brand merek: Toyota

  • Osamu Suzuki Meninggal di Usia 94 Tahun

    Osamu Suzuki Meninggal di Usia 94 Tahun

    Jakarta

    Mantan Pemimpin pabrikan otomotif asal Jepang, Osamu Suzuki meninggal dunia di usia 94 tahun. Osamu tutup usia karena penyakit limfoma atau kanker kelenjar getah bening yang dideritannya.

    Mengutip CNBC, Jumat (27/12/2024), Osamu meninggal bertepatan dengan Natal. Osamu sempat memimpin perusahaan otomotif itu lebih dari 28 tahun hingga Suzuki Motor menjadi raksasa otomotif global.

    Terlahir dengan nama Osamu Matsuda, Osamu menikah dengan Shoko Suzuki, cucu dari pendiri Suzuki Motor Corporation, Michio Suzuki. Mantan bankir itu bergabung dengan perusahaan pada 1958 dan naik jabatan hingga menjadi pemimpin perusahaan tersebut selama dua dekade kemudian.

    Pada 1970-an, ia menyelamatkan perusahaan dari ambang kehancuran dengan meyakinkan Toyota Motor untuk memasok mesin yang ramah lingkungan di mana Suzuki Motor belum mengembangkannya.

    Kesuksesan selanjutnya diraih dengan peluncuran mobil mini Alto pada 1979 yang menjadi populer pada masanya. Peluncuran mobil tersebut dapat meningkatkan daya tawar produsen mobil tersebut.

    Osamu kemudian mengambil keputusan besar dan berisiko dengan menginvestasikan pendapatan perusahaan selama setahun untuk membangun produsen mobil nasional di India. Langkah ini didorong oleh keinginannya yang kuat bahwa suatu saat nanti akan dikenang menjadi produsen mobil nomor satu.

    Saat itu, India merupakan negara terbelakang di bidang otomotif dengan penjualan mobil tahunan di bawah 40.000 unit. Pemerintah baru saja menasionalisasi Maruti, yang didirikan pada 1971 sebagai proyek kesayangan Sanjay Gandhi, putra Perdana Menteri saat itu Indira Gandhi, untuk memproduksi mobil rakyat yang terjangkau dan dibuat di India.

    Maruti membutuhkan mitra asing. Sayangnya, kolaborasi awal dengan produsen mobil, Renault tidak memenuhi kesepakatan lantaran mobil sedan yang diproduksi Renault terlalu mahal dan boros bahan bakar. Tim Maruti mencoba mencari langkah lain dengan produsen mobil lainnya. Namun, hal tersebut ditolak oleh produsen mobil, termasuk Suzuki Motor.

    Kemitraan kedua perusahaan tersebut dapat terwujud setelah seorang Direktur Suzuki Motor di India melihat artikel surat kabar tentang potensi kesepakatan Maruti dengan pesaing mobil kecil Jepang, Daihatsu.

    Ia menelepon kantor pusat untuk mengetahui bahwa tim Maruti telah ditolak. Osamu kemudian menelepon pihak Maruti dengan tergesa-gesa mengundang tim tersebut kembali ke Jepang dan meminta kesempatan kedua. Kemudian surat pernyataan minat ditandatangani dalam beberapa bulan.

    Mobil pertama, hatchback Maruti 800 yang dibuat berdasarkan Alto, diluncurkan pada tahun 1983 meledak di pasaran. Hari ini, Maruti Suzuki, yang merupakan anak cabang usaha dari Suzuki Motor, masih menguasai sekitar 40% pasar mobil India.

    (ara/ara)

  • Awas Velg dan Ban Jadi Incaran Pencuri saat LIburan, Ini Cara Mencegahnya

    Awas Velg dan Ban Jadi Incaran Pencuri saat LIburan, Ini Cara Mencegahnya

    Jakarta

    Di musim liburan seperti saat ini, pemilik kendaraan jangan sampai lengah. Jangan sampai kamu jadi korban pencurian velg dan ban saat sedang berhenti untuk beristirahat di rest area.

    Soalnya, beberapa kali terjadi kasus pencurian velg dan ban saat mobil diparkir. Pada beberapa kasus, pencuri melakukan aksinya dengan mendongkrak mobil untuk mengambil ban beserta velg yang terpasang. Mobil yang terlepas bannya itu kemudian diganjal batu.

    Untuk menghindari aksi pencurian velg dan ban itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pemilik mobil, seperti dikutip dari situs resmi Toyota.

    Pertama, kamu bisa mengganti kepala nut yang tidak lazim bentuknya, semisal bentuk kembang atau kotak dalam. Adapun harga untuk kepala nut tersebut beragam. Namun, rata-rata penjual membanderolnya mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 100.000.

    Bila ingin lebih aman, bisa juga gunakan nut yang terkunci. Model ini juga biasa digunakan untuk ban cadangan yang digantung di belakang mobil. Hanya, ketika digunakan ada sedikit bunyi dan vibrasi.

    Satu hal penting, untuk yang alarm mobilnya ada sensor getaran dan dimatikan, coba aktifkan lagi alarm guncangannya. Jadi, ketika mobil tergoncang, sirene alarm akan berbunyi. Risikonya memang alarm mobil jadi mudah berbunyi, tapi jadi lebih aman.

    Perhatikan juga tempat parkir mobilnya. Jangan ditempatkan di wilayah yang sepi agar pas alarm berbunyi, orang di sekitar langsung memperhatikan. Dianjurkan agar memarkirkan kendaraan di tempat yang aman dan terlihat ramai orang.

    Pastikan ada petugas keamanan yang terlihat berjaga-jaga di tempat kita memarkirkan kendaraan. Kalau perlu, cari area parkir yang terang serta dilengkapi dengan pengawasan CCTV.

    Erreza Hardian, Road Safety Commission Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang juga sebagai Wakil Bidang Pendidikan & Pelatihan Perkumpulan Keamanan dan Keselamatan Indonesia (KAMSELINDO), juga memberikan beberapa tips aman untuk beristirahat di rest area.

    “Tentang pembobolan di rest area, antisipasi dengan bergantian menjaga atau taruh barang-barang di bagasi yang tidak terlihat, atau sekalian bawa turun,” kata Reza kepada detikOto, Jumat (27/12/2024).

    Perlu dicatat, rest area di jalan tol adalah tempat untuk istirahat sejenak seperti untuk salat, makan dan minum dengan durasi maksimal 60 menit.

    “Dengan selang waktu seperti dibahas di atas tentunya yang berniat jahat tidak punya waktu panjang untuk melakukan aksinya. Petugas di rest area hanya mengatur, tetapi tidak menjamin tidak adanya tingkat kejahatan. Banyak diindikasikan penjahat ini juga merupakan pengguna jalan tol dan pemakai rest area dan bukan malah penduduk di sekitaran rest area, mereka cenderung akan menjaga wilayahnya,” ujar Reza.

    (rgr/din)

  • Waspadai Pembobolan Mobil di Rest Area, Lakukan Ini Saat Istirahat

    Waspadai Pembobolan Mobil di Rest Area, Lakukan Ini Saat Istirahat

    Jakarta

    Saat musim liburan seperti saat ini, rest area biasanya akan penuh, apalagi saat saat puncak-puncaknya lalu lintas di tol. Jangan sampai ketika istirahat kamu jadi korban pembobolan mobil.

    Beberapa kali terjadi kasus pembobolan mobil di rest area saat pemilik kendaraan tengah beristirahat. Alhasil, barang berharga yang ada di dalam mobil raib.

    Erreza Hardian, Road Safety Commission Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang juga sebagai Wakil Bidang Pendidikan & Pelatihan Perkumpulan Keamanan dan Keselamatan Indonesia (KAMSELINDO), memberikan beberapa tips aman untuk beristirahat di rest area.

    “Tentang pembobolan di rest area, antisipasi dengan bergantian menjaga atau taruh barang-barang di bagasi yang tidak terlihat, atau sekalian bawa turun,” kata Reza kepada detikOto, Jumat (27/12/2024).

    Perlu dicatat, rest area di jalan tol adalah tempat untuk istirahat sejenak seperti untuk salat, makan dan minum dengan durasi maksimal 60 menit.

    “Dengan selang waktu seperti dibahas di atas tentunya yang berniat jahat tidak punya waktu panjang untuk melakukan aksinya. Petugas di rest area hanya mengatur, tetapi tidak menjamin tidak adanya tingkat kejahatan. Banyak diindikasikan penjahat ini juga merupakan pengguna jalan tol dan pemakai rest area dan bukan malah penduduk di sekitaran rest area, mereka cenderung akan menjaga wilayahnya,” ujar Reza.

    Reza menekankan, sebaiknya rest area tidak dijadikan untuk menginap atau tidur lama. Kalau mau tidur dan menginap, di luar power nap atau tidur singkat, sebaiknya cari rest area yang memang ada hotelnya.

    “Atau malah keluar tol untuk mencari tempat lebih nyaman dan aman. Rest area adalah tempat untuk salat, istirahat sejenak, makan dan minum, maksimal 60 menit. Jadi ada kesempatan untuk pengguna jalan lainnya,” sebut Reza.

    Jika ingin memarkir kendaraan untuk beristirahat, pastikan kamu menghindari pembobolan mobil modus pecah kaca. Dikutip dari situs resmi Toyota, ada beberapa cara menghindari pembobolan mobil modus pecah kaca.

    Pertama, disarankan untuk tidak menutup kaca secara penuh saat parkir. Ini bertujuan untuk mengantisipasi tindak kejahatan pencurian yang tidak diinginkan. Jika parkir mobil di siang hari, kaca mobil dibuka paling tidak 1 cm sebagai jalur sirkulasi udara. Pelaku pencurian pun tidak bisa memecahkan kaca dengan pecahan busi jika kaca terbuka sedikit.

    Selanjutnya, pasang alarm mobil. Kamu bisa memasang sensor tambahan, alarm ganda, atau electrical cut untuk mobil yang belum disematkan fitur Immobilizer dalam mencegah mobil dibawa kabur juga oleh para pelaku kejahatan.

    Kemudian, pakai kaca film. Perlu diketahui, 60 persen bagian dari mobil merupakan kaca mobil. Disarankan bagi para pemilik mobil untuk memilih kaca film yang sulit terlihat dari luar, namun tidak mengganggu visibilitas dari dalam.

    Yang tak kalah penting, simpan barang di tempat aman dan tertutup di dalam mobil. Manfaatkan kompartemen tertutup seperti glove box, laci, atau bagasi, serta juga bisa manfaatkan tray penutup di bagasi bagi pemilik mobil SUV atau hatchback. Jika tidak tersedia tempat yang memadai, barang berharga bisa disimpan di kolong jok mobil, atau ditutupi dengan benda gelap agar dari luar mobil terlihat samar. Kalau perlu, seperti kata Reza, bawa barang berharga.

    Selain itu, saat parkir di tempat umum, sebaiknya mobil diparkirkan di tempat yang cukup ramai dan mudah dipantau. Sebaiknya hindari parkir di tempat yang jauh dari keramaian atau sepi, khususnya di malam hari. Hindari juga parkir di tempat yang gelap dan mengundang kerawanan sosial.

    Terakhir, pastikan mobil terkunci. Sebelum meninggalkan mobil, pastikan sudah terkunci dan tidak ada barang penting di dalamnya yang memancing orang iseng.

    (rgr/din)

  • Pria di Jatinegara Disekap Orang Tak Dikenal Mengaku Polisi, Istri Korban Diminta Bayar Rp 2 Miliar – Halaman all

    Pria di Jatinegara Disekap Orang Tak Dikenal Mengaku Polisi, Istri Korban Diminta Bayar Rp 2 Miliar – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Seorang pria berinisial AJB menjadi korban penyekapan yang terjadi di wilayah Jatinegara, Jakarta Timur.

    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan peristiwa penyekapan tepatnya terjadi di Jalan Otista Raya, Gang Taslim/11 A RT 008/010, Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (25/12/2024) pukul 18.45 WIB.

    “Para pelaku dalam lidik,” ucapnya kepada wartawan, Jumat (27/12/2024).

    Ade Ary mengatakan tiga orang saksi telah dimintai keterangan atas kejadian tersebut.

    “Berawal pelapor atau istri korban meminta suaminya untuk dijemput di rumah orang tua di Pondok Kelapa, Duren Sawit Jakarta Timur,” katanya.

    Berselang 20 menit berselang, istri korban ditelepon sopirnya inisial R bahwa suaminya telah dibawa orang tak dikenal (OTK).

    Sang istri menyebut orang tak dikenal itu mengaku sebagai anggota polisi.

    “Suami dibawa oleh orang tidak dikenal yang mengaku polisi dari rumah pelapor,” ucap dia.

    “Korban dijemput paksa 4 orang terlapor, kemudian membawa korban dengan menggunakan mobil Toyota Avanza warna putih,” sambung Ade Ary.

    Sopir pelapor sempat berusaha menolong korban, tetapi ia justru dipukul pelaku.

    Asisten rumah tangganya juga dibawa para pelaku.

    “Terlapor juga membawa RM, asisten rumah tangga pelapor dan T, tetangga pelapor,” katanya.

    Setibanya di Jalan Otista, RM diturunkan di jalan sedangkan T dibawa pelaku.

    Pelapor diminta uang tebusan dari Rp50 juta hingga Rp2 miliar agar suaminya bisa bebas.

    “Kemudian pelaku meminta uang tebusan dari Rp 50 juta hingga Rp2 miliar,” ucap Ade Ary.

    Kejadian tersebut telah dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Timur.

  • Merger Honda Nissan Dinilai Tak Memiliki Keahlian Mobil Listrik

    Merger Honda Nissan Dinilai Tak Memiliki Keahlian Mobil Listrik

    Jakarta, CNN Indonesia

    Rencana merger antara dua raksasa otomotif Jepang, Honda dan Nissan dinilai akan menemui kendala di bidang mobil listrik.

    Ambisi keduanya menjadi grup otomotif terbesar ketiga di dunia setelah Toyota dan Volkswagen, bergantung pada kemampuan menghasilkan mobil listrik tidak akan bisa melebihi perusahaan otomotif asal China, seperti BYD.

    CEO Honda Toshihiro Mibe dalam konferensi pers, Senin (23/12) menyebutkan kedua perusahaan tersebut harus memiliki kemampuan untuk menghadapi pesaing dari China. Jika tidak usaha keduanya akan sia-sia.

    Para pengamat memiliki pandangan Honda dan Nissan punya kendala karena lini model mobil kedua perusahaan tidak terlalu kuat di segmen mobil listrik.

    Meskipun Nissan termasuk salah satu pelopor mobil listrik, dengan meluncurkan Leaf EV pada 2017. Namun, terdapat kesalahan pada buku petunjuk pengemudi di Leaf EV generasi kedua yang cukup fatal sehingga menyebabkan penarikan sebanyak 64.700 unit model tersebut.

    Kendala serupa juga dialami mobil listrik Nissan lainnya, yaitu Ariya, yang sempat digadang-gadang menjadi pesaing Tesla Model Y, tetapi justru terhambat oleh masalah produksi.

    Sementara itu, Honda, lebih fokus pada mobil hybrid dengan memperkenalkan seri e:HEV yang permintaannya terus melonjak di Amerika Serikat.

    “Kedua perusahaan tidak memiliki penawaran EV yang menarik, dan entitas gabungan masih akan menghadapi tantangan dalam pengembangan model EV baru dan proses riset dan pengembangan di bidang teknologi,” ujar Analis Senior di Morningstar Vincent Sun.

    Platform kendaraan yang terstandarisasi akan menghasilkan sinergi biaya, namun juga membutuhkan waktu untuk dikembangkan. Bahkan menurut Sun, waktu yang dibutuhkan akan lebih lama dari yang diperkirakan.

    Honda dan Nissan kehilangan pasar mobil listrik di China

    Peralihan ke mobil listrik, khususnya di China, membuat konsumen terfokus pada fitur berbasis perangkat lunak dan digital di dalam mobil. Hal inilah yang berusaha ditawarkan oleh produsen otomotif domestik melalui produk mobil listrik dan hybrid, sehingga penjualannya sangat masif, bahkan melampaui produsen mobil lama.

    Di saat yang sama, Honda dan Nissan telah kehilangan pangsa pasar di China, yang merupakan pasar mobil terbesar di dunia. Honda melaporkan penurunan laba kuartalan sebesar 15 persen pada bulan lalu yang diikuti pengurangan jumlah tenaga kerja di China.

    Sedangkan Nissan, telah mengumumkan rencana pemangkasan 9.000 pekerja di seluruh dunia dan mengurangi kapasitas produksi sebesar 20 persen karena penjualan yang menurun di China dan Amerika Serikat. Mengembalikan operasi keduanya di China tentu memerlukan risiko eksekusi yang signifikan.

    (rac/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • 1
                    
                        Profil dan Harta Kekayaan 3 Kasubdit Narkoba Polda Metro yang Dicopot Imbas Pemerasan Penonton DWP
                        Megapolitan

    1 Profil dan Harta Kekayaan 3 Kasubdit Narkoba Polda Metro yang Dicopot Imbas Pemerasan Penonton DWP Megapolitan

    Profil dan Harta Kekayaan 3 Kasubdit Narkoba Polda Metro yang Dicopot Imbas Pemerasan Penonton DWP
    Editor
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Tiga Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya dicopot dari jabatannya oleh Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal (Irjen) Karyoto imbas kasus pemerasan terhadap penonton Djakarta Warehouse Project (DWP) 2024.
    Ketiga Kasubdit Ditresnarkoba tersebut adalah AKBP Bariu Bawana, AKBP Wahyu Hidayat, dan AKBP Malvino Edward Yusticia.
    Selain jabatannya dicopot, ketiga polisi berpangkat perwira menengah itu juga dimutasi ke bagian Pelayanan Markas (Yanma) bersama dengan 31 anggota Polda Metro Jaya lainnya yang turut terlibat dalam pemerasan.
    Mutasi ini terungkap melalui surat telegram (TR) bernomor ST/429/XII/KEP.2024 yang ditandatangani oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Metro Jaya Kombes Pol Muh. Dwita Kumu Wardana.
    1. Profil dan harta kekayaan AKBP Bariu Bawana
    AKBP Bariu Bawana adalah anggota lulusan Sekolah Tinggi Hukum Bandung. Ia menjabat sebagai Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya sejak Januari 2024.
    Selama menjabat sebagai Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Bariu pernah menggagalkan peredaran narkoba jenis ganja seberat 12 kilogram di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Juli 2024. Saat itu, ia bersama timnya berhasil menangkap kurir narkoba berinisial W (23).
    Sebelum menjabat di Polda Metro Jaya, Bariu pernah bertugas sebagai Kasat Lantas Polres Subang ketika masih berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP). Setelah itu, ia pindah ke Karawang dengan jabatan yang sama.
    Bariu pernah menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Subang saat masih berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP). Dari Subang, ia berpindah ke Karawang dengan jabatan yang sama.
    Berdasarkan informasi dari situs
    elhkpn.kpk.go.id
    , tidak ditemukan laporan harta kekayaan milik Bariu.
    Penelusuran
    Kompas.com
    , Bariu tidak pernah melaporkan harta kekayaannya lagi sejak masih menjabat Kasat Lantas Polres Subang. Terakhir ia melaporkan harta kekayaannya pada 2014, tetapi totalnya tidak tercantum.
    2. AKBP Wahyu Hidayat
    AKBP Wahyu Hidayat menjabat sebagai Kasubdit 2 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya. Sebelumnya, ia merupakan Pamen di Polda Metro Jaya.
    Terkait harta kekayaannya Wahyu Hidayat, ini belum bisa dipastikan. Berdasarkan penelusuran
    Kompas.com
    di situs
    elhkpn.kpk.go.id
    , ada empat nama Wahyu Hidayat yang bertugas di Polda Metro Jaya.
    Oleh sebab itu, belum bisa diketahui total harta kekayaan yang dimiliki AKBP Wahyu Hidayat.
    3. AKBP Malvino Edward Yusticia
    AKBP Malvino Edward Yusticia merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2006 yang lahir di Medan, Sumatera Utara, pada 9 Agustus 1985.
    Ia pernah menempuh pendidikan di Sespimen Polri di Lembang, Bandung, Jawa Barat.
    Ia juga pernah menjalani pendidikan tentang evolusi terorisme di Selandia Baru pada 2016.
    Setelah belajar di Selandia Baru, Malvino dipercaya mengisi jabatan sebagai Panit Reskrim Polda Metro Jaya.
    Saat itu, ia turut menangani kasus perampokan dan pembunuhan satu keluarga di Pulomas, Jakarta Timur, pada 2016 lalu.
    Prestasi Malvino selanjutnya adalah berhasil membongkar peredaran sabu-sabu jaringan Taiwan di Anyer, Banten, Juli 2017.
    Malvino memiliki total harta kekayaan sebanyak Rp 716.500.000 yang terdiri dari mobil Toyota Alphard tahun 2015 (Rp 315.000.000), mobil Toyota Innova tahun 2017 (Rp 298.000.000), dan motor Honda Vario tahun 2017 (Rp 8.500.000).
    Selain itu, total harta kekayaan Malvino juga meliputi harta bergerak lainnya sebesar Rp 13.500.000 dan kas sebesar Rp 81.500.000.
    Diberitakan sebelumnya, sebanyak 18 anggota polisi menjalani pemeriksaan oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri terkait kasus dugaan pemerasan terhadap 45 warga negara asing (WNA) asal Malaysia.
    Pemalakan itu terjadi saat WNA asal Malaysia tersebut tengah menyaksikan Djakarta Warehouse Project (DWP) yang berlangsung di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, mulai 13 hingga 15 Desember 2024.Ke-18 anggota polisi dengan berbagai macam pangkat itu berasal dari Polsek Kemayoran, Polres Metro Jakarta Pusat, hingga Polda Metro Jaya.
    Berdasarkan hasil penyelidikan kepolisian, jumlah barang bukti yang sudah dikumpulkan dari hasil pemerasan itu senilai Rp 2,5 miliar.
    Kini, 18 anggota polisi tersebut telah menjalani penempatan khusus (patsus) dan akan menghadapi sidang kode etik pada pekan depan.
    Selepas pengumuman penanganan perkara oleh Div Propam Polri, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mengeluarkan surat telegram dengan nomor ST/429/XII/KEP./2024.
    Surat telegram tersebut ditandatangani oleh Karo SDM Polda Metro Jaya Kombes Pol Dwita Kumu Wardana.Sebanyak 34 anggota dari Polsek Kemayoran, Polres Metro Jakarta Pusat, dan Polda Metro Jaya dimutasi ke Pelayanan Marksa (Yanma) Polri.
    Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi berujar, 34 anggota yang dimutasi dalam rangka pemeriksaan kasus dugaan
    pemerasan penonton DWP
    asal Malaysia.
    “Dalam rangka pemeriksaan (kasus pemerasan penonton DWP),” ujar Ade Ary saat dikonfirmasi, Kamis (26/12/2024).
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Review Mitsubishi All New Triton Ultimate, Mobilnya Para Bos Tambang

    Review Mitsubishi All New Triton Ultimate, Mobilnya Para Bos Tambang

    Jakarta

    Mitsubishi All New Triton Ultimate hadir dengan berbagai pembaruan yang menjadikannya pilihan menarik di segmen pickup double cabin. Dengan harga Rp 527 juta untuk varian Ultimate Double Cabin 4×4 AT, mobil ini bersaing ketat dengan Toyota Hilux tipe tertinggi yang dibanderol sekitar Rp 530 jutaan. Harga tersebut tergolong kompetitif mengingat banyaknya keunggulan yang ditawarkan.

    All New Triton Ultimate dirancang untuk menghadapi medan berat sekaligus nyaman digunakan di jalan raya. Tim detikOto telah menguji mobil ini di medan offroad dan hasilnya cukup impresif. Suspensi yang telah direvisi dan sasis baru memberikan kenyamanan lebih dibandingkan versi sebelumnya. Selain itu, pengendalian di jalan raya tetap halus dan stabil, membuat mobil ini cocok untuk berbagai kebutuhan. Hmm, kira-kira apa saja kelebihan apalagi ya yang ditawarkan mobilnya para bos tambang yang satu ini ya?

    Spesifikasi dan Konsumsi Bahan Bakar

    Menggunakan mesin 4N16 2.442 Diesel Common Rail Turbo, mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 181,4 HP pada 3.500 RPM dan torsi maksimum 430 Nm pada 2.250 RPM.

    Mesin ini lebih efisien dan optimal dibandingkan generasi sebelumnya. Konsumsi bahan bakar di rute dalam kota mencapai 12,8 km/liter, sementara di tol mencapai 17,1 km/liter. Dengan kapasitas tangki penuh, estimasi jarak yang bisa ditempuh hingga 773 km. Hal tersebut tentu memudahkan pengendara yang sering bekerja di pedalaman.

    Sebagai kendaraan niaga, All New Triton Ultimate memiliki dimensi yang cukup besar, yaitu 5.265 x 1.865 x 1.795 mm dengan wheelbase 3.130 mm dan ground clearance 222 mm. Mobil ini tentu memiliki dimensi bagasi yang luas yakni 1.465 x 1.545 mm. Hal tersebut menjadikannya pilihan ideal untuk mengangkut barang.

    Fitur Berkendara Modern

    Mitsubishi melengkapi All New Triton Ultimate dengan berbagai mode berkendara, seperti Normal dan Eco. Untuk medan khusus, terdapat mode terrain yang mencakup Normal, Gravel, Snow, Mud, Sand, dan Rock. Terdapat juga teknologi super select yang memungkinkan pengemudi memilih penggerak seperti 2H, 4H, 4HLc, dan 4LLc untuk menghadapi berbagai jenis permukaan.

    Tidak hanya itu, fitur rear differential lock membantu melewati rintangan sulit. Kendati dirancang untuk medan berat, Mitsubishi tetap mempertimbangkan kenyamanan di jalan aspal dengan menyematkan fitur ADAS, termasuk forward collision mitigation, rear cross traffic alert, lane change assist, dan blind spot warning. Sistem keselamatan lainnya seperti Tire Pressure Monitoring System (TPMS), tujuh airbag, ABS, EBD, dan brake assist juga hadir untuk melindungi pengendara.

    Mitsubishi All New Triton Ultimate 4×4 Foto: Muhammad Hafizh GemilangInterior dan Hiburan

    Di bagian interior, All New Triton Ultimate menawarkan kenyamanan maksimal. Ruang kabin lega dengan material berkualitas memberikan kesan mewah. Sistem hiburan dilengkapi dengan head unit serupa XFORCE yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Fitur modern lain termasuk wireless charger, port USB Type C dan Type A, serta ruang penyimpanan yang melimpah.

    Kelebihan dan Kekurangan

    Mitsubishi All New Triton Ultimate menawarkan berbagai kelebihan. Kabin yang nyaman dengan fitur canggih seperti mode berkendara dan teknologi rear differential lock membuat mobil ini semakin andal untuk berbagai medan. Selain itu, performa mesinnya yang lebih bertenaga dan efisien memberikan daya tarik lebih. Dengan harga yang kompetitif, Triton Ultimate menjadi pilihan yang lebih menarik dibandingkan generasi sebelumnya.

    Namun, tetap terdapat beberapa kekurangan. Visibilitas ke belakang yang terbatas tanpa kamera 360 serta ketiadaan fitur auto door lock dan paddle shift tentu menjadi kekurangan mobil ini. Sistem kunci pintu bak yang masih manual juga menjadi tantangan tersendiri bagi pengguna. Selain itu, mesin diesel mobil ini memerlukan solar berkualitas tinggi untuk menjaga performa tetap optimal.

    (lth/rgr)

  • H. Ngesti Nugraha, S.H., M.H. – Halaman all

    H. Ngesti Nugraha, S.H., M.H. – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – H. Ngesti Nugraha, S.H., M.H. merupakan Bupati Semarang terpilih tahun 2024.

    Ngesti Nugraha yang berpasangan dengan Nur Arifah meraih suara terbanyak pada Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024.

    Pasangan yang diusung oleh koalisi besar ini berhasil meraih 444.335 suara, sementara lawannya, Nurul Huda-Yarmuji, hanya mengumpulkan 109.412 suara.

    Ngesti Nugraha sendiri dikenal sebagai birokrat dan politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP.

    Berikut profil Ngesti Nugraha.

    Kehidupan Pribadi

    Dilansir dari situs Wikipedia, Ngesti Nugraha lahir di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah pada 22 November 1970.

    Saat ini, ia telah berusia 54 tahun.

    Ngesti Nugraha telah memiliki istri yang bernama Peni Yulianingsih dan telah dikaruniai satu buah hati.

    Pendidikan

    Ngesti Nugraha diketahui pernah mengenyam pendidikan di SD Negeri Getasan II dan lulus pada 1983.

    Kemudian, ia melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Getasan hingga lulus pada 1986.

    Ngesti Nugraha lalu bersekolah di SMA Theresiana Salatiga, dan lulus pada 1989.

    Setelah lulus SMA, ia melanjutkan studi di Universitas Slamet Riyadi Surakarta dan mendapat gelar Sarjana Hukum pada 2009.

    Tak sampai disitu, ia kembali mengambil studi S2 hingga mendapat gelar Magister Hukum di Universitas Diponegoro Semarang pada 2019.

    Karier

    Bupati Semarang, Ngesti Nugraha. (Kolase Tribunnews (Tribun Jateng-Situs Pemprov Jateng))

    Ngesti Nugraha mengawali karier di dunia politik ketika ia menjadi ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) PDIP Kecamatan Getasan pada 2002 hingga 2007.

    Ia pun kembali terpilih sebagai ketua PAC PDIP untuk periode 2007 hingga 2012.

    Kemudian, ia pun ditunjuk menjadi Dewan Pemimpin Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Semarang selama dua periode, yakni 2015 hingga 2019 dan 2020 hingga 2024.

    Ia pun tercatat juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Semarang selama tiga periode, yakni pada 2004-2009, 2009-2014, dan 2014-2019)

    Sebelum terpilih menjadi Bupati Semarang, Ngesti Nugraha pernah maju sebagai Wakil Bupati Semarang berpasangan dengan dr. H. Mundjirin.

    Ia pun terpilih dan resmi menjabat sebagai Wakil Bupati Semarang pada 2015 hingga 2020.

    Harta Kekayaan

    Mengutip dari situs e-LHKPN KPK, Ngesti Nugraha diketahui memiliki kekayaan mencapai Rp 3.687.646.656.

    Laporan harta kekayaan terbaru Ngesti Nugraha diterbitkan pada 31 Desember 2024.

    Adapun rincian kekayaan Ngesti Nugraha yakni sebagai berikut:

    A. TANAH DAN BANGUNAN Rp 1.216.250.000                          

    1. Tanah dan Bangunan Seluas 209 m2/244 m2 di KAB / KOTA SEMARANG, HIBAH TANPA AKTA Rp 806.250.000                            

    2. Tanah Seluas 85 m2 di KAB / KOTA SEMARANG, HASIL SENDIRI Rp 325.000.000

    3. Tanah Seluas 167 m2 di KAB / KOTA SEMARANG, HASIL SENDIRI Rp 85.000.000.

    B. ALAT TRANSPORTASI DAN MESIN Rp 532.925.000                        

    1. MOTOR, HONDA SEPEDA MOTOR Tahun 2010, HASIL SENDIRI Rp 7.000.000    

    2. MOBIL, TOYOTA KIJANG INNOVA MINIBUS Tahun 2013, HASIL SENDIRI Rp 235.000.000                             

    3. MOTOR, HONDA SEPEDA MOTOR Tahun 2014, HASIL SENDIRI Rp 15.925.000

    4. MOTOR, KAWASAKI KLX Tahun 2016, HASIL SENDIRI Rp 15.000.000                             

    5. MOBIL, MITSUBISHI XPANDER 1.5L SPORT-L 4X2 A/T Tahun 2021, HASIL SENDIRI Rp 260.000.000.

    C. HARTA BERGERAK LAINNYA Rp 31.890.000                                   

    D. SURAT BERHARGA Rp 0                                  

    E. KAS DAN SETARA KAS Rp 786.095.739                                  

    F. HARTA LAINNYA Rp 1.641.000.000.

    Ngesti Nugraha tercatat memiliki hutang sebesar Rp 520.514.083, sehingga total kekayaan yang dimiliki saat ini mencapai Rp 3.687.646.656.

    (Tribunnews.com/David Adi)

  • Angkot Toyota Hilux Rangga Siap Ditawarkan ke Operator

    Angkot Toyota Hilux Rangga Siap Ditawarkan ke Operator

    Daftar Isi

    Toyota Hilux Rangga 4×4

    Spesifikasi Toyota Hilux Rangga

    Surabaya, CNN Indonesia

    Toyota Hilux Rangga akan mewarnai jalanan Ibu Kota Jakarta dengan wujud angkutan umum Mikrotrans Transjakarta. Uji coba dilakukan sejak November 2024.

    Untuk karoserinya, PT Toyota-Astra Motor (TAM) sudah menggandeng lebih dari 80 karoseri lokal yang merupakan bagian dari ekosistem Hilux Rangga.

    Di antaranya PT Panca Tunggal Bersatu yang telah mengonversi Hilux Rangga sebagai kendaraan shuttle atau transportasi angkutan perkotaan jenis mikrotrans.

    “Ya Transjakarta lagi trial dan mudah-mudahan setelah trial 1-2 bulan, kalau emang sudah oke itu sudah bisa ditawarkan kepada operator ya,” kata Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy di Surabaya, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

    Menurut Anton, pihaknya meyakini uji coba berjalan lancar sesuai kebutuhan penggunaannya.

    Hasil konversi mikrotrans Hilux Rangga menjadi transportasi umum tampil dengan warna putih dan biru. Pada pintu depan ada tulisan Transjakarta. Kabin mikrotrans Hilux Rangga didesain untuk penumpang berkapasitas 10+1.

    Sejak diluncurkan sudah ada 2.700 unit Hilux Rangga terjual dan masih ada 1.500 unit yang masih dalam proses pengiriman ke konsumen.

    Anton menjelaskan bahwa penjualan pikap Hilux Rangga mesin diesel mendominasi dengan kontribusi 57 persen dan bensin 43 persen. Sementara itu Hilux Rangga transmisi matik, kontribusinya sekitar 20 persen.

    Toyota Hilux Rangga 4×4

    Toyota Hilux Rangga yang dijual di Indonesia dengan banderol mulai Rp188 jutaan tidak tersedia pilihan penggerak roda 4×4.

    Sejauh ini TAM belum berencana menyediakan Hilux Rangga 4×4 karena segmen pikap 4×4 sudah diisi Toyota Hilux yang posisinya di atas Hilux Rangga meski kedunya menggunakan casis yang sama.

    “4×4 kan tipe ini kan belum ada. Jadi baru ada 4×2. Belum ada diskusi, karena 4×4 kita sudah ada Hilux,” ucap Anton.

    Spesifikasi Toyota Hilux Rangga

    Mesin diesel

    – 2GD-FTV 2.393 cc 4 silinder (EURO4)

    – VNT Turbocharger Common-rail

    – Tenaga 149 PS / 3.400 rpm

    – 343 Nm / 1.400-2.800 rpm (5-speed M/T)

    – 400 Nm / 1.600-2.000 rpm (6-speed A/T)

    Mesin bensin

    – 1TR-FE 1.998 cc 4 silinder (EURO4)

    – Dual VVT-i

    – Tenaga 139 PS / 5.600 rpm

    – Torsi 183 Nm / 4.000 rpm ( 5-speed M/T)

    (tim/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Kekayaan AKP Fauzan, Kanit Reskrim Polsek Kemayoran yang Dimutasi Buntut Kasus DWP 2024 – Halaman all

    Kekayaan AKP Fauzan, Kanit Reskrim Polsek Kemayoran yang Dimutasi Buntut Kasus DWP 2024 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Kanit Reskrim Polsek Kemayoran AKP Fauzan dimutasi sebagai Pama Yanma Polda Metro Jaya.

    Mutasi itu tercantum dalam surat telegram Polda Metro Jaya bernomor ST/429/XII/KEP 2024 bertanggal 25 Desember 2025.

    “AKP FAUZAN, SH NRP 74060425 KANITRESKRIM POLSEK KEMAYORAN POLRES METRO JAKPUS POLDA JAYA DIANGKAT DLM JBTN BARU SBG PAMA YANMA POLDA METRO JAYA (DLM RANGKA RIKSA) TTK,” demikan bunyi kutipan telegram itu.

    Fauzan akan diperiksa dalam kasus dugaan pemerasan terhadap warga negara Malaysia yang menjadi penonton acara Djakarta Warehouse Project (DWP) 2024. 

    Tidak hanya Fauzan, 33 polisi Polda Metro Jaya juga dimutasi akibat kasus itu.

    Lalu, berapa harta kekayaan Fauzan?

    Dikutip dari LHKPN 2023, Fauzan memiliki total kekayaan Rp544.500.000. Sebagian besar kekayaan itu berupa tanah dan bangunan senilai Rp410.000.000.

    Kemudian, dia memiliki alat transportasi senilai Rp106.000.000. Selain itu, dia memiliki harta bergerak senilai Rp14.000.000 dan kas/setara kas senilai Rp14.000.000.

    Berikut rincian kekayaannya.

    I. DATA PRIBADI

    1. Nama : FAUZAN

    2. Jabatan : KANITRESKRIM POLSEK KEMAYORAN

    3. NHK : 508439

    II. DATA HARTA

    A. TANAH DAN BANGUNAN Rp. 410.000.000

    1. Tanah dan Bangunan Seluas 61 m2/60 m2 di KAB / KOTA KOTA JAKARTA PUSAT , HASIL SENDIRI Rp. 410.000.000

    B. ALAT TRANSPORTASI DAN MESIN Rp106.500.000

    1. MOBIL, TOYOTA AVANZA Tahun 2014, HASIL SENDIRI Rp100.000.000

    2. MOTOR, HONDA SPD. MOTOR Tahun 2014, HASIL SENDIRI Rp6.500.000

    C. HARTA BERGERAK LAINNYA Rp14.000.000

    D. SURAT BERHARGA Rp—-

    E. KAS DAN SETARA KAS Rp14.000.000

    F. HARTA LAINNYA Rp—-

    Sub Total Rp544.500.000

    III. HUTANG Rp—-

    IV. TOTAL HARTA KEKAYAAN (II-III) Rp544.500.000

    Daftar polisi yang dimutasi

    Berikut daftar lengkap polisi Polda Metro Jaya yang dimutasi buntuk kasus DWP 2024.

    1. AKBP Bariu Bawana Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi sebagai Pamen Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    2. AKBP Wahyu Hidayat Kasubdit 2 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi sebagai Pamen Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    3. AKBP Malvino Edward Yusticia Kasubdit 3 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi sebagai Pamen Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    4. Kompol Jamalinus Laba Pandapotan Nababan Ps Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat dimutasi sebagai Pamen Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    5. Kompol Palti Raja Sinaga Kanit 2 Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi sebagai Pamen Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    6. AKP Edy Suprayitno Kanit 3 Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi sebagai Pama Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    7. Kompol David Richardo Hutasoit Kanit 3 Subdit 2 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi sebagai Pamen Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa) 

    8. AKP Derry Mulyadi Kanit 4 Subdit 2 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi sebagai Pama Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    9. Kompol Dzul Fadlan Kanit 5 Subdit 2 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi sebagai Pamen Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    10. Kompol Rio Mikael L. Tobing Kanit 1 Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi sebagai Pamen Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    11. Kompol Rolando Victor Asi Hutajulu Kanit 2 Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi sebagai Pamen Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    12. AKP Aryanindita Bagasatwika Mangkoesoebroto Ps Kanit 4 Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi ke Pama Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    13. AKP Abad Jaya Harefa Kanit 5 Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi ke Pama Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    14. Kompol Dimas Aditya Kapolsek Tanjung Priok dimutasi sebagai Pamen Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    15. AKP Yudhy Triananta Syaeful Panit 1 Unit 3 Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi ke Pama Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    16. IPTU Syaharuddin Panit 1 Unit 2 Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi ke Pama Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    17. IPTU Sehatma Manik Bhayangkara Administrasi Penyelia Bidang Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya Dimutasi ke Pama Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    18. IPTU Jemi Ardianto Kanit 1 Satresnarkoba Polres Metro Jakpus dimutasi ke Pama Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    19. AKP Rio Hangwidya Kartika Kanit 2 Satresnarkoba Polres Metro Jakpus dimutasi ke Pama Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    20. IPTU Agung Setiawan Kanit 3 Satresnarkoba Polres Metro Jakpus dimutasi ke Pama Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    21. AKP Fauzan Kanit Reskrim Polsek Kemayoran dimutasi ke Pama Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    22. IPDA Win Stone Panit 1 Unit Binmas Polsek Kemayoran dimutasi sebagai Pama Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    23. AIPTU Armadi Juli Marasi Gultom Bintara Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi sebagai Bintara Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    24. Brigadir Fahrudun Rizki Sucipto Bintara Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi sebagai Bintara Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    25. Brigadir Dwi Wicaksono Bintara Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi ke Bintara Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    26. Bripka Wahyu Tri Haryanto Bintara Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi ke Bintara Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    27. Bripka Ready Pratama Bintara Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi ke Bintara Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    28. Briptu Dodi Bintara Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dimutasi ke Bintara Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    29. Brigadir Hendy Kurniawan Bintara Satresnarkoba Polres Metro Jakpus dimutasi ke Bintara Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    30. Aipda Lutfi Hidayat Bintara Satresnarkoba Polres Metro Jakpus dimutasi ke Bintara Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    31. Aipda Hadi Jhontua Simarmata Bintara Satresnarkoba Polres Metro Jakpus dimutasi ke Bintara Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    32. Bripka Ricky Sihite Ps Kasi Humas Polsek Kemayoran dimutasi ke Bintara Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangk riksa)

    33. Brigadir Andri Halim Nugroho Bintara Polsek Kemayoran dimutasi ke Bintara Yanma Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa)

    34. Briptu Muhamad Padli Bintara Polsek Kemayoran dimutasi ke Bintara Polda Metro Jaya (dalam rangka riksa).

    (Tribunnews/Febri/Reynas Abdilla)