keputusan yang tepat saat itu,” kata Vinales dikutip dari Motosan, Minggu (21/9/2025).

    “Tetapi saya tidak dapat meramalkan masa depan.Saya tidak mengerti bahwa Ducati bisa menjadi seperti sekarang. Meskipun motornya sudah mulai berjalan dengan sangat baik pada tahun 2017, saya tidak dapat memprediksinya, jadi itu adalah kesalahan saya,” jelas Vinales.

    Kala itu ragam pabrikan MotoGP sedang kompetitif. Honda yang digawangi Marc Marquez berada di puncak performa. Vinales berakhir di posisi tiga klasemen akhir MotoGP 2019. Dovizioso menjadi runner up.

    Wajar saja Vinales memilih Yamaha. Selain masih kompetitif, dia juga digaji besar. Hal ini diungkap saat dirinya meninggalkan pabrikan Iwata menuju Aprilia.

    “Saya kehilangan 17 juta euro, mungkin lebih banyak lagi dengan bonus,” ujar Vinales.

    Kesulitan Maverick Vinales di Yamaha pada paruh pertama musim 2021 berujung pada kesepakatan pemutusan kontrak. Vinales kemudian memperkuat Aprilia selama tiga setengah musim, sebelum berlabuh di Tech3 pada musim ini.

    Vinales cukup kompetitif di Yamaha. Dia memenangi total delapan balapan, dan dua kali finis ketiga di kejuaraan dunia MotoGP 2017 dan 2019.

    (riar/riar)

  • Wow! Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Hybrid Ngalahin Nmax-PCX

    Wow! Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Hybrid Ngalahin Nmax-PCX

    Jakarta

    Daihatsu menggelar acara test drive Rocky e-Smart Hybrid. Dalam sesi tersebut, catatan konsumsi bahan bakarnya cukup mengesankan. Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Rocky Hybrid ini benar-benar irit, bahkan setara motor matic 150 cc.

    Daihatsu mengumumkan seluruh peserta media bisa mencapai konsumsi BBM lebih dari 30 km/liter. Menariknya ada yang bisa tembus 47,8 km per liter.

    Well, angka 47,8 km per liter itu setara dengan konsumsi BBM motor matic 150 cc seperti Yamaha Nmax dan Honda PCX.

    Test drive ini dilakukan dengan kondisi normal melewati rute kombinasi yang biasa dilalui oleh masyarakat perkotaan. Beragam rute kombinasi seperti medan jalan yang menanjak-menurun, lalu lintas yang lancar maupun macet, kondisi jalan paving block ataupun aspal, dan juga melewati persimpangan. Kondisi berkendara pun dilakukan dengan tetap menyalakan AC secara normal dengan jumlah penumpang 3 – 4 orang.

    Metode pengukuran yang digunakan adalah dengan melihat data real-time dari MID (multi information display) kendaraan. Angka capaian konsumsi BBM itu masih bisa diperdebatkan dengan pengukuran metode full to full.

    Mobil ini memang didesain punya konsumsi BBM yang irit berdasarkan klaim pabrikan. Di atas kertas, Rocky Hybrid mampu mencapai 28 km/l dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), sementara itu, angka 34,8 km/l didapat berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang. Selain efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km.

    Mesin dan spek baterai

    Rocky Hybrid digerakkan sepenuhnya oleh motor listrik yang terhubung langsung dengan transmisi khusus hybrid transaxle yang dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS dan torsi maksimum 170 Nm yang responsif dan memberikan sensasi berkendara layaknya mobil listrik.

    Motor listriknya ditenagai oleh baterai Hybrid bertipe Lithium-ion sebesar 177,6 volt mampu menghasilkan daya sebesar 0,74 kWh yang setara dengan mobil Hybrid kelas SUV Medium.

    Guna mengisi baterai Hybrid tersebut, Rocky Hybrid menggunakan mesin bensin 1.2L WA- VEX yang diklaim efisien dan ramah lingkungan.

    Tips irit bersama Rocky Hybrid

    Pertama, menjaga kendaraan tetap berada di kecepatan konstan antara 40-80 Km/jam.

    Kedua, menggunakan transmisi mode-B saat melintasi jalan menurun sehingga dapat mengubah energi kendaraan menjadi energi listrik untuk mengisi baterai.

    Ketiga, menjaga jarak dengan pengemudi di depan. Selain lebih aman saat berkendara, hal ini juga dapat mengoptimalkan pengisian baterai Hybrid saat kendaraan dalam kondisi deselerasi.

    (riar/dry)