brand merek: Toyota

  • Masih Jadi yang Terlaris di Keluarga Innova, Segini Harga Innova Reborn Diesel

    Masih Jadi yang Terlaris di Keluarga Innova, Segini Harga Innova Reborn Diesel

    Jakarta

    Kijang Innova Reborn Diesel paling laris di keluarga Innova. Segini harga jual Kijang Innova Reborn Diesel tersebut.

    Penjualan Kijang Innova Reborn Diesel masih laris manis. Sekalipun Toyota sudah menghadirkan Innova versi terbaru lewat model Zenix, Innova Reborn Diesel tetap jadi incaran.

    Harga Kijang Innova Reborn Diesel

    Buktinya, dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari-Mei 2025, Innova Reborn Diesel A/T distribusinya mencapai 8.173 unit. Bila dibandingkan dengan varian Innova lainnya, distribusi Innova Reborn Diesel itu unggul jauh.

    Dari sisi harga, Innova Reborn Diesel sebenarnya bersaing dengan Innova Zenix varian terendah. Bahkan lebih mahal Rp 1,4 juta ketimbang Innova Zenix termurah. Kijang Innova Reborn Diesel saat ini dibanderol Rp 437,5 juta untuk varian G A/T. Sedangkan Innova Zenix tipe terendah dijual seharga Rp 436,1 juta.

    Masih larisnya Innova Reborn tak lepas dari mesin diesel yang diusung. Seperti diketahui bersama, mesin diesel memang hanya tersemat pada Innova Reborn. Di Innova Zenix keseluruhan opsinya mengusung mesin bensin. Pada beberapa varian, mesin bensin itu dipadukan dengan teknologi hybrid sehingga membuatnya lebih irit dalam konsumsi BBM.

    Toyota Kijang Innova Reborn diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

    Sebagai perbandingan, Kijang Innova Zenix versi bensin mengusung mesin 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin berkapasitas 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm. Sementara varian hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS.

    (dry/rgr)

  • Daftar Harga Toyota Avanza Terbaru, Termurah Jadi Segini

    Daftar Harga Toyota Avanza Terbaru, Termurah Jadi Segini

    Jakarta

    Harga Toyota Avanza per Juni 2025 terpantau mengalami kenaikan tipis. Berikut ini daftar harga Toyota Avanza terbaru.

    Pesona Toyota Avanza belum memudar. Avanza masih banyak jadi incaran masyarakat Indonesia. Selain keandalannya sudah terbukti, faktor harga tak bisa dikesampingkan.

    Harga Avanza memang berada di rentang kebanyakan orang Indonesia membeli mobil yaitu Rp 200-300 jutaan. Per Juni 2025, harga Avanza terpantau masih berada di rentang tersebut meski mengalami kenaikan tipis. Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut ini daftar harga Toyota Avanza terbaru dikutip dari laman Auto2000.

    Harga Toyota Avanza Terbaru

    1. Toyota Avanza 1.3 E M/T: Rp 243 juta (sebelumnya Rp 242,9 juta)
    2. Toyota Avanza 1.3 E CVT: Rp 258 juta (sebelumnya Rp 257,6 juta)
    3. Toyota Avanza 1.5 G M/T: Rp 266 juta (sebelumnya Rp 265,6 juta)
    4. Toyota Avanza 1.5 G CVT: Rp 280,8 juta (sebelumnya Rp 280,4 juta)

    Menariknya dari keempat varian tersebut, yang paling laris bukan yang termurah, melainkan yang paling mahal. Dilihat detikOto dari data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari-Mei 2025, distribusi Avanza 1.5 G CVT mencapai 5.366 unit. Varian terlaris kedua adalah Avanza 1.5 G M/T dengan distribusi sebanyak 4.278 unit sepanjang lima bulan pertama tahun ini.

    Barulah di posisi ketiga, Avanza varian termurah yakni 1.3 E M/T dengan total distribusi 3.212 unit. Terakhir ada Avanza 1.3 E CVT yang mencatatkan distribusi sebanyak 2.380 unit.

    Dari sisi fitur, Avanza 1.5 G CVT termasuk yang lengkap dibandingkan tiga varian lainnya. Namun untuk yang paling lengkap ada di Avanza 1.5 G CVT TSS. Avanza 1.5 G CVT ini dibekali dengan mesin 2NR-VE yang bisa menyemburkan daya maksimum 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 14 kgm pada 4.200 rpm.

    Avanza 1.3 L menggendong mesin berkode 1NR-VE dengan kapasitas silinder 1.329 cc. Diameter x langkahnya 72.5 x 80.5 mm. Berkat mesin itu, Avanza 1.3 L bisa menyemburkan daya maksimum 98 PS pada 6.000 rpm. Torsi maksimumnya 12.4 kgm pada 4.200 rpm.

    (dry/rgr)

  • Toyota Fortuner Dilelang Mulai Rp 24 Jutaan, Begini Kondisinya

    Toyota Fortuner Dilelang Mulai Rp 24 Jutaan, Begini Kondisinya

    Jakarta

    Ada Toyota Fortuner dilelang mulai Rp 24 jutaan. Begini kondisi Fortuner yang dilelang KNKT mulai Rp 24 jutaan.

    Komite Nasional Keselamatan Transportasi Kementerian Perhubungan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta I bakal melelang kendaraan operasional.

    Ada tiga kendaraan yang bakal dilelang yaitu Isuzu Panther, Ford Everest, dan Toyota Fortuner seperti tercantum dalam Pengumuman Lelang/Penjualan Barang Milik Negara. Di antara ketiga mobil yang bakal dilelang itu, Toyota Fortuner ditawarkan dengan harga limit dan jaminan paling rendah.

    Toyota Fortuner yang dilelang adalah tipe 4×2 G A/T dengan nomor polisi B-2948-KQ. Nomor rangkanya MHFZX69G977003135 dan nomor mesinnya 2TR6445233. Fortuner tersebut merupakan lansiran tahun 2007 dan warnanya hitam metalik. Surat-suratnya lengkap. BPKB dan STNK tersedia. Namun bagi kamu yang tertarik, wajib tahu kondisinya. Tertulis kondisi mobil ‘Rusak Berat’. Fortuner tersebut ditawarkan dengan harga limit Rp 24,311 juta dan uang jaminan Rp 12 juta.

    Kalau mau melihat langsung, maka bisa datang ke kantor KNKT Kementerian perhubungan Jl.Medan Merdeka Timur no.5 Gambir, Jakarta Pusat pada 17 Juni 2025 dari pukul 10.00 sampai dengan 15.00 WIB.

    Lelang akan dilakukan pada hari Rabu, 18 Juni 2025. Cara penawaran adalah Open Bidding dengan mengakses situs https://lelang.go.id. Waktu penawaran adalah mulai sejak tayang pada aplikasi lelang sampai dengan batas akhir penawaran. Pemenang akan ditetapkan setelah batas akhir penawaran. Biaya lelang adalah 2 persen dari harga lelang. Kalau kamu tertarik, berikut ini persyaratan lelang yang harus dipenuhi.

    Syarat Ikut Lelang

    1. Memiliki akun yang telah terverifikasi pada situs https://lelang.go.id/. Syarat dan ketentuan serta tata cara pendaftaran peserta lelang dapat dilihat pada situs tersebut.
    2. Objek lelang dijual apa adanya (as is) sehingga apabila karena sesuatu hal terjadi gugatan, tuntutan, dan pembatalan pelaksanaan lelang terhadap objek lelang tersebut di atas, pihak-pihak yang berkepentingan/peminat lelang tidak diperkenankan untuk melakukan tuntutan dalam bentuk apapun kepada KPKNL Jakarta I dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)
    3. Apabila sampai batas waktu yang telah ditentukan pemenang lelang belum melunasi harga lelang, maka pemenang lelang tersebut dinyatakan wanprestasi dan uang jaminan lelang akan disetorkan ke Kas Negara
    4. Peserta lelang diimbau untuk melihat objek lelang pada saat open House yang akan dilaksanakan di Gedung Kementerian Perhubungan Komite Nasional Keselamatan Transportasi Jl.Medan Merdeka Timur no.5 Gambir, Jakarta Pusat 10110, pada hari Selasa 17 Juni 2025 pukul 10.00 s/d 15.00 WIB dan dianggap menyetujui aspek legal dari objek lelang yang dilelang dengan kondisi apa adanya (as is). Apabila peserta tidak menghadiri Open House maka dianggap telah mengikuti Open House dan dianggap telah mengetahui ketentuan dan keadaan objek lelang.
    5. Peserta lelang wajib melakukan pelunasan harga lelang lima hari kerja setelah pelaksanaan lelang dan ditetapkan sebagai pemenang

    (dry/rgr)

  • Segini Banyak Mobil BYD-Denza yang Dibeli Orang Indonesia

    Segini Banyak Mobil BYD-Denza yang Dibeli Orang Indonesia

    Jakarta

    Sebagai pendatang baru, pabrikan China BYD-Denza sudah mengirimkan puluhan ribu unit mobilnya ke konsumen di Indonesia dalam kurun waktu setahun.

    BYD resmi menginjakkan kaki di Indonesia pada Februari 2024. Kala itu, BYD meluncurkan tiga mobil sekaligus yakni Dolphin, Atto 3, dan Seal. Konsumen yang tertarik pun sudah bisa langsung melakukan pemesanan. Pesanan yang masuk pun membludak. Sayang, pengiriman tak bisa langsung dilakukan. BYD baru bisa mengirimkan mobilnya ke konsumen Indonesia itu pada Juni 2024.

    Sejak saat itu, pengiriman mobil BYD pun terbilang moncer. Perlahan tapi pasti, kini BYD sudah merangsek ke 10 besar daftar merek mobil terlaris di dalam negeri bersama dengan Toyota, Honda, Suzuki, Daihatsu, Mitsubishi, dan beberapa merek lainnya.

    Di bawah naungan BYD Group, hadir juga Denza yang berupaya memikat kalangan berduit dengan MPV listrik bongsor. Keduanya terbilang sukses di segmen kendaraan listrik dalam negeri. Sebab, seluruh mobil yang dijual BYD dan Denza bertenaga listrik. Secara total sejak Juni 2024, BYD telah mengirimkan 30.000 unit mobil ke konsumen di Indonesia.

    “Minggu lalu, BYD telah mengirimkan 30.000 unit lebih kendaraan di Indonesia. Bersama sub-brand kami Denza, BYD Group saat ini memegang pangsa pasar sebesar 52,6 persen di pasar kendaraan listrik nasional,” tutur Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao.

    Di Indonesia, BYD saat ini sudah memiliki lima produk di berbagai segmen mulai dari MPV, SUV, hingga Sedan. Modelnya yaitu Dolphin, Atto 3, Seal, Sealion 7, dan M6. Dari kelima model itu, M6 adalah tulang punggung. Dalam kurun waktu satu tahun setelah diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, sudah ada 10.100 unit BYD M6 yang dikirim ke garasi konsumen Indonesia. Sementara Denza, meluncur perdana pada Januari 2025. Satu-satunya produk andalan Denza di Indonesia adalah MPV D9.

    MPV D9 itu bertarung ketat dengan segmen yang dihuni Toyota Alphard, Toyota Vellfire, Lexus LM350, hingga Hyundai Staria. Terlebih bila bicara harga, Denza D9 termurah dibandingkan rival-rivalnya.

    “M6 menjadi salah satu kunci penting di balik kesuksesan ini. 52 persen berarti, setiap 2 unit EV di Indonesia ada 1 mobil BYD yang terjual,” kata Eagle.

    (dry/rgr)

  • Babak Baru Bridgestone di Dunia Motorsport

    Babak Baru Bridgestone di Dunia Motorsport

    Jakarta

    Bridgestone memulai babak baru di dunia motorsport. Langkah itu ditempuh setelah Bridgestone memastikan dukungannya untuk Autobacs Super GT dan GR86 Cup Malaysia Series.

    Bridgestone memberikan dukungan penuh terhadap rangkaian balap Autobacs Super GT dan debut GR86 Cup Malaysia Series yang bakal digelar di Petronas Sepang International Circuit 26-28 Juni 2025. Dukungan Bridgestone itu juga sekaligus menjadi momen ‘comeback’ pabrikan ke Sepang. Ini juga menjadi babak baru bagi Bridgestone di dunia motorsport sekaligus menegaskan komitmennya terhadap performa, inovasi, dan keberlanjutan.

    Autobacs Super GT akan menghadirkan deretan tim kompetitor yang beragam, termasuk tim papan atas yang menggunakan ban Bridgestone. Bridgestone memasok ban kepada beberapa tim terdepan di ajang Autobacs Super GT, termasuk juara bertahan TGR TEAM au TOM’S. Melalui merek Potenza, Bridgestone menghadirkan teknologi ban canggih yang dirancang untuk memenuhi tuntutan ekstrem dalam balapan GT. Salah satu contohnya teknologi ‘Ultimate Eye’ yang bisa menganalisa perilaku kontak ban dengan permukaan jalan. Dengan demikian kontak akan lebih optimal dan rekayasa presisi pada kompon tapak serta konstruksi ban.

    Sementara pada balapan GR86 Cup Malaysia Series, Bridgestone akan menjadi pemasok ban eksklusif. Pada balapan ini, Bridgestone akan memasok ban Potenza RE-71RS. Ban tersebut merupakan wujud dari konsep ‘From Circuit to Street’ dengan menghadirkan teknologi balap ke penggemar otomotif. Potenza RE-71RS ini memungkinkan setiap pebalap mengejar performa terbaik dengan penuh percaya diri.

    Di luar lintasan, Bridgestone akan menghadirkan sensasi dunia motorsport melalui pengalaman interaktif di acara ini, yang berpusat pada kampanye ‘What Sets Your Heart Racing’. Pengunjung booth Bridgestone dapat merasakan inti budaya motorsport melalui berbagai aktivitas menarik,termasuk tantangan seru ‘Spin the Tyre Challenge’, yang merayakan semangat kecepatan, kompetisi, dan adrenalin.

    Kembalinya Bridgstone di Sepang ini selaras dengan partisipasi global Bridgestone di dunia motorsport seperti Toyota Gazoo Racing GR86/BRZ Cup di Jepang, Super GT Series, Bridgestone World Solar Challenge, dan NTT Indycar Series di Amerika Utara.

    “Bridgestone terus berkembang dengan menyediakan ban berperforma tinggi yang disesuaikan dengan kondisi penggunaan dan masukan dari pembalap di berbagai kategori balap, sembari menjamin keselamatan dan ketenangan dengan prinsip dasar kami, ‘Ban membawa kehidupan’ dalam pengembangan ban motorsport,” ujar Seigo Hata, Wakil Presiden yang bertanggung jawab atas Penjualan, Pemasaran, dan Motorsport di Bridgestone Asia Pacific India China (BSAPIC).

    “Bagi Bridgestone, motorsport bukan sekadar kompetisi – melainkan laboratorium inovasi. Tuntutan ekstrem dari balapan mendorong kami untuk mengembangkan teknologi canggih dan berkelanjutan yang akan membentuk masa depan mobilitas. Melalui kolaborasi erat dengan masyarakat, mitra, dan pelanggan, kami berkomitmen untuk membentuk masa depan ini secara lebih berkelanjutan, sesuai pesan kami untuk aktivitas motorsport: ‘Passion to Turn the World’” lanjut Seigo.

    Dengan menjadikan motorsport sebagai laboratorium bergerak, Bridgestone berupaya menggunakan wawasan dari lintasan balap untuk mengembangkan ban pengganti generasi berikutnya, baik untuk mobil maupun sepeda motor. Konsep “From Circuit to Street” ini bertujuan agar inovasi yang diuji dalam kondisi balap dapat meningkatkan keselamatan dan performa pengemudi sehari-hari.

    (dry/din)

  • Toyota Gandeng Xiaomi-Huawei, Ini yang Direncanakan

    Toyota Gandeng Xiaomi-Huawei, Ini yang Direncanakan

    Jakarta

    Perusahaan patungan Toyota Motor Corporation (TMC) dan Guangzhou Automobile Group Co., Ltd. (GAC), GAC Toyota, menggandeng perusahaan teknologi asal China. Mereka akan menggarap elektrifikasi, pengembangan perangkat lunak, dan mobilitas cerdas.

    GAC Toyota menjalin kemitraan dengan Huawei, Xiaomi, dan Momenta. Perusahaan ini memperkenalkan dua platform kendaraan energi baru (NEV), arsitektur elektronik generasi berikutnya, dan tiga sistem hybrid sambil memulai ekosistem AI lokalnya di bawah inisiatif “China R&D 2.0”.

    Platform BEV baru Toyota dioptimalkan untuk segmen kompak dan menengah. Salah satunya Toyota bZ3X yang dibangun di atas platform ini. Platform multi-energi kedua akan mendukung konfigurasi BEV, PHEV, dan Range Extender EV untuk mobil dengan panjang hingga 5.300 mm. Model pertama platform tersebut yaitu sedan bZ7 berukuran sedang hingga besar akan dilengkapi LiDAR dan dijadwalkan diluncurkan pada Maret 2026.

    Dengan Xiaomi, Toyota memasuki kemitraan ekosistem AI strategis. Dengan bZ7, perangkat pintar Xiaomi, termasuk tablet dan pengeras suara pintar, akan terintegrasi dengan kendaraan Toyota untuk interaksi lintas platform. Kolaborasi ini bertujuan untuk menyelaraskan konektivitas kendaraan dengan ekosistem AIoT (AI + IoT) Xiaomi yang lebih luas, memperluas pengalaman cerdas dari rumah ke mobil.

    Sementara itu, kemitraan dengan Huawei akan memanfaatkan kokpit HarmonyOS dan asisten AI yang dikembangkan bersama. Toyota bZ7 juga akan menjadi kendaraan Toyota pertama yang dilengkapi HarmonyOS 5.0 dari Huawei, terintegrasi dengan chip Kirin dan layar infotainment 15,6 inci. Toyota dan Huawei juga bersama-sama mengembangkan asisten suara AI generasi baru bersama Tencent, yang mampu mengenali pengguna individu dan mengelola sistem kendaraan secara proaktif. Asisten akan berevolusi dari perintah pasif menjadi otomatisasi berbasis perilaku yang cerdas pada tahun 2028.

    Lebih lanjut, kolaborasi dengan Momenta akan menggarap sistem ADAS tingkat lanjut. Toyota bZ3X akan diperbarui dengan sistem pengemudian cerdas Momenta 6.0, yang menawarkan hampir 50 fitur baru. Sistem ini dirancang untuk memahami lingkungan berkendara yang kompleks, mendukung masukan berbasis suara dan gerakan, dan memungkinkan perilaku prediktif berdasarkan data yang dilatih melalui simulasi.

    Sebagai persiapan untuk tingkat otonomi kendaraan yang lebih tinggi, Toyota bermaksud menggabungkan kecerdasan kokpit dengan sistem bantuan pengemudi. Pada tahun 2028, mobil Toyota akan menggabungkan sensor yang menganalisis postur pengemudi, kelelahan, dan arah pandangan.

    (rgr/dry)

  • Honda Brio Perlu Penyegaran?

    Honda Brio Perlu Penyegaran?

    Jakarta

    Honda Brio kerap langganan masuk daftar mobil terlaris di Indonesia. Honda Brio belum mendapatkan sentuhan generasi baru, sudah saatnya?

    Honda Brio yang dijual di Indonesia saat ini adalah generasi kedua.Seperti diketahui, generasi pertama Honda Brio diluncurkan pada tahun 2012, sedangkan generasi kedua diluncurkan pada tahun 2018.

    Honda lalu melakukan facelift Honda Brio pada 2023, New Brio Satya dan New Brio RS mendapatkan beberapa ubahan, baik dari sisi eksterior maupun interior.

    Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan penyegaran terhadap model memang diperlukan. Baik berupa facelift atau all-new model, membuat mobil tetap relevan di tengah persaingan dengan model baru dari merek lain.

    “Refresh memang diperlukan, tapi kami pelajari ya refresh apa yang diperlukan untuk konsumen sekarang untuk Brio. Refreshment tidak harus full,” kata Billy belum lama ini.

    Meski tanpa sentuhan baru, Honda Brio masih begitu perkasa. Di segmen city car maupun LCGC, Honda Brio belum terkalahkan.

    Pesona Honda Brio banyak memikat masyarakat Indonesia. Terlebih di segmen city car dan juga Low Cost Green Car (LCGC), mobil mungil berkapasitas lima penumpang ini sulit dikalahkan rival-rivalnya. Di segmen city car misalnya, Honda Brio masih di atas Toyota Agya GR Sport maupun Daihatsu Sirion.

    Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dalam tiga tahun terakhir, penjualan Brio terbilang bagus. Brio juga tercatat sebagai runner up mobil terlaris 2023. Distribusi Brio baik varian Satya maupun RS sepanjang 2023 mencapai 62.195 unit.

    Setahun berikutnya, Honda Brio RS dan Satya menjadi mobil terlaris keempat dengan penjualan wholesales sebanyak 51.133 unit. Selanjutnya sepanjang Januari-Mei 2025, Honda Brio secara total sudah terdistribusi sebanyak 17.952 unit.

    (riar/dry)

  • Viral diduga `debt collector` rampas kendaraan di Stasiun Whoosh Halim

    Viral diduga `debt collector` rampas kendaraan di Stasiun Whoosh Halim

    Kepolisian membekuk empat orang debt collectors (penagih utang/kredit) yang kerap meresahkan warga atau pengguna jalan di wilayah Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (7/5/2025). (ANTARA/HO-Polres Jakbar)

    Viral diduga `debt collector` rampas kendaraan di Stasiun Whoosh Halim
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Senin, 16 Juni 2025 – 13:30 WIB

    Elshinta.com – Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan diduga sekelompok penagih utang (debt collector) melakukan aksi perampasan kendaraan di area Stasiun Whoosh Halim, Makasar, Jakarta Timur.

    “Informasi yang didapat dari keterangan saksi terjadinya selisih paham karena korban keberatan untuk memberikan kendaraan yang mau ditarik, yang diduga dilakukan debt collector,” kata Kapolsek Makasar Kompol Sumardi saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

    Sumardi menyebut, pihak kepolisian hingga saat ini belum menerima laporan resmi terkait insiden perselisihan yang terjadi pada Kamis (12/6) lalu.

    “Dan sampai saat ini yang merasa dirugikan tidak ada laporan ke pihak kepolisian,” ujar Sumardi.

    Sebelumnya, video yang memperlihatkan perselisihan antara sejumlah orang diduga debt collector dengan pemilik kendaraan viral di akun Instagram @infojaksel.id.

    Terlihat sang penagih utang tersebut sedang melakukan pemaksaan untuk mengambil kendaraan dan diduga memeras korban hingga puluhan juta.

    “Sekelompok orang diduga debt collector terlibat cekcok saat akan menarik kendaraan roda empat, Toyota Avanza Veloz di sekitar Stasiun Whoos Kereta cepat Halim, Makasar, Jakarta Timur pada Kamis 12 Juni 2025,” tulis akun Instagram @infojaksel.id.

    Berdasarkan informasi, setelah menarik paksa kendaraan, para pelaku diduga memeras korban dengan nominal Rp25 juta yakni Rp10 juta tunai dan Rp15 juta transfer.

    “Hal itu bertujuan agar kendaraan yang ditarik paksa dapat kembali kepada pemiliknya. Diketahui, salah satu dari kelompok orang tersebut diduga merupakan pelaku debt collector yang menarik kendaraan selebgram Clara Shinta pada tahun 2023 di kawasan Tebet, Jakarta Selatan,” lanjut keterangan video tersebut.

    Adapun keributan tersebut berhenti usai petugas keamanan Stasiun Whoosh dan seorang anggota TNI yang berada di tempat kejadian perkara (TKP) meleraikan perselisihan tersebut.

    Sumber : Antara

  • Demo Besar-besaran Tolak Kiamat Driver Online, Warga Ngamuk

    Demo Besar-besaran Tolak Kiamat Driver Online, Warga Ngamuk

    Jakarta, CNBC Indonesia – Elon Musk berencana memulai uji coba komersil untuk taksi otomatis (robotaxi) Tesla pada 22 Juni 2025 mendatang di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS). Hal ini memicu demo besar di wilayah tersebut.

    Masyarakat protes dan mengungkapkan penolakan terhadap robotaxi Tesla yang bisa membawa ‘kiamat’ bagi profesi driver online. Pemicu utamanya karena sistem pengemudian otomatis Tesla dianggap tidak aman dan perusahaan tidak transparan.

    Para advokat keselamatan publik dan pendemo lainnya mengaku kecewa dengan keterlibatan CEO Tesla Musk dengan pemerintahan Presiden AS Donald Trump. Meski hubungan keduanya sempat renggang, namun masyarakat tetap menunjukkan penolakan terhadap perusahaan Musk.

    Para pendemo berkumpul bersama di area downtown Austin pada Kamis (12/6) pekan lalu untuk mengekspresikan kekhawatiran mereka terkait peluncuran robotaxi, dikutip dari CNBC International, Senin (16/6/2025).

    Anggota gerakan perlawanan terhadap Musk, seperti ‘Down Project’, ‘Tesla Takedown’, dan ‘Resist Austin’, mengatakan sistem pengemudian otomatis sebagian milik Tesla memiliki masalah keamanan serius.

    Sebagai informasi, Tesla menjual mobilnya dengan paket standar ‘Autopilot’ yang membantu pengemudian otomatis bagi pengendara. Selain itu, ada juga paket premium yang dinamai ‘Full Self-Driving’ (FSD) yang meliputi fitur penjagaan jalur otomatis, kemudi, dan parkir.

    Namun, sistem FSD itu sudah terlibat di banyak insiden tabrakan, termasuk puluhan yang masuk kategori fatal, menurut data yang dicatat Lembaga Keamanan Lalu Lintas Nasional (NHTS).

    Sementara itu, robotaxi Tesla yang dipamerkan Musk dalam klip video di X pada pekan lalu, memperlihatkan versi baru dari kendaraan populer Model Y milik Tesla yang dilengkapi software FSD teranyar.

    Sistem FSD tanpa supervisi manusia tersebut, atau teknologi robotaxi, belum tersedia untuk publik saat ini.

    Kritikus Tesla di The Dawn Project embawa versi Model Y dengan software FSD yang relatif baru (versi 13.2.9) untuk menunjukkan kepada masyarakat Austin cara kerjanya.

    Dalam demonstrasinya pada pekan lalu, mereka menunjukkan bagaimana Tesla dengan FSD melaju kencang melewati sebuah bus sekolah dengan rambu berhenti dan menabrak manekin seukuran anak-anak yang mereka letakkan di depan kendaraan tersebut.

    Sebagai informasi, CEO Dawn Project Dan O’Dowd yang juga mengelola Green Hiils Software, menjual teknologinya ke kompetitor Tesla seperti Ford dan Toyota.

    Stephanie Gomez yang juga menjadi peserta demo mengatakan kepada CNBC International bahwa ia tak suka dengan peran Musk di pemerintahan Trump. Ia juga mengatakan tak percaya pada standar keamanan Tesla.

    Lebih lanjut, Gomez mengklaim Tesla tak transparan kepada masyarakat terkait cara kerja robotaxi yang akan diluncurkan di Austin dalam beberapa waktu ke depan.

    Pendemo lainnya, Silvia Revelis, juga mengatakan menentang sikap dan aktivitas politik Musk. Namun, alasan terbesarnya ikut demo adalah tak percaya dengan keamanan Tesla.

    “Masyarakat belum mendapatkan hasil pengujian keamanan. Musk percaya posisinya ada di atas hukum,” kata dia.

    Tesla tak segera merespons permintaan komentar terhadap aksi penolakan robotaxi di Austin.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Alphard Cs Naik, Innova Zenix Tak Terkejar

    Alphard Cs Naik, Innova Zenix Tak Terkejar

    Jakarta

    Penjualan mobil hybrid mengalami penurunan dibanding April 2025. Di sisi lain, Innova Zenix tetap merajai mobil hybrid di Indonesia.

    Diolah dari data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil hybrid pada Mei 2025 tercatat 4.144 unit. Angka itu turun 7,8 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

    Innova Zenix Hybrid tetap nomor satu dengan angka penjualan 2.539 unit pada April 2025, naik dari bulan sebelumnya 2.421 unit. Dengan angka tersebut, Innova Zenix Hybrid terbukti menjadi tulang punggung segmen elektrifikasi Toyota di Indonesia.

    Posisi runner up mobil Hybrid ditempati XL7 Hybrid dengan angka penjualan 612 unit. Bulan lalu Ertiga Hybrid menempati posisi dua, namun pada Mei 2025, terpantau Ertiga hybrid tidak terdistribusi ke dealer sama sekali.

    Yaris Cross Hybrid melengkapi tiga besar dengan angka penjualan sebanyak 288 unit. Angka ini meningkat dari bulan sebelumnya cuma 161 unit.

    Kenaikan penjualan dialami MPV Hybrid premium seperti Alphard. MPV mewah itu terdistribusi sebanyak 89 unit pada Mei 2025. Naik dari bulan April sebanyak 47 unit.

    MPV mewah yang mengalami kenaikan ialah Lexus LM350h, mobil buat para sultan ini terdistribusi sebanyak 187 unit, naik dari bulan lalu 116 unit.

    Sementara itu, Hyundai Santa Fe Hybrid mencatatkan 112 unit, menandai kehadiran alternatif menarik di kelas SUV keluarga dengan teknologi elektrifikasi.

    Dengan angka penjualan di atas, terbukti mobil hybrid sudah punya tempat di hati masyarakat Indonesia.

    Hybrid menjadi opsi yang ingin bertransisi ke kendaraan lebih ramah lingkungan tanpa sepenuhnya meninggalkan mesin bakar.

    Toyota masih menjadi pemain utama. Namun kehadiran Suzuki, Hyundai, Haval, dan Lexus menjadikan kompetisi di pasar elektrifikasi semakin berwarna.

    Daftar penjualan mobil hybrid per Mei 2025:

    1. Kijang Innova Zenix Hybrid: 2.539 unit
    2. Suzuki XL7 Hybrid: 612 unit
    3. Yaris Cross Hybrid: 288 unit
    4. Lexus LM350 Hybrid: 187 unit
    5. Hyundai Santa Fe Hybrid: 112 unit
    6. Toyota Alphard Hybrid: 89 unit
    7. Haval Jolion Hybrid: 61 unit
    8. Toyota Camry Hybrid: 43 unit
    9. Toyota Vellfire Hybrid: 32 unit
    10. Lexus RX dan Honda Civic: masing-masing 30 unit

    (riar/rgr)