brand merek: Toyota

  • Mobil PHEV di RI ‘Ugal-ugalan’ Gegara Merek China, Naiknya Ribuan Persen!

    Mobil PHEV di RI ‘Ugal-ugalan’ Gegara Merek China, Naiknya Ribuan Persen!

    Jakarta

    Mobil plug in hybrid electric vehicles (PHEV) mewarnai garasi masyarakat Indonesia. Menariknya data penjualan mobil PHEV naik ribuan persen, lho!

    Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan mobil elektrifikasi (hybrid, plug in hybrid, dan battery electric vehicles) di Indonesia sudah tembus 144.148 unit.

    Rinciannya, PHEV angkanya tembus 4.312 unit, hybrid sebanyak 57.311 unit, dan BEV sebesar 82.525 unit.

    Melihat sejarahnya, PHEV sempat dianggap sebagai segmen “niche” yang sulit berkembang. Bayangkan saja, pada tahun 2019, hanya ada 25 unit yang mengaspal di tanah air. Angka ini bahkan sempat merosot tajam ke angka satuan-hanya 8 unit-saat pandemi melanda di tahun 2020.

    Selama bertahun-tahun kemudian, pertumbuhannya merangkak sangat pelan, seolah tertahan di angka puluhan hingga seratusan unit saja. Namun, tahun 2025 menjadi sejarah baru untuk mobil PHEV. Dari yang hanya terdistribusi 136 unit sepanjang 2024, angka tersebut mendadak meledak menjadi 4.312 unit hanya dalam periode Januari hingga November 2025.

    Angka pertumbuhannya mencapai ribuan persen dibandingkan periode Januari-November, dari 130 unit (2024) menjadi 4.312 unit (2025), artinya terjadi kenaikan sebesar 3.217 %.

    Mayoritas yang bikin melejit penjualan mobil PHEV adalah merek asal China, Chery Group.

    Sebelum merek China masuk, PHEV dari pabrikan Eropa atau Jepang umumnya diposisikan di segmen premium dengan harga yang cukup tinggi.

    Ini berkat Chery yang memasarkan Tiggo 8 dan Tiggo 9 berteknologi Chery Super Hybrid (CSH). Tiggo 8 CSH sudah mengirim sebanyak 2.853 unit pada periode Januari-November 2025, sementara Tiggo 9 CSH sebanyak 339 unit.

    Merek China lain yang turut memasarkan PHEV ialah Jaecoo lewat J7 dan J8. Kedua model itu masing-masing terjual 576 unit dan 186 unit pada periode Januari-November 2025.

    Mazda nggak ketinggalan. Brand asal Jepang itu ditopang oleh Mazda CX-80 dengan capaian 69 unit.

    Toyota yang ikut coba memasarkan PHEV belum terlihat bagus dalam peta persaingan. Lewat Prius PHEV, penjualannya baru mencatat satu unit.

    Baru-baru ini, Wuling ikut meramaikan pasar PHEV dengan kemunculan Darion. Mobil tersebut sudah terdistribusi sebanyak 8 unit.

    Geely juga masuk dalam daftar merek China yang ikut menambah opsi PHEV. Geely Starray sudah terdistribusi sebanyak 167 unit pada November 2025.

    Kemunculan mobil PHEV dengan harga yang lebih kompetitif yang diproduksi secara lokal bikin PHEV tidak lagi menjadi barang mewah yang langka.

    Mobil PHEV Terlaris di Indonesia

    Berikut adalah daftar mobil PHEV terlaris di Indonesia (Januari-Oktober 2025) yang didominasi merek China, berdasarkan data Gaikindo:

    1. Chery Tiggo 8 CSH: 2.853 unit
    2. Jaecoo J7 SHS: 576 unit
    3. Chery Tiggo 9 CSH: 339 unit
    4. Jaecoo J8 SHS: 186 unit
    5. Geely Starray: 167 unit
    6. Mazda CX-80 PHEV: 69 unit

    (riar/dry)

  • Kembaran Toyota Yaris Cross Meluncur, Harganya Rp 300 Jutaan

    Kembaran Toyota Yaris Cross Meluncur, Harganya Rp 300 Jutaan

    Jakarta

    Kembaran Toyota Yaris Cross resmi meluncur di Malaysia. Mobil ini di-rebadge dengan merek mobil nasional Malaysia, Perodua Traz. Sayangnya, tidak ada opsi mesin hybrid seperti di Toyota Yaris Cross.

    Mengutip Paultan, Perodua Traz dibanderol RM 76.100 untuk tipe X (Rp 310,6 juta), RM 81.100 (Rp 331 juta), dan RM 82.000 (Rp 334,7 juta) untuk tipe H two tone. Harga itu belum termasuk asuransi.

    Perodua Traz Foto: Perodua

    Secara desain, Perodua Traz dan Toyota Yaris Cross memiliki perbedaan, terutama di bagian grille, foglamp, velg, serta pilihan warna. Sementara lampu utama dan lampu rem, keduanya tampak mirip. Buat ukuran SUV kompak 5-seater, Perodua Traz juga memiliki kapasitas bagasi cukup lega, hingga 471 liter.

    Dari aspek jantung pacu, Traz ditenagai mesin 2NR-VE 1.5L, DOHC, Dual VVT-i naturally aspirated, yang bisa menghasilkan tenaga 106 PS (104,55 dk) di 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. Sayangnya, Perodua Traz tidak memiliki opsi mesin hybrid seperti di Toyota Yaris Cross.

    Kendati tidak mendapatkan pilihan mesin hybrid, mesin konvensional Perodua Traz sudah cukup irit dengan klaim konsumsi bahan bakar 21,3 km/liter dalam siklus mengemudi Malaysia (MDC). Tangki bahan bakarnya cukup lega dengan volume 42 liter.

    Perodua Traz Foto: Perodua

    Perodua Traz hanya memiliki varian dasar X dan varian menengah H. Varian X hadir dengan lampu depan LED otomatis dengan fitur follow me home dan pengaturan ketinggian manual, position lamp LED, lampu belakang LED, dan kaca spion samping yang dapat dilipat otomatis dengan lampu sein LED. Ada juga rem parkir elektronik dengan fungsi auto hold.

    Sementara varian H mendapat tambahan foglamp LED, welcome lamps di kaca spion, dan logo H di pintu bagasi. Varian ini juga mendapatkan lapisan kulit pada setir dan tuas persneling, AC otomatis, dan dua tweeter (sehingga total ada enam speaker). Terdapat juga kamera parkir 360 derajat dan dashcam, juga pintu bagasi elektrik dengan sensor gerak kaki.

    Perodua Traz Foto: Perodua

    (lua/dry)

  • Honda Odyssey Ada Versi Barunya, Harganya Rp 500 Jutaan

    Honda Odyssey Ada Versi Barunya, Harganya Rp 500 Jutaan

    Jakarta

    Honda Odyssey terbaru dengan ubahan minimalis meluncur di Jepang. Harga jualnya Rp 500 jutaan.

    Honda diam-diam meluncurkan Odyssey hybrid versi 2026 di Jepang. Pembaruannya minim, tapi ada kenaikan harga 286 ribu yen atau dengan kurs 1 yen = Rp 107 maka setara dengan Rp 30 jutaan. Padahal penjualannya tengah tersendat. Odyssey terbaru di Jepang ini berbeda dengan versi yang dijual di Amerika Utara, demikian diberitakan Carscoops.

    Generasi Odyssey yang dijual saat ini sudah ada di Jepang sejak tahun 2013. Tercatat sudah ada dua kali facelift sejak tahun itu untuk memperbarui tampilannya. Diketahui, Jepang telah menghentikan produksi domestik Odyssey pada akhir 2021. Namun Honda kembali menghidupkannya tahun 2023 dengan mengimpor unitnya secara utuh dari China.

    Adapun untuk Odyssey tahun 2026, terlihat perubahan ada pada warna cat baru yakni Diamond Dust Pearl. Warnanya meniru kilauan kristal es di langit. Kemudian ada aksen serba hitam di bagian velgnya seperti pada varian Black Edition.

    Sedangkan di bagian interior satu-satunya perubahan hanya ada penambahan tirai matahari yang dioperasikan secara manual pada jendela belakang. Sejatinya fitur ini sudah tersedia sebagai opsi dengan biaya tambahan 27.500 yen atau setara Rp 2,9 jutaan.

    Di balik kap mesin, tak ada perubahan yang dilakukan. Honda masih mempercayakan mesin 2.0 L yang dipadukan dengan motor listrik bertenaga 181 daya kuda. Tenaga itu disalurkan melalui penggerak roda depan lewat transmisi e-CVT.

    Honda Odyssey 2026 ini ditawarkan dengan harga mulai 5.086.400 yen hingga 5.450.500 yen. Kalau dirupiahkan, Odyssey versi anyar ini dibanderol mulai Rp 547 jutaan hingga Rp 586 jutaan.

    Harganya cukup bersaing dengan deretan High MPV lain sekelas Toyota Alphard. Sebagai gambaran, Toyota Alphard di Jepang ditawarkan mulai harga 5,1 juta yen hingga 8,8 juta yen. Di sisi lain, Nissan juga bakal menggebrak pasar tersebut dengan menghadirkan Elgrand pada musim panas 2026.

    Di sisi lain, mengutip laporan Creative Trend, ketertarikan konsumen terhadap MPV bongsor Honda masih minim. Salah satu dealer bahkan dilaporkan hanya menerima satu pesanan sejak model tahun 2026 diumumkan bulan lalu.

    (dry/din)

  • Segini Penjualan Mobil Polytron, Unggul dari 6 Merek Ini

    Segini Penjualan Mobil Polytron, Unggul dari 6 Merek Ini

    Jakarta

    Polytron ikut meramaikan pasar mobil listrik Indonesia yang masih bertumbuh. Melirik data penjualan per November 2025, Polytron sudah bisa unggul di antara beberapa merek lainnya.

    Polytron baru menjual model G3 dan G3+. SUV itu merupakan kerja sama dengan perusahaan asal China Skyworth.

    Sejak Mei 2025, Polytron G3 dan G3+ menyapa masyarakat Indonesia. Distribusi wholesales (pabrik ke dealer) dilakukan per Juli 2025. Sepanjang tahun 2025 ini sudah sudah 286 unit mobil listrik Polytron terdistribusi.

    G3 menjadi varian yang paling banyak dibeli dengan capaian 170 unit, sisanya model G3+.

    Kendati demikian, capaian tersebut belum bisa membuat Polytron tembus 10 besar mobil listrik terlaris di Indonesia. Penjualan mobil listrik di Indonesia mengalami pertumbuhan. Data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) menunjukkan sebanyak 82.525 unit mobil listrik terjual sepanjang Januari-November 2025 dari total penjualan 710.084 unit.

    BYD menjadi model yang paling populer di Indonesia dengan capaian 40.151 unit. Sementara sub brand mewahnya, Denza mendistribusikan sebanyak 7.176 unit. Posisi tiga besar ditutup oleh Chery dengan penjualan 7.065 unit.

    Jika dilihat secara bulanan, Polytron mendistribusikan 81 unit per November 2025, angka ini lebih tinggi dari merek lain yang juga menjual mobil listrik, antara lain Neta (61 unit), Toyota (5 unit), Mitsubishi (1 unit), Morris Garage (27 unit), Maxus (15 unit), dan VinFast (68 unit).

    Polytron merakit mobil listrik G3+ dan G3 di fasilitas milik PT Handal Indonesia Motor (HIM) di Purwakarta, Jawa Barat. Perakitan mobil listrik Polytron masih dalam tahap semi knocked down (SKD).

    Soal kemampuannya, dua varian itu memiliki jarak tempuh 402 kilometer (CLTC). Kecepatan tertingginya 150 km/jam. Di atas kertas dari titik nol ke 100 km per jam bisa berlari selama 9,6 detik.

    Polytron mengandalkan baterai Lithium Ferro Phospate (LFP) berkapasitas 51,916 kWh dan power 150 kW. Sementara torsinya 320 Nm, khas mobil listrik yang punya akselerasi instan.

    Menyoal harga, Polytron ini tersedia dalam opsi sewa baterai atau termasuk baterai. Berikut ini daftar harganya:

    Opsi berlangganan baterai

    Polytron G3 Rp 299 jutaPolytron G3+ Rp 339 jutaBiaya langganan baterai: Rp 1,2 juta.

    Opsi termasuk beli baterai:

    Polytron G3 Rp 419 jutaPolytron G3+ Rp 459 juta

    (riar/dry)

  • Bisa Nyicil Toyota Avanza Rp 1 Jutaan per Bulan, Ini Skemanya

    Bisa Nyicil Toyota Avanza Rp 1 Jutaan per Bulan, Ini Skemanya

    Jakarta

    Beli Avanza bisa dicicil Rp 1 jutaan per bulan. Begini skemanya.

    Nyicil Toyota Avanza baru normalnya Rp 4 jutaan per bulan. Tapi bisa juga lho nyicil Avanza bayarnya Rp 1 jutaan per bulan. Caranya tentu dengan membayar uang muka yang besar. Supaya bisa nyicil Avanza Rp 1 jutaan per bulan itu, setidaknya kamu harus membayar uang muka hingga 80 persen dari total harga.

    Skema Nyicil Toyota Avanza Rp 1 Jutaan per Bulan

    Contohnya Avanza termurah seharga Rp 243 juta, maka uang mukanya sekitar Rp 194 jutaan supaya bisa nyicil Rp 1 jutaan per bulan. Lengkapnya, berikut ini skema nyicil Avanza Rp 1 jutaan per bulan.

    Avanza 1.3 E M/T: Rp 243 juta
    DP 80 persen: Rp 194,4 juta

    Tenor: 36 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 201.307.842
    Cicilan per bulan: Rp 1,938 jutaTenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 200.964.326
    Cicilan per bulan: Rp 1,587 jutaTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 200.780.276
    Cicilan per bulan: Rp 1,396 juta

    Avanza 1.3 E CVT: Rp 258 juta
    DP 80 persen: Rp 206,4 juta

    Tenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 213.097.038
    Cicilan per bulan: Rp 1,685 jutaTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 212.901.417
    Cicilan per bulan: Rp 1,482 juta

    Avanza 1.5 G M/T: Rp 266 juta
    DP 80 persen: Rp 218,8 juta

    Tenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 219.567.551
    Cicilan per bulan: Rp 1,737 jutaTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 219.366.158
    Cicilan per bulan: Rp 1,528 juta

    Avanza 1.5 G CVT: Rp 280,8 juta
    DP 80 persen: Rp 224,64 juta

    Tenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 231.533.536
    Cicilan per bulan: Rp 1,83 jutaTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 231.320.567
    Cicilan per bulan: Rp 1,609 juta

    Nah itu tadi skema cicilan Avanza Rp 1 jutaan per bulan. Kalau uang mukanya dirasa terlalu berat, kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi finansial kamu. Sebagai informasi tambahan, Toyota Avanza i ditawarkan dengan opsi mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Sementara pilihan transmisinya manual dan CVT. Avanza 1.300 cc mengusung mesin 1NR-VE 1.329 cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 12,4 Kgm. Sementara mesin 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm.

    (dry/din)

  • Harga Mepet Brio RS-Agya GR, Berapa Banyak Penjualan Jaecoo J5?

    Harga Mepet Brio RS-Agya GR, Berapa Banyak Penjualan Jaecoo J5?

    Jakarta

    Harga mobil listrik Jaecoo J5 mepet mobil hatchback Honda Brio RS dan Toyota Agya GR. Seberapa laris Jaecoo J5 sejak harganya diumumkan pada awal November 2025?

    Sebelum beranjak ke penjualan, strategi harga yang ditawarkan Jaecoo J5 hanya selisih tipis di antara varian tertinggi mobil-mobil hatchback terpopuler seperti Honda Brio RS dan Toyota Agya GR Sport. Konsumen bisa mendapatkan SUV listrik lima penumpang dengan harga setara hatchback bensin.

    Jaecoo J5 saat ini dibanderol mulai Rp 249,9 juta (tipe terendah). Sementara tipe tertingginya dibanderol Rp 299,9 juta.

    Sebagai pembanding, Honda Brio RS tipe termurah saat ini Rp 248,2 juta, dan tipe tertingginya Rp 258,2 juta. Sementara Agya GR termurah Rp 239,4 juta, termahalnya dibanderol Rp 265,3 juta.

    Kehadiran Jaecoo J5 EV dengan banderol harga yang ‘mengganggu’ segmen lain ini mengindikasikan bahwa teknologi mobil listrik kini sudah bisa menyentuh segmen harga yang sebelumnya dianggap mustahil.

    Jaecoo J5 EV, yang secara dimensi masuk kategori SUV, menawarkan tenaga yang jauh lebih besar (210 PS dan 288 Nm) dan klaim jarak tempuh hingga 461 km (WLTC), menjadikannya tawaran yang sulit diabaikan.

    Lantas bagaimana penjualannya?

    Dikutip dari laporan wholesales (distribusi pabrik ke dealer) Gaikindo, Jaecoo J5 sudah terdistribusi sebanyak 653 unit. Angka tersebut jumlah dari capaian Oktober dan November 2025.

    Jaecco pernah menyebut sejak pertama diumumkan pada awal November lalu, SUV listrik itu diklaim sudah dipesan 6.000 unit lebih.

    Pencapaian Jaecoo J5 belum sefenomenal kehadiran BYD Atto 1 yang bisa tembus di atas 8 ribu unit per bulan.

    Di sisi lain, pasar mobil listrik di Indonesia masih bertumbuh, data menunjukkan sebanyak 82.525 unit mobil listrik mengambil pangsa pasar sepanjang Januari-November 2025.

    Total penjualan wholesales selama 11 bulan ini mencapai 710.084 unit. Artinya pangsa pasar mobil listriknya sepanjang tahun ini sudah 11,62 persen.

    (riar/dry)

  • Ada Daihatsu Hijet versi Nyentrik, Ini Wujudnya

    Ada Daihatsu Hijet versi Nyentrik, Ini Wujudnya

    Jakarta

    Daihatsu siap membawa sederet mobil konsep kustom dengan gaya ekstrem, unik, hingga sporty pada ajang Tokyo Auto Salon 2026 yang berlangsung mulai 9 Januari 2026. Merek Jepang ini akan menghadirkan model kei car Hijet, Move, Tanto, termasuk lini mobil sport Daihatsu GR (Gazoo Racing).

    Salah satu bintang Daihatsu dalam pameran tersebut adalah konsep Hijet Truck yang tampil nyentrik bak karnaval berjalan. Basisnya adalah Daihatsu Hijet yang dimodifikasi secara radikal dengan balutan krom mengilap, warna biru muda yang terang, serta grafis mencolok.

    Ragam mobil kustom Daihatsu yang mejeng di Tokyo Auto Salon 2026 Foto: Dok. Daihatsu

    Mobil pikap kecil ini dilengkapi pencahayaan ekstra di hampir seluruh bagian bodi, mulai roda, panel samping, bumper, sampai atap. Tak tanggung-tanggung, bagian belakang dijejali 14 lampu LED yang membuat tampilannya makin mencolok.

    Bak belakang Hijet ini juga dihiasi ilustrasi gambar tangan yang merekam perjalanan setiap generasi Hijet, lengkap dengan sentuhan nostalgia lewat referensi ke model klasik Daihatsu Midget.

    Ragam mobil kustom Daihatsu yang mejeng di Tokyo Auto Salon 2026 Foto: Dok. Daihatsu

    Bagi yang menyukai tampilan lebih fungsional, Daihatsu juga menampilkan konsep Hijet Panel Van Extend3. Versi ini tampil lebih kalem dengan fokus ke kepraktisan. Ciri khas mobil ini adalah ekstensi belakang geser yang bisa memperluas ruang kargo saat kendaraan diparkir. Tampilan off-road ringan diperkuat velg bergaya beadlock, ban tebal, dan rak atap multifungsi.

    Daihatsu turut memamerkan dua konsep modifikasi berbasis Daihatsu Move generasi ketujuh. Konsep pertama bertajuk Move #ootd dengan eksterior dua warna, velg retro, dan roof rack. Sementara konsep Move Kuromeki tampil lebih sporty lewat balutan abu-abu matte, bodykit agresif, serta aksen menyerupai karbon.

    Tak kalah menarik, konsep Tanto Custom Kuromeki berbasis Daihatsu Tanto hadir dengan grille raksasa yang mendominasi fascia depan. Desainnya terinspirasi minivan besar seperti Toyota Vellfire, namun dipadatkan ke dimensi kei car. Hasilnya, tampil unik sekaligus futuristis.

    Ragam mobil kustom Daihatsu yang mejeng di Tokyo Auto Salon 2026 Foto: Dok. Daihatsu

    (lua/dry)

  • 2 Mobil di Garasi Bos Baru Antam

    2 Mobil di Garasi Bos Baru Antam

    Jakarta

    Untung Budiharto diangkat menjadi Direktur Utama Antam. Intip sisi lain dari bos Antam yang baru, berikut ini isi garasinya.

    Dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Untung terakhir kali menyampaikan hartanya pada 4 Februari 2025. Dia memiliki kekayaan sebesar Rp 12.575.644.749 (Rp 12,5 miliaran). Harta itu dilaporkan saat menjabat sebagai Komisaris PT Transportasi Jakarta.

    Isi Garasi Bos Baru Antam

    Soal isi garasinya, Untung hanya mendaftarkan dua model kendaraan dengan taksiran harga total Rp 650 juta, antara lain:

    1. Toyota Nav tahun 2015, harganya Rp 150 juta
    2. Toyota Camry tahun 2022, harganya Rp 500 juta

    Tidak ada daftar kendaraan bermotor lain yang didaftarkan Untung. Semua mobil itu diperoleh atas hasil sendiri.

    Profil Untung Budiharto yang diangkat jadi Dirut Antam

    Untung Budiharto diketahui pensiunan TNI-AD dengan berpangkat Mayjen. Ia saat ini juga tercatat aktif sebagai Komisaris Utama (Komut) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

    ikutip dari laman resmi Transjakarta, pengangkatan Untung Budiharto sebagai Komisaris Utama sejak 8 Juni 2023. Pria kelahiran Tegal pada 26 April 1965 sebelumnya mengakhiri karir di militer sebagai Pangdam Jaya.

    Selama berkarir, Untung Budiharto tercatat sempat menjabat sebagai Danrem di Bangka Belitung, Paban di Staf Operasi, Waasops Kasad, Kasdam di Bukit Barisan, Direktur Operasi Badan SAR Nasional, hingga Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

    PT Aneka Tambang Tbk (ATNM) atau Antam mengumumkan pengangkatan Untung Budiharto sebagai Direktur Utama (Dirut) baru menggantikan Achmad Ardianto. Keputusan ini diambil dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (15/12/2025).

    (riar/dry)

  • Duduk Perkara 15 WNA China Bentrok dengan Prajurit TNI di Tambang Emas Ketapang 
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        17 Desember 2025

    Duduk Perkara 15 WNA China Bentrok dengan Prajurit TNI di Tambang Emas Ketapang Regional 17 Desember 2025

    Duduk Perkara 15 WNA China Bentrok dengan Prajurit TNI di Tambang Emas Ketapang
    Tim Redaksi
    PONTIANAK, KOMPAS.com
    – Insiden kericuhan yang melibatkan 15 warga negara asing (WNA) asal China dengan prajurit TNI serta warga sipil di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, diduga berawal dari sengketa kepemilikan manajemen perusahaan tambang emas PT Sultan Rafli Mandiri (SRM).
    Dua pihak mengklaim sebagai pengelola sah PT SRM.
    Manajemen lama dipimpin Li Changjin, sementara manajemen baru mengklaim telah mengesahkan direksi melalui rapat umum pemegang saham (RUPS) pada Juli 2025.
    Manajemen PT SRM versi lama menyatakan, 15 WNA China tersebut merupakan staf teknis yang dipekerjakan secara resmi di lokasi tambang.
    Direktur Utama PT SRM versi lama, Li Changjin, membenarkan keberadaan mereka saat insiden terjadi.
    Sementara itu, PT SRM versi baru dengan Firman sebagai direktur utama mengklaim telah mengesahkan susunan direksi baru melalui RUPS.
    Pihak ini juga telah membuat pengaduan ke Polda
    Kalbar
    terkait dugaan penyerangan dan perusakan.
    Peristiwa bentrokan itu terjadi di Desa Pemuatan Batu, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten
    Ketapang
    , Minggu (14/12/2025) sekitar pukul 15.40 WIB.
    Li Changjin menyebut insiden bermula saat staf teknis PT SRM berkewarganegaraan China mengoperasikan drone di area tambang.
    Ia menegaskan penerbangan drone dilakukan di wilayah izin usaha pertambangan (IUP) PT SRM dan bukan kawasan terlarang.
    “Atas peristiwa tersebut, drone dan telepon seluler milik staf teknis kami sempat disita, sementara rekaman di dalam perangkat dihapus, sebelum akhirnya dikembalikan,” kata Li Changjin.
    Ia menambahkan, staf teknis tersebut merasa ketakutan karena perlengkapan mereka disita secara tiba-tiba oleh pihak keamanan perusahaan versi baru serta prajurit TNI.
    “Kami juga tidak mengetahui kepentingan pihak tertentu berada di lokasi tersebut,” ujarnya.
    Direksi PT SRM versi baru menilai aktivitas penerbangan drone tersebut dilakukan tanpa izin.
    Kuasa hukum PT SRM versi baru, Muchamad Fadzri, menyampaikan keprihatinan atas insiden yang berujung kericuhan.
    “Yang dilakukan warga negara asing kepada aparat kita sangat kami sesalkan. Kami turut prihatin dan menyampaikan permohonan maaf kepada pimpinan-pimpinan TNI karena gara-gara ulah WNA, aparat negara menjadi korban,” kata Fadzri, Selasa (16/12/2025).
    Menurut Fadzri, insiden bermula dari kecurigaan pengamanan internal perusahaan terhadap aktivitas drone di sekitar area operasional tambang. Upaya persuasif dilakukan, namun komunikasi tidak berjalan baik.
    “Karena komunikasi yang tidak berjalan baik, mereka menggunakan bahasa China, kami bahasa Indonesia, terjadi perselisihan. Keamanan internal kami diserang,” paparnya.
    Kodam XII/Tanjungpura membenarkan adanya insiden yang melibatkan prajurit Yonzipur 6/Satya Digdaya dengan 15 WNA di area PT SRM saat prajurit tengah melaksanakan latihan dasar satuan.
    Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kolonel Inf Yusub Dody Sandra mengatakan, laporan awal diterima dari pengamanan PT SRM terkait aktivitas drone tak dikenal di sekitar area latihan.
    Empat prajurit mendatangi lokasi dan menemukan empat WNA yang mengoperasikan drone. Tak lama kemudian, sejumlah WNA lain datang hingga total berjumlah 15 orang.
    Saat proses klarifikasi, terjadi penyerangan terhadap prajurit TNI yang diduga menggunakan senjata tajam, airsoft gun, dan alat setrum.
    “Dalam situasi tersebut kemudian terjadi tindakan penyerangan terhadap prajurit kami,” kata Yusub dalam keterangan tertulis yang diterima Selasa (16/12/2025).
    Prajurit kemudian menghindari konfrontasi lanjutan dan melaporkan kejadian ke komando.
    Akibat insiden tersebut, satu unit mobil operasional Toyota Hilux dan satu sepeda motor karyawan PT SRM dilaporkan rusak.
    Kodam menyatakan masih melakukan penyelidikan untuk mendalami kronologi, motif penyerangan, serta tujuan penerbangan drone.
    Melalui kuasa hukumnya, direksi PT SRM versi baru telah membuat pengaduan ke Polda Kalbar terkait dugaan penyerangan dan perusakan oleh 15 WNA China.
    Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Bayu Suseno mengatakan belum menerima laporan detail terkait pengaduan tersebut.
    “Silakan tanya ke Dirreskrimum Polda Kalbar,” kata Bayu.
    Sementara itu, Kantor Imigrasi Ketapang memastikan telah mengamankan 15 WNA China tersebut untuk pemeriksaan keimigrasian.
    Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Ketapang, Ida Bagus Putu Widia Kusuma, mengatakan para WNA tengah diperiksa terkait legalitas keberadaan dan aktivitas mereka.
    “Mereka telah dibawa ke Kantor Imigrasi Ketapang,” kata Ida Bagus, Selasa (16/12/2025).
    Ia menambahkan, seluruh WNA tersebut memegang Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) yang disponsori PT Sultan Rafli Mandiri versi direksi lama.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Eks Menag Yaqut Irit Bicara Usai Hampir 8,5 Jam Diperiksa KPK

    Eks Menag Yaqut Irit Bicara Usai Hampir 8,5 Jam Diperiksa KPK

    Eks Menag Yaqut Irit Bicara Usai Hampir 8,5 Jam Diperiksa KPK
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Mantan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas irit bicara saat dibombardir pertanyaan oleh wartawan setelah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus korupsi kuota haji, Selasa (16/12/2025).
    Yaqut menjalani pemeriksaan selama hampir 8,5 jam, ia tiba di Gedung Merah Putih
    KPK
    pada pukul 11.41 WIB dan baru keluar pada pukul 20.13 WIB.
    “Tolong ditanyakan langsung ke penyidik ya, tanyakan ke penyidik ya. Nanti tolong ditanyakan,” kata Yaqut saat meninggalkan kantor KPK, Selasa malam.
    Yaqut kembali menutup rapat informasi saat ditanya soal temuan KPK di Arab Saudi yang berkaitan dengan kasus kuota haji 2024.
    Dia meminta para wartawan menanyakan hasil pemeriksaan kepada KPK.
    “Kawan-kawan yang saya hormati, tolong ditanyakan ke penyidik, saya mohon izin lewat ya,” ujarnya.
    Meski demikian, Yaqut memastikan statusnya masih sebagai saksi dalam kasus kuota haji.
    “Diperiksa sebagai saksi,” ucap dia.
    Bersama pengacara dan juru bicaranya, Yaqut bergegas meninggalkan Gedung Merah Putih menggunakan mobil merek Toyota Fortuner hitam.
    Diketahui, KPK tengah menyidik kasus dugaan korupsi terkait penentuan kuota haji tahun 2023-2024 di Kementerian Agama yang terjadi pada masa Menteri Agama
    Yaqut Cholil Qoumas
    .
    Dalam perkara ini, KPK menduga terdapat penyelewengan dalam pembagian 20.000 kuota tambahan yang diberikan pemerintah Arab Saudi.
    Pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu menjelaskan, berdasarkan Pasal 64 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, diatur bahwa kuota haji khusus ditetapkan sebesar 8 persen, sedangkan kuota haji reguler ditetapkan sebesar 92 persen.
    Dengan demikian, 20.000 kuota tambahan haji itu harusnya dibagi menjadi 18.400 atau setara 92 persen untuk haji reguler dan 1.600 atau setara 8 persen untuk haji khusus.
    Namun, dalam perjalanannya, aturan tersebut tidak dilakukan Kementerian Agama.
    “Tetapi kemudian, ini tidak sesuai, itu yang menjadi perbuatan melawan hukumnya, itu tidak sesuai aturan itu, tapi dibagi dua (yaitu) 10.000 untuk reguler, 10.000 lagi untuk kuota khusus,” ujar Asep.
    “Jadi kan berbeda, harusnya 92 persen dengan 8 persen, ini menjadi 50 persen, 50 persen. Itu menyalahi aturan yang ada,” imbuh dia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.