brand merek: Toyota

  • Penyanyi Gagal Manggung karena Cuma Terjual 98 Tiket Padahal Kuota 2400, Promotor Rugi Rp533 Juta

    Penyanyi Gagal Manggung karena Cuma Terjual 98 Tiket Padahal Kuota 2400, Promotor Rugi Rp533 Juta

    TRIBUNJATIM.COM – Nasib artis gagal manggung karena tiket konser cuma terjual 98 tiket.

    Padahal tiket yang disediakan dari promotor ialah 2.414 tiket.

    Namun dari jumlah itu hanya terjual 98 tiket dan 100 tiket dibagikan kepada media.

    Sosok artis tersebut ialah Aisha Retno yang merupakan penyanyi Malaysia.

    Aisha Retno menjelaskan perihal konsernya gagal melalui media sosial Instagram pribadinya.

    Dalam postingannya, wanita 24 tahun itu menyebut, pihak promotor nyaris tak berkomunikasi dengannya.

    Dilansir dari World of Buzz via Tribun Trends, Sabtu (23/11/2024), Aisha mengatakan, pihak penyelenggara tidak membicarakan pembatalan konser hingga pengumuman.

    Namun Kharisma Music International selaku pihak penyelenggara menyatakan hal berbeda.

    Lewat Facebook @kharismamusicinternational, mereka menyampaikan sejumlah hal, termasuk jumlah pasti tiket yang terjual.

    Ternyata dari 2.414 tiket yang tersedia, hanya 98 tiket yang terjual.

    “Ada 2.414 tiket. Hanya 98 tiket yang terjual, dan 100 tiket diberikan kepada rekan-rekan media,” kata Yuka dari pihak Kharisma Music International.

    Yuka juga mengatakan bahwa selama ini memiliki hubungan yang baik dengan Aisha Retno dan anggota keluarganya yang tergabung dalam manajemen Aisha Retno Entertainment (ARE). 

    Aisha Retno. (Instagram/aisharetno02)

    Ia kemudian menyinggung beberapa kejanggalan dari pernyataan Aisha baru-baru ini.

    “Terkait isu Aisha Retno yang tidak mengetahui pembatalan tersebut, menurut saya itu tidak benar karena sudah ada beberapa kali pembicaraan antara kedua belah pihak, yang kemudian dilanjutkan dengan usulan dan surat-surat,” papar Yuka.

    Yuka juga mengatakan kedua belah pihak awalnya sepakat untuk menunda pertunjukan hingga 2025.

    Akan tetapi mereka akhirnya harus membatalkan pertunjukan karena kedua belah pihak tidak dapat menyetujui tanggal baru.

    “ARE mengusulkan untuk melanjutkan acara dengan Kharisma Music International, namun beberapa usulan lainnya tidak disetujui oleh penyelenggara, sehingga acara terpaksa dibatalkan,” lanjutnya.

    ARE memutuskan untuk melanjutkan pertunjukan, yang awalnya dijadwalkan pada 16 November di Zepp KL sebelum akhirnya dibatalkan pada tanggal 9 November.

    Yuka pun menuntut Aisha untuk membayar sisa uang yang dipinjamkan kepadanya, sebesar RM77.000 atau sekitar Rp274 juta.

    Ia mengatakan Aisha Retno Entertainment (ARE) meminta bantuan mereka karena kesulitan mengumpulkan dana untuk penampilannya di Anugerah Juara Lagu (AJL) 38, Maret lalu.

    Aisha pun telah membayar RM6.000 (Rp21 juta) dari RM83.000 (Rp295 juta) yang dipinjamkan kepadanya.

    “ARE mencoba berargumen bahwa pinjaman itu adalah bentuk sponsor, tetapi kami mengingatkan mereka bahwa itu adalah pinjaman yang harus dibayar kembali melalui konser tunggal. 
    Sebenarnya, kami menderita kerugian sekitar RM150.000, termasuk tenaga kerja, waktu, dan tempat. Namun, kami tidak akan menuntut kerugian lainnya dari Aisha,” kata Yuka.

    Adapun RM150.000 jika dirupiahkan sekitar Rp533 juta.

    Sementara itu, apes nasib artis niat bantu karyawan malah ditipu Rp136 juta.

    Uang, mobil hingga laptop diambil oleh karyawan.

    Awalnya si artis tak ingin memecat karyawan di kala pandemi Covid-19 melanda.

    Namun niat si artis justru dicederai oleh si karyawan.

    Sosok artis tersebut ialah pedangdut Inul Daratista.

    Inul menceritakan niat awalnya membantu office boy (OB) dari outlet pindah ke kantor yang justru berujung hilangnya sejumlah uang dan aset kantor.

    “Lagi apes aja kali ya. Pada saat Covid memang saya banyak karaoke libur, enggak ada kegiatan, dia kan kerja di outlet,” kata Inul dikutip dari Pagi Pagi Ambyar Trans TV, via Kompas.com pada Jumat (22/11/2024).

    “Karena outlet tutup, aku enggak mau mecatin mereka, mereka tetap digaji, tapi daripada digaji enggak ada kerjaan, aku alihin ke kantor pusat,” jelasnya.

    Selama kurang lebih dua tahun menjadi OB, Inul menyebut mantan karyawannya itu tidak pernah bermasalah.

    “Namanya OB, kita kasih kesempatan supaya dia bisa kerja, sebenarnya kerja anaknya juga bagus di outlet,” tutur Inul.

    “Akhirnya kita percaya,” lanjutnya.

    Dikatakan Inul, OB tersebut sering mengeluh pada karyawan lainnya soal masalah finansial, dan teman-teman kantor lain berusaha membantu dengan mengumpulkan uang.

    Namun memang, beberapa waktu sebelum melarikan sejumlah uang dan aset, mantan OB tersebut lebih sering menginap di kantor.

    “Terakhir-terakhir itu sering tidur di kantor, alasannya malas pulang, apalah,” kata Inul.

    “Mungkin karena terlalu dipercaya, keluar masuk bebas. Kita juga enggak ada suudzon, tapi ternyata ada petty cash kantor diambil, mungkin udah tahu tempat laci-laci,” imbuhnya.

    Akhirnya tak hanya uang, mantan OB itu juga mencuri mobil, laptop kantor, BPKB mobil, Toyota Avanza juga ikut hilang.

    “Mobilnya udah enggak ada, mobil operasional, Avanza, uang sebenarnya kalua petty cash kantor enggak banyak, ada puluhan juta,” ungkap Inul.

    “Laptop kerjaan pegawai diambil,” sambungnya.

    Nasib artis niat bantu karyawan malah ditipu hingga ratusan juta. (YouTube ANTV Klik)

    Adapun kasus ini tengah disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara dengan terdakwa bernama Leon Tada yang perkaranya teregister dalam nomor 931/Pid.B/2024/PN.Jkt.Utr.

    Setelah beberapa kali sidang, kasus ini akan memasuki agenda tuntutan pada 26 November 2024.

    Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara Maryono membeberkan terkait barang bukti yang dibawa pelaku kemudian digadaikan kepada orang lain, yang saat ini masih DPO.

    “Yang ada memang ada di situ korban itu PT Vista Mitra Indonesia yang notabene menurut informasi adalah perusahaan Inul Daratista,” kata Maryono di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (21/11/2024).

    “Ada namanya Leon Tada sebagai karyawan diberi kepercayaan kemudian dia melakukan tindakan dalam hal itu pencurian pasal 362 KUHP barang bukti yang dicuri itu adalah berupa mobil avanza, digadaikan setelah saya baca dari dakwaan dibawa orang yang bernama Haryanto atau siapa gitu, (seharga) Rp 50 juta. Jadi itu modusnya,” tambah Maryono.

    Atas perbuatannya, perusahaan milik Inul mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

    “Kalau kerugian dari PT Vista itu diperkirakan tertulis dalam dakwaan Rp 136 juta. Karena selain mobil, juga ada satu unit laptop pada kasus ini katanya milik PT Mitra Vista,” tutur Maryono.

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews Tribunjatim.com

  • Kecelakaan Maut di Tol Cipularang, Sopir Travel Ngantuk Tabrak Molen, Warga Jakarta – Bekasi Tewas

    Kecelakaan Maut di Tol Cipularang, Sopir Travel Ngantuk Tabrak Molen, Warga Jakarta – Bekasi Tewas

    TRIBUNJAKARTA.COM – Insiden kecelakaan maut di Tol Cipularang Purwakarta, sopir travel mengantuk tabrak Hino Molen, Jumat (22/11/2024).

    Peristiwa kecelakaan itu tepatnya terjadi di Tol Cipularang KM 95 B arah Bandung menuju Jakarta, masuk wilayah Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat sekira pukul 23.00 WIB.

    Kecelakaan itu membuat warga Koja, Jakarta Utara bernama Rozana (62) dan warga Bekasi barat, Bekasi bernama Elizar (61) tewas.

    Kecelakan ini melibatkan travel DayTrans dengan jenis kendaraan Toyota HiAce bernomor polisi D 7976 AJ dan kendaraan Hino molen (mobil mixer) bernomor polisi B 9691 SIN.

    Sopir travel DayTrans bernama Abdullah Alfisyahr (25) yang diduga mengantuk menjadi penyebab kecelakaan maut tersebut.

    Peristiwa itu terjadi saat mobil travel melaju di jalur yang menurun.

    Mobil travel DayTrans yang  datang dari arah Bandung menabrak kendaraan Hino molen yang berada di depannya. 

    “Peristiwa terjadi sekitar pukul 23.00 WIB, sopir travel diduga mengantuk atau microsleep hingga akhirnya menabrak mobil molen saat melintas di lokasi kejadian,” ucap Kanit PJR Tol Cipularang, Ipda Baharudin, saat ditemui wartawan Gerbang Tol Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Sabtu (23/11/2024) pagi.

    Ia menyebutkan, kondisi jalan di lokasi kejadian sedikit menurun, yang mungkin turut memperburuk keadaan.

    Namun, dia menegaskan penyebab pasti kecelakaan masih dalam penyelidikan.

    “Semua korban luka dilarikan ke RS Abdul Radjak Purwakarta untuk perawatan lebih lanjut,” ujarnya.

    Sedangkan dua kendaraan sudah dievakuasi ke pul derek Purwakarta.

    “Kasus ini dilimpahkan ke Laka Lantas Polres Purwakarta,” kata Baharudin.

    Dikutip dari TribunJabar, mobil travel mengalami kerusakan berat di bagian depan. Bagian depan mobil berwarna merah itu ringsek. 

    Dua korban tewas adalah penumpang yang berada tepat di belakang sopir.

    Kesaksian Penumpang Selamat

    Rully Bahril (51) mengungkap detik-detik sebelum travel DayTrans yang ditumpanginya mengalami kecelakaan di Tol Cipularang KM 95B arah Bandung-Jakarta.

    Rully merasa ada kejanggalan selama perjalanan. Ia merasa mobil travel sempat bergoyang tiga kali setelah melewati gerbang Tol Pasteur. 

    Namun dia tidak menaruh kecurigaan karena sopir tersebut sudah sering mengantarnya. 

    “Sebelumnya, sopirnya bawa mobil dengan baik, tapi malam itu mungkin kurang fokus,” ungkap Rudi, Sabtu (23/11/2024).

    Identitas Korban

    Total 11 orang menjadi korban dalam kecelakaan di Tol Cipularang KM 95 B, arah Bandung ke Jakarta. Dari 11 orang itu, dua di antaranya meninggal dunia.

    Identitas korban kecelakaan maut di Tol Cipularang KM 95 B, Jumat (22/11/2024) malam:

    1. Muhammad Abdullah Alfisyahr (25) warga Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi – Pengemudi Toyota Hiace, mengalami luka ringan.

    2. Rozana (62) warga Kecamatan Koja, Jakarta Utara – Penumpang Toyota Hiace, meninggal dunia.

    3. Elizar (61) warga Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi – Penumpang Toyota Hiace, meninggal dunia.

    4. Rangga Pratama Andretti (17) warga Kecamatan Belasi Selatan, Kota Bekasi – Penumpang, mengalami luka ringan.

    5. Alista Agnecia Nainggolan (20) warga Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi – Penumpang, mengalami luka ringan.

    6. Adinda Faayza Malika (21) warga Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi – Penumpang, mengalami luka ringan.

    7. Herwindo (48) warga Kecamatan Bekasi, Kota Brkasi – Penumpang, mengalami luka ringan.

    8. Rully Bahril (51) warga Kecamatan Sawangan, Kota Depok – Penumpang, mengalami luka ringan.

    9. Miftahul Hanif Prasetyo (21) warga Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi – Penumpang, mengalami luka ringan.

    10. Amelia Maulina Putri (19) warga Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi – Penumpang, mengalami luka ringan.

    11. Putri Aliya (19) Kecamatan Aur Birugo Tigobaleh, Bukittinggi – Penumpang, mengalami luka ringan. (TribunJabar)

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

     

  • Penampakan MPV China Penjegal Toyota Voxy-Alphard

    Penampakan MPV China Penjegal Toyota Voxy-Alphard

    Penampakan MPV China Penjegal Toyota Voxy-Alphard

  • 7 WNI Tewas dalam Kecelakaan Lalu Lintas di Sarawak Malaysia
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        23 November 2024

    7 WNI Tewas dalam Kecelakaan Lalu Lintas di Sarawak Malaysia Regional 23 November 2024

    7 WNI Tewas dalam Kecelakaan Lalu Lintas di Sarawak Malaysia
    Tim Redaksi
    SARAWAK, KOMPAS.com
    – Sebuah kecelakaan maut antar mobil terjadi di Jalan Betong, Sarikei, Meradong, Sarawak, Malaysia, pada Kamis (21/11/2024).
    Dalam insiden tersebut, delapan orang dilaporkan tewas, di mana tujuh di antaranya adalah warga negara Indonesia (WNI).
    Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kuching, Raden Sigit Witjaksono, menyatakan bahwa pihaknya telah menangani peristiwa ini dengan berkoordinasi dengan pihak berwenang di Sarawak.
    “Kami masih mencari keluarga para korban,” ungkap Sigit dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu (23/11/2024).
    Ketujuh korban berasal dari Kabupaten
    Lombok Timur
    , Nusa Tenggara Barat, yakni Masirah, Sarapudin, Agus Muliadi, Suandi Putra Kedaro, Jumahir, Rumintang, dan Ridoan.
    Kecelakaan terjadi pada pukul 15.15 waktu setempat.
    Saat itu, mobil Perodua Alza yang dikendarai oleh Adam Tony Kung Yew Bin Abdullah (39 tahun) berusaha melarikan diri dari pemeriksaan petugas Sarawak yang sedang melakukan patroli.
    Mobil tersebut membawa ketujuh WNI.
    Saat pemeriksaan, petugas menemukan bahwa asuransi kendaraan tersebut telah kedaluwarsa.
    Ketika petugas berusaha menghentikan kendaraan, pengemudi malah tancap gas dan melawan arus, menuju jalan yang salah.
    Kejar-kejaran berlangsung hingga kendaraan tersebut bertabrakan dengan Toyota Hilux yang datang dari arah berlawanan.
    “Pihak berwenang menyatakan, kecelakaan ini berawal dari kelalaian pengemudi Perodua Alza yang melawan arus dan melarikan diri dari petugas, meskipun sudah diberikan peringatan,” jelas Sigit.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Toyota Boyong Sedan Crown Terbaru ke Indonesia, Dijual?

    Toyota Boyong Sedan Crown Terbaru ke Indonesia, Dijual?

    Tangerang

    PT Toyota Astra Motor (TAM) memboyong sedan Toyota Crown ke pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Sedan ini cocok jadi mobil pejabat.

    Seperti diketahui, Toyota Crown langganan menjadi mobil dinas menteri di Indonesia. Toyota Crown generasi sebelumnya bahkan dipilih sebagai mobil dinas menteri di era kepemimpinan Joko Widodo.

    Kini, Toyota Crown telah berevolusi. Mobil ini mendapat sentuhan baru dengan teknologi yang lebih ramah lingkungan. PT TAM pun memamerkan Toyota Crown di GJAW 2024.

    Toyota Crown di GJAW 2024. Foto: (Rangga Rahadiansyah/detikOto)

    Namun, Toyota belum menjual Crown ini di Indonesia. Toyota baru sekadar memamerkan dan mempelajari minat konsumen.

    “Belum (dijual), ini masih sifatnya display. Kita mau minta pendapat dari teman-teman media, dari customer gimana nih Crown yang baru,” kata Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy kepada wartawan di GJAW 2024.

    Toyota Crown terbaru ini tampil lebih segar. Dengan Crown sedan versi terbaru ini, Toyota menciptakan mobil yang menawarkan kenyamanan berkendara dan pengalaman berkendara berkualitas tinggi, serta ruang santai yang memenuhi kebutuhan mobil dengan sopir. Gaya baru tersebut mendefinisikan ulang sedan tradisional.

    Sesuai dengan maksud desainer untuk menghindari sedan konvensional, nilai baru diajukan dengan penciptaan sedan yang mewakili formal baru pada Crown ini. Dengan memanfaatkan platform penggerak roda belakang, proporsi yang mengalir di sepanjang horizontal berkontribusi pada tampilan yang elegan dan mengalir yang tidak terlihat pada sedan sebelumnya.

    Kombinasi desain hammerhead, yang menonjolkan kesan tajam dan lebar, serta gril trapesium Under Priority yang besar dengan pola vertikal membentuk bagian depan yang menggarisbawahi status Crown sebagai kendaraan andalan Toyota. Di bagian belakang, lampu belakang yang membentuk garis lurus menonjolkan kesan lebar.

    Crown Sedan merupakan kendaraan Toyota pertama yang dilengkapi dengan sistem multi-stage hybrid 2,5 liter. Mesin dan dua motor, yang dipadukan dengan gigi bertingkat, menghasilkan torsi penggerak yang mendukung akselerasi di semua rentang kecepatan. Dalam sistem ini, output mesin maksimum sudah tersedia di kecepatan sekitar 43 kilometer per jam, pada sistem sebelumnya tenaga maksimal terasa di kecepatan 140 kilometer per jam.

    Putaran mesin tetap rendah pada kecepatan tinggi. Hal ini memungkinkan pengoperasian yang tenang dengan konsumsi bahan bakar yang irit.

    (rgr/dry)

  • Pertamina Patra Niaga Uji Pemakaian Bioethanol E10 bersama Toyota dan TRAC – Page 3

    Pertamina Patra Niaga Uji Pemakaian Bioethanol E10 bersama Toyota dan TRAC – Page 3

    Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Pertamina Patra Niaga, Harsono Budi Santoso menjelaskan bahwa untuk kebutuhan use case tersebut, Tangki Bioethaol E10 akan ditempatkan pada pool kendaraan TRAC Wonosari, Surabaya. 

    “Supply point Bioethanol E10 ini dari Fuel Terminal Surabaya dikirim ke lokasi pool TRSC yang sudah disiapkan tangki BBM disana, sehingga pengisian BBM E10 ini bukan dilakukan di SPBU tetapi di lakukan di pool TRAC tersebut,” ungkap Harsono Budi.

    Ditemui di lokasi penandatangan kerjasama, Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto menyampaikan bahwa Toyota mempelajari penggunaan bioethanol dengan melakukan pengambilan sample data seperti dyno test, carbon deposit quantity, dan uji emisi. 

    “Usaha mencapai netralitas karbon tidak dapat Toyota lakukan sendiri, tapi butuh kerjasama dengan key stake holder. Kolaborasi kali ini dengan Pertamina Patra Niaga serta SERA, kami lakukan untuk mempelajari penggunaan campuran bahan bakar alternatif yaitu bioethanol E10 dalam mobilitas sehari-hari customer Indonesia khususnya di Jawa Timur,” terang Henry.

    Senada, Presiden Direktur PT Serasi Autoraya (TRAC) juga menyampaikan kebutuhan penyediaan bahan bakar yang dapat mengurangi emisi karbon.

    “TRAC selalu berkomitmen untuk menjalankan bisnis transportasi yang ramah lingkungan. Kolaborasi ini merupakan salah satu wujud nyata usaha TRAC dalam menekan emisi karbon dengan uji coba pemanfaatan sumber energi yang lebih bersih dalam operasional kendaraan kami. Harapannya inisiatif ini dapat membantu kami dalam menyediakan transportasi yang lebih hijau serta untuk mencapai tujuan sustainability perusahaan,” ungkap Mohammad Farauk.

    Pertamina Patra Niaga terus berkomitmen menyediakan solusi energi bersih yang dapat diterapkan di berbagai sektor, dengan kolaborasi seperti ini diharapkan dapat mempercepat peralihan sistem transportasi hijau untuk mencapai target Indonesia Net Zero Emission 2060.

  • Cekcok usai Mobilnya Ditabrak, Pengemudi Calya Pukul Sopir Confero hingga Tewas

    Cekcok usai Mobilnya Ditabrak, Pengemudi Calya Pukul Sopir Confero hingga Tewas

    Jakarta

    Pengemudi Wuling Confero tewas usai dipukul pengemudi Calya di Pulogadung. Kejadian itu bermula dari kecelakaan yang melibatkan kedua kendaraan tersebut.

    Pengemudi Wuling Confero terlibat cekcok dengan pengemudi Calya. Akibat cekcok itu, pengemudi Confero meregang nyawa usai dipukuli sopir Calya di Jalan Metrojaya III, Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur. Dikutip detikNews, insiden itu bermula saat keduanya terlibat kecelakaan di Jalan Mahoni Arah Barat.

    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi menjelaskan, mobil korban, Wuling Confero berpelat B 2891 FKI menabrak mobil pelaku Toyota Calya dengan nomor polisi BH 1566 NS. Ade Ary mengatakan mobil korban menabrak mobil pelaku. Kemudian pelaku sempat mengejar korban.

    Korban lalu menghentikan laju mobilnya dan langsung dihampiri pengemudi Calya. Keduanya kemudian terlibat cekcok dan sopir Calya itu memukul korban yang ada di dalam mobil.

    “Sesampai di TKP, korban berhenti. Kemudian terjadi cekcok mulut, karena pelaku marah, dengan menggunakan tangan kosong, memukul korban berulang kali dari luar mobil dan posisi korban masih di dalam mobil,” jelas Ade Ary.

    “Karena melihat kondisi korban lemah atau tidak berdaya, oleh pelaku dibantu warga sekitar dibawa Ke RS Pertamina Jaya. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim identifikasi Restro Jaktim, korban sudah meninggal dunia,” sambung Ade Ary.

    Dijelaskan lebih lanjut, korban mengalami luka memar di dahi kiri, pipi kanan dan kiri. Dadanya lecet, serta rahang bawah dan telinga mengeluarkan darah. Korban juga dinyatakan meninggal dunia akibat kekerasan.

    Jenazah korban dikirim ke RS Bhayangkara Tingkat I Pusdokkes Polri. Tim forensik lalu melakukan visum et repertum (VER) pada jenazah korban.

    Pentingnya Jaga Emosi saat Berkendara

    Dari insiden ini penting untuk senantiasa menjaga emosi saat berkendara di jalan. Pun saat kecelakaan, harusnya bisa diselesaikan dengan kepala dingin tanpa perlu mengedepankan tindak kekerasan.

    Pakar keselamatan berkendara yang juga instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, aksi road rage atau kekerasan di jalan raya ini memang bisa saja terjadi, dan dapat menimbulkan korban jiwa. Korban akibat road rage bisa diminimalisir jika pengendara bisa mengantisipasinya. Jusri menyebut, sebaiknya semua pihak pengendara tidak mengedepankan emosi. Sebab, jika mengedepankan emosi tidak akan saling menguntungkan.

    “Karena penyelesaiannya tidak ada lain kecuali penyelesaian hukum. Bukan kita menyelesaikan. Karena salah/benar bukan urusan kita, urusan hakim. Lebih-lebih dalam kasus ini, bukan kita main hakim sendiri kita pukul dia atau segala macam. Jadi kalau kita mempunyai empati, mempunyai pengetahuan, seharusnya hal ini nggak akan terjadi,” ucap Jusri belum lama ini.

    Hal yang Wajib Dilakukan saat Terlibat Kecelakaan Lalu Lintas

    Penting juga untuk diketahui hal-hal yang wajib dilakukan ketika terlibat kecelakaan lalu lintas. Mengacu pada Undang-undang No.22 tahun 2009 pasal 231, disebutkan bahwa kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan lalu lintas wajib:
    1. menghentikan kendaraan yang dikemudikannya
    2. memberikan pertolongan kepada korban
    3. melaporkan kecelakaan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia terdekat, dan
    4. Memberikan keterangan yang terkait dengan kejadian kecelakaan

    Adapun bila suatu keadaan memaksa Anda tidak dapat berhenti dan menolong korban, dalam pasal 231 ayat 2 disebutkan untuk segera melaporkan diri ke pihak kepolisian terdekat.

    Begitu pula bagi kamu yang berada di lokasi kejadian, sebaiknya tidak main hakim sendiri. Dalam pasal 232 diatur bahwa setiap orang yang mendengar, melihat, dan/atau mengetahui terjadinya kecelakaan lalu lintas wajib:
    1. memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan lalu lintas
    2. melaporkan kecelakaan tersebut kepada pihak kepolisian
    3. memberikan keterangan kepada polisi.

    (dry/din)

  • LCGC Hybrid Bisa Kasih Dampak Positif ke Penjualan Mobil: Harga Murah-Minim Emisi

    LCGC Hybrid Bisa Kasih Dampak Positif ke Penjualan Mobil: Harga Murah-Minim Emisi

    Jakarta

    Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) setuju dengan usulan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang meminta produsen mobil di Indonesia membuat low cost green car atau LCGC hybrid.

    Menurut mereka, ada dua dampak baik yang akan dirasakan negara dengan kehadiran LCGC hybrid: bertumbuhnya pasar roda empat dan berkurangnya emisi karbon.

    Analis Kebijakan Ahli Madya Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI Rustam Effendi mengklaim, usulan Kemenperin soal LCGC hybrid benar-benar bagus. Sebab, secara harga, kendaraan tersebut pasti lebih murah dibandingkan mobil hybrid yang saat ini beredar di pasaran.

    “Jadi memang hybrid perlu didorong. Usulan Kemenperin itu suatu usulan yang bagus bahwa LCGC di-hybrid-kan. Kemudian harganya mendekati LCGC (regular) dan kemudian ini akan menjadi kebutuhan masyarakat luas,” ujar Rustam dalam forum diskusi yang digelar di Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (21/11).

    “Saya rasa ini akan lebih sukses dibandingkan mobil hybrid di pasaran yang harganya lebih mahal,” tambahnya.

    Kemenperin bicara soal LCGC hybrid. Foto: Dok. Toyota Astra Motor

    Di kesempatan yang sama, Kukuh Kumara selaku Sekertaris Umum (Sekum) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) setuju dengan usulan Kemenperin. Menurutnya, LCGC kini tak lagi bisa dibilang murah. Itulah mengapa, teknologi hybrid tak masalah disematkan ke mobil tersebut.

    “Menarik, itu bisa ke sana kalau volume-nya besar, LCGC volume besar tapi teknologi berubah. Tidak bisa emisinya segitu-gitu saja, jalan keluarnya hybrid,” ungkap Kukuh Kumara.

    “Karena mobil ini bukan low cost lagi, dibandingkan yang lain juga emisinya sudah tinggi. Mau baru atau lama, kalau produk itu bisa diminati konsumen, ya menarik,” tambahnya.

    Mobil Low Cost Green Car (LCGC) di GIIAS 2023 Foto: Ridwan Arifin

    Diketahui, usulan produsen bikin LCGC hybrid disampaikan Dodiet Prasetya selaku Direktur Industri Alat Transportasi Darat Direktorat Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin.

    Dodiet mengatakan, penjualan LCGC cukup tinggi di Indonesia. Dia ingin, catatan baik itu ditingkatkan dengan meluncurkan varian hybrid.

    “Kami mendorong para pabrikan untuk bisa menyematkan teknologi hybrid di LCGC. Poinnya satu, kita ingin meningkatkan pencapaian yang sudah bagus. Kemudian dalam rangka sumbangsih penurunan emisi dan ketahanan energi. Kami ingin meningkatkan apa yang sudah efisien menjadi lebih efisien,” kata dia.

    Sebagai catatan, penjualan LCGC tahun lalu mencapai 204.705 unit dengan market share tembus 20,3 persen. Nominal tersebut mengalami kenaikan 9,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

    Kini, ada lima model LCGC yang saat ini dijual di Indonesia, yakni Toyota Calya, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra dan Honda Brio Satya.

    (sfn/dry)

  • Segini Harga Maxus Mifa 7 dan Mifa 9, MPV Listrik ‘Penjegal’ Voxy-Alphard

    Segini Harga Maxus Mifa 7 dan Mifa 9, MPV Listrik ‘Penjegal’ Voxy-Alphard

    Jakarta

    Maxus mengumumkan harga resmi dari MPV listrik Mifa 7 dan Mifa 9. Segini harga mobil penantang Voxy sekaligus Alphard itu.

    Ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 dimanfaatkan Maxus untuk merilis dua MPV listrik premium Mifa 7 dan Mifa 9. Peluncuran itu sekaligus juga menandakan dimulainya perjalanan baru Maxus di Indonesia, setelah PT. Indomobil Energi Baru, yang bernaung dibawah Indomobil Group, ditunjuk sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Maxus, berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani oleh Indomobil Group dan SAIC Maxus yang berkantor pusat di Shanghai pada bulan Mei 2024.

    “Dengan bangga kami menyambut peluncuran resmi Maxus di Indonesia melalui ajang GJAW 2024. Kami sangat bersemangat sebagai mitra yang ditunjuk langsung oleh SAIC-Maxus untuk memasarkan produk-produk terbaru mereka, yaitu Maxus Mifa 7 dan Maxus Mifa 9. Kami yakin bahwa peluncuran kedua model ini tiba di saat yang tepat, mengingat pasar kendaraan MPV di Indonesia meningkat pesat-tercatat ada kenaikan 130% dalam periode Januari hingga Oktober tahun 2024 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu,” ujar Chief Operating Officer PT. Indomobil Energi Baru, Yudhy Tan dalam siaran persnya.

    Maxus secara global menilai Indonesia sebagai pasar yang sangat strategis, dengan tren pertumbuhan segmen kendaraan listrik yang semakin tajam. Peluncuran Mifa 7 dan Mifa 9 di Indonesia merupakan langkah penting dalam menjawab kebutuhan pasar akan mobilitas ramah lingkungan dan efisiensi energi.

    Maxus Mifa 7 dan Mifa 9 hadir dengan desain yang sangat unik dan inovatif, menonjolkan karakteristik kendaraan MPV listrik yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga mengutamakan kenyamanan, efisiensi, dan performa tinggi. Kedua model ini menawarkan pengalaman berkendara yang modern, cocok untuk konsumen Indonesia yang semakin mengutamakan mobilitas berkelanjutan tanpa mengorbankan kenyamanan dan teknologi terkini.

    Mengingat tren kendaraan listrik yang semakin berkembang di Indonesia, peluncuran Maxus Mifa 7 dan Mifa 9 menunjukkan komitmen Indomobil Group dan Maxus untuk berpartisipasi dalam transisi energi bersih, dan memberikan solusi mobilitas yang lebih ramah lingkungan dengan tetap mengedepankan teknologi, kualitas, dan desain yang stylish.

    Harga Maxus Mifa 7 dan Mifa 9

    Soal harga, Maxus Mifa 7 yang bakal menantang Toyota Voxy hingga Nissan Serena ini ditawarkan dengan harga Rp 788 juta dan Rp 798 juta untuk opsi two-tone color. Sementara Maxus Mifa 9 dibanderol dengan harga Rp. 1,088 miliar dan Rp. 1,098 miliar untuk two-tone color.

    Untuk memberikan rasa tenang dan perlindungan maksimal bagi pelanggan Mifa 7 dan Mifa 9, Maxus memberikan perawatan gratis selama 5 tahun atau 75.000 kilometer (mana yang tercapai lebih dulu), garansi suku cadang selama 5 tahun atau 100.000 kilometer (mana yang tercapai lebih dulu) dan garansi baterai selama 8 tahun atau 200.000 kilometer mana yang tercapai lebih dulu).

    Spesifikasi Maxus Mifa 7

    Mifa 7 dilengkapi dengan baterai 90 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 480 km (WLTC kombinasi) dalam sekali pengisian daya. Sistem pengisian cepat DC 130 kW dapat mengisi daya baterai dari 30-80 persen hanya dalam waktu sekitar 30 menit, memudahkan pengemudi untuk melanjutkan perjalanan tanpa khawatir kehabisan daya.Fitur keamanan dan keselamatannya juga lengkap. Mifa 7 telah dilengkapi berbagai sistem bantuan canggih seperti Adaptive Cruise Control, Lane-Keeping Assist, dan Automated Emergency Braking. Fitur-fitur ini bekerja untuk meningkatkan keselamatan dengan membantu pengemudi dalam menjaga jarak aman dan menjaga kendaraan tetap berada di jalurnya.

    Spesifikasi Maxus Mifa 9

    Mifa 9 ditenagai motor listrik 180 kW yang bisa menghasilkan torsi 350 Nm secara instan. Penantang Toyota Alphard ini juga dilengkapi dengan intelligent driving modes seperti Normal, Power, dan Eco, memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan gaya mengemudi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi perjalanan. Sangat ideal untuk perjalanan sehari-hari di kota-kota padat atau di jalan tol. MIFA 9 dibekali baterai 90 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 435km (WLTC kombinasi) dalam sekali pengisian daya. Dengan sistem pengisian cepat DC 130 kW, baterai dapat terisi dari 30% hingga 80% dalam waktu hanya sekitar 30 menit, memungkinkan pengemudi untuk segera melanjutkan perjalanan tanpa khawatir kehabisan daya.

    (dry/din)

  • Pertamina Patra Niaga uji coba penggunaan Bioethanol E10

    Pertamina Patra Niaga uji coba penggunaan Bioethanol E10

    Berkolaborasi secara holistik dengan produsen kendaraan dan penyedia layanan mobil merupakan langkah besar menghadirkan ekosistem biofuel di Indonesia

    Jakarta (ANTARA) – PT Pertamina Patra Niaga menguji coba penggunaan Bioethanol E10 dalam rangka percepatan pembangunan ekosistem bahan bakar nabati (BBN) atau biofuel di Indonesia.

    Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan uji coba Bioethanol E10 dilakukan di wilayah Surabaya, Jawa Timur, selama satu tahun ke depan.

    Uji coba bekerja sama dengan PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT Serasi Autoraya (TRAC) melalui skema use case collaboration.

    Penandatanganan kerja samanya dilakukan saat Gaikindo Jakarta Auto Week 2024 di Tangerang, Banten, Jumat (22/11/2024).

    Riva mengatakan use case collaboration merupakan kolaborasi untuk mempelajari efektivitas bauran energi alternatif dari etanol dalam mereduksi emisi kendaraan bermotor dan mengevaluasi performa kendaraan dengan harapan mendukung pencapaian target pemerintah mengurangi emisi karbon.

    Kolaborasi tersebut, lanjutnya, menjadi bukti keseriusan industri otomotif untuk menciptakan ekosistem biofuel dalam proses transisi energi hijau di Indonesia.

    “Berkolaborasi secara holistik dengan produsen kendaraan dan penyedia layanan mobil merupakan langkah besar untuk menghadirkan ekosistem biofuel di Indonesia. Kami percaya bahwa langkah ini tidak hanya akan mendorong pengurangan emisi gas rumah kaca dan mendorong percepatan target net zero emission pada 2060, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian negara, membuka peluang kerja baru, serta meningkatkan kesejahteraan petani lokal yang terlibat dalam rantai pasokan bioetanol,” jelas Riva.

    Uji coba Bioethanol E10 dilakukan pada 50 unit kendaraan berjenis Kijang Innova Zenix Hybrid EV, Avanza, Calya dan Agya, yang dikelola layanan sewa kendaraan TRAC.

    Dengan memanfaatkan teknologi fleet management system (FMS), kendaraan dipantau kondisi dan perilaku mengemudi secara real time, sehingga efektivitas penggunaan E10 dapat dipelajari melalui data fuel consumption, driving behavior dan engine condition.

    Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Pertamina Patra Niaga Harsono Budi Santoso menjelaskan untuk kebutuhan use case tersebut, tangki Bioethanol E10 akan ditempatkan pada pool kendaraan TRAC di Wonosari, Surabaya.

    “Supply point Bioethanol E10 ini dari Fuel Terminal Surabaya dikirim ke lokasi pool TRSC yang sudah disiapkan tangki BBM di sana, sehingga pengisian BBM E10 ini bukan dilakukan di SPBU tetapi di lakukan di pool tersebut,” ungkapnya.

    Vice President Director TAM Henry Tanoto menyampaikan Toyota mempelajari penggunaan bioetanol dengan melakukan pengambilan sampel data seperti dyno test, carbon deposit quantity dan uji emisi.

    “Usaha mencapai netralitas karbon tidak dapat dilakukan sendiri, tapi butuh kerja sama dengan key stakeholder. Kolaborasi kali ini dengan Pertamina Patra Niaga serta SERA, kami lakukan untuk mempelajari penggunaan campuran bahan bakar alternatif yaitu Bioethanol E10 dalam mobilitas sehari-hari customer Indonesia khususnya di Jawa Timur,” terang Henry.

    Sementara, Presiden Direktur TRAC Mohammad Farauk menyampaikan kebutuhan penyediaan bahan bakar yang dapat mengurangi emisi karbon.

    “Kami selalu berkomitmen menjalankan bisnis transportasi yang ramah lingkungan. Kolaborasi ini merupakan salah satu wujud nyata usaha TRAC dalam menekan emisi karbon dengan uji coba pemanfaatan sumber energi yang lebih bersih. Harapannya, inisiatif ini dapat membantu kami dalam menyediakan transportasi yang lebih hijau serta untuk mencapai tujuan sustainability perusahaan,” ungkapnya.

    Pewarta: Kelik Dewanto
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2024