brand merek: Wuling

  • Tampang Mobil Listrik Baru Wuling yang Harganya di Bawah Rp 110 Juta

    Tampang Mobil Listrik Baru Wuling yang Harganya di Bawah Rp 110 Juta

    Tampang Mobil Listrik Baru Wuling yang Harganya di Bawah Rp 110 Juta

  • Harga Anjlok, Pedagang Was-was Jual Mobil Listrik Bekas

    Harga Anjlok, Pedagang Was-was Jual Mobil Listrik Bekas

    Jakarta, CNN Indonesia

    Sejumlah pedagang mobil bekas mengalami dilema menjual mobil listrik bekas. Hal ini karena nilai jual EV bekas cepat menurun dan angka penurunannya cukup besar.

    “Contoh Wuling Airev, itu bisa setiap bulan turun harganya Rp10 juta sampai Rp15 juta,” kata Chief Operating Officer Focus Motor Group Azka Maulana di Jakarta Utara, Kamis (12/12), mengutip dari Antara.

    “Karena hampir setiap bulan juga mobil listrik China mengeluarkan model baru, jadi konsumen ini banyak sekali pilihan dan harganya murah-murah,” imbuhnya.

    Focus Motor Group, perusahaan yang sudah 25 tahun menggeluti bisnis mobil bekas, namun baru kali ini mengaku was-was jual mobil listrik bekas.

    Selain itu, menurut Azka bahwa strategi menurunkan harga mobil listrik baru oleh Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dalam rentang waktu pendek dianggap bisa mengacaukan harga mobil bekas di pasaran.

    Penurunan harga mobil listrik baru yang dilakukan secara tiba-tiba bisa meningkatkan risiko penjual mobil bekas merugi.

    Sebagai gambaran, perusahaan pernah membeli mobil listrik bekas dari seorang penjual seharga Rp300 juta. Mobil tersebut dibeli tidak lama setelah peluncurannya.

    Beberapa bulan kemudian, harga mobil tersebut anjlok menjadi sekitarRp169 juta karena varian baru yang lebih murah diluncurkan.

    Agustinus berharap pemerintah membuat regulasi mengenai batasan penurunan harga mobil listrik agar usaha penjualan mobil listrik bekas bisa stabil.

    “Karena kebijakannya juga masih belum jelas. Harusnya pemerintah bisa memberikan batasan sehingga harga jangan sampai turun terus, dari sisif inancing juga jadinya tidak mau membiayai mobil listrik ya,” katanya.

    “Jadi,finance-finance besar itu mereka masih berfikir juga, nanti saya udah beli mobilnya Rp400 juta, besok harga Rp200 juta, konsumen tidak mau bayar,” ia menambahkan.

    (Antara/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Indonesia Siap Jadi Pemain Global Kendaraan Listrik dan Panel Surya

    Indonesia Siap Jadi Pemain Global Kendaraan Listrik dan Panel Surya

    Jakarta: Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, mencapai 21 juta ton, atau 22,1 persen dari total cadangan global. Pada 2020, Indonesia menyumbang 31 persen dari total produksi nikel dunia, menjadikannya pemasok utama bahan baku baterai kendaraan listrik. Bahkan, saat ini Indonesia menyumbang 60 hingga 80 persen bahan baku nikel untuk baterai global.
     
    Data tersebut dirilis oleh The Reform Initiatives (TRI) Indonesia melalui sejumlah riset. Dengan demikian Indonesia mampu mengukuhkan posisi sebagai pemain utama dalam sektor hilirisasi sumber daya alam dengan potensi besar dari nikel dan pasir silika. Kedua komoditas tersebut menjadi tulang punggung dalam pengembangan industri kendaraan listrik (EV) dan panel surya, yang semakin berperan penting dalam transisi energi global menuju teknologi ramah lingkungan.
     
    “Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alam, tetapi juga memiliki strategi hilirisasi yang unggul. Nilai tambah dari hilirisasi nikel, terutama dalam produk baterai, bisa mencapai 67 kali lipat. Ini adalah bukti nyata komitmen pemerintah dalam menciptakan ekosistem industri yang berkelanjutan,” ujar Ketua Tim Peneliti TRI Indonesia, Unggul Heriqbaldi, dalam keterangan tertulis.
     

    Pria yang akrab disapa Eriq tersebut mengatakan di sisi lain, potensi pasir silika Indonesia juga tak kalah menjanjikan. Dengan total cadangan mencapai 330 juta ton dan tambahan sumber daya kuarsit sebesar 297 juta ton, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pasokan bahan baku melimpah untuk industri semikonduktor dan photovoltaic (PV) module. Kedua sektor ini krusial untuk mendukung panel surya sebagai salah satu teknologi energi terbarukan.
     
    “Hilirisasi pasir silika menjadi wafer silikon adalah langkah strategis untuk mendukung pengembangan PV module dalam negeri. Dengan dukungan teknologi tinggi dan investasi yang kuat, Indonesia memiliki peluang besar menjadi pusat industri teknologi tinggi dunia,” kata Eriq yang juga dosen FEB Universitas Airlangga Surabaya.
     
    Riset TRI tersebut juga menyatakan dengan cadangan nikel melimpah, Indonesia telah menarik perhatian produsen kendaraan listrik global. Perusahaan seperti Hyundai dan Wuling telah mendirikan fasilitas produksi di Jawa Barat, dengan kapasitas mencapai 260 ribu unit kendaraan per tahun. Selain itu, Indonesia juga menargetkan menjadi salah satu dari lima produsen baterai terbesar dunia, dengan kapasitas produksi mencapai 700 GWh per tahun pada 2045.
     
    “Permintaan baterai global diperkirakan meningkat hingga 7.100 GWh pada 2045, dan Indonesia berpotensi memenuhi lebih dari 10 persen dari total permintaan. Ini adalah pencapaian besar yang mencerminkan visi jangka panjang pemerintah,” ucap Eriq.
     
    Sementara itu, pengembangan panel surya juga menjadi fokus utama. Hilirisasi pasir silika yang meliputi produk seperti tepung silika, resin-coated sand, hingga wafer silikon diharapkan dapat mendukung kemandirian Indonesia dalam teknologi photovoltaic. Produk-produk ini tidak hanya penting untuk memenuhi kebutuhan domestik tetapi juga berpotensi menjadi komoditas ekspor unggulan.
     

    Dukungan pemerintah terhadap hilirisasi nikel dan pasir silika terlihat dari berbagai kebijakan insentif yang mendorong investasi dan transfer teknologi. Selain itu, kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dan perusahaan swasta juga terus diperkuat untuk memastikan keberlanjutan pengembangan industri ini.
     
    “Indonesia memiliki segalanya untuk menjadi pemimpin global dalam kendaraan listrik dan energi terbarukan. Dengan strategi yang tepat dan kolaborasi lintas sektor, kita tidak hanya akan meningkatkan nilai ekonomi tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat,” tutur Eriq.
     
    Dengan langkah progresif ini Indonesia tidak hanya menjadi raksasa sumber daya alam tetapi juga pilar penting dalam teknologi ramah lingkungan dunia. Hilirisasi nikel dan pasir silika adalah kunci untuk membuka pintu menuju era baru keemasan ekonomi dan teknologi Indonesia.
     
    The Reform Initiatives (TRI) Indonesia bersama konsorsium yang terdiri atas Binus University, The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya Malang, dan FEB Universitas Indonesia telah menyelenggarakan penelitian terkait Hilirisasi di Indonesia dalam berbagai tema kunci.
     
    TRI Indonesia mengambil tema spesifik “Membangun Harmoni yang Produktif antara Pekerja Asing-Domestik dan Masyarakat Lokal: Tantangan, Kesempatam, dan Kebijakan Investasi Hilirisasi di Indonesia” yang dilaksanakan di Kabupaten Konawe – Sulawesi Tenggara dan Kota Batam – Kepulauan Riau.
     
    Hasil riset tersebut kemudian didesiminasikan oleh TRI Indonesia bekerja sama dengan FEB Universitas Nasional Jakarta pada Rabu, 12 Desember 2024.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Mobil Listrik Mungil dengan Kabin Luas

    Mobil Listrik Mungil dengan Kabin Luas

    Jakarta

    Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) memberikan kesempatan kepada sejumlah media untuk menjajal beberapa lini mobil listriknya dalam acara Media Drive Nissan di Jakarta (6/12/2024). Salah satu unit mobil tes yang disediakan adalah mobil listrik Nissan Sakura. Begini kesan pertama kami saat menjajal mobil listrik mungil itu.

    Dari bagian luar, Nissan Sakura memiliki tampilan yang bersih dan elegan. Mobil ini menggunakan desain fascia ala V-motion yang merupakan ciri khas Nissan. Mobil ini juga menampilkan kesan sporty lewat desain atap belakang mengambang (floating roof) dengan tambahan spoiler. Velg mobil ini mengusung warna dual tone dengan bentuk X.

    Secara dimensi, mobil ini berukuran imut dengan panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.655 mm, serta jarak sumbu roda 2.495 mm. Mobil ini lebih panjang sekitar 40 cm dari kompetitor mereka di Indonesia seperti Wuling Air ev dan Seres E1.

    Nissan Sakura Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Begitu masuk ke kabinnya, kesan luas di Nissan Sakura begitu terasa. Headroom dan legroom mobil ini sangat memadai buat digunakan empat penumpang dewasa. Apalagi kursi bagian depan juga sudah dilengkapi handrest adjustable. Kursi baris kedua dilengkapi headrest dan posisi kursi masih bisa diatur maju-mundur, juga tingkat rebahnya.

    Kesan luas di mobil mungil ini juga dihadirkan melalui langit-langit berwarna cerah, serta jok berbahan fabric dengan warna beige. Selebihnya buat bagian doortrim dan area dashboard menggunakan warna hitam dengan aksen warna orange di beberapa bagian.

    Tiba saatnya untuk mencoba performa Nissan Sakura dalam waktu yang singkat dan trek yang terbatas. Sama seperti mobil listrik pada umumnya, Nissan Sakura juga punya torsi yang instan dan pengendaraan yang senyap. Di atas kertas, mobil ini dibekali baterai lithium-ion 20 kWh yang mampu menghasilkan tenaga setara 47 kW (63 dk) dan torsi 195 Nm.

    Nissan Sakura Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Nissan Sakura juga lincah saat coba digunakan di kawasan Senayan, Jakarta. Mobil ini memiliki radius putar 4,8 meter yang memberi kemudahan kepada pengendara ketika melakukan manuver di tengah-tengah kemacetan. Terlebih feedback setir Nissan Sakura ini juga terasa ringan, sehingga terasa effortless bagi pengendara.

    Menunjang kebutuhan pengendara dan penumpang di baris depan, Nissan Sakura telah dibekali dengan panel instrumen digital 7 inci dan layar entertainment 9 inci yang bisa menjalankan fitur konektivitas.

    Keistimewaan lain Nissan Sakura adalah, adanya fitur ADAS bernama ProPILOT Assist 2.0. Fitur ini bisa mengatur kombinasi kemudi, akselerasi, dan pengereman yang dapat membantu meringankan beban kerja pengendara.

    Nissan Sakura Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Ada juga fitur ProPILOT Park untuk memudahkan saat pengendara parkir. ProPILOT Park secara otomatis dapat mengontrol setir, akselerasi, pengereman, peralihan gigi, dan parking brake. Sayangnya, kami belum bisa mencoba fitur canggih ini mengingat waktu pengetesan yang terbatas.

    Di Jepang, Nissan Sakura dijual dengan harga sekitar 2.599.300 Yen untuk tipe X atau sekitar Rp 270 jutaan, sementara tipe G dijual 3.082.200 Yen atau setara Rp 336 juta. Kemungkinan besar mobil listrik mungil itu akan dijual di Indonesia dengan banderol Rp 300 jutaan.

    Jika jadi dipasarkan di Tanah Air, akankah mobil listrik mungil CBU Jepang itu bisa bersaing dengan pemimpin pasar saat ini Wuling Air ev?

    Nissan Sakura Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    (lua/riar)

  • Harga di Bawah Rp 110 Juta, Mobil Listrik Baru Wuling Sudah Bisa Dipesan

    Harga di Bawah Rp 110 Juta, Mobil Listrik Baru Wuling Sudah Bisa Dipesan

    Jakarta

    Wuling Hongguang Mini EV lima pintu telah meluncur pekan lalu. Kini, mobil listrik perkotaan tersebut sudah bisa dipesan melalui skema pre-booking!

    Disitat dari Carnewschina, Sabtu (14/12), Wuling Hongguang Mini EV lima pintu bukan meluncur di Indonesia, melainkan di China. Meski belum diumumkan secara resmi, namun harga kendaraan itu dipastikan tak sampai 50 ribu yuan atau Rp 110 juta!

    Bahkan, menariknya lagi, konsumen yang melakukan pemesanan melalui skema pre-booking berkesempatan mendapat cashback hingga 10 ribu yuan atau Rp 20 jutaan! Selain itu, ada garansi transmisi seumur hidup dan gratis pengisian daya portable.

    Wuling Hongguang Mini EV. Foto: Doc. Wuling China.

    Sebagai catatan, Wuling Hongguang Mini EV yang baru meluncur tersebut merupakan model generasi keempat yang menggunakan platform Tianyu S. Generasi pertamanya meluncur empat tahun lalu dan secara akumulatif telah terjual lebih dari 1,4 juta unit.

    Sebagai mobil perkotaan, Hongguang Mini EV punya dimensi yang sangat mungil. Kendaraan itu punya panjang 3.256 mm, lebar 1.510 mm, tinggi 1.578 mm dan jarak sumbu roda 2.190 mm. Ukuran tersebut lebih besar dibandingkan model generasi ketiga.

    Dengan demikian, ruang kabinnya juga sedikit lebih lega. Pabrikan memberikan sentuhan baru di interiornya dengan permainan warna caramel dan coklat yang terlihat elegan.

    Wuling Hongguang Mini EV. Foto: Doc. Wuling China.

    Wuling Hongguang Mini EV lima pintu ditenagai motor listrik dengan daya 30 kW. Mobil tersebut memanfaatkan baterai lithium iron phosphate 16,2 kWh yang dipasok Gotion atau Saike Ruipu Power Battery System. Pembekalan itu membuat kendaraan mampu menemuh jarak maksimum 205 km dan kecepatan puncak 100 km/jam.

    Di bagian interior, Wuling Hongguang Mini EV generasi keempat menggunakan layar kontrol tengah berukuran 8 inci dan panel instrumen LCD berukuran 7 inci. Fungsi baru seperti parkir otomatis dan tombol kontrol independen untuk buka-tutup jendela depan dan belakang juga ditambahkan.

    (sfn/lua)

  • 10 Merek Mobil Terlaris November, Penjualan Daihatsu Nge-drop

    10 Merek Mobil Terlaris November, Penjualan Daihatsu Nge-drop

    Jakarta, CNN Indonesia

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis data penjualan mobil baru November 2024. Penjualan Astra Daihatsu Motor (ADM) merosot lebih dari 4 ribu unit dibanding Oktober lalu.

    Lima merek pengisi peringkat atas tak ada perubahan, masih ditempati Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki dan Mitsubishi seperti penjualan bulan lalu.

    Gejolak terjadi mulai urutan ke-6 hingga 10. Pabrikan China BYD menjaga posisi penjualannya di peringkat enam dengan total penjualan 2.842 unit, naik 354 unit dibanding bulan lalu.

    Sementara, Wuling tancap gas dari sebelumnya pada Oktober berada di posisi kesembilan, kini ada di posisi tujuh dengan total wholesales 2.550 unit atau naik 347 unit dibanding Oktober.

    Di posisi kedelapan dan kesembilan diduduki Hino dengan pengiriman 2.530 unit dan Mitsubishi Fuso dengan pengiriman 2.294 unit.

    Di posisi penutup ada Isuzu, merek Jepang yang dikenal sebagai kendaraan niaga, masih mempertahankan posisinya di peringkat 10 dengan pengiriman 2.040 unit, meskipun total penjualan Oktober masih lebih tinggi 66 unit dari bulan ini.

    Penjualan semua merek Gaikindo mencapai 74.347 unit pada November atau merosot 3,7 persen dibanding Oktober lalu.

    Secara total, wolesales periode Januari-November 2024 hanya tembus 784.788 unit atau minus 14,7 persen dibanding tahun lalu yang bisa mengirim lebih dari 900 ribu unit.

    Wholesales

    1. Toyota: 26.984 unit
    2. Daihatsu: 10.030 unit
    3. Honda: 8.397 unit
    4. Mitsubishi Motors: 6.050 unit
    5. Suzuki: 5.605 unit
    6. BYD: 2.842 unit
    7. Wuling: 2.550 unit
    8. Hino: 2.530 unit
    9. Mitsubishi Fuso: 2.294 unit
    10. Isuzu: 2.040 unit

    Retail sales

    1. Toyota: 25.860 unit
    2. Daihatsu: 12.113 unit
    3. Honda: 8.765 unit
    4. Mitsubishi Motors: 6.102 unit
    5. Suzuki: 6.240 unit
    6. BYD: 2.833 unit
    7. Wuling: 2.503 unit
    8. Isuzu: 2.454 unit
    9. Mitsubishi Fuso: 2.360 unit
    10. Hino: 2.109 unit

    (can/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • 10 Merek Mobil Terlaris November, Penjualan Daihatsu Nge-drop

    10 Merek Mobil Terlaris November 2024

    Jakarta, CNN Indonesia

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis data penjualan mobil baru November 2024. Penjualan Astra Daihatsu Motor (ADM) merosot lebih dari 4 ribu unit dibanding Oktober lalu.

    Lima merek pengisi peringkat atas tak ada perubahan, masih ditempati Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki dan Mitsubishi seperti penjualan bulan lalu.

    Gejolak terjadi mulai urutan ke-6 hingga 10. Pabrikan China BYD menjaga posisi penjualannya di peringkat enam dengan total penjualan 2.842 unit, naik 354 unit dibanding bulan lalu.

    Sementara, Wuling tancap gas dari sebelumnya pada Oktober berada di posisi kesembilan, kini ada di posisi tujuh dengan total wholesales 2.550 unit atau naik 347 unit dibanding Oktober.

    Di posisi kedelapan dan kesembilan diduduki Hino dengan pengiriman 2.530 unit dan Mitsubishi Fuso dengan pengiriman 2.294 unit.

    Di posisi penutup ada Isuzu, merek Jepang yang dikenal sebagai kendaraan niaga, masih mempertahankan posisinya di peringkat 10 dengan pengiriman 2.040 unit, meskipun total penjualan Oktober masih lebih tinggi 66 unit dari bulan ini.

    Penjualan semua merek Gaikindo mencapai 74.347 unit pada November atau merosot 3,7 persen dibanding Oktober lalu.

    Secara total, wolesales periode Januari-November 2024 hanya tembus 784.788 unit atau minus 14,7 persen dibanding tahun lalu yang bisa mengirim lebih dari 900 ribu unit.

    Wholesales

    1. Toyota: 26.984 unit
    2. Daihatsu: 10.030 unit
    3. Honda: 8.397 unit
    4. Mitsubishi Motors: 6.050 unit
    5. Suzuki: 5.605 unit
    6. BYD: 2.842 unit
    7. Wuling: 2.550 unit
    8. Hino: 2.530 unit
    9. Mitsubishi Fuso: 2.294 unit
    10. Isuzu: 2.040 unit

    Retail sales

    1. Toyota: 25.860 unit
    2. Daihatsu: 12.113 unit
    3. Honda: 8.765 unit
    4. Mitsubishi Motors: 6.102 unit
    5. Suzuki: 6.240 unit
    6. BYD: 2.833 unit
    7. Wuling: 2.503 unit
    8. Isuzu: 2.454 unit
    9. Mitsubishi Fuso: 2.360 unit
    10. Hino: 2.109 unit

    (can/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Merek Mobil China Terlaris di Indonesia Sepanjang 2024

    Merek Mobil China Terlaris di Indonesia Sepanjang 2024

    Jakarta

    Ada banyak merek mobil China berdatangan ke Indonesia. Mana yang paling laris?

    Mobil merek China kian meramaikan jalanan Indonesia. Setelah Wuling masuk pada tahun 2017, semakin ke sini makin banyak merek China berdatangan ke Tanah Air. Berdasarkan data penjualan yang dirilis Gabungan industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), setidaknya ada11 merek mobil China yang menjajakan produknya di dalam negeri.

    Selain Wuling, ada BYD, Chery, DFSK, Seres, Neta, Tank, Baic, Haval, Ora, dan juga Aion. Dari 10 merek itu mana yang paling laris ya?

    Wuling tercatat paling banyak mendistribuskan mobilnya. Secara wholesales, Wuling mendistribusikan 18.667 unit sementara secara retail jumlahnya 22.288 unit. Torehan itu juga membuat Wuling sukses menembus jajaran 10 merek mobil terlaris di Indonesia.

    BYD. Foto: Andhika Prasetia

    Terbanyak kedua ada BYD. Meski terhitung sebagai pendatang baru, BYD juga sanggup bersaing dengan deretan merek China lainnya, bahkan merek Jepang. BYD secara wholesales mendistribusikan 13.866 unit sementara yang dikirim ke garasi konsumen mencapai 11.654 unit.

    Merek China terlaris ketiga ada Chery. Chery sepanjang Januari hingga November 2024 telah mendistribusikan 7.742 unit secara wholesales dan 7.506 unit ke garasi konsumen seluruh Indonesia.

    Chery. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Untuk melihat lebih lengkapnya, berikut ini daftar mobil China terlaris di Indonesia.

    Penjualan wholesales Mobil China Januari-November 2024

    1. Wuling: 18.677 unit
    2. BYD: 13.866 unit
    3. Chery: 7.742 unit
    4. DFSK: 811 unit
    5. Neta: 652 unit
    6. Tank: 603 unit
    7. Baic: 199 unit
    8. Haval: 97 unit
    9. Ora: –
    10. Aion: –

    Penjualan retail mobil China Januari-November 2024

    1. Wuling: 22.288 unit unit
    2. BYD: 11.654 unit
    3. Chery: 7.506 unit
    4. DFSK: 1.008 unit
    5. Tank: 585 unit
    6. Neta: 538 unit
    7. Baic: 121 unit
    8. Haval: 69 unit
    9. Ora: –
    10. Aion: –

    (dry/din)

  • Daftar Mobil Listrik Terlaris November 2024: BYD M6 Laris Manis

    Daftar Mobil Listrik Terlaris November 2024: BYD M6 Laris Manis

    Jakarta

    BYD M6 belum terkejar rival-rivalnya. Selama November 2024, BYD M6 merupakan mobil listrik terlaris di Indonesia.

    Posisi BYD M6 masih kokoh di puncak daftar mobil listrik terlaris di Indonesia. MPV perdana yang mengusung baterai sebagai sumber tenaganya ini mencatatkan penjualan yang cukup moncer. Sebagaimana dirilis dalam data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), BYD mengirimkan 1.770 unit M6 ke dealer-dealernya.

    Angka distribusi itu membuat BYD M6 sulit dikejar rival-rivalnya. Di posisi kedua juga masih datang dari keluarga BYD. Seal menjadi mobil listrik terlaris kedua yang terdistribusi sebanyak 637 unit. Di posisi ketiga ada Wuling BinguoEV yang terdistribusi sebanyak 484 unit. Selanjutnya di tempat keempat, masih dihuni mobil listrik Wuling. Adalah Air ev yang mencatatkan distribusi sebanyak 451 unit.

    Selanjutnya ada Chery Omoda E5 yang terdistribusi sebanyak 339 unit. Chery Omoda E5 itu dibuntuti Hyundai Kona EV. Pendatang baru dari Hyundai itu terkirim sebanyak 329 unit. Untuk melihat datanya lebih lengkap, berikut ini tim detikOto himpun daftar mobil listrik terlaris di Indonesia periode November 2024.

    Daftar Mobil Listrik Terlaris November 2024

    1. BYD M6: 1.770 unit
    2. BYD Seal: 637 unit
    3. Wuling BinguoEV: 484 unit
    4. Wuling Air ev: 451 unit
    5. Chery Omoda E5: 339 unit
    6. Hyundai Kona EV: 329 unit
    7. BYD Atto 3: 306 unit
    8. Wuling Cloud EV: 150 unit
    9. MG 4 EV: 134 unit
    10. Hyundai Ioniq 5: 130 unit
    11. BYD Dolphin: 129 unit
    12. Citroen EC3: 79 unit
    13. Neta V-II: 70 unit
    14. Chery J6: 64 unit
    15. Neta X: 63 unit
    16. BMW iX1: 43 unit
    17. BMW i5: 17 unit
    18. BMW i7: 16 unit
    19. MG ZS EV: 14 unit
    20. MINI Aceman: 12 unit
    21. Mitsubishi L100 EV: 11 unit
    22. Hyundai Ioniq 6: 6 unit
    23. Volvo EX30: 6 unit
    24. MINI Cooper SE: 6 unit
    25. MINI Countryman: 4 unit
    26. Toyota bZ4X: 4 unit
    27. Volvo XC40: 3 unit
    28. BMW iX: 3 unit
    29. Kia EV9: 1 unit
    30. Mercedes-Benz EQS 450+: 1 unit
    31. Mercedes-Benz EQB 250: 1 unit

    Bila dihitung secara keseluruhan, kontribusi mobil listrik masih terbilang kecil. Dari total 74.347 unit, distribusi mobil listrik baru sekitar 5.277 unit atau sekitar tujuh persen. Sementara sisanya masih didominasi mobil bermesin konvensional.

    (dry/din)

  • Superbank Jadi Mitra Pembayaran Eksklusif di Megahedon Festival 2024

    Superbank Jadi Mitra Pembayaran Eksklusif di Megahedon Festival 2024

    Jakarta, CNBC Indonesia – Superbank jadi mitra pembayaran eksklusif di Festival Megahnya Diskon Jajanan Akhir Tahun (Megahedon Festival) 2024, yang akan digelar pada 14-15 Desember 2024 di Plaza Barat Gelora Bung Karno, Jakarta. Hal ini sebagai bagian dalam untuk memperkuat kolaborasi ekosistem dengan Grab Indonesia.

    Festival ini menghadirkan penawaran diskon spesial 15% + Rp5.000 untuk transaksi menggunakan Superbank di puluhan brand unggulan dan mitra UMKM Grab. Head of Marketing & Branding Superbank, Cut Frinzy Emillie mengatakan Megahedon

    Festival 2024 merupakan perayaan akhir tahun yang menghadirkan berbagai pengalaman menarik, mulai dari penawaran diskon eksklusif, kuliner terbaik, hingga hiburan.

    “Sebagai bagian dari kemitraan kami dengan Grab, kami ingin memastikan pengunjung dapat menikmati pengalaman transaksi yang seamless dan aman, sembari merasakan keseruan festival, mendukung UMKM, dan menjelajahi berbagai brand favorit mereka,” jelas Frinzy dalam keterangan resmi, Rabu (11/12/2024).

    Selama Megahedon Festival 2024, pengunjung dapat secara langsung melakukan pembayaran dengan mudah menggunakan rekening Superbank melalui fitur DineOut Deals di aplikasi Grab. Selain festival yang berlangsung pada 14-15 Desember 2024 di Plaza Barat GBK, Program Megahedon yang telah berlangsung sejak 1 November lalu juga menawarkan diskon hingga 55% untuk ribuan resto di seluruh Indonesia, yang dapat dinikmati konsumen hingga 12 Januari 2025.

    “Melihat antusiasme konsumen yang sangat besar tahun lalu, tahun ini kami hadirkan Megahedon Festival, tambahan diskon menarik, beragam kejutan hadiah, hingga Grand Prize berupa 1 (satu) unit Wuling Air EV dan 3 (tiga) unit iPhone 15. Hal ini merupakan strategi berkelanjutan Grab untuk mendukung kebutuhan konsumen, sekaligus menghadirkan manfaat lebih terhadap bisnis mitra kami, khususnya UMKM,” ungkap Melinda Savitri, Country Marketing Head Grab Indonesia. “Kami percaya kolaborasi dengan Superbank akan memberikan nilai tambah yang signifikan. Bagi para konsumen Grab dalam menikmati pengalaman berbelanja yang lebih menguntungkan, seamless dan terintegrasi,” jelas Melinda.

     

    Foto: Dok Superbank

     

    Partisipasi Superbank di Megahedon Festival 2024 semakin memperkuat kolaborasi ekosistem yang telah dibangun dengan Grab sebagai salah satu pemegang saham Superbank. Sebagai satu-satunya bank dengan layanan digital yang terintegrasi dengan platform Grab, Superbank memberikan kemudahan bagi jutaan pengguna dan mitra Grab untuk membuka rekening, menabung, dan menggunakan rekening tersebut sebagai metode pembayaran langsung di aplikasi Grab tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

    Kolaborasi strategis ini menegaskan komitmen Superbank dan Grab dalam mendorong inklusi finansial, memberdayakan UMKM, dan menciptakan pengalaman yang relevan bagi masyarakat Indonesia. Hingga Oktober 2024, Superbank telah mencatat lebih dari 2 juta nasabah, dengan lebih dari 60 persen di antaranya menghubungkan akun mereka dengan aplikasi Grab.

    Kampanye promosi bersama Grab turut mendorong peningkatan frekuensi pesanan GrabFood, menunjukkan pertumbuhan keterlibatan pengguna di ekosistem Grab. Tren ini diperkirakan akan terlihat lebih jelas selama Megahedon Festival 2024, dengan daftar 10 pesanan makanan terpopuler sebagai salah satu indikatornya.

    Jangan lewatkan pengalaman belanja, kuliner, dan hiburan yang tak terlupakan di Megahedon Festival 2024 bersama Superbank, serta manfaatkan diskon eksklusif di aplikasi Grab hingga 12 Januari 2025.

     

    (rah/rah)