brand merek: Vivo

  • Siap-Siap! 9.000 Pemilik HP Mahal Ini Bakal Kena Blokir IMEI

    Siap-Siap! 9.000 Pemilik HP Mahal Ini Bakal Kena Blokir IMEI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah Indonesia serius melarang beredarnya iPhone 16 di dalam negeri. Kementerian Perindustrian bahkan bersiap memblokir iPhone 16 yang diperdagangkan di dalam negeri, bahkan dengan cara tidak membolehkan aktivasi IMEI.

    Oleh sebab itu, warga RI pemilik iPhone 16 yang dibeli dari ecommerce atau lewat jasa penitipan dari luar negeri harus siap-siap merelakan HP barunya tak bisa digunakan. IMEI atau International Mobile Equipment Identity, adalag kode unik yang berfungsi sebagai identitas perangkat telekomunikasi bergerak seperti handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT).

    Meski iPhone 16 sudah dilarang peredarannya di dalam negeri, Kementerian Perindustrian atau Kemenperin memperkirakan sekitar 9.000 unit Produk seri HP terbaru buatan Apple itu sudah dibawa masuk ke wilayah Indonesia sejak peluncurannya di Amerika Serikat.

    Kemenperin pun memastikan akan memproses secara hukum pihak-pihak yang mengiklankan seri iPhone 16 di online marketplace karena diduga melanggar pasal 35 Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran.

    Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif mengatakan, seri iPhone 16 yang dibawa penumpang sebetulnya masuk secara legal, namun menjadi ilegal ketika diperjualbelikan di dalam negeri.

    “Hal ini karena sudah tidak sesuai dengan tujuan peruntukkan ketika memproses perizinan masuknya ponsel tersebut ke Indonesia, yakni untuk pemakaian sendiri,” ucapnya dikutip dari siaran pers, Sabtu (9/11/2024)

    “Oleh karena itu kami mempertimbangkan menonaktifkan IMEI seri iPhone 16 yang masuk melalui barang bawaan penumpang dan jika terbukti diperjualbelikan di Indonesia,” tegas Febri.

    Febri menegaskan selama ini Apple sudah diberikan ruang untuk mengimpor dan menjual produk HP dan tablet dengan syarat merealisasikan investasinya di Indonesia dengan serius. Sebanyak 3,8 juta unit produk Apple diimpor ke Indonesia selama 2023 dan 2024.

    Febri mengatakan, jika diasumsikan perangkat elektronik Apple tersebut rata-rata dijual dengan harga Rp 5 juta/unit di dalam negeri, maka nilai penjualan untuk satu tahun mencapai Rp 19 triliun, jauh lebih tinggi lagi jika ditambah dengan impor dan penjualan produk HKT mereka sejak 2016.

    “Ironisnya, dengan nilai penjualan sangat tinggi tersebut, mereka sangat sulit untuk merealisasikan 100% komitmen investasi senilai Rp 1,7 triliun selama 8 tahun di Indonesia,” kata Febri.

    iPhone adalah satu-satunya produk HP berteknologi 4G yang masih diimpor. HP buatan produsen lain termasuk Samsung, Oppo, Vivo, dan Xiaomi sepenuhnya dirakit di Indonesia untuk memenuhi ketentuan kandungan lokal minimum (TKDN).

    Apple diizinkan menjual iPhone tanpa membuka fasilitas produksi di Indonesia karena menggunakan skema pemenuhan TKDN jalur investasi, yaitu lewat pembukaan pusat pelatihan Apple Academy. Namun, izin tersebut sudah kadaluarsa. Apple harus menambah investasi jika ingin kembali mengimpor dan menjual iPhone 16 di Indonesia.

    (mkh/mkh)

  • Siap-Siap! 9.000 Pemilik HP Mahal Ini Bakal Kena Blokir IMEI

    Siap-Siap! 9.000 Pemilik iPhone 16 Bakal Kena Blokir IMEI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah Indonesia serius melarang beredarnya iPhone 16 di dalam negeri. Kementerian Perindustrian bahkan bersiap memblokir iPhone 16 yang diperdagangkan di dalam negeri, bahkan dengan cara tidak membolehkan aktivasi IMEI.

    Oleh sebab itu, warga RI pemilik iPhone 16 yang dibeli dari ecommerce atau lewat jasa penitipan dari luar negeri harus siap-siap merelakan HP barunya tak bisa digunakan. IMEI atau International Mobile Equipment Identity, adalag kode unik yang berfungsi sebagai identitas perangkat telekomunikasi bergerak seperti handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT).

    Meski iPhone 16 sudah dilarang peredarannya di dalam negeri, Kementerian Perindustrian atau Kemenperin memperkirakan sekitar 9.000 unit Produk seri HP terbaru buatan Apple itu sudah dibawa masuk ke wilayah Indonesia sejak peluncurannya di Amerika Serikat.

    Kemenperin pun memastikan akan memproses secara hukum pihak-pihak yang mengiklankan seri iPhone 16 di online marketplace karena diduga melanggar pasal 35 Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran.

    Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif mengatakan, seri iPhone 16 yang dibawa penumpang sebetulnya masuk secara legal, namun menjadi ilegal ketika diperjualbelikan di dalam negeri.

    “Hal ini karena sudah tidak sesuai dengan tujuan peruntukkan ketika memproses perizinan masuknya ponsel tersebut ke Indonesia, yakni untuk pemakaian sendiri,” ucapnya dikutip dari siaran pers, Sabtu (9/11/2024)

    “Oleh karena itu kami mempertimbangkan menonaktifkan IMEI seri iPhone 16 yang masuk melalui barang bawaan penumpang dan jika terbukti diperjualbelikan di Indonesia,” tegas Febri.

    Febri menegaskan selama ini Apple sudah diberikan ruang untuk mengimpor dan menjual produk HP dan tablet dengan syarat merealisasikan investasinya di Indonesia dengan serius. Sebanyak 3,8 juta unit produk Apple diimpor ke Indonesia selama 2023 dan 2024.

    Febri mengatakan, jika diasumsikan perangkat elektronik Apple tersebut rata-rata dijual dengan harga Rp 5 juta/unit di dalam negeri, maka nilai penjualan untuk satu tahun mencapai Rp 19 triliun, jauh lebih tinggi lagi jika ditambah dengan impor dan penjualan produk HKT mereka sejak 2016.

    “Ironisnya, dengan nilai penjualan sangat tinggi tersebut, mereka sangat sulit untuk merealisasikan 100% komitmen investasi senilai Rp 1,7 triliun selama 8 tahun di Indonesia,” kata Febri.

    iPhone adalah satu-satunya produk HP berteknologi 4G yang masih diimpor. HP buatan produsen lain termasuk Samsung, Oppo, Vivo, dan Xiaomi sepenuhnya dirakit di Indonesia untuk memenuhi ketentuan kandungan lokal minimum (TKDN).

    Apple diizinkan menjual iPhone tanpa membuka fasilitas produksi di Indonesia karena menggunakan skema pemenuhan TKDN jalur investasi, yaitu lewat pembukaan pusat pelatihan Apple Academy. Namun, izin tersebut sudah kadaluarsa. Apple harus menambah investasi jika ingin kembali mengimpor dan menjual iPhone 16 di Indonesia.

    (mkh/mkh)

  • Oppo Bersaing Ketat, Pengiriman Smartphone ke RI Naik Kuartal III/2024

    Oppo Bersaing Ketat, Pengiriman Smartphone ke RI Naik Kuartal III/2024

    Bisnis.com, JAKARTA – Jumlah pengiriman ponsel pintar atau smartphone ke pasar Indonesia mengalami pertumbuhan pada kuartal III/2024 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu dengan Xiaomi menjadi pemuncak klasemen diisusul Oppo pada urutan kedua.

    Laporan Counterpoint Research mencatat, pengiriman ponsel pintar di Indonesia meningkat sebesar 4% secara tahunan (year-on-year/yoy).

    Peningkatan pengiriman ponsel tersebut sejalan dengan kinerja konsumsi rumah tangga RI yang tetap stabil, terutama di kalangan konsumen kelas menengah atas. 

    Di samping itu, para produsen ponsel atau Original Equipment Manufacturer (OEM) dan distributor RI juga disebut gencar melakukan promosi selama kuartal III/2024, terlebih menjelang perayaan Hari Kemerdekaan dan liburan sekolah. 

    Kemudian, didorong juga oleh OEM dan pengecer, seperti OPPO, vivo, Xiaomi, Blibli dan Erajaya, terus memperluas jangkauan saluran mereka, menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih baik kepada konsumen.

    Berdasarkan produknya, Xiaomi memimpin pasar sepanjang Kuartal III/2024 dengan pangsa pengiriman mencapai 19%. 

    OEM tersebut terus berfokus pada segmen pasar massal, memimpin segmen entry-level dengan pangsa 25% selama kuartal tersebut, yang tumbuh 19% yoy. 

    Selain itu, seri Xiaomi 14T yang baru mendorong pertumbuhan merek tersebut sebesar 51% YoY di segmen kelas atas atau high end dengan kisaran Rp6 juta hingga Rp9 jutaan.

    Sementara itu, pengiriman smartphone Oppo tumbuh 2% duduk bertahan di posisi kedua dengan pangsa pasar mencapai 18%. OEM tersebut memimpin segmen kelas menengah atau mid range dan high end, yang mencerminkan strateginya untuk fokus pada segmen harga menengah dan kelas atas. 

    Pertumbuhan OPPO yang kuat di segmen harga menengah (Rp3 juta – Rp6 juta) didorong oleh model A60 dan seri A3 Pro dan Reno12 F yang baru diluncurkan.

    Sementara itu, segmen premium mengalami pertumbuhan yang signifikan sebesar 17% secara tahunan pada kuartal III 2024. Hal ini didorong oleh performa apik Samsung yang berhasil menguasai 42% pangsa pasar dan mencatatkan pertumbuhan sebesar 87% secara tahunan di segmen ini. 

    Peluncuran seri Galaxy Z Fold6, Flip6, serta Galaxy S24 FE menjadi faktor kunci di balik kesuksesan Samsung dalam mendominasi pasar ponsel pintar kelas atas.

    Kemudian, seiring dengan makin populernya ponsel pintar 5G di Indonesia, pasar ponsel ini tercatat tumbuh 15% secara tahunan. Di mana, segmen harga menengah mendominasi pasar 5G, menyumbang 65% dari total pengiriman. OPPO berhasil menjadi pemimpin pasar dengan pertumbuhan paling pesat di segmen ini.

    Sejalan dengan hal itu, Febriman Abdillah, seorang analis senior, memperkirakan penjualan smartphone RI akan meningkat pada akhir tahun ini. Hal ini didorong oleh musim liburan dan semakin populernya fitur kecerdasan buatan pada ponsel pintar.

    “Kita dapat memperkirakan pasar ponsel pintar akan tumbuh pada Q4 2024 mengingat musim liburan ketika OEM dan pengecer meluncurkan program promosi. Fitur AI secara bertahap mendapatkan dukungan pelanggan dan kita mungkin akan melihat lebih banyak model ponsel pintar AI baru di pasar.” Jelasnya dilansir dari counterpointresearch.com, Sabtu (9/11/2024).

  • Siap-Siap! 9.000 Pemilik HP Mahal Ini Bakal Kena Blokir IMEI

    RI Blokir IMEI iPhone 16, Pemilik HP Ini Bakal Kena

    Jakarta, CNBC Indonesia – Konsumen smartphone terbaru dari Apple iPhone 16 di Indonesia tampaknya harus semakin bersabar. Tidak hanya belum mendapat restu untuk diperjualbelikan, tapi juga ada ancaman pemblokiran IMEI.

    Kementerian Perindustrian bersiap memblokir iPhone 16 yang diperdagangkan di dalam negeri. Dengan demikian, warga RI yang memiliki iPhone 16 baik yang dibeli dari ecommerce atau lewat jasa penitipan dari luar negeri harus siap-siap merelakan HP barunya tak bisa digunakan.

    Kemenperin memperkirakan sekitar 9.000 unit iPhone 16 dibawa masuk ke wilayah Indonesia sejak peluncurannya di Amerika Serikat. Produk seri HP terbaru buatan Apple tersebut padahal tidak diizinkan diperjualbelikan di Indonesia.

    Selain itu, Kemenperin akan memproses secara hukum pihak-pihak yang mengiklankan seri iPhone 16 di online marketplace karena patut diduga melanggar pasal 35 Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran.

    “Seri iPhone 16 yang dibawa penumpang masuk secara legal, namun menjadi ilegal jika diperjualbelikan di dalam negeri. Hal ini karena sudah tidak sesuai dengan tujuan peruntukkan ketika memproses perizinan masuknya ponsel tersebut ke Indonesia, yakni untuk pemakaian sendiri. Oleh karena itu kami mempertimbangkan menonaktifkan IMEI seri iPhone 16 yang masuk melalui barang bawaan penumpang dan jika terbukti diperjualbelikan di Indonesia,” jelas Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif dalam siaran pers yang diterima CNBC Indonesia, beberapa waktu lalu.

    Febri menegaskan selama ini Apple sudah diberikan ruang untuk mengimpor dan menjual produk HP dan tablet. Sebanyak 3,8 juta unit produk Apple diimpor ke Indonesia selama 2023 dan 2024.

    “Jika diasumsikan perangkat elektronik Apple tersebut rata-rata dijual dengan harga Rp5 juta/unit di dalam negeri, maka nilai penjualan untuk satu tahun mencapai Rp19 triliun dan tentu jauh lebih tinggi lagi jika ditambah dengan impor dan penjualan produk HKT mereka sejak tahun 2016. Ironisnya, dengan nilai penjualan sangat tinggi tersebut, mereka sangat sulit untuk merealisasikan 100% komitmen investasi senilai Rp 1,7 triliun selama 8 tahun di Indonesia,” jelas Febri.

    Selama ini, iPhone adalah satu-satunya produk HP berteknologi 4G yang masih diimpor. HP buatan produsen lain termasuk Samsung, Oppo, Vivo, dan Xiaomi sepenuhnya dirakit di Indonesia untuk memenuhi ketentuan kandungan lokal minimum (TKDN).

    Apple diizinkan menjual iPhone tanpa membuka fasilitas produksi di Indonesia karena menggunakan skema pemenuhan TKDN jalur investasi, yaitu lewat pembukaan pusat pelatihan Apple Academy. Namun, izin tersebut sudah kadaluarsa. Apple harus menambah investasi jika ingin kembali mengimpor dan menjual iPhone 16 di Indonesia.

    (dce)

  • Pesaing iPhone 16 Pro Harga Lebih Murah

    Pesaing iPhone 16 Pro Harga Lebih Murah

    FotoINET

    Adi Fida Rahman – detikInet

    Sabtu, 09 Nov 2024 10:02 WIB

    Jakarta – Vivo X200 Pro Mini mencuri perhatian berkat desain compact, performa gahar dan kamera canggih. Jadi pesaing berat iPhone 16 Pro harga lebih murah.

  • iPhone 16 Terganjal TKDN, Ini HP dengan Kandungan Lokal Tertinggi

    iPhone 16 Terganjal TKDN, Ini HP dengan Kandungan Lokal Tertinggi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Nasib seri iPhone 16 untuk berjualan di Indonesia belum pasti. Penjualan tersebut terganjal dengan sertifiksi TKDN yang dimiliki Apple habis masa berlakunya dan belum diperpanjang.

    TKDN wajib dipenuhi oleh perangkat yang mau dijual di Indonesia. Pemerintah sendiri memiliki batas tingkatan TKDN yang harus dipenuhi.

    Berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo No 13 tahun 2021, batas minimal TKDN mencapai 35%. Angka tersebut naik dari 30% pada Peraturan Menkominfo no 27/2015.

    Sebenarnya ada wacana menaikkan batas TKDN menjadi 40%. Namun belum ada aturan resmi pengganti Permenkominfo no.13/2021.

    Meski begitu sejumlah perangkat sudah memenuhi lebih dari 40%. Misalnya sejumlah produk Samsung seperti Galaxy A25 5G, Galaxy A35 5G, Galaxy A55 5G, dan Galaxy Tab A9 LTE sudah mencapai 40,3%, berdasarkan laman resmi Samsung Indonesia.

    Selain itu, pantauan dari laman resmi Kemenperin, Xiaomi Redmi A1 juga mengantongi sertifikasi TKDN 40,3%. Sementara itu beberapa perangkat Xiaomi mayoritas telah memenuhi TKDN berkisar 36-38%, atau lebih dari batas minimal yang ditetapkan pemerintah.

    Begitu juga dengan Oppo yang sudah memenuhi aturan, misalnya Find N3 5G telah meraup TKDN 37%. Hal sama juga terjadi pada Vivo, salah satunya V30 Lite telah meraih 36,93%.

    Semua merek HP di atas telah memiliki fasilitas manufaktur di Indonesia, termasuk menggunakan aplikasi buatan lokal untuk memenuhi ketentuan TKDN.

    Apple adalah satu-satunya yang memenuhi syarat TKDN minimum menggunakan skema pengembangan inovasi. Disebutkan pembangunan fasilitas Apple Developer Academy untuk merealisasikan hal tersebut.

    Belum lama ini, Bloomberg melaporkan rencana Apple membangun pabrik aksesori di Bandung. Raksasa teknologi itu menjanjikan investasi mencapai US$10 juta atau Rp 157 miliar.

    Namun, masih tidak jelas apakah investasi Apple untuk pembangunan pabrik aksesori bisa membuat iPhone 16 memenuhi aturan TKDN. Apalagi, dalam aturan Kemenperin, sertifikat TKDN skema inovasi hanya diberikan untuk investasi pembangunan “pusat inovasi.”

    Investasi pembangunan pabrik seharusnya hanya bisa memenuhi aturan TKDN jika membuat iPhone 16 yang dirakit di Indonesia memiliki konten lokal 35 persen, baik lewat proses manufaktur maupun dengan menyediakan aplikasi buatan lokal.

    (dem/dem)

  • Begini Aturan Lengkap TKDN yang Bikin iPhone 16 Dilarang di RI

    Begini Aturan Lengkap TKDN yang Bikin iPhone 16 Dilarang di RI

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) belakangan ramai dibahas, menyusul larangan penjualan seri iPhone 16 buatan Apple di Indonesia. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengatakan sertifikasi TKDN yang dimiliki Apple sudah habis masa berlakunya dan belum diperpanjang.

    Sertifikasi TKDN wajib dimiliki vendor perangkat seluler berjaringan Long Term Evolution (LTE) 4G dan 5G untuk menjual produknya di Tanah Air.

    Kewajiban pemenuhan TKDN ini bertujuan menumbuhkan industri manufaktur dalam negeri, sehingga Indonesia tak melulu menjadi negara pasar.

    Aturan TKDN untuk perangkat 4G mula-mula dipatok minimal 30% melalui Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) no. 27/2015, yang berlaku sejak 1 Januari 2017.

    Selanjutnya, kewajiban TKDN ponsel ditingkatkan menjadi 35% untuk perangkat 4G dan 5G melalui Permenkominfo no. 13/2021 yang berlaku sejak 12 Oktober 2021 hingga saat ini.

    Ada wacana pemerintah untuk menaikkan TKDN menjadi 40%, tetapi hingga kini belum ada aturan resmi yang dikeluarkan untuk menggantikan Permenkominfo no. 13/2021.

    Larangan iPhone 16 di Indonesia

    Selama ini, Apple menjadi satu-satunya pabrikan ponsel yang menggunakan skema pengembangan inovasi untuk memenuhi kewajiban TKDN. Sementara pabrikan lain seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, dkk, memenuhi TKDN dengan membangun manufaktur di Indonesia yang mampu menyerap ribuan pekerja lokal.

    Dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) no. 29/2017, skema penghitungan berbasis inovasi memang tertera sebagai alternatif dari pemenuhan TKDN dari aspek manufaktur, pengembangan, dan aplikasi.

    Adapun skema inovasi yang dipilih Apple direalisasikan melalui pembangunan fasilitas pendidikan ‘Apple Developer Academy’ di tiga lokasi. Masing-masing di BSD Tangerang, Sidoarjo Jawa Timur dan Nongsa Batam.

    Saat kunjungan CEO Apple Tim Cook ke Indonesia beberapa saat lalu, ia mengumbar komitmen untuk menambah satu lagi Apple Developer Academy di Bali. Namun, komitmen investasi itu belum direalisasikan sepenuhnya.

    Foto: CEO Apple Tim Cook menemui Menhan Prabowo Subianto selama sekitar satu jam di Kantor Kemenhan hari ini, Rabu (17/04/2024). (Dok. Kemhan)
    CEO Apple Tim Cook menemui Menhan Prabowo Subianto selama sekitar satu jam di Kantor Kemenhan hari ini, Rabu (17/04/2024). (Dok. Kemhan)

    Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan dari komitmen investasi Apple Rp 1,71 triliun, baru Rp 1,48 triliun yang dijalankan. Artinya, masih ada ketimpangan investasi senilai Rp 240 miliar yang belum dipenuhi.

    Berdasarkan Permenperin no. 29/2017, pemenuhan TKDN dengan skema inovasi memiliki masa berlaku selama 3 tahun dan harus diperpanjang sesuai aturan yang berlaku.

    Adapun penghitungan TKDN 30% untuk skema inovasi senilai dengan investasi di atas Rp 550 miliar hingga Rp 700 miliar.

    Lalu penghitungan TKDN 35% untuk skema inovasi senilai dengan investasi di atas Rp 700 miliar hingga Rp 1 triliun. Untuk investasi di atas Rp 1 triliun dihitung setara dengan nilai TKDN 40%.

    Komitmen investasi Apple Rp 1,71 triliun yang disampaikan ke pemerintah tersebut merupakan total dari skema pemenuhan TKDN 30% pada 2017 dan TKDN 35% pada 2021.

    Apple belum menuntaskan kewajiban TKDN 35% untuk kemudian bisa memperpanjang sertifikasi yang dibutuhkan untuk menjual model iPhone 16 teranyar di Indonesia.

    Isu Apple Bangun Pabrik Rp 157 Miliar di Indonesia

    Di tengah polemik pemenuhan TKDN Apple, Bloomberg melaporkan Apple berencana membangun pabrik aksesori di Bandung, Jawa Barat, dengan nilai investasi US$ 10 juta atau setara Rp 157 miliar.

    Menurut Bloomberg, pembangunan pabrik itu untuk mencabut larangan penjualan seri iPhone 16, sehingga para fanboy Apple bisa membeli produk tersebut di Indonesia.

    Belum jelas apakah pembangunan pabrik aksesori ini masih dalam skema inovasi atau masuk ke pemenuhan TKDN manufaktur, pengembangan, dan aplikasi.

    CNBC Indonesia telah menghubungi pihak Apple Indonesia untuk meminta konfirmasi dan kejelasan, tetapi dikatakan belum bisa memberikan keterangan.

    Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza mengatakan sudah mendengar dan menghubungi Apple terkait isu pembangunan pabrik di Bandung. Ia mengatakan pihaknya sedang mengkaji hal tersebut dan perincian soal nasib iPhone 16 akan diumumkan Menperin Agus dalam waktu dekat.

    “Saya berharap bahwa komitmen yang disampaikan sekarang bisa dijalankan sesegera mungkin,” ujarnya.

    Sejalan dengan itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan melihat TKDN yang diajukan Apple sebelum menentukan nasib iPhone 16 di Indonesia.

    “TKDN tentu juga akan kita dorong dan juga timnya juga nanti akan disempurnakan dengan adanya perubahan,” kata dia.

    HP Samsung dan Xiaomi Sudah Capai Nilai TKDN 40%

    Foto: Seorang pekerja memegang smartphone OPPO F1S di pabrik smartphone OPPO di Tangerang, Indonesia, 20 September 2016. REUTERS / Beawiharta / File Foto
    FILE PHOTO – A worker holds an OPPO F1S smartphone at an OPPO smartphone factory in Tangerang, Indonesia, September 20, 2016. REUTERS/Beawiharta/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD

    Sebelum ditetapkan aturan TKDN ponsel 30% pada 2017 dan ditingkatkan menjadi 35% pada 2021, pemerintah sudah mendiskusikan kemungkinan TKDN 40% sejak 2015.

    Kala itu, para vendor ponsel seperti Samsung, Oppo, dan Xiaomi, dalam beberapa kesempatan menegaskan kesiapan mereka untuk mendukung aturan pemerintah.

    Pada 2015, Samsung mendirikan pabrik di kawasan industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, untuk persiapan mematuhi wacana aturan TKDN 40% dari pemerintah.

    Di tahun yang sama, Oppo juga meresmikan pabrik di Tangerang. Selanjutnya pada 2022, Oppo kembali menambah fasilitas produksinya di Periuk, Kota Tangerang di atas lahan seluas 10 hektar.

    Sementara itu, Xiaomi dan beberapa vendor lain memilih menggandeng PT Sat Nusapersada di Batam untuk memproduksi perangkat-perangat 4G dan 5G yang dijual di Indonesia.

    Meski kewajiban TKDN untuk perangkat 4G dan 5G saat ini dipatok 35%, namun beberapa ponsel yang beredar di Indonesia sudah ada yang mencapai TKDN 40%.

    Sejumlah produk Samsung seperti Galaxy A25 5G, Galaxy A35 5G, Galaxy A55 5G, dan Galaxy Tab A9 LTE dikatakan sudah mencapai nilai TKDN 40,3%, dikutip dari laman resmi Samsung Indonesia.

    Selain lini produk Samsung, Xiaomi Redmi A1 yang dirilis pada 2022 lalu juga sudah mengantongi TKDN 40,3%, menurut pantauan CNBC Indonesia di laman resmi Kemenperin. Beberapa lini Xiaomi lainnya juga mayoritas meraih nilai TKDN lebih dari 35%, yakni di kisaran 36-38%.

    Adapun untuk produk Oppo, nilai TKDN rata-rata juga sudah melampaui 35%. Misalnya flagship Oppo Find N3 5G keluaran 2023 lalu yang meraup nilai TKDN 37%.

    Vivo juga sudah melampaui nilai TKDN 35%, meski belum ada yang tembus 40%. Misalnya Vivo V30 Lite keluaran awal tahun ini yang menurut laman Kemenperin sudah meraih nilai TKDN 36,93%.

    (fab/fab)

  • Review Kamera Vivo V40: Ibarat Es Krim Vanila

    Review Kamera Vivo V40: Ibarat Es Krim Vanila

    Jakarta

    Ponsel Vivo V40 telah hadir di Indonesia 5 September 2024, yang merupakan ponsel kelas menengah terbaru mereka. Ada beberapa pilihan warna yaitu purple, silver dan peach. Desain ponselnya berkesan mewah meskipun ponsel ini berkelas menengah bukan kelas atas/flagship.

    Di bagian belakang ponsel terlihat sedikit gemerlap saat terkena cahaya. Sepertinya finishing seperti ini adalah tren tahun ini, dan layarnya besar, 6,7 inci, dengan gaya waterfall yang melengkung sampai ke tepi-tepi ponsel.

    Dengan desain seperti ini terkesan layarnya luas, tapi kurang terasa mantap di tangan karena tepi-tepinya tipis. Dengan memasang casing, pegangan jadi lebih mantap dan aman. Kecerahannya juga tinggi sekali bisa sampai 4.500 nits. Ponsel ini juga sudah dapat rating IP68 yang relatif tinggi, artinya tahan semprotan air, dan debu, dan bisa digunakan di bawah air tawar selama 30 menit.

    Review Kamera Vivo V40 Foto: Dok. Enche Tjin

    Dalam paket pembelian sudah termasuk casing dari silikon yang punya warna yang sama dengan ponselnya, sehingga terlihat sangat padu. Vivo juga menyediakan charger dan kabelnya. Cukup besar chargernya karena V40 ini sudah mendukung fast charging 80 watt.

    Review Kamera Vivo V40 Foto: Dok. Enche Tjin

    Vivo menggunakan processor baru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 7 generasi 3 yang mestinya cukup oke buat proses gambar dan juga AI. Untuk desain bagian kameranya, bentuknya lumayan unik, seperti lubang kunci, yang mana di lubangnya ada dua kamera, yang utama adalah lensa wide ekuivalen dengan 24mm f/1.9 dengan resolusi maksimum 50 mp dengan sensor 1/1.56 inci. Sebagai informasi, ukuran sensor ini tergolong sedang dan sesuai untuk ponsel midrange seharga Rp 4-6 jutaan.

    Kamera keduanya memiliki lensa ultra wide ekuivalen 15mm dengan resolusi 50 mp juga tapi dengan sensor 1/2.76 inci yang lebih kecil dari yang utama. Juga tersedia kamera selfie 21mm dengan ukuran yang sama dengan modul ultrawide.

    Bedanya dengan kamera yang V40 Pro terletak dari modul telefoto-nya, yang V40 gak punya lensa telefoto khusus, jadi zoom 2x itu mengandalkan digital zoom/cropping dari hasil gambar kamera utamanya, jadi kualitasnya kalau sering zoom tidak sebaik yang Pro yang lensanya dedicated, tapi tidak beda jauh juga karena sensor image utamanya relatif lebih besar. Mungkin perbedaan V40 standard dan Pro yang tidak banyak, sehingga menjadi alasan Vivo indonesia tidak menghadirkan Vivo V40 Pro ke Indonesia.

    Memotret di kondisi terang, hasil foto V40 cukup bagus, cukup tajam tapi tidak mengejutkan. Di malam hari, ada foto malam yang mana kita bisa pilih berbagai gaya warna sinematik. Sayangnya pilihan-pilihan ini hanya ada di mode malam, karena di foto-foto biasa, preset/filternya berbeda.

    Review Kamera Vivo V40 Foto: Dok. Enche TjinReview Kamera Vivo V40 Foto: Dok. Enche Tjin

    Foto malam ini proses exposurenya sekitar dua detik, karena kamera akan mengambil foto secara berturut-turut dan kemudian menggabungkannya menjadi satu. Setelah exposure masih ada waktu untuk processing. Jadi agak kurang nyaman bagi yang senang foto berturut-turut dengan jeda waktu yang pendek.

    Hasil foto malam dengan computational photography ini saya nilai cukup baik untuk menyeimbangkan bagian yang terang dan gelap, tapi secara proses saya menilai hasilnya terlalu tajam dan detailnya terlalu mulus. di layar ponsel terlihat menarik tapi tidak di layar monitor yang besar.

    Review Kamera Vivo V40 Foto: Dok. Enche TjinReview Kamera Vivo V40 Foto: Dok. Enche Tjin

    Untuk mode portrait, Vivo memberikan pilihan beberapa jarak fokal lensa dari 24, 35 dan 50mm, yang diistilahkan Vivo itu sebagai multi fokal portrait. Saya sempat coba foto portrait ini dan hasilnya cukup oke, kulit langsung mulus dan bisa pilih bentuk-bentuk bokehnya. Kita bisa pilih berbagai bokeh di lensa lensa Zeiss seperti Biotar, B-speed, Sonnar, Planar sampai Cinematic yang menyerupai hasil lensa anamorphic.

    Review Kamera Vivo V40 Foto: Dok. Enche TjinReview Kamera Vivo V40 Foto: Dok. Enche Tjin

    Memotret dengan berbagai lensa Zeiss seperti Biotar, memberikan rasa nostalgia seperti di masa fotografi film. Yang kurang adalah hasilnya kadang terasa terlalu mulus wajahnya sehingga hasilnya terasa kurang alami. Di luar ruangan, jika menggunakan mode bokeh juga harus berhati-hati terutama di bagian rambut.

    Amannya menggunakan bokeh yang tidak terlalu besar seperti f/2.8 sehingga blurnya masih terlihat alami. Tingkat bokeh dan fokus dapat diatur kembali setelah foto dibuat. Pengalaman kurang menyenangkan dari ponsel ini adalah setiap kali kita ambil gambar baik foto malam dan foto portrait, kamera perlu waktu beberapa detik untuk memprosesnya setelah pengambilan gambar.

    Bokeh Biotar, foto kanan adalah hasil crop dari foto kiri. Foto: Dok. Enche TjinBokeh Biotar. Foto: Dok. Enche TjinKiri: Aura Light off, Kanan: Aura Light on. Foto: Dok. Enche TjinKiri Biotar, kanan Sonnar. Foto: Dok. Enche TjinBokeh Cinematic. Foto: Dok. Enche Tjin

    Dari segi hardwarenya, Vivo V40 unggul di kapasitas baterainya lumayan besar, 5,500 mAh, setelah memotret dari sore sampai malam, kurang lebih 5 jam, sekitar 250 foto, baterainya saya periksa masih di sekitar 80-an persen. Processor Snapdragon 7 generasi 3 juga termasuk baru and mendukung AI.

    Keunggulan lain dari Vivo V40 yang menonjol adalah layarnya yang sangat cerah dan lebar, desain dan warnanya yang berkesan lebih mewah daripada kelasnya, dan juga fast charging yang semakin menjadi standard di dunia ponsel saat ini.

    Style: Cyberpunk. Foto: Dok. Enche TjinKiri: Style: Orange&Teal, kanan: Cyberpunk. Foto: Dok. Enche TjinStyle: Orange&Teal Foto: Dok. Enche Tjin

    Untuk modul-modul kameranya, V40 ibaratnya seperti es krim Vanila: Manis dan lembut tapi tidak ada hal yang menonjol dibandingkan kamera ponsel kelas menengah dengan rentang harga 4-6 jutaan pada umumnya. Tapi dari softwarenya, ada berbagai pilihan gaya foto dan simulasi bokeh ala Zeiss yang sedikit banyak membantu mempercantik street photography dan portrait.

    Review Kamera Vivo V40 Foto: Dok. Enche Tjin

    Vivo V40 sudah tersedia di Indonesia dari bulan September 2024 dengan harga Rp 6.490.000.

    (asj/afr)

  • Raja HP Dunia Bangkit, Apple-Xioami-Oppo Minggir Dulu

    Raja HP Dunia Bangkit, Apple-Xioami-Oppo Minggir Dulu

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pengiriman smartphone global tumbuh 5% tahun ke tahun (year-on-year/YoY) di kuartal ketiga (Q3) 2024. Jumlahnya mencapai 309,9 juta unit, ini merupakan performa pertumbuhan Q3 terkuat, khususnya sejak 2021.

    Menurut laporan pengiriman (shipment) global Canalys, pertumbuhan itu didorong oleh peluncuran produk yang sesuai kebutuhan pengguna, secara agresif dari berbagai vendor, sehingga mendorong tingkat upgrade perangkat.

    Dalam laporan yang sama, Canalys merangkum lima besar vendor smartphone Q3 2024 dalam hal pengiriman. Samsung memimpin pasar dengan 57,5 juta unit yang dikirim.

    Disusul Apple pada peringkat kedua dengan total pengiriman 54,5 juta unit. Di posisi selanjutnya diisi oleh Xiaomi, Oppo dan Vivo. Berikut daftar lengkapnya berikut rincian total pengiriman masing-masing:

    1. Samsung – 57,5 juta unit
    2. Apple – 54,5 juta unit
    3. Xiaomi – 42,8 juta unit
    4. Oppo – 28,6 juta unit
    5. Vivo – 27,2 juta unit

    Perusahaan riset pasar itu menyebutkan bahwa performa Samsung pada periode Q3 2024 didukung oleh pengiriman smartphone entry-level. Namun Canalys tak memerinci model yang dimaksud.

    Sementara Apple dapat mencapai rekor pengiriman Q3 karena didorong oleh perpaduan strategis antara pengoptimalan saluran dan rantai pasokan.

    “Pasca pengumuman Apple Intelligence di WWDC, konsumen beralih dari model iPhone 12 dan 13 untuk menggunakan teknologi baru. Selain itu, produksi iPhone Apple yang beragam, terutama di India, telah mengurangi waktu tunggu secara signifikan, menyederhanakan pemenuhan prapemesanan, dan merangsang permintaan lokal melalui harga yang kompetitif,” kata Analis Canalys Le Xuan Chiew, dikutip Selasa (5/11/2024).

    Sementara itu, persaingan ketat di pasar smartphone kelas bawah terus berlanjut, meskipun pada paruh pertama 2024 didukung oleh permintaan konsumen yang kuat dan kondisi ekonomi yang menguntungkan.

    “Peluncuran seri A3 yang berganti merek yang sukses oleh OPPO di segmen harga US$100 hingga US$200, khususnya di Asia Tenggara, adalah contoh utama dari strategi ini. Dengan merampingkan portofolionya, Oppo telah melihat pertumbuhan 30% YoY di wilayah tersebut dan siap untuk lebih meningkatkan pangsa pasarnya,” ujar Analis Senior Canalys Toby Zhu.

    “Namun, meningkatnya biaya komponen dan saturasi saluran menimbulkan tantangan bagi profitabilitas jangka panjang dan keberlanjutan strategi pasar massal. ” pungkasnya.

    (dem/dem)

  • Melihat Lebih Dekat Desain Mantap Vivo Y100 5G

    Melihat Lebih Dekat Desain Mantap Vivo Y100 5G

    Melihat Lebih Dekat Desain Mantap Vivo Y100 5G