brand merek: Toyota

  • Mobil Listrik Rp 200 Jutaan Toyota Punya Kembaran, Bakal Dijual Lebih Murah

    Mobil Listrik Rp 200 Jutaan Toyota Punya Kembaran, Bakal Dijual Lebih Murah

    Jakarta

    Mobil listrik Rp 200 jutaan Toyota punya kembaran. Rencananya mobil listrik itu bakal dijual bulan depan dengan harga yang lebih murah.

    Saudara kembar Toyota bZ3X, GAC Aion i60 siap meluncur bulan depan. Mobil ini bakal dihadirkan dalam versi listrik dan juga PHEV. Sebelumnya, Toyota bZ3X yang merupakan hasil dari kerjasama antara Toyota dan pabrikan China GAC sudah meluncur lebih dulu pada Maret 2025.

    Penjualannya pun terbilang moncer. Dikutip Car News China, dalam kurun waktu lima bulan, dari Maret hingga Agustus 2025, penjualannya sudah tembus 33.748 unit. Menyusul kesuksesan tersebut, GAC juga bakal menjajal peruntungannya sendiri. Nantinya varian GAC akan disesuaikan disertai dengan emblem Aion.

    Toyota bZ3X Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikcom

    Namanya mobil kembar, tampilan Toyota bZ3X dan GAC Aion i60 itu memang sangat identik. Mulai dari kaca depan, gais kaca, pintu spion samping, fender, dan beberapa elemen bodi lainnya sangat mirip. Keduanya sama-sama menggunakan platform modular AEP. Platform itu juga digunakan oleh GAC Aion V.

    Namun kalau melihat eksteriornya, dapat dibedakan dari lampu depan, bemper, dan juga lampu belakang. Ukurannya juga ternyata sedikit lebih besar dari Toyota bZ3X dengan dimensi panjang 4.685 mm, lebar 1.854 mm, dan tinggi 1.660 mm. Jarak sumbu rodanya 2.775 mm. GAC Aion i60 menggunakan ban berukuran 18 dan 19 inch.

    Urusan dapur pacu, GAC Aion i60 dilengkapi dengan motor listrik tunggal berdaya 221 daya kuda. Kecepatan maksimalnya mencapai 160 km/jam. Versi PHEV-nya akan menggabungkan mesin bensin 1.5L bertenaga 101 daya kuda dan motor listrik bertenaga 165 kW. GAC Aion dilengkapi dengan baterai LFP berkapasitas 29,165 kWH yang bisa menempuh jarak 160 km dalam mode listrik. Khusus mobil listrik, spesifikasinya sama persis dengan Toyota bZ3X.

    Bila tak ada perubahan, GAC Aion i60 bakal dijual mulai November 2025. Mobil itu diprediksi bakal dijual mulai 100 ribu yuan. Kalau dikonversi ke rupiah dengan kurs 1 yuan = Rp 2.330, maka harganya sekitar Rp 233 jutaan. Dengan banderol segitu, GAC Aion i60 sedikit lebih murah dari Toyota bZ3X yang kini dibanderol Rp 109.800 yuan (setara Rp 255 jutaan).

    (dry/din)

  • Sampai Kapan Toyota Kijang Innova Reborn Diproduksi di Indonesia?

    Sampai Kapan Toyota Kijang Innova Reborn Diproduksi di Indonesia?

    Jakarta

    Meski sudah ada Innova Zenix sebagai model terbaru, namun Toyota masih menjual Innova Reborn di Indonesia. Lantas, sampai kapan kendaraan ‘lawas’ tersebut diproduksi di Tanah Air?

    Innova Reborn pertama kali meluncur di Indonesia pada 2015 atau 10 tahun lalu. Namun, kendaraan tersebut hingga sekarang masih diproduksi di Pabrik Karawang, Jawa Barat, bersamaan dengan Innova Zenix. Kabarnya, Innova Reborn akan terus diproduksi hingga konsumen merasa bosan.

    “Produksi (Innova Reborn)? Sampai konsumennya bosan,” ujar Bob Azam selaku PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) saat ditemui di Karawang, belum lama ini.

    Toyota Innova Reborn masih diproduksi di Indonesia Foto: Doc. TMMIN

    Ketika berkunjung ke pabrik TMMIN di Karawang, redaksi detikOto melihat Toyota Innova Reborn diproduksi bersamaan dengan Toyota Innova Zenix di Plant 1. Pemandangan tersebut cukup unik, mengingat keduanya menggunakan platform yang berbeda.

    Bob Azam ketika itu mengatakan, hingga sekarang, permintaan Innova Reborn di Indonesia masih sangat tinggi. Itulah mengapa, pihaknya terus memproduksi kendaraan tersebut untuk memenuhi kemauan konsumen.

    “Innova Reborn masih diproduksi sampai saat ini karena masih tingginya permintaan dari kustomer terkait hal tersebut. Hal ini menjadikan TMMIN sebagai fasilitas produksi Toyota yang memproduksi dua generasi sekaligus,” tuturnya.

    Berkaca dari kenyataan tersebut, Innova Reborn kini tak hanya bisa dipesan melalui skema spot order, melainkan juga regular. Konsumen bisa membeli kendaraan tersebut melalui dealer-dealer resmi terdekat.

    “Saat ini, Innova Reborn memang diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri,” kata dia.

    Disitat dari laman resmi Toyota Indonesia, Innova Reborn hanya dipasarkan dalam satu tipe, yakni DSL. Sementara harganya Rp 416,6 juta untuk varian manual dan Rp 437,5 juta untuk otomatis. Keduanya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/lth)

  • Siapin Tabungan! Peluncuran Toyota Veloz Hybrid di RI Makin Dekat

    Siapin Tabungan! Peluncuran Toyota Veloz Hybrid di RI Makin Dekat

    Jakarta

    PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) secara tak langsung menegaskan, penantian panjang konsumen terhadap Toyota Veloz Hybrid akan segera berakhir. Sebab, mereka mengklaim, kendaraan tersebut hanya tinggal dikenalkan saja di Tanah Air.

    Kepastian tersebut disampaikan Bob Azam selaku Wakil Presiden Direktur PT TMMIN. Menurutnya, persiapan peluncurannya sudah sangat jauh. Kini, pihaknya hanya menunggu momen yang tepat untuk mengenalkannya secara resmi.

    “(Peluncuran Veloz Hybrid) aman, (persiapannya) sudah jauh. Pokoknya tinggal mendarat saja,” demikian respons Bob Azam saat ditemui di Karawang, Jawa Barat, belum lama ini.

    Toyota Veloz Hybrid makin dekat dengan Indonesia. Foto: Dok. Toyota

    Ketika ditanya peluang Veloz Hybrid meluncur di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025, Bob Azam tak bisa meresponsnya dengan tegas. Dia hanya menegaskan, mobil hibrida tersebut sudah makin dekat ke Indonesia.

    “(Veloz Hybrid meluncur di GJAW 2025?) Alhamdulillah, aamiin,” kata dia.

    Diketahui, kemunculan Toyota Veloz Hybrid di Indonesia sudah dibicarakan sejak tahun lalu. Namun, hingga kini, kendaraan tersebut belum benar-benar meluncur di Tanah Air.

    Sebuah kode NJKB yang diduga Toyota Veloz Hybrid pun telah tercantum di Permendagri Nomor 8 Tahun 2024 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Pajak Alat Berat Tahun 2024.

    Dalam dokumen tertera kode W102RE-LBVFJ 1.5 Q HV CVT dan W 102RE-LBVEJ 1.5 0 HV CVT TSS yang mengacu ke Veloz Hybrid. Kode awalan W102RE merupakan kode produksi untuk Veloz.

    Kemudian HV diyakini singkatan dari ‘Hybrid Vehicle’. Sementara CVT berarti jenis transmisi, yaitu Continuously Variable Transmission, dan TSS sebagai singkatan dari fitur Toyota Safety Sense.

    (sfn/lth)

  • Sampai Kapan Toyota Kijang Innova Reborn Diproduksi di Indonesia?

    Nyicil Kijang Innova Reborn Diesel Rp 2 Jutaan per Bulan, Begini Skemanya

    Jakarta

    Kijang Innova Reborn Diesel bisa dibawa pulang dengan cicilan Rp 2 jutaan per bulan. Tapi harus siap bayar uang mukanya sangat-sangat besar! Berikut skemanya.

    Kijang Innova Reborn diesel punya tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Posisinya belum tergantikan meski model baru berdatangan. Toyota memang diketahui masih menjual Innova Reborn diesel berdampingan dengan Innova Zenix. Tapi kalau urusan penjualan, Innova Reborn diesel masih amat moncer.

    Berkaca pada data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dari seluruh model Innova yang dijual, Reborn diesel matic merupakan yang paling laris. Kalau kamu tertarik, seperti pembelian mobil pada umumnya bisa dilakukan secara kredit ataupun tunai. Jika beli secara kredit dan mau cicilannya rendah, maka risikonya uang mukanya besar.

    Misalnya kamu yang menginginkan cicilan Innova Reborn Diesel Rp 2 jutaan per bulan, maka uang mukanya harus 80 persen. Skema cicilannya sebagai berikut.

    Skema Cicilan Kijang Innova Reborn Diesel Rp 2 Jutaan per Bulan

    Harga Kijang Innova Reborn Diesel M/T: Rp 416,6 juta
    DP 80 persen: Rp 333,28 juta

    Tenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 341.324.769
    Cicilan: Rp 2,606 juta per bulanTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 341.018.059
    Cicilan: Rp 2,289 juta per bulan

    Harga Kijang Innova Reborn Diesel A/T: Rp 437,5 juta
    DP 80 persen: Rp 350 juta

    Tenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 358.222.113
    Cicilan: Rp 2,737 juta per bulanTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 357.899.919
    Cicilan: Rp 2,404 juta per bulan

    Nah itu tadi skemanya. Membayar uang muka 80 persen tentu berat. Adapun bila mau yang DP-nya rendah semisal 20 persen, maka cicilan per bulannya paling rendah mulai Rp 8 jutaan. Pastikan sebelum membeli kredit, sesuaikan dengan kondisi finansial kamu ya. Jangan sampai uang muka atau cicilan yang terlalu besar justru jadi memberatkan.

    Spesifikasi Kijang Innova Reborn Diesel

    Sebagai informasi tambahan, Kijang Innova Reborn diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm. Ada dua opsi transmisi yang ditawarkan yaitu manual dan matik.

    (dry/lth)

  • Mobil Listrik Harga Fantastis tapi Pajaknya di Bawah Rp 150 Ribu, Berlaku sampai Kapan?

    Mobil Listrik Harga Fantastis tapi Pajaknya di Bawah Rp 150 Ribu, Berlaku sampai Kapan?

    Jakarta

    Pajak tahunan mobil listrik murah meriah, bahkan tak sampai Rp 150 ribu. Padahal harga mobilnya bisa miliaran. Sampai kapan kebijakan tersebut berlaku?

    Pajak kendaraan dibayarkan setiap tahun. Nggak heran besar pajak tahunan menjadi salah satu pertimbangan tersendiri sebelum membeli mobil. Tapi buat kamu yang beli mobil listrik, mungkin pajak tahunan bukan lagi jadi kekhawatiran. Soalnya, pajak tahunan mobil listrik murah meriah. Tiap tahun pajaknya nggak sampai Rp 150 ribu.

    Berdasarkan penelusuran detikOto untuk beberapa model mobil listrik yang dijual di dalam negeri, besar pajaknya Rp 143 ribu. Pemilik mobil listrik bahkan tak perlu keluar duit hingga jutaan untuk membayar pajaknya tiap tahun. Padahal, harga mobil listrik itu cukup mahal. Salah satu contohnya bisa dilihat pada pajak tahunan Denza D9 yang dibanderol Rp 950 juta. Dengan banderol nyaris Rp 1 miliar itu, pemilik Denza D9 hanya perlu bayar Rp 143 ribu.

    Sebagai perbandingan dengan MPV sekelas namun berbahan bakar konvensional yakni Toyota Alphard, pajaknya puluhan juta tiap tahun. Bahkan untuk mobil MPV seperti Avanza-Xpander Cs pajak mobil listrik masih jauh lebih murah. Avanza-Xpander dkk itu per tahun pajaknya di kisaran Rp 4-5 jutaan. Murahnya pajak mobil listrik beralasan. Sebab, mobil tanpa asap itu mendapat pembebasan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Jadi motor dan mobil listrik yang berbasis baterai atau Battery Electric Vehicles (BEV) tidak dikenakan pajak lagi.

    Hal itu juga tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 8 tahun 2024 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2024 pasal 10.

    “Pengenaan PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) KBL Berbasis Baterai untuk orang, barang, angkutan umum orang, dan angkutan umum barang ditetapkan sebesar 0 persen dari dasar pengenaan PKB dan BBNKB,” demikian penjelasannya.

    Namun tak dalam aturan itu tak dijelaskan soal masa berlaku kebijakan pajak mobil listrik. Bila tak ada perubahan aturan lagi, artinya pajak mobil listrik murah itu bisa berlaku selamanya. Namun bila nanti ada perubahan, maka bukan tak mungkin pajaknya juga ikut terkerek.

    (dry/lth)

  • Duh! Data 5 Juta Pelanggan Qantas Bocor di Dark Web

    Duh! Data 5 Juta Pelanggan Qantas Bocor di Dark Web

    Bisnis.com, JAKARTA — Sekitar lima juta pelanggan maskapai Qantas dilaporkan menjadi korban kebocoran data besar-besaran yang dilakukan oleh kelompok peretas internasional Scattered Lapsus$ Hunters. Data pribadi tersebut telah beredar di dark web.

    Melansir laman The Guardian pada Senin (13/10/2025) kebocoran ini merupakan bagian dari serangan yang menargetkan lebih dari 40 perusahaan global, termasuk Qantas, Google, Toyota, Disney, McDonald’s, dan Air France-KLM. 

    Pemerintah Australia memperkirakan jumlah upaya penipuan (scam) akan meningkat tajam setelah insiden ini. Qantas mengonfirmasi data pelanggan yang bocor mencakup nama, alamat email, dan nomor keanggotaan frequent flyer milik lebih dari 5 juta pelanggan. 

    Beberapa catatan bahkan mencantumkan alamat rumah dan kantor, tanggal lahir, nomor telepon, jenis kelamin, hingga preferensi makanan. Sejumlah politisi federal juga termasuk di antara korban kebocoran, menurut pernyataan Koordinator Keamanan Siber Nasional Australia.

    Meski begitu, Qantas menegaskan tidak ada data berupa dokumen identitas, kartu kredit, rincian keuangan, kata sandi, maupun PIN yang bocor. Para peretas juga tidak berhasil mengakses akun frequent flyer pelanggan.

    Qantas telah mendapatkan perintah pengadilan dari Mahkamah Agung New South Wales untuk mencegah akses, penyebaran, atau penggunaan data yang dicuri. Menteri Keamanan Siber Tony Burke menegaskan bahwa mengakses data curian di dark web adalah tindakan ilegal.

    “Tidak ada alasan untuk mencoba mencari data itu, bahkan jika Anda hanya ingin memeriksa milik Anda sendiri,” ujarnya. 

    Namun, pemerintah Australia memperkirakan data yang sudah terlanjur bocor akan tetap dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan siber untuk menipu masyarakat. Qantas mengaku telah menerima laporan meningkatnya kasus penipuan yang mengatasnamakan perusahaan.

    Pemerintah Australia dan Qantas meminta masyarakat waspada terhadap panggilan telepon atau email mencurigakan yang mengaku dari perusahaan resmi. “Jika Anda menerima panggilan tak terduga, tutup telepon dan hubungi kembali melalui saluran resmi,” ujar Burke. 

    Peneliti utama Data61 CSIRO, Dr. Marthie Grobler, memperingatkan data frequent flyer bisa dimanfaatkan untuk membuat penipuan yang tampak meyakinkan, seperti tawaran penukaran poin atau pengaturan ulang jadwal penerbangan palsu. Qantas menegaskan agar pelanggan hanya merespons email resmi yang diakhiri dengan domain @qantas.com atau @qantas.com.au, bukan alamat palsu seperti qantas.net atau qantas.biz. Otoritas privasi nasional juga menyarankan masyarakat untuk mengganti kata sandi email dan mengaktifkan autentikasi dua langkah. 

    Qantas sendiri telah membuka layanan bantuan 24 jam dan menyediakan panduan perlindungan identitas bagi pelanggan terdampak. Hingga saat ini, Qantas belum menawarkan kompensasi bagi pelanggan yang terdampak. Menteri Burke mengatakan fokus pemerintah masih pada penyelidikan dugaan pelanggaran kewajiban perlindungan data yang dapat berujung pada denda bagi perusahaan.

    Sementara itu, firma hukum Maurice Blackburn menyatakan tengah mempertimbangkan langkah hukum berupa gugatan perwakilan (class action) atas nama pelanggan Qantas. Firma tersebut sebelumnya telah mengajukan keluhan resmi terkait kebocoran data ini pada Juli lalu. Menurut Qantas, peretas tidak mendapatkan data melalui penipuan langsung terhadap pelanggan, melainkan dengan menyusup ke sistem pusat layanan pelanggan (call centre) pada Juni lalu dan mengakses platform layanan pelanggan.

    Investigasi dari Google menunjukkan kelompok peretas berpura-pura menjadi staf dukungan teknis (IT support) dan menipu pegawai perusahaan agar memberikan akses ke sistem Salesforce—platform penyimpanan data pelanggan.

    Salesforce menegaskan tidak ada kerentanan perangkat lunak yang dimanfaatkan dan sistem mereka tidak diretas secara langsung.

  • Sampai Kapan Toyota Kijang Innova Reborn Diproduksi di Indonesia?

    Kijang Innova Reborn Diesel Makin Nggak Kekejar

    Jakarta

    Kijang Innova Reborn makin tak terkejar. Penjualannya melesat, meninggalkan Kijang Innova Zenix.

    Penjualan Kijang Innova Reborn masih moncer. Padahal tak ada model baru. Model baru dihadirkan Toyota lewat Innova Zenix. Lebih lagi pada Innova Zenix, Toyota menghadirkan opsi mesin hybrid. Nyatanya kalau urusan penjualan, Kijang Innova masih sulit digeser oleh Innova Zenix. Buktinya, dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode September 2025, Innova Reborn kembali unggul atas Innova Zenix.

    Penjualan Innova Reborn vs Innova Zenix

    Selama bulan kesembilan itu, distribusi Innova Reborn mencapai 3.407 unit. Pada periode yang sama, distribusi Innova Zenix hanya mencapai 2.736 unit. Namun kalau dihitung secara kumulatif sejak Januari, Innova Zenix masih sedikit lebih unggul dengan 22.898 unit, sementara Innova Reborn 21.920 unit. Kendati demikian, dari keseluruhan Kijang Innova, Reborn Diesel matic adalah tipe yang paling laris.

    Adapun karakter pembeli Innova Reborn dan Innova Zenix sebenarnya berbeda. Pihak Toyota pernah menjabarkan bahwa pembeli Innova Zenix kebanyakan berada di pulau Jawa. Penggunanya kebanyakan dari konsumen untuk digunakan pribadi.

    Innova Reborn justru sebaliknya, banyak diincar konsumen di luar Pulau Jawa. MPV bermesin diesel itu digunakan untuk keperluan fungsional lantaran bisa melahap berbagai kondisi jalan. Banyak perusahaan rental atau perusahaan yang masih menggunakan jasa Innova Reborn.

    Beda Innova Zenix vs Innova Reborn

    Urusan dapur pacu keduanya berbeda signifikan. Kijang Innova Zenix versi bensin mengusung mesin 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin berkapasitas 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm.

    Sementara varian hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS.

    Sedangkan Toyota Kijang Innova Reborn diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

    (dry/rgr)

  • Toyota Janji Investasi Jumbo di RI, Guyur Rp 20 T Setiap 5 Tahun

    Toyota Janji Investasi Jumbo di RI, Guyur Rp 20 T Setiap 5 Tahun

    Jakarta

    Toyota Indonesia makin menunjukkan keseriusannya di pasar otomotif nasional. Karuan saja, mereka telah dan akan mengeluarkan banyak dana untuk berinvestasi di dalam negeri.

    Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam mengatakan, selama setengah abad lebih di Tanah Air, pihaknya sudah mengeluarkan Rp 100 triliun untuk berinvestasi di Indonesia. Dia mengaku telah menyiapkan Rp 20 triliun untuk investasi lima tahun ke depan.

    “Lima tahun yang lalu kita udah investasi Rp 26 triliun. (Lima tahun ke depan) kurang lebih mirip lah. Setiap 5 tahun, kita akan investasi sekitar Rp 20 triliun dan 70 persen itu dibelanjakan di dalam negeri,” ujar Bob Azam saat ditemui di Karawang, Jawa Barat.

    Pabrik TMMIN di Karawang. Foto: Doc. TMMIN

    Kontribusi Toyota Indonesia untuk ekonomi nasional memang cukup besar. Selain telah berinvestasi Rp 100 triliun, mereka juga menyetor pajak negara sebesar Rp 23 triliun setiap tahun.

    Bukan hanya itu, Toyota Indonesia telah menyerap 360 ribu tenaga di seluruh ekosistem bisnis, menggandeng 760 supplier lokal, hingga memproduksi 10 juta unit kendaraan secara akumulatif.

    “Kita bukan hanya asembeli, tapi juga sudah membangun local production, sudah membangun komponen lokal dan sudah ekspor, kita pun sudah masuk ke elektrifikasi dan ke depan kita akan mengembangkan R&D di sini,” kata dia.

    Kini, ekspor mobil buatan Toyota Indonesia juga sudah tembus 3 juta unit. Kendaraan mereka telah dikirim ke 100 negara di seluruh dunia. Sementara model-model jagoannya beragam, ada Veloz, Avanza, Zenix hingga Fortuner.

    Presiden Direktur Toyota Motor Corporation (TMC) Koji Sato mengaku bangga Toyota Indonesia mampu mencatatkan 3 juta ekspor kendaraan tahun ini. Catatan tersebut membuktikan, produk buatan Indonesia mendapat kepercayaan dari pasar global.

    “Mewakili Toyota Group, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas bantuannya dan seluruh partner kami selama 50 tahun lebih,” kata Koji Sato.

    (sfn/din)

  • Gibran Rakabuming Raka: Sepak Terjang Wakil Presiden Termuda Indonesia – Page 3

    Gibran Rakabuming Raka: Sepak Terjang Wakil Presiden Termuda Indonesia – Page 3

    Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diserahkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) per 31 Desember 2024, total kekayaan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka tercatat mencapai Rp27,519 miliar. Angka ini menandai kenaikan sekitar Rp2 miliar dibandingkan laporan kekayaan sebelumnya yang berada di kisaran Rp25,576 miliar.

    Komponen harta kekayaan Gibran sebagian besar disumbang oleh aset tidak bergerak dan surat berharga. Aset tanah dan bangunan miliknya memiliki nilai total tertinggi, yakni mencapai Rp17,44 miliar, yang tersebar di beberapa lokasi di Surakarta dan Sragen, Jawa Tengah. Selain itu, Gibran juga mencatatkan kepemilikan surat berharga yang nilainya signifikan, yaitu sebesar Rp5,552 miliar, serta kas dan setara kas senilai Rp3,935 miliar. Terdapat pula harta bergerak lainnya senilai Rp280 juta yang melengkapi total asetnya.

    Hal yang menarik dari rincian aset Gibran adalah daftar koleksi alat transportasi yang nilainya tergolong moderat, yakni total Rp312 juta. Koleksi ini mencakup kombinasi kendaraan harian yang populer di masyarakat hingga kendaraan klasik dan vintage. Uniknya, Gibran dilaporkan tidak memiliki utang sama sekali, sehingga total asetnya sama dengan jumlah kekayaan bersihnya saat ini.

    Berikut adalah rincian kendaraan yang dilaporkan dalam LHKPN Gibran:

    Sepeda Motor:

    Honda Scoopy tahun 2015
    Honda CB-125 tahun 1974
    Royal Enfield tahun 2017

    Mobil:

    Isuzu Panther tahun 2012
    Daihatsu Grand Max tahun 2015
    Toyota Avanza tahun 2012
    Toyota Avanza tahun 2016

  • Ribut BBM Dicampur Etanol 3,5%, Bos Toyota Sampai Bingung

    Ribut BBM Dicampur Etanol 3,5%, Bos Toyota Sampai Bingung

    Jakarta, CNBC Indonesia – Wacana penggunaan bahan bakar campuran etanol atau E10 mulai mengemuka di Indonesia, seiring dorongan pemerintah untuk menurunkan emisi karbon dan meningkatkan ketahanan energi nasional. Namun, perdebatan soal kandungan etanol dalam BBM justru memunculkan kontroversi, terutama setelah sejumlah SPBU swasta menolak pasokan Pertamina karena mengandung etanol 3,5%.

    Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam, menanggapi hal ini dengan membandingkan Indonesia dengan negara-negara lain yang sudah lebih maju dalam pemanfaatan bioetanol. Ia mengatakan bahwa hampir semua negara sudah menerapkan E10 hingga E20, bahkan di beberapa negara seperti Brasil dan Amerika Serikat, etanol digunakan hingga 100%.

    “Di luar negeri itu sekarang hampir semua negara sudah menerapkan E10, E20, bahkan Thailand juga sudah bergerak dari E10 ke E20, di Amerika Serikat juga sudah menerapkan di beberapa negara bagian sampai E85. Di Brasil sampai E100,” ujar Bob Azam dikutip Minggu (12/10/2025).

    Indonesia seharusnya tidak perlu meributkan kandungan etanol sebesar 3,5%, karena dari sisi teknologi, industri otomotif di dalam negeri sudah sangat siap. Toyota sendiri sudah menyiapkan kendaraan yang kompatibel hingga E20.

    Menurutnya, sebagian besar kendaraan di Indonesia, baik merek lokal maupun luar negeri, sudah bisa menggunakan BBM dengan kandungan etanol 10%.

    Foto: Etanol. (Dok. Freepik)
    Etanol. (Dok. Freepik)

    “Kita sendiri 20 tahun lalu sudah bisa bikin mesin bahan bakar etanol 100%. Makanya saya bingung kenapa sekarang kita ribut etanol 3,5%,” kata Bob.

    Indonesia tidak boleh menyesuaikan teknologi masa depan hanya demi kendaraan lama yang masih beroperasi di jalanan. Menurutnya, pendekatan semacam itu justru akan membuat negara tertinggal.

    “Jadi jangan teknologi yang menyesuaikan sama mobil tua di jalan, nanti kita ketinggalan teknologi. Justru kita harus berevolusi menjadi kendaraan-kendaraan yang adaptif terhadap future bahan bakar,” sebut Bob.

    Jika permintaan etanol meningkat, maka petani akan menjadi salah satu pihak yang paling diuntungkan karena bahan bakunya berasal dari tanaman seperti tebu, jagung, singkong, dan sorgum.

    “Tebu, jagung, cassava, sorghum. Itu kalau bisa berkembang baik, itu bisa menjadi pilar kedua pertumbuhan ekonomi kita setelah sawit. Jadi ada multiplier effect-nya,” sebutnya.

    Dari sisi teknis, Bob mengakui bahwa etanol memang memiliki kandungan energi yang lebih rendah dibandingkan bensin. Namun, dampaknya terhadap performa kendaraan dalam campuran rendah sangat kecil dan tidak signifikan.

    “Kalau E30 mungkin 1% lah energinya akan lebih rendah. Jadi kalau harganya Rp12.000, impact-nya kan cuma Rp120 perak. Tapi emisinya itu turun sampai 65%,” ujarnya.

    (fys/wur)

    [Gambas:Video CNBC]