brand merek: Toyota

  • Industri Otomotif Terancam, Trump Diminta Hentikan Tarif Impor Otomotif 25%

    Industri Otomotif Terancam, Trump Diminta Hentikan Tarif Impor Otomotif 25%

    Bisnis.com, JAKARTA – Pelaku usaha di negara bagian Amerika Serikat (AS), Michigan, mendesak Presiden Donald Trump menghentikan rencana penerapan tarif 25% untuk impor kendaraan dan suku cadang impor.

    Kebijakan itu dinilai dapat membuat harga kendaraan melonjak signifikan, gangguan rantai pasok, hingga ancaman terhadap pekerja yang banyak bekerja di sektor otomotif.

    “Peningkatan biaya akan menyebabkan gangguan signifikan di seluruh rantai pasokan, dan mungkin yang paling penting menyebabkan kenaikan harga yang signifikan terhadap biaya kendaraan bagi konsumen Amerika,” kata Kamar Dagang Regional Detroit dan MichAuto, sebuah asosiasi otomotif dan mobilitas dalam suratnya, mengutip Reuters, Selasa (1/4/2025).

    Selain itu, Kamar Dagang Regional Detroit menyebut kebijakan ini dapat berdampak terhadap kelas pekerja. Mengingat di Michigan, satu dari lima pekerjaan terkait dengan otomotif. Belum lagi, kata asosiasi tersebut, sektor otomotif menyumbang sekitar US$300 miliar bagi perekonomian Michigan setiap tahunnya.

    Asosiasi ini mengatakan, kebijakan tersebut akan merusak industri otomotif dan perekonomian negara bagian, mengingat ada lebih dari 1.000 pemasok otomotif yang berpusat di Michigan.

    “Kebijakan tarif yang diusulkan akan meningkatkan harga, menurunkan permintaan konsumen, dan dengan demikian, menurunkan profitabilitas perusahaan kami, yang secara langsung berdampak pada pekerja keras Amerika yang merakit kendaraan ikonik tersebut,” tambah surat itu.

    Harga kendaraan baru yang lebih tinggi dikhawatirkan dapat mendorong beberapa pemilik untuk mempertahankan kendaraannya lebih lama, sehingga mengerek harga mobil bekas.“Peningkatan biaya kendaraan ini akan ditanggung secara tidak proporsional oleh keluarga kelas pekerja dan kelas menengah,” katanya.

    Menanggapi hal itu, Juru Bicara Gedung Putih Kush Desai mencatat produsen mobil seperti Hyundai, telah mengumumkan investasi baru di AS dan menyatakan bahwa investasi tersebut, hingga seruan Trump untuk pengurangan pajak baru akan memcu pertumbuhan manufaktur dan lapangan kerja.

    Sementara itu, kelompok yang mewakili General Motors, Ford, Toyota, Stellantis, dan lainnya memperingatkan bahwa kebijakan itu akan menaikkan biaya kendaraan. Hyundai bahkan telah menginfokan dealer mobil bahwa mereka mungkin perlu menyesuaikan harga jika kebijakan tarif impor 25% diberlakukan. 

    Sebagaimana diketahui, Trump berencana menerapkan tarif 25% untuk impor kendaraan dan suku cadang impor. Trump mengatakan, tarif akan mulai berlaku pada tanggal 2 April 2025 dan AS akan mulai mengenakannya sehari kemudian.

    Mengutip Bloomberg, Gedung Putih mengatakan tarif akan berlaku tidak hanya untuk mobil yang sudah dirakit sepenuhnya tetapi juga suku cadang mobil utama, termasuk mesin, transmisi, suku cadang mesin penggerak, dan komponen listrik. 

    Daftar tersebut dapat diperluas dari waktu ke waktu untuk mencakup suku cadang tambahan. Trump menyatakan tarif tersebut permanen dan dia tidak tertarik untuk menegosiasikan pengecualian apa pun.

  • Waspada Perang Dagang AS-China, Industri Otomotif Nasional Harap Insentif – Page 3

    Waspada Perang Dagang AS-China, Industri Otomotif Nasional Harap Insentif – Page 3

    Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyoroti peluang Indonesia untuk memperkuat industri otomotif domestik melalui kebijakan tarif resiprokal yang direncanakan oleh Amerika Serikat.

    Dengan membangun kerja sama yang erat dengan negara-negara di kawasan selatan (global south), Indonesia dapat memanfaatkan momen ini untuk memperkuat posisinya dalam industri otomotif dunia.

    “Setiap tantangan pasti ada peluang, itu yang kita harus cari. Di antaranya bagaimana kita membangun aliansi di antara negara-negara global south,” ungkap Wakil Presiden Direktur TMMIN, Bob Azam, dikutip Jumat (21/3/2025).

    Kerja sama ini penting mengingat perbedaan pasar otomotif antara negara selatan dan negara utara, di mana negara utara sudah beralih ke bahan bakar dengan standar euro 6. Bob Azam menekankan bahwa Indonesia dapat menjalin kerja sama dengan negara-negara selatan seperti India dan Brasil untuk pertukaran bahan bakar etanol dan biosolar. Langkah ini tidak hanya mendukung industri otomotif tetapi juga memperkuat ketahanan energi nasional.

    Jika kita bisa bertukar dengan negara-negara tersebut, itu akan sangat menguntungkan. Kita bisa mendapatkan etanol dari mereka, dan mereka dapat memperoleh biosolar dari kita. Kerja sama seperti ini perlu dikembangkan ke depan, tambahnya.

    Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menandatangani memorandum yang mengarahkan pemerintahannya untuk menetapkan tarif resiprokal yang setara terhadap setiap mitra dagang asing.

    Donald Trump telah memutuskan bahwa demi keadilan, AS akan mengenakan tarif resiprokal, yang berarti berapa pun tarif yang dikenakan negara lain kepada AS, maka akan mengenakan tarif yang setara, tidak lebih dan tidak kurang. 

  • Bertemu Jokowi, Pratikno Bawa Cerita Keluarga Bukan Soal Politik

    Bertemu Jokowi, Pratikno Bawa Cerita Keluarga Bukan Soal Politik

    Solo, Beritasatu.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Pratikno mengunjungi Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) di kediamannya yang terletak di Jalan Kutai Utara Nomor 1, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah.

    Pratikno yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) tiba di kediaman Presiden Jokowi hanya berselang satu jam setelah kedatangan Didit Hediprasetyo Djojohadikusumo, putra dari Presiden Prabowo Subianto.

    Pratikno datang menggunakan mobil Toyota Alphard dan sempat menunggu sekitar 10 menit di ruang transit, karena Jokowi masih menerima kedatangan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, dan wakilnya, Eko Sapto Purnomo beserta istri mereka.

    Setelah rombongan Bupati Sukoharjo keluar, Pratikno masuk ke kediaman Presiden Jokowi untuk mengadakan pertemuan yang berlangsung hampir satu jam.

    Kepada awak media, Pratikno menjelaskan tidak ada pembahasan serius dalam pertemuan tersebut meskipun durasinya cukup lama.

    Pertemuan tersebut lebih banyak berfokus pada percakapan ringan, terutama mengenai keluarga.  

    “Hanya ngobrol soal cucu. Pak Jokowi menjadi saksi nikah tiga putri saya, jadi ya nanya, putri pertama sudah punya anak berapa, anak nomor dua dan nomor tiga, begitu,” kata Pratikno kepada wartawan, Senin (31/3/2025).

    Saat ditanya apakah ada pembicaraan terkait masalah pemerintahan, Pratikno menegaskan tidak ada pembahasan mengenai hal tersebut. 

    “Enggak lah (soal pemerintahan), pening-pening itu, wong Idulfitri loh,” ujarnya.

    Pratikno juga mengonfirmasi, ia tidak membawa pesan apa pun dari Presiden Prabowo Subianto untuk disampaikan kepada Jokowi. Hal ini dikarenakan kedua pemimpin tersebut memiliki komunikasi yang sangat baik, sehingga tidak diperlukan perantara dalam menyampaikan pesan.

    “Oh enggak (bawa pesan dari Presiden Prabowo). Wong Pak Jokowi sering ketemu Pak Presiden Prabowo langsung, jadi tidak perlu lewat siapa pun,” jelasnya.

    Mengenai tujuannya ke Solo, Pratikno menjelaskan kedatangannya ke kota ini sebenarnya adalah bagian dari mudik untuk berlebaran dengan ibunya di Bojonegoro. Karena jalur terdekat dari Jakarta menuju Bojonegoro melewati Solo, ia memutuskan untuk mampir ke kediaman Jokowi.

    “Saya ini kan dari Jakarta mau ke Bojonegoro sowan ibu saya, nah paling dekat lewat Solo. Namun, karena tidak ada tiket ke Solo jadi lewatnya landing di Semarang, terus mau ke Bojonegoro kan lewat Solo jadi sekalian,” pungkas Pratikno yang datang ke kediaman Jokowi di Lebaran.

  • Mudik Nyaman dan Irit Bareng Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

    Mudik Nyaman dan Irit Bareng Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

    Jakarta

    Pada momen mudik Lebaran Idulfitri tahun ini, tim detikOto kembali mengetes mobil sekaligus mengecek kesiapan jalur Tol Trans Jawa dalam program Ekspedisi Oto Jalur Mudik.

    Untuk perjalanan kali ini, detikOto mengandalkan Toyota Kijang Innova Zenix HEV. Mobil ini dipilih karena menawarkan kombinasi ideal untuk perjalanan jauh bersama keluarga, yakni kabin yang lega, kenyamanan kelas atas, dan konsumsi bahan bakar yang efisien.

    Rute yang ditempuh adalah perjalanan dari Jakarta menuju Yogyakarta, mayoritas melalui jalur bebas hambatan Tol Trans Jawa.

    Toyota Kijang Innova Zenix HEV Q Modellista yang dibawa tim detikOto untuk Ekspedisi Oto Jalur Mudik Jakarta-Jogja Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikcom

    Namun, bukan berarti perjalanan ini tanpa tantangan. Salah satu segmen yang cukup menguji adalah ruas tol Semarang-Salatiga, yang dikenal memiliki kontur jalan berbukit dan dominan menanjak.

    Menariknya, tantangan tersebut mampu dilibas tanpa kesulitan oleh Kijang Innova Zenix HEV. Berbekal teknologi hybrid yang sudah dikembangkan dan dipatenkan oleh Toyota, mobil ini mampu melakukan transisi tenaga antara mesin bensin dan motor listrik secara halus dan seamless, tanpa hentakan.

    Hasilnya, saat melahap jalur menanjak, mobil tetap responsif dan bertenaga tanpa mengorbankan efisiensi. Karakter torsi instan khas motor listrik sangat membantu saat harus melibas tanjakan, membuat perjalanan terasa ringan.

    Tak hanya bertenaga, konsumsi bahan bakarnya pun patut diacungi jempol. Perjalanan lebih dari 500 km dari Jakarta ke Jogja, dengan empat penumpang dewasa plus muatan barang bawaan, tercatat dapat tuntas dengan rata-rata konsumsi bbm di 19,2 km/liter. Catatan yang impresif untuk kendaraan di kelasnya.

    Kenyamanan perjalanan makin terasa berkat interior yang lapang dan mewah. Unit yang kami gunakan adalah varian tertinggi, Q Modellista, yang menawarkan berbagai fitur premium.

    Interior Toyota Kijang Innova Zenix Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

    Salah satunya adalah hadirnya captain seat dengan ottoman di baris kedua, memungkinkan penumpang untuk bersantai, merebahkan sandaran kursi, dan menopang kaki dengan nyaman sepanjang perjalanan.

    Ruang bagasi pun tak kalah memadai. Meski kursi baris kedua diatur dalam posisi paling mundur dan rebah, bagasi masih cukup luas untuk menampung lebih dari empat koper dan beberapa tas kecil tanpa kendala.

    Tak ketinggalan, fitur hiburan yang lengkap juga jadi penunjang utama kenyamanan selama perjalanan. Mulai dari sistem audio berkualitas tinggi hingga layar hiburan di bangku baris kedua, semuanya membuat pengalaman mudik kali ini terasa menyenangkan baik bagi penumpang maupun pengemudi.

    (mhg/din)

  • Merapat ke Posko Mudik Toyota! Bisa Pijat, Makan, sampai Main PS Gratis

    Merapat ke Posko Mudik Toyota! Bisa Pijat, Makan, sampai Main PS Gratis

    Jakarta

    Dari sekian banyak posko mudik yang hadir sepanjang mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini, satu yang paling menarik perhatian adalah Toyota Posko Siaga Cikampek KM 57.

    Tim detikOto berkesempatan mengunjungi posko mudik garapan Toyota ini saat menggelar Ekspedisi Oto Jalur Mudik 2025. Kebetulan, mobil yang kami gunakan adalah Toyota Kijang Innova Zenix HEV, sehingga dapat menikmati fasilitas posko secara maksimal.

    Toyota Posko Siaga di Rest Area KM 57 Cikampek Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Saat datang ke posko mudik Toyota ini, kita tak perlu repot parkir jauh dari lokasi, sebab tersedia lahan parkir yang memadai.

    Sambil beristirahat, mobil Toyota yang kami tunggangi juga dapat diperiksa mulai dari ban, air wiper, sistem pengereman, kondisi oli, aki, lampu interior dan eksterior, hingga bagian kolong mobil pun tak luput dari pengecekan.

    Jangan khawatir, pengguna mobil elektrifikasi Toyota pun dapat dilayani. Buktinya, kami yang menggunakan Kijang Innova Zenix HEV yang notabene mobil hybrid, juga dapat diperiksa kendaraannya.

    Jika perlu melakukan penggantian part, Toyota juga menyediakan spare part resmi atau genuine part dengan harga yang sama dengan di bengkel resmi. Bahkan ada benefit diskon biaya jasa hingga 25%.

    Toyota Posko Siaga disiapkan oleh Toyota Indonesia selama mudik lebaran idulfitri 2025. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Asyiknya, setelah lelah mengarungi perjalanan mudik, kita dapat bersantai sejenak di tempat istirahat yang Toyota siapkan. Di rest area KM 57 Cikampek ini, Toyota menyiapkan ruangan dengan pendingin udara, makanan ringan dan minuman gratis, hingga ada wifi yang dapat digunakan secara cuma-cuma.

    Ada juga area bermain anak atau kids corner. Bahkan kita juga dapat bermain Playstation 5 di area game corner. Atau kita dapat merelaksasi badan di kursi pijat yang juga dapat digunakan secara gratis.

    Perlu dicatat, tak hanya di Rest Area KM 57 Cikampek, Toyota juga menyiapkan total 15 titik Toyota Posko Siaga Lebaran 2025.

    Lokasinya beragam mulai dari di Merlung (Jambi), Kampar (Riau), Gilimanuk (Bali), Palembang (Sumatera Selatan), Lampung (Lampung), Serang (Banten), Cikampek (Jawa Barat), Cipali (Jawa Tengah), Situbundo (Jawa Timur), Tabanan (Bali), Ajibarang (Jawa Tengah), Ungaran (Jawa Tengah), Barru (Sulawesi Selatan), hingga Parigi (Sulawesi Tengah).

    (mhg/rgr)

  • Kecelakaan Hari Ini di Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan, Dua Kendaran Terlibat, Ada yang Ringsek

    Kecelakaan Hari Ini di Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan, Dua Kendaran Terlibat, Ada yang Ringsek

    Insiden kecelakaan hari ini di Jakarta Selatan, dua kendaraan terlibat tabrakan, Minggu (30/3/2025). Ada yang ringsek.

    Tayang: Minggu, 30 Maret 2025 12:29 WIB

    Tribun Jogja/ Istimewa

    KECELAKAAN DI GATOT SUBROTO – Ilustrasi kecelakaan. Insiden kecelakaan hari ini di Jakarta Selatan, dua kendaraan terlibat tabrakan, Minggu (30/3/2025). Ada mobil yang ringsek. 

    TRIBUNJAKARTA.COM – Insiden kecelakaan hari ini di Jakarta Selatan, dua kendaraan terlibat tabrakan, Minggu (30/3/2025).

    Peristiwa kecelakaan itu dilaporkan TMC Polda Metro Jaya sekira pukul 06.46 WIB.

    TMC Polda Metro Jaya menginformasikan kecelakaan itu terjadi di depan ARTHOTEL/Mangkuluhur Arteri Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan arah Kuningan.

    Video yang diunggah akun X @TMCPoldaMetro memperlihatkan dua kendaraan yang terlibat kecelakaan yakni minibus Toyota Innova berkelir hitam dengan truk boks.

    Terlihat, Toyota Innova ringsek di bagian depan. Sedangkan truk boks terlihat penyok di bagian belakang.

    Terlihat pula seorang pria bersinglet putih duduk di trotoar.

    Belum diketahui penyebab serta kerugian akibat kecelaaan tersebut.

    “Saat ini sedang penanganan Petugas Laka Lantas Polda Metro Jaya,” tulis akun tersebut.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://jakarta.tribunnews.com/ajax/latest?callback=?”, {start: newlast,section:’23’,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    newlast = newlast + 1;
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.thumb) img = “”+vthumb+””;
    else img = ”;
    if(val.c_title) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    $.getJSON(“https://jakarta.tribunnews.com/ajax/latest?callback=?”, {start: newlast,section:’23’,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }

    Berita Terkini

  • Terungkap Alasan Mobil Hybrid Toyota Bisa Lebih ‘Irit’ Ketimbang Merek Lainnya

    Terungkap Alasan Mobil Hybrid Toyota Bisa Lebih ‘Irit’ Ketimbang Merek Lainnya

    Jakarta

    Toyota Indonesia semakin gencar memasarkan mobil hybrid sebagai bagian dari komitmennya dalam menghadirkan beragam opsi kendaraan ramah lingkungan.

    Pabrikan asal Jepang ini bukanlah pemain baru di dunia elektrifikasi, bahkan Toyota menjadi pionir dengan meluncurkan Prius pada 1997, yang sekaligus merupakan mobil hybrid pertama yang diproduksi secara massal.

    Berkat pengalaman panjang dalam pengembangan teknologi hybrid, Toyota kini semakin piawai dalam merancang model-model terbarunya.

    Hampir seluruh lini kendaraan Toyota kini memiliki varian hybrid, mulai dari sedan seperti Camry HEV dan Altis HEV, MPV seperti Kijang Innova Zenix HEV, hingga SUV seperti Yaris Cross HEV, Corolla Cross HEV, dan RAV4 GR Sport PHEV. Bahkan, untuk segmen hatchback, Toyota menghadirkan All New Prius HEV.

    Salah satu teknologi unggulan yang membuat mobil hybrid Toyota lebih efisien adalah sistem Series-Parallel Hybrid yang dikombinasikan dengan Power Split Device.

    Teknologi ini memungkinkan transisi tenaga yang mulus tanpa jeda serta meningkatkan efisiensi bahan bakar. Keunggulan ini semakin diperkuat dengan paten eksklusif yang dimiliki Toyota.

    Hasilnya? Toyota mengklaim bahwa Yaris Cross HEV mampu mencapai konsumsi bahan bakar hingga 31 km per liter, sementara Kijang Innova Zenix HEV, yang menjadi favorit keluarga Indonesia, dapat menempuh lebih dari 1.200 km dalam satu kali pengisian energi.

    Ada beberapa faktor utama yang membuat mobil hybrid Toyota lebih irit dibandingkan merek lain. Pertama, mobil hybrid Toyota lebih sering beroperasi dalam EV mode, sehingga konsumsi bensin menjadi lebih minim.

    Kedua, transisi yang sangat efisien antara mesin bensin dan motor listrik memastikan pengalaman berkendara yang halus dan hemat energi.

    Selain itu, Toyota mengklaim efisiensi transisi dari penggunaan mesin bensin ke motor listrik juga membuat mobil hybrid mereka digdaya. Pengguna akan merasakan sensasi berkendara yang lembut dan juga efisien dalam penggunaan energi.

    Selain itu, penggunaan transmisi E-CVT dengan planetary gear, bukan belt seperti pada transmisi CVT konvensional, membantu meningkatkan efisiensi sekaligus memberikan pengalaman berkendara yang seamless.

    Dengan kombinasi inovasi teknologi dan pengalaman panjang dalam pengembangan hybrid, tak heran jika mobil hybrid Toyota menjadi pilihan utama bagi mereka yang menginginkan kendaraan hemat bahan bakar tanpa mengorbankan performa dan kenyamanan.

    (mhg/rgr)

  • Toyota Tunda Pembangunan Pabrik Baterai di Jepang, Ini Biang Masalahnya

    Toyota Tunda Pembangunan Pabrik Baterai di Jepang, Ini Biang Masalahnya

    Jakarta

    Toyota Motor Corp (TMC) menunda pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Fukuoka, Jepang. Sebab, permintaan kendaraan elektrifikasi global belakangan sedang melemah.

    Disitat dari Nikkei Asia dan Mainichi.jp, Kamis (27/3), pembangunan pabrik baterai Toyota di Fukuoka seharusnya dimulai tahun ini. Namun, perusahaan mengundurnya ke waktu yang belum ditentukan.

    Presiden Toyota, Koji Sato telah mengunjungi lokasi pabrik dan bertemu gubernur setempat, Seitaro Hattori pada Selasa (25/3). Proses tanda tangan perjanjian yang semula dilakukan bulan ini, kemungkinan paling cepat diundur ke musim gugur. Sementara rencana operasional yang ditargetkan 2028 juga diprediksi akan ngaret.

    Logo Toyota Foto: Doc. Toyota.

    Pabrik Fukuoka diproyeksikan akan membuat baterai untuk mobil listrik Toyota generasi berikutnya, termasuk produk-produk Lexus. Menurut kabar yang beredar, fasilitas tersebut mampu membuat baterai dengan jangkauan maksimum 1.000 km! Jika benar, maka mereka akan membuat pabrikan China ketar-ketir.

    Kabar diundurnya pembangunan pabrik baterai di Fukuoka tentu disayangkan sejumlah pihak, terutama perwakilan Toyota dan pemerintah setempat. Sebab, Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang menyatakan akan memberikan subsidi untuk pembangunan fasilitas tersebut.

    “Dalam jangka panjang, pembangunan pabrik baru akan berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan serta pengembangan ekonomi lokal,” kata Seitaro Hattori selaku Gubernur Fukuoka.

    Sebagai catatan, permintaan global untuk mobil listrik belakangan makin sulit diprediksi. Bahkan, GlobalData telah merevisi proyeksi penjualan kendaraan tersebut pada lima tahun mendatang. Tak main-main, koreksi angkanya sampai 540 ribu unit!

    Dua tahun lalu, Toyota mengumumkan rencana meningkatkan penjualan kendaraan listrik global menjadi 1,5 juta kendaraan per tahun pada 2026. Namun tahun ini, target produksi dikurangi menjadi 800 ribu unit.

    “(Terkait model mobil) pilihan akhirnya jatuh ke tangan pelanggan, dan kami akan siap menanggapi apa pun yang muncul,” kata Yoichi Miyazaki selaku Kepala Keuangan Toyota.

    (sfn/din)

  • Xi Jinping Kumpulkan Bos-Bos Perusahaan Global dari FedEX hingga Toyota, Ada Apa?

    Xi Jinping Kumpulkan Bos-Bos Perusahaan Global dari FedEX hingga Toyota, Ada Apa?

    Bisnis.com, JAKARTA – Presiden China Xi Jinping mendesak para CEO perusahaan multinasional untuk melindungi industri global dan rantai pasokan. Desakan tersebut merupakan upaya China meredakan kekhawatiran perusahaan asing atas kesehatan ekonominya di tengah ancaman tarif AS yang lebih tinggi. 

    “Kita perlu bekerja sama untuk menjaga stabilitas industri global dan rantai pasokan, yang merupakan jaminan penting bagi perkembangan ekonomi dunia yang sehat,” kata Xi kepada para pemimpin bisnis, yang meliputi bos AstraZeneca, FedEX, Saudi Aramco, Standard Chartered, dan Toyota dikutip dari Reuters, Sabtu (29/3/2025).

    Adapun, sekitar 40 eksekutif bergabung dalam rapat tersebut, yang sebagian besar mewakili sektor farmasi. Rapat tersebut berlangsung selama lebih dari 90 menit dan tujuh perusahaan diundang untuk berbicara, kata seorang sumber yang memiliki pengetahuan langsung tentang perencanaan rapat tersebut.

    Para eksekutif duduk dalam formasi tapal kuda, dengan CEO Mercedes-Benz, Ola Kallenius, dan Raj Subramaniam dari FedEx duduk tepat di seberang Xi. CEO HSBC Georges Elhedery, bos SK Hynix Kwak Noh-jung, presiden dan CEO Saudi Aramco Amin Nasser, dan ketua Hitachi Toshiaki Higashihara juga duduk di baris pertama.

    Beijing sedang berjuang untuk menghilangkan kekhawatiran bahwa perang dagang baru dengan Presiden AS Donald Trump akan semakin menekan pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut, yang telah berjuang untuk pulih sejak pandemi.

    Kegelisahan yang sudah berlangsung lama atas pengetatan regulasi China, tindakan keras yang tiba-tiba terhadap perusahaan asing, dan persaingan yang tidak seimbang yang menguntungkan perusahaan milik negara China juga melemahkan sentimen bisnis.

    “Para CEO yang saya ajak bicara, dan saya berbicara dengan banyak dari mereka, merasa bahwa rapat ini layak dilakukan,” kata Sean Stein, presiden US-China Business Council (USBC) dan salah satu peserta rapat. 

    Stein menuturkan, Xi tidak hanya mengakui berbagai tantangan yang dihadapi perusahaan dan industri, dalam banyak kasus dia berjanji bahwa pemerintah akan mengambil tindakan.

    Sementara itu, Frank Bournois, Wakil Presiden dan Dekan Sekolah Bisnis Internasional China Eropa di Shanghai mengatakan, pertemuan ini merupakan contoh besar diplomasi bisnis. 

    “Sekarang tidak hanya ada dialog antara badan-badan, entitas WTO dan negara-negara, tetapi diplomasi dipimpin oleh perusahaan-perusahaan yang tidak hanya mewakili diri mereka sendiri, tetapi juga sektor mereka,” katanya

    Dia menambahkan, keberhasilan pertemuan tersebut akan bergantung pada tindakan di masa mendatang dan bukan hanya kata-kata.

    Rutin Bertemu

    Frekuensi pertemuan antara eksekutif asing dan pejabat tinggi China meningkat selama bulan lalu, setelah data resmi menunjukkan investasi langsung asing anjlok 27,1% secara year on year (yoy) dalam mata uang lokal pada 2024. Catatan itu menandai penurunan terbesar dalam FDI sejak krisis keuangan global 2008.

    Xi mengatakan, perusahaan asing menyumbang sepertiga dari impor dan ekspor China, seperempat dari nilai tambah industri dan sepertujuh dari pendapatan pajak, menciptakan lebih dari 30 juta pekerjaan.

    “Dalam beberapa tahun terakhir, investasi asing di China juga telah diganggu oleh faktor geopolitik. Saya sering mengatakan bahwa mematikan lampu orang lain tidak membuat Anda lebih cemerlang.”

    Trump telah memperbarui perang dagangnya dengan China sejak menjabat dan telah mengumumkan gelombang tarif timbal balik baru yang akan mulai berlaku pada tanggal 2 April, yang menargetkan negara-negara dengan hambatan perdagangan pada produk-produk AS, yang dapat mencakup China.

    Dia mengenakan tarif 20% pada ekspor China bulan ini, yang mendorong China untuk membalas dengan bea tambahan pada produk-produk pertanian Amerika.

    “Inti dari hubungan ekonomi dan perdagangan China-AS adalah saling menguntungkan dan saling menguntungkan,” kata Xi dalam pertemuan tersebut.

    Pemimpin China tahun lalu secara khusus mengundang para pemimpin bisnis Amerika untuk hadirin setelah Forum Pembangunan China. Tetapi, Stein mengatakan pertemuan semacam itu tidak mungkin menjadi acara rutin pada pertemuan puncak bisnis tahunan, yang tahun ini berlangsung dari tanggal 23-24 Maret.

    “Pesan China adalah bahwa ini bukanlah acara tahunan dan bahwa para pebisnis tidak boleh mengharapkannya,” ujar Stein.

  • Harga Pertamax Turun, Isi Full Tank Avanza-Innova Buat Mudik Keluar Duit Segini

    Harga Pertamax Turun, Isi Full Tank Avanza-Innova Buat Mudik Keluar Duit Segini

    Jakarta

    Harga Pertamax Turun per 29 Maret 2025. Kalau mau isi full tangki Avanza hingga Innova Zenix dari nol buat perjalanan mudik, bakal habis duit segini.

    Harga BBM nonsubsidi jenis Pertamax Series dan Dex Series terpantau mengalami penyesuaian jelang awal bulan April 2025. Semuanya kompak turun harga dengan besar penurunan antara Rp 400 per liter hingga Rp 700 per liter.

    Plt Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra dalam menyebut penyesuaian harga BBM nonsubsidi merupakan kado Lebaran dari pemerintah dan Pertamina untuk masyarakat.

    “Sebagai bagian dari komitmen dalam melayani masyarakat, khususnya pada momentum mudik Lebaran ini, pemerintah dan Pertamina Patra Niaga memberikan hadiah spesial dengan menurunkan harga BBM nonsubsidi. Kami berharap kebijakan ini dapat membantu masyarakat menikmati perjalanan yang lebih nyaman dan terjangkau,” ujar Mars Ega dilansir Antara.

    Harga BBM Pertamax 29 Maret 2025

    Untuk mengetahui lengkapnya, berikut ini rincian harga BBM Pertamina yang turun per 29 Maret 2025.

    Pertamax (RON 92): Rp 12.500 per liter (sebelumnya Rp 12.900 per liter)Pertamax Green (RON 95): Rp 13.250 per liter (sebelumnya Rp 13.700 per liter)Pertamax Turbo (RON 98): Rp 13.500 per liter (sebelumnya Rp 14.000 per liter)Dexlite (CN 51): Rp 13.600 per liter (sebelumnya Rp 14.300 per liter)Pertamina Dex: Rp 13.900 per liter (sebelumnya Rp 14.600 per liter)Biaya Isi Full Tank

    Perlu dicatat, harga tersebut berlaku untuk wilayah dengan pajak bahan bakar kendaraan bermotor lima persen, seperti di DKI Jakarta. Di laman MyPertamina, khusus untuk Pertamax, harga Rp 12.500 per liter itu juga berlaku di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, NTT, dan NTB.

    Buat kamu pengguna Pertamax yang hendak mengisi full tank dari nol untuk perjalanan mudik, biayanya tentu akan sedikit lebih murah. Sebagai gambaran, bila mobilnya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dengan kapasitas tangki 43 liter, maka biaya pengisian penuh dari kosong Rp 537.500. Biayanya lebih hemat sekitar Rp 17.200. Jika mobil yang digunakan Kijang Innova Zenix dengan kapasitas tangki 52 liter, pengisian penuh tangki dari nol bakal keluar duit Rp 650 ribu, lebih hemat Rp 20.800.

    Bagi yang menggunakan Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Daihatsu Ayla, siapkan uang Rp 450 ribu untuk mengisi penuh tangki berkapasitas 36 liter.

    (dry/din)