brand merek: Toyota

  • Daftar Pemenang Mobil dan Motor Terfavorit di GJAW 2025

    Daftar Pemenang Mobil dan Motor Terfavorit di GJAW 2025

    Jakarta

    Setelah berlangsung selama 10 hari, Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025 resmi berakhir. Pada seremoni penutupan, panitia mengumumkan daftar mobil dan motor terfavorit selama pameran berlangsung. Siapa saja pemenangnya?

    Seremoni penutupan dengan tajuk Gaikindo Celebration Night itu diadakan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para peserta pameran yang telah berpartisipasi pada GJAW 2025. Ketua penyelenggara pameran, Anton Kumonty, menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap antusiasme seluruh pihak.

    “GJAW 2025 kembali menunjukkan betapa kuatnya minat masyarakat terhadap perkembangan industri otomotif nasional. Selama sembilan hari penyelenggaraan, para peserta berhasil menghadirkan inovasi dan pengalaman yang membuat pameran ini semakin meriah,” ujar Anton melalui rilis resmi, dikutip Senin (1/12).

    “Celebration Night menjadi bentuk apresiasi kami kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dan berkontribusi. Kami berharap pencapaian yang diraih tahun ini dapat terus mendorong pertumbuhan positif industri otomotif Indonesia,” kata dia menambahkan.

    Toyota Veloz Hybrid meluncur di GJAW 2025 dengan harga mulai Rp 299 juta Foto: Rangga Rahadiansyah/detikoto

    Pada malam penghargaan, ada sejumlah kategori diumumkan, mulai dari kendaraan terfavorit, hingga kendaraan yang paling banyak di-test drive selama pameran. Biar tak penasaran, berikut kami rangkum daftar pemenangnya!

    Mobil dan Motor Terfavorit di GJAW 2025

    Mobil

    Favourite Passenger Car SUV: Mazda CX – 60 SportFavourite Passenger Car MPV: Hyundai Stargazer CartenzFavourite Passenger Car Crossover: Mini JCW CountrymanFavourite Passenger Car Sedan: Ford MustangFavourite Passenger Car BEV SUV: Mercedes-Benz EQE 350 SUVFavourite Passenger Car BEV MPV: Wuling Darion EVFavourite Passenger Car BEV Crossover: Geely EX2Favourite Passenger Car Hybrid SUV: Hyunday All New Palisade HybridFavourite Passenger Car Hybrid MPV: Lexus LM 350 HNew Car Launches: Toyota New Veloz Hybrid EVMost Driven Car: Jetour T2Most Driven Electric Car: Jaecoo J5 EVMost Driven Hybrid Car: Chery Tiggo 8 CSHBrand With the Most Test Drive Unit: Jaecoo

    Motor

    Favourite Motorcycle Big Bike: Royal Enfield Classic 650Favourite Motorcycle Daily Bike: Piaggio Indonesia Vespa LX 150Favourite Electric Motorcycle: Polytron FOX 350Most Ridden Motorcycle: Polytron FOX 350.

    (sfn/rgr)

  • Dana Hibah Atlet Difabel Bekasi Dikorupsi Rp 7,1 M, Ada yang buat Beli Innova Zenix

    Dana Hibah Atlet Difabel Bekasi Dikorupsi Rp 7,1 M, Ada yang buat Beli Innova Zenix

    Jakarta

    Polisi membongkar kasus korupsi dana hibah untuk atlet difabel di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kerugian keuangan negara karena korupsi ini mencapai Rp 7,1 miliar. Uang korupsi tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi, salah satunya untuk membeli mobil Toyota Kijang Innova Zenix.

    “Kerugian keuangan negara sebesar Rp 7.117.660.158 berdasarkan penghitungan kerugian keuangan negara (PKKN) yang dilakukan auditor Inspektorat Kabupaten Bekasi,” kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Mustofa dalam keterangannya, Kamis (27/11), seperti dikutip dari detikNews.

    Diberitakan sebelumnya, Kombes Mustofa mengatakan pihaknya menetapkan dua tersangka berinisial KD dan NY dalam kasus korupsi dana hibah atlet difabel di Kabupaten Bekasi. Dia menjelaskan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Bekasi mendapatkan hibah berbentuk uang dari pemerintah daerah total Rp 12 miliar.

    Dari total Rp 12 miliar itu, Rp 9 miliar diberikan pada Februari 2024 dan Rp 3 miliar di bulan November 2024. “Dalam pelaksanaannya terdapat penyalahgunaan uang hibah tersebut, di antaranya Tersangka KD menggunakan uang hibah sebesar Rp 2 miliar,” kata Mustofa.

    Kombes Mustofa mengatakan tersangka KD pakai uang tersebut untuk kampanye calon legislatif pada tahun 2024. Nilainya sebesar Rp 2 miliar. “Tersangka KD menggunakan uang hibah sebesar Rp 2 miliar untuk keperluan kampanye KD pada pemilihan calon legislatif anggota DPRD Kabupaten Bekasi di tahun 2024,” jelas Mustofa.

    Sementara itu, tersangka lainnya berinisial NY, diduga menerima uang korupsi sebesar Rp 1,79 miliar. Uang itu diduga digunakan untuk uang membeli mobil.

    “Kemudian digunakan tersangka NY untuk uang muka serta angsuran dua unit Toyota Innova Zenix memakai identitas keponakan tersangka NY dan identitas kakak ipar tersangka NY sebesar Rp 319.420.000 dan sisanya belum bisa dipertanggungjawabkan penggunaannya,” tuturnya.

    Untuk menutupi uang yang sudah dipakai untuk kepentingan tersangka, keduanya membuat berbagai kegiatan fiktif. Di antaranya kegiatan seleksi, perjalanan dinas, belanja alat-alat cabang olahraga dan belanja modal perlengkapan kesekretariatan yang dimasukkan ke dalam laporan pertanggungjawaban.

    (lua/riar)

  • Pelajaran dari Kecelakaan Innova Putih yang Ngebut di Bahu Jalan Tol

    Pelajaran dari Kecelakaan Innova Putih yang Ngebut di Bahu Jalan Tol

    Jakarta

    Sebuah Innova putih mengambil bahu jalan, namun tiba-tiba hilang kendali, lalu menabrak truk boks. Pelajaran untuk tidak menggunakan bahu jalan tol untuk ngebut.

    Praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menegaskan, bahu jalan hanya untuk keadaan darurat. Maka dari itu, ada bahaya mengintai di bahu jalan, salah satunya kendaraan yang berhenti karena keadaan darurat.

    “Bahu jalan itu seharusya untuk darurat, yang kecepatannya rendah atau berhenti dan bukan untuk mendahului. Jika ada mobil yang rusak/mogok berhentinya pasti di bahu jalan, memang harusnya relatif lebih kosong. Kalau maksa lewat bahu jalan dengan konsep mendahului (kecepatannya tinggi) ketemu dengan mobil yang statis atau berhenti, maka bisa dibayangkan benturannya,” kata Sony kepada detikOto.

    Dalam video yang beredar di media sosial terlihat Innova putih melaju dari bahu jalan tol. Namun tiba-tiba Innova itu hilang kendali saat masuk ke lajur 2. Mobil tersebut menabrak truk boks.

    Dikutip dari detikJabar, kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Berawal saat Toyota Kijang Innova yang dikemudikan Daren Sibaclan (18), melaju searah dengan dua kendaraan lainnya. Namun mobil tersebut melaju di bahu jalan kiri.

    Kecelakaan lalu lintas terjadi di ruas Jalan Tol Purbaleunyi, Tepatnya di Kilometer 124 Jalur B, Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu (29/11/2025).

    Insiden tersebut melibatkan tiga kendaraan yakni Toyota Kijang Innova dengan nomor polisi D 1124 GU, lalu satu unit truk Hino boks barang dengan nomor polisi Z 8381 CQ, dan Toyota Rush nomor polisi D 1624 MJ.

    “Kami menangani kecelakaan lalu lintas melibatkan tiga kendaraan roda empat di ruas Jalan Tol Purbaleunyi KM 124 jalur B, Bandung arah Jakarta,” kata Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Sat Lantas Polres Cimahi, Iptu Yusup Gustiana saat dikonfirmasi, Sabtu (29/11/2025).

    Kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Berawal saat Toyota Kijang Innova yang dikemudikan Daren Sibaclan (18), melaju searah dengan dua kendaraan lainnya. Namun mobil tersebut melaju di bahu jalan kiri.

    “Di lokasi kejadian, pengemudi kemudian hilang kendali ke sebelah kanan sehingga menabrak body belakang sebelah kanan kendaraan Hino boks barang yang berada di lajur sebelahnya,” kata Yusup.

    Kemudian kendaraan Toyota Rush yang ada di belakang truk melakukan pengereman sampai akhirnya tertabrak oleh kendaraan lain. Namun kendaraan yang menabrak itu memutuskan melanjutkan perjalanan.

    “Untuk kecelakaan truk terguling dan mobil mengalami kerusakan. Tidak ada korban jiwa, hanya ada 3 orang yang mengalami luka ringan dan langsung ditangani,” kata Yusup.

    Sejatinya pengendara harus mengerti bahu jalan tak bisa digunakan sembarangan. Penggunaan bahu jalan sendiri diatur dalam pasal 41 ayat 2 Peraturan Pemerintah No.15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, penggunaannya sebagai berikut:

    a. digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat;
    b. diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat;
    c. tidak digunakan untuk menarik/menderek/ mendorong kendaraan;
    d. tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang dan/atau barang dan/atau hewan

    (riar/lua)

  • Ratusan Pengguna Mobil Klasik Kumpul di Bogor, Ada Apa?

    Ratusan Pengguna Mobil Klasik Kumpul di Bogor, Ada Apa?

    Jakarta

    Di tengah udara pegunungan yang sejuk juga hamparan rumput hijau Lido Music and Arts Center (LMAC), Bogor, Jawa Barat, ratusan pengguna mobil klasik kembali kumpul dalam suasana hangat. Auto Kultur Re/Creation Vol. 02 yang digelar pada 22-23 November 2025 menjadi magnet bagi komunitas otomotif dari berbagai daerah. Acara ini bukan sekadar pertemuan biasa, melainkan festival otomotif 36 jam nonstop yang mengusung predikat sebagai The First Overnight Autofest in Asia.

    Lebih dari 300 mobil terkurasi dipajang di hamparan rumput berlatar Gunung Salak, Gunung Gede, dan Gunung Pangrango. Ragam mobil tersaji di acara ini, mulai JDM retro, American classic, euro stance, old-school cruiser, hingga mobil off-road. Semua tampil memamerkan kekhasan kultur otomotif Indonesia yang kian berwarna.

    Auto Kultur tidak hanya menjadi festival pameran kendaraan, tetapi berkembang sebagai ruang rekreasi dan silaturahmi bagi para pecinta otomotif. Setelah sukses pada edisi sebelumnya, Suddenly selaku promotor menghadirkan sejumlah konten baru yang belum pernah ditampilkan pada acara otomotif lain.

    Ratusan pengguna mobil klasik kumpul di Bogor, rayakan pesta Auto Kultur Foto: Istimewa

    Salah satu yang paling menyita perhatian adalah Taxi Rally, program yang memungkinkan pengunjung merasakan pengalaman menjadi navigator reli bersama Gazpoll Racing Team. Ada pula kegiatan Shalat Subuh berjamaah di tengah hamparan mobil-mobil keren, yang diikuti lebih dari 500 peserta dari komunitas Bapack-bapack Subuhan.

    Menariknya, Auto Kultur hadir dengan konsep ramah keluarga. Selain menjadi ruang berkumpulnya para petrol head, panitia menyediakan kids playground yang luas sehingga anak-anak dapat bermain dengan aman. Orang tua pun bisa lebih leluasa menikmati pameran otomotif, hiburan komunitas, hingga jajaran tenant kuliner.

    Rangkaian program tahun ini terasa semakin lengkap. Selain Community Meetup, Auto Show, dan Overnight Campout sebagai konten utama, tersedia pula pasar otomotif, area penjualan spare part, fashion, kuliner, hingga zona khusus diecast dan remote control. Setiap sudut acara dirancang untuk memberikan pengalaman penuh bagi pengunjung, baik sebagai pecinta otomotif maupun sekadar penikmat suasana.

    “Auto Kultur bagi kami adalah perayaan kebersamaan. Tempat di mana semua penggemar otomotif dapat bertemu, berekreasi, serta merayakan passion yang sama. Konsep camping yang kami usung juga menghadirkan suasana baru, lebih dekat, dan lebih hangat. Bahkan beberapa teman mengatakan Auto Kultur ini sebagai outing-nya anak otomotif,” ujar Rama J Baskoro selaku Festival Director Auto Kultur Re/Creation Vol. 02.

    “Tahun ini istimewa, jumlah peserta auto show melonjak 2 kali lipat dari sebelumnya. Antusias pengunjung pun ikut meningkat jumlahnya, mereka penasaran karena belum pernah ada acara serupa dengan nuansa rekreasi yang didukung dengan keindahan alam sekitar, jadi lebih hidup dan meninggalkan banyak cerita,” tambah dia.

    Selama dua hari penuh, Auto Kultur Re/Creation Vol. 02 bukan hanya menjadi ajang buat pamer kendaraan, tapi ruang bertemu, bertukar ide, dan menikmati hobi bersama. Kehangatan suasana malam di Lido menjadi ciri khas yang membuat festival ini berbeda dari gelaran otomotif lain.

    Beberapa model mobil yang terlibat dalam acara ini antara lain yakni VW kodok, Suzuki Jimny, Honda Civic, Daihatsu Feroza, Mercedes-Benz G Klasse, BMW seri 3 E30, Toyota Starlet, Holden Belmont, Chevrolet Corvette, Chevrolet Impala, VW ID Buzz, Suzuki Karimun, Toyota Corolla Trueno, Mercedes-Benz W124 Boxer, Lamborghini Aventador, Toyota Kijang Kapsul, Nissan Silvia S15, hingga Land Rover Series 1.

    (lua/din)

  • Pelajaran dari Kecelakaan Innova Putih yang Ngebut di Bahu Jalan Tol

    Viral Innova Putih Nyalip Lewat Bahu Jalan Berujung Celaka

    Jakarta

    Viral video detik-detik Toyota Kijang Innova Putih mendahului kendaraan lain dari bahu jalan tol. Aksi tersebut berujung celaka.

    Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat Innova putih melaju dari bahu jalan tol. Namun tiba-tiba Innova itu hilang kendali saat masuk ke lajur 2. Mobil tersebut menabrak truk boks.

    Dikutip dari detikJabar, kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Berawal saat Toyota Kijang Innova yang dikemudikan Daren Sibaclan (18), melaju searah dengan dua kendaraan lainnya. Namun mobil tersebut melaju di bahu jalan kiri.

    Kecelakaan lalu lintas terjadi di ruas Jalan Tol Purbaleunyi, Tepatnya di Kilometer 124 Jalur B, Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu (29/11/2025).

    Insiden tersebut melibatkan tiga kendaraan yakni Toyota Kijang Innova dengan nomor polisi D 1124 GU, lalu satu unit truk Hino boks barang dengan nomor polisi Z 8381 CQ, dan Toyota Rush nomor polisi D 1624 MJ.

    “Kami menangani kecelakaan lalu lintas melibatkan tiga kendaraan roda empat di ruas Jalan Tol Purbaleunyi KM 124 jalur B, Bandung arah Jakarta,” kata Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Sat Lantas Polres Cimahi, Iptu Yusup Gustiana saat dikonfirmasi, Sabtu (29/11/2025).

    Kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Berawal saat Toyota Kijang Innova yang dikemudikan Daren Sibaclan (18), melaju searah dengan dua kendaraan lainnya. Namun mobil tersebut melaju di bahu jalan kiri.

    “Di lokasi kejadian, pengemudi kemudian hilang kendali ke sebelah kanan sehingga menabrak body belakang sebelah kanan kendaraan Hino boks barang yang berada di lajur sebelahnya,” kata Yusup.

    Kemudian kendaraan Toyota Rush yang ada di belakang truk melakukan pengereman sampai akhirnya tertabrak oleh kendaraan lain. Namun kendaraan yang menabrak itu memutuskan melanjutkan perjalanan.

    “Untuk kecelakaan truk terguling dan mobil mengalami kerusakan. Tidak ada korban jiwa, hanya ada 3 orang yang mengalami luka ringan dan langsung ditangani,” kata Yusup.

    (riar/din)

  • Mobil LCGC Kok Gak Ada Pilihan Hybrid Sih? Ini Jawabannya

    Mobil LCGC Kok Gak Ada Pilihan Hybrid Sih? Ini Jawabannya

    Jakarta

    Hadirnya Toyota Veloz Hybrid, membuat semakin banyak pilihan mobil ramah lingkungan di Indonesia, dan hal tersebut diharapkan bisa membantu pemerintah untuk menekan emisi gas buang.

    Tapi kok mobil Low Cost and Green Car (LCGC) di Indonesia gak ikut diubah menjadi hybrid sih? Toyota pun memberikan jawabannya.

    Menurut Presiden Direktur PT TMMIN, Nandi Julyanto, untuk bisa menentukan satu produk menjadi kendaraan ramah lingkungan seperti hybrid, perlu beberapa pertimbangan.

    “Kalau sistem hybrid diselipkan pada mesin 1.2 itu efektif atau tidak? Sebenarnya ini bukan masalah efektif atau tidak efektif. Kalau LCGC itu kan sangat price-sensitive (harga sangat menentukan konsumen),” ujar Nandi.

    Menurut Nandi, saat mobl LCGC ditawarkan varian hybrid, maka harga yang ditawarkan bakal ikut terkerek naik.

    “Nah, kalau kita tambahkan dengan hybrid itu kan pasti price-nya naiknya lumayan.Nah, itu ada yang beli atau tidak? Pertanyaannya kan gitu,” kata Nandi.

    Toyota Veloz Hybrid Q TSS Modellista Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    “Lagi-lagi ini (satu produk bisa ditawarkan versi hybrid atau tidak?-Red) gantung dari persepsi customer itu di posisi pricing di mana.Value for money-nya seperti apa,” jawab santai Nandi kepada awak media.

    Kendati demikian Nandi menilai, untuk LCGC ada pilihan teknologi yang lebih tepat untuk bisa diterapkan.

    “Makanya sebenarnya kalau kita (Toyota) ya. Ini kalau dari posisi kita.Kalau mau berperan untuk carbon-neutral, untuk yang LCGC,dari sisi kita nih yang berbeda. Itu better menggunakan Biofuel,karena nggak merubah apa-apa,harganya tetap,” ucap Nandi.

    “Tinggal fuel-nya yang merubah.Tapi dia bisa mengurangi emisi,bisa mengurangi carbon. Jadi customer tidak membayar apa-apa,” Nandi menambahkan.

    (lth/din)

  • Toyota Ikut Siapkan Avanza Hybrid?

    Toyota Ikut Siapkan Avanza Hybrid?

    Jakarta

    Toyota Astra Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) Toyota di Indonesia telah menjual Veloz Hybrid di Indonesia. Kapan giliran Avanza Hybrid nih?

    Pada pembukaan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025, Presiden Direktur PT TMMIN, Nandi Julyanto memberikan jawabannya.

    Menurut dirinya, semua kendaraan di masa depan akan lebih ramah lingkungan atau lebih menekan emisi gas buang. Artinya tidak menutup kemungkinan Toyota Avanza juga bakal disulap menjadi hybrid, meski dirinya masih malu-malu membocorkan kapan Avanza hybrid akan diperkenalkan.

    “Belum (dalam waktu dekat), tunggu tanggal mainnya,” jawab Nandi saat dipertanyakan kapan Avanza Hybrid diperkenalkan di Indonesia.

    Wah, berarti Toyota ikut mempersiapkan Avanza Hybrid nih? “Pastilah, kita kan tujuannya semuanya (kendaraan Toyota di Indonesia akan ramah lingkungan-Red),” ujar Nandi.

    “Jadi, semua itu artinyasemua orang berperan terhadap karbon netral. Semua orang berperan terhadap penekanan emisi.Nah, caranya bisa berbeda-beda.Ada yang pake baterai, ada yang pake Plug-in hybrid. Bahkan nanti kita biofuel,” ujar Nandi.

    Toyota Veloz Hybrid Q TSS Modellista Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Sebagai catatan tambahan, Toyota Veloz Hybrid resmi meluncur di arena Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Menariknya, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menawarkan Veloz Hybrid dengan harga pre book yang sangat kompetitif selama di GJAW 2025, yakni mulai Rp 299 jutaan.

    Di atas kertas, Toyota Veloz Hybrid tipe V menggunakan mesin 2NR-VX yang punya output tenaga dan torsi dari mesin sebesar 91 PS dan 121 Nm. Sementara dari motor listriknya, tenaga yang dihasilkan 80 PS dan torsinya 141 Nm.

    Dari sisi fitur, Veloz Hybrid termurah juga telah mendapatkan lampu utama LED dan lampu kabut halogen. Sementara bannya pakai profil 205/50 dengan ring ukuran 17 inch.

    Nah yang membedakan Veloz tipe V ini dengan tipe lainnya adalah layar headunit-nya yang lebih kecil, berukuran 9 inch. Bandingkan dengan tipe Q, Q Modellista, dan tipe Q Modellista TSS yang sudah dibekali headunit lebih besar, yakni 10 inci.

    Selain itu, tipe terendah Veloz Hybrid juga hanya dibekali kamera mundur. Bandingkan dengan tipe-tipe teratasnya yang sudah dilengkapi kamera 360. Tak hanya itu, tipe V juga belum dilengkapi teknologi telematika T-Intouch dan rear seat entertainment.

    Untuk banderolnya, Veloz Hybrid V HEV ini ditawarkan dengan harga pre book sebesar Rp 299 juta. Menurut keterangan salah satu sales di booth Toyota, konsumen bisa membayar tanda jadi sebesar Rp 5 juta, di mana pengirimannya akan dilakukan sekitar bulan Februari 2026.

    Sementara untuk varian tengahnya, yakni tipe Q HEV, harga pre book-nya di kisaran Rp 335 juta, dan harga varian paling tinggi, Q HEV Modellista TSS menembus angka Rp 390 juta.

    (lth/din)

  • Daihatsu Beberkan Fakta, Pembeli Mobil Pertama Terbanyak Bukan di Jawa

    Daihatsu Beberkan Fakta, Pembeli Mobil Pertama Terbanyak Bukan di Jawa

    Jakarta

    Mobil murah masih cukup diminati di Indonesia. Mobil murah harga Rp 100 jutaan hingga Rp 200 jutaan jadi incaran pembeli mobil pertama. Namun ternyata, pembeli mobil pertama terbanyak bukan ada di Pulau Jawa, melainkan di luar Jawa.

    “Pembeli mobil pertama itu bukan cuma di Jakarta, bukan di kota besar. Saat ini Daihatsu sudah menjual 54% (mobil) di luar Jawa. Dan 44% di remote dan rural area, bukan lagi di sub-urban tetapi benar-benar di remote dan rural area,” kata Marketing and Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani di arena GJAW 2025, ICE-BSD City, Tangerang, belum lama ini.

    Agung menambahkan, pembeli mobil pertama hadir dari berbagai segmen, dari mobil penumpang, hingga kendaraan komersial. Kepentingan pembeli mobil pertama tak hanya saat melakukan proses pembelian, tapi juga saat masa kepemilikan.

    “Bahwa first car buyer bukan hanya berbicara soal daya beli, tetapi juga daya bayar. Oleh karena itu, mengenai daya beli dan daya bayar, tugas kami di Daihatsu adalah untuk memberikan kemudahan bagi mereka dalam membeli mobil, termasuk saat perawatan agar semuanya tetap terjangkau,” tambah Agung.

    Sebagai informasi, segmen mobil pertama ini didominasi mobil murah jenis LCGC (Low Cost Green Car). Kalau di Daihatsu, contohnya seperti Sigra dan Ayla. Sementara untuk merek Toyota ada Calya dan Agya. Kemudian di Honda ada model Brio Satya.

    Penjualan LCGC sendiri sedang mengalami tren penyusutan. Data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) LCGC pada 97.556 unit pada Januari-Oktober 2025. Angka tersebut minus 35% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, jumlahnya 149.583 unit.

    Pangsa pasar LCGC juga tergerus di tengah meningkatnya persaingan dari berbagai segmen mobil lain. Sepanjang Januari-September 2025, market share LCGC hanya 16%, Padahal, pada tahun penuh 2024, segmen ini masih menguasai sekitar 15% pasar otomotif nasional.

    (lua/lth)

  • 4 Mobil Hybrid di Bawah Rp 300 Juta, Pilih Mana Nih?

    4 Mobil Hybrid di Bawah Rp 300 Juta, Pilih Mana Nih?

    Jakarta

    Ada empat model mobil hybrid yang bisa dimiliki dengan harga di bawah Rp 300 juta. Berikut ini pilihannya.

    Pilihan mobil hybrid dengan harga terjangkau di Indonesia kian banyak. Buat kamu yang lagi cari-cari mobil hybrid tapi budgetnya mentok di Rp 300 juta pun bukan masalah. Soalnya, ada lima model mobil hybrid dengan banderol di bawah Rp 300 juta.

    Suzuki misalnya punya dua model mobil hybrid yakni Ertiga dan XL7. Daihatsu pun tak mau ketinggalan dengan Rocky. Terbaru ada Toyota yang meluncurkan mobil hybrid ramah kantong di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Lebih lengkapnya bisa dilihat berikut ini.

    4 Mobil Hybrid di Bawah Rp 300 Juta

    1. Suzuki XL7 Hybrid

    Suzuki XL7 Hybrid Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikcom

    Suzuki XL7 Hybrid punya empat varian yang ditawarkan dengan banderol di bawah Rp 300 juta. Keempat varian yang dimaksud adalah Beta M/T, Beta A/T, Alpha M/T, dan Alpha M/T Two Tone. Suzuki XL7 Hybrid Beta M/T merupakan varian termurah. Banderolnya Rp 286 juta. Sementara yang termahal dari Alpha M/T Wwo Tone dengan banderol Rp 299,2 juta. Tiga dari empat varian itu bertransmisi manual, hanya Beta A/T yang mengusung transmisi otomatis. Soal spesifikasi, XL7 hybrid ini dibekali mesin K15B berkapasitas 1.462 cc. Mesinnya dipadukan dengan baterai 10 Ah 12 V. Versi M/T mengusung transmisi manual lima percepatan. Sedangkan versi matic, mesinnya dipadukan dengan transmisi otomatis 4 percepatan. Suzuki menyematkan sejumlah fitur pada XL7 hybrid di antaranya, isofix, sistem pengereman ABS dan EBD, childproof door lock, dual SRS airbag, electronic stability programme, hill hold control, kamera belakang, hingga immobilizer.

    2. Suzuki Ertiga Hybrid

    Ertiga Hybrid Foto: Pradita Utama

    Suzuki Ertiga hybrid punya varian lebih banyak yang ditawarkan dengan harga di bawah Rp 300 juta. Dari enam varian Ertiga hybrid yang dijual, lima di antaranya dibanderol di bawah Rp 300 juta. Termurah adalah Ertiga Hybrid GX M/T yang punya banderol Rp 274,9 juta. Kemudian varian tertinggi di bawah Rp 300 juta ada Ertiga Hybrid Cruise A/T seharga Rp 298,8 juta.

    Ertiga Hybrid menggendong mesin yang sama dengan XL7 Hybrid yakni K15B. Berbekal mesin itu, mobil bisa menyemburkan tenaga 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm pada 4.400 rpm. Fitur-fiturnya juga tak jauh berbeda. Ertiga hybrid juga dilengkapi dengan dua airbag, sistem pengereman ABS, ESP, hingga hill hold control.

    3. Daihatsu Rocky Hybrid

    Rocky Hybrid Foto: Grandyos Zafna/detikcom

    Kalau maunya SUV, maka opsinya bisa Daihatsu Rocky Hybrid. Rocky Hybrid ini ditawarkan dengan harga Rp 299,85 juta. Rocky e-Smart Hybrid mengusung sistem series hybrid, di mana mobil sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik. Mesin bensin 1.2L WA-VEX hanya berfungsi sebagai generator pengisi baterai. Dengan fokus ini, efisiensi termal mesin mencapai 40%, salah satu yang tertinggi di kelasnya. Energi disimpan di baterai lithium-ion 177,6 volt yang ditempatkan di bawah jok belakang. Baterai ini mendapat garansi 8 tahun atau 160.000 km.

    Rocky Hybrid juga dibekali fitur keselamatan lengkap, mulai 6 SRS Airbag, ABS, EBD, VSC, HSA, Blind Spot Mirror, hingga ISOFIX. Ada pula 8 fungsi dalam Advanced Safety Assist (ASA), termasuk Collision Warning & Avoidance Assist Brake, Lane Departure Warning, Pedal Misoperation Control, hingga Auto High Beam dan sensor 6 titik untuk memudahkan parkir.

    4. Toyota Veloz Hybrid

    Veloz Hybrid Foto: Andhika Prasetia

    Paling anyar adalah Toyota Veloz Hybrid. Mobil yang menjalani debut globalnya di Gaikindo Jakarta Auto Week ini ditawarkan dengan harga pre-book Rp 299 juta. Veloz Hybrid termurah ini di atas kertas menggunakan mesin 2NR-VX yang punya output tenaga dan torsi dari mesin sebesar 91 PS dan 121 Nm. Sementara dari motor listriknya, tenaga yang dihasilkan 80 PS dan torsinya 141 Nm. Dari sisi fitur, Veloz Hybrid termurah juga telah mendapatkan lampu utama LED dan lampu kabut halogen.

    Veloz tipe termurah mengusung layar hiburan berukuran 9 inch. Sementara varian di atasnya yakni Q, Q Modellista, dan Q Modellista TSS yang sudah dibekali headunit lebih besar, yakni 10 inci.

    Selain itu, tipe terendah Veloz Hybrid juga hanya dibekali kamera mundur. Bandingkan dengan tipe-tipe teratasnya yang sudah dilengkapi kamera 360. Tak hanya itu, tipe V juga belum dilengkapi teknologi telematika T-Intouch dan rear seat entertainment.

    (dry/lth)

  • Toyota Veloz Bensin Bakal Disetop, Kenapa?

    Toyota Veloz Bensin Bakal Disetop, Kenapa?

    Jakarta

    PT Toyota Astra Motor (TAM) memposisikan Veloz sebagai ‘lokomotif’ baru dalam mendorong adopsi kendaraan elektrifikasi di Indonesia, khususnya di segmen seven-seater yang sangat gemuk.

    Jap Ernando Demily, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebut Veloz kini punya peran strategis yang berbeda.

    “So far (Veloz non-hybrid) masih ada. Ya, produk strategi kan (kenapa Veloz non-hybrid disetop). Kalau mau yang ICE kan masih ada Avanza. Kalau mau hybrid sama elektrifikasi kita provide Veloz,” ujar Ernando.

    Konsumen yang mencari mobil keluarga dengan mesin bensin yang sudah andal dan efisien akan diarahkan ke Avanza. Sebaliknya, bagi yang ingin merasakan sensasi mobil ramah lingkungan dengan konsumsi bahan bakar super irit, Veloz Hybrid adalah jawabannya.

    Toyota membagi peran modelnya secara jelas, supaya tetap dapat melayani semua lapisan pasar. Mulai dari yang masih nyaman dengan mesin bensin melalui Avanza, hingga yang siap ‘naik kelas’ ke kendaraan elektrifikasi melalui Veloz Hybrid. Di sisi lain, Ernando menyoroti tingginya minat masyarakat terhadap teknologi hybrid.

    Sepanjang Januari-Oktober 2025, mobil hybrid terjual sebanyak 51.566 unit dari total penjualan nasional 635.566 unit. Artinya mobil hybrid sudah mengambil pangsa pasar otomotif nasional sebanyak 8,11 persen.

    Mobil hybrid juga mengalami dinamika penjualan tahun ini. Rekor bulanan penjualan tertinggi mobil hybrid terjadi pada Juli dengan capaian 6.258 unit, namun bulan berikutnya turun pada level lima ribuan unit.

    Toyota menjadi pabrikan yang paling laris menjual mobil hybrid. Total sepanjang Januari-Oktober 2025 mencapai 24.979 unit. Model terlarisnya ialah Innova Zenix dengan angka penjualan 19.701 unit.

    “Sekarang kalo kita liat sebenarnya kan penetrasi hybrid secara customer point of view kan bagus karena konsumsi beban bakarnya kan irit,” tambahnya.

    (riar/dry)