brand merek: Unilever

  • Sosok Sandy Harun, Mantan Istri Tommy Soeharto? Kini Izinkan Ida Iasha Jadi Ibu Kedua Putrinya

    Sosok Sandy Harun, Mantan Istri Tommy Soeharto? Kini Izinkan Ida Iasha Jadi Ibu Kedua Putrinya

    TRIBUNJATIM.COM – Kabar Tommy Soeharto memperistri Ida Iasha, viral di media sosial. 

    Hal ini pertama kali diungkap oleh Sandy Harun

    Bahkan Sandy Harun mengaku sudah menerima Ida Iasha sebagai ibu kedua bagi putrinya dengan Tommy Soeharto. 

    Untuk diketahui, Sandy Harun dan Tommy Soeharto memiliki seorang putri bernama Puteri Modiyanti.

    Siapa sosok Sandy Harun pun kini jadi sorotan.

    Pasalnya namanya tak perah disebut sebagai istri Tommy Soeharto.

    Lantas, seperti apa sosok Sandy Harun?

    Sandy Harun memiliki nama lengkap Regina Ursula Sandy.

    Ia lahir di Bandung, Jawa Barat pada 28 Februari 1965 dari pasangan Harun Al-Rasyid Wirasaputra dan Rosaline Harun.

    Sandy merupakan anak kedua dari enam bersaudara. Salah satu adiknya adalah artis Donna Harun.

    Sandy Harun memang dikenal sebagai model Tanah Air. Namun ia juga melebarkan sayapnya ke dunia akting.

    Realita, Cinta dan Rock’n Roll (2006) merupakan karya debutnya di industri perfilman.

    Sandy juga sempat membintangi film Susuk Pocong (2009) dan Toilet 105 (2010).

    Di tahun 2006, ia ternyata sempat bermain untuk 2 FTV yakni Super Model dan Laura, Simpan Kisahku.

    Terkait kehidupan pribadi, Sandy sempat menikah dengan  seniman sekaligus pengusaha, Setiawan Djodi.

    Namun, ia membuat pengakuan mengejutkan. Ia mengaku menikah siri dengan Tommy Soeharto.

    Sandy bahkan mempunyai anak perempuan dari Tommy yang kemudian diberi nama Puteri Modiyanti.

    Di sisi lain, pihak keluarga Cendana tidak pernah mengkonfirmasi hal tersebut.

    SOSOK SANDY HARUN – Potret Sandy Harun diambil dari Instagramnya pada Rabu (12/2/2025). Sandy Harun sempat menikah siri dengan Tommy Soeharto. (Instagram @sandyharunn)

    Sandy Harun kemudian bercerai dari Setiawan Djodi.

    Baru-baru ini Sandy menjadi buah bibir terkait postingannya di TikTok.

    Ia mengunggah momen perayaan ulang tahun Puteri yang digelar sederhana.

    Tommy Soeharto tampak hadir memberikan perhatiannya kepada Puteri.

    Pada momen itulah Ida Iasha terlihat mendampingi Tommy.

    Sandy bahkan mengonfirmasi bahwa keduanya telah menikah dan menjadi pasangan suami istri.

    Hal itu terungkap saat dirinya menjawab pertanyaan netizen.

    @archie_941 – slide ke-3 kyk Ida iasha, apa mirip aja yaa?

    “iya bener ,ibu kedua modi dan kebetulan sahabat aku.cantik ya,” balas Sandy.

    @archie_941 – ibu kedua modi, berarti skrg istrinya pak Tommy ya mbak, iya cantik sama kyk mbak Shandy..sehat2 yaa mbak dan keluarga

    “iya betul .sama2 ya,” balas Sandy.

    FAKTA SANDY HARUN – Potret Sandy Harun diambil dari Instagram dan TikToknya pada Rabu (12/2/2025). Sandy Harun benarkan kalau Ida Iasha istri Tommy Soeharto. (TikTok @reginaharun28 Instagram @sandyharunn)

    Deretan Film yang Dibintangi Ida Iasha

    Ida Iasha memiliki nama lengkap Ida Albertina van Suchtelen van de Haere.

    Ia lahir di Zwijndrecht, Belanda pada 14 Mei 1963.

    Ida merupakan anak ketiga dari lima bersaudara. Orang tuanya bernama Adrianus Jacobus Constan van Suchtelen van de Haere dan Thelma Gassner.

    Adrianus dikenal sebagai pemain terompet. Ia juga Kepala Riset Unilever Belanda.

    Saat berusia 17 tahun, Ida hijrah ke Indonesia dan tinggal di rumah nenek dari ibunya.

    Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di SMA Tarakanita 1 Jakarta sembari mengambil kursus Bahasa Indonesia.

    Seiring berjalannya waktu, Ida mulai terjun sebagai model.

    Tak hanya model untuk peragaan busana tapi juga sampul majalah.

    Pada tahun 1986, Ida memulai debutnya di dunia akting. Dari situlah kariernya berkembang pesat. 

    Ida ternyata sempat menjadi model untuk produk sabun populer, Lux.

    Berikut deretan film yang pernah dibintangi Ida Iasha:

    Tahu Sama Tahu (1986)
    Takdir Marina (1986)
    Kodrat (1986)
    Di Balik Dinding Kelabu (1986)
    Dendam Membara (1987)
    Mekar Diguncang Prahara (1987)
    Kasmaran (1987)
    Pemburu Berdarah Dingin (1988)
    Seputih Kasih Semerah Luka (1988)
    Arini II, Biarkan Kereta Itu Lewat (1988)
    Bunga Desa (1988)
    Giliran Saya Mana (1989)
    Misteri dari Gunung Merapi: Penghuni Rumah Tua (1989)
    Kanan Kiri OK (1989)
    Jeram Cinta (1989)
    Kanan Kiri OK II (1989)
    Gampang-Gampang Susah (1990)
    Kanan Kiri OK III (1990)
    Misteri dari Gunung Merapi II: Titisan Roh Nyai Kembang (1990)
    Perempuan Kedua (1990)
    Nada & Dakwah (1991)
    Tabir Biru (1993)
    Kuntilanak 2 (2007)
    Kuntilanak 3 (2008)
    Sajadah Ka’bah (2013)

    Sinetron

    Kembang Setaman (1996-1998)
    Salah Asuhan (1993-1994)

    Berita tentang Tommy Soeharto lainnya

  • Unilever Indonesia Raup Laba Bersih Rp3,4 Triliun di 2024, Anjlok 29,8 Persen

    Unilever Indonesia Raup Laba Bersih Rp3,4 Triliun di 2024, Anjlok 29,8 Persen

    JAKARTA – PT Unilever Indonesia, Tbk (UNVR) mencatatkan laba bersih sepanjang 2024 sebesar Rp3,4 triliun atau turun 29,8 pesen secara year on year (yoy) jika dibandingkan pada 2023 sebesar Rp4,8 triliun.

    Meski demikian, penjualan bersih UNVR sepanjang 2024 sebesar Rp35,13 triliun atau turun 9 persen jika dibandingkan pada 2023 sebesar Rp38,61 triliun.

    Presiden Direktur Unilever Indonesia Benjie Yap menyampaikan penurunan laba bersih sebesar 29,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya dikarenakan penurunan penjualan dan kenaikan investasi yang diperlukan dalam transformasi.

    Disisi lain, Benjie menjelaskan perseroan tengah berfokus pada transformasi bisnis dan organisasi, dan baru-baru ini memperoleh persetujuan dari para pemegang saham untuk mendivestasikan bisnis Es Krim.

    “Langkah-langkah strategis ini menggarisbawahi komitmen Perseroan untuk memperkuat posisi di pasar dan mendorong pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis, 13 Februari.

    Benjie menegaskan sepanjang tahun 2024, pihaknya mengambil tindakan yang tegas dan berani untuk menangani masalah-masalah utama dengan semaksimal mungkin.

    “Meskipun berbagai upaya tersebut berdampak pada kinerja jangka pendek, namun langkah-langkah ini berhasil memperkuat fundamental bisnis kami,” tuturnya.

    Benjie menegaskan berbagai tindakan untuk me-reset atau menata ulang bisnis yang pihaknya lakukan akan meringankan biaya dan mendorong pertumbuhan.

    “Kami mulai melihat progres dan kami percaya upaya-upaya ini akan membangun landasan yang lebih kuat untuk pertumbuhan jangka panjang,” ucapnya.

    Ia menjelaskan prioritas utama pihaknya meliputi penajaman fokus pada area-area dengan potensi tinggi; menyelaraskan organisasi seraya membangun talenta yang kuat dan mumpuni dibidangnya seperti mempertajam keunggulan merek serta terus meningkatkan efisiensi dan pelaksanaan operasional.

    Menurutnya dengan memastikan implementasi strategi yang efektif dan memberikan hasil yang terukur, kami memposisikan bisnis kami untuk kesuksesan jangka panjang.

    “Dengan perencanaan yang matang dan upaya yang terarah, kami yakin bahwa Perseroan dapat menghadapi tantangan dan membangun masa depan yang lebih kuat,” imbuhnya.

    Diketahui, penjualan domestik terkoreksi sebesar 8.7 persen dari tahun ke tahun karena Pertumbuhan Harga Dasar (Underlying Price Growth/UPG) yang negatif sebesar 3,6 persen dan Pertumbuhan Volume Dasar (Underlying Volume Growth/UVG) yang negatif sebesar 5,2 persen.

    Selain itu, penjualan setahun penuh secara signifikan dipengaruhi oleh berbagai upaya tegas dan berani, yang bertujuan untuk mengatasi masalah operasional demi memprioritaskan pertumbuhan jangka panjang.

    Sementara itu, marjin laba kotor sebesar 47,6 persen, terkoreksi sebesar 213 bps dibandingkan tahun sebelumnya sebagai dampak dari biaya transformasi dan pengurangan stok pelanggan. Hal ini karena ada perbaikan pangsa pasar selama tahun 2024 dibandingkan dengan posisi terendah di Desember 2023, walaupun masih di bawah posisi pangsa pasar secara year to date pada Oktober 2023.

    Kemudian, launch dan relaunch 46 inovasi untuk memperkuat merek dan portofolio serta memanfaatkan segmen konsumen yang sedang bertumbuh.

    Benjie menyampaikan perdagangan distributif yang sehat perseroan telah memperkuat saluran distribusi sebagai bagian dari transformasi yang dijalankan.

    Menurutnya hingga saat ini, transformasi tersebut telah berhasil mengurangi stok di distributor sekitar 50 persen dibandingkan dengan level tahun 2021, mencapai level stok terendah selama lebih dari 10 tahun terakhir serta berdampak baik pada peningkatan pertumbuhan serta keuntungan Perseroan.

    “Perseroan berhasil mencapai zero overdue (nol keterlambatan) dari mitra DT (Distributive Trade) dan menerapkan struktur harga yang konsisten dan transparan di penjuru market,” ucapnya.

    Benjie menyampaikan perseroan mencatat marjin laba kotor yang sehat sebesar 47.6 persen, didukung oleh program reset biaya yang kuat di aspek operasional.

    Menurutnya hal ini mencakup transformasi besar yang dilakukan di pabrik dan juga inisiatif produktivitas untuk yang berbasis non-pabrik. Mempertahankan marjin menjadi sangat penting untuk memposisikan bisnis demi profitabilitas dan keberlanjutan jangka panjang, memastikan kesuksesan yang berkesinambungan di pasar FMCG yang semakin kompetitif.

    Benjie menyampaikan ke depannya perseroan tetap berkomitmen terhadap pertumbuhan jangka panjang dan berkelanjutan dibandingkan dengan kinerja jangka pendek, dan akan terus mengambil tindakan tegas untuk mengatasi berbagai masalah operasional.

    “Melanjutkan kemajuan yang telah dicapai pada 2024, Perseroan akan melanjutkan transformasi Go-To-Market di 2025 termasuk memperluas jangkauan distribusi langsung dan tidak langsung, serta memastikan eksekusi yang mulus di pasar,” imbuhnya.

    Benjie menyampaikan peningkatan marjin laba kotor melalui efisiensi operasional dan peningkatan volume.

    Menurutnya dalam membangun brand dan portofolio yang lebih kuat dan terus berinvestasi di balik brand untuk memastikan seluruh brand tetap kompetitif dan relevan.

    Benjie menjelaskan karena upaya-upaya tersebut akan memberikan fondasi yang lebih kuat untuk pertumbuhan jangka panjang, Perseroan mengantisipasi akan melihat manfaat dari tindakan reset tersebut pada paruh kedua tahun 2025.

  • Harga Penutupan IHSG hari ini, 12 Feb 2025

    Harga Penutupan IHSG hari ini, 12 Feb 2025

    Jakarta, FORTUNE– Indeks Harga Saham Gabungan (Ihsg) melemah -149.00 poin atau -0.02 persen ke level 6875.00 pada penutupan perdagangan 12 Feb 2025. Tercatat ada 34 saham yang mengalami kenaikan dan 29 yang mengalami penurunan.

    Top Gainers & Top Loser Saham Hari Ini 12 Feb 2025

    ilustrasi pergerakan saham (unsplash.com/Wance Paleri)

    Dengan pelemahan IHSG hari ini, berikut ini saham-saham yang menjadi Top Gainer dan Top Loser pada perdagangan hari ini:

    Saham TPIA – Chandra Asri Pacific Tbk. naik 9.77%Saham BUKA – Bukalapak.com Tbk. naik 9.35%Saham TLKM – Telkom Indonesia (Persero) Tbk. naik 6.47%Saham JSMR – Jasa Marga (Persero) Tbk. naik 5.38%Saham WIKA – Wijaya Karya (Persero) Tbk. naik 4.92%Saham UNVR – Unilever Indonesia Tbk. turun -3.51%Saham INKP – Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. turun -2.50%Saham TKIM – Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. turun -1.95%Saham SMGR – Semen Indonesia (Persero) Tbk. turun -1.93%Saham INTP – Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. turun -1.90%

    Meskipun beberapa saham mengalami kenaikan, ada juga saham yang mengalami penurunan. Maka dari itu, penting bagi investor untuk melakukan analisis dengan cermat dan mempertimbangkan faktor-faktor fundamental serta sentimen pasar sebelum membuat keputusan Investasi.

  • Tencent Siap Danai Startup RI Inovasi Teknologi Karbon

    Tencent Siap Danai Startup RI Inovasi Teknologi Karbon

    Bisnis.com, JAKARTA – Tencent, perusahaan teknologi asal China, memberi peluang pendanaan minimal US$1 juta untuk startup hingga lembaga riset untuk mengembangkan inovasi teknologi karbon.

    Mitra Tencent di Indonesia yang diwakili Head of Programs Impact Hub Jakarta, Bunjamin mengatakan target pendanaan mulai dari universitas, lembaga riset, hingga startup yang peduli terhadap isu perubahan iklim.

    “Untuk mencapai target Net Zero Emissions pada 2050, kita perlu menghilangkan lebih banyak karbon dari udara dengan solusi-solusi berbasis teknologi,” katanya dalam siaran pers, Rabu (12/2/2025).

    Tencent, lanjutnya, telah membuka pendaftaran untuk program CarbonX 2.0 dalam mengurangi emisi karbon dengan pendanaan, bantuan teknis, dan fasilitas uji coba.

    Dia menjelaskan terdapat empat kategori yang dipersyaratkan, antara lain, pertama, Carbon Removal (penghilangan karbon) untuk inovasi penghilangan karbon dengan lokasi uji coba di Lembah Retakan Afrika Timur di Kenya.

    Kedua, Carbon Capture, Utilization, and Storage for the Steel Industry (Penangkapan, pemanfaatan dan penyimpanan karbon untuk industri baja) untuk pembuatan besi tanur tinggi di HBIS Serbia, yang merupakan mitra program CarbonX 2.0

    Ketiga, Long Duration Energy Storage (Penyimpanan energi jangka panjang) yang dapat menyalurkan sedikitnya 100 kW selama 6 jam lebih untuk uji coba di Pulau Himandhoo, Maladewa

    Keempat, CarbonXmade: Carbon Capture and Utilization (penangkapan dan pemanfaatan karbon) dimana para inovator bisa menawarkan solusi pemanfaatan karbon yang ditangkap untuk membuat produk konsumen dengan konsorsium CarbonXmade, yang antara lain beranggotakan Unilever dan Pepsico.

    Dia menambahkan tiap proyek percontohan yang lolos seleksi akan menerima pendanaan minimal US$1 juta, tergantung pada kebutuhan proyek yang bersangkutan. Untuk tiap kategori akan dipilih satu hingga tiga proyek unggulan.

    Proposal yang ditawarkan startup seri B, lanjutnya, juga akan dipertimbangkan. Selain itu, para pemenang akan diberikan bimbingan dari ahli, akses ke sumber daya sesuai skenario, dan kesempatan bermitra dengan pemangku kepentingan industri.

    “Kami yakin Indonesia memiliki banyak inovator teknologi karbon berbakat. Kami yakin solusi-solusi dari Indonesia bisa ditingkatkan secara global dan memberi kontribusi signifikan pada masa depan bebas karbon,” katanya.

    Melalui jaringan Tencent dan mitra globalnya, semua pemenang dapat menguji coba inovasinya di lokasi percontohan milik partner Tencent.

    CarbonX pertama diselenggarakan oleh Tencent pada 2024 di China. Untuk CarbonX 2.0, perusahaan penggagas aplikasi perpesanan WeChat ini memilih untuk memperluas jangkauannya. Tahun ini, pendaftaran CarbonX 2.0 terbuka bagi inovator di tujuh negara, termasuk Indonesia.

  • Perusahaan Manufaktur: Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya

    Perusahaan Manufaktur: Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya

    Dalam dunia Industri, Perusahaan Manufaktur memainkan peran penting sebagai penggerak utama ekonomi. Manufaktur adalah salah satu sektor yang memproduksi berbagai barang dan produk yang digunakan sehari-hari, mulai dari kendaraan, pakaian, hingga alat elektronik.

    Namun, apa sebenarnya perusahaan manufaktur itu? Apa ciri-ciri yang membedakan mereka dari jenis perusahaan lain? Dan, apa saja contoh perusahaan manufaktur yang sudah dikenal?

    Berikut ini akan membahas secara mendalam mengenai pengertian perusahaan manufaktur, ciri-cirinya, serta beberapa contoh perusahaan manufaktur terkemuka yang ada di Indonesia dan dunia.

    Pengertian perusahaan manufaktur

    Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang bergerak dalam produksi barang dari bahan mentah atau setengah jadi melalui proses pengolahan, perakitan, dan pembuatan.

    Barang yang dihasilkan ini kemudian dijual kepada konsumen, baik individu maupun perusahaan lain, untuk keperluan sehari-hari atau bisnis.

    Secara sederhana, manufaktur adalah proses mengubah bahan mentah menjadi produk yang siap digunakan.

    Ciri-ciri perusahaan manufaktur

    Perusahaan manufaktur memiliki sejumlah ciri khas yang membedakannya dari jenis perusahaan lain, di antaranya:

    Ciri utama perusahaan manufaktur adalah mereka mengubah bahan mentah atau setengah jadi menjadi barang yang siap digunakan. Bahan-bahan ini bisa berupa logam, plastik, tekstil, hingga bahan kimia.

    2. Proses produksi berskala besar

    Produksi dalam perusahaan manufaktur biasanya dilakukan secara massal, dengan skala besar dan terus menerus, menggunakan mesin dan teknologi yang canggih.

    3. Penggunaan mesin dan teknologi

    Salah satu ciri khas dari perusahaan manufaktur adalah ketergantungan pada mesin dan teknologi dalam proses produksinya. Mesin otomatis, robotika, dan teknologi canggih seperti AI (Artificial Intelligence) sering digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

    4. Fokus pada produksi barang fisik

    Berbeda dengan perusahaan jasa yang berfokus pada pelayanan, perusahaan manufaktur berfokus pada produksi barang fisik yang bisa dilihat dan digunakan oleh konsumen.

    5. Adanya rantai pasokan (supply chain) yang panjang

    Perusahaan manufaktur biasanya memiliki rantai pasokan yang panjang, mulai dari pemasok bahan mentah, pabrik pengolahan, hingga distribusi produk jadi ke tangan konsumen.

    6. Memerlukan sistem manajemen persediaan yang ketat

    Dalam perusahaan manufaktur, manajemen persediaan sangat penting. Mereka harus memastikan bahan mentah tersedia dalam jumlah yang cukup dan produk jadi disimpan dengan baik sebelum didistribusikan.

    Contoh perusahaan manufaktur

    Di Indonesia dan dunia, banyak perusahaan manufaktur yang sudah dikenal luas. Beberapa contoh perusahaan manufaktur yang terkenal antara lain:

    PT Astra International Tbk (Indonesia): Astra International merupakan perusahaan manufaktur besar di Indonesia yang memproduksi kendaraan bermotor, suku cadang, hingga alat berat. Unilever (Global): Unilever adalah perusahaan manufaktur produk konsumsi terbesar di dunia, memproduksi berbagai barang seperti sabun, deterjen, makanan, dan minuman. Toyota (Global): Toyota adalah salah satu produsen mobil terbesar di dunia, dengan pabrik manufaktur yang tersebar di berbagai negara. Mereka memproduksi berbagai tipe kendaraan, dari mobil penumpang hingga truk. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indonesia): Indofood merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di industri makanan dan minuman, dengan produk seperti mi instan, biskuit, dan minuman ringan yang sangat dikenal masyarakat Indonesia. Samsung Electronics (Korea Selatan): Samsung adalah salah satu perusahaan manufaktur elektronik terbesar di dunia, yang memproduksi ponsel, televisi, hingga perangkat rumah tangga. PT Krakatau Steel (Indonesia): Krakatau Steel adalah perusahaan manufaktur baja terbesar di Indonesia, yang menghasilkan baja untuk berbagai keperluan industri, seperti konstruksi, otomotif, dan alat berat.

    Perusahaan manufaktur memegang peranan penting dalam perekonomian global dan nasional, karena mereka menghasilkan barang-barang yang kita gunakan sehari-hari.

    Dengan memahami pengertian, ciri-ciri, dan contoh perusahaan manufaktur, kita bisa lebih menghargai kompleksitas proses produksi yang ada di balik barang-barang tersebut.

    Di Indonesia sendiri, banyak perusahaan manufaktur yang turut mendorong pertumbuhan ekonomi dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

    Jika Anda tertarik untuk lebih mendalami dunia manufaktur, industri ini menawarkan banyak peluang karier dan bisnis yang menarik, seiring berkembangnya teknologi dan inovasi dalam proses produksi.
     

  • Saham Unilever (UNVR) Terus Turun, Terendah Sejak 2009!

    Saham Unilever (UNVR) Terus Turun, Terendah Sejak 2009!

    Saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) menunjukkan tren pelemahan dalam beberapa waktu terakhir. Pada perdagangan Kamis (6/2), saham UNVR menyentuh level Rp1.530, turun 35 poin atau 2,24% dari perdagangan sebelumnya.

    Dalam sebulan terakhir, saham UNVR sudah anjlok 12,32%, setara 215 poin dan secara year-to-date (YTD) sudah menurun 305 poin, atau 16,62%.

    Perlu dicatat bahwa saham UNVR saat ini berada pada level terendah sejak 2009. Pada 30 Januari 2009, harga saham UNVR tercatat sebesar Rp1.580 dan mencapai harga tertingginya pada 2 Februari 2018, yaitu Rp11.005.

    Laba UNVR menurun

    Secara kinerja, UNVR mencatat penurunan kinerja keuangan hingga kuartal III-2024. Laba bersih perseroan turun 28,15% menjadi Rp3 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp4,18 triliun.

    Presiden Direktur Unilever Indonesia, Benjie Yap mengungkapkan penurunan laba Unilever disebabkan beberapa faktor seperti penurunan daya beli yang memengaruhi referensi brand tertentu dan efek boikot produk yang berlangsung sejak November 2024 masih terasa hingga sekarang. 

    Akibatnya, penjualan bersih Unilever turun 10,1% secara tahunan menjadi Rp27,4 triliun hingga kuartal III-2024. 

    Secara rinci, pendapatan domestik UNVR menurun sebesar 9,9% year-on-year (YoY) disebabkan Underlying Price Growth (UPG) negatif -4,1% dan Underlying Volume Growth (UVG) negatif -5,8%. Penurunan dalam UVG dikarenakan adanya ketidakstabilan harga dan adanya penurunan stok pelanggan di kuartal ketiga.

    “Sejauh ini terjadi penurunan nyata dari penjualan kami dan juga dampak dari ketidak konsistenan harga yang agresif menyebabkan laba bersih perusahaan lebih rendah. Dibandingkan Desember 2023, kami berhasil meraih kenaikan pangsa pasar, namun lebih rendah dibanding Oktober 2023,” kata Benjie dalam paparan publik virtual, Rabu (23/10).

    Di tengah kondisi bisnis yang menantang, Benjie mengatakan Unilever akan terus fokus dan dalam menciptakan pengalaman brand superior seperti kebutuhan rumah tangga dan perawatan tubuh dengan kualitas, inovasi dan beradaptasi sambil meningkatkan efisiensi biaya.

    Ia juga mengaku enggan melakukan strategi perang harga untuk memenangkan pasar.

    “Perang harga bukan cara kami memenangkan pasar. Yang harus dilakukan adalah memberi pengalaman ke konsumen dengan kualitas produk kami dan harga yang terjangkau lewat berbagai promosi dan kegiatan di pasar. Kami fokus melayani konsumen,” kata dia.

    Strategi bisnis Unilever

    Benjie mengatakan Unilever akan menavigasi bisnis dengan langkah-langkah yang diperlukan.

    “Sambil  terus beradaptasi pada lanskap pasar yang terus berkembang pesat, kami tetap fokus menghasilkan inovasi yang berkualitas dan konsisten untuk konsumen,” ujar Benjie.

    Perusahaan akan melakukan penyesuaian, mulai dari menyempurnakan ragam produk hingga memperkuat efisiensi operasional.

    “Meskipun diperlukan waktu untuk melihat dampak dari penyesuaian ini. saya yakin dengan kemampuan yang kami miliki untuk memulihkan dan menumbuhkan kinerja,” katanya.

    Ada empat strategi Unilever Indonesia untuk meningkatkan pasar, yaitu memperkuat merek dan portofolio merek, memperbaiki saluran lewat transformasi pada distributive trade (DT) dan manajemen stok yang efektif, peningkatan belanja iklan untuk mendorong penjualan, dan pengendalian biaya.

    Misalnya dengan otomatisasi di pabrik dan memperkuat organisasi agar lebih efisien dan akuntabel melalui transformasi berkelanjutan.

  • Emiten Saham yang Bagi Dividen 2 Kali Setahun

    Emiten Saham yang Bagi Dividen 2 Kali Setahun

    1. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR)

    Unilever Indonesia merupakan salah satu perusahaan barang konsumsi terbesar di Indonesia yang secara konsisten membagikan dividen dua kali dalam setahun. Konsistensi dalam pembayaran dividen ini mencerminkan stabilitas keuangan yang kuat, didukung oleh produk-produk yang selalu diminati oleh masyarakat.

    Pada tahun sebelumnya, UNVR membagikan dividen sebesar Rp77 per saham  dengan cum date pada 28 Juni 2024. Berdasarkan laporan keuangan terakhir, perusahaan ini membukukan laba bersih sebesar Rp3 triliun hingga kuartal III 2024, mengalami penurunan sebesar 28,15 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2023 yang mencapai Rp4,18 triliun.

    2. PT Astra International Tbk (ASII)

    Astra International, sebagai salah satu konglomerat terbesar di Indonesia, juga dikenal rutin membagikan dividen dua kali dalam setahun. Pembagian dividen ini menarik bagi investor yang menginginkan pendapatan pasif dari berbagai sektor bisnis Astra, termasuk otomotif, agribisnis, dan jasa keuangan. Pada 2023, Astra membagikan dividen sebesar Rp552 dan Rp98 per saham dengan cum date pada Mei dan Oktober.

    3. PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO)

    Perusahaan energi ini juga membagikan dividen dua kali dalam setahun, biasanya pada pertengahan tahun sekitar Mei dan akhir tahun sekitar Desember. Pada tahun lalu, ADRO membagikan dividen sebesar Rp209,31 per saham dengan cum date pada 27 Mei 2024. Sebelumnya, ADRO mencatat laba sebesar US$779 juta pada semester I 2024, mengalami penurunan sebesar 10,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai US$874 juta.

    4. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)

    Bank Central Asia (BCA), yang dimiliki oleh konglomerasi keluarga Hartono, secara rutin membagikan dividen dua kali dalam setahun. Berdasarkan catatan historis, dividen BCA biasanya dibagikan pada awal tahun sekitar bulan Maret dan akhir tahun sekitar bulan Desember.

    Pada tahun sebelumnya, BCA membagikan dividen sebesar Rp227,5 per saham dengan cum date pada 22 Maret 2024. Bank ini membukukan laba bersih sebesar Rp41,1 triliun pada kuartal III 2024, meningkat 12,8 persen secara tahunan. Kenaikan laba ini didorong oleh ekspansi pembiayaan yang berkualitas serta peningkatan volume transaksi dan pendanaan.

    5. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI)

    Bank Rakyat Indonesia (BRI), sebagai bank milik pemerintah, juga secara aktif membagikan dividen interim kepada para pemegang saham. Pembagian dividen interim ini biasanya dilakukan pada bulan Desember.

    Sepanjang semester I 2024, BRI berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp29,9 triliun, tumbuh 1,13 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Keberhasilan ini didukung oleh pendapatan bunga bersih yang mencapai Rp69,93 triliun, naik 6,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp65,54 triliun. 

    Penyaluran kredit BRI juga meningkat menjadi Rp1.336,78 triliun, tumbuh 11,2 persen secara tahunan, dengan komposisi kredit UMKM mencapai Rp1.095,64 triliun atau sekitar 81,95 persen dari total kredit yang diberikan.

    6. PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO)

    Emiten farmasi ini juga termasuk dalam daftar perusahaan yang rutin membagikan dividen dua kali dalam setahun. Berdasarkan riwayat pembagian dividen, cum date dividen SIDO biasanya terjadi pada pertengahan tahun sekitar April-Mei dan akhir tahun sekitar  Oktober-November.

    Pada tahun sebelumnya, SIDO membagikan dividen sebesar Rp18 per saham dengan cum date pada 27 Mei 2024. SIDO juga mencatatkan kenaikan laba bersih pada semester I 2024 sebesar 35,79 persen menjadi Rp608,49 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp448,1 miliar. Kenaikan laba ini didorong oleh pertumbuhan pendapatan serta peningkatan margin keuntungan perusahaan.

  • Berkah Suhendra usai Ikhlas Durian dan Uang Dijarah saat Pikap Terguling, Dapat Rezeki dari Polisi

    Berkah Suhendra usai Ikhlas Durian dan Uang Dijarah saat Pikap Terguling, Dapat Rezeki dari Polisi

    TRIBUNJATIM.COM – Video warga jarah durian dan uang saat pikap terguling viral di media sosial beberapa waktu lalu.

    Sang sopir pikap hanya bisa pasrah dan ikhlas atas apa yang menimpanya.

    Kini, sopir pikap yang bernama Suhendra itu pun mendapat rezeki tak terduga.

    Ia pun bersyukur atas berkah yang didapatkannya.

    Sebelumnya, peristiwa penjarahan tersebut terjadi di Jalinsum Kampung Banjar Masin, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, Lampung pada Minggu (26/1/2025) sekira pukul 01.00 WIB.

    Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika melalui Kapolres Way Kanan AKBP Adanan Mangopang memberikan santunan dan kebutuhan pokok untuk Suhendra pada Rabu (29/1/2025).

    Kapolres Way Kanan, Polda Lampung AKBP Adanan Mangopang menyampaikan rasa prihatin atas kejadian yang dialami korba.

    “Kami datang bersilaturahmi mengujungi rumah korban, murni sebagai wujud kepedulian Polri,” ujar Kapolres, melansir dari TribunLampung.

    Bantuan sosial (bansos) ini sebagai rasa kemanusiaan yang diberikan kepada keluarga korban lakalantas.

    Pihaknya juga sudah mendapatkan beberapa informasi dan identifikasi dari beberapa video atau barang bukti yang dikumpulkan.

    “Apabila cukup alat bukti maka kami akan memproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” tegasnya. 

    Adanan berharap kejadian serupa tidak terjadi lagi khususnya di wilayah hukum Polres Way Kanan.

    “Kami meminta para pengemudi yang melintasi Jalur lintas tengah Sumatera Way Kanan agar lebih berhati-hati dan apabila menemukan atau mengalami tindak pidana jangan segan segan untuk melaporkan kepada kami sehingga kami bisa melakukan upaya untuk segera mengungkap tindak pidana tersebut,” pesannya.

    Ucapan terimakasih disampaikan Sehendra atas kepedulian bapak Kapolda Lampung dan Jajarannya khususnya Kapolres Way Kanan dan mendoakan yang terbaik untuk Polres Way Kanan dan Polsek Baradatu.

    “Semoga kebaikan bapak di balas oleh Allah SWT dan pelaku pemerasan dapat segera diungkap,” kata dia.

    Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kasatlantas AKP Asep Suhendi, Kanit Regident Ipda Aprisa Putra Akhiriansa, Kanit Gakkum Ipda Fery Handayani bersama personel Polres Way Kanan untuk memberikan santunan ke rumah Suhendra bertempat di kediamannya di Kampung Pekon Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat.

    Adapun santunan yang diberikan berupa tali asih berupa uang santunan dan paket sembako yang langsung diberikan oleh Kapolres Way Kanan kepada korban lakalantas Suhendra.

    Sebelumnya, kendaraan pikap merek Isuzu Traga Warna Putih dengan Nopol BG 8035 TG yang dikemudikan korban yang bermuatan durian hilang kendali (out control) lalu terguling karena menghindari kendaraan yang searah berhenti dijalur menikung.

    Akibat kejadian itu, durian yang dibawa korban diduga dijarah warga setempat, ditambah uang dan STNK korban hilang saat di TKP.

    Sementara itu, Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving (JDDC), mengatakan, penjarahan pada truk atau mobil yang mengalami kecelakaan sudah sering terjadi dan seolah menjadi kebiasaan lama yang berulang.

    “Saya pernah melakukan investigasi kecelakaan truk logistik di Sidikalang, Sumatera Utara, karena kalau ada kecelakaan saya diminta oleh perusahaan untuk investigasi sebagai konsultan, kebetulan isi truk itu barang-barang Unilever seharga Rp 700 jutaan habis (oleh warga),” kata Jusri kepada Kompas.com, Selasa (28/1/2025).

    “Bahkan bukan hanya barang-barang di truk itu, tapi mulai dari ban dan ada saja semuanya habis. Padahal sopirnya meninggal, ada sopir yang meninggal tapi masyarakat tidak menolong tapi barang habis,” kata Jusri.

    Jusri bercerita, berdasarkan pengalaman pribadi penjarahan barang-barang mulai dari mobil pribadi dan truk yang sedang kecelakaan sudah terjadi dari tahun 80-an.

    Artinya tindakan kriminal dan minim empati pada orang yang sedang dilanda musibah sebetulnya sudah terjadi dari dulu.

    “Saya mau cerita mengenai barang-barang hilang tidak hanya terjadi saat ini, tapi pada tahun awal 80-an juga sudah terjadi,” katanya.

    “Saya mengalami, adik saya terbalik di Banyuwangi, Jawa Timur, jatuh ke dalam jurang pakai Jimny kanvas, mulai dari tape, ban serep, setir hilang semuanya,” kata Jusri.

    “Padahal itu posisinya di bawah jurang bukan di pinggir jalan. Dia naik merangkak setengah mati. Untung selamat,” ujar Jusri.

    Untuk itu, atas dasar kemanusiaan sangat diimbau kepada para warga buat menolong korban kecelakaan, dan jangan mencuri barang-barang korban.

    Segera laporkan kejadian kecelakaan kepada petugas yang berwenang, serta petugas kesehatan, untuk dilakukan penanangan secara cepat dan tepat.

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

  • Siapa Pemilik Unilever? Ini Profil dan Sejarah Perusahaannya

    Siapa Pemilik Unilever? Ini Profil dan Sejarah Perusahaannya

    Melansir laman resmi Unilever Global, sejarah berdirinya Unilever bermula dari penggabungan dua perusahaan, yaitu Margarine Unie dan Lever Brothers. Kedua perusahaan menandatangani perjanjian untuk mendirikan Unilever pada 2 September 1929 silam.

    Awalnya, kedua perusahaan tersebut bertujuan untuk bernegosiasi agar tidak saling bertentangan dalam hal produksi sabun dan margarin. Namun, akhirnya sepakat untuk bergabung.

    The Economist menggambarkan penggabungan dua perusahaan itu merupakan salah satu yang terbesar dalam sejarah Eropa. Adapun Unilever resmi berdiri pada tanggal 1 Januari 1930.

    Penjualan margarin melejit

    Pada 1938, Unilever mengeluarkan kampanye untuk meningkatkan persepsi publik terhadap margarin dan pertumbuhan merek yang diperkaya vitamin. Seperti Stork di Inggris dan Blue Band di Belanda, dengan penjualan margarin naik ke tingkat yang mendekati titik tertingginya pada 1929.

    Kemudian, selama tahun-tahun perang atau tepatnya pada 1940, Unilever secara efektif terpecah dengan bisnis-bisnis di wilayah pendudukan Jerman dan Jepang, serta terputus dari London dan Rotterdam. Hal ini mengarah pada pengembangan struktur perusahaan di mana bisnis-bisnis Unilever lokal bertindak dengan tingkat independensi yang tinggi dan berfokus pada kebutuhan pasar lokal.

    Berikan layanan mandi gratis 

    Saat serangan bom di Inggris pada 1941 (Blitz), Unilever lewat produk sabun Lifebuoy menyediakan layanan cuci darurat gratis bagi warga London. Unilever menyediakan mobil van yang dilengkapi pancuran air panas, sabun, dan handuk.

    Mereka mengunjungi daerah-daerah yang terkena bom di ibu kota untuk menyediakan fasilitas bersih-bersih bagi warga sekitar.

    Merambah ke bisnis produk beku

    Pada 1943, Unilever merambah ke produk beku dan mengakuisisi Batchelors. Unilever menjadi pemegang saham mayoritas di Frosted Foods. Sementara itu, Inggris memiliki hak atas metode pengawetan makanan yang baru untuk pasar massal, yakni deep-freezing.

    Dua tahun berikutnya atau tepatnya pada 1946, merk Birds Eye menambah portofolio makanan Unilever. Merk Birds Eye meluncurkan kacang polong beku pertama di Inggris. Namun, kini daging, ikan, es krim, dan makanan kaleng hanya menyumbang 9 persen dari total omzet Unilever.

  • Harga Penutupan IHSG hari ini, 12 Feb 2025

    Harga Penutupan IHSG hari ini, 23 Jan 2025

    Jakarta, FORTUNE– Indeks Harga Saham Gabungan (Ihsg) menguat 22.07 poin atau 0.00 persen ke level 7279.20 pada penutupan perdagangan 23 Jan 2025. Tercatat ada 28 saham yang mengalami kenaikan dan 27 yang mengalami penurunan.

    Top Gainers & Top Loser Saham Hari Ini 23 Jan 2025

    ilustrasi pergerakan saham (unsplash.com/Wance Paleri)

    Dengan penguatan IHSG hari ini, berikut ini saham-saham yang menjadi Top Gainer dan Top Loser pada perdagangan hari ini:

    Saham WIKA – Wijaya Karya (Persero) Tbk. naik 3.39%Saham PGAS – Perusahaan Gas Negara Tbk. naik 2.52%Saham SMGR – Semen Indonesia (Persero) Tbk. naik 2.37%Saham UNVR – Unilever Indonesia Tbk. naik 1.77%Saham TKIM – Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. naik 1.68%Saham MDKA – Merdeka Copper Gold Tbk. turun -3.94%Saham INCO – Vale Indonesia Tbk. turun -2.82%Saham BBNI – Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. turun -1.67%Saham ERAA – Erajaya Swasembada Tbk. turun -1.48%Saham TBIG – Tower Bersama Infrastructure Tbk. turun -1.46%

    Meskipun beberapa saham mengalami kenaikan, ada juga saham yang mengalami penurunan. Maka dari itu, penting bagi investor untuk melakukan analisis dengan cermat dan mempertimbangkan faktor-faktor fundamental serta sentimen pasar sebelum membuat keputusan Investasi.