brand merek: Xiaomi

  • SU7 Sukses, Xiaomi Ketagihan Jualan Mobil Listrik dan Siap Rilis Model Baru

    SU7 Sukses, Xiaomi Ketagihan Jualan Mobil Listrik dan Siap Rilis Model Baru

    Jakarta

    Setelah sukses dengan Xiaomi SU7, raksasa teknologi asal China ini tampaknya makin serius di industri mobil listrik.

    Kode keras bahwa mereka antusias untuk bermain di kancah mobil listrik ini terlihat dari unggahan CEO Xiaomi, Lei Jun di sosial medianya beberapa waktu lalu.

    Lei Jun tampak beberapa kali mengunggah kegiatannya bersama dengan mobil listrik Xiaomi YU7. Tak hanya sekali, Lei bahkan tampak beberapa kali ‘pamer’ crossover full elektrik yang belum dijual oleh Xiaomi.

    Cherry blossom season at Wuhan University has arrived. Perfect time for a ride. #XiaomiYU7 pic.twitter.com/LDWLkSFdnw

    — Lei Jun (@leijun) March 26, 2025

    Secara desain, Xiaomi YU7 masih mempertahankan identitas khas Xiaomi. Bagian depannya mirip dengan SU7, tetapi dengan bentuk lebih membulat. Lampu depannya memiliki elemen pencahayaan khas yang membentang di seluruh bagian depan.

    Dilansir dari Car News China, YU7 juga dilengkapi dengan sensor LiDAR di atapnya. Ini mengindikasikan bahwa SUV ini akan memiliki sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS). Xiaomi juga menawarkan hingga 26 desain velg berbeda untuk YU7, termasuk model yang terinspirasi dari kipas turbofan.

    Perlu diketahui bahwa Xiaomi YU7 masuk dalam kategori SUV mid-large dengan ukuran 4.999 mm panjang, 1.996 mm lebar, dan 1.608 mm tinggi. Jarak sumbu rodanya mencapai 3.000 mm.

    Diklaim, sama buasnya dengan SU7, untuk pilihan tenaga, Xiaomi YU7 akan hadir dalam beberapa varian. Model dasar menggunakan motor tunggal di belakang dengan tenaga 235 kW (315 HP) dan baterai lithium iron phosphate.

    Xiaomi YU7 Foto: x.com/leijun

    Varian lebih tinggi menggunakan konfigurasi dual-motor AWD. Motor depan menghasilkan 220 kW (295 HP) dan motor belakang 288 kW (376 HP), dengan total tenaga 508 kW (681 HP). Model AWD ini memakai baterai ternary lithium.

    Kabarnya Xiaomi diperkirakan akan meluncurkan YU7 di China pada Juni atau Juli 2025. Harganya diperkirakan berada di kisaran 300.000 hingga 400.000 yuan atau setara dengan Rp 660-880 jutaan.

    (mhg/lua)

  • Melaju 116 Km/Jam Mode Autopilot, 3 Orang Tewas

    Melaju 116 Km/Jam Mode Autopilot, 3 Orang Tewas

    Jakarta

    Kecelakaan fatal melibatkan mobil listrik Xiaomi SU7 terjadi pada Sabtu (29/3/2025) lalu di Provinsi Anhui, China.

    Insiden ini menewaskan tiga mahasiswi dan menjadi kecelakaan pertama yang secara luas dilaporkan terkait kendaraan listrik Xiaomi sejak peluncurannya pada Maret 2024.

    Menurut pernyataan resmi Xiaomi yang dirilis pada Selasa (1/4/25) mobil yang terlibat dalam kecelakaan adalah versi standar SU7, yang menggunakan sistem navigasi berbasis visi tanpa LiDAR.

    Pada saat kejadian, mobil berada dalam mode Navigation on Autopilot (NOA) dengan kecepatan 116 km/jam. Naas mobil tersebut diketahui mendekati zona konstruksi yang memblokir jalur.

    Lantas sistem mengeluarkan peringatan dan mulai memperlambat kendaraan, sebelum pengemudi mengambil alih kendali dan menekan rem. Namun mobil tak berhenti semurna, tabrakan tak terhindarkan, dan diklaim mobil tetap bertabrakan dengan tiang beton pada kecepatan 97 km/jam.

    Media China, Car News China melaporkan bahwa mobil terbakar setelah tabrakan dan pintu tidak dapat dibuka, menyebabkan penumpang terjebak di dalam.

    Namun, Xiaomi membantah klaim tersebut dengan menjelaskan bahwa setiap pintu SU7 dilengkapi dengan pegangan darurat mekanis yang tetap berfungsi meskipun baterai mobil rusak.

    The Xiaomi SU7 that crashed on March 29 on a highway in China’s Anhui province, reportedly killing three people, was in Navigate on Autopilot mode, the Chinese EV maker said today. The car detected a roadblock and began to slow down, with the driver taking over control just two… pic.twitter.com/OKFUcd0Mlo

    — Yicai 第一财经 (@yicaichina) April 1, 2025

    Pasca kecelakaan, sistem panggilan darurat kendaraan (eCall) secara otomatis menghubungi layanan darurat. Polisi dan petugas medis tiba di lokasi sekitar pukul 11 malam.

    Xiaomi mengungkapkan bahwa mobil yang mengalami kecelakaan bukan dikemudikan oleh pemilik resminya saat kejadian.

    Dampak dari insiden ini juga terasa di pasar saham, di mana harga saham Xiaomi Group (01810.HK) sempat anjlok lebih dari 5% dalam perdagangan setelah pernyataan resmi dirilis.

    Reuters melaporkan bahwa Xiaomi telah membentuk tim investigasi khusus yang bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menyelidiki insiden ini dan berjanji untuk membantu keluarga korban serta menjaga transparansi selama proses investigasi.

    (mhg/dry)

  • Mobil Listrik SU7 Kecelakaan-Tewaskan 3 Orang, Ini Penjelasan Xiaomi

    Mobil Listrik SU7 Kecelakaan-Tewaskan 3 Orang, Ini Penjelasan Xiaomi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan teknologi multinasional asal China, Xiaomi, mengaku secara aktif bekerja sama dengan polisi setelah kecelakaan fatal yang melibatkan kendaraan listrik SU7 pada tanggal 29 Maret lalu. Xiaomi juga menyampaikan telah menyerahkan driving data and systems.

    Mengutip Reuters, Selasa (1/4/2025), insiden tersebut menandai kecelakaan besar pertama yang melibatkan sedan SU7, yang diluncurkan Xiaomi pada bulan Maret tahun lalu. Kendaraan itu sejak Desember telah mengalahkan penjualan Model 3 milik perusahaan kendaraan listrik (EV) asal Amerika Serikat, Tesla, setiap bulannya.

    Saham Xiaomi, yang telah naik sebesar 34,8% tahun ini, ditutup turun 5,5% pada hari Rabu, di bawah kenaikan 0,2% dalam indeks Hang Seng Tech.

    Xiaomi tidak mengungkapkan jumlah korban tetapi mengatakan informasi awal menunjukkan mobil tersebut berada dalam mode mengemudi berbantuan cerdas, Navigate on Autopilot (NOA) sebelum kecelakaan dan melaju dengan kecepatan 116 kpj (72 mph).

    Menurut Xiaomi, seorang pengemudi di dalam mobil mengambil alih dan mencoba memperlambatnya tetapi kemudian bertabrakan dengan tiang semen dengan kecepatan 97 kpj. Kecelakaan itu terjadi di Tongling di provinsi Anhui, China timur, menewaskan pengemudi dan dua penumpang.

    Dalam ikhtisar data yang diserahkan ke polisi setempat yang diunggah di akun Weibo perusahaan tersebut, Xiaomi mengatakan NOA mengeluarkan peringatan risiko akan adanya hambatan di depan dan pengambilalihan langsung berikutnya hanya terjadi beberapa detik sebelum tabrakan.

    Media lokal melaporkan bahwa mobil tersebut terbakar setelah tabrakan. Namun, Xiaomi tidak menyebutkan kebakaran tersebut dalam pernyataannya.

    Adapun Xiaomi mulai memproduksi EV tahun lalu dengan peluncuran sedan SU7 setelah menjual ponsel pintar, peralatan rumah tangga, dan gawai pintar selama sebagian besar dari 15 tahun perusahaan itu berdiri. Perusahaan tersebut memiliki dua versi sistem smart driving pada EV SU7-nya.

    Versi yang dipasangi LiDAR kelas atas, berbeda dengan versi penglihatan murni, memungkinkan fitur navigasi perkotaan seperti penghindaran tabrakan dan pengenalan kendaraan khusus.

    Xiaomi mengatakan mobil yang terlibat dalam kecelakaan tersebut adalah versi standar dari SU7, yang memiliki teknologi smart driving yang kurang canggih tanpa LiDAR.

    (miq/miq)

  • Perbandingan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 13 4G dan Redmi Note 13 5G, Pilih Mana? – Page 3

    Perbandingan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 13 4G dan Redmi Note 13 5G, Pilih Mana? – Page 3

    Xiaomi Redmi Note 13 4G ditenagai chipset MediaTek Dimensity 6080, prosesor 6nm yang diklaim menjanjikan performa yang lebih efisien. 

    Sementara itu, Redmi Note 13 5G menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 685, octa-core hingga 2.8 GHz, dipadukan dengan GPU Adreno 610.

    Perbedaan performa antara Snapdragon 685 dan Dimensity 6080 akan bergantung pada penggunaan dan aplikasi yang dijalankan.

    Untuk penggunaan sehari-hari, keduanya mungkin menawarkan pengalaman yang cukup mulus. Namun, untuk tugas-tugas yang lebih berat seperti gaming, Snapdragon 685 kemungkinan akan memberikan performa yang lebih baik.

    Pengalaman penggunaan sebenarnya akan bergantung pada banyak faktor, termasuk RAM dan penyimpanan internal yang dipilih. Kedua model menawarkan pilihan RAM 6GB, 8GB, dan 12GB, serta penyimpanan internal 128GB atau 256GB.

  • Pemerintah China Puji Kunjungan IShowSpeed ke Negaranya, Kenapa?

    Pemerintah China Puji Kunjungan IShowSpeed ke Negaranya, Kenapa?

    Beijing

    IShowSpeed atau Darren Watkins sedang berkunjung dan livestream di berbagai kota di China. Kunjungannya itu rupanya dipuji oleh media pemerintah China sebagai bukti meningkatnya keinginan antara warga Amerika dan China untuk bersahabat di tengah meningkatnya ketegangan kedua negara.

    Influencer berusia 20 tahun itu, dengan lebih dari 37 juta pengikut YouTube, menyiarkan langsung kunjungannya ke Beijing dan Shanghai tanpa henti masing-masing selama enam jam di dua kota besar itu.

    Speed, yang berasal dari Ohio, memuji orang-orang di China yang menyambutnya dengan antusias, jalanan yang bersih, dan konektivitas internet cepat dan stabil saat perjalanan kereta bawah tanah. Ia salto di Tembok Besar China, mengunjungi Kota Terlarang, mencoba makanan kaki lima, main ping pong, hingga berlatih kung fu.

    “Dikenal karena bakat penuh energi dan dramatis serta memiliki lebih dari 37 juta subscriber YouTube, IShowSpeed, terlepas dari kontroversinya, memberi pandangan yang tak disaring dan bersemangat tentang budaya, modernitas, dan keindahan China,” sebut Global Times, media pemerintah China, yang dikutip detikINET.

    “Ia menawarkan kepada jutaan pemirsa di seluruh dunia, banyak di antaranya untuk pertama kalinya, perspektif baru tentang negara tersebut,” tambah mereka.

    Speed juga mencoba Xiaomi SU7 Ultra, kendaraan listrik yang baru dirilis dengan 1.526 tenaga kuda. “Mobil ini lebih cepat dari Huracan saya? Mobil ini lebih cepat dari Lamborghini saya? Tapi ini bertenaga listrik,” kata IShowSpeed.

    Menurut Li Haidong, profesor di China Foreign Affairs University, tur tersebut memicu gelombang minat internasional, khususnya di anak muda, yang terpapar pada sisi China yang jarang disorot narasi arus utama AS. Siaran IShowSpeed dapat mengurangi kesalahpahaman dan menguak betapa modern China dan kaya budayanya

    “Saat melanjutkan perjalanan di kota-kota China lainnya, IShowSpeed tidak hanya menghibur atau menjadi petualangan pribadi, tapi juga menyediakan saluran baru bagi dunia untuk menemukan China yang autentik dan tanpa filter di luar berita bias dan stereotip yang tidak bersahabat,” kata Li.

    (fyk/fyk)

  • Hasil Uji Tabrak Mobil Listrik Xiaomi SU7 Dapat Bintang Lima

    Hasil Uji Tabrak Mobil Listrik Xiaomi SU7 Dapat Bintang Lima

    Jakarta

    Sedan listrik Xiaomi SU7 memperoleh lima bintang dalam uji keselamatan dan tabrakan C-NCAP China. Hasil ini membuktikan bahwa produsen kendaraan listrik baru seperti Xiaomi pun dapat membuat kendaraan yang aman.

    SU7 merupakan mobil pertama yang diluncurkan Xiaomi pada 2024 lalu. Model ini dengan cepat menjadi mobil terlaris dengan total pengiriman sebanyak 186.112 unit. Saat ini, permintaan Xiaomi SU7 masih sangat tinggi hingga perlu waktu inden mencapai 11 bulan.

    Hasil Uji tabrak Xiaomi SU7

    Uji evaluasi keselamatan dan tabrakan C-NCAP diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Teknologi Otomotif China (CATARC). Dalam uji C-NCAP ini, keselamatan kendaraan dievaluasi pada skala 0 hingga 100%. Kemudian persentase tersebut diubah menjadi bintang agar hasilnya lebih mudah dipahami. C-NCAP mencakup pengujian untuk penumpang kendaraan, pengguna jalan, dan fungsi bantuan keselamatan.

    C-NCAP melakukan uji tabrak terhadap model Xiaomi SU7 Max. Mobil ini dilengkapi dengan sensor AT128 LiDAR dari Hesai dan sistem bantuan pengemudi, Xiaomi Pilot Max. Harga mobil ini sekitar 299.900 yuan (Rp 684,5 juta) di China.

    Dikutip dari Carnewschina, Xiaomi SU7 Max memperoleh lima bintang dalam C-NCAP dengan kinerja 93,5%. Angka tersebut merupakan angka tertinggi di antara mobil-mobil yang diuji oleh standar keselamatan 2024. Angka tersebut 8,7% lebih tinggi dari hasil rata-rata mobil-mobil lain yang dievaluasi oleh C-NCAP. SU7 Max memperoleh skor tertinggi dalam kategori Keselamatan Aktif (95,25%), Pengereman Darurat Otomatis (AEB), dan efektivitas pencahayaannya hampir memperoleh skor penuh.

    Xiaomi SU7 Max memperoleh skor 94,31% di segmen perlindungan penumpang. Lebih dari itu, mobil ini menunjukkan kinerja luar biasa pada kategori perlindungan pengguna jalan yang rentan (Vulnerable Road User) dengan skor 90,42% yang 13,14% lebih tinggi dari rata-rata. Pengujian ini mencakup perlindungan kaki dan kepala pejalan kaki, dan pengujian fungsi AEB.

    Performa luar biasa Xiaomi SU7 Max dalam kategori perlindungan VRU membantu model ini mendapatkan skor keselamatan keseluruhan tertinggi di antara kendaraan yang dievaluasi oleh standar C-NCAP 2024.

    (lua/din)

  • Jenis HP Ini Mendadak Laku Keras Diserbu Warga RI

    Jenis HP Ini Mendadak Laku Keras Diserbu Warga RI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Raja HP terbaru di Indonesia ternyata bukan berasal dari merek-merek jagoan seperti Samsung, Oppo, Vivo, atau Xiaomi. Pabrikan HP China yang terhitung ‘anak bawang’ di pasar HP Tanah Air mampu unjuk gigi dan meraih peringkat pertama sepanjang 2024.

    Produsen tersebut tak lain adalah Transsion yang membawahi 3 merek ponsel. Masing-masing Infinix, Tecno, dan Itel. 

    Laporan IDC Quarterly Mobile Phone Tracker menunjukkan Transsion menjadi raja HP tahun 2024 dengan pangsa pasar (market share) 18,3%. Angka itu bertumbuh dari tahun sebelumnya sebesar 13,1%.

    Pertumbuhan tahunan Transsion juga jadi yang terbesar dibandingkan produsen lain, yakni sebesar 61,7% year-on-year (yoy), dikutip dari laman resmi IDC, Rabu (6/3/2025).

    Secara keseluruhan, IDC melaporkan pasar smartphone Indonesia bertumbuh 15,5% tahun lalu atau hampir 40 juta unit. Mayoritas didorong penjualan smartphone segmen low-end seperti yang ditawarkan Transsion.

    Adapun segmen menengah (mid-range) juga tumbuh 24,9% YoY. Hanya segmen premium yang mengalami kemerosotan.

    Smartphone dengan harga mahal lebih dari US$600 (Rp 9,8 juta) anjlok mencapai 9,2%. Sebagian besar disebabkan pelarangan seri iPhone 16 di Q4 2024.

    IDC mengatakan pasar Indonesia sejatinya belum sepenuhnya pulih. Banyak konsumen yang masih cemas karena ketidakpastian dari segi politik dan ekonomi global.

    “Pertumbuhan terus datang dari sisi penawaran dan permintaan masih lesu. Pertumbuhan diperkirakan ada di angka satu digit lebih rendah pada 2025,” jelas Analis Riset IDC Indonesia, Vanessa Aurelia.

    Laporan itu juga mencatat pasar 5G mengalami peningkatan signifikan. Jumlahnya mencapai 25,8% dari 17,1% tahun sebelumnya.

    Pertumbuhan positif itu, kata IDC, terjadi karena perilisan model baru. Perangkat 5G juga dirasa kian terjangkau pada 2024.

    Di bawah Transsion, ada Xiaomi dan Vivo yang secara berurutan menempati posisi kedua dan ketiga. Pangsa pasar keduanya selisih tipis, Xiaomi menguasai 17,5% atau naik 19,1% dibandingkan tahun lalu. Sementara itu, Vivo mencaplok 17% pangsa pasar RI, naik 6,6%.

    Peringkat selanjutnya ada Samsung dan Oppo di urutan keempat dan kelima. Samsung menguasai 16,6% atau turun 6,2% YoY, dan Oppo mendapat 14,8% pangsa pasar atau naik 2,2% YoY.

    Nah, itu dia peringkat terbaru ‘Top 5’ HP paling laku di Tanah Air sepanjang 2024. Apakah tren serupa akan berulang pada 2025? Kita tunggu saja!

    (fab/fab)

  • Robot Humanoid China Ungguli Amerika

    Robot Humanoid China Ungguli Amerika

    Jakarta

    Raksasa teknologi Amerika seperti Tesla dan Nvidia berlomba membuat robot humanoid bagi ekonomi masa depan. Namun, analis memperingatkan AS berisiko kalah bersaing dengan China di dunia robotika.

    Robot humanoid, mesin bertenaga AI yang dirancang menyerupai manusia dalam penampilan dan gerakan, diharapkan menyediakan berbagai manfaat, seperti mengisi pekerjaan di sektor industri dan jasa.

    Jensen Huang CEO Nvidia, awal bulan ini mengumumkan portofolio teknologi baru untuk pengembangan robot humanoid. Adapun proyek robot Tesla, Optimus, tampaknya memimpin di AS. Elon Musk mengumumkan rencana produksi sekitar 5.000 unit tahun ini.

    Rencana Musk mungkin unggul atas pesaing AS seperti Apptronik dan Boston Dynamics, tapi menghadapi persaingan ketat China. Unitree Robotics di Hangzhou bulan lalu menjual dua robot humanoid di JD.com. Sementara startup di Shanghai, Agibot, juga dikenal sebagai Zhiyuan Robotics, punya target memproduksi 5.000 robot tahun ini.

    Ketika perusahaan kendaraan listrik China seperti BYD mulai melampaui pertumbuhan Tesla, ahli mengatakan dinamika serupa dapat terjadi di robotika humanoid. “China berpotensi meniru dampak disruptifnya dari industri EV di bidang humanoid,” kata Reyk Knuhtsen, analis di SemiAnalysis yang dikutip detikINET dari CNBC.

    Morgan Stanley memperkirakan ongkos pembuatan robot humanoid saat ini berkisar USD 10.000 hingga USD 300.000 per unit. Namun, perusahaan China sudah mengalahkan pesaing AS dalam harga berkat skala ekonomi dan manufaktur yang unggul.

    Misalnya, Unitree merilis robot humanoid G1 dengan harga awal USD 16.000. Sebagai perbandingan, Morgan Stanley memperkirakan harga robot Optimus Gen2 Tesla bisa mencapai USD 20.000, tapi hanya jika perusahaan meningkatkan skala, memperpendek siklus penelitian dan pengembangan dan memakai komponen hemat dari China.

    Bahkan ada tanda-tanda perkembangan robotika China jauh lebih maju. Catatan penelitian Morgan Stanley menemukan China telah memimpin dalam pengajuan paten yang menyebut “humanoid” selama lima tahun terakhir, dengan 5.688 paten dibanding 1.483 dari Amerika Serikat.

    Pemain besar seperti Xiaomi dan pembuat kendaraan listrik, seperti BYD, Chery, dan Xpeng, juga terlibat robot humanoid. “Penelitian kami menunjukkan China terus menunjukkan kemajuan paling mengesankan dalam robotika humanoid di mana startup diuntungkan rantai pasokan mapan, peluang adopsi lokal, dan dukungan kuat pemerintah,” kata catatan itu.

    Beijing memang makin mendukung bidang robotika. Tahun 2023, Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi mengeluarkan pedoman yang menyerukan produksi robot dalam skala besar tahun 2025.

    Menurut Ming Hsun Lee dari BofA Global Research, China melihat robot humanoid industri penting karena potensinya untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja. “Saya pikir dalam jangka pendek, tiga hingga empat tahun, kita akan melihat robot humanoid awalnya diterapkan di jalur produksi dan dalam jangka menengah, kita akan melihat mereka bertahap menyebar ke industri jasa,” katanya.

    (fyk/rns)

  • Kejayaan Nvidia-Tesla Runtuh Seketika Gara-gara China

    Kejayaan Nvidia-Tesla Runtuh Seketika Gara-gara China

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kejayaan raksasa teknologi AS seperti Tesla dan Nvidia pelan-pelan luntur digantikan raksasa asal China yang kian ambisius.

    Tesla menghadapi persaingan sengit dengan BYD asal China. Sepanjang 2024, pendapatan BYD tembus US$107 miliar yang jauh lebih tinggi dibandingkan Tesla yang ‘hanya’ US$97,7 miliar.

    Boikot Tesla yang kian meluas membuat posisi perusahaan kian tertekan. Showroom Tesla digeruduk di mana-mana, gerakan jual saham dan ‘buang’ mobil menggema, hingga penjualan merosot tajam di beberapa negara.

    Beralih ke Nvidia, raksasa chip AI tersebut sempat mengalahkan Apple sebagai perusahaan paling bernilai di dunia. Selama beberapa kuartal, Nvidia juga selalu melaporkan pertumbuhan yang memecahkan rekor.

    Namun, kejayaan Nvidia juga terguncang akibat perang tarif Presiden AS Donald Trump, hingga kemunculan sistem AI DeepSeek asal China yang dikembangkan dengan biaya murah.

    Ambisi Robot Humanoid Tesla dan Nvidia

    Tesla dan Nvidia juga merupakan raksasa AS yang berlomba-lomba menggarap teknologi robot humanoid. Teknologi ini digadang-gadang sangat penting untuk perekonomian masa depan.

    Robot humanoid merupakan mesin yang dirancang mirip manusia dan berbasis teknologi AI. Skenario penggunaannya banyak, misalnya mengisi pekerjaan di sektor industri dan layanan.

    Antusiasme investor terhadap robot humanoid meningkat usai digembar-gemborkan oleh CEO Nvidia Jensen Huang. Awal bulan ini, ia mengatakan dunia akan menghadapi era baru robotika generalis. Ia juga mengumumkan portofolio robot humanoid terbaru.

    Pada aspek manufaktur, proyek robot humanoid Tesla, Optimus, tampaknya menjadi yang terdepan di AS. CEO Elon Musk mengumumkan rencana untuk memproduksi sekitar 5.000 unit tahun ini.

    Meskipun rencana ambisius Musk bisa membuat Tesla unggul atas pesaing AS seperti Apptronik dan Boston Dynamics, tetapi persaingan ketat sudah menggelora di China.

    China Sudah Duluan

    Unitree Robotics yang berkantor pusat di Hangzhou bulan lalu menjual 2 robot humanoid kepada konsumen di platform e-commerce JD.com, menurut media lokal. Sementara itu, startup robotika yang berkantor pusat di Shanghai, Agibot, yang juga dikenal sebagai Zhiyuan Robotics, telah menyamai target Optimus untuk memproduksi 5.000 robot tahun ini, menurut South China Morning Post.

    Ketika BYD mampu melampaui pertumbuhan Tesla, para pakar mengatakan dinamika serupa dapat terjadi pada robot humanoid.

    “China berpotensi untuk meniru dampak disruptifnya di EV ke bidang robot humanoid. Namun, kali ini disrupsi tersebut dapat meluas jauh melampaui satu industri, berpotensi mengubah tenaga kerja itu sendiri,” kata Reyk Knuhtsen, analis di SemiAnalysis, sebuah perusahaan riset dan analisis independen yang mengkhususkan diri dalam semikonduktor dan AI, dikutip dari CNBC International, Minggu (30/3/2025).

    China Menang Harga

    Dalam catatan penelitian pada bulan Februari, Morgan Stanley memperkirakan bahwa biaya pembuatan robot humanoid saat ini dapat berkisar antara US$10.000 hingga US$300.000 per unit, mengingat konfigurasi dan persyaratan aplikasi hilir yang berbeda.

    Namun, perusahaan-perusahaan China sudah mengalahkan pesaing AS dalam hal harga berkat skala ekonomi dan kemampuan manufaktur yang unggul, menurut Knuhtsen.

    Misalnya, Unitree merilis robot humanoid G1 untuk konsumen pada bulan Mei dengan harga awal US$16.000. Sebagai perbandingan, Morgan Stanley memperkirakan bahwa biaya penjualan robot humanoid Optimus Gen2 Tesla bisa mencapai sekitar US$20.000, tetapi hanya jika perusahaan tersebut mampu meningkatkan skala, memperpendek siklus penelitian dan pengembangannya, serta menggunakan komponen hemat biaya dari China.

    Unitree membuat gebrakan besar di bidang robot pada bulan Januari ketika 16 robot humanoid H1 dengan performa tertinggi bergabung dengan sekelompok penari manusia untuk merayakan Tahun Baru Imlek dalam sebuah demonstrasi yang disiarkan di televisi nasional.

    China Menang Paten

    Ada tanda-tanda bahwa kemajuan China dalam bidang robot jauh lebih maju. Catatan penelitian Morgan Stanley pada bulan Februari menemukan bahwa negara tersebut telah memimpin dunia dalam pengajuan paten yang menyebutkan “humanoid” selama 5 tahun terakhir.

    China dilaporkan memiliki 5.688 paten humanoid atau jauh lebih banyak dibandingkan dengan 1.483 paten dari AS.

    Pemain besar seperti Xiaomi dan pembuat kendaraan listrik, seperti BYD, Chery, dan Xpeng, juga terlibat dalam bidang robot humanoid.

    “Penelitian kami menunjukkan bahwa China terus menunjukkan kemajuan paling mengesankan dalam bidang robot humanoid. Startup diuntungkan oleh rantai pasokan yang mapan, peluang adopsi lokal, dan dukungan pemerintah nasional yang kuat,” kata catatan tersebut.

    Dukungan Xi Jinping

    Beijing semakin mendukung sektor tersebut, tampak dari berbagai departemen pemerintah yang mempromosikan pengembangannya. Pada tahun 2023, Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi mengeluarkan pedoman untuk robot humanoid, yang menyerukan “produksi dalam skala besar” pada tahun 2025.

    Menurut Ming Hsun Lee, kepala penelitian otomotif dan industri China di BofA Global Research, China melihat robot humanoid sebagai industri penting karena potensinya untuk mengurangi ancaman kekurangan tenaga kerja.

    “Saya pikir dalam jangka pendek, tiga hingga empat tahun, kita akan melihat robot humanoid awalnya diterapkan di jalur produksi untuk membandingkan beberapa pekerja, dan dalam jangka menengah, kita akan melihat mereka secara bertahap menyebar ke industri jasa,” katanya.

    Lee mengatakan peningkatan adopsi akan bertepatan dengan penurunan biaya komponen yang sangat cepat. Ia juga mencatat bahwa China memiliki sekitar 70% rantai pasokan untuk komponen-komponen robot humanoid.

    Menurut laporan SemiAnalysis awal bulan ini, Unitree G1 merupakan “satu-satunya robot humanoid yang layak di pasaran” yang sepenuhnya tidak tergantung dari komponen AS.

    Laporan tersebut memperingatkan bahwa China adalah satu-satunya negara yang diposisikan untuk menuai keuntungan ekonomi dari sistem robot cerdas, termasuk robot humanoid, yang dapat menimbulkan ancaman eksistensial bagi AS karena kalah bersaing dalam semua kapasitas.

    “Untuk mengejar ketertinggalan, para pemain AS harus segera memobilisasi basis manufaktur dan industri yang kuat, baik di dalam negeri maupun melalui negara-negara sekutu. Bagi Tesla dan perusahaan sejenis, mungkin bijaksana untuk mulai melakukan reshoring atau ‘friendshoring’ pengadaan dan manufaktur komponen mereka untuk mengurangi ketergantungan pada China,” kata Knuhtsen dari SemiAnalysis.

    Analis Bank of America meramalkan dalam catatan penelitian bulan ini bahwa penyebaran robot humanoid akan meningkat pesat, dibantu oleh pengembangan AI, dengan penjualan tahunan global mencapai 1 juta unit pada tahun 2030 dan 3 miliar robot humanoid beroperasi pada tahun 2060.

    (fab/fab)

  • HP Samsung-Xiaomi Banting Harga Gila-gilaan, Cek Daftarnya

    HP Samsung-Xiaomi Banting Harga Gila-gilaan, Cek Daftarnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Dalam tema Ramadan dan menyambut Hari Raya Idulfitri 2025, banyak pabrikan HP yang menggelar diskon besar-besaran di Indonesia. Dua di antaranya adalah Samsung dan Xiaomi.

    Bagi masyarakat yang berniat menggunakan THR untuk membeli HP baru, bisa memanfaatkan diskon yang masih berlangsung.

    Pantauan CNBC Indonesia di situs resmi Samsung Indonesia, beberapa produk HP mendapat pemotongan harga hingga Rp3,5 juta.

    Bukan cuma model lawas, Samsung Galaxy A56 5G dan A36 5G yang baru rilis juga mendapatkan pemotongan harga. Simak selengkapnya!

    HP Samsung Diskon Maret 2025

    Samsung Galaxy A56 5G

    Foto: Samsung Galaxy A56 5G. (CNBC Indonesia/Tias Budiarto)
    Samsung Galaxy A56 5G. (CNBC Indonesia/Tias Budiarto)

    12/256GB – Rp 6.699.000 (harga normal Rp 7.199.000)

    Samsung Galaxy A56 baru tersedia pada 28 April 2025 di Indonesia. HP ini membawa beberapa peningkatan dari pendahulunya. Antara lain dari segi layar yang lebih lega 6,7-inci dengan tingkat kecerahan meningkat menjadi 1.200nits.

    Selain itu, kamera Galaxy A56 juga sudah dibekali kemampuan Nightography untuk penjepretan malam hari yang lebih mumpuni. Peningkatan lainnya tampak pada fitur-fitur AI ‘Awesome Intelligence’, antara lain ‘Best Face’, ‘Object Eraser’, ‘Auto Trim’, dan ‘Circle to Search’.

    Samsung Galaxy A36 5G

    Foto: MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, dalam acara First Look Galaxy A36 5G, Jakarta, Jumat (21/3/2025). (CNBC Indonesia/Novina Putri Besari)
    MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, dalam acara First Look Galaxy A36 5G, Jakarta, Jumat (21/3/2025). (CNBC Indonesia/Novina Putri Besari)

    12/256GB – Rp 5.699.000 (harga normal Rp 6.199.000)

    Samsung Galaxy A36 diperkenalkan berbarengan dengan Galaxy A56. HP ini menyasar segmen lebih bawah, tetapi sudah dibekali beberapa fitur premium untuk kelas mid-range.

    Antara lain, fitur AI ‘Awesome Intelligence’, baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan pengisian daya cepat 45W, hingga layar lega 6,7-inci dengan bodi lebih tipis dan bobot ringan.

    Samsung Galaxy Z Fold 6

    Foto: Intan Rakhmayanti
    Samsung Galaxy Z Fold 6

    256GB – Rp 22.999.000 (sebelumnya Rp 26.499.000)

    512GB – Rp 24.999.000 (sebelumnya Rp 28.499.000)

    Samsung Galaxy Z Fold 6 dirilis pada Juli 2024 lalu. HP ini mengusung bodi yang lebih ramping dan ringan ketimbang pendahulunya, dengan kapasitas baterai relatif standar 4.400 mAh. Fitur Galaxy AI bisa lebih seamless berkat desain lipat, misalnya ‘Live Interpreter’ yang bisa diaktifkan dengan ‘Dual-Screen’.

    Kameranya masing-masing 50MP (wide), 12MP (ultrawide), 10MP (telephoto), 4MP (under-display), dan 10MP (selfie). Layar utamanya berukuran 7,6-inci dan coverscreen 6,3-inci.

    Samsung Galaxy Z Flip 6

    Foto: dok Samsung Galaxy Z Flip6
    Samsung Galaxy Z Flip6

    256GB – Rp 14.999.000 (sebelumnya Rp 17.499.000)

    Samsung Galaxy Z Flip 6 mengusung desain yang sedikit berbeda pada kamera cover screen yang kini dipasangkan ring.

    Selain itu, spesifikasi kamera dan baterai juga meningkat dari Galaxy Z Flip 5. Kamera utama Galaxy Z Flip 6 kini memiliki resolusi 50MP, berbanding 12MP pada Galaxy Z Flip 5. Selain kamera utama (wide), ada juga kamera 12MP (ultrawide) dan kamera 10MP (selfie).

    Untuk meningkatkan pengalaman selfie, Galaxy Z Flip 6 bisa dilipat lalu secara otomatis akan ada ‘Auto Zoom’ pada cover screen untuk mengikuti objek foto. Tak perlu repot pakai tripod ketika menjepret selfie dengan background estetik.

    Kapasitas baterai juga meningkat menjadi 4.000 mAh berbanding 3.700 mAh pada Galaxy Z Flip 5. Samsung mengklaim fitur pengisian daya cepat 25W pada Galaxy Z Flip 6 mampu mengisi daya hingga 50% dalam 30 menit.

    Samsung Galaxy S24 (Online Exclusive)

    Foto: Samsung Galaxy S24 Series. (CNBC Indonesia/Intan Rakhmayanti Dewi)
    Samsung Galaxy S24 Series. (CNBC Indonesia/Intan Rakhmayanti Dewi)

    512GB – Rp 13.999.000 (sebelumnya Rp 15.999.000)

    Samsung Galaxy S24 dirilis pada Januari 2024. Ponsel ini merupakan varian paling standar dibandingkan keluarga lainnya, yakni Plus dan Ultra.

    HP mengusung layar 6,2-inci. Kameranya masing-masing 50MP (wide), 12MP (ultrawide), 10MP (telephoto), dan 12MP (selfie). Baterainya berkapasitas 4.000 mAh dan mendukung pengisian daya cepat 45W.

    Samsung Galaxy S24 FE

    Foto: Samsung Galaxy S24 FE. (CNBC Indonesia/Novina)
    Samsung Galaxy S24 FE. (CNBC Indonesia/Novina)

    256GB – Rp 9.999.000 (sebelumnya Rp 10.999.000)

    Samsung Galaxy S24 FE dirilis di Tanah Air pada Oktober 2024 lalu. Dari segi kamera, terdapat 10 MP untuk lensa depan. Tiga kamera disematkan di bagian belakang, yakni 12 MP (ultrawide) + 50 MP (wide) + 8MP (telephoto.

    Kinerja Galaxy S24 FE didukung chipset Exynos 2400e dan baterai berdaya 4.700 mAh. Samsung juga memberikan upgrade keamanan dan software selama 7 tahun untuk ponsel ini.

    Galaxy AI juga ikut disematkan pada Galaxy S24 FE. Setidaknya ada 12 fitur yang masuk di dalamnya, termasuk beberapa yang baru yakni AI Composer, Potrait Sturio, Sketch to Image, Generative Edit, PDF Overlay, dan Listening Mode.

    HP Xiaomi Diskon Maret 2025

    Pantauan CNBC Indonesia di situs resmi Xiaomi Indonesia, ada banyak jejeran ponsel yang mendapat pemotongan harga. Baik dari model Redmi, maupun Poco. Berikut daftarnya:

    HP Redmi Banting Harga

    Redmi Note 13 Pro Plus 5G 12GB/512GB: Rp 4.899.000 (sebelumnya Rp 5.999.000)

    Redmi 14C 6GB/128GB: Rp 1.399.000 (sebelumnya Rp 1.499.000)
    Redmi 14C 8GB/256GB: Rp 1.599.000 (sebelumnya Rp 1.799.000)

    Redmi 13 8GB/128GB: Rp 1.799.000 (sebelumnya Rp 1.999.000)
    Redmi 13 8GB/256GB: Rp 1.799.000 (sebelumnya Rp 2.199.000)

    Redmi A3 4GB/128GB: Rp 1.099.000 (sebelumnya Rp 1.199.000)

    HP Poco Banting Harga

    Poco F6 8GB/256GB : Rp 4.549.000 (sebelumnya Rp 4.999.000)

    Poco F6 12GB/512GB : Rp 5.049.000 (sebelumnya Rp 5.699.000)

    Poco X7 Pro 12GB/512GB: Rp 4.599.000 (sebelumnya Rp 4.999.000)

    Poco X7 5G 8GB/256GB: Rp 3.299.000 (sebelumnya Rp 3.799.000)
    Poco X7 5G 12GB/512GB: Rp 3.899.000 (sebelumnya Rp 4.399.000)

    Poco X6 Pro 5G 12GB/512GB: Rp 4.299.000 (sebelumnya Rp 4.999.000)

    Poco X6 5G 12GB/256GB: Rp 3.399.000 (sebelumnya Rp 3.399.000)

    Poco M6 Pro 8GB/256GB: Rp 2.449.000 (sebelumnya Rp 2.999.000)

    Poco M6 8GB/256GB: Rp 1.699.000 (sebelumnya Rp 2.099.000)

    Poco C75 6GB/128GB: Rp 1.199.000 (sebelumnya Rp 1.449.000)
    Poco C75 8GB/256GB: Rp 1.399.000 (sebelumnya Rp 1.749.000)

    Demikian beberapa daftar HP Samsung dan Xiaomi yang mendapat diskon jelang Hari Raya Lebaran. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda!

    (fab/fab)