brand merek: Toyota

  • Ini Dia Calon Mobil Listrik Toyota Kembaran Suzuki e Vitara

    Ini Dia Calon Mobil Listrik Toyota Kembaran Suzuki e Vitara

    Jakarta

    Toyota mengungkap calon mobil listrik barunya yang dikembangkan dari basis Suzuki e Vitara. Mobil listrik tersebut bakal dinamakan Toyota Urban Cruiser EV dan mulai dijual pada awal tahun depan.

    Jangan kaget jika mobil listrik Toyota ini dibuat dari basis mobil listrik Suzuki. Soalnya di India, kedua perusahaan asal Jepang tersebut sudah terbiasa bekerja sama dalam me-rebadge sebuah produk. Contohnya seperti Toyota Urban Cruiser Taisor yang dibikin kembarannya, Suzuki Fronx. Atau Suzuki Ertiga yang memiliki kembaran Toyota Rumion.

    Dikutip dari Paultan, mobil listrik Toyota ini bakal memiliki panjang 4.285 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.640 mm, dengan jarak sumbu roda 2.700 mm, yang membuatnya lebih kecil dari bZ4X dan sedikit lebih besar dari Yaris Cross.

    Toyota Urban Cruiser EV Foto: Dok. Toyota

    Sistem penggeraknya sama dengan e Vitara, dengan pilihan penggerak satu motor FWD berdaya 144 PS/189 Nm dengan baterai 49 kWh, penggerak satu motor FWD berdaya 174 PS/189 Nm dengan baterai 61 kWh, atau penggerak dua motor AWD berdaya 184 PS dan 65 PS, serta torsi 300 Nm, dengan baterai 61 kWh.

    Semua baterainya menggunakan lithium-ion fosfat (LFP). Belum diketahui performa tempuh mobil ini, tapi kemungkinan dapat menempuh jarak 400 km dengan laju pengisian daya maksimum mencapai 150 kW.

    Secara tampilan, Urban Cruiser EV tampil gagah dengan fascia bergaya ‘Hammerhead’ sama seperti Camry baru, serta ada sedikit pelapis di sekitar lengkungan roda dan bodi bawah, yang bikin mobil tampak berotot. Mobil ini menggunakan pilihan velg 18 atau 19 inci dengan wheeldop aerodinamis.

    Dengan jarak sumbu roda yang 140 mm lebih panjang daripada Yaris Cross, memberikan lebih banyak ruang interior, di mana kursi belakang Urban Cruiser dapat direbahkan dan dibagi 40:20:40.

    Toyota Urban Cruiser EV Foto: Dok. Toyota

    Kokpit mobil ini memiliki dasbor yang rendah dengan posisi duduk yang tinggi atau commanding. Panel instrumen dan layar entertainment mobil ini menyatu, dengan ragam fungsinya seperti kamera 360 derajat dan fitur konektivitas ke smartphone.

    Kabarnya, di varian tertentu akan dilengkapi fitur sound system JBL, sunroof, dan jok pengemudi elektrik. Perlengkapan keselamatan meliputi pre-collision system, adaptive cruise control, lane departure alert, dan lane keep assist.

    Autocar melaporkan bahwa Toyota Urban Cruiser akan diproduksi bersama Suzuki e Vitara di India. Mobil ini akan memulai debut di pameran Brussels Motor Show 2025, di Belgia, pada 10-19 Januari 2025.

    Toyota Urban Cruiser EV Foto: Dok. Toyota

    (lua/riar)

  • Modifikasi Toyota Hilux Rangga Dipakai Keliling Indonesia

    Modifikasi Toyota Hilux Rangga Dipakai Keliling Indonesia

    Surabaya, CNN Indonesia

    Toyota Hilux Rangga terbukti tidak hanya andal membawa barang-barang yang dibeli di material. Pikap ini juga bisa dimodifikasi menjadi rumah berjalan agar lebih nyaman dipakai untuk menjelajahi Indonesia.

    Seperti dilakukan pasangan suami istri asal Pontianak, Jhon dan Riana. Dengan berbagai sentuhan pada bagian bak, pasangan itu membuat campervan  mengandalkan Toyota Hilux Rangga mesin 2GD diesel 2.400 cc transmisi otomatis harga Rp304,5 juta.

    Menurut Jhon, untuk menciptakan rumah berjalan itu ia menghabiskan dana nyaris Rp400 juta di luar harga pikap Hilux Rangga.

    Toyota Hilux Rangga menjadi pilihan Jhon dan Riana setelah mereka melihat langsung unitnya di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

    “Di luar pembelian mobil, biaya yang kami habiskan untuk membangun mobil campervan ini mencapai Rp385 juta. Biaya itu menjadi besar karena bahan-bahan yang digunakan untuk membangun bagian belakang ini menggunakan bahan yang ringan tetapi kuat,” kata Jhon di Surabaya, Kamis (12/12).

    Jhon dan Riana sangat sabar untuk memiliki motorhome yang di dalamnya dipenuhi berbagai fasilitas layaknya rumah hingga tiga bulan lamanya.

    Di dalamnya, ada sofa yang bisa berubah fungsi menjadi tempat tidur, lemari pendingin, kitchen set, torrent air, kloset duduk hingga kanopi otomatis.

    Toyota Hilux Rangga campervan milik saluran Youtube Jajago. (Toyota Astra Motor)

    Sedangkan untuk kebutuhan listrik mengandalkan panel surya hingga 720 WP yang terpasang di atap kendaraan. Ada penyimpan energi menggunakan baterai berkapasitas total 7.400 Watt, dan ada genset cadangan yang memiliki kapasitas 1.800 watt.

    Untuk proses pengerjaan kabinnya, pasangan ini menyerahkan kepada Karoseri Delima Mandiri yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat.

    Jhon menjelaskan keduanya menyukai aktivitas berpetualang ke wilayah pelosok di Indonesia yang cukup mengurus isi kantong. Namun besarnya dana yang mereka kucurkan untuk menciptakan campervan terbukti lebih lebih hemat dibandingkan biaya perjalanan dan menginap di hotel.

    “Sebab di mobil ini kami bisa tidur, memasak, buang air, tidak perlu menyewa kamar hotel. Sehingga justru jika dipakai lama, pembelian dan biaya membangun mobil ini justru lebih kecil ketimbang berpetualang tanpa menggunakan mobil,” tutup Jhon pemilik saluran YouTube Jajago itu.

    (mik/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Toyota Berusaha Tahan Harga Imbas PPN 12 Persen dan Opsen Pajak 2025

    Toyota Berusaha Tahan Harga Imbas PPN 12 Persen dan Opsen Pajak 2025

    Surabaya, CNN Indonesia

    Direktur Penjualan PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan Toyota akan berupaya untuk tidak menaikkan harga produknya di awal 2025 imbas kenaikan pajak berupa PPN 12 persen dari 11 persen dan Opsen pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) yang berlaku tahun depan.

    Menurut Anton langkah tersebut agar tidak memengaruhi daya beli masyarakat terkait pembelian mobil-mobil Toyota.

    “Kami sedang berusaha untuk mempertahankan semaksimal mungkin supaya tidak ada kenaikan harga dari kami,” kata Anton di Surabaya, Kamis (12/12) malam.

    Anton menjelaskan strategi tersebut berbeda dari tahun tahun sebelumnya di mana awal tahun harga mobil mengalami kenaikan harga karena berbagai pertimbangan.

    “Jadi itu yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, biasanya awal tahun kami akan menaikkan harga karena biaya juga naik,” ucap Anton.

    Anton menjelaskan kenaikan harga mobil di awal tahun umumnya imbas penyesuaian upah minimum provinsi (UMP) dan biaya produksi. Namun pihak TAM mencoba untuk “menanggung” beban konsumen.

    “Karena kan gaji UMP juga naik ya. Jadi, sebagai akibatnya harusnya harga mobil akan naik, tapi kami sedang diskusi dengan pabrikan untuk tidak menaikkan harga Toyota, untuk mengurangi supaya tadi kenaikan 1 persen itu dirasa tinggi ya masyarakat,” ujar Anton.

    Selanjutnya, pihak Toyota berharap pemerintah juga berkomitmen memberikan insentif untuk industri otomotif yang tengah terpukul dalam beberapa tahun terakhir.

    “Sambil ya kami juga berharap supaya insentif dari pemerintah pusat, atau pemerintah daerah itu akan bergulir segera di bulan Januari,” ucap Anton.

    Pada tahun ini penjualan mobil diharapkan sentuh 850 ribu unit usai direvisi dari sebelumnya tembus 1,1 juta unit.

    Sebelumnya, Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara memperkirakan kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi 12 persen dan opsen pajak tahun depan akan mengkoreksi penjualan mobil hingga 500 ribu unit tahun depan.

    Hal ini tidak diinginkan para pelaku industri otomotif karena berdampak kepada nasib para pekerja pabrik.

    Menurut Kukuh, berdasarkan simulasi Gaikindo bersama para pakar ekonom dalam negeri penerapan dua pajak itu dinilai kurang tepat karena saat ini tengah terjadi penurunan daya beli masyarakat.

    “Jika kenaikan lebih dari 5 persen, dampaknya sangat berat. Tahun ini saja, target penjualan sudah direvisi dari 1 juta unit menjadi 850 ribu unit,” tuturnya.

    Pada 2013 penjualan roda empat domestik hanya berkisar satu juta unit. Angka tersebut dianggap ironis bahkan terkesan jalan di tempat.

    “Sejak 2013, penjualan tahunannya berkisar satu juta unit. Ironis sekali. Ternyata salah satu penyebab utama stagnasi ini adalah fenomena menurunnya kasta kelas menengah,” kata dia saat itu.

    (tim/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • 2.700 Toyota Hilux Rangga Terjual, 1.200 Unit Telah Disuplai

    2.700 Toyota Hilux Rangga Terjual, 1.200 Unit Telah Disuplai

    Surabaya, CNN Indonesia

    Toyota Hilux Rangga langsung menggebrak pasar kendaraan niaga di Indonesia. Penjualan pikap Hilux Rangga didominasi di Pulau Jawa, Bali dan Jakarta.

    Sejak diluncurkan sudah ada 2.700 unit Hilux Rangga terjual dan masih ada 1.500 unit yang masih dalam proses pengiriman ke konsumen. 

    Direktur Penjualan PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, penjualan pikap Hilux Rangga mesin diesel mendominasi dengan kontribusi 57 persen dan bensin 43 persen. Sementara itu Hilux Rangga transmisi matik, kontribusinya sekitar 20 persen.

    “Rangga, seluruh Indonesia. Tipe cukup menarik, karena waktu planning kita dulu berpikir mungkin 60-an persen itu mungkin diesel gitu ya, sekitar 30-40 persen bensin, ternyata faktanya hampir 50-50 (persen) SPK itu adalah bensin dan diesel,” kata Anton di Surabaya, Kamis (12/12).

    Menurut Anton, pikap Hilux Rangga mesin diesel banyak diserap di berbagai wilayah di luar Jakarta, hal ini karena ketersediaan bahan bakar minyak. Namun ada hal aneh di mana ada provinsi di luar Jawa seperti di Kalimantan dan Sulawesi justru konsumen membeli pikap Hilux Rangga mesin bensin karena keterbatasan solar.

    “Jadi tergantung wilayah, kadang-kadang ada beberapa wilayah saya nggak tahu kenapa, solarnya terbatas,” ucap Anton.

    “Akhirnya banyak customer yang beralih ke bensin. Contoh di Pulau Kalimantan dan Sulawesi itu bensinnya tinggi. Tapi di daerah Jawa, khususnya daerah Jawa Timur, hampir semuanya diesel. Jadi ini berbeda-beda masing-masing wilayah,” ujar Anton menambahkan.

    Di luar ekspektasi

    Anton menegaskan permintaan Toyota Hilux Rangga di Indonesia di luar dugaan. Sejak awal perusahaan hanya menargetkan penjualan 400-500 unit per bulan. Namun hingga saat ini, SPK sudah lebih dari 2.000 unit dalam tiga bulan.

    Menurutnya pencapaian tersebut adalah tren positif untuk penjualan pikap medium di tengah tantangan ekonomi. TAM pun memiliki keyakinan produknya akan lebih banyak lagi digunakan masyarakat karena ia mengklaim Hilux Rangga sangat fungsional.

    “Bicara dengan teman-teman di Jawa Timur juga mereka sangat optimis, karena produk ini memberikan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang unik, dan juga ternyata disukai oleh masyarakat. Jadi, kita tetap berhati-hati, tapi kita tetap ingin optimis bahwa harapannya tahun depan tetap market naik dan komersial juga bisa naik juga,” tutur Anton.

    Peluang kendaraan komersial di 2025

    Anton berharap momen positif Hilux Rangga akan berlanjut di tahun tahun yang akan datang di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang mengalami kontraksi menghambat penjualan kendaraan komersial dalam negeri.

    Ia menilai perekonomian akan bangkit karena tidak diusik penyelenggaraan pilpres, pilkada. Kondisi ini disebut momentum untuk mendongkrak penjualan kendaraan komersial di tahun depan.

    Anton optimis pemerintah sudah menyiapkan program pemulihan ekonomi yang dapat meningkatkan daya beli masyarakat. Pertumbuhan ekonomi itu tentu saja akan ada dampaknya pada peningkatan penjualan kendaraan komersial.

    “Kami berharap, tahun ini kan memang tahun politik ya. Jadi, ada pemilihan presiden, anggota DPR, kemudian ada pilkada. Nah tahun depan, kalau melihat dari historical tahun 2019, 2014, biasanya market akan grow atau ekonomi juga akan grow. Harapannya 2025 tidak perlu ada lagi acara-acara politik yang mengganggu ekonomi,” tutur Anton.

    “Jadi, harapan kami recovery dari ekonomi ini akan biasanya ditindaklanjuti oleh pertama mobil komersial dulu,” tutup Anton.

    (mik/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Brand Jaecoo di Indonesia, Dealer-Bengkel Gabung Sama Chery?

    Brand Jaecoo di Indonesia, Dealer-Bengkel Gabung Sama Chery?

    Jakarta

    Jaecoo di bawah operasi PT Chery Sales Indonesia akan debut pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025. Bagaimana dengan layanan purna jualnya?

    Jaecoo merupakan sub brand Chery secara global. Bukan masalah jika Jaecoo juga menggunakan fasilitas purna jual Chery yang sudah dibangun.

    Evan Angganantika, Head of Marketing Jaecoo mengatakan mereknya akan mulai membangun jaringan dengan brand Jaecoo sendiri.

    “Dealership sendiri, kita pun sebetulnya ada sharing MoU dengan dealer-dealer,” kata Evan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, belum lama ini.

    Jaecoo sudah memulailangkah strategis seperti penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan 20 dealer premium dari berbagai wilayah di Indonesia awal bulan ini.

    Jaecoo akan berfokus pada model SUV premium yang mengincar segmen elite offroad. Desain mobilnya sedikit lebih boxy daripada SUV dari brand Chery.

    Jaecoo J7 jadi model pertama yang diperkenalkan untuk pasar Indonesia, nantinya mobil tersebut dibekali teknologi internal combustion engine (ICE) memakai mesin inline empat silinder bensin turbocharged 1.6 liter yang sama yang menghasilkan torsi 194 hp dan 290 Nm.

    Selain ICE, Jaecoo J7 PHEV juga bakal diperkenalkan. SUV PHEV ini dibekali mesin bensin 1.5 TGDi dan transmisi hibrida khusus (DHT) dengan e-motor gandar depan yang ditenagai oleh baterai 18,3 kW. Total tenaga yang keluar 347 PS dan torsi 525 Nm. Garry menyebut konsumsi BBM mobil ini sekitar 4,7 liter per 100 kilometer, berdasarkan pengetesan WLTP.

    Yang menarik, J7 PHEV bisa menggunakan mode hybrid atau memilih mode murni BEV dengan klaim jarak 106 kilometer.

    Perlu diketahui, J7 berbagi platformnya dengan Chery Tiggo 7 dan dalam hal dimensi eksterior, J7 berukuran panjang 4.500 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.680 mm dengan jarak sumbu roda 2.672 mm, membawanya ke dalam ukuran Toyota Corolla Cross dan sedikit lebih kecil dari Mazda CX-5.

    “Kami bangga dapat menghadirkan solusi inovatif JAECOO ke Indonesia, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan para penggemar off-road, tetapi juga mendukung target elektrifikasi di negara ini,” ujar Max Zhou, Country Director Jaecoo Indonesia.

    (riar/lua)

  • Kecelakaan Beruntun Enam Kendaraan di Tol Dalam Kota Diselesaikan Secara Kekeluargaan – Halaman all

    Kecelakaan Beruntun Enam Kendaraan di Tol Dalam Kota Diselesaikan Secara Kekeluargaan – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kanit Laka Lantas Polres Jakarta Timur Iptu Darwis Sunarta menyampaikan kecelakaan beruntun melibatkan enam kendaraan diselesaikan lewat jalur kekeluargaan.

     

     

    Peristiwa kecelakaan itu terjadi di ruas Tol Dalam Kota KM 00.500 B, Jumat (13/12/2024) pukul 08.30 WIB. 

     

    “Masih lidik di penyidik tapi para pihak sepakat kekeluargaan,” kata Darwis kepada wartawan, Sabtu (14/12/2024).

    Dia memastikan semua pihak yang terlibat sudah tanda tangan surat pernyataan damai.

     

    Menurutnya, pengendara Mitsubishi L300 yang menjadi penyebab kecelakaan tidak dipermasalahkan oleh pengendara yang menjadi korban kecelakaan beruntun.

     

    “Mereka nggak mempermasalahkan L300,” tukasnya.

     

    Sebelumnya, Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Ojo Ruslani menuturkan sejumlah kendaraan terlibat kecelakaan beruntun.

     

    Di antaranya bus Mayasari Bakti nomor polisi B 7865 TGA, mobil boks nopol B 9200 TXX, Toyota Vellfire nopol B 2347FKI, dan Hyundai Ioniq 5 nopol B 1201 FNO, Honda Mobilio D 1688 YBQ, serta Toyota Innova Reborn bernopol B 2963 PKN.

     

    “Korban DA mengalami patah tulang, AS luka ringan, dan penumpang Alphard luka ringan,” kata Ojo.

    Dia berujar, kendaraan mobilo awalnya mengarah dari barat ke timur.

     

    Setibanya di lokasi ada kendaraan Mitsubishi L300 yang tak tahu indentitasnya memotong jalan kemudian mendadak kaget hingga terjadi tabrakan beruntun yang melibatkan enam kendaraan.

     

    “Imbas kejadian tersebut mengakibatkan kendaraan Ioniq yang ada di contraflow ditabrak dengan Vellfire yang mengarah timur,” kata dia.

     

    Lebih lanjut Ojo mengatakan, perihal penyebab pasti kecelakaan saat ini masih didalami. 

     

    Mobilio mengalami kerugian rusak bagian depan-belakang, Ioniq 5 patah as belakang. 

     

    Bus Mayasari rusak bagian depan, Innova rusak depan-belakang, mobil boks rusak bagian depan dan Vellfire rusak bagian depan-belakang.

     

    Sebelumnya, kecelakaan beruntun melibatkan sejumlah kendaraan terjadi di ruas Tol Dalam Kota Jakarta pada Jumat (13/12/2024) sekitar pukul 09.00 WIB. 

     

    Insiden laka lantas ini menyebabkan arus lalu lintas di jalur Tebet hingga Cawang mengalami kemacetan parah.

     

    “Tol Dalam Kota Kecelakaan di Tebet KM 02 – Cawang KM 00+100 PADAT,” menandakan dampak yang signifikan terhadap kondisi lalu lintas di sekitar lokasi kejadian,” tulis akun TMC Polda Metro Jaya.

  • SUV Konsep Toyota Hilux Rangga Bareng New Armada Mulai Dijual 2025, Harganya?

    SUV Konsep Toyota Hilux Rangga Bareng New Armada Mulai Dijual 2025, Harganya?

    Surabaya

    Toyota pastikan mobil konsep SUV Toyota All New Hilux Rangga yang dipajang di GIIAS 2024 akan mulai dijual 2025 besok, dan dipastikan New Armada menjadi karoseri yang dipercaya untuk bisa memproduksinya.

    “Yang SUV (SUV konsep All New Hilux Rangga yang dipajang di GIIAS 2024) rencana kita awal tahun 2025 mulai kita jual. Jadi saat ini kami masih berdikusi dengan New Armada, karena kan ini harganya diputuskan oleh New Armada,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy pada ajang test Drive All New Toyota Hilux Rangga di Surabaya.

    “New Armada akan men-set harga bulan ini, sebenarnya harganya saya sudah tahu kira-kira harga rangenya berapa, jadi misalnya yang automatic diesel SUV itu harganya dikisaran Rp 490 jutaan sampai Rp 500 jutaan. Kira-kira yang matik ya bensin mungkin bisa sedikit di bawah Rp 400 juta yang manual diesel ya di antara itulah kira-kira,” Anton menegaskan.

    Masuk jalur produksi melalui karoseri, bukan langkah awal bagi Toyota. Karena Toyota pernah merasakan kerjasama dengan pengusaha lokal atau perusahaan karoseri di era Toyota Kijang.

    “Jadi itu yang saya dengar yang kita tengah diskusikan dengan New Armada, harga bensin berapa, opsionalnya seperti apa. Jadi mirip dengan Kijang zaman dulukan, ada Kijang Komando, Kijang Rover, jadi masing-masing karoseri itu bisa membuat variannya sendiri,” ucap Anton.

    “Kebetulan kita kerjasama yang pertama ini dengan New Armada, tapi saya juga sudah melihat banyak karuseri lain yang tertarik, ada 5 perusahaan karoseri yang lagi membuatnya versi-versi mereka sendiri yang mungkin menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing wilayah dengan harganya,” Anton menambahkan.

    Toyota Hilux Rangga yang dikonversi menjadi SUV oleh karoseri New Armada Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Anton juga mengatakan, Toyota saat ini juga tengah membangun komunikasi dengan para dealer Toyota untuk mengenai strategi yang akan dibangun untuk mendukung All New Hilux Rangga.

    Sebagai catatan, dalam situs resmi Toyota dijelaskan strategi bekerjasama dengan para karoseri sebagai multisolution karena bisa dipakai untuk mendukung berbagai usaha dan kebutuhan, All New Hilux Rangga dapat dikonversi menjadi berbagai solusi mobilitas yang tangguh, lincah, dan produktif.

    Saat ini Toyota bekerjasama dengan lebih dari 80 body builder atau karoseri lokal untuk kustomisasinya. Setiap karoseri memiliki spesialisasi dan segmentasinya masing-masing untuk mendorong pertumbuhan industri karoseri lokal dan memastikan All-New Hilux Rangga dapat memenuhi beragam kebutuhan bisnis yang lebih spesifik.

    Toyota Hilux Rangga yang dikonversi menjadi SUV oleh karoseri New Armada Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Konversi All-New Hilux Rangga tidak hanya sebagai mitra bisnis seperti warung kopi atau mobil toko, tetapi juga mendukung layanan pemerintahan seperti bank berjalan, ambulans dan damkar, serta bagian dari gaya hidup pelanggan seperti campervan atau membawa alat hobi seperti sepeda dan motor trail.

    Fleksibilitas ini memberikan peluang untuk memproduksi Hilux Rangga dalam bentuk yang berbeda antar pelanggan dengan memberikan kebebasan untuk melakukan kustomisasi sesuai model bisnisnya. Bagian eksterior terutama depan akan tampil semenarik mungkin mewakili wajah perusahaan.

    (lth/din)

  • Nasib Mobil Komersial saat Opsen Pajak Kendaraan Hadir di Mata Toyota

    Nasib Mobil Komersial saat Opsen Pajak Kendaraan Hadir di Mata Toyota

    Jakarta

    Pemerintah berencana akan menerapkan pajak tambahan atau Opsen Pajak pada 2025. Opsen pajak kendaraan bermotor sendiri adalah opsen yang dikenakan oleh kabupaten/kota atas pokok PKB sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

    Sedangkan opsen BBNKB adalah opsen yang dikenakan oleh kabupaten/kota atas pokok BBNKB sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Artinya, opsen PKB dan opsen BBNKB dipungut oleh pemerintah kabupaten/kota. Lalu bagaimana nasib mobil komersial dengan hadirnya Opsen Pajak Kendaraan ini?

    Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy pada ajang test Drive All New Toyota Hilux Rangga di Surabaya mengatakan, kendaraan komersial memiliki segmen unik dan berbeda, jika dibandingkan dengan kendaraan penumpang.

    “Memang commercial car, saya rasa faktornya ada dua ya. Satu, pajak. namun satu hal lain adalah pengembangan dari ekonomi itu sendiri,” ucap Anton.

    “Jadi kita berharap, tahun ini kan memang tahun politik ya. Jadi ada pemilihan presiden dan DPR, kemudian ada Pilkada. Tahun depan kalau melihat dari historical tahun 2024-2019, biasanya market akan grow atau ekonomi juga akan grow. Karena pemerintah akan bergerak dengan lebih cepat dan harapannya 2025 sudah tidak perlu ada lagi acara-acara politik yang mengganggu ekonomi. Jadi mudah-mudahan, ekonomi akan meningkat. Ya pastinya harapan kita market tetap akan naik. Dengan sendirinya, commercial vehicle akan naik,” Anton menambahkan.

    Anton menambahkan luasnya wilayah Indonesia, tidak menutup kemungkinan untuk kendaraan komersial bisa bertahan dengan situasi pada 2024.

    Toyota Hilux Rangga Foto: Dok. Toyota-Astra Motor (TAM)

    “Saya berikan contoh di Bali gitu ya. Di Bali, tahun ini cukup unik. Wilayah-wilayahnya, rata-rata turun. Ada dua-tiga wilayah yang tetap naik, kemudian Sulawesi, terutama di daerah IKN, yang meningkat pertama adalah mobil komersial. Demand terhadap mobil komersial seperti pickup, truck, dan lain-lain, di sana juga naik,” ujar Anton.

    “Jadi harapan kami, recovery dari ekonomi ini biasanya ditindaklanjuti oleh pertama, mobil komersial dulu. Jadi ini juga mungkin momentum yang baik untuk Rangga, yang saya katakan tadi, Target kita nggak muluk-muluk karena kita kan pemain baru setelah sekian lama Kijang pickup. Kita hanya menampilkan sekitar 400-an per bulan. Jadi saya rasa demandnya cukup bagus, saya bicara dengan teman-teman dealer di Jawa Timur juga mereka sangat optimis. Karena produk ini memberikan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang unik dan juga ternyata disukai oleh masyarakat gitu. Jadi kita tetap berhati-hati, tapi kita tetap pengen optimis bahwa harapannya tahun depan tetap market naik dan komersial juga bisa naik juga.” tutup Anton.

    (lth/din)

  • Layanan Komplet, CSR Jalan Terus!

    Layanan Komplet, CSR Jalan Terus!

    Jakarta

    Sejak pertama berdiri tahun 1975, Auto2000 sebagai jaringan penjualan dan perbaikan mobil Toyota terus bertransformasi di Indonesia. Namun, muaranya tetap sama: membuat konsumen merasa puas dan tenang.

    Selama hampir setengah abad, Auto2000 telah menjelma menjadi salah satu jaringan roda empat terbesar di Indonesia. Kini, dealer mereka sudah tersebar di 126 titik di dalam negeri.

    Sebagai dealer resmi Toyota, Auto2000 tentu menjual mobil-mobil baru dengan model yang beragam, mulai dari mobil perkotaan, LCGC, MPV, SUV hingga kendaraan yang berstatus premium. Menariknya, mereka juga turut memasarkan mobil bekas dengan kualitas terbaik!

    Kendaraan seken yang dijual Auto2000 telah melalui proses inspeksi yang ketat. Bahkan, mobil-mobil tersebut punya sertifikasi yang didukung langsung Toyota Trust Certified Used Cars. Sehingga, membeli mobil bekas di sana worry free alias bebas rasa khawatir.

    Bukan cuma penjualan mobil baru dan bekas, Auto2000 juga punya program lain yang memberikan ketenangan kepada konsumen-konsumen di Indonesia. Mulai dari perbaikan hingga panggilan darurat!

    Tetap Tenang Bersama Auto2000THS Inspector Auto2000 Foto: Dok. Auto2000

    Auto2000 punya program bernama Auto2000 Home Service (THS). Program tersebut punya tujuan ‘mulia’, yakni menghargai waktu pelanggan. Sebab, pemilik mobil Toyota yang hendak servis tak perlu ke bengkel, melainkan teknisi Auto2000 yang datang ke lokasi sesuai perjanjian.

    THS sebenarnya bukan program baru, bahkan sudah ada sejak 1989 silam. Menurut catatan kami, hingga tahun lalu, sudah ada 350-an unit armada yang tersebar di penjuru Indonesia.

    Pada program THS, konsumen bisa melakukan servis berkala internal (SBI) dan eksternal (SBE). Layanan SBI ditunjukan untuk perawatan mobil baru dengan jarak 1.000 km, sementara SBE dilakukan setiap kelipatan jarak 10 ribu km selama lima kali.

    Layanan yang dikerjakan memang hanya menyangkut perbaikan-perbaikan kecil saja, seperti perawatan berkala, ganti oli, ganti aki, periksa emisi gas buang dan special service campaign. Sementara untuk perbaikan besar tetap harus datang ke bengkel.

    Menariknya, ada program THS Inspector yang merupakan bagian dari layanan THS Home Service. Auto 2000 menyediakan jasa pemeriksaan atau inspeksi mobil bekas oleh teknisi bersertifikat Toyota, disertai laporan inspeksi yang dikirim otomatis yang terdiri dari:

    Halaman utama terdapat informasi tentang profile kendaraan dan Kesimpulan hasil penilaian inspeksiHalaman selanjutnya berisi hasil dari tiap-tiap titik inspeksi yang diperiksa oleh mekanikTerdapat juga foto dari titik-titik yang mandatory (seperti bagian body kendaraan) & titik yang menjadi catatan perlu maintenance, rusak ataupun hilang.

    Menurut rilis resmi Auto2000, ada sekira 177 item pemeriksaan pada bagian eksterior, interior, mesin dan transmisi, serta mengecek keaslian dokumen penting kendaraan. Semua tuntas dikerjakan hanya waktu kurang dari 120 menit sejak mobkas dipegang teknisi THS.

    “Keandalan teknisi THS yang dapat melakukan pengecekan kondisi mobil bekas dengan efektif dan terpercaya, memberikan rasa tenang kepada calon pembeli yang juga dapat dimanfaatkan oleh pelanggan yang ingin menjual mobil bekas Toyota. Silakan booking THS Auto2000 Home Service ke Auto2000.co.id untuk memanfaatkan layanan berkualitas ini,” ungkap Yagimin selaku Chief Marketing Auto2000.

    Bisa Diandalkan di Situasi DaruratTowing mobil Toyota dari Auto2000. Foto: Doc. Astraworld.

    Auto2000 juga bisa diandalkan saat situasi-situasi darurat yang di luar perkiraan. Misalnya, ketika mobil Toyota mengalami mogok atau bermasalah di tengah jalan, kita bisa menghubungi bengkel melalui layanan Emergency Roadside Assistance (ERA).

    Pemilik kendaraan yang ingin menikmati layanan tersebut hanya tinggal menelpon ke nomor 1500-898. Auto2000 menyediakan jasa mobil gendong atau car carrier untuk membawa mobil ke bengkel resmi seandainya mengalami kerusakan berat.

    Menariknya masalah-masalah ‘sepele’ seperti kunci tertinggal dan jumper baterai juga bisa dituntaskan dengan layanan tersebut. Program tersebut, lagi-lagi, membuat konsumen tenang!

    Peduli EstetikaBody and Paint Auto2000. Foto: Doc. Auto2000

    Bukan cuma perbaikan, Auto2000 juga peduli dengan penyempurnaan. Karuan saja, mereka punya program body & paint yang membuat tampilan mobil lama terlihat seperti baru lagi!

    Konsumen Auto2000 bisa melakukan perbaikan bodi mobil, mulai dari kerusakan ringan sampai berat, seperti penyok, baret, lecet sampai dengan memoles supaya kinclong, hingga membersihkan kaca dari jamur.

    Bahkan, bagian interior juga bisa dilakukan detailing di seluruh dealer Body & Paint (BP) Auto2000, dengan total bengkel BP mencapai 25 bengkel di seluruh Indonesia.

    “Memudahkan urusan AutoFamily, Auto2000 siap memberikan pelayanan perbaikan dan perawatan body mobil Toyota AutoFamily, sehingga bisa tampil elok dan menarik. Lebih dari itu tampilan yang baik bisa membuat harga jual kembali menjadi pas dan pantas,” kata Yagimin.

    4 Pilar CSRKampung Berseri Astra. Foto: Doc. Auto2000

    Sebagai perusahaan ternama, Auto2000 juga rutin mengadakan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan empat pilar program, yakni Pilar Pendidikan, Pilar Lingkungan, Pilar Pengembangan Ekonomi Masyarakat (UMKM), dan Pilar Kesehatan.

    Salah satu program CSR yang dikerjakan Auto2000 adalah Kampung Berseri Astra (KBA) yang berfokus terhadap pengembangan kampung atau daerah terpadu yang mangusung empat pilar CSR barusan.

    Program KBA bertujuan untuk membantu pemerintah dalam memenuhi program SDGs (Sustainable Development Goals) yang dicanangkan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) dan mendukung tercapainya Astra 2030 Sustainability Aspiration

    Melalui program tersebut, Auto2000 turut serta berkontribusi bagi kemajuan lingkungan sekitar perusahaan yang sejalan dengan Catur Dharma Astra, yakni menjadi aset yang bermanfaat bagi Indonesia.

    “Auto2000 ingin selalu dapat hadir di tengah-tengah masyarakat sekitar perusahaan dengan tetap memberikan program-program pemberdayaan yang dibutuhkan oleh masyarakat melalui empat pilar yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan UMKM untuk mendorong kemapanan finansial,” kata Zuriaty selaku Human Capital & General Services Div. Head Auto2000.

    (sfn/lth)

  • Kecelakaan Beruntun di Tol Dalam Kota Cawang, Enam Sopir Sepakat Damai
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        14 Desember 2024

    Kecelakaan Beruntun di Tol Dalam Kota Cawang, Enam Sopir Sepakat Damai Megapolitan 14 Desember 2024

    Kecelakaan Beruntun di Tol Dalam Kota Cawang, Enam Sopir Sepakat Damai
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Sebanyak
    enam sopir
    yang terlibat dalam
    kecelakaan beruntun
    di
    Tol Dalam Kota Cawang
    arah Halim, Jatinegara, Jakarta Timur, pada Jumat (13/12/2024), sepakat untuk berdamai.
    Kesepakatan ini diungkapkan oleh Kanit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Timur, AKP Darwis Yunarta, saat dikonfirmasi oleh Kompas.com pada Sabtu (14/12/2024).
    “Para pihak sepakat kekeluargaan,” kata Darwis.
    Kesepakatan
    perdamaian
    tersebut dituangkan dalam sebuah surat yang telah ditandatangani oleh masing-masing pihak.
    “Mereka enggak mempermasalahkan (pengendara) L300,” kata Darwis.
    Kecelakaan beruntun
    terjadi di ruas Jalan Tol Dalam Kota Cawang arah Kuningan, KM 00+500, pada pukul 08.30 WIB.
    Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), enam kendaraan terlibat dalam insiden ini, termasuk bus Hino Mayasari Bakti, mobil boks Hino, mobil Toyota Vellfire, mobil Toyota Kijang Innova, dan mobil Honda Mobilio.
    “Ada satu lagi, kendaraan L300 yang pengemudinya tidak diketahui atau kabur,” ungkap Darwis.
    Akibat kecelakaan ini, setidaknya tiga korban mengalami luka dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) UKI, Jakarta Timur.
    “Pengemudi kendaraan mobil boks Hino, Dedek Aryanto (42), mengalami luka kaki kanan patah, tangan kanan lecet, dan pipi kanan lecet,” jelas Darwis.
    Diduga, mobil L300 menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan beruntun ini.
    Pengemudi mobil L300 yang identitasnya belum diketahui tiba-tiba memotong lajur, sehingga menyebabkan pengemudi Honda Mobilio mengerem mendadak.
    “Kendaraan Mobilio mengarah dari barat ke timur. Setiba di lokasi, (lajur) dipotong kendaraan L300 yang belum diketahui identitasnya,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Ojo Ruslani, saat dikonfirmasi pada hari yang sama.
    Lebih lanjut, Hyundai Ioniq 5 yang berada di jalur contraflow ditabrak oleh Toyota Alphard yang sedang menuju Halim.
    “Sopir Mobilio mendadak kaget, lalu terjadilah tabrakan beruntun,” tambah dia.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.