brand merek: Toyota

  • Pria Asal Pamekasan Madura Tewas di Rumah Warga, Dibacok Orang usai Antarkan Wanita di Sampang

    Pria Asal Pamekasan Madura Tewas di Rumah Warga, Dibacok Orang usai Antarkan Wanita di Sampang

    Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Hanggara Pratama 

    TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG – Seorang pria tergeletak mengenaskan, bersimbah darah di lantai rumah, di Kabupaten Sampang, Madura.

    Kondisi pria yang mengenakan kemeja hitam dan bersarung warna biru itu sudah tidak bernyawa dengan kondisi terlentang.

    Informasi yang berhasil dihimpun Tribun Jatim Network, pria tersebut merupakan korban dari dugaan penganiayaan dengan menggunakan Sajam jenis celurit hingga meninggal

    Insiden itu terjadi pada (10/3/2025) kemarin pasca shalat tarawih, sekitar 21.00 WIB di Desa Tamberu Daya, Kecamatan Sokobanah, Sampang.

    Saat dikonfirmasi, Kapolres Sampang AKBP Hartono membenarkan atas pembunuhan itu dan korban merupakan seorang pria berinisial KH (35).

    “Korban meninggal ini warga Dusun Larangan Badung, Desa Larangan Badung, Kecamatan Palengaan, Pamekasan,’ ujarnya, Selasa (11/3/2025).

    Diceritakannya, awal kejadian ini ketika korban mengantarkan seorang perempuan yang berinisial IM (27) menggunakan mobil Toyota Avansa warna putih Nopol B 1679 ZUP dari Pamekasan menuju Desa Tamberu Daya Kecamatan Sokobanah.

    Ketika korban akan kembali ke Pamekasan tiba-tiba datang seorang pria yakni, tersangka berinisal MS langsung menyeret keluar korban dari dalam mobil kemudian melakukan pembacokan berulang kali ke tubuh korban. 

    “Karena menghindari bacokan senjata tajam dari tersangka, korban lari menyelamatkan diri masuk kerumah saksi TR dan meninggal dunia akibat luka dipunggung dan rusuk korban yang mengeluarkan darah banyak,” pungkasnya. 

  • Banyak Orang Tajir RI Terpikat, Segini Denza D9 yang Sudah Terjual

    Banyak Orang Tajir RI Terpikat, Segini Denza D9 yang Sudah Terjual

    Jakarta

    Denza D9 menjadi mobil mewah dari BYD Group yang meluncur di Indonesia sejak Januari 2025. Belum genap dua bulan, berapa banyak populasi Denza D9 saat ini?

    Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan mengatakan BYD dan Denza sudah mencapai 3.450 unit selama Januari-Februari 2025.

    “Datanya itu untuk BYD itu Januari 1.100 unit dan Februari 1.300 unit totalnya 2.500 unit. Sementara Denza Januari itu 25 unit karena masih awal ya buat kebutuhan display, kalau Februari itu 900 unit jadi totalnya 937 unit. Totalnya kalau digabungkan itu 3.450,” jelas Luther di di Autograph Tower Thamrin Nine, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (10/3/2025).

    Saat ini baru Denza D9 yang dipasarkan di Indonesia. Harga mobil listrik itu kompetitif dengan banderol Rp 950 juta (on the road Jakarta).

    Segmen MPV premium Tanah Air didominasi oleh model-model sekelas Toyota Alphard, Toyota Vellfire, hingga Lexus LM350.Kehadiran Denza digadang-gadang untuk menggoda konsumen di segmen premium tersebut dengan MPV listrik.

    Salah satu mitra dealer dari Denza, Arista mengatakan merek premium tersebut sudah diterima dengan baik. Para konglomerat disebut puas dengan kualitas dari Denza D9. Termasuk untuk garansi kendaraan hingga 6 tahun atau 150 ribu km, garansi motor 8 tahun atau 150 ribu km, dan baterai 8 tahun atau 160 ribu km.

    “Denza sangat bisa diterima, baik pricing, kualitas showroom, man power itu tepat sasaran dengan market indonesia,” kata Chairman Arista Group, Hartono Sohor.

    Denza D9 juga menjadi incaran perusahaan taksi di Indonesia. Salah satunya Blue Bird.

    “Ya (Bluebird), sementara ini ada beberapa puluhan unit. Kita sedang fulfill karena mereka juga mitra strategis kita apa namanya di transportasi umum,” kata Luther.

    “Memang untuk ride hailing saat ini ada BYD E6, tetapi Bluebird ada campuran dengan Denza,” tambah dia.

    (riar/din)

  • Inovasi dan Keberlanjutan Jadi Sorotan Pertamina Lubricants di JAMA Lube Oil 2025 – Halaman all

    Inovasi dan Keberlanjutan Jadi Sorotan Pertamina Lubricants di JAMA Lube Oil 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia telah menetapkan target Net Zero Emission (NZE) tercapai pada tahun 2060. Sektor manufaktur sendiri membidik NZE bisa dicapai pada 2050.

    Selain itu, sektor yang saat ini digenjot untuk mengurangi emisi adalah transportasi, dimana pengguna kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) diminta untuk semakin diperluas.

    Penjualan kendaraan elektrifikasi tahun lalu telah mencapai 103.228 unit pada 2024, meraih sekitar 11,9 persen dari total penjualan roda empat.

    Meski begitu, mobil dengan mesin pembakaran internal (ICE) masih mendominasi populasi kendaraan di Indonesia sebesar 99,95 persen, sementara kendaraan listrik (EV) hanya 0,05 persen.

    “Dominasi ini menunjukkan bahwa permintaan pelumas mesin akan tetap tinggi di masa depan,” tutur Senior Specialist Engine and Driveline Lubricants Pertamina Lubricants Alva Kurnia L., dalam acara JAMA Lube Oil Seminar 2025 di Jakarta, Senin (10/3/2025).

    Alva menilai, Indonesia memegang pangsa pasar kendaraan terbesar, menjadikannya pemain utama di industri ini, terutama di sektor pelumas.

    “Meskipun penjualan kendaraan listrik (EV) berkembang pesat, kendaraan ICE masih mendominasi. Namun permintaan akan pelumas dengan tingkat performa terbaru dan kualitas bahan dasar yang lebih tinggi terus bertambah, dipengaruhi oleh teknologi otomotif terbaru dan peraturan yang berlaku,” imbuhnya.

    Pelumas diyakini tetap memiliki peran penting dalam pengurangan emisi CO2, meski saat ini banyak negara fokus pada penggunaan mobil listrik.

    OEM Relationship dari Afton Chemical Japan Corp. Yoshinori Ono, menyebut pelumas dan aditif berperan dalam teknologi otomotif modern.

    “Terutama dalam meningkatkan fuel-efficiency di semua jenis kendaraan melalui formulasi dengan base oil canggih dan aditif berkinerja tinggi,” kata Ono.

    Dua produsen pelumas Jepang, Idemitsu Kosan Co., Ltd. dan Japan Lubrizol Japan Ltd., menyampaikan pihaknya terus menekankan pentingnya meningkatkan ketersediaan oli berstandar ILSAC GF-6 atau API SP, mempromosikan penggunaan oli berstandar JASO GLV-1 dan GLV-2 untuk viskositas rendah demi efisiensi bahan bakar, serta oli  berstandar JASO DL-1, DL-2 dan DL-0 untuk kendaraan diesel ringan.

    Sementara, JAMA Motorcycle Oil (MCO) Task Force mendorong penggunaan oli mesin berstandar JASO khusus untuk kendaraan roda dua.

    Ke depan, MCO akan mengurangi kandungan fosfor dan viskositas demi manfaat lingkungan global dan pengguna. 

    Dalam sektor alat berat, JCMA juga telah menerapkan beberapa standarisasi untuk alat berat konstruksi seperti JCMAS HK (hydraulic fluid), JCMAS HKB (biodegradable hydraulic fluid), JCMAS GK (grease ) dan JCMAS GKB (biodegradable grease).

    Sedangkan pada electric vehicle, sistem e-Axle memerlukan cairan khusus yang memenuhi kebutuhan spesifik, menawarkan solusi pelumasan all-in-one yang mendukung kinerja optimal.

    Sementara itu, produsen pembuat mobil berpandangan untuk mencapai NZE perlu peranan dari berbagai stakeholder.

    Chairman JAMA Lube Oil Seminar 2025 sekaligus Project Manager Electrification Material Development Dept. Toyota Motor Corp Kazua Yamamori, menyampaikan tantangan terbesar di industri otomotif saat ini adalah mengurangi emisi karbon secara signifikan dan bersama-sama menjaga lingkungan dari efek perubahan iklim.

    “Kami terus berupaya meningkatkan fuel efficiency dari model-model mobil terbaru dan akan terus melahirkan dan memperkenalkan teknologi-teknologi yang mampu mendorong fuel efficiency dan konservasi energi,” ungkap Kazuo. 

    Menurutnya, JAMA berkomitmen untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2050 melalui berbagai inisiatif dan kolaborasi di seluruh industri otomotif.

    “Saat ini, berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia, telah merespons tantangan tersebut melalui penerapan regulasi yang semakin ketat dan inovasi teknologi ramah lingkungan,” ucap Yamamori.

    Indonesia telah menunjukkan komitmen nyata dalam mendukung agenda global menuju netralitas karbon.

    Deputi Bidang Pengendalian Perubahan Iklim dan Tata Kelola Nilai Ekonomi Karbon BPLH Kementerian Lingkungan Hidup Ary Sudjianto, menjabarkan saat ini terdapat empat aksi mitigasi utama dalam sektor energi untuk mendorong NDC (Nationally Determined Contributions).

    “Untuk mendorong NDC di mulai dengan penggunaan biofuel, electric vehicles, fuel switching dari RON 88 ke RON yang lebih tinggi dan compression natural gas (CNG) untuk transportasi publik,” jelas Ary.

    Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Dadan Kusdiana, menyampaikan Indonesia berkomitmen mengurangi emisi gas rumah kaca di sektor energi hingga 2030 dengan fokus pada lima aksi mitigasi antara lain efisiensi energi, energi terbarukan, pembangkit energi bersih, bahan bakar rendah karbon dan kegiatan lainnya.

    “Hingga 2024, realisasi pengurangan emisi mencapai sekitar 41 persen dari target. Energi terbarukan menjadi kontributor terbesar, diikuti oleh efisiensi energi. Upaya ini menunjukkan kemajuan signifikan meskipun beberapa sektor masih perlu ditingkatkan untuk mencapai target penuh di 2030,” ucap Dadan.

    Pertamina Lubricants sebagai pemain penting di industri pelumas Tanah Air menegaskan komitmennya terhadap inovasi dan keberlanjutan di industri pelumas dengan menjadi partner dalam JAMA Lube Oil Seminar 2025, yang diadakan oleh Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA).

    Pada event ini, para pemimpin industri dan pakar global berbagi wawasan seputar tren terbaru di sektor otomotif dan pelumas, upaya pengurangan emisi karbon, hingga kebijakan energi bersih di Indonesia dan kawasan Asia.

    Direktur Utama Pertamina Lubricants Werry Prayogi, mengutarakan peraturan pemerintah mendorong perkembangan desain mesin dan standar pelumas terus menyesuaikan diri dengan kebutuhan yang berubah.

    “Hal ini mendorong kinerja pelumas hingga batas maksimal di berbagai aplikasi. Karena itu, penting bagi kami untuk memahami peraturan pemerintah, kebutuhan mesin, dan standar pelumas secara menyeluruh. Selain itu, dengan semakin banyaknya penggunaan teknologi pengendalian emisi dan bahan bakar alternatif, beradaptasi dengan perubahan ini menjadi hal yang penting,” ujar Werry Prayogi.

    Pertamina Lubricants bangga dapat bekerja sama dengan JAMA dalam menyelenggarakan seminar ini yang menjadi kesempatan berharga bagi kita semua untuk belajar, bertukar gagasan dan memahami arah masa depan industri otomotif dan pelumas, terutama di tengah meningkatnya tuntutan terhadap inovasi dan keberlanjutan.

    Dengan partisipasi aktif di JAMA Lube Oil Seminar 2025, Pertamina Lubricants semakin menegaskan posisinya dalam industri pelumas global yang siap beradaptasi dengan perubahan regulasi dan tren keberlanjutan.

    “Kolaborasi dengan berbagai produsen otomotif hingga pemerintah menjadi langkah strategis dalam menghadapi tantangan industri ke depan,” imbuh Werry.

  • Penjualan Mobil Loyo, Kinerja Emiten Suku Cadang Ikut Melempem?

    Penjualan Mobil Loyo, Kinerja Emiten Suku Cadang Ikut Melempem?

    Jakarta

    Emiten suku cadang otomotif, PT Jantra Grupo Indonesia Tbk (KAQI) optimistis menargetkan peningkatan pendapatan Rp 75 miliar pada 2025. Sementara laba bersih ditargetkan naik minimal 20%.

    Komisaris Independen KAQI, Beni Hendrawan mengatakan, kinerja optimis perseroan tidak akan terganggu dengan tren penurunan penjualan mobil. Apalagi, kata dia, perseroan fokus pada perawatan kendaraan.

    “Kita bergerak sebenarnya di subnya, yaitu di bengkel, yang mana bukan hanya penjualan mobil baru, tapi juga lebih kepada perawatan mobil sebenarnya,” kata Beni kepada wartawan di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Selatan, Senin (10/3/2025).

    Beni mengatakan, kesadaran masyarakat akan kenyamanan dan keselamatan kendaraan, khususnya mobil meningkat. Ia meyakini, bisnis perseroan tidak akan terpengaruh oleh penurunan penjualan mobil.

    “Kalau kita lihat sekarang pertumbuhan itu malah lebih baik, jadi keselamatan dan kesadaran masyarakat terhadap rasa nyaman mobil sama keselamatan mobilnya itu sekarang lebih meningkat,” jelasnya.

    Ia menambahkan, pendapatan KAQI juga berpeluang tumbuh di periode libur Lebaran. Sebagaimana bengkel pada umumnya, periode libur hari besar turut menyumbang pada pendapatan perusahaan.

    “Jadi memang ya sama seperti bengkel-bengkel umum padanya umumnya ya pada saat ada season-seasonnya, season terutama seperti lebaran, akhir tahun, itu season di mana ada liburan panjang, itu biasanya akan lebih banyak atau lebih tinggi permintaannya,” tutupnya.

    Melalui IPO, KAQI membidik dana segar Rp 53,1 miliar. Nantinya, dana IPO dialokasikan untuk mendukung operasional dan membuka lima cabang bengkel baru di Bandung, Bekasi, Surabaya, dan Semarang, serta bengkel yang akan didirikan di lahan Bona Indah.

    Sementara itu, berdasarkan pantauan detikcom pada panel perdagangan BEI pukul 09.00 WIB, emiten di sektor otomotif ini terbang 21,19% ke level Rp 143 per lembar saham saat mengawali kiprahnya di pasar modal.

    Angka Penjualan Mobil

    Dikutip dari detikOto, data penjualan mobil yang dibagikan PT Astra International dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil pada Januari 2025 tercatat hanya sebanyak 61.849 unit. Angka itu turun dari perolehan Desember 2024 yang mencapai 79.806 unit.

    Padahal, penjualan mobil pada akhir 2024 sempat menunjukkan tren positif dengan penjualan lebih dari 70 ribu unit per bulan. Jika dibandingkan Desember 2024, penjualan mobil pada Januari 2025 turun 22,5%. Kalau dibandingkan dengan penjualan Januari 2024 yang mencapai 69.758 unit, perolehan Januari 2025 turun 11,3%.

    Sementara itu, merek otomotif di bawah naungan grup Astra tetap menjadi pemimpin pasar. Grup Astra yang terdiri dari Toyota (termasuk Lexus), Daihatsu, Isuzu, dan UD Trucks mencatatkan penjualan 34.531 unit. Pangsa pasar grup Astra mencapai 56 %.

    (ara/ara)

  • Potret Mobil Listrik Terbaru Toyota bZ3X yang Dijual Mulai Rp 246 Jutaan

    Potret Mobil Listrik Terbaru Toyota bZ3X yang Dijual Mulai Rp 246 Jutaan

    Secara jarak tempuh, mobil listrik ini dibekali baterai lithium iron phosphate (LFP) yang tersedia dalam tiga varian, yakni 50,0 kWh, 58,4 kWh, dan 67,9 kWh, yang masing-masing mampu menempuh jarak 430 km, 520 km, dan 610 km dengan penghitungan CLTC (China Light Duty Vehicle Test). Foto: Carnewschina

  • Jarak Tempuh 610 Km, Punya ADAS Canggih

    Jarak Tempuh 610 Km, Punya ADAS Canggih

    Jakarta

    Toyota resmi meluncurkan mobil listrik ketiganya dengan merek bZ di China. Dinamakan Toyota bZ3X, mobil listrik yang diproduksi perusahaan patungan GAC dan Toyota ini dipasarkan dengan harga mulai 109.800 yuan atau setara Rp 246 jutaan. Yuk intip spesifikasinya.

    Desain dan Dimensi

    Mengutip dari situs Carnewschina, Toyota bZ3X dibangun menggunakan basis mobil listrik GAC Aion V. Dari segi dimensi, sistem motor listrik dan sistem penggeraknya sama. Namun untuk baterainya, bZ3X punya spesifikasi berbeda dari Aion V.

    Toyota bZ3X mampu menampung kapasitas lima penumpang, dengan dimensi keseluruhan panjang 4.600 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.600 mm, dan jarak sumbu rodanya 2.765 mm. Secara desain, mobil ini memiliki tampilan elegan dan modern dengan tampilan fascia khas bZ series.

    Toyota bZ3X Foto: GAC Toyota

    Baterai dan Performa

    Secara jarak tempuh, mobil listrik ini dibekali baterai lithium iron phosphate (LFP) yang tersedia dalam tiga varian, yakni 50,0 kWh, 58,4 kWh, dan 67,9 kWh, yang masing-masing mampu menempuh jarak 430 km, 520 km, dan 610 km dengan penghitungan CLTC(China Light Duty Vehicle Test).

    bZ3X menggunakan sistem penggerak roda depan dan punya satu motor listrik, dengan daya maksimal 150 kW atau 165 kW dan kecepatan maksimum 160 km/jam. Toyota juga membekali bZ3X dengan opsi teknologi Lidar (Light Detection and Ranging) dan sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS) dari perusahaan rintisan mobil otonom asal China, Momenta.

    Fitur ADAS (Advanced Driver Assistance Systems)

    Varian standar 430 Air tidak dibekali ADAS maupun Lidar. Tapi untuk model 430 Air+, 520 Pro, dan Pro+ memiliki opsi Lidar dari Robosen dan teknologi ADAS Toyota Pilot (T. Pilot). Sementara model teratas 610 Max, 520 Pro Smart, dan 520 Pro+ Smart, punya dibekali opsi teknologi Lidar dan ADAS Momenta 5.0.

    Momenta 5.0 memungkinkan bZ3X punya fungsi NOA (Navigate on Autopilot) tanpa bantuan peta HD. bZ3X dengan teknologi Lidar menggunakan chip Nvidia Orin X dengan daya komputasi 254 TOPS. Toyota juga mengklaim bahwa bZ3X adalah mobil pertama dari perusahaan patungan di China yang dilengkapi Lidar.

    Toyota bZ3X Foto: GAC Toyota

    Interior

    Dari segi interior, Toyota bZ3X menampilkan suasana kabin minimalis dengan warna serba putih. Area dasbor dilengkapi layar besar 14,6 inci. Mendukung pengoperasiannya, disematkan chip buatan Qualcomm tipe Snapdragon 8155. Kehadiran panoramic sunroof di mobil ini juga menambah kesan luas di area kabin.

    Menariknya, Toyota mengklaim bahwa 65% suku cadang bZ3X ini berasal dari vendor lokal di Cina, dan hanya 1% yang diimpor. Sebagai informasi, Toyota bZ3X dibuat oleh perusahaan patungan GAC-Toyota, dan saat ini hanya dipasarkan di China.

    Varian dan Harga

    1. 430 Air (430 km): 109.800 yuan (Rp 246,9 juta)
    2. 430 Air+ (430 km) T. Pilot: 119.800 yuan (Rp 269,4 juta)
    3. 520 Pro (520 km) T. Pilot: 129.800 yuan (Rp 291,9 juta)
    4. 520 Pro+ (520 km) T. Pilot: 139.800 yuan (Rp 314,4 juta)
    5. 610 Max (610 km) Momenta dan Opsi Lidar: 159.800 yuan (Rp 359,4 juta)
    6. 520 Pro Smart (520 km) Momenta dan Lidar: 149.800 yuan (Rp 336,9 juta)
    7. 520 Pro+ Smart (520 km) Momenta dan Lidar: 159.800 yuan (Rp 359,4 juta).

    Toyota bZ3X Foto: GAC Toyota

    Respons konsumen China terhadap Toyota bZ3X pun sangat luar biasa. Bahkan satu jam setelah peluncuran, mobil ini diklaim telah menerima pesanan online sekitar 10 ribu unit. Tak hanya itu, server Toyota disebut-sebut sampai jeblok gara-gara banyaknya pesanan.

    Maklum saja jika konsumen berbondong-bondong ingin membeli mobil ini. Soalnya Toyota memberi diskon untuk pembeli awal bZ3X dengan potongan harga 5.000 yuan atau setara Rp 11 juta.

    Sekadar informasi, saat ini Toyota sudah memiliki dua mobil listrik seri bZ di China, SUV bZ4X dan sedan bZ3 dikembangkan bersama BYD dengan dilengkapi motor listrik dan baterai BYD. Kehadiran bZ3X yang digarap bersama GAC Aion tentunya menambah portofolio kendaraan elektrifikasi Toyota di China.

    Toyota bZ3X Foto: Carnewschina

    (lua/din)

  • Ramai-ramai Mobil Tesla ‘Nyamar’ Jadi Toyota-Honda cs Gegara Takut Dirusak

    Ramai-ramai Mobil Tesla ‘Nyamar’ Jadi Toyota-Honda cs Gegara Takut Dirusak

    Jakarta

    Fenomena unik muncul di kalangan pengguna mobil Tesla. Mereka mengubah lencana Tesla menjadi merek lain. Apa sebabnya?

    Dikutip dari Express, Minggu (9/3/2025) pemilik mobil Tesla yang mengganti lencana atau logo Tesla mulai bermunculan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menghindari aksi vandalisme.

    Seperti diketahui Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump menunjuk CEO Tesla Elon Musk memimpin Departemen Efisiensi Pemerintahan atau Department of Government Efficiency (DOGE). Agensi ini disebut sudah memangkas ribuan pekerja sejak didirikan pada bulan Januari, demikian seperti dikutip dari CBSNews.

    Musk juga membuat pernyataan publik yang menjadi kontroversial pada bulan Januari, menjelang Hari Peringatan Holocaust. Dia mengatakan kepada ribuan orang di partai politik sayap kanan Jerman.

    “Anak-anak seharusnya tidak bersalah atas dosa-dosa orang tua mereka, apalagi kakek buyut mereka,” kata Elon Musk.

    Tidak hanya mendukung partai politik sayap kanan Jerman secara terbuka, Musk juga melontarkan serangkaian komentar kontroversial terhadap para pemimpin lembaga demokrasi tertinggi di Jerman.

    Sejak Elon Musk mendapat jabatan di pemerintah dan sederet sikap politiknya. Aksi vandalisme hingga perusakan terhadap mobil Tesla meningkat.

    Imbasnya para pengguna mobil Tesla mengganti logo dengan merek lain. Salah satu contohnya Cybertruck menggunakan merek Toyota, seperti pada model Hilux.

    Ada juga gambar Tesla Model S yang dipasang logo Mazda di bagian belakang. Kemudian Tesla Model 3 dengan lencana Honda, dan Model 3 lainnya dengan empat cincin Audi di bagasi.

    Some U.S. Tesla owners are swapping their car logos for brands like Honda or Mazda to dodge vandalism and protest Elon Musk’s political stances. Anti-Musk demonstrations have popped up across the U.S. and Europe, with protesters boycotting Tesla, smashing vehicles, and… pic.twitter.com/OdaeM4nGi3

    — 𝕏 Ali Al Samahi 🇦🇪علي السماحي (@ali_alsama7i) March 5, 2025

    Gelombang protes dan kekerasan atas peran Elon Musk dalam pemerintahan Trump. Coretan pada dealer Tesla, molotov dilemparkan ke dealer, stasiun pengisian daya Tesla terbakar.

    “Pemilik Tesla menyamarkan mobil mereka sebagai kendaraan lain dalam apa yang mungkin merupakan upaya untuk menghindari vandalisme,” tulis New York Post.

    Tesla sudah menjadi target pencoretan setelah gestur Musk yang ditafsirkan oleh beberapa orang sebagai penghormatan kepada Nazi. Di momen itu, Elon Musk yang tampil dan berbicara dalam perayaan pelantikan Trump memicu perdebatan, lantaran bentuk tangannya lurus separuh diangkat, mirip dengan salam hormat Nazi.

    Penggunaan hormat Nazi tersebut sekarang dianggap tindak kejahatan karena sejarah kelam penuh darah dan salam itu dilarang di sejumlah negara dunia.

    Peredaran stiker anti Elon Musk di antara pengemudi Tesla juga marak.

    Mengutip Business Insider, salah satu penjual stiker, Hiller menyebut penjualan stiker anti Elon Musk melonjak dalam beberapa minggu terakhir. Ia mengaku menjual antara 400 dan 500 stiker bertuliskan ‘Elon Killed My Resale Value’ dalam sehari.

    “Mereka berada dalam posisi tidak dapat menjual mobil Tesla secara finansial dan mereka terjebak dengan mobil itu.Mereka tidak dapat menjualnya karena nilainya telah turun dan mereka tidak akan mendapatkan keuntungan yang diinginkan,” katanya.

    Musk belum berbicara tentang meningkatnya protes secara keseluruhan, tetapi dalam menanggapi video seorang pria yang merusak Tesla, yang diposting oleh pihak berwenang di Massachusetts, Musk merespons:

    “Merusak properti orang lain, alias vandalisme, bukanlah kebebasan berbicara!” cuit dia.

    (riar/din)

  • Sosok Wali Kota Palembang, Ratu Dewa Beri SP3 Lurah Pulokerto yang Tak Ada di Kantor di Jam Kerja – Halaman all

    Sosok Wali Kota Palembang, Ratu Dewa Beri SP3 Lurah Pulokerto yang Tak Ada di Kantor di Jam Kerja – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Inilah sosok Wali Kota Palembang, Ratu Dewa yang beri sanksi tegas pada lurah alias kepala desa Pulokerto yang disidak tak ada di kantor di jam kerja.

    Video detik-detik Wali Kota Ratu Dewa yang sidak kantor kelurahan Pulokerto viral di media sosial.

    Nampak Ratu Dewa tiba-tiba datang dan menanyakan siapa saja orang yang berada di kantor pada jam 8 pagi.

    Wali Kota Ratu Dewa hanya mendapati empat orang yang ternyata semua adalah pegawai honorer.

    Lurah dan ASN pun tak telihat batang hidungnya.

    Wali Kota Ratu Dewa lantas menghubungi Camat dan memberi peringatan.

    “Pak Camat, di Pulokerto ini lurahnya belum datang ini jam kerja, jam 8 ini. yang dateng cuman honor empat orang, jadi atensi ini. jangan main-main ini,” tegas Ratu Dewa.

    Ratu Dewa lantas menghubungi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk membuat SP3 bagi lurah dan para ASN.

    Dikutip dari TribunSumsel.com, Ratu Dewa membenarkan kejadian tersebut.

    Sikap tegas Ratu Dewa diharapkan menjadi efek jera agar pegawai tidak mudah absen.

    “Saya sengaja sidak acak untuk mengecek ternyata semua PNS di kelurahan itu tidak ada satu pun yang ngantor lurah dan juga sekretaris lurah, hanya ada honorer saja dan pegawai yang baru diangkat,” ujar Ratu Dewa, Jumat (7/3/2025).

    “Jadi contoh agar tidak ada lagi yang absen bekerja jadi harus ditindak tegas,” kata Dewa.

    Sementara itu Lurah Pulokerto, Amrullah mengatakan dia bukan bolos bekerja tapi sudah absen Kamis pagi pukul 07.00 WIB dan langsung menjalankan program Walikota turun ke lapangan dengan meninjau kalangan di Pulokerto.

    Lantas siapakah sosok Wali Kota Ratu Dewa?

    Dikutip dari palembang.go.id, Ratu Dewa merupakan pria kelahiran Muara Kuang, Ogan Illir pada 17 Agustus 1969.

    Ratu Dewa merupakan anak ke-8 dari sembilan bersaudara dari apsangan Cik Den Tambun dan Zalipah.

    Ratu Dewa menempuh pendidikan S1 Fakultas Ushuluddin di IAIN Raden Fatah Palembang.

    Lalu ia melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Sriwijaya bergelar Magister Kebijakan Publik.

    Perjalanan karier Ratu Dewa sebelum menjadi Wali Kota sangat panjang.

    Ia dikenal sebagai sosok birokrat yang rendah hati hingga dipercaya menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang.

    Sebelum terjun ke dunia politik, Ratu Dewa sempat menjabat sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang menggantikan Harnojoyo yang masa jabatannya berakhir pada Senin (18/9/2023).

    Setelahnya, ia kembali ke posisi Sekda hingga mengajukan pensiun dini per 1 Agustus 2024 demi maju dalam Pilkada Palembang.

    Ratu Dewa menggandeng Prima Salam sukses mengumpulkan 352.696 suara atau 46,52 persen dari total suara.

    Ia mengalahkan dua pasangan lainnya, Fitrianti-Nandriani dan Yudha-Baharudin.

    Ratu Dewa juga merupakan pejabat yang aktif membagikan kegiatannya di media sosial.

    Akun Instagram @ratudewa kini telah memiliki 118 ribu pengikut dengan lebih dari 1.700 postingan.

    Harta Kekayaan

    Ratu Dewa terakhir melaporkan harta kekayaannya ke KPK pada tahun 2023, saat dirinya menjabat sebagai Sekda Kota Palembang.

    Ia memiliki total harta kekayaan sebesar Rp5,3 miliar. Berikut rinciannya dikutip dari situs LHKPN:

    TANAH DAN BANGUNAN Rp. 3.695.585.700

    1. Tanah dan Bangunan Seluas 500 m2/128 m2 di KAB / KOTA KOTA
    PALEMBANG , HASIL SENDIRI Rp. 825.000.000
    2. Tanah dan Bangunan Seluas 963 m2/400 m2 di KAB / KOTA KOTA
    PALEMBANG , HASIL SENDIRI Rp. 810.000.000

    3. Tanah Seluas 20000 m2 di KAB / KOTA INDRALAYA, WARISAN
    Rp. 125.000.000
    4. Tanah Seluas 600 m2 di KAB / KOTA KOTA PALEMBANG , HASIL
    SENDIRI Rp. 430.000.000

    5. Tanah Seluas 600 m2 di KAB / KOTA KOTA PALEMBANG , HASIL
    SENDIRI Rp. 175.000.000
    6. Tanah Seluas 285 m2 di KAB / KOTA KOTA PALEMBANG , HASIL
    SENDIRI Rp. 175.000.000

    7. Tanah Seluas 337 m2 di KAB / KOTA KOTA PALEMBANG , HASIL
    SENDIRI Rp. 370.000.000
    8. Tanah dan Bangunan Seluas 120 m2/90 m2 di KAB / KOTA KOTA
    PALEMBANG , HASIL SENDIRI Rp. 410.585.700

    9. Tanah dan Bangunan Seluas 3000 m2/1000 m2 di KAB / KOTA
    KOTA PALEMBANG , HASIL SENDIRI Rp. 375.000.000

    B. ALAT TRANSPORTASI DAN MESIN Rp. 662.500.000
    1. MOBIL, KIA JEEP Tahun 2013, HASIL SENDIRI Rp. 105.000.000
    2. MOTOR, YAMAHA VIXION Tahun 2013, HASIL SENDIRI Rp.
    3.500.000

    3. MOTOR, HONDA BEAT Tahun 2010, HASIL SENDIRI Rp2.000.000
    4. MOBIL, JEEP CHEROKEE LIMITED 4.0 USA Tahun 1997, HASIL
    SENDIRI Rp. 120.000.000

    5. MOBIL, TOYOTA YARIS CROSS MINI BUS Tahun 2023, HASIL
    SENDIRI Rp. 432.000.000

    C. HARTA BERGERAK LAINNYA Rp. 85.700.000
    D. SURAT BERHARGA Rp. —-
    E. KAS DAN SETARA KAS Rp. 920.272.129
    F. HARTA LAINNYA Rp. —-

    Sub Total Rp. 5.364.057.829

    HUTANG Rp. —-

    TOTAL HARTA KEKAYAAN (II-III) Rp. 5.364.057.829

    Sebagian artikel ini telah tayang di TribunSumsel.com dengan judul Wali Kota Palembang Ratu Dewa SP3 Lurah Pulokerto Gandus, Buntut Saat Disidak Tak Ada di Kantor

    (Tribunnews.com/ Siti N) (TribunSumsel.com/ Hartati)

  • Pantas MIS Bisa Beli Ribuan Liter Solar Subsidi, Punya 10 Barcode, Tangki Mobil Dimodifikasi

    Pantas MIS Bisa Beli Ribuan Liter Solar Subsidi, Punya 10 Barcode, Tangki Mobil Dimodifikasi

    TRIBUNJATIM.COM – Seorang pria berinisial MIS memodifikasi tangki mobil sehinga bisa membeli ribuan liter solar subsidi.

    Kini ia ditangkap Polda Sumut karena melakukan penyelewengan dalam pembelian solar subsidi di SPBU.

    MIS beraksi dengan memodifikasi tangki mobil Toyota Kijang Krista miliknya.

    Hal itu seperti diungkap Dirreskrimsus Polda Sumut, Kombes Pol Rudi Rifani.

    Ia mengatakan, MIS ditangkap seusai menjalankan aksinya di SPBU yang berada di Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis (6/3/2025).

    “Modus pelaku ini memodifikasi Toyota Kijang Krista dengan memasang satu baby tank berkapasitas 1.000 liter di dalam mobil,” ujar Rudi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/3/2025).

    “Selain itu, ia juga memasang pompa minyak otomatis yang mengalirkan solar dari tangki mobil ke dalam baby tank setiap kali mengisi bahan bakar di SPBU,” lanjut dia.

    Rudi mengatakan, dalam sehari, pelaku diduga menjalankan aksinya lebih dari sekali.

    Sebab MIS juga memiliki 10 barcode pembelian solar subsidi dengan nomor kendaraan yang berbeda-beda.

    “Hal ini memungkinkan pelaku untuk mengisi solar subsidi di berbagai SPBU tanpa terdeteksi sebagai pengisian berulang,” tutur Rudi.

    Rudi menjelaskan, pelaku diduga tidak beraksi sendirian.

    Pihaknya kini juga tengah memburu kelompok MIS.

    Diduga MIS beraksi tidak sendirian dan ada jaringan yang terlibat.

    “Kami menduga masih ada jaringan atau modus lain dalam praktik penyelewengan BBM bersubsidi ini dan kami akan terus mendalami keterangan pelaku,” ujar Rudi Rifani.

    Ilustrasi mengisi BBM di SPBU. Seorang pria berinisial MIS memodifikasi tangki mobil sehinga bisa membeli ribuan liter solar subsidi (SHUTTERSTOCK)

    Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Yudhi Surya mengatakan, diduga usai memperoleh BBM subsidi, pelaku menjualnya ke pihak lain.

    Dia menegaskan tindakan tersebut ilegal.

    Pihaknya berkomitmen akan menindak tegas pelaku penyelewengan BBM tersebut.

    “Solar subsidi diperuntukkan bagi masyarakat yang berhak, bukan untuk diperdagangkan secara ilegal demi keuntungan pribadi,” tuturnya.

    “Kami akan menindak tegas pelaku sesuai dengan hukum yang berlaku,” ucapnya, melansir Kompas.com.

    Yudhi mengatakan, kini MIS ditahan di Mapolda Sumut untuk proses hukum lebih lanjut.

    Dia dijerat dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

    “Pelaku terancam hukuman penjara maksimal 6 tahun dan denda hingga Rp60 miliar,” tutur Yudhi.

    Di sisi lain, video mobil Maung Garuda mengisi bensin di stasiun pengisian bahan bakar umum atau SPBU Shell, viral di media sosial.

    Diketahui, terlihat dalam video, mobil Pindad MV3 Garuda Prabowo Subianto warna putih mengisi bensin di SPBU Shell.

    Dalam narasi yang beredar, publik mengait-ngaitkannya dengan kasus dugaan korupsi di Pertamina.

    Di antara narasi tersebut adalah sebagai berikut:

    Sudah gak penasaran! Ternyata Mobill Presiden RI-1 (Maung Garuda) isi bensin di pom kerang kuning.

    Mobil presiden aja ogah make produk pertamina (emoji huss, emoji tertawa terbahak-bahak)

    Seperti diketahui, bensin jenis Pertamax yang dioplos Pertalite memang tengah jadi sorotan publik.

    Update terbaru, kasus dugaan korupsi tata kelola minyak mentah dan produk kilang periode 2018-2023 tersebut diperkirakan merugikan negara hingga Rp968,5 triliun atau hampir Rp1 kuadriliun.

    Kini sembilan orang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

    Salah satunya adalah Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga yakni Riva Siahaan.

    Peran Riva Siahaan dalam kasus korupsi Pertamina ini antara lain mengoplos Pertamax dengan Pertalite dalam pengadaan produk kilang PT Pertamina Patra Niaga. 

    Pengoplosan dilakukan di depo, padahal hal itu tidak diperbolehkan atau bertentangan dengan ketentuan.

    Semenjak kasus ini mencuat, masyarakat kehilangan kepercayaan dan khawatir untuk membeli bensin di Pertamina untuk kendaraan mereka.

    Termasuk mobil Maung Garuda kepergok isi bensin di Shell, seperti dilansir dari Kompas.com.

    Viral video mobil Maung Garuda yang biasa digunakan Presiden RI Prabowo Subianto sedang mengisi bahan bakar di Shell (Tangkapan layar X)

    Terkait video tersebut, pihak Istana Kepresidenan pun buka suara.

    Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi, angkat bicara terkait video viral yang menampilkan mobil MV3 Garuda Prabowo Subianto mengisi bensin di Shell. 

    Menurut Hasan, video tersebut sudah diambil sejak empat bulan yang lalu.

    “Coba cek itu video berapa bulan yang lalu. Itu sekitar empat bulan yang lalu,” kata Hasan saat dimintai konfirmasi Kompas.com, Jumat (28/2/2025) malam.

    Hasan menjelaskan, pengisian BBM bisa dilakukan di mana saja tanpa tendensi apa pun.

    Dia turut meluruskan bahwa mobil Maung Garuda tersebut diisi bensin di Shell sebelum Prabowo menjadi Presiden RI.

    “Mengisi BBM bisa di mana saja tanpa tendensi apapun,” tuturnya.

    “Itu sebelum jadi mobil Presiden. Belum ada pelat Indonesia 1 atau RI 1,” imbuh Hasan.

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

  • Potret Mobil Listrik Terbaru Toyota bZ3X yang Dijual Mulai Rp 246 Jutaan

    Sejam Dipesan 10 Ribu, Server Sampai Jebol

    Jakarta

    Toyota bZ3X resmi diluncurkan di China. Mobil listrik buatan perusahaan patungan GAC dan Toyota ini dipasarkan dengan harga mulai 109.800 yuan (15.100 USD) atau setara Rp 246 juta. Tak ayal mobil bertampang SUV ini pun laku keras, sejam setelah peluncuran mobil ini dipesan hingga 10 ribu unit.

    Dikutip Carnewschina, Toyota bZ3X ditawarkan dalam tujuh varian, di mana varian tertinggi dijual 159.800 yuan atau setara Rp 359,4 juta. Karena dibuat bersama merek dari China, Toyota bZ3X pun menggunakan basis dari mobil listrik GAC tipe Aion V. Sekitar 65% komponen bZ3X merupakan buatan China.

    Toyota bZ3X Foto: GAC Toyota

    Karena punya harga terjangkau, respons konsumen China terhadap Toyota bZ3X pun sangat luar biasa. Bahkan satu jam setelah peluncuran, mobil ini diklaim telah menerima pesanan online sekitar 10 ribu unit. Tak hanya itu, bahkan server website buat memesan mobil ini dikatakan sampai jeblok gara-gara banyaknya pengunjung yang mengakses.

    Maklum saja jika konsumen berbondong-bondong ingin membeli mobil ini. Soalnya Toyota memberi diskon untuk para pembeli awal bZ3X dengan potongan harga 5.000 yuan (700 USD) atau setara Rp 11 juta. Dengan potongan sebesar itu, tentunya harga mobil listrik jadi semakin menarik lagi.

    Sekadar informasi, saat ini Toyota sudah memiliki dua mobil listrik seri bZ di China, SUV bZ4X dan sedan bZ3 dikembangkan bersama BYD dengan dilengkapi motor listrik dan baterai BYD.

    Toyota bZ3X Foto: GAC Toyota

    Penjualan bZ4X sudah memang sudah dihentikan di China karena minim peminat, namun untuk penjualan bZ3 masih diteruskan. Bahkan pada bulan Januari 2025, perusahaan menjual 3.510 unit, naik 45% dari penjualan tahun lalu di periode yang sama.

    Tentu kehadiran Toyota bZ3X dan sambutan positif konsumen di negeri Tirai Bambu bisa menjadi kabar bagus bagi Toyota di tengah ketatnya persaingan mobil listrik di China.

    (lua/riar)