brand merek: Xiaomi

  • Ingin Upgrade TV di Rumah? Ikuti 6 Cara Ini agar Tak Salah Pilih – Page 3

    Ingin Upgrade TV di Rumah? Ikuti 6 Cara Ini agar Tak Salah Pilih – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Konsumsi konten digital berkualitas tinggi semakin meningkat, tetapi pengguna TV di Indonesia seringkali menghadapi kendala dalam menikmati hiburan di rumah.

    Teknologi LED konvensional memiliki keterbatasan kualitas tampilan, seperti warna hitam yang pudar, detail yang hilang pada adegan cepat, dan efek blooming pada teks putih di latar gelap.

    Saat menonton pertandingan olahraga atau bermain game, misalnya, lag dan blur pada gerakan cepat juga dapat mengurangi ketajaman visual.

    Teknologi Mini LED pada smart TV hadir sebagai solusi untuk mengatasi berbagai masalah tersebut. Mini LED merupakan terobosan teknologi display dengan kontras lebih tinggi berkat 1.000+ dimming zones, memastikan tingkat kecerahan yang lebih merata dan warna hitam yang lebih pekat.

    Didukung Quantum Dot 4K, peak brightness 1200 nits, HDR10+, dan Dolby Vision, TV dengan Mini LED menghadirkan warna yang lebih akurat dan detail yang tetap tajam dalam berbagai kondisi pencahayaan.

    Salah satu perusahaan teknologi yang menawarkan teknologi Mini LED untuk jajaran smart TV terbaru adalah Xiaomi melalui TV S Mini LED Series 2025.

    Marketing Director Xiaomi Indonesia, Andi Renreng, mengatakan bahwa Xiaomi TV S Mini LED Series 2025 adalah Mini LED pertama yang dihadirkan untuk memastikan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen Indonesia.

    “Kami menghadirkan inovasi yang tidak hanya mengatasi keterbatasan TV konvensional, tetapi juga memberikan nilai lebih bagi pengalaman entertainment di rumah,” ujar Andi melalui keterangan resminya, Sabtu (15/2/2025).

    Jika kamu ingin upgrade TV di rumah dengan perangkat yang membenamkan teknologi Mini LED, kamu bisa mengikuti tips di bawah ini. 

    Perlu dicatat, memilih TV yang tepat adalah investasi penting mengingat perangkat ini akan digunakan dalam jangka panjang. 

     

  • 7 Pilihan Smart TV 32 Inci Kurang dari Rp 2 Juta: Spesifikasi dan Harganya

    7 Pilihan Smart TV 32 Inci Kurang dari Rp 2 Juta: Spesifikasi dan Harganya

    Jakarta

    Di zaman yang semakin modern, perangkat televisi (TV) pun sudah dilengkapi teknologi mutakhir. Kini telah hadir smart TV yang menawarkan berbagai fitur eksklusif.

    Bukan hanya tayangan TV lokal, saluran luar negeri hingga layanan streaming video tersedia di smart TV. Perangkat ini juga umumnya sudah dibekali layar luas hingga fitur kontrol suara untuk mengendalikan TV.

    Berencana beli smart TV? Temukan rekomendasi smart TV terjangkau dengan harga kurang dari Rp 2 juta di uraian berikut.

    Rekomendasi Smart TV di Bawah Rp 2 Juta

    Merangkum dari situs marketplace, berikut sederet smart TV 32 inci terbaik dengan harga kurang dari Rp 2 juta:

    1. Polytron PLD 32CV1869

    Polytron PLD 32CV1869 Foto: dok. Situs Polytron Official

    Dilengkapi resolusi FHD tajam, Polytron PLD 32CV1869 punya gambar jernih dan detail tanpa bintik. Digital TV ini juga hadir dengan fitur-fitur yang mempermudah pengguna, seperti Screen Casting untuk menampilkan konten dari ponsel hingga berselancar internet melalui browser.

    Polytron PLD 32CV1869 juga berbasis Android TV sehingga dapat mengakses berbagai aplikasi dan konten streaming populer, mencakup Prime Video, WeTV, IQIYI dan lainnya. TV ini juga memperoleh free akses 12 bulan untuk Mola dan Vidio Platinum.

    Harga: Rp 1.849.000-1.899.000.

    2. Xiaomi TV A Pro 32

    Xiaomi TV A Pro 32 didukung Google TV yang bisa memenuhi kebutuhan hiburan dalam satu platform terintegrasi, mulai dari layanan streaming, aplikasi, hingga konten digital. Ribuan aplikasi yang tersedia di Google Play-nya dapat diunduh. TV juga dapat dikendalikan dengan Google Assistant cukup menggunakan perintah suara “Ok Google”.

    Dari segi desain, Xiaomi TV A Pro 32 punya layar penuh yang beresolusi tinggi. Suara yang dihasilkan bertenaga dengan dua speaker stereo 10 W dan dukungan teknologi Dolby Audio™, DTS-X, serta DTS Virtual:X.

    Harga: Rp 1.949.000.

    3. Coocaa TV 32S3U Plus

    Layar 2K LED dengan teknologi HDR 10 dan Trochilus Extreme memberikan Coocaa TV 32S3U Plus gambar jernih dan berwarna menyala. Layarnya lebar dengan bezel yang tipis. Fitur Dolby Audio-nya juga menghasilkan suara sinematik yang powerful.

    TV dari Coocaa ini menawarkan hiburan berlimpah dengan lebih dari 300 free live channels dan 500 aplikasi hiburan. Coocaa TV 32S3U Plus juga bisa dikontrol dengan suara karena dilengkapi fitur Voice Control.

    Harga: Rp 1.529.000-1.549.000.

    4. Toshiba 32E31KP

    Kualitas layar FHD Toshiba 32E31KP dipasangkan Regza Engine High Grade dengan Essential PQ Technology yang memunculkan gambar berkualitas jernih dan jelas serta warnanya cerah. Framenya tipis sehingga layar terlihat luas.

    Untuk suara, Smart TV Toshiba ini menggunakan dua speaker 8 W berteknologi Regza Power Audio dan didukung DTS Virtual: X. Aplikasi hiburan bawaannya tersedia YouTube, Netflix, dan Prime Video. Aplikasi lainnya dapat ditemukan melalui App Store.

    Harga: Rp 1.798.000.

    5. AQUA AQT32K701A

    AQUA AQT32K701A Foto: dok. Situs Aqua Elektronik Indonesia

    Berbasis Android TV, AQUA AQT32K701A menyediakan ratusan ribu film dan pertunjukan TV yang dapat diakses pengguna. Konten dari ponsel juga dapat ditampilkan pada layar TV dengan Chromecast built-in.

    Layar HD-nya memunculkan gambar berkualitas jernih dengan tampilan luas dengan desain bezel-less. Suara yang dihasilkan bertenaga dengan teknologi dbx-tv. Kontrol TV dengan Google Assistant cukup katakan “Ok Google.”

    Harga: Rp 1.999.000.

    6. TCL 32S53

    TCL 32S53 berbasis Android TV yang memberikan akses hiburan tanpa batas kepada pengguna. Tersedia built-in layanan streaming untuk menyaksikan banyak film dan acara TV terbaru. Akses aplikasi hiburan lebih banyak lewat Play Store.

    Untuk layar, Smart TV dari TCL ini beresolusi HD dengan teknologi HDR 10 dan Micro Dimming yang memanjakan mata dengan warna kontras optimal yang kecerahannya tetap nyaman. Desainnya juga bezel-less sehingga memberikan pengalaman menonton lebih luas.

    Harga: Rp 1.749.000.

    7. Changhong L32G7N

    Changhong L32G7N mempunyai tampilan layar 95% yang ultra lebar dengan frame tipis untuk kepuasan visual. Dengan teknologi HDR10, gambarnya berkualitas tinggi dengan kontras dan detail tajam.

    Kebutuhan hiburan terpenuhi dengan sejumlah aplikasi bawaan serta aplikasi lain yang dapat diunduh melalui Play Store. Pengendalian TV semakin mudah dengan perintah suara Google Assistant. Dengan dbx-tv, kualitas suara yang dihasilkan begitu superior.

    Harga: Rp 1.798.000.

    Sebagai catatan, informasi harga smart TV kurang dari Rp 2 juta ini bisa berubah tiap saat bergantung pada kebijakan pengelola market place. Detikers yang ingin membeli smart TV sebaiknya update lebih dulu terkait harga, kesediaan barang, dan lain-lain.

    (azn/row)

  • Ini Deretan Fitur AI di Redmi Note 14 Pro untuk Permudah Bikin Konten, Apa Saja? – Page 3

    Ini Deretan Fitur AI di Redmi Note 14 Pro untuk Permudah Bikin Konten, Apa Saja? – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Redmi Note 14 Pro series saat ini sudah dilengkapi dengan lebih banyak fitur AI, mulai dari AI Film, AI Erase hingga AI Image Expansion.

    Dengan deretan fitur AI tersebut, Redmi Note 14 Pro series diklaim sebagai salah satu ponsel mid-range dengan pengalaman AI yang bisa mempermudah milenial hingga gen Z untuk membuat konten visual hingga mendukung produktivitas.

    Marketing Director Xiaomi Indonesia Andi Renreng mengatakan dengan kombinasi seimbang antara desain, performa, dan durability, Redmi Note 14 Series menjadi pilihan ideal bagi pengguna yang menginginkan smartphone andal dengan fitur dan value terbaik.

    “Ponsel ini juga memiliki ketahanan untuk pemakaian jangka panjang. Inilah alasan mengapa Redmi Note 14 Series menjadi favorit anak muda, karena mampu mendukung gaya hidup mereka yang penuh tantangan seru,” ujar Andi melalui keterangannya, Jumat (14/2/2025).

    Bicara soal fitur AI Redmi Note 14 Pro series, AI Film memudahkan pengguna membuat konten berkualitas tinggi dengan pengeditan yang lebih sederhana.

    Lalu, ada AI Erase berguna untuk menghapus objek yang tak diinginginkan di dalam foto.

    Sementara dengan AI Expansion, pengguna dapat memperluas area gambar yang diambil secara alami, sehingga bisa memberikan perspektif lebih luas dalam setiap foto.

    Ada juga teknologi AI Remosaic untuk proses editing lebih cepat dan hasilnya tetap detail. Fitur AI di Redmi Note 14 Pro Series juga bisa touch-up foto, atur pencahayaan, bahkan membuat efek dramatis tanpa perlu aplikasi tambahan.

  • Tips Memilih TV Untuk Investasi Panjang

    Tips Memilih TV Untuk Investasi Panjang

    1. Sesuaikan ukuran layar dengan kebutuhan
    Sebelum membeli, tentukan dulu tujuan penggunaan TV. Apakah untuk hiburan pribadi, keluarga, atau pengalaman gaming? Ukuran layar sangat berpengaruh pada
    pengalaman menonton dan mendapatkan pengalaman visual terbaik.

    2. Perhatikan teknologi panel
    Teknologi layar yang lebih canggih akan memberikan kualitas gambar yang lebih baik dengan tingkat kecerahan optimal, dan kontras lebih tajam untuk tampilan yang lebih nyata. 

    3. Cek refresh rate untuk pengalaman lebih seamless
    Refresh rate yang tinggi sangat penting untuk menonton konten dengan banyak
    gerakan, seperti olahraga atau gaming. 

    4. Pastikan dukungan fitur Smart Entertainment
    Google TV built-in memungkinkan akses mudah ke berbagai platform streaming favorit.

    5. Perhatikan kualitas audio untuk pengalaman imersif
    Sistem audio yang baik akan meningkatkan pengalaman menonton dan memberikan pengalaman menonton yang lebih imersif. Dengan teknologi ini, pengguna dapat menikmati kualitas gambar dan suara yang begitu nyata, seolah merasakan langsung suasana dalam film atau konser favorit.

    6. Memastikan jaminan garansi
    Hal ini untuk memudahkan pengguna dan agar lebih tenang dalam penggunaan jangka panjang.

    Jenama asal Cina, Xiaomi belum lama ini meluncurkan Xiaomi TV S Mini LED Series 2025, Smart TV pertama dari Xiaomi yang menggunakan teknologi Mini LED untuk mengatasi berbagai masalah tersebut.

    “Xiaomi TV S Mini LED Series 2025 adalah Mini LED pertama yang kami hadirkan untuk memastikan pengalaman Live Right, Live Smart yang lebih baik bagi konsumen Indonesia. Dengan meningkatnya permintaan akan produk Smart TV berkualitas premium, kami menghadirkan inovasi yang tidak hanya mengatasi keterbatasan TV konvensional, tetapi juga memberikan nilai lebih bagi pengalaman entertainment di rumah,” ujar Andi Renreng, Marketing Director Xiaomi Indonesia dalam keterangan dikutip Jumat (14/2).

    Mini LED menjadi terobosan teknologi layar  dengan kontras lebih tinggi 1.000+ dimming zones, dengan tingkat kecerahan yang lebih merata dan warna hitam yang lebih dalam. Didukung Quantum Dot 4K, peak brightness 1200 nits, HDR10+, dan Dolby Vision, TV ini menghadirkan warna lebih akurat dan detail yang tetap tajam dalam berbagai kondisi pencahayaan.  

    Selain menawarkan kualitas gambar premium, Mini LED juga lebih tahan lama, menjadikannya investasi jangka panjang yang bisa dipertimbangkan.

  • Bocoran Harga Xiaomi 15 Ultra, Akan Rilis Akhir Bulan Ini

    Bocoran Harga Xiaomi 15 Ultra, Akan Rilis Akhir Bulan Ini

    Jakarta

    Xiaomi 15 Ultra akan diluncurkan di China dan global menjelang akhir bulan ini. Setelah spesifikasi dan desainnya terungkap, kini giliran harga Xiaomi 15 Ultra yang muncul ke permukaan.

    Laporan terbaru dari Prancis mengungkap perkiraan harga Xiaomi 15 Ultra di Eropa. Ponsel flagship premium ini sepertinya akan dibanderol dengan harga mulai dari 1.499 Euro atau sekitar Rp 25,6 juta jika dikonversi secara langsung.

    Harga tersebut sama seperti harga Xiaomi 14 Ultra saat diluncurkan di Eropa tahun lalu. Penggemar Xiaomi di Eropa pun bisa bernapas lega karena tidak perlu membayar lebih untuk ponsel idamannya.

    Xiaomi 15 Ultra versi global kemungkinan hanya akan tersedia dalam satu pilihan penyimpanan yaitu 512GB dan hanya dalam pilihan warna Chrome. Meskipun kapasitas RAM-nya tidak disebutkan, kemungkinan ponsel ini mengusung RAM 16GB.

    Selain Xiaomi 15 Ultra, bocoran terbaru ini juga memberikan informasi soal harga Xiaomi 15 reguler di Eropa. Xiaomi 15 (dan Xiaomi 15 Pro) memang sudah diluncurkan di China pada Oktober 2024, tapi baru akan debut di pasar internasional bulan ini.

    Xiaomi 15 kabarnya akan tersedia di pasar Eropa dengan harga 1.099 Euro atau sekitar Rp 18,7 jutaan untuk varian 512GB, sama seperti generasi sebelumnya. Versi 256GB-nya kemungkinan juga dibanderol dengan harga yang sama seperti Xiaomi 14 yaitu 999 Euro, seperti dikutip dari GSM Arena, Kamis (13/2/2025).

    Xiaomi 15 Ultra diprediksi hadir dengan kamera utama 50 MP dengan sensor berukuran 1 inch, kamera ultrawide 50 MP, kamera telephoto 50 MP dengan optical zoom 3x, dan kamera periskop 200 MP dengan optical zoom 4,3x. Ponsel ini akan ditenagai Snapdragon 8 Elite dan baterai 6.000 mAh.

    Peluncuran Xiaomi 15 dan Xiaomi 15 Ultra di Eropa kabarnya akan digelar pada 28 Februari, bersamaan dengan event MWC 2025. Namun, Xiaomi 15 Ultra kemungkinan akan diumumkan di China terlebih dahulu pada tanggal 26 Februari.

    Kabar baiknya untuk Xiaomi fans di Tanah Air, Xiaomi 15 dan Xiaomi 15 Ultra sudah lolos TKDN dan dipastikan rilis di Indonesia. Kira-kira berapa ya harga kedua ponsel ini di Indonesia?

    (vmp/vmp)

  • Cara Mudah Blokir Iklan di HP Android Tanpa Aplikasi Lain

    Cara Mudah Blokir Iklan di HP Android Tanpa Aplikasi Lain

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Anda mungkin sering menemukan ponsel tiba-tiba memunculkan iklan. Terkadang iklan ini mengganggu aktivitas yang tengah kita lakukan dengan perangkat tersebut.

    Iklan muncul hampir di setiap waktu, misalnya pada Home Screen, Lock Screen, hingga sejumlah aplikasi. Ada cara mudah untuk menghilangkan atau menyetop iklan di HP Android.

    Anda tak perlu aplikasi tambahan untuk melakukannya, namun dengan membuka menu pengaturan pada tiap lokasi kemunculannya.

    Simak caranya berikut ini:

    Hilangkan Iklan dari Chrome

    – Buka Google Chrome di aplikasi Android

    – Klik menu tiga titik di sisi kanan atas untuk membuka “Settings”

    – Gulir ke bawah sampai menemukan “Site Settings”

    – Pilih “Pop-ups and redirects” dan gulir toggle untuk mengaktifkan pemblokiran iklan-iklan pop-up

    – Kembali ke “Site Settings” dan pilih “Ads”

    – Gulir ke kanan untuk mengaktifkan toggle “Ads” yang membuat iklan-iklan berbahaya tak muncul ke permukaan.

    Hilangkan Iklan dari Home Screen

    Sebagai informasi, iklan di Home Screen muncul karena sebuah aplikasi. Anda bisa menghapus langsung aplikasi dari ponsel jika tidak terlalu membutuhkannya. Cara lain untuk menghilangkannya adalah berikut ini:

    – Tekan dan tahan ikon aplikasi dan buka menu info yang terbuka

    – Gulir hingga menemukan opsi “Display over other apps”

    – Gulir untuk mematikan toggle “Allow display over other apps”.

    Hilangkan Iklan dari Wallpaper

    Iklan di Wallpaper juga berasal dari sebuah aplikasi. Salah satunya adalah Glance, yang menyediakan berbagai rekomendasi, berita serta konten kemitraan.

    Konten kemitraan yang berisi iklan dan memiliki porsi yang lebih banyak dibandingkan layanan lain. Ini cara memblokir iklan dari Wallpaper:

    – Geser ke atas (swipe up) dari home screen untuk membuka menu app drawer

    – Pilih “Settings”

    – Gulir ke “Lock Screen”

    – Buka “Wallpaper Services”

    – Tekan tombol radio di samping “None”

    Blokir Iklan di HP Samsung

    – Buka menu Settings

    – Pilih Samsung Account

    – Masuk ke menu Privacy

    – Pilih Customization service

    – Matikan pilihan Customization this phone untuk menghentikan konten personalisasi yang biasanya mengandung iklan.

    Blokir Iklan di HP Xiaomi

    Buka Settings di HP

    – Pilih Sandi & Keamanan

    – Masuk ke opsi Privasi

    – Lanjutkan dengan menekan Layanan Iklan

    – Matikan opsi Rekomendasi Iklan yang Dipersonalisasi

    Iklan HP Xiaomi juga bisa diblokir lewat MiUI System Ads:

    – Masuk ke menu Settings

    – Pilih Sandi & Keamanan

    – Pilih Otorisasi dan pencabutan

    – Matikan opsi MiUl System Ads

    Sementara itu, untuk menghapus iklan dari aplikasi Tema adalah sebagai berikut:

    Buka aplikasi Tema

    Pilih menu Profil dan klik Settings atau Pengaturan

    Matikan Pilihan Tampilkan Iklan.

    (fab/fab)

  • Farrel Pria Jogja Hilang Ternyata Pendiri Startup Ratusan Miliaran

    Farrel Pria Jogja Hilang Ternyata Pendiri Startup Ratusan Miliaran

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pria asal Yogyakarta dikabarkan hilang sejak lima hari yang lalu. Pria tersebut bernama Christopher Farrel Millenio Kusuma. Farrel diketahui sebagai pendiri perusahaan rintisan atau startup Kecilin.

    Sejumlah barang miliknya ditemukan di kawasan Pantai Pandan Payung, Kretek, Bantul. Di antara barang milik Farrel, ada delapan surat yang berisi sejumlah pesan, demikian dikutip dari laporan Detikcom, Rabu (12/2/2025).

    Peristiwa ini berawal dari penemuan beberapa barang seperti ponsel hingga dompet di Pantai Pandan Payung, Bantul. Penemuan itu kemudian dilaporkan ke Polsek Kretek pada Sabtu (9/2).

    Barang di dalam bungkusan kresek berwarna putih itu antara lain satu ponsel Xiaomi, sepasang sepatu warna hitam, jaket jamper warna hitam, kaus hitam, dan delapan lembar surat berisi pesan permintaan maaf.

    “Benar, awalnya itu ada penemuan barang hilang di Pantai Pandan Payung yang terbungkus dalam kresek warna putih. Di dalamnya ada dompet berisi identitas atas nama Christopher Farrel Millenio Kusuma,” kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana.

    Namun untuk detail isi surat, Jeffry belum bisa membeberkannya. Menurutnya surat tersebut masih bagian dari penyelidikan sehingga belum bisa dipublikasikan karena merupakan salah satu barang bukti.

    “Benar ada delapan lembar surat permintaan maaf kepada keluarga. Tapi mohon maaf belum bisa dipublikasikan karena bagian dari pemeriksaan dan barang bukti,” jelas Jeffry.

    Jeffry hanya mempublikasikan halaman terakhir dari surat tersebut. Isinya berupa permintaan untuk menghubungi keluarga Farrel, terutama kepada ibu dan istrinya.

    Permintaan itu dituliskan dalam tiga baris. Sebagai penutup, Farrel membubuhkan namanya pada akhiran surat. Bertulis ‘Ch Farel mk’.

    “Di akhir surat meminta agar menghubungi keluarganya jika menemukan surat yang ditulis. Tulisannya, ‘Bagi yang menemukan surat ini, tolong hubungi Ibu saya dan istri. Ch Farel mk’. Itu isi penutup suratnya,” ungkap Jeffry.

    Pendiri startup Kecilin

    Kecilin merupakan aplikasi penghemat kuota pertama di dunia untuk pengguna Android. Aplikasi Kecilin dibangun oleh pemenang Wirausaha Muda Mandiri tahun 2018, Christopher Farrel.

    Program kewirausahaan yang diselenggarakan Bank Mandiri sejak 2007 ini bertujuan untuk menciptakan wirausahawan-wirausahawan baru yang memiliki daya saing global sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa datang.

    Dalam siaran pers yang dirilis pada 2023, Kecilin mengumumkan pendanaan pra-seri A senilai US$ 40 juta atau setara Rp 654 miliar dari sekelompok investor termasuk Mandiri Capital Indonesia dan BNI Ventures.

    Kecilin mengembangkan algoritma yang dapat mengurangi ukuran data file apapun atau data compression, termasuk video, gambar, dokumen, dan teks hingga 99%, tanpa megnurangi kualitas dan mempertahankan format.

    Farrel disebut sebagai pendiri Kecilin bersama Bisma Manda Samsu. Beberapa produk yang dikembangkan adalah CCTV compression yang mengurangi ukuran file dari video CCTV dan produk on-premise compression yang mengkompres data langsung dari server.

    (dem/dem)

  • Raja HP Terbaru RI Merek Tak Terkenal, Bukan Samsung-Xiaomi-Oppo

    Raja HP Terbaru RI Merek Tak Terkenal, Bukan Samsung-Xiaomi-Oppo

    Jakarta, CNBC Indonesia – Firma riset IDC merilis data terbaru terkait penjualan smartphone di Indonesia sepanjang 2024. Tercatat pertumbuhan positif 15,5% secara tahun-ke-tahun (year-on-year/YoY) menjadi hampir 40 juta unit sepanjang 2024.

    Pasar smartphone tumbuh pesat pada sejak kuartal pertama (Q1) 2024 setelah lesu selama beberapa kuartal sebelumnya. Sementara pada kuartal keempat (Q4), pasar smartphone Indonesia tumbuh 9,6% YoY.

    Sepanjang 2024, pertumbuhan pasar smartphone mayoritas didorong segmen ultra low-end (Rp 1,6 juta) yang dipimpin oleh Transsion (Infinix, Tecno, dan Itel).

    Segmen kelas menengah (Rp 3,2 juta- Rp 9 jutaan) juga mengalami pertumbuhan yang kuat hingga 24,9% YoY. Lagi-lagi merek asal China, Oppo, memimpin segmen kelas menengah.

    Di sisi lain, smartphone segmen flagship dengan harga di atas Rp 9 juta turun signifikan hingga 9,2%. IDC mencatat sebagian besar karena larangan penjualan seri iPhone 16 di Indonesia.

    Berikut 5 merek yang merajai pasar ponsel RI dari segi market share sepanjang 2024

    1. Transsion – 18,3%

    2. Oppo – 17,8%

    3. Samsung – 16,5%

    4. Xiaomi – 15,3%

    5. Vivo – 14,8%

    (fab/fab)

  • Warga RI Rawan Kena, Kenali Gejala Nomophobia dari Sekarang

    Warga RI Rawan Kena, Kenali Gejala Nomophobia dari Sekarang

    Jakarta, CNBC Indonesia – Banyak dari kita yang tidak bisa membayangkan bagaimana hidup tanpa smartphone. HP kini menjadi alat yang sangat diperlukan dengan banyak sekali kegunaannya.

    Namun, semakin banyak bukti yang menunjukkan adanya bahaya mental dan fisik yang terkait dengan penggunaan smartphone yang berlebihan.

    Smartphone memang berguna. Namun, ketika menghabiskan lebih banyak waktu dengan ponsel daripada berinteraksi dengan orang lain, atau tidak bisa berhenti memeriksa teks, email, feed Twitter, atau aplikasi lain, hal ini dapat berdampak negatif pada kehidupanyaitu, suatu kondisi yang disebut nomofobia.

    Nomophobia merupakan singkatan dari NO MObile PHone PhoBIA. Nomophobia termasuk fobia, di mana muncul kecemasan jika Anda tidak membawa ponsel atau tidak dapat dihubungi karena sinyal atau baterai habis.

    Seperti yang dijelaskan oleh psikolog Mark Travers, nomofobia belum dianggap sebagai gangguan mental yang diakui secara resmi seperti fobia spesifik lainnya, seperti ketakutan terhadap hewan atau ketinggian. Namun konseptualisasinya didasarkan pada kondisi-kondisi yang telah dimasukkan dalam Manual Diagnostik Gangguan Mental.

    Penelitian menunjukkan bahwa gejala nomofobia mencakup banyak gejala yang diamati pada fobia lainnya, seperti kecemasan, gemetar, berkeringat, gelisah, dan kesulitan bernapas, demikian dikutip dari Forbes, Selasa (11/2/2025).

    Hasil penelitian menunjukkan perasaan nomofobia mungkin juga terkait dengan penarikan diri dari kehidupan sosial dan kecanduan. Dengan demikian, temuan-temuan tersebut dapat mendukung dimasukkannya “Gangguan Kecanduan Ponsel Pintar” dalam Manual Diagnostik Gangguan Mental.

    Sebuah tinjauan sistematis terhadap bukti-bukti pada tahun 2021 menunjukkan bahwa dalam survei populasi global, terdapat rentang prevalensi yang sangat luas dari keberadaan dan tingkat keparahan nomofobia.

    Misalnya, tergantung pada studi yang dikutip, persentase responden yang “berisiko” bervariasi dari 13% hingga 79%. Perbedaan antara penelitian mungkin disebabkan oleh kriteria penilaian yang dilaporkan sendiri oleh para peneliti.

    Studi yang sama menunjukkan perbedaan yang sangat besar dari satu negara ke negara lain.

    Misalnya, di antara mahasiswa yang disurvei di seluruh dunia, prevalensi nomofobia berkisar antara 6% hingga 73%, tergantung pada negaranya, menurut sebuah studi yang diterbitkan pada Januari 2023.

    Xiaomi Redmi K40 (Dok. Xiaomi)

    Intinya, HP memang memudahkan orang untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman, dan rekan kerja setiap saat. Alat tersebut juga dapat mengambil gambar, membeli barang, mengontrol peralatan rumah tangga, dan mencari apa saja. Namun, dengan kekuatan super ini, ada juga kekurangannya.

    Oleh karena itu, penting untuk menyadari kemungkinan bahaya mental dan fisik yang disebabkan oleh penggunaan ponsel pintar yang berlebihan.

    Warga RI candu online

    Data terakhir menunjukkan penduduk Indonesia sudah kecanduan HP parah. Lagi-lagi, warga RI ada di peringkat pertama dalam hal waktu yang dihabiskan menatap layar HP.

    Dalam State of Mobile 2024 yang dirilis oleh Data.AI warga Indonesia menjadi pengguna yang paling lama menghabiskan waktu dengan perangkat mobile seperti HP dan tablet pada 2023, yaitu 6,05 jam setiap hari.

    Warga RI adalah satu-satunya masyarakat yang menghabiskan waktu di HP lebih dari 6 jam tiap hari. Pada posisi kedua, warga Thailand hanya menghabiskan 5,64 jam per hari. Argentina ada di posisi ketiga yaitu 5,33 jam per hari.

    Kecanduan HP orang Indonesia sebetulnya tidak separah pada 2022. Pada 2022, warga RI menghabiskan waktu hingga 6,14 jam per hari menatap layar HP dan tablet.

    Indonesia juga menempati salah satu posisi teratas dalam hal download aplikasi. Data.AI menempatkan warga RI di posisi ke-5 dalam hal download aplikasi. Sepanjang 2023, warga RI sekitar 7,56 miliar kali melakukan download aplikasi.

    Dalam hal download, warga China tidak ada saingan. Hanya dalam setahun, warga China 113,41 miliar kali mendownload aplikasi.

    Meskipun nomor satu dalam penggunaan HP, ternyata warga RI bukan nomor satu dalam hal penggunaan aplikasi mobile. Warga RI “hanya” menghabiskan 415 miliar jam sepanjang 2023 di aplikasi mobile sehingga ada di posisi ketiga.

    Warga yang paling banyak menghabiskan waktu di aplikasi mobile adalah India. Warga India menghabiskan waktu 1,19 triliun jam menggunakan aplikasi mobile.

    (dem/dem)

  • HP China Ini Tidak Terkenal tapi Ternyata Laku Dibeli Warga RI

    HP China Ini Tidak Terkenal tapi Ternyata Laku Dibeli Warga RI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Transsion mungkin asing bagi sejumlah warga Indonesia. Namun ternyata ponsel keluaran perusahaan tersebut cukup laku di pasaran tanah air.

    Sebagai informasi, Transsion merupakan induk perusahaan bagi Infinix, Tecno, dan Itel. Mereka memimpin dalam segmen budget atau low-end di Indonesia.

    Laporan IDC pada kuartal I-2024 menyebutkan Transsion memiliki market share sebesar 16,1% dan berada di peringkat tiga. Jumlahnya naik sebesar 5,4% dari tahun sebelumnya.

    Pertumbuhannya juga tembus 200% dalam periode tersebut, mengalahkan raksasa teknologi lain misalnya Oppo yang memimpin pasar kala itu bertumbuh 8,5%, Samsung -8,2%, Vivo 21,4% dan Xiaomi 44,4%.

    Transsion juga disinggung oleh Counterpoint Research dalam laporan kuartal dua lalu. Perusahaan memang tak masuk dalam lima besar, hanya masuk dalam kategori Others yang diwakili 59% untuk pengiriman tahunan.

    Menurut Counterpoint, angka tersebut bertumbuh karena didorong dua merek dari Transsion yakni Itel dan Tecno. Khususnya pada segmen entry level yang berkisar US$200.

    Transsion masuk dalam lima besar pasar smartphone dalam dua kuartal pada laporan Canalys. Di kuartal pertama, perusahaan mengantongi market share 17% dan berada di posisi keempat.

    Pada kuartal II, Transsion berada di posisi kelima dengan 15%. Posisinya menguat pada kuartal ketiga dengan 18% di peringkat ketiga.

    Kepopuleran Transsion juga terjadi di Asia Tenggara. Canalys melaporkan perusahaan ada di peringkat kedua wilayah tersebut dengan market share 18% dan pertumbuhan 197% dalam setahun.

    “Merek bersama dan kerja sama dengan perusahaan game selama Ramadhan menarik minat demografi anak muda di kawasan ini. Menawarkan perangkat yang terjangkau dan berperforma tinggi, Transsion menarik minat segmen pasar ini,” jelas analis Canalys, Sheng Win Chow.

    (mkh/mkh)