brand merek: Yamaha

  • Adu Bagasi Suzuki Access vs Honda Scoopy dkk, Mana Paling Luas?

    Adu Bagasi Suzuki Access vs Honda Scoopy dkk, Mana Paling Luas?

    Jakarta

    Berikut ini perbandingan kapasitas bagasi di segmen skutik retro seharga Rp 20 jutaan mulai dari Suzuki Access, Honda Scoopy, hingga TVS Callisto.

    Suzuki Access menawarkan ragam fitur untuk memikat warga +62. Salah satunya berupa kapasitas bagasi sebesar 24,4 liter yang cukup untuk menyimpan tas belanja, jas hujan, dan barang bawaan lainnya. Kalau dibandingkan dengan rival-rivalnya, bagaimana kapasitas bagasi Suzuki Access ini ya?

    Bagasi Suzuki Access Foto: Andhika Prasetia
    Kapasitas Bagasi Honda Scoopy Dkk

    Untuk diketahui, Suzuki Access masuk ke pasar skuter matik (skutik) retro yang sebelumnya sudah diramaikan oleh Honda Scoopy, Yamaha Fazzio, dan TVS Callisto. Kalau urusan bagasi, rupanya Suzuki Access masih kalah luas dengan bagasi TVS Callisto. TVS Callisto kapasitas bagasinya mencapai 33 liter. Dalam ilustrasi terlihat, bagasi itu cukup untuk memuat dua helm.

    Selanjutnya untuk Yamaha Fazzio, kapasitas bagasinya seluas 17,8 liter. Terakhir, bagasi yang paling kecil di segmen tersebut adalah Honda Scoopy. Di bawah joknya, Scoopy punya bagasi dengan kapasitas 15,4 liter.

    Tak bisa dipungkiri, kapasitas bagasi seringkali jadi salah satu pertimbangan seseorang sebelum membeli motor. Buat yang berpergian dengan barang yang banyak, bagasi yang luas tentu jadi pertimbangan utama. Nah itu tadi perbandingan bagasi antara Suzuki Access, Yamaha Fazzio, Honda Scoopy, dan TVS Callisto.

    Bagasi Yamaha Fazzio Foto: Rifkianto Nugroho

    Kalau urusan mesin, Suzuki Access menggendong mesin berkapasitas 125 cc dan bisa menyemburkan tenaga 6,2 kW dan torsi maksimum 10,2 Nm pada putaran rendah. Tenaganya setara dengan Yamaha Fazzio yaitu 6,2 kW pada 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm pada 4.500 rpm. Honda Scoopy punya tenaga lebih besar yaitu 6,6 kW pada 7.500 rpm dan torsi 9,2 Nm pada 6.000 rpm. Padahal Scoopy kapasitas mesinnya hanya 110 cc. Terakhir ada TVS Callisto yang di atas kertas bisa menyemburkan tenaga 6 kW pada 6.500 rpm dan torsi 10,5 Nm pada 4.500 rpm.

    Kalau spesifikasi bagasi dan mesin sudah tahu, bagaimana dengan harganya? Di segmen tersebut Suzuki Access merupakan yang termahal. Berikut ini rincian harga Suzuki Access vs Honda Scoopy dkk.

    Harga Suzuki Access vs Honda Scoopy Dkk

    Harga Suzuki Access

    Suzuki Access 125 Solid Ice Green: Rp 25,5 jutaSuzuki Access 125 Metallic Mat.Black: Rp 25,5 jutaSuzuki Access 125 Pearl Grace White: Rp 25,5 juta

    Harga Honda Scoopy

    Scoopy Fashion: Rp 22,876 jutaScoopy Energetic: Rp 22,876 jutaScoopy Prestige: Rp 23,681 jutaScoopy Stylish: Rp 23,681 juta

    Harga Yamaha Fazzio

    Fazzio Hybrid: Rp 21,92 jutaFazzio Hybrid Neo: Rp 23,705 jutaFazzio Hybrid Lux: Rp 24,395 juta

    Harga TVS Callisto

    Callisto 125: Rp 22,8 juta

    (dry/din)

  • Honda Square X125 Meluncur, Cocok Buat Motor ‘Perang’

    Honda Square X125 Meluncur, Cocok Buat Motor ‘Perang’

    Jakarta

    Sundiro Honda China resmi meluncurkan skuter crossover terbarunya, Square X125. Model ini langsung mencuri perhatian karena tampil beda dari kebanyakan skuter modern. Square X125 hadir dengan desain kotak yang terinspirasi dari Honda PS250 dan Ruckus, dipadukan mesin 125 cc seperti yang digunakan pada Zoomer X.

    Di segmennya, Honda Square X125 berpotensi jadi pesaing serius Yamaha Zuma. Bukan hanya tampil tangguh, Square juga dijejali sederet fitur fungsional yang membuat pas untuk penggunaan harian, hingga aktivitas luar ruangan alias outdoor.

    Honda Square X125 Foto: Dok. Honda

    Dari segi desain, Square X125 tampil unik dengan setang tinggi ala motor trail, ban semi-dual purpose, serta suspensi belakang ganda. Jok belakangnya bisa dilipat, sehingga berubah menjadi area bagasi, cocok buat membawa barang tambahan. Tangki bahan bakar ditempatkan di tengah dengan footrest di sampingnya.

    Wajahnya makin sangar berkat empat lampu LED berbentuk persegi yang ditanam di fairing depan. Honda juga melengkapi motor ini dengan peredam kejut depan berpenutup karet anti-debu, bagasi penyimpanan di atas lampu, hingga braket yang disiapkan untuk membawa box tambahan.

    Meski bodinya ringkas, Square X125 dibekali fitur kekinian. Ada panel instrumen full digital, smart key, port USB untuk mengisi daya gawai, serta sistem pengereman ABS dual channel dengan cakram depan dan belakang.

    Honda Square X125 Foto: Dok. Honda

    Urusan performa, motor ini mengandalkan mesin eSP 125 cc, satu silinder, berpendingin cairan. Tenaga maksimumnya mencapai 7 kW atau sekitar 9,5 dk dengan torsi 10 Nm. Angka ini memang tidak besar, tapi cukup untuk menaklukkan jalan perkotaan dan kegiatan off-road ringan.

    Di China, Honda Square X125 dibanderol 12.680 yuan atau setara Rp 29,6 jutaan. Harganya relatif terjangkau untuk motor bergaya adventure mini yang multifungsi. Dengan tampilan unik dan fitur komplet, Square X125 bisa jadi motor ‘perang’ yang serba bisa bagi pecinta petualangan.

    (lua/din)

  • Deretan Fitur Keamanan dan Keselamatan Mitsubishi Destinator

    Deretan Fitur Keamanan dan Keselamatan Mitsubishi Destinator

    Jakarta

    Mitsubishi Destinator menjadi senjata baru dari Mitsubishi Motors buat bermain di kelas SUV 7-seater. Mobil ini dibekali segudang fitur keamanan dan keselamatan. Apa saja?

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan Mitsubishi Destinator, premium family SUV terbaru untuk pasar otomotif Indonesia. Mobil ini langsung disambut positif dari konsumen dengan jumlah pemesanan ribuan unit.

    “Kami mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia atas antusiasme terhadap Mitsubishi Destinator. Sejak diluncurkan di ajang GIIAS 2025 Juli lalu, kami telah mencatat lebih dari 8.000 SPK (pemesanan kendaraan),” kata Yoshio Igarashi, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, baru-baru ini.

    Mitsubishi masih mempertahankan harga Destinator hingga bulan ini. Berdasarkan price list di situs resminya, berikut harga Mitsubishi Destinator:

    GLS: Rp 385.000.000Exceed: Rp 405.000.000Ultimate: Rp 465.000.000.

    Adapun varian Ultimate memiliki opsi tambahan dengan fitur Premium dengan biaya Rp 30 juta berupa penyematan Dynamic Sound Yamaha Premium, power tailgate, dan electric seat adjuster.

    Mitsubishi Destinator dirancang untuk keluarga modern yang aktif dan dinamis. Mengusung konfigurasi tiga baris kursi dengan kapasitas tujuh penumpang, mobil ini memadukan desain SUV yang tangguh dan modern dengan interior premium yang lapang untuk menjamin kenyamanan seluruh penumpang.

    Pengemudi dan penumpang bisa tenang karena Destinator dibekali segudang fitur keamanan dan keselamatan. Berikut beberapa fiturnya.

    Fitur Keselamatan Pasif

    Fitur keselamatan pasif adalah teknologi yang bekerja saat kecelakaan sudah terjadi, bertujuan untuk mengurangi risiko cedera pada penumpang. Untuk melindungi pengemudi dan penumpang, Destinator punya konstruksi bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution). Teknologi andalan Mitsubishi Motors ini dirancang khusus dengan material baja berkekuatan tinggi dan struktur yang mampu menyerap energi benturan dari berbagai arah. Fungsinya adalah menjaga ruang kabin tetap utuh dan melindungi penumpang dari deformasi bodi saat terjadi tabrakan.

    Kemudian ada SRS Airbag (Supplemental Restraint System). Mitsubishi Destinator dilengkapi dengan 6 airbag yang terletak di dasbor untuk penumpang depan, airbag samping dan jendela. Ketika sensor mendeteksi benturan hebat, kantung udara akan mengembang dalam hitungan milidetik untuk menahan kepala dan dada penumpang, mencegah benturan dengan dasbor, door trim, dan juga jendela samping.

    Lalu terdapat Sabuk Pengaman dengan Pretensioner & Force Limiter. Sabuk pengaman bukan sekadar tali. Fitur pretensioner akan mengencangkan sabuk saat benturan terdeteksi, menahan tubuh penumpang agar tidak terlempar ke depan. Sementara itu, force limiter akan sedikit mengendurkan sabuk untuk mengurangi tekanan berlebih pada dada.

    Fitur Keselamatan Aktif

    Fitur keselamatan aktif adalah sistem canggih yang bekerja secara terus-menerus untuk membantu pengemudi menghindari potensi kecelakaan. Fitur keselamatan aktif ini juga termasuk keberadaan teknologi Diamond Sense Mitsubishi Motors.

    Ada beberapa fitur keselamatan aktif di Mitsubishi Destinator, antara lain:

    ABS (Anti-lock Braking System): Saat mengerem mendadak, ABS mencegah roda terkunci. Ini memungkinkan pengemudi tetap bisa mengendalikan arah mobil, bahkan saat pengereman maksimal di jalan licin.EBD (Electronic Brake-force Distribution): Sistem ini bekerja bersama ABS. EBD secara cerdas mendistribusikan daya pengereman ke masing-masing roda sesuai beban dan kondisi jalan, sehingga pengereman lebih efektif dan stabil.BA (Brake Assist): Fitur ini akan mendeteksi pengereman panik dan secara otomatis meningkatkan daya pengereman secara maksimal, membantu mobil berhenti lebih cepat.AYC (Active Yaw Control): Meningkatkan stabilitas saat menikung dengan mengontrol torsi roda dengan bantuan sensor pintar, sehingga Mitsubishi Destinator bisa lebih cepat keluar dari manuver berbahaya.ASC (Active Stability Control) & TCL (Traction Control System): ASC membantu mobil tetap stabil saat menikung tajam atau bermanuver di jalan licin dengan mengurangi putaran mesin dan mengerem roda yang kehilangan traksi. Sementara itu, TCL mencegah ban selip saat berakselerasi.HSA (Hill Start Assist): Saat berada di tanjakan, fitur ini akan menahan rem selama beberapa detik setelah pengemudi melepaskan pedal rem, memberi waktu untuk memindahkan kaki ke pedal gas tanpa mobil mundur.Lane Change Assist (LCA): Fitur keselamatan pada Mitsubishi Destinator yang membantu pengemudi saat melakukan pergantian jalur dengan memberikan peringatan jika ada kendaraan lain di titik buta pengemudi. Peringatan berupa tanda segitiga kuning pada spion.Fitur ADAS Diamond Sense

    Seperti disebut sebelumnya, Mitsubishi Destinator memiliki fitur ADAS Diamond Sense. Beberapa fitur ADAS di Destinator antara lain:

    Forward Collision Mitigation (FCM) System: Fitur canggih yang menggunakan sensor radar untuk mendeteksi potensi tabrakan dengan kendaraan di depan. Sistem ini akan memberikan peringatan dan jika pengemudi tidak merespons akan secara otomatis melakukan pengereman.Blind Spot Warning (BSW): BSW memberikan peringatan jika ada kendaraan di area blind spot.Multi Around Monitor: Fitur canggih yang memberikan pandangan 360 derajat di sekitar Mitsubishi Destinator yang dapat digunakan saat parkir atau bergerak pelan. Menggabungkan gambar dari beberapa kamera di sekeliling mobil menjadi satu tampilan bird’s eye view di layar head unit, membantu meminimalkan blind spot.Leading Car Departure Notification (LCDN): Fitur yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan di depannya mulai menjauh.Rear Cross Traffic Alert (RCTA): Fitur yang menggunakan sensor radar atau kamera untuk mendeteksi dan memperingatkan pengemudi tentang adanya kendaraan atau objek yang mendekat dari arah samping saat mobil mundur, terutama saat keluar dari tempat parkir atau area dengan visibilitas terbatas.Adaptive Cruise Control (ACC): Membantu menjaga kestabilan kecepatan mobil dan mengatur jarak dengan kendaraan di depan, membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan di depan berhenti.Automatic High Beam: Sistem ini secara intuitif akan berganti antara lampu jauh (high beam) dan lampu normal tergantung pada situasi jalan, sehingga tak menyilaukan kendaraan lain.Front Rain Sensing Wipers: Teknologi wiper kaca depan mobil yang menggunakan sensor untuk mendeteksi keberadaan tetesan air hujan di kaca depan, dan secara otomatis mengaktifkan serta menyesuaikan kecepatan sapuan wiper sesuai dengan intensitas hujan yang terdeteksi.Fitur Keamanan

    Jika fitur keselamatan ditujukan untuk pengemudi dan penumpang ketika berkendara, maka fitur keamanan pada Mitsubishi Destinator dirancang untuk menjaga mobil tetap aman saat diparkir. Ada beberapa fitur keamanan, antara lain:

    Immobilizer: Sistem keamanan anti-pencurian untuk mencegah mobil dihidupkan tanpa kunci yang sah.Alarm Notification: Notifikasi ke smartphone jika alarm mobil aktif.Stolen Vehicle Tracking: Memungkinkan pelacakan posisi kendaraan saat terjadi pencurian.Geofence, Speed, & Curfew Alerts: Pengemudi dapat menetapkan batas lokasi, kecepatan, dan waktu penggunaan kendaraan.Car Finder: Untuk melihat lokasi dan posisi Mitsubishi Destinator secara real-time.Emergency Assistant: Menghubungi bantuan darurat dengan satu tombol.

    Sebagian besar fitur keamanan itu bisa diakses dengan mudah melalui Mitsubishi Connect. Sebuah layanan dari Mitsubishi Motors yang menghubungkan Mitsubishi Destinator langsung ke smartphone. Tanpa batas jarak, pemilik Destinator bisa memantau, mengendalikan, dan mendapatkan bantuan kapan saja dan di mana saja.

    (rgr/mhg)

  • Yamaha Neos Belum Dijual, Cuma Ojol yang Bisa Pakai

    Yamaha Neos Belum Dijual, Cuma Ojol yang Bisa Pakai

    Jakarta

    Yamaha menggunakan pendekatan yang berbeda untuk studi motor listrik fase sistem tukar baterai di Indonesia. Kali ini motor tersebut diuji oleh driver ojek online. Motor listrik yang digunakan ialah Yamaha Neos.

    “Ini program dari Yamaha Motor Company ya. Yang kerja sama dan memang difasilitasi juga oleh Yamaha Indonesia untuk kerja sama dengan grab, ride hailing lah ya.” kata Rifki Maulana, Manager Public Relations, YRA & Community. PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

    Sebelumnya Yamaha melakukan studi dengan baterai yang tertanam pada model Yamaha E01, konsumen bisa menjajal. Tapi untuk motor listrik swap baterai ini belum tersedia untuk dijajal publik.

    “Nggak (tersedia untuk konsumen) saat ini masih fokus untuk ride hailing,” kata Rifki.

    Areanya masih terbatas di Jabodetabek. Sebagai pendukung utama proyek ini, Yamaha telah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyediakan stasiun tukar baterai mandiri yang tersebar di berbagai lokasi strategis di wilayah Jabodetabek. Melalui stasiun-stasiun ini, Yamaha juga akan mempelajari secara mendalam ekosistem penanganan baterai, mulai dari sisi hulu hingga hilir.

    Skema yang dijalankan Yamaha pun sama seperti sebelumnya, yakni sistem sewa. Jadi, pengemudi Grab yang ingin menggunakan Yamaha Neo bisa menyewa motor listrik tersebut melalui platform yang sudah disiapkan.

    “Sama dengan skema sebelumnya. Sistem sewa. Masih Jabodetabek coverage area,” kata Rifki.

    Langkah ini disebut Yamaha sebagai bentuk studi pasar. Tak hanya soal penerimaan konsumen, tetapi juga model bisnis motor listrik di Indonesia.

    Dengan strategi ini, Yamaha tampaknya masih berhati-hati sebelum melepas motor listrik ke pasar umum. Fokus utama tetap di uji coba bersama Grab, sembari melihat sejauh mana minat, kebutuhan, serta ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air berkembang.

    “Ya pasti studi tentang EV dan juga. Bisnis skemanya bagaimana di Indonesia,” kata Rifki.

    (riar/rgr)

  • Jadi Juara Dunia, Marc Marquez Resmi Sejajar dengan Valentino Rossi

    Jadi Juara Dunia, Marc Marquez Resmi Sejajar dengan Valentino Rossi

    Jakarta

    Marc Marquez resmi menjadi juara dunia MotoGP 2025. Rider asal Spanyol itu finis kedua di MotoGP Jepang yang digelar di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (28/9/2025).

    Jadi juara dunia MotoGP 2025, Marc Marquez kini sudah resmi sejajar dengan mantan rivalnya, Valentino Rossi. Torehan gelar juara dunia kedua pebalap MotoGP tersebut kini sudah setara.

    Sebelumnya, hingga pensiun Rossi telah memiliki tujuh gelar di balapan kelas premier dan total sembilan gelar di seluruh kelas. Rossi jadi juara kelas 125 cc pada 1997. Dua tahun kemudian, Rossi kembali meraih gelar juara di kelas 250 cc pada 1999.

    Selanjutnya, di tahun 2001 Rossi jadi juara di kelas 500 cc sebagai kelas primer saat itu. Di kelas MotoGP, Rossi enam kali menjadi juara, jadi total gelar kelas primer yang diraih Rossi mencapai 7 kali, dan di semua kelas 9 kali. Rossi terakhir kali jadi juara dunia di musim 2009. Setelah itu, pebalap asal Italia tersebut belum meraih gelar ke-10-nya di kompetisi ini.

    Berikut torehan gelar juara dunia Valentino Rossi hingga pensiun:

    1997: Kelas 125 cc (Aprilia)1999: Kelas 250 cc (Honda)2001: Kelas 500 cc atau kelas primer sebelum MotoGP (Honda)2002: Kelas MotoGP (Honda)2003: Kelas MotoGP (Honda)2004: Kelas MotoGP (Yamaha)2005: Kelas MotoGP (Yamaha)2008: Kelas MotoGP (Yamaha)2009: Kelas MotoGP (Yamaha)

    Sementara itu, Marc Marquez juga meraih gelar juara dunia total 9 kali di semua kelas. Marquez pertama kali meraih gelar juara dunia di kelas 125 cc pada tahun 2010. Berikutnya, Marquez juga meraih gelar juara dunia di kelas Moto2 pada 2012.

    Naik ke kelas primer MotoGP, Marquez langsung meraih gelar juara dunia pertamanya di tahun 2013 bersama Honda. Di tahun berikutnya, 2014, Marquez kembali meraih gelar. Selanjutnya, dari tahun 2016 sampai dengan 2019 atau 4 tahun berturut-turut Marquez meraih gelar juara dunia. Dan kali ini, Marquez meraih gelar juara dunia ketujuh di kelas primer MotoGP atau kesembilan di semua kelas. Torehan tersebut menempatkan Marquez sejajar dengan Rossi yang sama-sama meraih tujuh gelar di kelas primer atau sembilan gelar di semua kelas.

    Berikut torehan gelar juara dunia Marc Marquez:

    2010: Kelas 125 cc (Red Bull Ajo Motorsport)2012: Kelas Moto2 (Team CatalunyaCaixa Repsol)2013: Kelas MotoGP (Repsol Honda)2014: Kelas MotoGP (Repsol Honda)2016: Kelas MotoGP (Repsol Honda)2017: Kelas MotoGP (Repsol Honda)2018: Kelas MotoGP (Repsol Honda)2019: Kelas MotoGP (Repsol Honda)2025: Kelas MotoGP (Lenovo Ducati).

    Dengan usianya yang masih produktif, bukan tidak mungkin Marquez akan mengalahkan rekor Rossi dalam meraih gelar juara dunia di semua kelas. Apalagi, tahun depan Marquez juga masih membalap di tim pabrikan Ducati yang motornya diprediksi masih kompetitif.

    (rgr/mhg)

  • Dengan Tenang, Marquez Juara Dunia

    Dengan Tenang, Marquez Juara Dunia

    Jakarta

    Sirkuit Motegi jadi panggung pembuktian bagi Marc Marquez di MotoGP Jepang 2025. Dengan tenang, pebalap fenomenal ini berhasil mengunci gelar juara dunia MotoGP, meski musim 2025 belum usai.

    Bagaikan phoenix yang bangkit dari abu. Marc yang sempat diragukan bisa kembali ke performa maksimal setelah cedera lengan kanan, ternyata setelah beberapa operasi dan 108 kali terjatuh, ia kembali mengangkat trofi juara dunia MotoGP, gelar yang terakhir ia raih pada 2019 bersama Repsol Honda saat itu.

    Francesco ‘Pecco’ Bagnaia lah yang sebenarnya keluar sebagai pemenang di balapan utama MotoGP Jepang 2025, disusul oleh Marc dan Joan Mir.

    Meski begitu, MotoGP Jepang tetap menyajikan balapan seru dengan banyak momen penting. Penasaran dengan jalannya balap dan hasil lengkapnya? Simak ulasannya!

    Jalannya Balapan

    Sebelum balapan dimulai, Pecco Bagnaia sudah percaya diri berada di pole position. Pebalap asal Italia ini punya modal kuat untuk juara lantaran memenangkan Sprint Race kemarin.

    Di belakangnya, ada Joan Mir yang menunggangi motor kebanggaan tuan rumah. Disusul oleh Marc Marquez yang tampak mencoba tenang sejak awal lomba.

    Gaspol! Begitu lampu merah padam, Pecco langsung melesat mencuri holeshot dan memimpin rombongan. Ia disusul oleh Pedro Acosta yang start dengan sangat baik, lalu di posisi ketiga ada Marc Marquez yang tenang.

    Sementara Mir, start dengan kurang baik dan harus terlempar ke posisi kelima, disalip oleh Fabio Quartararo. Di urutan keenam, lap pertama ada Morbidelli dan ketujuh ada Marco Bezzecchi. Adik kandung Marc, Alex Marquez tetap di posisi kedelapan sejak start.

    Di lap kedua, Morbidelli tampak ngotot menyalip Quartararo. Sempat hampir senggolan dan membuat Quartararo sedikit menutup gasnya hingga merosot ke posisi sembilan. Kocokan pebalap lima besar terdepan langsung berubah akibat manuver Morbidelli memaksa masuk posisi lima.

    Masuk ke pertengahan lomba, tepatnya di lap ke-11, Marquez terlihat meninggalkan zona nyamannya. Ia berhasil menyalip Acosta dan langsung meningkatkan pace balap dari posisi kedua. Meski sudah berada di posisi kedua, nyatanya jarak antara Marc dan Pecco terpaut hampir 4 detik.

    Yang seru adalah pertarungan posisi ketiga antara Acosta dan Mir. Di lap ke-14, Mir berhasil menyalip Acosta dan membuka peluang untuk berdiri di podium MotoGP untuk pertama kalinya dengan motor Honda.

    Tak lama dari duel Acosta-Mir, penonton juga dibuat kaget dengan kejadian di motor Pecco. Ada asap yang keluar dari sisi kanan motornya saat pebalap asal Italia ini membuka gas. Namun ia tampak masih fokus di posisi depan dan tetap balap dengan pace-nya.

    Bicara soal Acosta, pebalap muda bermotor KTM ini ternyata kendor di lap-lap akhir. Sempat galak di awal lomba, pertahanan Acosta ternyata bisa dibongkar dan ia bahkan keluar dari trek di lap ke-19.

    Lima lap terakhir tampak tenang, meski rasanya tidak bagi penggemar Ducati. Motor Pecco masih tetap mengeluarkan asap setiap ia memacunya dan Marc masih harus mempertahankan posisi, sebab Alex sudah berada di posisi enam.

    Di sisa empat lap lagi, publik Jepang bersorak. Pebalap kebanggaan mereka, Takaaki Nakagami, keluar dari trek dan tidak dapat melanjutkan balapan. Selain Nakagami, sebelumnya Luca Marini yang menggunakan motor Honda juga harus lebih dulu menyelesaikan balap di lap-lap awal.

    Selain mereka berdua, Jack Miller juga harus menyelesaikan balap dengan cara paling tidak keren. Rantainya lepas, isu yang sudah menjadi ‘ikon’ bagi KTM belakangan.

    Akhirnya, lap terakhir MotoGP Jepang benar-benar jadi putaran paling intens dan dramatis. Dikawal oleh asap yang terus ‘ngebul’ dari motornya, Pecco berhasil menjadi juara MotoGP Jepang 2025.

    Namun seperti yang kami sebutkan di awal, sorotannya kali ini ada pada Marc Marquez. Pebalap fenomenal ini berhasil menyelesaikan balap dari urutan kedua dan membuatnya menjadi juara dunia MotoGP 2025. Selamat, Marc! Eh, selamat juga buat Mir dan Honda yang sudah berhasil menaklukkan Motegi.

    Hasil MotoGP Jepang 2025

    1. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP25)
    2. Marc Marquez SPA Ducati Lenovo (GP25)
    3. Joan Mir SPA Honda HRC Castrol (RC213V)
    4. Marco Bezzecchi ITA Aprilia Racing (RS-GP25)
    5. Franco Morbidelli ITA Pertamina VR46 Ducati (GP24)
    6. Alex Marquez SPA BK8 Gresini Ducati (GP24)
    7. Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP25)
    8. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
    9. Johann Zarco FRA Castrol Honda LCR (RC213V)
    10. Fermin Aldeguer SPA BK8 Gresini Ducati (GP24)
    11. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
    12. Enea Bastianini ITA Red Bull KTM Tech3 (RC16)
    13. Fabio Di Giannantonio ITA Pertamina VR46 Ducati (GP25)
    14. Miguel Oliveira POR Pramac Yamaha (YZR-M1)
    15. Somkiat Chantra THA Idemitsu Honda LCR (RC213V)
    16. Maverick Viñales SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)
    17. Pedro Acosta SPA Red Bull KTM (RC16)
    18. Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1)

    DNF
    Luca Marini ITA Honda HRC Castrol (RC213V)
    Takaaki Nakagami JPN Idemitsu Honda LCR (RC213V)
    Jack Miller AUS Pramac Yamaha (YZR-M1)

    (mhg/rgr)

  • Link Live Streaming MotoGP Jepang 2025

    Link Live Streaming MotoGP Jepang 2025

    Jakarta

    MotoGP Jepang 2025 akan berlangsung pada Minggu (28/9/2025) siang WIB. Seri ke-17 ini kemungkinan besar akan menjadi panggung Marc Marquez mengunci gelar juara dunia MotoGP.

    Jangan sampai kelewatan, detikers! Sebab aksi Marquez cs melaju di Sirkuit Motegi, Jepang, dapat disaksikan di berbagai platform termasuk via link live streaming MotoGP Jepang 2025 yang akan kami bagikan di artikel ini.

    Sebelum menonton MotoGP Jepang 2025, mari bedah peta pertarungannya. Marc Marquez masih perlu beberapa poin dan mengamankan jarak dengan adiknya, Alex Marquez.

    Untuk menjadi juara dunia, Marc Marquez hanya perlu finis di depan Alex Marquez. Namun jika Alex menjadi juara di MotoGP Jepang 2025, Marc butuh finis di urutan kedua.

    Di sisi lain, MotoGP Jepang juga akan menyajikan pertarungan yang menarik untuk diikuti. Ada Francesco ‘Pecco’ Bagnaia yang tengah on fire dan akan start dari urutan terdepan.

    Selain Pecco, ada Joan Mir yang bukan tidak mungkin menunjukkan tajinya. Pebalap Honda ini, berhasil mencatatkan waktu tercepat kedua, sehingga bisa start dari belakang Pecco.

    Jangan lupa, pada sesi Sprint Race MotoGP Jepang 2025 kemarin, Pedro Acosta juga tampil ngotot. Pebalap muda tim Red Bull KTM Factory Racing ini berhasil finis di urutan ketiga dan bukan tidak mungkin memberikan kejutan di balap utama siang nanti.

    Nama Fabio Quartararo juga patut diperhitungkan. Lagi-lagi, Yamaha berhasil menunjukkan bahwa mereka belum padam dengan mencatatkan waktu yang baik di kualifikasi dan bahkan bisa finis di posisi 6 Sprint Race kemarin.

    Nah! Banyak kejutan di MotoGP Jepang 2025 nanti. Semua itu, termasuk kemungkinan besar Marquez mengunci gelar juara dunia MotoGP dapat disaksikan dengan banyak cara, termasuk via link live streaming MotoGP Jepang 2025.

    Link Live Streaming MotoGP Jepang 2025

    MotoGP Jepang 2025 sejatinya disiarkan secara langsung melalui saluran Trans7. Namun, jika tak sempat menyaksikannya di televisi, kalian bisa menontonnya melalui layanan streaming.

    Race MotoGP Jepang 2025 ditayangkan secara streaming melalui sejumlah platform online, mulai dari laman resmi MotoGP hingga Vidio.com. Kalian tinggal membuka salah satu laman berikut untuk menyaksikannya.

    Streaming MotoGP.comStreaming Vision+Streaming Trans7Streaming Vidio

    (mhg/rgr)

  • Mahasiswi 20 Tahun Dapat Duit Rp 1 Miliar usai Beli Yamaha Fazzio

    Mahasiswi 20 Tahun Dapat Duit Rp 1 Miliar usai Beli Yamaha Fazzio

    Jakarta

    Siapa sangka di umur yang masih muda, Pasma Wati (20) bisa menjadi miliarder. Semua itu berawal dari keputusan sederhana, membeli motor Yamaha.

    Pasma Wati, Gen Z Miliarder Yamaha 2024 asal Pekanbaru yang berhasil mengubah hidup keluarganya setelah mempercayakan Yamaha Fazzio sebagai motor andalannya.

    Dia merupakan pemenang program miliarder Yamaha 2024. Wanita asal Pekanbaru ini mendapatkan uang satu miliar tanpa dipotong pajak.

    “Terkejut pastinya. Terharu juga,” kenang Pasma Wati di ICE BSD City, Kamis (25/9/2025).

    Dia juga membagikan kondisi kehidupan keluarganya setelah menjadi seorang miliarder bersama Yamaha.

    “Saya membeli kebun, umrah bersama keluarga, mobil, dan emas,” kata Pasma.

    Dalam kesempatan yang sama turut hadir Sartinah, Ibu Rumah Tangga pengguna Yamaha Mio M3 asal Poso yang berhasil menjadi Miliarder Yamaha. Program miliarder Yamaha ini akan kembali bergulir pada tahun 2026.

    “Program ini adalah bentuk komitmen kami untuk memberikan benefit lebih kepada konsumen loyal. Adapun, program
    ini bukan sekadar ajang bagi-bagi hadiah. Namun melalui program ini, kami melihat bahwa ada dampak sosial nyata yang dapat dirasakan oleh para konsumen kami, yang akhirnya mampu membuat kualitas hidup dan kehidupan mereka menjadi lebih baik. Kami harap, kesempatan baik ini dapat semakin menumbuhkan minat masyarakat dalam menjadikan Yamaha sebagai teman andalan berkendara yang Semakin Di Depan!” ujar Hendri Kartono, Asst. General Manager Sales PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

    (riar/dry)

  • Ada Diskon, Harga Jadi Lebih Murah

    Ada Diskon, Harga Jadi Lebih Murah

    Jakarta

    Pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) sedang bergulir hingga 28 September 2025 di ICE BSD City, Kab. Tangerang. Simak rangkuman produk baru dan promonya berikut ini.

    Ada beragam pabrikan yang turut meramaikan IMOS dengan meluncurkan produk baru. Dari sekadar facelift hingga model anyar.

    Pertama, Yamaha meluncurkan Xmax Tech Max Connected. Motor tersebut mendapat penyegaran fitur electric adjustable screen yang bisa mengatur ketinggian wind screen secara otomatis. Ada pula penyegaran kokpit.

    Kedua, Suzuki Acces 125. Suzuki menambah lini produknya di segmen skuter matik. Di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS), Suzuki meluncurkan skutik Access. Skutik bergaya retro ini dibanderol seharga Rp 25,5 juta dan bertarung dengan Honda Scoopy, Yamaha Fazzio hingga TVS Callisto.

    Ketiga, Morbidelli turut menjadikan lantai IMOS 2025 dengan peluncuran T252X T1002VX.

    Keempat, perusahaan motor listrik lokal asal Surabaya, Kupprum, memperkenalkan Nomad, sebuah prototipe motor listrik petualang ringan (light adventure) di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2025.

    Peserta IMOS

    IMOS 2025 menghadirkan 21 merek sepeda motor, mulai dari sepeda motor berbahan bakar bensin hingga sepeda motor listrik yaitu Honda, Suzuki, TVS, Yamaha, Alva, Aprilia, Benda, Harley-Davidson, Italjet, Keeway, Kupprum, Moto Guzzi, Morbidelli, Piaggio, Polytron, QJ Motor, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, Wmoto, dan Zontes.

    Lebih dari 50 produk dari industri pendukung seperti aksesoris, apparel, pelumas, teknologi digital, dan suku cadang juga akan turut meramaikan pameran. Pengunjung akan disuguhi berbagai inovasi dan desain terkini dari merek-merek ternama.

    IMOS 2025 mengusung tema “Rides That Truly Matter: Smart, Safe, Sustainable and Efficient”. Pameran ini menjadi bagian dari komitmen AISI dalam mendorong kemajuan industri sepeda motor yang mengedepankan teknologi cerdas, keselamatan berkendara, kepedulian terhadap lingkungan, serta efisiensi mobilitas masyarakat.

    Promo dan diskon harga menjadi yang menarik dalam pameran IMOS 2025, berikut ini rangkumannya:

    TVS

    TVS Motor Company datang ke Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2025 dengan salah satu misi menawarkan diskon buat skutik andalannya, Callisto Intelligo. Skutik bergaya retro ini diberi potongan harga hingga Rp3 juta.

    Selain itu TVS juga menawarkan program lain yaitu konsumen yang membeli Callisto 125 di IMOS 2025 akan diberi voucher MAP senilai Rp 500 ribu.

    Honda

    Honda tidak merilis diskon motor. Namun biasanya setiap tenaga penjual punya promo cicilan dan skema potongan harga yang menarik.

    Setiap pembelian Honda ADV160 mulai 8 September hingga akhir tahun ini akan mendapatkan gratis oli mesin kualitas tinggi SPX2 hingga 1 tahun atau setara dengan 3 kali perawatan berkala, serta gratis biaya jasa perawatan selama 1 tahun sesuai dengan standar Kartu Perawatan Berkala (KPB) sepeda motor Honda.

    Yamaha

    Aneka promo spesial bagi para konsumen yang mengajukan pembelian sepeda motor secara langsung di booth Yamaha IMOS 2025, khususnya promo potongan angsuran hemat.

    Selain itu, konsumen juga berkesempatan untuk raih Free Exclusive Gift berupa Premium Goodie Bag, T-Shirt Go Crazee, dan Full Face Helmet eksklusif dari Yamaha.

    Bagi para konsumen yang juga ingin lakukan sesi test ride dengan line-up motor Yamaha, dapatkan juga kesempatan menarik untuk menangkan berbagai hadiah spesial mulai dari Free Ice Coffee, Diskon 10% pembelian Spare Part & Apparel, premium Smart Watch, serta grand prizes iPhone 13.

    Alva

    Alva juga memberikan subsidi motor listrik hingga Rp 7 juta untuk pembelian Alva N3, Alva One XP, dan Alva Cervo, serta hingga Rp 2 juta untuk Alva Cervo X dan Alva Cervo Q.

    Polytron

    Polytron menghadirkan program Subsidi September Ceria khusus selama pameran, dengan potongan hingga Rp 7.000.000 untuk pembelian FOX-200 dan FOX-R, serta subsidi Rp 5.000.000 untuk pembelian FOX-500.

    Harga Tiket IMOS

    Tiket IMOS 2025 bisa dibeli online maupun langsung di lokasi. Harga tiket online dibanderol Rp 25.000 untuk weekday (Rabu-Jumat) dan Rp 40.000 untuk weekend (Sabtu-Minggu). Sementara itu, tiket on the spot dijual Rp 35.000 (weekday) dan Rp 50.000 (weekend). Anak-anak di bawah 7 tahun dan pengunjung berusia 65 tahun ke atas bisa masuk gratis.

    Ada juga promo spesial untuk pelajar dan mahasiswa pada periode 24-26 September. Cukup menunjukkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa, mereka bisa mendapatkan harga tiket khusus untuk masuk ke pameran.

    Lokasi parkir

    Untuk urusan parkir, ICE BSD menyiapkan area basement untuk kendaraan roda empat. Sementara roda dua bisa memanfaatkan area outdoor Hall 10 dan basement Hall 7.

    Shuttle

    Tak perlu khawatir bagi yang datang tanpa kendaraan, sebab tersedia shuttle bus gratis dari Stasiun Rawa Buntu menuju area pameran dengan jadwal keberangkatan tiap 30 menit.

    (riar/rgr)

  • Cerita Istri Nelayan Jadi Miliarder Gara-gara Beli Motor Mio M3

    Cerita Istri Nelayan Jadi Miliarder Gara-gara Beli Motor Mio M3

    Jakarta

    Hidup sederhana sudah jadi keseharian Sartina. Ibu asal Poso, Sulawesi Tengah, itu terbiasa membantu suaminya yang bekerja sebagai nelayan, sambil mengurus anak-anak dan membuka warung kecil di rumah.

    Namun ada satu hal yang selalu mengganjal hatinya: setiap kali anak-anak butuh diantar ke sekolah, atau dirinya perlu belanja ke pasar, ia harus meminjam motor milik saudara atau tetangga. Rasa sungkan itu lama-lama menumpuk.

    “Motivasi (beli motor) antar anak, karena tidak enak pinjam motor terus,” kata Sartina, mengenang keinginannya.

    Keputusan Nekat Sang Ibu

    Suaminya, Tony, sebenarnya keberatan. Penghasilan sebagai nelayan tak menentu, ditambah kebutuhan sehari-hari yang terus jalan membuat membeli motor baru terasa mustahil.

    Namun naluri seorang ibu lebih kuat. Demi anak-anaknya, Sartina diam-diam mendatangi dealer dan mencicil sebuah Yamaha Mio M3.

    “Tapi ndak usah dulu beli motor, saya diam-diam kredit ke dealer,” cerita Sartina.

    Kejutan Tak Terduga

    Tak pernah terlintas di benaknya, keputusan sederhana itu akan mengubah hidup keluarganya. Sartina tidak tahu kalau Yamaha sedang menggelar program berhadiah miliaran rupiah. Apalagi uang yang diterima Sartina tidak dipotong pajak.

    Ketika namanya diumumkan sebagai pemenang, ia justru sempat curiga. “Saya kira penipuan,” ujarnya sambil tersenyum. Saat itu suaminya bahkan masih berada di tengah laut.

    Kini, Sartina dan keluarga bukan lagi sekadar mengandalkan penghasilan dari laut. Dengan hadiah miliaran rupiah, mereka punya modal untuk memperbesar usaha. Bahkan membeli perahu baru untuk suami. Sartina juga membeli motor Nmax baru.

    Program Miliarder Yamaha Hadir Kembali

    Program miliarder Yamaha kembali bergulir. Bagi pembeli motor Yamaha secara cash ataupun kredit akan dimasukkan ke nomor undian.

    “Program miliarder kita lanjutkan lagi untuk pembelian motor Yamaha saja akan diikutkan program miliarder 2026,” kata Project Leader Miliarder Yamaha, Ratna di ICE BSD City, Kab. Tangerang, Kamis (25/9/2025).

    (riar/rgr)