brand merek: Toyota

  • Hyundai Mau ‘Nimbrung’ Garap Mobil Nasional RI, TKDN di Atas 80 Persen

    Hyundai Mau ‘Nimbrung’ Garap Mobil Nasional RI, TKDN di Atas 80 Persen

    Jakarta

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, Hyundai berniat untuk ikut menggarap proyek mobil nasional Indonesia. Bahkan disebutkan, mobil nasional itu nantinya akan memiliki tingkat komponen dalam negeri atau TKDN di atas 80 persen.

    Baru-baru ini Airlangga bertemu dengan President of Hyundai Motor Group Amb. Sung Kim. Dalam pertemuan itu disampaikan, Hyundai tertarik untuk ikut menggarap mobil nasional Indonesia.

    “Mereka punya usulan mobil nasional yang TKDN-nya di atas 80%. Tetapi sekarang masih dalam bentuk model,” ujar Airlangga dikutip CNBC Indonesia.

    Airlangga menyebut, Hyundai menyatakan berminat masuk dalam rencana proyek pengembangan mobil nasional Indonesia. Hal itu disampaikan usai pertemuan dengan President of Hyundai Motor Group Amb. Sung Kim, di Gyeongju, Korea Selatan, (30/10/2025) lalu.

    Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu pusat pertumbuhan otomotif di kawasan Asia Tenggara.

    Menko Airlangga mengapresiasi minat Hyundai tersebut. Airlangga menegaskan pentingnya kerja sama lintas sektor untuk membangun industri otomotif yang lebih inovatif dan berkelanjutan.

    “Kami melihat peluang besar untuk kolaborasi dalam pengembangan kendaraan berbasis hidrogen dan energi bersih lainnya, yang menjadi bagian penting dari strategi transisi ekonomi hijau Indonesia,” kata Airlangga dalam keterangan tertulisnya saat itu.

    Menanggapi hal tersebut, Hyundai menyampaikan apresiasinya atas visi Pemerintah Indonesia dalam mempercepat pengembangan kendaraan rendah emisi. “Hyundai berkomitmen menghadirkan solusi mobilitas masa depan yang berkelanjutan dan kompetitif. Kolaborasi di bidang AI, robotik, dan teknologi hidrogen menjadi bagian penting dari strategi jangka panjang kami untuk mendukung mobilitas bersih dan efisien,” ujar Presiden Hyundai Amb. Sung Kim.

    Sebagai produsen mobil ketiga terbesar di dunia setelah Toyota dan Volkswagen, Hyundai memperluas pengembangan teknologi masa depan, mulai dari kendaraan listrik, hidrogen, hingga solusi mobil cerdas, dengan pendekatan yang lebih komersial dan kompetitif di berbagai pasar global.

    (rgr/din)

  • Bisa-bisanya Fortuner Pindah Jalur hingga Tabrak Innova

    Bisa-bisanya Fortuner Pindah Jalur hingga Tabrak Innova

    Jakarta

    Toyota Fortuner yang tengah melintas di jalur cepat Jalan Rasuna Said tiba-tiba pindah ke jalur lambat dan menabrak Innova. Kok bisa?

    Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan Toyota Fortuner dan Kijang Innova terjadi di Jalan Rasuna Said, Jakarta kemarin. Terlihat Toyota Fortuner itu dalam posisi miring di atas pembatas jalan jalur lambat. Diketahui kecelakaan tersebut disebabkan oleh pengemudi Fortuner yang mengalami microsleep.

    “Kecelakaan kendaraan Fortuner mengalami microsleep, selanjutnya berpindah lajur ke jalur lambat dan mengenai kendaraan Kijang Innova,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Ojo Ruslani dikutip detikNews.

    Beruntung tak ada korban jiwa dari insiden tersebut. Namun kedua mobil yang terlibat kecelakaan mengalami kerusakan. Ojo juga menjelaskan kejadian ini tak berlanjut pada pelaporan pihak kepolisian.

    “Kedua belah pihak sepakat damai dengan membuat surat pernyataan dan tidak membuat LP (laporan polisi),” ujar Ojo.

    Microsleep Bikin Celaka

    Dari insiden itu, penting untuk dipahami bahwa microsleep memang sangat membahayakan. Praktisi keselamatan berkendara yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menjelaskan microsleep adalah kondisi pengemudi benar-benar letih.

    Sony lebih lanjut menjelaskan microsleep bisa dikenali dari gejala-gejala yang muncul. Gejala microsleep adalah tertidur secara tiba-tiba hanya dalam waktu yang sangat singkat, sekitar satu hingga 30 detik. Microsleep sering terjadi saat melakukan pekerjaan yang monoton, seperti berkendara dalam waktu yang lama.

    Saat terserang microsleep, banyak hal bisa terjadi selama kurun waktu dan jarak tersebut. Yang paling ringan mungkin mobil bisa pindah jalur tanpa disadari. Terburuknya bisa menimbulkan kecelakaan fatal. Untuk menghindari microsleep, sebelum berkendara pastikan pengemudi memiliki istirahat yang cukup. Jangan paksakan diri berkendara dalam kondisi lelah.

    “Biasakan tidur cukup sebelum mengemudi dan istirahat berkala. Ketika saat mengemudi dan badan sudah memberikan sign nguap, pegal-pegal, artinya harus stop dan istirahat, stretching ringan,” terang Sony beberapa waktu lalu.

    (dry/din)

  • Bapak Berani Tampil di Tengah Banyak Serigala

    Bapak Berani Tampil di Tengah Banyak Serigala

    GELORA.CO –   Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite IV, Habib Ali Alwi meminta Menteri Keuangan Purbaya Yudhi Sadewa untuk berhati-hati. 

    Sebab, dia menilai kebijakan Purbaya sangat berani, sehingga banyak orang yang menentangnya.

    Hal tersebut disampaikan Ali Alwi saat Purbaya Yudhi Sadewa menggelar rapat bersama Komite IV DPD RI di Jakarta, Senin (3/11/2025). 

    Mulanya Ali Alwi mengaku salut dengan kinerja Purbaya yang baru beberapa bulan dilantik Presiden Prabowo Subianto menjadi Menkeu.

    “Beberapa bulan belakangan ini, kami semua cukup salut, dan kami berdoa semoga bapak tetap istiqomah,” kata Habib Ali.

    “Karena berada di tengah hutan belantara, Bapak berani tampil di tengah-tengah serigala yang begitu banyak, Pak. Hati-hati kalau kagak kuat, Pak. Itu serigalanya samping kiri kanan Bapak itu,” 

    “Kita ini orang luar yang ngeliat ke dalam, harapan kami, bapak bijaksana ke rakyat,” imbuhnya.

    Lalu bagaimanakah sosok Ali Alwi?

    Ali Alwi lahir di Ambon, tanggal 02 September 1967.

    Ia menempuh pendidikan S1 di IAIN Syarif Hidayatullah yang kini menjadi UIN Syarif Hidayatullah.

    Ali Alwi kemudian melanjutkan kuliahnya, di STIA YAPPANN.

    Sebelum bergabung dengan DPD RI, Habib  Ali Alwi memiliki pengalaman sebagai wakilrakyat.

    Ia merupakan anggota DPRD untuk Kabupaten Tangerang periode 1999–2004.

    Kemudian Ali Alwi kembali menjadi anggota DPRD Provinsi Banten periode tahun 2004–2009.

    Di tahun 2014-2019, Ali Alwi menjabat sebagai senator yang mewakili Provinsi Banten di kursi DPD RI.

    Senator adalah anggota badan legislatif, yaitu wakil rakyat yang mewakili suatu daerah atau negara bagian.

    Di 2025, Ali Alwi lagi-lagi terpilih sebagai senator.

    Harta Kekayaan

    Menjadi anggota legislatif sejak tahun 1999, terkuak harta kekayaan Ali Alwi.

    Dimuat dalam situs Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Ali Alwi melaporkan harta kekayaan pada 28 Maret 2025.

    Berikut rinciannya:

    A. TANAH DAN BANGUNAN Rp. 6.200.000.000

    1. Bangunan Seluas 163 m2 di KAB / KOTA TANGERANG SELATAN,

    HASIL SENDIRI Rp. 1.200.000.000

    2. Tanah dan Bangunan Seluas 7.608 m2/4.000 m2 di KAB / KOTA

    TANGERANG SELATAN, HIBAH TANPA AKTA Rp. 5.000.000.000

    B. ALAT TRANSPORTASI DAN MESIN Rp. 319.000.000

    1. MOBIL, MERCEDES BENZ SEDAN Tahun 1995, HASIL SENDIRI

    Rp. 70.000.000

    2. MOTOR, HONDA SEPEDA MOTOR Tahun 2014, HASIL SENDIRI: Rp. 16.000.000

    3. MOBIL, TOYOTA HARRIER JEEP Tahun 2004, HASIL SENDIRI: Rp. 233.000.000

    C. HARTA BERGERAK LAINNYA Rp. 211.000.000

    D. SURAT BERHARGA Rp. —-

    E. KAS DAN SETARA KAS Rp. 267.601.073

    F. HARTA LAINNYA Rp. —-

    Sub Total Rp. 6.997.601.073

    III. HUTANG Rp. —-

    IV. TOTAL HARTA KEKAYAAN (II-III) Rp. 6.997.601.073

  • Lexus Indonesia Pilih Teknologi Listrik atau Hybrid?

    Lexus Indonesia Pilih Teknologi Listrik atau Hybrid?

    Jakarta

    Pilihan teknologi yang beragam saat ini membuat produsen otomotif dunia bergerak lebih aktif, untuk memenangkan persaingan di hati konsumen. Hal tersebut juga berlaku di seluruh produsen mobil mewah. Lalu teknologi apa yang hendak dipilih Lexus untuk para sultan di Indonesia, apakah BEV, Hybrid, plug-in hybrid, atau mesin besin/ICE?

    President Lexus International Takashi Watanabe memberikan jawabannya bahwa Lexus tidak akan menutup pintu untuk seluruh teknologi, dan akan tetap mengutamakan kenyamanan konsumen mereka.

    “Jadi seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, setiap merek memiliki perannya masing-masing dalam struktur perusahaan kami (Toyota Group), dan itu juga berlaku untuk powertrain. Jadi setiap brand akan melihat powertrain yang mereka miliki, untuk diterapkan di masa mendatang. Dan sekali lagi, tujuannya adalah untuk melihat nilai unik apa yang dapat diciptakan brand tersebut dengan menggunakan powertrain tersebut,” ucap Wanatabe.

    “Jadi yang penting saat ini adalah tidak membatasi satu jenis powertrain, ini benar-benar bergerak menuju masa depan. Powertrain seperti apa yang memungkinkan kita mencapai masa depan? Lalu setiap brand akan berkata, peran kami adalah ini, jadi kami akan melanjutkannya,” Wanatabe menambahkan.

    Wanatabe mencontohkan rencana apa yang akan dilakukan Toyota GR.

    “Jadi contoh spesifiknya, ketika kita mengambil contoh GR. Mereka berbasis motorsports (balap). Sehingga mereka berfokus pada mesin pembakaran internal, mesin ICE. Jadi, tugas mereka, peran mereka adalah melihat masa depan seperti apa mesin ICE nantinya,” kata Wanatabe.

    Lexus The New LS Coupe Concept Foto: Luthfi Andhika/detikOto

    Lalu jika dipikir-pikir, mungkin hidrogen bisa menjadi bagian dari mesin pembakaran internal, atau mereka mungkin sedang mempertimbangkan bahan bakar alternatif untuk netralitas karbon, tetapi itu hanyalah salah satu contoh peran dari satu brand (Toyota Group) menentukan jenis powertrain atau teknologi apa yang akan digunakan,” Wanatabe mencontohkan.

    Lalu Lexus sendiri, lanjut Wanatabe, akan membuka peluang untuk kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

    “Jadi bagi Lexus, poros utama kami sebagai brand adalah elektrifikasi. Jadi, bagaimana kami menggunakan metode elektrifikasi yang paling efektif untuk menambah nilai mobilitas? Dengan memperjelas tujuan, fokus, dan peran kami, hal ini memungkinkan kami untuk melakukan pengembangan yang jauh lebih efisien,” kata Wanatabe.

    “Sehingga seiring dengan semakin banyaknya pilihan yang kami tawarkan, dan setiap Toyota grup akan menghadirkan lebih banyak pilihan, dengan menggunakan multi-pathway, akan menggabungkan semua teknologi individual ini untuk menciptakan lebih banyak jenis produk,” tambah Wanatabe.

    Sehingga dirinya memastikan semua teknologi bisa saja dipilih Lexus untuk pasar Indonesia.

    “Intinya, brand seperti kami akan memiliki teknologi inti dan spesialisasi inti, rekayasa kami, dan kami akan mengembangkannya dengan cepat, sehingga secara keseluruhan Toyota dapat menerapkannya. Jadi, Anda mungkin melihat hidrogen dikombinasikan dengan EV untuk menghasilkan sel bahan bakar. Anda mungkin melihat semua hal semacam ini, tetapi masing-masing dari kami memiliki spesialisasi dan fokus inti kami sendiri,” tutup Wanatabe.

    (lth/rgr)

  • Lihat Lebih Dekat Suzuki Jimny yang Dipermak Jadi Mirip Toyota

    Lihat Lebih Dekat Suzuki Jimny yang Dipermak Jadi Mirip Toyota

    Lihat Lebih Dekat Suzuki Jimny yang Dipermak Jadi Mirip Toyota

  • Suzuki Jimny Ini Diubah Tampangnya Jadi Mirip Mobil Toyota

    Suzuki Jimny Ini Diubah Tampangnya Jadi Mirip Mobil Toyota

    Jakarta

    Suzuki Jimny dikenal sebagai SUV ikonik yang punya penggemar setia di seluruh dunia. Namun, siapa sangka mobil legendaris ini kini bisa tampil dengan wajah mirip Toyota Hilux Champ berkat modifikasi kreatif dari tuner Jepang, ILL Garage.

    Dikutip dari Carscoops, modifikasi yang diberi nama CH:AMP ini terinspirasi dari Toyota Hilux Champ, pikap sederhana yang dikenal di beberapa negara dengan nama Rangga, Stout, atau Tamaraw.

    Uniknya, Toyota Champ baru-baru ini juga menjadi basis dari model terbaru ‘baby Land Cruiser FJ’, dan kini gaya khasnya bisa ditemukan di Suzuki Jimny melalui kit konversi buatan ILL Garage.

    Secara visual, Jimny CH:AMP mengusung lampu depan persegi panjang dan bemper depan dua bagian yang meniru gaya utilitarian ‘mobil pekerja’ Toyota. Semua komponen hadir dalam warna hitam matte, berpadu spatbor lebar, atap kontras, dan velg aftermarket dengan ban tebal. Mobil ini juga tampak lebih ceper dengan suspensi yang turun sekitar 38 mm.

    Interiornya juga mendapat sentuhan retro dengan sarung jok warna Cognac Brown atau Charcoal Black, menggunakan kombinasi kulit dan anyaman klasik, lengkap dengan kantong penyimpanan di belakang jok.

    Modifikasi Suzuki Jimny dengan bodykit buatan ILL Garage Foto: Carscoops

    Menariknya, ILL Garage menempelkan tulisan CH:AMP berwarna merah terang di gril depan, kemungkinan besar untuk menghindari pelanggaran merek dagang Toyota, meski tampilannya benar-benar menyerupai mobil Toyota sejati.

    Kit konversi ini kompatibel untuk Jimny Sierra tiga pintu dan Jimny Nomad lima pintu, tetapi belum tersedia untuk versi kei car berbodi sempit. Konsumen bisa membeli kit secara terpisah atau memesan paket konversi lengkap langsung dari ILL Garage, baik untuk Jimny baru maupun bekas.

    Harga kit CH:AMP dibanderol mulai dari 360.800 yen (sekitar Rp 39,1 juta) untuk versi dengan lampu halogen, dan 386.100 yen (sekitar Rp 41,9 juta) untuk versi LED. Ada juga opsi tambahan seperti pegas penurun 55.000 yen (Rp 5,9 juta), kait tiruan 49.000 yen (Rp 5,3 juta), kait asli 98.000 yen (Rp 10,6 juta), hingga lampu kabut style baja seharga 165.000 yen (Rp 17,9 juta).

    Sebagai catatan, ILL Garage juga menawarkan versi Ford Bronco conversion bagi yang ingin nuansa ala SUV Amerika. Jadi, mau tampil seperti Toyota atau Ford, Suzuki Jimny kini siap berubah total sesuai selera pemiliknya.

    (lua/rgr)

  • Reaksi Bos Lexus Saat Toyota Umumkan Century Jadi Brand Termewah Toyota

    Reaksi Bos Lexus Saat Toyota Umumkan Century Jadi Brand Termewah Toyota

    Jakarta

    Century resmi menjadi brand tertinggi dari Toyota Group. Jika seluruh dunia dibuat terkejut dengan peluncuran brand termewah Toyota tersebut, tapi tidak untuk orang nomor satu Lexus, President Lexus International Takashi Watanabe.

    Lelaki yang kerap disapa Watanabe ini mengatakan tidak ada waktu dan pembicaraan khusus untuk memperkenalkan Century untuk menjadi brand tertinggi Toyota group. Karena menurut dirinya, Toyota Group hanya membicarakan visi dan misi ke depan, serta langkah apa yang harus dipersiapkan untuk menyambut masa depan.

    “Jadi, tidak ada tanggal atau waktu tertentu khusus untuk membicarakan Century. Jadi, percakapannya dengan Ketua Akio Toyoda (Chairman of Toyota), selalu membahas tentang apa yang perlu kita lakukan untuk brand-brand bergerak maju ke masa depan. Mereka selalu melakukan percakapan seperti ini,” ucap Watanabe.

    “Jadi, pembicaraan yang selalu dilakukan dengan Ketua Akio adalah tentang bagaimana membuat, misalnya, Century. Ketika mereka mengadakan pertemuan dan pembicaraan ini, Century memiliki visi yang pasti tentang di mana mereka ingin berada, apa yang perlu mereka lakukan, dan juga nilai-nilai apa yang mereka rasa dan dapat mereka tawarkan. Lexus juga memiliki visinya sendiri, dan apa yang bisa kita lakukan? Tantangan baru apa yang bisa kita hadapi? Nilai apa yang hanya bisa Lexus miliki? Apa yang bisa kita berikan sebagai satu-satunya Lexus?” Watanabe menambahkan.

    Selanjutnya, kata Watanabe, kini seluruh masyarakat dunia mengetahui perbedaan antara Century dan Lexus.

    Lexus LS Concept 6 Roda Foto: (Mohammad Luthfi Andhika/detikOto)

    “Dan tiba-tiba Anda mulai melihat kedua merek tersebut pada porosnya masing-masing, dan kami kemudian dapat memiliki pandangan yang jauh lebih jelas tentang apa yang perlu dilakukan masing-masing brand dan peran apa yang dapat mereka mainkan dalam keseluruhan grup. Jadi, dari sudut pandang Lexus, apa yang unik dari Lexus? Bagaimana caranya? Bagaimana kita mewujudkannya menjadi produk nyata?” ucap Watanabe.

    “Jadi, siklus percakapan ini terus berlanjut, dan tentu saja, kami memiliki GR di dalam Toyota Group dan dalam tubuh Toyota sendiri. Begitu juga Daihatsu, spesialis mobil kecil. Dan inti dari semua diskusi ini adalah, sungguh, karena kami memiliki GR dan Daihatsu dan semua pendatang baru lainnya yang menjadi bagian dari group. Peran setiap orang menjadi jelas, dan hasil akhirnya adalah jauh lebih baik bagi pelanggan, karena sekarang kami benar-benar dapat menargetkan apa yang mereka butuhkan,” jawab Watanabe.

    Sehingga semua langkah yang Toyota Group terhadap brand di dalamnya, merupakan langkah strategis.

    “Tapi intinya adalah kami melakukan semuanya bersama-sama. Dan kami melakukan semuanya bersama-sama dengan peran masing-masing, dan saya pikir itulah pesan terbesar yang ingin kami sampaikan,” tutup Watanabe.

    (lth/rgr)

  • Tewas Terbakar di Tepi Hutan Lamongan, Nenek Asal Jombang Jadi Korban Pembunuhan

    Tewas Terbakar di Tepi Hutan Lamongan, Nenek Asal Jombang Jadi Korban Pembunuhan

    Jombang (beritajatim.com) – Peristiwa tragis terjadi di Kabupaten Lamongan, tepatnya di area tepi hutan Desa Lawak, Kecamatan Ngimbang. Seorang nenek bernama Mutmainah (74), warga Dusun Medeleg, Desa Tampingmojo, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan, Senin malam (3/11/2025).

    Tubuhnya terbakar parah, hingga nyaris tak dikenali lagi. Temuan ini langsung menyita perhatian publik dan memunculkan banyak pertanyaan terkait penyebab kematian korban.

    Polisi yang segera melakukan penyelidikan akhirnya mengonfirmasi bahwa korban adalah Mutmainah, seorang lansia yang tinggal seorang diri di rumahnya di Dusun Medeleg.

    Kepala Desa Tampingmojo, Nurus Sa’adah, membenarkan informasi tersebut dan mengungkapkan bahwa kejadian ini merupakan sebuah pembunuhan. “Benar. Warga saya menjadi korban pembunuhan. Korban ditemukan di Lamongan. Kami mendapatkan pemberitahuan dari polisi,” ujar Nurus Sa’adah, Selasa (4/11/2025), saat dikonfirmasi.

    Selama ini, Mutmainah diketahui hidup sendirian di rumahnya, sementara anak-anaknya tinggal di luar kota. Adiknya adalah satu-satunya orang yang sering datang ke rumah korban untuk membantu mengerjakan sawah milik Mutmainah.

    Namun, pada Senin pagi, rumah tersebut tampak sepi. Mutmainah tidak ada di tempat, begitu juga dengan mobil Toyota Kijang Innova Reborn milik korban yang tidak ditemukan di garasi.

    Ketika adik korban mengunjungi rumah tersebut, dia menemukan bercak darah di atas sprei di kamar Mutmainah. Kejadian tersebut membuat adik korban terkejut dan segera menghubungi anak-anak Mutmainah.

    Anaknya kemudian melaporkan kejadian itu ke Polsek Tembelang. Malamnya, kabar tentang penemuan mayat di Desa Lawak, Ngimbang, Lamongan, tersebar.

    Kapolsek Tembelang, AKP Fadilah, membenarkan adanya kasus ini, namun menegaskan bahwa pihaknya akan merilis informasi secara resmi setelah penyelidikan lebih lanjut dilakukan. [suf]

  • Intip Garasi Gubernur Riau Abdul Wahid yang Kena OTT KPK

    Intip Garasi Gubernur Riau Abdul Wahid yang Kena OTT KPK

    Jakarta

    Gubernur Riau Abdul Wahid terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Riau pada Senin, 3 November 2025. Abdul Wahid diketahui punya harta kekayaan senilai Rp 4,8 miliar dan beberapa mobil.

    Dalam OTT ini, KPK menciduk 10 orang. Selain Abdul Wahid, sembilan orang di antaranya merupakan penyelenggara negara. Dari operasi senyap tersebut, KPK turut menyita uang. OTT ini berkaitan dengan proyek di Dinas PUPR.

    “Dari 10 orang tersebut, pihak-pihak yang diamankan dari pihak-pihak penyelenggara negara. Jadi, nanti kami akan update juga siapa saja yang diamankan,” kata Juru Bicara KPK Budi Prasetyo di Kantornya, Jakarta, Senin (3/11).

    Dilansir dari laman e-LHKPN KPK, sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia, Abdul Wahid punya harta kekayaan senilai Rp 4,8 miliar. Data tersebut ia sampaikan ke KPK pada 31 Maret 2024, saat menjadi anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

    Abdul Wahid mempunyai aset 12 bidang tanah dan bangunan yang merupakan hasil sendiri senilai Rp 4.905.000.000. Abdul Wahid tercatat punya kas dan setara kas sebanyak Rp 621.046.622, serta utang sebesar Rp 1.500.000.000.

    Dia juga mencantumkan kepemilikan kendaraan senilai Rp 780.000.000. Terdiri dari Mobil Toyota Fortuner Jeep Tahun 2016 hasil sendiri, Rp 400.000.000 dan Mobil Mitsubishi Pajero Tahun 2017 hasil sendiri, Rp 380.000.000.

    “Total harta kekayaan Rp 4.806.046.622,” demikian dilansir dari laman e-LHKPN KPK, Selasa (4/11).

    Terdapat peningkatan sejumlah Rp 750.000.000 dari laporan tahun sebelumnya. Pada 14 April 2023, Abdul Wahid melaporkan harta kekayaan ke KPK senilai Rp 4.056.046.622.

    Setelah terjaring OTT KPK, Gubernur Riau Abdul Wahid rencananya akan diboyong KPK ke Jakarta hari ini.

    “Jadi rencana tim akan membawa (Abdul Wahid dkk) ke gedung KPK Merah Putih, kemungkinan dijadwalkan besok (hari ini),” kata Budi.

    (lua/din)

  • Toyota Kembangkan Teknologi Ubah Sampah Jadi Bahan Bakar Kendaraan

    Toyota Kembangkan Teknologi Ubah Sampah Jadi Bahan Bakar Kendaraan

    Jakarta

    Toyota terus mengembangkan beragam pilihan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan. Masih gencar dengan skema Multi Pathway, pabrikan raksasa asal Jepang itu bersama beberapa produsen lain mengembangkan bioetanol dari bahan nonpangan, termasuk sampah/limbah pertanian.

    detikOto menyaksikan langsung fasilitas riset bioetanol ini saat mengikuti rangkaian kunjungan Japan Mobility Show 2025, pekan lalu. Berlokasi di Fukushima, fasilitas ini merupakan hasil kerjasama Toyota dengan di antaranya Subaru Daihatsu, Subaru, Suzuki, Mazda, Eneos, dan Toyota Tsusho. Disebutkan juga proyek ini dapat dukungan dari beberapa jenama lain.

    Secara resmi, fasilitas yang baru dibuka pada tahun 2024 ini, diberi nama raBit (Research Association of Biomass Innovation for Next Generation Automobile Fuel). Sesuai namanya, ini diinisiasi untuk menciptakan bahan bakar karbon netral generasi baru — yang tidak lagi bersumber pada material pangan.

    Pertamina Uji Coba Bioetanol 100 Persen di Mobil Toyota Foto: Pool

    Sebagaimana diketahui, pengembangan etanol yang banyak dilakukan di seluruh dunia saat ini masih bersandar pada tanaman-tanaman pangan. Semisal jagung, tebu, atau bahkan singkong. Hal ini dianggap beberapa kalangan kurang etis, lantaran terjadi tarik ulur antara ketahanan pangan dan kebutuhan energi.

    Sedangkan di raBit telah dilakukan pengembangan bahan bakar menggunakan sampah atau limbah sisa pertanian. Misalnya jerami padi hingga sisa pengolahan tebu.

    Yasunobu Seki, Chairperson of Steering Committee raBit, menyebut apa yang mereka kembangkan merupakan etanol generasi kedua.

    Karena merupakan sebuah terobosan baru, etanol dari bahan nonpangan ini masih dalam proses pengembangan intensif. Apalagi rangkaian proses pembuatan etanol generasi kedua ini lebih rumit dibanding generasi pertama.

    Dari pengembangan yang terus dilakukan raBit saat ini, didapati hasil satu ton sampah/limbah sisa pertanian bisa dihasilkan 300 liter bioetanol.

    Pengembangan bioetanol berbasis tanaman nonpangan menekankan kembali pendekatan yang ditempuh Toyota yakni Mobility for All dan Multi Pathway.

    Toyota dalam banyak kesempatan menyatakan betapa mereka memahami kalau setiap negara memiliki kekayaan alam dan modal ketahanan energi yang berbeda. Karena itulah mereka bukan hanya menawarkan satu solusi pilihan kendaraan ramah lingkungan (BEV), tapi juga bagaimana mengembangkan industri tanpa meninggalkan ‘kearifan energi lokal’.

    Pakar Proses Konversi Biomassa Institut Teknologi Bandung (ITB) Ronny Purwadi menjelaskan kendaraan berbahan bakar bioetanol menjadi salah satu pilihan untuk membantu mengurangi emisi gas buang. Foto: Arsip foto TMMIN

    “Bicara secara global, penggunaan bahan pangan untuk produksi bahan bakar kendaraan masih memunculkan perdebatan, apakah hal itu etis. Karena itulah penting untuk terus mengembangkan riset etanol berbasis komoditas nonpangan,” kata Wakil Presiden Eksekutif sekaligus Kepala Teknologi (Chief Technology Officer/CTO) TMC, Hiroki Nakajima, pada kesempatan berbeda, di Jepang.

    Mobil-mobil Toyota Siap Tenggak Etanol

    Etanol menjadi salah satu energi alternatif ramah lingkungan yang pemanfaatannya terus dikembangkan Toyota. Presiden Pusat Pengembangan Rekayasa Mesin Netral Karbon TMC, KeijiKaita,mengingatkan bahwa saat ini sebagian besar mesin bertenaga bensin kendaraan Toyota sudah siap menggunakan bahan bakar tercampur etanol berbagai level.

    “Artinya setiap negara dapat menyesuaikan penerapannya dengan mempertimbangkan kondisi iklim, infrastruktur, maupun kebijakan energi masing-masing,” kata Kaita di Jepang.

    Di Indonesia, ini sejalan dengan strategi yang sudah dicanangkan pemerintah. Pemerintah Indonesia baru-baru ini menyatakan rencana untuk menerapkan peraturan kewajiban penggunaan bensin dengan campuran etanol 10 persen (B10) yang bakal mulai berlaku pada 2027.

    Toyota punya line up kendaraan yang bisa menggunakan etanol, bahkan sampai pada kadar 100% (E100). Komitmen yang kian ditegaskan Toyota dengan rencana mempertimbangkan membangun pabrik etanol di Indonesia bekerjasama dengan Pertamina.

    (din/rgr)