brand merek: Toyota

  • Pakai Basis Innova-Fortuner, Harga Rp 500 Jutaan?

    Pakai Basis Innova-Fortuner, Harga Rp 500 Jutaan?

    Jakarta

    Toyota Land Cruiser FJ menarik perhatian panggung Japan Mobility Show 2025. SUV gagah ini baru akan dijual pada 2026, simak bocoran spesifikasinya yuk!

    Secara tampilan, Land Cruiser FJ ini punya wajah yang gagah disertai unsur klasik. Misalnya lampu depan berbentuk lingkaran, sementara yang lainnya menampilkan unit lampu berbentuk persegi panjang dengan lampu daytime running light (DRL) berbentuk huruf C.

    Singkatnya Land Cruiser FJ ini punya bentuk klasik Land Cruiser yang praktis sambil menambahkan detail modern dan fitur yang meningkatkan daya tahan dan kemampuan personalisasi.

    Dasar rancangan (platform) mobil FJ ini sama dengan basis yang dipakai pada Toyota Hilux Rangga, Innova dan Fortuner (seri Innovative International Multipurpose Vehicle), dan telah diperkuat dengan struktur tambahan agar bodinya lebih kaku dan handling-nya lebih baik.

    Jarak sumbu rodanya lebih pendek 270 mm dibandingkan dengan Seri 250, radius putarnya hanya 5,5 meter dan mobilitas yang baik di medan off-road, memberikan daya tarik baru pada Land Cruiser.

    Toyota belum memberikan informasi lebih lanjut soal interior. Dilihat dari foto-fotonya, terdapat panel instrumen yang dilengkapi dengan sistem infotainment layar lebar (widescreen) serta climate control (AC) yang terpisah. Banyak tombol fisik yang didedikasikan untuk off-road.

    Soal keselamatan, Land Cruiser FJ ini sudah dilengkapi rangkaian sistem bantuan pengemudi Toyota Safety Sense.

    Lanjut ke sektor dapur pacunya, Land Cruiser FJ ini ditenagai mesin empat silinder 2.7 liter 2TR-FE yang menghasilkan tenaga 163 PS dan torsi 246 Nm. Ini merupakan kode mesin yang juga dipakai Land Cruiser Prado, Fortuner, hingga Hilux.

    Dari segi ukuran, model ini memiliki ukuran panjang 4.575 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.960 mm dengan jarak sumbu roda 2.580 mm. Ukurannya lebih compact dibanding Land Cruiser lain. Konfigurasi tempat duduk hanya bisa menampung 5 orang penumpang.

    Meski lebih kompak dibandingkan Land Cruiser lainnya. Land Cruiser FJ tidak kecil-kecil amat. Bandingkan dengan Suzuki Jimny 5 pintu yang punya dimensi panjang 3.820 mm (bumper to bumper), lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm.

    Lebih lanjut, Land Cruiser FJ dibekali transmisi otomatis 6-percepatan dengan teknologi Super ECT (Electronically Controlled Transmission). Mobil ini memakai sistem penggerak empat roda (4WD) yang bersifat part-time, alias tidak selalu aktif.

    Soal keselamatan, Land Cruiser FJ ini sudah dilengkapi rangkaian sistem bantuan pengemudi Toyota Safety Sense.

    Beberapa situs menyebut Land Cruiser FJ akan dilepas dengan banderol harga mulai dari US$ 35.000 di Jepang. Itu setara dengan Rp 581 jutaan. Beberapa situs asing menyebut Land Cruiser FJ akan menyasar pasar Asia dan Afrika. Kira-kira bakal dijual harga berapa nih?

    (riar/dry)

  • Bocoran Mobil-mobil Masa Depan Daihatsu

    Bocoran Mobil-mobil Masa Depan Daihatsu

    Tokyo

    Pabrikan mobil asal Jepang, Daihatsu selalu terkenal sebagai penyedia mobil ‘rakyat’ hingga first car buyer. Lantas bagaimana visi mobil masa depan mereka?

    Jawabannya tersedia di ajang Japan Mobility Show 2025. Di sini, Daihatsu datang dengan pesan kuat, yakni untuk membangun mobil yang ditujukan untuk memudahkan hidup masyarakat luas.

    “Dalam membuat mobil Daihatsu akan tetap memegang nilai intinya. Kami pergi keliling kota, mendengar apa yang orang katakan, berpikir tentang bagaimana caranya membantu masyarakat dan seseorang dalam kesulitan,” ungkap Koji Sato, President and CEO Toyota Motor Corporation pada presentasinya soal Daihatsu di Japan Mobility Show 2025.

    Daihatsu punya prinsip bahwa ukuran kecil bukanlah keterbatasan, melainkan sebuah keunggulan untuk menciptakan solusi mobilitas yang cerdas dan berorientasi pada kebutuhan manusia di masa depan.

    Di Japan Mobility Show 2025, Daihatsu mengusung tema “DAIHATSUMEI for me. Invented for you. Small but capable. Do it all step by step.”

    Tema ini merefleksikan filosofi perusahaan sejak 1907 untuk terus menciptakan mobil yang penuh inovasi, mudah didekati, dan praktis, dengan harga yang terjangkau.

    Tak sekadar omongan belaka, Daihatsu juga datang dengan membawa langsung mobil-mobil konsep mereka.

    Pertama ada Midget X. Mobil yang ikonik dan bersejarah dari Daihatsu. Mewakili semangat inovasi dari Midget generasi pertama, Midget X hadir sebagai solusi mobilitas baru dengan ukuran yang sangat compact.

    Daihatsu Midget X Foto: (Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)

    Panjangnya hanya 2.200 mm, lebih mudah ditangani daripada sepeda motor namun lebih ringkas dari mobil mini pada umumnya.

    Kendaraan listrik baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV) ini memiliki konfigurasi kursi unik 1+2 yang dirancang untuk mempererat interaksi antara pengemudi dan penumpang.

    Pintu yang membuka ke depan memudahkan akses masukdan keluar. Berbagai konfigurasi dek juga disiapkan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

    Selanjutnya ada K-OPEN. Wujud masa depan Kei Car Daihatsu Copen yang konon menjadi mobil yang sangat disukai oleh Akio Toyoda.

    Konsep mobil K-OPEN ini mempertahankan DNA Copen dengan penggerak roda belakang dan mesin di depan (front-engine, rear-wheel-drive). Desainnya memadukan kesan ramah dan powerful.

    K-OPEN menawarkan pengalaman berkendara convertible yang ringan dan menyenangkan. Versi Running Prototype-nya bahkan dikembangkan dengan semangat “membuat, mengendarai, menguji” untuk menyempurnakan kenikmatan berkendara melalui desain ringan, pusat gravitasi rendah, dan distribusi bobot optimal.

    Mobil masa depan Daihatsu. Foto: (Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)

    Selanjutnya ada K-VISION. Mobil hybrid yang diklaim sebagai standar baru untuk mobil mini hybrid. Menggunakan platform DNGA generasi berikutnya, kendaraan ini mengadopsi sistem e-SMART HYBRID yang ringkas dan ringan.

    Keunggulan utamanya adalah kemampuan berkendara 100 persen menggunakan motor listrik yang sunyi namun bertenaga, serta efisiensi bahan bakar yang diklaim meningkat lebih dari 20 persen dibandingkan powertrain konvensional.

    Yang menarik, K-VISION diklaim tidak memerlukan charging karena sistem hybrid-nya, sekaligus dilengkapi fungsi external power supply yang dapat menjadi sumber listrik dariran selama kurang lebih empat hari.

    Lalu ada juga KAYOIBAKO-K dan e-ATRAI. Mobil ini wakil kendaraan masa depan Daihatsu di segmen komersial.

    Daihatsu K-Open. Foto: (Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)

    KAYOIBAKO-K, kendaraan komersial generasi baru berukuran mini yang mendukung kerja otonom. Kemampuan memanggil dan mengembalikan kendaraan secara mandiri diharapkan dapat mentransformasi cara kerja, dari logistik mil terakhir hingga dukungan kehidupan masyarakat lokal.

    Lalu ada juga, e-ATRAI STICKER FACTORY yang telah masuk dalam rencana produksi, menunjukkan aplikasi langsung kendaraan listrik komersial.

    Dengan jarak tempuh sekitar 200 km dan fitur power sliding door, e-ATRAI dirancang untuk mendukung pekerjaan logistik dengan lebih cerdas dan menyenangkan.

    Kehadiran beragam konsep kendaraan ini menegaskan komitmen Daihatsu untuk terus berinovasi.

    (mhg/dry)

  • Veloz Hybrid Mau Meluncur di Indonesia, Segini Nilai Jualnya

    Veloz Hybrid Mau Meluncur di Indonesia, Segini Nilai Jualnya

    Jakarta

    Toyota Veloz Hybrid dikabarkan bakal segera diluncurkan di Indonesia. Diketahui, nilai jual mobil diduga Veloz Hybrid sudah terdaftar di Indonesia. Ini rinciannya.

    Model mobil hybrid Toyota tampaknya akan bertambah dalam waktu dekat. Toyota kabarnya sudah menyiapkan Veloz Hybrid untuk masyarakat Indonesia. Sinyal itu kian menguat saat Toyota melakukan presentasi deretan produk yang bakal dibawa ke Gaikindo Jakarta Auto Week November mendatang. Public Relation Manager PT TAM Philardi Ogi dalam presentasinya mengungkap ada peluncuran global mobil hybrid Toyota yang paling ditunggu-tunggu. Diduga calon mobil baru itu adalah Veloz Hybrid.

    “Dan yang kedua, kita ada world premier ya. Mungkin ini salah satu ya. The most awaited HEV, menampilkan salah satu kendaraan HEV yang diproduksi lokal, dan develop lokal. Jadi ini adalah produk Indonesia, dari Indonesia untuk masyarakat Indonesia. Ini mungkin yang akan ditunggu-tunggu juga,” kata Oghi kala itu.

    Toyota Veloz Hybrid di Indonesia sudah dibicarakan sejak tahun lalu. Sebuah kode NJKB yang diduga Toyota Veloz Hybrid pun telah tercantum di Permendagri Nomor 8 Tahun 2024 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Pajak Alat Berat Tahun 2024.

    Nilai Jual Veloz Hybrid

    Kode mobil yang diduga Veloz Hybrid juga sudah terdaftar di laman Samsat Jakarta. Kodenya sama dengan yagn tercantum pada Permendagri nomor 8 tahun 2024.
    Dalam dokumen tertera kode W102RE-LBVFJ 1.5 Q HV CVT dan W 102RE-LBVEJ 1.5 0 HV CVT TSS yang mengacu ke Veloz Hybrid. Kode awalan W102RE merupakan kode produksi untuk Veloz. Nilai jualnya pun berbeda. Berikut rinciannya.

    W102RE-LBVFJ 1.5 Q HV CVT: Rp 271 jutaW102RE-LBVEJ 1.5 0 HV CVT TSS: Rp 291 juta

    Perlu digarisbawahi NJKB merupakan harga dasar yang digunakan buat menghitung besaran pajak yang harus dibayar oleh pemilik kendaraan bermotor, baik itu roda dua, roda empat, maupun jenis kendaraan lainnya.

    Umumnya, harga jual itu akan di atas nilai jualnya. Terlebih pajak di Indonesia juga nilainya cukup tinggi. Sekadar informasi, saat ini Toyota Veloz dijual paling murah Rp 297,2 juta hingga yang termahal tembus Rp 346,4 juta. Gimana, menurut kamu cocoknya Veloz Hybrid dijual harga berapa nih?

    (dry/din)

  • Land Cruiser FJ, LC Paket Hemat dengan ‘Rasa Lokal’ yang Kuat

    Land Cruiser FJ, LC Paket Hemat dengan ‘Rasa Lokal’ yang Kuat

    Tokyo

    Land Cruiser FJ muncul untuk kali pertama di hadapan publik pada ajang Japan Mobility Show. Jadi Land Cruiser paling mini, SUV gagah ini adalah paket hemat dengan nuansa lokal Indonesia yang kuat.

    Land Cruiser FJ jadi anggota keluarga terbaru Land Cruiser. Sudah dirilis secara global pekan lalu, mobil yang dijuluki Baby Cruiser ini muncul untuk kali pertama untuk ditonton publik secara luas pada ajang Japan Mobility Show 2025.

    Kehadiran Land Cruiser FJ jadi magnet besar di booth Toyota. Sedari pagi, bahkan sebelum acara dimulai, mobil ini terus dikerubuti pengunjung yang adalah wartawan dari seluruh dunia. Sampai siang menjelang sore, masih ramai jurnalis menyerbu SUV ini.

    Spesifikasi Land Cruiser FJ

    Land Cruiser FJ dibangun di atas platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle). Ini bukan platform yang asing buat orang Indonesia, lantaran sudah digunakan sebelumnya pada model-model Toyota lain seperti Fortuner, Hilux, dan Kijang Innova.

    Pun begitu dengan dapur pacunya. Baby Cruiser ini disematkan mesin 2TR-FE 2.7 liter, yang lagi-lagi sangat populer di Indonesia. Mesin ini digunakan pada Toyota Fortuner bensin dan juga Kijang Innova.

    Land Cruiser FJ bakal diproduksi di Thailand. Seperti ini penampakannya pada ajang Japan Mobility Show 2025 Foto: Doni Wahyudi/detikoto

    Dalam pengumuman global pekan lalu, Toyota menyebut Land Cruiser FJ bakal diproduksi di Thailand. Ketika itu disebutkan juga kalau mobil ini bakal mulai dijual pada 2026.

    Daya tarik besar Land Cruiser FJ adalah desainnya yang retro namun punya kesan modern kuat. Nuansa Land Cruiser FJ40 yang klasik terasa betul, meski wujudnya lebih ringkas. Ini bisa dilihat pada bodi kotak yang tegas, terasa begitu maskulin.

    Masuk ke dalam kabin, tidak ada desain atau fitur berlebih disodorkan. Land Cruiser FJ terlihat sekali dirancang dengan mengedepankan fungsionalitas, yang fokus pada kemudahan pengemudi. Panel instrumen horisontal didesain untuk memudahkan menjangkau fitur-fitur di dashboard.

    Belum ada informasi lebih jauh perihal sistem infotainment yang ditawarkan. Satu hal yang bisa dipastikan, sistem infotainmentnya lebih kecil dari LC 250.

    Performa dan Kemampuan Off-Road

    Toyota sempat menyatakan telah melakukan pengujian secara intensif terhadap Land Cruiser FJ pada berbagai medan ekstrem. Ini dilakukan demi memastikan DNA Land Cruiser yang sudah melegenda itu menurun pada versi baby-nya ini. Termasuk kehandalan, durability, dan daya jelajah.

    Penggunaan sasis ladder frame, ground clearence tinggi, dan artikulasi roda khas Land Cruiser diklaim membuat SUV ini siap dibawa ke medan berat.

    Land Cruiser FJ mejeng di Japan Mobility Show 2025 Foto: Doni Wahyudi/detikoto

    Performa Land Cruiser FJ akan disokong oleh mesin 2.7 liter empat silinder, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 163 PS serta torsi maksimal 246 Nm. Tenaga tersebut akan dialirkan melalui transmisi enam percepatan dengan sistem penggerak empat roda.

    Dengan wheel-base lebih pendek dan radius putar minimum yang kecil (5,5 meter) dibanding kakak-kakaknya, FJ Cruiser ini menjanjikan kemudahan bermanuver. Baik ketika dipakai di perkotaan maupun saat diajak tualang ke medan batu atau lumpur.

    Land Cruiser FJ juga disematkan fender flare bersudut, sementara ban serep tergantung di pintu belakang, yang didesain sebagai swing dor. Menurut beberapa keterangan, Toyota Land Cruiser FJ juga menawarkan berbagai aksesoris off-road semisal snorkel dan roof rack.

    Panel dashboard Land Cruiser FJ Foto: Doni Wahyudi/detikoto

    Meski disebut baby, Land Cruiser FJ sebenarnya tidak kecil-kecil amat. Lihat saja panjangnya yang 4.575 mm, lebar 1.960 mm, dan tinggi 2.580 mm. Bandingkan dengan Suzuki Jimny 5 pintu yang punya dimensi panjang 3.820 mm (bumper to bumper), lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm

    Harga Land Cruiser FJ

    Dengan dimensi yang lebih kecil, diyakini Land Cruiser FJ bakal dibanderol dengan harga lebih murah dibanding keluarganya yang punya badan lebih besar. Namun belum diketahui juga berapa kisaran harganya.

    Beberapa situs menyebut Land Cruiser FJ akan dilepas dengan banderol harga mulai dari US$ 35.000 di Jepang. Itu setara dengan Rp 581 jutaan. Beberapa situs asing menyebut Land Cruiser FJ akan menyasar pasar Asia dan Afrika.

    Apakah Indonesia akan masuk di dalamnya? Kita tunggu saja.

    (din/dry)

  • BMW iX3 hingga MINI Paul Smith Edition Resmi Melantai di Jepang

    BMW iX3 hingga MINI Paul Smith Edition Resmi Melantai di Jepang

    JAKARTA – BMW Group siap menjadi salah satu magnet utama di Japan Mobility Show 2025 dengan menampilkan jajaran mobil masa depan dari BMW dan MINI. Dalam ajang ini, BMW juga melakukan beberapa peluncuran untuk mobil baru.

    Peluncuran perdana BMW iX3 menjadi sorotan utama ajang ini. Model SUV listrik ini menjadi yang pertama dari generasi Neue Klasse, sekaligus menandai arah baru BMW menuju mobilitas berkelanjutan berbasis teknologi mutakhir.

    BMW iX3 tampil dengan desain revolusioner dan sistem pengoperasian baru BMW Panoramic iDrive yang menghadirkan pengalaman digital futuristik. Didukung BMW eDrive generasi keenam, mobil ini mampu menambah jarak tempuh hingga 372 kilometer hanya dalam 10 menit pengisian daya.

    Tak hanya itu, sistem pengisian dua arah memungkinkan mobil ini berfungsi sebagai bank daya berjalan. Produksi untuk pasar Jepang akan dimulai Maret 2026, sementara penjualan dijadwalkan pada paruh kedua tahun yang sama.

    BMW juga menegaskan komitmennya terhadap keberagaman sumber energi dengan menghadirkan BMW iX5 Hydrogen, kendaraan bertenaga sel bahan bakar hidrogen yang akan diproduksi mulai 2028.

    Dikembangkan bersama Toyota Motor Corporation, teknologi generasi ketiga ini menjanjikan efisiensi lebih tinggi, jangkauan lebih panjang, dan tenaga yang lebih besar, dengan desain sistem yang lebih ringkas.

    Lalu mobil yang sudah dibocorkan sebelumnya, yakni rilisnya MINI Paul Smith Edition menjadi simbol pertemuan antara desain klasik dan semangat modernitas. Desainer asal Inggris, Paul Smith, kembali bekerja sama dengan MINI untuk menciptakan edisi khusus yang akan debut dunia di Tokyo.

    Tampil dengan warna eksklusif Nottingham Green, aksen “signature stripe” khas Paul Smith, dan velg hitam Night Flash Spoke 18 inci, mobil ini membawa aura klasik. Edisi ini hadir dalam varian MINI Cooper 3-Door, 5-Door, dan Convertible, dengan versi full listrik akan lebih dulu dipasarkan secara global setelah debut di Jepang.

    “Jarang sekali kita melihat dua ikon desain Inggris berkolaborasi seperti ini, dan sungguh luar biasa bahwa kemitraan kita telah berlanjut selama bertahun-tahun. MINI Paul Smith Edition sungguh merupakan sebuah keistimewaan dan kesempatan yang luar biasa. Warna-warna baru dan detail-detail baru yang tak terduga, yang akan menjadi kejutan yang menyenangkan,” ujar Paul Smith di situs resmi BMW, dikutip Rabu, 29 Oktober.

    Penggemar kecepatan mendapat suguhan istimewa melalui peluncuran BMW M2 CS edisi khusus. Mengusung mesin enam silinder segaris berteknologi M TwinTurbo dengan tenaga 530 hp, mobil sport kompak ini mampu berakselerasi dari 0–100 km/jam hanya dalam 3,8 detik.

    BMW juga memperkenalkan fitur hiburan interaktif AirConsole, yang memungkinkan penumpang bermain gim langsung di layar kendaraan menggunakan ponsel sebagai pengontrol. Beberapa gim ikonik seperti UNO Car Party!, Hot Wheels: Xtreme Overdrive, dan PAC-MAN Championship Edition siap menghadirkan hiburan saat mobil sedang parkir atau mengisi daya.

  • Strategi Baru Lexus untuk Dunia

    Strategi Baru Lexus untuk Dunia

    Jakarta

    Japan Mobility Show (JMS) 2025 menjadi tonggak penting bagi Lexus. Merek premium di bawah Toyota Group mengumumkan strategi global baru yang cukup berani.

    “Seperti yang baru saja Anda dengar dari CEO kami, Koji Sato, tahun ini Japan Mobility Show bukan sekadar sebuah acara, ini adalah milestone penting bagi kami. Saya harap Anda sudah sempat menonton rangkaian iklan yang kami rilis beberapa minggu lalu, yang memperlihatkan arah masa depan setiap brand dalam Toyota Group,” ucap Chief Branding Officer Lexus, Simon Humphries, di atas panggung Japan Mobility Show (JMS) 2025.

    “Dari Toyota hingga Century, setiap brand memiliki janji yang jelas kepada pelanggan. Dengan Century kini fokus di segmen ultra-mewah, Lexus memiliki kebebasan baru untuk memperkuat janjinya di pusat market mobil mewah. Dan janji kami adalah ‘Discover’” Simon menambahkan.

    Rangkaian produk ‘Discover’ mencerminkan ambisi Lexus untuk berevolusi menjadi merek mewah yang dipimpin oleh desain yang mendefinisikan ulang hubungan antara teknologi, keberlanjutan, dan gaya hidup.

    Salah satu strategi baru yang dilancarkan Lexus untuk bisa menarik perhatian pecinta otomotif dunia ialah berubahnya makna ‘LS’ yang sebelumnya memiliki makna Luxury Sedan, kini Lexus memaknai ‘LS’ sebagai Luxury Space.

    Selama lebih dari tiga dekade, nama Lexus LS identik dengan sedan flagship yang bersaing ketat dengan para raksasa Jerman. Namun, di JMS 2025, citra tersebut dibuang jauh-jauh. Lexus memperkenalkan LS Concept sebagai representasi baru kemewahan mereka, dengan mengubah inisial ‘LS’ dari ‘Luxury Sedan’ menjadi ‘Luxury Space’ (Ruang Mewah).

    “Kami terus mencari dan menemukan hal-hal baru: produk, layanan, dan pengalaman. Sekarang kami ingin mendefinisikan ulang arti flagship kami: LS tidak lagi berarti Luxury Sedan atau Luxury SUV, tetapi Luxury Space,” ucap Simon.

    “Kami ingin mengajak pelanggan untuk berpikir mandiri dan percaya diri, berani mencoba hal baru, dan berinovasi, demi membantu mereka menemukan gaya hidup mewah yang baru dan bermakna. Hari ini, saya ingin menantang cara Anda memandang sebuah brand mewah. Lexus adalah brand mobil yang berawal dari flagship kami – Lexus LS. Sejak diperkenalkan tahun 1989, dunia mobil mewah telah berubah total. Dulu, sedan eksekutif menjadi simbol kemewahan tertinggi. Sekarang, mereka harus bersaing dengan SUV yang lebih populer,” penjelasan Simon.

    Simon pun memastikan Lexus akan melahirkan ekosistem baru yang akan masuk dalam semua segmen luxury.

    (riar/riar)

  • Sebulan Menghilang, Sopir Pribadi Gelapkan Mobil Majikan di Surabaya

    Sebulan Menghilang, Sopir Pribadi Gelapkan Mobil Majikan di Surabaya

    Surabaya (beritajatim.com)-  Seorang sopir pribadi di Surabaya berinisial FN nekat melakukan aksi penggelapan mobil milik majikannya, Selasa (28/10/2025). Kasus ini telah dilaporkan ke Polsek Sukomanunggal dan dalam proses penyelidikan.

    Peristiwa penggelapan itu dilaporkan oleh DP (51) warga Jalan Darmo Harapan, Sukomanunggal, Surabaya. Mobil Toyota Innova Venturer miliknya hilang setelah FN mengambil kunci mobil di tempat penyimpanan di dapur rumah.

    “Iya sudah laporan. Saat ini masih penyelidikan,” kata Kanit Reskrim Polsek Sukomanunggal, Ipda Eko Yudha.

    Yudha menjelaskan, FN sempat pergi tanpa pamitan kepada DPI sekitar akhir Agustus 2025 lalu. Ia lantas kembali ke rumah pada 28 Oktober 2025 sekitar pukul 04.00 WIB. Saat itu, ia bertemu dengan Asisten Rumah Tangga (ART) di rumah DP. Namun, para ART mengira FN datang ke rumah atas perintah dari DP.

    “Terlapor datang ke rumah lalu menuju dapur. Ia lalu mengambil kunci kontak mobil di sebuah kotak. Terlapor mengetahui persis letak kunci mobil karena pernah bekerja dengan pelapor,” imbuh Yudha.

    FN kemudian keluar rumah membawa mobil Innova Venturer milik DP. Korban baru mengetahui mobilnya hilang setelah bangun pagi. Ia lalu menanyakan keberadaan mobilnya kepada ART.

    “Setelah tahu mobilnya dibawa terlapor. Pelapor lantas melapor ke kami,” pungkasnya.

    Atas peristiwa ini, Pelapor mengalami kerugian hingga Rp 300 juta. Saat ini, pihak kepolisian masih melakukan pendalaman lebih lanjut untuk mengetahui keberadaan FN. [ang/aje]

  • Century Coupe Meluncur di JMS 2025, Toyota Punya Pesaing Rolls-Royce dan Bentley

    Century Coupe Meluncur di JMS 2025, Toyota Punya Pesaing Rolls-Royce dan Bentley

    Jakarta

    Sejak lebih dari 50 tahun lalu Century jadi mobil paling mewah yang pernah diproduksi Jepang. Tak lagi berada di bawah payung Toyota, Century merilis seri terbarunya dalam wujud coupe pada ajang Japan Mobility Show 2025.

    “Kebanggaan Jepang. Saya percaya Century diciptakan untuk memenuhi peran itu,” ucap Akio Toyoda di Japan Mobility Show dalam peluncuran Century, Rabu (29/10/2025).

    Century yang diluncurkan Toyota pada ajang Japan Mobility Show 2025 ini sejatinya sudah diumumkan secara resmi pekan lalu. Positioning-nya adalah sebagai brand yang disiapkan untuk bertarung di segmen super mewah: bersaing dengan Rolls-Royce dan Bentley.

    Toyota sudah mengumumkan bahwa Century akan menjadi merek yang berdiri sendiri, terpisah dari Toyota. Namun begitu, yang dipamerkan di Jepang ini masih merupakan konsep.

    Century coupe paling anyar ini punya desain yang benar-benar berbeda dengan seri yang diluncurkan sebelumnya. Warna orange yang mencolok namun cantik membuat mobil ini sangat eye-catching di arena Japan Mobility Show. Disebutkan kalau warna orange yang membalut Century terdiri dari 60 lapisan cat.

    Century coupe ini punya konfigurasi dua penumpang dan dua pintu. Belum ada detil spesifikasi yang dibocorkan, termasuk kapan akan diproduksi dan dijual untuk umum.

    Jika eksterior Century terlihat ‘menyala’ dengan warna orange yang mewah, di bagian interior kesan super premium mobil ini terasa makin kental. Kabin Century coupe ini disematkan banyak sekali atribut mewah berkelas. Termasuk jam analog klasik pada sisi tengah dashboard.

    Dua kursi di dalam kabin punya konfigurasi yang sepertinya belum pernah ada pada mobil lain. Kursi sopir dan satu penumpang tidak berada dalam posisi sejajar. Tapi tersusun secara diagonal, di mana kursi sopir berada di depan dan kursi penumpang di belakangnya (dalam posisi diagonal).

    Sejarah Singkat Century

    Century pertama kali diperkenalkan pada tahun 1967, bertepatan dengan peringatan 100 tahun kelahiran Sakichi Toyoda, pendiri Toyota Industries. Mobil ini sejak kelahirannya dianggap sebagai lambang kemewahan tertinggi dari Jepang, dan diproduksi terutama untuk pasar domestik.

    Dengan statusnya sebagai mobil super premium, Century selama ini digunakan oleh Kaisar Jepang (Century Royal), Perdana Menteri, hingga pejabat tinggi pemerintah.

    Hal-hal tersebut menjadikan Century sebagai puncak lini produk Toyota. Nantinya, merek Century akan berada di segmen paling atas, diikuti Lexus, GR, Toyota, dan Daihatsu.

    Century selama ini juga dikenal sebagai mobil yang produksi untuk rentang waktu yang sangat panjang. Sejak pertama meluncur lebih dari 50 tahun lalu, Century baru punya lima generasi.

    Century punya lambang yang unik, yakni burung Phoenix – yang melambangkan kebangsawanan dan keabadian. Lambang yang menempel pada setiap mobil ini diukir menggunakan tangan.

    (din/dry)

  • Toyota Tertarik Investasi Pabrik Bioetanol di Indonesia

    Toyota Tertarik Investasi Pabrik Bioetanol di Indonesia

    Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah tengah menyiapkan program mandatori pencampuran bahan bakar minyak (BBM) dengan etanol sebesar 10% atau dikenal sebagai E10. Program ini tidak hanya diharapkan mampu menekan ketergantungan impor BBM, tetapi juga menarik minat investasi dari berbagai pihak, termasuk perusahaan asing.

    Wakil Menteri Investasi dan Hilirisasi/Wakil Kepala BKPM Todotua Pasaribu mengatakan, untuk menjalankan program E10, Indonesia membutuhkan pasokan etanol yang besar, mencapai 1 hingga 4 juta kilo liter per tahun.

    “Sudah ditetapkan E10, berarti ada total konsolidasi kebutuhan sekitar hampir 4 juta etanol setiap tahun,” ungkap Todotua saat ditemui di Jakarta, Rabu (29/10/2025).

    Etanol atau bioetanol merupakan bahan kimia yang diproduksi dari bahan alami seperti singkong, tebu, dan ubi. Untuk mendukung program ini, Kementerian Koordinator Bidang Pangan bersama Kementerian Pertanian sedang merancang pengembangan lahan khusus guna meningkatkan produksi bahan baku etanol di dalam negeri.

    Todotua menambahkan, sejumlah investor asing telah menyatakan ketertarikan untuk membangun pabrik bioetanol di Indonesia. Salah satunya datang dari perusahaan otomotif asal Jepang, Toyota.

    Menurutnya, Toyota tertarik karena beberapa produk mobil mereka telah menggunakan teknologi bahan bakar berbasis etanol. Selain Jepang, Brasil juga disebut siap berkolaborasi dengan Indonesia dalam pengembangan ekosistem etanol nasional.

    “Brasil adalah salah satu negara yang cukup sukses mengelola mengenai etanolnya. Baik dari strategi penanamannya, maupun dalam plant,” pungkas Todotua.

  • Ada 3 Eks Polisi Ikut Terlibat

    Ada 3 Eks Polisi Ikut Terlibat

    Liputan6.com, Jakarta – Fakta baru terungkap dalam kasus pencurian mobil milik perwira Mabes Polri, AKP FN, yang melibatkan oknum anggota Polresta Bandar Lampung berinisial Aipda AGM. Polisi memastikan bahwa aksi tersebut tidak dilakukan sendirian, melainkan oleh komplotan beranggotakan tujuh orang, termasuk satu anggota aktif dan tiga mantan polisi.

    Kapolresta Bandar Lampung, Kombes Pol Alfret Jacob Tilukay mengatakan, sindikat itu dibongkar setelah penyidik menemukan keterlibatan enam pelaku lain selain Aipda AGM.

    Ketiganya merupakan mantan anggota kepolisian berinisial Z, HN, dan AN, sementara tiga pelaku lain adalah warga sipil berinisial T, DB, dan F.

    “Mereka semua sudah kami tahan dan tetapkan sebagai tersangka kasus pencurian mobil Toyota Innova Reborn milik AKP FN,” kata Kombes Alfret saat konferensi pers, Rabu (29/10/2025).

    Adapun dari hasil penggerebekan, polisi menemukan sejumlah barang bukti mengejutkan. “Kami mengamankan puluhan BPKB, ratusan STNK, belasan pelat nomor palsu, emas logam mulia palsu, serta cap dan materai palsu,” ungkapnya.

    Dia bilang, total ada sembilan orang yang diamankan. Setelah pemeriksaan, tujuh ditetapkan sebagai tersangka kasus pencurian, sedangkan seluruhnya juga terindikasi positif narkoba.

    “Tujuh pelaku kami tetapkan sebagai tersangka pencurian. Namun mereka semua juga sedang kami proses dalam kasus narkoba, karena hasil tes menunjukkan positif sabu. Peran masing-masing masih kami dalami,” jelasnya.