brand merek: Yamaha

  • Wujud Honda NSR 150-Yamaha R1 yang Dilelang Bea Cukai, Ada yang Rp 3 Jutaan!

    Wujud Honda NSR 150-Yamaha R1 yang Dilelang Bea Cukai, Ada yang Rp 3 Jutaan!

    Wujud Honda NSR 150-Yamaha R1 yang Dilelang Bea Cukai, Ada yang Rp 3 Jutaan!

  • Bea Cukai Lelang Honda Super Cub-Ducati Panigale, Mulai Rp 3 Jutaan!

    Bea Cukai Lelang Honda Super Cub-Ducati Panigale, Mulai Rp 3 Jutaan!

    Jakarta

    Bea Cukai Langsa akan melelang barang yang menjadi milik negara hasil dari penindakan tahun 2024. Ada puluhan motor yang dilelang dari Kawasaki Serpico hingga Ducati Panigale mulai Rp 10 jutaan.

    Bea Cukai Langsa bersama dengan Kantor Pelayaan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Lhokseumawe bakal melelang puluhan barang milik negara. Dalam pengumuman resmi di akun Instagram Bea Cukai Langsa, 22 di antaranya merupakan motor dengan jenis yang berbeda, bahkan moge pun ada.

    Kawasaki Serpico dilelang Foto: Dok.lelang.go.id

    Mulai dari Ducati Panigale V4R, Ducati Panigale V4, Suzuki RGV VJ, Kawasaki Ninja ZX10R, Yamaha TZR 250, Yamaha MT-10, Yamaha R1, Honda Dio SR, Honda Dash Nova, hingga Kawasaki Serpico. Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar 22 motor yang dilelang Bea Cukai Langsa beserta dengan nilai limit dan jaminan lelang.

    Daftar Barang Lelang Bea Cukai Langsa

    1. Ducati Panigale V4 warna merah
    Nilai Limit: Rp 512.388.000
    Jaminan Lelang: Rp 256.194.000

    2. Ducati Panigale V4 warna merah
    Nilai Limit: 306.706.000
    Jaminan Lelang: Rp 153.353.000

    3. Ducati Panigale V4R warna silver
    Nilai Limit: Rp 256.235.000
    Jaminan lelang: Rp 128.117.500

    4. Suzuki RGV VJ 23SP warna biru putih
    Nilai Limit: Rp 133.412.000
    Jaminan Lelang: Rp 66.706.000

    5. Kawasaki Ninja ZX10R warna hijau
    Nilai Limit: Rp 101.996.000
    Jaminan Lelang: Rp 50.998.000

    6. Kawasaki Ninja ZX10R warna hijau
    Nilai Limit: Rp 101.996.000
    Jaminan Lelang: Rp 50.998.000

    7. Yamaha TZR 250 warna putih
    Nilai Limit: Rp 65.214.000
    Jaminan Lelang: Rp 32.607.000

    8. Yamaha MT-10 warna hitam
    Nilai Limit: Rp 195.490.000
    Jaminan Lelang: Rp 97.745.000

    9. Kawasaki Z900 Sugomi warna merah
    Nilai Limit: Rp 81.361.000
    Jaminan Lelang: Rp 40.680.500

    10. Yamaha R1 warna biru
    Nilai Limit: 144.182.000
    Jaminan Lelang: Rp 72.091.000

    11. Honda Dio SR warna abu-abu
    Nilai Limit: Rp 26.029.000
    Jaminan Lelang: Rp 13.014.500

    12. Honda Dash Nova warna abu-abu
    Nilai Limit: Rp 10.893.000
    Jaminan Lelang: Rp 5.446.500

    13. Honda Super Cub warna biru
    Nilai Limit: Rp 3.386.000
    Jaminan Lelang: Rp 1.693.000

    14. Kawasaki Serpico warna merah muda
    Nilai Limit: Rp 21.914.000
    Jaminan Lelang: Rp 10.957.000

    15. Honda NSR 150 SP warna merah
    Nilai Limit: Rp 44.471.000
    Jaminan Lelang: Rp 22.235.000

    16. Honda Dash Nova warna hijau dan oranye
    Nilai Limit: Rp 10.893.000
    Jaminan Lelang: Rp 5.446.500

    17. Honda Dash Nova warna hijau dan oranye
    Nilai Limit: Rp 10.893.000
    Jaminan Lelang: Rp 5.446.500

    18. Honda Dash Nova warna hijau dan oranye
    Nilai Limit: Rp 10.893.000
    Jaminan Lelang: Rp 5.446.500

    19. Kawasaki KS-II warna hijau
    Nilai Limit: Rp 12.971.000
    Jaminan Lelang: Rp 6.485.500

    20. Honda NSR 150 warna biru
    Nilai Limit: Rp 26.647.000
    Jaminan Lelang: Rp 14.823.000

    21. Kawasaki Serpico warna kuning
    Nilai Limit: Rp 18.017.000
    Jaminan Lelang: Rp 5.405.100

    22. Kawasaki Ninja ZX10R warna hitam
    Nilai Limit: Rp 73.336.000
    Jaminan Lelang: Rp 36.683.000

    Perlu dicatat, motor di atas tidak disertai dengan bukti kepemilikan. Adapun dokumen yang diterima pemenang lelang hanya berupa Salinan Risalah Lelang yang dikeluarkan oleh KPKNL Lhokseumawe.

    Kamu bisa melihat barang lelang ini langsung pada Senin dan Selasa 27-28 Oktober 2025 di TPP KPPBC TMP C Langsa, Jl. Cut Nyak Dhien No.16. Gampong Jawa, Kec. Langsa Kota, Kota Langsa, Aceh.

    Lelang akan dilaksanakan pada Kamis 30 Oktober 2025. Waktu penawaran bisa dilakukan sejak barang tayang pada aplikasi lelang hingga batas akhir pada Kamis 30 Oktober 2025 pukul 11.00 WIB (sesuai waktu server). Lelang akan dilakukan di laman lelang.go.id dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Pemenang akan ditetapkan setelah batas akhir penawaran.

    (dry/din)

  • Quartararo Jawab Tudingan Bertahan di Yamaha Gegara Duit

    Quartararo Jawab Tudingan Bertahan di Yamaha Gegara Duit

    Jakarta

    Meski sering mengeluh soal motor yang tak kompetitif, namun Fabio Quartararo tetap bertahan di Yamaha. Situasi tersebut kemudian menimbulkan sejumlah tuduhan: benarkah dia betah karena dirayu upah berlimpah?

    Di banyak kesempatan, Quartararo selalu komplain soal motornya yang lambat dan tak mampu bersaing dengan tunggangan-tunggangan lainnya. Bahkan, motornya beberapa kali mengalami masalah ketika El Diablo sedang tampil baik dan memimpin jalannya perlombaan.

    Bukan pindah atau mencari tim baru, Quartararo justru perpanjang kontrak dengan Yamaha hingga musim depan. Meski mendapat tudingan yang macam-macam, namun dia memastikan, keputusannya bertahan di tim pabrikan Iwata semata-mata bukan karena uang.

    “Orang-orang banyak membicarakan kontrak saya saat ini untuk 2025 dan 2026, tetapi angka (penghasilan) dari dua tahun sebelumnya tidak jauh berbeda. Saya tidak bertahan di Yamaha hanya karena uang,” ujar Fabio Quartararo, dikutip dari Motorsport, Jumat (24/10).

    Fabio Quartararo. Foto: AFP/PAUL CROCK

    Sebagai pebalap professional, Quartararo mengaku tak mau terlalu banyak memikirkan uang. Dia berusaha mencontoh Marc Marquez yang tetap tampil baik bersama Gresini Racing saat penghasilannya ‘terjun bebas’ dibandingkan di Repsol Honda.

    “Marc meninggalkan Honda ketika semua tim pabrikan lain sudah memiliki pebalap yang terikat kontrak. Tapi ya, teladannya – mengendarai motor terbaik tanpa menghiraukan uang – benar-benar menginspirasi,” tuturnya.

    Kendati begitu, Quartararo tak menutup pintu sepenuhnya untuk tim-tim lain yang berminat menggunakan jasanya. Sebab, dia masih muda dan perjalanannya di MotoGP masih sangat panjang.

    “Masih banyak yang harus saya lakukan. Saya senang karena impian terbesar saya adalah menjadi pebalap MotoGP dan memenangkan gelar juara dunia – dan saya telah melakukannya. Tapi, saya tidak puas dengan apa yang telah saya capai dibandingkan dengan potensi yang saya miliki sekarang,” ungkapnya.

    “Saya tahu saya jauh lebih baik sekarang daripada 2021 ketika saya menjadi juara. Setelah tiga tahun yang sulit, saya belajar banyak tentang bertarung tanpa motor yang tepat. Saya adalah seorang pemenang dan saya tahu apa yang masih harus saya raih sebelum pensiun,” kata dia menambahkan.

    (sfn/dry)

  • Quartararo Ancam Cabut dari Yamaha Jika Mesin V4 Tak Kompetitif

    Quartararo Ancam Cabut dari Yamaha Jika Mesin V4 Tak Kompetitif

    Jakarta

    Fabio Quartararo mengatakan bakal pindah jika Yamaha tidak bisa memberikan motor untuk bersaing memperebutkan gelar. Sejak juara dunia 2021 bersama Yamaha, keberuntungan Fabio Quartararo terus menurun seiring performa M1 yang makin tertinggal dari para rivalnya.

    Quartararo tidak pernah meraih kemenangan sejak 2022. Yamaha sudah mencapai batas dengan YZR-M1 yang ada saat ini. Pabrikan garpu tala itu memusatkan pengembangan pada mesin V4 terbaru – yang justru tidak terlalu membuat Quartararo antusias saat tes Misano bulan lalu. Quartararo masih memiliki kontrak dengan Yamaha hingga 2026.

    Yamaha telah mulai menggunakan mesin V4 pada motor balap MotoGP-nya pada September 2025, di mana prototipe YZR-M1 bermesin V4 pertama kali diuji dalam balapan wildcard di Sirkuit Misano. Jika pengembangan motor itu masih jauh tertinggal dari para rival. Quartararo beri ultimatum bakal hengkang.

    “Yamaha bekerja keras dengan mesin V4, tapi tujuan utama saya adalah bertarung untuk kemenangan, podium, dan kejuaraan. Dan jika saya tidak punya motor yang bisa melakukan itu, tentu saja saya akan pindah,” ujar Quartararo dikutip dari Crash, Jumat (24/10/2025).

    Yamaha masih melakukan pengujian mesin V4 pada akhir musim balap 2025, khususnya setelah seri balap di Sepang pada Oktober 2025, serta tes resmi di Sirkuit Valencia dan Sepang pada awal 2026. Tujuan utamanya adalah mengumpulkan data performa di berbagai kondisi untuk memutuskan apakah akan beralih ke mesin V4 secara penuh untuk musim 2026.

    “Saya rasa Valencia akan menjadi sangat penting. Karena dalam dua setengah bulan, kamu tidak bisa benar-benar mengubah motor secara total, terutama bagi kami,” ujar Quartararo.

    “Kamu tidak bisa sepenuhnya mengubah dasar motornya,” kata dia.

    “Saya pikir semua pabrikan akan menurunkan motor yang sama (mesin V4) tahun depan, tapi untuk kami, itu tidak demikian,” tambah dia.

    “Kita akan lihat bagaimana kami bisa meningkatkan diri, dan saya rasa titik krusialnya akan ada pada tes Valencia dan tes Sepang di bulan Februari,” kata Quartararo.

    (riar/dry)

  • Xmax versi Hedon, Harga Velgnya Aja Bisa Kebeli Nmax Turbo!

    Xmax versi Hedon, Harga Velgnya Aja Bisa Kebeli Nmax Turbo!

    Jakarta

    Yamaha Xmax menjelma jadi motor sultan yang sporty. Modifikasi Xmax yang tetap proper dengan permainan warna ini menjadi jawara CustoMAXI di Balikpapan.

    Xmax modifikasi kali ini mengusung konsep Black Mamba ini mendapat ubahan hampir pada semua sektor dan menghabiskan biaya modifikasi mencapai ratusan juta.

    Dari sisi body, tampilan menarik hadir melalui penyematan karbon yang dipadukan dengan stripping grafis berkelir merah yang memberikan kesan eksklusif sekaligus garang, mirip seperti ular ikonik dari benua Afrika, yakni Black Mamba.

    Modifikasi Xmax Foto: Dok. Yamaha

    Bagian muka juga tidak luput dari sentuhan modifikasi dengan penyematan lampu LED biled yang menambah kesan advance. Cover mesin juga diubah dengan CNC plat bermotif serta berkisi-kisi yang terlihat mewah serta aerodinamis.

    Modifikasi Xmax Foto: Dok. Yamaha

    Lanjut ke area stang dan kokpit, handle bar telah diganti, dan terlihat penggunaan mirror aftermarket yang minimalis dan sporty.

    Kapasitas mesin juga ditingkatkan hingga mencapai kubikasi di angka 380cc. Rombakan pada area kaki menjadi yang paling mencolok, karena suspensi, velg, ban dan
    sistem pengereman juga diganti dengan part after-market super premium yang tidak hanya meningkatkan estetika tetapi juga performa berkendara.

    Banyak baut dan komponen kecil lainnya diganti dengan aksen titanium atau warna-warni, seperti baut emas atau kuning pada seluruh motor, termasuk pada side stand yang terlihat menggunakan material titanium finish.

    Modifikasi velg motor ini saja harganya tembus hingga 38 juta-an, setara dengan harga Nmax “TURBO”. Motor ini langsung mendapat julukan Xmax Sultan.

    “Jujur saya dan teman-teman garap motor ini tergolong kejar tayang karena tidak sampai dua bulan, makanya kita benar-benar kerja keras untuk bisa membuat konsep yang
    kuat. Dan kalo melihat para pesertanya, ya event ini cukup kompetitif. Makanya hasil modifikasi Xmax Black Mamba ini detail-nya benar-benar kita perhatikan, part-part yang dipilih pun juga yang premium punya untuk memberikan hasil yang terbaik. Alhamdulilah akhirnya bisa menang di kelas Super Maxi Xmax,” ungkap Chandra.

    (riar/din)

  • Tahun Depan Vietnam Larang Motor Bensin, Jepang Peringatkan Ancaman PHK

    Tahun Depan Vietnam Larang Motor Bensin, Jepang Peringatkan Ancaman PHK

    Jakarta

    Pemerintah Vietnam akan melarang penggunaan sepeda motor bermesin bensin di tahun depan. Jepang dengan merek otomotif roda duanya bersuara soal larangan motor bensin di Vietnam tersebut.

    Diberitakan Reuters, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh mengeluarkan arahan yang melarang sepeda motor berbahan bakar bensin memasuki pusat ibu kota mulai pertengahan tahun 2026. Hal itu merupakan upaya negara tersebut untuk mengurangi tingkat polusi udara yang tinggi. Pembatasan yang lebih luas akan diberlakukan pada tahun 2028 dan larangan tersebut diperkirakan akan meluas ke wilayah lain di negara tersebut.

    Menanggapi hal ini, Kedutaan Besar Jepang di Hanoi mengirimkan surat kepada otoritas Vietnam yang menyatakan bahwa larangan mendadak tersebut dapat berdampak pada lapangan kerja di industri pendukung. Pekerja di dealer sepeda motor dan pemasok suku cadang bisa-bisa di-PHK akibat kebijakan tersebut.

    Kedutaan juga mendesak otoritas Vietnam untuk mempertimbangkan “peta jalan yang tepat” untuk elektrifikasi yang akan mencakup periode persiapan dan penerapan regulasi secara bertahap.

    Diketahui, pasar sepeda motor di Vietnam adalah salah satu yang terbesar di dunia. Jumlah sepeda motor terdaftar tahun lalu mendekati 80 persen dari populasi negara yang berjumlah 100 juta jiwa itu, salah satu tingkat kepemilikan tertinggi di dunia.

    Kelompok dagang utama untuk produsen sepeda motor asing di Vietnam, yang dipimpin oleh Honda serta mencakup Yamaha dan Suzuki, mengirimkan suratnya sendiri kepada pemerintah Vietnam. Merek memperingatkan bahwa larangan tersebut dapat mengakibatkan gangguan produksi dan risiko kebangkrutan bagi perusahaan-perusahaan dalam rantai pasokan.

    Para produsen mengatakan larangan tersebut dapat menimbulkan efek domino terhadap ratusan ribu pekerja. Produsen sepeda motor Jepang itu menyebutkan potensi gangguan bagi hampir 2.000 dealer dan sekitar 200 pemasok komponen.

    Menanggapi kekhawatiran tentang peralihan ke kendaraan listrik, Perdana Menteri Chinh menyampaikan kepada para eksekutif Jepang bahwa pengurangan emisi merupakan isu global yang membutuhkan upaya bersama untuk memilih solusi paling optimal dengan peta jalan yang sesuai.

    (rgr/din)

  • Lebih Bertenaga, Ini Perbandingan Mesin WMoto Nexy+ 180 dengan PCX dan Nmax

    Lebih Bertenaga, Ini Perbandingan Mesin WMoto Nexy+ 180 dengan PCX dan Nmax

    Jakarta

    Pabrikan motor asal Malaysia, WMoto, resmi meluncurkan model terbaru Nexy+ 180. Mengusung mesin 180 cc, skutik ini menjadi penantang serius Honda PCX 160 dan juga Yamaha Nmax 155. Seperti apa perbandingan mesin dan tenaga ketiga skutik gambot ini?

    Sebagai informasi, Nexy+ 180 dibekali mesin satu silinder 174 cc (kalau dibulatkan jadi 180 cc), berpendingin cairan, dengan empat katup. Tenaganya mencapai 18,2dk pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 17,2 Nm di 6.500 rpm. Daya disalurkan ke roda belakang lewat transmisi CVT.

    Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax Foto: Dok. detikOto

    Bergeser ke Honda PCX 160, mengusung mesin 156,9 cc terbaru, eSP+, empat katup, PGM-FI. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga puncak 15,7 dk pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Mesin ini sama seperti yang digunakan pada Vario 160, ADV 160, dan Stylo 160.

    Sementara Yamaha Nmax anyar mengusung mesin 155,09 cc, empat katup, injeksi, dengan tambahan fitur VVA (Variable Valve Actuation). Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimal 15,2 dk pada 8.000 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

    Kesimpulannya, dengan kapasitas mesin lebih besar, WMoto Nexy+ 180 secara performa lebih powerful dibanding skutik buatan Jepang seperti Yamaha Nmax atau Honda PCX.

    Menariknya lagi, skutik gambot WMoto itu di Malaysia dijual dengan harga kompetitif, yakni RM 8.988 atau sekitar Rp 35 jutaan. Harga Yamaha Nmax dan Honda PCX pun ada pada rentang harga itu, bahkan versi termahal kedua skutik buatan Jepang ini tembus di angka Rp 40 jutaan.

    Peluang WMoto Nexy+ 180 dijual di Indonesia pun terbuka lebar. Soalnya WMoto sudah hadir di Indonesia melalui MForce Indonesia. WMoto sejauh ini telah menjual beberapa model di Tanah Air, seperti Porter 125, Letbe Series, Swiftbee Series, Greta, Draco, dan sport bike naked Morbius.

    (lua/rgr)

  • Kecelakaan di Mojokerto 1 Tewas, Kasat Lantas Imbau Pengendara Waspada

    Kecelakaan di Mojokerto 1 Tewas, Kasat Lantas Imbau Pengendara Waspada

    Mojokerto (beritajatim.com) – Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Raya Randegan, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Kamis (23/10/2025) sekitar pukul 01.30 WIB.

    Insiden di tengah sepinya arus kendaraan itu menelan satu korban jiwa, sementara satu lainnya mengalami luka berat.

    Peristiwa bermula saat sepeda motor Yamaha Jupiter yang dikendarai WAK (44), warga Desa Kweden Kembar, Kecamatan Mojoanyar, melaju dari arah barat ke timur dengan membonceng DPP (22).

    Setibanya di lokasi, sepeda motor tersebut menabrak bagian pengaman pojok kanan truk tangki yang dikemudikan API (52), warga Magersari.

    Akibat benturan itu, pengendara motor terpental ke jalur kanan dan tertabrak mobil Toyota Innova yang dikemudikan RDI (20), pelajar asal Kecamatan Bangsal, yang melaju dari arah belakang. Korban WAK mengalami luka parah di bagian kepala dan dinyatakan meninggal dunia saat dibawa ke RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto.

    Menanggapi kejadian tersebut, Kasat Lantas Polres Mojokerto Kota, AKP Galih Yasir Mubaroq mengimbau seluruh pengguna jalan agar lebih berhati-hati, terutama saat berkendara di waktu dini hari yang rawan kecelakaan akibat menurunnya konsentrasi.

    “Kami mengingatkan kepada seluruh pengguna jalan agar selalu menaati peraturan lalu lintas. Bila mengantuk segera menepi dan beristirahat di tempat aman. Jaga jarak aman, jangan menyalip bila ruang tidak cukup, serta selalu konsentrasi dan beretika di jalan,” tegas AKP Galih Yasir Mubaroq, Kamis (23/10/2025).

    Ia menambahkan, kecelakaan sering terjadi bukan hanya karena kondisi jalan, tetapi juga akibat kelalaian dan kelelahan pengemudi.

    Menurutnya, keselamatan di jalan bukan hanya tanggung jawab polisi, tapi juga setiap pengendara. Sehingga ia menghimbau agar menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain, karena keluarga selalu menunggu di rumah.

    Sebelumnya, kecelakaan lalu-lintas terjadi di Jalan Raya Randegan, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Kamis (23/10/2025) dini hari. Kecelakaan sekitar pukul 01.35 WIB. tersebut melibatkan sepeda motor, truk tangki bermuatan air, dan mobil Toyota Kijang Innova.[tin/ted]

  • Mesin 180 cc, Harga Rp 35 Jutaan

    Mesin 180 cc, Harga Rp 35 Jutaan

    Jakarta

    Pasar skuter bongsor di Asia Tenggara makin ramai. Dari Malaysia, hadir WMoto Nexy+180 2025 yang siap menantang Yamaha Nmax 155 dan Honda PCX 160. Skuter anyar negeri jiran ini dibanderol RM 8.988 atau sekitar Rp 35 jutaan, belum termasuk pajak, dan biaya lain-lain.

    WMoto Nexy+180 diproduksi oleh MForce Bike Holdings dan hadir dalam empat pilihan warna yakni Magic Blue, Midnight Black, Nardo Grey, dan juga Xtreme White. Dari sisi desain, tampilannya modern dengan bodi lebar dan lampu full LED, termasuk lampu proyektor, DRL, hazard, serta kamera di bagian dasbor.

    WMoto Nexy+180 2025 Foto: WMoto

    Soal performa, Nexy+180 dibekali mesin satu silinder 174 cc, berpendingin cairan, dan empat katup. Tenaganya mencapai 18,2 dk pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 17,2 Nm di 6.500 rpm. Daya disalurkan ke roda belakang lewat transmisi CVT.

    Bobot motor ini cukup ringan di angka 124 kg, dengan tinggi jok 765 mm, jadi cocok untuk pengendara dengan postur rata-rata Asia. Kapasitas tangki bahan bakarnya 8 liter, cukup untuk perjalanan harian dan jarak menengah.

    Untuk keamanan, skuter ini sudah dilengkapi rem cakram depan 260 mm dengan kaliper 4 piston dan cakram belakang 220 mm dengan ABS dua kanal, serta kontrol traksi. Suspensinya memakai garpu teleskopik depan dan sokbreker ganda di belakang.

    WMoto Nexy+180 2025 Foto: WMoto

    Panel instrumennya memakai layar TFT-LCD enam inci dengan konektivitas Bluetooth untuk notifikasi panggilan, serta port USB tipe A dan C untuk isi daya gadget. Ada juga sistem keyless, dan kompartemen depan bermagnet.

    Dengan fitur melimpah dan harga kompetitif, WMoto Nexy+180 siap jadi alternatif menarik bagi mereka yang mencari skuter premium bergaya modern, namun sudah bosan dengan skutik gambot buatan Jepang seperti Nmax maupun PCX.

    WMoto Nexy+180 2025 Foto: WMoto

    (lua/din)

  • Panas! Jepang Tiba-Tiba Warning Vietnam, Ada Apa?

    Panas! Jepang Tiba-Tiba Warning Vietnam, Ada Apa?

    Jakarta, CNBC Indonesia – Ketegangan terjadi antara pemerintah Jepang dan Vietnam. Hal ini terkait rencana larangan sepeda motor bertenaga bensin di Hanoi mulai 2026.

    Jepang dan beberapa produsen terkemuka di negara itu memperingatkan Vietnam bahwa kebijakan tersebut dapat memicu pemutusan hubungan kerja (PHK). Bahkan, mengganggu pasar senilai US$4,6 miliar (Rp 76 triliun) yang didominasi oleh perusahaan Jepang, Honda.

    Laporan awal diberitakan Reuters, Selasa (21/10/2025). Sebuah dokumen ditinjau laman itu, ditambah tujuh sumber.

    Sebelumnya di Juli, Perdana Menteri (PM) Vietnam Pham Minh Chinh mengeluarkan arahan yang melarang sepeda motor berbahan bakar bensin memasuki pusat ibu kota mulai pertengahan tahun 2026. Negara tersebut berupaya mengurangi tingkat polusi udara yang tinggi.

    Pembatasan yang lebih luas akan diberlakukan pada tahun 2028. Larangan tersebut diperkirakan akan meluas ke wilayah lain di negara tersebut.

    Kedutaan Besar Jepang di Hanoi kemudian mengirimkan surat kepada otoritas Vietnam yang menyatakan bahwa larangan mendadak tersebut dapat “berdampak pada lapangan kerja di industri pendukung” seperti dealer sepeda motor dan pemasok suku cadang.

    Kedubes juga mendesak otoritas Vietnam untuk mempertimbangkan “peta jalan yang tepat” untuk elektrifikasi yang mencakup periode persiapan dan implementasi regulasi secara bertahap.

    Kedubes menolak untuk menyebutkan kapan surat tersebut dikirim. Namun seorang pejabat pemerintah Jepang mengatakan bahwa surat tersebut telah disampaikan pada bulan September.

    Menurut firma riset Mordor Intelligence, pasar kendaraan roda dua Vietnam merupakan salah satu yang terbesar di dunia, dengan nilai US$4,6 miliar tahun ini. Jumlah sepeda motor terdaftar tahun lalu mendekati 80% dari 100 juta penduduk negara tersebut, salah satu tingkat kepemilikan tertinggi di dunia.

    Honda memimpin pasar hingga 80%, disusul Yamaha lalu Suzuki. Kebijakan Vietnam bisa menimbulkan risiko kebangkrutan bagi perusahaan-perusahaan.

    (sef/sef)

    [Gambas:Video CNBC]