brand merek: Toyota

  • Terungkap, Satpam RS Mitra Keluarga Bekasi Ternyata ‘di-Samcdown’ Hingga Koma 4 Hari 

    Terungkap, Satpam RS Mitra Keluarga Bekasi Ternyata ‘di-Samcdown’ Hingga Koma 4 Hari 

    Laporan wartawan TribunJakarta.com Yusuf Bachtiar 

    TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN – Satpam RS Mitra Keluarga Bekasi bernama Sutiono (39) dianiaya keluarga pasien dengan cara ‘di-Samcdown’, hal diungkapkan sang istri Ratrichsani (30). 

    Dijumpai di RS Mitra Keluarga Bekasi, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Ratrichsani menceritakan kejadian yang dialami suaminya, Senin (7/4/2025). 

    Korban pada saat kejadian Sabtu (29/3/2025), sedang melaksanakan tugas di area akses masuk kendaraan dekat pintu masuk IGD. 

    Pelaku datang mengendarai sedan Toyota Vios warna putih ke RS Mita Keluarga Bekasi, menggunakan knalpot bising dan membunyikan klakson. 

    “Informasi kronologisnya sih katanya pelaku ini, nyalain knalpot brong, di klakson-klakson, berisik di ruangan IGD. Terus beliau juga sempet parkir areanya enggak sesuai dengan SOP rumah sakit,” kata Ratrichsani. 

    Karena tidak sesuai SOP, Sutiono kemudian berusaha menegur pelaku agar parkir di area yang sudah disediakan. 

    Namun respons pelaku justru memperkeruh keadaan, dia merasa tak terima ditegur satpam hingga terjadi keributan. 

    Korban dianiaya dengan cara didorong-dorong, sampai puncaknya dibanting oleh pelaku yang merupakan keluarga pasien RS Mitra Keluarga Bekasi. 

    “Pertama sih dia didorong-dorong kata saksi-saksi yang ada, dia (korban) dibanting dan di-smackdown (dipiting) gitu loh tangannya. Jadi pas dia udah kejang, dia masih dipiting, masih dismackdown gitu,” ucap Ratrichsani. 

    Kondisi suaminya lanjut Ratrichsani, saat ini sudah mulai membaik setelah sebelumnya sempat koma empat hari pasca-dianiaya pelaku. 

    Kasus yang menimpa suaminya telah masuk ke ranah hukum, dia dibantu tim kuasa hukum telah membuat laporan Polisi di Polres Metro Bekasi Kota. 

    Insiden penganiayaan dipicu karena pelaku tak terima ditegur, korban saat itu hanya menjalankan SOP agar tidak ada kendaraan yang parkir di akses IGD pada Sabtu (29/3/2025). 

    Tak terima ditegur satpam, insiden penganiayaan pun terjadi hingga menyebabkan korban kejang-kejang dan muntah darah.  

    Korban harus menjalani perawatan intensif, rekaman CCTV detik-detik kejadian pun viral di media sosial setelah diunggah akun TikTok @volunteer.netizen.  

    Tak hanya itu, istri korban melalui akun TikTok @butirandebu94 mengunggah kondisi suaminya yang kritis saat menjalani perawatan di rumah sakit. 

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • 2 Pelajar Tewas Kecelakaan di Jalan Parangtritis Yogyakarta dalam 2 Hari
                
                    
                        
                            Yogyakarta
                        
                        7 April 2025

    2 Pelajar Tewas Kecelakaan di Jalan Parangtritis Yogyakarta dalam 2 Hari Yogyakarta 7 April 2025

    2 Pelajar Tewas Kecelakaan di Jalan Parangtritis Yogyakarta dalam 2 Hari
    Tim Redaksi
    YOGYAKARTA, KOMPAS.com

    Kecelakaan lalu lintas
    kembali terjadi di
    Jalan Parangtritis
    , tepatnya di Padukuhan Paker, Kalurahan Mulyodadi, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul, DI
    Yogyakarta
    , pada Senin (7/4/2025).
    Dalam dua hari berturut-turut, dua kecelakaan telah merenggut nyawa pelajar.
    Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana, mengungkapkan bahwa kecelakaan terbaru melibatkan kendaraan Toyota Agya AB 1725 UB yang dikendarai oleh Sarjuki (63) dan penumpangnya, Amawati (64), warga Jambidan, Kapanewon Banguntapan, Bantul.
    Kecelakaan ini juga melibatkan sepeda motor Honda CBR AD 4808 OZ yang dikendarai oleh RA (15), seorang pelajar dan penumpangnya, MW (16), keduanya warga Desa Gemolong, Kecamatan Gemolong, Sragen, Jawa Tengah.
    Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 10.45 WIB.
    Kecelakaan bermula ketika pengendara sepeda motor melaju dari arah Pantai Parangtritis menuju Utara/Yogyakarta.
    Saat tiba di lokasi, sepeda motor tersebut tiba-tiba oleng ke kanan dan bertabrakan dengan mobil Toyota Agya yang melintas dari arah berlawanan.
    “Jarak yang terlalu dekat menyebabkan kecelakaan tidak bisa dihindari,” kata Jeffry saat dihubungi melalui telepon.
    Akibat kecelakaan ini, penumpang mobil mengalami patah tulang pergelangan tangan kiri dan saat ini dirawat di RS Panti Rapih, Yogyakarta.
    Sementara itu, pengendara sepeda motor RA mengalami cedera kepala berat dan dinyatakan meninggal dunia setelah dibawa ke RSUD Panembahan Senopati, Bantul.
    Pembonceng MW juga mengalami cedera kepala dan sedang menjalani perawatan di RSUD Panembahan Senopati.
    “Untuk sopir tidak mengalami luka,” tambah Jeffry.

    Sebelumnya, pada Minggu (6/4/2025),
    kecelakaan lalu lintas
    tunggal juga terjadi di Jalan Parangtritis, Kalurahan Patalan, Jetis, Bantul, yang melibatkan anak-anak.
    Kecelakaan tersebut mengakibatkan satu pengendara tewas.
    Jeffry menjelaskan, peristiwa bermula ketika sepeda motor Yamaha Jupiter MX H 4863 KV yang dikendarai oleh AN (14) berstatus pelajar, berboncengan dengan MR (15), keduanya warga Jambu, Semarang, Jawa Tengah, melaju dari arah Parangtritis ke Utara/Yogyakarta sekitar pukul 10.00 WIB.
    “Sesampainya di tempat kejadian, sepeda motor oleng ke kiri dan menabrak pagar jembatan pintu masuk Balai Kalurahan Patalan,” jelas Jeffry.
    Setelah menabrak jembatan, sepeda motor tersebut masuk ke parit.
    AN dinyatakan meninggal dunia saat dibawa ke rumah sakit, sementara MR mengalami patah kaki kiri dan dirawat di RSUD Panembahan Senopati.
    “Untuk pengendara meninggal dunia, sementara pembonceng mengalami patah kaki kiri,” ucapnya.
    Berkaca dari kecelakaan tersebut, Jeffry berharap orang tua lebih memperhatikan dan mengawasi anak-anak mereka.
    “Sebab, jika belum memiliki surat izin mengemudi (SIM), anak di bawah umur tidak diperbolehkan berkendara,” tegasnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Bukan Tesla-BYD, Mobil Listrik Ala Jepang Ini Ternyata Paling Laku!

    Bukan Tesla-BYD, Mobil Listrik Ala Jepang Ini Ternyata Paling Laku!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Produk otomotif pabrikan Jepang sudah tidak perlu lagi diragukan kualitasnya. Bahkan, permintaan untuk mobil hibrida bensin-listrik Toyota telah membuat para pemasok kewalahan dalam memenuhi kebutuhan produksi.

    Banyaknya permintaan tersebut, mengakibatkan terjadinya kekurangan suku cadang dan waktu tunggu yang lebih lama bagi para pembeli. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh empat orang yang mengetahui situasi tersebut.

    Melansir Reuters, stok mobil hibrida Toyota di dealer utama, termasuk di Amerika Serikat, Jepang, China, dan Eropa, susah dicari.

    Sebagai pemain dominan di pasar mobil hibrida, Toyota menghadapi tantangan besar dalam memenuhi lonjakan permintaan ini. Namun, peningkatan ini juga membuktikan strategi Toyota dalam mempertahankan produksi mobil hybrid terbukti berhasil, meskipun beberapa pesaingnya sebelumnya memprediksi kendaraan listrik berbasis baterai akan menghilangkan permintaan mobil hibrida.

    Sementara itu, berdasarkan data LMC Automotive, penjualan mobil hybrid global, termasuk model plug-in, hampir meningkat tiga kali lipat dalam lima tahun terakhir, dari 5,7 juta unit menjadi 16,1 juta unit.

    Di Eropa, pelanggan Toyota kini harus menunggu sekitar 60 hingga 70 hari untuk mendapatkan mobil hibrida baru, hampir dua kali lipat dari waktu tunggu pada tahun 2020. Model dengan permintaan tertinggi di kawasan ini termasuk Yaris Cross Hybrid dan RAV4 Plug-in Hybrid. Sedangkan di Jepang, waktu tunggu berkisar antara dua hingga lima bulan untuk berbagai model, menurut situs web resmi Toyota.

    Di Amerika Serikat, stok mobil hibrida juga makin tipis. Seorang sumber mengatakan, di salah satu dealer di Pantai Barat, Prius Hybrid sudah terjual habis sejak pertengahan Februari, sementara stok Camry Hybrid sangat terbatas. Di India, waktu tunggu berkisar antara dua hingga sembilan bulan, tergantung pada modelnya.

    Reuters mewawancarai 10 tokoh industri, termasuk orang-orang di Toyota dan para pemasoknya, mereka mengungkapkan kendala saat ini terjadi dalam rantai pasokan mobil hibrida. Toyota menyatakan, permintaan mobil hibrida meningkat secara signifikan di seluruh wilayah dan pihaknya terus berusaha meningkatkan produksi untuk merespons kebutuhan pasar.

    “Saat ini, kapasitas produksi untuk komponen dan suku cadang hibrida dari para pemasok kami dan produksi suku cadang internal kami sejalan dengan rencana produksi tahunan dan kapasitas perakitan kendaraan kami,” kata Toyota dalam pernyataannya, dikutip dari Reuters, Selasa (1/4/2025).

    Namun, keterbatasan pasokan tetap menjadi tantangan utama. Beberapa suku cadang penting, seperti magnet yang digunakan dalam komponen hibrida dari pemasok Aisin Corp, mengalami kelangkaan. Hal ini menyebabkan keterlambatan produksi rotor dan stator, yang berdampak pada pasokan motor hibrida ke Toyota. Demikian pula, Denso, pemasok utama dalam grup Toyota, menghadapi keterlambatan pengiriman inverter akibat kemacetan di pemasok lapis kedua dan ketiga.

    Menghadapi masalah ini, Toyota mempertimbangkan opsi untuk mencari pemasok baru di India serta memproduksi inverter di negara tersebut. Meski begitu, perusahaan menolak memberikan perincian lebih lanjut terkait pemasok spesifik yang terlibat dalam upaya ini. Aisin dan Denso juga menolak berkomentar.

    Adapun Toyota sendiri telah berinvestasi besar dalam meningkatkan kapasitas produksinya. Di India, Toyota Kirloskar Motor telah menambah kapasitas untuk memproduksi 32.000 kendaraan tambahan per tahun dan berencana untuk meningkatkan produksi hingga 100.000 kendaraan lagi. Selain itu, Toyota juga menginvestasikan US$14 miliar untuk pabrik baterai di North Carolina guna memenuhi permintaan kendaraan hibrida.

    Di China, meskipun total penjualan Toyota turun 7% pada 2024 dibanding tahun sebelumnya, penjualan kendaraan listriknya yang sebagian besar adalah mobil hibrida justru meningkat 27%.

    Pesaing utama Toyota, seperti Hyundai dan Kia, juga menghadapi tantangan serupa dalam meningkatkan produksi mobil hibrida mereka. Seorang sumber menyebutkan bahwa Hyundai masih berjuang dengan keterbatasan kapasitas produksi, sementara dealer Hyundai di Seoul mencatat waktu tunggu untuk SUV Palisade Hybrid mencapai satu tahun. Kia Carnival Hybrid memiliki waktu tunggu 10 bulan, sedangkan Kia Sorento Hybrid membutuhkan waktu sekitar tujuh bulan untuk dikirim ke pelanggan.

    Sementara itu, Honda melaporkan permintaan yang kuat untuk mobil hibridanya, terutama di Amerika Utara dan Jepang, tetapi enggan memberikan rincian mengenai waktu pengiriman.

    Lebih lanjut, bagi sebagian pelanggan, efisiensi bahan bakar yang ditawarkan oleh mobil hibrida membuat mereka bersedia menunggu lebih lama. Rakesh Kumar, seorang pengusaha di negara bagian Uttar Pradesh, India, akhirnya menerima SUV Toyota Hyryder miliknya pada bulan Maret, hampir lima bulan setelah melakukan pemesanan.

    “Kami sudah punya satu mobil hibrida di keluarga,” ujarnya. “Dan saya tahu jarak tempuhnya jauh lebih baik daripada mobil lainnya.”

    (wia)

  • Merasakan Teknologi Toyota Hybrid System di Toyota Yaris Cross Hybrid

    Merasakan Teknologi Toyota Hybrid System di Toyota Yaris Cross Hybrid

    Bisnis.com, JAKARTA — Sebagai pionir pabrikan dengan teknologi hybrid di Indonesia, Toyota menggunakan sistem Hybrid Series Parallel yang telah dikembangkan selama tiga dekade sejak 1997.

    Pengalaman berkendara dengan Toyota Hybrid Electric Vehicle (HEV) menawarkan kombinasi antara efisiensi bahan bakar optimal dan performa yang mumpuni. Dengan teknologi Hybrid Series Parallel yang memungkinkan kendaraan beroperasi secara fleksibel dengan motor listrik, mesin bensin, atau kombinasi keduanya sesuai dengan kebutuhan berkendara.

    Berbeda dengan sistem hybrid lainnya, teknologi Toyota Hybrid System (THS) memiliki kemampuan untuk beralih secara mulus antara mode listrik dan bensin karena adanya power split device. Komponen ini berperan mengatur aliran energi antara motor Listrik dan mesin pembakaran internal. Keberadaannya memastikan distribusi energi yang efisien sesuai dengan kondisi berkendara.

    Tim Jelajah Bisnis Indonesia yang menggunakan Toyota Yaris Cross Hybrid menyebutkan perpindahan antara mode listrik dan bensin begitu halus hingga hampir tidak terasa.

    “Berasa lebih hemat BBM. Apalagi rute yang kami tempuh sebagian besar adalah jalan tol,” ujar Rangga, salah satu Tim Jelajah yang mencoba mengendarai Toyota Yaris Cross Hybrid.

    Berdasarkan data pengujian internal Toyota, kendaraan hybrid mereka mampu memberikan efisiensi bahan bakar terbaik tanpa mengorbankan performa berkendara. Yaris Cross HEV diklaim memiliki konsumsi BBM hingga 30% lebih efisien dibandingkan model bensin konvensional pada kategori yang sama.

    “Ketika pedal gas diinjak, akselerasi terasa responsif dan masih cukup bertenaga,” tuturnya.

    Salah satu kekhawatiran umum pembeli kendaraan hybrid adalah tentang perawatan. Toyota menjawab kekhawatiran ini dengan jaringan bengkel resmi yang dilengkapi teknisi bersertifikasi khusus untuk kendaraan hybrid di seluruh Indonesia.

    Toyota HEV juga menikmati insentif pengurangan PPnBM sebesar 3% untuk kendaraan hybrid yang diproduksi lokal, seperti Toyota Yaris Cross Hybrid dan Toyota Innova Zenix HEV. Untuk Innova Zenix HEV, terdapat pengurangan PPnBM sebesar 4% – 7%, sementara Yaris Cross HEV menerima pengurangan 3% – 6%. Hal ini berdampak pada penurunan harga berkisar Rp 10 juta hingga Rp 13 juta.

    Toyota terus memperluas jangkauan kendaraan hybrid mereka di Indonesia, dengan fokus pada produksi lokal yang mendukung program elektrifikasi kendaraan nasional sekaligus memberikan pengalaman berkendara yang lebih efisien dan ramah lingkungan bagi konsumen Indonesia.

  • Kecelakaan Mobil Adu Banteng di Jalan Raya Blora-Cepu, Sopir Diduga Mengantuk

    Kecelakaan Mobil Adu Banteng di Jalan Raya Blora-Cepu, Sopir Diduga Mengantuk

    TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Kecelakaan ‘adu banteng’ terjadi di Jalan Raya Blora- Cepu, Desa Kalimodang, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Minggu (6/4/2025).

    Kanit Gakkum Satlantas Polres Blora, Ipda Eko Purnomo mengatakan, kecelakaan tersebut terjadi sekira pukul 11.00.

    “Kendaraan yang terlibat kecelakaan yakni Toyota Avanza bernomor polisi K 1967 BN warna silver dengan Elf bernomor polisi AE 7345 S warna silver,” terangnya kepada Tribunjateng.com, Minggu (6/4/2025).

    Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan kronologi kecelakaan bermula saat Avanza berwarna silver yang dikemudikan Suhartono (56), warga Desa Kalen, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora ini dari arah utara ke selatan.

    “Kemudian dari arah berlawanan, melaju Microbus warna silver yang dikemudikan Rahmad (21), warga Ngraho, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora.”

    “Sesampainya di lokasi, pengemudi Avanza kurang konsentrasi dan diduga mengantuk.”

    “Diduga tidak bisa menguasai kemudi sehingga oleng ke kiri dan kanan serta jarak yang sudah dekat, maka terjadilah kecelakaan itu,” paparnya.

    Ipda Eko Purnomo menyampaikan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

    Hanya saja kendaraan yang terlibat kecelakaan rusak parah.

    “Bumper mobil Avanza ringsek, kerugian materil sekira Rp10 juta,” paparnya. (*)

  • Merasakan Keamanan dan Kenyamanan dengan Toyota Hybrid

    Merasakan Keamanan dan Kenyamanan dengan Toyota Hybrid

    Bisnis.com, JAKARTA — Sebagai pionir pabrikan dengan teknologi hybrid di Indonesia, Toyota tidak hanya menawarkan efisiensi bahan bakar, tetapi juga keunggulan dalam aspek keamanan dan jaminan produk yang komprehensif.

    Pengalaman berkendara dengan Toyota Hybrid Electric Vehicle (HEV) semakin lengkap dengan adanya Toyota Safety Sense (TSS). Tim Jelajah Bisnis Indonesia yang menggunakan Toyota Yaris Cross Hybrid menyebutkan bahwa fitur keamanan memberikan ketenangan dalam berkendara.

    “Ketika ada kendaraan di depan, mobil otomatis mengerem sehingga menghindari tabrakan apabila terlambat mengerem,” kata Rangga, salah satu Tim Jelajah yang mencoba mengendarai Toyota Yaris Cross Hybrid.

    Fitur Toyota Safety Sense seperti Pre-collision Warning, Lane Departure Alert, dan Adaptive Cruise Control membuat perjalanan jauh lebih nyaman dan aman. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Toyota Indonesia, TSS masuk dalam tiga besar pertimbangan calon pembeli, bersama dengan kamera 360 derajat dan airbags. TSS dirancang untuk mendukung kewaspadaan pengemudi, pengambilan keputusan yang tepat, dan pengoperasian kendaraan pada berbagai kecepatan.

    “Selama perjalanan di [Jalan] Tol Trans Jawa, Lane Departure Prevention bekerja dengan baik mengingatkan jika mobil keluar dari jalur,” tuturnya.

    Toyota Safety Sense menggunakan kamera lensa tunggal dan radar canggih untuk mencegah kecelakaan, mengurangi korban kecelakaan, dan memberikan bantuan kepada pengemudi.

    GARANSI BATERAI

    Selain keamanan, Toyota juga memberikan tambahan dalam pemeliharaan dengan garansi baterai hybrid selama delapan tahun atau hingga 160.000 km. “Garansi baterainya selama 8 tahun. Sangat membantu kalau seandainya ada problem di periode itu,” tambah Rangga.

    Salah satu kekhawatiran umum pembeli kendaraan hybrid adalah tentang perawatan dan masa pakai baterai. Toyota menjawab kekhawatiran ini dengan jaringan bengkel resmi yang dilengkapi teknisi bersertifikasi khusus untuk kendaraan hybrid di seluruh Indonesia, serta garansi baterai yang komprehensif.

    Toyota HEV juga menikmati insentif pengurangan PPnBM sebesar 3% untuk kendaraan hybrid yang diproduksi lokal, seperti Toyota Yaris Cross Hybrid dan Toyota Innova Zenix HEV. Untuk Innova Zenix HEV, terdapat pengurangan PPnBM sebesar 4% – 7%, sementara Yaris Cross HEV menerima pengurangan 3% – 6%. Hal ini berdampak pada penurunan harga berkisar Rp 10 juta hingga Rp 13 juta.

  • Land Cruiser Incaran Maling di Jepang, Kini Punya Fitur Keamanan Baru

    Land Cruiser Incaran Maling di Jepang, Kini Punya Fitur Keamanan Baru

    Jakarta

    Toyota melakukan penyegaran pada model Land Cruiser 2025. Kini SUV bongsor itu mendapat sentuhan interior anyar dan fitur keamanan yang lebih canggih.

    Selain jadi SUV yang populer di Jepang, Land Cruiser ternyata jadi incaran maling di negeri Sakura.

    Asosiasi Asuransi Umum Jepang telah mengumpulkan data tentang pencurian mobil setiap tahun sejak tahun 2000.

    Land Cruiser dan Prado menjadi model paling banyak diincar para maling kendaraan bermotor di Jepang. Model tersebut masuk dalam puncak tangga mobil paling sering dicuri.

    Land Cruiser menyumbang 14,7 dari setiap 100 kendaraan curian di tabel 2023, angkanya melonjak menjadi 27,5 pada tahun 2024. Itu berarti lebih dari satu dari setiap empat mobil yang dicuri adalah Land Cruiser.

    Nah, pabrikan tidak tinggal diam. Toyota telah memperkenalkan langkah-langkah anti-pencurian tambahan. Fitur “My Car Start Lock” dari layanan yang terhubung memungkinkan pemilik untuk mengunci mesin dari jarak jauh dari ponsel cerdas mereka, mencegah pencuri pergi.

    Fitur ini dapat dioperasikan melalui aplikasi “My TOYOTA+”. Peningkatan keamanan saat kendaraan tidak digunakan, ini menjadi yang pertama untuk kendaraan Toyota.

    Semua trim Land Cruiser sekarang sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari untuk menghidupkan mesin. Fitur ini bekerja jika sidik jari cocok dan terdaftar pada kendaraan, mesin akan menyala; jika tidak seusai maka mesin tidak bisa hidup.

    Untuk menghidupkan mesin, pengemudi harus membawa Smart Key, menekan pedal rem, dan menyentuh sensor sidik jari di tombol start di dekat kemudi. Walhasil jika bukan orang yang terdaftar maka tidak bisa menggunakan mobil ini.

    Pada model terbaru ini juga disempurnakan sistem yang memeriksa apakah kunci pintar benar-benar dekat dengan kendaraan, alarm dengan sensor kemiringan, dan sistem immobilizer.

    Land Cruiser 300 juga mengalami peningkatan fungsi pengereman mitigasi tabrakan bagi pengendara sepeda.

    Perubahan yang paling mencolok terjadi di dalam kabin. Trim spesifikasi menengah dan tinggi sekarang menjadi standar dengan kluster instrumen digital TFT 12,3 inci baru, menawarkan grafis yang dapat dikonfigurasi.

    Sementara itu, model entry-level mendapatkan versi 7 inci. Ini dipasangkan dengan layar sentuh infotainment 8 inci sebagai standar.

    Tidak ada ubahan dalam jantung mekanis. Model-model tersebut dijual dalam dua pilihan opsi mesin bensin dan diesel. Kedua mesin tersebut disalurkan melalui 10-percepatan otomatis atau Toyota menyebutnya Direct Shift-10 AT.

    Di atas kertas mesin bensin 3.5 liter V6 twin-turbo menjanjikan output maksimum 305 kW (415 PS) dan torsi maksimal 650 Nm.

    Sedangkan opsi mesin diesel V6 twin-turbo 3,3 liter sudah mengalami perubahan di ruang bakar piston, port intake, dan injektor. Di atas kertas, mesin berbahan bakar solar itu menghasilkan tenaga maksimum 227 kW (309 PS) dan torsi maksimal 700 Nm.

    Toyota menekankan bahwa powertrain diesel sekarang sesuai dengan standar emisi terbaru Jepang.

    Harga untuk Land Cruiser 300 yang diperbarui mulai dari ¥5.252.500 (sekitar Rp 591 jutaan) untuk trim GX bensin paling murah, naik menjadi ¥8.136.800 (kira-kira Rp 916 jutaan) untuk varian GR Sport bertenaga diesel.

    *1 Yen = Rp 112,68

    (riar/din)

  • Sosok Rudy Susmanto, Bupati Bogor Bela Kades Klapanunggual yang Buat Dedi Mulyadi Murka karena THR – Halaman all

    Sosok Rudy Susmanto, Bupati Bogor Bela Kades Klapanunggual yang Buat Dedi Mulyadi Murka karena THR – Halaman all

    TRIBUNNEWS.com – Bupati Bogor, Rudy Susmanto, pasang badan untuk Kepala Desa Klapanunggal, Ade Endang Saripudin, yang membuat Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, murka.

    Diketahui, Dedi Mulyadi meminta pihak kepolisian menangkap Ade Endang buntut meminta tunjangan hari raya (THR) sebesar Rp165 juta ke perusahaan di Klapanunggal.

    Namun, menurut Rudy, tindakan Ade Endang itu merupakan kesalahannya.

    Sebab, pihaknya telah memberlakukan larangan meminta THR, khususnya bagi lembaga pemerintahan.

    Larangan itu merupakan turunan dari Pemerintah Provinsi Jabar yang sudah dituangkan ke dalam Peraturan Bupati Bogor.

    “Kalau soal itu (Kades Klapanunggal minta THR), kita harus akui, yang salah adalah saya sebagai Bupati Bogor,” kata Rudy, Sabtu (5/4/2025), dilansir TribunnewsBogor.com.

    “Kebijakan itu (larangan minta THR) turun pada bulan Ramadan, dan ternyata (oknum minta THR) sudah berjalan, bahkan sebelum (aturan) sampai ke kecamatan dan kepala desa,” lanjutnya.

    Rudy pun berjanji akan mengambil tindakan tegas terkait persoalan Kades Klapanunggal minta THR.

    Dikutip dari Wartakotalive.com, Rudy Susmanto merupakan mantan anggota DPRD Kabupaten Bogor periode 2019-2024.

    Ia merupakan politisi Gerindra yang menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai.

    Saat terpilih menjadi wakil rakyat, ia ditunjuk menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bogor.

    Namun, pada 2024, posisi Ketua DPRD Kabupaten Bogor digantikan oleh Sastra Winara sebab Rudy maju Pilkada 2024 dan terpilih sebagai Bupati Bogor.

    Meski menjadi pemimpin di tanah Sunda, nyatanya Rudy tidak lahir di Jawa Barat.

    Ia lahir di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, pada 15 Agustus 1985, dikutip dari laman pribadinya.

    Namun, kedua orang tuanya diketahui asli Jawa Barat. Sang ayah merupakan kelahiran Bandung Selatan, sedangkan ibunya berasal dari Sumedang.

    Rudy menghabiskan masa kecil hingga dewasa di Sukoharjo. Ia merupakan lulusan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

    Sebelum terjun ke dunia politik, Rudy merupakan seorang pebisnis.

    Ia pernah bergabung di PT Exsamap Asia, perusahaan yang bergerak di bidang pengolajan data citra radar satelit milik NASA.

    Berikut riwayat karier Rudy:

    PT Exsamap Asia (2007);
    Special Asisten to the CEO PT Nusantara Energy (2007-2008);
    Asisten Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto (2008-2010);
    General Manager Nusantara Polo Club (2010-Sekarang);
    Ketua DPRD Kabupaten Bogor (2019-2024).

    Saat ini, Rudy menjabat sebagai Bupati Bogor. Ia resmi dilantik menjadi Bupati Bogor pada 20 Februari 2025.

    Belum genap satu bulan menjabat, Rudy mendapat penghargaan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

    Penghargaan ini diberikan karena Rudy dianggap berperan dalam mendukung pendirian SMA Unggulan Kemala Taruna Bhayangkara, di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, dilansir jabarprov.go.id.

    Rudy Susmanto terakhir kali menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 31 Desember 2023, saat masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bogor.

    Kala itu, Rudy tercatat memiliki kekayaan sebanyak Rp8.280.087.61.

    Namun, karena mempunyai utang senilai Rp230 juta, jumlah kekayaan Rudy berkurang menjadi Rp8.050.087.6.

    Ia memiliki aset tanah dan bangunan di Kabupaten Bogor senilai Rp4,6 miliar.

    Lalu, ada tiga mobil yang total nilainya mencapai Rp1,5 miliar.

    Berikut ini rincian harta kekayaan Rudy Susmanto:

    II. DATA HARTA

    A. TANAH DAN BANGUNAN Rp4.641.000.000

    Tanah dan Bangunan Seluas 357 m2/46 m2 di KAB / KOTA BOGOR, HASIL SENDIRI Rp4.641.000.000

    B. ALAT TRANSPORTASI DAN MESIN Rp1.560.000.000

    MOBIL, MITSUBISHI PAJERO Tahun 2017, HASIL SENDIRI Rp400.000.000
    MOBIL, TOYOTA FORTUNER 2.4 VRZ Tahun 2019, HASIL SENDIRI Rp425.000.000
    MOBIL, LEXUS LX 570 AT Tahun 2009, HASIL SENDIRI Rp735.000.000

    C. HARTA BERGERAK LAINNYA Rp2.000.000.000

    D. SURAT BERHARGA Rp—-

    E. KAS DAN SETARA KAS Rp79.087.610

    F. HARTA LAINNYA Rp—-

    Sub Total Rp8.280.087.610

    III. HUTANG Rp230.000.000

    IV. TOTAL HARTA KEKAYAAN (II-III) Rp8.050.087.610

    Sebagian artikel ini telah tayang di TribunnewsBogor.com dengan judul Gubernur Jabar Minta Kades Klapanunggal Dipenjara, Bupati Bogor Pasang Badan : Yang Salah Saya dan di WartaKotalive.com dengan judul Sastra Winara Ditunjuk Sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ini Pesan Rudy Susmanto

    (Tribunnews.com/Pravitri Retno W, TribunnewsBogor.com/Muamaruddin Irfani, Wartakotalive.com)

  • Bukan Toyota Avanza, Ini Mobil Paling Laris di Inggris

    Bukan Toyota Avanza, Ini Mobil Paling Laris di Inggris

    Jakarta

    Di Indonesia boleh jadi produsen asal Jepang seperti Toyota, Honda, Suzuki, Daihatsu atau Mitsubishi menjadi raksasa dan mengusai penjualan. Akan tetapi hal ini berbeda jika dibandingkan di Inggris, bahkan di Inggris bukan kendaraan berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV).

    Dikutip autocar, berdasarkan dari data penjualan mobil baru di Inggris, rupanya penjualan terbesar di Inggris kendaraan berjenis compact crossover. dan dikuasai produsen mobil asal Amerika Serikat Ford.

    Dikatakan pada 2024 penjualan mobil sebanyak 2,6 persen dikuasai oleh Ford Puma. Bahkan Ford Puma masih menguasai market atau penjualan di awal tahun 2025.

    Soal mobil listrik, dijelaskan penjualan mobil listrik terbaik terjadi pada 2019. Akan tetapi penjualan mobil listrik pada awal tahun 2025, mengalami peningkatan hingga 43,2 persen.

    Berikut daftar mobil paling laris di Inggris pada 2024:

    1. Ford Puma: 14.930 unitFord Puma menjadi mobil palin laris di Inggris pada 2024, dan memasuki 2025 mobil berdarah compact crossover ini menjadi mobil paling laris di Britania.

    2. KIA Sportage: 12.886 unitProdusen mobil asal Korea Selatan Kia Sportage menjadi mobil terfavorit kedua di Inggris. Dijelaskan selain memiliki desain yang dinilai oke, KIA Sportage ini memiliki beberapa pilihan seperti menawarkan mesin bensin, mild hybrid, full hybrid dan plug-in hybrid.

    3. Nissan Qasqai: 11.792 unitNissan Qasqai pernah menduduki posisi pertama menjadi mobil terlaris di Inggris pada 2022, namun pada 2024 Nissan Qashqai menduduki posisi kedua pada 2023 dan menduduki posisi ketiga pada 2024.

    4. Vauxhall Corsa: 11.476 unitVauxhall Corsa masih menduduki posisi keempat di Inggris, setelah menjadi mobil terlaris pada 2021. Namun kini produsen mobil asal Inggris ini harus berbenah untuk menjadi produsen nomor satu kembali di Inggris.

    5. Volkswagen Golf: 10.749 unitMeski tidak menjadi produsen mobil terlaris di Inggris, Volkswagen Golf terus menjadi mobil terfavorit di Inggris dan terus masuk dalam listr mobil terlaris di Inggris.

    6. Nissan Juke: 10.414 unitJika di Indonesia Nissan Juke sudah tidak lagi dijual, hal ini berbeda terbalik di Inggris. Di sana, Nissan Juke masih menjadi mobil terfavorit di Inggris.

    (lth/din)

  • Biar Gak Salah Paham, Ini Tata Cara Berkendara saat One Way

    Biar Gak Salah Paham, Ini Tata Cara Berkendara saat One Way

    Jakarta

    Korlantas Polri bersama Jasa Marga dan pengusaha jalan bebas hambatan atau tol, bakal menerapkan satu jalur atau one way untuk mengurai kemacetan. Namun sayang, banyak pengendara yang tidak memahami tata cara berkendara saat one way.

    Nah kali ini Auto2000 membagikan bagaimana memahami betul tata cara berkendara saat mengikuti skema one way, khususnya bagi yang menggunakan jalur berlawanan atau jalur kanan dari jalur yang normal digunakan.

    “Sebagai preferred dealer Toyota di Indonesia, Auto2000 tentu peduli dengan kenyamanan dan keselamatan perjalanan mudik dan arus balik AutoFamily. Dan kami ingatkan untuk skema one way, AutoFamily perlu tetap waspada dan hati-hati untuk menghindari resiko kecelakaan fatal. Untuk itu silakan pelajari tips mengemudi Auto2000 berikut ini,” jelasChief Marketing Auto2000, Yagimin, Sabtu (5/4/2025).

    Nah berikut tata cara berkendara saat one way ala Auto2000:
    1. Pelajari Jadwal One Way

    Sebelum melintas, detikers perlu mengetahui jadwal dan lokasi one way. Informasi mengenai aturan ini biasanya bisa didapatkan melalui social media resmi Korlantas Polri, operator jalan tol Jasa Marga atau media nasional. Bahkan saat berada di jalur one way pun pemantauan update skema lalu lintas juga perlu dilakukan, tentunya oleh penumpang sebagai navigator bukan pengemudi, tujuannya untuk menghindari kebingungan.

    2. Persiapan Bagi yang Menggunakan Lajur Berlawanan

    detikers yang kemudian akan menggunakan jalur yang berlawanan dari jalur normal, harus bisa beradaptasi dengan cepat terutama terkait dengan posisi rambu lalu lintas, khususnya rambu Patok Kilometer Tol dan juga rambu Penunjuk Jalan.

    Posisi rambu Patok Kilometer yang berada di tengah jalan tol bagi pengemudi yang berada di jalur berlawanan tentu posisinya akan menjadi di sebelah kiri, di mana pada saat kita berada di jalur normal posisinya di kanan.

    Begitu juga dengan rambu Penunjuk Jalan, posisinya akan menjadi lebih jauh dari pandangan mata pada posisi sebelah kiri, di mana pada jalur normal biasanya tak jauh dari sudut mata sebelah kiri atau bahkan ada di tengah.

    3. Pahami Perbedaan Kondisi Jalan

    Selain beradaptasi dengan rambu, pengendara juga perlu cepat beradaptasi akan kondisi jalan yang berbeda. Seperti misalnya, pada posisi jalur normal, posisi bahu jalan biasanya berada dekat dengan area non-aspal yang punya lebar cukup untuk 1 mobil. Sementara untuk jalur yang berlawanan posisi bahu jalan tentu berada di sisi tengah tol dan dekat dengan pembatas tol. Jadi berhati-hati saat akan melakukan manuver.

    Pengaturan arus lalu lintas dengan satu arah (one way) lokal ditetapkan di Tol Trans Jawa Km 70 hingga Km 188. Begini kondisinya. (dok CCTV Kemen-PU) Foto: Pengaturan arus lalu lintas dengan satu arah (one way) lokal ditetapkan di Tol Trans Jawa Km 70 hingga Km 188. Begini kondisinya. (dok CCTV Kemen-PU)4. Atur Kecepatan Mobil

    Jangan terpacing euphoria, pengendara masih harus mengontrol kecepatan mobil sesuai dengan aturan yang berlaku. Jika terlalu pelan, akan menghambat lalu lintas, dan jika terlalu kencang, mobil berpotensi hilang kendalli dan bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

    5. Jaga Jarak Aman

    Pengendara harus menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Terapkan teori tiga detik untuk menjaga jarak aman. Dengan menjaga jarak aman, dapat membuat pengendara mengantisipasi segala kemungkinan.

    6. Hindari Menyeberang Jalur dan Hati-Hati Saat Menyalip

    detikers dilarang untuk menyeberang jalur tanpa ada arahan dari petugas yang berwenang, karena hal tersebut tentu akan membahayakan. Dan berhati-hatilah saat akan mendahului kendaraan lain.

    7. Jangan Berhenti di Bahu Jalan

    Jika tak dalam kondisi sangat darurat, pengendara tak dianjurkan untuk berhenti di bahu jalan. Manfaatkan rest area yang ada untuk memarkirkan kendaraaan dan memenuhi kebutuhan istirahat pengemudi.

    8. Perhatikan Kondisi Sopir dan Penumpang

    Metode safety driving perlu diterapkan selama melintasi jalur one way. Yang terutama adalah jangan main ponsel atau hal yang mengalihkan perhatian. Fokus dan waspada dengan melihat ke arah depan, sisi kanan dan kiri lewat spion, dan sesekali melihat ke arah belakang.

    Selain itu, pastikan pengendara dalam kondisi prima dan tidak mengantuk agar lebih waspada saat hendak melakukan perjalanan arus balik mudik, khususnya yang memasuki jalur berlawanan. Pastikan pula penumpang tidak ada kebutuhan ke toilet dan bahan bakar mencukupi.

    9. Mobil Dalam Kondisi Sehat

    Pastikan mobil dalam kondisi sehat sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan arus balik. Lakukan pengecekan kendaraan di Bengkel Siaga Auto2000 yang tetap buka sampai tanggal 6 April 2025. Jangan paksakan perjalanan, saat terdeteksi kendaraan dalam kondisi yang kurang prima, demi keselamatan dan kenyamanan di jalan.

    (lth/din)