brand merek: Toyota

  • Denza D9 vs Toyota Alphard Cs, Mana Lebih Laris?

    Denza D9 vs Toyota Alphard Cs, Mana Lebih Laris?

    Jakarta

    Denza D9 menjadi pendatang baru di segmen MPV premium. Lantas bagaimana penjualan Denza D9 dibandingkan Toyota Alphard dkk?

    Segmen MPV premium Tanah Air dalam dua bulan terakhir diramaikan Denza D9. Denza D9 merupakan MPV mewah di bawah naungan BYD Indonesia. Dari sisi dimensi, Denza D9 ini berada di satu segmen dengan Toyota Alphard, Lexus LM350h, hingga Hyundai Staria. Tapi sebagai pendatang baru, bagaimana performa penjualan Denza D9 dan rival-rivalnya itu?

    Mengutip data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Februari 2025, distribusi Denza D9 mencapai 912 unit. Distribusi tersebut hanya untuk satu varian yaitu D9 Advanced.

    Toyota Alphard. Foto: Grandyos Zafna

    Sementara Alphard, pada periode yang sama distribusinya tercatat mencapai 447 unit. Kembaran Alphard, Vellfire Hybrid mencatatkan distribusi sebanyak 100 unit. Berlanjut untuk Lexus LM350, dari dua varian yang ditawarkan, terjual sebanyak 74 unit secara wholesales.

    Hyundai Staria ditawarkan dalam dua varian yakni versi 7-seater dan 9-seater. Keduanya terdistribusi sebanyak 5 unit.

    Bila diperhatikan dari data distribusi tersebut, saat ini Denza D9 memang lebih unggul dibanding rival-rivalnya di awal kehadirannya. Biasanya, di segmen ini Alphard sangat mendominasi. Apakah Alphard bisa mempertahankan takhtanya atau justru disalip pendatang baru? Menarik untuk menanti persaingan antar MPV premium ini.

    Terlebih, Denza sudah menawarkan opsi baterai sebagai sumber tenaganya. Sementara rival-rival di atas masih mengusung mesin konvensional, beberapa model dipadukan dengan teknologi hybrid.

    Denza mencakup Three Electric Motors, Rear Wheel Steering, CTB (Cell to Body), dan VMC (Vehicle Motion Control), menciptakan performa yang unggul dalam berbagai kondisi berkendara.

    Denza D9 juga dilengkapi dengan DiSus intelligent body control system, teknologi ini mencakup DiSus-C sebagai suspensi aktif yang dapat mendukung stabilitas di semua kondisi perjalanan, serta DiSus-A yang memberikan penyesuaian dinamis guna menghadirkan kenyamanan maksimal dan kemampuan off-road yang optimal. LiDAR, teknologi berbasis laser yang memindai lingkungan sekitar kendaraan dengan akurasi tinggi, mampu mendeteksi objek dan jarak secara real-time.

    Denza D9 menggendong baterai berkapasitas 103,36 kWh. Jarak tempuhnya diklaim bisa mencapai 600 km dalam pengujian NEDC. Di atas kertas, Denza D9 bisa memuntahkan tenaga 230 kW dan torsi 360 Nm.

    Pada hal safety, Denza D9 telah disematkan 8 airbags untuk keamanan optimal. Mobil ini juga memiliki sistem Auto Emergency Brake. Bodi kendaraan dari Denza D9 telah menggunakan hampir 80% baja berkekuatan tinggi, diperkuat oleh balok anti tabrakan depan ganda, secara signifikan meningkatkan keselamatan secara keseluruhan.

    (dry/rgr)

  • Penjualan Mobil Meroket, Siap-Siap Mudik Lebaran?

    Penjualan Mobil Meroket, Siap-Siap Mudik Lebaran?

    Jakarta: Penjualan mobil di Indonesia tercatat mengalami peningkatan. Data terbaru menunjukkan, penjualan mobil nasional sampai Februari 2025 mencapai 134.227 unit. 
     
    Dari angka itu, Astra mencatatkan penjualan sebanyak 73.077 unit, dengan pangsa pasar yang fantastis, yaitu 54 persen.
    Data penjualan mobil Astra
    Penjualan Toyota dan Lexus mencapai 24.506 unit, naik dari bulan sebelumnya yang sebesar 22.132 unit.
     
    Sementara untuk merek Daihatsu mengalami peningkatan, dari 9.983 unit di Januari menjadi 11.959 unit di Februari.

    Sedangkan untuk Isuzu dan UD Trucks penurunan penjualan. Penjualan Isuzu turun dari 2.206 pada bulan lalu menjadi 1.903 pada Februari 2025. Lalu untuk UD Trucks turun dari 210 unit di Januari menjadi 178 unit di Februari.
     
    Namun secara keseluruhan, penjualan mobil Astra di Februari 2025 mengalami kenaikan. Pada bulan Februari total penjualan mobil astra mencapai 38.546 unit, dari bulan sebelumnya yang hanya 34.531 unit.
     

    Market share Astra setengah Pasar mobil Indonesia
    Pangsa pasar Astra di Februari 2025 mencapai 53 persen. Secara total dari bulan januari dan februari 2025, market share astra mencapai 5 persen. Ini menunjukkan dominasi Astra di pasar otomotif Indonesia.
     
    “Pangsa pasar mobil Astra hingga Februari 2025 tercatat 54%. Momentum libur Lebaran yang akan datang diharapkan dapat mendorong permintaan kendaraan, seiring dengan meningkatnya aktivitas masyarakat untuk dapat menjadi solusi mobilitas yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” ujar Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto dalam keterangannya yang diterima Medcom.id.
     
    Momentum Lebaran yang sebentar lagi tiba diprediksi bakal jadi pendorong utama penjualan mobil. Banyak orang yang ini mudik dengan kendaraan pribadi, sehingga permintaan mobil mengalami peningkatan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Kabar Terbaru Kiamat Driver Online, Wabahnya Makin Meluas

    Kabar Terbaru Kiamat Driver Online, Wabahnya Makin Meluas

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kemunculan kendaraan otomatis tanpa awak atau kerap disebut autonomous vehicle (AV) kian menjamur. Waymo milik Alphabet merupakan salah satu pelopornya dan paling kencang mengekspansi layanan taksi otomatis (robotaxi) di Amerika Serikat (AS).

    Selasa (11/3) kemarin, Waymo kembali mengumumkan ekspansi layanan ke area yang lebih luas di sekitar San Francisco Bay Area. Waymo kini bisa mengantar penumpang di sekitar Mountain View, Los Altos, Palo Alto, dan beberapa bagian Sunnyvale, California.

    Waymo pertama kali membuka layanannya untuk publik di San Francisco pada Juni lalu, tetapi area yang dilayani masih sangat terbatas kala itu.

    “Membuka layanan ride-hailing otomatis kami di Silicon Valley merupakan pencapaian spesial bagi perjalanan kami di Bay Area,” kata Product Chief Waymo Saswat Panigrahi dalam pernyataannya, dikutip Rabu (12/3/2025) dari CNBC International.

    Selain di area San Francisco, Waymo juga sudah meluncurkan layanan robotaxi komersialnya di Austin, Texas, beberapa saat lalu.

    Sementara itu, para pesaingnya seperti Tesla milik Elon Musk dan Zoox milik Amazon, masih dalam tahap uji coba dan pengembangan untuk dapat membawa penumpang umum di jalanan.

    Sebelum ekspansi, Waymo mengatakan robotaxi-nya sudah melayani 200.000 perjalanan berbayar per minggu di area San Francisco, Los Angeles dan Phoenix.

    Raja Robotaxi Bermunculan di China dan AS

    Tren robotaxi ini turut memunculkan nama-nama baru di industri otomotif yang fokus menggarap robotaxi. Selain Waymo, ada juga Cruise, Didi Chixing, Baidu Apollo, WeRide, AutoX, SAIC Motor, Pony.ai, Zoox, hingga Tesla.

    China menjadi salah satu negara yang paling ambisius menggarap proyek robotaxi dan mobil tanpa sopir secara umum.

    Pada Februari lalu, raksasa mesin pencari Baidu asal China dan raksasa baterai mobil listrik CATL berkolaborasi untuk mengembangkan kendaraan tanpa sopir yang kompetitif.

    Lebih spesifik, keduanya akan mengembangkan dan mengimplementasikan daya baterai CATL, produk dan layanan pencadangan baterai, serta teknologi chassis yang dibutuhkan pada kendaraan otomatis.

    Laporan Reuters pada 2024 lalu menyebut saat ini ada 19 kota di China yang sudah mengimplementasikan pengujian robotaxi dan robobus.

    Apollo Go mengatakan berencana untuk mengoperasikan 1.000 robotaxi di Wuhan pada akhir tahun ini. Perusahaan juga ingin berekspansi di 100 kota pada 2030 mendatang.

    Pony.ai yang dibekingi Toyota Motor dari Jepang mengoperasikan 300 robotaxi. Perusahaan berencana mengoperasikan 1.000 robotaxi pada 2026 mendatang.

    Vice President Pony.ai mengatakan robotaxi membutuhkan waktu 5 tahun untuk mendulang profit yang berkelanjutan. Pada poin itu, perusahaan akan berekspansi secara besar-besaran.

    WeRide diketahui sebagai perusahaan taki otomatis, bus, dan penyapu jalan. AutoX yang dibekingi Alibaba Group sudah beroperasi di Beijing dan Shanghai. Sementarai SAIC telah mengoperasikan robotaxi sejak akhir 2021 lalu.

    “Kami melihat adanya percepatan di China. Kini percepatan itu digenjot dengan penerbitan izin,” kata Managing Director Boston Consulting Group, Augustin Wegscheider.

    “AS bersikap lebih bertahap untuk penerapan taksi otomatis,” kata dia.

    Seperti dijelaskan sebelumnya, Waymo adalah satu-satunya perusahaan yang sudah mengoperasikan robotaxi di AS. Saat ini, perusahaan telah memiliki 1.000 kendaraan di San Francisco, Los Angeles, dan Phoenix.

    Satu sumber dalam mengatakan perusahaan akan menumbuhkan operasionalnya hingga ribuan awak dalam waktu dekat.

    Cruise yang dibekingi General Motors mengulangi pengujian pada April lalu setelah salah satu kendaraannya menabrak area pejalan kaki pada tahun lalu.

    Cruise mengatakan operasionalnya akan fokus pada tiga kota dan mengutamakan keamanan. Waymo tak merespons permintaan komentar terkait fenomena ini.

    “Ada perbedaan signifikan soal keamanan di China dan AS. Pengembang robotaxi dicerca masalah keamanan yang lebih tinggi di AS,” kata mantan CEO Waymo John Krafcik.

    Sejatinya, robotaxi juga menghadapi isu keamanan di China. Namun, otoritas lebih mudah mengeluarkan izin uji coba demi mendukung tujuan ekonomi.

    Jutaan Sopir Terancam Nganggur

    China memiliki 7 juta sopir online yang terdaftar. Angka itu jauh lebih besar ketimbang 4,4 juta orang pada 2 tahun lalu.

    Data menunjukkan banyak orang beralih menjadi sopir online di tengah sulitnya bursa kerja karena kelesuan ekonomi. Efek samping robotaxi akan menimbulkan kekhawatiran baru bagi para pekerja tersebut.

    Pada Juli lalu, diskusi soal hilangnya pekerjaan karena robotaxi menjadi trending di media sosial. Banyak orang bertanya-tanya “apakah mobil tanpa awak akan mencuri mata pencarian para sopir taksi?”.

    Liu Yi (36 tahun) adalah salah satu dari 7 juta sopir online di China yang khawatir akan kehilangan pekerjaan. Pria yang berdomisili di Wuhan tersebut mulai bekerja paruh waktu sebagai sopir online pada tahun ini. Liu dan banyak sopir online lainnya khawatir soal masuknya sistem Full Self-Driving (FSD) milik Tesla ke China, yang akan mempercepat ‘kiamat’ driver online di negara tersebut.

    Sopir lainnya bernama Wang Guoqiang (63 tahun) melihat ancaman besar di depan mata dari inovasi teknologi.

    “Ride-hailing adalah pekerjaan untuk kelas bawah,” kata dia.

    “Jika Anda membunuh industri ini. Apa yang tersisa bagi kami?” ia bertanya.

    (fab/fab)

  • Komunitas Fortuner Bantu Korban Banjir

    Komunitas Fortuner Bantu Korban Banjir

    Jakarta

    Beberapa wilayah di Jabodetabek sempat terendam banjir belum lama ini. Komunitas pencinta Toyota Fortuner, ID42NER, turut mengulurkan tangan untuk membantu korban banjir.

    ID42NER menyalurkan bantuan sosial bagi korban banjir. Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Presiden ID42NER Djoko Wiyono bersama Ketua Chapter Bekasi, Miftahul Rizki, kepada warga terdampak di Desa Bojong Kulur, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

    Presiden ID42NER Djoko Wiyono mengatakan donasi kegiatan baksos ini terkumpul dari seluruh anggota ID42NER se-Indonesia. Bantuan untuk para warga korban banjir beragam, mulai dari sembako, alat-alat kebersihan, hingga obat-obatan.

    “Bantuan kami diterima langsung oleh Kepala Desa Bojong Kulur, Firman Riansyah SE, yang disaksikan oleh jajaran perangkat desa setempat,” kata Presiden ID42NER Djoko Wiyono dalam siaran persnya.

    Berdasarkan penjelasan perangkat desa, banjir yang melanda Desa Bojong Kulur menyebabkan dampak signifikan bagi warga setempat. Berdasarkan data sementara, ratusan rumah warga terendam air dengan ketinggian 1 meter hingga 4 meter di beberapa titik. Selain itu, puluhan keluarga terpaksa mengungsi ke posko darurat akibat kondisi rumahnya tidak dapat dihuni.

    Selain itu, infrastruktur desa, termasuk akses jalan dan fasilitas umum, juga mengalami kerusakan cukup parah.

    “Jumlah KK yang terdampak banjir kemarin sebanyak 4.971 KK. Total ada 20 RW dengan populasi sekitar 20 ribu warga,” kata Djoko mengutip keterangan perangkat Desa Bojong Kulur.

    “Komunitas otomotif ID42NER berharap bahwa bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir serta menjadi bentuk solidaritas antar sesama. Komunitas ini juga terus berkomitmen untuk berkontribusi dalam berbagai kegiatan sosial di masa mendatang,” ujarnya.

    Komunitas ID42NER aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan di Indonesia. Selain menjadi wadah bagi para penggemar otomotif, komunitas ini juga berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat.

    (rgr/dry)

  • Toyota Setrum C-HR Jadi Mobil Listrik, Jarak Tempuh hingga 600 Km

    Toyota Setrum C-HR Jadi Mobil Listrik, Jarak Tempuh hingga 600 Km

    Jakarta

    Toyota C-HR kini disetrum menjadi mobil listrik. Toyota resmi memperkenalkan mobil listrik C-HR+.

    Toyota C-HR+ dijadwalkan untuk diluncurkan di pasar Eropa tertentu pada akhir tahun 2025. Selanjutnya, pada 2026 mobil ini baru bakal dijual secara merata di seluruh Eropa.

    Toyota C-HR+ terinspirasi oleh Toyota C-HR yang mengusung mesin bensin dan hybrid. Mobil ini dibangun berdasarkan filosofi kendaraan listrik bertenaga baterai e-TNGA Toyota juga memiliki bodi dan interior yang unik.

    Pada tampilan tiga perempat bagian depan, gaya yang bersih dan modern dengan jelas mengidentifikasikannya sebagai mobil listrik kontemporer Toyota. Sementara posisi yang lebar menunjukkan jenis berkendara dinamis seperti Toyota C-HR. Desain bemper depan, gril, dan lampu depan semuanya eksklusif untuk model ini, sementara siluet crossover coupe tampil ramping dan aerodinamis.

    Gaya mobil ditekankan oleh garis karakter yang khas: tegas di bagian belakang, menyatu dengan mulus ke dalam desain bagian depan. Tampilannya juga sama khasnya di bagian belakang, lagi-lagi dengan posisi yang lebar dan lampu kombinasi belakang LED.

    Toyota C-HR+ Foto: Dok. Toyota

    Beralih ke interior, kabinnya modern dan ramping sehingga menciptakan nuansa terbuka. Dengan panjang keseluruhan 4.520 mm, jarak sumbu roda memanjang hingga 2.750 mm, Toyota C-HR+ tetap menyajikan kenyamanan. Dimensi itu membantu mengamankan akomodasi yang luas dengan ruang kepala yang luas.

    Toyota C-HR+ Foto: Dok. Toyota

    Toyota menawarkan dua opsi baterai untuk C-HR+. Ada baterai 57,7 kWh dengan penggerak roda depan, serta baterai 77 kWh untuk penggerak roda depan dan penggerak semua roda. Sekali cas sampai penuh, Toyota mengklaim mobil ini bisa menjangkau jarak hingga 600 km.

    Toyota C-HR+ versi AWD bakal memiliki tenaga 252 kW, memungkinkan akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,2 detik. Model berpenggerak roda depan dengan baterai 57,7 kWh menghasilkan tenaga 123 kW, dan baterai 77 kWh berpenggerak roda depan tenaganya naik menjadi 165 kW.

    Mobil ini ditawarkan dengan pengisi daya onboard 11 kW dan ada unit 22 kW. Pengisian daya cepat arus DC bisa sampai 150 kW.

    (rgr/dry)

  • Debut Global, Inilah Mobil Listrik Toyota C-HR+ dengan Jarak Tempuh 600 Km

    Debut Global, Inilah Mobil Listrik Toyota C-HR+ dengan Jarak Tempuh 600 Km

    JAKARTA – Toyota tampaknya sangat serius dan tak mau ketinggalan gerbong dalam memperluas pasar mobil listriknya, terbaru dan menjadi debut global yaitu Toyota C-HR+ serba listrik yang menyasar pasar SUV di Eropa.

    Terinspirasi dari SUV C-HR yang sukses besar di Eropa, mobil ini menampilkan garis tegas yang ramping dan menarik perhatian, serta hadir dengan karakter yang benar-benar menyenangkan, dan menawarkan kepraktisan kenyamanan yang memang menjadi prioritas.

    “Mobil ini telah dikembangkan dari konsep SUV Kompak yang diperkenalkan Toyota pada tahun 2022 sekaligus juga mengusung kualitas-kualitas penting yang telah menjadikan Toyota C-HR sukses besar, dengan penjualan lebih dari satu juta unit di Eropa dalam dua generasi,” bunyi pernyataan perusahaan, dikutip dari laman resminya, Rabu, 12 Maret.

    Dijadwalkan untuk diluncurkan di pasar-pasar Eropa tertentu pada akhir tahun 2025, dengan peluncuran penuh ke semua pasar Eropa mulai tahun 2026, mobil ini akan bergabung dengan Urban Cruiser baru dan bZ4X baru untuk memberi Toyota jajaran produk yang menarik di seluruh segmen B, C, dan D-SUV BEV.

    Pengenalannya akan semakin memperkuat strategi multi-jalur Toyota, yang menggabungkan kendaraan hybrid, plug-in hybrid, dan kendaraan listrik sel bahan bakar hidrogen, untuk menghasilkan pengurangan emisi kendaraan yang berkelanjutan guna mencapai netralitas karbon di Eropa pada tahun 2035.

    Lantas bagaimana spesifikasinya?

    Desain

    Meskipun terinspirasi oleh Toyota C-HR, model yang terus meraih kesuksesan luar biasa dalam menarik pelanggan baru ke merek tersebut, Toyota C-HR+ jelas merupakan model yang unik. Mobil ini dibangun berdasarkan filosofi kendaraan listrik bertenaga baterai e-TNGA Toyota dan memiliki bodi serta interior yang unik. Mobil ini menghadirkan tampilan yang bersih dan bersemangat yang pada dasarnya terlihat sederhana, tetapi memiliki kualitas emosional yang kuat untuk memikat hati dan pikiran. Desain bemper depan, gril, dan lampu depan semuanya eksklusif untuk model ini, sementara siluet coupe-crossover yang ramping terlihat khas dan aerodinamis. Garis atap coupe yang menonjol dibuat tanpa mengurangi ruang kepala untuk penumpang kursi belakang.

    Tampilannya juga sama khasnya pada bagian belakang, dengan posisi lampu yang lebar dan kombinasi serba LED membuatnya terlihat sporty. Sudut jendela belakang yang curam dan spoiler yang terintegrasi dengan rapi semakin menegaskan tampilan yang dinamis. Dengan panjang keseluruhan 4.520 mm, jarak sumbu roda memanjang hingga 2.750 mm, ini membantu mengamankan akomodasi yang luas dengan ruang kepala yang luas dan jarak antara jok depan-belakang 900 mm.

    Fitur

    Fitur yang disematkan pada model ini dihadirkan untuk menjadikan kendaraan sebagai ruang bersama, bukan hanya tentang pengemudi. Oleh karena itu, penyediaan, misalnya, dua pengisi daya ponsel cerdas nirkabel dan port USB kabin belakang untuk memastikan semua orang di dalam mobil dapat terhubung saat bepergian, kontrol AC kabin belakang dan atap panorama yang membawa cahaya alami ke semua bagian interior.

    Tenaga dan Performa

    Toyota C-HR+ menawarkan dua pilihan baterai yang berbeda. Unit 57,7 kWh (kapasitas kotor) akan menjadi eksklusif untuk model penggerak roda depan dan baterai 77 kWh berkapasitas lebih tinggi akan tersedia untuk powertrain penggerak roda depan dan semua roda. Jangkauan maksimum menurut siklus berkendara WLTP adalah hingga 600 km. Versi AWD diharapkan menghasilkan tenaga 343 hp yang memungkinkan mobil melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam 5,2 detik. Model penggerak roda depan dengan baterai 57,7 kWh akan menghasilkan tenaga 167 hp dengan memilih baterai 77 kWh, tenaga akan meningkat menjadi 224 hp.

    Opsi penggerak semua roda menegaskan status Toyota C-HR+ sebagai SUV asli. Sistem ini meningkatkan cengkeraman dan traksi serta membantu memanfaatkan torsi dan tenaga ekstra yang menjadi ciri khas BEV. Hal ini berkontribusi pada keselamatan dan kesenangan berkendara yang lebih besar. Pengisi daya internal 11 kW disediakan sebagai standar, dengan unit 22 kW disediakan dari High grade. Pengisian daya DC cepat dapat mencapai kecepatan hingga 150 kW.

    Ketenangan kepemilikan

    Pelanggan, khususnya mereka yang membeli BEV untuk pertama kalinya, dapat yakin bahwa Toyota C-HR+ memiliki semua Kualitas, Daya Tahan, dan Keandalan yang menjadi ciri khas merek tersebut. Hal ini tercermin dalam Program Perawatan Baterai yang mencakup baterai setiap tahun hingga usia kendaraan 10 tahun atau hingga jarak tempuh satu juta kilometer, tergantung pada pemeriksaan kesehatan baterai tahunan.

  • Penampakan 5 Mobil Mewah Milik Direktur Persiba Balikpapan Disita Polisi, Terjerat Kasus TPPU – Halaman all

    Penampakan 5 Mobil Mewah Milik Direktur Persiba Balikpapan Disita Polisi, Terjerat Kasus TPPU – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, Balikpapan – Polisi telah menyita lima mobil mewah dan dua sepeda motor milik Direktur Persiba Balikpapan, Catur Adi Prianto, yang terjerat dalam kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

    Penyitaan ini dilakukan setelah Catur ditangkap oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri terkait dugaan penyalahgunaan narkotika.

    Kendaraan yang disita terdiri dari, 1 unit mobil Lexus berwarna merah, 1 unit mobil Honda Civic berwarna hitam, 1 unit mobil Mustang GT hitam, 1 unit mobil Honda Freed berkelir putih serta 1 unit Toyota Alphard Putih. 

    Termasuk juga, 1 unit motor Honda Scoopy berwarna hijau dan 1 unit motor matic Royal Alloy putih. 

    Menurut Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yuliyanto, barang bukti tersebut telah terparkir rapi di halaman Polda Kaltim.

    “Bareskrim Mabes Polri meminta Polda Kaltim mengamankan barang bukti yang disita terkait kasus TPPU,” ujarnya, Selasa (11/3/2025).

    Latar Belakang Penangkapan

    Catur Adi Prianto ditangkap setelah terungkapnya kasus penyalahgunaan narkotika dalam razia di Lapas Kelas II A Balikpapan pada 27 Februari 2025.

    Penangkapan ini juga melibatkan sembilan narapidana yang diduga terlibat dalam peredaran narkoba.

    Dari razia tersebut, polisi berhasil mengamankan 69 gram narkoba jenis sabu.

    “Info peredaran narkotika mencapai 3 kg, dan salah satu tempat peredarannya adalah Lapas. Saat razia, kami menemukan 69 gram narkoba,” jelas Kombes Yuliyanto.

    Proses Hukum Berlanjut

    Saat ini, sembilan narapidana yang terlibat sedang dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus TPPU yang melibatkan Catur.

    Mereka kini berada di Bareskrim Polri untuk proses lebih lanjut.

    Terkait keterlibatan pihak lapas, Yuliyanto menyatakan bahwa hasil penyidikan akan menentukan siapa saja yang terlibat.

    “Petugas lapas akan diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi. Kita tunggu hasil pemeriksaan,” pungkasnya.

    Polisi masih melanjutkan penyelidikan untuk menelusuri aliran dana hasil peredaran narkoba yang diduga melibatkan Catur Adi Prianto.

    (TribunKaltim.co/Dwi Ardianto)

    Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).

  • Penjualan Mobil di Indonesia Naik, Toyota Masih Sulit Digusur

    Penjualan Mobil di Indonesia Naik, Toyota Masih Sulit Digusur

    Jakarta

    Penjualan mobil pada Februari 2025 mengalami kenaikan dibanding Januari 2025. Hal ini menuai optimisme di tengah lesunya pasar otomotif Tanah Air belakangan ini.

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) dan retail sales (penjualan dari dealer ke konsumen) pada bulan Februari mengalami kenaikan. Wholesales naik sampai 16,7 persen dibanding Januari 2025, sementara retail sales naik 9,1 persen.

    Sepanjang bulan Februari 2025, penjualan mobil secara wholesales tercatat sebanyak 72.295 unit, naik dari 61.932 unit pada bulan sebelumnya. Sedangkan penjualan secara retail tercatat sebanyak 69.872 unit pada Februari 2025, naik dari 64.029 unit di Januari 2025.

    Sementara itu, merek terlaris masih dipegang oleh Toyota. Toyota mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 24.397 unit pada Februari 2025 dan retail sales 22.222 unit. Daihatsu menempati urutan kedua dengan wholesales 11.959 unit dan retailsales 12.501 unit.

    10 Merek Mobil Terlaris Februari 2025

    Wholesales

    Toyota: 24.397 unitDaihatsu: 11.959 unitHonda: 8.757 unitMitsubishi Motors: 6.684 unitSuzuki: 4.750 unitHyundai: 2.226 unitMitsubishi Fuso: 2.226 unitWuling: 1.935 unitIsuzu: 1.903 unitHino: 1.567 unit.

    Retailsales

    Toyota: 22.222 unitDaihatsu: 12.501 unitHonda: 7.754 unitMitsubishi Motors: 6.176 unitSuzuki: 5.068 unitHyundai: 2.153 unitIsuzu: 2.149 unitMitsubishi Fuso: 2.147 unitWuling: 2.033 unitHino: 1.967 unit.Untung Ada Insentif

    Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara mengatakan, penjualan mobil pada Januari 2025 sempat turun lantaran adanya ketidakpastian soal opsen pajak. Alhasil, konsumen banyak yang menunda pembelian kendaraan.

    Untungnya, ada insentif pajak yang diberikan sejumlah daerah. Keberadaan insentif itu membuat pajak yang harus dikeluarkan pemilik kendaraan cenderung sama sekalipun kena opsen dengan tarif 66 persen. Di sisi lain, menurut Kukuh, jika Pemda mau menahan untuk tidak menerapkan opsen pada kendaraan baru, penjualan bisa meningkat. Pemasukan pajak daerah pun bisa terkerek.

    “Dengan makin banyak mobil yang dijual, maka pemda dapat pendapatan pajak yang setimpal. Tapi kalau penjualannya menurun, pendapatan pemda juga akan menurun,” tutur Kukuh seperti dikutip Antara.

    (rgr/dry)

  • Kia Pakai Iklan Mobil Listrik Nyeleneh, Singgung Elon Musk Edan!

    Kia Pakai Iklan Mobil Listrik Nyeleneh, Singgung Elon Musk Edan!

    Jakarta

    Citra negatif Tesla imbas sikap politik Elon Musk sedang hangat diperbincangkan. Brand asal Korea Selatan, Kia, diduga memanfaatkan situasi tersebut dengan mengunggah iklan yang nyeleneh.

    Dikutip dari Carscoops dan Inside EV, Rabu (12/3/2025), Kia baru saja mencuri sorotan di Norwegia. Bukan peluncuran produk mobil listrik baru, tapi langkah pemasaran yang berani: Kia Norwegia mempromosikan SUV listrik EV3 dengan menampilkan stiker “i bought this after elon went crazy” atau yang berarti “saya membeli ini setelah elon menjadi gila”.

    Postingan itu dihapus setelah iklan tersebut mendapat respons yang tidak diinginkan dari berbagai outlet media sosial, termasuk salah satu dari investor Tesla terkenal Sawyer Merritt.

    Postingan yang diunggah bulan lalu itu sudah dihapus pada 10 Maret 2025. Materi tersebut tidak mewakili Kia secara global.

    “Kia Corporation mengetahui sebuah postingan media sosial oleh Kia Norwegia, yang sejak itu telah dihapus,” kata Kia dalam sebuah pernyataan setelah penghapusan postingan tersebut dikutip dari Korea JoongAng Daily.

    “Unggahan itu adalah inisiatif lokal yang sepenuhnya independen yang tidak mencerminkan posisi Kia Eropa atau Kia Corporation,” tambahnya lagi.

    Kia beroperasi di Norwegia melalui Kia Bil Norge AS, yang bertanggung jawab untuk mengimpor dan mendistribusikan kendaraan Kia di negara tersebut. Perusahaan ini adalah anak perusahaan dari Bertel O. Steen AS, sebuah grup otomotif Norwegia terkemuka.

    Kemunculan kelompok Anti Elon Musk belakangan ini jadi perbincangan hangat. Gelombang protes, pembakaran infrastruktur, hingga vandalisme terhadap Tesla. Hal ini terjadi sejak Elon Musk mendapat jabatan di pemerintah AS dan sederet sikap politiknya.

    Imbasnya para pengguna mobil Tesla mengganti logo dengan merek lain. Salah satu contohnya Cybertruck menggunakan merek Toyota, seperti pada model Hilux.

    Mengutip Business Insider, salah satu penjual stiker, Hiller menyebut penjualan stiker anti Elon Musk melonjak dalam beberapa minggu terakhir. Ia mengaku menjual antara 400 dan 500 stiker bertuliskan ‘Elon Killed My Resale Value’ dalam sehari.

    “Mereka berada dalam posisi tidak dapat menjual mobil Tesla secara finansial dan mereka terjebak dengan mobil itu. Mereka tidak dapat menjualnya karena nilainya telah turun dan mereka tidak akan mendapatkan keuntungan yang diinginkan,” katanya.

    Musk belum berbicara tentang meningkatnya protes secara keseluruhan, tetapi dalam menanggapi video seorang pria yang merusak Tesla, yang diposting oleh pihak berwenang di Massachusetts.

    “Merusak properti orang lain, alias vandalisme, bukanlah kebebasan berbicara!” cuit Musk.

    (riar/rgr)

  • Mobil Pejabat Dinas Sosial Trenggalek Jatim Hantam Motor dan Gapura, Menewaskan 2 Orang – Halaman all

    Mobil Pejabat Dinas Sosial Trenggalek Jatim Hantam Motor dan Gapura, Menewaskan 2 Orang – Halaman all

    Laporan Wartawan TribunJatim.com Sofyan Arif

    TRIBUNNEWS.COM, TRENGGALEK – Mobil Toyota Innova Reborn plat merah bernomor polisi AG 1817 ZP, yang merupakan kendaraan dinas Kepala Dinas Sosial Trenggalek, terlibat dalam kecelakaan di Jalan Nasional Tulungagung-Trenggalek. Kejadian ini terjadi tepatnya di Desa Ngetal, Kecamatan Pogalan, pada Selasa (11/3/2025) pukul 14.00 WIB.

    Mobil tersebut menabrak sebuah sepeda motor, mengakibatkan dua orang meninggal dunia.

    Kanit Gakkum Satlantas Polres Trenggalek, Ipda Dwi Siswo, menjelaskan bahwa mobil tersebut awalnya melaju dari arah Tulungagung menuju Trenggalek. Saat tiba di lokasi kejadian, kendaraan tiba-tiba oleng ke kanan.

    “Sayangnya, dari arah berlawanan melaju sepeda motor Honda Vario bernomor polisi AG 3695 PAD, sehingga benturan tidak bisa dihindarkan,” ujar Dwi.

    Mobil terus oleng ke kanan hingga akhirnya menabrak gapura di sisi kanan jalan.

    “Berdasarkan analisis TKP awal, sopir mobil mengalami kantuk sehingga tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya,” kata Dwi, Selasa (11/3/2025).

    Mobil tersebut dikendarai oleh Nur Rizal Dani Saputro dengan lima penumpang, sedangkan sepeda motor dikendarai oleh Ponidi (50) yang membonceng Martini (56).

    Akibat kecelakaan tersebut, mobil mengalami ringsek di bagian depan, sementara sepeda motor mengalami kerusakan parah di seluruh bagian bodi. Sopir mobil dan penumpangnya selamat, namun dua pengendara sepeda motor, yang merupakan warga Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, meninggal dunia.

    “Keduanya sempat dilarikan ke RSUD Dr. Soedomo Trenggalek, tetapi tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia,” pungkasnya.