brand merek: Toyota

  • Yang Irit Banyak, yang Kencang Ada

    Yang Irit Banyak, yang Kencang Ada

    Jakarta

    Toyota mengundang puluhan media nasional untuk menguji jajaran komplet kendaraan mereka. Market leader kendaraan roda empat ini seakan mau membuktikan kalau mereka punya semua pilihan untuk masyarakat Indonesia: dari yang irit sampai yang kencang.

    Cuaca Lombok, Nusa Tenggara Barat, di awal Desember sebenarnya tidak bisa dibilang menyenangkan. Hujan deras, panas, dan gerimis seenaknya saja bergantian datang dan pergi. Tiga hari menjelajah Lombok mengendarai mobil-mobil hybrid Toyota dan line up GR-nya, kondisi cuaca seperti itu jadi menu tetap saya bersama puluhan wartawan lain.

    Test drive di Lombok ini digelar hanya sekitar dua pekan setelah Veloz Hybrid secara globol meluncur. Toyota memang menjadikan ajang test drive ini untuk lebih mengenalkan jagoan terbarunya ke khalayak banyak–meski sejatinya mereka tetap menurunkan banyak pilihan kendaraan hybrid lain.

    Toyota Veloz Hybrid Foto: Toyota Astra Motor

    Ada dua Veloz Hybrid yang diturunkan Toyota pada kesempatan test drive tiga hari ini. Sementara kendaraan elektrifikasi hybrid lainnya yang diturunkan adalah Yaris Cross HEV, Corolla Cross HEV, Innova Zenix HEV, Alphard HEV, Vellfire HEV, sampai Corolla Altis HEV, dan Camry HEV.

    Bandara Internasional Lombok menjadi titik start kami. Karakter jalanan Lombok yang berliku dan naik-turun membuat sesi test drive ini menjadi menyenangkan. Untungnya juga, jalanan di Lombok sangat minim volume kendaraan, ini membuat eksplorasi terhadap mobil jadi lebih optimal.

    Total ada tujuh mobil saya naikin sepanjang tiga hari test drive di Lombok ini. Mulai dari Corolla Cross hybrid, Veloz hybrid, Vellfire Hybrid, Alphard hybrid, Camry hybrid, Altis hybrid, serta Innova Zenix hybrid.

    Bergantian menjadi sopir dan penumpang, terasa betul bagaimana line up mobil-mobil hybrid Toyota bisa melibas jalur-jalur jalanan pusat kota Lombok sampai ke luar kota tanpa kendala sama sekali.

    Iring-iringan mobil hybrid Toyota saat digelar sesi test drive di Lombok. Foto: Toyota Astra Motor

    Sama sekali tidak ada masalah soal tenaga, Toyota menunjukkan kenapa mereka jadi produsen mobil hybrid paling laris di Indonesia. Termasuk ketika saya harus duduk di baris kedua Veloz hybrid yang baru saja launching. Sebagai pengguna lama Veloz, bangku baris kedua versi hybrid ini sungguh menawarkan kenyamanan yang jauh lebih baik.

    Menaklukkan GR Toyota di Sirkuit Mandalika

    Selain menjelajah jalan-jalan kota Lombok dan sekitarnya, kami juga sempat menghabiskan satu hari di Sirkuit Mandalika. Tentunya tidak lagi naik mobil-mobil hybrid. Toyota menyediakan kami line up terbuasnya yang dijual di Indonesia: Toyota GR.

    Ada lima unit GR yang disiapkan Toyota untuk disiksa di Sirkuit Mandalika, yakni New GR Yaris MT, GR Supra, GR Corolla serta GR86 MT dan AT.

    Ada dua mobil yang saya coba di atas lintasan, GR 86 AT dan GR Yaris MT. Meski masing-masing mobil hanya digeber dua lap, sungguh itu jadi pengalaman yang luar biasa.

    Dengan handling yang stabil dan penuh akurasi, GR 86 AT dan GR Yaris MT mampu mengikuti apa pun input driver dengan akurat. Kata Toyota, ini memang menjadi fokus pengembangan GAZOO Racing, yang mengutamakan keinginan driver begitu berada di balik kemudi, alias driver-first.

    GR86 dipersenjatai mesin 4-silinder 2.387 cc yang menghasilkan tenaga 235 PS pada 7.000 rpm dan torsi 250 Nm pada 3.700 rpm. Power sebesar itu didistribusikan ke roda belakang. Keberadaan Torsen limited-slip differential, memberikan traksi yang meyakinkan saat menikung.

    Mobil GR Toyota di Sirkuit Mandalika (Foto: Toyota Astra Motor)

    Toyota menyebut GR86 mengadopsi pengembangan yang dilakukan pada kompetisi motorsport global. Termasuk pengalaman berkendara yang responsif dan powerful, serta desain yang stylish. Sistem suspensi sebagai penopang kinerja mobil saat manuver cepat ikut direvisi untuk memberikan pergerakan yang dapat diprediksi oleh pengemudi.

    GR Yaris dibekali mesin G16E-GTS 1.600 cc 3 silinder direct injection turbocharger penggerak 4 roda (4WD) GR-FOUR. Dari konfigurasi itu dihasilkan tenaga maksimal 300 HP pada putaran mesin 6.500 rpm. Sedangkan torsinya 400 Nm pada putaran 3.250-4.600 rpm. Menariknya, ini merupakan salah satu mesin pabrikan dengan kubikasi kecil tapi punya tenaga paling besar di dunia.

    (din/rgr)

  • Hadirkan Fuji, Batik Kanthil, dan Kintakun Sambut Puncak 12.12 Birthday Sale

    Hadirkan Fuji, Batik Kanthil, dan Kintakun Sambut Puncak 12.12 Birthday Sale

    Jakarta: Selama satu dekade ini, jutaan cerita telah lahir di Shopee. Ada bisnis yang lahir dari mimpi sederhana, ada pengguna yang menemukan cara baru memenuhi kebutuhan, dan ada kreator yang sukses membangun audiens lewat konten pertamanya. Puncak 12.12 Birthday Sale pada 12 Desember 2025 akan menjadi momen perayaan untuk seluruh ekosistem yang telah berkontribusi dalam perjalanan ini.
     
    Berbagai penawaran menarik, kejutan dan kolaborasi eksklusif, hingga kisah-kisah inspiratif dalam video spesial hadir untuk merayakan sepuluh tahun pertumbuhan dan dampak yang tercipta bersama para pengguna, pelaku usaha, kreator, dan mitra di Shopee.
     
    Adi Rahardja, Senior Director of Business Development Shopee Indonesia mengatakan, “Perjalanan sepuluh tahun ini bukan hanya tentang Shopee, melainkan tentang mereka yang turut berkontribusi dan tumbuh bersama kami. Melihat teknologi fitur, dan program yang kami hadirkan membuka jalan bagi pengguna untuk berkembang, hal ini sangat berarti bagi kami. Di momen satu dekade ini, kami merayakan pencapaian melalui berbagai rangkaian, seperti diluncurkannya serial dokumenter ‘Melestarikan Warisan Budaya’ di YouTube Shopee Indonesia, promo menarik sepanjang kampanye 12.12 Birthday Sale, serta keseruan lainnya sebagai bentuk apresiasi bagi seluruh ekosistem yang telah mempercayai kami.”
     
    Merayakan satu dekade lewat kisah penjual lokal & kolaborasi spesial
    Selama sepuluh tahun terakhir, Shopee telah menjadi rumah bagi banyak penjual lokal dan UMKM yang tumbuh dan berkembang. Masing-masing melalui perjalanan yang berbeda, namun dipertemukan dalam satu wadah untuk terus berkembang melalui teknologi.
     
    Di momen satu dekade ini, Shopee merayakan perjalanan tersebut melalui berbagai selebrasi, termasuk serial dokumenter Shopee: ‘Melestarikan Warisan Budaya’ secara global dengan Batik Kanthil sebagai representasi UMKM Indonesia, dan kolaborasi produk eksklusif salah satunya bersama Kintakun untuk menghadirkan hadiah spesial bagi para pengguna.

     

     
    – Batik Kanthil: Perjalanan Melestarikan Warisan Budaya

    Melalui kisah penuh semangat dan ketekunan, Batik Kanthil membuktikan bahwa sebuah usaha yang sempat mengalami cobaan besar bukan berarti berakhir. Setelah kebakaran menghanguskan toko fisiknya, tekad untuk bertahan jauh lebih besar. 
     
    Ahmad Musa selaku Owner Batik Kanthil memilih untuk bangkit, memodernisasi bisnisnya dari motif dan model hingga cara berjualan, agar batik tetap relevan dan dicintai generasi masa kini. Kehadiran Shopee pun menjadi titik balik, sejak bergabung pada 2020, Batik Kanthil sukses mencatat peningkatan pesanan lebih dari 50 kali lipat. Lewat Program Ekspor Shopee, Batik Kanthil kini bisa menjangkau Malaysia, Singapura, dan Thailand.
     
    “Tidak hanya membantu memperluas jangkauan, Shopee membawa kami pada hal yang lebih besar. Kami bisa lebih dekat dengan pelanggan, menjawab pertanyaan secara langsung, berdiskusi secara real-time lewat fitur interaktif Shopee Live. Hasilnya Shopee Live menyumbang hampir 45% dari total pesanan Batik Kanthil. Dan kini kami bisa memiliki studio live streaming khusus. Tentunya berjalan bersama Shopee dalam meraih kesuksesan bisnis kami adalah sebuah kehormatan, apalagi kami bisa membawa cerita tentang batik Pekalongan secara ke seluruh dunia melalui video spesial ‘Melestarikan Warisan Budaya’. Seperti yang terlihat dalam video tersebut, Shopee benar-benar menjadi rumah sekaligus titik balik usaha kami,” ungkap Musa.
     
    – Kintakun: Kolaborasi Spesial Ulang Tahun ke-10 Shopee

    Menjadi bagian dari perjalanan panjang Shopee sejak pertama kali bergabung pada tahun 2015, Kintakun juga ikut berpartisipasi dalam merayakan momen istimewa ulang tahun ke-10 Shopee.
     
    Menandai perjalanan yang penuh arti ini, Kintakun menghadirkan kolaborasi spesial yang dirancang dengan penuh penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada para pengguna melalui Kintakun Sprei Set Special Shopee Birthday, koleksi edisi terbatas yang unik berbentuk jeruk berwarna oranye.
     
    Vincent Saputera, Marketing Director of Kintakun mengatakan, “Shopee telah menjadi mitra penting bagi Kintakun sejak memulai penjualan online. Berbagai program dan fitur interaktif Shopee juga memberikan dampak signifikan pada penjualan kami, seperti saat exclusive launch produk Kintakun di Shopee yang mendapat antusiasme tinggi dan habis terjual hanya dalam 1 hari. Maka dari itu, untuk merayakan ulang tahun ke-10 Shopee, kami hadirkan produk eksklusif ini sebagai ungkapan terima kasih. Kami berharap kolaborasi ini terus berlanjut, dan kedepannya lebih banyak inovasi dari Shopee yang membuka kesempatan bagi Kintakun dan brand lokal lainnya untuk tumbuh bersama.”

     

     
    Semarak 10 tahun Shopee di kemeriahan puncak 12.12 Birthday Sale
    Menjadi bagian dari perayaan satu dekade ini, Shopee juga menggandeng Fuji Utami sebagai wajah utama dalam iklan Shopee 12.12 Birthday Sale dan seorang Shopee Affiliate. Fuji mewakili semangat generasi muda yang antusias dalam memanfaatkan inovasi teknologi yang Shopee hadirkan.
     
    “Terima kasih banyak Shopee! Tidak hanya mempercayakan aku melalui kolaborasi di iklan terbaru Shopee 12.12, bergabung dengan Shopee Affiliate juga memberikan aku kesempatan untuk berkembang sebagai seorang kreator sambil mendapatkan penghasilan tambahan. Perjalanan ini luar biasa, dan aku sangat senang bisa menjadi bagian dari perayaan ulang tahun Shopee ke-10 melalui kampanye 12.12 kali ini,” ujar Fuji Utami, Public Figure.
     
    Di puncak kampanye 12.12 Birthday Sale, Shopee telah menyiapkan keseruan dan penawaran terbaik sebagai bentuk apresiasi atas kebersamaan yang telah terjalin selama 10 tahun terakhir. Mulai dari tanggal 11 Desember 2025 pukul 20:00 WIB, pengguna dapat menikmati Diskon s/d 120RB, Voucher Ulang Tahun s/d 100%, Potongan Langsung 1JT, Traktiran Mobil  Rp12 & 12.000 Produk Lainnya, serta Gratis Ongkir Rp0.
     
    Bahkan mulai pukul 00:00 WIB di 12 Desember mendatang, akan ada koleksi Semua Produk Rp1 spesial untuk pengguna Shopee. Selain itu, berbagai kejutan menarik lainnya juga akan hadir, antara lain:
     
    – Malam penuh kejutan di Shopee Live Superstars pada 11-12 Desember mulai pukul
    19.00 WIB. Pada kesempatan ini, pengguna bisa mendapatkan Mobil Toyota Calya seharga Rp12, ditemani langsung oleh deretan artis papan atas, mulai dari Anang & Ashanty, Mischa Chandrawinata, Ria Ricis, Lila Azmina, hingga Cece_Fancyitems.
     
    – Shopee juga menghadirkan rangkaian kolaborasi spesial dengan lebih dari 60 brand favorit pengguna. Brand lokal ternama seperti Kintakun akan merilis sprei dengan desain spesial Shopee, Aerostreet hadir dengan produk parfum wangi Shopee, ada juga Erigo yang menghadirkan kaos dengan desain eksklusif, hingga Yupi dengan gummy berbentuk logo Shopee, dan masih banyak lainnya.

    – Pengguna juga dapat menikmati kejutan spesial melalui Birthday Box, kotak hadiah edisi ulang tahun yang berisi pilihan produk menarik dari berbagai brand favorit dan tersedia mulai dari 9 Desember mendatang.
     
    “Shopee sangat berterima kasih kepada seluruh pengguna, UMKM dan brand lokal, para kreator, serta mitra bisnis yang telah bersama kami sepanjang 10 tahun ini. Dukungan Anda semua adalah bagian terpenting dari perjalanan kami. Kami berharap kampanye 12.12 ini bisa menjadi bentuk apresiasi kami dan membawa kebahagiaan lebih kepada setiap orang yang telah menjadi bagian dari keluarga Shopee,” tutup Adi.
     
    Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale, kunjungi https://shopee.co.id/m/12-12.

     

    Jakarta: Selama satu dekade ini, jutaan cerita telah lahir di Shopee. Ada bisnis yang lahir dari mimpi sederhana, ada pengguna yang menemukan cara baru memenuhi kebutuhan, dan ada kreator yang sukses membangun audiens lewat konten pertamanya. Puncak 12.12 Birthday Sale pada 12 Desember 2025 akan menjadi momen perayaan untuk seluruh ekosistem yang telah berkontribusi dalam perjalanan ini.
     
    Berbagai penawaran menarik, kejutan dan kolaborasi eksklusif, hingga kisah-kisah inspiratif dalam video spesial hadir untuk merayakan sepuluh tahun pertumbuhan dan dampak yang tercipta bersama para pengguna, pelaku usaha, kreator, dan mitra di Shopee.
     
    Adi Rahardja, Senior Director of Business Development Shopee Indonesia mengatakan, “Perjalanan sepuluh tahun ini bukan hanya tentang Shopee, melainkan tentang mereka yang turut berkontribusi dan tumbuh bersama kami. Melihat teknologi fitur, dan program yang kami hadirkan membuka jalan bagi pengguna untuk berkembang, hal ini sangat berarti bagi kami. Di momen satu dekade ini, kami merayakan pencapaian melalui berbagai rangkaian, seperti diluncurkannya serial dokumenter ‘Melestarikan Warisan Budaya’ di YouTube Shopee Indonesia, promo menarik sepanjang kampanye 12.12 Birthday Sale, serta keseruan lainnya sebagai bentuk apresiasi bagi seluruh ekosistem yang telah mempercayai kami.”
     

    Merayakan satu dekade lewat kisah penjual lokal & kolaborasi spesial

    Selama sepuluh tahun terakhir, Shopee telah menjadi rumah bagi banyak penjual lokal dan UMKM yang tumbuh dan berkembang. Masing-masing melalui perjalanan yang berbeda, namun dipertemukan dalam satu wadah untuk terus berkembang melalui teknologi.
     
    Di momen satu dekade ini, Shopee merayakan perjalanan tersebut melalui berbagai selebrasi, termasuk serial dokumenter Shopee: ‘Melestarikan Warisan Budaya’ secara global dengan Batik Kanthil sebagai representasi UMKM Indonesia, dan kolaborasi produk eksklusif salah satunya bersama Kintakun untuk menghadirkan hadiah spesial bagi para pengguna.
     
     

     
    – Batik Kanthil: Perjalanan Melestarikan Warisan Budaya
     
    Melalui kisah penuh semangat dan ketekunan, Batik Kanthil membuktikan bahwa sebuah usaha yang sempat mengalami cobaan besar bukan berarti berakhir. Setelah kebakaran menghanguskan toko fisiknya, tekad untuk bertahan jauh lebih besar. 
     
    Ahmad Musa selaku Owner Batik Kanthil memilih untuk bangkit, memodernisasi bisnisnya dari motif dan model hingga cara berjualan, agar batik tetap relevan dan dicintai generasi masa kini. Kehadiran Shopee pun menjadi titik balik, sejak bergabung pada 2020, Batik Kanthil sukses mencatat peningkatan pesanan lebih dari 50 kali lipat. Lewat Program Ekspor Shopee, Batik Kanthil kini bisa menjangkau Malaysia, Singapura, dan Thailand.
     
    “Tidak hanya membantu memperluas jangkauan, Shopee membawa kami pada hal yang lebih besar. Kami bisa lebih dekat dengan pelanggan, menjawab pertanyaan secara langsung, berdiskusi secara real-time lewat fitur interaktif Shopee Live. Hasilnya Shopee Live menyumbang hampir 45% dari total pesanan Batik Kanthil. Dan kini kami bisa memiliki studio live streaming khusus. Tentunya berjalan bersama Shopee dalam meraih kesuksesan bisnis kami adalah sebuah kehormatan, apalagi kami bisa membawa cerita tentang batik Pekalongan secara ke seluruh dunia melalui video spesial ‘Melestarikan Warisan Budaya’. Seperti yang terlihat dalam video tersebut, Shopee benar-benar menjadi rumah sekaligus titik balik usaha kami,” ungkap Musa.
     
    – Kintakun: Kolaborasi Spesial Ulang Tahun ke-10 Shopee

    Menjadi bagian dari perjalanan panjang Shopee sejak pertama kali bergabung pada tahun 2015, Kintakun juga ikut berpartisipasi dalam merayakan momen istimewa ulang tahun ke-10 Shopee.
     
    Menandai perjalanan yang penuh arti ini, Kintakun menghadirkan kolaborasi spesial yang dirancang dengan penuh penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada para pengguna melalui Kintakun Sprei Set Special Shopee Birthday, koleksi edisi terbatas yang unik berbentuk jeruk berwarna oranye.
     
    Vincent Saputera, Marketing Director of Kintakun mengatakan, “Shopee telah menjadi mitra penting bagi Kintakun sejak memulai penjualan online. Berbagai program dan fitur interaktif Shopee juga memberikan dampak signifikan pada penjualan kami, seperti saat exclusive launch produk Kintakun di Shopee yang mendapat antusiasme tinggi dan habis terjual hanya dalam 1 hari. Maka dari itu, untuk merayakan ulang tahun ke-10 Shopee, kami hadirkan produk eksklusif ini sebagai ungkapan terima kasih. Kami berharap kolaborasi ini terus berlanjut, dan kedepannya lebih banyak inovasi dari Shopee yang membuka kesempatan bagi Kintakun dan brand lokal lainnya untuk tumbuh bersama.”
     
     

     

    Semarak 10 tahun Shopee di kemeriahan puncak 12.12 Birthday Sale

    Menjadi bagian dari perayaan satu dekade ini, Shopee juga menggandeng Fuji Utami sebagai wajah utama dalam iklan Shopee 12.12 Birthday Sale dan seorang Shopee Affiliate. Fuji mewakili semangat generasi muda yang antusias dalam memanfaatkan inovasi teknologi yang Shopee hadirkan.
     
    “Terima kasih banyak Shopee! Tidak hanya mempercayakan aku melalui kolaborasi di iklan terbaru Shopee 12.12, bergabung dengan Shopee Affiliate juga memberikan aku kesempatan untuk berkembang sebagai seorang kreator sambil mendapatkan penghasilan tambahan. Perjalanan ini luar biasa, dan aku sangat senang bisa menjadi bagian dari perayaan ulang tahun Shopee ke-10 melalui kampanye 12.12 kali ini,” ujar Fuji Utami, Public Figure.
     
    Di puncak kampanye 12.12 Birthday Sale, Shopee telah menyiapkan keseruan dan penawaran terbaik sebagai bentuk apresiasi atas kebersamaan yang telah terjalin selama 10 tahun terakhir. Mulai dari tanggal 11 Desember 2025 pukul 20:00 WIB, pengguna dapat menikmati Diskon s/d 120RB, Voucher Ulang Tahun s/d 100%, Potongan Langsung 1JT, Traktiran Mobil  Rp12 & 12.000 Produk Lainnya, serta Gratis Ongkir Rp0.
     
    Bahkan mulai pukul 00:00 WIB di 12 Desember mendatang, akan ada koleksi Semua Produk Rp1 spesial untuk pengguna Shopee. Selain itu, berbagai kejutan menarik lainnya juga akan hadir, antara lain:
     
    – Malam penuh kejutan di Shopee Live Superstars pada 11-12 Desember mulai pukul
    19.00 WIB. Pada kesempatan ini, pengguna bisa mendapatkan Mobil Toyota Calya seharga Rp12, ditemani langsung oleh deretan artis papan atas, mulai dari Anang & Ashanty, Mischa Chandrawinata, Ria Ricis, Lila Azmina, hingga Cece_Fancyitems.
     
    – Shopee juga menghadirkan rangkaian kolaborasi spesial dengan lebih dari 60 brand favorit pengguna. Brand lokal ternama seperti Kintakun akan merilis sprei dengan desain spesial Shopee, Aerostreet hadir dengan produk parfum wangi Shopee, ada juga Erigo yang menghadirkan kaos dengan desain eksklusif, hingga Yupi dengan gummy berbentuk logo Shopee, dan masih banyak lainnya.
     
    – Pengguna juga dapat menikmati kejutan spesial melalui Birthday Box, kotak hadiah edisi ulang tahun yang berisi pilihan produk menarik dari berbagai brand favorit dan tersedia mulai dari 9 Desember mendatang.
     
    “Shopee sangat berterima kasih kepada seluruh pengguna, UMKM dan brand lokal, para kreator, serta mitra bisnis yang telah bersama kami sepanjang 10 tahun ini. Dukungan Anda semua adalah bagian terpenting dari perjalanan kami. Kami berharap kampanye 12.12 ini bisa menjadi bentuk apresiasi kami dan membawa kebahagiaan lebih kepada setiap orang yang telah menjadi bagian dari keluarga Shopee,” tutup Adi.
     
    Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale, kunjungi https://shopee.co.id/m/12-12.
     
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (PRI)

  • Merek Mobil yang Penjualannya Meroket di Indonesia: BYD Naik 178%

    Merek Mobil yang Penjualannya Meroket di Indonesia: BYD Naik 178%

    Jakarta

    Selama Januari-Oktober 2025, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat sejumlah merek mobil dengan growth penjualan tertinggi. Hasilnya tak mengejutkan, produsen China sukses memuncaki daftar tersebut.

    Secara umum, penjualan mobil selama Januari-Oktober 2025 baru mencapai 630 ribuan unit atau turun 10,6 persen dibandingkan tahun lalu. Pada periode tersebut, banyak merek mengalami peningkatan penjualan, namun tak sedikit yang justru mengalami penurunan.

    Hasil terbaik datang dari merek baru yang sebagian besar berasal dari China. BYD dan merek turunannya, Denza, mengalami peningkatan signifikan, naik masing-masing 178,2 persen dan 651,1 persen pada Januari-Oktober dikomparasi dengan periode sama sebelumnya.

    Penjualan mobil di Indonesia turun Foto: Agung Pambudhy

    Selain itu, ada merek lain yang juga mengalami lonjakan penjualan, misalnya Chery 142,7 persen, GWM 94,6 persen, BAIC 167,8 persen, Scania 32,4 persen dan Volkswagen 193,2 persen.

    Sementara lima besar merek terlaris mengalami penurunan penjualan. Honda menjadi yang terparah dengan penurunan 35,5 persen, kemudian Daihatsu 23,5 persen, Toyota 14 persen, Suzuki 8,6 persen dan Mitsubishi 5,3 persen.

    Angka tersebut sebenarnya wajar. Sebab, merek-merek China cenderung masih baru di Indonesia. Bahkan, Denza baru mulai jualan mobil di Tanah Air tahun ini. Sehingga, secara persentase, pasti naik signifikan.

    Penjualan mobil di Indonesia ditargetkan tembus 780 ribu unit/tahun Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Sementara merek-merek Jepang sudah ada sejak lama. Ketika penurunan penjualan secara akumulatif turun, maka mereka merupakan pihak yang benar-benar paling terdampak.

    Sebagai catatan, penjualan mobil di Indonesia sempat ditargetkan tembus 900 ribu unit selama 2025. Namun, Gaikindo melakukan revisi angka menjadi 780 ribu unit. Penentuan angka tersebut telah melalui banyak hitung-hitungan.

    “Iya, proyeksi (penjualan) menjadi 780 ribu unit,” kata Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto saat dikonfirmasi, dikutip dari CNN Indonesia.

    (sfn/dry)

  • Kekayaan Mirwan MS, Bupati Aceh Selatan yang Dicopot Gerindra Gara-gara Umroh saat Wilayahnya Banjir

    Kekayaan Mirwan MS, Bupati Aceh Selatan yang Dicopot Gerindra Gara-gara Umroh saat Wilayahnya Banjir

    GELORA.CO  – Terungkap harta kekayaan Mirwan MS, Bupati Aceh Selatan yang dicopot dari kursi ketua DPC Gerindra setelah diketahui melaksanakan ibadah umroh saat daerahnya diterjang bencana banjir bandang. 

    Foto-foto Mirwan MS yang tengah berada di tanah suci Mekkah, Arab Saudi yang sempat dibagikan travel umrah yang memberangkatkannya, viral di media sosial. 

    Mirwan MS diketahui umrah bersama istrinya Devina Fisah Mirwan pada Selasa (2/12/2025) atau setelah wilayahnya diterjang banjir bandang.

    Sekretaris Jenderal Gerindra, Sugiono, mengatakan bahwa pihaknya sangat menyayangkan keputusan Bupati Aceh Selatan untuk menunaikan ibadah umrah.

    “Tadi saya dilaporkan mengenai bupati Aceh Selatan yang juga merupakan Ketua DPC Gerindra Kabupaten Aceh Selatan. Sangat disayangkan sikap dan kepemimpinan yang bersangkutan,” ujarnya dikutip dari Kompas.com, Jumat (5/12/2025).

    “Oleh karena itu DPP Gerindra memutuskan untuk memberhentikan yang bersangkutan sebagai Ketua DPC Gerindra Aceh Selatan,” tambahnya.

    Terpisah, Gubernur Aceh, Muzakir Manaf, mengaku keberatan dan menegaskan bahwa ia tidak menandatangani surat izin perjalanan luar negeri yang diajukan Mirwan.

    “Tidak saya teken (surat izin) untuk sementara waktu jangan pergi. Kalau dia pergi juga terserah sama Mendagri nanti sanksinya apa,” kata Mualem di Lanud SIM Aceh Besar, Jumat (5/12/2025).

    Juru Bicara Pemerintah Provinsi Aceh, Muhammad MTA, menjelaskan bahwa permohonan izin Bupati Aceh Selatan diajukan pada 24 November 2025, namun ditolak karena Aceh sedang berada dalam status darurat bencana hidrometeorologi.

    “Atas dasar pertimbangan yang paling krusial, bahwa Aceh sedang dilanda bencana alam dan Gubernur telah menetapkan Status Darurat Bencana Hidrometeorologi 2025, maka permohonan tersebut tidak dapat dikabulkan,” ujar MTA.

    Ia menambahkan bahwa Aceh Selatan termasuk daerah terdampak paling parah, sehingga pihaknya berupaya mengonfirmasi keberangkatan Mirwan.

    “Gubernur telah menegaskan apabila hal tersebut benar adanya, maka beliau akan melakukan teguran kepada Bupati Aceh Selatan,” katanya.

    Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan Bupati Aceh Selatan, Mirwan MS, tidak memiliki izin untuk pergi umrah saat daerahnya dilanda banjir dan longsor.

    “Yang bersangkutan tidak ada izin (untuk pergi umrah),” kata Wakil Menteri Dalam Negeri Bima Arya Sugiarto kepada Kompas.com, Jumat (5/12/2025).

    Bima Arya menyampaikan, seharusnya kepala daerah dapat menyesuaikan rencana umrah ketika wilayahnya membutuhkan lebih banyak perhatian khusus. Ia pun meminta kepala daerah untuk fokus sepenuhnya pada penanganan bencana.

    “Seharusnya dalam kondisi seperti ini rencana umrah bisa disesuaikan. Harus fokus pada penanganan bencana,” ucap Bima.

    Lebih lanjut, Bima menyampaikan, Kemendagri akan mengambil tindakan serius atas hal ini.

    “Kemendagri akan mengirimkan Irsus (Inspektur Khusus) besok (Sabtu) ke Aceh. Kita lihat hasil pemeriksaan nanti,” tandasnya.

    Terkait sanksi, Kemendagri akan menunggu dan melihat hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Inspektur Khusus tersebut terlebih dahulu.

    Pembelaan Mirwan MS

    Bupati Aceh Selatan, Mirwan MS, memberikan klarifikasi atas keberangkatannya ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umrah di tengah penanganan bencana banjir dan longsor di wilayahnya.

    Dalam keterangan tertulis pada Jumat (5/12/2025), Mirwan menyatakan bahwa ia telah turun langsung mengecek kondisi banjir sebelum berangkat.

    Ia menyebut telah meninjau pengungsian dan memimpin rapat koordinasi lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

    “Sebelum saya berangkat, saya sudah turun langsung mengecek kondisi masyarakat terdampak banjir dan memastikan seluruh OPD bekerja sesuai alur komando. Dari hasil koordinasi, situasi saat itu terkendali sehingga saya dapat menunaikan nazar saya untuk melaksanakan ibadah umrah,” ungkap Mirwan.

    Ia menegaskan bahwa keberangkatannya ke Mekkah merupakan nazar pribadi yang telah lama ia rencanakan.

    Mirwan juga menanggapi surat Gubernur Aceh, Muzakir Manaf (Mualem), yang sebelumnya menolak permohonan izin ke luar negeri. Menurutnya, surat tersebut baru diterima setelah ia berada di Mekkah.

    “Surat dari Gubernur Aceh saya ketahui setelah saya berada di Tanah Suci. Informasi dari daerah juga terlambat diterima karena jaringan telekomunikasi dan listrik di Aceh Selatan sempat padam akibat gangguan listrik di Aceh. Inilah yang menyebabkan adanya miskomunikasi,” jelas Mirwan.

    Ia memastikan bahwa penanganan banjir tetap berlangsung efektif melalui komando posko utama dan OPD terkait.

    “Saya akan segera kembali ke tanah air pada 6 Desember 2025, dan insyaAllah pada hari Minggu sudah tiba kembali di Aceh,” ujarnya.

    Sosok Mirwan MS

    Mirwan Lahir di Peulumat Labuhan Haji, Aceh Selatan pada 19 Maret 1975.

    Ia menempuh Pendidikan SD N 1 Pelumat dan lulus pada 1989, SMP Labuhanhaji Timur dan lulus pada tahun 1992. 

    Dia lalu melanjutkan ke SMA STMN 1 Banda Aceh dan lulus pada tahun 1995. 

    Pendidikan S1 diselesaikan di STIEM ISM Sarjana Ekonomi dan lulus pada tahun 2014, bahkan ia juga melanjutkan S2 di UNNAS Megister Ilmu Politik dan lulus pada tahun 2021.

    Bupati Aceh Selatan ini juga aktif diberbagai organisasi, diantaranya: 

    Ketua Kamomat 2004-2006

    Penasehat Yayasan Panti Asuhan Payung Agung 2013-2016

    Pembina Yayasan Panti Asuhan Mizan 2013-2023

    Pembina Yayasan Panti Asuhan YPI 2019-2023

    Pembina PEPPAS – Jakarta 2022-2025

    Dewan Penasehat PM. LATIM 2019-2023, Pembina IKAMAS Jakarta 2023-2028. 

    Sementara riwayat karirnya sebagai berikut:

    Pelaksana Husni Utama Grub Tahun 1995-1997

    Pelaksana PT Alfindo Jaya Abadi Jakarta Tahun 1998-1999.

    Pengawas PT Lampiri Jakarta Utara Tahun 1999-2021

    Direktur PT Ariesta (APM) Tahun 2002-2011. 

    Direktur PT Desindo Putra Mandiri Tahun 2011-2014 

    Direktur PT Ariesta Motor (Showroom) Tahun 2010-Sekarang.

    Komisaris PT Ariesta Aldundo Venturer Tahun 2011- Sekarang.

    Karir Politik

    Dikutip dari Wikipedia, Mirwan MS merupakan Bupati Aceh Selatan sejak 17 Februari 2025 hingga 2030.

    Mirwan MS merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Aceh Selatan.

    Pada Pilbup Aceh Selatan 2024, ia mencalonkan diri sebagai Bupati Aceh Selatan masa jabatan 2025–2030 berpasangan dengan politikus Partai Demokrat, Baital Mukadis. 

    Pasangan calon ini berhasil unggul dengan meraih 51.609 suara atau 36,32 persen dari total suara sah.

    Sebelumnya, Mirwan juga pernah mencalonkan menjadi Bupati pada periode 2018-2023.

    Saat itu Mirwan berpasangan dengan Zirhan yang di usung oleh Partai Aceh (PA) bersama dengan beberapa Partai Koalisinya.

    Namun saat itu Mirwan – Zirhan tak bisa meraih kemenangan, pasangan tersebut finis di posisi ke tiga.

    Akan tetapi, tekad Mirwan untuk membangun daerah kelahirannya tetap tak surut. Hingga hari ini Mirwan-Baital Mukadis telah sah menjadi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan Priode 2025-2030.

    Harta Kekayaan Mirwan MS

    Mirwan, yang dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPC Gerindra, memiliki kekayaan senilai Rp 25.958.970.622.

    Jumlah tersebut sesuai dengan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang ia laporkan ketika mencalonkan diri sebagai Bupati Aceh Selatan pada 1 Oktober 2024.

    Kekayaan Mirwan terdiri dari tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, serta harta lainnya.

    1. Tanah dan Bangunan

    Tanah dan bangunan seluas 95 m2/172 m2 di Kota Jakarta Timur, hasil sendiri: Rp 1.450.000.000.

    Tanah seluas 579 m2 di Kabupaten Aceh Barat Daya, hasil sendiri: Rp 868.500.000.

    Tanah dan bangunan seluas 517 m2/312 m2 di Kota Jakarta Timur, hasil sendiri: Rp 13.000.000.000.

    Tanah seluas 4.283 m2 di Kabupaten Aceh Barat Daya, hasil sendiri: Rp 564.055.000.

    Tanah dan bangunan seluas 769 m2/769 m2 di Kabupaten Aceh Barat Daya, hasil sendiri: Rp 6.000.000.000.

    2. Alat Transportasi dan Mesin

    Mobil Toyota Fortuner tahun 2017, hasil sendiri: Rp 435.000.000

    Mobil Daihatsu pick up tahun 2014, hasil sendiri: Rp 72.000.000

    Komatsu Hydraulic Excavator PC 200-6 tahun 2007, hasil sendiri: Rp 450.000.000

    Mobil Mitsubishi Colt Diesel Dump Truck FE 74 tahun 2008, hasil sendiri: Rp 185.000.000

    Mobil Mitsubishi Colt Diesel Dump Truck FE SHD tahun 2009, hasil sendiri: Rp 195.000.000

    Komatsu Excavator VC 200/5 tahun 2004, hasil sendiri: Rp 260.000.000

    Mobil Toyota Fortuner VRZ 4X2 tahun 2021, hasil sendiri: Rp 450.000.000

    Mobil Toyota Rush 1.5S AT tahun 2020, hasil sendiri: Rp 200.000.000

    Mobil, Toyota Rush 1.5S AT tahun 2020, hasil sendiri: Rp 200.000.000

    Mobil Toyota Rush 1.5S AT tahun 2020, hasil sendiri: Rp 200.000.000

    Mobil Toyota Camry 2.5V AT tahun 2019, hasil sendiri: Rp 400.000.000.

    3. Harta Lainnya

    Harta bergerak lainnya: Rp 321.400.000

    Kas dan setara kas: Rp 223.015.622

    Harta lainnya: Rp 710.000.000.

    4. Utang

    Utang: Rp 225.000.000.

  • Trump Naksir Mobil Kecil Jepang: Murah, Imut, Irit BBM

    Trump Naksir Mobil Kecil Jepang: Murah, Imut, Irit BBM

    Jakarta

    Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump naksir dengan mobil-mobil kecil dari Asia seperti kei car Jepang. Trump menyatakan AS terbuka dengan mobil-mobil kecil dari Asia untuk diproduksi dan dijual di negaranya.

    Trump, dalam pengumuman rencana untuk memangkas target penghematan bahan bakar yang ketat, baru-baru ini mengatakan Amerika Serikat menyambut produsen mobil asing untuk memproduksi dan menjual mobil kecil di negara tersebut.

    “Jika Anda pergi ke Jepang, di mana saya baru saja ke sana, dan jika Anda pergi ke Korea Selatan, Malaysia, dan negara-negara lain, mereka memiliki mobil yang sangat kecil, seperti Beetle yang dulu digunakan Volkswagen,” kata Trump dikutip dari video di kanal Youtube resmi Gedung Putih.

    “Mobil-mobil itu sangat kecil. Mobil-mobil itu benar-benar imut,” lanjut Trump. “Jika Anda lihat Honda, beberapa perusahaan Jepang melakukan pekerjaan yang sangat baik, tetapi kami tidak diizinkan untuk memproduksinya di negara ini, dan saya pikir Anda akan mendapatkan hasil yang sangat baik dengan mobil-mobil itu.”

    Menurut Trump, mobil-mobil kecil tersebut memiliki harga yang murah. Konsumsi bahan bakarnya juga irit. Sehingga, dia menilai mobil kecil tersebut cocok untuk konsumen yang benar-benar ingin membeli mobil baru.

    “Mobil-mobil itu sangat bagus dan lebih murah, dan itu benar-benar memberi orang kesempatan untuk memiliki mobil baru dibandingkan mobil yang mungkin tidak begitu bagus,” kata Trump menambahkan. “Ini akan menjadi pasar yang luar biasa.”

    Lebih lanjut, Trump menginstruksikan Menteri Transportasi Sean Duffy untuk menyetujui produksi mobil-mobil berukuran kecil tersebut. Duffy, yang berdiri di belakang Trump di Ruang Oval Gedung Putih, mendukung pernyataan Presiden dan menyambut baik produksi mobil di Amerika Serikat oleh produsen mobil asing.

    “Jika Toyota atau perusahaan lain ingin membuat mobil yang lebih kecil, lebih terjangkau, dan hemat bahan bakar, kami telah memberikan izin agar mereka dapat memproduksi dan menjualnya di Amerika,” kata Duffy.

    (rgr/dry)

  • i2C Jadi Kandidat? Ini Mobil Nasional RI yang Bakal Dijual di Bawah Rp300 Juta

    i2C Jadi Kandidat? Ini Mobil Nasional RI yang Bakal Dijual di Bawah Rp300 Juta

    GELORA.CO – Rencana pemerintah untuk menghadirkan mobil nasional buatan sendiri terus dipersiapkan dengan matang. Bocorannya, mobil tersebut akan dijual ke masyarakat di bawah Rp300 jutaan, segmen ini memang menjadi pasar terbesar industri otomotif tanah air.

    Saat ini mobil-mobil di bawah Rp300 jutaan memang mendominasi pasar. Mulai dari LCGC yang rata-rata berada di bawah Rp200 juta, hingga Low MPV seperti Toyota Avanza yang seluruh variannya masih berada di rentang Rp 200–300 juta.

    Bahkan produsen baru kendaraan listrik pun masuk ke area ini. BYD menawarkan Atto 1 dengan harga tertinggi Rp235 juta, sementara Jaecoo menempatkan SUV listrik barunya di angka tertinggi Rp299,9 juta.

    Harga-harga tersebut yang menjadi acuan pemerintah dalam mendorong lahirnya mobil nasional. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa segmen tersebut akan menjadi patokan utama.

    “Jadi ke depan kita dorong untuk mobil nasional, kami sudah cek di lapangan dari Gaikindo memang sekarang terbesar, market terbesar pangsanya adalah mobil-mobil di bawah Rp300 juta sehingga ini juga yang didorong oleh pemerintah sehingga affordability menjadi tantangan,” ujar Airlangga dikutip dari tayangan Youtube Kadin Indonesia, Kamis, 4 Desember.

    Airlangga juga menyebut bahwa Presiden Prabowo Subianto telah memberi arahan untuk menyiapkan anggaran khusus dalam pengembangan mobil nasional tersebut. Di sisi lain, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, sempat memberikan kode calon mobil nasionalnya.

    Agus menyebutkan bahwa mobil tersebut sempat dipamerkan di ajang GIIAS 2025. Meskipun, pada akhirnya Presiden Prabowo juga sudah menunjuk PT Pindad untuk memproduksi mobil nasional yang dimulai 2027.

    “Saya udah lihat, waktu itu sudah ditampilkan di GIIAS, GIIAS yang terakhir kemarin. Itu sudah ditampilkan jadi calon mobnas. Itu yang kemarin disampaikan oleh Bapak Presiden dalam rapat paripurna kabinet sebetulnya sudah ditampilkan ke publik di dalam GIIAS kemarin,” ujar Agus saat itu.

    Jika menilik pernyataan Agus, maka mobil tersebut mengarah pada Indigenous Indonesia Car, atau i2C Project. SUV listrik I2C Project menuangkan unsur-unsur Indonesia ke dalam mobilnya, seperti momen kemerdekaan 1945, hingga burung garuda.

    SUV listrik konsep tersebut memiliki dimensi panjang 4.910 milimeter, lebar 1.848 mm, tinggi 1.690 mm, dan jarak poros roda depan ke belakang 2.965 mm. Sementara powertrainnya mengandalkan baterai NMC berkapasitas 83,4 kWh yang diklaim bisa berjalan sejauh 617 kilometer berdasarkan pengujian CLTC (China Light-Duty Vehicle Test Cycle).

  • Buka Astra Auto Fest 2025, Bos ASII: Kondisi Sekarang Cukup Challenging

    Buka Astra Auto Fest 2025, Bos ASII: Kondisi Sekarang Cukup Challenging

    TANGERANG – PT Astra International Tbk. (ASII) mengakui 2025 merupakan tahun yang penuh tantangan untuk sektor otomotif.

    Karena itu, Astra akan memberikan insentif bagi masyarakat lewat gelaran Astra Auto Fest (AAF) 2025.

    Hal itu diungkapkan oleh Wakil Presiden Direktur ASII Rudy dalam sambutannya pada pembukaan AAF 2025 di Astra Biz Center, BSD City, Tangerang, Jumat, 5 Desember.

    “Jadi, kita tahu bahwa kita adalah Astra, pemain otomotif yang terbesar. Jadi, dalam kondisi sekarang, situasi cukup challenging,” ujar dia.

    “Jadi, kami mau memberikan stimulus juga pada pasar otomotif,” sambungnya.

    AAF 2025 pun menawarkan berbagai promo seperti, pembiayaan roda 4 dengan bunga 2,3 persen untuk tenor 1-3 tahun, promo pembelian asuransi mobil Garda Oto berupa bonus asuransi kesehatan rawat jalan, cashback AstraPay sebesar Rp6,8 juta, layanan tukar tambah kendaraan OLXMobbi dan kupon berhadiah Astra Rp2 juta.

    Kemudian, promo cashback pembelian mobil baru melalui SEVAA dengan nominal Rp1 juta untuk konsumen yang pernah membeli dan Rp500.000 untuk konsumen baru serta promosi lainnya.

    Bagi pengunjung yang melakukan test drive dan beruntung, juga berkesempatan membawa pulang satu unit Rocky Hybrid dan/atau Honda ADV160 Roadsync.

    Undian dilakukan pada hari terakhir AAF 2025 atau 7 Desember 2025.

    “Ini buat teman-teman yang beruntung, berani mencoba itu penting,” katanya.

    Rudy berharap, gelaran AAF 2025 bisa memenuhi kebutuhan pelanggan yang hadir dan turut mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

    “Semoga (Astra Auto Fest 2025) ini bisa memenuhi kebutuhan semua pelanggan dan menambah confidence customer terhadap Astra dan tentu paling penting juga berkontribusi pada industri otomotif dan pertumbuhan ekonomi nasional,” imbuhnya.

    Sebelumnya, Project Director AAF 2025 Yagimin menyebut, AAF 2025 diikuti berbagai lini bisnis otomotif dan mobilitas Astra, mulai dari Toyota by Auto2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, BMW Astra, Lexus, Astra Motor, Astra UD Trucks, Astra Otoparts, MODA dan OLXMobbi.

    Yagimin menegaskan, AAF 2025 tak sekadar pameran rutin, tetapi merupakan sebuah kesempatan untuk mendapatkan penawaran eksklusif yang tidak selalu tersedia di waktu lain.

    “Pengunjung bisa menemukan beragam pilihan kendaraan roda 2, roda 4 hingga kendaraan komersial dari lini bisnis otomotif dan mobilitas Astra, sekaligus menikmati berbagai program spesial yang hanya dihadirkan selama penyelenggaraan acara,” ujar Yagimin dalam konferensi pers Astra Auto Fest 2025 di Menara Astra, Jakarta, Senin, 1 Desember.

    Dalam pameran tersebut, kata Yagimin, pengunjung dapat mencoba berbagai kendaraan melalui sesi test drive. Adapun kendaraan yang disiapkan antara lain, Toyota Veloz Hybrid, Daihatsu Rocky Hybrid, BMW X3, Isuzu MU-X 4×4, Lexus LM dan mobil lainnya.

    Dengan mencoba kendaraan itu, kata Yagimin, pengunjung berkesempatan mendapatkan hadiah mobil dan motor, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. “Ini sebagai privilege untuk masyarakat,” katanya.

    Adapun gelaran AAF 2025 akan berlangsung di Astra Biz Center, BSD City, Tangerang, pada 5-7 Desember 2025.

  • Intip Garasi Bupati Aceh Selatan yang Disorot Gegara Umrah saat Banjir Bandang

    Intip Garasi Bupati Aceh Selatan yang Disorot Gegara Umrah saat Banjir Bandang

    Jakarta

    Bupati Aceh Selatan Mirwan MS sedang menjadi sorotan. Soalnya Mirwan melaksanakan ibadah umrah di tengah bencana banjir dan longsor yang menerjang 11 kecamatan di wilayahnya. Bicara soal otomotif, ini isi garasi Mirwan.

    Mengutip CNN Indonesia, sebelumnya, Mirwan MS sudah menerbitkan surat ketidaksanggupan dalam penanganan tanggap darurat banjir dan longsor di wilayahnya. Surat itu diterbitkan Mirwan pada Kamis (27/11) bernomor 360/1315/2025.

    Namun lima hari setelah itu, tepatnya Selasa (2/12) Mirwan justru pergi umrah dan memboyong keluarganya di tengah masih adanya warga di kawasan Trumon mengungsi di tenda pengungsian.

    Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Aceh Selatan, Denny Saputra membenarkan Bupati Aceh Selatan berangkat umrah. Denny beralasan Mirwan berangkat usai melihat kondisi Aceh Selatan yang sudah membaik dari bencana banjir.

    “Keberangkatan Bupati Aceh Selatan beserta istri menjalani ibadah umrah ke tanah suci tentunya setelah melihat situasi dan kondisi wilayah Aceh Selatan umumnya yang sudah stabil, terutama debit air yang sudah surut di pemukiman warga pada wilayah Bakongan Raya dan Trumon Raya,” kata Denny.

    Denny juga membantah Bupati Aceh Selatan meninggalkan rakyat di tengah bencana, sebab sebelumnya Mirwan juga sudah menyambangi dan mengirim bantuan ke warga terdampak banjir.

    “Bupati beserta istri sebelum berangkat telah beberapa kali mengunjungi dan menyambangi beberapa lokasi terdampak, seperti wilayah Trumon Raya dan Bakongan Raya, bahkan turun langsung dengan mengantarkan logistik wilayah terdampak,” katanya lagi.

    Isi Garasi Mirwan MS

    Mengutip laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Mirwan melaporkan punya harta senilai Rp 25.958.970.622 dan utang Rp 225.000.000. Data itu ia laporkan pada 1 Oktober 2024/Khusus – Awal Menjabat.

    Dari total harta kekayaan itu, senilai Rp 21.882.555.000 berbentuk tanah dan bangunan. Kemudian harta bergerak lainnya senilai Rp 321.400.000. Kas dan setara kas yang nilainya Rp 223.015.622. Juga harta lainnya sebanyak Rp 710.000.000.

    Selanjutnya untuk harta berupa alat transportasi dan mesin, nilainya Rp 3.047.000.000. Dengan rincian sebagai berikut:

    1. MOBIL, TOYOTA FORTUNER Tahun 2017, HASIL SENDIRI Rp 435.000.000

    2. MOBIL, DAIHATSU PICK UP Tahun 2014, HASIL SENDIRI Rp 72.000.000

    3. LAINNYA, KOMATSU HYDROULIC EXCAVATOR PC 200-6 Tahun 2007, HASIL SENDIRI Rp 450.000.000

    4. MOBIL, MITSUBISHI COLT DIESEL DUMP TRUCK FE 74 Tahun 2008, HASIL SENDIRI Rp 185.000.000

    5. MOBIL, MITSUBISHI COLT DIESEL DUMP TRUCK FE SHD Tahun 2009, HASIL SENDIRI Rp 195.000.000

    6. LAINNYA, KOMATSU EXCAVATOR VC 200/5 Tahun 2004, HASIL SENDIRI Rp 260.000.000

    7. MOBIL, TOYOTA FORTUNER VRZ 4X2 Tahun 2021, HASIL SENDIRI Rp 450.000.000

    8. MOBIL, TOYOTA RUSH 1.5S AT Tahun 2020, HASIL SENDIRI Rp 200.000.000

    9. MOBIL, TOYOTA RUSH 1 5S AT Tahun 2020, HASIL SENDIRI Rp 200.000.000

    10. MOBIL, TOYOTA RUSH 1.5S AT Tahun 2020, HASIL SENDIRI Rp 200.000.000

    11. MOBIL, TOYOTA CAMRY 2.5V AT Tahun 2019, HASIL SENDIRI Rp 400.000.000.

    (lua/dry)

  • Skema Nyicil Kijang Innova Reborn Berwajah Baru, Bayar Segini Tiap Bulan

    Skema Nyicil Kijang Innova Reborn Berwajah Baru, Bayar Segini Tiap Bulan

    Jakarta

    Kijang Innova Reborn tampilannya disegarkan. Meski begitu, harganya tak berubah. Kalau kamu belinya kredit, segini nih besar cicilannya tiap bulan.

    Harga Kijang Innova Reborn tak mengalami perubahan. Padahal, Toyota baru-baru ini memberikan enam ubahan pada bagian eksterior dan interior Innova Reborn Diesel. Kijang Innova Reborn Diesel terbaru harganya paling murah Rp 416,6 juta dan yang termahal Rp 437,5 juta. Kalau kamu mau nyicil, dengan opsi DP rendah 20 persen, maka cicilannya mulai Rp 8 jutaan. Nah berikut ini simulasi cicilan DP 20 persen untuk Kijang Innova Reborn Diesel.

    Skema Cicilan Kijang Innova Reborn Diesel

    Kijang Innova Reborn 2.4 G M/T: Rp 416,6 juta
    DP 20 persen: Rp 83,32 juta

    Tenor: 12 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 121.797.958
    Cicilan per bulan: Rp 30,326 jutaTenor: 24 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 107.916.414
    Cicilan per bulan: Rp 16,431 jutaTenor: 36 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 103.415.287
    Cicilan per bulan: Rp 11,918 jutaTenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 101.166.369
    Cicilan per bulan: Rp 9,658 jutaTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 99.933.659
    Cicilan per bulan: Rp 8,415 juta

    Kijang Innova Reborn 2.4 G A/T: Rp 437,5 juta
    DP 20 persen: Rp 87,5 juta

    Tenor: 12 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 127.669.875
    Cicilan per bulan: Rp 31,848 jutaTenor: 24 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 113.091.006
    Cicilan per bulan: Rp 17,255 jutaTenor: 36 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 108.363.475
    Cicilan per bulan: Rp 12,515 jutaTenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 106.002.113
    Cicilan per bulan: Rp 10,142 jutaTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 105.107.919
    Cicilan per bulan: Rp 8,837 juta6 Perubahan Kijang Innova Reborn Diesel

    Itu tadi skema cicilan Kijang Innova Reborn Diesel terbaru. Kalau dirasa cicilannya terlalu berat, maka kamu bisa menyesuaikan besar uang mukanya. Makin besar uang muka, cicilannya tentu akan lebih ringan.

    Kijang Innova Reborn Diesel versi anyar ini punya enam pembaruan. Pertama, di bagian depan Innova Reborn mendapatkan sentuhan grill baru. Grille trapesium kini menampilkan tiga palang abu-abu yang dipadukan dengan bezel hitam ramping, menciptakan tampilan yang lebih mencolok dan percaya diri di jalan.

    Selanjutnya desain lampu depan yang baru. Lampu depannya dibuat dengan sudut tajam dan bentuk yang khas, tidak hanya memberikan visibilitas yang jelas tetapi juga tampilan yang bergengsi di jalan.

    Di bagian belakang juga ada penyegaran. Bagian belakang kini menampilkan emblem yang diposisikan ulang dan garnish hitam ramping, yang semakin mempercantik tampilannya.

    Lanjut, di bagian interior ada beberapa pembaruan. Kini, Kijang Innova Reborn mendapatkan layar head unit 9 inci terbaru dengan konektivitas smartphone. Layar yang lebih besar yang dilengkapi dengan integrasi ponsel pintar canggih.

    Kemudian ada ornamen panel kayu yang baru. Warna kayu yang elegan pada panel instrumen meningkatkan kesan mewah dan nyaman di dalam kabin.

    Terakhir penggunaan pola kain jok baru dan sandaran tangan berwarna hitam. Innova Reborn kini dilengkapi dengan jok berbahan kain halus dengan pola yang elegan, serta sandaran tangan berwarna gelap yang menciptakan kesan mewah sekaligus menjamin kenyamanan.

    (dry/rgr)

  • Kijang Innova Reborn Diesel Masih Banyak yang Nyari

    Kijang Innova Reborn Diesel Masih Banyak yang Nyari

    Jakarta

    Kijang Innova Reborn diesel masih banyak dicari orang Indonesia. Ini lantaran Innova Reborn diesel mengusung kombinasi RWD, platform ladder-frame, dan mesin diesel.

    Toyota belum lama ini menyegarkan tampilan Kijang Innova Reborn Diesel. Ada beberapa pembaruan yang disematkan pada bagian interior maupun eksterior. Setidaknya ada enam pembaruan pada Innova Reborn terbaru ini.

    Pertama, di bagian depan Innova Reborn mendapatkan sentuhan grill baru. Grille trapesium kini menampilkan tiga palang abu-abu yang dipadukan dengan bezel hitam ramping, menciptakan tampilan yang lebih mencolok dan percaya diri di jalan.

    Selanjutnya desain lampu depan yang baru. Lampu depannya dibuat dengan sudut tajam dan bentuk yang khas, tidak hanya memberikan visibilitas yang jelas tetapi juga tampilan yang bergengsi di jalan.

    Di bagian belakang juga ada penyegaran. Bagian belakang kini menampilkan emblem yang diposisikan ulang dan garnish hitam ramping, yang semakin mempercantik tampilannya.

    Lanjut, di bagian interior ada beberapa pembaruan. Kini, Kijang Innova Reborn mendapatkan layar head unit 9 inci terbaru dengan konektivitas smartphone. Layar yang lebih besar yang dilengkapi dengan integrasi ponsel pintar canggih.

    Kemudian ada ornamen panel kayu yang baru. Warna kayu yang elegan pada panel instrumen meningkatkan kesan mewah dan nyaman di dalam kabin.

    Terakhir penggunaan pola kain jok baru dan sandaran tangan berwarna hitam. Innova Reborn kini dilengkapi dengan jok berbahan kain halus dengan pola yang elegan, serta sandaran tangan berwarna gelap yang menciptakan kesan mewah sekaligus menjamin kenyamanan.

    Innova Reborn Diesel Masih Banyak Dicari

    Penyegaran itu memang sengaja dilakukan Toyota lantaran permintaan akan Innova Reborn Diesel masih cukup tinggi. Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Jap Ernando Demily mengungkap penyegaran dilakukan agar Innova Reborn Diesel masih sesuai dengan perkembangan tren di Tanah Air.

    “Innova Reborn tetap menjadi ultimate MPV bagi pelanggan yang membutuhkan kenyamanan dan ketangguhan untuk menghadapi berbagai kondisi jalan, berkat konfigurasi RWD, platform ladder-frame, serta mesin diesel,” kata Ernando dilansir CNN Indonesia.

    Meski terhitung sebagai model lama, nyatanya Innova Reborn Diesel masih memberikan kontribusi signifikan terhadap keseluruhan penjualan Innova. Pun dengan Innova Zenix, penjualannya hanya berselisih tipis.

    “Porsi Reborn di sekitar 45 persen. Karena memang kami melihat masih ada kebutuhan yang cukup tinggi untuk model ini, terutama di luar Pulau Jawa seperti Sumatera, serta mostly rural area ya,” lanjut Ernando.

    (dry/din)