brand merek: Toyota

  • Intip Garasi Dirut Pertamina Riva Siahaan, Ada Mobil Mewah Rp1,55 Miliar

    Intip Garasi Dirut Pertamina Riva Siahaan, Ada Mobil Mewah Rp1,55 Miliar

    FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Kekayaan Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan kadi sorotan. Setelah ditetapkan tersangka dugaan korupsi oplosan Bahan Bakar Minyak (BBM).

    Di tengah gajinya yang tak sedikit. Ia malah melakukan korupsi dengan kerugian negara yang super jumbo.

    Riva memiliki kekayaan Rp18,9 miliar berdasarkan LHKPN. Harta itu terakhir dilaporkannya pada 31 Maret 2024 untuk periode 2023.

    Harta Riva mencakup properti senilai Rp7,7 miliar serta kendaraan mewah Rp2,9 miliar.

    Riva tercatat memiliki harta berupa tanah dan bangunan sebanyak tiga bidang yang tersebar di Tangerang Selatan. Total aset tidak bergerak milik Riva itu senilai Rp 7.750.000.000.
     
    Riva memiliki sejumlah transportasi dengan harga fantastis. Di antaranya yang mencengangkan adalah, harga mobil senilai Rp1,55 miliar.

    Yaitu berupa Mobil Lexus Rx350 tahun 2023.

    Selain itu, ia juga punya Toyota Vellfire tahun 2018, motor Harley Davidson Ultra Classic tahun 2005, motor Honda Revo tahun 2011, motor Piaggio Mp3 tahun 2014. Total harta bergerak milik Riva sejumlah Rp 2.900.000.000.
     
    Riva Siahaan juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 808.000.000, surat berharga Rp 1.500.000.000, kas dan setara kas Rp 8.685.000.000.

    Total harta kekayaan Riva sebenarnya Rp 21.643.000.000 atau Rp 21,6 miliar. Namun, dia memiliki utang Rp 2.650.000.000 atau Rp 2,6 miliar, harta kekayaan bersihnya mencapai Rp 18.993.000.000 atau Rp 18,9 miliar.
    (Arya/Fajar)

  • 7 Mobil K-Cunk Motor Tulungagung Dicuri, Pelaku Ternyata Anak Teman Baiknya: Sejak Kecil Saya Rawat

    7 Mobil K-Cunk Motor Tulungagung Dicuri, Pelaku Ternyata Anak Teman Baiknya: Sejak Kecil Saya Rawat

    Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, David Yohanes

    TRIBUNJATIM.COM, TULUNGAGUNG – Polres Tulungagung menghadirkan sosok Rindo Novanda Richzidan (25) saat konferensi pers pencurian 7 unit mobil milik K-Cunk Motor Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (27/2/2025).

    Rindo adalah tersangka tunggal yang membawa kabur mobil milik Suryono Hadi Pranoto alias Mas Kacunk.

    Sebelumnya dia berstatus sebagai admin di K-Cunk Motor yang punya akses untuk mengambil BPKB kendaraan.

    Mas Kacunk mengatakan, orang tua Rindo adalah teman baiknya sejak di masa remaja.

    Kedua orang tuanya juga sangat baik saat dirinya masih bekerja di Taiwan.

    “Jadi sejak kecil dia saya momong. Dia dititipkan kedua orang tuanya untuk bekerja pada saya sejak 2 tahun lalu,” ujarnya.

    Selama ini Kacunk mengaku tidak pernah menaruh curiga kepada tersangka karena perilakunya baik.

    Dengan jabatannya sebagai admin penjualan, Rindo bebas keluar masuk kantor dan bisa ambil kunci mobil.

    Saat admin di kantor sedang sibuk, Rindo bisa mengambil BPKB kendaraan.

    “Selain admin dan anak-anak yang dikantor tidak bisa ambil (BPKB). Kalau anak-anak kantor sedang repot, suruh ambil sendiri,” tutur Kacunk.

    Kacunk menegaskan, pihaknya masih punya itikad baik tidak ingin memidanakan Rindo.

    Karena itu pihaknya membuka pintu bagi pihak keluarga jika ingin menyelesaikan masalah ini dengan kekeluargaan.

    Syaratnya, kerugian material yang dialami sebesar Rp 1,5 miliar diganti oleh keluarga tersangka.

    “Kami tidak mau memenjarakan orang. Jika mau ganti rugi tidak akan kami permasalahkan,” ucap Kacunk.

    Sebenarnya ada 8 unit mobil yang dicuri Rindo dari showroom Kacunk Motor Kecamatan Bandung, Tulungagung.

    Pada Agustus 2024 Rindo mencuri 2 unit mobil, September 2024 1 unit mobil, Desember 2024 2 mobil, Januari 2025 1 mobil dan Februari 2025 2 mobil.

    Pada pencurian terakhir, Rindo membawa Mitsubishi Xpander dan berhasil ketahuan.

    Pencurian mobil yang terakhir ini diselesaikan dengan cara kekeluargaan, pihak keluarga membayar nilai jual mobil itu.

    Namun dari proses pemeriksaan internal Kacunk Motor ditemukan 7 unit mobil lain yang juga dicuri.

    “Tiga unit kendaraan berhasil kami amankan, unitnya ada di belakang (halaman Polres),” ujar Kapolres Tulungagung, AKBP Taat Resdi saat memimpin konferensi pers.

    Unit yang berhasil diamankan adalah Honda Mobilio, Honda BRV dan Mitsubishi Xpander.

    Sementara unit yang belum ditemukan adalah Toyota Innova Reborn, Daihatsu Ayla dan 2 unit Honda BRV.

    Kapolres menambahkan, pihaknya menghormati keinginan Mas Kacunk jika menyelesaikan perkara ini dengan restorative justice (RJ).

    Namun pihaknya akan bekerja secara profesional untuk melengkapi berkas perkara ini.

    “Kami tetap akan melengkapi berkas perkara. Jika di tengah jalan ada RJ, kami akan menghormati proses itu,” ujarnya.

  • Waspada Komponen Mobil Hybrid Rusak saat Terabas Banjir, Ini Tips Amannya

    Waspada Komponen Mobil Hybrid Rusak saat Terabas Banjir, Ini Tips Amannya

    Jakarta

    Jangan asal menerabas jalanan banjir menggunakan mobil hybrid karena bisa membahayakan sejumlah komponen. Ini tips amannya.

    Sejumlah wilayah di Indonesia masih mengalami musim hujan. Beberapa jalanan pun tergenang air. Buat pengendara mobil, genangan air seringkali bikin khawatir. Salah-salah menerabas genangan air tinggi, yang ada mobil malah mogok. Untuk itu, buat pengendara jangan asal menerabas jalanan tergenang. Terlebih buat pengguna mobil hybrid, jangan menganggap remeh jalanan yang tergenang karena bisa merusak komponen.

    Mengutip laman Pressroom Toyota, Sebenarnya mobil apapun tidak direkomendasikan untuk menerjang banjir. Ketika melihat jalan di depan ada genangan air yang cukup tinggi, pertimbangkan untuk mencari jalan alternatif. Risiko water hammer dapat berakibat fatal yakni turun mesin dengan biaya sangat mahal.

    Komponen elektrifikasi mobil hybrid Toyota didesain untuk water ressist (tahan air) dan bukan water proof (kedap air). Tetap ada potensi air menemukan celah untuk masuk dan merusaknya. Kerusakan komponen lainnya kalau terendam banjir serupa dengan mobil konvensional, seperti korsleting dan kaki-kaki bermasalah.

    Cara Aman Lewati Genangan Air Pakai Mobil Hybrid

    Sebagai informasi, pada mobil hybrid, Toyota memasang motor listrik di as roda depan dan meletakkan baterai penggerak motor listrik di bawah dek penumpang. Posisi ini terbilang rendah dan mengundang risiko kalau tidak diperhatikan. Tapi tak perlu terlalu khawatir, sebab semua mobil hybrid Toyota sudah dilengkapi perlindungan pada komponen motor listrik dan baterai untuk mencegah berbagai potensi masalah, termasuk serbuan air. Namun, risiko komponen mobil rusak tetap ada, terutama jika Anda tidak waspada saat melewatinya.

    Lalu bagaimana cara melewati genangan air dengan mobil hybrid secara aman? Pertama, jangan melintas bila genangan sudah lebih dari setengah tinggi ban. Hindari dan cari jalan alternatif lainnya. Ingat selain komponen elektrifikasi, ada sistem kelistrikan mobil lainnya yang dapat rusak kalau dipaksakan.

    Pindahkan transmisi ke mode manual dan pilih gigi 1. Jalankan mobil secara perlahan dan jangan bermain ponsel supaya tetap fokus. Injak pedal gas secara halus dan jaga di putaran mesin sekitar 2.000 rpm. Hindari mempercepat atau menghentikan laju mobil secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan air masuk ke dalam ruang mesin. Kamu bisa melepaskan injakan pada pedal gas untuk mengurangi kecepatan dan menginjak pedal gas untuk menambah kecepatan mobil secara perlahan.

    Fokus ketika melewati banjir adalah hal yang utama. Perhatikan kondisi dan keadaan jalan di sekitar mobil. Jangan mengalihkan perhatian sehingga tidak dapat menjaga kecepatan dan arah, bahkan berisiko menabrak mobil di depan.

    Jaga emosi supaya mobil bisa melaju tanpa kendala. Selanjutnya, jangan langsung tancap gas setelah berhasil melewati genangan air. Lakukan brake check dengan cara menekan pedal rem berkali-kali ketika mobil berjalan sampai gigitan rem kembali normal. Perhatikan panel instrumen dan pastikan tidak ada lampu indikator yang berkedip atau menyala. Nah itu tadi tips melintasi genangan air yang tinggi dengan mobil hybrid. Tetap waspada ya, kalau memang dirasa genangan tinggi sebaiknya jangan diterabas.

    (dry/din)

  • Kronologi Pemilik Diler Kcunk Motor di Tulungagung Kehilangan 7 Unit Mobil, Kerugian Rp1,5 Miliar – Halaman all

    Kronologi Pemilik Diler Kcunk Motor di Tulungagung Kehilangan 7 Unit Mobil, Kerugian Rp1,5 Miliar – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, TULUNGAGUNG – Kasus pencurian 7 unit mobil milik selebgram ternama Tulungagung, Suryono Hadi Pranoto alias Mas Kacunk akhirnya terungkap. 

    Pelakunya adalah Rindo Novanda Richzidan (25), mantan karyawan Kcunk Motor yang ternyata merupakan anak dari teman baik Mas Kacunk sendiri.

    Berikut kronologi lengkap kasus ini yang diungkap dalam konferensi pers di Mapolres Tulungagung, Kamis (27/2/2025).

    Rindo Novanda Richzidan mulai bekerja di Kcunk Motor sekitar dua tahun lalu.

    Dia dititipkan oleh orangtuanya, yang merupakan teman baik Mas Kacunk sejak masa remaja.

    Menurut Mas Kacunk, orangtua Rindo sangat baik dan telah lama menjalin hubungan kekeluargaan dengannya.

    “Sejak kecil, Rindo saya momong. Dia dititipkan orangtuanya untuk bekerja pada saya,” ujar Mas Kacunk.

    Selama bekerja, Rindo dipercaya sebagai admin penjualan.

    Posisi ini memberinya akses penuh ke berbagai dokumen penting, termasuk BPKB kendaraan dan kunci mobil.

    Kasus pencurian ini pertama kali terungkap pada Februari 2025, namun aksi Rindo ternyata sudah berlangsung sejak Agustus 2024. 

    Berikut rincian pencurian yang dilakukan Rindo yakni Agustus 2024 curi 2 unit mobil dicuri, September 2024 satu unit mobil dicuri,  Desember 2024 sebanyak 2 unit.

    Januari 2025 sebanyak 1 unit mobil dicuri, Februari 2025: 2 unit mobil dicuri.

    Total ada 8 unit mobil yang dicuri Rindo, namun 1 unit berhasil diselesaikan secara kekeluargaan.

    Rindo juga diketahui menjual mobil-mobil curian tersebut ke pihak lain. Dari 8 unit mobil yang dicuri, 3 unit berhasil diamankan oleh polisi, yaitu Honda Mobilio, Honda BRV, dan Mitsubishi Xpander.

    Sementara 4 unit lainnya, termasuk Toyota Innova Reborn, Daihatsu Ayla, dan 2 unit Honda BRV, masih dalam pencarian.

    Sebagai admin penjualan, Rindo memiliki akses ke BPKB dan kunci mobil. 

    Ia memanfaatkan kesibukan rekan kerjanya untuk mengambil dokumen dan kendaraan tanpa mencurigakan.

    “Kalau anak-anak kantor sedang repot, suruh ambil sendiri,” kata Mas Kacunk.

    Pada Februari 2025, Rindo melakukan pencurian terakhir dengan membawa kabur Mitsubishi Xpander. 

    Namun, kali ini aksinya ketahuan. Keluarga Rindo akhirnya menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan dengan mengganti nilai mobil tersebut.

    Namun, setelah dilakukan pemeriksaan internal oleh Kacunk Motor, terungkap bahwa Rindo telah mencuri 7 unit mobil lainnya.

    Total kerugian material yang ditanggung Mas Kacunk mencapai Rp 1,5 miliar.

    Meski kasus ini telah dilaporkan ke polisi, Mas Kacunk mengaku masih memiliki itikad baik untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan. 

    Ia membuka peluang bagi keluarga Rindo untuk mengganti kerugian material yang dialami.

    “Kami tidak mau memenjarakan orang. Jika mau ganti rugi, tidak akan kami permasalahkan,” tegas Mas Kacunk.

    Kapolres Tulungagung, AKBP Taat Resdi, menyatakan bahwa pihaknya menghormati keinginan Mas Kacunk untuk menyelesaikan kasus ini dengan pendekatan restorative justice (RJ).

    Namun, polisi tetap akan melengkapi berkas perkara secara profesional.

    “Jika di tengah jalan ada RJ, kami akan menghormati proses itu,” ujar Kapolres.

     Saat konferensi pers, Rindo Novanda Richzidan terlihat menutup mukanya dengan kain saat polisi menunjukkan bukti kejahatannya.

    Ia diduga telah merencanakan aksi pencurian ini secara sistematis selama beberapa bulan. (Surya/David Yohanes)

     

  • Harta Kekayaan LHKPN Sani Dinar Direktur PT Kilang Pertamina International: Rp 15 M Tiada Utang

    Harta Kekayaan LHKPN Sani Dinar Direktur PT Kilang Pertamina International: Rp 15 M Tiada Utang

    Harta Kekayaan LHKPN Sani Dinar Direktur PT Kilang Pertamina International: Rp 15 M Tiada Utang

    TRIBUNJATENG.COM – Berikut rincian harta kekayaan LHKPN Sani Dinar Saifuddin Direktur Feedstock And Product Optimization PT Kilang Pertamina International tersangka korupsi.

    Sani Dinar Saifuddin ditetapkan sebagai salah satu tersangka kasus korupsi tata kelola minyak mentah dan produk kilang Pertamina Niaga hingga membuat negara rugi Rp193,7 triliun.

    Peran Sani Dinar Saifuddin dalam tindak korupsi adalah sebagai berikut:

    1. Bersama AP dan RS, SDS memenangkan DMUT/broker minyak mentah dan produk kilang yang diduga dilakukan secara melawan hukum.

    2. Bersama RS dan AP mengondisikan dalam rapat optimalisasi hilir yang dijadikan dasar untuk menurunkan produksi kilang.

    Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau LHKPN yang dilaporkan pada 18 Maret 2024, berikut rincian LHKPN Sani Dinar Saifuddin:

    DATA HARTA

    A. TANAH DAN BANGUNAN Rp. 8.010.000.000

    1. Tanah dan Bangunan Seluas 350 m2/180 m2 di KAB / KOTA  BANDUNG, HASIL SENDIRI Rp. 3.200.000.000

    2. Bangunan Seluas 50 m2 di KAB / KOTA BANDUNG, HASIL SENDIRI Rp. 360.000.000

    3. Bangunan Seluas 74 m2 di KAB / KOTA KOTA JAKARTA SELATAN , HASIL SENDIRI Rp. 720.000.000

    4. Tanah Seluas 192 m2 di KAB / KOTA BANDUNG, HASIL SENDIRI Rp. 400.000.000

    5. Bangunan Seluas 33 m2 di KAB / KOTA BANDUNG, HASIL SENDIRI Rp. 230.000.000

    6. Tanah dan Bangunan Seluas 332 m2/80 m2 di KAB / KOTA BANDUNG, HASIL SENDIRI Rp. 1.900.000.000

    7. Tanah Seluas 1200 m2 di KAB / KOTA SUMEDANG, Rp. 1.200.000.000

    B. ALAT TRANSPORTASI DAN MESIN Rp. 827.500.000

    1. MOBIL, TOYOTA VOXY Tahun 2017, HASIL SENDIRI Rp. 325.000.000

    2. MOTOR, HONDA VARIO Tahun 2014, HASIL SENDIRI Rp. 6.500.000

    3. MOBIL, MAZDA CX 5 ELITE Tahun 2018, HASIL SENDIRI Rp. 300.000.000

    4. MOTOR, VESPA GTS150 Tahun 2022, HASIL SENDIRI Rp. 86.000.000

    5. MOTOR, ROYAL ENFIELD HUNTER 350 Tahun 2022, HASIL SENDIRI Rp. 110.000.000

    C. HARTA BERGERAK LAINNYA Rp. 180.000.000

    D. SURAT BERHARGA Rp. 2.487.117.253

    E. KAS DAN SETARA KAS Rp. 3.908.296.689

    F. HARTA LAINNYA Rp. 310.000.000

    Sub Total Rp. 15.722.913.942

    III. HUTANG Rp. —-

    IV. TOTAL HARTA KEKAYAAN (II-III) Rp. 15.722.913.942

    Sosok Sani Dinar Saifuddin

    Dikutip dari kpi.pertamina.com, Sani Dinar Saifuddin saat ini telah berusia 47 tahun.

    Ia pernah mengenyam pendidikan di Universitas Padjadjaran Bandung dan berhasil meraih gelar Sarjana Ekonomi tahun 2001.

    Sani pun melanjutkan pendidikannya di Binus University untuk mengambil program Magister Management dari Fakultas Binus Business School Master Program.

    Sani memulai karier di PT Pertamina (Persero) pada 2004 di bidang Oil Products & Crude Oil Trader.

    Pada Januari 2010, ia dimutasi ke Pertamina Energy Services sebagai Trader hingga Juli 2011. 

    Setelah itu, Sani dipercaya menjadi Business Development di Pertamina Energy Services.

    Pengalaman kerja Sani juga mencakup Supply Chain, Market Analysis, dan Crude Trading di Pertamina. Pada 2022, ia diangkat menjadi Direktur Optimasi Feedstock & Produk PT Kilang Pertamina Internasional (KPI).

    9 Tersangka Korupsi Pertamina Patra Niaga

    1. Sani Dinar Saifuddin (RS), Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga.

    2. Sani Dinar Saifuddin (SDS), Direktur Feedstock And Product Optimization PT Kilang Pertamina International

    3. Agus Purwono (AP), Vice President (VP) Feedstock Management PT Kilang Pertamina International

    4. Yoki Firnandi (YF), Direktur Utama PT Pertamina International

    5. Muhammad Kerry Adrianto Riza (MKAR), Beneficial Owner PT Navigator Katulistiwa

    6. Dimas Werhaspati (DW), Komisaris PT Navigator Katulistiwa dan Komisaris PT Jenggala Maritim

    7. Gading Ramadhan Joedo (GRJ), Komisaris PT Jenggala Maritim sekaligus Direktur Utama PT Orbit Terminal Merak

    8. Maya Kusmaya (MK), Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga

    9. Edward Corne (EC), VP Trading Operation Pertamina Patra Niaga. (*)

  • Dapat Diskon, Harga Innova Zenix Bensin vs Zenix Hybrid Beda Segini

    Dapat Diskon, Harga Innova Zenix Bensin vs Zenix Hybrid Beda Segini

    Jakarta

    Kijang Innova Zenix Hybrid dapat diskon PPnBM. Harganya pun turun dan selisihnya dengan harga Kijang Innova Zenix bensin termahal jadi beda segini.

    Kijang Innova Zenix Hybrid menjadi salah satu model yang mendapat diskon PPnBM sebesar tiga persen. Alhasil, harga Kijang Innova Zenix hybrid pun ikut turun. Kijang Innova Zenix Hybrid termurah saat ini dibanderol Rp 473,9 juta atau turun Rp 10,7 juta dibandingkan harga sebelumnya.

    Bila harga Kijang Innova Zenix Hybrid termurah itu dibandingkan dengan Kijang Innova Zenix bensin varian termahal hanya terpaut Rp 11,7 juta. Sementara untuk harga varian Zenix Hybrid lainnya memang lebih mahal ketimbang Zenix bensin. Berikut ini perbandingan harga Kijang Innova Zenix Hybrid dan Innova Zenix bensin.

    Harga Kijang Innova Zenix HybridKijang Innova Zenix 2.0 G HEV CVT: Rp 473,9 jutaKijang Innova Zenix 2.0 G HEV CVT (Premium Color): Rp 476,1 jutaKijang Innova Zenix 2.0 V HEV CVT: Rp 537 jutaKijang Innova Zenix 2.0 V HEV CVT (Premium Color): Rp 540 jutaKijang Innova Zenix 2.0 V HEV CVT Modellista: Rp 547 jutaKijang Innova Zenix 2.0 V HEV CVT Modellista (Premium Color): Rp 549,9 jutaKijang Innova Zenix 2.0 Q HEV CVT TSS: Rp 615,4 jutaKijang Innova Zenix 2.0 Q HEV CVT TSS (Premium Color): Rp 618,3 jutaKijang Innova Zenix 2.0 Q HEV CVT TSS Modellista: Rp 625,3 jutaKijang Innova Zenix 2.0 Q HEV CVT TSS Modellista (Premium Color): Rp 628,2 jutaHarga Kijang Innova Zenix BensinKijang Innova Zenix 2.0 G CVT: Rp 436,1 jutaKijang Innova Zenix 2.0 G CVT (Premium Color): Rp 439,1 jutaKijang Innova Zenix 2.0 V CVT Non RSE: Rp 474,3 jutaKijang Innova Zenix 2.0 V CVT Non RSE (Premium Color): Rp 477,3 jutaKijang Innova Zenix 2.0 V CVT: Rp 482,6 jutaKijang Innova Zenix 2.0 V CVT (Premium Color): Rp 485,6 jutaSpesifikasi Kijang Innova Zenix

    Sebagai informasi, Toyota Kijang Innova Zenix memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.795 mm dengan wheelbase 2.850 mm. Ini tercatat lebih panjang dan lebih lebar 20 mm serta wheelbase-nya bertambah 100 mm. Ground clearance mobil ini tetap di 185 mm.

    Dengan dimensi itu dan didukung platofrom TNGA: GA-C, Toyota Kijang Innova Zenix memiliki kabin yang lapang. Panjang bagian dalam kabin mencapai 1.746 mm atau bertambah 56 mm. Sementara hip room bangku baris pertama dan kedua mencapai 1.488 mm atau lebih lebar 46 mm dengan ruang kepala 85 mm, lebih tinggi 32 mm.

    Toyota Kijang Innova Zenix menggendong mesin TNGA 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin berkapasitas 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm. Kalau dibandingkan pendahulunya, tenaga dan torsi mesin ini lebih besar dari Innova Reborn bensin, sementara dibanding Innova Reborn diesel tenaganya lebih besar tapi torsinya sedikit lebih kecil.

    Sementara Kijang Innova Zenix Hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS. Tenaganya meningkat dibanding Innova Reborn bensin (139 PS) maupun diesel (149 PS). Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV dibekali baterai hybrid Ni-MH yang dikemas dalam paket compact dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.

    (dry/rgr)

  • Ini Deretan Mobil Daihatsu yang Diproduksi di Pabrik Baru Karawang

    Ini Deretan Mobil Daihatsu yang Diproduksi di Pabrik Baru Karawang

    Jakarta

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah meresmikan pabrik baru di kawasan Karawang, Jawa Barat, Kamis (27/2). Lantas, mobil apa saja yang diproduksi di Line Plant 2 tersebut?

    Direktur Pemasaran PT ADM, Sri Agung Handayani mengatakan, Line Plant 2 di Karawang akan memproduksi model-model yang sebelumnya dibuat di Line Plant 1 Sunter, Jakarta Utara. Misalnya seperti LCGC kolaborasi, Daihatsu Ayla-Toyota Agya dan MPV kembar, Daihatsu Xenia-Toyota Avanza.

    “Jadi pertama, kita akan produksi Agya dan Ayla untuk domestik. Kemudian ada Toyota Wigo untuk ekspor. Nanti terhitung bulan Mei, kami akan mulai memproduksi Avanza dan Xenia di sini,” ujar Agung saat ditemui selepas peresmian pabrik di Karawang, Jawa Barat, Kamis (27/2).

    Pabrik Daihatsu Foto: Dok. ADM

    Agung memastikan, hingga akhir tahun, hanya lima model tersebut yang diproduksi di Line Plant 2 Karawang. Sementara untuk Daihatsu Sigra dan Toyota Calya belum ada rencana dibuat di lokasi yang sama.

    “Sampai akhir Desember, lima jenis kendaraan itu saja yang akan kita produksi di sini. Sigra dan Calya akan tetap ada di KAP1. Kita di Sunter ada dua line,” kata dia.

    Sebagai catatan, Pabrik line plant 2 di Karawang mengadopsi konsep ESSC atau Evolution-Simple-Slim-Compact. Pabrik tersebut merupakan fasilitas ke-6 Daihatsu di Indonesia dan berdiri di tanah seluas 26 hektar.

    Kapasitas produksinya diklaim mencapai 140 ribu unit setahun. Sehingga, secara total, seluruh pabrik Daihatsu di Indonesia mampu memproduksi 530 ribu unit mobil setahun. Kemampuan produksi ini juga didukung lebih dari 1.700 supplier, termasuk 700 UMKM dan tingkat lokalisasi yang 80 persen.

    Pabrik tersebut memiliki tiga fasilitas utama, yakni Body (Bodi), Painting (Pengecatan), dan Assembling (Perakitan) yang terintegrasi dan menggunakan teknologi terkini. Daihatsu juga melakukan optimalisasi produksi yang mampu mengurangi emisi karbon hingga 20 persen.

    (sfn/rgr)

  • Toyota Siapkan Mobil Listrik Baru, Rilis Bulan Depan

    Toyota Siapkan Mobil Listrik Baru, Rilis Bulan Depan

    Jakarta

    Toyota akan merilis mobil listrik terbarunya pada 12 Maret 2025. Dengan menyandang status “All New”, artinya mobil listrik ini akan melengkapi line up Toyota yang sudah ada di Eropa, Urban Cruiser dan bZ4X.

    Dikutip dari Autocar, mobil listrik ketiga Toyota ini digadang-gadang merupakan produksi massal dari mobil konsep bZ Compact. Sebuah SUV yang ringkas, namun tetap menawarkan kelapangan kabin.

    Dari potongan siluet gambar yang disajikan Toyota, terlihat versi produksi ini menggunakan desain muka “hammerhead” seperti di Toyota Camry. Sementara dimensinya mirip-mirip dengan bZ3C yang sudah dipasarkan di China. Di sisi lain, ukuran calon mobil listrik baru Toyota itu disinyalir lebih kecil dari bZ4X.

    Toyota menjanjikan ruang, kenyamanan, dan keserbagunaan yang mengejutkan, dan di sisi lain Toyota juga mengklaim bahwa itu akan memiliki daya tarik emosional yang kuat.

    Sayangnya dalam teaser itu juga tidak disebutkan tentang spesifikasi teknis EV.

    Jika merujuk pada tahun 2022, Toyota mengatakan bahwa SUV bZ Compact punya panjang 4,54 m (178,7 inci) dan tinggi 1,56 m (61,4 inci). Andai versi produksi tetap pada angka-angka itu, maka akan lebih pendek 152 mm (6 inci) dan 90 mm (3,5 inci) lebih rendah dari bZ4X.

    Tidak ada informasi angka daya atau kapasitas baterai yang diberikan untuk konsep tersebut. Namun seperti SUV listrik Urban Cruiser, mungkin akan memiliki pilihan paket baterai berbeda, yakni 49 kWh dan 61 kWh.

    Mobil listrik itu juga tersedia opsi penggerak roda depan yang diadopsi dari Suzuki e-Vitara. Di atas kertas menghasilkan 142 hp (106 kW / 144 PS) dengan baterai kecil dan 172 hp (128 kW / 174 PS) dengan yang lebih besar, sementara powertrain motor ganda opsional meningkatkan total output menjadi 182 hp (135 kW / 184 PS).

    (riar/rgr)

  • Daihatsu Resmikan Pabrik Baru di Karawang, Investasinya Rp 2,9 Triliun

    Daihatsu Resmikan Pabrik Baru di Karawang, Investasinya Rp 2,9 Triliun

    Jakarta

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meresmikan pabrik baru di kawasan industri Karawang, Jawa Barat, Kamis (27/2). Fasilitas tersebut berstatus sebagai Plant Line 2 dan bertujuan untuk menguatkan kapasitas produksi pabrikan di Indonesia.

    Presiden Direktur (Presdir) PT ADM, Yasushi Kyoda mengatakan, pihaknya mengucurkan Rp 2,9 triliun untuk investasi pembangunan Plant Line 2 di pabrik Karawang. Dia menegaskan, penambahan fasilitas tersebut membuktikan keseriusan Daihatsu di pasar otomotif Indonesia.

    “Kami bersyukur dapat membuka fasilitas pabrik baru Karawang Assembly Plant 2 ini sebagai wujud investasi keberlanjutan masa depan. Kami selalu berusaha untuk terus berinovasi dalam teknologi manufaktur yang lebih produktif dan efisien, ramah lingkungan,” ujar Kyoda saat peresmian pabrik di Karawang, Jawa Barat, Kamis (27/2).

    Pabrik line plant 2 di Karawang mengadopsi konsep ESSC atau Evolution-Simple-Slim-Compact. Pabrik tersebut merupakan fasilitas ke-6 Daihatsu di Indonesia dan berdiri di tanah seluas 26 hektar.

    Kyoda menjelaskan, pabrik line plant 2 punya kapasitas produksi hingga 140 ribu unit setahun. Sehingga, secara total, seluruh pabrik Daihatsu di Indonesia mampu memproduksi 530 ribu unit mobil setahun. Kemampuan produksi itu juga didukung lebih dari 1.700 supplier, termasuk 700 UMKM dan tingkat lokalisasi yang 80 persen.

    Pabrik Daihatsu Foto: Dok. ADM

    Pabrik tersebut memiliki tiga fasilitas utama, yakni Body (Bodi), Painting (Pengecatan), dan Assembling (Perakitan) yang terintegrasi dan menggunakan teknologi terkini. Daihatsu juga melakukan optimalisasi produksi yang mampu mengurangi emisi karbon hingga 20 persen.

    Line baru tersebut dikhususkan untuk memproduksi sejumlah model kolaborasi, seperti Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Daihatsu Xenia, Toyota Avanza dan Toyota Wigo.

    “Pembaruan pabrik ini merupakan tonggak penting kami untuk menuju masa depan, serta wujud komitmen kami untuk kerja sama yang berkelanjutan dengan Indonesia,” kata Kyoda.

    (sfn/rgr)

  • Tesla Kalah dari Avanza, Sekarang Jadi Mobil Murahan

    Tesla Kalah dari Avanza, Sekarang Jadi Mobil Murahan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Nilai merek (brand value) Tesla terus merosot selama dua tahun terakhir. Bahkan nilainya di bawah merek Toyota yang memiliki produk sejuta umat Avanza.

    Laporan Brand Finance menyebutkan brand value Tesla berkisar US$43 miliar (Rp 696 triliun). Angka itu turun 26% dari sebelumnya US$58,3 triliun pada awal 2024, begitu juga pada 2023 sebesar US$66,2 miliar.

    Nilai merek Tesla juga kalah dari Toyota dan Mercedes, dengan masing-masing memiliki brand value US$64,6 miliar dan US$53 miliar.

    Sebagai informasi, Brand Finance membuat laporan berdasarkan jawaban dari 175 ribu responden di seluruh dunia. Termasuk 16 ribu orang dengan pandangan serupa mengenai Tesla.

    CEO Brand Finance, David Heigh, menilai retorika politik dan kepribadian publik Musk memiliki kelemahan.

    “Ada orang yang menganggap dia luar biasa, tapi banyak juga yang tidak,” kata Haigh.

    “Jika Anda membeli kendaraan listrik, kepribadian CEO kemungkinan besar akan memengaruhi keputusan untuk membeli salah satu mobil perusahaannya atau tidak. Namun, itu hanya salah satu dari banyak faktor,” ia menuturkan.

    Penurunan brand value Tesla, menurut Heigh, bisa mendatangkan petaka besar untuk perusahaan. Jika dibiarkan terus, bisa jadi perusahaan akan kesulitan menjual produk mobilnya lebih banyak dan menjualnya dengan harga tinggi seperti di masa lalu.

    “Kecuali Tesla dapat menghasilkan berbagai macam produk baru yang benar-benar menarik konsumen, dan kecuali mereka dapat mengurangi beberapa antagonisme yang disebabkan oleh pemimpin mereka, Tesla akan dianggap telah melewati puncaknya dan akan mulai terpuruk,” jelasnya.

    (fab/fab)