brand merek: Xiaomi

  • Xiaomi Perkuat Bisnis di Segmen Gen Z, Pacu Redmi Note 14

    Xiaomi Perkuat Bisnis di Segmen Gen Z, Pacu Redmi Note 14

    Bisnis.com, BANTEN – Xiaomi mengumumkan dalam waktu dekat Redmi Note Series akan segera meluncur di Tanah Air. Produk ini menjadi senjata Xiaomi dalam memperlebar pasar di segmen anak muda.

    Redmi Note 14 Series akan hadir dalam empat varian, yakni Redmi Note 14, Redmi Note 14 5G, Redmi Note 14 Pro 5G, dan Redmi Note 14 Pro+ 5G.

    Country Director Xiaomi Indonesia, Wentan Zhao menuturkan bahwa target untuk Redmi Note 14 series ini adalah untuk generasi muda yang  memiliki budget terbatas. 

    “Tetap mereka mencari produk terbaik agar mereka bisa berkreasi, melakukan pekerjaan sehari-hari, menjadi kamera hingga fotografer,” jelasnya dalam acara Xiaomi Corporate Updates yang digelar di Novus Jiva Anyer, Banten, pada Rabu (15/1/2025).

    Sebab demikian, pihaknya kemudian memilih Rich Brian, rapper generasi muda Indonesia, untuk menjadi brand ambassador untuk Redmi Note Series ini. 

    “Dan kami melihat sosok Rich Brian ini adalah sosok yang paling tepat untuk mewakili semangat kami, semangat always ready. Kenapa? Karena dia adalah rapper kebanggaan Indonesia yang sekarang juga sudah berkarya secara global,” kata Marketing Director Xiaomi Indonesia Andi Renreng. 

    Salah satu hasil jepretan smartphone Redmi Note 14Perbesar

    Tanggal Rilis 

    Andi mengungkapkan bahwa tanggal peluncuran Redmi Note 14 Series di Indonesia adalah pada 24 Januari 2025.

    Terlebih, dia juga mengklaim bahwa seri Redmi Note ini selalu menjadi smartphone yang ditunggu-tunggu. 

    “Perpaduan design, inovasi, performa dan durability pada Redmi Note 14 Series menjadikan perangkat ini sebagai smartphone terbaik di kelasnya untuk melengkapi keseharian pengguna menjadi lebih kreatif dan produktif,” ujarAndi. 

    Dalam Redmi Note seri ini, Xiaomi juga menyematkan fitur AI dalam editing untuk menambahkan efek otomatis dan penyesuaian visual lainnya. 

  • Mobil Listrik Xiaomi SU7 Akan Masuk Pasar Indonesia

    Mobil Listrik Xiaomi SU7 Akan Masuk Pasar Indonesia

    Anyer

    Xiaomi pada pertengahan tahun 2024 silam resmi terjun ke industri mobil listrik dengan peluncuran kendaraan listrik pertamanya, Xiaomi SU7. Kendaraan itu disambut antusias di negaranya China, namun sampai saat ini belum beredar di pasar mancanegara. Akankah nantinya akan dipasarkan juga ke Indonesia?

    Wentao Zhao selaku Country Director Xiaomi Indonesia menyatakan Xiaomi SU7 sangat laris di China dan menjadi salah satu pencapaian penting bagi Xiaomi di tahun 2024 silam. Bahkan konsumen sampai rela menunggu cukup lama untuk mendapatkannya. Padahal sebenarnya saat ini, sudah banyak merek mobil listrik lain yang beredar di China, tapi Xiaomi berhasil bersaing sebagai pemain baru.

    “Walaupun kompetisi mobil listrik di China cukup berat, kami masih bisa memperoleh kesuksesan. Sampai saat ini, permintaannya masih sangatlah kuat,” cetus Wentao dalam acara temu media di Anyer, Rabu (15/1/2025) malam.

    Kapasitas produksi pabrik mobil Xiaomi terus ditingkatkan, namun konsumen kadang masih harus menunggu sampai hitungan bulan di China untuk mendapatkan kendaraan Xiaomi. Namun meski ada yang sampai harus menanti 6 bulan, mereka tetap sabar demi mencicipi keandalan mobil listrik pertama dari Xiaomi itu.

    Mengenai banyak pertanyaan kapan Xiaomi SU7 kira-kira masuk ke Indonesia, Wentao memastikan bahwa produk itu bukan hanya untuk pasar China melainkan juga untuk pasar internasional karena merek Xiaomi adalah merek global, sehingga ia meyakini kehadirannya ke pasar Indonesia hanya persoalan waktu. “Mobil ini akan datang ke Indonesia, tinggal waktunya kapan,” kata dia.

    Memang butuh proses dan evaluasi untuk menghadirkan kendaraan ke negara tertentu, tidak bisa sembarangan. Maka, Xiaomi pun saat ini masih butuh waktu untuk menyesuaikan kendaraan listriknya dengan kondisi di Indonesia.

    Wentao juga menyebut pendiri Xiaomi, Lei Jun, menilai pasar mobil listrik akan bertahan sampai setidaknya 100 tahun, seperti halnya kendaraan dengan bahan bakar fosil. Itulah yang memberi keyakinan pada Xiaomi untuk serius menggarap pasar kendaraan listrik.

    (fyk/fay)

  • 3 Merk Ponsel Terlaris di Dunia 2024: Apple, Samsung, dan Xiaomi

    3 Merk Ponsel Terlaris di Dunia 2024: Apple, Samsung, dan Xiaomi

    Jakarta

    Penjualan ponsel secara global akhirnya tumbuh pada tahun 2024, setelah dua tahun berturut-turut menurun.

    Menurut laporan dari Counterpoint, Canalys, dan IDC, pertumbuhan terbesar datang dari merk asal China, termasuk Xiaomi dan Vivo. Namun, Apple dan Samsung tetap jadi penguasa pasar.

    Data dari masing-masing perusahaan riset itu memang berbeda, namun angkanya terpaut tipis. Counterpoint misalnya, menyebut pertumbuhan penjualan ponsel pada 2024 tumbuh 4%, sementara IDC dan Canalys masing-masing melaporkan peningkatan sebesar 6% dan 7%.

    “2024 menjadi tahun penyebuhan dan normalisasi setelah tahun 2023 yang sulit. Pasar mulai menunjukkan tanda perbaikan mulai Q4 2023 dan akhirnya tumbuh selama lima kuartal berturut-turut,” kata Tarun Pathak, direktur riset Counterpoint.

    Counterpoint dengan IDC dan Canalys pun punya temuan berbeda soal siapa penguasa pasar ponsel selama 2024. Counterpoint menyebut Samsung sebagai penguasa 2024, sementara IDC dan Canalys menyebut Apple yang jadi penguasa.

    Namun ketiganya sepakat kalau Xiaomi ada di posisi ke-3, dengan peningkatan penjualan sebesar 12% (menurut Counterpoint), yang membuatnya menjadi perusahaan ponsel dengan pertumbuhan tercepat. Xiaomi tercatat punya pangsa pasar sebesar 14% untuk tahun 2024, sementara Apple 18%, dan Samsung 19%.

    Posisi berikutnya diisi oleh Oppo (dan OnePlus), Vivo, dan terakhir adalah Transsion group, gabungan Itel, Tecno dan Infinix, demikian dikutip detikINET dari The Verge.

    Counterpoint dan IDC mengatribusi performa penjualan ponsel selama 2024 ini meningkat berkat perkenalan ponsel sebagai perangkat AI, dan mereka juga menyebut AI sebagai “mainan” baru yang menggantikan posisi ponsel layar lipat.

    “Kami melihat penurunan permintaan ponsel layar lipat di pasaran, sekalipun pemasaran dan promosi yang semakin intensif,” kata Anthony Scarsella, direktur riset IDC.

    Ia pun memprediksi kalau pabrikan ponsel akan memprioritaskan pengembangan fitur AI baru ketimbang mengembangkan ponsel layar lipat. Sementara itu Counterpoint memperkirakan pada 2028 mendatang, sembilan dari 10 ponsel dengan harga di atas USD 250 akan dilengkapi AI generatif.

    CanalysCounterpointIDCApple23%18%18,7%Samsung16%19%18%Xiaomi13%14%13,6%Transsion Group8%-8,6%Oppo8%8%8,5%Lainnya32%33%32,5%

    (asj/afr)

  • Siap-siap, Redmi Note 14 Rilis 24 Januari 2025 di Indonesia

    Siap-siap, Redmi Note 14 Rilis 24 Januari 2025 di Indonesia

    Anyer

    Mengawali tahun 2025 ini, Xiaomi Indonesia resmi mengumumkan tanggal peluncuran Redmi Note 14 Series di Indonesia. Redmi Note 14 Series akan hadir dalam 4 varian yang terdiri dari Redmi Note 14, Redmi Note 14 5G, Redmi Note 14 Pro 5G, dan Redmi Note 14 Pro+ 5G.

    “Kami sangat antusias untuk memperkenalkanRedmiNote 14 Series ke pasar Indonesia pada 24 Januari mendatang,” cetus AndiRenrengselaku Marketing DirectorXiaomi Indonesia, dalam temu media diAnyer, Banten, Rabu (15/1/2025).

    Menurut Xiaomi, Redmi Note 14 Series dan Redmi Note 14 Pro Series akan menghadirkan desain trendi dengan berbagai pilihan warna menarik untuk memikat anak muda dalam campaign #AlwaysReady.

    Kedua series ini dibekali inovasi kamera dengan teknologi AI untuk menangkap berbagai momen dengan hasil lebih tajam dan detail, sekaligus mendukung performa dan kinerja baterai jadi lebih optimal.

    Varian yang beragam itu menghadirkan beberapa pilihan bagi kaum muda yang menjadi sasaran pasar. Versi paling dasar dengan harga paling terjangkau adalah Redmi Note 14 4G yang hadir dalam balutan Lime Green, Mist Purple dan Midnight.

    Spesifikasi kunci Redmi Note 14 termasuk chip Helio G-99 Ultra, tiga kamera di bagian belakang dengan kamera utamanya 108 MP serta baterai berkapasitas 5.500 mAh disertai dukungan pengisian cepat 33W.

    Lalu Redmi Note 14 5G membawa prosesor Dimensity 7025 Ultra, Baterai 5110 mAh dan 45W turbo charging, kamera 108 MP, sensor sidik jari di dalam layar, dan IP 54 untuk ketahanan terhadap air dan debu.

    Redmi Note 14 Pro+ 5G. Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

    Beralih ke Redmi Note 14 Pro 5G, ia mengandalkan prosesor Dimensity 7300-Ultra, kamera 200 MP AI Camera, kapasitas baterai 5110 mAh dan 45W turbo charging, pemindai sidik jari dalam layar, serta IP54.

    Varian tertinggi adalah Redmi Note 14 Pro+ 5G yang mengandalkan chip Snapdragon 7s Gen 3, baterai 5.110mAh dengan charger 120W, kamera 200 MP dengan beragam fitur dan kemampuan AI, serta tersedia dalam varian warna Midnight Black, Frost Blue, dan Lavender Purple.

    Lantas bagaimana dengan harganya? Pihak Xiaomi belum memberikan bocoran harga Redmi Note 14 di Indonesia dan baru akan diungkap pada tanggal peluncurannya nanti. Jadi, tunggu saja informasinya tidak lama lagi.

    (fyk/afr)

  • Ramai Aplikasi Pinjol Terinstal di HP, Xiaomi Indonesia Enggan Berkomentar

    Ramai Aplikasi Pinjol Terinstal di HP, Xiaomi Indonesia Enggan Berkomentar

    Bisnis.com, BANTEN – Marketing Director Xiaomi Indonesia Andi Renreng mengaku tak ingin memberikan banyak komentar terkait isu aplikasi pinjaman online (pinjol) yang terpasang di smartphone.

    Hal tersebut diungkapkan Andi ketika ditemui dalam acara Xiaomi Corporate Updates di Novus Jiva Anyer, Banten, pada Rabu (15/1/2025).

    “Jadi kalau mengenai isu, saya belum terlalu banyak mau berkomentar. Karena kita lebih fokus ke bagaimana Xiaomi memberikan keamanan tentang aplikasi-aplikasi,” tutur Andi dalam kesempatan tersebut. 

    Andi menjelaskan bahwa Xiaomi terus berupaya untuk memberikan keamanan, salah satunya adalah memastikan aplikasi-aplikasi tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

    “Yang pertama kita selalu memastikan aplikasi-aplikasi kita itu setidaknya terafilisiasi atau teregistrasi oleh OJK,” jelasnya. 

    Jika aplikasi sudah terdaftar di OJK, menurutnya secara tidak langsung aplikasi tersebut telah tervalidasi. 

    Lebih lanjut, dia juga menegaskan bahwa Xiaomi memastikan aplikasi di perangkatnya memiliki keamanan yang memberikan keuntungan bagi pengguna.

    Diberitakan sebelumnya, produsen gawai asal China, Oppo dan Realme, meminta maaf karena telah memasang aplikasi pinjol di smartphone pengguna tanpa izin.  

    Permintaan maaf itu disampaikan setelah pelanggan menemukan aplikasi yang tidak dapat dihapus, yang dapat mengirimkan pemberitahuan dan mengakses informasi pribadi pengguna seperti kontak, terpasang di ponsel mereka. 

    Dilansir dari National Thailand, Dewan Konsumen Thailand mengatakan pengguna tidak memiliki kuasa untuk mencegah aplikasi pinjol itu akses ke informasi pribadi. 

    Dewan mengecam langkah yang dilakukan Oppo dan Realme merupakan pelanggaran hak konsumen karena menginstal perangkat lunak tanpa izin. Kebijakan yang dilakukan Oppo dan Realme juga berisiko penyalahgunaan keuangan dan penipuan. 

  • Menjajal Kamera 200 MP di Redmi Note 14 Pro 5G, Begini Hasilnya

    Menjajal Kamera 200 MP di Redmi Note 14 Pro 5G, Begini Hasilnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Xiaomi Redmi Note 14 Pro 5G dan Pro+ 5G akan segera hadir di Tanah Air. Keduanya sama-sama dibekali kamera utama beresolusi 200MP, serupa dengan pendahulunya. 

    Marketing Director Xiaomi Indonesia, Andi Renreng, mengatakan kamera tersebut memiliki kemampuan penjepretan dengan hasil yang lebih natural. Selain itu, warna dan tekstur objek yang dipotret juga diklaim lebih tajam. 

    Begitu pula ketika foto di-crop. Xiaomi menjanjikan hasil visual yang tidak pecah berkat resolusi kamera jumbo. 

    “Apabila kita cropping salah satu kelebihannya dari 200 MP pada saat kita copy detailnya juga masih sangat tajam,” kata Andi.

    CNBC Indonesia sempat menjepret beberapa foto saat menjajal Redmi Note 14 Pro 5G. Berikut hasilnya:

    Foto: Hasil kamera Redmi Note 14 Pro. (CNBC Indonesia/Novina)
    Hasil kamera Redmi Note 14 Pro. (CNBC Indonesia/Novina)

    Foto: Hasil kamera Redmi Note 14 Pro. (CNBC Indonesia/Novina)
    Hasil kamera Redmi Note 14 Pro. (CNBC Indonesia/Novina)

    Kamera tersebut juga dilengkapi dengan sejumlah fitur AI, misalnya AI Erase Pro untuk menghapus objek dan mengedit foto menggunakan AI Image Expansion.

    Spesifikasi lain yang dibawa seri tersebut adalah IP68 dengan teknologi wet touch. Jadi pengguna tetap bisa menggunakan ponsel meski layar terkena cipratan air.

    AI juga disematkan untuk produktivitas, misalnya AI Creativity, AI Productivity dan AI Travel. Namun fitur tersebut baru akan tersedia secara bertahap.

    Redmi Note 14 Pro hadir dengan tiga warna yakni Midnight Black, Coral Green, dan Lavender Purple. Sementara varian Pro+ memiliki opsi warna Midnight Black, Lavender Purple, dan Forest Blue.

    Xiaomi belum membeberkan kapan ponsel ini dirilis, termasuk juga harga jualnya nanti di Indonesia.

    (fab/fab)

  • Xiaomi Klaim Kuasai Pasar RI, Kalahkan Oppo dan Samsung?

    Xiaomi Klaim Kuasai Pasar RI, Kalahkan Oppo dan Samsung?

    Bisnis.com, BANTEN – Xiaomi Indonesia mengklaim telah menjadi merek smartphone nomor satu di Indonesia pada kuartal II dan III/2024 menurut data internal perusahaan. Menolak hasil riset lembaga swasta. 

    Sebelumnya, laporan Statista menyebut Xiaomi menempati urutan ketiga sebagai smartphone terlaris di Indonesia dengan pangsa pasar 13,62%. Xiaomi kalah dari Oppo (17%) dan Samsung 16,43%. 

    Sementara itu laporan Statcounter pada Desember 2024 menyebut pangsa pasar Xiaomi sebesar 14,79%. Masih di bawah Oppo (18,7%) dan Samsung 17,4%.  

    Adapun Country Director Xiaomi Indonesia Wentan Zhao mengatakan bahwa perusahaan saat ini menempati urutan pertama. 

    “Jadi, setelah beberapa tahun atau beberapa kuartal, pada Kuartal II yang lalu kami berhasil menjadi merek smartphone nomor satu di Indonesia,” kata Zhao dalam acara Xiaomi Corporate Updates yang digelar di Novus Jiva Anyer, Banten, pada Rabu (15/1/2025).

    Dia mengklaim, bahwa kesuksesan tersebut tidak lepas dari strategi perusahaan untuk menyajikan produk terbaik, serta dukungan dari para mitra dan fans Xiaomi. 

    Ia juga menegaskan bahwa meskipun terdapat berbagai laporan berbeda mengenai pangsa pasar, pihaknya tetap percaya bahwa Xiaomi mempertahankan posisi teratas di Indonesia pada Kuartal III/2024.

    “Mungkin Anda bisa melihat berbagai laporan yang berbeda, tetapi saya percaya pada laporan ini sebagai data dari mitra penjualan kami. Kami juga memiliki data yang dikumpulkan dari mitra lainnya di Kuartal III, dan saya yakin kami masih berada di posisi nomor satu. Laporan ini berasal dari sumber utama, dan kami tetap menjadi nomor satu,” ucap Zhao.

    Menurutnya, pencapaian tersebut menjadi bukti bahwa bisnis Xiaomi berada dalam kondisi yang sangat sehat. Mereka juga akan berfokus untuk meningkatkan produk, penjualan, ritel dan pemasarannya.

    Marketing Director Xiaomi Indonesia Andi Renreng menambahkan laporan lembaga yang dimaksud adalah riset Canalys dan Counterpoint. 

    “Di kuartal 2 kita itu nomor 1 di Canalys, di kuartal 3 itu nomor 1 di Counterpoint. Jadi itu adalah pihak third party ya, yang memvalidasi bagaimana keberhasilan perjualan secara demand dari setiap kuartal,” kata Andi.

  • Daftar HP Xiaomi Kebagian HyperOS 3.0 Lengkap, Ada HP Anda?

    Daftar HP Xiaomi Kebagian HyperOS 3.0 Lengkap, Ada HP Anda?

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sistem operasi HyperOS 3.0 buatan Xiaomi dikabarkan akan segera tersedia bagi pengguna HP Xiaomi, Redmi, dan Poco. Perusahaan dikatakan sedang mengembangkan ‘skin’ software tersebut di atas Android 16.

    Sebagai pengingat, HyperOS menggantikan sistem operasi MIUI yang dirancang untuk smartphone, perangkat Internet of Things (IoT), mobil pintar (smart car), serta hardware lainnya.

    Tahun lalu, Xiaomi meluncurkan HyperOS 2.0. Sementara kabar soal HyperOS 3.0 mulai beredar di internet.

    Android 16 sendiri sudah diperkenalkan pada November 2024 lalu. Namun, versi stabilnya masih terus dikembangkan dan dirumorkan siap pada kuartal kedua 2025.

    Xiaomi sendiri belum mengumumkan detail terkait HyperOS 3.0. Untuk sementara waktu, sudah bereda beragam perangkat Xiaomi yang akan kebagian sistem operasi tersebut.

    Berikut daftar perangkat Xiaomi, Redmi, dan Poco, yang bakal kebagian HyperOS 3.0, dikutip dari HuaweiCentral, Rabu (15/1/2025):

    Xiaomi

    Xiaomi 15
    Xiaomi 15 Pro
    Xiaomi 15 Ultra
    Xiaomi 14
    Xiaomi 14 Pro
    Xiaomi 14 Ultra
    Xiaomi 13
    Xiaomi 13 Pro
    Xiaomi 13 Lite
    Xiaomi 12
    Xiaomi 12 5G
    Xiaomi 12 Pro
    Xiaomi 12 Pro (Dimensity Chip Edition)
    Xiaomi 12 Lite
    Xiaomi 12 Lite NE
    Xiaomi 12T
    Xiaomi 12T Pro
    Xiaomi 12S
    Xiaomi 12S Pro
    Xiaomi 12S Ultra

    Redmi

    (Note Series)

    Redmi Note 14
    Redmi Note 14 Pro
    Redmi Note 14 Pro+
    Redmi Note 13
    Redmi Note 13 Pro
    Redmi Note 13 Pro+
    Redmi Note 13R
    Redmi Note 13R Pro
    Redmi Note 12 4G
    Redmi Note 12 4G NFC
    Redmi Note 12S
    Redmi Note 12 Turbo
    Redmi Note 12T Pro

    Redmi (Number Series)

    Redmi 12
    Redmi 13
    Redmi 13C
    Redmi 14C
    Redmi 14C 5G

    Redmi (A Series)

    Redmi K Series

    Redmi K80
    Redmi K80 Pro
    Redmi K70
    Redmi K70 Pro
    Redmi K70 Ultra
    Redmi K70E
    Redmi K60
    Redmi K60 Pro
    Redmi K60 Ultra
    Redmi K60E
    Redmi K50 Ultra

    Redmi (Turbo Series)

    Redmi Turbo 4
    Redmi Turbo 3

    POCO

    (F Series)

    POCO F7
    POCO F7 Pro
    POCO F7 Ultra
    POCO F6
    POCO F6 Pro
    POCO F5
    POCO F5 Pro

    POCO (X Series)

    POCO X7
    POCO X7 Pro
    POCO X7 Pro (Iron Man Edition)
    POCO X6 5G
    POCO X6 Pro 5G

    POCO (M Series)

    POCO M7 Pro 5G
    POCO M6 Pro 5G/4G
    POCO M6 5G/4G

    POCO (C Series)

    HP Lipat dan Tablet

    Xiaomi MIX Fold 4
    Xiaomi MIX Fold 3
    Xiaomi MIX Fold 2
    Xiaomi MIX Flip
    Xiaomi MIX Flip 2
    Xiaomi Pad 7
    Xiaomi Pad 7 Pro
    Xiaomi Pad 7 Pro
    Xiaomi Pad 6S Pro
    Xiaomi Pad 6 Pro
    Redmi Pad SE
    Redmi Pad Pro
    Redmi Pad SE 8.7
    Redmi Pad Pro 5G

    (fab/fab)

  • Penampakan Redmi Note 14 Pro di RI, HP China Murah Kamera 200 MP

    Penampakan Redmi Note 14 Pro di RI, HP China Murah Kamera 200 MP

    Jakarta, CNBC Indonesia – Xiaomi akan merilis seri ponsel teranyar Redmi Note Pro 14 di Indonesia. Ada 2 model yang akan diperkenalkan, yakni Redmi Note 14 Pro 5G dan Redmi Note 14 Pro+ 5G.

    CNBC Indonesia berkesempatan melihat penampakan seri tersebut sebelum peluncuran. Kedua ponsel hadir dengan masing-masing tiga varian warna.

    Dua warna yang dihadirkan sama di kedua varian yakni Midnight Black dan Lavender Purple. Selain itu ada warna Coral Green untuk Pro dan Pro+ menggunakan Forest Blue.

    Saat dipegang, ponsel dengan warna Lavender Purple lebih mudah digenggam karena tidak gampang licin. Sementara itu ponsel dengan opsi warna lain memiliki bagian belakang yang licin.

    Foto: Redmi Note 14 Pro dan Pro Plus. (CNBC Indonesia/Novina Putri)
    Redmi Note 14 Pro dan Pro Plus. (CNBC Indonesia/Novina Putri)

    Kedua ponsel terkesan ringan di tangan dan tidak terlalu besar saat digenggam. Untuk bagian belakang terdapat pelat yang menonjol tempat kamera belakang dan flash.

    Ponsel ini menyematkan kamera belakang 200 MP, yang menampilkan hasil gambar tetap tajam dan ditail bahkan setelah foto dipotong atau diperbesar.

    Seri tersebut dilengkapi IP68 dengan teknologi wet touch. Jadi saat layar terkena basah masih bisa digunakan.

    Foto: Redmi Note 14 Pro dan Pro Plus. (CNBC Indonesia/Novina Putri)
    Redmi Note 14 Pro dan Pro Plus. (CNBC Indonesia/Novina Putri)

    Xiaomi menyematkan AI pada kamera dan produktivitas. Beberapa fiturnya seperti AI Creativity, AI Productivity, dan AI Travel.

    Namun fitur-fitur tersebut akan tersedia secara berkala. “Belum semua, pada saat launching kita akan update secara berkala,” jelasnya, Andi Rengreng, MarketingDirector Xioami Indonesia.

    Dia juga menjelaskan beberapa hal yang membedakan keduanya. Pro+ memiliki fitur AI yang lebih banyak di bagian kamera dibandingkan untuk seri Pro.

    Foto: Redmi Note 14 Pro dan Pro Plus. (CNBC Indonesia/Novina Putri)
    Redmi Note 14 Pro dan Pro Plus. (CNBC Indonesia/Novina Putri)

    “Apakah Redmi Note 14 Pro 5G tidak punya fitur AI? Ada tapi fitur yang banyak di Pro+,” kata Andi.

    Andi belum buka suara kapan peluncuran keduanya, termasuk terkait harga saat resmi dijual di Indonesia nanti.

    Meski harga jualnya belum diungkap, jika melihat pendahulunya, seri Redmi Note 13 Pro dibanderol mulai Rp 4 jutaan hingga Rp 5 jutaan. Hal ini bisa menjadi gambaran kisaran harga jual seri Redmi Note 14 Pro saat dirilis nanti. Kita tunggu saja! 

    (fab/fab)

  • Pabrik AirTag Apple Beroperasi Februari 2026, Rosan: Sudah Beli Tanah

    Pabrik AirTag Apple Beroperasi Februari 2026, Rosan: Sudah Beli Tanah

    Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan P Roeslani menyampaikan pabrik AirTag milik Apple Inc di Batam bakal beroperasi pada Februari 2026. 

    Pembangunan pabrik AirTag milik Apple ini dilakukan setelah adanya kesepakatan investasi antara Pemerintah dan AppleInc. sebesar US$1 miliar atau sekitar Rp16 triliun.

    Rosan menyampaikan bahwa tanah untuk pembangunan pabrik AirTag di Batam sudah dibeli dan sudah melakukan cut and fill untuk mulai construction. 

    “Diharapkan 2026 awal tahun, di bulan Februari itu sudah siap untuk AirTag-nya (produksi),” kata Rosan dalam acara Semangat Awal Tahun 2025, Rabu (15/1/2025).

    Rosan mengatakan dilakukannya pembangunan pabrik AirTag di Batam menjadi penanda bahwa raksana teknologi Amerika Serikat (AS) ini jadi berinvestasi di Indonesia. 

    Konstruksi, kata Rosan masih terus berjalan hingga saat ini dan dengan kehadiran pabrik ini pihaknya berharap investasi yang masuk ke Indonesia bisa semakin meningkat hingga mencapai US$10 miliar.

    “Sehingga investasi awal di US$ 1 miliar kemudian meningkat secara bertahap menjadi US$ 3 miliar, US$ 5 miliar, dan target di US$ 10 miliar dapat tercapai,” ujarnya.

    CEO Apple Tim CookPerbesar

    Tak hanya itu, dengan adanya pembangunan pabrik AirTag Apple di Batam, Rosan mengharapkan akan ada vendor-vendor lain yang masuk ke Indonesia.

    “Kita ingin vendor-vendor lainnya, seperti banyak vendor di Apple, di negara lain, seperti yang tadi saya sampaikan di Vietnam, Malaysia, dan Thailand,” ucap Rosan.

    Diberitakan sebelumnya, mengungkapkan telah sepakat dengan tim Apple Inc. terkait investasi awal senilai US$1 miliar atau sekitar Rp16 triliun untuk pembangunan pabrik AirTag di Batam. 

    Rosan menyampaikan pihaknya dengan Apple telah berkomitmen bahwa investasi tersebut akan digunakan untuk pembangunan tahap pertama pabriknya di Indonesia.

    “Pada intinya mereka bicara dan berkomitmen untuk pembangunan tahap pertama vendor AirTag US$1 miliar,” ujarnya di kantor BKPM, Selasa (7/1/2025). 

    Harapannya, pabrik tersebut dapat memproduksi 65% dari kebutuhan global AirTag—produk dari Apple untuk melacak keberadaan barang seperti kunci maupun dompet.  

    Sebelumnya, Apple mencatat penurunan penjualan iPhone sebesar 5% secara global pada kuartal IV/2024, dipicu oleh pembaruan fitur kecerdasan buatan (AI) yang kurang menarik dan tekanan dari pesaing yang semakin agresif di pasar China.

    Data Counterpoint Research menunjukkan pangsa pasar global iPhone turun menjadi 18% sepanjang 2024. Sementara itu, Samsung Electronics Co. juga kehilangan momentum di tengah pertumbuhan pesat produsen perangkat Android asal China seperti Xiaomi Corp. dan Vivo.

    Selama setahun penuh, penjualan Apple merosot 2%, meskipun pasar smartphone global mencatatkan pertumbuhan 4%.

    Laporan International Data Corp. memberikan gambaran serupa, dengan pengiriman smartphone Apple turun 4,1% pada kuartal IV/2024 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/YoY). Sebaliknya, industri secara keseluruhan tumbuh 2,4% pada periode tersebut.

    Analis IDC Francisco Jeronimo mengatakan kuartal terakhir ini sangat luar biasa bagi produsen smartphone terbesar di China.

    “Mereka mencapai tonggak bersejarah karena mereka mengapalkan volume gabungan tertinggi yang pernah ada dalam satu kuartal, yang mewakili 56% dari pengapalan smartphone global,” jelasnya, seperti dikutip Bloomberg.

    Software kecerdasan buatan (AI) terbaru Apple, Apple Intelligence, belum diluncurkan di China, sehingga mengurangi daya saingnya di pasar tersebut.

    Di Amerika Serikat, perangkat lunak ini digembar-gemborkan sebagai alasan utama untuk beralih ke iPhone terbaru, namun di China — pasar terbesar Apple di luar AS dan Eropa — perusahaan ini masih mencari mitra lokal untuk menghadirkan fitur seperti asisten penulisan AI dan penciptaan gambar.