brand merek: Wuling

  • Langsung Tancap Gas, Jetour Bakal Rilis Dua Model Baru Tiap Tahun

    Langsung Tancap Gas, Jetour Bakal Rilis Dua Model Baru Tiap Tahun

    Jakarta

    Pabrikan mobil asal China makin merajalela di Indonesia. Tak mau ketinggalan, Jetour pun mengincar pasar segmen Sport Utility Vehicles (SUV) urban dan off-road, bahkan brand asal Wuhu, China itu mengatakan tiap tahun bakal rilis dua model di Indonesia.

    Ekspansi mobil merek China di Indonesia makin ramai. Kalau awal-awal cuma Wuling dan DFSK. Kini bertambah setelah hadirnya Chery Group, lalu Great Wall Motors yang menaungi merek Haval, Ora, dan Tank.

    Kemudian ada Neta, disusul juga dengan Maxxus, BYD, BAIC, dan GAC AION. Pun kabarnya Geely juga bakal meramaikan pasar otomotif dalam negeri.

    Kevin Xu Haifeng, Vice President Jetour International mengatakan langkah pertama Jetour sejauh ini baru menawarkan dua SUV keluarga, Dashing dan X70 Plus. Selanjutnya dia akan memperkenalkan keluarga T series Jetour yang lebih cocok buat off road.

    “Hari ini kita perkenalkan dua model yang familiar SUV seri termasuk Dashing dan X70 plus. Tahun depan kita akan memperkenalkan T2 dan T1 sebagai SUV off-road,” kata Kevin di Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2024) kemarin.

    Perlu diketahui T1 diposisikan sebagai light off road, sedangkan T2 menjadi adventure off road.

    Mobil Jetour dirakit di Indonesia Foto: Dok. PT Jetour Motor Indonesia

    Sejauh ini Jetour memastikan hanya akan menjual mobil di segmen SUV. Produknya secara global fokus pada SUV keluarga dan off road.

    “Jadi secara umum (dari rencana), dalam lima tahun ke depan, kita akan meluncurkan dua model baru tiap tahunnya di Indonesia,” tambahnya lagi.

    Perlu diketahui SUV off road T1 merupakan T2 junior. Mobil itu lebih compact dari sang kakak, dengan bekal mesin 1.5L turbocharged segaris yang dialiri listrik.

    Mesin tersebut mendapat bantuan dari motor listrik dan baterai lithium iron phosphate 26,7 kWh.

    Jetour mengatakan bahwa mobil ini memiliki jangkauan listrik 114 km dan jarak tempuh sekitar 1.400 km. Mobil ini juga akan ditawarkan dalam varian 2WD dan 4WD.

    Secara global, Jetour T2 dibekali dengan dua opsi mesin, yakni 1.5 dan 2.0. Ini merupakan SUV modern dengan kesan serba tangguh lantaran mendapatkan aksen boxy.

    Mesin 1.5 itu diklaim bisa memuntahkan tenaga 135 kW pada 5.500 rpm dan torsi 290 Nm pada 2.000 – 4.000 rpm. Sedangkan opsi mesin 2.0 bisa mengeluarkan tenaga 187 kW di 5.500 rpm dan torsi maksimal 390 Nm. Namun T2 sudah mulai kena elektrifikasi.

    Jetour T2 Foto: Jetour

    “Bulan Oktober (2024) kita perkenalkan T2 PHEV model di Qatar, Timur Tengah, kami berharap bisa mengenalkan PHEV model di pasar Indonesia,” kata Kevin.

    Sebagai catatan, Jetour merupakan merek mobil yang usianya masih sangat muda, yakni enam tahun.

    Sepanjang Januari-Oktober 2024, Jetour sudah menjual 439 ribu unit pada lebih dari 62 negara. Bulan Oktober lalu menjadi catatan rekor penjualan bagi Jetour.

    “Pada Oktober 2024, Jetour mencapai catatan sejarah dengan menjual lebih dari 1,4 juta unit secara global dalam waktu 75 bulan,” kata Vice President Jetour Auto, Ke Chuandeng di Senayan Park, Jakarta, Jumat (15/11/2024) kemarin.

    Pabrikan China saat ini bukan cuma berjualan di Indonesia. Jetour meski belum mendirikan pabrik sendiri, namun sudah merakit mobilnya dalam negeri di pabrik PT Handal Indonesia Motor (HIM). Bersama dengan Jetour, Neta dan Chery juga merakit mobil di PT HIM.

    (riar/lth)

  • BYD Melesat, Kini Tempel Suzuki

    BYD Melesat, Kini Tempel Suzuki

    Jakarta

    Posisi Toyota masih kokoh di daftar merek mobil terlaris di Indonesia. Menariknya BYD melesat ke posisi enam membuntuti Suzuki.

    Penjualan mobil di Indonesia terpantau mengalami peningkatan tipis. Dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualan pada Oktober secara wholesales mencapai 77.191 unit atau naik sekitar 6,2 persen dibandingkan September. Penjualan retail pun meningkat meski angkanya tak signifikan. Bila pada September penjualan retail tercatat sebanyak 72.337 unit, maka pada Oktober mencapai 73.443 unit.

    Bila diakumulasi dari Januari hingga Oktober, penjualan mobil di Indonesia baru mencapai 710.406 unit secara wholesales dan 730.637 unit secara retail. Dengan waktu tersisa dua bulan, tampaknya masih ada harapan untuk mengejar target penjualan sebanyak 850 ribu unit hingga penghujung tahun 2024.

    Adapun dari peningkatan penjualan pada Oktober tersebut, Toyota masih jadi yang terlaris sekaligus kontributor terbesar. Toyota tercatat mengirimkan 27.030 unit mobilnya dari pabrik ke dealer. Sementara penjualan retail Toyota turun tipis dari 25.561 unit menjadi 24.820 unit.

    Di posisi kedua, ada Daihatsu. Penjualan retail Daihatsu sepanjang bulan kesepuluh itu mencapai 14.096 unit dan secara retail 13.101 unit. Mengekor di bawah Daihatsu, ada Honda yang membukukan penjualan wholesales sebanyak 8.633 unit dan retail 8.048 unit.

    Suzuki mengisi posisi keempat. Ada sekitar 5.491 unit mobil Suzuki yang didistribusikan dari pabrik ke dealer-dealernya. Sedangkan dari penjualan retail, Suzuki mengirimkan 5.330 unit mobil ke garasi konsumen. Melengkapi posisi lima besar, masih dari pabrikan Jepang Mitsubishi Motors.

    Pada Oktober, penjualan wholesales Mitsubishi Motors mencapai 5.486 unit dan retail 5.733 unit. Menariknya, merek China BYD mencatatkan peningkatan distribusi wholesales maupun retail. Posisi BYD pun melesat dan kini bertengger di posisi enam di bawah Mitsubishi dan Suzuki. Padahal pada periode September, BYD masih berada di posisi ke-8 untuk penjualan wholesales dan posisi ke-10 di penjualan retail.

    Distribusi wholesales BYD tercatat sebanyak 2.488 unit sedangkan penjualan retailnya 2.597 unit. Berkat torehan itu juga BYD melampaui torehan Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Wuling, hingga Hyundai. Lebih lengkapnya, berikut ini daftar merek mobil terlaris Oktober 2024.

    10 Merek Mobil Terlaris Oktober 2024

    Wholesales

    1. Toyota: 27.030 unit
    2. Daihatsu: 14.096 unit
    3. Honda: 8.633 unit
    4. Mitsubishi Motors: 5.486 unit
    5. Suzuki: 5.491 unit
    6. BYD: 2.488 unit
    7. Mitsubishi Fuso: 2.414 unit
    8. Hino: 2.320 unit
    9. Wuling: 2.203 unit
    10. Isuzu: 2.106 unit

    Retail sales

    1. Toyota: 24.820 unit
    2. Daihatsu: 13.101 unit
    3. Honda: 8.048 unit
    4. Mitsubishi Motors: 5.733 unit
    5. Suzuki: 5.330 unit
    6. BYD: 2.597 unit
    7. Isuzu: 2.448 unit
    8. Mitsubishi Fuso: 2.392 unit
    9. Hino: 2.128 unit
    10. Wuling: 2.072 unit

    (dry/din)

  • 7 Cara Merawat Power Window agar Tidak Mudah Rusak

    7 Cara Merawat Power Window agar Tidak Mudah Rusak

    Jakarta

    Kini hampir setiap mobil dilengkapi dengan fitur power window. Jika dulu pengguna mobil harus memutar tuas untuk membuka jendela, kini cukup memencet tombol untuk membuka dan menutupnya. Meski begitu, power window butuh perawatan.

    Cara merawat power window sebenarnya cukup mudah, namun memang harus telaten. Jika tidak dirawat, maka power window mungkin akan cepat rusak. Untuk mengetahui cara-caranya, simak penjelasan di bawah ini.

    Cara Merawat Power Window

    Dirangkum dari situs Daihatsu dan Wuling, berikut ini 7 cara merawat power window agar tidak cepat rusak:

    1. Bersihkan Kaca Jendela

    Cara merawat power window yang pertama adalah dengan membersihkan kaca jendela. Jika melihat ada kotoran di kaca jendela, segeralah membersihkannya agar tidak masuk ke dalam dinamo power window yang bisa menyebabkan macet.

    Selain itu, bersihkan kaca mobil dengan rutin menggunakan alat pembersih kaca khusus atau memakai kanebo maupun kain yang permukaannya halus.

    2. Bersihkan Karet Kaca

    Selain bagian kaca, pastikan karet kaca jendela juga dibersihkan. Hindari penggunaan cairan penetran karena menyebabkan debu mudah menempel kembali.

    Gunakan silicone spray karena sifatnya lebih netral, sehingga tidak menyebabkan debu mudah menempel kembali. Semprot sepanjang jalur karet, termasuk di frame pintu mobil menggunakan silicone spray.

    3. Bersihkan Rel Pada Power Window

    Kebersihan bagian jendela harus dilakukan secara menyeluruh, termasuk rel pada power window. Cek secara rutin apakah relnya sudah kotor. Biasanya semakin sering digunakan, rel semakin mudah kotor.

    Rutin mencuci mobil akan membuat rel power window tetap bersih. Pakailah shampo khusus mobil agar elastisitas karet dan kelembaban tetap terjaga.

    4. Gunakan Minyak

    Salah satu perawatan yang bisa dilakukan detikers adalah meminyaki bagian karet kaca agar tidak seret. Kalian bisa menggunakan minyak goreng untuk melapisi karet di jalur kaca. Cukup lapisi tipis agar karet tetap lentur.

    5. Jangan Terlalu Lama Dijemur

    Penting untuk memarkir mobil di tempat teduh, terutama jika diparkir dalam waktu lama. Jika terlalu lama dijemur di bawah terik matahari, maka bisa membuat komponen grease di motor pengatur kaca otomatis menjadi keras.

    Grease ini berfungsi sebagai pelumas dari poros motor pengatur kaca otomatis. Jika mengeras, maka power window akan seret. Jika terus dipaksakan, maka akan membuat kerusakan lebih parah.

    6. Gunakan Secara Tepat dan Seperlunya

    Gunakanlah power window secara tepat guna. Biasanya anak-anak suka bermain-main dengan power window. Nah, jika keseringan buat mainan bisa membuatnya cepat rusak.

    Tapi juga jangan sampai tidak digunakan. Misalnya ketika mobil jarang digunakan, panasi mobil sambil membuka dan menutup jendela. Jika lama tidak dipakai, power window juga bisa macet dan karatan.

    7. Cek Secara Rutin

    Setidaknya detikers harus mengecek kondisi power window secara rutin 6 bulan sekali. Bawalah ke bengkel spesialis pintu. Perawatan ini meliputi pembersihan menyeluruh dan penambahan pelumas.

    Demikian 7 cara merawat power window. Pastikan seluruh bagian kaca bersih dan gunakan dengan tepat agar tidak mudah rusak.

    (bai/row)

  • Wuling Jadi Pilihan Masyarakat yang Kian Melek Teknologi Ramah Lingkungan

    Wuling Jadi Pilihan Masyarakat yang Kian Melek Teknologi Ramah Lingkungan

    JABAR EKSPRES – Antusiasme masyarakat Bandung terhadap mobil listrik menunjukkan lonjakan signifikan, menandakan pergeseran selera pasar otomotif di kota yang kerap menjadi pusat tren gaya hidup ini.

    Wuling Arista Bandung Suci mencatat penjualan mobil listrik sebesar 240 unit selama Januari-September 2024, angka yang mencerminkan minat masyarakat yang semakin sadar akan teknologi ramah lingkungan dan hemat biaya.

    Menurut Branch Manager Wuling Arista Bandung Suci, R. Reza Ramadhan, perubahan pola pikir masyarakat Bandung terlihat jelas. Mereka kini lebih peka terhadap kendaraan listrik yang tidak hanya efisien, tetapi juga mendukung gaya hidup ramah lingkungan.

    “Kami melihat tren positif di mana masyarakat tidak hanya mencari kendaraan fungsional, tetapi juga mempertimbangkan aspek keberlanjutan. Ini menjadikan Wuling sebagai alternatif utama bagi mereka yang ingin beralih dari mobil konvensional,” ungkap Reza saat ditemui Jabar Ekspres di Dealer Arista Bandung Suci, Jum’at (7/11/2024).

    Momentum Pemilihan Presiden yang baru-baru ini berlalu juga, disebut Reza turut berkontribusi dalam meningkatkan kepercayaan konsumen.

    “Stabilitas pascapemilihan membuat masyarakat kembali percaya diri dalam membuat keputusan besar, termasuk membeli mobil listrik yang semakin diminati,” tambahnya.

    Promo Spesial untuk Menggaet Berbagai Segmen Masyarakat

    Untuk semakin menarik minat berbagai segmen, Wuling memperluas program promosi mereka, termasuk untuk pelanggan korporasi, Pegawai Negeri Sipil (PNS), hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Program khusus ini diproyeksikan akan meningkatkan penjualan hingga 5 persen pada akhir tahun, terlebih dengan adanya paket subsidi tambahan bagi pelanggan setia Wuling.

    Reza menjelaskan bahwa perusahaan juga menyediakan berbagai promo akhir tahun yang kompetitif agar mobil listrik Wuling bisa diakses lebih banyak kalangan. Dengan harga yang lebih terjangkau, efisiensi biaya, serta berbagai subsidi dari pemerintah, mobil listrik diharapkan menjadi pilihan utama masyarakat Bandung yang ingin beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

    Mendukung Ekosistem Kendaraan Listrik Lokal

    Sebagai salah satu produsen mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia, Wuling juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah. Reza menyebutkan bahwa tingginya kandungan lokal pada kendaraan mereka membuat Wuling memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi pemerintah.

  • Regular Mulai Rp 40 Ribu, Pre-Sale dari Rp 20 Ribu

    Regular Mulai Rp 40 Ribu, Pre-Sale dari Rp 20 Ribu

    Jakarta

    Harga tiket GJAW 2024 bisa Anda simak di sini. Pameran otomotif tahunan itu kembali diselenggarakan. Jika sebelumnya GJAW selalu dilaksanakan di JCC, Senayan, Jakarta, maka mulai tahun ini GJAW pindah lokasi ke ICE-BSD City, Tangerang. Harga tiket GJAW ditawarkan mulai Rp 40 ribu untuk regular dan Rp 20 ribu untuk pembelian pre-sale.

    Pameran otomotif tahunan yang diprakarsai Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) serta didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian siap kembali menyapa para pecinta otomotif tanah air dalam gelaran ketiga Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, yang akan berlangsung di lokasi baru yaitu ICE, BSD-City pada 22 November hingga 1 Desember 2024.

    Pada tahun ini Gaikindo menggandeng Mandiri Utama Finance (MUF) sebagai sponsor utama dalam penyelenggaraan GJAW 2024. Fokusnya, mendorong penjualan kendaraan di akhir tahun.

    “Berbeda dari pameran Gaikindo lainnya, MUF GJAW bertujuan buat secara langsung mendorong penjualan, jadi keunggulan pameran ini adalah program, dan penawarannya, hadirkan momentum terbaik bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan baru dengan berbagai penawaran eksklusif,” kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi di Jakarta, Kamis (7/11/2024).

    Home of 1.000 Cars and Excitement

    GJAW 2024 mengusung tema Home of 1.000 Cars and Excitement GJAW 2024 akan fokus memberikan pengalaman luar biasa bagi para pengunjung. Tidak hanya akan disuguhkan jajaran mobil terkini dari berbagai merek ternama dunia, GJAW 2024 juga menghadirkan kegiatan olahraga otomotif interaktif yang dirancang menghibur dan mendekatkan pengunjung dengan dunia otomotif.

    “Fokus berbeda akan diusung penyelenggaraan MUF GJAW di mana pengalaman dan kemudahan bagi pengunjung akan jadi prioritas. Tidak lagi pengalaman melihat teknologi terkini dari industri kendaraan bermotor Indonesia, namun kemudahan mencoba langsung dan kemudahan memiliki kendaraan,” kata Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara GJAW 2024.

    Menurut Rizwan, kolaborasi berbagai promo dari peserta serta kemudahan pembiayaan dari Mandiri Utama Finance dalam GJAW 2024 seperti suku bunga 2% dan biaya administrasi mulai dari Rp 1, menjadikan GJAW 2024 momen terbaik bagi konsumen untuk belanja kendaraan bermotor.

    Sejumlah pengunjung memilih mobil di pameran Gaikindo Jakarta Auto week, JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (17/3/2023). Pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 diyakini menjadi momen tepat untuk masyarakat membeli mobil baru buat mudik Lebaran tahun ini. Foto: Pradita Utama

    Daftar Merek Peserta GJAW 2024

    GJAW 2024 ini akan diikuti lebih dari 80 merek otomotif yang terdiri dari 27 merek kendaraan penumpang, termasuk Aletra, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Ford, GAC Aion, Honda, KIA, Lexus, Mazda, Maxus, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Wuling, dan Zeekr. Dari segmen kendaraan roda dua, sebanyak 12 merek, seperti Alva, Aprilia, Harley-Davidson, Motoguzzi, Piaggio, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, V Move, Yamaha dan ZPT, turut serta untuk menambah ragam pilihan pengunjung. Lebih dari 40 merek industri pendukung juga siap meramaikan GJAW 2024.

    Luasan lahan yang meningkat 2 kali lipat juga memaksimalkan program GJAW 2024 yang memberikan pengalaman dan menawarkan keseruan untuk para pengunjung. Tak hanya menjadi ajang pameran kendaraan, tetapi juga akan menghadirkan beragam program interaktif yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari penggemar otomotif, komunitas, hingga keluarga. Program-program tersebut terbagi menjadi tiga kategori utama: Motorsport Program, Community Program, dan Family Program, yang semuanya dirancang untuk memberikan pengalaman yang berkesan bagi setiap pengunjung.

    Dengan program-program tersebut, GJAW 2024 berkomitmen untuk memberikan pengalaman pameran yang lengkap, interaktif, dan menghibur bagi seluruh pengunjung dari berbagai kalangan. Tak hanya menjadi tempat untuk menemukan kendaraan impian, GJAW juga menghadirkan suasana perayaan otomotif yang menarik dan penuh keseruan.

    “MUF GJAW akan menjadi the complete automotive exhibition, untuk tujuan belanja kendaraan dan produk otomotif dengan penawaran terbaik di akhir tahun, kemudahan mencoba, mencari pengalaman motorsport interaktif, hingga kegiatan keluarga,” jelas Rizwan lagi.

    Harga Tiket GJAW 2024

    Dengan beragam merek, program interaktif, dan penawaran menarik yang ditawarkan, GJAW 2024 siap menjadi rumah bagi ribuan kendaraan dan pengalaman otomotif yang tak terlupakan bagi semua pengunjung. Untuk dapat merasakan segala keseruan yang dihadirkan pada MUF GJAW 2024, pengunjung dapat memanfaatkan promo penjualan tiket presale yang dapat dibeli online pada aplikasi Auto360 dan diadakan pada:

    • Pre-Sale I pada 8 – 10 November 2024 dengan diskon tiket sebesar 50% untuk tiket weekdays menjadi Rp 20.000 dan tiket weekends menjadi Rp 35.000.
    • Pre-Sale II pada 11 – 13 November 2024 dengan diskon tiket sebesar 25% untuk tiket weekdays menjadi Rp 30.000 dan tiket weekends menjadi Rp 52.500.

    Tiket regular selanjutnya dapat diakses mulai 14 November secara online dengan harga tiket weekdays Rp 40.000 dan harga tiket weekends Rp 70.000. Tiket on the spot juga tersedia selama acara berlangsung dengan harga tiket weekdays Rp 50.000 dan harga tiket weekends Rp 80.000.

    (lua/din)

  • Wuling Jamin Harga Almaz dan Alvez Bekas Tetap Tinggi di Tahun Ketiga

    Wuling Jamin Harga Almaz dan Alvez Bekas Tetap Tinggi di Tahun Ketiga

    Jakarta

    Wuling Motors memberikan jaminan harga jual kembali mobil-mobil SUV-nya tetap tinggi. Wuling memberikan jaminan harga bekas dua mobil SUV-nya yaitu Wuling Almaz dan Wuling Alvez tetap stabil.

    Wuling membuat terobosan dengan memperkenalkan program “Berani Lebih Bersama Wuling SUV” untuk konsumen Wuling New Almaz RS dan Wuling Alvez. Program ini menawarkan berbagai keuntungan, mulai dari Resale Value Guarantee atau jaminan nilai jual sebesar 70% di tahun ketiga, gratis biaya jasa perawatan, serta garansi seumur hidup untuk komponen inti HEV (Hybrid Electric Vehicle) bagi kendaraan Wuling Hybrid.

    “Kami ingin konsumen merasa lebih percaya diri dan nyaman dalam memiliki kendaraan SUV Wuling, dengan jaminan nilai jual kembali yang tinggi serta berbagai layanan purnajual yang menguntungkan. Dengan peluncuran program ini, kami berharap dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun kepercayaan yang semakin kuat terhadap brand Wuling,” papar Ricky Christian, Marketing Operation Director Wuling Motors, dalam siaran persnya.

    Dalam program Resale Value Guarantee sebesar 70 persen, Wuling menjamin bahwa pemilik Wuling Almaz RS dan Alvez bisa mendapatkan kembali 70 persen dari harga pembelian saat menjual kembali mobilnya pada tahun ketiga. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, termasuk melakukan perawatan rutin di bengkel resmi Wuling dan tidak adanya modifikasi pada kendaraan. Ada juga program gratis biaya jasa perawatan gratis hingga 8 tahun atau 100.000 km guna memastikan bahwa kendaraan selalu dalam kondisi terbaik tanpa tambahan biaya perawatan selama periode tersebut.

    Wuling menghadirkan garansi seumur hidup untuk komponen inti pada kendaraan Hybrid Electric Vehicle. Komponen inti itu mencakup drive motor, power battery, dan motor control unit. Dengan adanya garansi ini, Wuling menjamin keandalan kendaraan hybrid untuk jangka panjang dan memberikan rasa tenang serta aman kepada para pemilik Wuling New Almaz RS Hybrid.

    “Garansi seumur hidup untuk komponen inti HEV merupakan layanan purnajual kami yang memberikan konsumen pengalaman berkendara menggunakan teknologi hybrid dengan rasa tenang. Kami percaya bahwa komitmen ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen dalam memilih Wuling sebagai kendaraan pilihan yang berinovasi di segmen new energy vehicle,” kata Maulana Hakim, selaku Aftersales Director Wuling Motors.

    (rgr/dry)

  • Genjot Penjualan Akhir Tahun, Beli Mobil Cuma DP Rp 16 Juta

    Genjot Penjualan Akhir Tahun, Beli Mobil Cuma DP Rp 16 Juta

    Jakarta

    Bukan rahasia umum, banyak dari pabrikan otomotif bakal menggelar promo menarik pada akhir tahun. Seakan mencuri start, Wuling Motors ingin langsung menggoda pecinta otomotif dengan memberikan berbagai program menarik.

    Marketing Operation Director Wuling Motors, Ricky Christian dalam siaran resmi menyampaikan, melalui program promo Wuling Year End Sale, Wuling Motors ingin memberikan kesempatan kepada para konsumen yang ingin memiliki mobil Wuling impiannya dengan beragam promo yang dihadirkan.

    “Selain itu kami pun menjalankan strategi ‘jemput bola’ dengan mengadakan pameran di berbagai kota di Indonesia. Tidak hanya menampilkan lini produk namun juga menyediakan test drive dan promo berhadiah langsung saat pemesanan,” Ricky menambahkan.

    Melalui program “Year End Sale” (YES), Wuling menawarkan ragam penawaran mulai dari Worry-Free Bersama Wuling EV, Berani Lebih Bersama Wuling SUV, Lucky Dip, Voucher Belanja, DP Ringan, Gratis Asuransi sampai dengan total benefit senilai Rp 72 Juta untuk BinguoEV. Selain itu Wuling juga menggelar pameran di berbagai kota di sepanjang bulan November hingga awal bulan Desember mendatang.

    Menariknya, promo Wuling ‘YES’ ini menawarkan DP rendah mulai dari Rp16 Juta untuk pembelian model ICE. Bunga ringan 0% hingga 2 tahun yang berlaku pada model Almaz dan BinguoEV.

    Ilustrasi Wuling Motors Foto: dok. Wuling Motors

    Belum lagi gratis asuransi untuk pembelian Air ev dan BinguoEV Premium Range. Tersedia paket YES dengan total benefit hingga Rp 72 Juta untuk Wuling BinguoEV.

    Beralih ke promo untuk mobil listrik Wuling yakni promo ‘Worry-Free Bersama Wuling EV’. Promo ini berlaku bagi konsumen yang melakukan pembelian Wuling EV ABC Stories memperoleh Free Lifetime Core EV Component Warranty yakni garansi seumur hidup yang mencakup tiga komponen utama mobil listrik, Extensive Free Maintenance yakni gratis biaya jasa dan suku cadang hingga 15,5 tahun atau 155.000 km (mana yang lebih dahulu tercapai), gratis charging 7kW AC dan instalasi, dan khusus pembelian Air ev mendapatkan voucher listrik untuk 1 tahun senilai Rp2 Juta.

    Sedangkan untuk pembelian Wuling SUV yang terdiri dari Alvez dan New Almaz RS juga tersedia promo ‘Berani Lebih Bersama Wuling SUV’ yang terdiri dari 70% Resale Value Guarantee di tahun ketiga kepemilikan, gratis biaya jasa perawatan berkala 8 tahun atau 100.000 kilometer (mana yang lebih dahulu tercapai) dan garansi seumur hidup untuk komponen utama mobil hybrid.

    Jadwal Wuling Yes November-Desember 2024

    – Jakarta Mall Kota Kasablanka 6-10 November
    – Jakarta Mall Kelapa Gading 20-24 November
    – Bekasi Summarecon Mall Bekasi 20-24 November
    – Jakarta Puri Indah Mall 27 Nov -1 Desember
    – Bandung Trans Studio Mall Bandung 6-10 November
    – Medan Deli Park Mall 6-10 November
    – Manado Manado Town Square 13-17 November
    – Samarinda Big Mall 20-24 November
    – Semarang Pollux Mall 20-24 November
    – Palembang Palembang Icon Mall 4-8 Desember
    – Makassar Trans Studio Mall Makassar 4-8 Desember
    – Surabaya Pakuwon Mall Surabaya 4-8 Desember

    (lth/rgr)

  • BYD Kian Merajai Pasar Mobil Listrik China, Ini Buktinya

    BYD Kian Merajai Pasar Mobil Listrik China, Ini Buktinya

    Jakarta

    BYD makin jadi raja mobil listrik di negara sendiri. Tercatat 1 dari 2,8 mobil elektrifikasi yang terjual di China merupakan merek BYD.

    Penjualan kendaraan energi baru (mobil listrik, mobil hybrid, dan PHEV) di China melonjak cukup tajam. Berdasarkan data yang dirilis China Passenger ar Association (CPCA), sepanjang Oktober, penjualan kendaraan energi terbarukan itu mencapai 1,4 juta unit. Tercatat kenaikan mencapai 58 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dan juga 14 persen kenaikan dari bulan sebelumnya.

    Dari data tersebut BYD sangat mendominasi. Penjualannya bahkan lima kali lipat lebih banyak dari Geely yang menduduki posisi kedua. Pangsa pasar BYD tercatat 35,7 persen dari total penjualan atau sekiranya 1 dari setiap 2,8 kendaraan energi terbarukan yang terjual di China.

    BYD tercatat menjual 500.526 unit mobilnya pada Oktober 2024. Jauh meninggalkan rival-rivalnya di posisi lima besar. Geely misalnya yang menghuni posisi kedua mencatatkan penjualan 108.722 unit. Di tempat ketiga ada SAIC-GM-Wuling yang membukukan penjualan 96.172 unit.

    Torehan itu juga membuat BYD unggul jauh dari Tesla. Tesla diketahui menghuni posisi kelima dengan penjualan sebanyak 68.280 unit. Berikut ini 10 besar daftar merek mobil elektrifikasi terlaris di China.

    1. BYD: 500.526 unit
    2. Geely: 108.722 unit
    3. SAIC-GMW-Wuling: 96.172 unit
    4. Changan: 85.272 unit
    5. Tesla (China): 68.280 unit
    6. Chery: 66.868 unit
    7. Li Auto: 51.443 unit
    8. GAC Aion: 40.052 unit
    9. Leapmotor: 38.1777 unit
    10. Seres: 36.011 unit

    Peningkatan penjualan BYD juga terjadi di Indonesia. Dalam catatan detikOto, BYD sudah dua bulan berturut-turut masuk dalam daftar merek mobil terlaris di Indonesia.

    BYD bertarung dengan merek-merek Jepang yang kebanyakan masih menjual mobil bermesin konvensional. Sementara BYD diketahui menawarkan empat model mobil yang keseluruhannya menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya.

    (dry/din)

  • UABS Dirikan Pabrik Baterai di Indonesia, Bakal Suplai Mobil Listrik Wuling-MG

    UABS Dirikan Pabrik Baterai di Indonesia, Bakal Suplai Mobil Listrik Wuling-MG

    Jakarta

    SAIC-CATL bekerja sama dengan partner lokal, Kentjana Group, resmi mendirikan pabrik pengemasan baterai alias battery pack di Indonesia. Pabrik perakitan baterai ini bisa memproduksi hingga 20 ribu pack baterai setiap tahunnya.

    “Banyak perusahaan tumbuh dari industri ini. Saya pikir, sekarang adalah kesempatan yang sangat bagus juga untuk negara Indonesia dan perusahaan lokalnya, jika mereka mulai bergabung dengan rantai pasokan ini,” buka Presiden Direktur PT UABS Indonesia Wang Wei, ditemui detikOto di sela-sela acara peresmian pabrik battery pack UABS di Cikarang, Selasa (5/11/2024).

    Pabrik battery pack UABS resmi berdiri di RI, Kolaborasi SAIC-CATL-Kentjana Group Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Sekadar informasi, kolaborasi tersebut menghasilkan pabrik battery pack bernama PT Unified Advanced Battery System Indonesia (UABS). SAIC-CATL memiliki shareholding 67% (SAIC 51%-CATL 49%), sementara 33% sisanya dimiliki oleh Kentjana Group. Sebagai langkah awal, pabrik UABS akan memproduksi baterai buat merek Morris Garage (MG) yang berada di bawah naungan SAIC.

    “Investasi tahap pertama dalam bentuk yuan itu 45 juta yuan. Kalau dikonversi itu sekitar 100 miliar rupiah,” ungkap Wang.

    Lanjut Wang menambahkan, pabrik ini memiliki luas sekitar 5.000 meter persegi dengan kemampuan produksi 20 ribu pack baterai setiap tahunnya.

    Pada tahap awal, komponen dan modul CKD diimpor langsung dari China, sementara pabrik PT UABS Indonesia hanya melakukan pengemasan menjadi sebuah baterai utuh yang siap digunakan di kendaraan listrik.

    Soal teknologi, Wang mengatakan baterai buatan PT UABS Indonesia dijamin kualitasnya lantaran disuplai oleh perusahaan Contemporary Amperex Technology Co., Limited alias CATL. Kata Wang, reputasi CATL dalam membuat baterai sudah tidak perlu diragukan lagi.

    “CATL adalah merek baterai nomor satu di dunia, tidak hanya di China. Mereka punya pangsa pasar sekitar setengah dari seluruh dunia. Sementara itu SAIC Group, menjadi merek kendaraan nomor satu. SAIC sangat besar di China, memiliki lini produk mobil, bus, dan truk, di mana MG menjadi salah satu mereknya,” tambah Wang.

    MG Motor Indonesia menjadi pengguna pertama baterai buatan PT UABS di Indonesia pada tahun 2024. Ke depan, baterai buatan mereka juga akan digunakan brand-brand yang ada di bawah naungan SAIC Group.

    PT UABS Indonesia juga memiliki rencana jangka panjang, di mana pada 2026 mereka akan berusaha membangun EV & Energy Storage buat motor listrik, kemudian tahun 2030 mereka menargetkan menjadi perusahaan global.

    (lua/dry)

  • Mobil Listrik Ramah Lingkungan, Wuling EV ABC Stories Hadirkan Fitur Keselamatan Canggih

    Mobil Listrik Ramah Lingkungan, Wuling EV ABC Stories Hadirkan Fitur Keselamatan Canggih

    Liputan6.com, Bogor – Sebagai pelopor mobil listrik berteknologi canggih, Wuling menghadirkan beragam produk lininya untuk menyasar banyak pangsa pasar. Ada tiga produk unggulan Electric Vehicle (EV) Wuling yang menjadi andalan, yakni Air ev, BinguoEV dan Cloud EV.

    Mempunyai karakteristik masing-masing dan dirancang untuk memenuhi beragam segmen pasar, Wuling tetap pada komitmennya dalam menyajikan kendaraan listrik yang ramah lingkungan, mudah diakses, dan relevan dengan kebutuhan mobilitas.

    Product Planning Wuling Motors Alfonsus Marvel berkata, Wuling Air ev mengaplikasikan desain compact dan praktis yang cocok untuk mobilitas perkotaan yang ramah lingkungan. Melalui tagline Drive for a Green Life, Wuling Air ev berkomitmen mendukung gaya hidup yang lebih hijau dan berkelanjutan di Indonesia.

    Air ev Wuling perdana meluncur secara global di Indonesia pada Agustus 2022, sekaligus menjadi model EV pertama Wuling yang diproduksi di pabrik Cikarang Jawa Barat (Jabar).

    Dirancang dengan dimensi yang compact, Air ev Wuling menjadi solusi ideal bagi masyarakat perkotaan dengan gaya hidup modern yang menginginkan kendaraan praktis dan ramah lingkungan.

    Mobil listrik tersebut juga dilengkapi dengan kemudahan pengisian daya di rumah dan perintah suara berbahasa Indonesia serta Wuling Remote Control App.

    “Air ev juga dilengkapi sertifikasi IP67 untuk keamanan baterai, lalu pendukung keselamatan seperti dua airbag, ABS, EBD, ESC sampai dengan ISOFIX,” ungkapnya, Selasa (29/10/2024).

    Ada beragam varian yang dapat dipilih oleh konsumen sesuai dengan kebutuhan mobilitanya. Mulai dari varian Long Range (jarak tempuh 300 Km) dan Standard Range (jarak tempuh 200 Km). Ada juga EV Wuling dengan harga terjangkau yakni Air ev Lite, dengan pilihan warna yang beragam.

    Menurut Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko, Wuling BinguoEV menjadi mobil listrik kedua Wuling mengusung desain ikonik, mencerminkan gaya hidup modern, dinamis dan tampilan vintage.

    “Sejalan dengan semangat ‘Drive Electric, Be the Icon,’ BinguoEV mengajak pengguna untuk merasakan pengalaman berkendara ramah lingkungan yang penuh gaya,” ucapnya.

    Dia berkata, BinguoEV memberikan pengalaman berkendara menyenangkan berkat motor listrik yang bertenaga dan kabin yang luas, serta interior retro yang dilengkapi deretan fitur canggih seperti Wuling Remote Control App.

    Dilengkapi dengan ESC, TPMS, dan airbag ganda, BigouEV hadir dalam varian Premium yang mampu menjangkau hingga 410 km dan varian Long Range dengan daya jelajah 333 km, dengan tiga pilihan warna yakni Tea, Mousse Green dan Galaxy Blue.

    Rangkaian terakhir dalam ABC Stories adalah ‘C’ untuk Cloud EV, yang melengkapi lini kendaraan listrik Wuling. Mobil listrik medium hatchback tersebut memberikan ekstra kenyamanan, berkat kabin yang luas dan desain interior ergonomis untuk memastikan kenyamanan optimal bagi pengemudi dan penumpang.