brand merek: Yamaha

  • Harga Honda BeAT dan Yamaha Gear Ultima Oktober 2025

    Harga Honda BeAT dan Yamaha Gear Ultima Oktober 2025

    Jakarta

    Honda BeAT dan Yamaha Gear Ultima menjadi dua skutik entry level yang bisa dipilih konsumen buat kendaraan harian. Keduanya punya dimensi mungil yang praktis untuk selap-selip di jalan perkotaan, namun tetap mampu membawa banyak barang. Ini harga Honda BeAT dan Yamaha Gear Ultima Oktober 2025.

    Honda BeAT hingga kini tetap menjadi tulang punggung penjualan Honda di Indonesia. Skutik mungil ini bahkan sering disebut ‘motor sejuta umat’ lantaran dominasinya di pasar roda dua nasional. Di sisi lain, Yamaha menghadirkan Gear Ultima sebagai generasi terbaru dari lini Gear, tampil lebih modern dan sporty untuk menantang hegemoni BeAT di kelas entry level.

    Soal harga, Honda BeAT masih menawarkan daya tarik dengan banderol mulai Rp 18 jutaan. Sama seperti bulan lalu, harga BeAT Oktober 2025 tetap stabil tanpa ada revisi. Honda juga menghadirkan varian BeAT Street dengan gaya lebih adventure yang menyasar konsumen muda.

    Harga Honda BeAT Oktober 2025 (OTR Jakarta):

    1. BeAT CBS: Rp 18.980.000

    2. BeAT Deluxe: Rp 19.851.000

    3. BeAT Deluxe Smart Key: Rp 20.381.000

    4. BeAT Street: Rp 19.851.000

    Sementara itu, Yamaha Gear Ultima hadir dengan harga sedikit lebih tinggi. Model ini ditawarkan dalam varian Standard, Hybrid, hingga Hybrid S yang menjadi tipe tertinggi dengan fitur paling lengkap. Sama seperti BeAT, harga Yamaha Gear Ultima Oktober 2025 juga tak berubah dibanding September lalu. Yamaha pun masih memasarkan versi lama Gear agar konsumen punya lebih banyak pilihan.

    Harga Yamaha Gear Ultima Oktober 2025 (OTR Jakarta):

    1. Gear: Rp 19.045.000

    2. Gear Ultima Hybrid: Rp 19.990.000

    3. Gear Ultima Hybrid S: Rp 21.500.000

    Dari sisi spesifikasi, BeAT mengusung mesin eSP 110 cc yang irit bahan bakar, bagasi praktis, dan opsi smart key system. Sedangkan Yamaha Gear Ultima dibekali mesin 125 cc dengan opsi hybrid yang lebih responsif, dilengkapi stop & start system. BeAT tampil simpel dan ringkas, sementara Gear Ultima mengedepankan gaya sporty dengan tipe Hybrid S yang modern.

    Sebagai catatan, harga di atas merupakan harga on the road (OTR) Jakarta per Oktober 2025. Harga bisa berbeda di tiap kota atau daerah, sehingga konsumen disarankan mendatangi dealer resmi Honda dan Yamaha untuk informasi lebih detail.

    (lua/din)

  • Tren Curanmor Meningkat, Dua Kasus Terjadi dalam Satu Malam di Pacitan

    Tren Curanmor Meningkat, Dua Kasus Terjadi dalam Satu Malam di Pacitan

    Pacitan (beritajatim.com) – Satreskrim Polres Pacitan menerima laporan kasus curanmor. Padahal beberapa jam sebelumnya, petugas baru saja melakukan penangkapan pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) jenis Yamaha NMAX di Lingkungan Kebon, Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan,

    Berdasarkan rekaman CCTV yang beredar di media sosial, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 02.38 WIB, Rabu (1/10/2025). Dalam rekaman terlihat dua orang pelaku datang dengan mobil Daihatsu Grandmax yang diparkir tak jauh dari rumah korban, Aji Sudarmaji, warga Dusun Kauman, RT 03/RW 02, Desa Arjowinangun, Kecamatan Pacitan.

    Motor Ninja 2 tak warna hijau dengan nomor polisi S 2186 OAS milik Aji raib digondol maling saat diparkir di teras rumah.

    Kasat Reskrim Polres Pacitan, AKP Khoirul Maskanan, membenarkan adanya trend peningkatan kasus pencurian kendaraan bermotor di wilayah hukumnya. Meski tidak merinci data pasti, ia menyebut ada puluhan kasus dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

    “Iya, memang ada tren kasus pencurian bermotor,” jelasnya ditulis Rabu (1/10/2025)

    Khoirul menambahkan, sebagian besar kasus terjadi karena kelengahan pemilik kendaraan, seperti memarkir motor sembarangan dan meninggalkan kunci yang masih tertancap.

    “Antara 10–15 kejadian dalam setahun, dan biasanya menimpa masyarakat desa yang parkir sembarangan,” pungkasnya.

    Sebelumnya, pada Selasa (30/9/2025) malam, satu unit motor NMAX milik warga Lingkungan Kebon, Kelurahan Ploso, dicuri saat berada di bengkel. Pelaku berinisial DWS (25), warga Dusun Bandem, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, berhasil ditangkap polisi.

    Hanya beberapa jam setelah penangkapan tersebut, laporan pencurian kembali masuk dari Desa Arjowinangun, yang berjarak sekitar 3 kilometer dari TKP pertama. Hingga kini, polisi masih memburu pelaku dengan bekal rekaman CCTV di lokasi kejadian. (tri/but)

  • Motor NMAX Milik Warga Pacitan Hilang Saat Diservis, Enam Jam Kemudian Pelaku Dibekuk Polisi

    Motor NMAX Milik Warga Pacitan Hilang Saat Diservis, Enam Jam Kemudian Pelaku Dibekuk Polisi

    Pacitan (beritajatim.com) – Nasib apes menimpa Eko Danang Pramukti, warga Lingkungan Kebon, Kelurahan Ploso, Pacitan. Motor Yamaha NMAX miliknya raib digondol maling saat berada di bengkel dekat rumahnya.

    Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (30/9/2025) malam sekitar pukul 19.17 WIB di bengkel Sani Motor, Lingkungan Kebon, Kelurahan Ploso.

    Sebelumnya, motor dengan nomor polisi AE 4055 YH itu dibawa ke bengkel untuk diperbaiki. Setelah selesai dikerjakan, pemilik bengkel menginformasikan melalui pesan WhatsApp bahwa motor sudah bisa diambil dengan biaya perbaikan sebesar Rp110 ribu.

    Namun karena kesibukan, Danang baru datang sekitar pukul 19.19 WIB. Saat tiba di bengkel, motor yang hendak diambil ternyata sudah tidak ada.

    “Motor itu sudah selesai diservis dan diinformasikan kepada pemilik. Namun saat hendak diambil, motor diketahui hilang,” terang Kasi Humas Polres Pacitan, Aiptu Thomas Alim Suheny, Rabu (1/10/2025).

    Danang sempat berusaha mencari kendaraannya hingga ke jalur lintas selatan (JLS) Pacitan, namun tidak berhasil menemukan. Kejadian ini akhirnya dilaporkan ke Polres Pacitan.

    Unit Satreskrim Polres Pacitan langsung bergerak cepat melakukan identifikasi. Berbekal rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian, petugas berhasil melacak keberadaan pelaku.

    “Berkat rekaman tersebut, kami berhasil menangkap tersangka di sebuah kos diwilayah kota beserta barang bukti,” kata Kasat Reskrim Polres Pacitan, AKP Khoirul Maskanan, saat dikonfirmasi Rabu (1/10/2025).

    Pelaku diketahui berinisial DWS (25), warga Dusun Bandem, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi. Saat ini tersangka masih menjalani pemeriksaan intensif untuk mengungkap kemungkinan adanya jaringan pencurian kendaraan bermotor di Pacitan. (tri/ian)

  • Adang Bus di Tikungan, Turunan, Marka Garis Solid

    Adang Bus di Tikungan, Turunan, Marka Garis Solid

    Jakarta

    Di media sosial viral rombongan pemotor tiba-tiba menyetop bus di tikungan dan turunan. Pengendara yang menggunakan motor Yamaha Nmax itu tiba-tiba menghadang bus di tikungan.

    Video tersebut beredar viral di media sosial dan diunggah banyak akun. Mulanya, motor Nmax paling depan menyalip bus berwarna biru-kuning. Tiba-tiba, pemotor Nmax itu berhenti seakan menghadang laju bus. Dia berhenti untuk membiarkan rekan di belakangnya menyalip melewati bus. Akibatnya, bus langsung ngerem mendadak.

    Yang dilakukan pemotor Nmax itu dinilai tidak bijaksana. Sebab, pemotor itu menghadang bus di lokasi yang berbahaya, yaitu di tikungan-turunan dengan marka garis solid. Marka garis solid di situ bukan sekadar pajangan, melainkan tanda bahwa pengendara dilarang menyalip.

    “Malu-maluin sih, segerombolan komunitas motor tapi nggak tahu etika,” kata praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menanggapi video viral konvoi Nmax berhentikan bus di tikungan.

    Etika yang mereka langgar, kata Sony, yaitu mendahulukan kepentingan kelompoknya daripada kepentingan umum. Ditambah, ada pelanggaran lalu lintas yang dilakukannya.

    Sony menilai, aksi pemotor tersebut menghadang bus di tikungan itu sangat berbahaya. Bisa saja pemotor itu ditabrak bus yang dihadangnya. Menurut Sony, bus tidak semudah kendaraan yang lebih kecil dalam melakukan pengereman. Dalam kondisi tersebut, berhenti mendadak sulit dilakukan bus dan dapat membahayakan penumpang di dalamnya

    “Mendahului di tikungan, tanjakan dengan marka tidak putus dan yang diberhentikan bukan main-main, kendaraan besar. Stop n go-nya itu susah di kondisi tersebut dan itu membahayakan penumpang. Motor mah gampang nyalip-nyalip,” kata Sony kepada detikOto.

    Risiko lainnya adalah, saat menyalip di tikungan dengan marka garis solid, bisa saja konvoi pemotor itu ditabrak pengendara lain dari arah berlawanan. Sebab, di tikungan dengan marka garis solid biasanya sudutnya sempit dan ada blind spot atau titik tak terlihat yang dapat membahayakan.

    “Risiko tertabrak dari depan (dari arah berlawanan) akibat blind spot di tikungan,” kata Sony.

    Sony menilai, gaya berkendara agresif ini jika dibiarkan akan ada lagi ke depannya. Diharapkan pengendara yang melakukan konvoi lebih bijak lagi dalam mengutamakan kepentingan dan keselamatan banyak orang.

    (rgr/din)

  • Motor Pelajar Tabrak Truk di Kulon Progo, Satu Tewas dan Satu Luka Berat
                
                    
                        
                            Yogyakarta
                        
                        1 Oktober 2025

    Motor Pelajar Tabrak Truk di Kulon Progo, Satu Tewas dan Satu Luka Berat Yogyakarta 1 Oktober 2025

    Motor Pelajar Tabrak Truk di Kulon Progo, Satu Tewas dan Satu Luka Berat
    Tim Redaksi
    KULON PROGO, KOMPAS.com
    – Seorang pelajar bernama WBS (17), warga Kapanewon Girimulyo, tewas setelah motor yang ditumpanginya bertabrakan dengan truk di Jalan Pengasih–Wates, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (30/9/2025) pukul 15.30 WIB.
    Korban meninggal dunia akibat luka berat di kepala setelah sempat mendapat perawatan di RSUD Wates.
    Temannya, AWN (17) asal Kapanewon Nanggulan, yang mengendarai motor Yamaha Vixion AB 3018 CY, mengalami luka serius di bagian perut dan tangan, dan masih menjalani perawatan intensif di RSUD Wates.
    “Kecelakaan terjadi di Jalan Pengasih–Wates dengan satu korban meninggal dunia di rumah sakit,” kata Kasi Humas Polres Kulon Progo, Iptu Sarjoko, Selasa (30/9/2025).
    Menurut polisi, kecelakaan bermula ketika motor yang dikendarai AWN melaju kencang dari arah Nanggulan menuju Wates.
    Saat berusaha mendahului mobil di depannya dengan melewati marka jalan, dari arah berlawanan melaju truk Toyota Dyna R 8920 CM yang dikemudikan NR (42), warga Magelang, Jawa Tengah.
    Adu banteng pun tidak terhindarkan.
    “Sesampainya di lokasi kejadian, pengendara motor diduga mencoba mendahului kendaraan lain dengan melewati marka jalan. Pada saat bersamaan, dari arah berlawanan datang truk Toyota Dyna, sehingga tabrakan tidak dapat dihindari,” ujar Sarjoko.
    Motor korban ringsek, sementara truk juga mengalami kerusakan. NR tidak mengalami luka.
    Pihak kepolisian sudah melakukan olah TKP dan menyelidiki penyebab kecelakaan.
    “Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk lebih berhati-hati, terutama saat hendak mendahului kendaraan lain. Pastikan situasi benar-benar aman dan tidak melanggar marka jalan,” kata Sarjoko.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Naik Vario Pakai Plastik Paket buat Jas Hujan

    Naik Vario Pakai Plastik Paket buat Jas Hujan

    Jakarta

    Beberapa pebalap dan kru MotoGP sudah tiba di Indonesia. Mereka akan melakoni balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Pertamina Mandalika pada akhir pekan ini.

    Setiap mereka mengunjungi Indonesia, pasti ada saja cerita-cerita lucu. Mulai dari sorotan para pebalap internasional mengenai bensin eceran, kebiasaan pengendara sepeda motor, bahkan ada yang menyoroti emak-emak di lombok yang membonceng banyak anak dalam satu sepeda motor.

    Kini ada lagi kelakuan konyol kru MotoGP di Lombok. Bos Prima Pramac Yamaha, Fonsi Nieto, hujan-hujanan di Lombok menggunakan motor Honda Vario. Bukannya pakai jas hujan, Rider Performance Director Prima Pramac Yamaha itu memanfaatkan plastik bekas.

    Tampaknya plastik besar yang digunakan Fonsi Nieto adalah bekas pembungkus paket. Masih ada lakban berlambang Fragile dan tulisan ‘Praya’ yang mengindikasikan lokasi tujuan paket.

    Fonsi tampak semringah hujan-hujanan menggunakan motor Honda Vario dengan jas hujan dari plastik bekas. Di unggahan Instagram Story, Fonsi Nieto menuliskan “Baiklah, kita sudah sampai di Lombok” menggunakan bahasa Spanyol.

    Beberapa pebalap MotoGP memang sudah tiba di Indonesia untuk melakoni balapan MotoGP Indonesia bertajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia akhir pekan ini. Sebagian ada yang mampir dulu ke Jakarta untuk melakukan meet and great dan peluncuran motor. Sisanya ada yang langsung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat.

    Para pebalap beken yang sampai duluan di Bandara Lombok antara lain Francesco Bagnaia, Enea Bastianini, Marco Bezzecchi, Jack Miller, dan Raul Fernandez. Selain itu, sejumlah pembalap lainnya juga dijadwalkan menyusul. Termasuk Luca Marini, Brad Binder, dan Fabio Quartararo yang dijadwalkan tiba di Lombok pukul 20.25 Wita.

    Ajang balap MotoGP Mandalika akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, pada 3-5 Oktober mendatang. Sesi balapan MotoGP di Mandalika akan diawali dengan latihan bebas pada hari Jumat, (3/10/2025). Balapan utama akan digelar pada Minggu (5/10/2025).

    (rgr/din)

  • Daftar Harga Motor Suzuki di Indonesia, Paling Murah Rp 20 Jutaan

    Daftar Harga Motor Suzuki di Indonesia, Paling Murah Rp 20 Jutaan

    Jakarta

    Suzuki punya 10 model motor yang dijual di Indonesia. Berikut ini daftar harga motor Suzuki yang paling murah dijual Rp 20 jutaan.

    Pasar roda dua di dalam negeri juga diramaikan dengan kehadiran motor-motor Suzuki. Modelnya juga beragam dari skuter matic, motor bebek, hingga motor sport. Paling banyak didominasi skuter matic, ada lima model yaitu Nex Crossover, Address GI, hingga yang paling anyar Access 125.

    Motor sport jadi yang paling banyak kedua, barulah terakhir ada satu-satunya motor bebek yakni Satria F150. Motor Suzuki paling murah dijual seharga Rp 20 jutaan. Buat kamu yang tertarik beli motor Suzuki, berikut ini daftar harga lengkapnya.

    Daftar Harga Motor SuzukiSuzuki Nex II: Rp 20,18 jutaSuzuki Nex Crossover: Rp 21,265 jutaSuzuki Address FI: Rp 21,435 jutaSuzuki Access 125: Rp 25,5 jutaSuzuki Burgman Street 125Ex: Rp 26,543 jutaSuzuki Satria F150: Rp 29,165 jutaSuzuki GSX-S150: Rp 32,32 jutaSuzuki GSX-R150: Rp 35,8 jutaSuzuki Gixxer SF 250: Rp 56,2 jutaSuzuki VStrom 250 SX: Rp 60,048 juta

    Motor Suzuki paling murah adalah Nex II yang harganya Rp 20 jutaan. Suzuki Nex II adalah skutik berdesain futuristik dan modern. Motor ini ditenagai mesin 113 cc FI dan didukung teknologi SEP. Berbekal mesin tersebut, Suzuki Nex II itu bisa menyemburkan tenaga 6,9 kW. Kalau diperhatikan speknya, Nex II tampang disajikan untuk menjegal laju Honda BeAT.

    Sedangkan motor termahal adalah VStrom 250 SX. VStrom 250 SX merupakan motor petualang yang cocok untuk diajak melahap semua medan jalan. VStrom 250 SX ini mengandalkan mesin berkapasitas 249 cc yang dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan. Kehadiran VStrom ini praktis ‘mengganggu’ pasar yang dihuni Honda CRF 250 Rally hingga Kawasaki Versys-X 250.

    Di segmen skutik retro, Suzuki rupanya juga nggak mau kalah dengan meluncurkan skutik Access baru-baru ini. Access bermesin 125 cc itu bakal berhadapan langsung dengan Honda Scoopy, Yamaha Fazzio, hingga TVS Callisto.

    (dry/rgr)

  • Adu Bagasi Suzuki Access vs Honda Scoopy dkk, Mana Paling Luas?

    Adu Bagasi Suzuki Access vs Honda Scoopy dkk, Mana Paling Luas?

    Jakarta

    Berikut ini perbandingan kapasitas bagasi di segmen skutik retro seharga Rp 20 jutaan mulai dari Suzuki Access, Honda Scoopy, hingga TVS Callisto.

    Suzuki Access menawarkan ragam fitur untuk memikat warga +62. Salah satunya berupa kapasitas bagasi sebesar 24,4 liter yang cukup untuk menyimpan tas belanja, jas hujan, dan barang bawaan lainnya. Kalau dibandingkan dengan rival-rivalnya, bagaimana kapasitas bagasi Suzuki Access ini ya?

    Bagasi Suzuki Access Foto: Andhika Prasetia
    Kapasitas Bagasi Honda Scoopy Dkk

    Untuk diketahui, Suzuki Access masuk ke pasar skuter matik (skutik) retro yang sebelumnya sudah diramaikan oleh Honda Scoopy, Yamaha Fazzio, dan TVS Callisto. Kalau urusan bagasi, rupanya Suzuki Access masih kalah luas dengan bagasi TVS Callisto. TVS Callisto kapasitas bagasinya mencapai 33 liter. Dalam ilustrasi terlihat, bagasi itu cukup untuk memuat dua helm.

    Selanjutnya untuk Yamaha Fazzio, kapasitas bagasinya seluas 17,8 liter. Terakhir, bagasi yang paling kecil di segmen tersebut adalah Honda Scoopy. Di bawah joknya, Scoopy punya bagasi dengan kapasitas 15,4 liter.

    Tak bisa dipungkiri, kapasitas bagasi seringkali jadi salah satu pertimbangan seseorang sebelum membeli motor. Buat yang berpergian dengan barang yang banyak, bagasi yang luas tentu jadi pertimbangan utama. Nah itu tadi perbandingan bagasi antara Suzuki Access, Yamaha Fazzio, Honda Scoopy, dan TVS Callisto.

    Bagasi Yamaha Fazzio Foto: Rifkianto Nugroho

    Kalau urusan mesin, Suzuki Access menggendong mesin berkapasitas 125 cc dan bisa menyemburkan tenaga 6,2 kW dan torsi maksimum 10,2 Nm pada putaran rendah. Tenaganya setara dengan Yamaha Fazzio yaitu 6,2 kW pada 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm pada 4.500 rpm. Honda Scoopy punya tenaga lebih besar yaitu 6,6 kW pada 7.500 rpm dan torsi 9,2 Nm pada 6.000 rpm. Padahal Scoopy kapasitas mesinnya hanya 110 cc. Terakhir ada TVS Callisto yang di atas kertas bisa menyemburkan tenaga 6 kW pada 6.500 rpm dan torsi 10,5 Nm pada 4.500 rpm.

    Kalau spesifikasi bagasi dan mesin sudah tahu, bagaimana dengan harganya? Di segmen tersebut Suzuki Access merupakan yang termahal. Berikut ini rincian harga Suzuki Access vs Honda Scoopy dkk.

    Harga Suzuki Access vs Honda Scoopy Dkk

    Harga Suzuki Access

    Suzuki Access 125 Solid Ice Green: Rp 25,5 jutaSuzuki Access 125 Metallic Mat.Black: Rp 25,5 jutaSuzuki Access 125 Pearl Grace White: Rp 25,5 juta

    Harga Honda Scoopy

    Scoopy Fashion: Rp 22,876 jutaScoopy Energetic: Rp 22,876 jutaScoopy Prestige: Rp 23,681 jutaScoopy Stylish: Rp 23,681 juta

    Harga Yamaha Fazzio

    Fazzio Hybrid: Rp 21,92 jutaFazzio Hybrid Neo: Rp 23,705 jutaFazzio Hybrid Lux: Rp 24,395 juta

    Harga TVS Callisto

    Callisto 125: Rp 22,8 juta

    (dry/din)

  • Honda Square X125 Meluncur, Cocok Buat Motor ‘Perang’

    Honda Square X125 Meluncur, Cocok Buat Motor ‘Perang’

    Jakarta

    Sundiro Honda China resmi meluncurkan skuter crossover terbarunya, Square X125. Model ini langsung mencuri perhatian karena tampil beda dari kebanyakan skuter modern. Square X125 hadir dengan desain kotak yang terinspirasi dari Honda PS250 dan Ruckus, dipadukan mesin 125 cc seperti yang digunakan pada Zoomer X.

    Di segmennya, Honda Square X125 berpotensi jadi pesaing serius Yamaha Zuma. Bukan hanya tampil tangguh, Square juga dijejali sederet fitur fungsional yang membuat pas untuk penggunaan harian, hingga aktivitas luar ruangan alias outdoor.

    Honda Square X125 Foto: Dok. Honda

    Dari segi desain, Square X125 tampil unik dengan setang tinggi ala motor trail, ban semi-dual purpose, serta suspensi belakang ganda. Jok belakangnya bisa dilipat, sehingga berubah menjadi area bagasi, cocok buat membawa barang tambahan. Tangki bahan bakar ditempatkan di tengah dengan footrest di sampingnya.

    Wajahnya makin sangar berkat empat lampu LED berbentuk persegi yang ditanam di fairing depan. Honda juga melengkapi motor ini dengan peredam kejut depan berpenutup karet anti-debu, bagasi penyimpanan di atas lampu, hingga braket yang disiapkan untuk membawa box tambahan.

    Meski bodinya ringkas, Square X125 dibekali fitur kekinian. Ada panel instrumen full digital, smart key, port USB untuk mengisi daya gawai, serta sistem pengereman ABS dual channel dengan cakram depan dan belakang.

    Honda Square X125 Foto: Dok. Honda

    Urusan performa, motor ini mengandalkan mesin eSP 125 cc, satu silinder, berpendingin cairan. Tenaga maksimumnya mencapai 7 kW atau sekitar 9,5 dk dengan torsi 10 Nm. Angka ini memang tidak besar, tapi cukup untuk menaklukkan jalan perkotaan dan kegiatan off-road ringan.

    Di China, Honda Square X125 dibanderol 12.680 yuan atau setara Rp 29,6 jutaan. Harganya relatif terjangkau untuk motor bergaya adventure mini yang multifungsi. Dengan tampilan unik dan fitur komplet, Square X125 bisa jadi motor ‘perang’ yang serba bisa bagi pecinta petualangan.

    (lua/din)

  • Deretan Fitur Keamanan dan Keselamatan Mitsubishi Destinator

    Deretan Fitur Keamanan dan Keselamatan Mitsubishi Destinator

    Jakarta

    Mitsubishi Destinator menjadi senjata baru dari Mitsubishi Motors buat bermain di kelas SUV 7-seater. Mobil ini dibekali segudang fitur keamanan dan keselamatan. Apa saja?

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan Mitsubishi Destinator, premium family SUV terbaru untuk pasar otomotif Indonesia. Mobil ini langsung disambut positif dari konsumen dengan jumlah pemesanan ribuan unit.

    “Kami mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia atas antusiasme terhadap Mitsubishi Destinator. Sejak diluncurkan di ajang GIIAS 2025 Juli lalu, kami telah mencatat lebih dari 8.000 SPK (pemesanan kendaraan),” kata Yoshio Igarashi, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, baru-baru ini.

    Mitsubishi masih mempertahankan harga Destinator hingga bulan ini. Berdasarkan price list di situs resminya, berikut harga Mitsubishi Destinator:

    GLS: Rp 385.000.000Exceed: Rp 405.000.000Ultimate: Rp 465.000.000.

    Adapun varian Ultimate memiliki opsi tambahan dengan fitur Premium dengan biaya Rp 30 juta berupa penyematan Dynamic Sound Yamaha Premium, power tailgate, dan electric seat adjuster.

    Mitsubishi Destinator dirancang untuk keluarga modern yang aktif dan dinamis. Mengusung konfigurasi tiga baris kursi dengan kapasitas tujuh penumpang, mobil ini memadukan desain SUV yang tangguh dan modern dengan interior premium yang lapang untuk menjamin kenyamanan seluruh penumpang.

    Pengemudi dan penumpang bisa tenang karena Destinator dibekali segudang fitur keamanan dan keselamatan. Berikut beberapa fiturnya.

    Fitur Keselamatan Pasif

    Fitur keselamatan pasif adalah teknologi yang bekerja saat kecelakaan sudah terjadi, bertujuan untuk mengurangi risiko cedera pada penumpang. Untuk melindungi pengemudi dan penumpang, Destinator punya konstruksi bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution). Teknologi andalan Mitsubishi Motors ini dirancang khusus dengan material baja berkekuatan tinggi dan struktur yang mampu menyerap energi benturan dari berbagai arah. Fungsinya adalah menjaga ruang kabin tetap utuh dan melindungi penumpang dari deformasi bodi saat terjadi tabrakan.

    Kemudian ada SRS Airbag (Supplemental Restraint System). Mitsubishi Destinator dilengkapi dengan 6 airbag yang terletak di dasbor untuk penumpang depan, airbag samping dan jendela. Ketika sensor mendeteksi benturan hebat, kantung udara akan mengembang dalam hitungan milidetik untuk menahan kepala dan dada penumpang, mencegah benturan dengan dasbor, door trim, dan juga jendela samping.

    Lalu terdapat Sabuk Pengaman dengan Pretensioner & Force Limiter. Sabuk pengaman bukan sekadar tali. Fitur pretensioner akan mengencangkan sabuk saat benturan terdeteksi, menahan tubuh penumpang agar tidak terlempar ke depan. Sementara itu, force limiter akan sedikit mengendurkan sabuk untuk mengurangi tekanan berlebih pada dada.

    Fitur Keselamatan Aktif

    Fitur keselamatan aktif adalah sistem canggih yang bekerja secara terus-menerus untuk membantu pengemudi menghindari potensi kecelakaan. Fitur keselamatan aktif ini juga termasuk keberadaan teknologi Diamond Sense Mitsubishi Motors.

    Ada beberapa fitur keselamatan aktif di Mitsubishi Destinator, antara lain:

    ABS (Anti-lock Braking System): Saat mengerem mendadak, ABS mencegah roda terkunci. Ini memungkinkan pengemudi tetap bisa mengendalikan arah mobil, bahkan saat pengereman maksimal di jalan licin.EBD (Electronic Brake-force Distribution): Sistem ini bekerja bersama ABS. EBD secara cerdas mendistribusikan daya pengereman ke masing-masing roda sesuai beban dan kondisi jalan, sehingga pengereman lebih efektif dan stabil.BA (Brake Assist): Fitur ini akan mendeteksi pengereman panik dan secara otomatis meningkatkan daya pengereman secara maksimal, membantu mobil berhenti lebih cepat.AYC (Active Yaw Control): Meningkatkan stabilitas saat menikung dengan mengontrol torsi roda dengan bantuan sensor pintar, sehingga Mitsubishi Destinator bisa lebih cepat keluar dari manuver berbahaya.ASC (Active Stability Control) & TCL (Traction Control System): ASC membantu mobil tetap stabil saat menikung tajam atau bermanuver di jalan licin dengan mengurangi putaran mesin dan mengerem roda yang kehilangan traksi. Sementara itu, TCL mencegah ban selip saat berakselerasi.HSA (Hill Start Assist): Saat berada di tanjakan, fitur ini akan menahan rem selama beberapa detik setelah pengemudi melepaskan pedal rem, memberi waktu untuk memindahkan kaki ke pedal gas tanpa mobil mundur.Lane Change Assist (LCA): Fitur keselamatan pada Mitsubishi Destinator yang membantu pengemudi saat melakukan pergantian jalur dengan memberikan peringatan jika ada kendaraan lain di titik buta pengemudi. Peringatan berupa tanda segitiga kuning pada spion.Fitur ADAS Diamond Sense

    Seperti disebut sebelumnya, Mitsubishi Destinator memiliki fitur ADAS Diamond Sense. Beberapa fitur ADAS di Destinator antara lain:

    Forward Collision Mitigation (FCM) System: Fitur canggih yang menggunakan sensor radar untuk mendeteksi potensi tabrakan dengan kendaraan di depan. Sistem ini akan memberikan peringatan dan jika pengemudi tidak merespons akan secara otomatis melakukan pengereman.Blind Spot Warning (BSW): BSW memberikan peringatan jika ada kendaraan di area blind spot.Multi Around Monitor: Fitur canggih yang memberikan pandangan 360 derajat di sekitar Mitsubishi Destinator yang dapat digunakan saat parkir atau bergerak pelan. Menggabungkan gambar dari beberapa kamera di sekeliling mobil menjadi satu tampilan bird’s eye view di layar head unit, membantu meminimalkan blind spot.Leading Car Departure Notification (LCDN): Fitur yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan di depannya mulai menjauh.Rear Cross Traffic Alert (RCTA): Fitur yang menggunakan sensor radar atau kamera untuk mendeteksi dan memperingatkan pengemudi tentang adanya kendaraan atau objek yang mendekat dari arah samping saat mobil mundur, terutama saat keluar dari tempat parkir atau area dengan visibilitas terbatas.Adaptive Cruise Control (ACC): Membantu menjaga kestabilan kecepatan mobil dan mengatur jarak dengan kendaraan di depan, membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan di depan berhenti.Automatic High Beam: Sistem ini secara intuitif akan berganti antara lampu jauh (high beam) dan lampu normal tergantung pada situasi jalan, sehingga tak menyilaukan kendaraan lain.Front Rain Sensing Wipers: Teknologi wiper kaca depan mobil yang menggunakan sensor untuk mendeteksi keberadaan tetesan air hujan di kaca depan, dan secara otomatis mengaktifkan serta menyesuaikan kecepatan sapuan wiper sesuai dengan intensitas hujan yang terdeteksi.Fitur Keamanan

    Jika fitur keselamatan ditujukan untuk pengemudi dan penumpang ketika berkendara, maka fitur keamanan pada Mitsubishi Destinator dirancang untuk menjaga mobil tetap aman saat diparkir. Ada beberapa fitur keamanan, antara lain:

    Immobilizer: Sistem keamanan anti-pencurian untuk mencegah mobil dihidupkan tanpa kunci yang sah.Alarm Notification: Notifikasi ke smartphone jika alarm mobil aktif.Stolen Vehicle Tracking: Memungkinkan pelacakan posisi kendaraan saat terjadi pencurian.Geofence, Speed, & Curfew Alerts: Pengemudi dapat menetapkan batas lokasi, kecepatan, dan waktu penggunaan kendaraan.Car Finder: Untuk melihat lokasi dan posisi Mitsubishi Destinator secara real-time.Emergency Assistant: Menghubungi bantuan darurat dengan satu tombol.

    Sebagian besar fitur keamanan itu bisa diakses dengan mudah melalui Mitsubishi Connect. Sebuah layanan dari Mitsubishi Motors yang menghubungkan Mitsubishi Destinator langsung ke smartphone. Tanpa batas jarak, pemilik Destinator bisa memantau, mengendalikan, dan mendapatkan bantuan kapan saja dan di mana saja.

    (rgr/mhg)