brand merek: Wuling

  • HR-V ‘Dikepung’ Rival-rival Baru, Honda Bilang Begini

    HR-V ‘Dikepung’ Rival-rival Baru, Honda Bilang Begini

    Jakarta

    Posisi Honda HR-V di segmen SUV kompak kian terhimpit dengan kehadiran para rival baru. Honda bilang begini soal posisi HR-V tersebut.

    Segmen SUV kompak Tanah Air makin menggemuk. Banyak pemain baru berdatangan di segmen yang dihuni Honda HR-V itu. Bukan cuma dari Jepang, rival-rival HR-V juga bermunculan dari China. Di segmen SUV kompak itu, HR-V kini bertarung dengan Hyundai Creta, Toyota Yaris Cross, Wuling Alvez, Mitsubishi Xforce, Suzuki Grand Vitara, hingga Chery Omoda 5.

    Walaupun dijegal banyak rival, nyatanya posisi Honda HR-V di segmen tersebut tetap kokoh. Penjualannya masih lebih banyak dibandingkan rival-rival tersebut. Pada periode Juli 2025 misalnya, berdasarkan data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) hanya HR-V yang berhasil tembus daftar mobil terlaris. Distribusi HR-V pada bulan ketujuh itu mencapai 1.949 unit.

    Kendati demikian, Honda tak menampik bahwa kehadiran para rival itu membuat HR-V sedikit terganggu. Penjualan pun jadi terbagi karenanya.

    “Sekarang kan memang makin banyak pilihan ya. Jadi memang ya ada sebagian konsumen yang sekarang memilih gitu kan. Nah itu normal aja menurut kami,” kata Communication Strategy Sub-Division Head PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili di sela-sela Media Test Drive Mobil Hybrid Honda dari Jakarta ke Surabaya.

    Menurut pria yang akrab disapa Arfi itu, konsumen yang meminang HR-V memang mereka yang menginginkan mobil dengan teknologi dan fitur seperti SUV kompak Honda tersebut. Lebih lagi, HR-V kini juga memiliki nilai tambah baru berkat kehadiran varian hybrid. Konsumsi BBM-nya lebih irit, dalam catatan Honda bahkan bisa tembus 25 km/liter. Teknologinya juga makin canggih dan tak kalah penting harganya jadi lebih terjangkau ketimbang model sebelumnya.

    “Jadi ya memang masing-masing sekarang kebutuhannya ya. Orang yang memilih HR-V karena dia memang membutuhkan mobil seperti HR-V gitu, bukan cuma kayak hemat tapi juga styel-nya dia udah cocok gitu kan, brandnya udah terpercaya,” beber Arfi.

    “Tapi ada juga yang kayak oke saya mau coba sesuatu yang baru ada juga, jadi memang sekarang kue itu makin kecil-kecil udah pasti. Dan nggak apa-apa sih menurut kita ya itu pilihan buat konsumen aja,” pungkas Arfi.

    (dry/rgr)

  • Duh! Penurunan Harga Mobil Listrik Bekas Bisa Capai 50 Persen

    Duh! Penurunan Harga Mobil Listrik Bekas Bisa Capai 50 Persen

    Jakarta

    Depresiasi harga mobil listrik bekas di Indonesia makin ‘mengkhawatirkan’. Bahkan, penurunan angkanya bisa mencapai 50 persen! Kok bisa, ya?

    Chief Operating Officer (COO) Focus Motor Group, Azka mengatakan, harga mobil listrik baru di Indonesia belakangan makin terjangkau. Itulah mengapa, untuk kendaraan lama, harganya mengalami penurunan.

    “Penjualan (mobil listrik bekas) laku ya di sini, tapi dengan depresiasi harga yang lumayan (besar), bisa 40-50 persen dari harga mobil baru. Karena kami ikut juga diskon dari ATPM,” ujar Azka, dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (28/8).

    Mobil listrik bekas. Foto: Andhika Prasetia

    Azka menjelaskan, depresiasi harga tersebut menjadi kabar baik untuk konsumen mobil listrik bekas. Sebab, mereka bisa menghemat banyak dana ketimbang membeli kendaraan baru.

    “Karena mobil kami habis terus. Seperti dua bulan lalu kami ada stok BYD Seal hampir 100 unit, itu habis karena harga sangat menarik,” kata Azka.

    Diberitakan detikOto sebelumnya, Direktur OLXMobbi Agung Iskandar tak menampik harga jual mobil listrik memang turun sangat tajam. Menurutnya, hal itu terjadi lantaran banyak mobil listrik baru bermunculan.

    “Menurut kami, hal ini menjadi tantangan bagi pemilik mobil listrik yang menjual kembali kendaraannya. Hal ini dikarenakan harga mobil listrik baru yang cenderung turun karena persaingan yang sangat kompetitif,” kata Agung kepada detikOto belum lama ini.

    Sebagai gambaran, harga baru BYD Seal Premium senilai Rp 639 juta dan Seal Performance AWD Rp 750 juta. Namun, satu tahun setelah peluncuran, harga kendaraan tersebut turun Rp 200 jutaan. Kemudian ada Wuling BinguoEV berumur satu tahun yang harga bekasnya Rp 200 jutaan. Padahal harga baru untuk varian tertinggi masih Rp 330 jutaan.

    Kondisi tersebut menurutnya tak seperti harga jual kembali mobil bermesin konvensional yang cenderung stabil. Misalnya untuk Avanza yang berumur satu tahun, harga bekasnya di rentang Rp 230-250 jutaan. Padahal harga barunya juga tak jauh berbeda yakni mulai Rp 240 hingga Rp 280 juta.

    “Harga jual mobil listrik bekas di pasaran saat ini terpantau mengalami tingginya depresiasi, bahkan lebih tinggi dibandingkan mobil hybrid dan mobil konvensional atau non-listrik,” kata dia.

    (sfn/rgr)

  • Manajemen PGN Dirombak, Arief Kurnia Dirut-Wamenkum Eddy Hiariej Komisaris

    Manajemen PGN Dirombak, Arief Kurnia Dirut-Wamenkum Eddy Hiariej Komisaris

    Jakarta

    PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) atau PGN menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang memuat satu mata acara utama, yakni perubahan jajaran direksi dan komisaris. Agenda tersebut disetujui 77,98% suara pemegang saham yang hadir dalam RUPSLB pada Rabu (27/8).

    Dikutip dari Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), RUPSLB menyepakati pengangkatan Arief Kurnia Risdianto sebagai Direktur Utama (Dirut) PGN. Selain itu, RUPSLB juga menyetujui pengangkatan Tony Setia Boedi Hoesodo sebagai Komisaris Utama (Komut) dan Komisaris Independen Perseroan.

    Di jajaran komisaris, terdapat Wakil Menteri dari Kabinet Merah Putih, yakni Edward Omar Sharif Hiariej. Diketahui, pria yang akrab disapa Eddy ini menjabat sebagai Wakil Menteri Hukum (Wamenkum) di pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.

    Kepemimpinan PGN baru ini diharapkan dapat membawa PGN semakin solid dan lincah menghadapi tantangan-tantangan volatilitas perekonomian dan sektor energi, sejalan dengan peran utama Perseroan dalam menyalurkan gas bumi untuk seluruh sektor pelanggan dengan terus memperhatikan prinsip berkelanjutan.

    “Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Dewan Komisaris dan Direksi yang telah mengantarkan PGN untuk mencapai kinerja terbaik dalam beberapa tahun terakhir,” ujar Corporate Secretary PGN, Fajriyah Usman, Kamis (28/8/2025).

    PGN berkomitmen melanjutkan pengembangan infrastruktur gas bumi yang terintegrasi dan menjangkau masyarakat. Inisiatif sejalan langkah dengan bisnis PGN yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah gas bumi bagi negara dan masyarakat.

    “Diversifikasi bisnis gas bumi juga akan terus berkembang untuk mengoptimalkan peran gas bumi dalam rangka percepatan transisi energi menuju Net Zero Emission. Dukungan dari Pemerintah dan seluruh stakeholder akan memperkuat PGN untuk mencapai target-target pemanfaatan gas bumi untuk ketahanan energi nasional,” tutupnya.

    Susunan Komisaris dan Direksi PGN

    Komisaris

    Komisaris Utama dan Komisaris Independen: Tony Setia Boedi Hoesodo
    Komisaris: Edward Omar Sharif Hiariej
    Komisaris: Rambe Kamarulzaman
    Komisaris: Thanon Aria Dewangga
    Komisaris Independen: Conny Lolyta Rumondor
    Komisaris Independen: Widjono Hardjanto

    Direksi

    Direktur Utama: Arief Kurnia Risdianto
    Direktur Keuangan: Catur Dermawan
    Direktur Komersial: Aldiansyah Idham
    Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis: Mirza Mahendra
    Direktur Infrastruktur dan Teknologi: Hery Murahmanta
    Direktur Manajemen Risiko: Eri Surya Kelana
    Direktur SDM dan Penunjang Bisnis: Rachmat Hutama

    Tonton juga Video: Anugerah Ekonomi Hijau: PGN hingga Wuling Sabet Kategori Program Ramah Lingkungan

    (ara/ara)

  • Spesifikasi Wuling Bingo S, Penantang BYD Dolphin Seharga Rp 100 Jutaan

    Spesifikasi Wuling Bingo S, Penantang BYD Dolphin Seharga Rp 100 Jutaan

    Jakarta

    Wuling baru saja memperkenalkan mobil listrik anyarnya, Wuling Bingo S. Mobil ini dijual mulai dari Rp 100 jutaan, dengan daya jangkau hingga 430 km.

    Wuling Bingo S meluncur di China sebagai penantang BYD Dolphin dan Geely Geome Xingyuan. Mobil ini mengisi segmen SUV listrik berukuran kompak dengan daya jangkau yang lumayan jauh.

    SAIC-GM-Wuling di China membuka pra-penjualan Bingo S dengan empat varian. Jarak tempuhnya 325 km sampai 430 km (NEDC). Dikutip Carnewschina, mobil ini ditwarkan dengan harga mulai dari 68.800 yuan atau setara Rp 155 jutaan.

    Spesifikasi Wuling Bingo S

    Dikutip dari data spesifikasi di situs resmi Wuling di China, secara dimensi Wuling Bingo S ini terbilang kompak. Mobil listrik ini punya 4.265 mm, lebar 1.785 mm dan tinggi 1.600 mm dengan jarak sumbu roda 2.610 mm. Berat kosong kendaraan adalah 1.250 kg untuk varian 325 km dan 1325 kg untuk varian 430 km. Mobil listrik ini bisa menampung lima orang penumpang.

    Buat penunjang performanya, Wuling Bingo S dilengkapi dengan baterai lithium iron phosphate (LFP) berkapasitas 31,9 kWh untuk pilihan range 325 km dan 41,9 kWh untuk pilihan range 430 km.

    Motor tipe Permanent magnet synchronous bertugas menggerakkan roda depan. Motor listriknya bisa memuntahkan tenaga hingga 75 kW dengan torsi maksimal 180 Nm. Wuling Bingo S bisa ngebut sampai 150 km/jam.

    Wuling Bingo S Foto: Dok. Wuling

    Untuk pengecasan, tersedia AC charging dan DC fast charging. Wuling Bingo S tipe 325 km hadir dengan charging power AC 3,3 kW, sedangkan yang 430 km memiliki charging power AC 6,6 kW. Dengan charger AC, ngecas dari 20 persen sampai 100 persen butuh waktu 9,5 jam (untuk varian 325 km) dan 6,5 jam (untuk varian 430 km). Sedangkan jika ngecas menggunakan fast charging arus DC di suhu ruangan, dari 30 persen sampai 80 persen cuma butuh waktu 35 menit.

    Desain Eksterior

    Dari segi desain, Wuling Bingo S menghadirkan tampilan depan yang tertutup khas mobil listrik. Terdapat lampu depan bundar dan ventiliasi trapesium di bagian bawah. Di belakang, ada lampu rem tengah atas dan lampu belakang tipe tembus.

    Bagian samping dilengkapi dengan desain atap mengambang, gagang pintu konvensional, dan velg 16 inci. Konsumen dapat memilih dari empat pilihan warna eksterior: abu-abu, biru, ungu, dan putih.

    Wuling Bingo S Foto: Dok. WulingInterior

    Beralih ke interior, kabinnya tersedia dalam warna cokelat dan putih. Kokpit dilengkapi panel instrumen LCD penuh 8,8 inci, setir multifungsi tiga palang dua warna, dan head unit layar sentuh 12,8 inci, dilengkapi ventilasi AC memanjang yang membentang di dasbor.

    Wuling Bingo S Foto: Dok. Wuling

    Bagian dalam Wuling Bingo S memiliki 25 slot penyimpanan. Bagasi dapat diperluas hingga 1.450 L dengan kursi belakang dilipat.

    Konfigurasi lainnya termasuk pengisian daya nirkabel 50 W untuk ponsel, kursi pengemudi yang dapat diatur secara manual 6 arah, kursi penumpang depan yang dapat diatur secara manual 4 arah, asisten suara AI, enam speaker, keyless entry, dan remote control melalui ponsel.

    Harga Wuling Bingo S

    Berikut daftar harga pre-sale Wuling Bingo S di China:

    325km Premium Edition: 68.800 yuan (Rp 155,9 jutaan)325km Flagship Edition: 75.800 yuan (Rp 171,8 jutaan)430km Premium Edition: 75.800 yuan (Rp 171,8 jutaan)430km Flagship Edition: 81.800 yuan (Rp 185,4 jutaan).

    (rgr/din)

  • Harga Rp 100 Jutaan, Bisa Tempuh 430 Km

    Harga Rp 100 Jutaan, Bisa Tempuh 430 Km

    Jakarta

    Wuling resmi meluncurkan harga mobil listrik terbarunya, Wuling Bingo S. Mobil listrik penantang BYD Dolphin itu dijual dengan harga pre-sale mulai dari Rp 155 jutaan.

    Wuling Bingo S meluncur di China. SAIC-GM-Wuling membuka pra-penjualan SUV listrik kompak Wuling Bingo S itu dengan empat varian. Jarak tempuhnya 325 km sampai 430 km. Dikutip Carnewschina, mobil ini ditawarkan dengan harga mulai dari 68.800 yuan atau setara Rp 155 jutaan.

    Dari segi desain, Wuling Bingo S menghadirkan tampilan depan yang tertutup khas mobil listrik. Terdapat lampu depan bundar dan ventilasi trapesium di bagian bawah. Di belakang, ada lampu rem tengah atas dan lampu belakang tipe tembus.

    Wuling Bingo S Foto: Carnewschina

    Bagian samping dilengkapi dengan desain atap mengambang, gagang pintu konvensional, dan velg 16 inci. Konsumen dapat memilih dari empat pilihan warna eksterior: abu-abu, biru, ungu, dan putih.

    Secara dimensi, Wuling Bingo S memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.785 mm dan tinggi 1.600 mm dengan jarak sumbu roda 2610 mm. Berat kosong kendaraan adalah 1.250 kg untuk varian 325 km dan 1325 kg untuk varian 430 km.

    Wuling Bingo S ditenagai motor permanent magnet synchronous yang menggerakkan roda depan. Tenaga maksimalnya mencapai 75 kW dengan torsi maksimal 180 Nm. Sumber energinya disuplai oleh baterai lithium iron phosphate (LFP) berkapasitas 31,9 kWh dan 41,9 kWh. Versi 31,9 kWh bisa menjangkau jarak 325 km (CLTC) dan yang 41,9 kWh bisa mencapai 430 km (CLTC). Kecepatan tertingginya adalah 150 km/jam.

    Dengan pengisian cepat DC, dibutuhkan waktu 35 menit untuk mengisi ulang baterai dari 30% hingga 80%. Pengisian daya lambat AC membutuhkan waktu 9,5 jam dan 6,5 jam untuk mengisi ulang daya dari 20% hingga 100%.

    Wuling Bingo S Foto: Dok. Wuling

    Beralih ke interior, kabinnya tersedia dalam warna cokelat dan putih. Kokpit dilengkapi panel instrumen LCD penuh 8,8 inci, setir multifungsi tiga palang dua warna, dan head unit layar sentuh 12,8 inci, dilengkapi ventilasi AC memanjang yang membentang di dasbor.

    Bagian dalam Wuling Bingo S memiliki 25 slot penyimpanan. Bagasi dapat diperluas hingga 1.450 L dengan kursi belakang dilipat.

    Wuling Bingo S Foto: Dok. Wuling

    Konfigurasi lainnya termasuk pengisian daya nirkabel 50 W untuk ponsel, kursi pengemudi yang dapat diatur secara manual 6 arah, kursi penumpang depan yang dapat diatur secara manual 4 arah, asisten suara AI, enam speaker, keyless entry, dan remote control melalui ponsel.

    Berikut daftar harga pre-sale Wuling Bingo S di China:

    325km Premium Edition: 68,800 yuan (Rp 155,9 jutaan)325km Flagship Edition: 75,800 yuan (Rp 171,8 jutaan)430km Premium Edition: 75,800 yuan (Rp 171,8 jutaan)430km Flagship Edition: 81,800 yuan (Rp 185,4 jutaan).

    (rgr/din)

  • GIIAS Surabaya Berlangsung 27 Agustus 2025 Turut Diramaikan 7 Brand Pendatang Baru

    GIIAS Surabaya Berlangsung 27 Agustus 2025 Turut Diramaikan 7 Brand Pendatang Baru

    JAKARTA – Pameran akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan berlanjut ke Kota Pahlawan, dan akan berlangsung pada 27 hingga 31 Agustus 2025 di Grand City Convex, Surabaya.

    Selama satu dekade, Surabaya konsisten menjadi tuan rumah GIIAS The Series, kehadiran GIIAS Surabaya telah menjadi bagian penting dalam memperkenalkan inovasi industri otomotif Indonesia kepada masyarakat Jawa Timur.

    Sekretaris Umum GAIKINDO, Kukuh Kumara, menegaskan bahwa penyelenggaraan GIIAS di Surabaya menjadi bagian dari upaya memperluas jangkauan industri otomotif nasional, dengan menyoroti potensi strategis Jawa Timur dalam mendorong pertumbuhan industri di tengah berbagai tantangan yang dihadapi.

    “Jawa Timur dan Surabaya secara khusus, memiliki potensi pasar yang sangat besar dan strategis bagi pertumbuhan industri otomotif nasional,” katanya, dalam keterangan resminya yang diterima, Rabu, 20 Agustus.

    Lebih lanjut ia mengatakan, data pesebaran kendaraan secara nasional dimana Jawa Timur selalu masuk dalam tiga besar, dan bahkan di tengah berbagai tantangan yang tengah dihadapi industri otomotif nasional, pada periode Januari hingga Mei 2025, dengan kontribusi sebesar 9,5 persen dari total penjualan, Jawa Timur kembali berada di posisi tiga.

    “Sehingga melalui GIIAS Surabaya 2025, GAIKINDO ingin terus memaksimalkan potensi yang dimiliki Jawa Timur, mendorong kontribusinya untuk capaian industri otomotif Indonesia,” ujar Kukuh.

    Pada pameran tersebut nantinya akan ada tujuh merek baru dan totalnya 30 merek kendaraan bermotor, mencakup 21 merek kendaraan penumpang, antara lain AION, BAIC, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Denza, Geely, GWM, Honda, Jaecoo, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Seres, Suzuki, Toyota, Vinfast dan Wuling.

    Untuk kategori kendaraan komersial, DFSK akan turut berpartisipasi. Sementara itu, delapan merek kendaraan roda dua juga akan hadir, yaitu Aprilia, Kupprum, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, Scomadi, Umited E-Motor, dan Vespa.

    Tujuh di antara total mereka kendaraan bermotor yang berpartisipasi merupakan merek baru yang untuk pertama kalinya hadir di GIIAS Surabaya, yaitu dari kendaraan penumpang terdapat AION, BAIC, Denza, Geely, GWM, dan Jaecoo. Selain itu, sebanyak 14 merek dari industri pendukung juga dipastikan akan meramaikan penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2025.

    Menariknya, sejumlah merek kendaraan tersebut akan membawa serta berbagai model kendaraan terbaru yang sebelumnya telah diluncurkan pada the 32nd GIIAS 2025, Juli lalu di BSD Tangerang.

    Kehadiran kendaraan-kendaraan baru ini akan menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung GIIAS Surabaya, yang kini juga berkesempatan melihat langsung serta mengeksplorasi inovasi dan teknologi terkini dari industri otomotif.

    “Partisipasi merek-merek kendaraan baru di GIIAS Surabaya tahun ini menunjukkan besarnya kepercayaan pelaku industri terhadap pasar Jawa Timur. Kehadiran mereka tidak hanya memperluas pilihan kendaraan bagi masyarakat, tetapi juga sejalan dengan semangat GAIKINDO untuk terus memperkuat kontribusi industri otomotif nasional melalui inovasi dan teknologi terbaru,” pungkas Kukuh.

  • 150 Mobil Listrik Aletra yang Diborong Jusuf Hamka Dipakai Buat Ini

    150 Mobil Listrik Aletra yang Diborong Jusuf Hamka Dipakai Buat Ini

    Jakarta

    Bos jalan tol Jusuf Hamka diketahui memborong 150 unit mobil listrik merek asli Indonesia, Aletra. Mobil-mobil itu bukan digunakan buat kebutuhan pribadi, melainkan buat operasional perusahaannya.

    PT Aletra Mobil Nusantara resmi melakukan serah terima perdana Aletra L8 EV rakitan lokal untuk pengusaha jalan tol Jusuf Hamka. Seremoni serah terima ini berlangsung di kantor PT Citra Marga Nusaphala Persada di Jakarta. Ini sekaligus menjadi tanda dimulainya distribusi Aletra L8 EV kepada semua konsumen di seluruh Indonesia.

    Proses pemesanan Aletra L8 EV sendiri sudah dilakukan Jusuf sejak akhir tahun lalu, tepatnya pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW), 2024. Menariknya, pria yang akrab disapa Babah Alun tersebut langsung memesan 150 unit mobil listrik Aletra L8 EV.

    Aletra resmi serahkan unit L8 EV kepada bos jalan tol Jusuf Hamka Foto: Dok. Aletra

    Ratusan kendaraan ramah lingkungan tersebut akan digunakan sebagai kendaraan operasional kantor. Sebelumnya Jusuf diketahui sudah pernah membeli mobil listrik dalam jumlah besar untuk kendaraan operasional kantor, seperti Wuling Air ev, BinguoEV, dan Cloud EV.

    Adapun pertimbangan Jusuf memilih Aletra L8 EV lantaran mobil ini menawarkan kabin yang luas dan performa mumpuni. Selain itu, mobil yang kini dirakit lokal di PT Handal Indonesia Motor, Purwakarta, Jawa Barat, itu juga memiliki jarak tempuh yang lumayan jauh.

    “Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia semakin pesat, ini perlu didukung ekosistem yang nyata. Saya memilih Aletra L8 EV karena tak hanya menawarkan kabin luas dan kenyamanan, juga performa yang bagus buat segala medan, tapi juga karena efisiensi yang dihasilkan dari tenaga baterainya yang tahan lama. Saya harap langkah ini dapat mendukung perluasan mobilitas hijau di Indonesia, sekaligus mendukung perkembangan Aletra sebagai brand mobil listrik yang lahir di Indonesia,” kata Jusuf Hamka yang menjabat sebagai penasihat PT Citra Marga Nusaphala Persada, dalam keterangan resmi yang diterima detikOto.

    Peluncuran perdana Aletra L8 EV menandai langkah baru pengembangan kendaraan listrik produksi lokal di Indonesia. Model MPV listrik ini menyasar pasar kendaraan keluarga yang kian melirik opsi ramah lingkungan. Foto: Rifkianto Nugroho

    Sebagai informasi, Aletra L8 EV merupakan MPV listrik berkonfigurasi captain seat dan 8 seater. Mobil ini dilengkapi motor listrik bertenaga tinggi dengan jarak tempuh hingga 540 km dalam sekali pengisian dengan baterai kapasitas 64,74 kWh.

    Aletra L8 EV juga dilengkapi kabin dan bagasi yang luas, fitur panoramic roof, kamera 360 derajat, serta active comfort suspension. Kendaraan ini tersedia dalam tiga pilihan warna elegan, Silk White, Titanium Grey, dan Onyx Black.

    “Penyerahan unit perdana AletraL8 EV ini menjadi babak baru perjalanan Aletra di Indonesia. Kepercayaan yang diberikan Bapak Jusuf Hamka, sebagai salah satu pelecut semangat kami, memperkuat keyakinan bahwa visi Aletra untuk menghadirkan kendaraan listrik multifungsi yang nyaman, aman, dan sesuai karakter jalan serta iklim Indonesia dapat terwujud. Dengan dimulainya distribusi kepada seluruh konsumen, kami optimis Aletra akan terus berperan aktif dalam mendorong mobilitas hijau dan membangun ekosistem EV berkelanjutan di tanah air,” bilang Andre Jodjana selaku CEO PT Aletra Mobil Nusantara.

    (lua/dry)

  • Spesifikasi Wuling Bingo S, Penantang BYD Dolphin Seharga Rp 100 Jutaan

    Bingo S, Senjata Baru Wuling buat ‘Bungkam’ BYD

    Jakarta

    Wuling menyiapkan senjata baru buat melawan dominasi BYD di segmen mobil listrik. Di China, Wuling menyiapkan SUV compact listrik terbaru, Wuling Bingo S.

    Baru-baru ini, seperti dikutip Carnewschina, Wuling merilis tampilan interior Wuling Bingo S. Kemungkinan, mobil listrik terbaru Wuling itu akan meluncur pada kuartal ketiga tahun ini di China.

    Wuling Bingo S menggunakan embel-embel ‘S’ yang berarti ‘Shift’. Menurut Wuling, nama itu mewakili transisi mulus menuju gaya hidup yang semarak.

    Wuling Bingo S Foto: Carnewschina

    Dari segi eksterior, Wuling Bingo S menawarkan empat pilihan warna yaitu Relaxed Grey, Free Blue, Leisure Purple, dan Blank White. Kendaraan ini mengadopsi “Flowing Light Design Aesthetic,” yang ditandai dengan gril depan tertutup yang diapit oleh kluster lampu depan LED “sayap terbang” yang membulat namun bersudut.

    Dari segi dimensi, Wuling Bingo S memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.785 mm, dan tinggi 1.600 mm, dengan jarak sumbu roda 2.610 mm. Dengan dimensi itu, Wuling Bingo S diklasifikasikan sebagai SUV kompak.

    Bingo S ditenagai oleh satu motor listrik tunggal yang menghasilkan daya maksimum 75 kW. Mobil ini akan ditawarkan dengan dua pilihan baterai: 31,9 kWh dan 41,9 kWh, yang masing-masing memberikan jangkauan berkendara listrik murni sejauh 325 km dan 430 km (berdasarkan CLTC).

    Di bagian interior, Wuling Bingo S menawarkan tata letak kokpit yang sederhana. Pelanggan akan memiliki pilihan dua skema warna interior: putih dan cokelat. Kabin dilengkapi dengan kluster instrumen LCD lengkap berukuran 8,88 inci dan layar head unit 12,8 inci yang menonjol.

    Wuling Bingo S menawarkan 25 kompartemen penyimpanan di seluruh kabin. Konsol tengah dilengkapi dengan tempat cangkir ganda yang fleksibel. Terdapat konsol dengan bantalan wireless charger buat ponsel di tengahnya. Wireless charger berdaya 50 kW itu sudah dilengkapi dengan pendingin udara.

    Wuling Bingo S akan bersaing dengan mobil listrik populer lain seperti Geely Geome Xingyuan dan BYD Dolphin. Kedua penantang Wuling Bingo S itu merupakan mobil listrik terlaris di China.

    (rgr/dry)

  • Pakai Baterai LFP, Harga Cuma Rp 80 Jutaan

    Pakai Baterai LFP, Harga Cuma Rp 80 Jutaan

    Jakarta

    Produsen otomotif asal China berlomba-lomba menghadirkan mobil listrik yang murah meriah. Kali ini, Geely menghadirkan mobil listrik mungil yang harganya terjangkau.

    Dikutip Carnewschina, Geely Livan Auto merilis gambar pertama dari kendaraan listrik mikro terbarunya. Mobil listrik kecil itu namanya Livan Smurh. Mobil ini diposisikan sebagai kendaraan listrik perkotaan yang ringkas.

    Livan Smurf memiliki powertrain motor listrk tunggal. Meski harganya murah, baterainya nggak sembarangan, mobil ini dilengkapi dengan paket baterai Lithium Iron Phosphate (LFP). Di China, Livan Smurf akan bersaing dengan Wuling Hongguang Mini EV, Chery QQ Icecream dan Bestune Pony.

    Livan Smurf menawarkan desain kotak kecil yang ringkas. Fascia depannya ditandai dengan gril yang sempit dan tertutup yang dilengkapi dengan lampu depan “Forest Spirit Eye”. Mata besar dipasangkan dengan bumper depan berwarna perak, menciptakan efek visual tersenyum. Port pengisian daya terletak di tengah bagian depan kendaraan.

    Dari samping, Smurf mempertahankan profil yang datar. Mobil ini ditawarkan dengan pilihan warna bodi dual-tone dan single-tone. Kendaraan baru ini dilengkapi dengan velg alloy Vibrant Pinwheel berukuran 14 inci.

    Mobil Listrik Murah Livan Smurf Foto: Dok. Livan

    Di bagian interior, Livan Smurf menghadirkan estetika yang sederhana. Interiornya menawarkan tiga pilihan warna: Sakura Pink, Castle Grey, dan Forest Green. Fitur-fitur praktis meliputi setir dua palang, tuas transmisi putar, serta headunit bergaya floating (mengambang).

    Mobil Listrik Murah Livan Smurf Foto: Dok. Livan

    Secara dimensi, Livan Smurf memiliki panjang 3.100 mm, lebar 1.558 mm, dan tinggi 1.610 mm, dengan jarak sumbu roda 2.015 mm. Berat kosongnya 815 kg dan berat kotor kendaraan 1.125 kg.

    Dibangun dengan konstruksi unibody, Livan Smurf memiliki overhang depan dan belakang masing-masing 553 mm dan 532 mm. Ukuran bannya 155/65R14, dan kendaraan ini dilengkapi dengan rem ABS untuk meningkatkan keselamatan.

    Livan Smurf ditenagai oleh motor listrik tunggal dengan daya maksimum 30 kilowatt (40 hp). Motor ini memungkinkan kendaraan mencapai kecepatan tertinggi 100 km/jam.

    Geely Livan Auto belum merilis daya jangkau dan harga resmi dari Livan Smurf. Namun diperkirakan, mobil ini akan dijual di bawah 36.000 yuan (Rp 81 juta).

    (rgr/din)

  • Harga Mobil Listrik Bekas Terjun Bebas, Hybrid Lebih Oke

    Harga Mobil Listrik Bekas Terjun Bebas, Hybrid Lebih Oke

    Jakarta

    Mobil listrik bekas belum banyak dicari orang Indonesia. Kebanyakan masih mencari mobil bermesin konvensional atau mobil hybrid, yang membuat depresiasi dua jenis kendaraan ini lebih baik.

    Mobil listrik tengah naik daun di Indonesia. Popularitasnya belakangan terus menanjak seiring dengan kehadiran banyak model baru. Di pasar mobil baru, deretan mobil listrik itu berlomba-lomba memikat hati masyarakat Indonesia. Tapi nyatanya di pasar mobil bekas kondisinya berbeda.

    Direktur OLXMobbi Agung Iskandar mengungkap bahwa mobil listrik bekas memang belum banyak dicari. Di laman iklan baris OLX, pencariannya kalah populer dengan mobil bermesin konvensional.

    “Meskipun ada kenaikan transaksi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, namun ketertarikan tersebut belum sebanding dengan mobil berbahan bakar minyak,” terang Agung kepada detikOto melalui pesan elektronik belum lama ini.

    Meski begitu, Agung mengungkap potensi kenaikan minat akan mobil listrik bekas dalam beberapa tahun ke depan. Harga mobil listrik bekas pun diprediksi jadi lebih terjangkau. Saat minat akan mobil listrik bekas itu meningkat, mobil bermesin konvensional tetap akan diminati.

    “Kami menilai mungkin 3-5 tahun ke depan, keinginan masyarakat untuk membeli mobil listrik bekas akan terus meningkat, seiring dengan asumsi harga yang lebih terjangkau bahwa infrastruktur sudah lebih mapan,” lanjut Agung.

    Di pasar mobil baru, banyak mobil listrik bermunculan. Tapi di pasar mobil bekas, hanya beberapa model yang populer antara lain Hyundai Ioniq 5 dan juga Wuling Air ev. Soal harga jual, mobil listrik bekas memang tak sebaik mobil bermesin konvensional. Harga mobil listrik bekas yang terjun bebas itu tak lepas dari banyaknya mobil listrik baru bermunculan.

    “Harga jual mobil listrik bekas di pasaran saat ini terpantau mengalami tingginya depresiasi, bahkan lebih tinggi dibandingkan mobil hybrid dan mobil konvensional atau non-listrik,” pungkas Agung.

    (dry/din)