brand merek: Vivo

  • Pertamax Mahal? Intip Perbandingan Harga dengan BBM RON 92 SPBU Swasta

    Pertamax Mahal? Intip Perbandingan Harga dengan BBM RON 92 SPBU Swasta

    Jakarta: Harga BBM kembali mengalami penyesuaian di Stasiun Pengisian Bahar Bakar Umum (SPBU) Pertamina. Kenaikan harga dialami produk Pertamax dengan spesifikasi kadar oktan 92 (RON 92).

    Di bulan Januari 2025, harga Pertamax tercatat naik Rp400 menjadi Rp12.500 per liter. Tidak hanya di SPBU Pertamina, SPBU swasta juga melakukan penyesuaian harga khususnya untuk produk BBM RON 92.

    Di SPBU Shell misalnya. Produk BBM RON 92 yakni Shell Super naik sekitar Rp 640 menjadi Rp 12.930 per liter. 

    Kemudian di SPBU BP, produk BBM dengan RON 92 atau BP 92 harga per liternya naik Rp 520 menjadi Rp 12.810.

    Terakhir, di SPBU Vivo BBM dengan RON 92 yaitu Revvo 92 baik Rp 520 per liter menjadi Rp 12.770 per liter. 
     

    Artinya, meski Pertamax mengalami kenaikan harga, namun produk BBM SPBU pelat merah tersebut masih paling rendah dibandingkan dengan BBM RON 92 lainnya di SPBU Swasta..

    Berikut ini perbandingan harga Pertamax dengan BBM RON 92 SPBU swasta per tanggal 17 Januari 2025:

    Pertamax: Rp12.500 per liter
    Shell Super: Rp12.930 per liter
    BP 92: Rp12.810 per liter
    Vivo Revvo 92: Rp12.770 per liter

    Jakarta: Harga BBM kembali mengalami penyesuaian di Stasiun Pengisian Bahar Bakar Umum (SPBU) Pertamina. Kenaikan harga dialami produk Pertamax dengan spesifikasi kadar oktan 92 (RON 92).
     
    Di bulan Januari 2025, harga Pertamax tercatat naik Rp400 menjadi Rp12.500 per liter. Tidak hanya di SPBU Pertamina, SPBU swasta juga melakukan penyesuaian harga khususnya untuk produk BBM RON 92.
     
    Di SPBU Shell misalnya. Produk BBM RON 92 yakni Shell Super naik sekitar Rp 640 menjadi Rp 12.930 per liter. 

    Kemudian di SPBU BP, produk BBM dengan RON 92 atau BP 92 harga per liternya naik Rp 520 menjadi Rp 12.810.
     
    Terakhir, di SPBU Vivo BBM dengan RON 92 yaitu Revvo 92 baik Rp 520 per liter menjadi Rp 12.770 per liter. 
     

     
    Artinya, meski Pertamax mengalami kenaikan harga, namun produk BBM SPBU pelat merah tersebut masih paling rendah dibandingkan dengan BBM RON 92 lainnya di SPBU Swasta..
     
    Berikut ini perbandingan harga Pertamax dengan BBM RON 92 SPBU swasta per tanggal 17 Januari 2025:
     
    Pertamax: Rp12.500 per liter
    Shell Super: Rp12.930 per liter
    BP 92: Rp12.810 per liter
    Vivo Revvo 92: Rp12.770 per liter
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (PRI)

  • iPhone 16 Dilarang Masuk RI, di China Penjualan Apple Anjlok

    iPhone 16 Dilarang Masuk RI, di China Penjualan Apple Anjlok

    Bisnis.com, JAKARTA – Penjualan Apple di China mengalami penurunan kendati perusahaan telah menaruh harga murah terhadap sejumlah perangkat yang dimiliki. Di sisi lain, pasar alternatif Apple yaitu Indonesia, masih melarang produk terbaru mereka iPhone 16 untuk beredar di Tanah Air.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, investasi awal Apple senilai US$1 miliar atau sekitar Rp16 triliun untuk pembangunan pabrik AirTag tak bisa menjadi syarat terbitnya izin edar iPhone 16 di Indonesia.

    Apple berkomitmen membangun pabrik AirTag di Batam. Harapannya, pabrik tersebut dapat memproduksi 65% dari kebutuhan global AirTag—produk dari Apple untuk melacak keberadaan barang seperti kunci maupun dompet.

    Menurut Agus, AirTag merupakan aksesoris. Dia menegaskan benda tersebut bukan komponen dari produk handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT).

    Dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) No 29/2017 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai Komponen Dalam Negeri Produk Telepon Seluler, Komputer Genggam, dan Komputer Tablet, perusahaan HKT bisa mendapatkan sertifikasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) jika mereka membangun pabrik komponen langsung dari ponsel.

    Oleh karena itu, Apple masih belum bisa mendapat izin edar untuk menjual iPhone 16 di Indonesia.

    “Jadi kalau dilihat dari aturannya belum bisa atau belum boleh. Tidak ada dasarnya bagi Kemenperin mengeluarkan sertifikasi TKDN dalam rangka Apple bisa dapat izin edar. Karena [AirTag] tak ada keterkaitannya langsung [dengan ponsel],” ucap Agus dalam konferensi pers di Kantor Kemenperin, Rabu (8/1/2024).

    Menperin Agus GumiwangPerbesar

    Pangsa pasar iPhone di Indonesia berada di bawah Oppo, Samsung, dan Xiaomi pada Desember 2024. Apple masih menjalani larangan penjualan iPhone 16 karena perusahaan tersebut memiliki utang investasi dan pemenuhan TKDN. 

    Sementara itu, smartphone (ponsel pintar) Oppo menjadi merek dengan pangsa pasar (market share) terbesar di Indonesia sepanjang akhir 2024 atau Oktober sampai Desember 2024.

    Melansir data Statcounter, Kamis (9/1/2025) Oppo berhasil menjadi pemuncak dengan market share sebesar 19,07% selama Oktober-Desember 2024.

    Pada peringkat kedua, Samsung terus menguntit Oppo dengan market share sebesar 17,53%. Posisi Samsung diikuti oleh Xiaomi yang berhasil mencatatkan market share sebesar 15,06%.

    Berikutnya pada posisi keempat merek hp Vivo mencatatkan pangsa pasar sebesar 14,89%. Data StatCounter juga menunjukkan smartphone Realme memiliki market share sebesar 7,24% dan Infinix sebesar 6,38%.

    Namun, yang menjadi pembeda pada periode Oktober hingga Desember 2024 adalah menurunnya penjualan dari handphone milik Apple.

    Pada 3 bulan terakhir 2024, market share Apple hanya berada diangka 7,97%. Angka ini berbanding terbalik dengan market share di Juli hingga September 2024 yang berada diangka 12,04%.

    Adapun, keunggulan Oppo tidak hanya dilaporkan oleh Statcounter. Dalam laporan kuartal III/2024 dari Canalys ditemukan bahwa Oppo menjadi merek HP terlaris di kuartal III.

    Tercatat, Oppo memiliki pangsa pasar sebesar 22%. Posisi Oppo diikuti oleh Xiaomi dengan pangsa pasar sebesar 19%.

    Babak Belur di China

    Sementara itu,  Apple Inc. mencatat penurunan penjualan iPhone sebesar 5% secara global pada kuartal IV/2024, dipicu oleh pembaruan fitur kecerdasan buatan (AI) yang kurang menarik dan tekanan dari pesaing yang semakin agresif di pasar China.

    Data Counterpoint Research menunjukkan pangsa pasar global iPhone turun menjadi 18% sepanjang 2024. Sementara itu, Samsung Electronics Co. juga kehilangan momentum di tengah pertumbuhan pesat produsen perangkat Android asal China seperti Xiaomi Corp. dan Vivo.

    Selama setahun penuh, penjualan Apple merosot 2%, meskipun pasar smartphone global mencatatkan pertumbuhan 4%.

    Pembeli berbelanja di iBoxPerbesar

    Laporan International Data Corp. memberikan gambaran serupa, dengan pengiriman smartphone Apple turun 4,1% pada kuartal IV/2024 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/YoY). Sebaliknya, industri secara keseluruhan tumbuh 2,4% pada periode tersebut.

  • Xiaomi Incar Seluruh Segmen untuk Kuasai Pasar Smartphone RI

    Xiaomi Incar Seluruh Segmen untuk Kuasai Pasar Smartphone RI

    Bisnis.com, BANTEN – Xiaomi Indonesia mengklaim berhasil menjadi merek smartphone nomor satu di Indonesia pada kuartal II dan III/2024. Mereka mengungkapkan strategi yang digunakan untuk mencapai posisi teratas tersebut.

    Sebagai informasi, klaim memimpinnya smartphone Xiaomi di Tanah Air pada kuartal I dan kuartal II/2024 diungkapkan oleh Country Director Xiaomi Indonesia Wentan Zhao dalam acara Xiaomi Corporate Updates yang digelar di Novus Jiva Anyer, Banten, pada Rabu (15/1/2025).

    Director Xiaomi Indonesia Andi Renreng, kemudian menambahkan bahwa data tersebut berdasarkan dari data Canalys pada Kuartal II/2024, dan untuk Kuartal III/2024 berdasarkan data Counterpoint. 

    Pasalnya, berdasarkan laporan Canalys di Kuartal II/2024 Xiaomi memimpin pasar dengan pangsa pasar sebesar 20%. Posisi tersebut diikuti oleh Oppo (19%), Vivo (18%), dan Samsung (18%). 

    Sementara itu, data dari Counterpoint menunjukkan Xiaomi memimpin pangsa pengiriman di Tanah Air sebesar 19% pada kuartal III/2024, diikuti oleh Oppo (18%), Vivo (17%), dan Samsung (17%).

    Kala ditanya mengenai apa strategi Xiaomi sepanjang 2024 hingga menyentuh posisi tersebut, Andi menjelaskan bahwa perusahaan menghadirkan berbagai pilihan smartphone, mulai dari seri flagship hingga entry-level.

    “Karena di tahun 2024 bukan hanya dari produk-produk kami yang flagship, tapi di series yang low-end, entry level, para pengguna Xiaomi, produk-produk Xiaomi juga sudah bisa mendapatkan teknologi, kelas atas teknologi di setiap level dari smartphone,” jelas Andi kepada Bisnis, Rabu (15/1/2025).

    Lanjutnya, dikatakan bahwa strategi ini memungkinkan Xiaomi bersaing dengan merek-merek lain sekaligus menarik pengguna baru 

    “Dengan memberikan banyak opsi ini, itu memungkinkan kita untuk bisa bersaing menggaet para pengguna kami sebelumnya, dan juga para pengguna smartphone yang mungkin berpindah ke produk kita,” pungkasnya. 

    Sebelumnya, Xiaomi mengumumkan dalam waktu dekat Redmi Note Series akan segera meluncur di Tanah Air. Produk ini menjadi senjata Xiaomi dalam memperlebar pasar di segmen anak muda.

    Redmi Note 14 Series akan hadir dalam empat varian, yakni Redmi Note 14, Redmi Note 14 5G, Redmi Note 14 Pro 5G, dan Redmi Note 14 Pro+ 5G.

    Country Director Xiaomi Indonesia, Wentan Zhao menuturkan bahwa target untuk Redmi Note 14 series ini adalah untuk generasi muda yang  memiliki budget terbatas. 

    “Tetap mereka mencari produk terbaik agar mereka bisa berkreasi, melakukan pekerjaan sehari-hari, menjadi kamera hingga fotografer,” jelasnya dalam acara Xiaomi Corporate Updates yang digelar di Novus Jiva Anyer, Banten, pada Rabu (15/1/2025).

    Sebab demikian, pihaknya kemudian memilih Rich Brian, rapper generasi muda Indonesia, untuk menjadi brand ambassador untuk Redmi Note Series ini. 

  • 3 Merk Ponsel Terlaris di Dunia 2024: Apple, Samsung, dan Xiaomi

    3 Merk Ponsel Terlaris di Dunia 2024: Apple, Samsung, dan Xiaomi

    Jakarta

    Penjualan ponsel secara global akhirnya tumbuh pada tahun 2024, setelah dua tahun berturut-turut menurun.

    Menurut laporan dari Counterpoint, Canalys, dan IDC, pertumbuhan terbesar datang dari merk asal China, termasuk Xiaomi dan Vivo. Namun, Apple dan Samsung tetap jadi penguasa pasar.

    Data dari masing-masing perusahaan riset itu memang berbeda, namun angkanya terpaut tipis. Counterpoint misalnya, menyebut pertumbuhan penjualan ponsel pada 2024 tumbuh 4%, sementara IDC dan Canalys masing-masing melaporkan peningkatan sebesar 6% dan 7%.

    “2024 menjadi tahun penyebuhan dan normalisasi setelah tahun 2023 yang sulit. Pasar mulai menunjukkan tanda perbaikan mulai Q4 2023 dan akhirnya tumbuh selama lima kuartal berturut-turut,” kata Tarun Pathak, direktur riset Counterpoint.

    Counterpoint dengan IDC dan Canalys pun punya temuan berbeda soal siapa penguasa pasar ponsel selama 2024. Counterpoint menyebut Samsung sebagai penguasa 2024, sementara IDC dan Canalys menyebut Apple yang jadi penguasa.

    Namun ketiganya sepakat kalau Xiaomi ada di posisi ke-3, dengan peningkatan penjualan sebesar 12% (menurut Counterpoint), yang membuatnya menjadi perusahaan ponsel dengan pertumbuhan tercepat. Xiaomi tercatat punya pangsa pasar sebesar 14% untuk tahun 2024, sementara Apple 18%, dan Samsung 19%.

    Posisi berikutnya diisi oleh Oppo (dan OnePlus), Vivo, dan terakhir adalah Transsion group, gabungan Itel, Tecno dan Infinix, demikian dikutip detikINET dari The Verge.

    Counterpoint dan IDC mengatribusi performa penjualan ponsel selama 2024 ini meningkat berkat perkenalan ponsel sebagai perangkat AI, dan mereka juga menyebut AI sebagai “mainan” baru yang menggantikan posisi ponsel layar lipat.

    “Kami melihat penurunan permintaan ponsel layar lipat di pasaran, sekalipun pemasaran dan promosi yang semakin intensif,” kata Anthony Scarsella, direktur riset IDC.

    Ia pun memprediksi kalau pabrikan ponsel akan memprioritaskan pengembangan fitur AI baru ketimbang mengembangkan ponsel layar lipat. Sementara itu Counterpoint memperkirakan pada 2028 mendatang, sembilan dari 10 ponsel dengan harga di atas USD 250 akan dilengkapi AI generatif.

    CanalysCounterpointIDCApple23%18%18,7%Samsung16%19%18%Xiaomi13%14%13,6%Transsion Group8%-8,6%Oppo8%8%8,5%Lainnya32%33%32,5%

    (asj/afr)

  • Pabrik AirTag Apple Beroperasi Februari 2026, Rosan: Sudah Beli Tanah

    Pabrik AirTag Apple Beroperasi Februari 2026, Rosan: Sudah Beli Tanah

    Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan P Roeslani menyampaikan pabrik AirTag milik Apple Inc di Batam bakal beroperasi pada Februari 2026. 

    Pembangunan pabrik AirTag milik Apple ini dilakukan setelah adanya kesepakatan investasi antara Pemerintah dan AppleInc. sebesar US$1 miliar atau sekitar Rp16 triliun.

    Rosan menyampaikan bahwa tanah untuk pembangunan pabrik AirTag di Batam sudah dibeli dan sudah melakukan cut and fill untuk mulai construction. 

    “Diharapkan 2026 awal tahun, di bulan Februari itu sudah siap untuk AirTag-nya (produksi),” kata Rosan dalam acara Semangat Awal Tahun 2025, Rabu (15/1/2025).

    Rosan mengatakan dilakukannya pembangunan pabrik AirTag di Batam menjadi penanda bahwa raksana teknologi Amerika Serikat (AS) ini jadi berinvestasi di Indonesia. 

    Konstruksi, kata Rosan masih terus berjalan hingga saat ini dan dengan kehadiran pabrik ini pihaknya berharap investasi yang masuk ke Indonesia bisa semakin meningkat hingga mencapai US$10 miliar.

    “Sehingga investasi awal di US$ 1 miliar kemudian meningkat secara bertahap menjadi US$ 3 miliar, US$ 5 miliar, dan target di US$ 10 miliar dapat tercapai,” ujarnya.

    CEO Apple Tim CookPerbesar

    Tak hanya itu, dengan adanya pembangunan pabrik AirTag Apple di Batam, Rosan mengharapkan akan ada vendor-vendor lain yang masuk ke Indonesia.

    “Kita ingin vendor-vendor lainnya, seperti banyak vendor di Apple, di negara lain, seperti yang tadi saya sampaikan di Vietnam, Malaysia, dan Thailand,” ucap Rosan.

    Diberitakan sebelumnya, mengungkapkan telah sepakat dengan tim Apple Inc. terkait investasi awal senilai US$1 miliar atau sekitar Rp16 triliun untuk pembangunan pabrik AirTag di Batam. 

    Rosan menyampaikan pihaknya dengan Apple telah berkomitmen bahwa investasi tersebut akan digunakan untuk pembangunan tahap pertama pabriknya di Indonesia.

    “Pada intinya mereka bicara dan berkomitmen untuk pembangunan tahap pertama vendor AirTag US$1 miliar,” ujarnya di kantor BKPM, Selasa (7/1/2025). 

    Harapannya, pabrik tersebut dapat memproduksi 65% dari kebutuhan global AirTag—produk dari Apple untuk melacak keberadaan barang seperti kunci maupun dompet.  

    Sebelumnya, Apple mencatat penurunan penjualan iPhone sebesar 5% secara global pada kuartal IV/2024, dipicu oleh pembaruan fitur kecerdasan buatan (AI) yang kurang menarik dan tekanan dari pesaing yang semakin agresif di pasar China.

    Data Counterpoint Research menunjukkan pangsa pasar global iPhone turun menjadi 18% sepanjang 2024. Sementara itu, Samsung Electronics Co. juga kehilangan momentum di tengah pertumbuhan pesat produsen perangkat Android asal China seperti Xiaomi Corp. dan Vivo.

    Selama setahun penuh, penjualan Apple merosot 2%, meskipun pasar smartphone global mencatatkan pertumbuhan 4%.

    Laporan International Data Corp. memberikan gambaran serupa, dengan pengiriman smartphone Apple turun 4,1% pada kuartal IV/2024 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/YoY). Sebaliknya, industri secara keseluruhan tumbuh 2,4% pada periode tersebut.

    Analis IDC Francisco Jeronimo mengatakan kuartal terakhir ini sangat luar biasa bagi produsen smartphone terbesar di China.

    “Mereka mencapai tonggak bersejarah karena mereka mengapalkan volume gabungan tertinggi yang pernah ada dalam satu kuartal, yang mewakili 56% dari pengapalan smartphone global,” jelasnya, seperti dikutip Bloomberg.

    Software kecerdasan buatan (AI) terbaru Apple, Apple Intelligence, belum diluncurkan di China, sehingga mengurangi daya saingnya di pasar tersebut.

    Di Amerika Serikat, perangkat lunak ini digembar-gemborkan sebagai alasan utama untuk beralih ke iPhone terbaru, namun di China — pasar terbesar Apple di luar AS dan Eropa — perusahaan ini masih mencari mitra lokal untuk menghadirkan fitur seperti asisten penulisan AI dan penciptaan gambar.

  • Raja HP Terbaru: Samsung Berkuasa, Oppo Tak Laku

    Raja HP Terbaru: Samsung Berkuasa, Oppo Tak Laku

    Jakarta, CNBC Indonesia – Industri HP global mulai bangkit dan menunjukkan pertumbuhan positif sepanjang 2024. Firma riset Counterpoint melaporkan peningkatan penjualan HP global sebesar 4% secara tahun-ke-tahun (YoY), didorong kondisi makroekonomi yang kian membaik.

    Sebagai catatan, penjualan HP global sepanjang 2023 adalah yang paling rendah selama satu dekade. Research Director Counterpoint Tarun Pathak mengatakan 2024 adalah tahun pemulihan dan normalisasi dari masa sulit di 2023.

    “HP terus menjadi produk penting bagi kehidupan sehari-hari masyarakat. Ketika tekanan makroekonomi melemah, pasar mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan sejak kuartal-IV 2023 dan kini telah tumbuh selama 5 kuartal berturut-turut,” kata dia, dikutip dari laman resmi Counterpoint, Senin (13/1/2025).

    Pathak mengatakan hampir seluruh pasar menunjukkan pertumbuhan, dipimpin oleh Eropa, China, dan Amerika Latin.

    Samsung konsisten memimpin pasar sebagai ‘raja HP’ global sepanjang 2024, berkat tingginya minat beli masyarakat terhadap seri flagship Galaxy S24 dan seri mid-range Galaxy A. Samsung berhasil meraup 19% pangsa pasar HP global dengan pertumbuhan YoY 1%.

    “Galaxy S24 adalah ponsel Samsung pertama yang diposisikan sebagai perangkat AI dan mampu mengalahkan kinerja penjualan seri pendahulunya. Galaxy S24 memiliki kinerja yang baik, terutama di pasar Eropa Barat dan Amerika Serikat (AS),” tertera dalam laporan Counterpoint.

    Di bawah Samsung, Apple meraih peringkat ke-2 dengan pangsa pasar 18%. Pertumbuhannya menurun 2% secara YoY.

    “Seri iPhone 16 memiliki respons beragam, di antaranya karena tidak tersedia Apple Intelligence saat peluncuran. Namun, Apple terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat di pasar-pasar non-inti seperti Amerika Latin, Afrika, dan Asia Pasifik,” tulis Counterpoint.

    Xiaomi yang bertengger di posisi ke-3 mencatatkan pertumbuhan paling besar sebanyak 12% dengan pangsa pasar 14%. Pendorongnya adalah penyesuaian portofolio produk, gencarnya produk di segmen premium, serta inisiatif ekspansi yang agresif.

    Sementara itu, Oppo menduduki peringkat ke-4 dengan penurunan yang cukup tajam sebesar 8% YoY. Vivo berada di peringkat ke-5 dengan pertumbuhan positif 9% dan pangsa pasar 8% YoY.

    Posisi ‘Top 5’ memang masih diisi merek-merek lama, tetapi ada penurunan pangsa pasar pada sebagian brand. Hal ini disebabkan kompetisi yang sengit dengan beberapa pabrikan Android lain seperti Huawei, Honor, dan Motorola.

    Foto: 5 Daftar HP Paling Laris 2024. (Dok. Counterpoint Research)
    5 Daftar HP Paling Laris 2024. (Dok. Counterpoint Research)

    Counterpoint mengatakan merek-merek tersebut masuk dalam jejeran ‘Top 10’ dan menunjukkan pertumbuhan signifikan. Terbukti, keterangan ‘Others’ atau HP lainnya yang tak masuk daftar ‘Top 5’ bertumbuh 8% dengan pangsa pasar gabungan 33%.

    “Tahun 2024 juga menghadirkan GenAI ke smartphone, sebuah teknologi yang berpotensi revolusioner. Meskipun smartphone berkemampuan GenAI masih terbatas pada segmen premium untuk saat ini, kami berharap GenAI juga akan menjadi sebuah standar pada perangkat kelas menengah. Pada tahun 2028, kami memperkirakan sembilan dari sepuluh ponsel cerdas dengan harga di atas $250 (Rp 4 jutaan akan mampu menggunakan GenAI,” tulis Counterpoint.

    Meskipun volume HP kemungkinan besar tidak akan mencapai tingkat puncak sebelum masa Covid-19, Counterpoint mengatakan tingginya minat ke HP premium berarti pendapatan akan terus meningkat seiring dengan kenaikan harga jual rata-rata.

    Penjualan HP ultra-premium, dengan harga di atas US$1000 (Rp 16 jutaan) tumbuh paling cepat pada tahun 2024 karena konsumen menunjukkan preferensi untuk membelanjakan lebih banyak uang untuk HP berikutnya.

    “Pada tahun 2025, kami memperkirakan pertumbuhan pendapatan akan terus melampaui pertumbuhan volume, dengan pertumbuhan pendapatan sebesar 8% YoY, dibandingkan dengan pertumbuhan volume sebesar 4% YoY,” tulis Counterpoint.

    (fab/fab)

  • Mengabadikan Aksi Panggung Ari Lasso dengan Vivo X200 Pro

    Mengabadikan Aksi Panggung Ari Lasso dengan Vivo X200 Pro

    Mengabadikan Aksi Panggung Ari Lasso dengan Vivo X200 Pro

  • Akal-akalan Apple Jual iPhone 16 di RI, Ini Kata Pakar

    Akal-akalan Apple Jual iPhone 16 di RI, Ini Kata Pakar

    Jakarta, CNBC Indonesia – Apple menyatakan komitmennya untuk membuat pabrik AirTag di Batam, Indonesia. Hal tersebut mereka sampaikan saat pertemuan perwakilan Apple dengan Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan P. Roeslani, Selasa (7/1/2025).

    Namun hal tersebut tidak memuluskan produk terbarunya, iPhone 16, untuk masuk ke pasar Tanah Air. Sebab investasi yang digelontorkan Apple tidak berkaitan langsung dengan proses pembuatan handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT) dalam ketentuan untuk mendapatkan sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 29 Tahun 2017 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai TKDN.

    Melihat hal ini, Senior Consultant dan Analis Pasar Smartphone dari Reasense, Aryo Meidianto, menilai posisi Apple akan sulit untuk hadir di Indonesia. Aryo menilai bahwa Apple tidak paham dengan regulasi yang ada.

    Oleh karena itu di LinkedIn, situs jaringan profesional, Apple mencari orang yang paham peraturan dan fasih menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kemungkinan, kata Aryo, ini menjadi salah satu upaya buat memahami peraturan TKDN.

    Menurutnya, aturan TKDN yang berlaku di Indonesia jelas adalah kandungan lokal yang ada di perangkat handphone yang dipasarkan di Indonesia.

    “Nah pabrik Airtag? Airtag ini kan nggak masuk komponen handphone. Entah dia akal-akalan atau memang tidak paham dengan peraturan,” kata Aryo kepada CNBC Indonesia, Jumat (10/1/2025).

    Ia mengatakan, Apple sudah tertinggal apalagi perangkat smartphone flagship dari merek lain sudah banyak meluncur, seperti Vivo X200 series, Samsung dan komitmen Honor, merek asal China, yang akan kembali ke Indonesia untuk menyajikan ponsel lipat sebagai flagship yang disebut akan jauh lebih menarik.

    Kronologi iPhone dilarang dijual di Indonesia

    Pada Oktober tahun lalu, pemerintah Indonesia melarang Apple menjual iPhone 16 di dalam negeri.

    Alasannya karena Apple belum mengantongi sertifikat TKDN yang wajib dimiliki produk yang dipasarkan di dalam negeri. Diketahui, sertifikat TKDN Apple yang didapat telah kadaluarsa dan perlu diperbarui.

    Untuk memperbarui sertifikat, Apple perlu membuat kesepakatan dengan produsen lokal, mengembangkan aplikasi di dalam negeri, atau menyusun skema pengembangan inovasi.

    Apple awalnya dikabarkan akan menggelontorkan investasi US$ 10 juta (Rp 157 miliar) demi mendapatkan restu untuk menjual iPhone 16 di Indonesia.

    Namun, angka investasi ini masih kurang dari kewajiban Apple yang belum dipenuhi ke pemerintah Indonesia.

    Investasi Apple juga masih ada yang belum terpenuhi, dari yang sebelumnya menjanjikan Rp 1,71 triliun. Sejauh ini, Apple baru menginvestasikan Rp 1,48 triliun di Indonesia, yang berarti masih ada kekurangan sekitar Rp 240 miliar.

    Terbaru, komitmen investasi Apple yang akan membangun pabrik aksesori AirTag melalui vendor Luxshare-ICT asal China, yang diklaim bernilai US$ 1 miliar (Rp 16,2 triliun).

    Hal ini sebelumnya disampaikan oleh Menteri Investasi dan Hilirisasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani usai bertemu dengan perwakilan Apple di kantornya, Selasa (7/1/2025).

    Namun, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan jika nilai investasi yang diajukan oleh Apple tersebut tidak cukup.

    Meski demikian, ia tak menyebut berapa angka tepat untuk ditawarkan Apple di Indonesia.

    “Pokoknya saya nggak bisa bicara soal angka. Tapi kemarin saya sudah sampaikan bahwa dalam pandangan kami di Kemenperin, US$1 billion (Rp 16 triliun) itu tidak cukup,” kata Agus saat ditemui di Kantor Kemenperin usai pertemuan dengan pihak Apple.

    Agus menegaskan bahwa nilai dari investasi itu hanya dihitung berdasarkan capex suatu perusahaan. Menperin mengisyaratkan nilai investasi pembukaan fasilitas produksi tersebut tidak sebesar yang digaungkan sebelumnya.

    “Yang menjadi catatan kepada kami, investasi pabrik yang sudah dikomitmenkan oleh Apple kepada kita, kepada Indonesia oleh Kementerian Investasi, nilai dari investasinya itu hanya bisa dihitung berdasarkan capex, berdasarkan fixed number,” ujar Agus kepada media di Kantor Kemenperin, Rabu (8/1/2025).

    “Maksudnya begini, jadi jangan ada upaya menghitung nilai investasi di luar capex, misalnya memasukkan proyeksi nilai ekspor di dalam nilai investasi, itu enggak bisa. Kalau itu once itu kita entertain, kita akan sulit lagi, bagaimana dengan perusahaan-perusahaan lain juga akan minta yang sama. Kalau kita masukkan komponen proyeksi nilai ekspor, itu enggak bisa,” imbuhnya.

    Lalu kemudian, perusahaan juga tidak bisa memasukkan komponen atau variabel bahan baku menjadi nilai investasi. Perhitungan nilai investasi hanya bisa diukur lewat belanja modal perusahaan.

    “Nah itu apakah sampai US$ 1 miliar? Silakan dihitung,” kata Menperin. “Jadi menurut pandangan kami, yang kami inginkan itu adalah perhitungan nilai investasi itu hanya berdasarkan Capex, tidak yang lain-lain,” lanjutnya.

    Ia kemudian menjelaskan bahwa Kemenperin ingin agar komitmen Apple di Indonesia memenuhi prinsip keadilan. Prinsip berkeadilan itu adalah nilai investasi Apple di negara lain, investasi produsen-produsen di luar Apple yang ada di Indonesia, nilai tambah pendapatan untuk negara, dan berkeadilan keempat adalah penciptaan tenaga kerja.

    Selain itu, Apple juga meraup pendapatan yang besar di Indonesia. “2023-2024 Rp 59 triliun bayangin saja. Sales Apple ini luar biasa besarnya.” pungkasnya.

    (fab/fab)

  • iPhone 16 Mau Disalip Galaxy S25, Ekonom Ramal Nasib Apple di RI

    iPhone 16 Mau Disalip Galaxy S25, Ekonom Ramal Nasib Apple di RI

    Jakarta, CNBC Indonesia –  karena alasan belum memenuhi syarat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan Kementerian Perindustrian.

    Apple padahal telah merilis iPhone 16 sejak akhir September. Artinya, warga RI yang berniat membeli produk HP terbaru Apple sudah menanti 4 bulan menunggu iPhone 16 diberikan izin edar.

    Di sisi lain, produsen ponsel lain sudah siap meluncurkan seri terbaru dalam waktu dekat. Samsung misalnya, yang akhir bulan ini akan meluncurkan Samsung Galaxy S25 secara global dan di Indonesia.

    Lantas, bagaimana nasib Apple di pasar HP Indonesia? Apa yang terjadi jika akhirnya iPhone 16 diizinkan dijual di dalam negeri?

    Galaxy AI Bisa Bahasa Indonesia, Bisa Pakai Bahasa Gaul. (CNBC Indonesia/Novina Putri Bestari)

    Terkait dengan hal tersebut, Direktur Ekonomi Digital Celios, Nailul Huda, menilai bahwa penjualan Apple pasti rebound ketika blokir penjualan iPhone 16 dibuka.

    “Saya rasa seharusnya meningkat kembali ketika iPhone 16 sudah dibuka secara legal penjualan di Indonesia,” kata Nailul kepada CNBC Indonesia, Jumat (10/1/2025).

    Sebab menurutnya, Indonesia masih menjadi salah satu pasar terbesar Apple di Asia. Diperbolehkannya iPhone 16 dijual di Indonesia akan meningkatkan animo pasar Apple di Indonesia kembali.

    “Toh juga sudah banyak masyarakat kita yang beli iPhone 16 dari luar negeri dengan mekanisme IMEI,” terangnya.

    Selain itu, ia melihat memang tidak adil bagi perusahaan lain mengenai TKDN jika dibandingkan dengan Apple. Namun menurutnya, kebijakan TKDN memberikan kelonggaran bagi Apple untuk tidak berinvestasi membuka fasilitas produksi seperti merek HP lain seperti Samsung, Vivo, dan Oppo.

    “Makanya memang harusnya di aturan TKDN-nya yang diubah,” kata dia.

     

    (dem/dem)

  • Jurus Vivo X200 Pro Hadapi Persaingan HP untuk Konser

    Jurus Vivo X200 Pro Hadapi Persaingan HP untuk Konser

    Jakarta

    Vivo X200 Pro siap meramaikan persaingan handphone yang punya kamera mumpuni untuk memotret konser. Sejumlah jurus sudah disiapkan Vivo agar HP barunya ini mengungguli kompetitor.

    Hadi Mandala, Product Manager Vivo Indonesia, mengatakan Vivo X200 Pro dibekali 200 MP Zeiss APO Telephoto Camera yang mengoptimalkan hasil jepretan khususnya di kondisi banyak pendaran cahaya seperti panggung. Makin dioptimalkan lagi dengan fitur-fitur yang dijanjikan membuat foto konser semakin ciamik.

    “Secara hardware dan peningkatan software itu yang membuat bedan dan unggul dari yang ada saat ini,” kata Hadi usai acara peluncuran Vivo X200 series di Jakarta.

    Ditambahkan Yifeng Hu, Director Product and New Business Zeiss Photonics and Optics, X200 Pro merupakan hasil kolaborasi Vivo dan pihaknya. Dan dalam pengembangannya mereka mengaku mencurahkan segala upaya agar memberikan pengalaman terbaik pagi pengguna.

    “Agar pengguna bisa mendapatkan sesuatu yang betul-betul unik dari apa yang sudah kami lakukan untuk para konsumen,” kata Hu di kesempatan yang sama.

    Hadi kembali menjelaskan guna menjawab kebutuhan memotret konser, Vivo menghadirkan Telephoto Super Stage di X200 Pro. Hal tersebut bisa dicapai dengan pemasangan tujuh kapabilitas yang diklaim pertama di industri saat ini, yakni kamera resolusi tinggi 200 MP, CIPA 4.5 Stabilization, Fluorite-Grade Glass Lenses, Telephoto Motor Module, Zeiss T* Coating, Zeiss APO Standard, dan sensor HP9 yang berukuran besar.

    Vivo X200 Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Vivo turut menggunakan algoritme cerdas untuk menyesuaikan pencahayaan dan fokus, sehingga subjek utama tetap terlihat jelas tanpa terpengaruh oleh latar belakang yang terlalu terang atau gelap. Video yang dihasilkan juga terlihat stabil dan jelas, menjadikannya sempurna untuk dibagikan di media sosial.

    “Fitur ini sangat relevan bagi para penggemar hiburan yang ingin menyimpan kenangan berharga dalam kualitas terbaik.

    Vivo X200 Pro mulai bisa dipesan 9 Januari 2025 dan akan dijual 17 Januari mendatang. Untuk spesifikasi dan bonus preorder bisa dibaca di sini.

    (afr/fay)