brand merek: Xiaomi

  • Samsung-Vivo-Xiaomi Ditendang, Ini Dia Raja HP di RI

    Samsung-Vivo-Xiaomi Ditendang, Ini Dia Raja HP di RI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Raja smartphone di Indonesia mulai bergeser. Kini Oppo berhasil menguasai pasar HP di Indonesia maupun Asia Tenggara.

    Oppo mengantongi market share sebanyak 22% pada kuartal III – 2024. Di Indonesia, Oppo mengalahkan Xiaomi, Transsion, Samsung dan Vivo pada daftar tersebut.

    Selain Indonesia, Oppo memimpin juga di pasar Thailand dan Malaysia. Sementara di Filipina dan Vietnam berada di posisi kedua.

    Dalam laporan Canalys, di pasar Asia Tenggara, Oppo berada di posisi pertama dengan capaian market share 21% naik dari tahun sebelumnya 18%. Pengiriman juga naik dari 4 juta unit menjadi 5,1 juta unit, dengan pertumbuhan tahunan mencapai 29%.

    Canalys menjelaskan capaian Oppo didorong oleh model entry level yang diberi merek ulang, yakni A3x dan A3.

    Harga ponsel juga disinggung Canalys. Pasar Asia Tenggara mengalami pertumbuhan sebesar 15% dengan pengiriman 25 juta unit.

    Ini disertai dengan harga jual rata-rata yang turun 4%. Penyebabnya karena ada banyaknya peluncuran baru sehingga ada produk HP kategori mid dan low banjir di pasar.

    Pada segmen pasar US$100-US$300, vendor berusaha menonjol dari pesaingnya lewat harga dan keterjangkauan. Hal ini membuat penjualan sangat ketergantungan pada promosi dan diskon agar bisa mendorong volume.

    “Diskon besar pada model lama juga memperburuk masalah dengan menciptakan konflik harga pada peluncuran model baru,” jelas Analis di Canalys, Sheng Win Chow, dikutip dari laman resmi Canalys, Sabtu (30/11/2024).

    “Bill of Material (BOM) yang meningkat dan biaya inflasi dalam aktivitas penjualan mengurasi profitabilitas,” ujarnya menambahkan.

    Salah satu cara mengatasinya, perusahaan mengonsolidasikan produk entry level agar bisa mencapai biaya lebih rendah dan segmen yang lebih jelas. Salah satunya Oppo A3x yang membuat penawaran menjadi satu model saja.

    Berikut daftar lima besar ponsel versi Canalys di Asia Tenggara:

    1. Oppo 21%

    2. Samsung 16%

    3. Transsion 16%

    4. Xiaomi 15%

    5. Vivo 10%

    (emy/haa)

  • Cara Hilangkan Iklan Tiba-tiba Muncul di HP Android, Mudah!

    Cara Hilangkan Iklan Tiba-tiba Muncul di HP Android, Mudah!

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Munculnya iklan menjadi salah satu masalah yang sering ditemui pengguna HP Android. Biasanya iklan terlihat di beberapa tempat, seperti Home Screen hingga browser.

    Banyak pengguna yang kesulitan untuk menghilangkan iklan yang mengganggu saat online. Iklan bisa tiba-tiba muncul saat menggunakan aplikasi atau selagi menonton video.

    Setiap jenis HP punya berbagai macam iklan yang berbeda. Cara mematikan iklan yang mengganggu juga beragam untuk tiap jenis HP Android.

    Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Anda bisa melakukannya tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

    Simak cara untuk menghilangkan iklan di ponsel Android:

    Cara blokir iklan HP di Chrome

    1. Buka Google Chrome di aplikasi Android

    2. Klik menu tiga titik di sisi kanan atas untuk membuka “Settings”

    3. Gulir ke bawah sampai menemukan “Site Settings”

    4. Pilih “Pop-ups and redirects” dan gulir toggle untuk mengaktifkan pemblokiran iklan-iklan pop-up

    5. Kembali ke “Site Settings” dan pilih “Ads”

    6. Gulir ke kanan untuk mengaktifkan toggle “Ads” yang membuat iklan-iklan berbahaya tak muncul ke permukaan.

    Cara blokir iklan di Home Screen

    1. Tekan dan tahan ikon aplikasi dan buka menu info yang terbuka

    2. Gulir hingga menemukan opsi “Display over other apps”

    3. Gulir untuk mematikan toggle “Allow display over other apps”.

    Cara blokir iklan di Wallpaper

    Iklan pada wallpaper berasal dari aplikasi seperti Glance. Biasanya iklan berasal dari konten kemitraan dari dalam aplikasi. Berikut cara menghilangkannya:

    1. Geser ke atas (swipe up) dari home screen untuk membuka menu app drawer

    2. Pilih “Settings”

    3. Gulir ke “Lock Screen”

    4. Buka “Wallpaper Services”

    5. Tekan tombol radio di samping “None”

    Cara blokir iklan di HP Samsung

    Berikut adalah cara memblokir iklan yang mengganggu di HP Samsung:

    1. Buka menu Settings

    2. Pilih Samsung Account

    3. Masuk ke menu Privacy

    4. Pilih Customization service

    5. Matikan pilihan Customization this phone untuk menghentikan konten personalisasi yang biasanya mengandung iklan.

    Cara blokir iklan di HP Xiaomi

    Berikut adalah cara menghilangkan iklan yang mengganggu di HP Xiaomi:

    1. Buka Settings di HP

    2. Pilih Sandi & Keamanan

    3. Masuk ke opsi Privasi

    4. Lanjutkan dengan menekan Layanan Iklan

    5. Matikan opsi Rekomendasi Iklan yang Dipersonalisasi

    Iklan HP Xiaomi juga bisa diblokir lewat MiUI System Ads:

    1. Masuk ke menu Settings

    2. Pilih Sandi & Keamanan

    3. Pilih Otorisasi dan pencabutan

    4. Matikan opsi MiUl System Ads

    Iklan di HP Xiaomi juga muncul dari Aplikasi Tema. Berikut cara mematikannya:

    1. Buka aplikasi Tema

    2. Pilih menu Profil dan klik Settings atau Pengaturan

    3. Matikan Pilihan Tampilkan Iklan.

    (fab/fab)

  • HP China Pecah Rekor, Sehari Laku Terjual 660.000 Unit

    HP China Pecah Rekor, Sehari Laku Terjual 660.000 Unit

    Jakarta, CNBC Indonesia – Redmi baru saja merilis seri K80 dan K80 Pro pada 27 November 2024. Keduanya fokus pada aspek performa, dengan mengandalkan Snapdragon 8 Gen 3 untuk varian reguler dan Snapdragon 8 Elite untuk model Pro.

    Tak menunggu waktu lama, penjualan seri Redmi K80 dan K80 Pro langsung bisa memecahkan rekor. Xiaomi mengumumkan penjualan pertamanya melebihi 660.000 unit dalam satu hari.

    Redmi K80 dan K80 Pro sama-sama mengusung layar berukuran 6,67-inci dengan resolusi 2k. Ada juga sensor pemindai sidik jari ultrasonik yang meningkat dari sebelumnya menggunakan optikal.

    Kapasitas baterainya juga diperbesar, masing-masing 6.000 mAh pada K80 dan 6.550mAh pada K80 Pro. Ada dukungan pengisian daya cepat 90W yang menurun ketimbang 120W pada seri sebelumnya.

    Di aspek fotografi, K80 Pro kini dilengkapi kamera 50MP untuk telefoto 2,5x atau meningkat dari sebelumnya hanya 2x. Ada juga kamera 32MP untuk ultrawide dari sebelumnya 12MP.

    Varian standar lebih mirip dengan model tahun lalu dengan kamera utama 50MP dan kamera ultrawide 8MP. Redmi telah menghapus kamera makro 2MP untuk lebih fokus ke spesifikasi lain.

    Untuk kapasitas RAM 12GB dan memori 256GB, Redmi K80 dibanderol 2.499 yuan (Rp 5,4 jutaan), sementara Redmi K80 Pro 3.699 yuan (Rp 8,1 jutaan).

    Belum jelas kapan seri ini akan hadir di Indonesia dan apakah akan mengusung penamaan seri serupa atau tidak. Kita tunggu saja!

    (fab/fab)

  • HP Lipat Tak Laku, Pertama Kalinya Anjlok Ada Apa?

    HP Lipat Tak Laku, Pertama Kalinya Anjlok Ada Apa?

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pasar smartphone lipat mengalami penurunan secara global. Hasil ini menjadi yang pertama sejak segmen itu mulai dilacak oleh para analis.

    Laporan Counterpoint pengiriman ponsel lipat sejumlah 1% dari tahun ke tahun. Sementara itu Samsung mengalami penurunan pasar namun tetap menjadi raja smartphone lipat, dikutip dari GSM Arena, Kamis (28/11/2024).

    Penurunan pasar Samsung mencapai 21%. Merek ini menjadi satu-satunya yang mengalami penurunan dibandingkan vendor ponsel lipat lain yang masuk dalam daftar.

    Penjualan Galaxy Z Fold 6 disebutkan biasa saja. Sementara Flip 6 terbaru tidak bisa menyamakan angka penjualan tahun lalu.

    Empat merek lain Xiaomi, Motorola, Honor dan Huawei mengalami peningkatan. Xiaomi menjadi yang terbesar sebanyak 185%, Motorola 164%, Honor 121%, dan Huawei 23%.

    Samsung juga harus menghadapi persaingan ketat dari Motorola dan Honor. Keduanya diketahui meluncurkan ponsel lipat baru-baru ini.

    Motorola merilis Razr 50 dan versi Ultra dengan harga di bawah US$1.000. Sementara Honor Magic V3 membawa ponsel yang super tipis.

    GSM Arena mencatat pengiriman Huawei terutama berasal dari China. Di sana perusahaan masih menjual Mate X5 dan Pocket 2.

    Huawei juga terus mengembangkan segmen ini. Sebab baru saja meluncurkan Nova Flip dengan harga terjangkau dan Mate XT yang bisa dilipat tiga.

    Dalam laporan firma riset IDC, ponsel lipat juga disinggung. Direktur Penelitian di Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker IDC, Anthony Scarsella mengatakan model tersebut menjadi sorotan meski volume di pasar terhitung masih rendah.

    “Pada Q3, ponsel lipat menurun 7,4%, bahkan saat sebagian besar vendor dunia meluncurkan model baru. Ponsel lipat akan bertumbuh 10,5% pada 2024 dan mempertahankan pertumbuhan dua digit hingga 2025 dengan CAGR selama lima tahun sebesar 15,9%,” kata dia, dikutip dari laman resmi IDC.

    Dia mengatakan alasan lesunya pasar ponsel lipat saat ini karena vendor China yang menjadi motor segmen tersebut berfokus dan berinvestasi pada smartphone GenAI.

    Selain itu, ada juga masalah pada daya tahan smartphone. Alasan lainnya adalah kurangnya kasus penggunaan unit.

    Terkait GenAI, Direktur Penelitian Senior dalam laporan itu, Nabila Popal menjelaskan memang belum mempengaruhi permintaan yang signifikan. Namun ke depannya akan ada revolusi ponsel tersebut.

    “Lebih banyak investasi yang diperlukan untuk meningkatkan kesadaran konsumen dan memperkenalkan fitur yang membuat konsumen pergi ke toko dan menciptakan siklus super yang ditunggu oleh semua orang,” ucap Popal.

    (fab/fab)

  • 4 Alasan RI Tolak Rp1,5 Triliun dari Apple, Larang iPhone 16 Dijual

    4 Alasan RI Tolak Rp1,5 Triliun dari Apple, Larang iPhone 16 Dijual

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Perindustrian mengungkapkan nasib proposal Apple untuk berinvestasi senilai US$100 juta (Rp 1,5 triliun). Proposal raksasa teknologi itu disebut belum masuk dalam asas berkeadilan.

    Investasi itu rencananya untuk membangun development center dan developer academy. Selain itu juga ada rencana membuat mesh (bantalan) produksi komponen Airpods Max pada 2025 sebagai bagian dari global value chain produk Apple.

    “Kami rapat tadi berdasarkan assessment ini didasari dengan pendekatan sangat teknokratis, hitung-hitungan lengkap. Terhadap usulan Apple yang mengusulkan investasi US$100 juta. Pertama angka tersebut belum meet memenuhi angka yang kita anggap berkeadilan,” kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang kepada awak media, Senin (25/11/2024).

    Agus menjelaskan ada empat alasan soal kriteria berkeadilan. Salah satunya soal investasi dari negara-negara di luar Indonesia.

    Sebagai informasi, Apple diketahui berinvestasi senilai US$15,84 miliar atau sekitar Rp 252 triliun di Vietnam dan India. Terdapat penciptaan lapangan kerja mencapai 200 ribu pekerjaan di negara tersebut.

    Asas lain yang disebutkan Agus adalah terkait investasi dari produsen HKT lain di Indonesia. Sebagai contoh, Samsung dan Xiaomi juga memberikan investasi ke Indonesia dengan nilai jauh lebih besar, yakni Rp 8 triliun dan Rp 5,5 triliun.

    Selain itu juga ada penciptaan nilai tambah dan pemasukan negara dari importasi. Terakhir terkait seberapa besar perusahaan yang berinvestasi di tanah air untuk menyerap tenaga kerja.

    “Ini prinsip berkeadilan yang sedang kami rumuskan,” ucapnya.

    Kementerian Perindustrian juga berencana mengajak Apple berdiskusi terkait proposal tersebut. Agus dalam kesempatan itu juga mengatakan pihaknya telah mengantongi angka yang masuk dalam asas berkeadilan, namun tidak membukanya kepada publik.

    (dem/dem)

  • Pengiriman Ponsel Lipat Xiaomi-Huawei Naik, Samsung Terkoreksi 21%

    Pengiriman Ponsel Lipat Xiaomi-Huawei Naik, Samsung Terkoreksi 21%

    Bisnis.com, JAKARTA – Pasar ponsel pintar lipat (foldable) global mengalami penurunan 1% dari tahun ke tahun pada kuartal III/2024, dengan Samsung mengalami penyusunan secara signifikan hingga 21% secara tahunan.

    Peluncuran ponsel unggulan Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 tidak mampu mendongkrak pasar Samsung menurut laporan Counterpoint. 

    Laporan Counterpoint, Kamis (28/11/2024), menempatkan Xiaomi, Motorola, Honor, dan Huawei sebagai pemenang dalam tiga bulan terakhir. Ketiganya mengalami peningkatan pengiriman ponsel lipat yang cukup signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

    Pengiriman ponsel lipat Xiaomi tumbuh 185%, secara tahunan, diikuti Motorola (164%), Honor (121%) dan Huawei 23% YoY pada kuartal III/2024. 

    GSM Arena menyebut Samsung Flip6 gagal menyamai angka penjualan pendahulunya tahun lalu. Perusahaan tersebut menghadapi persaingan ketat dari Motorola, karena perusahaan tersebut meluncurkan Razr 50 dan Razr 50 Ultra dengan harga di bawah $1000, serta Honor dan Magic V3 yang sangat tipis .

    “Xiaomi mencatat peningkatan pengiriman YoY tertinggi dari semua produsen di segmennya, karena perusahaan akhirnya meluncurkan perangkat lipat di luar China: Mix Flip,” tulis GSM Arena.

    Pasar smartphone lipat Q3/2024 – CounterpointPerbesar

    Huawei telah menyiapkan ponsel pintar terbaru mereka untuk menjadi pesain iPhone 16 yang baru dirilis Apple.

    Bahkan ponsel ini mendapat perhatian tinggi saat Huawei membuka layanan pre-order. Di mana kurang lebih 3 juta orang telah melakukan prapembelian sebelum ponsel diluncurkan.

    Ponsel ini adalah Huawei Mate XT Ultimate, yang menjadi teknologi baru di dunia ponsel lipat. Tak hanya dua, Mate XT memiliki layer lipat tigas.

    Huawei Mate XT Ultimate memiliki layar berukuran 10,2 inci. Apabila layar kiri dilipat sebagian, ukurannya menjadi 7,9 inci.

    Kemudian saat layar bagian kanan dilipat, ukuran perangkat ini memiliki layer berukuran 6,4 inci seperti ponsel biasa.

    Layarnya diusung oleh LTPO OLED fleksibel dengan refresh rate 120Hz. Namun resolusinya tak main-main yakni 3K dan rasio layar-ke-bodi sebesar 92 persen.

    Dengan desain yang kompleks, Mate XT Ultimate hanya memiliki ketebalan 3,6mm dan berat 298 gram.

    Untuk segi kameranya tak boleh diremehkan. Huawei mengusung fitur-fitur dari Seri P Huawei, di mana saat ini kamera utamanya memiliki sensor 50MP dengan PDAF dan OIS.

    Adapun perangkat ini menjalankan system operasi HarmonyOS 4.2 dan didukung baterai berkapasitas 5.600mAh dengan pengisian kabel 66W dan pengisian nirkabel 50W.

    Untuk harganya, Huawei Mate XT Ultimate ini dibanderol dengan harga 19.999 yuan atau sekitar Rp43,3 juta.

  • Pasar HP Layar Lipat Menurun, Samsung Masih Jadi Jawara

    Pasar HP Layar Lipat Menurun, Samsung Masih Jadi Jawara

    Jakarta

    Pasar ponsel layar lipat mengalami penurunan untuk pertama kalinya dalam sejarah, dan Samsung masih menguasai sektor ini.

    Berdasarkan laporan Counterpoint Research, pasar ponsel layar lipat secara global mengalami penurunan 1% dibanding setahun sebelumnya. Sektor ini masih dikuasai oleh Samsung sekalipun pengapalannya menurun cukup besar, mencapai 21%.

    Penurunan market share ini tetap terjadi sekalipun Samsung meluncurkan Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Kamis (28/11/2024).

    Di sisi lain, Xiaomi, Motorola, Honor, dan Huawei mengalami peningkatan pengapalan yang sangat besar dibanding periode yang sama setahun sebelumnya. Misalnya Xiaomi, yang pengapalannya meningkat 185%, dan Motorola yang meningkat 164%.

    Counterpoint menyebut penjualan Galaxy Z Fold 6 sedikit melemah, sementara Z Flip 6 tak bisa menyamai penjualan Galaxy Z Flip 5 setahun sebelumnya. Raksasa Korea itu menghadapi persaingan ketat dari Motorola yang punya Razr 50, yang harganya di bawah USD 1000, dan Razr 50 Ultra.

    Sementara itu Xiaomi mencatatkan peningkatan pengapalan yang paling besar setelah mereka mulai meluncurkan ponsel layar lipat pertama mereka secara global, yaitu Mix Flip, yang diluncurkan bersama seri Xiaomi 14T di Jerman beberapa waktu lalu.

    Ada juga Huawei yang mencatatkan peningkatan pengapalan sebesar 23%, yang mayoritas berasal dari China, di mana mereka punya seri Mate X5 dan Pocket 2. Kemudian mereka juga baru merilis Nova Flip yang harganya terjangkau, serta Mate XT Ultimate, yang layarnya bisa dilipat tiga.

    Ironisnya, Royole Technologies, produsen ponsel layar lipat pertama di dunia, kini dinyatakan bangkrut. Walaupun pernah menjadi pionir teknologi display foldable, kondisi keuangan Royole ternyata memburuk.

    Menurut laporan IT Home, Finance Sina, dan East Money, Pengadilan Kota Shenzhen di China mengumumkan Royole tidak dapat membayar utangnya tepat waktu dan asetnya tidak cukup untuk menutupi semua utang.

    Royole Technologies didirikan pada tahun 2012 oleh Bill Liu. Perusahaan asal China ini mulai dikenal setelah meluncurkan ponsel layar lipat komersial pertama di dunia pada tahun 2018.

    Ponsel bernama Royole FlexPai itu mulai dijual secara umum pada tahun 2019. Perangkat itu memiliki satu layar AMOLED berukuran 7,8 inch dengan resolusi 1440p dan rasio 4:3.

    Berbeda dengan ponsel layar lipat modern saat ini, FlexPai memiliki satu layar besar di sisi luarnya dengan bezel yang cukup tebal di satu sisinya yang diisi kamera depan dan sensor lainnya.

    (asj/asj)

  • Cek Daftar HP Xiaomi yang Kebagian HyperOS 2, Ini Jadwal Rilisnya – Page 3

    Cek Daftar HP Xiaomi yang Kebagian HyperOS 2, Ini Jadwal Rilisnya – Page 3

    Bersama dengan peluncuran Xiaomi 15 dan Xiaomi 15 Pro, Xiaomi turut memperkenalkan UI terbaru mereka yakni HyperOS 2. Versi terbaru ini disebut menawarkan tiga inovasi teknologi inti, yakni HyperCore, HyperConnect, dan HyperAI.

    Mengutip informasi dari Gizmochina, Kamis (31/10/2024), HyperCore merupakan tulang punggung dari HyperOS 2. Ini merupakan sistem baru yang dibangun dari awal, serta mampu memberikan pengalaman yang lebih cepat dan efisien.

    Tidak hanya itu, perusahaan asal China itu juga meningkatkan kemampuan Wi-Fi, Bluetooth, dan koneksi 5G di perangkat mereka lewat update terkini. Jadi, pengguna dipastikan tetap bisa terhubung tanpa gangguan yang berarti.

    Xiaomi juga menawarkan fitur HyperConnect yang memungkinkan perangkat berbeda tetap bisa tersinkronisasi dengan lebih mudah. Contohnya, pengguna dapat beralih antara smartphone, TV, atau smartwatch mereka tanpa kendala.

    Hal menarik lainnya adalah HyperOS telah dibekali dengan sejumlah fitur AI untuk menghasilkan pengalaman perangkat yang lebih personal dan interaktif.

    Salah satunya adalah dynamic wallpapers yang bisa berubah sepanjang hari berdasarkan aktivitas pengguna. Lalu, ada movie-like lock screen yang bisa memberikan tampilan lebih hidup di perangkat yang menjalankan HyperOS terbaru.

     

  • Jangan Salah, Logo Redmi Sekarang Sudah Berubah

    Jangan Salah, Logo Redmi Sekarang Sudah Berubah

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sub-merek dari Xiaomi, Redmi, mengumumkan perubahan desain dan tampilan logo baru yang dibuat lebih segar.

    Logo ponsel murah itu kini berganti dengan huruf kapital berwarna merah “REDMI”.

    Perubahan tersebut tak hanya sekedar pembaruan desain saja. Tapi menandakan arah baru yang berani bagi perusahaan.

    Menurut President Mobile Phone Xiaomi, Lu Weibing, logo baru ini menandai dimulainya perubahan strategis yang besar bagi perusahaan.

    Redmi, merek ponsel pintar terjangkau Xiaomi, telah memperkenalkan logo baru. (Dok: Redmi)

    Redmi bersiap masuk ke era baru, yang bertujuan untuk memperluas jangkauannya dan menetapkan tujuan yang ambisius, demikian dikutip dari Gizchina, Kamis (28/11/2024).

    Xiaomi kini berhasil masuk ke dalam jajaran pasar ponsel kelas atas, hal kemudian memungkinkan Redmi untuk berkembang. Dengan posisi yang lebih kuat, merek ini siap untuk menghadapi tantangan baru sambil tetap pada akarnya yang digerakkan oleh nilai atau value.

    Sebagai bagian dari transformasinya, Redmi meluncurkan seri “Turbo”. Seri ini akan menggantikan seri “K” yang kini ada di pasar.

    Jajaran K80 mendatang akan menjadi pembaruan terbesar dalam sejarah seri ini. Seri ini bertujuan untuk bersaing langsung dengan HP unggulan kelas atas.

    General Manager Redmi, Wang Teng Thomas, menjelaskan alasan di balik perubahan tersebut. Dia mengatakan bahwa model-model premium Xiaomi kini fokus ke rentang harga yang lebih tinggi.

    Untuk beradaptasi, seri K akan menjadi “flagship killer,” yang menawarkan performa terbaik dengan harga yang kompetitif. Sementara itu, seri Pro akan memberikan pengalaman flagship yang lengkap bagi pengguna.

    Terlepas dari perubahan tersebut, misi Redmi tetap sama yakni memberikan value terbaik di setiap rentang harga.

    (dem/dem)

  • Xiaomi Mau Bikin Chip HP Sendiri, Ingin Lepas dari Qualcomm dan MediaTek

    Xiaomi Mau Bikin Chip HP Sendiri, Ingin Lepas dari Qualcomm dan MediaTek

    Jakarta

    Xiaomi kabarnya akan merancang chipset mobile sendiri yang akan digunakan untuk ponselnya. Ini merupakan upaya Xiaomi untuk mengurangi ketergantungan terhadap perusahaan asing seperti Qualcomm dan MediaTek.

    Bloomberg melaporkan chipset buatan Xiaomi akan mulai diproduksi pada tahun 2025. Selain untuk mengurangi ketergantungan, upaya ini akan membantu Xiaomi mengembangkan mobil listrik yang lebih canggih, seperti dikutip dari Bloomberg, Rabu (27/11/2024).

    Menurut laporan terpisah dari DigiTimes, chipset Xiaomi tersebut akan dibuat menggunakan fabrikasi 3nm. Beberapa waktu yang lalu, Xiaomi dikabarkan sudah menyelesaikan desain chipset 3nm pertamanya dan sedang mencari mitra untuk mulai memproduksi massal.

    Selama ini Xiaomi masih mengandalkan chipset dari Qualcomm dan MediaTek untuk semua lini ponsel dan tabletnya. Tapi Xiaomi juga pernah menggunakan chip Surge S1 buatannya sendiri di Mi 5c keluaran tahun 2017, namun proyek chip itu sempat mandek.

    Saat ini hanya ada segelintir vendor ponsel yang menggunakan chip buatan sendiri untuk perangkatnya. Hanya Apple dan Google yang sukses menggunakan chipset-nya sendiri di semua perangkat smartphone-nya.

    Samsung, yang juga memiliki bisnis chip dan semikonduktor, juga menggunakan chipset Exynos untuk sejumlah ponselnya. Namun mereka masih mengandalkan chipset Qualcomm, dan baru-baru ini MediaTek, untuk perangkat flagship karena lebih efisien.

    Belum diketahui apakah Xiaomi akan menggunakan chip ini di ponsel flaagship-na. Xiaomi merupakan salah satu mitra terdekat Qualcomm, dan sejak beberapa tahun terakhir selalu menjadi vendor pertama yang meluncurkan ponsel dengan chipset flagship Snapdragon terbaru.

    (vmp/rns)