brand merek: Yamaha

  • Stoner Nggak Setuju Ducati Pilih Marquez: Tidak Adil buat Martin

    Stoner Nggak Setuju Ducati Pilih Marquez: Tidak Adil buat Martin

    Jakarta

    Casey Stoner melihat keputusan Ducati dalam merekrut Marc Marquez sebagai tandem Francesco Bagnaia tidak tepat. Sebab yang pantas naik ke kursi pebalap pabrikan adalah Jorge Martin.

    Martin sedang menunjukkan statusnya sebagai pebalap superior di atas motor Ducati. Orang Spanyol itu jadi kandidat juara dunia MotoGP 2024.

    Tim Ducati merah pada akhirnya sudah lebih memilih Marquez. Padahal Martin sudah mengincar slot kursi pabrikan dari jauh-jauh hari.

    Martin bakal memberikan perpisahan yang manis dengan Ducati. Saat hengkang dari tim satelit Ducati terjadi, Martin memilih Aprilia. Dia ingin menggunakan nomor satu musim depan.

    Bagi Stoner, hal ini terkesan tidak adil bagi Martin. Ya, saat Ducati mengesampingkan pebalap muda seperti Enea Bastianini dan Jorge Martin.

    “Saya rasa tidak tepat jika mereka memilihnya (Marc Marquez) ketimbang Martín atau Enea. Khususnya Jorge, dia telah menunjukkan kemampuannya; dia layak mendapatkan gelar juara dan berada dalam posisi yang tepat untuk mendapatkannya (rekan setim Bagnaia),” kata Stoner dikutip dari Motosan.

    Stoner mengatakan begitulah budaya di dalam Ducati. Dia tidak terkejut dengan keputusan Borgo Panigale. Imbasnya selain kehilangan Martin, Pramac selaku tim satelit juga pindah ke Yamaha.

    “Begitulah cara Ducati bekerja dan itulah mengapa mereka kehilangan begitu banyak pebalap,” kata Stoner.

    “Saya rasa itu tidak adil. Anda tidak hanya membalap untuk bisnis, Anda membalap untuk hasrat dan kesenangan. Dan ketika Anda memiliki orang-orang yang berpaling dari Anda dengan begitu cepat, Anda akan menemukan motivasi untuk pergi ke tempat lain. Mereka telah kehilangan pelari dan tim yang hebat,” lanjutnya.

    (riar/din)

  • Lihat Lebih Dekat Penampakan Yamaha Nmax Versi Eropa

    Lihat Lebih Dekat Penampakan Yamaha Nmax Versi Eropa

    Di atas kertas, Yamaha Nmax 125 versi Eropa dibekali mesin satu silinder, SOHC, 125 cc, yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 12 dk pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 11,2 Nm pada 6.000 rpm. Mesin ini tentunya juga sudah dibekali fitur VVA alias Variable Valve Actuation. Foto: Dok. Yamaha

  • Honda Stylo hingga Yamaha NMax Turbo

    Honda Stylo hingga Yamaha NMax Turbo

    Jakarta

    Panitia akhirnya mengumumkan pemenang motor terbaik di Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2024. Honda dan Yamaha sama-sama menempatkan satu produknya di pameran khusus roda dua tersebut.

    Berbeda dengan pameran-pameran lain, pengumuman produk terbaik IMOS 2024 tak disampaikan di hari terakhir acara, melainkan beberapa hari setelahnya. Pemenang penghargaan sangat beragam dan tak hanya didominasi merek asal Jepang.

    Meski tak banyak peluncuran motor baru, namun IMOS 2024 diramaikan produk-produk unggulan yang masih terbilang segar. Itulah mengapa, beberapa pemenangnya merupakan motor anyar yang bukan meluncur di pameran tersebut.

    Pemenang Motor Terbaik di IMOS 2024 Foto: Septian Farhan/detikoto

    Penghargaan motor harian terbaik dimenangkan Honda Stylo 160 ABS yang telah meluncur sejak 10 bulan lalu. Kemudian Yamaha NMax Turbo varian tertinggi terpilih sebagai motor paling banyak dicoba di IMOS 2024.

    Sementara khusus penghargaan motor listrik, Polytron dan ION Mobility sama-sama menyumbang satu produk terbaiknya. Royal Enfield dan Harley Davidson tak mau ketinggalan dengan menyabet penghargaan di sektor lain.

    Berikut Daftar Pemenang Motor Terbaik IMOS 2024Best Daily Bike – Honda Stylo 160 ABSMost Ridden Motorcycle Internal Combustion Engine (ICE) – Yamaha NMax Turbo Tech Max UltimateBest Big Bike – Royal Enfield Shotgun 650Favorite Electric Bike – ION M1-SMost Ridden Motorcycle EV – Polytron FOX 500Special Exhibit Motorcycle – Harley-Davidson Sportster Turbo-Roadster

    Sebagai catatan, pameran IMOS 2024 berlangsung di ICE BSD, Tangerang Selatan, pada 30 November hingga 3 November 2024. Meski tak banyak peluncuran produk baru, namun pameran tersebut mampu mencetak transaksi hingga Rp 70 miliar!

    Merek yang terlibat juga lebih banyak. Ada Honda, Yamaha, TVS, Suzuki, Kawasaki, Royal Enfield, Royal Alloy dan Harley Davidson. Selain merek konvensional, ada juga merek EV seperti ALVA, Electrum, Horwin, ION Mobility, Polytron, V Move, Volta dan ZPT.

    “Sejak tahun lalu IMOS mulai hadir setiap tahun untuk menyapa pecinta sepeda motor di Tanah Air. Peningkatan pada IMOS tahun ini sangat menarik bagi para pengunjung, tercatat ada 98.791 pengunjung datang menikmati sajian pameran,” kata Sigit Kumala selaku Ketua Penyelenggara IMOS 2024.

    (sfn/din)

  • Yamaha Nmax Terbaru Meluncur di Eropa, Pilihan Warnanya Keren-keren

    Yamaha Nmax Terbaru Meluncur di Eropa, Pilihan Warnanya Keren-keren

    Jakarta

    Yamaha Nmax 125 terbaru resmi meluncur di Eropa. Desain Yamaha Nmax 125 generasi teranyar ini sama seperti desain Yamaha Nmax 155 tipe Neo dan Turbo yang sudah diperkenalkan di Indonesia sebelumnya. Yamaha Nmax 125 model terkini juga mendapatkan pilihan warna yang keren-keren.

    Mengutip situs resmi Yamaha Eropa, Yamaha Nmax 125 mendapatkan pilihan tipe standar dan Tech Max. Untuk varian standar pilihan warnanya adalah icon black dan milky white. Sedangkan tipe Tech Max dapat pilihan warna ceramic grey dan dark magma.

    Yamaha Nmax 125 terbaru meluncur di Eropa Foto: Dok. Yamaha

    Warna icon black pada tipe standar mengusung warna hitam dengan sentuhan aksen biru pada bagian velg dan juga emblem Nmax. Sedangkan pada tipe Tech Max, ada pilihan warna ceramic grey yang elegan dan mewah. Sayangnya, dua pilihan warna yang keren itu tidak ada di Nmax 155 versi pasar Indonesia.

    Meski begitu, pasar Indonesia tetap beruntung karena mendapatkan varian Turbo yang dibekali sistem transmisi elektronik YECVT dengan fitur mode berkendara. Sementara untuk model Nmax 125 yang dipasarkan di Eropa ini tak mendapatkan pilihan varian Turbo.

    Di atas kertas, Yamaha Nmax 125 versi Eropa dibekali mesin satu silinder, SOHC, 125 cc, yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 12 dk pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 11,2 Nm pada 6.000 rpm. Mesin ini tentunya juga sudah dibekali fitur VVA alias Variable Valve Actuation.

    Yamaha Nmax 125 Foto: Dok. Yamaha

    Secara umum, fitur-fitur Nmax 125 ini mirip seperti fitur-fitur yang ada di Nmax 155 versi Indonesia. Dari lampu-lampu full LED, lampu depan proyektor, start stop system dan kunci keyless, termasuk juga panel layar TFT 4,2 inci buat varian Tech Max.

    Adapun detail lain yang membedakan adalah, semua varian Nmax 125 di Eropa sudah mendapatkan fitur charger dengan colokan tipe USB C. Selain itu, Nmax 125 versi Eropa mesinnya sudah mengadopsi regulasi emisi Euro5+.

    Yamaha Nmax 125 terbaru meluncur di Eropa Foto: Dok. Yamaha

    Saksikan juga video: Komparasi Yamaha NMAX Turbo dan NMAX Neo: Turbo Lebih Memukau, NEO Lebih Terjangkau

    (lua/rgr)

  • Uniknya Motor-motor Komunitas Kalcer Skuter, Nggak Cuma Vespa Matik!

    Uniknya Motor-motor Komunitas Kalcer Skuter, Nggak Cuma Vespa Matik!

    Jakarta

    Komunitas Kalcer Skuter bersama detikOto baru saja menggelar Costume Party di Jakarta, Sabtu (9/11). Pada kesempatan tersebut, selain touring keliling Kota Metropolitan, mereka juga memajang motornya di selasar Kopi Dikolam, Kemang, untuk dipamerkan ke publik yang melintas.

    Sesuai namanya, motor-motor yang dipakai Komunitas Kalcer Skuter mengusung konsep pop culture yang memadukan warna terang dengan sentuhan pop yang khas. Menariknya, tunggangan yang mereka pakai cukup beragam, tak cuma Vespa matik!

    “Memang kita tidak membatasi jenis motornya, yang penting mah skuter matik dan itu boleh empat atau dua tak. Kemudian yang penting juga ada konsepnya,” ujar Adega Anggayasta selaku Founder sekaligus ‘Kepala Suku’ Kalcer Skuter kepada detikOto di Kemang, Jakarta Selatan.

    Komunitas Kalcer Skuter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Menurut pengamatan kami, Vespa matik memang masih mendominasi di komunitas Kalcer Skuter. Namun, ada motor-motor lain yang tak kalah unik, mulai dari Honda Genio, Honda Scoopy, Honda Stylo, Honda Spacy, Yamaha Grand Filano, Yamaha Fazzio, hingga TVS Callisto.

    Konsep yang diusung juga cukup beragam. banyak yang hanya memainkan kombinasi warna, namun tak sedikit yang memasukkan unsur pop melalui karakter-karakter kartun atau film lain.

    Komunitas Kalcer Skuter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Adega menjelaskan, Kalcer Skuter telah terbentuk sejak April 2024. Kini, mereka punya 150 anggota yang kebanyakan berdomisili di Jakarta. Bukan hanya kalangan umum, anggotanya juga banyak diisi public figure, seperti Rifat Sungkar, Sissy Prescillia, Rigen dan Arif Brata.

    “Jadi kita memang membuka wadah buat teman-teman yang mau modifikasi motor dengan konsep pop culture. Tak banyak ubahan, tapi kelihatan cakep lah dan bertema. Eh, ternyata pas kita buka wadahnya, udah banyak yang punya motornya, jadi pada tinggal gabung,” kata Adega.

    (sfn/rgr)

  • Kenapa Ban Motor Goyang? Ini 9 Kemungkinan Penyebabnya

    Kenapa Ban Motor Goyang? Ini 9 Kemungkinan Penyebabnya

    Jakarta

    Masalah pada ban motor biasanya tidak perlu waktu lama hingga diketahui pengendara. Misalnya, ban motor goyang yang berdampak pada kenyamanan dan stabilitas selama berkendara.

    Jika ban motor detikers terasa goyang, sebaiknya segera menepi dan bawa ke bengkel terdekat untuk mengetahui penyebabnya. Selanjutnya, penanganan ban motor goyang dilakukan sesuai faktor penyebabnya.

    9 Penyebab Ban Motor Goyang

    Dilansir dari situs Astra Motor dan Yamaha Deta, berikut ini 9 penyebab kenapa ban motor goyang atau terasa oleng:

    1. Pemasangan Ban Tidak Rata

    Jika detikers mengalami ban goyang setelah mengganti ban baru, mungkin penyebabnya adalah proses pemasangan yang salah. Pemasangan ban harus dilakukan dengan benar.

    Pemasangan yang tidak sejajar dengan velg bisa menyebabkan ban motor goyang saat berkendara. Bukan hanya tidak nyaman, hal ini bisa membahayakan keselamatan.

    2. Tekanan Angin Tidak Pas

    Terkadang ban motor terasa oleng karena masalah sepele, yaitu tekanan angin ban yang tidak pas. Tekanan terlalu tinggi menyebabkan terlalu keras sehingga getaran tidak dapat diredam. Sebaliknya jika tekanan terlalu rendah atau kempes, maka akan terasa oleng seperti mau bocor.

    3. Velg Bengkok

    Masalah lainnya adalah velg bengkok, retal, atau tidak melingkar sempurna. Jika velg mengalami masalah ini, salah satu gejalanya adalah ban motor goyang atau oleng. Masalah velg biasanya bisa diservis, tetapi jika terlalu berat, detikers bisa menggantinya dengan velg baru.

    4. Permukaan Ban Menipis

    Alasan ban motor goyang berikutnya adalah permukaan ban yang sudah menipis. Hal ini juga menyebabkan gesekan ban dengan jalan akan sangat terasa. Bahkan jika sudah sangat tipis, ban juga akan mudah bocor.

    5. Motor Pernah Jatuh atau Tabrakan

    Jika ban motor kamu terasa goyang, coba ingat-ingat lagi apakah motor tersebut pernah jatuh atau tabrakan. Tabrakan mungkin membuat kondisi sasis motor rusak yang mengakibatkan ban depan dan belakang menjadi tidak rata tengah. Jika ban depan dan belakang tidak rata, maka ban motor terasa oleng.

    6. Bearing Motor Aus

    Dikutip dari NSK Global, bearing adalah komponen motor yang berfungsi mengurangi gesekan di berbagai bagian motor, salah satunya adalah roda. Tapi jika bearing sudah rusak atau aus, ban bisa menjadi tidak stabil atau goyang.

    7. Tekanan Shockbreaker Tidak Seimbang

    Masalah shockbreaker juga bisa menyebabkan ban terasa oleng. Hal ini terjadi ketika shockbreaker sepeda motor tidak seimbang. Hal ini terjadi terutama ketika melakukan pengereman, ban akan terasa goyang.

    8. Oli Garpu Depan Tidak Pas

    Dilansir dari Motofomo, garpu motor termasuk bagian suspensi depan. Bagian ini akan meredam gesekan atau guncangan saat mengerem, berbelok, atau melintasi jalanan tidak rata.

    Di dalam garpu terdapat oli yang mengoptimalkan kinerjanya. Jika oli ini terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka akan berpengaruh pada ban yang terasa oleng.

    9. Rantai Aus dan Gir Belakang Kendur

    Kemungkinan penyebab terakhir adalah rantai aus atau gir belakang kendur. Hal ini bisa terjadi pada motor dengan penerus tenaga gerak rantai. Masalah ini akan berdampak pada ban belakang yang terasa oleng.

    Itulah 9 kemungkinan penyebab kenapa ban motor goyang atau oleng. Jika detikers merasakan ban motor goyang tetapi tidak mengetahui penyebabnya, kalian bisa membawanya ke bengkel terpercaya.

    (row/row)

  • Kenapa Honda Masih Jual Motor 110cc di Indonesia?

    Kenapa Honda Masih Jual Motor 110cc di Indonesia?

    Jakarta

    Honda merupakan satu dari sedikit merek yang masih menjual motor 110cc di Indonesia. Padahal, produsen lain asal Jepang, seperti Suzuki, Yamaha dan Kawasaki sudah meninggalkan segmen tersebut. Apa sebenarnya alasan Honda?

    Sebagai catatan, pilihan motor 110cc Honda di Indonesia cukup banyak. Bahkan, sebagian menjadi kontributor utama penjualan mereka di Tanah Air. Misalnya, Honda BeAT, Scoopy, Genio dan Revo.

    Thomas Wijaya selaku Vice President Executive PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, pasar motor 110cc masih sangat seksi di Indonesia. Sebab, banyak konsumen yang butuh kendaraan kecil untuk mobilitas harian. Itulah mengapa, pihaknya masih bermain di segmen tersebut.

    “Pasarnya masih signifikan karena 110cc itu kan biasanya buat mobilitas harian, produktivitas, sehingga mau tidak mau cari yang ekonomis, yang irit, yang awet, perawatannya juga mudah, penggunanya nyaman,” ujar Thomas saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat.

    PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik (skutik) retro tersebut mengalami sejumlah ubahan. Foto: Pradita Utama

    Lebih jauh, Thomas menjelaskan, lebih dari separuh penjualan motor Honda di Indonesia masih didominasi produk bermesin 110cc. Sehingga, mustahil untuk meninggalkan segmen tersebut dan beralih ke mesin yang lebih besar.

    “Memang 110cc dinilai cukup bisa memenuhi produktivitas, mobilitas para konsumen kita. Jadi masih cukup besar lah buat kita, mungkin di atas 50 persen lah, lebih minus 50-60 persen kita di 110 cc,” tuturnya.

    Berkat alasan itu pula, Honda masih tetap mempertahankan mesin 110cc di Scoopy baru. Padahal, sebelumnya sempat ada isu, skuter matik retro tersebut akan menggunakan jantung mekanis baru yang lebih besar.

    “Saat ini Scoopy dengan mesin 110-nya sudah cukup diminati konsumen, karena sesuai kebutuhan mobilitas dan kebutuhan gaya mereka. Tapi kita terbuka kalau ada masukan-masukan ke depannya bagaimana,” kata Thomas.

    (sfn/dry)

  • Regular Mulai Rp 40 Ribu, Pre-Sale dari Rp 20 Ribu

    Regular Mulai Rp 40 Ribu, Pre-Sale dari Rp 20 Ribu

    Jakarta

    Harga tiket GJAW 2024 bisa Anda simak di sini. Pameran otomotif tahunan itu kembali diselenggarakan. Jika sebelumnya GJAW selalu dilaksanakan di JCC, Senayan, Jakarta, maka mulai tahun ini GJAW pindah lokasi ke ICE-BSD City, Tangerang. Harga tiket GJAW ditawarkan mulai Rp 40 ribu untuk regular dan Rp 20 ribu untuk pembelian pre-sale.

    Pameran otomotif tahunan yang diprakarsai Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) serta didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian siap kembali menyapa para pecinta otomotif tanah air dalam gelaran ketiga Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, yang akan berlangsung di lokasi baru yaitu ICE, BSD-City pada 22 November hingga 1 Desember 2024.

    Pada tahun ini Gaikindo menggandeng Mandiri Utama Finance (MUF) sebagai sponsor utama dalam penyelenggaraan GJAW 2024. Fokusnya, mendorong penjualan kendaraan di akhir tahun.

    “Berbeda dari pameran Gaikindo lainnya, MUF GJAW bertujuan buat secara langsung mendorong penjualan, jadi keunggulan pameran ini adalah program, dan penawarannya, hadirkan momentum terbaik bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan baru dengan berbagai penawaran eksklusif,” kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi di Jakarta, Kamis (7/11/2024).

    Home of 1.000 Cars and Excitement

    GJAW 2024 mengusung tema Home of 1.000 Cars and Excitement GJAW 2024 akan fokus memberikan pengalaman luar biasa bagi para pengunjung. Tidak hanya akan disuguhkan jajaran mobil terkini dari berbagai merek ternama dunia, GJAW 2024 juga menghadirkan kegiatan olahraga otomotif interaktif yang dirancang menghibur dan mendekatkan pengunjung dengan dunia otomotif.

    “Fokus berbeda akan diusung penyelenggaraan MUF GJAW di mana pengalaman dan kemudahan bagi pengunjung akan jadi prioritas. Tidak lagi pengalaman melihat teknologi terkini dari industri kendaraan bermotor Indonesia, namun kemudahan mencoba langsung dan kemudahan memiliki kendaraan,” kata Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara GJAW 2024.

    Menurut Rizwan, kolaborasi berbagai promo dari peserta serta kemudahan pembiayaan dari Mandiri Utama Finance dalam GJAW 2024 seperti suku bunga 2% dan biaya administrasi mulai dari Rp 1, menjadikan GJAW 2024 momen terbaik bagi konsumen untuk belanja kendaraan bermotor.

    Sejumlah pengunjung memilih mobil di pameran Gaikindo Jakarta Auto week, JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (17/3/2023). Pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 diyakini menjadi momen tepat untuk masyarakat membeli mobil baru buat mudik Lebaran tahun ini. Foto: Pradita Utama

    Daftar Merek Peserta GJAW 2024

    GJAW 2024 ini akan diikuti lebih dari 80 merek otomotif yang terdiri dari 27 merek kendaraan penumpang, termasuk Aletra, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Ford, GAC Aion, Honda, KIA, Lexus, Mazda, Maxus, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Wuling, dan Zeekr. Dari segmen kendaraan roda dua, sebanyak 12 merek, seperti Alva, Aprilia, Harley-Davidson, Motoguzzi, Piaggio, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, V Move, Yamaha dan ZPT, turut serta untuk menambah ragam pilihan pengunjung. Lebih dari 40 merek industri pendukung juga siap meramaikan GJAW 2024.

    Luasan lahan yang meningkat 2 kali lipat juga memaksimalkan program GJAW 2024 yang memberikan pengalaman dan menawarkan keseruan untuk para pengunjung. Tak hanya menjadi ajang pameran kendaraan, tetapi juga akan menghadirkan beragam program interaktif yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari penggemar otomotif, komunitas, hingga keluarga. Program-program tersebut terbagi menjadi tiga kategori utama: Motorsport Program, Community Program, dan Family Program, yang semuanya dirancang untuk memberikan pengalaman yang berkesan bagi setiap pengunjung.

    Dengan program-program tersebut, GJAW 2024 berkomitmen untuk memberikan pengalaman pameran yang lengkap, interaktif, dan menghibur bagi seluruh pengunjung dari berbagai kalangan. Tak hanya menjadi tempat untuk menemukan kendaraan impian, GJAW juga menghadirkan suasana perayaan otomotif yang menarik dan penuh keseruan.

    “MUF GJAW akan menjadi the complete automotive exhibition, untuk tujuan belanja kendaraan dan produk otomotif dengan penawaran terbaik di akhir tahun, kemudahan mencoba, mencari pengalaman motorsport interaktif, hingga kegiatan keluarga,” jelas Rizwan lagi.

    Harga Tiket GJAW 2024

    Dengan beragam merek, program interaktif, dan penawaran menarik yang ditawarkan, GJAW 2024 siap menjadi rumah bagi ribuan kendaraan dan pengalaman otomotif yang tak terlupakan bagi semua pengunjung. Untuk dapat merasakan segala keseruan yang dihadirkan pada MUF GJAW 2024, pengunjung dapat memanfaatkan promo penjualan tiket presale yang dapat dibeli online pada aplikasi Auto360 dan diadakan pada:

    • Pre-Sale I pada 8 – 10 November 2024 dengan diskon tiket sebesar 50% untuk tiket weekdays menjadi Rp 20.000 dan tiket weekends menjadi Rp 35.000.
    • Pre-Sale II pada 11 – 13 November 2024 dengan diskon tiket sebesar 25% untuk tiket weekdays menjadi Rp 30.000 dan tiket weekends menjadi Rp 52.500.

    Tiket regular selanjutnya dapat diakses mulai 14 November secara online dengan harga tiket weekdays Rp 40.000 dan harga tiket weekends Rp 70.000. Tiket on the spot juga tersedia selama acara berlangsung dengan harga tiket weekdays Rp 50.000 dan harga tiket weekends Rp 80.000.

    (lua/din)

  • Viral Anak di Bawah Umur Tabrak Petugas Lalu Lintas Polres Garut, Bagaimana Nasibnya?

    Viral Anak di Bawah Umur Tabrak Petugas Lalu Lintas Polres Garut, Bagaimana Nasibnya?

    Liputan6.com, Garut – Seorang anak di bawah umur yang terekam CCTV menabrak petugas lalu lintas yang tengah berjaga di depan Mako Polres Garut, Jawa Barat, viral mendapatkan perhatian luas masyarakat.

    Kejadian remaja menabrak polisi itu sekitar satu bulan lalu itu, kembali ramai dibicarakan terhadap aksi tak terpuji remaja yang menggunakan kendaraan bermotor knalpot brong dan tidak menggunakan plat nomor tersebut.

    Juru bicara Polres Garut Ipda Susilo Adhi Prasetya, mengatakan kejadian itu berlangsung Selasa 1 Oktober lalu di depan Mako Polres Garut.

    Saat itu, korban Bripka Sandi yang sedang bertugas mengatur lalu lintas melihat pelaku mengendarai sepeda motor Yamaha Mio, menggunakan knalpot tidak sesuai standar/brong.

    “Pelaku ini sebelumnya telah diberhentikan di depan Rumah Sakit Anisa Queen Namun, bukannya berhenti, pelaku justru melarikan diri,” kata dia.

    Dalam video yang beredar, setelah pemberitahuan petugas, pelaku bukannya berhenti, tetapi justru menghindar dan sengaja menabrak petugas hingga kemudian melarikan diri menuju arah Copong.

    “Setelah melakukan penyelidikan lebih lanjut, pelaku berhasil diamankan dua hari berikutnya tepatnya hari Kamis, 3 Oktober 2024 di rumahnya,” ujar dia.

    Barang bukti yang berhasil diamankan petugas di rumah pelaku yakni sepeda motor Yamaha Mio tanpa TNKB yang digunakan pelaku saat melarikan diri.

    Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 310 ayat 2 dan Pasal 312 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dengan ancaman pidana penjara paling lama 1 tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 2 juta.

    Kemudian Pasal 312 bisa menjerat pelaku dengan ancaman pidana penjara paling lama 3 tahun atau denda paling banyak Rp75 juta.

    “Terkait proses hukumnya, diselesaikan secara diversi atau kekeluargaan karena Bripka Sandi mencabut laporannya, karena korban melihat pelanggar ini masih di bawah umur,” ujar dia.

    Proses hukum melalui mekanisme diversi, yang merupakan prosedur hukum untuk mengedepankan penyelesaian kasus di luar pengadilan, dengan tujuan memberikan perlindungan dan pemulihan terhadap anak yang terlibat dalam kasus pidana.

    “Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama,” ujar dia mengingatkan.

  • Kronologi tewasnya seorang pria dalam kecelakaan di Kalimati Jakbar

    Kronologi tewasnya seorang pria dalam kecelakaan di Kalimati Jakbar

    Jakarta (ANTARA) – Petugas Kepolisian menyampaikan kronologi tewasnya pria berinisial MM (70) akibat
    terlindas roda truk di pertigaan sebelum jalan layang (flyover) Daan Mogot, Kalimati, Jakarta Barat, pada Kamis sekitar pukul 12.30 WIB.

    “Awalnya sepeda motor Yamaha MX dengan nomor polisi B-3203-BMS yang dikendarai korban melaju di Jalan Daan Mogot ke arah timur,” kata Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas (Kanit Laka Lantas) Polres Metro Jakarta Barat AKP Joko Siswanto saat dikonfirmasi di Jakarta pada Kamis.

    Sesampainya di dekat sekitar Kalimati, Cengkareng, korban tidak dapat mengendalikan laju kendaraannya.

    Akibatnya, kata Joko, korban terjatuh ke kanan dan terlindas roda belakang truk Fuso Mitsubishi BG-8357-MQ yang dikemudikan oleh pria berinisial TC dari samping kanan korban.

    Lindasan roda truk tersebut pun mengakibatkan kepala korban terluka parah sehingga korban tewas di lokasi Kecelakaan.

    Sementara itu, warga di lokasi, Udin menyebutkan bahwa korban mengendarai sepeda motornya tanpa menggunakan helm.

    “Dari Cengkareng ke arah Gropet, enggak pakai helm. Sampai di depan (pertigaan sebelum Flyover Daan Mogot) tiba-tiba rem, terus ada truk di samping dia lewat juga,” katanya.

    Namun Udin tidak melihat persis kejadiannya. “Tapi kita lihat habis jatuh, meninggal,” kata Udin kepada wartawan di lokasi pada Kamis siang.

    Pantauan di lokasi pada pukul 14.50 WIB, titik kecelakaan digambar dengan kapur putih oleh pihak Kepolisian. Pada gambar tersebut, terdapat semacam serpihan bekas kecelakaan.

    Lalu lintas ke arah Grogol Petamburan juga terpantau lancar. Sejumlah anak sekolah pulang ke rumah seperti hari-hari biasanya.

    Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024