brand merek: Yamaha

  • Penjualan Motor Yamaha Naik, Negara Ini Jadi Penyumbang Terbesar

    Penjualan Motor Yamaha Naik, Negara Ini Jadi Penyumbang Terbesar

    Jakarta

    Yamaha Motor Co.,Ltd baru saja mengumumkan kinerja perusahaan di kuartal ketiga tahun 2024. Ada empat negara yang mengalami pertumbuhan tertinggi penjualan sepeda motor Yamaha, termasuk Indonesia.

    Dalam laporan kuartal ketiga 2024, Yamaha menyebut bisnis sepeda motor di Brasil, India, dan Indonesia terus menguat. Kinerja Yamaha juga baik di Eropa, Amerika Serikat, dan Vietnam.

    Pertumbuhan terbesar terjadi di Brasil (23%), lalu Vietnam (21%), India (16%), dan Indonesia (11%). Negara tersebut membantu mendorong naiknya penjualan Yamaha dari tahun ke tahun.

    Dikutip dari rideapart yang diolah dari laporan tersebut, sepanjang sembilan bulan pertama tahun 2024, sebanyak 2.931.000 unit sepeda motor Yamaha terjual di seluruh Asia.

    Angka tersebut mewakili peningkatan satu persen dalam penjualan dari tahun ke tahun, tahun lalu dalam periode yang sama, Yamaha menjual 2.911.000 sepeda motor.

    Sebaliknya, pasar terkecil kedua dalam grafik adalah Amerika Utara. Selama sembilan bulan pertama tahun 2024, pasar tersebut hanya menjual 68.000 sepeda motor, yang merupakan peningkatan 14 persen dari 60.000 sepeda yang terjual dalam sembilan bulan pertama tahun 2023.

    Lantas mana, pasar paling kecil dalam data tersebut? itu adalah Jepang, Yamaha mencatat 54.000 penjualan sepeda motor dalam sembilan bulan pertama tahun 2024. Terjadi penurunan satu persen dalam penjualan, dari tahun ke tahun, tahun lalu, Yamaha sudah menjual 55.000 unit sepeda motor dalam periode yang sama.

    Khusus pasar Indonesia, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sepanjang Januari-Oktober 2024, industri sepeda motor di Indonesia mampu menjual sebanyak 5.416.888 unit motor.

    AISI sudah menargetkan menjual antara 6,3 juta hingga 6,4 juta unit motor pada tahun ini. Angka tersebut realistis mengingat penjualan motor tahun 2024 di Indonesia capaiannya cukup positif hingga bulan Oktober. Artinya pabrikan di Indonesia harus menjual antara 500 ribu hingga 1 juta motor lagi di dua bulan tersisa.

    (riar/dry)

  • Mitsubishi XForce Ultimate DS Meluncur, Harga Rp 422,9 Juta!

    Mitsubishi XForce Ultimate DS Meluncur, Harga Rp 422,9 Juta!

    Jakarta

    Mitsubishi merilis XForce yang dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang lengkap atau namanya Diamond Sense. Varian XForce Ultimate DS ini meluncur dalam ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2024, ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/11/2024).

    Sejatinya XForce sudah dilengkapi berbagai fitur yang menunjang untuk penumpang dan pengemudi.

    “Hari ini, saya sangat senang memperkenalkan inovasi-inovasi terbaru di pameran ini, dimulai dengan produk terbaru kami yang dilengkapi teknologi Diamond Sense,” kata President Director Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita saat peluncuran di Gaikindo Jakarta Auto Week 2024 di ICE BSD Tangerang.

    Mitsubishi XForce menjadi pemain baru di segmen compact SUV. Mobil ini menawarkan gaya desain yang berbeda serta dilengkapi dengan berbagai fitur yang dirancang untuk membedakannya dengan kompetitor.

    Kemampuan XForce dalam kondisi off-road ringan didukung oleh DNA SUV khas Mitsubishi Motors. Mobil ini dibekali mode berkendara seperti Normal, Wet, Gravel, dan Mud, serta ground clearance yang tertinggi di kelasnya hingga 222 mm.

    Fitur unggulan Mitsubishi XForce adalah sistem audio Dynamic Sound Yamaha Premium yang dikembangkan secara eksklusif untuk model ini. Fitur itu semakin meningkatkan driving experience para penggunanya.

    Mitsubishi XForce menawarkan fitur keselamatan lengkap bahkan menjamin keamanan saat berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan. Khusus varian Ultimate DS kini dilengkapi dengan 6 airbags.

    Selain itu XForce Ultimate DS sama seperti trim sebelumnya, beberapa fitur ADAS, seperti Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert, Tire Pressure Monitoring System.

    Kini fitur-fitur ADAS itu bertambah menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Mitsubishi menyebut fiturnya sebagai Diamond Sense, rangkalan fitur keselamatan canggih yang dirancang untik meningkatkan kesadaran pengemudi dan membantu mencegah kecelakaan.

    XForce sekarang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih pencegah tabrakan fatal, antara lain:

    Rear cross traffic alert (RCTA) untuk mencegah kecelakaan saat mobil mundur keluar dari parkiran,Forward collision mitigation untuk membantu mencegah benturan depan dan meminimalisir dampaknya jika benturan tak dapat dihindari,Blind spot warning, memberikan membantu pengemudi dalam melihat titik buta atau Blind Spot yang tidak terlihat pada kaca spion mobil. Kemudian fitur ini memberikan peringatan kepada pengendara bahwa ada objek yang tidak terlihat di kaca spion. Hal ini akan memudahkan pengemudi untuk mengetahui apakah ada kendaraan lain di samping belakang sehingga akan membantu saat harus pindah lajur atau menyalip kendaraan di depan.Adaptive cruise control, fungsi pendukung saat berkendara di jalan raya, sistem ini mendukung operasi akselerasi dan pengereman untuk mengurangi beban pengemudi.Lead car departure notification, sistem yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan di depannya mulai menjauh.Auto high beam (AHB) membantu pengemudi mendapatkan visibilitas terbaik tanpa menyilaukan pengemudi lain.

    Selain itu, Mitsubishi XForce juga punya fitur canggih antara lain kunci keyless, Auto Lamp, Auto Wiper, Brake Auto Hold, Wireless Charging & Connectivity, Active Yaw Control (AYC), serta ABS dan EBD.

    Dengan fitur baru ini mempertegas XForce sebagai penantang tangguh untuk para kompetitor di segmennya. Mengingat, pesaing terdekatnya seperti Honda HR-V yang sudah dilengkapi fitur keselamatan canggih, yakni Honda Sensing.

    XForce Ultimate DS dijual Rp 422,9 juta melengkapi varian sebelumnya, yakni Ultimate CVT dan Exceed CVT. Masing-masing varian dibanderol dengan harga Rp 414,9 juta dan Rp 381,9 juta. Semuanya On The Road Jakarta.

    Varian tertinggi ini dilabur dengan opsi warna Graphite Gray two-tone, Energetic Yellow two tone, Quartz White Pearl two tone, Blade Silver two tone, Red Metallic two tone, Jet Black mica.

    (riar/dry)

  • Pameran Otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 Resmi Dibuka

    Pameran Otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 Resmi Dibuka

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kembali menggelar pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Kali ini, GJAW digelar di lokasi baru dibanding tahun sebelumnya.

    GJAW 2024 kali ini digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten. Pameran ini diadakan pada 22 November 2024 sampai dengan 1 Desember 2024.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita resmi membuka pameran otomotif GJAW 2024. Menurutnya, pameran yang digelar akhir tahun ini menjadi salah satu stimulus untuk meningkatkan penjualan otomotif 2024.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita resmi membuka pameran otomotif GJAW 2024. Menurutnya, pameran yang digelar akhir tahun ini menjadi salah satu stimulus untuk meningkatkan penjualan otomotif 2024.

    “Saya sampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Gaikindo yang boleh saya sampaikan di dalam kelesuan market yang dihadapi oleh industri otomotif kita, Gaikindo menggelar Jakarta Auto Week dan saya yakin bahwa gelaran Jakarta Auto Week ini Insyaallah akan membantu rebound dari sales industri otomotif yang ada di Indonesia. Saya juga di-brief beberapa saat yang lalu oleh Bapak Ketua Umum (Gaikindo Yohannes Nangoi) bahwa dalam tekanan yang luar biasa dari industri otomotif kita, tapi kita melihat ada sedikit rebound. Salah satu dari penyebab dari rebound tersebut adalah diadakan pameran-pameran besar di Indonesia,” kata Agus dalam sambutannya di upacara pembukaan GJAW 2024 di ICE, BSD, Tangerang, Jumat (22/11/2024).

    “Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, maka kegiatan pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2024 ini saya nyatakan resmi dibuka,” ujarnya membuka pameran otomotif ini.

    Pameran otomotif tahunan yang diprakarsai Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ini didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian. Fokusnya, mendorong penjualan kendaraan di akhir tahun.

    “Kami harap GJAW 2024 akan menjadi faktor pendorong penjualan dan mendongkrak pasar otomotif Indonesia,” kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi di kesempatan yang sama.

    GJAW 2024 mengusung tema Home of 1.000 Cars and Excitement GJAW 2024 akan fokus memberikan pengalaman luar biasa bagi para pengunjung. Tidak hanya akan disuguhkan jajaran mobil terkini dari berbagai merek ternama dunia, GJAW 2024 juga menghadirkan kegiatan olahraga otomotif interaktif yang dirancang menghibur dan mendekatkan pengunjung dengan dunia otomotif.

    GJAW 2024 ini akan diikuti lebih dari 80 merek otomotif yang terdiri dari 27 merek kendaraan penumpang, termasuk Aletra, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Ford, GAC Aion, Honda, KIA, Lexus, Mazda, Maxus, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Wuling, dan Zeekr. Dari segmen kendaraan roda dua, sebanyak 12 merek, seperti Alva, Aprilia, Harley-Davidson, Motoguzzi, Piaggio, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, V Move, Yamaha dan ZPT, turut serta untuk menambah ragam pilihan pengunjung. Lebih dari 40 merek industri pendukung juga siap meramaikan GJAW 2024.

    Luasan lahan yang meningkat 2 kali lipat juga memaksimalkan program GJAW 2024 yang memberikan pengalaman dan menawarkan keseruan untuk para pengunjung. Tak hanya menjadi ajang pameran kendaraan, GJAW 2024 juga akan menghadirkan beragam program interaktif yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari penggemar otomotif, komunitas, hingga keluarga. Program-program tersebut terbagi menjadi tiga kategori utama: Motorsport Program, Community Program, dan Family Program, yang semuanya dirancang untuk memberikan pengalaman yang berkesan bagi setiap pengunjung.

    Dengan program-program tersebut, GJAW 2024 berkomitmen untuk memberikan pengalaman pameran yang lengkap, interaktif, dan menghibur bagi seluruh pengunjung dari berbagai kalangan. Tak hanya menjadi tempat untuk menemukan kendaraan impian, GJAW juga menghadirkan suasana perayaan otomotif yang menarik dan penuh keseruan.

    (rgr/din)

  • Berikut Deretan Kecelakaan di Turunan dan Tanjakan Silayur Semarang 5 Tahun Terakhir

    Berikut Deretan Kecelakaan di Turunan dan Tanjakan Silayur Semarang 5 Tahun Terakhir

    Berikut Deretan Kecelakaan di Turunan dan Tanjakan Silayur Semarang 5 Tahun Terakhir

    TRIBUNJATENG.COM- Kecelakaan beruntun terjadi Silayur, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (21/11/2024). 

    Kecelakaan beruntun diduga dipicu karena truk rem blong, menambah daftar rentetan kecelakaan di turunan atau tanjakan Silayur Semarang selama 5 tahun terakhir.

    Berikut rangkuman Tribunjateng.com tentang deret kecelakaan di turunan dan tanjakan Silayur Ngalian Semarang:

    1. Kecelakaan Truk Kayu dan Truk Molen (2020)

    Kecelakaan lalu lintas terjadi di tanjakan Silayur, Jalan Dr Prof Hamka, Ngaliyan, Kota Semarang, Kamis (9/7/2020).

    Lokasi tepatnya berada di seberang perumahan Griya Ngaliyan Asri.

    Sebuah truk molen berpelat nomor B 9413 SIA terguling di jalur menuju arah BSB City Mijen.

    Akibatnya sebuah halte BRT Trans Semarang hancur dan roboh usai mengenai bagian belakang truk itu.

    Kecelakaan itu merupakan kecelakaan tunggal.

    Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

    Lalu truk tronton K 1320 QB bermuatan kayu karet terguling di tanjakan Silayur atau di Jalan Profesor Doktor Hamka Ngaliyan Kota Semarang, Kamis (1/10/2020) 

    Truk terguling persis di depan perumahan Villa Esperanza Semarang.

    2. Kecelakaan Beruntun, Satu Meninggal (2021)

    Kecelakaan beruntun terjadi Jalan Prof Hamka, tepatnya di depan McD dan jalan masuk Permata Puri, tanjakan Silayur, Ngaliyan, Kota Semarang, Kamis (25/2/2021).

    Kecelakaan itu melibatkan satu truk tronton bermuatan aki yang terguling dan beberapa kendaraan lainnya.

    Dari penuturan Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit, truk tersebut terlibat kecelakaan dengan tiga mobil dan dua motor.

    Kejadian ini memakan korban satu orang meninggal dunia.

    3. Kecelakaan Truk Terjun ke Jurang (2022)

    Sebuah truk bernopol polisi H 9840 OA terjun ke jurang setinggi 15 meter di tanjakan Silayur, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

    Kanit Lalu Lintas Polsek Ngaliyan, Ipda Riyadi mengatakan, kecelakaan disebabkan rem blong.

    Supir sengaja membanting setir ke arah kiri untuk menghindari tabrakan beruntun.

    Namun tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

    4. Kecelakaan Turunan Silayur, Dua Orang Tewas (2023)

    Dua orang tewas dalam kecelakaan maut di turunan Silayur, Ngaliyan, Kota Semarang, Sabtu (16/9/2023).

    Kecelakaan tersebut menewaskan seorang pria bernama Nabil Fadula (22) warga Jatisari, Mijen, Kota Semarang.

    Korban lainnya seorang perempuan yang membonceng hingga saat ini belum diketahui identitasnya.

    Kasubnit 2 Gakkum Satlantas Polrestabes Semarang Ipda Agus Trihandoko mengatakan, kecelakaan tersebut merupakan kecelakaan tunggal berupa pemotor Yamaha XMax pelat H4680YY menabrak pohon di pinggir jalan.

    Pemotor sebelum kecelakaan melaju dari arah selatan atau dari kawasan BSB menuju ke utara atau ke arah pasar Ngaliyan. 

    Setibanya di lokasi, diduga pemotor tak mampu menguasai kendaraanya hingga oleng ke kiri.

    Kecelakaan tersebut mengakibatkan dua korban meninggal dunia di lokasi kejadian dengan luka parah di bagian kepala.

    5. Kecelakaan Truk Rem Blong, Dua Wanita Tewas

    Baru-baru ini terjadi kecelakaan beruntun terjadi Silayur, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (21/11/2024). 

    Kecelakaan beruntun diduga dipicu karena truk rem blong. 

    Insiden ini melibatkan dua truk dan lebih dari tujuh sepeda motor, menewaskan dua orang di tempat.

    Penyebab kecelakaan ini masih dalam penyelidikan polisi. 

    Namun, dugaan awal menyebutkan, truk trailer bermuatan aki mengalami rem blong hingga menghantam sejumlah kendaraan dan bangunan di sekitar lokasi.

    “Saya lihat truk trailer melaju dengan kecepatan tinggi tak terkendali lalu menghantam truk yang saya kendarai,” ungkap Wanto, sopir truk sampah yang menjadi korban dalam insiden ini.

    Dia menjelaskan, saat itu dirinya hendak menyeberang dari arah Beringin menuju TPA Jatibarang. Belum sempat melintas sepenuhnya, truknya disambar trailer dari arah selatan.

    Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi, menyebut kecelakaan ini mengakibatkan dua orang meninggal dunia di tempat, sementara dua lainnya mengalami luka-luka. 

    Sopir truk trailer selamat, meski sempat terjepit di dalam kabin yang ringsek.

    Polisi masih menyelidiki penyebab utama kecelakaan, termasuk kemungkinan adanya rem blong pada truk trailer. 

    “Penyebab pastinya masih dalam proses penyelidikan. Kami akan informasikan lebih lanjut nanti,” kata AKBP Yunaldi.

  • Dampak Siswa SMP Kecanduan Game Online, Sehari-hari di Kamar dan Setahun Malas Berangkat Sekolah

    Dampak Siswa SMP Kecanduan Game Online, Sehari-hari di Kamar dan Setahun Malas Berangkat Sekolah

    TRIBUNJATENG.COM, MAGETAN – Wiwin bersedih dan tak tahu lagi harus berbuat apa terhadap kebiasaan buruk adiknya.

    Terlebih mereka sudah ditinggal ibunya, meninggal dunia pada setahun lalu.

    Ini adalah curhatan seorang kakak terhadap adiknya siswa SMP di Kabupaten Magetan Jawa Timur yang sudah hampir selama setahun ini tidak pernah masuk sekolah karena kecanduan game online.

    Disebutkan, anak tersebut kesehariannya di dalam kamar dan bermain game online. 

    Siswa salah satu SMP di Kabupaten Magetan, Jawa Timur memillih tak masuk sekolah selama satu tahun terakhir.

    Ia diduga kecanduan game online.

    Wiwin, kakak siswa tersebut mengatakan, setiap hari adiknya menghabiskan waktu di kamar untuk main game online.

    “Awalnya kelas 6 itu mulai malas ngapa-ngapain kalau memegang HP.”

    “Sekolah kalau ada olahraga atau upacara atau pelajaran yang tidak disenangi pasti bolos.”

    “Pernah HP disembunyikan ibu, dia langsung marah,” ujarnya seperti dilansir dari Kompas.com, Kamis (21/11/2024).

    Wiwin berkata, kebiasaan adiknya main game online semakin parah saat masuk SMP.

    Meski sering bangun kesiangan karena main game online, adiknya masih mau mengerjakan PR sekolah meski dengan konsekuensi terlambat datang ke sekolah.

    Ketergantungan main game online semakin parah lagi ketika ibu mereka meninggal dunia.

    “Sejak saat itu sudah jarang keluar, lebih banyak di kamar dan main game.”

    “Kalau diajak keluar, kami harus pastikan tempatnya ada WiFi atau jaringannya bagus dan tidak lama-lama karena penginnya kembali ke kamar main game,” imbuhnya.

    Meski demikian, kebiasaan adiknya belum terindikasi main judi online ataupun kebutuhan yang berlebihan untuk mendukung kebiasaan main game online.

    Wiwin tidak tahu pasti apakah adiknya memiliki pendapatan dari kebiasaan main game itu karena tidak pernah meminta uang lebih.

    ILUSTRASI pria muda asyik bermain game online. (mirror.co.uk)

    “Kalau untuk kebutuhan, tidak pernah meminta uang lebih.”

    “Yang pasti kalau di rumah ada WiFi,” ucapnya.

    Wiwin berkata, saat ini memasrahkan nasib pendidikan adiknya ke pihak sekolah.

    Pihak keluarga juga telah mengembalikan semua buku yang dipinjam ke sekolah.

    Meski demikian, dia berharap adiknya tidak mengalami nasib putus sekolah.

    “Kalau informasi terakhir tidak naik sekolah, tetapi masih tercatat sebagai siswa,” katanya.

    Dinas Pendidikan Belum Terima Laporan

    Melalui Kompas.com berupaya melakukan konfirmasi ke pihak sekolah terkait hal tersebut.

    Sayang, upaya itu tidak membuahkan hasil karena kepala sekolah dan guru BK ada acara di luar sekolah.

    Sementara itu, Kabid Pendidikan Dasar Disdikpora Kabupaten Magetan, Irawan mengatakan, selama satu tahun terakhir pihaknya belum menerima laporan adanya siswa yang kecanduan ponsel hingga setahun tidak masuk sekolah.

    “Sementara belum ada laporan, saya sudah kroscek, tapi informasinya mutasi ke Sulawesi ikut saudaranya.”

    “Selama ini tidak ada laporan ke dinas,” katanya.

    Terkait tidak adanya laporan ke Dinas Pendidikan, menurut Irawan, ada prosedur dimana penyelesaian permasalahan dilakukan dengan tim pencegahan penangan sekolah atau guru BK.

    Jika sudah tidak bisa mengatasinya, pihak sekolah disarankan melapor ke Dinas Pendidikan untuk ditangani satgas pendidikan, PPKB, dan Polres.

    “Sampai saat ini belum ada laporan dari pihak sekolah, laporannya ini hanya dimutasi,” ucapnya.

    Sementara itu, Pj Bupati Magetan, Nizhamul meminta kepala Dinas Pendidikan memberikan solusi terhadap siswa yang bermasalah dengan pendidikan mereka. 

    Dia berharap anak-anak yang bermasalah diberi bimbingan agar tidak sampai putus sekolah.

    “Kami minta untuk ada pendampingan terhadap mereka agar permasalahan mereka bisa diatasi terkait permasalahan gadget maupun bullying,” katanya.

    Sebelumnya, ada siswa lain di Magetan memilih bolos sekolah selama tiga bulan karena permintaan untuk dibelikan motor Yamaha FIZ R tidak dituruti orangtua.  

    Plt Kepala DP2KBP3A Kabupaten Magetan, Suwito menyebut, dalam waktu dekat siswa akan kembali masuk sekolah setelah dilakukan mediasi. 

    Dinas DP2KBP3A Kabupaten Magetan saat ini memberikan pendampingan terkait kebutuhan pendidikan siswi agar tidak putus sekolah.

    “Setelah ada pendekatan, si anak mengaku akan kembali sekolah.”

    “Kami upayakan untuk siswa tidak putus sekolah.”

    “Setidaknya siswa nanti bisa mengikuti ujian agar bisa lulus sekolah.”

    “Kalau yang kecanduan game, akan kami upayakan pendampingan,” ucap Suwito. (*)

     

  • Ini Mobil dan Motor Paling Favorit di Pelelangan

    Ini Mobil dan Motor Paling Favorit di Pelelangan

    Jakarta

    Lelang kendaraan menjadi salah satu cara untuk membeli kendaraan dengan budget terbatas. Lelang pun banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Seperti data yang diberikan balai lelang swasta PT JBA Indonesia, tercatat ada 220.000 mobil dan 180.000 motor yang telah di lelang sejak 2011.

    Masuk tahun 2024, beli kendaraan secara lelang pun masih jadi favorit. Tercatat penjualan mobil lebih dari 57.000 unit dan 42.000 unit motor pada akhir kuartal tiga tahun ini.

    “Sebagai perusahaan jasa lelang, salah satu sumber tingkat produktivitas bisnis kami adalah kepercayaan para pelanggan kami. Yaitu dari penitip unit perusahaan dan perorangan serta peserta lelang. Juga, ekspansi dan inovasi bisnis yang berkelanjutan untuk meningkatkan kepercayaan publik dan menjadikan JBA Indonesia sebagai brand yang memberi solusi bagi pelanggannya,” jelas Chief Executive Officer PT JBA Indonesia, Kazuhiro Shioyama.

    Bicara soal modelnya, rupanya ada beberapa yang masih jadi favorit. Misalnya Toyota Avanza yang ternyata masih banyak diburu. Tercatat ada lima jenis mobil penumpang yang paling diminati di lelang JBA tahun ini diantaranya Toyota Avanza seri G 1.3 2018, Toyota Calya 1.2 G 2023, Daihatsu Sigra R 2023, Honda Brio Satya 1.2E 2023, dan Toyota Innova seri G 2018.

    Sedangkan untuk motor yang paling laris hingga kuartal 3 ini adalah Honda Beat eSP FI CW 2023, Yamaha NMAX 2023, Honda Scoopy 2023, Yamaha Gear 125 2023, dan Honda Beat Street eSP 2023.

    Proses lelang di JBA Indonesia Foto: Ridwan Arifin

    Di luar urusan model favorit di pelelangan, JBA Indonesia berencana membuka jaringan lelang baru di Bengkulu dan Palopo sebagai pool unit lelang. Tahun ini, JBA juga melakukan ekspansi dengan membuka cabang motor JBA Indonesia terbesar di Jakarta yang dapat menampung hingga 1.500 motor.

    “Ekspansi yang kami lakukan di area operasional ini juga mendukung kenaikan penjualan kami tahun ini. Kami juga melakukan diversifikasi lelang dan inovasi layanan kepada para pelanggan kami, baik layanan digital maupun layanan luring. Gerakan dinamis kami tahun ini adalah sebagai salah satu strategi awal awal kami untuk menghadapi tahun 2025 yang kami percaya akan semakin kompetitif di industri ini, “papar Chief Operating Officer PT JBA Indonesia, Deny Gunawan.

    Tahun ini, JBA Indonesia memulai diversifikasi lelang, seperti timed auction dan lelang suku cadang kendaraan. JBA Indonesia juga meningkatkan layanan luring dengan membuka Exclusive Lounge untuk para member buyer terpilih.

    (lth/dry)

  • Motor Bebek Edisi Spesial Yamaha Meluncur: Iritnya Kebangetan

    Motor Bebek Edisi Spesial Yamaha Meluncur: Iritnya Kebangetan

    Jakarta

    Yamaha Finn edisi spesial baru saja meluncur di Thailand. Motor bebek ini punya keunggulan soal konsumsi bahan bakar.

    Yamaha Finn 2024 hadir di Thailand untuk memenuhi kebutuhan konsumen pencinta motor bebek. Di Negeri Gajah Putih, motor bebek memang masih banyak peminatnya. Tak ayal pabrikan-pabrikan motor terus memperbarui lini produk motor bebeknya.

    Motor bebek ini masuk dalam segmen entry level dengan harga paling mahal Rp 22,9 juta untuk edisi spesial. Sedangkan tipe standar yang termurah dijual 41.200 baht atau setara Rp 18,9 jutaan.

    Ada sejumlah perbedaan untuk Finn SP alias edisi spesial dibanding versi terbawahnya. Selain menggunakan velg racing, motor ini juga dibekali shockbreaker aftermarket lansiran YSS.

    Selain itu Yamaha Finn di Thailand sudah dibekali fitur UBS (Unified Brake System). Sistem rem terpadu ini bisa menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan. Fitur ini bekerja saat rem belakang ditarik. Mirip-mirip dengan Combi Brake System (CBS) yang ada di Honda.

    Menyandang status sebagai edisi spesial, motor ini diberikan sentuhan berbeda dari warna sporty premium dengan logo dan stiker khusus pada velg depan dan belakang. Joknya juga dijahit dual tone dengan pola khusus.

    Biar motor bebek, motor ini juga tidak mau kalah dari kelas matik. Yamaha Finn memiliki kapasitas bagasi 9,2 liter yang bisa muat helm half face. Fitur yang menunjang mobilitas adalah kompartemen pada area depan.

    Selebihnya Yamaha Finn masih sama, yakni dengan desain yang sporty, di mana bagian lampu seinnya menyatu dengan tebeng atau fairing, sementara lampu utamanya terpisah. Kemudian, fitur-fitur motor ini masih cukup standar, seperti kunci kontak konvensional, lampu bohlam, dan panel instrumen analog.

    Yamaha Thailand sudah melakukan pengujian touring dengan karakter rider yang berbeda-beda. Dengan jarak sekitar 50 kilometer, konsumsi bahan bakarnya berkisar 83,33 km/liter hingga 91,18 km/liter. Konsumsi rata-rata BBM-nya sekitar rata-ratanya adalah 87,97 km/liter. Gimana irit poll, bukan?

    Secara spesifikasi motor ini diakomodir untuk penggunaan harian yang mengincar efisiensi bahan bakar. Mesinnya 114 cc dengan kompresi 9,3 banding 1. Tidak ada informasi berapa muntahan tenaga dan torsi yang dikeluarkan.

    (riar/rgr)

  • Daftar Juara Dunia MotoGP 2000-2024, Pebalap dari Tim Jepang Masih Dominan!

    Daftar Juara Dunia MotoGP 2000-2024, Pebalap dari Tim Jepang Masih Dominan!

    Jakarta

    Pebalap Pramac Racing asal Spanyol, Jorge Martin keluar sebagai juara dunia MotoGP 2024. Martin melanjutkan kisah sukses Ducati selama tiga musim terakhir. Berikut kami rangkum daftar juara dunia MotoGP sejak musim 2000 hingga 2024!

    Sebagai catatan, Martin hanya butuh tiga kemenangan di balapan inti (race) untuk menjadi juara dunia MotoGP 2024. Namun, dia banyak mengumpulkan poin melalui sesi Sprint Race atau balapan pendek.

    Martin menjadi rider pertama sejak 2001 yang juara dunia bersama tim satelit. The Martinator mematahkan rekor legenda Italia, Valentino Rossi yang telah bertahan selama 23 tahun!

    Daftar juara dunia MotoGP 2000-2024. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

    Martin menjadi pebalap Spanyol keempat yang meraih juara dunia di era MotoGP. Martin mengikuti jejak pendahulunya seperti Marc Marquez, Joan Mir dan Jorge Lorenzo.

    Dalam catatan kami, dikutip dari laman resmi MotoGP, tim Jepang masih mendominasi daftar juara musim 2000 hingga 2024. Bahkan, dari 25 edisi terakhir, tim gabungan Honda-Suzuki-Yamaha menyumbang 21 juara dunia.

    Daftar juara dunia MotoGP 2000-2024. Foto: Getty Images/Ryan Pierse

    Sementara Valentino Rossi dan Marc Marquez masih menjadi dua nama dengan jumlah gelar terbanyak di periode tersebut. Biar tak penasaran, berikut detikOto rangkum daftar lengkapnya.

    Daftar Juara Dunia MotoGP 2000-20242024 – Jorge Martin (Ducati)2023 – Francesco Bagnaia (Ducati)2022 – Francesco Bagnaia (Ducati)2021 – Fabio Quartararo (Yamaha)2020 – Joan Mir (Suzuki)2019 – Marc Marquez (Honda)2018 – Marc Marquez (Honda)2017 – Marc Marquez (Honda)2016 – Marc Marquez (Honda)2015 – Jorge Lorenzo (Yamaha)2014 – Marc Marquez (Honda)2013 – Marc Marquez (Honda)2012 – Jorge Lorenzo (Yamaha)2011 – Casey Stoner (Honda)2010 – Jorge Lorenzo (Yamaha)2009 – Valentino Rossi (Yamaha)2008 – Valentino Rossi (Yamaha)2007 – Casey Stoner (Ducati)2006 – Nicky Hayden (Honda)2005 – Valentino Rossi (Yamaha)2004 – Valentino Rossi (Yamaha)2003 – Valentino Rossi (Honda)2002 – Valentino Rossi (Honda)2001 – Valentino Rossi (Honda)2000 – Kenny Roberts Jr (Suzuki).

    (sfn/dry)

  • Daftar Juara Dunia MotoGP 2000-2024, Pebalap dari Tim Jepang Masih Dominan!

    Bos Ducati vs Bos Aprilia soal Nomor 1 di Motor MotoGP

    Jakarta

    Bos Aprilia angkat bicara soal penggunaan nomor motor 1 di Aprilia yang bisa dibawa Jorge Martin. Kata Massimo Rivola, pihaknya tak ambil pusing soal nomor motor itu.

    Nomor motor 1 di MotoGP untuk musim 2025 masih misteri. Untuk diketahui, nomor motor 1 itu tak bisa digunakan sembarang pebalap. Nomor motor 1 hanya boleh dipergunakan oleh juara MotoGP di tiap musimnya.

    Untuk musim 2025, pebalap yang berhak menggunakan nomor motor 1 adalah Jorge Martin. Menariknya, nomor 1 itu bisa digunakan Martin pada motor Aprilia RS-GP. Padahal, gelar juara didapat saat Martin perkasa menunggangi Ducati Desmosedici GP24. Manajer tim Ducati Davide Tardozzi meyakini nomor 1 itu akan diboyong Martin. Tapi baginya Ducati tak mempermasalahkan hal itu. Toh, nomor itu didapat saat Martin menunggangi motor pabrikan Borgo Panigale bukan saat bersama Aprilia.

    “Kalau Aprilia mau menggunakan nomor satu, kita lihat nanti apa mereka bisa mempertahankannya musim depan,” ungkap Tardozzi dikutip dari laman MotoGP.

    [Gambas:Instagram]

    Bos Aprilia Massimo Rivola pun buka suara soal komentar Tardozzi itu. Menurut Rivola, Aprilia tidak ambil pusing soal nomor motor Jorge Martin.

    “Saya pikir kami menghabiskan (waktu) lebih sedikit dari mereka untuk urusan nomor,” ujar Rivola.

    Martin saat ini memang belum memutuskan soal nomor pada motornya. Pada sesi tes pramusim, Martin masih terlihat menggunakan nomor 89 seperti digunakan di Ducati dulu. Sementara Francesco Bagnaia, terlihat sudah melepas angka 1 di motornya. Bagnaia pun kembali menggunakan nomor motor 63.

    Pebalap MotoGP yang Menggunakan Nomor 1 di Motor

    Sebagai catatan, tidak banyak pebalap yang menggunakan nomor 1 setelah menjadi juara balap motor kelas premier tersebut. Ada Wayne Rainey yang membela tim pabrikan Yamaha pada tahun 1991-1993. Berlanjut Ada Kevin Schwantz dari tim pabrikan Suzuki pada tahun 1994. Kemudian ada Mick Doohan saat membela Repsol Honda tahun 1995-1999.

    Alex Criville yang membela Repsol Honda pada tahun 2000 juga terlihat mengenakan nomor motor 1. Kenny Roberts Jr bersama Telefonica Movistar Suzuki pada tahun 2001 juga mengganti dengan nomor motor 1. Nicky Hayden yang menjadi jawara tahun 2006 mengganti nomor motornya dari 69 jadi 1 pada tahun 2007.

    Casey Stoner pun demikian. Pada tahun 2007, bersama dengan Ducati Team pebalap Australia itu mengenakan nomor motor 1. Jorge Lorenzo kemudian ikut di dalam klub elit pengguna nomor 1 pada tahun 2011. Nomor 1 terakhir kali digunakan pada tahun 2012 oleh Casey Stoner saat bersama Repsol Honda. Selanjutnya ada Francesco Bagnaia yang menggunakan nomor motor 1 pada musim 2022 dan 2023.

    (dry/rgr)

  • Hasil Tes Resmi MotoGP di Barcelona: Quartararo Kedua, Marquez Keempat

    Hasil Tes Resmi MotoGP di Barcelona: Quartararo Kedua, Marquez Keempat

    Jakarta

    Tes resmi MotoGP di Sirkuit Catalunya, Barcelona, dilaksanakan pada Selasa (19/11) kemarin. Hasilnya, Alex Marquez berhasil menjadi rider yang tercepat, diikuti oleh Fabio Quartararo di urutan kedua, dan Francesco Bagnaia di tempat ketiga, lalu Marc Marquez di posisi keempat.

    Para pebalap dan tim MotoGP langsung tancap gas melakukan pengetesan untuk menghadapi musim baru. Banyak pebalap berganti tim, seperti Jorge Martin dan juga Marco Bezzecchi yang kini balapan buat Aprilia Racing, Marquez yang pindah ke tim pabrikan Ducati Lenovo, hingga Jack Miller dan Miguel Oliveira yang membela Pramac Yamaha.

    Fabio Quartararo Foto: dok. Yamaha Motor Racing Srl

    Jangan lupa, ada dua nama pebalap debutan yang baru naik kelas dari Moto2. Dia adalah sang juara Moto2 2024 Ai Ogura yang membela tim satelit Aprilia Trackhouse, serta Somkiat Chantra yang menggantikan posisi Takaaki Nakagami di LCR Honda, dan Fermin Aldeguer yang bakal membela Gresini Racing.

    Pebalap Gresini Racing Alex Marquez berhasil mencatatkan waktu putaran tercepat 1 menit 38,803 detik. Yamaha juga mulai unjuk gigi menghadapi musim baru dan ridernya Fabio Quartararo berhasil menjadi yang tercepat kedua dengan gap 0,396 detik. Yamaha diketahui menggunakan sasis baru pada tes tersebut.

    Duo pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia dan Marc Marquez mengisi pos ketiga dan keempat dengan selisih waktu masing-masing 0,595 detik dan 0,651 detik. Pada tes MotoGP di Barcelona, Bagnaia menggunakan atribut motor dan wearpack berwarna serba putih, sementara Marquez menggunakan warna dominan merah.

    Bagaimana kabar sang juara dunia MotoGP 2024 yang kini membela Aprilia Racing, Jorge Martin? Tampaknya Martin masih membutuhkan adaptasi dengan motor barunya. Dia hanya bisa menempati posisi kesebelas dengan gap 1,056 detik.

    Hasil Tes Resmi MotoGP di Barcelona (19/11/2024)

    1. = Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP24) 1:38.803s 36/61 347.2
    2. = Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1) +0.396s 44/75 348.3
    3. = Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24/25) +0.595s 14/58 352.9
    4. ^4 Marc Marquez SPA Ducati Lenovo (GP24/25) +0.651s 47/49 351.7
    5. ^4 Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP24) +0.668s 76/82 349.5
    6. ^6 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) +0.705s 56/62 351.7
    7. ˅3 Franco Morbidelli ITA VR46 Ducati (GP24) +0.762s 31/52 346.1
    8. ˅3 Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1) +0.765s 54/60 343.9
    9. ˅3 Pedro Acosta SPA Red Bull KTM (RC16) +0.768s 28/72 351.7
    10. ˅3 Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V) +0.813s 37/65 343.9
    11. ˅1 Jorge Martin SPA Aprilia Racing (RS-GP24/25) +1.056s 44/77 349.5
    12. ˅1 Maverick Viñales SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16) +1.084s 56/74 354.0
    13. = Marco Bezzecchi ITA Aprilia Racing (RS-GP24/25) +1.192s 62/84 349.5
    14. = Aleix Espargaro SPA Honda Test Rider (RC213V) +1.204s 40/50 342.8
    15. ^3 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V) +1.267s 60/67 343.9
    16. ˅1 Enea Bastianini ITA Red Bull KTM Tech3 (RC16) +1.279s 48/55 350.6
    17. ˅1 Miguel Oliveira POR Pramac Yamaha (YZR-M1) +1.335s 55/60 345.0
    18. ˅1 Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V) +1.429s 33/57 346.1
    19. = Michele Pirro ITA Ducati Test Rider (GP24/5) +1.683s 45/69 345.0
    20. = Fermin Aldeguer SPA Gresini Ducati (GP24)* +1.761s 51/58 347.2
    21. = Ai Ogura JPN Trackhouse Aprilia (RS-GP24)* +2.143s 55/86 347.2
    22. = Jack Miller AUS Pramac Yamaha (YZR-M1) +2.222s 51/71 342.8
    23. = Somkiat Chantra THA LCR Honda (RC213V)* +2.492s 49/61 342.8
    24. = Lorenzo Savadori ITA Aprilia Test Rider (RS-GP24/25) +8.793s 7/13 342.8

    (lua/din)